repository hardiansyah

Click here to load reader

Post on 07-Aug-2015

70 views

Category:

Education

0 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

  1. 1. Apa itu Repositori? Repositori merupakan sekumpulan paket- paket aplikasi atau program untuk sebuah Sistem Operasi yang digunakan untuk menunjang kinerja dari sebuah aplikasi, program, dan sebagainya yang didapatkan dari server mirror website paket tersebut.
  2. 2. 1.Pertama,kita ubah dahulu ip pada virtualnya,agar sama dengan ip fisik. Saya akan mengubah server repositorinya menjadi server repositori di Kambing UI.
  3. 3. 2.Selanjutnya kita buka direktori apt dengan cara mengetik cd /etc/apt. 3.Setelah itu,kita ketik ls untuk melihat isi dari direktori apt dan kita backup file sources.list.
  4. 4. 4.Setelah kita membackup file sources.list,kita buka file tersebut pada editor seperti nano ,dll.Lalu kita berikan tanda # pada kalimat yang belum di beri tanda tersebut.
  5. 5. 5.Setelah kita memberikan tanda # akan menampilkan hasil seperti di bawah ini.
  6. 6. 6.Setelah itu kita cari repositori pada browser,lalu kita copykan repositori yang telah kita cari ke file sources.list yang telah kita beri tanda # di setiap kalimatnnya.
  7. 7. 7.Setelah kita copykan ke file sources.list,jangan lupa kita beri tanda # di awal kalimat.Lalu kita save.
  8. 8. 8.Setelah kita save filenya,kita ketik apt-get update untuk memulai proses pengupdatean nya.
  9. 9. Terkadang pada saat kita melakukan repositori ada kesalahan yang biasa terjadi seperti: Pada saat kita mengetik apt-get update lalu klik enter,hasilnya malah seperti pada gambar dibawah ini.Biasanya ini terjadi akibat ada salah satu kalimat yang lupa di beri tanda # pada saat di edit.
  10. 10. Cara untuk membetulkannya dengan membuka file sources.list pada editor nano/sebagainya,lalu kita berikan tanda # pada awal kalimat yang belum diberi tanda # .Setelah itu kita save kembali.
  11. 11. Setelah kita save file yang sudah di edit,kita dapat mencoba updatenya kembali dengan cara mengetik apt-get update.Jika file yang kita edit sudah tidak memiliki kesalahan maka hasilnya akan seperti gambar di bawah ini.