seamagz special 102013 ind

Click here to load reader

Post on 26-Oct-2015

39 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

  • SEAM LEC

    Collaborative Learning UsingProject Based Learning Model

    Magazine

    WorkshopSEA EduNet 2.0di Indonesia

  • Salam Redaksi

    Edisi spesial ini diterbitkan terkait dengan rangkaianworkshop SEAMOLEC on SEA EduNet 2.0: E-Collaborative Learning Using Project BasedLearning Model. Workshop ini dilakukan dalam duatahap selama bulan Agustus dan September 2013.

    Workshop ini melibatkan guru dan siswa SMA dan SMKdi Indonesia dan sebelas negara di Asia, Asia Tenggaradan beberapa negara di Eropa. Workshop satu bulandi Sekolah Indonesia Luar Negeri dengan expert darisekolah di Indonesia merupakan pembelajaran kolaboratifberbasis proyek merujuk pada tiga mata pelajaran yaitu;matematika, IPA, dan bahasa.

    Tujuan dari program ini adalah salah satunya menyiapkanpara guru dan siswa dalam menguasai ketrampilan yangdituntut di abad 21 ini seperti; kreatif, berpikir kritis,kolaborasi, dan komunikasi.

    Dengan SEA EduNet 2.0, diharapkan para guru dansiswa baik di dalam maupun di luar negeri bisa salingbekerjasama dalam pembelajaran dan pemelajaran,saling berdiskusi, tukar-menukar bahan ajar, danmengevaluasi satu sama lain.

    SELAMAT MEMBACA!

    SEAMOLEC Magazine is a monthly publicationmagazine of the SEAMEO Regional OpenLearning Centre (SEAMOLEC). Any commentsand information you wish to contribute, pleasecontact PR/ Marketing Division:

    prm@seamolec.org

    AdvisorsSEAMOLEC Director

    Dr. Ir. Gatot Hari PriowirjantoManager of Public Relation

    Muhammad Andriansyah

    EditorsNovel Meilanie

    StaffsYusmar Hadi Saputra

    Abbas Supardi

    LayoutM Idris Setiawan

    Vixco Billy Andriansyah

    SEAMOLEC MagazineKompleks Universitas TerbukaJl. Cabe Raya, Pondok Cabe,

    Pamulang 15418Jakarta, INDONESIA

    Phone: (62-21) 7423725, 7424154Fax: (62-21) 7422276, 7423830

    http://www.seamolec.orgsecretariat@seamolec.org

  • Workshop SEA EduNet 2.0 di Singaraja | 11

    Workshop SEA EduNet 2.0 di Bojonegoro | 5

    Workshop SEA EduNet 2.0 di Situbondo | 6

    Workshop SEA EduNet 2.0 di Jember | 7

    Workshop SEA EduNet di 2.0 di Kabupaten Magetan | 8

    Workshop SEA Edunet 2.0 E-Collaborative LearningUsing PBL Model SMKN 4 Malang | 9

    Workshop SEA EduNet 2.0 SMKN 1 Geger Madiun | 10

    Workshop SEA EduNet 2.0 Batch 2 di Banjarmasin | 4

    MEI

    Workshop SEA EduNet 2.0 SMK Mandiri Bersemi | 6

  • SEAMOLEC

    Workshop SEAEduNet 2.0 di Kalimantan

    Video Call yang disampaikan oleh Bpk. Yul Edisonselaku konselor Duta Besar Sekolah IndonesiaMoscow, merupakan pengantar pembuka presentasikolaborasi antara peserta pelatihan di SMKN 5Banjarmasin dengan peserta di KBRI Moscow.Diinformasikan dalam sambutannya, Bpk Syahrirmenekankan bahwa para guru yang mengikutikolaborasi pelatihan diharapkan untuk menjadiexpert di Sekolah Indonesia Moscow selama satubulan, khususnya guru fisika.

    Selanjutnya adalah pembagian kelompok menjaditiga kelompok besar, masing-masing adalah bahasa,matematika, dan IPA. Di mana dalam tahap ini,peserta dikenalkan pada konsep Project BasedLearning (PBL) yang meliputi pembuatan drivingquestion, handout, assessment criteria dan rubric.

    Pada hari berikutnya materi berlanjut dengan hal-hal yang berhubungan dengan IT, diantaranyaEdmodo untuk pembelajaran kolaborasi, di manapeserta diarahkan untuk memanfaatkan kelas daringdalam proses pembelajaran. Peserta juga diarahkanuntuk berkolaborasi dengan peserta yang ada diManila. Dalam sesi ini, peserta juga mendapatkanmateri tentang pembuatan video pembelajaranmenggunakan Screen OMatic, pembuatan digitalbook dengan Flipsnack.

    Acara Pelatihan SEAEduNet 2.0 Batch 2dilaksanakan di Aula SMKN 5 Banjarmasin.Diawali dengan pembukaan oleh Bapak Drs.Sartono, mewakili Kepala Sekolah. Pelatihan dihadirioleh panitia lokal, Bpk. Kordiyaso, Bpk. Dasukisebagai expert luar negeri program SEAEduNet 2.0Manila-Philippines, dan Bpk. Muh. Joni W sebagaiexpert dalam negeri. Tim SEAMOLEC sendiri diwakilioleh Bpk. Aggry Tiharapitra dan Saudara TaufikGusman.

    Peserta terdiri dari 35 guru mata pelajaran BahasaInggris, Matematika, IPA, IPS, Kimia dan Produktif.Para guru ini berasal dari 14 sekolah baik SMKmaupun SMA di sekitar Banjarmasin.masing-masingguru berasal dari 14 sekolah SMK/SMA sekitarBanjarmasin, diantaranya; SMKN 5 Banjarmasin,SMKN 2 Banjarmasin, SMKN 3 Banjarmasin, SMAPGRI 3 Banjarmasin, SMK Farmasi Isfi, SMK 1Sabilah Muhtadin, SMK YPT Banjarmasin, SMKArung Samudra Banjarmasin, SMKN 1 Banjarmasin,SMAN 7 Banjarmasin, SMA 1 Sabilah Muhtadin,SMAN 13 Banjarmasin, SMAN 5 Banjarmasin, danSMK Unggulan Husada.

    Melalui video call Skype, Bpk. Syahrir mengundangpeserta pelatihan yang ada di Banjarmasin untukmengikuti pembukaan SEAEDuNet 2.0 Batch 2yang juga dilakukan di KBRI Moscow, Rusia.

    Workshop SEA EduNet 2.0 Batch 2 di Banjarmasin

    Tempat: Banjarmasin, Kalimantan

  • OCTOBER

    Workshop SEAEduNet 2.0 di Jawa Timur

    Senin 23 September 2013, telah diresmikan olehKepala SMKN 2 Bojonegoro Lokakarya E-Collaborative Learning SMA & SMK Bojonegoroyang berlangsung 23-25 September 2013, dihadirioleh 26 orang guru, terdiri atas 22 orang guru SMKdan 4 orang guru SMA. Mereka dipandu oleh TimSEAMOLEC yang terdiri atas Sdr. Bagiono DS dansdr. Heri A. Nugroho, mahasiswa S2 ITB.

    Acara dimulai dengan menayangkan pesan DirekturSEAMOLEC, dilanjutkan dengan sambutan KepalaSMKN 2 Bojonegoro, sekaligus meresmikandimulainya lokakarya.

    Tim SEAMOLEC memulai dengan materi PBL terlebihdahulu, karena dalam kolaborasi, peran pembuatankonten sangat besar. Dengan demikian, pada harikedua, ketika Edmodo diajarkan, peserta sudahmemiliki gambaran apa yang akan dikerjakan denganpara siswa menggunakan Edmodo. Tim jugaberusaha agar ide digali dari masalah yang dijumpaidalam kehidupan keseharian.

    Workshop SEA EduNet 2.0 di Bojonegoro

    Tempat: SMA & SMK Bojonegoro, Jawa Timur

    Patut dicatat bahwa seringkali peserta terjerumuske dalam pembuatan naskah yang identik denganRPP,di mana trainer sudah berkali-kali mengingatkan,bahwa yang sedang mereka sedang kerjakan adalahacuan pembuatan proyek yang akan dikerjakanoleh siswa.

    Hari kedua diawali dengan presentasi hasil PBLyang akan dilaksanakan oleh para peserta di sekolahmasing-masing, yang dikritisi bersama oleh parapeserta dan narasumber, dilanjutkan denganpenggunaan Edmodo. Dalam sesi ini, sekaligusdipresentasikan project plan tiap kelompokdilanjutkan dengan pembuatan video pembelajaranmenggunakan aplikasi Screen-O-Matic.

    Hari terakhir diisi dengan presentasi terakhir darikeseluruhan kelompok berikut video proyek. Secarakhusus, Bp. Yusuf Sudarmawan, Kepala SMKN 2Bojonegoro mengucapkan terima kasih ataskepercayaan yang telah diberikan kepada SMKN2 Bojonegoro untuk menyelenggarakan kegiatan ini.

  • SEAMOLEC

    Workshop SEAEduNet 2.0 di Jawa Timur

    Workshop SEA Edunet 2.0SMK Mandiri BersemiTempat: Cianjur, Jawa Barat

    Salah satu titik kegiatan workshop SeaEdunet2.0 di Indonesia adalah Kota Cianjur. DiCianjur pelaksanaan workshop bertempatdi SMK Mandiri Bersama yang di pimpin oleh PakHilman. Narasumber workshop kali ini dariSEAMOLEC adalah Prayitno dan Rizcy HP.Workshop dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal22-24 Agustus 2013.

    Workshop ini dihadiri oleh 8 Sekolah di Cianjuryang terdiri dari 37 peserta. Tujuannya adalahpeserta dapat berkolaborasi dengan SekolahIndonesia Luar Negeri yang ada di Yangoon,Myanmar. Diharapkan ada beberapa project yangdihasilkan oleh guru-guru di Indonesia dan Yangoonyang dapat dikolaborasikan.

    Selamat Berkolaborasi.

    Workshop SEA Edunet 2.0di Jember

    Bertempat di SMKN 5 Jember sejak tanggal22-24 Agustus 2013 diselenggarakanWorkshop SEA-EDUNET 2.0 yang diikutioleh 51 peserta guru dari beberapa SMK,SMAdan MAN di Kota Jember dan sekitarnya.

    Acara yang dibuka oleh Pejabat dari DinasKabupaten Jember serta beberapa Kepala Sekolahundangan dimulai pada pukul 08.00. Dilanjutkandengan sambutan Direktur SEAMOLEC, GatotHari Priowirjanto, berupa pemutaran video.

    Acara Workshop hari pertama adalah belajarmenggunakan Edmodo beserta konten-kontenyang ada di dalamnya dengan dipandu oleh pakKaryana dan tim dari SEAMOLEC.

    Peserta sangat antusias saat pembelajaranberlangsung, hanya sayangnya sambunganinternetnya sangat lambat.

    Kegiatan hari pertama berakhir pukul 14.00.

    Tempat: Jember, Jawa Timur

    "Daging (qurban) dan darahnya itu sekali-kali tidak akan sampai kepada Allah,tetapi yang sampai kepada-Nya adalah ketakwaanmu" (QS. Al-Haji ayat 37)

    Pelatihan SEAEdunet 2.0 di Jawa Barat

  • OCTOBER

    Workshop SEAEduNet 2.0 di Jawa Timur

    Workshop SEA Edunet 2.0 di SitubondoTempat: Situbondo, Jawa Timur

    Workshop bertempat di SMK N 1 PanjiSitubondo, dengan peserta sebanyaksebanyak 45 orang yang terdiri dari gurudari SMA dan SMK dari wilayah Situbondo. Acarahari pertama selama workshop yang diadakanselama tiga hari dari 23-25 September 2013 adalahpengenalan PBL dan penggunaan Edmodo sebagaimedia sosial pembelajaran. Dalam mengikuti materi,terlihat peserta yang sangat antusias dan terusbersemangat mengikuti sesi demi sesi sampai acaraberakhir di hari itu.

    Hari ke-dua, acara dimulai dengan mengulangkembali penggunaan Edmodo, banyak dari pesertayang bersemangat menjawab pertanyaan dari IbuCahya karena akan diberi hadiah jika menjawabdengan benar. Selanjutnya peserta membuat bukudigital dengan menggunakan situs issuu.com. Saatpembuatan buku digital, hal-hal yang unik terjadiseperti tidak bisa login email, lupa password, internetmenjadi lemah serta masalah teknis lainnya sehinggacukup memakan waktu dan membuat tim dariSEAMOLEC kewalahan. Namun akhirnya masalahtersebut teratasi. Hal seperti ini sudah biasa terjadikarena peserta bukan berasal dari guru TeknologiInformasi (TI) sehingga persiapan yang lebih matangharus dilakukan.