rpp 1 seni rupa 2013

8
Kelompok seni rupa 1 Wardoyo : (SMPN 1 Sambungmacan Sragen). Masngudi : (SMPN 2 Sambirejo Sragen). S. Jadi : (SMPN 1 Sukodono Sragen). Didik : (SMPN 1 tangen Sragen). Karyono : (SMP Darul Ihsan Muhammadiyah Sragen). Agung : (SMP IT Ihsanu Fikri Mungkid Magelang). Sutarno : (SMPN 2 Plupuh Sragen)

Upload: agung-pirsada

Post on 23-Nov-2015

56 views

Category:

Documents


3 download

DESCRIPTION

kuikulum 2013

TRANSCRIPT

Kelompok seni rupa 1

Wardoyo: (SMPN 1 Sambungmacan Sragen).Masngudi: (SMPN 2 Sambirejo Sragen).S. Jadi: (SMPN 1 Sukodono Sragen).Didik: (SMPN 1 tangen Sragen).Karyono: (SMP Darul Ihsan Muhammadiyah Sragen).Agung: (SMP IT Ihsanu Fikri Mungkid Magelang).Sutarno: (SMPN 2 Plupuh Sragen)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANSatuan Pendidikan : SMP

Kelas : VII

Semester: I

Mata Pelajaran : Seni Budaya (Seni Rupa)

Alokasi Waktu : 4 X 40 Menit (2 Pertemuan)

A. Kompetensi Inti 3. Memahami pengetahuan (factual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait kejadian fenomena tampak mata.

B. Kompetensi Dasar 3.1 memahami konsep dan prosedur menggambar flora, fauna, dan benda alam3.2 memahami konsep dan prosedur menggambar gubahan flora dan fauna serta geometric menjadi ragam hias.3.3 memahami konsep dan prosedur penerapan ragam hias pada bahan tekstil.3.4 memahami konsep dan prosedur penerapan ragam hias pada bahan kayu.

C. Indikator Pencapaian Kompetensi 1. Menunjukkan sikap percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab.2. Memahami bentuk-bentuk gambar flora, fauna, dan benda alam.3. Menggambar bentuk flora, fauna, dan benda alam.

D. Tujuan pembelajaran Setelah mempelejari pokok bahasan ini peserta didik diharapkan mampu:1. Mendeskripsikan bentuk-bentuk flora, fauna, dan benda alam.2. Mengidentifikasikan bentuk-bentuk flora, fauna, dan benda alam.3. Melakukan eksplorasi bentuk-bentuk flora, fauna, dan benda alam.4. Melakukan asosiasi bentuk flora, fauna, dan benda alam.5. Mengkomunikasikan hasil bentuk-bentuk flora, fauna, dan benda alam secara benar.

E. Langkah-langkah Pembelajaran Kegiatan Deskripsi kegiatanAlokasi waktu

Pendahuluan 1. Mengamati bahan ajar tentang flora, fauna, dan benda alam yang berupa gambar dan bentuk nyata tentang materi tersebut.

2. Menanyakan melalui diskusi tentang materi flora, fauna, dan benda alam.

Kegiatan Inti 1. Melakukan eksplorasi bentuk-bentuk flora, fauna, dan benda alam.2. Melakukan asosiasi bentuk flora, fauna, dan benda alam.

Kegiatan penutup Guru dapat melakukan evaluasi dan refleksi pada setiap pertemuan. Kegiatan ini menekankan pada tiga aspek yaitu pengetahuan yang telah diperoleh, menghubungkan sikap dengan materi pembelajaran, dan kemampuan psikomotorik atau keahlian dalam praktek menggambar.

F.

G

H

I

Materi PembelajaranA. Mengamati , memahami (melihat, membaca buku tentang flora, fauna, dan benda alam kemudian menanyakan cara dan makna menggambar flora, fauna dan benda alam), dan menghubungkan antara konsep dan prosedur menggambar flora, fauna, dan benda alam dengan budaya setempat.

B. Mengasosiasikan bentuk-bentuk flora, fauna, dan benda alam (menunjukkan makna yang terkandung pada gambar flora, fauna, dan benda alam dalam kehidupan sosial budaya di masyarakat serta membandingkan konsep dan prosedur menggambar flora, fauna, dan benda alam yang berkembang dalam kehidupan social budaya di masyarakat).

C. Mengkomunikasikan bentuk-bentuk Flora, Fauna, Benda alam (membuat gambar flora, fauna, dan benda alam kemudian menyampaikan hasil pengumpulan dan kesimpulan informasi yang diperoleh serta mempresentasikan secara lisan atau tulisan mengenai karya yang dikerjakan.

Metode PembelajaranPraktek dan diskusi

Evaluasi Pembelajaran TugasPortofolio: lembar pengamatan, autentik.

Sumber belajar dan media pembelajaran

Buku teks: eko purnomo, dkk, seni budaya kelas VII, kemendikbud, 2013 Buku teks yang sesuai dengan pokok pembahasan Video, vcd Gambar

Lampiran

Lembar Penilaian

Nama :.NIS :.Kelas :.

Pokok bahasan: menggambar bentuk-bentuk flora, fauna, dan benda alam.

Petunjuk penilaian keterampilan:Berilah tanda (V) pada kolom yang sesuai

a. Jika mendeskripsikan bentuk-bentuk flora, fauna, dan benda alam secara benar .b. Jika mengidentifikasikan bentuk-bentuk flora, fauna, dan benda alam secara benar .c. Jika melakukan eksplorasi bentuk-bentuk flora, fauna, dan benda alam secara benar.d. Jika melakukan asosiasi bentuk flora, fauna, dan benda alam secara benar .e. Jika mengkomunikasikan hasil bentuk-bentuk flora, fauna, dan benda alam secara benarnoIndikator penilaian

abcd

86-10076-8566-7556-65

1Mendeskripsikan bentuk-bentuk flora, fauna, dan benda alam.

2Mengidentifikasikan bentuk-bentuk flora, fauna, dan benda alam.

3Melakukan eksplorasi bentuk-bentuk flora, fauna, dan benda alam.

4Melakukan asosiasi bentuk flora, fauna, dan benda alam.

5Mengkomunikasikan hasil bentuk-bentuk flora, fauna, dan benda alam secara benar

Total /10

LEMBAR RUBRIKNama :.NIS :.Kelas :.Petunjuk Berilah tanda (V) pada kolom yang sesuai!

NoIndikator PengamatanYaTidak

1Jujur

2Bertanggung jawab

3Toleransi

4Peduli

5Percaya diri