sel darah manusia 25.11.10

30
Pusat Informasi Obat Universitas Gadjah Mada Darah oh Darah… Sel darah merah Darah merupakan cairan yang sangat penting bagi kelangsungan hidup kita, dengan komponennya berupa sel darah (eritrosit, leukosit, dan trombosit) dan plasma darah yang dapat melarutkan enzim, mineral, hormon, lemak, dan air. Darah merupakan sistem transportasi pada manusia yang penting untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Oleh pemompaan jantung, darah beredar mengangkut zat-zat makanan dan oksigen yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Fungsi-fungsi darah akan terhambat ketika terjadi gangguan, salah satunya anemia yang merupakan suatu kondisi dimana tubuh kekurangan hemoglobin (komponen darah yang membawa oksigen). Gejala anemia antara lain berupa lemah, letih, lesu, kepala seperti melayang, dan kurang bertenaga. Anemia dapat disebabkan karena pendarahan hebat (misal akibat kecelakaan, pembedahan, tumor ginjal, wasir), berkurangnya pembentukan sel darah merah (akibat kekurangan zat besi, vitamin B12, vitamin C, asam folat), dan keadaan ketika sumsum tulang belakang tidak dapat memproduksi sel darah lagi. Anemia dapat diobati dengan mencukupi kebutuhan vitamin B12, vitamin C, asam folat, dan zat besi. Gangguan darah lainnya seperti hemofilia yaitu kelainan

Upload: satria-tanpanama

Post on 31-Jan-2016

253 views

Category:

Documents


10 download

DESCRIPTION

Sel darah manusia

TRANSCRIPT

Page 1: Sel Darah MANUSIA 25.11.10

Pusat Informasi Obat Universitas Gadjah Mada

Darah oh Darah…

 

 

Sel darah merah

Darah merupakan cairan yang sangat penting bagi kelangsungan hidup kita, dengan komponennya berupa sel darah (eritrosit, leukosit, dan trombosit) dan plasma darah yang dapat melarutkan enzim, mineral, hormon, lemak, dan air. Darah merupakan sistem transportasi pada manusia yang penting untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Oleh pemompaan jantung, darah beredar mengangkut zat-zat makanan dan oksigen yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Fungsi-fungsi darah akan terhambat ketika terjadi gangguan, salah satunya anemia yang merupakan suatu kondisi dimana tubuh kekurangan hemoglobin (komponen darah yang membawa oksigen). Gejala anemia antara lain berupa lemah, letih, lesu, kepala seperti melayang, dan kurang bertenaga. Anemia dapat disebabkan karena pendarahan hebat (misal akibat kecelakaan, pembedahan, tumor ginjal, wasir), berkurangnya pembentukan sel darah merah (akibat kekurangan zat besi, vitamin B12, vitamin C, asam folat), dan keadaan ketika sumsum tulang belakang tidak dapat memproduksi sel darah lagi. Anemia dapat diobati dengan mencukupi kebutuhan vitamin B12, vitamin C, asam folat, dan zat besi. Gangguan darah lainnya seperti hemofilia yaitu kelainan pada darah yang menyebabkan darah sukar membeku. Penyakit ini bersifat menurun artinya gen pembawa hemophilia dapat diturunkan dari orang tua ke anaknya. Penyakit ini disebabkan karena kekurangan faktor pembekuan darah dan juga akibat kekurangan vitamin K.    

Selain beberapa fungsi yang telah disebutkan, darah juga berperan dalam membersihkan sisa hasil metabolisme yaitu dengan mengangkutnya menuju ke ginjal (filter zat-zat yang tidak dibutuhkan tubuh). Selanjutnya, ginjal akan mengeluarkan zat kotor yang berasal dari darah tadi melalui air seni. Dengan demikian, zat-zat yang tidak berguna tersebut tidak diedarkan kembali oleh darah ke seluruh tubuh dan tubuh terlindungi dari zat-zat yang bersifat racun.

Page 2: Sel Darah MANUSIA 25.11.10

Namun, ada saatnya zat-zat yang tidak berguna ini dapat tertinggal dan mengendap pada ginjal. Apabila hal ini terjadi dalam jangka waktu lama dapat mengakibatkan terbentuknya batu ginjal. Oleh karena itu, sangat penting untuk memperhatikan pola makan karena semakin banyak kita mengkonsumsi zat-zat makanan yang tidak baik bagi tubuh, semakin banyak pula zat tersebut diedarkan oleh darah dan membawa dampak buruk bagi tubuh. Selain itu, kerja ginjal akan semakin berat untuk menyaring zat tersebut sehingga dapat mengakibatkan kerusakan pada ginjal dan tentu saja hal ini dapat berakibat fatal. Kita dapat menjaga kesehatan ginjal kita dengan cukup minum air putih, berolahraga, memperhatikan pola makan, dan menghindari minuman beralkohol serta minuman lain yang menyebabkan kerja ginjal menjadi berat.

 Sel darah (dalam hal ini sel darah putih) juga berfungsi dalam mekanisme pertahanan tubuh terhadap bakteri, virus, atau benda yang dianggap ‘asing’ oleh tubuh. Fungsi ini juga dapat terhambat apabila terjadi gangguan seperti leukemia (biasa disebut kanker darah). Pada leukemia, jumlah sel darah putih melimpah melebihi jumlah normal sehingga menyerang sel darah merah normal. Kondisi ini menyebabkan penderita mengalami anemia, mudah terserang infeksi, dan pendarahan, yang merupakan beberapa gejala dari leukemia.

Leukemia biasanya muncul sejak penderita masih kecil. Pada keadaan normal, sumsum tulang memproduksi sel darah putih ketika tubuh memberikan signal. Untuk penderita leukemia, signal dari tubuh tidak ditanggapi oleh sumsum tulang belakang sehingga produksi sel darah putih menjadi tidak terkontrol. Untuk leukemia kronis, perkembangan penyakit penderita tidak begitu cepat, sehingga mereka dapat bertahan untuk beberapa tahun. Penyebab leukemia belum dapat diketahui secara pasti sampai saat ini. Namun insidensi penyakit ini dapat disebabkan karena keturunan, radiasi, zat kimia (racun benzena, insektisida, obat-obat kemoterapi), dan virus (HTLV-1, retrovirus, virus leukemia feline). 

Penderita leukemia biasanya mengalami anemia, karena sel darah putih menyerang sel darah merah sehingga jumlahnya berkurang dan peredaran oksigen pada tubuh juga berkurang, Sebagai akibatnya penderita leukemia tampak pucat, bernafas cepat, dan mudah lelah. Penderita leukemia juga mudah terserang infeksi karena sel darah putih yang terbentuk bersifat abnormal sehingga tidak dapat menjalankan tugas untuk melindungi tubuh terhadap penyakit. Gejala lain yaitu terjadinya pendarahan karena berkurangnya jumlah trombosit akibat diserang oleh sel darah putih yang diproduksi melimpah sehingga tampak spot merah pada kulit. Penderita juga mengalami pembengkakan pada leher, dada, bawah lengan, akibat dari pembengkakan kelenjar lympa dimana sel darah putih terbendung. Nyeri tulang dan perut juga dialami oleh penderita, karena sel leukemia terkumpul pada sumsum, empedu, ginjal, dan hati, sehingga biasanya nafsu makan penderita akan berkurang.

Sampai saat ini leukemia ditangani dengan kemoterapi, transplantasi sumsum tulang, transfus sel darah merah dan trombosit, serta obat-obat penghambat produksi sel darah putih yang abnormal.[Dhaniar]

 

Sel Darah Merah30 Okt

Page 3: Sel Darah MANUSIA 25.11.10

Pada vertebrata umumnya sel darah merah berbentuk lonjong, bikonvek, dengan inti lonjong kecuali pada mamalia berbentuk bundar bikonkaf (cekung di kedua sisi), tidak berinti dan warnanya merah karena mengandung hemoglobin (Hb), yaitu protein rangkap yang mengandung Fe terdiri atas hemin dan globin, berdiameter 7–8 mm. Setiap 1 mm3 darah mengandung 4-6 juta, banyaknya sel darah merah pada laki-laki dewasa 5 juta/mm3, sedangkan wanita dewasa 4,5 juta mm3. Orang-orang yang tinggal di dataran tinggi umumnya memiliki eritrosit lebih banyak, contoh orang hidup di Peru, pada ketinggian 6.000 m dari permukaan laut memiliki sel darah merah kurang lebih 8 juta/mm3.

Kadar hemoglobin pada laki-laki sehat 14-16%, sedangkan pada wanita sehat 12-14%. Jika kadar Hb seseorang 14%, artinya dalam 100 mm3 darah terdapat 14gr Hb. Kadar hemoglobin  ini dapat diukur dengan alat spektrofotometer. Kadar hemoglobin seseorang dapat berkurang dan disebut anemia. Hal ini terjadi karena seseorang menderita panyakit, antara lain malaria, cacing tambang, kanker darah, TBC yang kronis atau karena kecelakaan. Hemoglobin berfungsi mengangkut O2 ke seluruh tubuh dan mengangkut CO2 dari sel-sel tubuh ke paru. Hemoglobin mengangkut O2 dalam bentuk oksihemoglobin dan mengikat CO2 dalam bentuk karboksihemoglobin.

Hb + O2  <========> HbO2 (oksihemoglobin)Hb + CO2 <========> HbCO2 (karboksihemoglobin)

Eritrosit pada orang dewasa dibentuk di dalam sumsum merah tulang, sedangkan pada embrio dibentuk di dalam hati dan limpa. Usia eristrosit ± 120 hari, sel yang sudah tua akan mati dan dirombak di dalam hati dan limpa oleh sel-sel histiosit. Hemoglobin dilepas, Fe diambil dan disimpan di hati selanjutnya dikirim ke sumsum merah tulang untuk membentuk hemoglobin kembali. Globin digunakan lagi untuk membentuk hemoglobin baru. Hemin diubah menjadi bilirubin dan biliverdin (zat warna empedu) kemudian dikeluarkan di usus, seterusnya keluar tubuh bersama feses.

DI MANA PABRIK DARAH DI TUBUH KAMU? Written by b0cah    Oct 11, 2008 at 07:00 AM

KAMU sudah tahu bahwa di dalam tubuh kamu terdapat darah. Dan kamu juga tahu bahwa darah merupakan “zat penting” bagi kehidupan manusia. Jantung adalah alat penting juga yang membuat darah bisa beredar ke seluruh tubuh kamu. Tapi tahukah kamu dimanakah darah itu dibuat dan dibentuk? Apakah di Jantung? Atau di tempat lain? Dimanakah itu?

Page 4: Sel Darah MANUSIA 25.11.10

Darah kita terdiri dari Dua bagian besar yaitu Sel darah dan Plasma darah. Sel darah sendiri terdiri dari Sel darah Merah (eritrocyt), Sel darah Putih (leukocyt) dan Keping-keling darah (trombocyt). Plasma darah adalah ”cairan” yang didalamnya larut beberapa zat yang berguna bagi tubuh seperti mineral, enzym, hormon. Lemak, dan air.

Bagian Sel darah tadi tidak hidup selamanya, yang paling lama dalah Sel darah merah yang  masa tugasnya hingga 3 bulan, sel darah putih yang ”hanya 2 minggu, serta keping-keping darah yang hanya 1 minggu saja. Kebutuhan sel darah tadi dipenuhi oleh Sumsum tulang.

Lantas bagaimana nasib sel-sel darah merah yang sudah ”tua” tersebut? Tenang, itu sudah menjadi ”urusan”anggota tubuh kamu yaitu Hati atau Lever. Hati akan ”menyaring” darah-darah yang ”lanjut usia”. Sel darah yang ”rusak” itu akan di simpan dan di ”daur ulang” menjadi darah lagi atau untuk penyokong empedu.

Bagitulah ”sumber” kehidupan yang terus mengalir di tubuh kamu, setiap hari ada jutaan sel darah yang di ”keluar” dari pabriknya, dan jutaan pula yang ”disaring” serta di atur supaya jumlah sel yang ada di ”lalu lintas” pembuluh darah kamu tidak kurang atau berlebihan.

Jagalah kesehatan tubuh kamu , tidak bosan-bosannya b0cah selalu mengingatkan tentang pentingnya menjaga dan sayang terhadap tubuh dan kesehatan kamu.***

(dari berbagai sumber)

(foto istimewa)

DBD

Akhir-akhir ini para perawat dan dokter Rumah Sakit di Batam disibukkan dengan banyaknya penderita penyakit Demam Berdarah Dengue atau lebih dikenal dengan sebutan DBD. Seperti biasanya orang-orang selalu mengambing hitamkan Nyamuk malang yang bernama Aedes aegypti sebagai pelaku terror DBD. Daripada menyalahkan Alam mending nyamuk yang disalahin, kenapa orang-orang tidak mengatakan ini kehendak Alloh SWT. Menurut kesepakatan dokter-dokter Aedes aegypti-lah yang menyebarkan virus dengue melalui gigitan nyamuk. Perihal nyamuk ini akan dibahas melalui postingan yang akan datang, untuk mengenal nyamuk ini lebih jauh.

Page 5: Sel Darah MANUSIA 25.11.10

Ringkasnya apabila tergigit nyamuk pembawa virus tersebut, masa inkubasi akan berlangsung antara 3 sampai 15 hari sampai gejala demam dengue muncul. Badan menggigil, nyeri kepala, suhu tubuh meningkat mencapai 40 derajat celcius dengan detak nadi yang normal serta tekanan darah yang cenderung turun, adalah ciri awal dari DBD.

Demam dan gejala lain dari demam dengue akan berlangsung selama 2 hari yang kemudian diikuti oleh penurunan suhu yang cepat dengan diiringi oleh produksi keringat yang meningkat. Periode penurunan suhu ini biasanya berlangsung sehari, selanjutnya suhu tubuh akan meningkat lagi dengan cepat. Saat ini seluruh tubuh pasien akan kemerahan kecuali pada wajah.

Dan apabila sampai titik ini harus cepat dibawa ke Rumah sakit untuk mendapatkan perawatan, agar hal yang lebih buruk tidak terjadi. DBD ini akan bisa sembuh seiring dengan membaiknya kondisi kekebalan tubuh, barometernya apabila trombosit pada darah kembali normal antara 150.000-450.000. Beberapa tahun yang lalu ada kawan saya yang terkena DBD, oleh perawat RS yang lumayan terkenal di Batam dianjurkan untuk minum jus Jambu biji. Karena jambu biji diyakini dapat menaikkan trombosit dalam darah. Ternyata Alhamdulillah dalam waktu satu minggu, trombosit darah kawan saya kembali normal. Sampai sekarang dikalangan masyarakat jambu biji menjadi populer sebagai alternatif untuk mengatasi penyakit demam bedarah, karena sampai sekarang belum ada obat ilmiah khusus untuk mengatasi virus dengue. Jambu biji atau juga dikenal dengan jambu batu (Psidium guajava), ternyata tidak hanya dimanfaatkan buahnya saja untuk penyembuhan DBD. Ternyata Daunnya juga bisa dimanfaatkan untuk pengembalian trombosit darah ketitik normal.

Tepatnya 2 tahun yang lalu adik saya terkena DBD, gejala timbul hari minggu dan pada hari itu juga saya bawa ke rumah sakit terdekat. Informasi dari kawan daun jambu biji muda bisa lebih cepat untuk meningkatkan trombosit darah. Akhirnya saya memberikan daun tersebut kepada adik saya, hanya dengan mencuci daun tersebut dan memakannya mentah-mentah. Alhamdulillah, kami hanya butuh waktu 2 hari untuk membuat trombosit darah adik saya normal kembali. Tepatnya hari Rabu siang adik saya bisa keluar dari Rumah sakit.

Metode Daun Jambu Biji Muda boleh dicoba sebagai alternatif yang lain untuk meningkatkan trombosit darah, daripada hanya berpangku tangan dan hanya menunggu. Yakinilah sakit dan obat datangnya dari Alloh SWT, jadi penyembuhannya pun terserah Alloh SWT. Jagakah kesehatan karena kesehatan mahal harganya, orang kaya bisa habiskan semua hartanya yang dikumpulkannya untuk mendapatkan kesembuhan dari penyakit yang dideritanya. Semoga Tips ini bermanfaat.

TROMBOSIT TURUN TAK SELAMANYA DBDSelain demam berdarah, ada beberapa penyakit lain yang ditandai oleh

penurunan kadar trombosit. Apa sajakah itu? Pada mulanya, Desi (empat tahun)

memang menderita demam. Ketika diperiksa lebih jauh, kadar trombositnya

ternyata turun sampai 30 ribu/mm3. Dokter pun mendiagnosis Desi mengidap

demam berdarah. Setelah delapan hari, suhu tubuh yang tadinya mencapai 39

Page 6: Sel Darah MANUSIA 25.11.10

derajat Celsius berangsur turun. Heni (30 tahun), sang ibu, tentu saja lega.

Tapi ia mendeteksi keanehan. Pasalnya, pemeriksaan ulang menunjukkan, trombosit Desi anjlok, hingga tinggal 9.000/mm3. ”Saya sampai kaget, karena tidak demam lagi, saya pikir

dia sudah sembuh dari demam berdarah (DB),” kata Heni. Ternyata rendahnya

kadar trombosit dalam darah Desi memang bukan karena DB. Tapi karena tubuh

menghasilkan antibodi yang menyerang trombosit. ”Ternyata anak saya

menderita ITP (Immunologic Thrombocytopenia Purpura), bukan DB. Syukur

Alhamdulillah, setelah diberi obat oleh dokter, si kecil kini sudah sehat, ‘

jelas Heni lega.

Penurunan trombosit hingga di bawah batas normal memang kerap diidentikkan

dengan demam berdarah, khususnya di kalangan awam. Padahal tidak selamanya

demikian. Dalam keadaan normal, trombosit dalam darah mencapai 150 ribu-450

ribu/mm3. Dalam keadaan tidak normal, trombosit yang berperan dalam

pembekuan darah ini bisa turun. Keadaan ini disebut dengan trombositopenia,

yakni trombosit berada dalam keadaan rendah. Demam berdarah hanyalah salah

satu penyakit yang ditandai oleh turunnya kadar trombosit.

Menurut Prof dr Zubairi Djoerban SpPD KHOM, ahli hematologi dari Fakultas

Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI)/RS Cipto Mangunkusumo (RSCM),

trombosit rendah bisa disebabkan oleh bermacam hal. Tapi secara garis besar,

penurunan kadar trombosit disebabkan oleh dua hal yaitu kerusakan trombosit

di peredaran darah, atau kurangnya produksi trombosit di sumsum tulang.

Kerusakan trombosit

Demam berdarah merupakan jenis kerusakan trombosit yang populer di

masyarakat. Menurut kepala divisi Hematologi-Onkologi Medik Bagian Penyakit

Dalam FKUI/RSCM ini, penyebab kerusakan trombosit dalam DB adalah infeksi.

Selain demam berdarah, infeksi yang juga mengurangi trombosit adalah tifus.

Kerusakan trombosit juga bisa terjadi pada penyakit ITP. Ini merupakan

penyakit auto-imun di mana zat anti yang dibentuk tubuh malah menyerang

trombosit.

”Melalui mekanisme imunologi tadi, trombosit menjadi berkurang,” jelas

Zubairi. Pada ITP, gejalanya bisa berupa bercak-bercak perdarahan di kulit.

Sementara pada DB, penderita mengalami demam dan penurunan trombosit tapi

berangsur normal dalam delapan hari. ”Jika (trombosit rendah) lebih dari

delapan hari, kita harus pikirkan kemungkinan yang lain. Salah satunya

Page 7: Sel Darah MANUSIA 25.11.10

adalah ITP,” jelas hematolog yang juga dikenal sebagai salah satu dari

sedikit pakar AIDS di Indonesia ini. ITP seringkali menyerang wanita usia

reproduksi, yakni di bawah 35 tahun.

Tapi bukan berarti, ITP tak bisa menyerang kelompok usia lanjut. Hanya saja,

kasus ITP pada kelompok usia lanjut, terbilang jarang. ”Seperti penyakit

lupus, ITP lebih sering ditemui pada wanita, laki-laki hanya sekitar dua

persen,” kata Zubairi. Penurunan kadar trombosit juga bisa ditemui dalam

kasus DIC (Disseminated Intravascular Coagulation). Biasanya, ini terjadi

pada pasien dengan penyakit berat. ”Seperti pasien dengan sirosis hati,

shock, infeksi kuman apapun dalam darah yang berat sekali, serta penyakit

lupus,” lanjutnya. Trombosit yang rendah bisa juga dikarenakan produksi

yang kurang.

Penyakitnya bisa berupa anemia aplastik. Anemia aplastik terjadi jika sel

yang memproduksi butir darah merah yang terletak di sumsum tulang, tidak

dapat menjalankan tugasnya. ”Pada anemia aplastik, trombosit yang rendah

juga disertai leukosit yang rendah sehingga sumsum tulangnya kosong,” jelas

Zubairi. Selain anemia aplastik, trombosit yang rendah juga kerap ditemui

pada penderita penyakit leukemia. Sering juga ditemui pada penderita

penyakit mielofibrosis. Menurut Zubairi, pada penyakit ini keadaan limfa dan

liver membesar.

Sebenarnya, sewaktu kita lahir, trombosit diproduksi oleh limfa dan liver.

Seiring pertambahan usia, fungsi ini kemudian dijalankan oleh sumsum tulang.

Karena muncul penyakit mielofibrosis, sumsum tulang tidak berfungsi sehingga

limfa dan liver kembali bekerja dan membesar. Untuk mengetahui penyakit mana

yang diderita, perlu dilakukan tes. ”Tidak bisa karena trombosit rendah

langsung dikatakan ITP,” ujar Zubairi. Menurutnya, dalam prinsip kedokteran

semakin sedikit data maka akan semakin banyak kemungkinan.

Pengobatan

Pengobatan setiap penyakit berbeda. Pada penderita ITP, karena ada zat yang

menyerang trombosit, tidak dilakukan transfusi trombosit. Pada ITP,

transfusi trombosit justru akan merangsang zat anti untuk berproduksi. Jadi,

pengobatan utamanya adalah dengan menghilangkan mekanisme auto-imun tadi. ‘

Produksi antibodi ditekan dengan obat yang bersifat kortikosteroid seperti

prednison,” tambah kepala Perhimpunan Hematologi dan Transfusi Darah

Page 8: Sel Darah MANUSIA 25.11.10

Indonesia (PHTDI) ini. Jika tidak mempan dengan prednison, biasanya

dilakukan operasi kecil untuk membuang limfa.

Angka kematian akibat trombosit rendah cenderung kecil. Seperti demam

berdarah, angka kematian pada orang dewasa di bawah 10 persen, dan sedikit

lebih besar pada bayi dan anak-anak. ”Kecuali pada anemia aplastik yang

berat dan leukemia”. ITP sendiri jarang menyebabkan kematian. ”Kecuali

pada saat trombosit rendah, pasien terpeleset dan jatuh sehingga terjadi

perdarahan di otak,” Zubairi memberikan contoh. Sampai batas berapa

seseorang bisa bertahan dengan trombosit rendah? ”Tergantung,” jawabnya.

Pada leukemia dan anemia aplastik, pasien dengan trombosit 20 ribu/mm3 sudah

berdarah-darah.

Sedangkan pada DB, hanya berupa bintik-bintik. ”Pada penderita ITP, meski

trombositnya mencapai 15 ribu hingga 10 ribu, tidak ada perdarahan sama

sekali, apalagi jika diberikan pengobatan”. Sedangkan penderita DIC bisa

berdarah pada tempat infus hingga gusi. Menurut Zubairi, selain melihat

jumlah trombosit, dokter juga akan melihat fungsinya, yakni masa perdarahan

(bleeding time) yang normalnya mencapai 1-4 menit.

Dari sisi jumlah, ada beberapa titik penting yakni 0, 20 ribu, 40 ribu, 100

ribu, dan 150 ribu. Untuk penderita DB misalnya, jika trombositnya sudah di

bawah 100 ribu/mm3 sebaiknya diopname. Biasanya diberikan infus. Perlukah

transfusi trombosit? Tidak perlu karena trombosit akan naik sendiri, kecuali

jika trombosit sudah di bawah 20 ribu/mm3 dan terjadi perdarahan. Pemberian

transfusi juga dilakukan dengan melihat masa perdarahan. ”Jika sudah lebih

dari 10 menit, misalnya, berikan transfusi trombosit”. Sedangkan pada

anemia aplastik dan leukemia, karena seringkali menyebabkan perdarahan, maka

transfusi trombosit harus sering diberikan. Tapi ingat, transfusi trombosit

sebaiknya diambil dari donor tunggal.

Setiap orang pasti menginginkan tubuh yang sehat dan terbebas dari segala macam penyakit. Tapi beberapa penyakit tertentu tidak bisa dicegah keberadaannya karena termasuk penyakit genetik yang diturunkan.

Penyakit keturunan adalah suatu penyakit kelainan genetik yang diwariskan dari orangtua kepada anaknya. Namun ada orangtua yang hanya bertindak sebagai pembawa sifat (carrier) saja dan penyakit ini baru muncul setelah dipicu oleh lingkungan dan gaya hidupnya.

Seperti dikutip dari International Bioscience, ada beberapa penyakit keturunan yang sangat serius

Page 9: Sel Darah MANUSIA 25.11.10

karena bisa diturunkan pada generasi berikutnya. Orangtua yang memiliki gen penyakit turunan, sebaiknya segera memeriksakan anaknya.

Ada beberapa penyakit turunan yang secara otomatis diturunkan ke anak atau generasi berikutnya, yaitu:

1. Hemofilia

Hemofilia adalah salah satu penyakit turunan akibat kekurangan faktor pembeku darah 8 atau 9. Perintah pembekuan darah ini terdapat di kromosom X, sehingga penderita hemofilia kebanyakan adalah kaum laki-laki. Karena itu sebagian besar perempuan sebagai carrier saja. Penyakit ini sulit dicegah karena setiap anak mengandung satu kromosom seks dari ibu dan satu kromosom seks dari ayah, karenanya penyakit ini selalu dimulai sejak anak-anak.

2. Buta warna

Buta warna adalah salah satu masalah penglihatan karena ketidakmampuan melihat perbedaan antara beberapa warna, penyakit ini diwariskan dari mutasi genetik kromosom X. Sebagian besar penyakit ini akibat faktor genetik, tapi ada juga yang disebabkan kerusakan mata, saraf atau otak akibat bahan kimia tertentu. Mutasi yang menyebabkan buta warna jika sedikitnya ada 19 kromosom berbeda dan 56 gen berbeda. Kondisi ini bisa muncul saat masih kanak-kanak atau sudah dewasa.

3. Diabetes melitus

Penyakit diabetes melitus memiliki hubungan yang kuat dengan keturunan. Penyakit ini ditandai dengan tingginya kadar gula dalam darah akibat insulin dalam tubuh yang tidak bisa bekerja secara optimal. Seseorang yang memiliki antigen leukosit (human leukocyte antigen/HLA) dalam darah yang diperoleh dari orangtuanya akan memiliki kecenderungan kuat untuk mengembangkan diabetes tipe 1.Sedangkan diabetes tipe 2 juga merupakan penyakit turunan yang akan muncul di generasi berikutnya jika ada masalah lain yang menyertai seperti obesitas, hipertensi atau gaya hidup tak sehat yang mengganggu fungsi sel-sel beta di dalam tubuhnya.

4. Thalasemia

Thalasemia adalah kelainan darah karena hemoglobin darah mudah sekali pecah. Penyakit ini merupakan genetik yang diturunkan jika kedua orangtuanya adalah pembawa sifat (carrier). Akibat kelainan darah ini membuat anak terlihat pucat dan harus mendapatkan transfusi darah secara teratur agar hemoglobinnya tetap normal. Berdasarkan hukum Mendel jika ibunya sebagai carrier, maka setiap anaknya berpeluang 25 persen sehat, 50 persen sebagai carrier dan 25 persen terkena thalasemia.

Page 10: Sel Darah MANUSIA 25.11.10

5. Kebotakan

Seperti diketahui bahwa kebotakan disebabkan oleh banyak hal, tapi salah satunya juga bisa akibat faktor keturunan dari orangtuanya. Jika ayahnya mengalami kebotakan, maka setidaknya salah satu anaknya ada yang mengalami kebotakan akibat adanya gen yang diturunkan.Dr Angela Christiano, profesor dermatologi dan genetika di Columbia University Medical Center berhasil menemukan gen yang menyebabkan rambut menipis dan bahkan bisa terasa efeknya saat masih anak-anak. Diketahui gen APCDD1 yang menyebabkan folikel rambut menyusut sehingga rambut semakin lama semakin menipis dan botak.

6. Alergi

Sebagian besar alergi disebabkan oleh faktor keturunan. Jika orangtua memiliki bakat alergi, maka ada kemungkinan sekitar 70 persen anak akan memiliki alergi juga. Namun jika hanya salah satu orang saja yang alergi, maka faktor risiko ini bisa berkurang sekitar 30 persennya.

7. Albino

Albino adalah salah satu penyakit turunan yang disebabkan anak tersebut mengandung gen albino dari ayah dan ibunya. Kebanyakan orang dengan albino lahir dari orangtua yang memiliki gangguan dalam hal produksi melaninnya, tapi pada orang yang carrier tidak akan menunjukkan tanda-tanda memiliki gen albino. Jika orangtua hanya sebagai carrier atau memiliki satu gen albino, sebaiknya tidak menikah dengan orang yang memiliki albino.

8. Asma

Asma merupakan salah satu penyakit turunan dan diketahui bahwa faktor ibu lebih kuat untuk menurunkan asma pada anak dibandingkan dengan faktor bapak. Asma bisa timbul bila dipicu oleh adanya suatu alergen disekitarnya. Selain itu sekitar 30 persen penyakit asma disebabkan oleh turunan dari orangtuanya. Namun pada beberapa orang yang asmanya terkontrol dengan baik, bisa hilang saat menjelang dewasa.

Salah satu cara untuk mencegah penyakit-penyakit tersebut menurun ke generasi berikutnya adalah dengan melakukan pemeriksaan lengkap sebelum menikah. Karena dari pemeriksaan ini akan diketahui apakah keduanya memiliki gen penyakit yang diturunkan ke anaknya kelak atau tidak sehingga bisa lebih siap menghadapinya.

SICKLEMIA

Page 11: Sel Darah MANUSIA 25.11.10

Sicklemia bisa terjadi karena mutasi gen akibat kesalahan dalam translasi sewaktu pembentukan protein , yang kemudian proses itu mempengaruhi terbentuknya asam amino yang berakibat fatal pada struktur darah. sicklemia ini diwariskan keketurunan dan memungkinkan terjadinya lethal . Sicklemia tergolong dalam llethal resesif .

Dalam sintesis protein dapat terjadi kesalahan dalam menerjemahkan kode-kode yang diterima dari DNA. Jika terjadi kesalahan penerjemahan, akibatnya protein yang disusun juga keliru sehingga enzim yang dihasilkan juga salah. Jika hal ini terjadi, maka metabolisme akan terganggu. Misalnya, kodon GAA yang seharusnya diterjemahkan menjadi asam glutamat, tetapi oleh RNA-t dibaca GUA yang diterjemahkan menjadi valin, atau dibaca AAA yang diterjemahkan menjadi lisin. Hal ini, menyebabkan polipeptida yang dihasilkan tidak sesuai dengan perintah DNA.

Kesalahan ini berpengaruh pada proses pembentukan hemoglobin. Hemoglobin normal seharusnya mengandung asam glutamat, tetapi karena terjadi kesalahan dalam penerjemahan, hemoglobin mengandung valin atau lisin. Hal ini menyebabkan hemoglobin menghasilkan sel sabit. Sel sabit menyebabkan kelainan yang disebut siklemia. Siklemia diturunkan kepada keturunannya dan menyebabkan mutasi. Jadi, kesalahan RNA-t menafsirkan kode-kode genetik dari DNA juga merupakan salah satu mekanisme mutasi gen. Mutasi gen menyebabkan perubahan sifat yang diwariskan secara turun temurun.

Sickle Cell Anemia disebabkan karena adanya mutasi pada rantai β-globin dari hemoglobin, yang menyebabkan pertukaran asam glutamat (suatu asam amino) dengan asam amino hidrofobik valin pada posisi 6. Gen yang bertanggung jawab menyebabkan SCA merupakan gen autosom dan dapat ditemukan di kromosom nomor 11. Penggabungan dari dua subunit α-globin normal dengan dua subunit β-globin mutan membentuk hemoglobin S (HbS). Pada kondisi kadar oksigen rendah, ketidakhadiran asam amino polar pada posisi 6 dari rantai β-globin menyebabkan terbentuknya ikatan non-kovalen di hemoglobin yang menyebabkan perubahan bentuk dari sel darah merah menjadi bentuk sabit dan menurunkan elastisitasnya

Dalam Genetika Siklemia merupakan syndrom keturunan yang karakternya terpaut pada kromosom Autosom seperti albino , Thalasemia , Brachidactly dll.

Untuk jelasnya lihat baca ini

Mari Belajar Bersama Beranda Download Galeri Tentang   Kami Toko   Online

Jantung dan fungsinya

Page 12: Sel Darah MANUSIA 25.11.10

5 April 2010

oleh DELTA FORCE

Soal :

1. Sebutkan dan jelaskan anatomi jantung manusia ! 2. Jelaskan yang disebut peredaran darah kecil dan peredaran darah besar! 3. Sebutkan macam denyut jantung dan penjelasannya! 4. Jelaskan fungsi darah dalam tubuh manusia kaitannya dengan sistem jantung sebagai pompa!

Jawaban :

1. Jantung dan Anatominya

Jantung (bahasa Latin, cor) adalah sebuah rongga, rongga, organ berotot yang memompa darah lewat pembuluh darah oleh kontraksi berirama yang berulang. Istilah kardiak berarti berhubungan dengan jantung, dari Yunani cardia untuk jantung. Jantung adalah salah satu organ yang berperan dalam sistem peredaran darah.

Jantung memiliki bentuk jantung cenderung berkerucut tumpul. Jantung pada tubuh manusia menempati diantara kedua paru-paru tepatnya pada bagian tengah rongga toraks.Sebuah jantung memiliki 4 buah ruang berongga. Ukuran jantung sendiri kurang lebih sebesar kepalan tangan pemiliknya.Jantung manusia terletak di sebelah kiri bagian dada, di antara paru-paru, terlindungi oleh tulang rusuk.Pada bagian luar terdiri dari otot-otot yang saling berkontraksi. Otot-otot inilah yang berperan penting dalam memompa darah melalui pembuluh arteri.

Gambar Jantung dan Bagian-bagiannya

Bagian dalam jantung terdiri dari 4 buah bilik rongga. Keempat rongga tersebut terbagi menjadi 2 bagian, yaitu bagian kanan dan kiri yang dipisahkan oleh dinding otot yang dikenal dengan istilah septum.Pada bagian kanan dan kiri terbagi lagi menjadi 2 bilik. Rongga bilik sebelah atas disebut dengan atria dan dua bilik bawah yang disebut dengan ventricle yang memiliki peran dalam memompa darah menuju arteri.Sesuai dengan etimologis, jantung pada dunia medis memiliki istilah cardio /

Page 13: Sel Darah MANUSIA 25.11.10

kardio. Ialah berasal dari bahasa latin, cor. Dimana cor dalam bahasa latin memiliki arti : sebuah rongga. Sebagaimana bentuk dari jantung yang memiliki rongga berotot yang memompa darah lewat pembuluh darah dalam kontraksi berirama yang berulang dan berkonsistensi.Pun, dalam kedokteran istilah kardiak memiliki makna sgala sesuatu yang berhubungan dengan jantung. Dalam bahasa Yunani, cardia sendiri digunakan untuk istilah jantung.

Ruang Jantung terbagi atas empat ruang.

1. Serambi kanan dan serambi kiri yang dipisahkan oleh septum intratrial, 2. Bilik kanan dan bilik kiri yang dipisahkan oleh septum interventrikular.

Ukuran dan bentuk Jantung adalah organ berongga dan memiliki empat ruang yang terletak antara kedua

paru-paru dibagian tengah rongga thoraks. Dua pertiga jantung terletak disebelah kiri garis midsternal. Jantung dilindungi mediastinum

Jantung berukuran kurang lebih sebesar kepalan tangan pemiliknya. Bentuknya seperti kerucut tumpul. Ujung atas yang lebar (basis) mengarah ke bahu kanan, ujung bawah yang mengerucut (apeks) mengarah ke panggul kiri.

Pelapis Pericardium adalah kantong berdinding ganda yang dapat membesar dan mengecil,

membungkus jantung dan pembuluh darah besar. Kantong ini melekat pada diafragma, sternum, vertebra dan pleura yang membungkus paru.

Terdiri atas lapisan fibrosa dan serosa. Lapisan fibrosa tersusun dari serabut kolagen yang membentuk lapisan jaringan ikat rapat untuk melindungi jantung. Lapisan Serosa terdirir atas Visceral (epicardium) menutup permukaan jantung, dan parietal melapisi bagian dalam Fibrosa pericardium.

Cavitas Pericardium adalah ruang potensial antara membrane visceral dan parietal. Mengandung cairan pericardial yang disekresi lapisan Serosa untuk melumasi membrane dan mengurangi friksi.

Dinding Jantung Epicardium tersusun atas lapisan sel-sel mesotelial yang berada diatas jaringan ikat. Miokardium terdiri dari jaringan otot jantung yang berkontraksi untuk memompa darah. Ketebalan miokard bervariasi dari satu ruang jantung ke ruang yang lainnya. Serabut otot yang tersusun dalam berkas-berkas spiral melapisi ruang jantung. Endokardium tersusun dari lapisan endothelial yang terletak diatas jaringan ikat. Lapisan

ini melapisi jantung, katup, dan menyambung dengan lapisan endothelial yang melapisi pembuluh darah yang memasuki dan meninggalkan jantung.

Ruang Jantung

1. Atrium (dipisahkan oleh septum intratrial)

Atrium kanan terletak dalam bagian superior kanan jantung, menerima darah dari seluruh jaringan kecuali paru. Vena cava superior dan Inferior membawa darah dari seluruh tubuh ke jantung. Sinus koroner membawa kembali darah dari dindin jantung itu sendiri.

Atrium kiri di bagian superior kiri jantung, berukuran lebih kecil dari atrium kanan, tetapi dindingnya lebih tebal. Menampung empat vena pulmonalis yang mengembalikan darah teroksigenasi dri paru-paru.

1. Ventrikel (dipisahkan oleh septum interventricular)

Page 14: Sel Darah MANUSIA 25.11.10

Ventrikel kanan terletak dibagian inferior kanan pada apeks jantung. Darah meningalkan ventrikel kanan melalui truncus pulmonal dan mengalir melewati jarak yang pendek ke paru-paru.

Ventrikel kiri terletak dibagian inferior kiri pada apeks jantung. Tebal dinding 3 kali tebal dinding ventrikel kanan. Darah meninggalkan ventrikel kiri melalui aorta dan mengalir ke seluruh bagian tubuh kecuali paru-paru.

1. Trabeculae Carnae

Merupakan bubungan otot bundar atau tidak teratur yang menonjol dari permukaan bagian dalam kedua ventrikel ke rongga ventricular.

Otot Papilaris adalah penonjolan trabeculae carnae ke tempat perlekatan korda kolagen katup jantung (chorda tendinae)

Moderator band (trabeculae septomarginal) adalah pita lengkung otot pada ventrikel kanan yang memanjang kea rah tranversal dari septum interventricular menuju otot papilaris anterior. Otot ini membantu dalam transmisi penghantaran impuls untuk kontraksi jantung.

Katup Jantung

1. Tricuspid

Terletak antara atrium kanan dan Ventrikel kanan. Memiliki 3 daun katup (kuspis) jaringan ikat fibrosa irregular yang dilapisi endokardium.

Bagian ujung daun katup yang mengerucut melekat paa korda tendinae, yang malekat pada Otot papilaris. Chorda tendinae mencegah pembalikan daun katup ke arah belakang menuju atrium.

Jika tekanan darah pada atrium kanan lebih besar daripada tekanan arah atrium kiri, daun katup tricuspid terbuka dan darah mengalir dari atrium kanan ke ventrikel kanan.

Jika tekanan darah dalam ventrikel kanan lebih besar dari tekanan darah diatrium kanan, daun katup akan menutup dan mencegah aliran balik ke dalam atrium kanan.

1. Bicuspid (mitral)

Terletak antara atrium kiri dan ventrikel kiri. Katup ini melekat pada Chorda tendinae dan otot papilaris, fungsinya sama dengan fungsi katup tricuspid.

1. Semilunar aorta dan pulmonal

Terletak di jalur keluar ventricular jantung sampai ke aorta dan truncus pulmonalis.

Katup semilunar pulmonary terletak antara ventrikel kanan dan truncus pulmonal Katup semilunar aorta terletak antara ventrikel kiri dan aorta. Tanda Permukaan

Sulkus Coronarius (atrioventricular) mengelilingi jantung diantara atrium dan ventrikel. Sulkus interventricular anterior dan posterior menandai letak septum interventrikuler

yang memisahkan ventrikel kiri dan kanan. Rangka Fibrosa Jantung

Tersusun dari nodul-nodul fibrokartilago dibagian atas septum interventricular dan cincin jaringan ikat rapat di sekeliling bagian dasar trunkus pulmonary dan aorta. Kerangka fibrosa ini berfungsi sebagai tempat perlekatan otot dan katup jantung.

Sirkulasi yang memperdarahi dinding Jantung

1. Arteri koroner kanan

Cabang aorta tepat diatas katup semlunar aorta, diatas sulkus koroner.

Page 15: Sel Darah MANUSIA 25.11.10

Cabang utama :

interventricular posterior yang mensuplai darah untuk kedua dindin ventrikel. A. marginalis kanan yang mensuplai darah untuk atrium kanan dan ventrikel kanan.

1. Arteri koroner kiri

Cabang utama :

interventricular anterior yang mensuplai darah ke bagian anterior ventrikel kanan dan kiri. A. sirkumflexa mensuplai darah ke atrium kiri dan ventrikel kiri. Yang nantinya dibagian

posterior akan beranastomosis dengan A. koroner kanan.

1. Peredaran Darah Kecil dan Peredaran Darah Besar 1. Peredaran Darah Besar

Peredaran darah besar Adalah peredaran darah yang mengalirkan darah yang kaya oksigen dari bilik (ventrikel) kiri jantung lalu diedarkan ke seluruh jaringan tubuh. Oksigen bertukar dengan karbondioksida di jaringan tubuh. Lalu darah yang kaya karbondioksida dibawa melalui vena menuju serambi kanan (atrium) jantung.

1. Peredaran Darah Kecil

Peredaran darah kecil merupakan peredaran darah dari bilik kanan jantung menuju paru-paru dan akhirnya kembali lagi ke jantung pada serambi kiri. Pada peredaran darah kecil inilah darah melakukan pertukaran gas di paru-paru. Darah melepaskan karbon dioksida dan mengambil oksigen dari alveoli paru-paru. Oleh karena itu, darah yang berasal dari paru-paru ini banyak mengandung oksigen.

Page 16: Sel Darah MANUSIA 25.11.10

Sistem Peredaran Darah

1. Denyut Jantung

Suara Jantung Marmur (Bising Jantung)

Suara jantung abnormal akibat adanya arus turbulen di dlm rongga jantung & pembuluh darah.

Arus turbulen umumnya tjd karena kelainan katup, yaitu: stenosis (katup tdk dpt membuka scr sempurna) atau insufisiensi katup (katup tdk dpt menutup scr sempurna)

Page 17: Sel Darah MANUSIA 25.11.10

Murmur diastol: setelah S2 akibat stenosis katup AV  atau insufisiensi katup semilunar Murmur sistol: setelah S1 akibat insufisiensi katup AV atau stenosis katup semilunar

1. S1 (lub)terjadi saat penutupan katup AV karena vibrasi pd dinding ventrikel & arteri; dimulai pd awal kontraksi/ sistol ventrikel ketika tekanan ventrikel melebihi tekanan atrium.

2. S2 (dup)terjadi saat penutupan katup semilunar; dimulai pd awal relaksasi/ diastol ventrikel akibat tekanan ventrikel kiri & kanan lebih rendah dari tekanan di aorta & arteri pulmonal.

3. S3disebabkan oleh vibrasi dinding ventrikel krn darah masuk ke ventrikel scr tiba-tiba pd saat pembukaan AV, pd akhir pengisian cepat ventrikel. S3 sering terdengar pd anak dgn dinding toraks yang tipis atau penderita gagal ventrikel.

4. S4terjadi akibat osilasi darah & rongga jantung yg ditimbulkan oleh kontraksi atrium. Jarang tjd pd individu normal

1. Fungsi Darah

Darah adalah cairan yang terdapat pada hewan tingkat tinggi yang berfungsi sebagai alat transportasi zat seperti oksigen, bahan hasil metabolisme tubuh, pertahanan tubuh dari serangan kuman, dan lain sebagainya. Beda halnya dengan tumbuhan, manusia dan hewan level tinggi punya sistem transportasi dengan darah.

Darah merupakan suatu cairan yang sangat penting bagi manusia karena berfungsi sebagai alat transportasi serta memiliki banyak kegunaan lainnya untuk menunjang kehidupan. Tanpa darah yang cukup seseorang dapat mengalami gangguan kesehatan dan bahkan dapat mengakibatkan kematian.

Darah pada tubuh manusia mengandung 55% plasma darah (cairan darah) dan 45% sel-sel darah (darah padat). Jumlah darah yang ada pada tubuh kita yaitu sekitar sepertigabelas berat tubuh orang dewasa atau sekitar 4 atau 5 liter.

Fungsi Darah Pada Tubuh Manusia :1. Alat pengangkut air dan menyebarkannya ke seluruh tubuh2. Alat pengangkut oksigen dan menyebarkannya ke seluruh tubuh3. Alat pengangkut sari makanan dan menyebarkannya ke seluruh tubuh4. Alat pengangkut hasil oksidasi untuk dibuang melalui alat ekskresi5. Alat pengangkut getah hormon dari kelenjar buntu6. Menjaga suhu temperatur tubuh7. Mencegah infeksi dengan sel darah putih, antibodi dan sel darah beku8. Mengatur keseimbangan asam basa tubuh, dll.

Darah cair atau plasma darah adalah cairan darah berbentuk butiran-butiran darah. Di dalamnya terkandung benang-benang fibrin / fibrinogen yang berguna untuk menutup luka yang terbuka.

Isi Kandungan Plasma Darah Manusia :1. Gas oksigen, nitrogen dan karbondioksida2. Protein seperti fibrinogen, albumin dan globulin3. Enzin4. Antibodi5. Hormon6. Urea

Page 18: Sel Darah MANUSIA 25.11.10

7. Asam urat8. Sari makanan dan mineral seperti glukosa, gliserin, asam lemak, asam amino, kolesterol, dsb.

0.000000 0.000000

Kenapa setelah makan ngantuk??????????????????????????????????Banyak orang yang jadi mengantuk dan ingin sekali tidur sehabis makan padahal sedang dalam kondisi kerja. Sebenarnya kondisi ini tidak normal, karena setelah makan seharusnya tubuh menghasilkan energi yang membuatnya segar. Tapi jika Anda selalu ngantuk sehabis makan, sebaiknya ketahui sebab-sebabnya.

Mengantuk adalah salah satu tanda yang diberikan oleh tubuh agar seseorang beristirahat. Tapi jika selalu mengantuk sehabis makan itu pertanda ada yang salah dalam makanannya, enzimnya atau kondisi kadar gula darahnya.

Seperti dikutip dari Helium dan Steadyhealth, ada tiga alasan yang menyebabkan seseorang mengantuk setelah makan, yaitu:

1. Kekurangan enzimEnzim bisa diibaratkan sebagai pekerja dalam tubuh, seperti rumah yang tidak akan bisa dibangun tanpa adanya pekerja meskipun bahan-bahannya sudah lengkap. Enzim memecah makanan yang dikonsumsi menjadi unit-unit yang lebih kecil sehingga dapat diserap oleh tubuh. Selain itu enzim juga bisa berfungsi sebagai katalis untuk membuat sesuatu bisa terjadi.

Terdapat tiga jenis enzim yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mencerna makanan yaitu enzim pencernaan yang disekresikan oleh kelenjar ludah, perut, pankreas, sel-sel endokrin dan juga usus kecil. Kedua, enzim yang ditemukan pada seluruh makanan mentah yang dikonsumsi. Ketiga, enzim metabolik yang berfungsi sebagai katalis, memproduksi energi, membuang kotoran dan detoksifikasi racun.

Saat sedang makan, enzim tubuh bekerja sangat keras agar dapat mencerna semua makanan yang masuk. Karena terlalu keras bekerja, tubuh merasa lelah dan seharusnya saat lelah makanan yang dimakan bisa memberikan energi.

Tapi bagi orang yang kekurangan enzim, makanan yang dimakan tidak bisa jadi energi karena ada gangguan penyerapan zat gizi. Akibatnya saat enzim lelah, tidak ada asupan energi sehingga membuat seseorang menjadi mengantuk.

2. Penggabungan makanan yang tidak tepatKebanyakan dari masyarakat tidak mengetahui mengenai penggabungan makanan (food combining) yaitu cara menggabungkan makanan agar dapat digunakan oleh tubuh sebagai nutrisi.

Beberapa jenis makanan membutuhkan enzim tersendiri agar bisa dicerna seperti protein memerlukan protease, karbohidrat memerlukan amilase dan lemak memerlukan lipase. Ketika seseorang mengonsumsi protein dan karbohidrat secara bersamaan, maka bisa menimbulkan konflik enzim dalam pencernaan.

Usahakan untuk menggabungkan protein dengan sayuran non-pati (sayuran berwarna hijau, tapi bukan kentang atau wortel), menggabungkan karbohidrat dengan sayuran, biji-bijian, mengonsumsi buah saja atau mengonsumsi 60-80 persen makanan mentah atau dikukus. Penggabungan makanan ini bisa

Page 19: Sel Darah MANUSIA 25.11.10

membuat seseorang merasa kurang mengantuk dan menambah lebih banyak energi.

3. Pengaruh salah satu neuronAlasan seseorang mengantuk setelah makan adalah neuron orexin. Neuron ini berada di hipotalamus yang merupakan bagian dari otak yang mengatur banyak proses serta hampir semua hormon.

Ketika kadar gula darah meningkat, hal ini mengakibatkan kerja dari neuron orexin dihambat. Akibatnya seseorang akan merasa mengantuk karena kinerja neuron orexin yang bertanggung jawab untuk mengontrol seseorang agar tetap terjaga dihambat.

10 KEAJAIBAN ALAM

Page 20: Sel Darah MANUSIA 25.11.10

etiap orang, lembaga atau apapun itu membuat list sendiri tentang keajaiban alam di dunia, khususnya keajaiban yang tercipta secara alami (nature creation).

Biasanya list dibuat berdasarkan pengalaman, bisa juga berdasarkan pooling seperti yang sekarang sedang ramai dilakukan sebuah lembaga swasta. Atau list yang dibuat oleh UNESCO. Nah daftar 10 nature wonder ini dipublish oleh life.com

1.Bahrain's Tree of Life Pohon ini merupakan keajaiban alam yang tiada taranya. Tumbuh sendirian di tengah padang pasir yang kering, tak ada pohon lain yang menemani. Ini adalah satu-satunya pohon yang ada di padang pasir yang terpencil, nyaris terisolir dari mana pun. Yang anehnya, pohon yang berusia (diperkirakan 400 tahun) tetap tumbuh subur dengan daunnya yang hijau, padahal di sana tak ada satupun sumber air. Lalu dari manakah air kehidupan didapat oleh pohon itu?? Karena siapa pun tahu air adalah sumber kehidupan semua makhluk hidup, baik itu manusia, hewan maupun tumbuh-tumbuhan. Jadi jawaban satu satunya yang masuk akal adalah di bawah pohon berusia ratusan tahun itu terdapat sumber air. Kalau demikian kenapa tidak ada pohon-pohon lainnya?? Ini suatu misteri alam yang belum terpecahkan.

2.Horseshoe Falls Horseshoe Falls adalah air terjun yang paling megah merupakan gabungan dari tiga air terjun yang kemudian membentuk menjadi apa yang dikenal dunia sebagai Niagara Falls (air terjun niagara) yang terbesar di amarika, dan salah satu yang terbesar di dunia. Lokasinya terletak di sungai Niagara, terutama pada sisi Kanada perbatasan antara Ontario dan New York.

3.Bora Bora Island, Prancis Pulau Bora Bora adalah salah satu pulau paling unik dan indah di dunia di polinesia Perancis. Terkenal karena ketenangannya. Pulau ini dikelilingi laguna yang indah dan karang penghalang.

4. Gunung Kilimanjaro

Gunung Kilimanjaro di Timur laut Tanzania merupakan gunung paling tinggi di Africa. Ketinggiannya mencapai 19.330 feet sangat menantang para pendaki kelas dunia untuk menundukkannya.

Page 21: Sel Darah MANUSIA 25.11.10

5.Iguazu Falls,perbatasan Brazil-Argentina Air terjun Iguazu yang terletak di Sungai Iguazu di perbatasan Brasil-Argentina, merupakan salah satu tujuan wisata paling terkenal di dunia.Pengunjung bisa menjadi sangat dekat dengan air terjun indah ini. Pada titik tertentu, pengunjung bisa di kelilingi air terjun sampai 260 derajat.

6.Sungai Nil

Sungai Nil adalah salah satu sungai yang paling terkenal di dunia juga tercatat paling panjang di dunia karena melintasi sejumlah negara. Sungai ini memiliki catatan sejarah panjang, dan kerap muncul dalam cerita cerita legenda kuno. Sejatinya Sungai Nil yang memiliki panjang lebih dari 4.100 mil, dibentuk dari dua sungai kecil yakni White dan Blue Niles. Sungai yang mengalir ke utara ini, bermuara di Laut Tengah, Mesir. Tempat-tempat yang dilalui sungai Nil kini menjadi kawasan kawasan wisata yang banyak mengundang minat wisatawan.

7.Kawasan Konservasi Ngorongoro, Arusha, Tanzania Ngorongoro adalah sebuah kawasan konservasi yang terletak di kawah gunung berapi wilayah Arusha Tanzania. Di sini adalah rumah bagi ribuan jenis satwa liar di Afrika Timur, termasuk beberapa yang terancam punah.

8.The Jeita Grotto, Beirut, Lebanon Jeita Grotto adalah kawasan wisata gua kapur yang berada di sebelah utara beirut, lebanon. Ini adalah gua dengan pemandangan yang luar biasa indah. Di bagian atas goa, pengunjung bisa menjejak kaki alias berjalan jalan menikmati suasana dramatis gua, tapi untuk menuju tempat terdalam dari goa yang menuju 'perut' bumi,wisatawan harus menggunakan perahu. Di goa inilah sumber air berlimbah yang memberi kehidupan pada kota Beirut.

9.Danau Tahoe, Terindah dengan Air Berwarna Biru "Jewel of the Sierras" Kerap disebut "Jewel of the Sierras" karena airnya yang biru seperti permata. Danau Tohoe sangat terkenal karena keindahannya juga merupakan danau terbesar di Amerika Utara serta terdalam kedua setelah Danau kawah di Oregon. Danau Tohoe adalah danau terbesar di duniakedua setelah Danau Alpine disamping Danau Titikaka di Amerika Selatan. Emerald Bay juga merupakan bagian dari Danau

Page 22: Sel Darah MANUSIA 25.11.10

Tohoe yang sangat terkenal. Di tengah Emerald Bay ada pulau yang mengingatkan kita akan Pulau Samosir yang berada di tengah Danau Toba.

10.Gunung Olympus, "Markas Para Dewa" Kita sering mendengar Mythology Yunani kuno tentang Gunung Olympus yang merupakan 'rumah para dewa'. Ini adalah gunung tertinggi di Yunani dan salah satu yang tertinggi di Eropa.