sejarah romawi

Post on 06-Jul-2015

1.278 views

Category:

Documents

36 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

menuHasil kebudayaan

Mata pencaharianSistem pemerintahan

Letak geografisMitologi romawi kuno

Kepercayaa n

menuHasil kebudayaan

Mata pencaharianSistem pemerintahan

Letak geografisMitologi romawi kuno

Kepercayaa n

Mitologi Romawi HERCULES PLUTO adalah kumpulan YUPITER legenda Romawi tentang dewa-dewi VENUS VICTORIA Romawi yang berawal MARS dan tersebar melalui NEPTUNUS tradisi lisan. Mitologi

HerculesHercules adalah tokoh dalam mitologi Romawi. Dalam mitologi Yunani dia dikenal sebagai Herakles. Begitu banyak cerita dan versi tentang lelaki yang diidentikkan dengan kekuatan dan kedewaannya. Legenda menyebutkan bahwa Hercules adalah putra dewa Jupiter (Dalam mitologi Yunani disebut Zeus), pemimpin para dewa dengan Alcmene yang seorang wanita biasa. Ini membuat Juno (dalam mitologi Yunani disebut Hera), istri Jupiter cemburu dan menumpahkan kekesalannya pada Hercules dengan berusaha membunuhnya. Kisah yang terkenal adalah upaya Hera membuat Hercules menderita dan diharuskan menjalankan 12 macam tugas berat, yang semuanya bisa dilalui. Hercules bahkan pernah dibuat gila sehingga membunuh istri pertamanya Megara dan kedua anaknya.

HERCULES YUPITER VENUS MARS

PLUTO

VICTORIA

NEPTUNUS

PlutoDalam mitologi Romawi, Pluto adalah dewa dunia bawah. Dalam mitologi Yunani dia disebut Hades. Pluto juga adalah dewa kekayaan karena berlian dan berbagai batu mulia berasal dari bawah tanah. Pluto menculik Proserpina, anak Ceres, ke dunia bawah untuk dijadikan istrinya. Ceres bersedih dan menangis sehingga tanaman di bumi tidak tumbuh dan membuat manusia menderita. Akhirnya Jupiter menemui Pluto dan memintanya mengembalikan Proserpina. Mereka kemudian bersepakat bahwa selama enam bulan, Proserpina akan bersama ibunya di bumi lalu selama enam bulan berikutnya Proserpina akan tinggal bersama Pluto di dunia bawah. Hal inilah yang menyebabkan pergantian musim semi dan musim dingin.

HERCULES YUPITER VENUS MARS

PLUTO

VICTORIA

NEPTUNUS

YupiterDalam mitologi Romawi, Jupiter atau Jove adalah raja para dewa, dan dewa langit dan petir. Dalam mitologi Yunani dia dikenal sebagai Zeus. Ia dipanggil Iuppiter (atau Diespiter) Optimus Maximus ( Dewa Terbaik dan Terbesar ). Sebagai dewa pelindung Romawi kuno, ia memerintah hukum dan tatanan sosial. Dia adalah dewa pemimpin dalam Triad Kapitoline bersama istrinya Juno. Jupiter juga adalah ayah dari dewa Mars dari hubungannya dengan Juno. Oleh karena itu, Jupiter adalah kakek dari Romulus and Remus, pendiri kota Roma. Jupiter dihormati di agama Romawi kuno, dan masih dihormati di Neopaganisme Romawi. Ia adalah putra dari Saturnus, saudaranya adalah Neptunus dan Pluto. Dia juga merupakan suami dari Ceres, saudara dari Veritas, dan ayah dari Merkurius.

HERCULES YUPITER VENUS MARS

PLUTO

VICTORIA

NEPTUNUS

VenusVenus adalah salah satu yang terkenal dalam sejarah mitologi Romawi. Dewi ini diasosiasikan dengan cinta dan kecantikan, identik dengan Afrodit dan Etruscan deity Turan dari mitologi Yunani. Image Venus merupakan gabungan di antara keduanya. Selain itu terdapat dewi sejenis Tlahuizcalpantecuhtli di peradaban Aztec, atau Kukulcan di peradaban Maya. Pengaruh pemujaan dewi ini berawal di Ardea dan Lavinium, Latium. Pada 18 Agustus 293 SM, tempat pemujaannya yang tertua dibangun. Tanggal ini menjadi perayaan Vinalia Rustica. Tanggal 23 April 215 SM kuil pemujaan lainnya dibangun di bagian luar Gerbang Collina, sekaligus sebagai peringatan kekalahan tentara Romawi dalam peristiwa Battle of Lake Trasimene. Nama Venus mempunyai kemiripan dengan bahasa Sanskerta vanas yang berarti (kecintaan, gairah). Hal ini menimbulkan dugaan bahwa konsep Venus berasal dari pengaruh Proto-Indo-Eropa.

HERCULES YUPITER VENUS MARS

PLUTO

VICTORIA

NEPTUNUS

VictoriaDalam Agama Romawi Kuno, Victoria adalah personifikasi dari dewi kemenangan. Dia adalah penyetaraan dari dewi Nike dari Yunani Kuno, dan dikaitkan dengan Bellona. Dia diadaptasi dari Sabine (dewi pertanian Vacuna) dan memiliki sebuah kuil di Palatine Hill. Dewi Vica Pota kadang-kadang juga diidentifikasi dengan Victoria. Berbeda dengan Nike Yunani, Victoria (bahasa Latin untuk kemenangan ) adalah bagian utama dari masyarakat Romawi. Beberapa kuil didirikan untuk menghormatinya. Ketika patungnya dihancurkan pada tahun 382 oleh kaisar Gratianus, terjadi kemarahan orangorang di Roma. Dia biasanya disembah oleh jenderal peraih kemenangan setelah kembali dari perang. Tidak seperti Nike Yunani juga, yang dikenal sukses dalam permainan atletik seperti balap kereta perang, Victoria adalah simbol kemenangan atas kematian dan menentukan siapa akan berhasil selama perang. Victoria muncul secara luas pada uang logam Romawi, perhiasan, arsitektur, dan seni lainnya. Dia sering terlihat dengan atau di kereta, seperti pada karya seni patung akhir abad ke-18 yang mewakili kemenangan dalam quadriga di Gerbang Brandenburg di BerlinJerman.

HERCULES YUPITER VENUS MARS

PLUTO

VICTORIA

NEPTUNUS

MarsMars dalam mitologi Romawi adalah dewa perang, putra dari Juno dan Jupiter, suami Bellona, dan kekasih Venus. Dia adalah dewa militer yang utama dan disembah oleh legiun Romawi. Prajurit Romawi menganggapnya sebagai dewa terpenting kedua setelah Jupiter. Festival untuknya digelar pada bulan Maret dan Oktober. Nama Mars kemungkinan beasal dari dewa pertanian mitologi Etruska, Maris. Di Romawi, Mars awalnya adalah dewa pertanian dan pelindung ternak, ladang, dan petani. Hal ini disebabkan karena rakyat Roma pada awalnya adalah petani. Ketika Romawi semakin lama semakin kuat dalam peperangan, Mars beralih fungsi dan disembah sebagai dewa pertempuran dan dihubungkan dengan Ares dari mitologi Yunani. Mars adalah pelindung kota Roma dan dianggap sebagai leluhur dari semua orang Romawi

HERCULES YUPITER VENUS MARS

PLUTO

VICTORIA

NEPTUNUS

NeptunusNeptunus (bahasa Latin: Nept nus) adalah dewa air dan laut pada mitologi Romawi, saudara kandung Yupiter dan Pluto. Ia serupa, tetapi tidak sama dengan dewa Poseidon dari Mitologi Yunani. Fesitvalnya, Neptunalia, dimana tenda-tenda dibuat dari ranting semaksemak, diadakan pada tanggal 23 Juli. Ia memiliki dua kuil di Roma, kuil pertama dibangun pada tahun 25 SM, berdiri di dekat Circus Flaminius. Kuil kedua, Basilica Neptuni, dibangun di Campus Martius.

menuHasil kebudayaan

Mata pencaharianSistem pemerintahan

Letak geografisMitologi romawi kuno

Kepercayaa n

Periode 1000 510 SM Zaman KerajaanPada masa ini Semenanjung Apenina dihuni oleh bangsa pendatang dari Laut Kaspia sedangkan di bagian Selatan di huni oleh bangsa Funisia dan Yunani. Diantara mereka terjadi percampuran sehingga melahirkan bangsa Romawi Kota Roma didirikan menurut Vergilius dalam karyanya Aenens, kota Roma didirikan 1754 SM. Kota Roma didirikan oleh Romulus anak Aeneis dan Lavinia putri Latinus (Raja negeri Latinum) yang telah membunuh saudara kembarnya Remus. Kerajaan Roma diperintah seorang raja yang merangkap sebagai panglima perang dan hakim tinggi. Dalam menjalankan pemerintahannya Raja dibantu oleh Senat, yang terdiri 300 orang golongan patricier (bangsawan). Roma menjadi negara Republik yang dikuasai kaum bangsawan (Aristokrasi)

Periode 31 SM 476 M Zaman Kekaisaran Kaisar-kaisar yang pernah memerintah adalah : Kaisar Octavianus dengan gelar Kaisar Agustus dan Princeps Civitas (warga tertinggi yang terpilih,yang adil dan bijaksana) adalah peletak dasar kekaisaran Romawi. Wilayahnya meliputi Afrika Utara, Asia Barat, dan sebagian besar Eropa.Kaisar Octavianus berkuasa hingga tahun 14 M, Hal penting yang ia wariskan adalah dimulainya penanggalan Masehi yang bertepatan dengan lahirnya Isa Al Masih. Kaisar Romawi berikutnya adalah Kaisar Nero (54-68 SM), Kaisar Nero terkenal sangat kejam dan membunuh para pemeluk agama Kristen. Kaisar Kaligula, terkenal kekejamannya Kaisar Vesvasianus (69-79 M), terkenal karena penindasannya terhadap bangsa Yahudi di Palestina, sehingga bangsa Yahudi terusir dari negerinya dan menyebar ke penjuru dunia Kaisar Hardianus (117-138 M) Kaisar Konstantin Agung (306-337M) Kaisar Theodosius (378-395M). Pada masa Theodosius Romawi dibagi menjadi 2 : Romawi Barat dengan ibukota Roma dan Romawi Timur dengan ibukota Konstantinopel. Romawi Barat jatuh tahun 476 M oleh Odoakar seorang panglima tentara sewaan Jerman, Romawi Timur jatuh tahun 1453 M ke tangan Turki dan berubah menjadi Istambul.

Periode 510 31 SM Zaman RepublikPada masa ini Roma berbentuk Republik yang pemerintahannya dijalankan oleh dua orang Konsul yang dipilih oleh rakyat. Kemudian dibentuk dewan yang terdiri : Senat, yaitu golongan bangsawan Dewan Perwakilan Rakyat, sebagian besar kaum bangsawan, hanya 4 orang golongan rakyat biasa. Dan 4 orang ini mempunyai Hak Veto. Sering terjadinya pertentangan antara golongan bangsawan dan Rakyat biasa sehingga golongan rakyat mengungsi ke pegunungan. Hal ini menyebabkan golongan bangsawan menderita. Akibatnya golongan rakyat dipanggil dan diadakan perundingan sehingga menghasilkan kesepakatan persamaan hak yang dituangkan dalam "Twaalftafelenwet" yaitu 12 meja batu undang-undang.

menuHasil kebudayaan

Mata pencaharianSistem pemerintahan

Letak geografisMitologi romawi kuno

Kepercayaa n

Secara ekonomi, orang-orang Romawi terutama tertarik pada timah dan emas dari Britania. Di samping itu, mereka membuat yang baru dan lebih kuat dalam wol domba keturunan dari Asia Kecil di pulau di rumah dan dengan demikian meletakkan dasar yang penting bagi produksi wol Britania. Pusat ekonomi Britania kemudian adalah Londinium. Tentang kekuatan ekonomi pulau ini, dalam penelitian, sebagaimana telah ditunjukkan, tidak ada konsensus, terutama karena beberapa penulis kuna mengeluh bahw