silabus latihan khotbah ii - 2011

4
SILABUS MATA KULIAH LATIHAN KHOTBAH II PRA 1807 Pdt. Stephen Suleeman, M.Th. ([email protected]) Pdt. Linna Gunawan, D.Min. ([email protected]) Pdt. Gerry Atje, S.Si. ([email protected]) DESKRIPSI Mata kuliah ini merupakan kelanjutan dari mata kuliah Latihan Khotbah I dengan penekanan pada ketrampilan eksegetis dan hermeneutis. Khotbah yang disusun dipresentasikan dan didiskusikan secara kritis. Dengan demikian mahasiswa belajar menyusun khotbah dan menghayati khotbah orang lain. TUJUAN Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat: Menganalisa khotbah dengan dasar teoretis yang telah diterima. Menyadari perlunya spiritualitas pengkhotbah sebagai pemberita Firman. Menyusun khotbah yang kontekstual, sistematis dan inspiratif. KEHADIRAN Sesuai dengan Peraturan Studi S1 Teologi mengenai absensi, maka mahasiswa harus hadir pada jam kuliah sekurang-kurangnya 75% dari jumlah jam kuliah dalam satu semester. Hal ini berarti maksimal 4 kali mahasiswa diperkenankan untuk tidak mengikuti kuliah dengan alasan-alasan yang dapat dipertanggungjawabkan. Khusus pada 4 kali pertemuan pertama, maksimal ketidakhadiran adalah 2x. Lebih dari jumlah tersebut, mahasiswa dianggap gagal dan akan diberikan nilai E untuk mata kuliah ini.

Upload: gerry-atje

Post on 04-Jul-2015

1.961 views

Category:

Spiritual


7 download

TRANSCRIPT

Page 1: Silabus Latihan Khotbah II - 2011

SILABUS MATA KULIAH

LATIHAN KHOTBAH II

PRA 1807

Pdt. Stephen Suleeman, M.Th. ([email protected])

Pdt. Linna Gunawan, D.Min. ([email protected])

Pdt. Gerry Atje, S.Si. ([email protected])

DESKRIPSI

Mata kuliah ini merupakan kelanjutan dari mata kuliah Latihan Khotbah I dengan penekanan pada ketrampilan eksegetis dan hermeneutis. Khotbah yang disusun dipresentasikan dan didiskusikan secara kritis. Dengan demikian mahasiswa belajar menyusun khotbah dan menghayati khotbah orang lain.

TUJUAN

Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat:

• Menganalisa khotbah dengan dasar teoretis yang telah diterima.

• Menyadari perlunya spiritualitas pengkhotbah sebagai pemberita Firman.

• Menyusun khotbah yang kontekstual, sistematis dan inspiratif.

KEHADIRAN

Sesuai dengan Peraturan Studi S1 Teologi mengenai absensi, maka mahasiswa harus hadir pada jam kuliah sekurang-kurangnya 75% dari jumlah jam kuliah dalam satu semester. Hal ini berarti maksimal 4 kali mahasiswa diperkenankan untuk tidak mengikuti kuliah dengan alasan-alasan yang dapat dipertanggungjawabkan. Khusus pada 4 kali pertemuan pertama, maksimal ketidakhadiran adalah 2x. Lebih dari jumlah tersebut, mahasiswa dianggap gagal dan akan diberikan nilai E untuk mata kuliah ini.

Page 2: Silabus Latihan Khotbah II - 2011

TUGAS-TUGAS

Ada 5 tugas mahasiswa dalam mata kuliah ini.

Analisa Khotbah

Setiap minggu mahasiswa mendapatkan tugas mendengarkan khotbah dan memberikan analisa atasnya. Panjang analisa kurang lebih 2 halaman saja.

Presentasi Khotbah di Gereja Setempat

Sebagai bagian dari praktek khotbah, setiap mahasiswa wajib melakukan praktek berkhotbah di gereja masing-masing sebanyak dua kali (2x), yaitu kebaktian umum dan kebaktian kategorial (kecuali kebaktian Anak) atau tengah minggu. Majelis Jemaat gereja setempat akan memberi penilaian kepada mahasiswa berdasarkan form yang sudah disiapkan oleh bagian administrasi. Mahasiswa silakan mengatur jadwal praktek di gereja masing-masing, dan memberitahukan jadwal tersebut kepada bagian administrasi untuk dibuatkan surat pengantar.

Makalah Khotbah Lengkap dan Praktek Khotbah

Sebagai tugas tengah dan akhir semester, mahasiswa membuat makalah khotbah lengkap sesuai dengan prinsip-prinsip penyusunan khotbah, yaitu:

® Tafsiran teks.

® Poin-poin khotbah.

® Konteks Pendengar.

® Teks Khotbah.

® Bibliografi.

Mahasiswa melakukan praktek khotbah berdasarkan teks khotbah yang dibuatnya dalam makalah tersebut, dan mendapatkan tanggapan dari seluruh anggota kelas. Durasi khotbah sekitar 15-20 menit. Pengumpulan makalah ini paling lambat 3 hari sebelum jadwal presentasi khotbah yang dikirimkan lewat email. Penilaian diberikan berdasarkan makalah, presentasi dan keterlibatan mahasiswa dalam diskusi, memberi masukan, serta kreatifitas.

Presentasi Khotbah di Kapel

Mahasiswa diminta menyampaikan khotbah dalam ibadah kapel STTJ sebanyak 1x selama semester

Page 3: Silabus Latihan Khotbah II - 2011

berlangsung. Mahasiswa bekerja sama dengan Tim Ibadah untuk menentukan gilirannya. Penilaian diperoleh dari salah satu dosen yang hadir dalam ibadah.

Tutorial

Mahasiswa melakukan tutorial dengan pembimbing yang ditetapkan oleh tim pengajar. Tutorial dilaksanakan pada waktu yang telah disepakati bersama antara mahasiswa dan pembimbing.

PENILAIAN

Mahasiswa mendapatkan nilai dari mata kuliah ini berdasarkan pembobotan sbb.

• 10 % Analisa Mingguan.

• 20 % Presentasi Khotbah di Gereja Setempat.

• 10 % Presentasi Khotbah di Kapel STTJ.

• 10 % Tutorial.

• 50 % Makalah lengkap dan Presentasi Khotbah di Kelas.

BAHAN BACAAN

Hendrikus, Dori Wuwur, Berkhotbah: Sebuah Petunjuk Praktis, Ende: Penerbit Nusa Indah, 1989.

Kristiyanto, Eddy, The Art of Preaching, Jakarta: Penerbit Obor, 2004.

Robinson, Haddon & Larson, Craig Brian (eds), The Art and Craft of Biblical Preaching (versi e-book)

Pareira, Berthold Anton, Homiletik: Bimbingan Berkhotbah, Malang: Penerbit Dioma, 2004.

Waktu POKOK BAHASAN KETERANGAN

24/8 • Perkenalan

• Diskusi silabus dan tugas-tugas

Page 4: Silabus Latihan Khotbah II - 2011

7/9 Latihan Membuat Khotbah Tematis

Mengumpulkan Analisa

14/9 Latihan Khotbah Eksposisi Mengumpulkan Analisa

21/9 Latihan Khotbah Narasi Mengumpulkan Analisa

28/9 Latihan Khotbah Leksionari Mengumpulkan Analisa

5/10 Presentasi Khotbah dalam Kelompok Mengumpulkan Analisa

12/10 Presentasi Khotbah dalam Kelompok Mengumpulkan Analisa

19/10 Presentasi Khotbah dalam Kelompok Mengumpulkan Analisa