res lbm 2 modul 3

Download RES Lbm 2 Modul 3

Post on 01-Feb-2016

236 views

Category:

Documents

2 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

RES Lbm 2 Modul 3RES Lbm 2 Modul 3RES Lbm 2 Modul 3RES Lbm 2 Modul 3RES Lbm 2 Modul 3RES Lbm 2 Modul 3RES Lbm 2 Modul 3RES Lbm 2 Modul 3RES Lbm 2 Modul 3

TRANSCRIPT

  • Aulia Sifana fr30101206840..Retikulum endoplasma..

  • KEITH PORTER 1945

  • endoplasmik di dalam sitoplasmaretikulum jaringan

    Retikulum Endoplasma(RE) adalah organel sel berupa labirin (sistem rongga atau saluran yg berhubungan) yang demikian banyak sehingga meliputi separuh lebih dari total luas dalam sel-sel eukariotik.

  • Retikulum Endoplasma sendiri terdiri atas ruangan-ruangan kosong yang ditutupi dengan membran dengan ketebalan 4 nm (nanometer, 10-9meter).

    Lubang/saluran berfungsi membantu gerakan substansi-substansi dari satu bagian sel ke bagian sel lainnya.

  • Masing-masing ruangan mempunyai bentuk dan ukuran yang berbeda-beda sehingga dapat dibedakan menjadi tiga jenis yaitu : 1. Sisterna, berbentuk ruangan gepeng , yang kadang-kadang tersusun berlapis-lapis dan saling berhubungan. 2. Tubular, berbentuk sebagai pipa-pipa kecil yang saling berhubungan. 3. Vesikuler, berbentuk sebagai gelembung-gelembung yang berlapis.

  • KOMPOSISI KIMIA RE

    1. Selaput Retikulum Endoplasma selaput retikulum endoplasma terdiri atas lipida 30% dan protein 70%. Lipida sebagian besar berupa fosfatidilkolin. Selaput retikulum endoplasma mengandung lebih sedikit glikolipida dan kolesterol daripada selaput sel. Sedangkan protein selaput retikulum endoplasma umumnya adalah berupa glikoprotein 2. Cairan Luminal Retikulum Endoplasma Isi lumen retikulum endoplasma (RE) merupakan cairan yang mengandung sejumlah holoprotein, glikoprotein dan lipoprotein. Kandungan lumen RE ini sangat bervariasi seiring dengan jenis sel dan keadaan fisilogis sel tersebut. Misalnya RE plasmosit (sel plasma) berisi imunoglobulin.

  • Ada 2 jenis RE :1. RE kasar (granular / Rough Endoplasmic Reticulum)

    2. RE halus (agranular / Smooth Endoplasmic Reticulum)

  • Fungsi Retikulum Endoplasma Di permukaan RE kasar, terdapat bintik-bintik yang merupakan ribosom. Ribosom ini berperan dalam sintesis protein. Maka, fungsi utama RE kasar adalah sebagai tempat sintesis protein. RE halus Berbeda dari RE kasar, RE halus tidak memiliki bintik-bintik ribosom di permukaannya. RE halus berfungsi dalam beberapa proses metabolisme yaitu sintesis lipid, metabolisme karbohidrat dan konsentrasi kalsium, detoksifikasi obat-obatan, dan tempat melekatnya reseptor pada protein membran sel.

    RE sarkoplasmik adalah jenis khusus dari RE halus. RE sarkoplasmik ini ditemukan pada otot licin dan otot lurik. Yang membedakan RE sarkoplasmik dari RE halus adalah kandungan proteinnya. RE halus mensintesis molekul, sementara RE sarkoplasmik menyimpan dan memompa ion kalsium. RE sarkoplasmik berperan dalam pemicuan kontraksi otot.

    RE kasar dan RE halus bersama-sama berfungsi transportasi molekul-molekul dan bagian sel yang satu ke bagian sel yang lain.

  • RE KASAR

    Fungsi utama RE kasar adalah sebagai tempat sintesis protein.

  • RE HALUS

    Berbeda dari RE kasar, RE halus tidak memiliki bintik-bintik ribosom di permukaannya. RE halus berfungsi dalam beberapa proses metabolisme yaitu sintesis lipid, metabolisme karbohidrat dan konsentrasi kalsium, detoksifikasi obat-obatan, dan tempat melekatnya reseptor pada protein membran sel.

  • KESIMPULAN 1. Retikulum endoplsma terdiri dari tubulus-tubulus, vesikel dan kantong-kantong pipih yang menempati ruang sitoplasma. 2. Retikulum Endoplasma merupakan bagian sel yang terdiri atas sistem membran. 3. Retikulum endoplasma memiliki struktur yang menyerupai kantungberlapis-lapis. Kantung ini disebut cisternae. 4. Selaput retikulum endoplasma terdiri atas lipida 30% dan protein 70% sedangkan isi lumen retikulum endoplasma (RE) merupakan cairan yang mengandung sejumlah holoprotein, glikoprotein dan lipoprotein. 5. Fungsi utama RE kasar adalah sebagai tempat sintesis protein sedangkan RE halus berfungsi dalam beberapa proses metabolism yaitu sintesis lipid, metabolisme karbohidrat dan konsentrasi kalsium, detoksifikasi obat-obatan, dan tempat melekatnya reseptor pada protein membran sel.