seni budaya - musik jazz

12
Musik JAZZ » Oleh : - Andrena DR - Haryo Raksoko - Jordan - KikiEvi Wahyuliana

Upload: kiki-evi-wahyuliana

Post on 22-Apr-2015

492 views

Category:

Education


19 download

DESCRIPTION

 

TRANSCRIPT

Page 1: Seni Budaya - Musik Jazz

Musik JAZZ

»Oleh :- Andrena DR- Haryo Raksoko

- Jordan- KikiEvi Wahyuliana

- R.M Galih

Page 2: Seni Budaya - Musik Jazz

Sejarah Musik Jazz di Dunia

Jazz adalah jenis musik yang tumbuh dari penggabungan blues, ragtime, dan musik Eropa, terutama musik band. Beberapa subgenre jazz adalah Dixieland, swing, bebop, hard bop, cool jazz, free jazz, jazz fusion, smooth jazz, dan CafJazz.Jazz adalah aliran musik yang berasal dari Amerika Serikat pada awal abad ke-20 dengan akar-akar dari musik Afrika dan Eropa.Musik jazz banyak menggunakan instrumen gitar, trombon, piano, terompet, dan saksofon. Salah satu elemen penting dalam jazz adalah sinkopasi.

Page 3: Seni Budaya - Musik Jazz

Periode 1930an dan pada tahun 1940-an sampai sekarang adalah satu-satunya dalam sejarah ketika usia popularitas jazz lainnya hilang cahayanya semua genre musik di AS Adalah suatu masa yang dikenal sebagai era Big Band, dan selama itu ayunan musik adalah raja.

Popularitas jazz, dan cara bermain dalam perubahan gaya musik, waned setelah WWII. Namun band besar dari orang-orang seperti Duke Ellington, Woody Herman, Count Basie dan lain-lain upheld tradisi di tahun 1970-an dan seterusnya.

Pertengahan tahun 1990-an memperbaharuinya dalam ayunan musik adalah fueled by a swing dance kebangkitan dari Lindy-hop jitterbug swing dan tarian.

Page 4: Seni Budaya - Musik Jazz

Sejarah Musik Jazz di IndonesiaPada tahun 1948, sekitar 60 musisi Belanda datang ke Indonesia

untuk membentuk orkestra simfoni yang berisi musisi lokal. Salah satu musisi Belanda yang terkenal adalah Jose Cleber.

Pada tahun 1955, Bill Saragih membentuk kelompok Jazz Riders. Ia memainkan piano, vibes dan flute.

Band jazz yang terkenal tahun 1945 – 1950 di Surabaya beranggotakan Jack Lemmers (dikenal sebagai Jack Lesmana, ayah Indra Lesmana)

Pertengahan tahun 80an, nama Fariz RM muncul. Ia lebih mengkategorikan musiknya sebagai new age. Namun, beberapa komposisinya bernafaskan pop jazz, bahkan latin.

Tahun 90an hingga sekarang, banyak sekali musisi dan kelompok jazz yang terbentuk. Musik jazz yang dibawakan tidak lagi mainstream, namun hasil distilasi berbagai musik seperti fusion, acid, pop, rock dan lainnya

Page 5: Seni Budaya - Musik Jazz

Alat-alat Musik Jazz

Page 6: Seni Budaya - Musik Jazz

1.Gitar adalah alat musik berdawai yang dimainkan dengan jari-jemari tangan

2.Gitar bass listrik (biasa disebut Bass listrik atau bass saja) adalah alat musik dawai yang menggunakan listrik untuk memperbesar suaranya.

3.Piano adalah alat musik yang dimainkan dengan jari-jemari tangan.

4.Saksofon adalah instrumen yang masih tergolong dalam keluarga woodwind

5.Trompet adalah alat musik tiup logam.6.Trombon adalah alat musik tiup logam. Seperti

pada alat musik tiup logam lainnya, suara dihasilkan dengan menggetarkan bibir.

7.Biola adalah sebuah alat musik dawai yang dimainkan dengan cara digesek

8.Drum adalah kelompok alat musik perkusi yang terdiri dari kulit yang direntangkan dan dipukul dengan tangan atau sebuah batang

Page 7: Seni Budaya - Musik Jazz

Tokoh-tokoh dalam Musik Jazz

Page 8: Seni Budaya - Musik Jazz

Bud Powell (1924 - 1966)• Earl Rudolph Powell adalah salah satu pianis yang sangat

berpengaruh dalam musik jazz, terutama bebop. Ia mampu memainkan melodi yang sangat rapi dalam tempo swing yang sangat cepat. Tangan kirinya memainkan gaya stride yang sederhana, padahal sebenarnya ia mampu bermain solo dengan tangan kiri. Gaya seperti ini menjadi dasar bagi para pianis modern sesudahnya. Kutipan artikel dari wikipedia :

• Earl Rudolph “Bud” Powell (September 27, 1924 – July 31, 1966 in New York City) was an American Jazz pianist, usually considered one of the most influential in the history of the music. Along with Charlie Parker and Dizzy Gillespie he was instrumental in the development of bebop, and his virtuosity as a pianist led many to call him“The Charlie Parker of the piano”

Page 9: Seni Budaya - Musik Jazz

Jason Mraz• Jason Mraz awalnya adalah seorang "additional player"

untuk para musisi top dunia, seperti Alanis Morisette dan Dave Matthews Band. Ia mulai dikenal publik berkat lagu "The Remedy" yang ada di album perdananya, Waiting For My Rocket To Come (2002). Mraz merilis album keduanya Mr. A-Z pada tahun 2005. Pada saat itu, ia mulai bisa menatap pintu menuju kesuksesan. Albumnya terjual 125.000 keping dalam kurun waktu satu bulan saja, sejak dirilis. Maka, Mraz mulai menjadi pemusik yang membuka konser para musisi ternama. Sebut saja, Rolling Stones! Bersama band legendaris ini, Mraz tur keliling dunia, mulai 2005 hingga 2006.

• Tahun 2007, Mraz kembali ke studio untuk rekaman album ketiganya: We Sing We Dance We Steal Things. Nah, di album inilah ia memasukkan lagu I'm Yours. Album ini langsung meledak penjualannya, ketika dirilis pada Mei 2008.

Page 10: Seni Budaya - Musik Jazz

Chick Corea (1941-sekarang)• Armando Anthony Corea adalah ikon jazz modern selama

hampir 4 dekade ini. Jazz lebih dikenal di seluruh dunia berkat usahanya mempopulerkan fusion dan latin jazz yang membuatnya memenangkan 14 Grammy Awards dari 45 nominasi.

• Melalui karyanya, Chick Corea adalah pembawa arus perubahan dalam improvisasi maupun komposisi yang mengundang lebih banyak pendengar jazz. Spain adalah karyanya yang paling fenomenal yang menjadi nomor wajib di hampir setiap pertunjukan jazz.

• Karakteristik permainan Chick adalah melodi dan harmoni yang modern, sehingga membentuk nuansa yang khas. Ritme lagu yang dihasilkan sangat kuat, efektif, dan enerjik. Kemampuan lainnya adalah permainan synthesizer dan electric piano yang dominan serta kepiawaian aransemen dalam sebuah band.

Page 11: Seni Budaya - Musik Jazz
Page 12: Seni Budaya - Musik Jazz