raport smk kurikulumn 2013

Upload: jefri

Post on 17-Oct-2015

1.202 views

Category:

Documents


68 download

DESCRIPTION

Contoh penulisan raport kurikulum 2013

TRANSCRIPT

PETUNJUK TEKNIS PENGISIAN PENCAPAIAN KOMPETENSI PESERTA DIDIK DAN MODEL RAPOR SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN(SMK)

Direktorat Pembinaan SMKDirektorat Jenderal Pendidikan MenengahKementerian Pendidikan dan KebudayaanTahun 2013

A. PENDAHULUANPeraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan menyebutkan bahwa hasil penilaian oleh pendidik dan satuan pendidikan dilaporkan dalam bentuk nilai dan deskripsi pencapaian kompetensi kepada orang tua dan pemerintah.Standar Penilaian Pendidikan pun menyebutkan bahwa laporan hasil penilaian oleh pendidik berbentuk:1. Nilai dan deskripsi pencapaian kompetensi untuk hasil penilaian kompetensi pengetahuan serta keterampilan termasuk penilaian hasil pembelajaran tematik-terpadu.2. Deskripsi sikap diberikan untuk hasil penilaian kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial.3. Penilaian oleh masing-masing pendidik secara keseluruhan dilaporkan kepada orang tua/wali peserta didik dalam bentuk Laporan Pencapaian Kompetensi Peserta Didik.Pengembangan Laporan Pencapaian Kompetensi Peserta Didik pada dasarnya merupakan wewenang sekolah yang dikoordinasikan dengan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Namun demikian, Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah memandang perlu disusunnya Buku Panduan Pengisian Laporan Pencapaian Kompetensi Peserta Didik dan Model Laporan Pencapaian Kompetensi Peserta Didik Sekolah Menengah Kejuruan untuk membantu sekolah mengembangkan Laporan Pencapaian Kompetensi Peserta Didik.Buku Petunjuk Teknis Pengisian Pencapaian Kompetensi Peserta Didik dan Model Laporan Pencapaian Kompetensi Peserta Didik SMK diharapkan dapat membantu sekolah dan pihak-pihak yang berkepentingan dalam mengembangkan format Laporan Pencapaian Kompetensi Peserta Didik sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang sudah disusun sekolah. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 66 Tahun 2013 Bab II, Bagian E poin e nomor 1) dan 2) menyatakan bahwa penilaian pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah terdiri atas laporan hasil penilaian oleh pendidik yang berbentuk:1) Nilai dan deskripsi pencapaian kompetensi, untuk hasil penilaian kompetensi pengetahuan dan keterampilan termasuk penilaian hasil pembelajaran tematik-terpadu.

ii

2) Nilai dan deskripsi pencapaian kompetensi, untuk hasil penilaian kompetensi pengetahuan dan keterampilan termasuk penilaian hasil pembelajaran tematik-terpadu.3) Deskripsi sikap, untuk hasil penilaian kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial.

Penilaian oleh pendidik dilaksanakan secara berkesinambungan (terus- menerus) untuk memantau proses, kemajuan, dan perbaikan hasil dalam bentuk ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, dan ulangan kenaikan kelas. Penilaian oleh pendidik pada dasarnya digunakan untuk menilai pencapaian kompetensi peserta didik, dasar memperbaiki proses pembelajaran, dan bahan penyusunan laporan kemajuan Pencapaian Kompetensi peserta didik.Laporan Pencapaian Kompetensi peserta didik merupakan dokumen penghubung antara sekolah dengan orang tua peserta didik maupun dengan pihak-pihak lain yang berkepentingan untuk mengetahui kompetensi peserta didik. Oleh karena itu, laporan Pencapaian Kompetensi peserta didik harus komunikatif, informatif, dan komprehensif (menyeluruh) sehingga dapat memberikan gambaran mengenai hasil belajar peserta didik dengan jelas dan mudah dimengerti.Direktorat Pembinaan SMK, Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah, memandang perlu menerbitkan Buku Panduan Pengisian Laporan Pencapaian Kompetensi Peserta Didik yang di dalamnya disajikan Model Rapor SMK, Petunjuk Teknis Pengelolaan Penilaian, dan Petunjuk Teknis Pengisian Rapor. Hal ini dilakukan untuk membantu para guru dalam satuan pendidikan melaksanakan pengisian laporan Pencapaian Kompetensi peserta didik dalam bentuk rapor.B. PETUNJUK PENGGUNAAN RAPOR1. Buku Laporan Pencapaian Kompetensi ini digunakan selama peserta didik mengikuti pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan.2. Apabila peserta didik pindah sekolah, buku Laporan Pencapaian Kompetensi dibawa oleh peserta didik yang bersangkutan sebagai bukti pencapaian kompetensi. 3. Apabila buku Laporan Pencapaian Kompetensi peserta didik hilang, dapat diganti dengan buku Laporan Pencapaian Kompetensi Pengganti dan diisi dengan nilai-nilai yang dikutip dari Buku Induk Sekolah asal peserta didik dan disahkan oleh Kepala Sekolah yang bersangkutan.4. Buku Laporan Pencapaian Kompetensi peserta didik ini harus dilengkapi dengan pas foto terbaru ukuran 3 x 4 cm, dan pengisiannya dilakukan oleh wali kelas.

C. KONVERSI NILAI

Nilai Kuantitatif dengan Skala 1 4 (berlaku kelipatan 0,33) digunakan untuk Nilai Pengetahuan (KI 3) dan Nilai Keterampilan (KI 4). Sedangkan nilai kualitatif digunakan untuk Nilai Sikap Spiritual (KI 1), Sikap Sosial (KI 2), dan Kegiatan Ekstra Kurikuler, dengan kualifikasi SB (Sangat Baik), B (Baik), C (Cukup), dan K (Kurang). Tabel 1 : Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan, dan SikapPREDIKATNILAI PENGETAHUAN

PENGETAHUANKETERAMPILANSIKAP

A44SB (Sangat Baik)

A-3.673.67

B+3.333.33B(Baik)

B3,003,00

B-2.672.67

C+2.332.33C(Cukup)

C2,002,00

C-1.671.67

D+1.331.33K(Kurang)

D1,001,00

D. TEKNIK PENILAIAN Penilaian yang dilakukan untuk mengisi laporan Pencapaian Kompetensi ada 3 (tiga) macam, yaitu:1. Penilaian Pengetahuana. Penilaian Pengetahuan dilakukan oleh Guru Mata Pelajaran (Pendidik)b. Penilaian Pengetahuan terdiri atas: 1) Nilai Harian (NH)2) Nilai Ulangan Tengah Semester (UTS)3) Nilai Ulangan Akhir Semester (UAS)c. Nilai Harian (NH) diperoleh dari hasil ulangan harian yang terdiri dari: tes tulis, tes lisan, dan penugasan yang dilaksanakan pada setiap akhir pembelajaran satu Kompetensi Dasar (KD). d. Nilai Ulangan Tengah Semester (NUTS) diperoleh dari hasil tes tulis yang dilaksanakan pada tengah semester. Materi Ulangan Tengah Semester mencakup seluruh kompetensi yang telah dibelajarkan sampai dengan saat pelaksanaan UTS. e. Nilai Ulangan Akhir Semester (NUAS) diperoleh dari hasil tes tulis yang dilaksanakan di akhir semester. Materi UAS mencakup seluruh kompetensi pada semester tersebut.f. Penghitungan Nilai Pengetahuan diperoleh dari rata-rata Nilai Proses (NP), Ulangan Tengah Semester (UTS), Ulangan Akhir Semester (UAS)/Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) yang bobotnya ditentukan oleh satuan pendidikan.g. Penilaian untuk pengetahuan menggunakan penilaian kuantitatif 1 4: Sangat Baik = 4Baik = 3 Cukup = 2Kurang = 1 dengan kelipatan 0,33 , dengan 2 (dua) desimal di belakang koma seperti berikut :h. Penghitungan Nilai Pengetahuan adalah dengan cara :1) Menggunakan skala nilai 0 sd 4.2) Menetapkan pembobotan.3) Penetapan bobot nilai ditetapkan oleh satuan pendidikan dengan mempertimbangkan karakteristik sekolah dan peserta didik.4) Nilai UAS disarankan untuk diberi bobot lebih besar dari pada UTS dan NT karena lebih mencerminkan perkembangan pencapaian kompetensi peserta didik.5) Contoh : Pembobotan 3 : 2 : 1 untuk NUAS : NUTS : NT (jumlah perbandingan pembobotan = 6. Skor Akhir sebagai berikut:(SA) = {(3xUAS) + (2xUTS) + (NT)}/6 SA = Skor Akhir, 1 - 4 UAS = nilai ujian akhir semester, 1 4UTS = nilai ujian tengah semester, 1 4NT= nilai tugas, 1 - 4 ContohSiswa A memperoleh nilai pada mata pelajaran Matematika sebagai berikut:NUAS= 3,5NUTS= 3,0NT= 3,2Nilai Rapor= {(3x3,5)+(2x3,0)+(1x3,2)} : 6= (10,5+6,0+3,2) : 6= 3,23Nilai Rapor = 3,28 = BaikDeskripsi= sudah menguasai seluruh kompetensi dengan baik terutama dalam memahami makna tiga dimensi.

2. Penilaian Keterampilana. Penilaian Keterampilan dilakukan oleh Guru Mata Pelajaran (Pendidik) atau instruktur dari industri.b. Penilaian Keterampilan diperoleh melalui penilaian kinerja yang terdiri atas: 1) Nilai Praktik 2) Nilai Portofolio3) Nilai Proyekc. Nilai Praktik diperoleh dari tes praktik di laboratorium atau di bengkel atau di industri yang dilakukan pada setiap akhir menyelesaikan satu KD atau lebih.d. Nilai Portofolio diperoleh dari kumpulan nilai tugas/pekerjaan yang telah dilakukan oleh siswa selama pembelajaran di kelas atau magang di industrie. Nilai Proyek diperoleh dari akumulasi pengetahuan, keterampilan dan sikap yang diwujudkan mulai perencanaan, pelaksanaan sampai ke pelaporan dalam satu pekerjaan/paket keahlian, f. Pengolahan Nilai untuk Keterampilan menggunakan penilaian kuantitatif 1 4: Sangat Baik = 4Baik = 3 Cukup = 2Kurang = 1 dengan kelipatan 0,33 , dengan 2 (dua) desimal di belakang koma seperti yang tertuang pada Tabel 1:g. Penghitungan Nilai Keterampilan adalah dengan cara:1) Menetapkan pembobotan.2) Menggunakan skala nilai 0 sd 4.3) Pembobotan ditetapkan oleh Satuan Pendidikan dengan mempertimbangkan karakteristik sekolah dan peserta didik.4) Nilai Praktik disarankan diberi bobot lebih besar dari pada Nilai Proyek dan Nilai Portofolio karena lebih mencerminkan proses perkembangan pencapaian kompetensi peserta didik.5) Contoh : Pembobotan 3 : 2 : 1 untuk Nilai Praktik : Nilai Proyek : Nilai Portofolio (jumlah perbandingan pembobotan = 6). Skor Akhir sebagai berikut:(SA) = {(3xUP) + (2xUPJ) + (NP}/6 SA = Skor Akhir, 1 - 4UP = nilai ujian akhir praktik, 1 4UPJ = nilai proyek, 1 4NP= nilai portofolio, 1 - 4

Contoh:Siswa A memperoleh nilai pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif sebagai berikut :Nilai Praktik= 3,5 Nilai Proyek = 3,0Nilai Portofolio= 3,1 Skor Akhir = {(3x3,5+(2x3,0)+(1x3,1)} : 6 = (10,5+6,0+3,1) : 6 = 13,1 : 6Nilai Akhir = 3,27 = B+Deskripsi = sudah baik dalam mengerjakan praktik dan portofolio, namun masih perlu ditingkatkan kedisiplinan merapikan tugas-tugas dalam satu proyek.

3. Penilaian Sikapa. Penilaian Sikap (spiritual dan sosial) dilakukan oleh Guru Mata Pelajaran (Pendidik)b. Penilaian Sikap diperoleh menggunakan instrumen: 1) Penilaian observasi (Penilaian Proses)2) Penilaian diri sendiri3) Penilaian antarteman4) Jurnal catatan guruc. Nilai Observasi diperoleh dari hasil Pengamatan terhadap Proses sikap tertentu pada sepanjang proses pembelajaran satu Kompetensi Dasar (KD)d. Untuk penilaian Sikap Spiritual dan Sosial (KI-1 dan KI-2) menggunakan nilai Kualitatif sebagai berikut:1) SB = Sangat Baik = 3.66 sd 42) B = Baik= 2.66 sd 3.653) C = Cukup= 1.66 sd 2.654) K = Kurang= < 1.65e. Penghitungan Nilai Sikap adalah dengan cara :1) Menetapkan pembobotan2) Pembobotan ditetapkan oleh Satuan Pendidikan dengan mempertimbangkan karakteristik sekolah dan peserta didik3) Nilai Proses atau Nilai Observasi disarankan diberi bobot lebih besar dari pada Penilaian Diri Sendiri, Nilai Antarteman, dan Nilai Jurnal Guru karena lebih mencerminkan proses perkembangan perilaku peserta didik yang otentik. 4) Contoh : Pembobotan 2 : 1 : 1 : 1 untuk Nilai Observasi : Nilai Penilaian Diri Sendiri : Nilai Antarteman : Nilai Jurnal Guru (jumlah perbandingan pembobotanContohSiswa A dalam mata pelajaran Agama dan Budi Pekerti memperoleh :Nilai Observasi= 3,5Nilai diri sendiri= 3,2Nilai antar teman= 3,1Nilai Jurnal= 2,4Nilai Rapor= {(2x3,5)+(1x3,2)+(1x3,1)+(1x2,4)} : 5 = (7+3,2+3,1+2,4) : 5Nilai Rapor = 3,14 = BaikDeskripsi = Memiliki sikap Baik selama dalam proses pembelajaran,.

E. CARA PENGISIAN RAPOR SMK1 Buku Laporan Pencapaian Kompetensi diisi dengan tulisan yang rapi dan jelas.2 Nama peserta didik di halaman judul, data Satuan Pendidikan di lembar 1, dan peserta didik siswa di lembar 2 ditulis menggunakan huruf kapital yang jelas dan rapi.3 Lembar 2 yang berisi data peserta didik, dilengkapi dengan foto peserta didik terbaru berukuran 3 x 4.4 Lembar CAPAIAN kompetensi semester 1 diisi dengan: a. Identitas Satuan Pendidikan dan identitas peserta didik. b. Pada kolom Pengetahuan dan Keterampilan diisi dengan perolehan nilai dari tiap guru mapel yang berupa angka 1 s.d 4 dengan kelipatan 0,33, seperti pada Tabel 1c. Untuk kolom Sikap Spiritual dan Sosial (KI 1 dan KI 2), dalam kolom mapel diisi dengan predikat seperti pada Tabel 1SB = Sangat Baik= 3.66 - 4B = Baik= 2.66 3.33C = Cukup= 1.66 2.33K = Kurang= 1 1.33d. Untuk kolom Sikap Spiritual dan Sosial (KI 1 dan KI 2) antarmapel diisi dengan deskripsi kesimpulan dari sikap peserta didik secara keseluruhan dalam mata pelajaran. Kesimpulan tersebut diperoleh melalui koordinasi bersama dengan guru mata pelajaran pada kelas yang sama (lihat contoh dalam lampiran).e. Kegiatan ekstra kurikuler diisi dengan nilai kualitatif (SB = sangat baik, B = baik, C = cukup, dan K = kurang) dilengkapi dengan deskripsi masing-masing kegiatan ekstra kurikuler yang diikuti. Nilai dan keterangan kegiatan ekstra kurikuler diperoleh dari guru pembina/pelatih ekstra kurikuler.

Contoh:Kegiatan Ekstra KurikulerDeskripsi

1. Praja Muda Karana (Pramuka)Menunjukkan kerjasama yang baik dalam satu tim

2. )

f. Kolom ketidakhadiran diisi dengan rekapitulasi ketidakhadiran peserta didik (sakit, izin, dan tanpa keterangan) dari wali kelas. Contoh:Ketidakhadiran

Sakit: 1 hari

Izin : --- hari

Tanpa Keterangan : --- hari

g. Lembar catatan DESKRIPSI kompetensi mata pelajaran diisi dengan:1. Identitas Satuan Pendidikan dan identitas peserta didik.2. Catatan deskripsi Pengetahuan, Keterampilan, Sikap Spiritual dan Sosial tiap mata pelajaran diperoleh dari guru mata pelajaran.Contoh Pengisian:No.Mata PelajaranKompetensiCatatan

Kelompok A (Wajib)

1.Pendidikan Agama dan Budi PekertiPengetahuanBaik, sudah memahami seluruh kompetensi, terutama sangat baik dalam memahami makna mujahadah an-nafs. Terus berlatih agar lebih baik dalam kompetensi yang lain.

KeterampilanSudah terampil dalam hafalan surat-surat yang ditentukan, namun masih perlu banyak berlatih dalam hafalan Q.S. An-Nur (24): 2.

Sikap Spiritual dan SosialSudah konsisten menunjukkan sikap beriman, bertaqwa, jujur, dan kontrol diri.

Kelompok B (Wajib)

7.Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

PengetahuanSudah memahami semua konsep keterampilan, kecuali peran aktivitas fisik dalam pencegahan penyakit dan pengurangan biaya perawatan kesehatan. Perlu lebih tekun dalam memahami peran aktivitas fisik dalam pencegahan penyakit dan pengurangan biaya perawatan kesehatan.

KeterampilanSudah menguasai keterampilan permainan dan atletik, terutama mempraktikkan teknik dasar atletik (jalan cepat, lari, lompat dan lempar) dengan menekankan gerak dasar fundamentalnya. Dapat diikutsertakan dalam lomba OOSN tingkat kota.

Sikap Spiritual dan SosialSudah menunjukkan usaha maksimal dalam setiap aktivitas gerak jasmani, sportif dalam bermain, perlu peningkatan dalam menghargai perbedaan. Perlu terus dikembangkan sikap sportif dalam bermain dan menghargai perbedaan

Dst.....

Kelompok C (Peminatan) : Teknik Otomotif

Teknologi Dasar OtomotifPengetahuanSudah memahami konsep motor bakar, namun kurang memahami proses-proses mesin konversi energi. Perlu melakukan pengamatan untuk meningkatkan pemahaman keterkaitan konsep motor bakar terhadap proses konversi energi.

KeterampilanSudah memiliki kompetensi keterampilan dasar otomotif, namun kurang memperhatikan aspek keselamatan kerja. Perlu lebih teliti memperhatikan aspek keselamatan kerja dalam melakukan kegiatan praktik baik di dalam maupun di luar bengkel.

Sikap Spiritual dan SosialSudah menunjukkan kepedulian terhadap masalah sepeda motor dan berperilaku ilmiah (tekun, teliti, jujur menyajikan data dan fakta), namun kurang percaya diri dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi secara lisan. Perlu berlatih meningkatkan kepercayaan diri untuk berani berargumentasi secara lisan.

h. Pegisian lembar penilaian laporan Pencapaian Kompetensi semester 2 (dua) sama dengan pengisian lembar penilaian laporan Pencapaian Kompetensi semester 1 (satu).i. Kriteria kenaikan kelas ditentukan oleh Satuan Pendidikan berdasarkan karakteristik Satuan Pendidikan.Contoh :Peserta didik dinyatakan naik kelas apabila memenuhi persyaratan sebagai berikut:a. Menyelesaikan seluruh program pembelajaran dalam dua semester pada tahun pelajaran yang diikuti.b. Tidak terdapat 3 mata pelajaran atau lebih, pada kompetensi pengetahuan, keterampilan, dan/atau sikap yang belum tuntas/belum baik pada semester kedua.c. Ketidakhadiran peserta didik tanpa keterangan maksimal 15% dari jumlah hari efektif.5 Keterangan pindah keluar Satuan Pendidikan diisi dengan:a. Tanggal ditetapkannya keluar dari Satuan Pendidikan.b. Kelas yang ditinggalkan pada saat keluar dari Satuan Pendidikan.c. Alasan keluar dari Satuan Pendidikan.d. Waktu penandatanganan pengesahan oleh Kepala Sekolah dan tanda tangan kepala sekolah dibubuhi stempel. e. Pengesahan kepindahan keluar Satuan Pendidikan dikuatkan dengan tanda tangan orang tua/wali peserta didik.6 Keterangan pindah masuk Satuan Pendidikan diisi dengan:a. Nama peserta didik yang masuk diisi lengkap.b. Identitas peserta didik ditulis apabila pindah masuk ke sekolah baru (mutasi dari luar ke dalam Satuan Pendidikan).c. Waktu penandatanganan pengesahan oleh Kepala Sekolah dan tanda tangan kepala sekolah dibubuhi stempel. 7 Catatan prestasi yang pernah dicapai diisi dengan:a. Identitas peserta didik.b. Catatan prestasi yang menonjol pada ko-kurikuler (akademik), ekstra kurikuler (nonakademik), dan catatan khusus lainnya yang berhubungan dengan sikap serta hal-hal selain kurikuler dan ekstra kurikuler (misalnya memenangkan kejuaraan dalam ajang pencarian bakat, dan sebagainya).

LAPORANPENCAPAIAN KOMPETENSI PESERTA DIDIKSEKOLAH MENENGAH KEJURUAN(SMK)

Nama Peserta Didik

Nomor Induk _________________

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAANREPUBLIK INDONESIA

Hal 17

LAPORANPENCAPAIAN KOMPETENSI PESERTA DIDIKSEKOLAH MENENGAH KEJURUAN(SMK)

Nama Sekolah : _________________________________NISN/NSS : _________________________________Alamat Sekolah: _________________________________ _________________________________ Kode Pos _________Telp. ___________Kelurahan : ___________________________________Kecamatan : ___________________________________Kabupaten/Kota:___________________________________Provinsi: ___________________________________Website: ___________________________________E-mail: ___________________________________

PETUNJUK PENGGUNAAN

1. Buku Laporan Pencapaian Kompetensi ini digunakan selama peserta didik mengikuti pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan.2. Apabila peserta didik pindah sekolah, buku Laporan Pencapaian Kompetensi dibawa oleh peserta didik yang bersangkutan sebagai bukti pencapaian kompetensi. 3. Apabila buku Laporan Pencapaian Kompetensi peserta didik hilang, dapat diganti dengan buku Laporan Pencapaian Kompetensi Pengganti dan diisi dengan nilai-nilai yang dikutip dari Buku Induk Sekolah asal peserta didik dan disahkan oleh Kepala Sekolah yang bersangkutan.4. Buku Laporan Pencapaian Kompetensi peserta didik ini harus dilengkapi dengan pas foto terbaru ukuran 3 x 4 cm, dan pengisiannya dilakukan oleh wali kelas.

KETERANGAN NILAI KUANTITATIF DAN KUALITATIF

Nilai Kuantitatif dengan skala 1 4 (berlaku kelipatan 0,33) digunakan untuk Nilai Pengetahuan (KI 3) dan Nilai Keterampilan (KI 4). Sedangkan nilai kualitatif digunakan untuk Nilai Sikap Spiritual (KI 1), Sikap Sosial (KI 2), dan Kegiatan Ekstra Kurikuler, dengan kualifikasi SB (Sangat Baik), B (Baik), C (Cukup), dan K (Kurang).

PREDIKATNILAI KOMPETENSI

PENGETAHUANKETERAMPILANSIKAP

A4.004.00SB(Sangat Baik)

A-3.673.67

B+3.333.33B(Baik)

B3.003.00

B-2.672.67

C+2.332.33C(Cukup)

C2.002.00

C-1.671.67

D+1.331.33K(Kurang)

D1.001.00

KETERANGAN TENTANG DIRI PESERTA DIDIK

1. Nama Peserta Didik (lengkap): .................................................1. Nomor Induk Siswa Nasional: .................................................1. Tempat Tanggal Lahir: .................................................1. Jenis Kelamin: .................................................1. Agama: .................................................1. Status dalam Keluarga: .................................................1. Anak ke: .................................................1. Alamat Peserta Didik: .................................................: .................................................1. Nomor Telepon Rumah: .................................................1. Sekolah Asal1. Diterima di sekolah iniDi kelas: ................................................. Pada tanggal: .................................................12. Nama Orang Tua: .................................................a. Ayah: .................................................b. Ibu: .................................................13. Alamat Orang Tuua: .................................................: .................................................Nomor Telepon Rumah: .................................................14. Pekerjaan Orang Tua: .................................................a. Ayah: .................................................b. Ibu: .................................................15. Nama Wali Peserta Didik: .................................................16. Alamat Wali Peserta Didik: ................................................. : ................................................. Nomor Telepon Rumah: .................................................17. Pekerjaan Wali Peserta Didik: .................................................

Pas Foto3 x 4...................., ................ 20....Kepala Sekolah,

...............................................NIP:

Nama Sekolah : ................................Kelas: .............................Alamat : ................................Semester: 1 (Satu)Nama : ................................Tahun Pelajaran: .............................Nomor Induk/NISN : ................................

CAPAIAN MATA PELAJARANPengetahuan(KI-3)Keterampilan(KI-4)Sikap Spiritual dan Sosial (KI-1 dan KI-2)

Dalam MapelAntarmapel

AngkaPredikatAngkaPredikat

Kelompok A (Wajib)1 41 - 4SB/ B/ C/ KKesimpulan dari sikap keseluruhan antarmapel, diputuskan melalui rapat bersama dengan guru mata pelajaran dan wali kelas

1Pendidikan Agama dan Budi Pekerti (Nama Guru)

Pekerti

2Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (Nama Guru)

3Bahasa Indonesia (Nama Guru)

4Matematika (Nama Guru)

5Sejarah Indonesia (Nama Guru)

6Bahasa Inggris (Nama Guru)

Kelompok B (Wajib)

7Seni Budaya (Nama Guru)

8Pendidikan Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan (Nama Guru)

9Prakarya dan Kewirausahaan(Nama Guru)

Kelompok C (Peminatan)

C1Dasar Bidang Keahlian

11.

12.

13.

C2Dasar Program Keahlian

14.

15.

.

C3Paket Keahlian

. .

Kegiatan Ekstra KurikulerDeskripsi

1. Praja Muda Karana (Pramuka)

2.

Ketidakhadiran

Sakit: ........... hari

Izin : ........... hari

Tanpa Keterangan : ........... hari

Mengetahui:....................., .................... 20....Orang Tua/Wali,Wali Kelas,

......................................................................................NIP:

Nama Sekolah : ................................Kelas: .............................Alamat : ................................Semester: 1 (Satu)Nama : ................................Tahun Pelajaran: .............................Nomor Induk/NISN : ................................

DESKRIPSI MATA PELAJARANKOMPETENSICATATAN

Kelompok A (Wajib)

1Pendidikan Agama dan Budi PekertiPengetahuan Capaian KD di KI-3

Keterampilan Capaian KD di KI-4

Sikap Spiritual dan Sosial Capaian KD di KI-1 dan KI-2

2Pendidikan Pancasila dan KewarganegaraanPengetahuan

Keterampilan

Sikap Spiritual dan Sosial

3Bahasa IndonesiaPengetahuan

Keterampilan

Sikap Spiritual dan Sosial

4MatematikaPengetahuan

Keterampilan

Sikap Spiritual dan Sosial

5Sejarah IndonesiaPengetahuan

Keterampilan

Sikap Spiritual dan Sosial

6Bahasa InggrisPengetahuan

Keterampilan

Sikap Spiritual dan Sosial

Kelompok B (Wajib)

7Seni Budaya Pengetahuan

Keterampilan

Sikap Spiritual dan Sosial

8Pendidikan Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan Pengetahuan

Keterampilan

Sikap Spiritual dan Sosial

9Prakarya dan KewirausahaahPengetahuan

Keterampilan

Sikap Spiritual dan Sosial

Kelompok C (Peminatan)

C1Dasar Bidang Keahlian

10 Pengetahuan

Keterampilan

Sikap Spiritual dan Sosial

11 Pengetahuan

Keterampilan

Sikap Spiritual dan Sosial

12..Pengetahuan

Keterampilan

Sikap Spiritual dan Sosial

C2Dasar Program Keahlian

13.Pengetahuan

Keterampilan

Sikap Spiritual dan Sosial

14 Pengetahuan

Keterampilan

Sikap Spiritual dan Sosial

C3Paket Keahlian

15 Pengetahuan

Keterampilan

Sikap Spiritual dan Sosial

Mengetahui:.............., .. 20.Orang Tua/Wali,Wali Kelas,

..................................................................................

Nama Sekolah : ................................Kelas: .............................Alamat : ................................Semester: 2 (Dua)Nama : ................................Tahun Pelajaran: .............................Nomor Induk/NISN : ................................

CAPAIAN MATA PELAJARANPengetahuan(KI-3)Keterampilan(KI-4)Sikap Spiritual dan Sosial (KI-1 dan KI-2)

Dalam MapelAntarmapel

AngkaPredikatAngkaPredikat

Kelompok A (Wajib)1 41 - 4SB/ B/ C/ KKesimpulan dari sikap keseluruhan antarmapel, diputuskan melalui rapat bersama dengan guru mata pelajaran dan wali kelas

1Pendidikan Agama dan Budi Pekerti (Nama Guru)

Pekerti

2Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (Nama Guru)

3Bahasa Indonesia (Nama Guru)

4Matematika (Nama Guru)

5Sejarah Indonesia (Nama Guru)

6Bahasa Inggris (Nama Guru)

Kelompok B (Wajib)

7Seni Budaya (Nama Guru)

8Pendidikan Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan (Nama Guru)

9Prakarya dan Kewirausahaan(Nama Guru)

Kelompok C (Peminatan)

C1Dasar Bidang Keahlian

10.

11.

12.

C2Dasar Program Keahlian

13.

14.

.

C3Paket Keahlian

. .

Kegiatan Ekstra KurikulerDeskripsi

1. Praja Muda Karana (Pramuka)

2.

Ketidakhadiran

Sakit: ........... hari

Izin : ........... hari

Tanpa Keterangan : ........... hari

Mengetahui:....................., .................... 20....Orang Tua/Wali,Wali Kelas,

_________________________NIP

Nama Sekolah : ................................Kelas: .............................Alamat : ................................Semester: 2 (Dua)Nama : ................................Tahun Pelajaran: .............................Nomor Induk/NISN : ................................

DESKRIPSI MATA PELAJARANKOMPETENSICATATAN

Kelompok A (Wajib)

1Pendidikan Agama dan Budi PekertiPengetahuan Capaian KD di KI-3

Keterampilan Capaian KD di KI-4

Sikap Spiritual dan Sosial Capaian KD di KI-1 dan KI-2

2Pendidikan Pancasila dan KewarganegaraanPengetahuan

Keterampilan

Sikap Spiritual dan Sosial

3Bahasa IndonesiaPengetahuan

Keterampilan

Sikap Spiritual dan Sosial

4MatematikaPengetahuan

Keterampilan

Sikap Spiritual dan Sosial

5Sejarah IndonesiaPengetahuan

Keterampilan

Sikap Spiritual dan Sosial

6Bahasa InggrisPengetahuan

Keterampilan

Sikap Spiritual dan Sosial

Kelompok B (Wajib)

7Seni Budaya Pengetahuan

Keterampilan

Sikap Spiritual dan Sosial

8Pendidikan Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan Pengetahuan

Keterampilan

Sikap Spiritual dan Sosial

9Prakarya dan KewirausahaahPengetahuan

Keterampilan

Sikap Spiritual dan Sosial

Kelompok C (Peminatan)

C1Dasar Bidang Keahlian

10 Pengetahuan

Keterampilan

Sikap Spiritual dan Sosial

11 Pengetahuan

Keterampilan

Sikap Spiritual dan Sosial

C2Dasar Program Keahlian

12..Pengetahuan

Keterampilan

Sikap Spiritual dan Sosial

13.Pengetahuan

Keterampilan

Sikap Spiritual dan Sosial

14 Pengetahuan

Keterampilan

Sikap Spiritual dan Sosial

C3Paket Keahlian

15 Pengetahuan

Keterampilan

Sikap Spiritual dan Sosial

Keputusan: Berdasarkan hasil yang dicapai pada semester 1 dan 2, peserta didik ditetapkan naik ke kelas ............... (...........................) tinggal di kelas ............(...........................)..................................., ........................20......Kepala Sekolah..............................NIP. _____________________________ NIP Wali kelas

............................................NIP: ....................................

Orang Tua/Wali,

..............................

KETERANGAN PINDAH SEKOLAH

NAMA PESERTA DIDIK: ...................................................KELUAR

TanggalKelas yang DitinggalkanSebab-sebab Keluar atau Atas Permintaan (Tertulis)Tanda Tangan Kepala Sekolah, Stempel Sekolah, dan Tanda Tangan Orang Tua/Wali

.........................., ................Kepala Sekolah,

.........................NIP: .................

Orang Tua/Wali,

.........................

.........................., ................Kepala Sekolah,

.........................NIP: .................

Orang Tua/Wali,

.........................

.........................., ................Kepala Sekolah,.........................NIP: .................

Orang Tua/Wali,.........................

KETERANGAN PINDAH SEKOLAH

NAMA PESERTA DIDIK: .......................................NO.MASUK

1234

5Nama Peserta DidikNomor IndukNama Sekolah AsalMasuk di Sekolah ini:a. Tanggalb. Di KelasTahun Pelajaran............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................, ..............

Kepala Sekolah,

..............................NIP: .......................

1234

5Nama Peserta DidikNomor IndukNama Sekolah AsalMasuk di Sekolah ini:a. Tanggalb. Di KelasTahun Pelajaran............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................, ..............

Kepala Sekolah,

..............................NIP: .......................

1234

5Nama Peserta DidikNomor IndukNama Sekolah AsalMasuk di Sekolah ini:a. Tanggalb. Di KelasTahun Pelajaran............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................, ..............

Kepala Sekolah,

..............................NIP: .......................

Catatan Prestasi yang Pernah Dicapai

Nama Peserta Didik:.Nama Sekolah:.Nomor Induk:.

No.Prestasi yang Pernah DicapaiKeterangan

1Ko-Kurikuler_________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

2Ekstra-Kurikuler______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

3Catatan Khusus Lainnya________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

CONTOH PENGISIAN RAPORNama Sekolah : SMK Pakubuwono Kelas : X Alamat : Kebayoran Baru Semester : 1 (Satu) Jakarta Selatan Nama : Budi Tahun Pelajaran : 2013-2014Nomor Induk/NISN : 000065

CAPAIAN MATA PELAJARANPengetahuan(KI 3)Keterampilan(KI 4)Sikap Spiritual dan Sosial (KI 1 dan KI 2)

dalam mapelantarmapel

Kelompok A (Wajib)Peserta didik menunjukkan sikap sungguh-sungguh dalam menerapkan sikap jujur dan kerjasama, namun masih perlu ditingkat-kan lagi sikap percaya diri.

1Pendidikan Agama dan Budi Pekerti (Nama guru : Achmad Syukur, S,Ag)4.00A3.67 A-SB

2Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Nama guru: Drs. Widodo

3.67A-3.33B+B

3Bahasa Indonesia Nama guru: Indrawati, S.Pd,4.00A4.00ASB

4Matematika Nama guru: Irawan, MPd3.67A-3.00BB

5Sejarah IndonesiaNama guru: Ana Rosida, S.Pd, MM3.00B3.33B+B

6Bahasa Inggris Nama guru: Safrida, S.Pd3.67A-3.67A-SB

Kelompok B (Wajib)

7Seni BudayaNama guru: Alia, S.Pd3.33B+3.00BB

8Pendidikan Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan Nama guru: Indra S, MPd4.00A4.00ASB

9Prakarya dan KewirausahaanNama guru: Drs. Rizki2.67B-2.33C+B

Kelompok C : Teknik Otomotif

C1Dasar Bidang Keahlian

11FisikaNama guru: Tuti, MPd3.67 A-3.00BB

12KimiaNama guru: Putri, SPd3.33B+2.67B-B

13Gambar TeknikNama guru: Leonardo, MPd4.00A3.33B+SB

C2Dasar Program Keahlian

14Teknologi Dasar OtomotifNama guru: Herman, MPd3.67 A-3.33B+B

15Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif Nama guru: Ridwan, S.Pd3.00B3.00BB

16 Teknik Listrik Dasar OtomotifNama guru: Mansur, MPd3.67A-4.00ASB

C3Paket Keahlian

17Teknik Sepeda MotorNama guru Yudi, M.Pd4.00A3.33B+SB

Kegiatan Ekstra KurikulerDeskripsi

1. Praja Muda Karana (Pramuka)Menunjukkan kerja sama yang baik dalam tim

2. ...............................................

Ketidakhadiran

Sakit: 1 hari

Izin : --- hari

Tanpa Keterangan : --- hari

Mengetahui:....................., .................... 20....Orang Tua/Wali,Wali Kelas,

_________________________NIP

Nama Sekolah : ................................Kelas: .............................Alamat : ................................Semester: 2 (Dua)Nama : ................................Tahun Pelajaran: .............................Nomor Induk/NISN : ................................

DESKRIPSINo.Mata PelajaranKompetensiCatatan

Kelompok A (Wajib)

1.Pendidikan Agama dan Budi PekertiPengetahuanBaik, sudah memahami seluruh kompetensi, terutama sangat baik dalam memahami makna mujahadah an-nafs. Terus berlatih agar lebih baik dalam kompetensi yang lain.

KeterampilanSudah terampil dalam hafalan surat-surat yang ditentukan, namun masih perlu banyak berlatih dalam hafalan Q.S. An-Nur (24): 2.

Sikap Spiritual dan SosialSudah konsisten menunjukkan sikap beriman, bertaqwa, jujur, dan kontrol diri.

Kelompok B (Wajib)

...............

7.Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

PengetahuanSudah memahami semua konsep keterampilan, kecuali peran aktivitas fisik dalam pencegahan penyakit dan pengurangan biaya perawatan kesehatan. Perlu lebih tekun dalam memahami peran aktivitas fisik dalam pencegahan penyakit dan pengurangan biaya perawatan kesehatan.

KeterampilanSudah menguasai keterampilan permainan dan atletik, terutama mempraktikkan teknik dasar atletik (jalan cepat, lari, lompat dan lempar) dengan menekankan gerak dasar fundamentalnya. Dapat diikutsertakan dalam lomba OOSN tingkat kota.

Sikap Spiritual dan SosialSudah menunjukkan usaha maksimal dalam setiap aktivitas gerak jasmani, sportif dalam bermain, perlu peningkatan dalam menghargai perbedaan. Perlu terus dikembangkan sikap sportif dalam bermain dan menghargai perbedaan

Dst.....

Kelompok C : Teknik Otomotif

.Teknologi Dasar OtomotifPengetahuanSudah memahami konsep motor bakar, namun kurang memahami proses-proses mesin konversi energi. Perlu melakukan pengamatan untuk meningkatkan pemahaman keterkaitan konsep motor bakar terhadap proses konversi energi.

KeterampilanSudah memiliki kompetensi keterampilan dasar otomotif, namun kurang memperhatikan aspek keselamatan kerja. Perlu lebih teliti memperhatikan aspek keselamatan kerja dalam melakukan kegiatan praktik baik di dalam maupun di luar bengkel.

Sikap Spiritual dan SosialSudah menunjukkan kepedulian terhadap masalah sepeda motor dan berperilaku ilmiah (tekun, teliti, jujur menyajikan data dan fakta), namun kurang percaya diri dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi secara lisan. Perlu berlatih meningkatkan kepercayaan diri untuk berani berargumentasi secara lisan.

Keputusan: Berdasarkan hasil yang dicapai pada semester 1 dan 2, peserta didik ditetapkan naik ke kelas ............... (...........................) tinggal di kelas ............(...........................)..................................., ........................20......Kepala Sekolah..............................NIP. _____________________________ NIP Wali kelas

............................................NIP: ....................................

Orang Tua/Wali,

..............................