resep kue kering

Download Resep Kue Kering

Post on 22-Jul-2016

26 views

Category:

Documents

8 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

Resep Kue Kering

# Resep Kue Kastengel Keju

Kocok mentega, margarin dan garam hingga rata, setelah itu masukkan kuning telur satu persatu.

Kemudian masukkan tepung dan susu, lalu aduk hingga rata.

Terakhir masukkan keju parut, kemudian aduk lagi hingga bahan tercampur semua dengan rata.

Setelah itu giling adonan tersebut setebal 0,8 cm, kemudian potong-potong panjang 5 cm, dan lebar 0,8 cm.

Kemudian oleskan bahan olesan, dan taburkan keju parut diatasnya sesuai selera.

Panggang sampai patang dengan suhu 160 derajat celsius selama kurang lebih 30 menit atau hingga kue matang.

Setelah kue matang, angkat dan dinginkan terlebih dahulu, setelah itu masukkan dan susun rapi ke dalam toples.

Kue kastengel keju siap untuk dihidangkan.

# Resep Kue Kering Brownies

Bahan :- 300 gram tepung terigu - 250 gram dark coklat- 150 gram margarin- 50 gram coklat bubuk- 3 butir telur- 1 sendok teh baking powder untuk taburan- 1/4 gula pasir / gula halus- kacang tanah sangrai dan hancurkan kasar- Vanila bubuk secukupnya- Garam secukupnya

Cara Membuat :

Lelehkan dark coklat terlebih dahulu, setelah itu sisihkan dan dinginkan.

Setelah dark coklat agak dingin, kemudian campurkan dengan margarin, vanila bubuk dan garam, lalu kocok hingga mengembang dan sisihkan.

Kocok telur dan gula pasir hingga larut pada tempat lain dan 1/2 mengembang.

Setelah itu, masukkan tepung terigu, baking powder, coklat bubuk sedikit demi sedikit agar adonan tidak mengumpal hingga tercampur dengan rata.

Masukkan adonan coklat pertama, lalu campurkan dan aduk hingga rata.

Kemudian masukkan pada loyang cetak yang telah diolesi dengan margarin terlebih dahulu, lalu taburi dengan kacang tanaj yang telah di hancurkan kasar.

Panggang brownies hingga 1/2 matang dengan suhu 150 derajat celsius kurang dari 10 menit, setelah itu angkat dan potong-potong sesuai selera dan dinginkan.

Panggang kembali brownies hingga matang kurang lebih selama 15 menit.

Angkat kembali dan dinginkan, setelah brownies masak, sahabat dapat menambahkan variasi diatasnya agar terlihat lebih cantik dan menarik sebelum di hidangkan.

# Resep Kue Nastar

Bahan :- 250 gram tepung terigu- 175 gram mentega- 100 gram gula pasir- 50 gram gula halus- 50 gram cengkeh untuk hiasan- 25 gram tepung maizena- 4 butir telur ( 1 untuk olesan, 3 untuk adonan )- 2 cm kayu manis- 1 sendok makan susu bubuk- 1/2 buah nanas parut- 1/2 sendok teh garam

Selai :Rebus nanas parut dengan gula paisr, kayu manis, dan garam hingga agak mengering. Kemudian aduk-aduk hingga membentuk selai.

Cara Membuat :

Campurkan tepung terigu, tepung maizena, dan susu bubuk, lalu ayak.

Kocok mentega, gula halus, dan kuning telur hingga lembut.

Kemudian ambil adonan, lalu aduk rata dengan menggunakan spatula hingga donan bisa di bentuk.

Setelah itu, hiasi adonan yang telah dibentuk tadi dengan cengkeh, lalu olesi dengan kuning telur.

Panggang selama 25 menit atau hingga matang.

Angkat dan tunggu hingga kue menjadi dingin, dan kue nastar siap untuk dihidangkan.

# Resep Kue Putri Salju

Bahan :- 175 gram tepung terigu, ayak- 175 gram margarin- 100 gram keju edam parut- 30 gram tepung maizena- 3 kuning telur- 1/4 sendok teh garam

Taburan :- 350 gram gula bubuk

Cara Membuat :

Siapkan loyang pipih yang telah diolesi dengan mentega terlebih dahulu, kemudian sisihkan.

Kocok margarin hingga mengembang, lalu masukkan telur dan kocok telur hingga mengembang.

Kemudian masukkan tepung terigu dan tepung maizena, lalu aduk hingga rata, setelah itu tambahkan keju edam dan garam, lalu aduk rata hingga menjadi adonan yang dapat dibentuk.

Ambil satu sendok teh adonan, bentuk seperti bulan sabit, lalu taruh di atas loyang dan beri jarak.

Panggang dalam oven dengan temperatur 160 derajat celsius selama 15 menit hingga matang.

Kemudian angkat dan dinginkan, lalu taburi dan lumuri dengan gula bubuk, hingga seluruh bagian kue tertutup dengan gula.

Simpan dan susun ke dalam toples, dan kue putri salju siap untuk dihidangkan.

# Resep Kue Kacang

Bahan :- 250 gram tepung terigu - 180 gram margarin- 100 gram kacang tanah- 75 gram gula pasir- 1 buah kuning telur- 2 sendok teh bumbu spekuk

Cara Membuat :

Sangrai kacang tanah hingga kering, kemudian kupas kulitnya dan pisahkan, lalu haluskan.

Ayak tepung terigu, dan sisihkan.

Kocok margarin dan gula pasir hingga lembut, kemudian tambahkan kuning telur dan kocok hingga rata. Setelah itu masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit, lalu aduk hingga rata. Setelah itu tambahkan bumbu spekuk dan kacang tanah yang telah dihaluskan tadi, dan aduk kembali hingga rata.

Pipihkan adonan menggunakan penggiling kayu dengan tebal 8 mm, kemudian cetak dengan cetakan kue kering sesuai selera. Setelah tercetak, letakkan di atas loyang yang telah diolesi dengan margarin sebelumnya.

Panggang dengan suhu 170 derajat celcius denggan menggunakan oven selama 25 menit.

Angkat dan dinginkan, dan kue kacang siap untuk dihidangkan.Resep Kue Kering Putri Salju

Leave a reply

Kue satu ini banyak disuguhkan bersama kue-kue lain ketika lebaran tiba, adalah kue kering putri salju. Kue dengan taburan gula halus yang menyerupai salju menjadikan kue ini diberi nama putri salju. Cara membuatnya juga sangat mudah dan bisa dipraktekan oleh orang yang baru belajar sekalipun, keuntungan membuat sendiri adalah bisa berkreasi dengan toping atau taburan yang lain. Berikut adalah resep kue kering putri salju.

Bahan kue:

150 g mentega tawar100 g margarin100 g gula pasir berbutir halus200 g kacang mete, sangrai, tumbuk halus250 g tepung terigu

Taburan:

Taburan, aduk rata, 100 g gula bubuk, ayak 1/2 sdt vanili bubuk

Cara membuat:

Pertama buat adonan, siapkan tepung terugu, mentega, margarin, mete halus dan gula pasir. Kocok mentega, margarin dan gula pasir hingga lembuat, baru anda masukan tepung terigu dan kacang mete halus dan uleni hingga adonan menjadi kalis. Kemudian simpan adonan sekitar 1 jam didalam lemari es. Bari anda cetang menjadi berbentuk bulan sabit, dan panggang dalam oven dengan suhu 160 drajat celcius selama 30 menit. Setelah terlihat kecoklatan tinggal anda keluarkan dan dinginkan. Setelah dingin baru anda beri taburan hingga rata.

Kue Putri SaljuCiri khas dari Kue Putri Salju ini adalah gula halus yang bertaburan dikue tersebut. Tentunya akan menambah selesa, dengan adanya gula halus yang mirip salju tersebut.

BAHAN-BAHAN:- 250 gr mentega tawar, bekukan- 100 gr gula kastor- 200 gr kacang mete, panggang, haluskan- 250 gr terigu- 150 gr gula bubuk u/ taburan aduk dg 1/2 sdt Vanili

CARA MEMBUAT Kue Putri Salju:- kocok mentega dan gula pasir hingga pucat, tambahkan kacang mete, dan terigu, aduk rata.- bulatkan adonan, simpan dalam lemari es 30 menit.- bentuk bulan sabit, atur diloyang, panggan kira-kira 20 menit (suhu 160c)gulingkan kedalam gula bubuk.

Tips:- mentega dibekukan untuk mendapatkan kue yg ngeprul dan krenyes-krenyes, beda dengan mentega yg tidak dibekukan.Dengan adonan yg dibekukan lebih dahulu, akan diperoleh kue kering yg garing dibagian luar dan ngeprul bagian dalamnya, tapi tetap renyah.Ada juga yg membekukannya setelah jadi adonan, shg lebih mudah dibentuk..- Yg benar adalah waktu panas2 ditaburin gula bubuksimpan biar dinginrahasia satu lagi adalah setelah dingin baru dicelupin ke gula donat, maka putri salju kamu akan cantik berselimut tebalGula donat itu gula khusus utk donat, rasanya juga khasberasa dingin dilidahdan gak mudah leleh.Resep Kue Kering Putri Salju

Bahan:

Mentega 375 gramGula 175 gramTepung terigu 450 gramKacang mete goreng (ditumbuk halus) 200 gramGula halus (untuk taburan) 100 gramVanili bubuk 1/4 sdm

Cara Membuat :

Kocok mentega dan gula sampai lembutMasukkan tepung terigu kacang mete tumbuk, aduk sampai menjadi adonan yang dapat dibentuk dan tidak melekat pada wadah. Tutup dengan serbet.Simpan dalam lemari es selama 1 jam.Bulatkan adonan tadi sebesar ibu jari, bentuk lonjong atau bentuk bulan sabit.Letakkan di loyang tanpa diolesi margarin.Panggang dengan panas sedang sampai matang dan kekuningan. Dinginkan.Campurkan gula halus dengan vanili bubuk sampai tercampur.Gulingkan kue diatar campuran gula halus dan vanili, kue putri salju siap disimpan ditempat yang kering dan tertutup rapat.

Resep Kue Tambang

Bahan :

Tepng terigu 575 gramTepung sagu 100 gramSoda kue sedikit sajaGula halus 125 gramSantan bagi dua bagian 200 ccTelur 4 butirCoklat bubuk 25 garam

Cara Membuat :

Campurkan bahan-bahan kering aduk hingga rataBagi adonan kering ini menjadi 2 bagianAmbil satu sendok makan dari adonan tadi, tambahkan pada adonan keduaTambahkan 25 gram coklat pada adonan yang pertama, aduk rata.Masukkan pada masing-masing adonan 2 butir telur kocok dan 100 cc santan.Aduk semua adonan menjadi adonan yang dapat dibentuk dan diamkan selama 10 menit.Tipiskan adonan yang warna putih dan coklat 0,4 cm. Masing-masing panjang 12 cm.sambungkan kedua ujungnya (kedua adonan) pilin hingga membentuk tali. Potong selebar 0,75 cm.Rapatkan kedua ujungnya menjadi satu bentuk gelang,Puntirkan kedua warna menjadi satu, goreng dalam minyak banyak dan tidak terlalu panas.

Resep Kue Butter Cookies

Bahan :

Mentega 100 gramGula halus 100 gramKuning telur 2 butirTepung terigu 200 gramVanili secukupnya

Cara Membuat :

Kocok mentega, gula, kuning telur, vanili sampai lembutMasukkan terigu, aduk dengan garpu atau sendok kayu sampai rata benar.Adonan ini akan kita masukkan dalam semprotan kue kering dan bulat aneka kem