rangka atap baja ringan dan rangka dinding baja ringan

20
Rangka Atap Baja Ringan dan Rangka Dinding Baja Ringan Rangka Atap Baja Ringan dan Rangka Dinding Baja Ringan Rangka atap baja ringan (TRUSS) memiliki beberapa elemen yaitu : kuda – kuda, reng, sekrup, dan jurnal dalam untuk mencegah tampias. Kuda – kuda merupakan struktur utama dalam konstruksi atap baja ringan. Kuat atau tidaknya kerangka atap tergantung perhitungan konstruksinya. Rangka atap baja ringan merupakan susunan rangka batang yang membentuk suatu system yang didukung oleh software. PT MULCINDO sebagai salah satu Perusahaan terbesar yang memproduksi rangka atap baja ringan menggunakan software yang diberi nama BRICSCAD. Sofware ini mempunyai standard perhitungan dari Australia dan Inggris. Selain memproduksi Rangka Atap Baja Ringan, PT MULCINDO juga memproduksi Rangka Dinding Baja Ringan (FRAME), dalam hal ini PT MULCINDO merupakan salah satu pelopor di Indonesia yang memproduksi Rangka Dinding Baja Ringan ini. Elemen-elemen dari Rangka Dinding Baja Ringan ini antara lain : Metal Runner, Metal Kolom, Ring Balk, dan Plat Simpul ( Digunakan sebagai penguat kolom) Pengaplikasian Rangka Dinding Baja Ringan ini dapat digunakan atau dikombinasikan dengan menggunakan board dan batu bata. PT MULCINDO memberikan alternatif pilihan bahan untuk produk TRUSS & FRAME yaitu bahan dari baja lapis Galvanis / Zinc Aluminium Caoted (55% Aluminium, 43.5% Zinc, dan 1.5% silicon) yang diberi merk atau brand MULCINDO TRUSS & FRAME dan STARFORM TRUSS & FRAME yaitu bahan dari baja lapis Galvanis / Zinc Coated (100% Zinc). Keunggulan dari bahan Galvalum / Zinc Aluminium Coated adalah mempunyai ketahanan karat 14 kali lebih lama, untuk bahan Galvalum / Zinc Aluminium Coated direkomendasikan digunakan atau diaplikasikan untuk Rangka Atap Baja Ringan (TRUSS) sedangkan

Upload: moh-ali-mahsun

Post on 12-Jan-2016

494 views

Category:

Documents


43 download

DESCRIPTION

baja ringan

TRANSCRIPT

Page 1: Rangka Atap Baja Ringan Dan Rangka Dinding Baja Ringan

Rangka Atap Baja Ringan dan Rangka Dinding Baja RinganRangka Atap Baja Ringan dan Rangka Dinding Baja RinganRangka atap baja ringan (TRUSS) memiliki beberapa elemen yaitu : kuda – kuda, reng, sekrup, dan jurnal dalam untuk mencegah tampias. Kuda – kuda merupakan struktur utama dalam konstruksi atap baja ringan.

Kuat atau tidaknya kerangka atap tergantung perhitungan konstruksinya. Rangka atap baja ringan merupakan susunan rangka batang yang membentuk suatu system yang didukung oleh software.

PT MULCINDO sebagai salah satu Perusahaan terbesar yang memproduksi rangka atap baja ringan menggunakan software yang diberi nama BRICSCAD. Sofware ini mempunyai standard perhitungan dari Australia dan Inggris.

Selain memproduksi Rangka Atap Baja Ringan, PT MULCINDO juga memproduksi Rangka Dinding Baja Ringan (FRAME), dalam hal ini PT MULCINDO merupakan salah satu pelopor di Indonesia yang memproduksi Rangka Dinding Baja Ringan ini. Elemen-elemen dari Rangka Dinding Baja Ringan ini antara lain : Metal Runner, Metal Kolom, Ring Balk, dan Plat Simpul ( Digunakan sebagai penguat kolom) Pengaplikasian Rangka Dinding Baja Ringan ini dapat digunakan atau dikombinasikan dengan menggunakan board dan batu bata.

PT MULCINDO memberikan alternatif pilihan bahan untuk produk TRUSS & FRAME yaitu bahan dari baja lapis Galvanis / Zinc Aluminium Caoted (55% Aluminium, 43.5% Zinc, dan 1.5% silicon) yang diberi merk atau brand MULCINDO TRUSS & FRAME dan STARFORM TRUSS & FRAME yaitu bahan dari baja lapis Galvanis / Zinc Coated (100% Zinc).

Keunggulan dari bahan Galvalum / Zinc Aluminium Coated adalah mempunyai ketahanan karat 14 kali lebih lama, untuk bahan Galvalum / Zinc Aluminium Coated direkomendasikan digunakan atau diaplikasikan untuk Rangka Atap Baja Ringan (TRUSS) sedangkan keunggulan dari bahan Galvanis / Zinc Coated lebih baik kualitasnya apabila dicampurkan dengan semen atau adukan beton, untuk bahan Galvanis / Zinc Coated sebaiknya digunakan atau diaplikasikan untuk Rangka Dinding Baja Ringan.Semua profil baja ringan yang digunakan adalah baja mutu tinggi G550 yang artinya kekuatan tarik maupun tegangan leleh dari baja tersebut minimal adalah 550 Mpa – mengacu pada Australian Standard.

Struktur konstruksi Rangka Atap Baja Ringan dan Rangka Dinding Baja Ringan PT MULCINDO memiliki design yang telah menjalani pengetesan di Laboratorium Bangunan dan Beton ITS Surabaya.

Dengan harga yang lebih terjangkau dan bahan yang berkualitas serta untuk kenyamanan dan keamanan anda, pastikan anda menggunakan Rangka Atap Baja Ringan dan Rangka Dinding Baja Ringan PT MULCINDO

Berbagai keunggulan TRUSS & FRAME

Page 2: Rangka Atap Baja Ringan Dan Rangka Dinding Baja Ringan

Kekuatan struktur terjamin, karena dihitung oleh tenaga ahli dengan bantuan software (BRICSCAD).

Proses produksi cepat, karena pembuatan dibantu dengan software dan mesin yang berkualitas.

Karena sifat materialnya ringan dan mudah dirakit, pemasangannya relatif lebih cepat. Baja ringan bersifat tidak membesarkan api ( non – combustible ) Anti rayap, tahan karat, dan tidak lapuk dalam jangka waktu panjang. Harga lebih terjangkau dengan bahan yang berkualitas.

Komponen – komponen Rangka Dinding Baja Ringan (Frame)

Metal Runner Metal Kolom Ring Balk

Komponen – komponen Rangka Atap Baja Ringan (Truss)

Kuda – kuda Gording / Reng

Komponen Pelengkap

Self Driling Screw Dynabolt Nok Flashing Atap Gelombang atau Genteng Metal

Untuk pengaplikasian frame (Rangka Dinding Baja Ringan) dapat menggunakan :

Board / papan Batu bata

Mulcindo Truss +Frame( Bahan Zinc Aluminium Coated G 550 )

Starform Truss + Frame( Bahan Zinc Coated G 550 )

Page 3: Rangka Atap Baja Ringan Dan Rangka Dinding Baja Ringan
Page 4: Rangka Atap Baja Ringan Dan Rangka Dinding Baja Ringan

Rangka Partisi

Bahan : Zinc CoatedStandard bahan : SGCC JIS G3302Tipe lapisan : Zinc

Metal Stud 51 x 36 x 0.45 / 0.55 mm – 3 M Metal Runner 51 x 25 x 0.45 / 0.55 mm – 3 M Metal Stud 76 x 36 x 0.45 / 0.55 mm – 3 M Metal Runner 76 x 28 x 0.55 mm – 3 M

Page 5: Rangka Atap Baja Ringan Dan Rangka Dinding Baja Ringan

Besi Kanal CUkuran C 75 - C 200, tebal 1.8 - 3.2mm Kapasitas 1000 MT / bulan

Page 6: Rangka Atap Baja Ringan Dan Rangka Dinding Baja Ringan

Rangka PlafonKERANG

KA ATAP GENTENG (SISTEM USUK & RENG)BAHAN YANG DIPAKAI :

WF 150 X 75, WF 200 X 100 atau WF 250 X 125 KANAL C 125 X 50 X 2.3 mm (Gording) HOLLOW 40 X 40 Tebal 0.40 / 0.60 mm (Usuk) HOLLOW 20 X 40 Tebal 0.40 / 0.60 mm (Reng) SEKRUP 1.5 INCH & RIVET KLEM PENJEPIT BENTUK – U

CARA PEMASANGAN

1. Gunakan Hollow 40X40 sebagai Usuk (bagian penyangga), diletakkan melintang terhadap kanal C (gording) atau kerangka bangunan.

2. Jarak Pemasangan Hollow 40X40 (Usuk) adalah per 45 cm untuk tebal 0.40 mm, jarak per 60 cm untuk tebal 0.60 mm.

3. Penyambungan Hollow 40X40 (Usuk) dengan siku kecil (30X3) pada gording dilakukan dengan rivet yang penempatan sikunya bersilangan (kiri kanan), untuk menambah kekuatan.

4. Gunakan aluminium sheet tebal 0.20/0.25 mm sebagai penutup sebelum pemasangan Hollow 20X40 (Reng). Hal ini untuk melindungi bagian gedung atau rumah apabila terjadi kebocoran dari genteng yang retak.

5. Pasangkan Hollow 20X40 (Reng) dengan jarak yang telah disesuaikan dengan ukuran dan tipe genteng. Gunakan sekrup pada setiap pertemuan antara Usuk dan Reng untuk penyambungan.

6. Gunakan klem penjepit yang berbentuk U dan dirivet bagian atas dan bawah sebagai penguat pada Hollow 20X40 (Reng), ditempatkan dengan jarak per 135 cm untuk Reng tebal 0.40 dan jarak per 180 cm untuk Reng tebal 0.60 mm (pada setiap pertemuan 3 Usuk).

MACAM - MACAM RANGKA PLAFON

Page 7: Rangka Atap Baja Ringan Dan Rangka Dinding Baja Ringan
Page 8: Rangka Atap Baja Ringan Dan Rangka Dinding Baja Ringan

Corrugated Roofing

Bahan

Zinc Aluminium Coated / Zincalume Warna G300, G550 ( Hi - ten ) Az 150

Type gelombang

SM 680 10 gelombang, untuk Atap dan Dinding. SM 760 9 gelombang untuk Atap dan Dinding. SM 740 6 gelombang untuk atap. SM 730 7 gelombang untuk lisplank dan plafon.

Page 9: Rangka Atap Baja Ringan Dan Rangka Dinding Baja Ringan

 

Copyright 2008 PT Mulcindo. Rungkut Industri II/6 Surabaya, 60292 East Java - Indonesia . 62-31 843 8165

Page 10: Rangka Atap Baja Ringan Dan Rangka Dinding Baja Ringan

Welded BeamProduksi Welded Beam dimulai untuk memenuhi kebutuhan material konstruksi baja standard maupun non-standard di Indonesia. Saat ini produksi kami mampu membuat ukuran beam berikut ini :200x100mm - 2,000x x 500 mm

Untuk spesifikasi produk yang digunakan antara lain :

Mild Steel Plate JIS G 3101 SS 400 yang contoh aplikasinya digunakan untuk struktur bangunan umum.

High Strength Low Alloy ASTM A 572 50 yang contoh aplikasinya digunakan untuk struktur Power plant.

High tensile Plate JIS G 3106 SM 490 YA dan SM 490 YB yang contoh aplikasinya digunakan untuk struktur jembatan

Selain Ukuran Welded Beam yang dapat dibuat sesuai dengan perencanaan, standard material sesuai ASTM, JIS atau standard international lainnya, panjang profil juga dapat dibuat sesuai pesanan, sehingga dapat mengefesienkan penggunaan material.Perusahaan kami memiliki kapasitas produksi welded beam sebesar 1,000 MT per bulan. Saat ini peralatan yang terpasang terdiri dari 2 line produksi yang beroperasi secara otomatis menggunakan Submerged Arc Welding (SAW). Standard produksi Welded Beam yang digunakan PT. Mulcindo adalah menggunakan JIS G 3192 (Japanese Industrial Standard) atau AWS D1.1 (ASTM Standard, USA)

Page 11: Rangka Atap Baja Ringan Dan Rangka Dinding Baja Ringan

Ukuran Produksi

Web 200 mm x Flange 100 mm s/d Web 2000 mm x Flange 500 mm

Kapasitas

750 - 1000 MT / bulan.

Standard Produksi

JIS G 3192 ( Japanese Industrial Standard ) atau AWS D1.1

PRODUCTION FLOWCHART

Plate Inspection Process Cutting Plan Process Flame Cutting Process First Assembly Process Flange ke bagian Web Welding Process Straightening Process QC Labeling Process

Magnetic Test, Dye Penetrant, dan X-ray can be conducted if necessary. 

Page 12: Rangka Atap Baja Ringan Dan Rangka Dinding Baja Ringan

Tiang Segi Banyak

PENDAHULUAN

Tiang merupakan salah satu komponen penting yang memiliki peranan yang sangat besar dalam pembangunan dewasa ini. Di Indonesia pada umumnya tiang berbentuk bulat dengan cara proses rolling atau dengan sistem pengecoran.

PT. Mulcindo berusaha memenuhi kebutuhan akan tiang tersebut sebagai bagian dari komitmen PT. Mulcindo yang bergerak di bidang konstruksi baja dan infrastruktur. Untuk itu dibuat sebuah terobosan baru dalam pembuatan tiang, yang membuat unik antara tiang produksi PT. Mulcindo dengan yang ada di pasaran.

Tiang Mulcindo (Mulcindo Pole) memiliki bentuk segi 6 (hexagonal), segi 8 (octagonal) dan bulat. Bentuk tiang Mulcindo mengadopsi tiang umum digunakan di negara - negara maju dan berkembang seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Taiwan, Jepang, Korea dan lain - lain. Yang tidak hanya berfungsi sebagai tiang penerangan tapi juga untuk memperindah tata dan lingkungan kota.

Page 13: Rangka Atap Baja Ringan Dan Rangka Dinding Baja Ringan

PROSES PRODUKSI

Proses Pemotongan Plat sesuai dengan Ukuran Panjang yang Diinginkan Proses Pelurusan Plat Proses Pemotongan Bentuk Trapesium Proses Penekukan Proses Pengelasan Proses Pelurusan Tiang Poses Penyetelan Tiang Proses Pelapisan Tiang dengan Zinc Proses Inspeksi Akhir

KEUNGGULAN TIANG MULCINDOMulcindo Pole memiliki keunggulan yang berbeda dengan tiang pada umumnya, antara lain :

Dari segi estetika akan tampak lebih bagus. Struktur persegi dan kerucut (mengecil ke atas) akan memberikan kekakuan dan kekuatan

tiang yang lebih merata pada semua sisi. Tahan lebih lama akibat adanya pelapisan zinc pada proses galvanizing.

MACAM-MACAM PRODUK

Lampu jalan umum – Street light pole

1. Tipe Parabola – Parabola Type2. Tipe T – T Type3. (Single/Double/Triple)

Tiang antenna GSM – Antenna pole Tiang lampu sorot stadium, Airport – High Mast (Pole) Tiang PLN – Electricity Pole Lampu taman – Garden Pole Lampu merah persimpangan – Traffic Light Pole Tiang papan penunjuk jalan – Overhead sign pole

KUALITAS DAN STANDARTiang produksi Mulcindo diproduksi dalam 1 lokasi dari proses awal hingga akhir, sehingga membuat control standard dan kualitas lebih terjaga.Kontrol kualitas dimulai dari penerimaan bahan baku, proses, sampai dengan barang jadi, terdiri dari 9 tahapan.

Proses penekukan mengunakan mesin tekuk dengan sistem pengontrolan computer (CNC =

Page 14: Rangka Atap Baja Ringan Dan Rangka Dinding Baja Ringan

Computer Numerical Control) berkekuatan 640 ton, sehingga membuat tiang lebih stabil dan lebih terkontrol.

Pengelasan menggunakan mesin semi otomatis, menghasilkan kualitas yang baik, konsisten mempercepat hasil produksi.

PELAYANAN LAINNYASelain itu PT. mulcindo juga menerima pelayanan jasa tekuk plat bentuk Siku, UNP, Kanal C, Z type, maupun sesuai permintaan konsumen dengan spesifikasi sebagai berikut :

Tebal 9 - 10 mm, panjamg max. 3 M Tebal 5 - 8 mm, panjang max. 6 M Tebal 2 - 4 mm, panjang max. 12 M Pipa kotak non-symmetric dari Kanal U, system pengelasan

Page 15: Rangka Atap Baja Ringan Dan Rangka Dinding Baja Ringan

PAGAR PENGAMAN GUARD RAIL

 

 

Pagar Pengaman Mulcindo memberikan solusi terhadap masalah-masalah yang timbul dengan adanya pembangunan jalan bebas hambatan, sehingga mengurangi terjadinya kecelakaan yang fatal. Pagar Pengaman MULCINDO di desain sesuai dengan AASHTO M 180 – 74, dan dibuat dari baja berkualitas tinggi, untuk mendapatkan kekuatan dan kelenturan maksimum yang diinginkan.

Karena kekuatan yang maksimum dan kelenturan yang prima, pagar pengaman tersebut dapat menahan benturan keras dan menyerap sebagian besar energi kenetik, sehingga :

Kendaraan tidak terlempar keluar. Kendaraan diarahkan kembali ke arah parallel jalan. Mengurangi goncangan hebat, sehingga akibat kecelakaan dapat dikurangi.

Pagar Pengaman dengan kekuatan maksimum dan fleksibilitas yang tetap, akan mengarahkan mobil sejajar kembali dengan Pagar Pengaman. Bentuk baut di buat pipih untuk menghindari adanya tanjakan tajam di sepanjang Pagar Pengaman. Dalam hal tidak ada atau tidak dipasang Pagar Pengaman, maka kendaraan yang keluar jalur, dengan mudah akan meluncur keluar dan menghantam kendaraan yang datang dari arah berlawanan seperti gambar di bawah ini :

 

 

Kapasitas Produksi

30.000 M’ / Bulan

 

Spesifikasi Teknis

Panjang efektif 4 m

Page 16: Rangka Atap Baja Ringan Dan Rangka Dinding Baja Ringan

Ketebalan 2,67 mm dan 3,43 mm dengan toleransi masing-masing sebesar 0,08 mm dan 0,15 mm

Hot dip galvanized Rata-rata minimum ketebalan lapisan

1. T.2.67 mm = 460 gr/m2 (65 micron)2. T.3.43 & 4.50 mm = 530 gr/m2 (75 micron)3. T.5.0 & 6.0 mm = 600 gr/m2 (85 micron)4. Hot Dip Galvanizing Standard : ASTM A 123

Pemasangan

Cara pemasangan dapat dilakukan dengan mudah sekali, seperti yang ditunjukkan dalam gambar, tanpa memerlukan keahlian khusus. Dan karena bentuknya yang bergelombang, nampak serasi dan menarik.

Page 17: Rangka Atap Baja Ringan Dan Rangka Dinding Baja Ringan
Page 18: Rangka Atap Baja Ringan Dan Rangka Dinding Baja Ringan