sejarah perkembangan suhu dan kalor ppt

13
Sejarah Perkembangan Suhu dan Kalor Dita F Karlinda (0913022036) Pramita Sylvia Dewi (0913022056) Putri Deryati (0913022058) Vera Darmiyanti (0913022070) Galuh Utami (0913022090)

Upload: pramita-sylvia-dewi

Post on 14-Jun-2015

6.492 views

Category:

Documents


16 download

TRANSCRIPT

Page 1: Sejarah perkembangan suhu dan kalor ppt

Sejarah Perkembangan Suhu dan Kalor

Dita F Karlinda (0913022036)

Pramita Sylvia Dewi (0913022056)

Putri Deryati (0913022058)

Vera Darmiyanti (0913022070)

Galuh Utami (0913022090)

Page 2: Sejarah perkembangan suhu dan kalor ppt

Sejarah panas adalah prekursor untuk perkembangan dan teori-teori dalam sejarah Termodinamika. Lima tahapan dari pembahasan teori ini :

A. Perkembangan Sejarah Panas B. Pengertian Susu dan Kalor C. Teori Kalor Menurut Beberapa Ahli D. Pengembangan Thermodinamika E. Aplikasi pada Termometer dan Teleskop

Page 3: Sejarah perkembangan suhu dan kalor ppt

A. Perkembangan Sejarah Panas

Pada abad ke 11 Masehi, Abu Rayhan Biruni mengutip gerakan dan gesekan sebagai penyebab panas, yang pada gilirannya menghasilkan elemen api.Pada tahun 1761, kimiawan Skotlandia Joseph Black menemukan bahwa es menyerap panas tanpa mengubah suhu saat leleh. Dari sini ia menyimpulkan bahwa panas harus dikombinasikan dengan partikel es dan menjadi laten.

Page 4: Sejarah perkembangan suhu dan kalor ppt

B. Pengertian Susu dan Kalor

Kalor berbeda dengan suhu, karena suhu adalah ukuran dalam satuan derajat panas. Kalor merupakan suatu kuantitas atau jumlah panas baik yang diserap maupun dilepaskan oleh suatu benda. Kalor adalah suatu bentuk energi yang diterima oleh suatu benda yang menyebabkan benda tersebut berubah suhu atau wujud bentuknya. Dari sisi sejarah kalor merupakan asal kata caloric ditemukan oleh ahli kimia perancis yang bernama Antonnie laurent lavoiser (1743 - 1794). Kalor memiliki satuan Kalori (kal) dan Kilokalori (Kkal). 1 Kal sama dengan jumlah panas yang dibutuhkan untuk memanaskan 1 gram air naik 1 derajat celcius.

Page 5: Sejarah perkembangan suhu dan kalor ppt

C. Teori Kalor Menurut Beberapa Ahli

1. Teori panas Joseph Black (1728-1799)Kalor yang diterima sama dengan kalor yang dilepas (Azas/asas) Black. Penemunya adalah Joseph Black (1728 – 1799). Black adalah seorang kimiawan Skotlandia yang merupakan salah satu pendiri kimia panas.ia lahir 16 April 1728. Ia menemukan bahwa ketika es mencair, suhu tidak berubah mengarah pada gagasan tertentu atau panas laten. Ia juga meneliti dioksida karbon atau 'udara tetap' apa yang disebut.. Penelitian ini menyebabkan penemuan bikarbonat.

Page 6: Sejarah perkembangan suhu dan kalor ppt

2. Teori Kalor Benyamin Thompson (1753-1814)

Menyatakan bahwa Kalor dapat terjadi akibat adanya suatu gesekan. Penemunya adalah Benyamin Thompson (1753 – 1814) dari Amerika Serikat. Thompson melakukan eksperimen pada sifat panas.

Rumford menyimpulkan bahwa panas 'tidak boleh lebih lama dari getaran antara partikel tubuh'.. Suatu zat tidak bisa massal atau tak terbatas.

Page 7: Sejarah perkembangan suhu dan kalor ppt

3. Kalor adalah salah satu bentuk energiDitemukan oleh Robert Mayer (1814 – 1878)

Mayer sama sekali mengabaikan prinsip fundamental grand ditetapkan oleh Siklus Carnot bahwa tidak ada yang dapat disimpulkan mengenai hubungan antara panas dan kerja dari eksperimen di mana bahan kerja yang tersisa pada akhir operasi dalam keadaan fisik yang berbeda dari yang di mana ia berada di dimulai. Mayer juga telah menemu fakta bahwa panas terdiri dari (energi) gerak, masalah diselesaikan di akhir abad ke-18 oleh Count Rumford dan Humphry Davy.

Page 8: Sejarah perkembangan suhu dan kalor ppt

4. Kesetaraan antara satuan kalor dan satuan energi disebut kalor mekanik.- Digagas oleh James Prescott (1818 – 1889)

Anak Jerry Joule (1784-1858), seorang pembuat bir kaya, James Prescott Joule lahir di rumah berdampingan dengan Brewery Joule di New Bailey Street, Salford 24 Desember 1818. Pada 1843 ia menerbitkan hasil percobaan menunjukkan bahwa pemanasan efek yang telah diukur pada tahun 1841 adalah karena generasi panas dalam konduktor dan tidak mengalihkan dari bagian lain peralatan. Hal ini merupakan tantangan langsung kepada teori kalori yang berpendapat bahwa panas tidak bisa diciptakan atau dihancurkan.

Page 9: Sejarah perkembangan suhu dan kalor ppt

D. Pengembangan Termodinamika

Pada dasarnya, termodinamika adalah ilmu yang mempelajari tentang panas sebagai energi yang mengalir. Sejarah berkembangnya ilmu termodinamika berawal sejak manusia mulai “memikirkan” tentang panas. Orang yang pertama kali melakukannya adalah Aristoteles (350 SM). Dia mengatakan bahwa panas adalah bagian dari materi atau materi tersusun dari panas.

Page 10: Sejarah perkembangan suhu dan kalor ppt

Salah satu tokoh dalam Pengembangan Thermodinamika sebagai berikut :

Clausius adalah ahli fisika teori atau fisika murni. Ia tidak mengadakan experimen. Ia menerapkan matematika untuk membuat teori yang dapat menjelaskan. Hasil pengamatan dan exprimen orang lain.Pada tahun 1850 ia membuat karya tulis yang mengungkapkan penemuannya, ialah hukum termodinamika II dan entropi termodinamika adalah cabang fisika yang mempelajari energi dan semua bentuk perubahanya terutama menganai hubungan panas dan kerja. Hukum termodinamika II berbunyi “Panas tidak dapat dengan sendirinya berpindah dari badan yang lebih dingin ke badan yang lebih panas”.

Page 11: Sejarah perkembangan suhu dan kalor ppt

E. Aplikasi Sejarah Panas pada Termometer dan Teleskop Walaupun istilah thermometer berasal dari bahasa Yunani, tetapi bukan berarti penciptanya orang-orang Yunani. Ternyata yang menciptakan thermometer ini tidak satu orang saja. Para penemu itu adalah Avicenna (ibnu sina 980 – 1037) merupakan seorang ilmuan besar muslim yang pertama kali menggunakan thermometer untuk mengukur suhu udara dalam eksperimen ilmiah yang kemudian prinsip termometernya digunakan oleh ilmuan Eropa pada abad ke-16 dan ke-17, termasuk Galileo

Page 12: Sejarah perkembangan suhu dan kalor ppt

Sebenarnya orang pertama di dunia yang menemukan teleskop atau teropong adalah Hans Lippershey, ahli optika Belanda, pada tahun 1608. Tapi Lippershey tidak mau menerima patennya.

Ketika mendengar hal itu Galileo lalu membuat teleskop sendiri. Mula-mula teleskopnya hanya mampu membesarkan benda 9 kali dan akhirnya berhasil membuat teleskop yang mampu membesarkan benda 33 kali. Dengan teleskop sederhana ini Galileo jadi masyhur karena menemukan cincin Saturnus, empat buah bulan Yupiter, gunung-gunung dan kawah-kawah dibulan.

Ia juga menemukan di bawah galaksi sebenarnya gugusan bintang yang berjuta-juta banyaknya.

Page 13: Sejarah perkembangan suhu dan kalor ppt

Thank your attention