silabus kimia berkarakter

Download SILABUS KIMIA BERKARAKTER

Post on 28-Dec-2015

52 views

Category:

Documents

4 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

SILABUS

SILABUS

Nama Sekolah : SMK AL-HUDA SADANANYAMata Pelajaran : KIMIAKelas/Semester : X/1Standar Kompetensi Lulusan : Mendeskripsikan struktur atom, sistem periodik unsur dan ikatan kimia untuk menentukan sifat-sifat unsur dan senyawanya.Standar Kompetensi : 1. Memahami struktur atom untuk meramalkan sifat periodik unsur.Alokasi Waktu : 18 jam pelajaran efektif (4 JPE untuk UPSK)

Kompetensi DasarIndikatorMateri PembelajaranKegiatan PembelajaranPenilaianAlokasi WaktuSumber/bahan/alatNilai Karakter

1.1 Memahami struktur atom berdasarkan te-ori atom Bohr dan mekanika kuantum untuk menuliskan konfigurasi elektron dan diagram orbital.

Menjelaskan perkem-bangan teori atom (Dalton, Thomson, Rutherford,Bohr, dan mekanika kuantum) untuk menunjukkan kelemahan dan kelebihan masing-masing teori atom berdasarkan fakta eksperimen. Menunjukkan kesa-daran bahwa manusia memiliki keterbatasan sebagai makhluk Tuhan. Mengajukan pemikir-an kritis dalam diskusi tentang teori atom.

Struktur Atom Perkembangan Teori Atom

Mengkaji literatur/ kepustakaan tetang perkembangan teori atom (Dalton, Thomson, Rutherford dan Teori Mekanika Kuantum) dalam kerja kelompok. Presentasi hasil kajian untuk me-nyimpulkan teori-teori atom dalam diskusi informatif. Jenis tagihan:Tugas kelompok Kuis Ulangan Bentuk instrumen Laporan tertulis Penilaian sikap

8 JPE SumberBuku/Modul KimiaTabel periodikKartu unsur BahanLKS Religius Kritis Rasa ingin tahu Displin Jujur Kerjasama Komunikatif Menghargai Senang membaca

Menentukan partikel dasar/ subatom (proton, elektron, neutron).

Partikel Subatom dan Lambang Atom

Mengkaji literatur tentang partikel subatom (proton, elektron, neutron), nomor massa, nomor atom dan penulisan lambang atom dalam kerja kelompok. Presentasi hasil kajian untuk me-nyimpulkan penu-lisan lambang atom dan penentuan jum-lah partikel dasar/ sub atom (proton, elektron, neutron), nomor massa, nomor atom, dan penulisan lambang atom dalam diskusi informatif Melakukan latihan penentuan jumlah proton, elektron dan neutron berdasarkan nomor massa dan nomor atom dan sebaliknya.

Jenis tagihan:Tugas kelompok Kuis Ulangan Bentuk instrumen Laporan tertulisPenilaian sikap

Mengklasifikasikan unsur ke dalam isotop, isoton dan isobar.

Menjelaskan konfi-gurasi elektron dan elektron valensi. Menjelaskan kulit, subkulit dan orbital. Menggambarkan ben-tuk-bentuk orbi-tal. Menjelaskan pengi-sian elektron pada kulit, subkulit, dan orbital. Menggunakan prinsip aufbau, aturan Hund dan azas larangan Pauli untuk menulis-kan konfigurasi elek-tron dan diagram orbital.

Menentukan bilang-an kuantum. Menjelaskan hu-bungan kulit dan subkulit dengan bilangan kuantum.

Konfigurasi Elektron

Bilangan Kuantum

Mengkaji literatur tentang pengklasi-fikasian unsur ke dalam isotop, isoton, dan isobar berda-sarkan nomor massa dan nomor atom dalam kerja kelompok. Mempresentasikan hasil kajian untuk mengkasifikasikan unsur ke dalam isotop, isoton dan isobar. Latihan menuliskan isotop, isoton dan isobar unsur-unsur. Mengkaji literatur tentang konfigrasi elektron dan elektron valensi dan cara pengisian elektron ke dalam kulit, subkulit dan orbital dalam kerja kelompok. Presentasi hasil kajian untuk me-nyimpulkan penen-tuan konfigurasi elektron dan pe-nentuan elektron valensi berdasarkan pengisian jumlah kulit elektron, sub kulit dan orbital, dan dengan menggu-nakan prinsip auf-bau, aturan Hund dan azas larangan Pauli dalam diskusi informatif. Melakukan latihan penentuan konfi-gurasi elektron ber-dasarkan pengisian jumlah kulit elek-tron, sub kulit dan orbital, dan dengan menggunakan prin-sip aufbau, aturan Hund dan azas larangan Pauli suatu atom yang diketahui nomor atomnya, dan sebaliknya. Mengkaji literatur tentang bilangan kuantum dalam kerja kelompok. Presentasi hasil kajian untuk me-nyimpulkan penen-tuan bilangan kuan-tum berdasarkan nomor atom dalam diskusi informatif. Melakukan latihan penentuan bilangan kuantum berdasar-kan konfigurasi elektron suatu atom yang diketahui nomor atomnya, dan sebaliknya.

1.2 Menjelaskan si-fat-sifat unsur, massa atom relatif, dan si-fat-sifat periodik unsur dalam ta-bel periodik ser-ta menyadari keteraturannya, melalui pema-haman konfi-gurasi elektron.

Membandingkan per-kembangan tabel periodik unsur untuk mengidentifikasi ke-lebihan dan keku-rangannya. Menjelaskan dasar pengelompokan unsur-unsur. Mengklasifikasikan unsur ke dalam logam, non logam dan metaloid.

Menjelaskan hubung-an konfigurasi elek-tron suatu unsur de-ngan letaknya dalam sistem periodik. Menentukan letak suatu unsur dalam sitem periodik ber-dasarkan konfigurasi elektron dan bilangan kuantumnya.

Menganalisis tabel periodik unsur untuk menentukan keter-aturan jari-jari atom, energi ionisasi, afi-nitas elektron dan keelektronegatifan.

Sistem Periodik Unsur Perkembangan Sistem Periodik

Sistem Periodik Modern

Sifat-sifat Keperiodikan Unsur

Mengkaji literatur tentang perkem-bangan tabel peri-odik unsur dalam kerja kelompok. Presentasi hasil kajian untuk me-nyimpulkan dasar pengelompokkan unsur-unsur dalam diskusi informatif. Presentasi hasil kajian untuk meng-klasifikasikan unsur ke dalam logam, non logam dan metaloid dalam diskusi informatif. Mengkaji literatur tentang hubungan konfigurasi elektron suatu unsur dengan letaknya dalam sistem periodik. Presentasi hasil kajian untuk me-nyimpulkan penen-tuan letak suatu unsur berdasarkan konfigurasi elektron dalam diskusi ke-lompok. Latihan penentuan letak suatu unsur dalam sistem pe-riodik berdasarkan konfigurasi elektron dan bilangan kuan-tumnya. Mengkaji literatur tentang sifat-sifat keperiodikan unsur dalam sistem pe-riodik. Presentasi hasil kajian materi pem-belajaran dalam diskusi kelompok. Latihan penentuan sifat-sifat keperio-dikan unsur. Jenis tagihan:Tugas kelompok Kuis Ulangan Bentuk instrumen Laporan tertulisPenilaian sikap

6 JPE

SumberBuku/Modul KimiaTabel periodikKartu unsur Bahan LKS Religius Kritis Rasa ingin tahu Displin Jujur Kerjasama Komunikatif Senang membaca Mandiri Toleran Peduli lingkungan Kreatif

SILABUS

Nama Sekolah : SMK AL-HUDA SADANANYAMata Pelajaran : KIMIAKelas/Semester : X/1Standar Kompetensi Lulusan : Mendeskripsikan struktur atom, sistem periodik unsur dan ikatan kimia untuk menentukan sifat-sifat unsur dan senyawanya.Standar Kompetensi : 2. Memahami ikatan kimia untuk menjelaskan struktur molekul, gaya antar molekul dan sifat-sifatnyaAlokas Waktu : 14 jam pelajan efektif (4 JPE untuk UPSK)

Kompetensi DasarIndikator Materi PembelajaranKegiatan PembelajaranPenilaianAlokasi WaktuSumber/bahan/alatNilai Karakter

2.1 Membandingkan proses pem-bentukan ikatan ion, ikatan kovalen, ikatan koordinasi, dan ikatan logam serta hubung-annya dengan sifat fisika senyawa yang terbentuk

Menjelaskan kecen-derungan suatu un-sur untuk mencapai kestabilannya.

Menggambarkan su-sunan elektron va-lensi atom gas mulia (duplet dan okted) dan elektron valensi bukan gas mulia (struktur Lewis). Menjelaskan proses terbentuknya ikatan ion.

Menjelaskan proses terbentuknya ikatan kovalen tunggal, rangkap dua, dan rangkap tiga.

Menjelaskan proses terbentuknya ikatan kovalen koordinasi pada beberapa senyawa.

Menyelidiki kepolar-an beberapa senya-wa dan hubungan-nya dengan keelek-tronegatifan melalui percobaan.

Mendeskripsikan proses pembentukan ikatan logam dan hubungannya de-ngan sifat fisik logam.

Mendeskripsikan proses pembentukan ikatan hidrogen.

Menghubungkan si-fat fisis materi dengan jenis ikatannya.Ikatan Kimia Kestabilan unsur

Struktur Lewis

Ikatan ion

Ikatan kovalen

Senyawa kova-len polar dan non polar.

Ikatan logam

Ikatan hidrogen

Menentukan unsur yang dapat melepas-kan elektron atau menerima elektron untuk mencapai ke-stabilan dalam dis-kusi kelompok. Menggambarkan su-sunan elektron va-lensi Lewis melalui diskusi kelas.

Mendiskusikan pro-ses terbentuknya ikatan ion. Latihan menuliskan senyawa yang ber-ikatan ion.

Mendiskusikan pro-ses terbentuknya ikatan kovalen tung-gal, rangkap dua, dan rangkap tiga. Latihan menuliskan senyawa yang ber-ikatan kovalen tung-gal, rangkap dua, dan rangkap tiga. Membandingkan pro-ses pembentukan ikatan ion dan ikatan kovalen dalam dis-kusi kelas. Mendiskusikan pro-ses terbentuknya ikatan kovalen koor-dinasi pada bebera-pa senyawa. Latihan menuliskan dan menentukan ikatan kovalen koor-dinasi pada beberapa senyawa sederhana. Merancang dan me-lakukan percobaan untuk menyelidiki kepolaran senyawa di laboratorium. Mendiskusikan hasil percobaan.

Mendiskusikan se-nyawa-senyawa yang tergolong kovalen polar dan non polar dan sifat-sifatnya. Mengidentifikasi sifat fisik logam dan menghubungkannya dengan proses pem-bentukan ikatan lo-gam dalam diskusi kelompok di labora-torium. Mendiskusikan se-nyawa-senyawa yang memiliki ikatan hidrogen serta sifat-sifatnya. Mendiskusikan hubungan sifat fisis materi dengan jenis ikatannya. Jenis tagihan Kuis Tugas individu, Tugas kelompok,Ulangan Bentuk instrumenLaporan tertulis,Performans (kinerja dan sikap), tes tertulis

6 JPE

SumberBuku /modul kimia Bahan Lembar kerja, Larutan yang berifat polar dan non polar AlatStandar, Buret, corong, gelas kimia,

Religius Kritis Rasa ingin tahu Displin Jujur Kerjasama Komunikatif Senang membaca Mandiri Toleran Peduli lingkungan Kreatif

2.2 Menjelaskan te-ori jumlah pa-sangan elektron di sekitar inti atom dan teori hibridisasi untuk meramalkan bentuk molekul.

Menentukan bentuk molekul berdasarkan teori pasangan elek-tron. Menentukan bentuk molekul berdasarkan teori hibridisasi.