radar tegal 8 agustus 2014

24

Upload: jaelani-hutabarat

Post on 02-Apr-2016

349 views

Category:

Documents


0 download

DESCRIPTION

Radar Tegal 8 agustus 2014

TRANSCRIPT

RADAR TEGAL JUMAT, 8 AGUSTUS 2014website : radartegal.com, epaper: epaper.radartegal.comJURNAL GURU2

Harian Pertama KebanggaanWong Tegal

Pendiri: H. Mahtum Mastoem (Alm), Penasihat: Dahlan Iskan, Komisaris Utama: HM Alwi Hamu, Komisaris: Lukman Setiawan, Dwi Nurmawan, Dirut: Yanto S. Utomo,Direktur: Moh. SukronPemimpin Umum: Moh. Sukron. Pemimpin Redaksi: Muh. Abduh. Wakil Pemimpin Redaksi: Wawan Setiawan. Redaktur Pelaksana: Zuhlifar Arrisandy.Redaktur: Moch. Arifin, M. Fathurrohman, Khikmah Wati, M Saekhun, Embong Sriyadi. Sekretaris Redaksi/Persh: Yully Trieyani. Kota Tegal: Laela Nurchayati,Rohman Gunawan, Abidin Abror, Agus Wibowo, Adi Mulyadi. K. Anam Syahmadani. Brebes: M Saekhun (Penanggung Jawab), Hervianto, Ismail Fuad. Bumiayu: TeguhSupriyanto. Slawi: M. Fathurrohman (Kepala Perwakilan), Hermas Purwadi, Yeri Novelli, Muh. Fatkhudin. Pemalang: Moh. Khasanudin (Kepala Perwakilan), Agus Pratikno,M. Ridwan, Maftukhah. Pekalongan: Ade Asep Syarifuddin. Pracetak: Feri Setiawan (Koordinator), M Yahya, Dedy Irawan, Dwi Nanda P, Asep Ariadi S, Desain Iklan:A.Sekhudin. Iklan: Taufiq Ismail (Manager), Kharisma Dewi, Arifudin Yunianto, Riyanto Harjo, Teguh Widodo Nawawi, Agus Mutaalimin, Indani Dwi Oktina, Wahyudi, Joko

Mulyono, Wahyu Suroto (Event/Off Print). Pemasaran: Sunarjo (Manager), Wahyu Subagyo, Umaman Sahareka, Muslih, Zaenal Muttaqin, Rokhim. Keuangan: Yela Ramadiah (Manager), Dwi Titi Lestari (Perpajakan), Lita Rahmiati, AstriPrayudita, Syafriani Maulidah, Mubin, Djuhaeri Effendi, Moh. Erlin, Imron Rosyadi. HRD: Hesti Prasetyani. Alamat Redaksi/Pemasaran/Tata Usaha: Jl. Perintis Kemerdekaan Tegal telp. (0283) 340900 (hunting), fax (0283) 340004.Semarang: M. Yusuf Abadi. Jakarta : Ferdinansyah, Eko Suprihatmoko. Alamat: Komp. Widuri Indah Blok A-3 Jl. Palmerah Barat No 353, Jakarta 12210 Telp (021) 5330976, 5333321 Fax: (021) 5322629. Eceran: Rp 2.500/eks.Percetakan: PT Wahana Java Semesta Intermedia Kompleks LIK Dampyak -Tegal.

Tarif Iklan: Umum/Display: Rp 30.000/mm kolom, Sosial/Keluarga: Rp 17.000/mm kolom, Iklan Baris Laris: Rp 20.000/baris, Iklan Colour: Rp 40.000/mm kolom.Iklan halaman 1 (depan): Rp 80.000/ mmk. Tarif + 200%, Creative ad: Tarif + 50%. NPWP: No: 01.994.052.7-511.000.Bank: Bank Mandiri Cab. Tegal a.n. PT Wahana Semesta Tegal No. Rek: 139.0002152787. Bank Jateng Cab. Tegal No. Rek: 1.004.02598.5 a.n. PT WahanaSemesta Tegal

Anda pernah merasa tidak puas dengan pelayanan publik? Anda pernah kecewa karena mendapatkan pelayanan yang tidak semestinya dari instansi tertentu? Layangkan perasaan Anda ke rubrikNgresula ini via SMS ke 087749871236, email [email protected] atau melalui surat ke Radar Tegal Jalan Perintis Kemerdekaan No. 32 Tegal . Tulis dengan bahasa yang sopan atau bisa jugamenggunakan Bahasa Tegal. Dapatkan Kaos Ngresula, yang berisi SMS Ngresula pilihan (hanya Rp 60.000/pcs).

Semua wartawan Radar Tegal dilengkapi tanda pengenal/surattugas dan tidak dibenarkan meminta/menerima imbalan dalambentuk apapun dari narasumber.

BAGI para guru yang ingin karya tulisnya diterbitkan di halamanini, bisa dikirim melalui email [email protected] juga dengan foto pose santai.

Momentum Lebih BeraniOleh: Zuhlifar Arrisandy

REALISASI pembatasan penjualan BBMbersubsidi yang resmi dilakukan Pertaminaharus bisa dijadikan momentum. Pemerintahharus mulai menyiapkan evaluasi, apakah

masyarakat bisa diajak untuk menerima BBMnonsubsidi. Tentu saja, muaranya adalahpengelolaan distribusi BBM yang tidaksemakin membebani APBN.

“Loken bisa ya, wong subsidi kuwe kepenak koh. Sugihmlarat pada bae, laka bedane Wa...!”

Sesuai jadwal yang telah ditetapkan, pembatasan BBMbersubsidi itu dilakukan mulai 1 Agustus di wilayah JakartaPusat. Solar bersubsidi tidak akan dijual di SPBU yang ter-sebar di wilayah ibu kota itu. Selanjutnya, mulai 4 Agustuslalu, penjualan solar bersubsidi di SPBU wilayah tertentu(khususnya kawasan industri, pertambangan, dan perke-bunan) di Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Bali dibatasidimulai pukul 08.00–18.00 waktu setempat. Jatah Solar untuknelayan juga dipangkas 20 persen.

Bukan hanya itu, mulai 6 Agustus 2014, seluruh SPBUyang berlokasi di jalan tol tidak akan menjual premium ber-subsidi, namun hanya menjual pertamax series. Rangkaianpembatasan itu memang diterapkan untuk memenuhi amanahUndang-Undang No 12 Tahun 2014 tentang APBNP 2014. Disitu disebutkan, volume kuota BBM bersubsidi dikurangi dari48 juta kiloliter (kl) menjadi 46 juta kl.

Sekilas, aksi Pertamina itu memang dilakukan hanya untukmenjaga agar kuota subsidi tahun ini tidak jebol. Namun,pelaksanaan di lapangan nanti bisa dijadikan catatan bagipemerintah dalam melihat pola konsumsi masyarakatterhadap BBM. Gejolak yang terjadi, syukur jika tidak ada,bisa dijadikan bahan untuk mendesain pengurangan subsidiselanjutnya.

Menaikkan harga BBM memang tidak terelakkan untukdapat menyehatkan APBN yang semakin tertekan denganmembengkaknya jumlah subsidi BBM. Penyebabnya,konsumsi BBM dalam negeri yang terus meningkat tidak diikutikenaikan jumlah produksi minyak nasional. Imbasnya, imporBBM meningkat dan berimbas pada banyak hal. Salahsatunya, nilai rupiah yang susah dikatrol.

“Mengko lah, durung apa-apa nggo alesan ngundaknaregan BBM? Kiye tah pada bae goroh oh. Tetep bae Nyongsampeyan kabeh sing rugi?”

Masyarakat juga perlu disadarkan bahwa pengurangansubsidi BBM benar-benar harus dilakukan. Sudah saatnyasemua memahami bahwa subsidi tersebut kurang tepatsasaran. Sebab, mayoritas penikmat subsidi itu adalahkalangan berada, yakni mereka yang sudah punyakemampuan membeli mobil.

Pengurangan subsidi juga perlu diinformasikan untukkepentingan yang lebih besar, yang dapat berdampaklangsung kepada masyarakat. Misalnya, untuk pengemba-ngan sektor pendidikan, kesehatan, dan pembangunan in-frastruktur.

Jika infrastruktur transportasi sudah memadai, khususnyapenyediaan sarana transportasi masal, pola konsumsi BBMmasyarakat juga bisa didorong untuk berubah. Kebiasaanmenggunakan kendaraan pribadi, khususnya roda empat,bisa ditekan dan masyarakat lebih memilih transportasi umum.Imbas lainnya, kepadatan lalu lintas bisa ditekan. (*)

TRADISI adalah suatu yangdiciptakan dan menjadi ba-gian dari kehidupan kelom-pok masyarakat tertentu sertaberkembang seiring denganwaktu. Eksistensi tradisi meru-pakan roh dari kebudayaan,tanpa adanya tradisi tidakmungkin kebudayaan akanhidup langgeng di tengah ak-tifitas manusia. Tradisi padasisi lain terbukti dapat men-ciptakan hubungan harmonisantara individu dengan ma-syarakat sampai sekarang.

Sebagai perenungan bersa-ma, bahwa sepanjang kehidu-pan manusia berada (tidak bisalepas) dalam suatu kontak ke-hidupan sosial, kehidupan da-lam keterikatan. Baik dalamlingkungan keluarga, sekolah,masyarakat maupun berbang-sa dan bernegara. Keterikatantersebut dibangun berdasar-kan tatanan lingkungan sendiridalam bentuk norma atau nilai-nilai kemanusiaan.

Sehingga dalam perkemba-ngan perjalanan manusia tan-pa disadari membentuk ke-percayaan atau kewajibanyang ditaati bersama sebagaipegangan hidup, bahkan men-jadi hukum yang sangat kuat dimasyarakat yang pada akhir-nya ketika ada yang menyalahiatau tidak mengikutinya di-anggap melanggar tradisi.

Grand desain masyarakatdengan tradisinya juga akanmempengaruhi lingkunganpendidikan di sekitarnya, se-perti sekolah ataupun lemba-ga pendidikan lainnya. Seba-gaimana pendirian sekolahjuga mengikuti tradisi masya-rakat sekitanya, misalnya didaerah yang pengaruh agama-nya kuat maka sekolah bernu-ansa agama jumlahnya tentulebih banyak dibandingkansekolah umum, tetapi seba-liknya, di lingkungan wargayang cenderung berpikiranmodernis, maka sekolah yangberorientasi prestasi akade-mik menjamur.

Sekolah ideal untuk mem-bangun karakter siswa dengantidak meninggalkan tradisi dilingkungannya adalah sebuahharapan. Ia tidak hanya seba-gai salah satu tempat mence-tak ilmuwan semata. Tetapikeberadaan sekolah diharap-kan mampu mempertahan-kan dan mengembangkan tra-disi yang telah tertanam oleh

Sekolah Membangun TradisiOleh: Lukman Nur Hakim *)

para pendahulu dan pendiribangsa. Membentuk manusiayang siap siaga dalam mem-bangun, mempertahankandan mengembangkan lingku-ngan yang lebih baik.

Peserta didik yang notabe-nenya generasi penerus danbagian dari masyarakat, sela-yaknya diberi kesempatan un-tuk secara aktif dan konstruktifterlibat dalam isu-isu yangmenyangkut masa depan hi-dupnya. Hal ini dilakukan agarmereka memiliki kesiapanmental yang kuat dalam ta-hapan perkembangan selan-jutnya. Walaupun pada saatini aktivitas tumbuhkem-bangnya masih dalam duniaanak-anak. Namun prilakunyatidak bisa dipisahkan dariwarisan tradisi orang tuanya.

Keanekaragaman tradisi ma-syarakat selayaknya dilestari-kan dan dikembangkan dengantetap mempertahankan nilai-nilai luhur bangsa melalui seko-lah. Dengan asumsi bahwa ma-nusia (peserta didik) sebagai sa-saran pendidikan memiliki dayakreatif untuk menumbuhkem-bangkan diri secara optimal,menjadi mahkluk berkaraktertanpa meninggalkan tradisiyang sudah ada.

Minimnya pengenalan pe-serta didik terhadap kearifanlokal dimungkinkan berdam-pak pada kurang familier po-tensi kekayaan yang dimiliki.Selannjutnya, akan berdam-pak tidak tergarapnya potensikekayaan daerah, yang selamaini telah suskses menjadi tu-lang punggung perekonomi-an dan cerminan budaya ma-syarakat setempat.

Maraknya perpindahanmasyarakat dari desa ke kota(urbanisasi) sampai sekarangangkanya terus meroket dansulit ditekan. Ini bisa dijadikansalah satu bukti kurang terga-rapnya potensi lokal secaramenyeluruh (konperhensif).Kekayaan alam yang begitubanyak di daerah belum mam-pu dikelola dengan baik bah-kan kadang kala menjadi sum-ber bencana di lingkungan-nya, ini terjadi karena minim-nya pengetahuan yang dida-patkan di sekolah dalam pe-ngelolaan sumberdaya alamyang ada. Alhasil, terjadi pem-biaran secara terstruktur danberkepanjangan, masyara-katpun dibuat semakin miskin

dan tidak berdaya.Pengenalan dan pengem-

bangan potensi lingkunganmelalui pendidikan diarahkandapat menunjang peningka-tan sumber daya manusia danpenggunaan tekhnologi seca-ra tepat guna yang pada akhir-nya dapat meningkatkan ke-mampuan peserta didik dalammengenal, memahami danmempelajari potensi kekua-tan tradisi dan perekonomian.Dampak positif selanjutnyadapat meningkatkan derajathidup para petani (petambakdan pengrajin) yang kian wak-tu ditinggalkan oleh para ge-nerasi penerusnya, padahalsebelumnya telah mampumenopang perekonomian hi-dup masyarakat melalui pro-gram swasembada.

Kepercayaan orang tua ke-pada sekolah selayaknya di-buktikan dengan mutu pen-didikan yang mampu menum-bukan transformasi ilmu pe-ngetahuan dengan tidakmengesampingkan potensikearifan lokal yang berlanda-sakan pada totalitas penga-laman keilmuam atau pen-didikan yang membangun in-teraksi keilmuan berbasis ku-alitas, bukan kuantitas.

Tanpa adanya sekolah ber-basis tradisi tidak mungkinsuatu bentuk kebudayaanakan hidup dan berkembang.Tradisi telah terbukti menjalinhubungan baik antara ma-nusia dengan alam, inidividudengan masyarakat yang ber-jalan secara harmonis di te-ngah masalah yang kian ber-ganti dan menumpuk. Kalau-pun tradisi dipaksakan dibu-ang dimungkinkan berdam-pak pada kerugian diri sendiridan generasi selanjutnya.TRADISI AKADEMIK

Munculya tradisi disebab-kan adanya kebiasaan masya-rakat yang telah berproses danberinteraksi dalam waktu lama.Kekekalan tradisi dipengaruhioleh kecenderungan masya-rakat untuk berbuat dan me-ngulang secara terus menerussehingga tanpa disadari men-jadi kebiasaan. Bila tadisi iniditinggalkan, akan banyak ke-timpangan dan ketidakseim-bangan alam yang terjadi.

Seperti lunturnya tradisimasyarakat pegununganmenjaga perbukitan di sekitar-nya sehingga sering kita de-

ngar peristiwa longsor dima-na-mana. Begitu pula denganmasyarakat petani tambakyang sewenang-wenangmenggunduli hutan bakau(mangrove) sehingga menga-kibatkan hilangnya ratusanhektar lahan tambak produktifdan manyebabkan air pasangmasuk ke perkampungan.Apabila hal seperti ini dibiar-kan secara terus menerus ten-tu akan berdampak lebih pa-rah (kampung yang hilang).

Tradisi akademik yang se-karang ada di setiap lembagapendidikan, selayaknya perludirumuskan kembali. Sebagaisistem dan proses pembelajaranyang dapat menjamin kelangsu-ngan ruh pendidikan itu sendiri.

Sekolah selayaknya menja-min dan mengembangkan ru-ang keseimbangan kedua sisisecara bersamaan yang terusmenerus antara pisik-psikhis,kognitif-afektif, otak kanan dankiri, orientasi dunia dan kehidu-pan selanjutnya (akherat) danproses pembelajaran yang me-liputi teori (kelimuan) dan prak-tek (pengalaman) yang mampumengarahkan peserta didikmenjadi matang dan dewasa,baik untuk diri sendiri, masya-rakat dan alam. Harapan yanglebih besar, mereka akan men-jadi generasi yang siap terjunke masyarakat dengan bekalyang didapatkannya dari du-nia pendidikan.

Tradisi positif yang telah la-ma melekat pada masyarakatselayaknya dipertahankandan dikembangkan sebagaisalah satu ciri prilaku masya-rakat berbudaya dan beradab.Karena tidak dapat dipungkiribahwa masyarakat luar akanmelihat diri kita pada prilakuyang nampak dalam komu-nitas keseharian. Hal ini me-nunjukan bukti tersendiri tan-pa harus menjelaskan secaradetail dan lebih jauh, cukupmelihat realita yang ada.

Sebut saja tradisi ngantri,dengan ngantri peserta didikbelajar disiplin, tidak menye-robot, sopan, komunikatif,melatih kerja sama dan jujurterhadap diri sendiri. Sebalik-nya kalau tradisi ngantri beru-bah menjadi prilaku menye-robot, tentu akan berdampakpada merugikan atau meng-ganggu orang lain, bahkansampai mengakibatkan nya-wa menghilang karena di

injak-injak oleh oarang yanglebih kuat.

Pendidikan tradisional itusendiri merupakan usaha se-cara sadar untuk mewujud-kan suasana proses belajardan pembelajaran agar peser-ta didik secara aktif mengem-bangkan potensi dalam diri-nya dengan berpegang teguhpada nilai-nilai yang berlakudalam masyarakat yang kon-struktif dan bersifat progress,agar pendidikan tidak hanyasebatas retorika belaka, na-mun dapat mencapai manfaatdalam kehidupan lingkungansosial, dengan menguasai se-jumlah ketrampilan yang ber-manfaat untuk merespon ke-hidupan selanjutnya.

Kalau sekolah sebagai lem-baga yang mendidik tunasbangsa tidak mampu memba-ngun dan mempertahankantradisi yang sudah ada, makasiapa lagi yang akan dipercayauntuk menjaga kekayaan bu-daya, kestabilan ekonomi,etika bermasyarakat dan tra-disi sebagai cerminan prilakuyang sudah membawa harumnama bangsa.KEBUTUHAN MASYARAKAT

Keberadaan sekolah yangrelevan dengan kebutuhanmasyarakat, tampak menjadikebutuhan mendesak di te-ngah masyarakat. Yakni, se-kolah yang dibangun dari kei-nginan masyarakat untukmampu menghadapi perso-alan dan tuntutan kehidupanmasyarakat yang beragam dankomplek. Secara sadar, selamaini sekolah belum bersosia-lisasi dengan masalah-masa-lah empirik yang berkembangdi masyarakat.

Sebut saja, kepemilikan tek-nologi canggih yang ada ataudimiliki peserta didik bukanhal yang dibutuhkan dalamrangka pemberdaayaan ling-kungan, melainkan karenadipaksaan, sehingga berdam-pak pada kerapuhan dan ke-manjaan.

Belum tersentuhnya pem-belajaran berbasis tanggapdarurat bencana dalah con-toh nyata. Padahal melaluisekolah upaya pelestarianlingkungan dan penangananapabila terjadi bencana sangatefektif . (**)

*) Pemerhati pendidikan,tinggal di Randusanga

Biaya NikahMahal

Asslamualaikum wr. wb. Om Ra-teg, tolong sampaikan pada Ke-mentrian Agama (Kemenag) KotaTegal, utamane KUA Tegal Selatan.Yang benar mana? Katanya biayanikah gratis kok sampai kenanya Rp950 ribu. Kasihan orang kecil.

085742426942

Mikir Ndisit Oh...Asslamualaikum wr. wb. Kepada

Ngresula, Nyong pan sampaiaknngresula kepada Yth no. hp085713802387. Hal menjadi tuanrumah Pekan Olah Raga (Por-prov)Jateng tahun 2017 sangat di-sayangkan Kota Tegal mundur atautidak siap, karena belum punya fa-silitas olah raga yang lengkap. Masgeger sampeyan wong Tegal, mes-tine weruh dewek. Fasilitas cabangolah raga neng Kota Tegal sing di-andalkan mung ana pira? ContoneStadion Yos Sudarso kurang layak,lapangan bal angger udan ngecem-bang banyu, lintasan lari sing nge-lilingi lapangan bal-balan baenganggo paving ora standar. Coba-

lah studi banding maring StadionSemarang utawa Purwokerto te-tangga kota atau kabupaten liyane.Tempat renang bae lagi direhab turlintasan ukuran kurang standar.Dadi angger pengin dadi tuan ru-mah nggo ajang pekan olah raga, yakudu dibenahi dingin fasilitas olahragane. Sapa sih sing belih pengindadi tuan rumah pekan olah raga?Dudu kelompok komunitas sam-peyan tok sing diuntungna, terma-suk hotel-hotel, kuliner khas Tegal,suvenir cindera mata, dan lain-la-innya. Tulung aja nyalahna walkotkaro wawalkot. Sebab nggo mbena-hi fasilitase butuh anggaran singakeh. Mikir Jon?

085786431852

Tidak TransparanAssl ww,Kpd Yth Ng resulah Ra-

dar Tegal, Nyong pan melu Ngresulah sbagai wong cilik belih ngar-ti politik,termasuk proyek lingku-ngan desa/ kelurahan,neng Kelura-han Slerok ana proyek lingkungansaluran neng RW II, ja re proyekeLKMD/Ke lurahan Slerok,jan2eProyeke sapa/LKMD apa Kelura-han/Hoji ora mangfaatna war ga

lingkungan sing nampa bantuan,mbokyaha sebagian sing kerja dili-batna warga setempat,wis ka ya ku-we langka plang proyek,warga belihngarti duit angg aran sepira akehe;duite bantu an sing sapa,dadi je lasmbokan ana war ga pan wein sum-bangan/swadaya belih ilang,maafebae nyo ng ngresulah neng k enepan ngresulah k aro sapa,jare amak2urusane Hoji,terima kasih atas per-hatian e,mbokan diwaca,di per-hatikna,Matur ke suwun ngresula-he nyong dimuat,Kepa da Radar Te-gal,yg se lalu ditunggu masya rakat,Wassl Warga.

085641316936

Peringatan AllohWa rateg tolong dimuat,melihat

berita2 di media sangat miris negeriini silih berganti terkena bencanasetelah pelaksanaan pilpres yg ber-masalah?apakah ada korelasinya?wallahualam,tapi melht bencanayg silih berganti seperti jmbtn co-mal& cibaruyan yg ambrol,feritenggelam,tnh longsor di tasikma-laya,kebakaran kpl di tanjungpriok& kios di tegal,gempa di bali & pa-pua serta puncaknya orng me-

ninggal di open house jk menerpasetelah pilpres ini bukan faktorkebetulan tapi alloh swt mengi-ngatkan kita agar kita harus jujur,tidak mengadudomba dlm ber-proses bernegara.

085870380150

Penyedia Buku“Apakah nt akan ada penyedia

buku sendiri ?? “Sebab banyak Gu-ru sekota tegal khusus nya di SDNkota tegal pd bingung krn anggaransudah keluar 50% dari anggaranbuku dari Pusat,namun buku kuri-kulum 2013 blm turun,akhirnyabanyak yg ngopi CD dikdasmen ke-mendikbud pusat dl utk sementarawaktoe,Modul buku Kurikulum 13Stengah di paksakan...trims.

087730777007

Setahun Gurung GadiAssalamu’alaikum wr.wb. q mw

tnya, donge gawe E-KTP gadinemaksimal brp bulan, daning q gaweawit wulan maret 2013 smp saikidurung gadi, piment. petugas singtanggung jawab siapa,tlg pak MNur Ma’mun SH Mhum. cros chekd kantor. mtrnwn.

08992857487

AGENDA HOTELHOTEL KARLITA

Rabu dan Sabtu, Show DJ and Dancer Performance pukul23.00-03.00 WIB di Zodiak Discotheque dan VIP Karaoke.

HOTEL BAHARI INN Tegal

- Setiap Hari

Live Musik di Cafe Nelayan, Mulai Jam 19.00 WIB

- Sabtu

Happy Our di Musro Diskotik, Jam 20.00 - 03.00 WIB

RIEZ PALACE HOTEL

- Senin sampai SabtuPick up service Gratis. Layanan antar jemput gratis setiaphari kerja. Dari atau ke Stasiun KA & Terminal Bus TegalSpesial menu “Afternoon Tea” tiap pukul 17.00-19.00 WIBdi Abunawas Resto lt.4

- Selasa, Rabu, Jumat & Sabtu

Live Music pukul 20.00-23.00

Hotel dan HiburanHotel Bahari Inn Tegal (0283) 343399

Hotel Karlita (0283) 358050

Orange Karaoke (0283) 322022

Riez Palace Hotel (0283) 353773, hunting (0283) 358978

Flash Family Karaoke & Cafe (0283) 321284

Ajam Goreng Spesial Lombok Idjo

- Jl. Karanganyar No. 21A Kejambon (0283) 342330 (0283) 342331

- d’POSO resto (0283) 6144277

- Anggraeni Hotel (0283) 881011

Jl. Ahmad Yani No. 159 Ketanggungan - Brebes

- Anggraeni Hotel (0283) 6184090

JL.Raya Timur No.9 Jatibarang-Brebes

- Dian Hotel (0283) 877216

JL. Cendrawasih No 304 Tanjung- Brebes

- Hotel Dedy Jaya (0283) 673133 / 673158

TELEPON PENTING1. Pemadam Kebakaran (0283) 325429

2. Pelayanan Gangguan PLN (0283) 342245

3. Polresta Tegal (0283) 356115

4. Rumah Sakit Umum Kardinah (0283) 356067 / 341938

5. Pelayanan Gangguan PDAM (0283) 356175 / 358316

6. Stasiun Besar Tegal (0283) 353018

7. Terminal Bis Tegal (0283) 354696 / 354695

8. Rumah Sakit Amanah Mahmudah (0283) 6183504

RADAR TEGAL JUMAT, 8 AGUSTUS 2014website : radartegal.com, epaper: epaper.radartegal.comOASE4

HIJAB kini tidak hanyamenjadi penutup aurat saja,namun juga menjadi penyem-purna kecantikan muslimahyang memakainya.

Berbagai brand busanamuslim dan hijab di Tanah Airmisalnya, mereka berkreasiuntuk menampilkan gaya hi-jab yang baru, beda, trendI,namun tetap syar’i.

Perkembangan PesonaHijab dari Masa ke Masa

Rumah mode ternama, Zo-ya mencoba mengulas per-kembangan pesona hijab darimasa ke masa. Terutama hijabdi Indonesia. Seperti apa me-tamorfosisnya, apakah kamutermasuk muslimah yang me-ngikuti tren tersebut?

Tren pertama dan masih di-gandrungi sampai detik iniadalah hijab bergaya klasik

yang sederhana. Hijab inimenggunakan jilbab segi em-pat yang dibentuk menjadisegitiga, menggunakan ciputdengan menyematkan penitidi bawah dagu.

Tahun 90-an, Indonesiasempat memiliki gaya hijablainnya selain klasik. Yaknidengan menggunakan ciputdan kerudung atau hanya ke-

rudung tanpa ciput.Gaya hijab selanjutnya

adalah hijab ikat yang sempatpopuler di tahun 2000-an.Jilbab yang tadinya terulur,diikat di bagian leher sehingganampak lebih ringkas. Sempatpopuler selama beberapa ma-sa. Jilbab ini sering digunakanpara artis dan akhirnya ditirubanyak orang.

Sedangkan pesona gaya hijab2 sampai 3 tahun terakhir di du-nia khususnya Indonesia adalahfull colour dan aneka motif de-ngan berbagai style baru.

Satu kerudung bisa dikrea-sikan dengan berbagai stylebaru sehingga muslimah bisatetap fashionable dan tampilbeda meski berhijab.(dream.co.id)

PARA Ilmuwan di jazirah Is-lam sekitar abad ke-9 sampai13 M telah meletakkan dasarpenting bagi perkembanganilmu pengetahuan. Dari fisika,kimia, astronomi hingga ke-dokteran. Sebut saja namabesar Ibnu Sina yang dikenalsebagai bapak medis dunia.Lantas bagaimana dengan il-muwan muslim di abad 21?

Yang cukup membetot per-hatian adalah ilmuwan mus-lim, fisikawan matematika dariUniversitas Harvard CumrunVafa. Pria asal Teheran, Iran inidianggap memberikan tero-bosan penting atas studi fisikamatematis lewat teori Stringdan Objek Astrofisika LubangHitam (Black Hole).

Hampir empat dekade teoriString jadi ‘kiblat’ para fisika-wan teoritis mempelajari teoridasar alam secara terpadu.Kata pria kelahiran 1960 ini,teori String menyediakan ke-rangka menyatukan segalasesuatu yang kita ketahui ten-tang alam, termasuk semuapartikel dan kekuatan di da-lamnya.

Lewat terori ini dia inginmenggambarkan fenomenafisik yang melibatkan skala1025 lebih kecil dari atom. Se-mentara kosmologi seluruhalam semesta kita melibatkanskala 1037 lebih besar dariatom.

Tak heran jika teori String

disebut-sebut persimpangandari berbagai disiplin, terma-suk matematika, partikel feno-menologi dan astrofisika. Apayang digagasnya sontak me-mukau Amerika. Nama Cum-run Vafa melejit di 2008, sete-lah ia menerima Dirac Medal,penghargaan paling bergengsidi kalangan ilmuwan.

Melalui teori String danGeometri, Vafa mencermatigejala misterius astrofisikaBlack Hole di alam semesta.Teori Black Hole merupakanbuah karya ilmuwan jeniusStephen Hawking. Lewat bu-ku ‘A Brief History of Time’ atauSejarah Singkat Waktu, iamembuat gambaran seder-hana, dari alam semesta yangterbentuk dari Black Hole danBig Bang, bukan ciptaan Tu-han.

Sepanjang karir akademik-nya, Cumrun Vafa sudah bo-lak-balik tampil di panggungpenghargaan fisika dan mate-matika. Dengan semua penca-paian itu tak membuat Vafalupa akan tanah kelahiran.

Selain sibuk mengajar diHarvard sebagai profesor be-sar ilmu sains sejak 2003, iajuga aktif sebagai komisaris diNetwork of Iranians for Know-ledge and Innovation (NIKI),organisasi non-pemerintahyang digagas para akademisiIran yang tersebar di AS danEropa. (berbagai sumber)

Ilmuwan Muslim IniPesaing Stephen Hawking

Rahasia Bocah 4 TahunPuasa Penuh Saat Ramadan

DI usianya yang masih belia, di manateman-temannya lagi senang-senangnyabermain, Zainab Azhar Butt yang masihberusia empat tahun, memberikan contohyang unik.

Dia membuat keluarga dan masyarakatdi lingkungannya bangga dengan men-jalani puasa Ramadan selama 29 hari penuh.

Zainab, bocah perempuan asal Jeddahini, tidak menunjukkan tanda-tanda kele-lahan atau keletihan selama menjalankanpuasa. Meskipun secara medis atau agamadia tidak disarankan untuk melakukan-nya. Untuk itulah orang tua Zainab mengi-zinkannya melakukan puasa.

Prestasi luar biasa Zainab ini menjadisemacam olok-olok bagi orang dewasasehat, yang kebanyakan merasa tidaknyaman saat menjalankan puasa.

“Kami mengizinkan dia untuk puasamengingat antusiasme yang ditunjuk-

kannya, tapi aku tidak menyangka dia bisasejauh ini,” kata ayahnya, Azhar Hanif Butt,yang bekerja di Jeddah selama bertahun-tahun.

Hanif Butt mengatakan ia tidak memak-sanya untuk berpuasa, karena tidak adakebutuhan untuk itu. “Hal ini tidak wajibbaginya, sehingga tidak ada alasan untukmendorong dia untuk puasa,” katanya.

Ayah Zainab menambahkan bahwa diatidak ingin meredam keinginan anaknyauntuk puasa. Kendati demikian, Zainabterus di bawah pengawasan orang tuanyaselama menjalankan puasa Ramadan.

Dalam Islam, seorang anak tidak di-wajibkan untuk melakukan kewajibanagama, termasuk puasa, sampai dia me-masuki pubertas. Hal yang sama juga dian-jurkan oleh medis bahwa anak-anak kecildi umur tertentu tidak boleh berpua-sa.(arabnews)

ANGELINA JOLIE

Dukung Palestina, Sang Ayah Pro-IsraelDUKUNGAN moral yang ditun-

jukkan oleh berbagai lapisan masya-rakat termasuk artis Holllywood, jus-tru mendapat respons yang berbedadengan aktor senior yang satu ini. JonVoight secara gamblang justru me-nunjukkan dukungannya untuk Is-rael.

Aksi Voight ini merupakan bentukkecaman terhadap aksi pasanganPenelope Cruz dan Javier Bardemyang memberikan dukungan untukPalestina. Aktor yang sekaligus ayahkandung Angelina Jolie ini menga-takan, Cruz dan Bardem tidak me-ngetahui tenang realitas politik dae-rah dan ancaman yang dihadapi Israel.

Sebelumnya pasangan Hollywooditu menandatangani surat yang berisipernyataan banyak warga Palestinayang telah kehilangan tempat tinggal,kesulitan mengakses air bersih, listrik,hingga harus kehilangan rumah sakit,sekolah dan tempat bermain. Se-mentara di sisi lain masyarakat inter-

nasional tidak melakukan langkahapapun. Bahkan Bardem mengancamakan berhenti membayar pajak jikanegara asalnya, Spanyol tetap mengu-curkan dana untuk Israel.

Dalam sebuah surat terbuka sepertidilansir Dailymail, Voight menulispandangannya tentang penderitaanyang menurutnya justru dialami olehwarga Israel. Aktor Amerika ini me-nyebut ia bukan hanya marah, tetapijuga sakit hati terhadap aksi Cruz danBardem yang membiarkan aksi anti-semitisme berkembang di seluruhdunia.

Selain mengecam aksi pasanganHollywood, Voight juga telah me-nyuarakan pendapat tentang perse-lisihan Israel - Gaza saat menghadirirapat umum pro-Israel di Las Vegas.Secara tegas ia menyatakan setiapketurunan Amerika Yahudi dan non-Yahudi harus menunjukkan kema-rahan mereka, tentang aksi propa-ganda dan kebohongan tentang Israel

yang disebut telah menekan rakyatPalestina.

Selain Cruz dan Bardem sejumlahbintang Hollywood juga memberikandukungan untuk krisis yang tengahterjadi di Gaza. Personel ‘One Direc-tion’ Zayn Malik, Selena Gomez, dan

Russel Brand merupakan tiga namayang menyatakan dukungannya un-tuk membebaskan Palestina.

Berbanding terbalik dengan lang-kah sang ayah. Sebelumnya AngelinaJolie yang juga merupakan duta pe-ngungsian PBB menunjukkan rasaduka yang mendalam atas kesulitanyang tengah dihadapi anak-anak dankaum perempuan di Gaza. Meski ti-dak menyatakan dukungan secaraterbuka, namun Jolie selama ini kerapturut andil dalam sejumlah aksi sosialseperti mengunjungi kamp pengung-sian di daerah konflik.

Aksi membabi buta Israel yang me-nyerang Palestina melalui jalur darat,laut dan udara membuat warga Pa-lestina harus memaksa sekitar 3.000warga mengungsi dan berlindung.Selain menyerang pemukiman warga,sekolah PBB dan rumah sakit yangmenampung korban juga tak luputdari serangan brutal tentara Israel.(dream.co.id)

SEJAK ada hingga sekarangmasih menyimpan misteri se-jarah. Tak ada dokumentasibagaimana bentuk awalnya,atau bagaimana memba-ngunnya. Yang jelas, ada per-debatan: Kabah punya duapintu dalam waktu yang sa-ngat lama.

“Saat ini, pintu Kabah di-naikkan dari atas permukaanMasjidil Haram sekitar duameter lebih duapuluh sen-timeter. Saat ini tingginya tigameter lebih 18 sentimeter,”kata Nizal al-Shaibi, anggotakeluarga penjaga Kabah diku-tip Dream.co.id dari Al Ara-biya.

Pintu Kabah memiliki lebar171 sentimeter dan dipasangmenjorok setengah meter kedalam, dari permukaan tem-bok luar Kabah. Bagian pintuitu terlihat berkilau karenamemang dilapisi emas.

Pintu Kabah yang terpasangsekarang merupakan pintuKabah yang ke dua. Pintu Ka-bah pertama tak diketahuibagaimana dan siapa pem-buatnya. Hingga kini masihjadi misteri. Namun kompo-nen pintu Kabah pertama itumasih disimpan di beberapamuseum sebagai harta Islam.

Untuk pintu ke dua, RajaKhalid lah yang memiliki jasabesar. Sebab, Raja Khalid me-rupakan penguasa yang pal-ing banyak menyumbang un-tuk pembuatan pintu Kabahyang ke dua ini.

“Pintu Kabah ini diberi olehRaja Penjaga Dua Kuil, almar-hum Raja Khalid bin Abdul

Aziz. Ini terdiri dari blok emasyang dibuat di Arab Saudi.Ayat-ayat Alquran dan namaRaja Khalid terukir di pintu,”ujar Ahmed al-Morei, profesordi Universitas Umm al-Qura.

Pintu Kabah ini disakralkanoleh satu setengah miliar umatmuslim di seluruh dunia.Hampir seluruh isi planet inimenghormatinya dan beru-saha menjawab misteri pintuitu jika melihatnya.

Kabah merupakan salahsatu bangunan yang palingdisucikan umat Islam. Itu me-ngapa umat Islam selalu mera-watnya secara khusus. UmatIslam bahkan memberikanpenutup Kabah yang terbuatdari dari kain sutra.

Hingga saat ini, pintu dankunci Kabah dijaga oleh ke-luarga al-Shaiba, keluargayang ditunjuk oleh Nabi Mu-hammad SAW. Menjaga pintuKabah adalah sebuah kehor-matan bagi setiap penguasaIslam dari masa ke masa. Namamereka akan ditulis di bawah99 Nama Allah. “Penjagakunci akan selalu dari keluargatertua kami dan akandilanjutkan keluarga tertuadan seterusnya,” tutur al-Shaiba.

Sebagai pemegang kunciKabah, keluarga Shaiba me-mang bisa memasuki bangu-nan yang didirikan oleh NabiIbrahim itu. Mereka juga ber-tugas membersihkan Kabahdengan menggunakan air ma-war. “ Kami menunggugubernur yang memulaiproses”. (dream.co.id)

Misteri SejarahPintu Kabah

JUMAT, 8 AGUSTUS 2014 5

gaimana membangun gurumempunyai rasa memiliki se-kolah ini. Sehingga yang be-kerja adalah hati, dan akanmelakukan yang terbaik un-tuk sekolah.

Wanita yang akrab disapaBu Lia ini menambahkan, ling-kungan di sekolah juga ber-pengaruh. Misalkan hanyasalah satu guru saja yang di-siplin, sedangkan yang lainbiasa saja maka tidak bisamaksimal.

‘’Anak hanya patuh saat gu-ru itu ada,’’ katanya.

Tak hanya dari sekolahsaja, menghasilkan siswa

yang berkualitas juga di-pengaruhi banyak hal.Utamanya adalah orangtua, bagaimana menyatu-kan visi dan misi

agar juga dilaksanakan ketikadi rumah.

‘’Sekolah dan orang tuaharus klik,’’ tegasnya.

Misalkan tentang handp-hone, di satu sisi anak tidakboleh gaptek. Namun disisilain bisa merusak moral me-reka. Tinggal pengawasan danpemantauan anak agar tidakdisalahgunakan.

‘’Masalah rokok juga, disekolah diharamkan,’’ ujarnya.

Termasuk juga untuk ma-salah mengaji. Anak yang be-lum lancar membaca Al Qu-ran, maka orang tua juga harussiap mendukungnya. ‘’Bela-belain guru datang jam 6, makaanak juga harus datang pagi,’’katanya.

Orang tua menyiapkan sa-rapan lebih gasik, mengan-

tarkan anaknya, danmembangunkan me-reka sejak pagi.

Semua programsekolah dikomuni-kasikan dengan or-

ang tua. Pastinya juga dengansiswa. Sehingga mereka tahuapa yang sedang dilakukandan apa manfaatnya.

Misalnya membaca Al Qu-ran, sangat penting karenasemua perintah agama dalambentuk tulisan Arab baik di AlQuran dan Hadist.

Dijelaskan juga apa kebai-kan dan pahala yang kita da-patkan ketika membaca AlQuran. Dengan harapan anak-anak tahu keutamaan AlQuran.

‘’Menuntut ilmu adalah wa-jib, karena agama adalah esensihidup kita. Ketika meninggalbukan matematika yang di-tanya, tapi apa yang dilakukandi dunia,’’ terangnya.

Intinya, orang tua juga ha-rus paham dan sadar serta bisabersinergi dengan sekolahdalam mendidik anak. Sehing-ga bisa menciptakan generasipenerus yang handal dan ber-kualitas di tengah arus glo-balisasi ini. (ela)

MENGHASILKAN generasiberkualitas biasanya tak lepasdari dunia pendidikan. Gurumenjadi tokoh utama dalammendidik dan membimbingsiswanya di sekolah agar me-reka menjadi lebih baik. Ber-bagai metode dilakukan da-lam membantu mereka men-dapatkan prestasi belajarnya.

Akan tetapi, untuk menda-patkan hasil yang maksimal,tugas mendidik siswa bukanhanya tanggung jawab gurusaja. Banyak faktor yang harussinergi satu sama lain. Baik in-ternal di dalam sekolah, mau-pun kerjasama dengan orangtua sebagai pendidik di ru-mah.

‘’Kerjasama antar kepaladan guru serta karyawan jugasangat penting. Tidak akanjalan ketika tidak ada kerjasa-ma yang baik di antara me-reka,’’ ungkap Thamalia Ha-ristiani SHI, Wa-kil Kepala SMP

Muhammadiyah Slawi.Menurutnya, kepala seko-

lah sebagai top leader harusmampu memanaj seluruh kom-ponen yang ada di sekolah.Manajemen juga penting, jikatidak rapi maka akan acak-acakan.

‘’Guru yang bagus tapi tidakterorganisir dengan baik makaakan berantakan juga,’’ tam-bahnya.

Karena, pemimpin bukanhanya dituntut pintar tapi jugabisa mengeksplore kemam-puan guru. Termasuk juga ba-

CetakSiswaBerkualitasBIODATANama : Thamalia Hariustiani, SHISuami : Drs. Moh. Gunawan WibisonoAnak :1. Muthia Syifaul Qolbi SEI2. Azhari Shibghotul Haq3. Arham Aminus Shidqi4. Arsyad Amanat RobbaniAlamat: Perum Bina Griya Utama A12 Kalisapu Slawi

PENDIDIKAN:

- TK Bandung- SD Teladan Cicalengka- SDN Pesayangan 1- SMPN 1 Adiwerna- SMAN 1 Slawi- Akademi Analis Kesehatan Muhammadiyah Semarang- INSIA Ulinnuha- STAIC Cirebon Akhwalu Syakhsiyyah

ORGANISASI:

- Pengurus PKK Desa Kalisapu- Sekretaris PRA Kalisapu- Majelis Kader PCA Slawi- Fasilitator PMI Kabupaten Tegal- Fasilitator PMI Propinsi Jawa Tengah- Pelatih Inti PMI Kabupaten Tegal

MENJADI ibu rumah tanggadengan segudang kegiatan ditengah masyarakat pastinyatidak mudah. Namun, banyak-nya tugas dan tantangan saatberhadapan dengan masya-rakat, justru mendatangkankepuasan tersendiri bagi Tha-malia Haristiani SHI.

Wakil Kepala SMP Muham-madiyah Slawi ini juga sibuksebagai pelatih inti maupunfasilitator di Palang Merah In-donesia (PMI).

‘’Senang bisa mengajak ma-syarakat dan menyadarkanmereka,’’ ungkap ibu empatanak ini.

Menurutnya, bukan untukmemintarkan masyarakat ka-rena pada dasarnya merekasudah tahu. Akan tetapi me-ngajak bagaimana pengeta-huan yang ada disambungkandengan apa yang seharusnyadilakukan.

Terlebih ketika menjadi fa-silitator 6 desa, menjadikansekolah sebagai pilot projectsiaga bencana. Diimbangi ju-ga dengan dukungan masya-rakat di sekitarnya. Menguat-kan sekolah dan warga desa,bagaimana mereka bisa me-nangani bencana jika terjadi.

‘’Ada kepuasan tersendirikarena merasa dihargai, se-kaligus senang ketika masya-rakat sadar dan mau men-jalankan apa yang kita sam-paikan,’’ ujarnya.

Misalnya, bagaimana mem-buang sampah, tidak men-dirikan rumah yang dekat de-ngan tebing tinggi dan lainsebagainya. Karena, bencanaseperti longsor dan banjirsebagian besar adalah karenaulah tangan manusia. Dan inibisa diantisipasi jika kita tahubagaimana pencegahannya.

Semua ini membuatnya se-rasa ‘Bikin hidup lebih hidup’.Karena aktifitas yang ada tidak

monoton, berbeda setiapharinya. Termasuk juga ber-gaul dengan banyak orang.Masing-masing karakter danlatar belakang berbeda, men-jadi keasyikan tersendiri ba-ginya.

Menurutnya, merubah pa-radigma masyarakat tidak mu-dah. Karena pada dasarnyamereka mengetahui. Tanta-ngan semacam ini membuat-nya harus melakukan pen-dekatan berbeda kepada ma-syarakat. Karena meningkat-kan kesadaran bukan hanyamelalui omongan saja. Dian-taranya dengan memutar filmyang menggambarkan ben-

cana akibat ulah kita. Selan-jutnya berdiskusi dengan kon-disi yang trejadi di masya-rakat. ‘’Ketika keluar dari merekasendiri, secara tidak langsungjuga akan menyadarinya tan-pa harus banyak perintah darikita,’’ tambahnya.

Terlebih masyarakat tidakmau digurui. Lebih mudahmengajak mereka berdiskusidan mencari solusi.

‘’Selama ini mereka juga su-dah melakukan upaya, hanyasaja masih bersifat individusehingga hasilnya juga tidakmaksimal,’’ ujarnya. Tinggalbagaimana diorganisir dandiatur dengan baik. (ela)

Dapatkan Kepuasan dari TantanganGIGI berlubang adalah sa-

lah satu masalah gangguankesehatan gigi yang palingserius. Sampai-sampai ha-nya karena gigi berlubang,gigi Anda itu kadang harussegera dicabut. Tapi tahu-kah Anda makanan apa yangmenjadi penyebab utamagigi berlubang? Apa? Per-men? Hmm, ternyata per-men bukanlah penyebabutama gigi berlubang.

Inilah faktanya. Dilansirdari sheknows.com, maka-nan yang menjadi penyebabutama gigi berlubang ituadalah biskuit asin (saltinecracker). Fakta ini memangmengejutkan banyak orang,apalagi banyak orang tuayang memberikan biskuit

kepada anaknya karena bis-kuit dianggap sebagai ca-milan yang sehat.

Biskuit asin ini adalah je-nis makanan yang meng-gunakan ragi dan sudah me-lalui proses pemasakan yangkompleks. Tak banyak orangyang menyadari bahwa bis-kuit ini juga mengandung

bahan-bahan yang dibuatdengan rekayasa genetik,yang akhirnya bisa mening-katkan indeks glisemik. Pa-da akhirnya makanan inimemiliki lebih banyak kar-siogenik atau penyebab gigiberlubang.

Di dalam mulut sudah adabakteri yang menyukai gula

dan bisa menyebar tanpakendali ketika makanan yangAnda konsumsi mengan-dung banyak pati atau ami-lum. Saat Anda makan ma-kanan yang mengandungragi, bakteri di dalam mulutakan berkembang biak ber-kali lipat. Apalagi jika biskuityang Anda konsumsi itu me-nempel di sela-sela gigi. Sisa-sisa makanan yang menem-pel bisa membuat bakterisemakin bertambah banyakdan bertahan dalam waktuyang sangat lama.

Seperti organisme lain,bakteri juga perlu menge-luarkan kotoran. Dan koto-ran inilah yang menyebab-kan bau mulut tidak sedapdan gigi berlubang. (hkc)

Permen Bukan Penyebab Utama Gigi Berlubang

ThamaliaHariustiani, SHI

BAGI Anda yang kini se-dang mengandung, posisiduduk saat hamil ternyatamempunyai pengaruh besarpada kesehatan janin dan ibuhamil, lho. Maka itu, dudukdengan posisi yang benaradalah kebiasaan saat hamilyang harus selalu diingat. Ti-dak hanya bayi yang akanmerasa terganggu, tetapi bagiibunya pun akan mengalamimasalah jika menerapkan ke-biasaan yang buruk saat ha-mil.

Salah satu hal yang banyakdilupakan adalah posisi du-duk yang benar saat hamil.Sakit punggung saat hamiladalah efek yang ditimbulkanakibat posisi duduk yang sa-lah. Dilansir dari boldsky.com,inilah kesalahan-kesalahanposisi duduk saat hamil yangharus dihindari:

1. MembungkukBiasanya saat duduk ber-

santai di rumah, kita cende-rung membungkuk. Posisi initernyata terlarang bagi ibuhamil karena menyebabkanketegangan bagi sumsum tu-lang belakang Anda. Kete-gangan ini tidak mampu me-nopang berat tubuh Andayang meningkat saat hamil.Selain itu, hal ini akan mem-bahayakan bayi karena akan

memberikan tekanan padababy bump Anda.2. Duduk dengan KakiMenggantung

Ibu hamil yang banyak be-kerja di depan komputer harusekstra hati-hati dalam hal ini.Duduk dengan kaki meng-gantung akan meningkatkanaliran darah ke kaki. Pembeng-kakan kaki adalah hal yangumum terjadi selama keha-milan. Tetapi posisi duduk ini

akan memperparah kondisiAnda.3. Duduk Tanpa Bersandar

Duduk tanpa menyandar-kan punggung akan menam-bah ketegangan punggungAnda. Sakit punggung semasahamil akan makin parah jikaAnda tidak menyandarkanpunggung dan menjaga tu-lang belakang tetap lurus.Hindari duduk di bangku ataukursi dengan sandaran pen-dek selama kehamilan.4. Setengah Duduk

Posisi duduk ini banyak di-lakukan di atas tempat tidur.Posisi setengah duduk mem-berikan tekanan pada sum-sum tulang belakang. Inilahyang menyebabkan Anda me-rasakan nyeri punggung dantulang ekor jika duduk denganposisi ini pada waktu yanglama. (hkc)

Waspadai 4 Posisi Duduk Berbahaya Bagi Bumil

RADAR TEGAL JUMAT, 8 AGUSTUS 2014website : radartegal.com, epaper: epaper.radartegal.comNASIONAL6

TangkapWNI yangGabung ISIS

AGUNG BAYU/BALI EXPRESS

FestivalKEJUJURAN dalam mengungkapkan keceriaan, kegembiraan dan semangat kebersamaan begitu terasa pada pembukaan Rare Bali Festival yang

berlangsung, Kamis (7/8) siang kemarin di Depan Catus Pata Kesiman, Denpasar.

TerindikasiDitolakMKJAKARTA - Mantan Se-

kretaris Jenderal (Sekjen)PDIP, Pramono Anung me-yakini Mahkamah Konstitusimenolak gugatan PrabowoSubianto-Hatta Rajasa yangmenggugat hasil PemilihanPresiden (Pilpres) 2014.

Keyakinan itu didasaridengan banyaknya perbaik-an gugatan yang harusdilakukan pasangan calonpresiden dan wakil presidennomor urut satu itu.

“Saya tidak mendahuluiputusan MK, tapi dari per-mohonan yang diajukan dan

banyak yang harus diperbaiki dan harus diserahkan ke MKsiang ini, itu indikasi gugatan Prabowo-Hatta itu akan ditolakMK,” kata Pramono Anung, di gedung DPR, Senayan Jakarta,Kamis (7/8).

Pramono sendiri mengaku mengapresiasi sikap Prabowo-Hatta yang melakukan gugatan. Keputusan itu kata dia sebagailangkah yang kreatif dan aksi yang penuh semangat. “Kalautidak, ya MK pasti akan mengukuhkan keputusan KPU yangmenenangkan Jokowi-JK. Tapi, kita tunggu saja proses hukumdi MK,” katanya.

MK sendiri kata Pramono akan menjunjung tinggi konstitusidalam memutuskan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU)Pilpres 2014. Ia yakin, MK akan menjaga independensi hakimdan tidak akan terpengaruh oleh kekuatan manapun. “Sayayakin, setiap hakim MK menjunjung tinggi konstitusi. Termasukdalam menangani perselisihan hasil pemilihan umum 2014,”katanya. (fas/awa/jpnn)

KomisionerKASNbakalDitetapkanBulan Ini

JAKARTA - Tujuh ang-gota Komisi Aparatur SipilNegara (KASN) bakal dite-tapkan bulan ini. Tak hanyakomisionernya, organisasikesekretariatannya jugaakan ditetapkan bersama-an.

Sekretaris KementerianPendayagunaan AparaturNegara dan Reformasi Bi-rokrasi (SesmenPAN-RB)Tasdik Kinanto mengung-kapkan, saat ini RancanganPeraturan Pemerintah (RPP)tentang KASN serta Ran-cangan Perpres tentang

Organisasi Kesekretariatan sudah berada di Sekretariat Kabinetdan tinggal menunggu diteken Presiden Susilo BambangYudhoyono (SBY). “Semuanya sudah selesai, kami dapatinformasi tinggal diteken Bapak Presiden saja,” ujar Tasdik dikantornya, Kamis (7/8).

Untuk 14 calon komisioner KASN, sudah ada tujuh nama terpilih.Sedangkan untuk sekretariatnya didominasi oleh auditorkepegawaian.

“Tujuh nama KASN-nya tinggal ditetapkan Presiden.Kemungkinan bulan ini sudah keluar PP KASN-nya,” kata Tasdikdengan wajar berbinar.

Mengenai pegawai yang akan duduk di Sekretariat KASN,diambil dari kementerian/lembaga maupun merekrut pegawaibaru. Organisasi KASN ini akan dikukuhkan dengan PeraturanPresiden. (esy/jpnn)

PILPRES

JAKARTA - Markas BesarKepolisian Negera RepublikIndonesia berharap kepolisi-an Iraq dan Syiria dapat me-nangkap Warga Negara Indo-nesia yang ikut Islamic State ofIraq and Syria (ISIS).

Sedikitnya, 56 WNI yangsudah terendus berangkatdan bergabung dengan ISIS diIraq dan Syiria. Menurut Ke-pala Biro Penerangan Masya-rakat Mabes Polri BrigadirJenderal Boy Rafli Amar, bisasaja jumlah itu bertambah. “56orang. Tapi kemungkinan ber-tambah, dimungkinkan,” kataBoy di Mabes Polri kepadawartawan, Kamis (7/8).

Apalagi, kata Boy, generasimuda yang belum paham apayang terjadi di Syiria dan soalISIS rentan untuk terpenga-ruh. Karenanya, Boy melan-jutkan, sebaiknya bertanyakepada alim ulama yang keil-muannya baik. “Yang jelas ISIStidak sejalan dengan agama,bukan paham agama. Anakmuda jangan larut dalam pan-dangan yang tidak berdasar

kepada kebenaran,” kata Boy.Boy menambahkan, dalam

berjuangan ISIS memegangsenjata api dan pasti akanbentrok dengan alat negara.“Kepolisian pun sudah ba-nyak mengahadapi,” katanya.

Termasuk 56 orang WNIyang bergabung di ISIS, itudisinyalir Boy juga memegangsenjata api. “Itu digambarnyapegang senjata. Itu melanggarhukum,” tegasnya.

Boy menambahkan, WNIyang bergabung di ISIS danmengatasnamakan dari Indo-nesia tidak dibenarkan. Kare-nanya, Boy berharap kepoli-sian Syiria dan Iraq bisa me-nangkap dan memeroses me-reka secara hukum.

Menurutnya, butuh kerja-sama Kementerian Luar Ne-geri, apalagi Iraq dan Syiriamasuk negara sahabat. “Kitaperlu kordinasi, agar merekabisa ditangkap,” ungkapnya.Memang sejauh ini Boy me-ngakui belum ada koordinasidengan Kedutaan Besar keduanegara tersebut. (boy/jpnn)

Terjauh Berjarak4 KM dariMasjidilharam

JAKARTA - KementerianAgama (Kemenag) mulai me-ngundi (qur”ah) lokasi ataumaktab pemondokan haji.Secara kualitas pemondokan,tidak ada perbedaan yangmencolok. Sehingga jamaahdengan pemondokan yangpaling jauh, tetap merasa nya-man. Apalagi disiapkan kom-pensasi angkutan penjemputke Masjidilharam.

Inspektorat Jenderal (Irjen)Kemenag Mochammad Jasinyang mendampingi tim pen-cari pemondokan mengata-kan, jarak pemondokan ter-jauh dari Masjidilharam ber-ada di radius 4 km. Lokasiterjauh itu tersebar di wilayahAziziyah, Syisyah, dan Rau-dhah.

Mantan pimpinan KomisiPemberantasan Korupsi(KPK) itu mengatakan, pe-mondokan yang ada di Azizi-yah berjumlah 12 unit. Se-dangkan yang ada di Syisyahada 8 unit dan di wilayah Rau-dhah berjumlah 16 unit. “De-ngan kualtias pemondokanyang bagus-bagus, kami me-mastikan semua jamaah hajidimuliakan untuk urusan hu-nian,” katanya kemarin.

Jasin mengatakan, masya-rakat dari kloter tertentu tidakperlu meributkan urusan un-

dian pemondokan. Sebab ta-hun ini kondisinya berbedadengan tahun-tahun sebe-lumnya. Jasin menjamin pe-mondokan yang berada di de-kat Masjidiharal maupun yangjauh, memiliki kualitas denganstandar yang sama. Dia me-negaskan kualtiasnya minimalsetara dengan hotel bintangtiga.

Kalaupun ada jamaah yanghasil pengundiannya menem-pati wilayah agak jauh, Keme-nag sudah menyiapkan busantarjemput pemondokan-Masjidilharam. Bus-bus inibisa dimanfaatkan jamaahyang ingin tetap beribadahrutin di Masjidilharam.

“Jadi dimanapun dapatnyahasil undian, jamaah tetapidijamin kenyamanannya,” ka-ta dia. Jasin mengingatkanlayanan bus penjemput itugratis, karena sudah disewakhusus oleh Kemenag. Jama-ah tidak dianjurkan sewa mo-bil sendiri seperti taksi atausejenisnya. Sebab berpotensimenjadi korban penipuanatau kejahatan lainnya.

Sementara itu seremoni pe-ngundian pemondokan hajidipimpin oleh Menag LukmanHakim Syaifuddin kemarin.Sejumlah pejabat dari kemen-terian terkait, seperti Wamen-kes Alu Ghufron Mukti jugamengikuti pengundian ini.Acara ini juga dikuti oleh pim-pinan Komisi VIII (bidangkeagamaan) DPR. (wan)

Kemenag Mulai UndiPemondokan Haji

Formasi Khusus Dijatah 2.000 KursiJAKARTA - Sebanyak 2.000

kursi CPNS dialokasikan un-tuk pelamar di formasi khusus.Formasi khusus ini di antara-nya diberikan untuk putra-putri Papua, atlet dan pelatiholahraga berprestasi, penyan-dang disabilitas, sarjana yangmengajar di daerah terpencil,terluar, dan tertinggal (3T).Sarjana dengan lulusan ter-baik atau cumlaude juga bakalmasuk di formasi khusus.

Menurut Kabid Perencana-an SDM Aparatur Kemente-rian Pendayagunaan Apara-tur Negara dan Reformasi Bi-rokrasi (KemenPAN-RB)Syamsul Rizal, penetapan for-masi khusus tersebut meli-batkan Kementerian Pendi-dikan dan Kebudayaan (Ke-

mendikbud), Badan Kepega-waian Negara (BKN), Kemen-terian Pemuda dan Olahraga(Kemenpora), KementerianSosial (Kemensos), Kemen-terian Tenaga Kerja dan Trans-migrasi (Kemenakertrans).

“Nantinya mereka yangakan menjadi koordinatormasing-masing formasi khu-susnya. Contohnya untuk at-led berprestasi dibawah ken-dali Kemenpora, guru dan lu-lusan cumlaude Kemendik-bud,” terang Syamsul di kan-tornya, Kamis (7/8).

Dari dua ribuan formasikhusus itu, lanjutnya, yangpaling banyak mendapatkanjatah adalah formasi guru 3T.Digadang-gadang 50 persendari formasi khusus diberikan

kepada guru 3T.Mengenai mekanisme tes,

menurut Syamsul, akan ditessesama mereka. Ambil contohsarjana lulusan cumlaude di-tes dengan yang lulusan ter-baik juga.

“Formasi khusus ini adakomunitasnya sendiri, sehing-ga tesnya tidak disamakandengan pelamar umum,”ucapnya.

Meski begitu, proses pen-daftarannyanya sama-samadengan pelamar umum lain-nya, demikian juga sistim tes-nya tetap menggunakan com-puter assisted test (CAT). Yangmembedakan hanya waktutesnya saja. Nantinya setiapformasi khusus ada waktu tesberbeda-beda. (esy/jpnn)

DOK.RATEG

Pramono Anung

DOK.RATEG

Tasdik Kinanto

APARATUR

JAKARTA - Pernyataan ca-pres Prabowo Subianto dalamsidang perselisihan hasil pe-milihan umum (PHPU) pemi-lihan presiden 2014 di Mah-kamah Konstitusi (MK), Rabu(6/8), dinilai sebagai bentukkeputus-asaan. Terutama ter-kait tudingan pelaksanaanpemilu presiden 9 Juli lalulebih buruk dari pemilu di ne-gara Korea Utara.

“Sejak kapan Korut menge-nal pemilu? Yang adakan pe-limpahan kekuasaan dari ke-luarga Kim. Ini bentuk tuduh-an gelap mata yang dilakukanPrabowo,” ujar Ketua UmumKebangkitan Indonesia Baru(KIB), Reinhard Parapat, da-lam pesan elektroniknya yangditerima JPNN, Kamis (7/8).

Reinhard menilai, tudinganPrabowo lebih merupakanwujud curahan hati atas tidaksesuainya harapan dengankenyataan. Di mana KomisiPemilihan Umum (KPU) akhir-nya menetapkan Joko Wido-do-Jusuf Kalla sebagai pasa-ngan presiden-wakil presidenterpilih, setelah melakukanproses rekapitulasi berjen-jang. “Saya kira pernyataanPrabowo merupakan bentukkekesalan sesaat, karena tidakmampu menunjukan fakta ke-curangan dalam Pemilu,” ujar-nya.

Selain itu, terkait tudingankecurangan sistematis sehing-ga di sejumlah tempat pemu-ngutan suara pihak Prabowo-Hatta tidak memperoleh satusuarapun, Reinhard melihat-nya sebagai bentuk kepanikandan tidak berdasar. “Lalu Jo-

kowi-JK yang suaranya nol disejumlah TPS di Sampang,Madura, apakah itu bisa dika-takan adanya kecuranganyang dilakukan kubu nomor1,” ujar pria yang akrab dipang-gil Bang Taki ini.

Karena itu Reinhard ber-harap Hakim MK benar-benarberpegang pada azas perun-dang-undangan dan melihatsemua fakta-fakta dari pelak-sanaan pemilu yang ada, da-lam memutus perkara gugatanyang diajukan pasangan ca-lon presiden Prabowo-Hattaini nantinya. Agar proses pe-ningkatan pembangunanbangsa dapat segera dilaksa-nakan oleh pasangan presidenterpilih.TAK ASAL UCAP

Guru Besar Fakultas Hu-kum Universitas HasanuddinMakassar, Prof Juajir Sumardi,menilai analogi calon presidenPrabowo Subianto yang me-nyebut pemilihan presiden diIndonesia seperti di negaratotaliter, fasis dan komunis,bahkan lebih buruk dari Kor-ut, memiliki dasar logika.

Menurutnya, pendapatyang disampaikan capres no-mor urut 1 dalam sidang per-dana perselisihan hasil pemi-lihan umum (PHPU) yang di-gelar di Gedung MahkamahKonstitusi (MK), Jakarta, Rabu(6/8), tidak sebatas asal ucap.

Menurutnya, sangat tidakmungkin pasangan Prabowo-Hatta mendapat nol suara diratusan tempat pemungutansuara (TPS), di tengah duku-ngan mayoritas partai politikbesar yang memiliki basis mas-

sa maupun pengurus hinggake tingkat daerah.

“Itu kan asumsi, kita bicaradalam ranah asumsi. Ketikakondisinya di beberapa TPSitu zero point atau tidak adasuaranya, maka secara logikabisa dipatahkan dengan ada-nya keberadaan partai politik,partai pendukung itu di mana-mana ada. Apalagi penguruspartai itu punya keluarga danberada di setiap kabupatenkota,” ujarnya saat dihubungidari Jakarta, Kamis (7/8).

Selain memiliki pengurus,pasangan capres yang di-usung koalisi Merah-Putihtersebut, kata Juajir, juga me-miliki saksi di setiap TPS. “Ma-sa mereka tidak memilih. Ka-lau nilainya sedikit dan adapemilihnya, itu tidak ada ma-salah. Tapi kalau nilainya ko-song dan tidak ada pemilih-nya, ini yang aneh secara logi-ka akal sehat dan tidak masukdi akal,” tuturnya.

Juajir mencontohkan se-perti di Makassar, SulawesiSelatan. Meski merupakanbasis pemilih calon wakil pre-siden Jusuf Kalla, namun disetiap TPS yang ada, rata-rataPrabowo-Hatta tetap memer-oleh suara walaupun angka-nya tidak besar. “Artinya adapemilih Prabowonya. Nah inibisa menjadi bahan pemban-ding di daerah-daerah lainyang kosong tersebut.”

Juajir menilai pernyataanPrabowo yang menyebut adakecurangan pelaksanaan pe-milu yang terjadi secara ter-struktur, masif, dan sistemiksangat masuk akal. (gir/jpnn)

Dinilai Gelap Mata, SempatBandingkan Pemilu dengan Korut

CMYKCMYK

8JUMAT , 8 AGUSTUS 2014 website : radartegal.com, epaper : epaper.radartegal.com

CMYK

BISNIS

Jasa ekspedisi berupapengiriman dokumen

maupun barang dari Tegalmenuju sejumlah kota

besar sempat tergangguakibat arus mudik dan

balik. Tetapi, saat inikondisi tersebut berangsur

membaik dan pelaku usahadi bidang ini bisa kembali

melayani pelanggan.

HAL ini diungkapkan Slamet, pengelola salah satu jasa

ekspedisi di Tegal. Menjelangarus mudik dan balik, perjala-nan darat bisa memakan wak-tu hampir dua kali lipat dansusah sekali diprediksi karenakondisi jalan yang ramai. Un-tuk paket kilat yang biasanyabisa sampai ke tujuan dalam 1hingga 2 hari, sempat menga-lami keterlambatan sampai 5

hari bahkan bisa lebih.Dalam kondisi tersebut,

selain mengakibatkan biayamenjadi membengkak, pe-langgan juga banyak yang kom-plain karena paket belum di-terima di alamat yang dituju.Tetapi, semua kini mulai ber-jalan normal dan kondisi se-perti ini tentu akan terus ter-jaga.

“Kami sangat mengandal-kan transportasi darat, jadisaat ada gangguan maka bisamengakibatkan keterlamba-tan,” terangnya.

Kondisi serupa dialami Fir-man, pengelola lainnya. Ke-terlambatan pengiriman sa-ngat berpengaruh pada keper-cayaan pelanggan. Jalan daratterutama di jalur pantura sem-pat dialihkan ke jalur selatanyang memakan waktu lebihlama. Hal ini juga berimbas

terhadap pengiriman dari a-rah timur seperti Surabaya,Malang, Semarang dan seba-liknya. Sementara arah ke Ja-karta dan sekitarnya, menje-lang arus mudik justru masihlancar karena sebagian besarpengendara menuju ke arahsebaliknya. Tetapi, saat arusbalik tiba, kondisi menujuJakarta dan sekitarnya menga-lami kemacetan yang cukupparah, sementara ke arah ti-mur justru relatif lancar. Berun-tung kondisi tersebut tidakberlangsung lama.

Saat ini, persaingan di usa-ha jasa ekspedisi cukup kom-petitif dan semuanya mengan-dalkan ketepatan waktu agarbisa mendapatkan keperca-yaan dari pelanggannya.

“Jika kondisi jalan normal,maka tidak ada kendala berar-ti bagi kami,” tandasnya. (gun)

TEGAL – Banyaknya produkuntuk aksesoris komputer di pasa-ran saat ini membuat konsumenbisa memilih dengan leluasa. Im-basnya, tren permintaan terus ter-jaga secara positif karena kebutu-han akan aksesoris komputer dimasyarakat juga meningkat.

Diana (29) saat memilih beberapaaksesoris komputer mengaku jikakonsumen saat ini mendapatkanpilihan yang lebih beragam. Untukflashdisk misalnya, saat ini diban-derol dengan harga di bawah Rp 50ribu untuk ukuran 4 Gb. Harga ter-sebut lebih murah dari beberapabulan sebelumnya sehingga sangatmembantu bagi konsumen yangmembutuhkannya.

Demikian halnya dengan akse-soris lain seperti mouse, speaker,harddisk eksternal dan lain seba-gainya yang saat ini dijual lebih

kompetitif. Selain itu, merek yangditawarkan cukup bervariatif danmasing-masing menawarkan kele-bihan yang dapat disesuaikan de-ngan kebutuhan serta anggaranyang tersedia. Saat ini, jelasnya,perangkat komputer, laptop dansejenisnya sudah menjadi sebuahkebutuhan dalam menunjang seab-rek kegiatan sehari-hari. Mulai daripelajar, mahasiswa, karyawan, pe-gawai negeri dan sebagainya.

Dengan banyaknya produk yangmembanjiri pasaran, konsumenjuga harus bisa memilih dan memi-lah agar dapat memperoleh produkterbaik tetapi dengan harga yangkompetitif tanpa menghilangkanfungsi utama dari aksesoris terse-but.

“Dari sisi harga dan jenis, saat inisangat bervariatif dan dapat denganmudah didapatkan di pasaran,”

katanya.Rudi Warsito, pemilik Life Com-

puter tidak menampik hal itu. Kon-disi ini, katanya, sejalan denganperkembangan jaman dan kema-juan teknologi yang terus berubah.Untuk dapat memenuhi permin-taan pelanggan, dia juga menyedia-kan beragam aksesoris dengan har-ga kompetitif. Bahkan, sederet pro-mo menarik selalu dihadirkan bagikonsumen maupun member LifeComputer.

Tetapi, secara umum tren per-mintaan aksesoris komputer saat inijauh lebih baik dibandingkan bebe-rapa tahun sebelumnya karena fungsidari komputer itu sendiri sudahmasuk ke berbagai lini dan sekarangmenjadi sebuah kebutuhan banyakkalangan.“Jumlah dan model sen-diri terus berkembang sesuai dengantren yang ada,” tegasnya. (gun)

Sempat Terganggu,Jasa EkspedisiKembali Lancar

TEGAL – Sepekan paska Le-baran, banyak warga yangmenjual emas perhiasan milik-nya untuk mendapatkan uangtunai. Cara tersebut menurutpengakuan mereka dilakukankarena proses menjual emaslebih cepat dan mudah tanpaharus menunggu lama.

Seperti yang dituturkan sa-lah satu warga, Haslinda (49).Dia mengaku sengaja menjualkarena sedang membutuhkandana segar. Meski harga jualsaat ini cenderung labil, tetapitidak terlalu berpengaruh pa-da harga emas perhiasan. Kaliini, dia menjual gelang dankalung miliknya untuk per-siapan anaknya melanjutkansekolah di luar kota dan mem-butuhkan biaya cukup besar.Jika ada uang lebih, kelak pi-haknya akan kembali membeliperhiasan emas yang seba-

gian digunakan dan sisanyadisimpan untuk berjaga-jagajika ada kebutuhan mendesakyang memerlukan biaya besar.

Apalagi, uang simpanannyasudah dipergunakan untukmembeli beragam keperluanmenyambut Lebaran silamsehingga sekarang dia mulaikehabisan dana segar. Cara inisudah biasa dia lakukansehingga tidak berpengaruhterhadap perekonomian ke-luarganya.

“Jika sudah ada simpananyang cukup, maka kami akankembali membeli emas per-hiasan seperti biasa,” terang-nya.

Hal yang sama juga dila-kukan oleh Kusniroh (52), kon-sumen lainnya. Menurutnya,membeli perhiasan emas bia-sanya dilakukan jika ada uanglebih. Sementara, saat ini peng-

hasilannya sebagai pedagangwarung makan masih pas-pa-san sehingga belum ada nia-tan untuk membeli perhiasanbaru. Saat bertanya, harga e-mas di pasaran untuk jenislogam mulai saat ini sekitar Rp537 per gram sehingga diajustru mendapatkan keuntu-ngan karena saat membeliemas masih seharga di bawahRp 500 ribu per gramnya.

Meski tidak terlalu mem-perhatikan pergerakan hargaemas, tetapi sebagai konsu-men dia berharap agar hargajual emas tidak terlalu tinggisehingga saat akan membelikembali tidak terlalu berat.

“Untuk saat ini kami lebihmemilih menjual perhiasanemas karena membutuhkanbiaya untuk kebutuhan yangcukup banyak,” tandasnya.(gun)

ROCHMAN GUNAWAN/RATEG

TREN POSITIF – Permintaan aksesoris komputer mengalami tren positif dengan banyaknya produk.

ProdukMakinBeragam

AKSESORIS KOMPUTERLARIS MANIS

DOK.RATEG

JUAL EMAS – Paska Lebaran, sebagian konsumen memilih menjual emas perhiasan.

Paska Lebaran, Konsumen Pilih Jual Emas

PERUSAHAAN pelat merahPT Perkebunan Nusantara X(Persero) atau PTPN X melaluianak usahanya, PT MitrataniDua Tujuh, mengekspor sa-yuran buncis ke Jepang. Aksikorporasi ini melengkapi eks-por yang telah dilakukan olehanak usaha BUMN perkebu-nan tersebut sebelumnya,yaitu ekspor kedelai edam-ame serta okra ke Jepang, Ero-pa, dan sejumlah negara lain diTimur Tengah. Melalui anakusaha lainnya PT Energi AgroNusantara, PTPN X juga telahmengekspor bioetanol ke Fi-lipina.

Direktur PT Mitratani DuaTujuh Wasis Pramono menga-takan, pihaknya sudah mela-kukan riset pengembangan

tanaman buncis dalam seta-hun terakhir. Sejumlah va-rietas coba dikembangkansembari memetakan kebu-tuhan pasar eksporter di Je-pang yang mempunyai per-mintaan tinggi terhadap ma-kanan sehat.

”Pasar Jepang sudah melihatsampel komoditas buncis ka-mi. Sudah cocok. Higienitas-nya sesuai standard Jepangyang sangat tinggi,” kata Wasis.

Pada tahap awal, dari hasilriset pengembangan, Mitra-tani melakukan panen perda-na lebih dari 80 ton buncis danlangsung diekspor ke Jepangmulai September 2014.

Wasis mengatakan, karenasampel kualitas komoditassudah diterima sejumlah mitra

di Jepang, pemasaran buncisakan lebih mudah.

“Kalau sudah standarnyaditerima, permintaan akanlebih tinggi. Prinsipnya, pihakJepang siap menerima berapapun jumlah produksi bunciskami. Buncis akan menjadisalah satu andalan diversifika-si produk ekspor kami yang se-lama ini banyak didominasiproduk edamame dan okra,”ujar Wasis.

Mitratani sendiri selama inidikenal sebagai produsen sa-yuran beku untuk ekspor. Ko-moditas yang dihasilkan ada-lah kedelai edamame, mu-kimame, edatski, dan okra.Sekitar 80 persen produk eks-por perusahaan terkonsen-trasi ke Jepang. Tahun ini, Mit-

ratani menargetkan eksporsekitar 6.700 ton produk eda-mame. Adapun ekspor komo-ditas okra ditargetkan 1.500ton. Perusahaan membidikpendapatan Rp 130 miliar pa-da tahun ini.

”Saat ini kami menggaraplahan seluas 1.100 hektar diJember dan Bondowoso, JawaTimur,” kata Wasis.

Dia mengatakan, pihaknyamempunyai 22 mitra konsu-men besar di Jepang yang se-cara rutin membeli banyakkomoditas dari Mitratani. Paramitra itu terdiri atas produsenmakanan olahan, distributorritel modern, hingga penyup-lai makanan untuk hotel danrestoran mewah di Jepang.(eri/mas)

Anak Usaha BUMN PTPN X Ekspor Buncis ke Jepang

METROPOLISRADAR TEGAL

JUMAT , 8 AGUSTUS 2014

website : radartegal.com,epaper : epaper.radartegal.com

HOT LINE BERLANGGANAN(0283) 323383, 400500Hp. 0854323231234

9BACA HAL. 11

PDAM GelarHalal Bihalal

PADA hari keempat masuk kerja, PerusahaanDaerah Air Minum (PDAM) Kota Tegal meng-gelar Halal Bihalal yang dilangsungkan dihalaman Kantor PDAM, Jalan Hang Tuah,Kelurahan Tegalsari, Kecamatan Tegal Barat.

Terindikasi Ditolak MKJAKARTA - Mantan Sekretaris Jenderal (Sek-

jen) PDIP, Pramono Anung meyakini bahwaMahkamah Konstitusi akan menolak semuagugatan yang diajukan oleh Capres-CawapresPrabowo Subianto-Hatta Rajasa, yang meng-gugat hasil Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun2014.

BACA HAL. 6

RAMAI DIKUNJUNGIWISATAWAN

Pantai Muarareja

ADI MULYADI/RATEG

LATDASTARRATUSAN siswa siswi SMK Muham-

madiyah sedang digembleng olehpelatih dari Lanal Tegal.

dikenal dengan Pantai Mua-rareja, memiliki keindahan ti-dak kalah dengan tempat yang

Salah satu potensi wisata alam, yangdimiliki Kota Tegal, dan selama ini jadi tujuan

wisata masyarakat sekitar, yakni keindahanpantainya. Ada dua yang jadi andalan,

masing-masing Pantai Alam Indah (PAI) danPantai Muarareja. Ketika Hari Raya Idul Fitri

maupun Syawal, setiap hari lokasi tersebutramai dikunjungi wisatawan.

MESKI namanya tidak begitu terkenal, namunkeberadaan pantai sebelah barat, selama ini

ada di daerah sekitarnya. De-ngan hamparan pasir sepan-jang pantai, ditambah lebat-nya pohon bakau, banyaktumbuh di pinggiran, termasukpohon cemara laut. Sehinggamenambah keelokan panora-ma pantai tersebut.

Ratusan Reklame Dibredel

DISITA - Ratusan lembarreklame komersial, yangpemasangannya melanggardan kadaluarsa masapajaknya disita petugas.

DidominasiReklame JenisSpanduk

SATPOL PP Kota Tegal, Kamis(7/8), menertibkan reklame-rekla-me komersial yang terpasang diruas-ruas jalan kota. Sedikitnya 120lembar sarana promosi tersebutterpaksa dibredel lantaran pema-sangannya melanggar ketentuandan masa pajaknya kadaluarsa.

Kasi Penegakan Perda danPerwal Satpol PP Edi Prayitnomengatakan, reklame-reklame

komersial yang dibredel di-amankan di Kantor Satpol PP.“Bagi pemilik yang hendak me-ngambilnya silahkan datang kekantor kami. Dengan begitu me-reka (pemilik) bisa kami beri so-sialisasi,” katanya kemarin.

Disebutkan, pelanggaran da-lam pemasangan reklame ko-mersial itu diantaranya dipasangmelintang diatas jalan dan di-paku di batang pohon. Selainitu, tidak sedikit pula yang sudahhabis masa pajaknya.

“Seperti 40-an umbul-umbulmilik salah satu produk mie ins-

tan. Masa pajaknya sudah kada-luarsa per 4 Agustus, tetapi tetapterpasang tanpa memperpan-jang masa pajaknya.”

Lebih jauh Edi menguraikan,reklame-reklame yang melang-gar ketentuan didominasi jenisspanduk. Lainnya, berupa ban-ner dan umbul-umbul denganberbagai ukuran.

ADI MULYADI/RATEG

K. ANAM SYAHMADANI/RATEG

PIMPINAN RAPAT - Ketua DPRD Kota Tegal H Edy Suripno SH MH, memimpin jalannya Rapat Paripurna.

Fraksi-fraksi Sampaikan PendapatSEBAGAI tindak lanjut dari

penelitian dan pembahasanyang telah dilakukan Pansus IVDewan Perwakilan Rakyat Dae-rah (DPRD) Kota Tegal terha-dap Rancangan Peraturan

Daerah (Raperda) tentang Or-ganisasi dan Tata Kerja BadanPenanggulangan BencanaDaerah Kota Tegal yang telahdisampaikan oleh PemerintahKota Tegal, fraksi-fraksi DPRD

Kota Tegal menyampaikanpendapat terhadap Raperdayang dimaksud dalam RapatParipurna DPRD Kota Tegal,Kamis (7/8).

Rachmat: ISISPerlu Diwaspadai

KELOMPOK militan IslamicState of Iraq and Syria (ISIS) atauNegara Islam di Irak dan Suriahtengah gencar menyebarkanpengaruhnya di tanah air. Dike-

tahui, di beberapa daerah telahmuncul benih-benih gerakanISIS yang secara umum dipim-pin oleh Abu Bakr Al-Baghdadyini.

K. ANAM SYAHMADANI/RATEG

RAPAT PARIPURNA - Ketua Fraksi Partai Keadilan SejahteraRachmat Raharjo ketika mengikuti Rapat Paripurna DPRD.

MULAI H-15 sampai denganH+10 Lebarang, Dinas Sosial,Tenaga Kerja dan Transmigrasi(Dinsosnakertrans) Kota Tegalmembuka posko pengaduanpembayaran Tunjangan Hari Ra-ya (THR). Dalam kurun waktutersebut, petugas hanya mene-rima dan menangani satu kasus.

Kepala Dinsosnakertrans Jo-ko Sukur Baharudin mengata-kan, posko THR hanya mene-rima satu aduan, dimana hingga

waktu yang ditentukan ada per-usahaan yang belum membayar100 persen THR kepada peker-janya. Aduan tersebut masukmenjelang Lebaran dan lang-sung ditindaklanjuti oleh tim.

Hasilnya, perusahaan dan pe-kerja membuat berita acara hitamdiatas putih, bahwa kekuranganTHR akan tetap diberikan. Hanyasaja, pelaksanaannya paskaLebaran. Disebutkan, kendatisesuai Peraturan Menteri Tenaga

Kerja Republik Indonesia NomorPer-04/MEN/1994 tentang Tun-jangan Hari Raya Keagamaanbagi pekerja di perusahaan, pem-bayaran THR paling lambat dibe-rikan pada H-7 Lebaran. Namunkarena perusahaan dan pekerjasudah sepakat maka, kasus diang-gap selesai. “Kasus tersebut su-dah selesai, perusahaan dan pe-kerja sudah sepakat,” katanyasaat menghadiri halal bihalal diPringgitan Balai Kota.

Lebih jauh Joko menguraikan,selain membuka posko peng-aduan, dinasnya melalui timdeteksi dini juga melaksanakanmonitoring langsung ke lapa-ngan. Tim deteksi dini melibat-kan sejumlah unsur terkait.

Di antaranya dari unsur Pem-kot Tegal (Dinsosnakertrans,Dinas Koperasi UMKM Perin-dustrian dan Perdagangan danKesbangpolinmas).

Posko Tunjangan Hari Raya Tangani Satu Kasus

ADI MULYADI/RATEG

Joko Sukur Baharudin

KANCA BATIRDrs. Totok Subagyo

Anggota DPRD BakalDapat ’Pesangon’

ANGGOTA DewanPerwakilan RakyatDaerah (DPRD) KotaTegal yang berjumlah30 orang, dalamwaktu dekat ini akanmenerima pesangonatau uang jasa peng-abdian. Uang terse-but diberikan kepadaAnggota DPRD Kota

Tegal periode 2009-2014 yang akan meng-akhiri masa tugasnya pada 21 Agustus 2014mendatang. Uang jasa pengabdian yang di-anggarkan untuk Anggota DPRD Kota Tegalperiode 2009-2014 sebesar Rp278.460.000.

Pamerkan SeniBudaya di TMII

BERAGAM senidan budaya sertaproduk UMKM ung-gulan asli Kota Tegal,Minggu (10/8) akandipamerkan di Anju-ngan Jawa Tengah,Taman Mini Indone-sia Indah (TMII) Ja-karta. Pameran dige-lar mulai pukul 09.00sampai dengan sele-sai.

Kabid Kebudaya-an Dinas Pemuda Olah Raga Seni Budaya danPariwisata (Disporabudpar) Budi Saptaji me-ngatakan, setiap tahun Kota Tegal menghelatpagelaran seni budaya dan pameran produkunggulan di TMII. Kegiatan dilaksanakanbersamaan dengan silaturahmi dan halalbihalal antara Pemerintah Kota (Pemkot) danwarga Tegal yang berada di Jakarta.

ADI MULYADI/RATEG

Budi Saptaji

KESENIAN

CERIA - Sejumlah anak terlihat gembira,ketika mandi di pinggiran Pantai Muararaja,menikmati deburan ombak.

ABIDIN ABROR/RATEG

ke hal 15 kol 5

ke hal 15 kol 5

ke hal 15 kol 1

ke hal 15 kol 5

ke hal 15 kol 1

ke hal 15 kol 1

ke hal 15 kol 5

RADAR TEGAL JUMAT, 8 AGUSTUS 2014website : radartegal.com, epaper: epaper.radartegal.comPEMALANG10

HasilRekomendasiTeknis TidakDiperbolehkan

PEMALANG – Proyek Pem-bangunan Kantor Pusat Laya-nan Usaha Terpadu (PLUT)Kabupaten Pemalang senilaiRp 2.9 milyar di seputar Perti-gaan Jalan Gandul terpaksaharus ditunda. Sebab, pem-banguan proyek itu tidak bisadilaksanakan secara bersama-an dengan pengerjaan pengu-rukan.

“Awalnya proyek itu diusul-kan daerah dan disetujui pe-merintah pusat. Namun ka-rena proses pengurukan ber-barengan dengan pembangu-nan fisik akhirnya terpaksaharus ditunda,” ungkap KepalaDinas Koperasi Perindustrian,Perdagangan danUMKM Kabupaten PemalangSuharto SIP MSi kepada Radar,Kamis (7/8) kemarin.

Menurut dia, penundaanpembangunan Kantor PLUTitu, setelah hasil rekomendasiteknis tidak membolehkan-nya. Sehingga, tidak bisa lang-sung dikerjakan. Akhirnyapembangun fisiknya harus di-tunda dan baru akan dilak-sanakan pada tahun anggaran2015. Alasannya, agar peng-erjaan pengurukan akan lebihfokus, karena batas waktupelaksanaannya hanya hing-ga Oktober yaitu 150 hari.

“Sehingga jika proyek itutetap dilaksanakan maka de-ngan waktu dua bulan tidak

mungkin selesai yang padaakhirnya akan mengundangpermasalahan,” ujarnya.

Suharto menjelaskan ter-kait alasan kenapa penger-jaannya tidak secara bersa-maan antara pengurukan de-ngan pembangunan fisik ka-rena agar pengurukannya be-nar-benar rata dan hasilnyalebih matang. Bahkan akansesuai harapan yaitu sesuaispeks yang diminta. Sehinggasetelah dilakukan evaluasihasilnya baik.

Perlu diketahui, proyekpembangun kantor PLUT inimerupakan hasil usulan pe-merintah daerah yang telahdisetujui dengan adanya ban-tuan dari pemerintah pusat.Adapun nilai proyek tersebutkurang lebihnya Rp 2,9 milyar.Kantor PLUT ini fungsinyasebagai pusat layanan untukUMKM yaitu untuk mengatasipermasalahan yang dihadapiUMKM. Baik permasalahanyang menyangkut bidang per-modalan, permasaran danSDM.

Sehingga nantinya akandifasilitasi dan dibimbing agarUMKM itu tetap berjalan.Kantor PLUT ini sesuai ren-cana akan dibangun diataslahan seluas 8 ribu meter per-segi tanah milik Pemkab Pe-malang. Setelah nanti pem-bangun PLUT berhasil dilak-sanakan, sesuai keinginan bu-pati akan dikembangkan jadipusat jajan dan kuliner yanglokasi di luar Kantor PLUT. Yaitu dengan dibagunnya reasarea dan pertokohan, masjiddan pom bensin. (apt)

AGUS P/RADAR PEMALANG

PENGURUKAN – Lokasi pembangunan Kantor PLUTPemalang sedang dipersiapan dalam proses pengurukan .

Pangkalan Busdi Petarukan

TERCATAT sejak H+5 sam-pai dengan H+9 lebaran, pe-numpang bus jurusan Jakartamasih terlihat ramai. Hal ituterbukti saat kerumunan war-ga calon penumpang membelitiket bus dan menunggunya didepan dan samping toko de-kat pangkalan bus tersebuthingga bus berangkat sesuaijadwal dan waktu pemnbe-rangkatan.

Penumpang dari daerahutara seperti Desa Bulu, Pe-gundan, Petarukan, Loning,Kendaldoyong dan Kendal-rejo lebih memilih ke Peta-rukan daripada ke pangkalanlain ataupun ke terminal indukPemalang. Bahkan dari DesaKandang Kecamatan Comaldan Desa Pesantren Kecama-tan Ulujami juga melalui pang-kalan Petarukan. Padahal diComal ada pangkalan busyang juga mengangkut pe-numpang ke Jakarta.

Ramainya penumpang

yang akan balik bekerja keJakarta ataupun pencari pe-kerjaan baru (pemula) men-jadi peluang bagi bus pari-wisata atau bookingan yangsudah dipesan oleh pengurusdi wilayah Petarukan.

Salah satunya adalah buspariwisata City Miles yangmenggunakan AC jurusan Pu-logadung, Kalideres, ManggaDua, Grogol dan Cengkareng.Bus tersebut dapat menghan-tarkan penumpang sampai ketujuan kota tersebut.

Lamtoro, petugas yang me-nangani bus khusus carteran/bookingan mengatakan, iasudah langganan selama em-pat tahun setiap habis lebaranuntuk membawa penumpangdari Petarukan ke Jakarta.

“Penumpang di Petarukancukup ramai terutama bebe-rapa hari setelah lebaran,” ujardia.

Ia mengatakan bahwa sejakH+5 yaitu hari Jum’at (01/08)lalu bus yang ia bawa seba-nyak 2 unit, 1 untuk pagi dansatunya lagi untuk sore hari.

“Bus yang berangkat setiap

harinya terisi penuh, kalau-pun kosong paling antara 2sampai 4 kursi saja,” ujar Lam-toro, Kamis (07/08).

Dikatakan oleh Lamtoro,bus yang ia booking meru-pakan bus khusus bukan busregular yang biasa mangkal diPasar Petarukan seperti DewiSri, Dedy Jaya dan Sinar Jaya.Ia sendiri mematok tarif Rp.140 ribu per karcis denganfasilitas bus ber-AC. Sejak awalhingga sekarang ia masih me-matok tariff sama, tidak adapenurunan.

“Semua bus sama tarifnya,kecuali yang regular Sinar Jayadengan tarif lebih murah yaituRp. 120 ribu,” terangnya.

Menurut Lamtoro, penum-pang masih akan terus ramaihingga Minggu (10/08) depan dan mulai Seninnya (11/08)bus pariwisata yang di book-ing akan kembali ditarik keJakarta.

Sementara bus-bus yangakan mangkal di PangkaanPetarukan adalah bus regulardengan tarif normal sepertihari-hari biasa. (rid)

M. RIDWAN RADAR PEMALANG

MASIH RAMAI - Bus regular maupun bookingan masih ramai diminati penumpang.

Hingga H+9 Masih Ramai

SelamaOKC, 731 PelanggaranBerhasilDitindak

PEMALANG – Operasi Ketupat Candi (OKC) yang dilakukanjajaran Polres Pemalang berakhir pada Rabu (06/08) pukul 23.59WIB. Dari beberapa target operasi yang menjadi sasaranpenanaganan selama OKC, Polres Pemalang berhasil menindak731 pelanggaran dengan rincian tilang terhadap 202 pelanggaryang berpotensi laka/macet lantas dan 529 dengan teguranlisan atau tertulis.

Adapun kecelakaan lalulintas selama OKC adalah sebanyak35 kejadian laka lantas yang tiga diantaranya meninggal dunia,8 luka berat dan 49 luka ringan dengan kerugian material kuranglebih Rp. 14.800.000.

Kejadian laka tersebut, 32 kejadian terjadi di dalam kotaPemalang dan 3 kejadian terjadi di luar kota yang melibatkan 49sepeda motor, 7 mobil penumpang, 8 mobil barang, 2 mobilbus, 2 kendaraan tidak bermotor, 2 pejalan kaki dan 2 kecelakaantunggal.

OKC yang target awalnya adalah pengamanan/ pengaturanarus mudik dan balik lebaran serta pengamanan padamasyarakat oyang akan berbelanja, melaksanakaan sholat IdulFitri, silaturrahmi atau saling berkunjung serta acara ke obyekwisata, karena sesuatu hal yaitu amblesnya oprit jembatanComal beberapa waktu lalu, maka tindakan Polres Pemalangfokus pada pengamanan, penjagaan dan pengaturan arus lalulintas mudik di jalur dan jalan alternative, dan setelah jembatanComal yang dperbaiki secara darurat dioperasikan, kembali kejalur Pantura dan hal itu menjadi tugas rutin kepolisian PolresPemalang.BANTUAN AMBULANCE

Pada Kamis (07/08), bertempat di halaman MapolresPemalang, bersamaan dengan berkahirnya masa tugas OKC2014, Polres Pemalang menerima bantuan hibah berupa 1 unitmobil ambulance dari PT

Jasa Raharja (Persero).Hibah diserahkan langsung oleh Kepala Cabang Jasa

Raharja (Persero) Jawa Tengah dan diterima oleh KapolresPemalang, disaksikan oleh Kepala Perwakilan Jasa RaharjaPekalongan dan Waka Polres Pemalang beserta para perwirastaf Polres Pemalang.

Dalam kata sambutannya Ka Cabang Jasa Raharja JatengUdjiono mengatakan, kerja sama antara Jasa Raharja denganPolri sudah lama terjalin dan Polres Pemalang merupakan salahsatunya yang berada di jalur Pantura dan merupakan jalurrawan kecelakaan. Maka untuk mengoptimalkan pelaksanaantugas selain bantuan sarpras seperti traffic cone, rompi danlain-lain, dipandang perlu untuk diberikan bantuan berupa mobilambulance.

“Ini untuk lebih mengoptimalkan tugas Polri”, kata Udjiono.Sementara itu Kapolres Pemalang, AKBP Dedi Wiratmo, SIK

dalam sambutanya mengatakan bahwa Sosialisasi danrekayasa lalu lintas untuk menekan angka kecelakaan secaraterus menerus telah dilaksanakan, meski grafiknya menunjukanterjadinya penurunan, namun rasanya sangat sulit menekanangka kecelakaan menjadi zero (nol). Oleh karena itu danganbantuan yang diberikan oleh Jasa Raharja tersebut mudah-mudah bisa mempercepat dalam melakukan tugas-tugaspelayanan kepada masyarakat.

Kapolres juga menyampaikan, atas nama pribadi dan pimpinankesatuan, pihaknya menyampaikan ucapan terima kasih kepadapihak Jasa Raharja yang telah memberikan bantuan satu unitmobil ambulance dan pihaknya berjanji akan mengope-rasionalkan kendaraan tersebut dengan sebaik – baiknya gunameningkatkan pelayanan kepada masyarakat. (rid)

M. RIDWAN RADAR PEMALANG

TERIMA BANTUAN – Kapolres Pemalang menerimabantuan dari PT. Jasa Raharja (Persero), Kamis (07/08).

PENTOL RAH

LINTASAnggotaDewan

TerpilihsegeraDilantikPEMALANG - Sebanyak 50 anggota DPRD Kabupaten

Pemalang yang baru, hasil pemilu legislative tahun 2014, segeradilantik. Acara pelantikan sesuai jadwal akan dilaksanakan digedung dewan tanggal 6 September 2014. Hanya saja hinggasekarang masih menunggu proses SK Gebernur Jawa Tengah.

Sekretaris DPRD Kabupaten Pemalang Sugianto mengatakan,prosedur pelaksanaan pelantikan, jika SK gubernur itu sudahturun, baru agenda KPU dan menentukan jadwal waktupelaksanaannya. Lalu dilaksanakannya rapat kecil persiapandengan eksekutif melalui Bagian Pemerintahan Setda Pemalang.

“Karena SK gubernur masih dalam proses maka masihmenunggu , namun demikian kesiapan dan persiapan tetap tetapsudah dilakukan,” katanya kepada Radar, kemarin.

Seperti persiapan tempat dan lain-lain, termasuk persiapankeamanan. Hanya saja untuk persiapan pengamanan baru akandilakukan setelah SK gubernur itu turun. Untuk jadwal waktupelaksanaan disesuaikan dengan waktu pelantikan anggotadewan sebelumnya sehingga tepat lima tahun jabatan anggotadewan periode lama.

Sedangkan persiapan lain, seperti baju seragam PSL anggotadewan juga sudah siap sebelumnya dan semua anggotadewanpun sudah melakukan pengkuran baju.

Ketua KPU Abdul Hakim terkait soal kepastian acarapelantikan, pihaknya belum bisa menjelaskan. Meskipun jadwalwaktunya sudah jelas akan dilaksanakan tanggal 6 September2014, namun karena SK gebernur belum turun, pihaknya belummemastikannya kapan pelantikan itu akan dilaksanakan.

“SK itu masih di gebernur maka kami belum bisa memastikan,ingin jelasnya yang lebih tahu Pemkab di Bangain Pemerintahan,”ujarnya.

Sementara Bagian Tata Pemerintahan Setda PemalangWahyu Sukarno ketika di konfrimasi pihaknya menjelaskan soalprosedur acara pelantikan Anggota DRPD yaitu dari KPUmengusulkan kepada bupati.

Kemudian oleh buapti diteruskan kepada Gebernur Jawa Tengahuntuk segera mandapat persetujuan dengan turunnya SKGubernur. Setelah itu SK dikirim kepada bupati. Baru setelah itusecara resmi pelantikan bisa segera dilaksanakan. Yang sesuaiagenda akan dilaksanakan bulan September mendatang. (apt)

Sudah kurang lebihsatu minggu lamanya

para nelayan diperairan Asem-

doyong KecamatanTaman tidak pergi

atau berangkatmencari ikan di laut.

Apa sebab?

LAPORAN: M. RIDWAN

LIBURNYA para nelayanuntuk turun ke laut bukantanpa sebab. Mereka tidakmau menanggung resiko yangfatal seandainya tetap berang-kat mencari ikan di laut.Pasalnya musim timuran yangsudah menjadi patokan paranelayan, disamping ikannyasedang tidak ada, cuaca burukberupa ombak besar dan ting-gi juga menjadi pertimbanganmereka.

Mereka menyandarkan ka-pal-kapalnya di pinggir der-maga dan sambil menunggucuaca normal. Mereka menge-cek mesin kapal dan jugamemperbaiki jaring yang ru-sak. Mereka praktis libur tidakberangkat ke laut untuk men-cari ikan.

Kirno (35), salah satu nela-yan mengatakan, ia sudah 7hari tidak berangkat ke tengahlaut. Alasannya karena musimtimuran. Seperti biasa jika mu-sim timuran tiba disampingtidak ada ikan, ombaknyasangat besar dan tinggi se-hingga daripada menanggungresiko besar mendingan mere-ka libur.

“Sudah 1 minggu kami libur,”

kata Kirno.Dampak musim timuran ju-

ga dirasakan oleh pedagangikan dan pihak TPI Asemdo-yong. Burhan adalah salahsatunya. Pedagang ikan asalRandudongkal yang sengajasetiap hari datang ke TPIAsemdoyong tersebut tidakbisa memperoleh ikan banyakseperti biasanya.

Dua jembung yang dipa-sang di kanan kiri motornya

tidak penuh seperti biasanya.Iapun hanya memperolehikan jenis cumi dan keting ser-ta beberapa ikan lainnya yanghanya seperempat jembung.

“Lagi tidak ada ikan, ini adacumi harganya cukup mahal,”ujar Burhan.

Menurut Burhan, berku-rangnya ikan yang ia perolehadalah dampak dari para nela-yan yang enggan pergi ke lautkarena musim timuran sedang

Musim Timuran, Hampir Satu Minggu Nelayan Tak Melaut

Lelang Sepi, Jembung Pedagang Ikan pun Tak Terisi Penuhtiba. Ia hanya mengandalkanikan cumi yang bias dijual disekitar tempat tersebut, tidaksampai dibawa pulang ke Ran-dudongkal.

“Ikan sedikit ini tidak mung-kin saya bawa ke Randudong-kal, disini saja nanti terjualoleh warga sekitar yang dat-ing,” terangnya lagi.

Kepala TPI AsemdoyongYusron saat dihubungi mem-benarkan, sejak kurang lebih5 hari lalu para nelayan tidakberangkat melaut. Dampak-nya di TPI Asemdoyong jugasepi. Aktivitas pelelangan tidakseperti biasanya terlihat ramai.Jika biasanya pelelangan di-

buka jam 11.30 WIB sampaipukul 16.00 WIB, saat sekarangjam 13.30 sudah tidak adaaktivitas pelelangan alias sepi.

“Sekarang jam 13.30 WIBsaja sudah sepi,” kata Yusron.Menurutnya, masalah cuacatidak bisa diprediksi, namunbiasanya musim timuran ber-langsung selama 1 minggu,direncanakan pada Seninbesok nelayan sudah bisa nor-mal kembali melaut sepertibiasa. Jika kondisi sudah nor-mal, TPI akan kembali ramaidan aktivitas pelelanganmaupun para paedagang yangodatang juga akan terlihatramai. (*)

M. RIDWAN/RADAR PEMALANG

BERSANDAR – Kapal nelayan di perairan AsemdoyongKecamatan Taman memilih bersandar daripada berangkat.

PembangunanKantor PLUTDitunda

RADAR TEGAL 13JUMAT, 8 AGUSTUS 2014

Bentengi Umatdengan Aswaja

SLAWI – Merebaknya ja-ringan Islamic State of Iraqand Syiria (ISIS) hingga masukke Indonesia mendapat tang-gapan dari tokoh NahdlatulUlama (NU). Ketua MWC NUKecamatan Pangkah H Sof-iyudin meminta pengurus NUikut membentengi umat de-ngan menggalakkan kajianAswaja An Nahdliyah.

Sofiyudin mewanti-wantikepada warga NU dan paramahasiswa agar tidak terpe-ngaruh ikut-ikutan mendu-kung ISIS. Meski demikian,

Hingga saatini kami be-lum menemu-kan adanya

gerakan ISIS yang masuk keKabupaten Tegal. Namun,kita tetap mewaspadai. Kitaberharap seluruh warganahdliyin membentengi de-ngan ajaran Aswaja, sehing-ga ajaran Islam benar-be-nar bisa menjadi rahmatanlil alamin.”

H SofiyudinKetua MWC NU Pangkah

NU Antisipasi ISIS Masukpihaknya belum mendengaradanya gerakan organisasi ra-dikal asal Timur Tengah itu diKabupaten Tegal.

”Hingga saat ini kami belummenemukan adanya gerakanISIS yang masuk ke Kabupa-ten Tegal.

Namun, kita tetap mewas-padai. Kita berharap seluruhwarga nahdliyin membentengidengan ajaran Aswaja, sehing-ga ajaran Islam benar-benarbisa menjadi rahmatan lilalamin,” tuturnya kemarin.

Menurut dia, organisasi ISIStidak cocok di Indonesia, ka-rena sangat bertentangan de-ngan ajaran Islam. Gerakandan aktivitasnya yang hendak

mendirikan khilafah islamiyahberpotensi memecah belah

umat. ”Jadi gerakan tersebutsangat bahaya jika masuk ke

Indonesia,” ujarnya. Sebagaiantisipasi, mantan ketua ISNUini menambahkan, kalanganwarga NU khususnya lebihbisa menggalakkan dan mem-bentengi para umat denganajaran Aswaja.

Hal senada juga disampai-kan Didi Purhana, pengurusAnsor Kecamatan Pagerba-rang. Dia sangat tidak setujudengan gerakan ISIS yang ma-suk ke Indonesia. Menurutdia, ISIS di Indonesia berten-tangan dengan ideologi Pan-casila dan NKRI. ”Makna jihadharus dipahami dengan benar,jangan sampai menimbulkanancaman dan terorisme,” tan-dasnya. (muh)

PelaksanaanKonfercabAnsorDinilaiBelumJelas

SLAWI – Konferensi Cabang (Konfercab) Gerakan Pemuda(GP) Ansor kabupaten Tegal rencananya akan diadakan Sep-tember 2014. Namun, hingga saat ini dinilai belum ada tindaklanjutdari PC GP Ansor Kabupaten Tegal. Sebab, belum adapemberitahun ke pihak pimpinan anak cabang.

Ikbal Faizal, sekretaris GP Ansor Kecamatan Balapulangmembenarkan bahwa saat ini belum ada pemberitahuan dariPC GP Ansor terkait kapan akan dilaksanakan Konfercab.”Biasanya kalau mau ada acara konfercab ada pembentukanpanitia terlebih dahulu,” ujar dia.

Sebelumnya, Ketua GP Ansor Kabupaten Tegal H Muslihmengatakan, akan membentuk kepanitiaan konfercab padapertengahan bulan Ramadan. Namun hingga saat ini belum adainformasi terkait pembentukan panitia konfercab GP Ansor.

Konfercab diselenggarakan dalam rangka membahas tatalaksana organisasi, pokok-pokok program kerja dan re-komendasi kegiatan GP Ansor Kabupaten Tegal ke depan. Selainitu memilih ketua baru yang berasal dari kader-kader terbaikAnsor di Kabupaten Tegal.

”Kami pengurus melalui panitia akan menyiapkan secaramaksimal. Selebihnya kami serahkan ke peserta Konfercabsiapa kader yang akan didaftarkan dan diusung untuk menjadiketua GP Ansor mendatang. Kami berharap akan ada banyakkader Ansor Kabupaten Tegal yang akan meneruskanperjuangan kami,” ujar dia.

Ditanya soal siapa yang menguat dalam pemilihan ketua GPAnsor, dia mengungkapkan bahwa ketua GP Ansor dipilih sesuaitata tertib konferensi dan mengacu AD/ART GP Ansor. Yaitukader yang sudah mengikuti Pelatihan Kader Lanjutan (PKL).”Salah satu syarat yang tidak bisa ditawar yaitu kader yangsudah mengikuti Pelatihan Kader Lanjutan” paparnya. (muh)

Membentengi Umat dengan AswajaOleh : Ikbal Faizal

Sekretaris GP Ansor Balapulang

AHLUSUNAH wal jama’ah (Aswaja) bagi umat Islam, apalagibagi beberapa golongan (firqoh) Islam sangat berarti terutamabagi warga nahdliyin. Bahkan Aswaja ini menjadi ciri garis akidahyang diyakini sebagai penyelamat kehidupan di dunia menujuakhirat. Dalam hal aplikasi aswaja menghadapi tantangan zamanyang kemudian telah memunculkan pro-kontra atau lebihtepatnya ingin membenahi, bahkan justru merekonstruksinya.

Pembicaraan tentang antara perlu dan tidaknya rekonstruksiaswaja sangat marak di kalangan muda NU, baik di duniawacana maupun dalam diskusi-diskusi kecil-kecilan. Belakanganpada acara pelatihan kepemimpinan lanjutan (PKL) organisasiGerakan Pemuda (GP) Ansor yang dilaksanakan pimpinancabang (PC) GP Ansor Kabupaten Tegal bertempat di PesantrenMiftahul Mubtadiin Tegal Kubur, Desa Yomani LebaksiuKabupaten Tegal juga ramai dibicarakan.

Aswaja menjadi kajian yang menarik. Terlebih seiring denganperubahan zaman derasnya arus globalisasi butuh adapembenahan. Tantangan modernisasi dan globalisasi membuatformulasi Aswaja klasik mengalami kemunduran, karena dirasakurang mampu menjawab tuntutan dinamika zaman. Maka,menjadi suatu keniscayaan melakukan penyegaran danpembaruan doktrin aswaja.

Munculah sebuah strategi membumikan aswaja yangdianggap sebagai upaya mengemas aswaja menjadi sebuahpengetahuan dan aplikasi yang dapat diterima bagi kalanganglobal. Atau lebih tepatnya menjadikan aswaja sebagai manhajal-fikr (cara berpikir) dalam membaca realitas secara dinamis,analitis, produktif, dan solutif bukan sebagai produk pemikiran(Nur Kholish : 2008).

Pemikiran inipun telah disepakati oleh ketua PB NU KH SaidAqiel Siradj MA (1999) ketika mengkomparasikan antara HAMdan Aswaja dengan menjadikan aswaja sebagai manhaj al-fikr , bukan aswaja dalam arti yang sempit (eksklusif) yangharus diproyeksikan khusus pada bidang akidah denganmenyandarkan kepada aqwal Imam Abu Hasan Al-Asy’ari (w.324) dan Imam Abu Mansyur al-Maturidi (w. 333 H).

Menurut KH Said Aqiel tersebut, aswaja itu memiliki cakupanyang sangat luas, mencakup semua aspek dan dimensikehidupan, yang semuanya dilihat dengan dasar tawasuth,tasamuh dan i’tidal. KH. Muchit Muzadi (2006) juga memilikikeselarasan pandangan dengan menganggap aswajasebagai garis yang selalu ditempuh oleh NU dan oleh orang-orang NU.

Dalam mewujudkan cita-cita, komunitas NU dituntun olehfaham keagamaannya, sehingga membentuk kepribadian khasnahdlatul ulama. Meskipun dalam Khittah NU menjadikan aswajasebagai hasil tafsiran versi NU. Khittah NU menyebutkan: bidangakidah mengikuti Imam al-Asy’ari dan Imam al-Maturidi, bidangtasawuf mengikuti jalan pendekatan salah satu dari imam empat,yaitu Imam asy-Syafi’I, Imam Abu Hanifah, Imam Malik bin Anas,dan Imam Ahmad ibn Hanbal (Khittah NU butir 3).

Aswaja sebagai manhaj al-fikr sudah banyak tokoh NU yangmemberikan sumbangsih demi membuminya aswaja. Merekamenganggap dengan menjadikan manhaj al-fikr akanmenyebabkan aswaja semakin shalih likulli zamân wa makân,aplikabel di setiap masa dan ruang. Selain itu, NU menjadi sentralgerakan dalam menjaga stabilitas sosial keagamaan yangrahmatan lil ‘alamin. Satu di antaranya adalah Badrun (2000)yang memberikan lima ciri yang perlu diperhatikan dalammemosisikan aswaja sebagai manhaj al-fikr atau manhaj al-amal.

Di antara lima itu adalah pertama selalu mengupayakan untukinterpretasi ulang dalam mengkaji teks-teks fiqih untuk mencarikonteksnya yang baru. Kedua, Makna bermadzhab diubah daribermadzhab secara tekstual (madzhab qauly) menjadibermadzhab secara metodologis (madzhab manhajy). Ketiga,melakukan verifikasi mendasar terhadap mana ajaran yangpokok (ushul) dan mana yang cabang (furu’). Keempat, fiqihdihadirkan sebagai etika sosial, bukan sebagai hukum positif.Kelima, melakukan pemahaman metodologi pemikiran filosofisterutama dalam masalah-masalah sosial dan budaya.

Lima langkah itulah yang akan menggerakkan aswaja lebihditerima masyarakat, bukan barang langit dan tak lekang dimakanzaman. Aswaja akan mudah diterima oleh kaum muda padaumumnya. Endingnya akan membawa adat Islam yangrahmatan lil alamain. Wallahu a’lam. (*)

SLAWI – Pengurus CabangPMII Kabupaten Tegal perio-de 2014–2015 telah memilikisekretariat baru. Sebelumnya,Sekretariat PC PMII Kabu-paten Tegal berada di JalanDelima Nomor 8 Procot, Ke-camatan Slawi, kini pindah diJalan Sawo, Perumahan TiaraResidence Procot, KecamatanSlawi.

Ketua PC PMII KabupatenTegal Kusnanto mengatakan,pindahnya Sekretariat PC PMIIKabupaten Tegal sudah dilak-sanakan sejak pertengahanbulan Ramadan lalu. ”Semuaperlengkapan juga sudah di-pindahkan ke sekretariat yangbaru,” ungkapnya.

Menurut dia, sekretariat

yang lama memang masihlayak untuk dihuni, tetapipengurus ingin mencari sua-sana baru di pengurusanyang baru. Karena itu, di ta-hun ini sekretariat pindah diPerumahan Residence. ”Jarakpindahnya sih tidak terlalujauh, dan masih di lingkunganKelurahan Procot, Slawi,” ujardia.

Kusnanto berharap agar de-ngan pindahnya sekretariat,proses kegiatan yang dilak-sanakan oleh PC PMII Kabu-paten Tegal akan lebih nya-man dan administrasi kesek-retariatan bisa tertata denganbaik. ”Harapan kami dengansekretariat baru, kader dananggota akan nyaman meng-

huni,” ungkapnya.Sementara, sekretariat yang

lama dikembalikan lagi ke pe-milik, karena untuk saat ini PCPMII Kabupaten Tegal belummampu untuk membangunsekretariat sendiri. ”Kami barudapat menyewa rumah untuksekretariat, semoga ke depanjika ada rejeki bisa memba-ngun sekretariat sendiri,” pa-parnya.

Kusnanto menambahkan,rencananya dalam waktu de-kat PC PMII Kabupaten Tegalakan mengadakan tasyakuransekretariat yang dirangkai de-ngan acara halal bi halal ber-sama pengurus, kader, ang-gota, dan alumni serta pem-bina. (muh)

ARTIKEL

ORGANISASI

SLAWI – Pimpinan CabangIPNU-IPPNU Kabupaten Te-gal pada momentum IdulFitri banyak menghadiri agen-da halal bi halal di beberapapengurus dibawahnya. Ulaidari pengurus anak cabangdan ranting.

Belum lama ini, PC IPNUKabupaten Tegal melantiksecara masal pengurus rant-ing se Kecamatan Pagerba-rang. Momentum Lebaranitu dijadikan untuk meng-uatkan internal organisasi.”Kegiatan PC IPNU-IPPNUselama bulan Syawal banyakdiagendakan untuk silatu-rahim ke sesepuh NU danmenghadiri acara halal bi ha-lal yang dilaksanakan olehpengurus anak cabang. Ka-rena ini momentum Leba-ran, acara tersebut baik un-tuk saling memaafkan,” kataAditiyo, ketua PC IPNU Ka-bupaten Tegal.

Selain menghadiri unda-ngan PAC IPNU dan Ranting,pada Rabu (6/8) malam, PCIPNU-IPPNU juga diundanguntuk menghadiri saresehandan halal bi halal yang dilak-sanakan oleh Kordinator Dae-rah (Korda) IPNU-IPPNUJawa Tengah di Gedung NUKabupaten Pemalang.

Hadir dalam kesempatantersebut, pengurus cabangIPNU-IPPNU se ek Karside-

nan Pekalongan dan KetuaUmum PP IPPNU FaridahFarichah. ”Pada acara sa-resehan di Pemalang kema-rin malam, juga dijadikanajang sarasehan untuk me-nguatkan internal organisasiIPNU-IPPNU di masing-ma-sing cabang. Karena itu, ka-

mi sempatkan untuk hadir diPemalang,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu,kata dia, Ketua Umum PPIPPNU Faridah Farchah me-ngimbau agar momentumLebaran dijadikan ajang bagiseluruh kader IPNU-IPPNUuntuk saling memaafkan.

Sebab di setiap hubungankeorganisasian dan pribadipasti tidak luput dari kesa-lahan.

Faridah Farchah juga me-minta kepada pimpinan ca-bang agar bisa mengadakankegiatan-kegiatan yang ber-kaitan dengan penguatan

organisasi. Sebab, organisasiharus diperkokoh dari rant-ing. ”Bagi ranting yang be-lum terbentuk, maka segeraditindaklanjuti untuk diben-tuk. Bagi yang sudah ada,maka dikuatkan dengan ke-giatan yang bermanfaat,”tandasnya. (muh)

Pengurus IPNU-IPPNU Kuatkan Organisasi

MUHAMMAD FATKHUDIN / RADAR SLAWI

SARESEHAN - Sejumlah Pimpinan Cabang IPNU-IPPNU Usai saresehan di Gedung NU Pemalang.

MUHAMMAD FATKHUDIN / RADAR SLAWI

DISKUSI – Pengurus Cabang PMII Kabupaten Tegal melakukan diskusi beberapa waktu lalu.

SLAWI – Pengurus CabangNahdlatul Ulama (PCNU) Ka-bupaten Tegal akan menga-dakan acara halal bi halal(HBH). Pelaksanaanya acaratersebut rencananya bersa-maan dengan peringatan HariKemerdekaan RI, yakni 17Agustus 2014.

Acara yang direncanakanbertempat di Gedung NU Sla-wi, Jalan A Yani Procot itu akandihadiri pengurus NU dari mu-lai cabang dan lajnah, majliswakil cabang (MWC), sampairanting. Selain itu, acara halalbi halal juga akan dihadiri pe-ngurus badan otonom (ba-

nom) NU, seperti Ansor, Mus-limat, Fatayat, IPNU-IPPNU,dan para kader yang lainnya.

Sekretaris PCNU Kabupa-ten Tegal H Nur Kholis me-ngatakan, kegiatan rencana-nya diadakan setelah para pe-ngurus mengikuti upacaraHari Kemerdekaan. Selain ke-giatan halal bi halal, renca-nanya kegiatan tersebut akandirangkai dengan seminarpendidikan dengan pesertapara kepala sekolah dari lem-baga maarif NU maupun paraguru. ”Semoga kegiatan ter-sebut berjalan lancer,” ung-kapnya. (fat)

17 Agustus, PCNUAdakan HBH

PMII Pindah Sekretariat

RADAR TEGAL JUMAT, 8 AGUSTUS 2014website : radartegal.com, epaper : epaper.radartegal.comRADAR BREBES

RSUD Brebes (0283) 671431

RSU Bhakti Asih (0283) 671279 / 673481

RSIA Mutiara Bunda Tanjung Brebes (0283) 877222

RS Dera As Syifa Banjarharjo Brebes (0283) 889588/889548

RS Dedy Jaya, Jl. A. Yani No. 57 Brebes (0283) 672145/672525

- IGD/Ambulance (0283) 3287503

TELEPON PENTING

WONGE DEWEK

Diduga TerserangFlu Burung

TANJUNG - Ratusan ekor ternakayam milik sejumlah warga di DesaTanjung, Kecamatan Tanjung, Brebesdilaporkan mati mendadak, Rabu (6/8) malam. Belum diketahui pasti pe-nyebabnya, tapi warga menduga pe-nyebab kematian ternak ayam ter-sebut akibat terserang flu burung.

Kepala Desa Tanjung, Abdul Kiser,

melaporkan bahwa ratusan ternakayam yang mati mendadak itu milik 7warganya di RT 5 RW 5. Kejadiannyaberlangsung mendadak, tanpa sebe-lumnya diketahui oleh para pemilik-nya. Berawal dari kematian ayam miliksatu peternak kemudian menyebar kepeternak lainnya.

“Malam tadi kejadiannya, ayamwarga saya satu persatu pada mati.Mungkin kena flu burung, karena ke-matiannya mendadak. Karena kha-watir nanti terus menyebar, bangkai

ayam yang mati ada yang dibakar,” ujarKiser melalui ponselnya, Kamis (7/8).

Meski menduga terserang flu bu-rung, Kiser mengaku belum yakinsehingga untuk memastikan penye-bab kematian pada ratusan ekor ayamtersebut, pihaknya mengaku telahmelaporkan kejadian yang menelankerugian hingga puluhan juta itu ke-pada PPL peternakan KecamatanTanjung.

“Kami sudah lapor ke Kecamatan,semoga bisa segera ditindaklanjuti

agar tidak berlanjut menjadi kere-sahan warga kami,” ungkap Kiser.

Sementara Dinas Peternakan Ka-bupaten Brebes hingga kini belummendapatkan laporan kejadian ter-sebut. “Belum ada informasi ke kami,apakah kena flu burung atau bukanjuga kami belum bisa memastikan.Kami baru dengar, nanti segera tindak-lanjuti ke lapangan,” ujar Kepala Bi-dang Kesehatan Hewan dan Vete-riner (Kesmavet), Dinas PeternakanBrebes, drh Jhoni Murrahman. (ism)

Ratusan Ayam Mati Mendadak

14

TangkalBibitRadikalisasiJIKA akhir-akhir ini, dunia dunia maya dihebihkan dengan

tayangan simpatisan ISIS (Islamic State Of Iraq and Syiria) dariIndonesia maka hal ini perludisikapi secara jernih. PemkabBrebes diminta untuk melakukanpembinaan kepada keberadaankelompok agama secara intensifuntuk menangkal perkembangangerakan radikal di Kota Bawang.Demikian disampaikan oleh KetuaDewan Pembina GP Ansor Keca-matan Brebes, H Abdul GhofurSPdI.

“Benih-benih seperti ISIS atauorganisasi serupa yang mende-ngungkan khilafah sebetulnyatelah masuk ke Brebes dan kotakecil Indonesia melalui organisasi

pendengung khilafah dan negara Islam. Pemkab diharapkanlebih melakukan kontrol dan pengawasan,” ujar Ghofur sepertirilis yang diterima, Kamis (7/8).

Kader muda NU itu mengemukakan, ISIS adalah satufenomena dari sekian fenomena gerakan radikal yang perludiwaspadai adalah import ideologi transnasional, ideologi luarnegeri yang disebarkan melewati sekat negara bangsa masukmelalui propaganda dan publikasi lewat dunia maya akan mudahmasuk ke seluruh penjuru dunia melewati sekat negara-bangsatak terkecuali di wilayah Brebes. Bahkan, sekarang gerakanideologi sejenis yang dilarang dinegeri asalnya, seperti di Leba-non dan Yordania, di Indonesia justru tumbuh subur, seolahtidak mengancam NKRI. “Di Brebes saja, saya yakin simpatisanorganisasi transnasional seperti HTI, Ikhwanul Muslimin, salafiradikal menjamur seiring perkembangan media informasi dankomunikasi, khususnya di kalangan mahasiswa, pemuda danrakyat yang merantau di kota besar,” kata dia.

Bagi pemerintah, lanjutnya, diharapkan kontrol melaluilembaga terkait bukan hanya secara ritual, seremonial danmaterial. Penyatuan visi dan misi untuk kebangsaan itu perlu.“Bila perlu, pemerintah kabupaten Brebes mengundang semuaormas termasuk ormas yang alergi terhadap NKRI dan pancasila, untuk deklarasi kesetiaan NKRI baik lisan atau tulis. Sayayakin nanti ada yang terlihat enggan,” ucap Ghofur.

Lebih jauh disampaikan, NU terus komitmen terhadappemahaman bahwa Indonesia dengan UUD 1945, PancasilaNKRI dan Bhineka Tunggal Ika adalah harga mati. Pilar bangsawajib dipertahankan oleh setiap elemen kaum muslim sebagaiimplementasi jihad. Jihad membentuk negara darussalam ataunegara Indonesia yang damai. “GP Ansor Brebes bukan hanyamenyuarakan NKRI harga Mati tetapi menyiapkan generasi mudaBrebes menjadi generasi yang religius dan nasionalis, yangsiap mengawal kedamaian dan kemajuan bumi Brebes tercinta.Saya menghimbau kepada seluruh pemuda, jangan mudahtermakan wacana, opini serta pemaknaan ayat-ayat al-Qur’anyang dipelintir untuk kepentingan teror. Jadilah pembaca mediayang kritis,” tandasnya. (ism)

TEGUH SUPRIYANTO/RADAR BREBES

DIUNTUNGKAN - Pedagang warung dadakan diuntungkandengan banyaknya pembeli, seiring dengan kondisi lalulintas yang ramai.

Warung Dadakan Raup KeuntunganBUMIAYU - Ditengah meningkatnya volume kendaraan besar

di ruas jalur tengah Tegal-Purwokerto yang tidak jarangmengakibatkan kemacetan, masih ada sebagian orang yangmampu memanfatkannya sebagai peluang untuk meraupkeuntungan.

Mereka adalah para pedagang asongan, maupun pedagangdadakan yang menyediakan makanan ringan dipinggiran jalandengan membuka tenda maupun hanya sebatas lesehanalakadarnya.

Seperti halnya Heri (39), warga Desa Pagojengan KecamatanPaguyangan. Meskipun momen arus mudik maupun balik sudahbelalu, namun tersendatnya lalu lintas disepanjang jalan lingkarhingga pintu keluar Pagojengan menuju Paguyangan,dimanfaatkannya untuk berjualan.

“Saya mulai berjualan sejak jembatan Comal ditutup,dilanjutkan dengan musim mudik hingga balik lebaran. Ternyatahingga saat ini jalan masih ramai, jadi saya lanjutkan,”ungkapnya, Kamis (7/8).

Dengan menggunakan dua buah meja dan alas untuk tempatduduk, Heri menggelar dagangannya tidak jauh dari pintu selatanjalan Lingkar Bumiayu. Dia menjual mulai dari air mineral, kopi,mie instan siap saji hingga nasi rames yang telah dibungkus.

“Kebetulan sekarang yang jualan seperti ini sudah berkurangkarena musim lebaran sudah lewat, jadi kebanyakan yangsinggah disini para sopir truk dan juga sebagian kecil pemudikyang masih tersisa,” kata Heri.

Dia mengaku pendapatan tertinggi yang diperolehnya didapatsaat berlangsungnya puncak arus mudik maupun balik, beberapawaktu lalu.

“Saat sedang ramai-ramainya bisa memperoleh pendapatankotor Rp 1 juta/hari, tapi sekarang sudah menurun. Paling hanyaRp 500.000 hingga Rp 700.000 per hari,” akunya.

Tamrin (51), pengemudi truk bertuliskan Siba Group saatberistirahat menyampaikan, dirinya mengaku berangkat dariTanggerang Banten untuk mengantarkan material baja kewilayah Sidoarjo Jawa Timur pada Minggu dan baru bisa kembalike Jakarta hari kemarin akibat tersendatkan perjalanan yangdialihkan melalui jalur tengah. (pri)

DOK.RATEG

H Abdul Ghofur SPdI

AJIB AH...

SELAMA berlangsungnyaoperasi ketupat candi (OKC)2014, tercatat telah terjadi 49kasus kecelakaan baik di jalurpantura maupun selatan Bre-bes. Jumlah itu lebih sedikitdibanding kasus kecelakaanpada OKC tahun 2013 lalu.Pasalnya, pada tahun 2013tercatat di unit Laka LantasPolres Brebes ada 78 kejadiankasus kecelakaan lalu lintas,dengan korban meninggal du-nia 8 orang.

Menurunnya jumlah kasuskecelakaan lalu lintas padaOKC tahun 2014, merupakantrobosan program Polres Bre-bes dibantu instansi terkait.Yakni melalui program ZeroVictim, serta pemetaan titik-titik rawan kecelakaan.

Kapolres Brebes, AKBP Fer-dy Sambo SH MH melalui Ka-nit Laka Satlantas, Ipda HeruIrawan SH, mengatakan, ka-sus kecelakaan lalu lintas se-lama berlangsungnya OKC

2014 memang lebih sedikitdibanding tahun sebelumnya,dari 49 kasus kecelakaan ha-nya ada satu orang korbanmeninggal dunia.

“Selama arus mudik dan ba-lik Lebaran itu tercatat terjadisebanyak 49 kejadian. Kece-lakaan itu terjadi baik di jalurpantura maupun jalur selatanBrebes. Dari kejadian itu, kor-ban meninggal hanya satuorang,”katanya.

Sementara itu, untuk kor-ban luka berat ada 9 orang,dan luka ringan 59 orang de-ngan totol kerugian materialmencapai Rp 45,7 juta.

“Dibanding tahun sebe-lumnya, angka kecelakaanini turun drastis hingga 50persen. Tercatat di tahun 2013ada sebanyak 78 kejadian,dengan korban meninggaldunia sebanyak 8 orang,” te-rangnya.

Menurutnya, turunnya angkakecelakaan itu tidak lain meru-

pakan hasil dari berbagai upa-ya yang dilakukan jajaran Pol-res Brebes, dengan dukunganisntansi terkait lainnya. Salahsatunya, dengan penerapanprogram Zero Victim.

Dipaparkan, dalam programitu berfungsi untuk menekankecelakaan lalu lintas, ter-masuk korban jiwa. Yakni, de-ngan melakukan pendekatandan sosialisasi kepada peng-guna jalan, pemasangan ram-bu dan spanduk peringatan.Kemudian, antisipasi-antisi-pasi di titik-titik rawan kece-lakaan yang sudah dipetakansebelumnnya.

Ditambahkan, angka kece-lakaan lalu lintas selama inimenjadi salah satu tolak ukursekses atau tidaknya penga-manan arus lalu lintas selamamudik dan balik Lebaran. Ber-bagai upaya pun dilakukanJajaran Polres Brebes untukmenekan angka kecelakaantersebut. (harviyanto)

BUMIAYU - Jalur Ciregolkembali perlu mendapat per-hatian serius. Kondisi ini sei-ring dengan dijadikannya ja-lur utama Tegal-Purwokerto,sebagai jalur pengalihan arusdari jalur Pantura akibat keru-sakan jembatan Comal, Pe-malang.

Menyikapi hal tersebut, se-jumalah aktivis maupun pe-giat lingkungan mendukunglangkah Dinhubkominfo Bre-bes yang memandang perlu dilakukannya pemberlakuanbatasan muatan yang melin-tasi jalur Ciregol saat ini.

“Perlu di lakukan antisipasi.Agar jangan sampai kondisi yangpernah terjadi, kembali ter-ulang,” kata Slamet Riyadi, aktivissosial Bumiayu, Kamis (7/8).

Dikatakaan, upaya antisi-pasi bisa dilakukan dengankembali memberlakukan pe-ngurangan beban muatan ken-daraan yang melintas di wila-yah tersebut sebagaimana yangsaat ini tengah diupayakanoleh Dinhubkominfo.

“Sebagaimana status sebe-lumnya, perbaikan Ciregolmerupakan penanganan da-rurat sembari menunggu upa-ya lain berupa pengalihan ja-lur. Hal ini perlu ditindaklan-juti, sebab kita tahu dan rasa-kan dampak dari putusnyajalur tersebut seperti yang per-nah terjadi,” ungkapnya.

Diakui, pihaknya merasakhawatir atas kondisi yangsaat ini terjadi di jalur utamatersebut. Pasalnya, sejak per-baikan diselesaikan menje-lang musim mudik Lebaranlalu, pengawasan terhadapaktifitas di jalur tersebut terke-san dibiarkan.

“Sementara saat ini tanda-tanda kerusakan sudah mulainampak, disisi lain aktifitas

kendaraan disana sangat ting-gi. Jika ini tidak disikapi dandibiarkan, saya khawatir ben-cana akan kembali terulang,”urainya.

Kekhawatiran warga ma-syarakat akan kembali rusak-nya jalan di tanjakan Ciregolsemakin membutuhkan per-hatian. Hal itu didasari denganbelum adanya tindakan dariinstansi terkait, sebagai upayapencegahan terhadap kondisitanjakan dengan masih ba-nyaknya kendaraan denganbeban berat, melintas di lokasitersebut.

Seperti yang diungkapkanSuwitno, salah seorang pe-laku usaha angkutan asal ke-camatan Bumiayu mengung-kapkan kehawatirannya jikakondisi ciregol kembali me-ngalami kerusakan.

“Kita sudah merasakan be-tapa sulitnya kondisi saat Ci-regol putus dan tidak bisadilalui, dimana kita terbebanibaik masalah biaya maupunwaktu saat akan melakukanperjalan ke Pusat PemerintaanKabupaten,” kata dia.

Hal yang sama juga diung-kapkan Usep (48) warga DesaPurbayasa Kecamatan Ton-jong. Dikatakan, sebagai war-ga yang tinggal di wilayah yangdijadikan jalan alternatif saattanjakan Ciregol di tutup aki-bat bencana, sangat merasa-kan dampaknya.

“Jalan didepan rumah yangmerupakan jalan Kabupatenmengalami rusak parah akibatbanyaknya kendaraan yanglewat diluar ketentuan perun-tukan jalan. Saat ini sudahmulai di lakukan perbaikan,tapi seandainya kondisi yangsama terulang, jelas kami me-rasa sangat di rugikan,” tutur-nya. (pri)

BREBES - Objek Wisata Ran-dusanga Indah (Par-In) yangberada di Desa RandusangaKulon Kecamatan Brebes kinisudah mulai sepi pengunjung.Padahal selama lebaran ke-marin, pengunjung yang da-tang ke objek wisata itu bisamencapai ribuan orang tiapharinya. Dari pantauan Kamis(7/8), tampak pengunjung su-dah tidak banyak terlihat diobjek wisata yang menawar-kan keindahan pantai itu.

Petugas pintu masuk OWPar-In, Isron mengatakan, saatini pengunjung sudah ber-kurang dari hari-hari sebe-lumnya. Jikan dibandingkanselama liburan lebaran, jum-lah pengunjung berkurangsangat banyak.

Menurut dia, puncak kera-maian kunjungan wisatawanyang masuk ke OW Par-In ter-jadi pada hari Minggu kema-rin. Meski sepi, tapi sejumlahwisatawan dari daerah lain,seperti Jakarta masih ada yangdatang untuk menikmati pe-

mandangan pantai. Namunjumlahnya relatif sedikit, di-banding saat liburan lebaran.

“Memang masih ada pe-ngunjung dengan menggu-nakan kendaraan bernomorpolisi Jakarta yang masuk, tapijumlahnya tidak sebanyakpada hari-hari sebelumnya,”-katanya.

Kepala Pengelola OW Pan-tai Randusanga Indah, Pra-yitno ditemui di kantornyamembenarkan adanya penu-runan pengunjung paska le-baran. Bahkan pihaknya men-catat hanya sekitar seratusanorang pengunjung yang ma-suk. Ia mengakui, selama le-baran kemarin jumlah pengun-jung yang datang ke OW Par-In meningkat dibanding padahari-hari biasanya. Bahkanjumlahnya mencapai ribuanorang.

“Selain bermain di pantai,selama lebaran kemarin pe-ngunjung juga dimanjakandengan hiburan musik,”pung-kas dia. (har)

HARVIYANTO/RADAR BREBES

MENGATUR – Kapolres Brebes AKBP Ferdy Sambo SH MH bersama anggota tampak tengahmengatur arus kendaraan pemudik beberapa waktu lalu.

H anya 49 Kasus Kece lakaan

OW Par-In KembaliSepi Pengunjung

TEGUH SUPRIYANTO/RADAR BREBES

MENGANTRI - Sejumlah kendaraan dengan beban muatanbesar terpaksa mengantri saat melintasi jalur utama Tegal-Purwokerto, akibat padatnya kendaraan.

Jalur Ciregol ButuhPerhatian Serius

SAMBUNGAN 15RADAR TEGAL JUMAT, 8 AGUSTUS 2014website : radartegal.com, epaper: epaper.radartegal.com

Ramai Dikunjungi Wisatawandari halaman 9

Ratusan Reklame Dibredeldari halaman 9

Anggota DPRD Bakal Dapat ...dari halaman 9

Posko Tunjangan Hari Raya ...dari halaman 9

Fraksi-fraksi Sampaikan Pendapatdari halaman 9

Rachmat: ISIS Perlu Diwaspadaidari halaman 9

Pamerkan Seni Budaya di TMIIdari halaman 9

Rapat Paripurna Persetuju-an Penetapan Raperda ten-tang Organisasi dan Tata KerjaBadan Penanggulangan Ben-cana Daerah Kota Tegal inidipimpin oleh Ketua DPRDKota Tegal H Edy Suripnno SHMH, dihadiri oleh Wali KotaTegal Hj Siti Masitha Soepar-no, Wakil Wali Kota Tegal HMNursholeh MPd, jajaran Fo-rum Komunikasai PimpinanDaerah (Forkompinda), danjajaran Kepala Satuan KerjaPerangkat Daerah (SKPD).

Dalam sambutannya, WaliKota Tegal Hj Siti Mashita Soe-parno mengatakan, bencanapada dasarnya merupakansuatu bentuk gangguan terha-dap kehidupan dan penghi-dupan masyarakat. Oleh ka-rena itu, penanggulanganbencana pada hakikatnya me-rupakan upaya kemanusiaanuntuk melindungi dan me-nyelamatkan manusia sebagaisumber daya pembangunandari ancaman bencana.

“Disamping itu penanggu-langan bencana juga meru-pakan upaya kegiatan ekono-mi yang bertujuan memulih-kan dan mengembalikan ke-rugian harta benda, kerusakansarana dan prasarana, sertamemulihkan kehidupan danpenghidupan masyarakat.Dasar penanggulangan ben-cana di Kota Tegal saat inimasih berdasarkan pada Per-aturan Wali Kota Tegal Nomor22 tahun 2010 tentang pem-bentukan organisasi dan tata

kerja badan penanggulanganbencana daerah Kota Tegal.Hal tersebut, dirasa masihkurang efektif dalam penye-lenggaraan penanggulanganbencana.”

Sebab, sambung walkot,unsur pelaksanaan dalam su-sunan organisasi Badan Pe-nanggulangan Bencana Dae-rah dijabat secara ex-officiooleh beberapa Kepala SKPD dilingkungan Pemerintah KotaTegal. “Permasalahan yangsering muncul antara lain le-mahnya koordinasi serta be-lum jelasnya mekanisme pe-nganggaran untuk program-program penanggulanganbencana. Sebab, masih ter-sebar di beberapa SKPD,” te-rangnya.

Sementara itu, dari FraksiPartai Golkar, pendapat fraksidisampaikan oleh Enny Yu-ningsih SH. Enny mengutara-kan, melalui kesempatan ini,Fraksi Golkar memberikanbeberapa masukan, antaralain setelah badan ini terben-tuk, Wali Kota harus segeramengajukan Raperda tentangpelaksanaannya atau Raper-da tentang penanggulanganbencana.

“Yang perlu diperhatikanyaitu kompetensi pejabatyang ditunjuk sebagai unsurpelaksana, perlunya peta ra-wan bencana, perlunya koor-dinasi ke Kementerian untukpenerimaan bantuan dan pro-gram penanggulangan ben-cana dari pemerintah pusat.Selain itu, perlunya memper-hatikan bencana kerawanan

sosial seperti kemiskinan, ke-rusakan moral dan masalahperumahan tidak layak huniyang sesungguhnya merupa-kan bencana dalam bentuklain bagi masyarakat yang ku-rang beruntung,” imbuhnya.

Dari Fraksi PDI PerjuanganKusnendro ST menyampaikanbeberapa point. Di antaranya,Fraksi PDI Perjuangan menya-rankan kepada Wali Kota Te-gal untuk segera menetapkandaerah rawan bencana di KotaTegal. Terkait dengan pene-tapan darurat bencana olehWalikota Tegal, kata dia, FraksiPDI Perjuangan mengharap-kan penetapan darurat ben-cana harus didasarkan padakriteria dan indikator yang su-dah di tetapkan sebelumnyaoleh Walikota Tegal, berdasar-kan fakta di lapangan setelahterjadinya bencana.

“Fraksi PDI Perjuanganmengharap Pemerintah KotaTegal segera membentuk timseleksi unsur pengarah yangberasal dari masyarakat profe-sional setelah ditetapkanyaRaperda Organisasi dan TataKerja Badan PenanggulanganBencana Daerah Kota Tegal.Fraksi PDI Perjuangan me-mandang perlu dilakukan pe-ningkatan status SKPD dariKantor Lingkungan Hidupmenjadi Badan LingkunganHidup mengingat beban kerjayang ditangani oleh SKPD ter-sebut dan perubahan namaBadan Pelayanan dan Perijin-an Terpadu (BPPT) menjadiBadan Penanaman Modal danPerijinan Terpadu (BPMPT)

untuk memudahkan koordi-nasi vertical baik ke provinsimaupun ke pusat, karena dibeberapa daerah yang lain punsudah melakukan perubahanBPPT menjadi BPMPT,” papar-nya.

Kusnendro menguraikan,Pemerintah Kota Tegal harussegera merealisasikan per-baikan Jalan Blanak, Jalan Bra-wijaya, dan Jalan Mataramkarena kondisinya sudah ru-sak parah dan di keluhkan olehwarga masyarakat, mengingatanggaranya sudah ada. Perdapenyertaan modal kepadaBUMD, sambung dia, sudah ditetapkan sementara sampaidengan saat ini realisasinyabelum di laksanakan. Sehing-ga Fraksi PDI Perjuangan me-ngingatkan kepada Pemerin-tah Kota Tegal untuk segeramerealisasikan penyertaanmodal tersebut.

“Jangan sampai kemudianPerda tersebut tidak bisa dilaksanakan karena menyang-kut pelayanan kebutuhan ma-syarakat yang mendasar ter-kait dengan kebutuhan airbersih dan modal usaha. Se-hingga Pemerintah Kota Tegaltidak di katakan tidak mampumemberikan pelayanan primakepada masyarakat Kota Te-gal,” jelasnya.

Dari enam fraksi yang mem-berikan pendapat dalam RapatParipurna ini, semua fraksi me-nyatakan setuju terhadap Ra-perda tentang Organisasi danTata Kerja Badan Penanggula-ngan Bencana Daerah Kota Te-gal tersebut. (nam)

Kemudian unsur aparaturpenegak hukum (kepolisiandan kejaksaan). Tim juga meli-batkan Serikat Pekerja Selu-ruh Indonesia (SPSI), Gapensidan PHRI.

Dibeberkan, dari hasil pe-mantauan ke sejumlah peru-sahaan yang dijadikan samplepembayaran THR, semuanyasudah membayarkan THR ke-pada pekerja. “Ada yang mulaimembayarkan sejak 11 Juli, 15Juli dan 18 Juli,” tegasnya.

Ada pula perusahaan, sam-bung Joko, seperti pusat per-belanjaan yang mempeker-jakan pekerjanya pada hari Le-baran. Karena itu perusahaanwajib membayar upah lembur,sebagai kompensasi kepadapekerja. Salah satu pusat per-belanjaan, sebut dia, mena-warkan upah lembur sebesarRp200.000 per hari kepadapekerjanya. Upah lembur di-bayarkan langsung setelahselesai bekerja. “Pada hari itujuga,” tuturnya.

Sebelumnya, Joko mene-

gaskan, kewajiban perusa-haan memberikan THR, besa-rannya disesuaikan denganmasa kerja masing-masing pe-kerja. Mereka (pekerja) yangmasa kerjanya sudah menca-pai atau lebih dari satu tahunmendapatkan THR sebesarsatu kali gaji. Sedangkan pe-kerja yang masa kerjanya barutiga bulan atau lebih tapi ku-rang dari 12 bulan. THR dibe-rikan secara proporsional de-ngan menghitung jumlah bulankerja dibagi 12 (dua belas) bu-lan dikali satu bulan upah. (adi)

Oleh karenanya, gerakanISIS tersebut perlu diwaspa-dai agar tidak merambah keKota Tegal. Hal tersebut, di-sampaikan oleh Ketua FraksiPartai Keadilan Sejahtera(PKS) DPRD Kota Tegal Rach-mat Raharjo, sesaat sebelummengikuti Rapat ParipurnaPersetujuan Penetapan Re-perda tentang Organisasi danTata Kerja Badan Penanggu-langan Bencana Daerah KotaTegal, di Gedung DPRD KotaTegal, Kamis (7/8).

“Sebagaimana yang disam-

paikan oleh Dewan PimpinanPusat, gerakan ISIS ini perludiwaspadai. Terutama aksikekerasan yang tidak sesuaidengan Islam sendiri. Islam iturahmatan lil alamin. GerakanISIS itu tidak sesuai denganapa yang diajarkan oleh Rasul.Bahwa menyeru umat, itu ha-rus dengan kebaikan, dengancontoh yang baik,” ujar Rach-mat.

Menurut Rachmat, ISIS me-rupakan gerakan yang mem-bahayakan. Beruntung, pe-merintah telah mengambil ke-bijakan tegas menolak ISIS.Rachmat berharap, umat Is-

lam agar bisa menyatukanpandangan. “Artinya dari Ma-jelis Ulama Indonesia, Nahdla-tul Ulama, Muhammadiyah,dan kami PKS agar memilikipandagan sama untuk meno-lak ISIS. Sehingga tinggal me-lakukan sosialisasi kepadamasyarakat,” terangnya.

Agenda ISIS, kata dia, ada-lah membangun kekhalifah-an. Sehingga mereka merekrutmassa dari wilayah lain, misal-nya dari ormas-ormas Islam,termasuk yang ada di Indone-sia. Sehingga, kata dia, de-ngan begitu bisa mengakui ek-sistensi ISIS sebagai khalifah.

“Ini sengaja dibenturkan de-ngan sesama umat Islam. Pa-dahal makna kekhalifahan itusendiri tidak seperti yang dila-kukan ISIS,” imbuhnya.

Rachmat justru mengkha-watirkan, tindakan yang dila-kukan oleh ISIS justru menga-burkan makna kekhalifahanitu sendiri. “Yang kami kha-watirkan adalah konsep ke-khalifahan itu sendiri. Seka-rang, konsep kekhalifahanakan menimbulkan traumatiksendiri bagi warga dunia. De-ngan adanya ISIS, makna ke-khalifahan justru menjadi ne-gatif,” kata dia. (nam)

Sekadar diketahui, uang ja-sa pengabdian tersebut diaturdalam Peraturan PemerintahNomor 24 Tahun 2004 tentangKedudukan Protokoler danKeuangan Pimpinan dan Ang-gota DPRD.

Sekretaris DPRD Kota TegalDrs Totok Subagyo mengata-kan, dalam pasal 23 peraturanpemerintah tersebut, diatursoal uang jasa pengabdianmulai dari yang satu tahunsampai lima tahun menjadiwakil rakyat. “Sesuai peratur-an itu, anggota DPRD yangmemiliki masa bakti sampailima tahun ini mendapat uangjasa pengabdian setinggi-ting-ginya enam bulan uang repre-

sentasi,” ujar Totok, Kamis (7/8).

Dia menjelaskan, sesuai per-aturan, besaran uang jasa pe-ngabdian yang diterima ang-gota DPRD berbeda-beda, se-suai dengan masa bakti yangbersangkutan. Dia menyebut-kan, per bulannya, uang re-presentasi ketua DPRD Rp2,1juta, wakil ketua Rp1,6 Juta, dananggota Rp1,5 juta.

“Jika masa baktinya satutahun, maka yang bersang-kutan akan menerima uangjasa pengabdian sejumlah sa-tu bulan uang representasi.Jika masa baktinya dua tahun,maka akan mendapatkan duabulan uang representasi. Ke-cuali yang masa baktinya limatahun, dia akan menerima

enam bulan uang represen-tasi,” paparnya.

Totok menambahkan, uangjasa pengabdian ini akan dibe-rikan setelah Anggota DPRDyang bersangkutan dinyata-kan berhenti secara hormatmelalui Surat Keputusan Gu-bernur. “Dari 30 orang anggo-ta, sebanyak 27 orang memilikimasa bakti penuh selama limatahun, sedangkan tiga orangsisanya merupakan penggantiantar waktu,” jelasnya.

Sesuai rencana, pelantikanAnggota DPRD Kota Tegalyang terpilih pada PemilihanUmum Legislatif tahun 2014,akan dilaksanakan pada 21Agustus mendatang di RuangRapat Paripurna DPRD KotaTegal. (nam)

Tak sedikit wisatawanmenghabiskan waktu liburandi tempat itu.

Berdasarkan pengamatanRadar, pantai yang berada diKelurahan Muarareja, setiaphari tak pernah sepi. Selamaberada di sana, pengunjungdapat menikmati deburanombak, dan hamparan pasirpantai begitu luas. Sebuahpemandangan sangat menak-jubkan.

Angin sepoi-sepoi yang da-tang, membuat orang merasalebih rileks. Pantai ini cocokmenjadi tempat berlibur ber-sama keluarga. Sejauh matamemandang, yang terlihat ha-nyalah laut biru, dengan kein-dahan ombak saling berkejar-an. Makin menambah keda-maian hati para pengunjung.Selama di lokasi, mereka jugadapat menyaksikan burungcamar bermain riang. Sambilterbang mengitari kapal nela-yan, mencari mangsa berupa

ikan kecil.Sambil duduk di tepian pan-

tai, wisatawan sekaligus biasmelihat hilir mudik kapal sepu-lang dari menangkap ikan.Keberadaan kapal kecil yangbiasa sandar, masyarakat se-tempat biasa menyebutnyakapal tulak. Setiap hari jumlahyang keluar-masuk PantaiMuarareja, mencapai puluh-an unit.

Untuk menikmati keindah-an pantai, pengunjung cukupberdiri di atas tumpukan batu,berfungsi sebagai penahangelombang atau growing.Khusus di Pantai Muarareja,dipasang berjejar. Orang da-pat menikmati bagaimanasegaranya udara laut.

Angin kencang dan ombakyang selalu menghempas kebibir pantai, setidaknya mam-pu mengobati terik panasnyatempat tersebut. Pantai Mua-rareja sangat cocok untukduduk santai, berjemur, atauberlari-lari kecil sambil bercan-da dengan keluarga atau re-

kanan. Pantai ini cukup te-nang, jauh dari bisingnya ken-daraan.

Disamping banyak dikun-jungi wisatawan, Pantai Mua-rareja didatangi pemancingdari sejumlah daerah. Kalaucuaca bagus, dan ombak tidakterlalu besar, mereka yangdatang mencapai puluhan.

Kalau pantai lain dikelilingiberagam bangunan, beda hal-nya dengan Pantai Muarareja.Terlihat rimbunnya pohonmangrove, dan rindangnyacemara laut.

“Sambil menikmati ombak,juga mendengarkan ramainyabermacam jenis burung. Ka-lau kebetulan lagi pusing, ka-rena memikirkan pekerjaandan kesibukan lain, kesegaranpikiran saya memilih datangke pantai,” ujar pengunjung,Erwin.

Untuk menuju lokasi, pe-ngunjung tidak dipungut ba-yaran sepeser pun alias gratis.Sementara di pantai lain dita-rik ongkos. (din)

Dalam penertiban ini, sam-bung dia, personel yang diter-junkan sebanyak 20 orang. Timmulai menyisir dari Jalan Ko-lonel Sudiarto, Serayu, YosSudarso, Panggung Timur danSlamet Riyadi. Penertiban di-lanjutkan ke Jalan Veteran, DIPanjaitan, Hang Tuah, Blanak,

serta Kapten Ismail.Reklame-reklame di ruas

Jalan Dr Sutomo, Merpati, KSTubun, Sultan Agung, dan RAKartini, juga tidak luput darigiat penertiban.

“Dalam menertibkan,kami mendasari informasidari DPPKAD. SebelumnyaDPPKAD juga sudah mela-kukan penertiban sebagian

reklame-reklame komersialyang melanggar aturan,” im-buh Edi.

Giat penertiban, masih kataEdi, akan terus dilanjutkanpada hari berikutnya. Sebab,hasil koordinasi denganDPPKAD masih banyak rekla-me-reklame komersial yangmasa pajaknya habis tetapimasih terpasang. (adi)

Tahun ini seni budaya yangdisuguhkan antara lain tam-pilan wayang limbah oleh KiBarep dikolaborasikan de-ngan sulap dan drama dariSanggar Seni Sorban IrengKecamatan Tegal Barat. Selainitu, juga ditampilkan orkescampur sari Gema MustikaPimpinan Slamet Riyadi dariKelurahan Pekauman.

Tidak hanya itu. Acara jugadiisi tampilan Tari Gelar Batikdari Sanggar Candra ManikanKelurahan Mintaragen. Lalu,Tari Golek Sulung Dayung da-ri Sanggar Tari Perita Sari. “Ada

pula tampilan musikalisasipuisi dari Komunitas Kata Ha-ti, Michael Gunadi,” katanya,Kamis (7/8).

Adapun produk unggulanyang dipamerkan, sambungBudi, antara lain batik Tegal,telur asin, aneka jajanan, wa-yang golek. Pameran produkini diprakarsai oleh Dinas Ko-perasi UMKM Perindustriandan Perdagangan. TermasukForum for Economic Develop-ment and Employment Pro-motion (FEDEP) yang me-nampilkan produk-produkolahan ikan.

Disebutkan, gelar seni bu-daya dan produk unggulan

dalam rangka silaturahmi danhalal bihalal pemkot denganwarga Tegal di Jakarta, diikutikurang lebih 500 orang. Me-reka terdiri dari Kepala SKPDberserta istri sebanyak 200-anorang dan Ikatan KeluargaBesar Tegal Bahari (IKBT) yangdiketuai Brigjen Purn dr MohJoesro MM MM MARS seba-nyak 200-an orang. Termasukpara sponsor yang ikut ber-peran serta dalam kegiatandimaksud. “IKBT merupakanorganisasi yang membawahisejumlah paguyuban orang-orang Tegal di Jakarta.”

Guna memeriahkan acara,sponsor memberikan puluh-

an hadiah doorprize. Di anta-ranya televisi, kipas angin,magic com serta puluhan ha-diah menarik lainnya. Penye-lenggara juga menyuguhkanhidangan kuliner khas Tegal,seperti soto, ponggol, lengko,tahu aci dan mendoan de-ngan memboyong pembuat-nya langsung dari Kota Tegal.

Budi menambahkan, se-suai rencana rombonganakan berangkat dari Tegal,Sabtu (9/8) pagi pukul sekitar07.00 dengan menggunakan 6unit bus. “Sebanyak 4 busuntuk angkut SKPD dan 2 busuntuk pengisi acara,” pung-kasnya. (adi)

SEPANJANG masa libur Le-baran, angka kunjungan tamuke hotel di Kota Tegal meng-alami peningkatan. Salah sa-tunya Karlita InternationalHotel, Jalan Brigjen Katamso,Kecamatan Tegal Barat.

Manajer hotel bintang 3tersebut, Nicholas, membe-narkan kalau adanya kenaikanjumlah tamu sepanjang libur-an tahun ini. “Dibanding haribiasa, lima hari belakanganjumlah tamu banyak.”

Menurutnya, dari informasiyang diperoleh, para tamu ke-banyakan memilih beristira-hat, setelah merasa lelah aki-bat terjebak kemacetan, padaarus mudik dan balik Lebaran.

“Kebanyakan yang meng-inap lima hari, berasal dari luarkota, seperti Bekasi, Jakarta,Bandung, dan Bogor. Bila di-persentasikan, penambahanangka tamu hotel 80 persen.”

Pada kesempatan itu, Ni-cholas bersyukur, dampak ke-macetan arus mudik dan balik,tahun ini memberikan berkahtersendiri, bagi usaha yangdikelolanya. “Karlita Interna-tional Hotel merupakan hotelberbintang 3 plus di Kota Tegal(Jawa Tengah), dirancang dandilengkapi dengan berbagaifasilitas pendukung. Sehingga

jadi tempat persinggahan sa-ngat nyaman, untuk segalatujuan perjalanan bisnis, perja-lanan dinas maupun meng-adakan acara bersama keluar-ga tercinta di Kota Bahari.”

Hotel yang berada di JalanBrigjen Katamso tersebut, jugamenyediakan 90 kamar berba-gai tipe. Mulai standar sampaiPresidential Suite, yang men-jadikan hotel di Tegal ini, seba-gai hotel yang bisa mengako-modasi segala kebutuhan,dan keinginan akan tipe kamaryang diperlukan para tamu.

“Berbagai fasilitas hotel dise-diakan, menunjang kegiatantamu. Antara lain Free Broad-band Internet Access, saluranTV kabel, In House Movies,Room Service yang siap me-layani 24 jam, Laundry Service,Swimming Pool, Function Hall(from 100-1000 pax), GrandEastern Catering Service, ClubArena International Spa andAromatherapy, Zodiak Disco-theque and VIP Karaoke, Mas-jid Al-Muntaha dan Free De-posit Box,” bebernya.

Untuk kamar Hotel kelasStandard Room, memilikiukuran 12 M2, dilengkapifasilitas kamar; TV chanel 12Inch, Internet akses, penyejukruangan (AC), slipper, hot wa-

ter, perlengkapan showerbathroom.Standard Plus me-miliki ukuran 15m2 dengandilengkapi fasilitas TV cablechannels, TV 21”, 24 hours freeBroadband Internet access, inroom mini bar & hot watercattle, refrigerator, air condi-tioner, slipper, hot water, bathtub, bathroom amenities. Se-dangkan untuk Deluxe room,ukuran 18m2 dilengkapi de-ngan fasilitas TV cable chan-nels, TV 21”, 24 hours freeBroadband Internet access, inroom mini bar & hot watercattle, refrigerator, air condi-tioner, slipper, hot water, bathtub, bathroom amenities.

“Superior room ukuran 30M2 dilengkapi fasilitas TV cablechannels, TV 29”, 24 hours freeBroadband Internet access, inroom mini bar & hot water cattle,refrigerator, air conditioner, slip-per, hot water, bath tub, bath-room amenities. Untuk Suiteroom, ukuran 48M2 termasukliving room dan working desk,kamar ini juga dilengkapi fasi-litasTV cable channells, TV 37”,24 hours free Broadband In-ternet access, in room mini bar& hot water cattle, refrigerator,air conditioner, slipper, hot wa-ter, bath tub, bathroom ameni-ties.’’ (gus)

Lebaran Tamu Hotel Karlita Alami Peningkatan

AGUS WIBOWO/RADAR TEGAL

INDAH - Hotel Karlita di Jalan Brigjen Katamso, berdiri megah nanindah bila dipandang dari seberang jalan.

JUMAT, 8 AGUSTUS 2014 16RADAR TEGAL

NelayanDiteriakiMaling

AGUS WIBOWO/RADAR TEGAL

PENASARAN - Para pemilik BB penasaran melihat foto bugil yang wajahnya mirip mami.

Bawa Kabur HPSamsung GalaxyChat

MESKI berhasil membawakabur Hand Phone (HP) Sam-sung Galaxy Chat, namun AjiSetia W alias Jipong (20) wargaJalan Batam, Kelurahan Pang-gung, Kecamatan Tegal Timur,Kota Tegal, akhirnya tertang-kap juga. Pemuda nelayan ter-sebut diteriaki maling olehkorbannya saat melintas diPasar Pagi, Kamis (7/8). Pelakukini mendekam di ruang tahan-an Mapolsekta Tegal Timur.

Menurut petugas, kejadianbermula ketika 12 Juni 2014silam sekitar pukul 21.00, MasAl Bawazir (17) warga JalanGandaria, Kelurahan Kraton,Kecamatan Tegal Barat, ber-

transaksi HP Samsung GalaxyChat dengan pelaku. Disepa-kati harganya Rp 1,2 juta. Be-lum membayar barang yangdibelinya, pelaku malah ka-bur. Korban tak bisa berbuatbanyak karena pelaku segeratancap gas.

Singkat cerita, kemarin, pe-laku melintas di sekitar PasarPagi dan bertemu korban. Takmau buruannya lolos, korbanmeneriakinya maling. Pelakuyang ketakutan dihakimimassa sontak diam dan di-amankan warga ke Mapol-sekta Tegal Timur.

Kapolsek Tegal Timur,Kompol HM Syahri, kepadaRadar menyatakan pelaku ma-sih diperiksa intensif. ‘’Modus-nya pelaku pura-pura beli HP,setelah barang didapat lang-sung kabur,’’ jelasnya. (gus)

Heboh, Foto Bugil ”Mami” PL BeredarSEJUMLAH pemilik ponsel

Black Berry (BB) belakanganmenerima broadcast heboh.Isinya, sebuah gambar wanitabugil yang wajahnya mirip“mami” wanita Pemandu La-gu (PL) Karaoke di Kota Tegal.Namun, sejak foto bugilnyaberedar luas, keberadaan wa-nita tersebut malah menghi-lang.

Mami cantik yang biasa tu-gas di karaoke seputar kom-pleks Nirmala Square tersebutmemang cukup terkenal dikalangan para lelaki pecintakaraoke. Sehingga, ketika fotobugil yang diduga dirinya ber-

edar, sontak membuat geger.Daniel (34) warga yang di-

hubungi Radar, Kamis (7/8),membenarkan foto syur pe-rempuan yang di-share mela-lui BB sangat mirip denganmami PL yang biasa bekerja dikaraoke di kompleks NirmalaSquare Jalan Yos Sudarso KotaTegal.

Dia menduga, ada salah sa-tu foto yang diperkirakan di-potret oleh orang lain. “Sebabposisi saat difoto, mami bugilsambil berbaring dan terse-nyum. Mungkin yang meng-ambil gambar pacar atau or-ang dekatnya,’’ katanya.

Sementara, salah seorangpengelola karaoke di NirmalaSquare berinisial ED membe-narkan jika foto syur yang mi-rip mami tersebar luar melaluiBB. “Bahkan, beredarnya sejakawal masuk bulan Rama-dhan,’’ terangnya.

Sayang, saat hendak dikon-firmasi Radar terkait kebe-naran foto tersebut, pelakuyang akrab disapa mami ini takdiketahui lagi jejaknya. Adayang menyebutkan mami pu-lang kampung. Tapi yang jelas,menurut salah satu sumber,saat ini mami sudah tidak be-kerja lagi di karaoke. (gus)

BATANG - Petugas PolsekReban membekuk Kumaidi(21) warga Desa Wonorejo,Kecamatan Reban, Selasa (5/8) kemarin. dia ditangkap kare-na telah melakukan persetu-buhan dengan seorang anakyang masih dibawah umur,yaitu TI warga desa Rebanyang masih berusia 14 tahun.Akibat perbuatanya itu, pela-ku kini harus mendekam di seltahanan polisi dan terancamdijerat dengan Undang un-dang Perlindungan anak.

Kapolres Batang AKPB WidiAtmoko melalui Kapolsek Re-ban AKP Raharja menjelaskan,pelaku ditangkap karena telahmelakukan persetubuhan de-ngan anak dibawah umur danjuga menggunakan ancamansaat melakukanya. Peristiwaitu sendiri terjadi pada Sabtu(2/8) lalu, dimana saat itukorban mendapat pesan atauSMS untuk diajak ketemuandengan pelaku di pengkolanDesa Reban sekitar pukul16.30 WIB. Setelah korban da-tang, lalu diajak jalan-jalanoleh pelaku.

“Sekira pukul 20.00 WIB,keduanya tiba di TK DarmaPutra Desa Wonorejo, dankorban kemudian diajak kebelakang bangunan tersebut.Ditempat itulah pelaku me-maksa korban untuk melaku-

kan persetubuhan selayknyasuami istri, dan karena takutkorbanpun akhirnya bersediamelakukanya,” ujar AKP ra-harja.

Setelah berhasil menggaulikorban, selanjutnya sekirapukul 21.30 WIB pelaku me-ngajak TI ke Agro wisata Pagi-laran untuk menemui teman-temanya. Dan sekira pukul23.00 WIB, datang sebuahangkutan kota berplat nomorB atau Jakarta warna biru yangternyata ditumpangi oleh te-man-teman pelaku, dan ke-duanyapun naik kendaraantersebut.

Setibanya di parkiran ken-daraan yang ada di Pagilaran,pelaku dan korban ditinggalberduaan di angkot tersebut.

“Dan dengan bujuk rayuakan dinikahi oleh pelaku,korbanpun kembali diajakberhubungan layaknya suamiistri di angkot tersebut. Ke-esokan harinya, kejadian itu-pun di laporkan ke Polsek Re-ban oleh keluarga korban. Danberdasarkan laporan tersebut,petugas melakukan penang-kapan terhadap pelaku,” jelaskapolsek.

Kasus itu sendiri saat inimasih dalam proses penyi-dikan oleh petugas, dan pela-ku diamankan guna pemerik-saan lebih lanjut. (rul)

NURUL FATAH/RADAR PEKALONGAN

DIPERIKSA - Kapolsek dan anak buahnya memeriksatersangka yang nekad menyetubuhi anak dibawah umur.

Gauli Anak DibawahUmur, Kumaidi Dibekuk

Pencuri Satroni Ruang GuruTEGALREJO - Salah satu

ruang guru Madrasah Ibtida-iyah Salafiyah (MIS) Tegalrejodi Jalan Untung Suropati, Kelu-rahan Tegalrejo, KecamatanPekalongan Barat, disatronipencuri, Kamis (7/8) pagi. Aki-bat kejadian tersebut, keru-gian ditaksir mencapai belas-an juta rupiah.

Informasi yang berhasil di-himpun Radar Pekalongan,aksi pencurian terjadi saatproses belajar mengajar se-dang berlangsung, sekira pu-kul 08.00 WIB. Pelaku masukke dalam ruang guru yang ti-dak terkunci dan kosong, danberhasil membawa kabur satuunit laptop milik salah se-orang guru, serta uang jutaanrupiah yang tersimpan dalamtas milik sejumlah guru yangditaruh di dalam ruang kantortersebut.

M Yusnar Yusuf, Staf TU danBendahara setempat, yangjuga salah satu korban, me-nuturkan aksi pencurian baruia ketahui sekira pukul 08.00WIB. Saat itu kondisi di dalam

ruang guru sedang kosong,karena para guru sedang me-ngajar para siswa di ruang ke-las. “Para guru mulai mengajardi dalam kelas pukul 07.30WIB. Saat kejadian, para guru

masih mengajar para siswa,”katanya.

Saat itu, dia dari ruang kelasmenuju ke ruangan untuk me-ngambil uang di tasnya yangditaruh di ruang guru. (way)

WAHYU HIDAYAT/RADAR PEKALONGAN

DISATRONI PENCURI - Ruang guru Madrasah IbtidaiyahSalafiyah (MIS) Tegalrejo yang disatroni pencuri.

100 Sopir Bus Dites KesehatanPEKALONGAN - Sebanyak 100 sopir bus antar kota antar

provinsi (AKAP) dan antar kota dalam provinsi (AKDP)menjalani tes kesehatan di Terminal Pekalongan, Selasa (5/8) malam dan Rabu (6/8) pagi.

“Tes kami lakukan untuk seluruh sopir AKAP dan AKDPmaupun awaknya. Kami lakukan pemeriksaan. Kamilakukan dua kali pemeriksaan, yakni Selasa malam dan Rabupagi,” kata Kepala Terminal Pekalongan, Ali Tas’an, kemarin.

Dari hasil tes kesehatan Selasa malam itu, kata Ali Tas’an,tidak ditemukan sopir yang mengonsumsi narkoba ataupunalkohol. Hanya ada seorang sopir yang kelelahan. “Dari hasilpemeriksaan yang Selasa malam, alhamdulillah negatifsemua, tapi memang seorang sopir dinyatakan kelelahan.Namun masih bisa melanjutkan perjalanan,” ujarnya kemarin.

Menurutnya, tes kesehatan tersebut dilakukan untukmenekan angka kecelakaan lalulintas, terutama akibat hu-man eror. “Kita lakukan ini untuk menekan angka kece-lakaan lalulintas, terutama akibat kelelahan pengemudi,atau penyebab lainnya misal mengkonsumsi hal-hal yangdilarang,” katanya.

Tes itu dilakukan setelah lebaran. Mengingat arus baliklebaran di kota Pekalongan menggunakan bus mencapaipuncaknya setelah syawalan. “Biasanya, warga kotaPekalongan yang menggunakan bus baru akan kembali keJakarta setelah mengikuti Syawalan. Sehingga tes kesehatankami gelar setelah syawalan,” paparnya.

Sedangkan mengenai arus balik di terminal, Lebarantahun ini mengalami penurunan 20 persen dibandingkantahun lalu. Penurunan jumlah penumpang itu dampakpenutupan jembatan Comal. “Arus balik terminal Pekalo-ngan mulai terlihat sejak H+2 hingga Syawalan. Tapi jumlahitu menurun sekitar 20% dibanding arus balik tahun lalu,”paparnya. (nul)

Istri Berburu KeturunanMESKI tak pernah

dikebiri, tapi Ridwan(40) tak mampu mem-

buahi istri. Sakingkepinginnya dia

p u n y am o m o -n g a n ,R i d w a n

mempersi lakanistrinya selingkuh

demi memperoleh ke-turunan. Nah, selaku man-dataris suami, Mery (34)bermesum ria dengan Saidi

(30). Tapi karena aksi mesumnya yang direkam beredarkemana-mana, Ridwan tak terima.

Hadirnya keturunan selalu menjadi dambaan setiapkeluarga. Tapi tak semua keluarga bisa mendapatkannya.Ada istri yang seperti tustel Polaroid, sekali jepretlangsung jadi. Tapi ada juga suami yang mandi keringattiap malam tapi hasilnya nihil. Sampai kemudian ada suamiyang putus asa, sehingga mengizinkan istrinya mencarisuami “outsorching”, yang penting bisa memperoleh anaksebagai penerus sejarah dan dinasti keluarga.

Ridwan asal Madiun Jawa Timur merupakan keluargakurang bahagia. Sudah menikah hampir 10 tahun, tapibelum juga punya momongan. Padahal secara fisik dianormal-normal saja karena tak pernah dikebiri orang.Walhasil, tak ada hambatan berarti ketika menjalankantugas sebagai suami di atas ranjang. Cuma ya itu tadi,hampir dua pelita menjalani kehidupan rumahtangga, perutistrinya tetap rata tanpa pernah ada janin di dalamnya.

Dalam kondisi nyaris putus asa tersebut, Ridwan laluingat soal pekerja outsorching yang sedang marak dalamdunia perburuhan. Atas gagasan tersebut, dia kemudianmenyarankan Mery istrinya untuk mengambil suami“outsorching” itu. Bagi Ridwan status dalam hukum tidakperlu, yang penting produknya prima dan hasilnya nyata.Maksudnya, anak yang lahir bisa jadi generasi penerusyang bermutu, syukur-syukur kelak bisa jadi PresidenRI pada tahun 2060.

Sebetulnya Mery kaget juga atas sikap suaminyatersebut. Ini keputusan politik yang terlalu “tegas” danmembutuhkan kekuatan mental. Bagaimana tidak? Suamicap apa pun pasti tak merelakan istrinya dijamah lelakilain. Sedangkan Ridwan, demi kepentingan yang lebihbesar, dia rela merendahkan harga dirinya, mengor-bankan istri sendiri. “Laksanakan perintahku secaraterukur dan menyeluruh,” titah Ridwan mirip omonganpresiden kepada para menterinya dalam rapat kabinet.

Nah, karena suami sudah memberikan lampu ijo, Merypun seperti peserta konvensi Capres, diam-diam diamencari mitra koalisi. Tak lama kemudian ditemukan figurSaidi tetangga kampung. Dia senang-senang saja,namanya juga “menolong” orang. Apa lagi secara fisikdan postur, Mery cukup syur. Maka sesuai harapan Merydan Ridwan, anak muda Saidi ini yakin satu putaransaja langsung jadi.

Saidi selaku suami “outsorching” mulai menjalankantugasnya. Mungkin untuk bukti kepada suami, ketikaadegan mesum itu berlangsung, semuanya direkamdalam HP dari berbagai sudut, bahkan ada yang di-closeup segala. Dan ketika gambar itu ditunjukkan,sepertinya Ridwan ikhlas-ikhlas saja. “Ini harusberkelanjutan, biar kamu cepat hamil,” malah begitu sa-ran suami.

Tapi sial rupanya, gambar mesum yang mestinyahanya untuk koleksi pribadi, malah bocor dan beredarke mana-mana. Akhirnya jadi urusan polisi. Baik Saidimaupun Mery diperiksa, termasuk Ridwan. Yang bikinpolisi terkaget-kaget, Mery tetap bersikeras bahwa koalisimesum itu terjadi atas mandataris suami demimemperoleh keturunan. Yang tak kurang aneh, tiba-tibaRidwan ingkar dari kesepakatan itu. Mungkin malu,karena kelemahannya jadi konsumi publik.

Dadi “outsorching” Saidi olih duit lembur apa ora kweh?(wan/gts/jpnn)

PATROLI

RADAR TEGALJUMAT, 8 AGUSTUS 2014 17

BOATENGTARGETUTAMAALL SPORTSHalaman 18

LIMABICTORYBERUNTUNALL SPORTSHalaman 19

BUKANKEKALAHAN

NEGATIFGENEVA - Gelar Supercopa

2013 tak cukup bagi Gerardo“Tata” Martino untuk melang-

gengkan keberadaannya diBarcelona. Di akhir mu-

sim 2013-2014,dia gagal

mem-p e r -sem-bah-

kangelar jua- r apada Barcelo- n a .Barcelona pun mendepak Mar-tino dan menunjuk Luis Enriquesebagai entrenador anyar.

Di masa pramusim, Barcelonasudah melakoni tiga laga. Na-mun, Enrique belum mampumembuat Barcelonistas (julukanfans Barcelona) lega. Hasilnya,satu kemenangan (melawan Re-creativo Huelva), satu kali seri(menghadapi Nice) dan yang ter-akhir adalah kekalahan saat ber-temu klub Serie A Napoli.

Gol gelandang Napoli BlerimDzemaili pada menit ke-79 me-nyajikan kekalahan perdana ba-gi Enrique sejak menukangi Bar-ca. Tendangan jarak jauh pemain

internasional Swiss itu disam-but dengan kesalahan pen-

jaga gawang yang barudirekrut Claudio Bra-

vo. Tangkapan Bra-vo yang tak leng-

ket membuatbola lepas

dari ta-ngannya

d a nmel-

uncur ke gawang.Bukan kekecewaan yang di-

ungkapkan oleh Enrique setelahkekalahan tersebut. Dia masihmemberikan pujian dan penilai-an positif pada penampilan parapemainnya.

“Segala hal terkait pertandi-ngan memberi kami kesimpulanyang positif. Hasil seri bahkanseharusnya masih tidak adil bilamelihat permainan kami. Tapisepak bola memang rumit,” ung-kap Enrique pada Football-Espana.

Barca tampil dominan denganpenguasaan bola 65 persen. Da-lam statistik juga disebutkanbarca memiliki delapan peluangyang dua di antaranya on target.Enrique hanya menyebut tim-nya mengalami kesialan.

“Kami bermain lebih baik dari-pada saat menghadapi Nice. Ka-mi tim yang lebih baik hari ini,tapi hal-hal seperti ini terjadi disepak bola,” urai Enrique

Lebih jauh, dia juga tak maumembahas lebih jauh blunderyang dilakukan oleh Bravo. Pela-tih yang musim lalu mengarsitekiCelta Vigo itu menyebut kaptentimnas Cile tersebut sebenarnyasudah bermain dengan cukupbaik dan cukup menjanjikanmemasuki musim baru.

“Dia tidak mendapatkan ba-nyak ancaman, tapi ketika diabertindak, dia melakukannyadengan sangat aman. Tapi kesa-lahan bisa saja terjadi. Ini akanberlalu sebagai sebuah anekdot,”lanjutnya.

Dalam pertandingan di Esta-dio de Ginebra, Geneva, Swiss,kemarin (7/8) dinihari WIB, Bar-

ca tampil tanpa pemain-pe-main yang baru kembali ber-

latih seperti Lionel Messidan Javier Mascherano. Se-mentara di bawah mistargawang, Bravo melakukan

debutnya dalam seragam Barca.Napoli mendapat sejumlah

peluang lebih dulu yang mengujiBravo. Namun kiper 31 tahun itumasih bisa menggagalkan sun-dulan Marek Hamsik dan meng-antisipasi peluang yang didapatJose Callejon. Di sisi lain, Barcajuga beberapa kali menciptakanpeluang. Namun dua peluangyang didapat Munir El Haddadibisa digagalkan oleh Rafael.

Di pihak lawan, kemenangandisambut sangat positif. PelatihNapoli Rafael Benitez menyebut,kemenangan melawan Barca,dengan cara apa pun, sangatmembanggakan. Pria Spanyolitu mengakui, para pemainnyapunya tambahan alasan positifsebelum memasuki Serie A mu-sim depan.

“Menang atas Barcelona sela-lu menjadi hasil yang sangat ba-ik. Sekarang para pemain berhakmendapatkan pujian.” kata Be-nitez seperti dilansir Goal.

Pelatih yang membawa Liver-pool meraih gelar juara LigaChampions 2004-2005 itu jugamemuji kekuatan kekompakantim yang mampu membawa ke-menangan. Padahal, dalam be-berapa kesempatan sebelum-nya, hal itu yang paling dike-luhkan Benitez.

“Tapi di samping aksi individu,performa tim terlihat sangat baik.Kami melakukan hal baik secarabertahan maupun menyerang,dan ini hasil yang sangat baik difase persiapan kami,” sambung-nya.

“Saya selalu memiliki firasatpositif, hal ini berarti kami be-kerja dengan baik dan kami harusterus melanjutkan tren positif ini.Kami perlu lebih baik lagi me-ngelola grup ini dan lihat ha-silnya jika kami mampu berkem-bang,” tambah Benitez. (ady/zul/jpnn)

Banding Suarez Berlanjut ke CAS

Fellaini Tak Sabar ke Napoli

Dortmund-Muenchen Mulai PsywarMUENCHEN - Kompetisi Bundes-

liga Jerman belum juga dimulai. Na-mun, perang urat saraf antara BayernMuenchen dengan Borussia Dort-mund sudah lebih dulu terjadi. Nah,kali ini, tensi kedua tim meninggisetelah Die Roten (julukan BayernMuenchen) memasukan salah satugelandang bertahan Dormund, MarcoReus dalam list belanja mereka di mu-sim baru.

Niat Die Roten untuk memboyongpemain berusia 25 tahun ini ke AllianzArena, markas Muenchen setelah dis-kusi antara CEO Muenchen Karl HeinzRummenigge dengan sang pelatih PepGuardiola. Keduanya menilai bahwaReus adalah pemain yang cocok de-ngan kebutuhan tim di musim baru.

Gayung bersambut, Bild salah satusurat kabar di Jerman baru saja mem-bocorkan bahwa Dortmund memangberencana melepaskan Reus denganharga yang sangat murah, yaitu kurangdari EUR 25 Juta (Rp 391 Miliar) aliasjauh dari buy out cluse “ nya sebesarEUR 35 Juta (Rp 548 Miliar).

“Kami tahu bahwa saat ini dia masihmenjadi bagian dari Dortmund. Tapi,dengan adanya rumor terkait rilisharganya yang hanya senilai 25 juta

euro, maka kami juga sangat inginmendapatkannya (Reus, Red),” kataRummenigge kepada Bild terakit am-bisi mereka itu.

Orang penting di tim juara Bun-

desliga ini juga kembali menegaskanniat mereka tersebut sebelum Muen-chen menjalani pertandingan persa-habatan melawan MLS All-Stars, Rabu(6/8) kemarin. (dik/zul/jpnn)

KEHADIRAN Louis van Gaalsebagai manajer baru Manches-ter United mengancam posisiMarouane Fellaini. Peluang un-tuk mendapat jatah bermain le-bih banyak bakal tertutup. Bah-kan, Van Gaal tak keberatan jikaFellaini ingin pergi.

Fellaini pun tak ingin hanyamenunggu. Dia kini mulai men-desak kubu United untuk segeramelepasnya. Klub yang ingin diatuju adalah Napoli. Kebetulan,klub yang pernah dibela legendasepak bola Argentina Diego Ma-radona itu juga berminatmemboyong Fellaini.

Dalam beberapa hariterakhir memang santerdikabarkan kalau Napoli te-ngah mengadakan negosiasi de-ngan kubu United. Il Partenopei-julukan Napoli bermaksud me-rekrut Fellaini dengan status pin-jaman selama 12 bulan. Tapi,

negosiasi berjalan alot seiringberbagai persayaratan yang di-ajukan kubu United.

Media Italia Gazzetta delloSport melaporkan Fel-laini akan berbicaralangsung pada VanGaal mengenai ke-ingiannya untukmeninggalkan OldTrafford (markasUnited). Kabar itudiungkapkan olehrekannya di tim-nas Belgia,

D r i e s

M e r t e n syang sudah ber-kostum Napolisejak musim lalu.(ady/bas/jpnn)

PERJUANGAN Luis Suarez untukmendapatkan keringanan masa hu-kuman masih terus berlanjut. Setelahbanding yang dialamatkan pada FIFAtak digubris, pengacara Suarez meng-arahkan banding pada Badan Arbit-rase Olahraga (CAS). Kubu Suarezmengungkapkan optimismenya ban-ding kali ini bakal mulus.

Suarez saat ini masih menjalaniskorsing empat bulan dilarang ber-aktivitas dalam dunia sepak bolapasca aksi gigitannya kepada pemainbelakang Italia Giorgio Chiellini diPiala Dunia lalu.

Tak cuma itu, Suarez juga menda-patkan hukuman berupa laranganmembela Uruguay di sembilan laga

kompetitif.Hukuman itu serta merta menunda

debut Suarez untuk klub barunyaBarcelona. Bila melihat jadwal Pri-mera Division, pemain yang direkrutdariLiverpool itu baru bisa berlagasaat Barca bersua Real Madrid dalamlaga yang lazim disebut El Clasico itupada 26 Oktober.

Pihak Suarez merasakan kekece-waan seiring keputusan FIFA yangsempat menolak nota banding mere-ka beberapa waktu lalu. Banding keCAS sebagai upaya lain mencari ke-adilan. Pengacara Suarez, Daniel Cra-vo, menyatakan optimismenya ter-kait nota banding yang menonjolkansisi profesionalisme. (ady/zul/jpnn)

LAURENCE GRIFFITHS/GETTY IMAGES

INCARAN SERIUS - Marco Reus (kiri) menjadi pemain paling serius yangdiincar Bayern Munchen dari seterunya Borussia Dortmund.

MarouaneFellaini

Luis Suarez

KEKALAHAN PERTAMA - Gelandang Barcelona, AdamaTraore (kiri) tak mampu mengawal pergerakan BlerimDzemaili pencetak gol kemenangan Napoli.

VALERIO PENNICINO/GETTY IMAGES

RADAR TEGAL JUMAT, 8 AGUSTUS 2014website : radartegal.com, epaper: epaper.radartegal.comALL SPORT18

BOATENGTARGETUTAMA

PORTLAND - Perta-hanan menjadi prioritasutama Barcelona jelang

bergulirnya musim 2014-2015. Usai mendapatkankiper, gelandang, dan stri-

ker berkualitas, Barca(julukan Barcelona)

s e k a r a n gm e n c a r iseorang bektangguh.

Incaran uta-ma Klub Catalan

tersebut saat iniadalah Jerome

Boateng. Bekserba guna dari

Bayern Muenchenitu diproyeksikan

sebagai partneryang sempurna bagi

Gerard Pique.Berdasarkan kabar

yang dilansir Marca,entrenador baru Barca

Luis Enrique memangsangat meminati Boateng.

Walau baru saja menda-patkan bek Jeremy Mathieu

dari Valencia, Enrique masihmembutuhkan satu lagi bek

kelas dunia.Boateng sendiri adalah pe-

main serba guna. Dia bisa ber-main sebagai bek tengah mau-pun sebagai full back kanan.Boateng juga tidak tergantikan

dalam skuad utama Jerman diPiala Dunia 2014.

Gosip ketertarikan Barcakepada Boateng mem-

buat Der Trainer BayernPep Guardiola galau.

Apalagi sebelumnyaPep sudah kehila-ngan gelandang in-

tinya Toni Kroos

yang memilih hijrah ke RealMadrid.

“Saya tidak tahu apa yang mediakatakan. Saya hanya tahu bahwabahwa Jerome Boateng akanmenjadi pemain Bayern untukmusim depan, 100 persen!,” ucapPep kepada Marca kemarin.

Menurut Marca, kehadiranMathieu memang sangat ber-guna. Namun pemain asalPrancis tersebut diragukankonsistensinya untuk menjadikarang yang tangguh bagi per-tahanan Barca.

Enrique sendiri memangmembandingkan Boateng de-ngan Carles Puyol. Dari segisize, kecepatan, dan kegunaan,Boateng yang masih berusia 25tahun tersebut akan menjadi asetyang sangat berharga bagi Barca.

“Jika dia bermain bersama Pique,Boateng akan bisa membantuBarca dalam hal kecepatan. Apalagidalam beberapa tahun terakhir,kecepatan Pique memangmenurun. Jika Boateng masuk,Barca akan mendapatkan bek de-ngan model sweeper,” tulis Marca.

Di sisi lain, kedatangan Boatengakan bisa menjadi solusi andai fullback kanan utama Dani Alveshengkang. Gosip yang berhembus,pemain Brasil tersebut diminatioleh Inter Milan. Namun isu itudibantah Pieo Ausillo, DirekturOlahraga Inter.

“Dani Alves bukan bagiandari rencana kami,” ucap Au-sillo kepada Inside SpanishFootball. (nur/bas/jpnn)

JEROMEBOATENG

THIERRY Henry me-mang pernah satu tim de-ngan Lionel Messi saatmembela Barcelona. Na-mun, soal pemain yang la-yak dijadikan panutan,Henry lebih memilih bin-tang Bayern MuenchenThomas Mueller. Menu-rutnya, adalah pemain un-derrated atau pemain yangtidak menerima penghar-gaan yang semestinya diadapatkan.

Bagi Henry, Muller ada-lah pemain yang harusnyamenjadi panutan. Pemainpenting Jerman yang me-raih Piala Dunia 2014 ter-sebut melakukan apa yangsemestinya dilakukan pe-main sepak bola.

“Stepover, trik, bukanlahsebuah game,” ucap Henrydalam konferensi pers se-belum pertandingan Ba-yern melawan MLS All-Stars seperti dilansir Asso-ciated Press kemarin.

Game adalah hal yangdilakukan ThomasMueller. Jika saya punyaanak lelaki sekarang dandia bermain, saya akan me-ngatakan kepadanya, “Li-hat kepada mereka. Lihatkepada (Franck) Ribery,lihat kepada Mueller. Apayang (Cristiano) Ronaldodan (Lionel) Messi laku-kan, mereka aneh. Janganmencoba untuk menirumereka. Kamu bisa men-

contoh dari Ribery. Kamubisa mengopi dari ThomasMueller,” imbuh pemainNew York Red Bulls itu.

Henry mengaku sedihkarena kiprah Mueller tidakbanyak dibicarakan olehpublik secara luas. Padahal,menurut pemain yang per-nah merumput di Barcelona,Juventus, dan AS Monacoitu, Mueller harusnya men-dapatkan perhatian yanglebih besar lagi.

“Apa yang dia lakukandi Piala Dunia, orang tidakmembicarakannya. Mere-ka harusnya membicara-kannya. Dia bermain da-lam game dengan cara yangbenar. Dia bertahan. Diamenyerang. Dia mengon-trol bola ketika memangharusnya dikontrol. Diamembalik arah pada saatdia harus membalik. Ketikadia menuntaskan sera-ngan, dia akan menuntas-kan,” kata Henry.

“Dia tidak melakukanstepoveres, namun ketikadia dituntut bermain baik,dia bermain baik. Dia mela-kukan apa yang pertan-dingan kehendaki,” imbuhpria asal Prancis berusia 36tersebut.

Di Piala Dunia 2014,Muller menempati runner-up pencetak gol terbanyakdengan lima gol plus tam-bahan tiga assist. (nur/bas/jpnn)

Mueller Layak Di-Copy

Alex Livesey/Getty Images

PEKERJA KERAS - Gelandang Bayern Muenchen, Tho-mas Mueller (kanan) lebih dibutuhkan oleh tim.

LONDON - Arsenal me-ngambil keputusan besar diawal dekade 2000-an. Pilihanuntuk membangun stadionsebagai pengganti Highburydisebut sebagai perjudianmahal bagi stabilitas tim asalLondon Utara itu.

Buntutnya, Arsenal rela me-ngirit belanja pemain demimembangun Stadion Emir-ates yang menghabiskan ang-garan sebesar GBP 390 jutaatau sekitar Rp 7,75 triliun ter-sebut. Selama hampir sem-bilan musim, Arsenal pun ha-rus mengalami era yang sulit.

Terbukti, setelah gelar PialaLiga 2005, mereka baru me-rasakan gelar juara lagi berupaPiala FA musim lalu. Tapi, kiniArsenal memasuki era barupada perjalanan mereka. Erabaru tersebut berupa lunas-nya berbagai utang akibatpembangunan Stadion Emir-ates.

Terhitung mulai awal musimini, Arsenal sudah memberes-kan semua utang untuk mem-bangun stadion berkapasitasmaksimal 60.338 tempat du-duk itu. Itu sebabnya, sejakmusim panas 2013, Wengermulai bisa membidik pemaintop berharga mahal untukmembangun kekuatan tim.

Sasaran pertama adalah Me-sut Oezil yang berhasil dida-tangkan dari Real Madrid.

Nah, di musim panas ini.Arsenal sudah membelan-jakan lebih dari GBP 50 jutaatau setara Rp 978 miliar de-ngan mendatangkan AlexisSanchez (dari Barcelona), Ma-thieu Debuchy (NewcastleUnited), David Ospina (Nice),dan Calum Chambers (Sout-hampton).

Aktivitas belanja tim Lon-don Utara itu diyakini belumtuntas. Nama-nama tenar se-perti Sami Khedira (Real Mad-rid), Mats Hummels (BorussiaDortmund), dan yang palinganyar William Carvalho dariSporting Lisbon juga masuktarget incaran.

"Kami memulai sebuah erabaru. Kami bisa memenangibanyak piala," ungkap AlisherUsmanov, pemilik 30 persensaham Arsenal.

Dia sangat yakin, Arsenalbakal memupus puasa gelarPremier League yang telahberlangsung sembilan musim.Dia menilai, pilihan memba-ngun stadion memang sulit.Tapi, kini mereka tinggal me-metik keuntungan dari kepu-tusan tersebut.

"Klub ini berada di jalur yang

tepat untuk meraih sukses,"ungkap Usmanov kepada Da-ily Telegraph.

Masa-masa berhemat ter-sebut sudah lewat. Selain ber-hemat, Arsenal juga harus me-lepas para pemain bintang.Diawali kepergian Cesc Fab-regas, Gael Clichy, Samir Nasri,dan kemudian Robin van Per-

sie. Hal ini kian memperburukkondisi Arsenal meski masihtetap berada di posisi empatbesar di setiap klasemen akhirselama masa-masa sulit itu.

"Para pemegang saham me-mang harus untuk memilihmodel investasi mana yang a-kan diadopsi," ungkap Usma-nov. (ady/ttg/jpnn)

Utang Beres, Tatap Era Baru

NAPLES - Gonzalo Higuainpernah dikaitkan dengan Ba-rcelona dalam bursa transfermusim panas ini. Bahkan, ka-bar tersebut kali pertama di-embuskan Lionel Messi ketikadia bersama penyerang Na-poli tersebut sama-samamembela Argentina di PialaDunia Brasil 2014.

Ketika itu Messi menyata-kan kepada sejumlah mediabahwa striker berusia 26 tahuntersebut memiliki ambisi kuatuntuk bergabung dengan diadi Barcelona. Kebetulan, diawal jendela transfer lalu,Blaugrana (julukan Barce-lona) membutuhkan strikeranyar sebelum akhirnya resmimendatangkan Luis Suarezdari Liverpool.

Namun, dalam wawancaradengan Gazzetta dello Sportkemarin, mantan striker RealMadrid itu membantah kabartersebut. Menurut Higuain,dirinya tidak tergoda untuk

bergabung bersama tim Cata-lan tersebut dan ingin berko-sentrasi penuh guna mem-berikan gelar Serie A bagi Na-poli.

“Kabar terkait saya akanhengkang ke Barcelona inisudah berlangsung lama. Sayatidak pernah berkomentartentang masalah tersebut.Tetapi, saya pikir ini adalahwaktu yang tepat untuk me-ngatakan yang sebenarnya,”ujar Higuain yang musim lalumembawa Napoli menyabetCoppa Italia dan mendudukiposisi kedua di Serie A terse-but.

Pemain yang dijuluki El Pi-pita itu mengungkapkan, ke-tika di Brasil, dirinya hanyaberpikir tentang bagaimanamemberikan prestasi tertinggibagi Argentina. Setelah itu, diaakan kembali ke Napoli untukmeraih yang terbaik bersamatim yang diperkuatnya sejak2013 itu.

“Saya tetap tenang ketikaMessi mengatakan hal-hal ter-tentu dan saya hanya bisatersanjung. Saya percaya bah-wa setiap pemain di duniaakan senang untuk bermainbersama tim besar yang telahmenjuarai sejumlah gelar itu,”tambah pemain yang memulaikarir profesional bersama RiverPlate tersebut.

“Tetapi, itu bukan berartibahwa saya ingin pergi darisini. Saya sangat ingin me-ngikuti jejak Diego Maradonayang memenangi Piala Duniadan scudetto saat di Napoli.Kesempatan pertama me-mang telah hilang (setelah Ar-gentina kalah dari Jerman difinal Piala Dunia 2014). Tetapi,saya yakin kami akan mela-kukan yang terbaik di musimberikutnya,” ucapnya.

Terakhir kali Napoli juaraSerie A diraih saat Maradonamasih bermain di sana pada1990. (dik/zul/jpnn)

Higuain Bantah Rumor ke Barcelona

Michael Steele/Getty Images

FOKUS GELAR - Gonzalo Higuain (kanan) hanya berniatmempersembahkan banyak gelar untuk Napoli musim ini.

Michael Regan/Getty Images

REKRUTAN PENTING - Alexis Sanchez (kiri) menjadi rekrutanpaling penting Arsenal untuk menambah daya gedor.

ALL SPORTSRADAR TEGAL JUMAT, 8 AGUSTUS 2014website : radartegal.com, epaper: epaper.radartegal.com 19

INDIANAPOLIS - Libur tengah mu-sim MotoGP akan berakhir pekan ini.Indianapolis, Amerika Serikat, akanmenjadi pembuka paruh kedua ka-lender balap 2014. Rider jagoan Rep-sol Honda, Marc Marquez siap me-nyongsongnya dengan rekor sem-purna.

Rider Spaniard menyapu bersihsembilan seri pembuka musim ini. Kiniraihan poinnya telah melampui selisihtiga kemenangan beruntun dari rivalterdekat sekaligus rekan satu timnyaDani Pedrosa. Poinnya sempurna 225,atau selisih 77 poin dengan rider dibawahnya.

Di aspal Amerika Marquez juga pu-nya rekor luar biasa. Khusus di kelaspremium, dia belum pernah kalah.Kemenangan pertamanya di Austintahun lalu. lalu lanjut ke Laguna Secadan Indianapolis.

Victory di Austin sudah berulang

awal musim ini dan itu berarti dia me-nang empat seri di tanah Amerikasecara beruntun. Dengan absennyaLaguna Seca dalam kalender balap2014, Indianapolis adalah seri terakhirdi Amerika. Membaca catatan itu,tidak berlebihan jika rider 21 tahun itumenargetkan kemenangan di seri ke 10akhir pekan nanti.

“Jedah rehat musim panas yangmenyenangkan. Kombinasi antarawaktu untuk mengisi ulang ‘baterei’dan juga latihan untuk memastikanaku siap menyosong paruh keduamusim ini,” jelas juara bertahan 2013itu.

“Aku punya waktu untuk menge-valuasi sembilan seri pembuka dansekarang benar-benar tak sabar kem-bali menaiki motorku di Indianapo-lis,” tandasnya.

Tapi untuk musim 2014 Indianapo-lis telah mengalami sejumlah revisi.

Tikungan 3,4,7,15, dan 16 mendapatsentuhan baru. Sementara di tiku-ngan panjang (infield section) per-mukaannya baru diaspal.

“Aku selalu menyukai trek ini dansekarang sangat tertarik denganperubahannya. Jadi kami butuhmemberikan perhatian khusus se-jak dari sesi latihan pertama danmendapatkan ritme kami kembalisecepat mungkin,” lanjut rider yangjuga menang dua kali di Indianapo-lis saat masih bertarung di Moto2.Pedrosa yang menjadi penantangterkuat untuk menghentikan rekorkemenangan sempurna Marquezjuga punya catatan mantab di India-napolis. Dua kali dia menang disana.

“Indy (Indianapolis) adalah trekdimana aku punya catatan bagus be-berapa tahun terakhir. Jadi targetkudatang kemari adalah bertarung dan

menang,” tandasnya.Saat ini selisih poin Pedrosa dengan

Valentino Rossi yang berada di posisiketiga pada klasemen sementarasangat tipis, hanya tujuh poin. Gappoin yang lebar dengan pemuncakklasemen, pertarungan sengit bakalterjadi untuk memperebutkan posisikedua.

Rossi sendiri mengaku tak menyukaiIndianapolis. Rider 35 tahun itu me-menangi balapan di Indianapolis yangdipersingkat karena badai pada 2008.Tapi tidak pernah menang lagi sejaksaat itu. “Beberapa seri ke depan tidakkan mudah untukku karena kami tibadi trek yang sulit untukku,” aku Ita-liano itu.

“Indianapolis bukan trek favoritku,tapi sedikit perubahan konfigurasidan aspal barunya bisa jadi akan lebihmenyenangkan,” katanya. (cak/zul/jpnn)

Mirco Lazzari/Getty Images

LIMA BERUNTUN - Pebalap MotoGP Tim Repsol Honda, Marc Marquez berpeluang besar kembali meraih podium di Sirkuit Indianapolis, A merika Serikat.

LIMAVICTORYBERUNTUN

IRVINE - Masa pensiun darikolam renang berlangsungmembosankan bagi atelet re-nang Amerika Serikat (AS) Mic-hael Phelps. Keputusannyauntuk pensiun usai OlimpiadeLondon 2012 pun dibatal-kannya. Dia siap kembali padapenampilan kompetitif danKejuaraan Dunia tahun depanjadi target besar Phelps beri-kutnya.

Sejak April lalu, Phelps kem-bali berlomba. Sudah empatkejuaraan yang diikutinya.Kini, dia akan menghadapiujian terberat di masa comeback dari pensiunnya. Phelpsyang kini berusia 29 tahunbertarung di Kejuaraan na-sional Amerika Serikat (AS)atau US National Champion-ships yang dilangsungkan diIrvine, California, pekan ini.

Phelps mengungkapkanbakal turun di empat nomorlomba. Di antaranya, 100 me-ter gaya bebas, 100 meter gayakupu-kupu, 100 meter gayapunggung dan 200 meter gayaganti. Di seluruh nomor ter-sebut, berpeluang terjadi duelseru antara pemilik 18 emasolimpiade itu dengan seteruberatnya, Ryan Lochte.

“Peluang terbaik saya di 100meter gaya kupu-kupu. Itu

lomba yang paling sering sayajalani sejak come back,” kataPhelps seperti dikutip Reu-ters.

Kejuaraan yang sudah di-mulai, Rabu (6/8) lalu, waktusetempat itu merupakan fasepenting pembentukan tim ASdi Kejuaraan Dunia yang akanberlangsung di Rusia. Sebagaiawalnya, para perenang ter-baik akan menjadi bagian timmenuju Pan Pacific Champi-onships di Gold Coast, Austra-lia, dua pekan mendatang. Me-reka juga akan masuk dalamskuad menuju Kejuaraan Du-nia.

Phelps menyatakan pengun-duran dirinya setelah meraihempat emas di Olimpiade Lon-don 2012. Dia sudah absenpada Kejuaraan Dunia 2013 diBarcelona, Spanyol.

Bob Bowman. Phelps meru-pakan pemegang rekor 100meter dan 200 meter gayakupu-kupu dan 400 metergaya ganti perseorangan.

Phelps mengakui proses pe-ningkatan performanya ber-jalan sesuai dengan yang di-inginkan. Dia kembali bekerjasama dengan pelatihnya BobBowman. “Sejujurnya, masapensiun benar-benar mem-bosankan,” tutur Phelps yang

sempat menekuni golf di masapensiunnya.

Bowman mengatakan bu-kan hal sulit bagi Phelps untuklolos ke Kejuaraan DUnia. Bah-kan, mereka juga membidikpenampilan di Olimpiade Riode Janeiro 2016. Bowman ya-kin anak asuhnya bakal mam-pu berjaya di pesta olahragaempat tahunan antarbangsatersebut.

“Kami akan lihat bagaima-na kelanjutannya pekan ini.Saya tidak berpikir kami akanmengetahuinya sampai pe-kan ini. Jika semuanya ber-jalan mulus, Phelps rasanyatidak mempunyai kendalauntuk masuk tim,” ucap Bow-man.

Persaingan di deretan ter-baik tak akan jauh persainganantara Phelps dan Lochte.Meski Lochte masih aktif, se-benarnya satu tahun terakhirjadi masa sulit baginya. Itusetelah Lochte mengalamicedera lutut pada akhir tahunlalu dan mengalami cederayang sama di awal 2014.

“Mungkin dia mengalamikesulitan pada karir golfnya.Yang pasti, saya senang diakembali lagi. Ini baik bagi olah-raga,” ungkap Lochte. (ady/zul/jpnn)

Streeter Lecka/Getty Images

TATAP OLIMPIADE - Michael Phelps ketika memulai start di gaya bebas 200 meter.

Michael Phelps Kembali

HOCKENHEIM - Sebuahungkapan yang populer didunia Formula 1 adalah ‘lawanterberat yang harus dikalah-kan adalah rekan satu timmusendiri’. Dan rehat tengah mu-sim menjadi waktu yang terpatbagi tim untuk mengevaluasirapor persaiangan antar pem-balap mereka.

Dari semua drama perta-rungan itu, pastilah duet pem-balap Mercedes, Nico Rosbergdan Lewis Hamilton yang pal-ing seru. Bahkan sampai se-paruh musim berlalu, per-saingan keduanya semakinramai dan belum terlihat tan-da-tanda mereda.

Faktor terbesar yang mem-bumbui duel head-to-headkeduanya adalah perebutantempat tertinggi di kursi kla-semen. Selisih perolehan poinkeduanya hanya 11 poin. Nicomemimpin dengan 202 me-lawan 191.

Musim 2014, mesin Mer-cedes memang lebih dominandibanding rancangan pab-rikan lain seperti Renault danFerrari. Setelah modal bagusitu dikantongi, pertarungankini lebih mengedepankanpada skill pembalap.

Duel dua joki Silver Arrowsberawal pada seri Malaysia,setelah pada balapan pem-buka di Australia, Hamiltongagal finis. Pertarungan wheel-to-wheel kemudian berlanjutdi Bahrain dimana pembalapStevenage itu berhasil mem-balikkan situasi dan memim-pin perolehan poin.

Hamilton melaju lebih ce-pat dengan memenangkanempat seri beruntun, Malay-sia, Bahrain, Tiongkok, danSpanyol. Tapi konsistensi ber-hasil ditunjukkan Rosberg diseri-seri berikutnya Monaco,Austria, dan Jerman.

Mercedes yang pada awalmusim menyatakan akanmemberikan kebebasan padadua pembalapnya untuk ber-tarung sebebas-bebasnya, ak-hirnya mulai mengubah stra-teginya di seri terakhir, di Hu-ngaria. Team order yang takpernah terjadi sebelumnya,

digunakan pada balapan ter-sebut untuk meminta Hamil-ton memberikan ruang bagiRosberg untuk mendahului.Pada race dimenangkan Da-niel Ricciardo itu, Hamiltonmenolak instruksi tim dan finisketiga, sementara Ricciardokeempat.

Dengan selisih 11 poin an-tara Rosberg dan Hamilton,sementara kalender balap ma-sih menyisakan delapan serilagi, memang sulit bagi Mer-cedes untuk lebih mengung-gulkan salah satu pembalap-nya dalam perebutan titeljuara di akhir musim nanti.

“Persaingannya akan terusintens, itu jelas. Tapi itu wajarkarena masing-masing darikami datang ke setiap balapanuntuk menang,” kata Rosbergdikutip Crash. “Dan seperti-nya, kami akan terus berduelsampai seri terakhir nanti,”tandasnya.

Peta persaingan mengejut-kan diperlihatkan tim rivalMercedes, Red Bull-Renault.Siapa yang menyangka, di a-

wal musim, bahwa Daniel Ric-ciardo akan lebih tangguhdaripada rekan satu timnya,juara dunia empat musim ber-untun, Sebastian Vettel?

Tapi itulah yang terjadi. Ric-ciardo beradaptasi lebih cepatdengan mobil baru denganpower lebih besar dan kurangdi sisi aerodinamikanya. Pe-nampilan impresif pembalapAustralia itu langsung tampakdi seri pertama Australia de-ngan finis kedua. Sayang diadidiskualifikasi karena ma-salah sensor bahan bakar.

Vettel sendiri mengakui, re-kan setimnya itu lebih cepatmasuk ke dalam lingkunganskuad Milton-Keynes. Di te-ngah dua mobil Mercedesbermasalah di Kanada, Ric-ciardo, dan bukan Vettel, ber-hasil mengisi kekosongan ter-sebut. Dan situasi tersebutterulang di Hungaria.

Tak seketat duet Mercedes,catatan prestasi keduanya,sejauh ini, cukup jauh. Ric-ciardo posisi ketiga, semen-tara Vettel tercecer di urutan

keenam. Dua kali podium ke-tiga dicatatkan Vettel mela-wan dua podium tertinggi Ric-ciardo di seri Kanada dan Hu-ngaria.

Dan kalau berbicara ten-tang siapa yang berpeluangbesar mengganggu dominasiMercedes, Ricciardo-lahorangnya.

“Aku rasa dia (Ricciardo)melakukan tugasnya denganbaik. Aku yakin, dia sudahmendapat mobil yang bagussejak race pertama. Sementaradi timku masih ada banyakmasalah yang harus diselesai-kan,” aku Vettel.

Di akhir paruh musim per-tama, Williams-Mercedes jugamulai panas. Valtteri Bottasmemperlihatkan konsisten-sinya dan terbukti lebih tang-guh dari rekan setimnya FelipeMassa. Sudah dua kali podiumditorehkannya di Jerman danInggris. Dia menjadi satu-sa-tunya pembalap di luar timpabrikan utama yang mampumembayangi dominasi Mer-cedes. (cak/zul/jpnn)

Duel Sengit sampai Akhir Musim

Drew Gibson/Getty Images

LEBIH BAIK - Pebalap F1 Tim Mercedes GP, Nico Rosberg memimpin perburuan poin.

BALIKPAPAN - Keme-nangan Persipura Jayapu-ra atas Putra Samarindaturut menjadi perhatianpelatih Persiba BalikpapanLiestiadi. Hal itu, semakinmenguatkan bahwa Per-sipura adalah tim yang su-lit ditaklukan.

Dalam laga yang dimain-kan di Stadion Mandalatersebut, Persipura unggul2-0 melalu gol Boaz So-lossa dan Ferinando Pa-habol. Hasil tersebut mem-buat rekor tak terkalahkantim beralias Mutiara Hitamitu belum tersentuh.

Dikatakan Lies, keha-diran Boaz pastinya akanmenambah kekuatan Per-sipura. Sebelumnya, pe-main yang juga diandal-kan di lini depan TimnasIndonesia itu sempat di-ragukan tampil. “Persipurasangat perlu diwaspadai,apalagi dengan kehadiranBoaz,” tutur Lies.

Disebutkan Lies, Boazmerupakan pemain kunciPersipura. Tak heran jikaperannya begitu besar. Disamping itu, keberadaantiga gelandang juara ber-tahan Indonesia SuperLeague (ISL) tersebut jugatak bisa dipandang sebe-lah mata.

“Saya sudah sering me-ngatakan kepada pemain

untuk mewaspadai gelan-dang Persipura. Merekasangat lihai memainkanritme pertandingan,” tan-dasnya.

Untuk mematikan linitengah lawan, Lies sudahmenyiapkan Ahmad Mau-lana dan Mustaid Billah.Mereka ditopang PatriceNzekou, M Kamri, dan An-su Toure.

Persipura Jayapura ha-rus bermain ekstra sabarsaat ditantang Putra Sa-marinda (Pusam) dalamlanjutan Indonesia SuperLeague (ISL) di StadionMandala Jayapura, Kamis(7/8). Tim berjuluk Mu-tiara Hitam itu baru bisamemastikan tiga pon dimenit-menit akhir, melaluilesakkan Boaz Solossa dimenit 79 dan FerinandoPahabol dua menit kemu-dian.

Tuan rumah sebenarnyabermain menekan sejakmenit pertama. Namunketatnya barisan pertaha-nan Pusam membuat Per-sipura sangat sulit menem-bus pertahanan anak a-suh Nil Maizar tersebut.Boaz punya peluang emasuntuk mencetak gol di me-nit 65. Sayang eksekusipenalti yang dilakukan BoazSolossa tidak menemuisasaran.(abu/edw/jpnn)

WaspadaiKehadiran Boaz

DOK./RADAR TEGAL

PEAK PERFORMANCE - Boaz Salossa (kanan) mulaikembali menemukan bentuk permainan terbaiknya.

PRESTASIRADAR TEGAL

JUMAT , 8 AGUSTUS 2014 website : radartegal.com, epaper : epaper.radartegal.com 24

700 Pelajar Ikut MTQ JatengPURWODADI – Sebanyak

700 pelajar dari 35 KabupatenGrobogan se-Jateng akan me-ramaikan Lomba MTQ Pelajarke-XXIX tingkat Jateng, Selasasampai Jumat (12-15/8) men-datang. Kegiatan tersebutakan melombakan delapancabang. Tartil putra dan putrijenjang SD, SMP, dan SMAsederajat. Tilawah putra danputri jenjang SD, SMP, SMAsederajat. Tahfidz satu juz dantilawah SMP sederajat dantahfidz lima juz dan tilawahSMA sederajat.

”Setiap kontingen yang me-ngikuti lomba terdiri dari 22

orang. Mereka adalah pesertaterbaik dari masing-masingkabupaten se-Jateng,” kataKabag Kesra Grobogan Mu-hammad Arifin yang jugamenjadi sekretaris panitiaMTQ se-Jateng.

Perlombaan tersebut, akandilaksanakan di enam lokasiyakni pendapa pemkab, Ge-dung Riptaloka, Aula Kodim0717 Purwodadi, Aula KantorKecamatan Purwodadi, AulaPerhutani Purwodadi, danMasjid Baitul Makmur. Semen-tara untuk peserta akan me-nempati 36 rumah warga yangakan dijadikan home stay bagi

peserta. Yaitu menempati ru-mah warga sekitar lomba.

”Untuk pembukaannya, ka-mi akan menyambut tamudengan pawai taaruf. Kemu-dian peserta dihibur denganTari Angguk, kesenian asliGrobogan dan parade seni,pembacaan puisi, dan himneGrobogan,” terang mantanCamat Purwodadi ini.

Selain itu, lomba tersebutrencananya akan dihadiri Gu-bernur Jateng Ganjar Prano-wo. Sementara untuk pem-bukaan menggunakan fasi-litas GOR Simpang Lima Pur-wodadi dan Halaman Setda

Grobogan. Dalam kegiatantersebut, Pemkab Grobogantelah menganggarkan dana Rp650 juta yang digunakan un-tuk seluruh penyelenggaraan.Namun untuk konsumsi danbiaya menginap peserta men-jadi tanggung jawab dari pro-vinsi.

”Kami juga menyediakanarea parkir kendaraan konti-ngen di Alun-alun Purwodadi24 stan bazar dan pameranproduk unggulan. Seperti kali-grafi, batik, lurik dan makananolahan. Lomba MTQ ini jugauntuk mempromosikan dae-rah Grobogan,” ujarnya.

Salah satu persiapan pe-nyambutan MTQ dari siswaMAN 1 Purwodadi. Merekamelakukan latihan rutin selamasatu bulan. Belasan siswa akanmenampilkan himne lagu ‘MarsMTQ’ dan ‘Grobogan Bersemi’.Selain itu juga akan menam-pilkan pembacaan puisi yangdiikuti dengan gerakan.

”Persiapan untuk penyam-butan lomba MTQ sudah kamilakukan lebih dari satu bulanlalu. Kami ingin memberikanyang terbaik kepada pesertadan tamu undangan,” kata Yulidari kelas XII MAN 1 Purwo-dadi. (mun/zen)

PURWODADI – Sebanyak75 peserta dari 120 siswa SMA,MA, dan SMK KabupatenGrobogan yang ikut seleksiPasukan Pengibar Bendera(Paskibra) latihan di halamanPendapa Kabupaten Grobog-an, kemarin. Mereka adalahpelajar berprestasi yang akanmengibarkan bendera padaHari Kemerdekaan 17 Agustusmendatang.

Kabid Pembinaan PemudaSudarmono mengatakan, la-tihan baris berbaris ini meli-batkan unsur TNI untuk men-jadikan siswa benar-benarmenjadi anggota Paskibra.

Mereka mendapatkan latihanselama satu bulan untuk bisamengibarkan bendera merahputih dengan benar.

”Semua siswa yang masukseleksi mendapatkan latihanbaris berbaris serius. Sehinggamereka tidak hanya asal baristetapi tahu caranya,” katanya.

Sebelumnya, seleksi ang-gota Paskibra beberapa bulanlalu diikuti 120 peserta. Me-reka terdiri dari 75 peserta pe-lajar perempuan dan sisanya45 pelajar putra. Peserta yanglolos seleksi akan mendapat-kan materi tentang Paskibra.Di antaranya kesegaran jas-

mani, kemampuan baris ber-baris, penampilan fisik, akh-lak, dan kepribadian, prestasiakademik, bahasa Inggris, ke-terampilan seni dan budaya.Dari hasil seleksi tersebut, parapeserta akan diambil menjadidua pemenang juara satu un-tuk kategori putra dan putri.

”Kegiatan Paskibra ini me-latih gerakan disiplin kepadasiswa dan memberikan con-toh kepada siswa lainnya,”terangnya.

Lebih lanjut, Sudarmonomengatakan, untuk Paskibraputri mempunyai tinggi badanminimal 165 sentimeter hing-

ga 170 sentimeter. Sedangkanuntuk putra harus mempunyaitinggi badan minimal 170 sen-timeter hingga 175 sentimeter.Para peserta seleksi tidak ha-nya pandai dalam baris berba-ris, namun juga harus pintardalam ilmu pengetahuanumum. Karena mereka adalahsiswa pilihan terbaik dari ma-sing-masing sekolah yang me-ngikuti.

”Kegiatan ini bersifat rutindan merupakan upaya peng-kaderan dalam mewujudkangenerasi yang berwawasankebangsaan,” tandasnya.(mun/zen)

Surya UniversityGelar SuryaArTecne

JAKARTA - Ilmu pengeta-huan dan teknologi adalahdua faktor utama kemajuansebuah bangsa. Untuk menca-pai kesempurnaan dua haltersebut, diperlukan prosesriset. Terbukti, melalui risetdan pengembangannya, ne-gara-negara maju bisa mem-bangkitkan ekonomi dan ke-sejahteraan rakyatnya.

Sayang, porsi proses risetmasih kurang di Indonesia.Padahal untuk dapat bersaingdi kancah internasional, Indo-nesia membutuhkan SumberDaya Manusia (SDM) unggul-an yang menguasai sains danteknologi. Lewat cara inilahbangsa ini dapat menjaditrendsetter dalam inovasi danpelaku utama yang mampubertahan dalam persainganglobal.

Untuk menghasilkan SDMyang kompetitif, dibutuhkan

pola pembelajaran baru un-tuk mengurangi ketertinggal-an Indonesia bersaing dengannegara maju. Untuk itu, uni-versitas yang benar-benar ber-basis riset (university-basedresearch) sangat dibutuhkan.

“Pembudidayaan riset dilingkungan kampus merupa-kan langkah awal untuk men-capai visi Indonesia Jaya pada2030. Banyaknya riset yangdilakukan akan mampu me-ngangkat Indonesia sebagaisalah satu negara maju,” ung-kap Pendiri sekaligus RektorSurya University Prof YohanesSurya PhD, Kamis (7/8).

Saat ini, Indonesia memangtelah memiliki universitas risetatau research university. Na-mun, hampir tak satu pun dariuniversitas-universitas ter-sebut berbasis riset atau re-search-based university, yangseluruh program studinya me-rupakan hasil riset para dosenyang diajarkan di dalam ruangkelas.

Yohanes mengatakan, an-dai semua perguruan tinggi

menjadi research-based uni-versity maka Indonesia sudahlama unggul dan menjaditrendsetter dalam banyak bi-dang di tengah persainganglobal yang kian ketat.

“Sudah saatnya Indonesiadiperhitungkan di dunia in-ternasional melalui riset sainsdan teknologinya. Karena itu-lah Surya University sebagaiuniversitas pertama berbasisriset di Indonesia, menitikbe-ratkan riset sebagai fokus uta-ma dalam program belajar me-ngajar, dengan didukung oleh200 putera-puteri terbaik In-donesia bergelar doktor,”katanya.

Sebagai universitas berba-sis riset, sejak semester awal,mahasiswa diajak untuk ter-jun ke dalam riset sesuai de-ngan program studinya ma-sing-masing dengan duku-ngan dari 78 pusat penelitian(research center) yang ada diSurya University. Sudahbanyak hasil riset mahasiswayang dihasilkan dari berbagaiprogram studi. (adk/jpnn)

TEGAL – Lembaga Ke-terampilan dan Pendidik-an (LKP) S’Ki Computersiap mendidik sekaligusmencetak lulusan berkua-litas melalui program yangada dan ditempuh hanyadalam waktu 6 bulan. Tidakhanya itu, lulusan jugaakan disalurkan ke berba-gai instansi sehingga tidakperlu susah-susah dalammencari pekerjaan.

Direktur LKP S’Ki Com-puter Teguh Bintoro meng-ungkapkan, di sini meru-pakan satu-satunya pro-gram profesi yang inginmengentaskan pengang-guran di Kota Tegal dengancepat. Hanya dengan be-lajar selama 6 bulan, siswasudah mendapatkan keah-lian di bidang teknisi kom-puter atau IT dan adminis-trasi perkantoran.

LKP S’Ki Computer siapmenempatkan lulusannyabekerja di berbagai instansiyang sudah menjalin kerja-

sama dan semuanya dija-min mendapatkan peker-jaan. Tujuan didirikannyalemabaga ini, katanya, sa-lah satunya ingin bekerjasama dengan pemerintahdaerah dalam mengentas-kan sekaligus mengurangiangka pengangguran agarbisa ditekan seminimmungkin.

Berbekal keahlian yangdidapatkan selama menda-patkan pelatihan, maka lu-lusan akan memiliki skillyang diharapkan mampubersaing dengan calon te-naga kerja. Siapa saja bisadatang bergabung di LKPS’Ki Computer dan men-daftarkan diri di kampusJalan Semanggi Raya, Me-jasem atau di Jalan SepatKota Tegal.

Bagi calon siswa atau pe-serta yang kebetulan se-dang berada di PacificMall, juga bisa men-daftarkan diri di lantaidasar. (gun)

ROCHMAN GUNAWAN/RATEG

LEBIH CEPAT – LKP S’Ki Computer mencetak lulusanhanya dalam waktu 6 bulan.

LKP S’Ki ComputerCetak LulusanHanya 6 Bulan

Unjuk Kebolehan Riset Mahasiswa

SIROJUL MUNIR/RADAR KUDUS

PASUKAN KHUSUS - Puluhan siswa SMA pilihan se-Kabupaten Grobogan mengikuti latihan persiapan upacara HUT RI.

75 Peserta Digembleng PBB

KAJEN - Keterlambatan dis-tribusi buku pelajaran Kuri-kulum 2013 masih menjadipermasalahan dalam pembe-lajaran di sebagian besar se-kolah se Kabupaten Pekalo-ngan.

Akibatnya, mayoritas gurudi sekolah terpaksa lebih ba-nyak menggunakan metodeceramah, lantaran buku yangseharusnya menjadi pe-gangan para siswa di awal pe-nerapan Kurikulum 2013 ter-sebut hingga kini belum jugadatang.

Menghadapi keterlambat-an ini, Kepala SMK 1 Sragi Ib-nu Nafis mengatakan, pihak-nya memfotokopi print outbuku Kurikulum 2013 untukdijadikan pegangan para guru

dalam mengajar. “Kami sudahmemfotokopi, tapi hanya un-tuk guru sebagai pegangandalam mengajar. Untuk me-ngantisipasi terlalu banyak-

nya metode ceramah dalampembelajaran, para guru su-dah melakukan pematangankonsep sebelum mengajar,”jelasnya kepada Radar, ke-

marin.“Untuk para siswa di jurus-

an Teknik Komputer dan Jari-ngan (TKJ), sebagian sudahmenggunakan E-book,” imbuhdia.

Berbeda dengan SMK 1 Sra-gi, di SMA PGRI 2 Kajen lebihmemilih membeli sejumlahbuku Kurikulum 2013 di luarpemenang lelang, sebagai an-tisipasi keterlambatan pengi-riman buku. Pembelian ter-sebut hanya 10 eksemplar permata pelajaran.

“Buku tersebut akan dipa-kai para siswa apabila pem-belajaran berlangsung, ke-mudian dikembalikan lagi dirak semula,” ujar Kepala SMAPGRI 2 Kajen Achmad Jaenu-din, kemarin. (yan)

Belum Didistribusikan, Pakai Metode Ceramah

MUHAMMAD HADIYAN/RADAR PEKALONGAN

PEMBELAJARAN - Proses pembelajaran di SMA PGRI 2Kajen tetap berjalan tanpa kendala yang berarti.

SIROJUL MUNIR/RADAR KUDUS

KONSETRASI: Sejumlah siswa MAN Purwodadi latihan tari di Gedung Riptaloka dalam penyambutan MTQ Pelajar se-Jateng di Grobogan.