rangkuman pertanyaan hasil diskusi uud 1945

Upload: namikaze-minato

Post on 10-Mar-2016

212 views

Category:

Documents


19 download

DESCRIPTION

UUD 1945

TRANSCRIPT

RANGKUMAN PERTANYAAN HASIL DISKUSIUNDANG UNDANG DASAR 1945DISUSUN OLEH :RENDI PUTRA MAHENDRA1404022AULIA MUSTAHILAH1404039EKO INDRA NOVIANTO1404018DWI PURNOMO1404021FAIZAL ABDILLAH1404019WAHYU IRAWAN1404020

DOSEN PENGAJAR : K.A. NOVIANSYAH. SH

TEKNIK PERTAMBANGAN BATUBARAPOLITEKNIK AKAMIGAS PALEMBANG2015 / 2016PERTANYAAN 1ANDI PRIATAMA (KELOMPOK 1)Kapan UUD 1945 pertama kali diamandemen dan siapa saja anggota pengamandemennyaJawab :Undang Undang Dasar 1945 pertama kali diamandemen pada tanggal 19 Oktober 1999 yang mengamandemen 2 pasal, anggota yang mengamandemen UUD 1945 tersebut adalah semua anggota MPR yang sewaktu itu menjabat

PERTANYAAN 2NAUKA ANASTASIA (KELOMPOK 2)Dalam pasal 28 D ayat 4 kita ketahui bangsa Indonesia menganut kewarganegaraan tunggal, apa yang mendasari Indonesia menganut kewarganegaraan tunggal itu serta bagaimana kasus Manohara yang mempunyai status 2 kewarganegaraan ?Jawab :Yang mendasari Indonesia menganut asas kewarganegaraan tunggal yaitu UUD 1945, karena segala hukum yang berada di Indonesia didasari oleh UUD 1945 sebagaimana fungsi dari UUD 1945 tersebut, untuk kasus Manohara dia bukan warga Negara Indonesia, karena kita tahu Indonesia menganut kewarganegaraan tunggal, dan juga dikarenakan Manohara belum memberikan hak opsinya, hak opsi itu sendiri merupakan hak yang digunakan untuk memilih suatu kewarganegaraan yang berdasarkan stelsel aktif, stelsel aktif itu sendiri yaitu seseorang harus melakukan langkah-langkah hukum tertentu agar diakui kewarganegaraannya.

MENANGGAPIKAMANDAKAApa syarat syarat utama untuk menjadi warga Negara IndonesiaJawab:Berdasarkan pada Pasal 9 UU No. 12 Tahun 2006, permohonan pewarganegaraan dapat diajukan oleh pemohon jika memenuhi persyaratan sebagai berikut:1. Telah berusia 18 (delapan belas) tahun atau sudah kawin;2. Pada waktu mengajukan permohonan sudah bertempat tinggal di wilayah negara Republik Indonesia paling singkat lima tahun berturut-turut atau paling singkat sepuluh puluh tahun tidak berturut-turut;3. Sehat jasmani dan rohani;4. Dapat berbahasa Indonesia serta mengakui dasar negara Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945;5. Tidak pernah dijatuhi pidana karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara satu tahun atau lebih;6. Jika dengan memperoleh Kewarganegaraan Republik Indonesia, tidak menjadi berkewarganegaraan ganda;7. Mempunyai pekerjaan dan/atau berpenghasilan tetap; dan8. Membayar uang pewarganegaraan ke Kas Negara.

SOMIDINKasus manohara menurut saya dia mengalami kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga, dia mengaku mengalami kekerasan oleh suaminya pangeran Malaysia Tengku Muhammad Fakhry, dan dia meminta tolong kepada Negara Indonesia untuk membelanya yang dia beranggapan bahwa dia masih merupakan warga Negara Indonesia padahal dia belum memutuskan status kewarganegaraannya tersebut apakah warga Negara Indonesia atau Amerika Serikat.

RIKE SETIAWANMenurut saya dalam kasus kewarganegaraan, Indonesia menganut kewarganegaraan tunggal dimana sudah tertera pada pasal 28 D ayat 4 dan juga untuk menjadi kewarganegaraan Indonesia harus memenuhi beberapa syarat yang harus dilalui dan dipenuhi, dan untuk kasus Manohara sudah kita ketahui bahwa dia belum menentukan kewarganagaraannya itu sendiri padahal dia sudah melewati untuk menentukan apakah dia warga neagra Indonesia atau Amerika Serikat.

PERTANYAAN 3DEDY SYAFEI (KELOMPOK 3)Jelaskan fungsi UUD 1945 dan faktor positif serta negative dari segala aspek dari amandemen UUD 1945 ?Jawab :Sebagaimana kita ketahui bahwa fungsi dari UUD 1945 ini yaitu sebagai dasar dari segala hukum yang berlaku di Indonesia, UUD 1945 mengatur semua hukum yang berada di Indonesia.Untuk faktor positive dan negative dari amandemen UUD 1945 yaitu:faktor negatif : amandemen UUD 1945 yang dilakukan secara terburu-buru mengakibatkan munculnya peraturan perundang-undangan yang menyengsarakan rakyat. munculnya kebijakan otonomi daerah yang dilaksanakan tanpa persiapan sosial yang matang, sehingga mengganggu keberadaan Indonesia sebagai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Mengakibatkan muncul konflik yang berkepanjangan di banyak daerah, Lemahnya kendali pemerintah pusat terhadap sektor-sektor strategis di daerah, telah membuat negara kesatuan ini semakin berjalan ke arah sistem semi federal

faktor positif : UUD 1945 tidak lagi menimbulkan pasal pasal yang multitafsir. UUD 1945 lebih sesuai dengan perkembangan zaman yang terus berubah UUD 1945 menjadi lebih relevan dengan kebutuhan masyarakat dan bangsa. UUD 1945 memberikan hak kepada warga negara untuk memilih dalam pemilu, sehingga makin terciptanya negara yang berdemokrasiPERTANYAAN 4RIKE SATRIAWAN (KELOMPOK 5)Setiap peraturan UUD 1945 saling terikat, apa yang menetapkan nomor nomor dalam UUD itu sendiri dan mengapa memegang peran - peran peraturan sendiri sendiri ?Jawab :Nomor - nomor peraturan itu sendiri berdasarkan urutan peraturan peraturan yang telah dibuat sebelum - sebelumnya, dimana setiap nomor nomor peraturan tersebut berisikan pasal pasal peraturan yang berbeda beda, karena apabila pasal tersebut sama dengan pasal yang telah ada maka akan terjadi ketidak stabilan perundang undangan serta tidak efektif.