silabus fisika fmipa 2003

39
SILABUS MATAKULIAH JURUSAN FISIKA FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN UNIVERSITAS LAMPUNG PENDIDIKAN AGAMA ISLAM 2(2-0) PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN 2(2-0) PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN KATOLIK 2(2-0) PENDIDIKAN AGAMA HINDU 2(2-0) PENDIDIKAN AGAMA BUDHA 2(2-0) Materi Kuliah : Pengetahuan, pemahaman, penghayatan dan pengamalan ajaran agama yang dianut untuk kepentingan hidupnya, terutama kepentingan dalam kegiatan profesinya. Prasyarat : - Buku Ajar : 1. Subiq Aqidah Islam 2. Marx Bolehkan Aku Percaya? 3. Pendit Begawan Dita 4. Departemen Agama RI Dharmapada PENDIDIKAN PANCASILA 2(2-0) Materi Kuliah : Perumusan Pancasila dan UUD 1945 untuk dihayati dan diamalkan sebagai filosofi bangsa dan dasar negara, yang melandasi ketentuan hukum dan arah pembangunan nasional untuk menciptakan masyarakat adil dan makmur. Prasyarat : - Buku Ajar : 1. Buku Merah Putih UUD 1945, P4, GBHN 2. Buku Kunyit Bahan Penataran P4 3. Yamin, M. Proklamasi dan Konstitusi KEWIRAAN 2(2-0) Materi Kuliah : Pengertian tentang hakekat wawasan nusantara, ketahanan nasional, politik dan strategi nasional, serta sistem pertahanan keamanan Negara

Upload: arien-sulistya

Post on 26-Jun-2015

983 views

Category:

Documents


5 download

TRANSCRIPT

Page 1: Silabus Fisika FMIPA 2003

SILABUS MATAKULIAH JURUSAN FISIKA FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN

UNIVERSITAS LAMPUNG

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM 2(2-0) PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN 2(2-0)PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN KATOLIK 2(2-0)PENDIDIKAN AGAMA HINDU 2(2-0)PENDIDIKAN AGAMA BUDHA 2(2-0)

Materi Kuliah :Pengetahuan, pemahaman, penghayatan dan pengamalan ajaran agama yang dianut untuk kepentingan hidupnya, terutama kepentingan dalam kegiatan profesinya.

Prasyarat : - Buku Ajar :

1. Subiq Aqidah Islam2. Marx Bolehkan Aku Percaya?3. Pendit Begawan Dita4. Departemen Agama RI Dharmapada

PENDIDIKAN PANCASILA 2(2-0)

Materi Kuliah :Perumusan Pancasila dan UUD 1945 untuk dihayati dan diamalkan sebagai filosofi bangsa dan dasar negara, yang melandasi ketentuan hukum dan arah pembangunan nasional untuk menciptakan masyarakat adil dan makmur.

Prasyarat : -

Buku Ajar :1. Buku Merah Putih UUD 1945, P4, GBHN2. Buku Kunyit Bahan Penataran P43. Yamin, M. Proklamasi dan Konstitusi

KEWIRAAN 2(2-0)

Materi Kuliah :Pengertian tentang hakekat wawasan nusantara, ketahanan nasional, politik dan strategi nasional, serta sistem pertahanan keamanan Negara

Prasyarat : -

Buku Ajar :1. Lemhanas/Ditjen Dikti Depdikbud Kewiraan untuk Mahasiswa, 1984

Page 2: Silabus Fisika FMIPA 2003

Silabus Program Sarjana Fisika 2003

BAHASA INDONESIA 2(2-0)

Matari Kuliah :Kemampuan mengemukakan gagasan dalam bahasan Indonesia yang baik dan benar, kemampuan memahami dan menanggapi gagasan orang lain sehubungan dengan kegiatan ilmiah dalam tulisan maupun lisan.

Prasyarat : -Buku Ajar :

1. Badudu, Y., 1980, Membina Bahasa Indonesia2. Keraf, 1977, Komposisi3. Panitia Pengembangan Bahasa Indoneisa Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa

Departemen Pendidika dan Kebudayaan. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan. 1979.

DASAR DASAR KEWIRAUSAHAAN 2(2-0)

Materi Kuliah :Pendahuluan, Pengertian/definisi wirausaha, kunci sukses wirausahawan, bisnis kecil, prospek bisnis kecil di Indonesia, dan mengelola bisnis kecil.

Prasyarat : -

Buku Ajar :1. Tim K., 1999, Kewirausahaan

BIOLOGI UMUM 2(2-0)

Materi Kuliah :Pemahaman dasar ekologi dalam interaksi kehidupan dan dampak perkembangan teknologi. Pengantar Ilmu Lingkungan. Pengenalan ekologi sebagai dasar ilmu lingkungan. Prinsip dasar ilmu lingkungan, siklus kehidupan dan interaksi serta interkorelasi komponen lingkungan. Pola dan dinamika pertumbuhan. Perkembangan teknologi dan kecenderungannya. Eksploitasi sumber daya alam dan energi, serta dampaknya, kecenderungannya serta kaitanya dengan perkembangan teknologi. Pengelolaan lingkungan, proses ulang, analsiis dampak lingkungan secara singkat dan beberapa studi kasus sederhana mengenai masalah hutan, danau, perkotaan, lalulintas dan sebagainya.

Prasyarat : -

Buku Ajar :1. Odum.E.P, 1971. Fundamental of Ecology, W>B Saunders, Philadelphia.2. Soemarwoto, 1991. Indonesia dalam Kancah Isu Lingkungan Global. Gramedia, Jakarta.

FISIKA DASAR I 4(3-1)

Materi Kuliah :Kinematika Partikel : deskripsi gerak benda titik dalam ruang dengan menggunakan vektor posisi, vektor kecepatan, vektor percepatan dan persamaan gerak r(t); penerapan pada gerak jatuh bebas, gerak lintasan peluru, gerak relatif, gerak lingkar, dan gerak harmonik sederhana.Dinamika Partikel : deskripsi interaksi dengan menggunakan gaya titik, hukum-hukum Newton, penerapannya untuk gerak benda pada bidang miring, gaya sentripetal pada gerak lingkar, gaya-gaya fiktif, gerak harmonik sederhana, dan gerak harmonik paksa.

2

Page 3: Silabus Fisika FMIPA 2003

Silabus Program Sarjana Fisika 2003

Kerja dan Energi : energi, kerja sebagai interaksi berupa alih energi, energi kinetik, energi potensial sebagai deskripsi medan interaksi skalar medan gaya konservatif, kekekalan energi mekanik total dalam medan konservatif, daya yang menyatakan laju alih energi.Momentum dan Implus : momentum linier, impuls sebagai deskripsi interaksi dalam bentuk alih momentum, sistem benda titik, konsep pusat massa dan gerak pusat massa, kekekalan momentum linier, peristiwa tumbukan, dan gerak roket.Momentum Sudut : vektor momentum sudut pada gerak benda titik, hubungan momentum sudut dengan momen gaya, kekekalan momentum sudut, hukum Keppler.Gerak Rotasi : kinematika dan dinamika grak rotasi, momen inersia serta cara menghitungnya untuk berbagai bentuk benda dan letak sumbu.Kesetimbangan Benda Tegar, Mekanika Fluida : stastitika fluida (tekanan pada bejana, gaya dorong dan momen gaya pada bendungan), dan dinamika fluida (debit aliran, hukum Bernouli dan penggunaannya). Kalor : konsep kalor, perambatan kalor, teori kinetik gas, prinsip equipartisis energi, hukum Termodinamika I, kapasitas kalor gas Cv dan Cp, persamaan keadaan (hukum Boyle-Gay Lusaac), hukum Termodinamika ((, mesin Carnot, mesin uap, motor bakar, mesin pendingin, konsep entropi, transisi fase.

Prasyarat : -

Buku Ajar :1. Resnick. R and Haliday. D, 1983. Fisika. (terjemahan P Silaban dan E Sucipto), Erlangga,

Jakarta.2. Sutrisno, 1978. Seri Fisika dasar. Penertib ITB 3. Sears and Zemansky, 1981. University Physics, 6/e, Addison Wesley Reading.

MATEMATIKA DASAR I 4(3-1)

Materi Kuliah :Sistem bilangan real, ketidaksamaan, pertidaksamaan, nilai mutlak, fungsi satu peubah, jenis fungsi, fungsi komposisi, fungsi invers, fungsi implisit, limit dan kekontinuan fungsi beserta sifat-sifatnya, turunan fungsi dan sifat-sifatnya, kemonotonan, teknik pendiferensialan, aturan rantai, differantial dan penghampiran, turunan tingkat tinggi, kecekungan, nilai ekstrim, menggambar grafik, fungsi dengan turunan berarah, interpretasi dan penggunaan.

Prasyarat : -

Buku Ajar :1. Purcell, 1986. Kalkulus dan Geometri Analitis, Erlangga, Jakarta2. Leithold, 1976. The Calculus and Analitic Geometry. Harper and Raw.3. Salas Hile, 1990. Calculus of One and Several Variables. John Willey and Sons.

MATEMATIKA DASAR II 4(4-1)

Materi Kuliah :Integral tentu dan tak tentu, teorema dasar kalkulus, fungsi transenden dan balikannya, teknik-teknik pengintegralan, integral tak wajar, integral ganda dan ulang, persamaan biasa orde – 1 sederhana, persamaan differential orde-2 dengan koefisien konstan, homogen dan tak homogen dengan syarat awal dan tak syarat awal, interpretasi geometri.

Prasyarat : Matematika Dasar I

Buku Ajar :

3

Page 4: Silabus Fisika FMIPA 2003

Silabus Program Sarjana Fisika 2003

1. cell, 1986. Kalkulus dan Geometri Analitis, Erlangga, Jakarta.2. Leithold, 1976. The Calculus and Analitic Geometry. Harper and Raw.3. Kreyszig, 1983. Advance Engginering Mathematics. Wille International.

KIMIA DASAR I 3(2-1)

Materi Kuliah :Stoikiometri dan perkembangan kimia modern. Energetika : hukum pertama dan kedua thermodinamika, teori dan struktur atom, ikatan kimia dan struktur molekul, sistem periodik dan sifat periodik unsur-unsur. Wujud : gas, zat padat, dan bentuk kristal, kesetimbangan kimia.

Prasyarat : -

Buku Ajar :1. Hiskia Achmad, 1992. Seri Belajar Kimia, Citra Aditya Bakti, Bandung.2. Jamems, E. Brady, General Chemistry Principles and Srtucture, John Willey and Sons,

Singapore.3. Murcece, M. Mahan R, and Myers, 1987. University Chemistry, The Benjamin/Cummings

Publishing Company Inc. Singapore.

KIMIA DASAR II 3(2-1)

Materi Kuliah :Larutan sistem koloid, redoks dan elektrokimia, kimia kinetik, kimia unsur (hidrogen, gas mulia, unsur alkali, alkali tanah, unsur transisi, aluminium, logam berat, logam terpenting di Indonesia dan senyawa karbon.

Prasyarat : -

Buku Ajar :1. Hiskia Achmad, 1992. Seri Belajar Kimia, Citra Aditya Bakti, Bandung.2. Jamems, E. Brady, General Chemistry Principles and Srtucture, John Willey and Sons,

Singapore3. Murcece, M. Mahan R, and Myers, 1987. University Chemistry, The Benjamin/Cummings

Publishing Company Inc. Singapore.

FISIKA DASAR II 4 (3-1)

Materi Kuliah :Listrik Magnet : Medan gaya listrik muatan listrik dan hukum Coulumb, medan gaya listrik sebagi medan interaksi vektor yang ditimbulkan oleh muatan diskrit dan distribusi muatan, hukum Gauss dan pemakaiannya. Potensial listrik : medan gaya konservatif, energi potensial sebagai medan interaksi bersifat skalar, potensial listrik, potensial akibat muatan listrik diskrit dan distribusi muatan, hubungan medan listrik dan potensial untuk sistem kordinat kartesis, dipollistrik dan miltipol listrik. Kapasitor : kapasitasnsi, kapasitor, hubungan seri dan paralel pada kapasitor, energi tersimpan dalam kapasitor, peristiwa pengisian dan pengosongan kapasitor (arus transien). Dielektrik : polarisasi bahan elektrik oleh medan listrik, pergeseran listrik, permitivitas dan tetapan dielektrik. Arus listrik: teori konduksi arus listrik, hukum Ohm mengenai rapat arus dan kuat medan listrik, rangkaian listrik arus searah dan analisis loop. Medan Magnet : gaya Lorentz, gaya terhadap kawat berarus yang berada dalam medan magnet, motor listrik. Hukum Bio-savart, medan magnet induksi akibat kawat berarus, dipol magnetik, hukum Ampere, gaya antara dua kawat sejajar berarus, kuat medan magnet untuk solenoide dan

4

Page 5: Silabus Fisika FMIPA 2003

Silabus Program Sarjana Fisika 2003

toroide. Imbas magnetik : hukum imbas Faraday, dan hukum Lenz, generator listrik, induktansi, transformator. Arus bolak- balik : pengertian- pengertian dasar arus bolak- balik ( nilai sesaat, nilai efektif dan nilai rata- rata), impedansi, resonansi rangkaian RLC seri dan pararel.Gelombang : Sifat-sifat gelombang, gejala gelomabang, fungsi gelombang, persamaan gelombang, prinsip superposisi gelombang sinusoide dengan cara fasor, gelombang tali, gelombang permukaan air, gelombang permukaan air, gelombang bunyi, transmisi dan pantulan, pembiasan, daya dan intensitas gelomabang

Prasyarat : Fisika Dasar I

Buku Ajar :1. R. Resnick dan D. Halliday, Fisika (Terjemahan P. Silaban dan E. Sucipto). Erlangga, Jakarta.

1983.2. Sutrisno, Seri Fisika Dasar, Penerbit Universitas ITB, Bandung, 1978.3. Sears dan Zeamansky, University Physics, 6/e, Addison Wesley Rading, Massachusetts,

1981.

LISTRIK MAGNET 4(4-0)

Materi Kuliah :Analisa Vektor : gradien, divergensi, rotasi (curl(. Elektrostatik : muatan listrik dan hukum Coulomb, medan listrik yang ditimbulkan oleh muatan oleh muatan distrik dan kontinu (distribusi muatan), hukum Gauss, pengertian potensial listrik, potensial akibat muatan listrik diskrit ataupun kontinu, persamaan Laplace untuk kordinat kartesis, kordinat silindris, dan kordinat bola, soal syarat batas, metode bayangan, ekspansi multipol dari medan listrik, energi dalam medan listrik. Bahan Dielektrik : polarisasi, medan di luar bahan dielektrik, medan di dalam bahan dielektrik, potensial listrik di dalam bahan elektrik, potensial listrik di luar bahan dielektrik, hukum Gauss di dalam bahan dielektrik. Medan Magnetostatik : induksi magnetik, medan magnetik, gaya pada muatan bergerak dan konduktor berarus listrik, hukum Biot-Savart, hukum Ampere dan hukum Lenz, potensial vektor magnetik, potensial skalar magnetik, soal syarat batas, hukum induksi Faraday, energi dalam medan magnet, potensial vektor untuk medan magnet. Bahan magnetik : diamagnetik, paramagnetik, feromagnetik, medan oleh magnet permanen, rangkaian magnetik. Persamaan Maxwell : bentuk dan pengertiannya, pengaruh arus perpindahan, persamaan gelombang elektromagnetik, persamaan gelombang elektromagnetik dengan sumber, gelombang eletromagnetik dalam pandu gelombang. Radiasi : radiasi oleh muatan dipercepat.

Prasyarat : Fisika Dasar II

Buku Ajar :1. Reitz, J.R., Milford, F.J. dan Christy, R.W. : Foundations of Electromagnetic Theory Addison

Wesley.2. R.K. Wangsness, Electromagnetic Fields, 2nd Ed., Jhon Wiley and Sons, 1986.3. A.F. Kip, Fundamentals of Electricity and Magnetism, Mc Graw-Hill, 1962.

GELOMBANG 3(3-0)

Materi kuliah :Gelombang dalam Medium Berdimensi Lebih dari Satu : gelombang datar, gelombang air, persamaan gelombang, solusi persamaan gelombang dalam kordinat kartesis, kordinat silindris dan kordinat bola, refleksi dan refraksi, gelombang stasioner.

5

Page 6: Silabus Fisika FMIPA 2003

Silabus Program Sarjana Fisika 2003

Gelombang Mekanik Transversal : persamaan gelombang pada tali, refleksi dan transmisi, impedansi, impedansi karakteristik, gelombang diam, dipersi, polarisasi, teknik Fourier, modulasi. Gelombang Mekanik Longitudinal : gelombang bunyi dalam gas dan padatan, gelombagn seismik, gelombang sonik dan ultrasonik. Gelombang Listrik Magnet : persamaan Maxwell, persamaan gelombang, laju rambat, vektor Poynting, impedansi medium, refleksi, tetapan propagasi dan atenuasi, progagasi gelombang dalam pemandu gelombang, relasi dispersi, perambatan cahaya dalam serat optik. Interferensi dan Difraksi : koherensi, interferensi dua sumber, kisi difraksi, difraksi Fraunhoffer oleh celah persegi dan bundar, daya pisah, difraksi Fresnel, interferometer Michelson, interferometer Fabry-Perot. Perambatan Gelombang dalam Medium dengan Struktur Anisotropis : perambatan dalam panduan gelombang dielektrik sederhana, perambatan dalam kristal, pembiasan ganda, dikroisme dan aktivitas optik.

Prasyarat : Fisika Dasar II

Buku Ajar :1. Alonso dan Finn, Fundamental Universiy, Vol II - Fields and Waces, Addison Wesley, reading

Mass, 19672. Crawford, F.s. Jr, Wacves Berkeley Physics, Vol. 3, Mc. Graw Hill, New York, 19653. Hecht-Zajac, Optics, Addison-Wesley, 1987.

FISIKA MODERN 4(4-0)

Materi Kuliah :Fisika Kwantum : radiasi benda hitam, hukum pergeseran Wien, hukum Stefan-Boltzamann, teori releigh-Jean, teori Wien, teori Planck statistik Bose-Enstein, efek fotolistrik, sinar-X, difraksi sinar-X, efek Compton, produksi pasangan, gelombagn de Broglie, difraksi partikel, prinsip ketakpastian, persamaan Schrodinger, partikel dalam kotak. Model Atom Hidr : model atom, hamburan Rutherford, spektrum atomik, model atom Bohr, model atom Sommerfeld, struktur halus pada spektrum aotm hidrogen. Kuantisasi energi dan momentum sudut, fine structure dan hyperfine structure, efek Zeeman, aturan seleksi, prinsip eksklusi Pauli, susunan berkala, populasi tingkat energi menurut statistik Bolzmann, radiasi spontan dan radiasi terstimulasi, prinsip kerja amorf, ikatan atom, teori kapasitas kalor Enstein dan Debye, teori elektron bebas, teori pita energi, sambungan p-n, dasar kerja transistor, konduktivitas resonansi magnetik. Transformasi Nuklir : radioaktivitas, isotop, spektrometer massa, deret radioaktif, garis stabilitas, interaksi radiasi dengan bahan, pengaruh efek fotolistrik, efek Compton,dan produksi pasangan pada penampang koefisien absorpsi foton, peluruhan alfa, peluruhan beta, peluruhan gamma, reaksi nuklir, energi ikatan nuklir, model tetes air, gaya nuklir, fisi dan fusi nuklir, partikel elementer.

Prasyarat : Fisika Dasar II

Buku Ajar :1. Beise, A., Konsep Fisika Modern (terjemahan The Houw Liong), Erlangga, Jakarta, 1983.2. Karane, K., Modern Physics, John Wiley, 19833. Atam P. Arya, Elementary Modern Physics, Addison Wesley.4. Eisberg R., and Resnick R. , Quantum Physics of Atoms, Molecules, Solids, Nuclei and

Particles. John Wily, 1974.

6

Page 7: Silabus Fisika FMIPA 2003

Silabus Program Sarjana Fisika 2003

MEKANIKA

Materi kuliah :Gerak Partikel dalam Satuan Dimensi : teorema momentum dan energi, gerak partikel yang dpengaruhi gaya tetap, gaya yang berubah dengan waktu, gaya yang berubah dengan kecepatan. Gaya Medan : gaya yang berubah dengan posisi, medan gaya konservatif, energi potensial, gerak partikel dalam medan konservatif, hukum kekalahan energi mekanik. Gerak Osilasi : osilator harmonik sederhana, osilator harmonik teredam (teredam kurang, teredam kritis, teredam lebih), osilator harmonik terdam dipaksa. Medan Gaya Sentral : medan brbanding terbalik dengan jarak pankat dua, orbit eliptik, hukum-hukum Kepler, orbit hiperbolik, hamburan Rutherford, penampang hamburan,gerak partikel di dalam medan listrik dan medan magnet. Gerak Sistem Partikel : pusat massa, kekalan momentum dan energi, gerakk roket, tumbuhkan, kordinat pusat massa. Benda Tegar : rotasi dalam ruang, bandul sederhana dan bandul majemuk, perhitungan pusat massa dan momen inersia, tegangan dan regangan, kesetimbangan tali, batang pejal, dan fluida. Koordinat Berputar : sistem kordinat berotasi, hukum gerak dalam kerangka berputar, bandul Foucault, teorema Larmor. Mekanika Medium Kontinu : persamaan gerak untuk senar bergetar, modus normal untuk senar bergetar, propagasi gelombang pada tali, persamaan gerak dalam fluida ideal, hukum-hukum kekekalan untuk fluida ideal, aliran mantap, gelombang bunyi, vibrasi normal pada selaput pesegi, relasi dispersi, kecepatan kelompok. Furmalisme Langrange : Kordinat umum, persamaan Langrange, sistem di bawah pengaruh kendala, gaya elekromagnetik dan gaya yang bergantung pada kecepatan, persamaan Lagrange untuk senar bergetar, persamaan Hamilton, teorema Liouville. Aljabar Tensor : momentum sudut untuk benda tegar, aljabar tensor, transromasi kordinat, diagonalisasi tensor simetrik, tensor inersia, dan tensor regangan. Teori Getaran Kecil : pendekatan linier untuk gerak dekat titik kesetimbangan, modus normal getaran,-getaran paksa, teori perturbasi. Tori relativitas khusus : postulat teori relativitas khusu, eksperimen Michelson-Morley, transformasi Lorentz, penerapan transformasi Lorentz. Dinamika Relivistik : aljabar vektor ruang-waktu, persamaan gerak relativistik, gaya relativistik, elektrodinamika, aljabar tensor dalam ruang 4-dimensi, teori relativitas umum.

Prasyarat : Fisika Dasar II

Buku Ajar :1. Symon, K. R., Mechanics. 3rd ed., Addison Wesley Publ. Co. 1980.2. Fwles, G.R., Analytical Mechanics , 4 th Ed., Saunders College Publ. 1968.3. Kimbble, T.W.B., Classical Mechanics, McGraw Hill, 1970.

TERMODINAMIKA 3(3-0)

Materi Kuliah :

Sistem Termodinamika : kesetimbangan termal, kesetimbangan termodinamika, konsep temperatur, persamaan keadaan, gas ideal, perubahan keadaan, proses kuasistatik. Hukum I Termodinamika : usaha dan kalor, usaha dalam proses kuasistik, fungsi energi dalam, hukum I Termodinamika. Gas : persamaan keadaan, gas sejati, energi dalam, kapasitas termal gas. Hukum II Termodinamika : perubahan usaha menjadi kalor dan sebaliknya, perumusan Kelvin-Plak dan perumusan Clausius, asas pertambahan entropi. Fungsi Termodinamika : efek Joule-Kelvin dan entalpi, fungsi Helmmoltz dan fungsi Gibbs, pautan Maxwell, persamaan TdS.

7

Page 8: Silabus Fisika FMIPA 2003

Silabus Program Sarjana Fisika 2003

Perubahan Fase : persamaan Claussius-Clapeyron, melebur, menguap, menyublim, titik kritis, helium cair dan helium padat.

Prasyarat : Fisika Dasar II

Buku Ajar :

1. Zemansky dan Dittman, Jeat and Thermodynamics, Mc. Graw Hill, 182.2. Sears dan Salinger, Thermodynamics, Kinetic and Statistical Thermodynamics, Addison

Wesley, 1976.

FISIKA MATEMATIKA I 4(3-1)

Materi Kuliah :

Deret : bentuk deret, sifat konvergen-divergen, pengujian divergensi, deret pangkat, daerah konvergensi deret pangkat, deret untuk menhitung harga pendekatan. Bilangan Kompleks : pengertian bilangan kompleks, bidang kompleks, aljabar kompleks, formula Euler, funsi-fungsi kompleks elementer. Matriks : penggunaan matriks dan determinan untuk memecahkan persamaan linier simultan, rotasi koordinat. Diferensial Parsial : pengertian operasional, prinsip rantai, diferensial total, digerensial implisit, diferensiasi bentuk integral (prinsip Leibnitz). Integral Lipat : pengertian integral lipat, cara dasar integral lipat, perubahan variabel dan penggunaan determinan Jacobi. Analisis Vektor : operasi vektor diferensial, gradien, divergensi, curl, dan arti fisisnya, teorema divergensi, teorema Stokes, integral permukaan. Deret Fourier : ortogonalitas fungsi sinusioda, deret Fourier sinus dan cosinus, deret sinus, deret cosinus, deret fourier kompleks. Persamaan Diferensial Biasa : jenis persamaan yang dapat dipisahkan, orde dua linier dengan koefisien tetap dan homogen, contoh pemakaian persamaan diferensial biasa dalam fisika.

Prasyarat : Fisika Dasar II, Matematika Dasar II

Buku Ajar :

1. Bodd, M.L., Mathematical Methods in the Physical Sciences, 2 nd Ed., John Wiley, 1983.2. Spiegel, M., Advanced Mthematical for Engineers and Scientists, Schaum Outline Series, Mc.

Graw-Hill, 1966.3. Sokolnikoff, Redherffer, Mathematics of Physics and Modern Engineering, Mc. Graw-Hill,

1966..

FISIKA MATEMATIKA II 4(3-1)

Materi Kuliah :

Fungsi Kompleks : pengertian fungsi analitik, persamaan Cauchy-Rieman dan fungsi harmonik, integral lintasan tertutup, teorma Caufhy, deret laurent, teorema residu, cara menentukan residu, penggunaan residu untuk menhitung integral-integral tentu, pemetaan konformal. Pemecahan Persamaan Diferensial Biasa dengan Bentuk deret : cara umum, persamaan Legendre dan fungsi beta, fungsi gamma, fungsi kesalahan (error), fungsi eliptik dan sebgainya. Transformasi Koordinat : penggunaang matriks dan tensor, operator vektor dan koordinat kurvilinier. Transformasi Integral : transformasi Laplace, transformasi Fourier, integral konvolusi dan pemakaiannya dalam memecahkan persamaan diferensial bisa.

8

Page 9: Silabus Fisika FMIPA 2003

Silabus Program Sarjana Fisika 2003

Persamaan Diferensial Parsial (PDP) : bentuk-bentuk PDP untuk proses-proses fisika yang umum, persamaan Laplace. Persamaan Poisson, persamaan difusi, persamaan perambatan gelombang, pemecahan PDP dengan metode separasi variabel koordinat kartesis, koordinat bola, koordinat silinder. Tinjauan umum bentuk PDP untuk aliran fluida, perambatan gelomabng elastik, perambatan kalor dsb.

Prasyarat : Fisika Matematika I

Buku Ajar :

1. Boss, M.L, mathematiacal Methods in the Physical Sciensces. 2nd., Ed., John Wely, 19832. Speigel, M., Advanced Mathematics for Engineers and Scientist, Schaum Outline Series, Mc.

Graw-Hill, 19663. Speigel, M., Complex Variabels, Mc. Graw-Hill, 1966.

PEMROGRAMAN KOMPUTER 3(1-2)

Materi Kuliah :

Organisasi komputer, bahasa pemrograman Pascal dan pemakaian pada bidang Fisika, penyususnan algoritma, diagram alir dan penyususnan program.

Prasyarat : -

Buku Ajar :

1. Tremblay and Bunt, 1981. An Introduction to Computer Science : An Algoritmic Approach. McGraw-Hill.

2. Savith, 1987. Pascal, An Introduction to the Art and Science of Programing. The benjamin/Cummings Publishing Inc, Singapore.

FISIKA KOMPUTASI 4(3-1)

Materi Kuliah :

Bahasa pemograman Pascal : karakter-karakter yang dikenal oleh Pascal, kata simpanan dan nama variabel khusu, kontrol aliran program meliputi for-to-do, for-downto-do, while-do, repeat-until, if-then-else, case-of dan case-if-else, program pembantu fugsi, determinan dan matriks, menghitung harga determinan, membentuk matriks bujur sangkar, mengalikan dua buah matriks dan menyelesaikan perrsamaan linier yang tidak homogen, mencari akar-akar polinom dengan program Newton-Raphson juga untuk akar-akar kompleks, menentukan nilai eigen dan vektor. Praktikum meliputi pengenalan bahasa Pascal, analisa numerik dan grafik.

Prasyarat : Pemrograman Komputer

Buku Ajar :

1. B.Carnahan, H. A. Luther dan J.O. Wilkes, Applied Numerical Method, John Wiley, 1969.2. Pennington, R.H. Introductory Computer Methods and Numerical Analysis, The Macmillan,

1971.3. Strak, P.A. and Canale, R.P., Numerical Methods for Engineers with Personal Computer

Appllication, McGraw-Hill Book Co, 19085

ELEKTRONIKA DASAR I 4(3-1)9

Page 10: Silabus Fisika FMIPA 2003

Silabus Program Sarjana Fisika 2003

Materi kuliah :

Rangkaian Ekuivalen : rangkaian ekuivalen Thevenin, rangkaian ekuivalen Norton, pembebanan, hamabatan keluaran, hamabatan masukan, alih tegangan, alih daya. Arus Transiien : pengisian dan pengosongan kapasitor, diferensiator dan integrator RC. Arus Bolak-Balik : besaran-besaran arus bolak-balik (nilai puncak, nilai rms, nilai rata-rata, daya), tapis RC, plot Bode, resonansi RCL seri dan paralel. Teori Semikonduktor : semikonduktor intrinsik semikonduktor jenis n dan jenis p, sambungan p-n. Dioda : persamaan dioda, penyearah, pengiris, pelipat tegangan). Penguat Basis Ditanahkan : kerja transistor, rangkaian penguat basis ditanahkan, solusi grafik, rangkaian ekuivalen suhu, rangkaian ekuivalen parameter-n, penguat, hambatan masukan, hambatan keluaran. Punguat Kolektor Ditanahkan : Rangkaian ekuivalen empedansi, regulator. Penguat EFT : cara kerja JFET, ciri transistor JFET, transistor MOSFET.

Prasyarat : Fisika Dasar II

Buku Ajar :

1. Sutrisno, Elektonika, Teori dan Penerapannya, Jilid I, Penerbit ITB, Bandung, 1986.2. Brophy, Basic Electronics for Scientists and Engineers, John Wiley, 1969.3. Alley dan Atwood, Engineering Electronics, John Wlley, 1973.

ELEKTRONIKA DASAR II 4(3-1)

Materi Kuliah :

Penguat Gandengan RC : rangkaian stara, frequensi potong bawah, frekuensi potong atas.Rangkaian gandengan langsung : analisis rangkaian isyarat kecil, gandengan darlington, npn-pnp, penguat kaskade, dan penguat daya. Balikan : analsis isyarat kecil, stabilitas balikan, op-amp, penguat inverting dan non inverting, diferensiator, integrator, komparator, dan osilator.

Prasyarat : Elektronika Dasar I

Buku Ajar :

1. Sutrisno, Elektonika, Teori dan Penerapannya, Jilid I, Penerbit ITB, Bandung, 1986.2. Brophy, Basic Electronics for Scientists and Engineers, John Wiley, 1969.3. Alley dan Atwood, Engineering Electronics, John Wlley, 1973.

FISIKA STATISTIK : 3(3-0)

Materi kuliah :

Pendekatan Fisika Statistik : keadaan makroskopik dan mikroskopik, beban statistik dari keadaan mikroskopik, prinsip entropi maksimum, keseimangan pada sistem terbuka dan tertutup, ansambel mikroskopik, fungsi partisi, keseimbangan sistem di dalam termostat (reservoir), ansambel kanoik, distribusi Maxwell-Boltzman. Ansambel Kanonik : sifat paramagnetik zat padat, energi dalam, energi bebas Helmholtz, kapasitas kalor dan entropi, teori kapasitas kalor Enstein, rapat keadaan, teori kapasitas kalor Debye. Ansambel Kanonik Besar : Fungsi partisi, kriteria sistem klasik, persamaan keadaan, entropi, energi bebas Gibbs, potensial termodinamika dan kimia, gas riil, ekspansi virial, titik kritik. Gas Kwantum : fungsi partisi, distribusi Fermi-Dirac, distribusi Bose-Einstein. Statistik Fermi-Dirac : limit klasik, model elektron bebas, kalor jenis elektron, suseptibilitas magnet.

10

Page 11: Silabus Fisika FMIPA 2003

Silabus Program Sarjana Fisika 2003

Statistik Bose-Einstein : distribusi Bose-Einstein, spektum radiasi benda hitam, teori kalor jenis kristal.

Prasyarat : Fisika Modern dan Termodinamika

Buku Ajar :

1. F.Reif, Fundamentals of Statistics and Thermal Physics. M. Graw Hill.2. Sears dan Salinger. Thermodynamics, Kinetic Theory, and Statistical Thermodynamics,

addison Wesley, 6.3. C. Kittel, Elementary Statistical Phsytes, John Wily, 19584. Poynton, Introduction to Statistical Physics, Longaman-Green, 1967.

EKSPERIMEN FISIKA I 2(0-2)

Materi Kuliah :

Beberapa contoh percobaan yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut: Percobaan Milikan : penggunaan sumber tegangan searah potensial tinggi, penyetelan sistem terpong. Pengamatan dan pengukuran keseimabangan gaya listrik dan gaya gravitasi dalam tetes minyak, penentuan e/m. Spektrometer Optik : penyetelan sistem otpik teropong dan monokromator atau prisma dispersi spektrum sinar, pengamatan absorpsi spektrum sinar oleh medium, pengukuran panjang gelombang dan perkiraan energi vibrasi rotasi molekulnya. Holografi : pengetesan dan penyetelan laser serta sistem optikanya, produksi dan reproduksi gelombang fasa dan gambar tiga dimensi. Efek Fotolistrik : penyetelan rangkaian listrik dengan sumeber yang dapat diganti, pengamatandan pengukuran arus foto serta panjang gelombang sinar, penentuan tetapan Planek, Percobaan Frank Hertz : penyetelan rangkaian, pengamatan dan pengukuran arus, penentuan puncak-puncak radiasi, pengolahan data. Pengukuran Gelombang Mikro : penyetelan rangkaian, pengukuran arus gelombang mikro, pengukuran danpenentuan mode klystron, penentuan anjang gelombang dalam tabung penghantar pemandu gelomabang (wave guide) penentuan frekuensi gelombang mikro dengan resonator, penentuan impedansi gelombang dengan meter vswr dan Smith chart. Pengukuran e/m : penyetelan rangkaian ,pengukuran sudut kemiringan kumparan, pengamatan berkas elektron, pengukuran pembelokan berkas elektron dan penentuan e/m.

Prasyarat : Elektronika Dasar II

Buku Ajar :

1. A.C Melissinos, Experiments in Modern Physices, Academic Press, 1966.

EKSPERIMEN FISIKA II 2(0-2)

Materi Kuliah :

Beberapa contoh eksperimen yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut: Pengukuran Nuklir: statistik pencacahan, absorbsi dan interaksi dengan materi, sifat-sifat detoktor gas dan detektor sintilasi, pengukuran sinar beta, sinar gamma dan sinar-X. Pengukuran Fisika bumi : pengenalan peralatan untuk pengukuran Fisika Bumi, dasa-dasar fisis pengukuran resitivitas bumi dengan dan metode, pengukuran elastisitas batuan. Fisika Material : karakterisasi bahan, teknik vakum, resonansi magnetik, difraktormeter sinar-X, dll. Mahasiswa melakukan enam percoabaan yang ditentukan mulai dengan pengenalan peralatan, melakukan persiapan percobaan didalam laboratorium sampai di lapangan, pengambilan data-data,

11

Page 12: Silabus Fisika FMIPA 2003

Silabus Program Sarjana Fisika 2003

kemudian dan menganalisa dan menginterpretasi data dan dilaporkan dalam bentuk risalah laporan lengkap.

Prasyarat : Eksperimen Fisika I

Buku Ajar :

1. A.C Melissinos, Experiments in Modern Physices, Academic Press, 1966

MEDAN ELEKTROMAGNETIK 3(3-0)

Materi Kuliah :Hukum Coulomb dan medan elektrostatik, medan potensial, gradien potensial, hukum Gauss, metode imaginasi dan transformasi konformal, persamaan Poisson dan Laplace serta penerapannya. Dielektrik dan konduktor, magnetostatik, muatan bergerak dalam medan magnet dan medan listrik, persamaan Maxwell, gelombang pada batas dua medium, vektor poynting, pandu gelombang, antena, rembatan gelombang elektromagnetik.

Prasyarat : Gelombang

Buku Ajar :

1. Jacson, 1980. Clasical Electrodynamics, John Willey.2. Landau and Lifshitz, 1978. Electrodynamics of Continuoes Media. John Willey and Sons.3. Sarve, V.V. 1993. Electromagnetics Field and Waves. John Willey and Sons.

PENDAHULUAN FISIKA ZAT PADAT 3(3-0)

Materi Kuliah :

Struktur Kristal: kisi kristal, kisi Bravais, tipe dasar kisi kristal, indeks Miller, difraksi oleh kisi kristal, indeks Miller, difraksi oleh kisi kristal, kisi resiprok, beberapa metode penentuan struktur, ikatan antar atom. Dinamika Kisi Kristal : gelombang elastik dan rapat moda getar, kalor jenis Enstein dan Debye, moda dan spektrum getaran, getaran kisi, fonon, daya hantar kalor, hamburan oleh fonon. Elektron dalam Logam : model elektron bebas klasik, kaidah Wiedemann-Franz, kalor jenis logam, suseptibilitas magnetik. Model elektron bebas terkuantisasi,kalor jenis gas elektron yang terdegenerasi, paramagnetisme Pauli, model kundiktivitas listrik Sommerfeld, resonansi siklotron, efek Hall. Elektron dalam Zat Padat : Teorema Bloch, pita energi, model Kronig-Panney, model elektron hampir babas, daerah Brillouin, logam, isolator, dan semikonduktor intrinsik, semikonduksi ekstrinsik, mobilitas elektron. Sifat Magnetik : dipol magnetik, dia-, para-, ferro-, dan antiferromagnetisme, resonansi magnetik : resonnasi spin elektron, relaksasi spin kisi dan spin-spin. Superkonduktivitas

Perasyarat : Fisika Modern, Fisika Kuantum, listrik – Magnet

Buku Ajar :1. Omar, M.A., Elementary Solid State Physics, Addison Wesley, Reading. Massachussetts.

1975.2. Blakemore, J.S., Solid State Physics, W.B. Saunder, Philadelphia, 1974.3. Kittel, C., Introduction to Solid State Physics, John Wiley.1962.

12

Page 13: Silabus Fisika FMIPA 2003

Silabus Program Sarjana Fisika 2003

PENDAHULUAN FISIKA INTI 3(2-1)

Materi kuliah :Sifat-Sifat Inti : massa, jari-jari, spin, momen magnetik, momen listrik.Energi Ikat : model tetes zat cair, rumus massa Weizsacker, parabola massa. Sistem dua nukleon : gaya inti, struktur deutron,teori hamburan, hamburan n-p. Radioaktivitas : hukum radioaktivitas, keseimbangan radioaktif, stabilitas inti, peluruhan asfa, teori Gamow,peluruhan beta, spektum beta, neutino, teori Fermi, klasifikasi transisi beta, penangkapan elektron, ketidakkekalan paritas, peluruhan gamma, radiasi multipol, konversi dalam, eek Mossbauer. Reaksi inti : klasifikasi reaksi inti, mekanisme reaksi inti, model inti majemuk, model optik, reaksi langsung.

Prasyarat : Fisika Modern, Fisika Kuantum, Listrik Magnet

Buku Ajar :

1. Atam H. Arya, Fundamentals of Nuclear Physics, Allen and Bacon inc., 19662. E. Segre, Nuclei and Particles, Benjamin Inc., 1977.3. Kaplan, Nuclear Physics, 2nd ed. Addison-Wesley Co., 1963.4. Meyerhof, Ww.E., Elements of Nuclear Physics, McGraw-hill, Book Co., 1967.

FISIKA KUANTUM 4(4-0)

Materi Kuliah :

Paket Gelombang dan Prinsip Ketidakpastian : paket gelombagn Gauss, penjalaran paket gelombang, kecepatan group, relasi de Broglie, prinsip ketidakpastian. Persamaan Gelomabang Schrodinger : persamaan partikel bebas, tafsir probablitas, harga ekspektasi, operator momentum, persamaan partike dalam medan potensial, persamaan eigen energi, fungsi eigen dan harga eigen, ortogonalisasi fungsi-gungsi eigen, fungsi eigen dan teorema ekspansi, analogi ruang vektor, paritas, fungsi-funsi eigen momentum, degenerasi. Problem Satu Dimensi : partikel dalam kotak, potensial tangga, koefisien rfleksi dantransmisi, potensial sumurberhingga dan keadaan terikat, potensial penghalang. Efek terobosan, osilator harmonik. Metoda Operator : Operator linier dan operator Hermit, relasi komutator, himpunan komplit observabel yang komulatif, prinsip ketidakpastian, representasi operator, operaor naik dan operator turun (osilator harmonik). Perubahan sistem terhadap waktu dalam bahasa operator. Problem 3 Dimensi : momentum sudut, metode aljabar menyelesaikan harga eigen operator-operator L, dan L2, operator naik dan oprator turun, partikel bebas dalam sistem koordinat kartesis dan bola, fungsi gelombang radial partikel bebas, interaksi elektron dengan medan elektromagnet (efek Zeeman normal) dan atom hidrogen.Spin Eektron dan Penjumlahan Momentum Sudut : spin elektron, matrik spin Pauli, fungsi gelombang spin (spinor) presesi elektron dalam medan magnet, penjumlahan momentum sudut. Sistem N Partikel : persamaan Schrodinger untuk sistem N partikel, partikel idemik, prinsip larangan Pauli, Fermion-fermion dan Boson-boson dalamkotak I dimensi dan energi Fermi. Teori Perturbasi Bebas Waktu : Teori perturbasi orde satu dandua untuk kasus-kasus non degenerasi dan degenerasi, efek Strak, atom hidrogen riil.

Prasyarat : Fisika Matematika II

Buku Ajar :

1. S. Gasiorowics, Quatumm Physics , J.Wilye2. R. Liboff, Introduction Quantum Mechanics of Quantum Mechanics, J. Wiley, 19823. A.Yariv, An Introduction to theory and Application of Qwuantum Mechanics, J. Wiley.4. Alonso & Finn, Introduction to Quantum Mechanics and Statistical Physics, A. Wesly5. Powel and Craseman, Quantum Mechanics, Addison Wesley, 1960.

13

Page 14: Silabus Fisika FMIPA 2003

Silabus Program Sarjana Fisika 2003

METODE PENELITIAN 3(2-1)

Materi Kuliah :

Falsafah Ilmu, Macam-macam penelitian, Latar belakang penelitian, penyusunan kerangka pemikiran, hipotesis, penerapan rangcangan percobaan, pmilihan daftar pustaka, penyusunan usul penelitian

Prasyarat : Telah menempuh 100 SKS

Buku Ajar :

1. ll, Robert G.D and James T, 1991. Prinsip dan Prosedur Statistika : Suatu pendekatan Biometrika. Diterjemahkan oleh Bambang Sumantri. Gramedia Jakarta

2. Suriasumantri, J.S, 1985. Filsafat Ilmu : Suatu Pengantar Populer. Sinar Harapan Jakarta3. Verhaak, C and Haryono R.I, 1987. Filsafat Ilmu Pengetahuan : Telaah atas cara kerja ilmu-

ilmu . Gramedia Jakarta

SEMINAR 2(0-2)

Materi Kuliah :

Studi Acuan mengenai hal-hal yang merupakan latar belakang pengetahuan yang diperlukan dalam permasalahan tugas akhir. Kegiatan belajar mata kuliah ini menyangkut dua kali presentasi laporan kemajuan dan laparoan akhir secara lisan dalam seminar kelompok, serta membuat makalah laporan stui topik seminar.

SKRIPSI (TUGAS AKHIR) 6(6-0)

Materi Kuliah :

Bobot matakuliah Tugas Akhir ini selurhnya adalah 6 sks, yang diambil dalam dua semester. Dengan bobot 3 sks untuk tiap semester diharapkan mahasiswa mencurahkan waktu yang cukup banyak, yaitu 9 jam tiap minggu untuk kegiatan ini. Dengan kerja intensif, terarah, dan terus menerus selama dua semester, serta bimbingan yang baik diharapkan sasaran tugas akhir seperti tersebut di atas dapat dipenuhi. Kegiatan belajar Tugas Akhir ini dilakukan secara bertahap. Tahap pertama: berupa tahap formulasi masalah. Dalam tahap ini hahasiswa mendalami masalah dengan membaca literatur, menguasai teknik-teknik khusus seperti seperti instrumentasi untuk penelitian ilmiah, koputasi, atau rangkaian elektronika yang harus dikembangkan untuk penelitian tersebut. Tahap ini diakhiri dengan formulasi masalah yang hendak dipecahkan dan dilaporkan dalam presentasi laporan kemajuan di kelompok bidang dan pembuatan makalah tentang masalah dan rencana kerja. Pada tahap ke dua dilakukan kegiatan belajar yang menyangkut pemecahan masalah-masalah yang dihadapai dalam membat formulasi model matematika dan emecahannya, menggunakan peralatan, membuat program komputer, atau membuat rangkaian elektronik. Tahapan ini diakhiri dengan seminar kelompok dan karya tulis sebagai laporan kemajuan. Tahap ke tiga adalah tahap untuk menyimpulkan hasil tugas akhir mahasiswa, yaitu penggabungan bagian-bagian yang telah dikembangkannya, pengolahan data dengan berbagai teknik statistik, atau pengujian dan kalibrasi alat yang dibuat, atau menguji program komputer yang telah dibat. Tahap terakhir ini diakhiri dengan seminar jurusan dan embuatan laporan akhir. Bahan kajian untuk tugas akhir disesuaikan dengan pengembangan ilmu dalam kelompok bidang atau laboratorium. Peniaian Tugas Akhir dibuat berdasarkan nilai-nilai tahapan pelaksanaan tugas akhir, yaitu nilai presentasi seminar, serta nilai karya tulis berupa makalah seminar maupun laporan sementara. Penilaian hendaknya bertitik berat pada nilai hasil kegiatan belajar sebagai suatu proses formatif menuju kemampuan seperti diungkapkan dalam sasaran matakuliah ini. Sudah barang tentu nilai sebagai roduk ilmu juga harus diperhitungkan.

14

Page 15: Silabus Fisika FMIPA 2003

Silabus Program Sarjana Fisika 2003

Prasyarat : Seminar

PRAKTEK KERJA LAPANGAN 3(1-2)SKS

Studi dan praktek di instansi/lembaga penelitian/perusahaan yang berkaitan dengan geofisika padat. Menyusun laporan berupa karya tulis yang kemudian dipresentasikan.

Prasyarat : Telah Menempuh 100 SKS

SILABUS MATAKULIAH BIDANG KEAHLIAN ELEKTRONIKA DAN INSTRUMENTASI

BAHASA ASEMBLER 3(3-0)

Materi Kuliah :

Struktur komputer, bahasa mesin, pelaksanaan instruksi, teknik pengamatan, penyajian data secara digital, kode simbol dan sistem assembly, definisi makro dan pembangkitnya, segmental program dan rangkaian, I/O berorientasi pada pengguna.

Prasyarat :

Buku Ajar :

1. Anonim, 1988. Turbo Assembler, User’s. Borland International.

ELEKTRONIKA LANJUTAN I 3(3-0)

Materi Kuliah :

Metode metode rancangan digital dengan aljabar Boole dan cara matematika. Analisis dan sintesis rangkaian gabungan/kombinasi. Minimisasi rangkaian teori dan penerapannya, realisasi rangkaian kombinasi secara khsusus

Prasyarat : Elektronika Dasar II

Buku Ajar :

1. Hill, F.J and Peterson, G.P, 1981. Introduction Switching Theory and Logical Design, Edisi ke – 3. John Willey and Sons. New York

ELEKTRONIKA LANJUTAN II 3(2-1)

Materi Kuliah :

Tinjauan macam-macam flip-flop, analisis dan sintesis sistem digital turunan ragam detak, clock mode, ragam pulsa dan ragam aras, minimisasi rangkaian digital dan cara penanggulangannya. Merancang sistem digital dungeon MSI dan LSI

Prasyarat : Elektronika Lanjutan I

Buku Ajar :1. Hill, F.J and Peterson, G.P, 1981. Introduction Switching Theory and Logical Design, Edisi ke –

3. John Willey and Sons. New York

15

Page 16: Silabus Fisika FMIPA 2003

Silabus Program Sarjana Fisika 2003

RANGKAIAN LISTRIK 3(2-1)

Materi Kuliah :

Penguasaan dasar-dasar rangkaian, analsis rangkaian, karakteristik dasar, hukum-hukum dan teorema pada rangkaian listrik. Sistem satua arus, tegangan dan daya. Elemen pasif. Hukum-hukum listrik dan penggunaannya : hkukm ohm, hukum Kirchoff. Analsis simpul dan mesh, superposisi. Teorema Thevenin dan Norton, dualitas. Rangkain-rangkaian RL dan RC dengan dan tanpa sumber. Penguasaan cara menganalisa masukan/keluaran pada sistem listrik. Rangkaian dasar dan karakteristiknya : sistem linier, rangkaian RL dan RC dengan sumber, rangkaian RLC seri dan paralel. Fungsi sinusoidal, fungsi kompleks dan fasor, diagram fasor, elemen-elemen pasif, impedansi, admitansi, rangkaian RLC seri, rangkaian RLC paralel, diagram polar. Penerapan fungsi sinusoidal pada berbagai metode analisa dan teorema. Daya sesaat, daya rata-rata, daya nyata, daya kompleks. Nilai rata-rata dan nilai efektif arus dan tegangan. Rangkaian fasa banyak dan rangkaian gandeng magentik.

Prasyarat : Elektronika Dasar II

Buku Ajar :1. Bogart, 1992. Electric Circuits, 2nd ed. Mc. Graw Hill.2. Cunningham, Stuller, 1995. Basic Circuit Analysis, 2nd ed. John Willey and Sons.3. Dorft and Svoboda, 1996. Introduction to Electric Virvuit, 3rd ed. John Willey and Sons4. Hayt-Kemmerly, 1993. Engginering Circuit Analysis, 5th.ed. Mc.Graw Hill.

PENGOLAHAN SINYAL DIGITAL 3(2-1)

Materi Kuliah :

Pendekatan teoritik dalam implementasi digital, pembatasan sistem waktu diskrit dan sistem digital, analisis transformasi sinyal deterministik, teknik pengolahan sinyal digital dan aplikasinya.

Prasyarat : Elektronika Dasar II

Buku Ajar :

1. David, J.D, 1988. Digital Signal Processing : Asystem Desaign Approach. John Willey and Sons. New York

2. Lonnic, C.L, 1986. Fundamental of Digital Signal Processing. John Willey and Sons. New York.

APLIKASI MIKROKOMPUTER 3(2-1)

Materi Kuliah :

Sistem bilangan, register, ALU, RAM, mikroprocessor. Program counter, accumulator, stack pointer, index register, perintah dasar serta cara-cara pengamatan, dan masalah interfacing.

Prasyarat : Bahasa Asembler

Buku Ajar :

16

Page 17: Silabus Fisika FMIPA 2003

Silabus Program Sarjana Fisika 2003

1. -------, 1985. Motorola Semiconductor Product. Microprocessor Application Manual. McGraw-Hill.

FISIKA STATISTIK. 4 (4-0) sks

Materi Kuliah :

Anggapan Fisika Statistik, Pokok Pokok Teori Kebolehjadian yang Diperlukan. Gas Ideal, Distribusi Kecepatan dan Energi, Perpindahan Massa, Energi dan Momentum, Ruang Fase, Postulat Mekanika Statistik, Ensambel, Statistik Klasik, Statistik Kuantum.

Pustaka:1. Sears, S. 1981., Thermodinamics, Kinetic Theory and Statistical Thermodinamics, Addison

wisley.2. Poynton. 1976: Introduction to Statistical Mechanics, Addison Wasly3. Powel. C., 1961 Statistical mecanics, Addison Wasley

PEMROGRAMAN KOMPUTER 3 (2-1)

Dasar Pemrograman Variabel dan Konstanta, Operasi dan Ekspresi Fungsi Fungsi Matematik, Input dan output Statement, Transfer Statemen, Conditional Statement, Looping Statement, Function dan Specificaton.

Pustaka :

1. 1.Yourdan, 1979: Structure Design, Foudamental of Dicipline of Programing and System Analysis. Prentice-Hall.

OPTIKA MODERN 3(3-0)

Materi Kuliah :

Optika Fourier, Teori Koherensi, Pengolahan Citra Optik, Prinsip Holografi, Optika non-Linier

Pustaka :1. Fowles, 1968: Intoduction to Modern Optics, Holt Rineltari.2. Klien, 1970: Optik, John Wiley.

SISTEM PENGATURAN 3(2-1)

Materi Kuliah :

Persamaan deferensial watak sistem, persamaan Laplace dan Fourier, fungsi transfer, rootlucus, analisis frekuensi, nyquist untuk kestabilan, kompensasi kaskade, kompensasi umpan balik, analisis nonlinier, analisis bidang fase

Prasyarat :

Buku Ajar :

1. Ogatha and Katshuhiko, 1981. Modern Control Enginering. Prentice-Hall2. D’Azzo and Houpist, 1981. Linier Control System Analysis and Design. Mc.Graw-Hill.

17

Page 18: Silabus Fisika FMIPA 2003

Silabus Program Sarjana Fisika 2003

KERJA PRAKTEK BENGKEL 2(0-2)

Materi Kuliah :Teknik menggambar, membuat perkakas instrumentasi, menggunakan berbagai macam perkakas bengkel elektronik dan mekanik yang berkaitan pada instrumentasi

Prasyarat :

Buku Ajar :

1. Manual pada setiap perkakas bengkel2. Erling, 1974. All About Mechanic Tools, SKIP Series Vol. II. John Willey and Soons. New York

MIKROPROSESOR 3(2-1)

Materi Kuliah :

Dasar dan bagian cara kerja mikroprosesor, mikroprosesor 8 bit, 16 bit dan 32 bit. Mikrokontroler, peralatan tambahan (I/O) untuk mikroprosesor, PIA, ACIA, DAC, jalur-jalur data serta buffer. Diagram waktu mikroprosesor, monitor dan sistem pengoperasiannya.

Prasyarat : Elektronika Dasar II

Buku Ajar :1. Wakerly and John F, 1989. Microcomputer Architecture and Programming: The 68000 Family.

John Willey and Soons. New York.2. Bishop, 1987. Microprocessor/Microcomputer : Architecture, software and system. John Willey

and Soons.

KAPITA SELEKTA INSTRUMENTASI 3(2-1)

Materi Kuliah :

Referensi data, arsitektur komputer, sistem mikroprosesor dan mikrokontroler, sistem mikrokomputer interfacing, penerapan dalam otomatisasi sistem instrumen dan kontrol.

Prasyarat :

Buku Ajar :

1. Olesky and Rutkowskey, 1981. Microprocessor and Digital Computer Technology. Prentice Hall

2. Krutz, R.L, 1988. Interfacing Technique in Digital Design with Emphasis on Microprocessors. John Willey and Sons.

3. Gates, Staphen, Becker, and Jordan, 1989. Laboratory Automation using the IBM PC. Prentice Hall.

SISTEM DIGITAL 3(2-1)

Materi Kuliah :Analsis dan rancangan sistem digital, model komputer sederhana, pemrograman, unit pengontrol, smbungan/hubungan antara register dan bus, komunikasi anatara sistem digital, input/output, alat bantu dan interface, mikroprosesor, peningkatan kemampuan CPU.

18

Page 19: Silabus Fisika FMIPA 2003

Silabus Program Sarjana Fisika 2003

Prasyarat :

Buku Ajar : 1. Hills, F.J and Peterson, G.R, 1978. Digital System : Hardware Organization and Design. Edisi

ke-3. John Wiley and Sons New York.

SISTEM TRANSMISI DATA 3(2-1)

Materi Kuliah :

Penggunaan struktur dan arsitektur jaringan data, Lapisan fisik data link, protokol, sliding windows, Network : routing, congesti, transport dan session, presentasi, aplikasi.

Prasyarat : -

Buku Ajar :1. Held, 1997. Understanding Data Communic, John Willey and Sons2. Roger F, 1997. Pratical Data Commnic. John Willey and Sons

SISTEM KONTROL OTOMATIS 3(2-1)

Materi Kuliah :

Pemahaman dan penguasaan prinsip pengukuran elektronik, instrumentasi elektronik dan penggunaannya. Karakteristik dan unjuk kerja sistem instrumentasi, alat ukur, sistem elektromekanik, sensor, sistem akuisisi data, pengkondisian sinyal, akusisi kecepatan tinggi, aplikasi berbagai bidangKonfigurasi sistem kendali, dinamika proses industri, teknologi sensor dan aktuator (elektri, hidraulik, dan pneumatik), instrumentasi sistem kendali : antar muka, pengkondisi sinyal, telemetri.

Prasyarat :

Buku Ajar :1. Chriss, K, 1996. Modern Control Technology: Components and System. West Publishing.2. Ian S, 1992. Sensor and Transducers : Aguide for Technicians, 2nd ed. Butterwoth-

Heinemann.3. Newby B, 1994. Electronics Signal Conditioning. Butterworth-Heinemann.

SILABUS MATAKULIAH BIDANG KEAHLIAN GEOFISIKA

GEOLOGI DASAR 3(2-1)

Materi Kuliah :

19

Page 20: Silabus Fisika FMIPA 2003

Silabus Program Sarjana Fisika 2003

Pengertian sifat-sifat fisik bumi, proses pembentukan, cara kerja proses-proses yang mengubah kerak bumi dan bentuk-bentuk yang ditimbulkannya. Dibahas tenteang : pembentuk-an bumi dalam ruang dan waktu, susunan lapisan-lapisan bumi, proses-proses yang terjadi dan sejarah perkembangannya.

Prasyarat : -

Buku Ajar :

1. Willie , 1971. The Dinamics Earth. John Willey and Sons2. Robinsons, 1982. Basic Physical Geology, John Willey and Sons

GEOLOGI STRUKTUR 3(2-1)

Materi Kuliah :

Pengertian Cekungan, Lapangan, Stratigrafi, Umur Batuan, Proses Pembentukan Struktur Bumi, Pergeseran Lempeng, Lingkungan Pengendapan, Geohistoris dan Proses terjadinya Cekungan. Selain itu diberikan cara-cara atau metode membuat gambar kontur, struktur bumi dan grafik-grafik yang berhubungan dengan struktur bumi.

Prasyarat : Geologi Dasar

Pustaka :1. Asikin, S., Geologi Struktur Indonesia, Institut Teknologi Bandung.

METODE LISTRIK 3 (2-1)

Materi Kuliah :

Sifat listrik pada batuan dan mineral. Teori potensial listrik, Metode tahanan-jenis potensial dari, polarisasi terinduksi (IP). Metode pengambilan data Geolistrik, IP, Self Potensial di lapangan. Metode pengolahan data dan Interpretasi.Prasyarat : - Buku Ajar :

1. Koefoed, O., 1979; Geosounding prinsiples I, Elsevier Publ, Company, New York.2. Patra, H.P. and Mallick, 1980; Geosounding Principles 2, Time-Varying Geoelectric Sounding,

Elsevier, Amsterdam.3. Keller, G.V., and Frischnecht, F.C., 1966; Electrical Method in Geophysical Prospecting, program

Press. 4. Telford, W.M., 1976; Applied Geophysics, Cambridge Univer-sity Press, London5. Alexander A., Kaufiman and George V. Keller, 1981; The Magneto Telluric Sounding Methord,

Elsevier, Amsterdam.

METODE ELEKTROMAGNETIK 3(2-1)

Materi Kuliah :

Sifat listrik pada batuan dan mineral. Teori medan elektromagnetik. Metode Tellurik dan Magnetotellurik, Very Low frekuensi (VLF), Control Source Audio Magneto Tellurik (CSAMT). Metode

20

Page 21: Silabus Fisika FMIPA 2003

Silabus Program Sarjana Fisika 2003

pengambilan Metode Tellurik dan Magnetotellurik, Very Low frekuensi (VLF), Control Source Audio Magneto Tellurik (CSAMT) di lapangan. Metode pengolahan data dan Interpretasi.

Prasyarat : -

Buku Ajar :

1. Koefoed, O., 1979; Geosounding prinsiples I, Elsevier Publ, Company, New York.2. Patra, H.P. and Mallick, 1980; Geosounding Principles 2, Time-Varying Geoelectric Sounding,

Elsevier, Amsterdam.3. Telford, W.M., 1976; Applied Geophysics, Cambridge Univer-sity Press, London4. Alexander A., Kaufiman and George V. Keller, 1981; The Magneto Telluric Sounding Methord,

Elsevier, Amsterdam.

GRAVITY DAN MAGNETIK 3(2-1)

Materi Kuliah :Gravitasi : konsep dasar gaya berat, percepatan gravitas dan sentrifugal, potensial gravitasi, bentuk bumi, reduksi gravitasi, efek gravitasi, deret fungsi spherik, pusat bumi, instrumentasi dan desain survey, reduksi data, dan pemetaan gravitasi absolut. Survei darat, laut, dan udara. Pemrosessan data : pemisahan anomali dan pengfiteran. Interpretasi data gravitasi : model 2-D, 2.5 D, 3-D dan aplikasinya dalam geologi. Aplikasi metode gravitasi dalam eksplorasi sumber daya alam.Magnetik : Medan magnet bumi, permeabilitas, susceptibilitas dan magnetisasi permanen. Sumber dan anomali medan magnet. Deskripsi medan magnet, sifat magnetik batuan, instrumentasi dan survey metode magnet, reduksi dan pengolahan data. Kontinuasi ke atas medan magnet. Contoh-contoh aplikasi dalam pemetaan regional dan eksplorasi.

Prasyarat : Geologi Struktur

Buku Ajar :

1. Telford, W.M., 1976; Applied Geophysics, Cambridge Univer-sity Press, London2. Grant, F.S and West, G.E, 1965. Interpretation Theory Applied Geophysics. Mc. Graw Hill3. Nettleton, L.L., 1971. Elementary gravity and magnetic for geologist and seismologists,

Monograph series No.1 Society of Exploration Geophysics, Tusla, Oklahoma.

SEISMIK EKSPLORASI 3 (2-1)

Materi Kuliah :

Sifat gelombang seismik ; prinsip dasar geometri penjalaran gelombang, refleksi & transmisi, modus konversi gelombang, atenuasi, absorbsi, multiple dan hamburan. Dasar-dasar seismik refraksi, akuisisi data, pengolahan dan interpretasi. Teknik pengukuran sismik pantul : sistem penembakan group geophone, analisis noise, sumber energi, keadalaman titk tembak pengertian multiple coverage. Processing data ; demultiplex , reformatting, CDP sortingmuting, koreksi statik, dekonvolusi, analissi kecepatan, Normal Move Out (NMO0 DIP Move Out (DMO) , Stacking, filtering, migrasi. Seismogram tiruan. Seismik inversi. (Pemodelan maju dan pemodelan mundur). Interprestasi : mengenal karakter seismik terhadap fenomena geologi, pembuatan peta struktur, pembuatan peta seismik stratigrafi. Konversi waktu kedalaman. Pemodelan geologi.

Prasyarat : Geologi Struktur

Buku Ajar :

1. Seriff, R.E., L.P., 1983; Geldart ; Exploration Seismology vol. 1,2, Cambridge Univ. Press,

21

Page 22: Silabus Fisika FMIPA 2003

Silabus Program Sarjana Fisika 2003

London.2. Masuda, H., 1977; Seismic Refraction Analysis for Engingeering Study , Mrawa Researc

Institute, Japan.3. Yulmaz, Ozdogan, 1987 ; Seismic Data Processing, Society of Exploration Geoplysicitist,

Tusla.4. Al-Said, H.N., 1982; Seismic Exploration, Birkhauser Verlag, Basel-Boston-Stutgart.

SEISMOLOGI 3(2-1)SKS

Materi Kuliah :

Distribusi pusat gempa dan penyebab gempabumi. Teori deformasi dan elastisitas . Penjalaran dan tipe gelombag gempa. Seismograf, seismogram dan seismometer. Penentuan parameter gempa. Mekanisme pusat gempa. Gempabumi di Indonesia. Peramalan gempa. Pemetaan parameter gempa, seismic zoning, microtremor. Studi interior bumi dari data gempa bumi : metode bias dalam , inversi kecepatan. Gaya- gaya tektonik ; aliran palstis, defor-masi batuan dan pergerakan bumi. Studi tentang efek gempa.

Prasyarat : Geologi Struktur

Buku Ajar :

1. Bath M., 1979; Introduction to Seismology Birkhauser Verlag. 2. Bullen, K.E. and B.A. Bolt,1985, An introduction to The Theory of Seismology, Cambridge Univ. Press.

2. Aki, K., and Richards, P.G, 1980; Quantitaive Sismology, Theory and Merthods, W.H. Freeman and Company, San Fransisco.

3. Kanai, K., 1983, Engineering Seismology, University of Tokyo Press.

GEOLOGI MINYAK BUMI 3(2-1)

Materi Kuliah :

Cekungan Minyak, Sumur Minyak, Lapangan, Perangakap Hidrokarbon, Reservoar minyak Bumi, Porositas, Permeabilitas, Saturasi Air dan Minyak, Sifat-sifat Petrofisika, Penentuan Cadangan Hidrokarbon.

Prasyarat : Geologi Struktur, Seismik Eksplorasi, Metode Panas dan Radioaktif, Well Logging

Buku Ajar :

1. Amdel, 1998, Geological Time Scale Chart. The Australian Mineral development Laboratoriues.

2. Asikin S, 1976. Geologi struktur Indoensia, ITB Bandung3. Dresser A, 1982. Well Logging and Interpretations techniques. The Course for home study4. Dewanto O, 2001. Perkiraan Tingkat Maturasi Hidrokarbon Menggunakan metode panas,

Universitas Indonesia Jakarta5. Harsono A, 1993, Pengantar Evaluasi Log. Schlumber Data service, P. 5-1326. Gretener, PE. 1981. Geothermics: Using temperature in hidrocarbon explorations; Short

course San francisco Anual metting May 1981. The Americans Associatons of Petroleum Geophysics, Tusla, oklahoma, USA

7. Harsono A, 1993, Pengantar Evaluasi Log. Schlumber Data service, P. 5-132

22

Page 23: Silabus Fisika FMIPA 2003

Silabus Program Sarjana Fisika 2003

8. Siswoyo and Subono.S, 1995. Heat Flow, Hidrocarbon Maturaty and migration in Notrhwest Java, CCOP Technical Bulettin, March 1995 Vol. 25 p. 23-36

9. Jurnal-Jurnal yang berhubungan dengan Explorasi Hidrokaron.

GEODINAMIKA

Materi Kuliah :

Pengertian tentang tektonik, definisi dan maknanya, penggunaan mekanika medium kontinyu dalam memecahkan masalah-masalah tentang bumi sebagai sistem dinamis. Hubungan anatar gerak-gerak tektonik dengan terjadinya gunung api dan gejala kegempaan, patahan dan lipatan. Pola tektonik, anomali gravitasi dan continent drift.

Prasyarat : Seismologi dan Seismik Eksplorasi

Buku Ajar :1. Artushkov,E.V, 1983. Geodynamics, Elsevier, Amsterdam2. Hamilton, W, 1979. Tectonic of the Indonesian Region, US. Geological Survey, professional

paper3. Indman Cons, 1982. Physical Vulcanology, Mc.Graw Hill4. Katili, J.A, 1980. Geotectonics of : A Modern View, Directorat Pertambangan5. Turcott, Schubert, 1982, Geodynamics. John Willey and Sons

METODE PENGOLAHAN DATA GEOFISIKA 3(2-1)

Materi Kuliah :

Konsep dasar analsis sinyal dan sistem. Sistem analog dan digital. Konsep wavelet, konvolusi, teorema konvolusi, korelasi silang, korelasi diri. Spektrum : spektrum daya, spektrum energi, spektrum amplitudo dan fasa; efek panjuang data berhingga, Gibb’s phenomena; penjedelaan, fungsi-fungsi jendela : box car, bartlett, Parzen, Kaiser. Digital : konsep digitasi, A?D conventer, fungsi pencuplik dan teorema pencuplikan, aliasing; Transformasi Fourier kontinyu dan diskret, FFT; transformasi Z; Filter-filter ideal, kausalitas filter; filter Butterworth; filter forward dan backward.

Prasyarat : Gravity dan Magnetik, Geolistrik, Seismologi, Geodinamika, Seismik Eksplorasi, Metode Elektromagnet, Metode Panas dan RA.

Buku Ajar :

1. E.A. Robinson, 1980. Geophysical Signal Analysis, Prentince Hall, New Jersey.2. O. Brigham, 1974. The Fast Fourier Transform, Prentince Hall, New jersey3. Oppenheim and schaffer, 1975. Digital Signal Processing. Prentince Hall, New Jersey

WORKSHOP GEOFISIKA 2 (0-2)

Materi Kuliah :

Keunggulan dan kelemaahan metode-metode dalam eksplorasi geofisika : seismik, gravitasi, magnetik, elektrik, elektromagnetik, panas dan redioaktif, serta perlunya penyelesaian terpadu dalam eksplorasi

23

Page 24: Silabus Fisika FMIPA 2003

Silabus Program Sarjana Fisika 2003

geofisika. Praktek pengambilan data metode-metode geofisika dan penyelesaian masalah geofisika secara terpadu.

Prasyarat : Geologi Struktur

Buku Ajar :

1. Telford, W.M, 1976. Applied Geophysics. Cambridge University Press.2. Grant, F.S and West, G.E, 1965. Interpretation Theory Applied Geophysics. Mc. Graw Hill

WELL LOGGING 4(3-1)

Materi Kuliah :

Peran logging dalam industri Migas, Perusahaan jasa logging, sistem logging di lapangan, sistem logging di permukaan, rung lingkup logging, Reservoir, proses pemboran, resistivitas dan faktor formasi, porositas, porositas dan faktor formasi, kejenuhan, pemindahan Hidrokarbon, Penampilan log, corak, skala dan simbol log, penggunaan log, log resistivitas, log sp, log GR, log neutron, log density, log sonic, log caliper, estimasi sumur potensial, pengukuran sifat-sifat fisik, evaluasi log, interpretasi log, analisa log, identifikasi lapisan berpori potensial, identifikasi lapisan mengandung hidrokarbon, identifikasi tipe hidrokarbon, prinsip kerja alat log, tipe alat, pengaruh lingkungan pengukuran, bentuk perekaman, interpretasi kuantitatif, interpretasi kualitatif, porositas, permeabilitas, saturasi air, Interpretasi log dengan komputer, kegunaan hasil interpretasi log sumur.

Prasyarat : Geologi Struktur dan Seismik Eksplorasi

Buku Ajar :

1. Amdel, 1998, Geological Time Scale Chart. The Australian Mineral development Laboratoriues.

2. Dresser A, 1982. Well Logging and Interpretations techniques. The Course for home study3. Harsono A, 1993, Pengantar Evaluasi Log. Schlumber Data service, P. 5-1324. Schlumber, 2000. Log interpretations Charts, Jakarta Indonesia.5. Widarsono B, 1997, Interpretasi Log sumur. Jurusan Geofisika FMIPA Universitas Indonesia.

METODE PANAS DAN RADIOAKTIF 3 (2-1)

Materi Kuliah :

Litosfer : Batuan, tenaga geologi, tenaga endogen, magma, intrusi magma, energi matahari; Porositas : porositas primer, porositas secunder, hubungan porositas terhadap tekanan dan kedalaman, pengaruh umur terhadap porositas; Konduktivitas Panas Batuan : hubungan konduktivitas panas batuan terhadap porositas dan kedalaman, konduktivitas panas formasi, koduktivitas panas kelompok formasi, koonduktivitas sumur, alat konduktivitas panas batuan; Gradien panas bumi; Aliran panas bumi; temperatur; pematangan minyak; metode panas dalam eksplorasi hidrokarbon; Radioaktivitas gamma ray; log neutron; porositas log lito densitas

Prasyarat : Geologi Struktur Buku Ajar :

1. Amdel, 1998, Geological Time Scale Chart. The Australian Mineral development Laboratoriues.

2. Asikin S, 1976. Geologi struktur Indoensia, ITB Bandung3. Dresser A, 1982. Well Logging and Interpretations techniques. The Course for home study

24

Page 25: Silabus Fisika FMIPA 2003

Silabus Program Sarjana Fisika 2003

4. Dewanto O, 2001. Perkiraan Tingkat Maturasi Hidrokarbon Menggunakan metode panas, Universitas Indonesia Jakarta

5. Harsono A, 1993, Pengantar Evaluasi Log. Schlumber Data service, P. 5-1326. Gretener, PE. 1981. Geothermics: Using temperature in hidrocarbon explorations; Short

course San francisco Anual metting May 1981. The Americans Associatons of Petroleum Geophysics, Tusla, oklahoma, USA

7. Harsono A, 1993, Pengantar Evaluasi Log. Schlumber Data service, P. 5-1328. Siswoyo and Subono.S, 1995. Heat Flow, Hidrocarbon Maturaty and migration in

Notrhwest Java, CCOP Technical Bulettin, March 1995 Vol. 25 p. 23-36

EKSPLORASI PANAS BUMI 3 (2-1)

Materi Kuliah :

Batuan, tenaga geologi, Konduktivitas Panas Batuan, Gradien panas bumi, Aliran panas bumi, temperatur, metode panas dalam eksplorasi hidrokarbon, reservoar panas bumi.

Prasyarat : Metode Panas dan Radioaktif Pustaka :

1. Amdel, 1998, Geological Time Scale Chart. The Australian Mineral development Laboratoriues.

2. Asikin S, 1976. Geologi struktur Indoensia, ITB Bandung3. Dresser A, 1982. Well Logging and Interpretations techniques. The Course for home study4. Dewanto O, 2001. Perkiraan Tingkat Maturasi Hidrokarbon Menggunakan metode panas,

Universitas Indonesia Jakarta5. Harsono A, 1993, Pengantar Evaluasi Log. Schlumber Data service, P. 5-1326. Gretener, PE. 1981. Geothermics: Using temperature in hidrocarbon explorations; Short

course San francisco Anual metting May 1981. The Americans Associatons of Petroleum Geophysics, Tusla, oklahoma, USA

7. Harsono A, 1993, Pengantar Evaluasi Log. Schlumber Data service, P. 5-1328. Siswoyo and Subono.S, 1995. Heat Flow, Hidrocarbon Maturaty and migration in

Notrhwest Java, CCOP Technical Bulettin, March 1995 Vol. 25 p. 23-36

SILABUS MATAKULIAH BIDANG KEAHLIAN MATERIAL

PENGANTAR FISIKA MATERIAL 3(3-0)

Materi :Pendahuluan Ilmu dan Teknologi Material, Struktur dan Ikatan Atom, Kristal dan Geometri , Kepadatan, Ketakmurnian Kristal dan Difusi dalam zat padat, sifat Listrik, Sifat Mekanik, Sifat Optik dan Diagram Fase.

Prasyarat :

Buku Ajar :1. Anderson. J C.Leaver K.D, Rawlings, R,D., and Alexander, J.M.., 1985, Material Science, Van

Nostrad Reinold, UK Co Ltd.2. Callister, W.D, 1997, Material Science and Engineering, an Intoduction, John Willey, Inc. USA3. Smith, W.F, 1990, Princples of Material Science and Engineering, Mc Graw Graw Hill, Inc USA

25

Page 26: Silabus Fisika FMIPA 2003

Silabus Program Sarjana Fisika 2003

FISIKA MATERIAL LANJUT 3(3-0)

Materi :Material Polimer, Teknologi Alloy, Material Keramik, Material Magnetik, Korosi, Material Komposit dan Superkonduktif Material.

Prasyarat : -

Buku Ajar:1. Anderson, J.C., Leaver, K.D., Rawwlings, R.D., and Alexander, J.M, 1985, Material Science,

Van Nostrad Reinhold, UK Co Ltd.2. Callister, WD., 1997, Material Science and Engineering, an Introduction, John Willey, Inc USA.3. Smith, W.F, 1990, Princples of Material Science and Engineering, Mc Graw Graw Hill, Inc USA

KAPITA SELEKTA FISIKA MATERIAL 3 (3-0)

Materi:Pembuatan dan Karakterisasi Bahan Keramik Maju dengan Teknik Infiltrasi dan Reaksi Padatan, Pembuatan dan Karaterisasi Bahan Thin Film dengan Teknik Evaporasi, Pembuatan dan Karakterisasi Bahan Gelas dengan Teknik Sol-Gel, Pembuatan dan Karakterisasi Bahan Semikonduktor, Pembuatan dan Karakterisasi Bahan Super Konduktor.

Prasyarat : -

Buku Ajar: 1. Jurnal Jurnal Ilmiah yang disesuaikan dengan topik bahasan2. Grove A.S. 1967. Doping Silikon Jenis N dan P dengan Akselerator Implantasi Ion. Fakultas

MIPA UGM, Yogyakarta.

DIFRAKSI SINAR X 3(3-0)

Materi Kuliah:Sifat Sifat Sinar X Geometri Kristal, Difraksi I: Arah Berkas Diifraksi, Difraksi II: Intensitas Berkas Difraksi, Metode Eksperimen dan Aplikasi Difraksi Sinar-X.

Pustaka:1. Culhty, B, D, 1978, Elements of X-ray Diffrakction, Addisson Wesley Publishing Company, Inc

USA.2. Kittel, C. 1986 Introduction to Solid State Physics. John Wiley and Sons. New York

KOROSI MATERIAL 2(2-0)

Materi Kuliah

Korosi Logam, Korosi Elektrokimia Logam, Laju Korosi , Memprediksi Laju Korosi, Macam Macam Korosi, Oksidasi Logam, Kontrol Korosi.

26

Page 27: Silabus Fisika FMIPA 2003

Silabus Program Sarjana Fisika 2003

Pustaka

1. ASM Handbook Vol. 13, 1987, Corrosion, ASM Internasional, Materails Park, OH.2. Craig, B.D.(Editor), 1989, Handbook of Corrosion Data, ASM Internasional, Materials Park,

OH.3. Marcus, P and Ondor, J (editor), 1995, Corrosion Mechanism in Theory and Practice, Marcel

Dekker, Inc New York.

PENGANTAR SEMIKONDUKTOR 3(3-0)

Pendahuluan: Struktur Kristal, Persamaan Dasar Operasi Piranti Semikonduktor, Dioda Sambungan p-n, Teknologi Dasar, Deplesi, Karakterisasi Arus-Tegangan. Transistor Daya, Piranti Unipolar: Persambungan Semikonduktor Metal, Hubungan Pita Energi, Efek Schotcky, Proses Transport Arus, Karakterisasi Tinggi Barrier, Piranti Struktur, Kontak Ohmik. Sel Surya: Pendahuluan, Radiasi Matahari dan Effisiensi Konversi Ideal, Sel Surya Sambungan p-n, Sel Surya Film Tipis.

Pustaka1. Sze, S.M.,1981, Physics of Semikonductor Devices, John Wiley and Sons2. Ryssel, H., Moller, H., Schmid, K. Dan Ruge, I. 1973. Boron Doping Profiles and Annealing

Behavior of Amorphous Implanted Silicon Layers. Planum Press. New York London.

TEKNOLOGI SEMIKONDUKTOR 3(3-0)

Materi Kuliah :

Epitaksi dan Pertumbuhan Kristal: Pertumbuhan Kristal dari Melt, Proses Zona Float, Pembentukan Wafer dan Karakterisasinya, Epitaksi Fase Uap, Epitaksi Fase Cairan,Epitaksi Berkas Molekuler, Oksidasi dan Pengendapan Lapisan Tipis: Oksidasi Termal, Pengendapan Dielektrik, Pengendapan Polisilikon, Metalisasi Implantasi Ion and Difusi: Teori Dasar,, Difusi Ekstrinsik, Distribusi Ion Terimplantasi, Annealing. Litografi dan Etching: Litigrafi Optik, Berkas Elektron, Sinar-X, Etching Kimia, Basah dan kring.

Pustaka :

1. Grove , A.S. 1967. Physics and Tecnology of Semiconductor Devices, John Welley and Sons, New York.

2. Mayer, J.W.Erikson, L, dan Davais, J.A 1970. Ion Implantation in Semiconductor. Academic Press, New York.

3. Sze, S.M., 1985, Semiconductor Physics and Technology, John Wiley and Sons Mc Graw Hill, Inc. USA

4. Reka Rio, S dan Lida, M. 1982. Fisika dan teknologi Semikonduktor. PT Padya Paramita, Jakarta.

5. Size, S.M. 1981. Physics of Semiconductor Devices. Second Edition. John Wiley and Sons, New York.

6. Tyagi, M.S. 1991.Intoduction to Semiconductor Devices. Second Edition. John Wiley and Sons, New York.

PENGANTAR POLIMER 3(2-1)

Materi Kuliah :Pendahuluan: Definisi, Prespektif Sejarah, Industri Polimer Sintetik. Rata-Rata Massa Molekuler: Definisi, Penentuan Secara Eksperimen, Mikroskopik Polimer: Aspek Umum, Mikroskopik Polimer: Aspek Umum, Mikrokristalinitas, Polimer Amorf, Temperatur Transisi Gelas, Temperatur Leleh, Pengukuran Temperatur Gelas dan Leleh, Polimerisasi, Polimerisasi Tambahan. Khusus: Kopolimer

27

Page 28: Silabus Fisika FMIPA 2003

Silabus Program Sarjana Fisika 2003

Sisir dan Cangkokan (graft), Poimer Kristal Cair, Polimer Temperatur Tinggi, Polikarbonat, Polimer Masa Depan.

Pustaka:1. Mc Crum, N.G., Buckley, C.P., and Bucknall, C.B., 1994, Principles of Polymer Engineering, Oxford

Science Publucations.

KURIKULUM TAHUN 2003JURUSAN FISIKA FAKULTAS MIPA

28

Page 29: Silabus Fisika FMIPA 2003

Silabus Program Sarjana Fisika 2003

UNIVERSITAS LAMPUNGBANDAR LAMPUNG

2003

29