rencana strategis - lpmu.upj.ac.id renstra_.pdf · ii ringkasan eksekutif rencana strategis...

Download RENCANA STRATEGIS - lpmu.upj.ac.id RENSTRA_.pdf · ii RINGKASAN EKSEKUTIF Rencana Strategis (Renstra)…

Post on 06-Mar-2019

222 views

Category:

Documents

5 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

RENCANA STRATEGISLEMBAGA PENJAMINAN MUTU UNIVERSITAS

UNIVERSITAS PEMBANGUNAN JAYA

TAHUN 2015-2020

MARET 2016

i

LEMBAR PENGESAHAN

RENCANA STRATEGISLEMBAGA PENJAMINAN MUTU UNIVERSITAS

UNIVERSITAS PEMBANGUNAN JAYA

TAHUN 2015-2020

Tangerang Selatan, Maret 2016Menyetujui,

Rini Pramono, M.Si. Leenawaty Limantara, Ph.D.Kepala LPMU Rektor

Mengetahui,

Edmund SutisnaPresiden

ii

RINGKASAN EKSEKUTIF

Rencana Strategis (Renstra) Lembaga Penjaminan Mutu Universitas (LPMU) adalah dokumen yangmenjelaskan mengenai rencana jangka pendek untuk periode 5 (lima) tahun, yaitu tahun 2015-2020.Renstra LPMU ini merupakan rencana strategis untuk mewujudkan visi, misi, tujuan dan sasaran UPJyang berpedoman pada Rencana Strategis Universitas Pembangunan Jaya (Renstra UPJ) dan RencanaInduk Pengembangan (RIP) UPJ 2015-2035.

LPMU merupakan lembaga yang baru terbentuk di UPJ setelah sebelumnya kegiatan penjaminanmutu dilakukan oleh Biro Administrasi Pendidikan dan Penjaminan Mutu (BAP-PMP) dan masihterfokus pada penjaminan mutu kegiatan akademik. Dibentuknya LPMU, dengan harapanpenjaminan mutu non akademik juga akan dilakukan secara terpadu.

Penjaminan mutu UPJ pada periode 2011-2015 belum berjalan secara maksimal, dan terlihat padahasil akreditasi Program Studi yang menghasilkan predikat C untuk 9 Prodi dan peringkat B hanyauntuk 1 Prodi. Dokumen-dokumen mutu masih terfokus pada kegiatan akademik, sedangkan untukkegiatan non akademik seluruh dokumen mutu belum tersusun dengan baik dan sistematis.

Hasil Analisa situasi yang dilakukan terhadap sistem penjaminan mutu menemukan beberapamasalah yang harus segera diselesaikan, antara lain (1) belum tersusunnya dokumen mutu dari unitkerja maupun program studi sehingga menjadi kendala dalam pelaksanaan monitoring dan evaluasiberdasarkan dokumen mutu; (2) belum memiliki tim yang mencukup dalam rangka pengadaan danpenyusunan perangkat, dokumen dan instrumen monevin; (3) belum memiliki standard operatingsystem (SOP) untuk melakukan monitoring dan evaluasi serta audit internal serta (4) dinamikaperubahan peraturan/kebijakan pimpinan secara terus menerus sehingga dokumen mutu juga terusmengalami perubahan. Masalah-masalah ini adalah sebagian kecil dari masalah yang dihadapi olehUniversitas selama periode 2011-2015.

Dengan melihat permasalahan yang dihadapi selama periode 2011-2015, serta denganmemperhatikan Renstra UPJ, maka LPMU pada periode 2015-2020 akan memiliki program kerjayang akan difokuskan pada (1) melengkapi dokumen-dokumen mutu pada semua lini baik di bidangakademik maupun non akademik; (2) mengimplementasikan tata kelola UPJ yang baik; (3)melakukan re-akreditasi program studi dan akreditasi institusi; (4) membangun budaya mutu padaseluruh lini dengan membangun unit penjaminan mutu pada setiap bagian/Program Studi, (5)meningkatkan standar mutu di seluruh lini, dan (6) mengarahkan penjaminan mutu UPJ padastandar manajemen mutu internasional. Kegiatan ini semua merupakan strategi untuk mencapaitujuan jangka pendek UPJ 2015-2020, yaitu Unggul dalam melaksanakan tata kelola universitasyang baik (Good University Governance) dengan keunggulan khusus UPJ.

Ruang lingkup Renstra LPMU 2015-2020 mencakup beberapa program, antara lain Program 1:Melaksanakan tata kelola penjaminan mutu dengan membentuk organisasi penjaminan mutu ditingkat prodi/bagian, dengan membentuk Unit Penjaminan Mutu; Program 2: Melengkapi dokumenmutu akademik dan non akademik di setiap lini; Program 3: Melakukan re-akreditasi Program Studidan akredtasi institusi; Program 4: Membentuk budaya mutu di seluruh lini universitas, denganpelaksaanaan kegiatan monitoring dan evaluasi oleh audtor internal untuk semua lini dari liniterbawah hingga pimpin serta menyusun program penghargaan terhadap ProgramStudi/Bagian/Personal Baik dosen/tenaga kependidikan sebagai bentuk apresiasi terjadap kinerja

iii

dan standar mutu yang baik, dan Program 5: Menjajaki penjaminan mutu UPJ pada standarinternasional.

Renstra ini menjelaskan mengenai visi, misi, tujuan dan sasaran LPMU, Analisa situasi internal daneksternal, struktur organisasi UPJ dan LPMU, kondisi umum dan kondisi yang diharapkan sertaanalisa kesenjangan. Seluruh hal tersebut akan menjadi pedoman dalam pelaksanaan program kerjaLPMU.

Kata Kunci: Renstra UPJ, Analisis SWOT, Program Kerja, Penjaminan Mutu

iv

KATA PENGANTAR

Alhamdulillah, puji syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Masa Esa atas selesainyapenyusunan Rencana Strategi (Renstra) Lembaga Penjaminan Mutu Universitas (LPMU) Tahun 2015-2020 sebagai perwujudan dari Renstra UPJ 2015-2020. Rencana Strategis ini akan dijadikan acuanbagi LPMU dalam melaksanakan program kerjanya selama 5 (lima) tahun ke depan.

Keinginan kuat pimpinan UPJ untuk memperbaiki tata kelola UPJ serta tuntutan dari pihak luar akanpentingnya peringkat akreditasi Program Studi dan Institusi, menjadi dorongan yang kuat bagi LPMUuntuk membantu universitas dalam membenahi tata kelola universitas. Merupakan hal yang cukupmenantang karena penjaminan mutu universitas selama periode 2011-2015 berjalan sangat lambatdan terfokus pada kegiatan akademik saja.

Masukan, kritik dan saran membangun dari pimpinan dan seluruh warga universitas menjadipendorong semangat tim LPMU untuk memberikan yang terbaik. Dengan harapan dapat membantumewujudkan rencana strategis UPJ 2011-2020, yaitu Unggul dalam melaksanakan tata kelolauniversitas yang baik (Good University Governance) dengan keunggulan khusus UPJ.

Terima kasih atas kepercayaan para pimpinan dan warga universitas yang diberikan kepadaLPMU untuk melakukan program-program kerjanya. Semoga LPMU dapat menjadi lembagayang mandiri, berintegritas dan profesional dalam menjalankan tugasnya.

Tangerang Selatan, Maret 2016Kepala LPMU,

Rini Pramono, M.Si.

v

DAFTAR ISI

Lembar Pengesahan iRingkasan Eksekutif iiKata Pengantar ivDaftar Isi vDaftar Tabel viDaftar Gambar vii

I. PendahuluanLatar Belakang 1Permasalahan 2Tujuan Pengembangan 2Ruang Lingkup 3

II. Profil LPMUVisi, Misi 5Tujuan, Sasaran 5

III. Analisis SituasiKompetensi LPMU 7Struktur Organisasi 7Kondisi Umum 12Kondisi yang diharapkan 13Analisis Kesenjangan 14

IV. Arah Kebijakan dan StrategiKebijakan 17Strategi Pencapaian Target 17

V. Program dan Kegiatan 23

VI. Penutup 27

Daftar Pustaka 28

vi

DAFTAR TABEL

Halaman

Tabel 3.1. Dekripsi Tugas LPMU 9Tabel 5.1. Program 1: Operasionalisasi LPMU 24Tabel 5.2. Program 2: Kelengkapan Dokumen Mutu 24Tabel 5.3. Program 3: Re-akreditasi Prodi dan Akreditasi Institusi 25Tabel 5.4. Program 4: Budaya Mutu 25Tabel 5.5. Program 5: Internasionalisasi Standar Mutu 26

vii

DAFTAR GAMBAR

Halaman

Gambar 1.1. Skema Penjaminan Mutu Universitas 1Gambar 3.1. Struktur Organisasi Universitas Pembangunan Jaya 8Gambar 3.2. Struktur Organisasi Lembaga Penjaminan Mutu Universitas 9Gambar 3.3. Struktur Organisasi Penerapan Sistem Penjaminan Mutu Internal 12Gambar 3.4. Jalur Pencapaian Unggulan UPJ 13Gambar 3.5. Tahapan Tahunan mencapai GUG dalam 5 (lima) tahun pertama (2015-2020) 13Gambar 3.6 Analisis SWOT LPMU 16Gambar 4.1 Tujuan dan sasaran Strategis LPMU 18Gambar 4.2. Mekanisme Penjaminan Mutu Internal 21Gambar 5.1. Faktor Kunci Keberhasilan LPMU 23

1

BAB I

PENDAHULUAN

LATAR BELAKANG

Penjaminan mutu di Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) merupakan suatu kegiatan

mandiri. Proses penjaminan mutu internal ini dirancang, dijalankan, dan dikendalikan

melalui Lembaga Penjaminan Mutu Universitas (LPMU). Sebagai langkah strategis dalam

proses pelaksanaan pengawasan, pengendalian dan peningkatan mutu Universitas

Pembangunan Jaya, maka Lembaga Penjaminan Mutu Universitas (LPMU) menyusun dan

melaksanakan sejumlah program kerja agar dapat terwujudnya proses penjaminan mutu.

Penyusunan program kerja LPMU bertujuan mewujudkan praktik baik dalam proses

penjaminan mutu internal (internally driven) di UPJ, yaitu untuk mendorong upaya

penjaminan mutu secara berkelanjutan. Dengan program kerja ini, LPMU dapat bekerja

secara efektif dalam proses peningkatan mutu. Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) UPJ

merujuk kepada instrumen akreditasi nasional yang diterbitkan oleh Badan Akreditasi

Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) sebagai standar nasional akreditasi Institusi, dan

Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM) nantinya sebagai standar nasional akreditasi Program

Studi.

Gambar 1.1. Skema Penjaminan Mutu UPJ

2

Program kerja LPMU mencakup proses penetapan, penyusunan perangkat dan

pembenahan dokumen dalam pemenuhan standar mutu agar proses pengelolaan mutu UPJ

dapat dilakukan konsisten dan berkelanjutan, sehingga dapat memenuhi harapan serta

memberikan kepuasan kepada pemangku kepentingan.

PERMASALAHAN

Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) telah beroperasi sejak tahun 2011 dan telah

menjalankan satu periode penuh penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi untuk

program Sarjana. Proses penyelenggaraan Tri Dharma Perguuruan Tinggi di UPJ perlu lebih

ditingkatkan melalui peningkatan mutu universitas secara menyeluruh. Permasalahan yang

terkait dengan penjaminan mutu universitas antara lain:

1. Organisasi lembaga penjaminan mutu yang belum terbentuk.

2. Belum tersedianya dokumen-dokumen mutu di setiap unit kerja. Pembuatan

dokumen mutu masih terfokus pada dokumen mutu di bidang akademik,

sedangkan untuk bidang lainnya belum tersusun.

3. Rendahnya kesadaran akan pentingnya penjaminan mutu di universitas

4. Terbatasnya sumbe

Recommended

View more >