radar tegal 5 okt 2015

24

Upload: jaelani-hutabarat

Post on 24-Jul-2016

346 views

Category:

Documents


0 download

DESCRIPTION

Radar Tegal 5 okt 2015

TRANSCRIPT

Page 1: Radar Tegal 5 okt 2015
Page 2: Radar Tegal 5 okt 2015

Urip Triyono SS MMPdSekretaris MGMP Basa Jawa SMP Kabupaten Brebes

Harian Pertama KebanggaanWong Tegal

Pendiri: H. Mahtum Mastoem (Alm), Penasihat: Dahlan Iskan, Komisaris Utama: HM Alwi Hamu, Komisaris: Lukman Setiawan, Dwi Nurmawan, Dirut: Yanto S. Utomo,Direktur: Moh. Sukron. Pemimpin Umum: Moh. Sukron.Pemimpin Redaksi: M. Sekhun. Wakil Pemimpin Redaksi: Wawan Setiawan. Redaktur Pelaksana: Zuhlifar Arrisandy. Koord. Liputan: M. Fathurrohman.Redaktur: Embong Sriyadi, Khikmah Wati, Laela Nurchayati, Adi Mulyadi. Kota Tegal: Rohman Gunawan, Abidin Abror, Agus Wibowo, K. Anam Syahmadani. Brebes:Hervianto, Ismail Fuad. Bumiayu: Teguh Supriyanto. Slawi: Hermas Purwadi, Yeri Novelli, Muh. Fatkhudin. Pemalang: Moh. Khasanudin (Kepala Perwakilan), AgusPratikno, M. Ridwan, Siti Maftukhah. Pekalongan: Ade Asep Syarifuddin. Pracetak: Feri Setiawan (Koordinator), M Yahya, Dedy Irawan, Dwi Nanda P, Asep Ariadi S,.

Desain Iklan: A.Sekhudin. Iklan: Taufiq Ismail (Manager), Kharisma Dewi, Arifudin Yunianto, Riyanto Harjo, Teguh Widodo Nawawi, Agus Mutaalimin, Indani Dwi Oktina, Wahyudi. Event/Off Print: Wahyu Suroto. Pemasaran: Sunarjo(Manager), Wahyu Subagyo, Umaman Sahareka, Muslih, Zaenal Muttaqin, Rokhim. Keuangan: Yela Ramadiah (Manager), Dwi Titi Lestari (Perpajakan), Lita Rahmiati, Astri Prayudita, Syafriani Maulidah, Mubin, Djuhaeri Effendi, Moh. Erlin,Imron Rosyadi. HRD: Hesti Prasetyani. Manager Cetak Komersil: M. Abduh. Alamat Redaksi/Pemasaran/Tata Usaha: Jl. Perintis Kemerdekaan Tegal telp. (0283) 340900 (hunting), fax (0283) 340004. Jakarta : Ferdinansyah, EkoSuprihatmoko. Alamat: Komp. Widuri Indah Blok A-3 Jl. Palmerah Barat No 353, Jakarta 12210 Telp (021) 5330976, 5333321 Fax: (021) 5322629. Eceran: Rp 3.000/eks. Percetakan: PT Wahana Java Semesta Intermedia Kompleks LIKDampyak -Tegal.

Tarif Iklan: Umum/Display: Rp 33.000/mm kolom, Sosial/Keluarga: Rp 17.000/mm kolom, Iklan Baris Laris: Rp 20.000/baris, Iklan Colour: Rp 44.000/mm kolom.Iklan halaman 1 (depan): Rp 80.000/ mmk. Tarif + 200%, Creative ad: Tarif + 50%. NPWP: No: 01.994.052.7-511.000. Bank: Bank Mandiri Cab. Tegal a.n. PTWahana Semesta Tegal No. Rek: 139.0002152787. Bank Jateng Cab. Tegal No. Rek: 1.004.02598.5 a.n. PT Wahana Semesta Tegal.

Percetakan Radar Tegal menerima cetak komersil untuk koran, tabloid, majalah, buku, LKS, dll.

Anda pernah merasa tidak puas dengan pelayanan publik? Anda pernah kecewa karena mendapatkan pelayanan yang tidak semestinya dari instansi tertentu? Layangkan perasaan Anda ke rubrikNgresula ini via SMS ke 081575444422, email [email protected] atau melalui surat ke Radar Tegal Jalan Perintis Kemerdekaan No. 32 Tegal . Tulis dengan bahasa yang sopan atau bisa jugamenggunakan bahasa Tegalan. Isi ngresula mutlak menjadi tanggung jawab pengirim SMS, email, dan surat.

Semua wartawan Radar Tegal dilengkapi tanda pengenal/surat tugas dan tidak dibenarkan meminta/menerimaimbalan dalam bentuk apapun dari narasumber.

BAGI para guru yang ingin karya tulisnya diterbitkan di halamanini, bisa dikirim melalui email [email protected]. Sertakanjuga dengan foto pose santai.

NendangSajaTakCukup

15OPINIwebsite : radartegal.com, epaper: epaper.radartegal.com

RADAR TEGALSENIN, 5 OKTOBER 20152

PRESIDEN Joko Widodo (Jo-kowi) ingin paket kebijakanekonomi yang “nendang”. Na-mun, tendangan paket jilid I danII sepertinya belum bisa dira-

sakan langsung oleh masyarakat.Untuk itu, pada paket kebijakan jilid

3, Jokowi menyiapkan jurusyang lebih ampuh.

Paling tidak paket kebijakanekonomi jilid 3 harus memilikiefek jangka pendek dan bisa

dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat danpelaku usaha. Salah satunya terkait harga bahan bakarminyak (BBM).

Jokowi pun sudah meminta pejabat yang mengurusinyamenghitung ulang, apakah premium itu bisa diturunkan(harganya) meskipun sedikit.

Jokowi pun mengakui, Kementerian Energi dan SumberDaya Mineral (ESDM) sebelumnya sudah menyatakan jikaharga BBM jenis solar dan premium tidak akan berubahhingga Januari 2016 nanti. Tapi, saat ini pemerintah butuhkebijakan yang bisa ditangkap secara nyata dan konkretuntuk menggairahkan perekonomian. Karenanya,Kementerian ESDM dan Pertamina diminta segeramengkalkulasi ulang kemungkinan penurunan harga BBM.

Perintah Jokowi ini sangat dilematis bagi KementerianESDM dan Pertamina. Menteri ESDM Sudirman Saidmengakui siap menindaklajuti perintah presiden, namuntidak berani menjanjikan pemerintah pasti bakal segeramenurunkan harga BBM. Pun dengan Pertamina yang me-negaskan situasi saat ini sebenarnya sulit untuk menu-runkan harga premium. Apalagi dolar begitu kuat dan Per-tamina masih melakukan impor dalam jumlah tinggi.

Selain penurunan harga BBM, jurus lain yangdiharapkan Jokowi memiliki efek nendang adalahpenurunan suku bunga bank.

Untuk menggairahkan ekonomi di masyarakat sekaligusmeningkatkan daya beli, Jokowi juga ingin agar proyekpadat karya digenjot hingga ke pedesaan. Selainmemanfaatkan Dana Desa, ada pula anggaran dariKementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyatserta Kementerian Pertanian yang bisa digelontorkan kedesa-desa. Kalau memang itu dirasakan akan lebih baik,harusnya tidak sebatas paket kebijakan semata. Ayo dongkerja… kerja… kerja.

Masyarakat sudah semakin terpuruk. Kapan ini akansegera dilakukan Pak Presiden? Nendang juga taksembarangan, harus menghasilkan gol Pak. (*)

TRADISI tulis suku Jawatergolong tinggi. Hal ini di-buktikan dengan ditemukan(sangat) banyaknya buku-bu-ku kuna yang berisi untaianmutiara yang tiada ternilaiharganya, yaitu untaian muti-ara nilai dan pelajaran moral-mental yang tiada pernah ha-bis diungkap dan dihidupkankembali sesuai konteks keki-nian (eksplorasi dan revitali-sasi). Nenek moyang bangsakita tiada pernah jemu untukmemberikan suri tauladan ter-baik untuk generasi penerus-nya, terutama lewat tradisitulis para pujangga yang was-kitha (cerdas moral- mental)dalam bentuk karya sastrayang adiluhung.TRIPAMA

Serat Tripama merupakankarya raja agung dari keratonMangkunegaran, yakni KG-PAA Mangkunegara IV (1809-1881). Sesuai dengan makna-nya, kata tripama berarti ‘tigacontoh’ atau ‘tiga teladan’.Maksudnya, tiga sosok pribadiyang dapat dijadikan contohatau teladan dalam bersikapdan bertingkah laku dalamkaitannya berbela bangsa danberbela negara. Ketiga contohatau ketiga teladan tersebutadalah sikap mental Patih Su-wanda (Bambang Sumantri),Kumbakarna, dan Adipati Kar-na. Dua tokoh diambilkan dariSerat Ramayana karya MpuWalmiki, yakni Patih Suwandadan Kumbakarna, sedangkansosok Adipati Karna diambildari Serat Mahabarata karyaMpu Wiyasa. Ketiga contohtelah memperlihatkan lelabu-han ‘pengorbanan’ yang sa-ngat heroik dalam rangkamembela bangsa dan negara-nya dari berbagai hambatan,tantangan, dan gangguan darirongrongan musuh.

Tokoh Patih Suwanda telahmenunjukkan kesetiaan ke-pada raja dan negara denganberperang melawan MaharajaRahwana yang sakti mandra-guna, raja yang memiliki ajianPancasona dan Rawarontek.Khasiat dua ajian ini adalahmemberi pengaruh pada pri-badi yang memilikinya untuktetap hidup bila kematian da-tang pada saat tidak dikehen-dakinya. Nyawanya akankembali menempel ke tubuhbila ada angin berhembusdan tubuh menyentuh tanah,unsur kehidupan akan kem-bali merekonstuksi menyu-sun keutuhan fisik dan mentalseperti sedia kala.

Karena itu, ketika terjadiperang tanding, meskipun Pa-tih Suwanda telah berkali-kalimengalahkan atau bahkanmematikan musuhnya, Rah-wana tetap bisa bangkit danhidup kembali memberikan

perlawanan. Dan ketika habissegala daya upaya Patih Su-wanda menghadapi maharajaAlengka itu, dengan sigap Rah-wana membunuh Patih Su-wanda. Patih Suwanda ber-tekad untuk membuktikanloyalitas kepada raja (Arju-nasasrabahu) dan negaranya(Mahespati) dalam hal belanegara. Lebih baik gugur dimedan laga daripada pulangdengan kekalahan dan hina dimata raja dan bangsa Ma-hespati.

Tokoh kedua adalah Kum-bakarna. Dia adalah adik Ma-haraja Rahwana yang tidaksetuju dengan segala sikapkesewenang-wenangan ka-kaknya dalam memimpin ne-garanya, Alengkadiraja. Ba-nyak kebijakan Rahwanayang ditentangnya, sepertimenyerang dan membunuhraja-raja di sekitarnya yangtidak mau menjadi Negarajajahannya (vassal), sampaipada penculikan Dewi Shintayang dilakukanya hanya un-tuk menuruti nafsu syahwat-nya. Menurut Kumbakarna,Shinta adalah istri syah Ramayang tidak patut direbut dariorang yang berhak, dan pemaliseseorang mengambil secarapaksa, apalagi seorang maha-raja yang bertugas memeli-hara kesejahteraan dunia.

Penculikan dan penyera-ngan kepada orang lain danbangsa lain, adalah sebuahkezaliman, karena hal ini be-rarti melanggar tata aturandalam berhubungan baik de-ngan bangsa lain dan melang-gar cita-cita kasta ksatria seba-gai penjaga keselamatan du-nia (memayu rahayuning bu-wana). Kumbakarna mena-sehati agar Shinta dikemba-likan kepada suaminya, yaituRamawijaya sebelum terjadihal-hal krusial terjadi beri-kutnya. Namun, masukan dannasehat Kumbakarna justrumembuat Rahwana murka,sehingga Rahwana mengelu-arkan kata-kata cacian danmakian yang membuat hatiKumbakarna tersinggung.Rahwana mengatakan bahwaKumbakarna kerjanya cumatidur dan makan, sehinggatidak tahu-menahu masalahmanajemen bangsa dannegaranya.

Bahkan Rahwana menga-takan bahwa bila Kumbakarnatidak mau berbela Negara ke-tika terjadi serangan dari balapasukan Rama, maka Kumba-karna diminta untuk mengem-balikan semua fasilitas Negarayang telah dinikmatinya sela-ma ini, termasuk makanandan minuman yang dimakan-nya sehari-hari. Maka, seke-tika itu juga, Kumbakarna me-muntahkan seluruh makanan

Zuhlifar Arrisandy

Redaktur Pelaksana

Pimen Donge Bangunane?Aku pan melu ngresula. Kae bangunan SDN Debong Kidul delenge

tah megah, apik ora kaya disit lagi during ditingkat. Tapi sayangtemboke wis pada retak, saluran banyune ya peta ora seringmampet. Donge pimen gawene? Kunci selot ana sing macet, lampuana sing kurang, lan saklar ana sing rusak. Wis adong diperhatiknaakeh sing ora beres. Tralis nduwur tingkat ya baute ana sing padakurang, atap ternit ya ana sing mrembes ngecap belang ireng. Wislaporan jare pan dibenerna sampai batas waktu perbaikan wisalka. Donge pimen bangunane, padahal tembe 10 wulan jalan. Kiyetanggung jawabe sapa?

+6281902539171

Kurang MeriahAcara jalan santai Bank Jateng kurang meriah. Duo Anggrek

Cuma tampil sebentar. Terus tidak ada lagu tarlingnya, lagu yangdisukai masyarakat Tegal.

+6285726990746

Harus Diusut TuntasKang Jon, tentang ambruknya dinding Pasar Langon jelas bukan

termasuk force majeur. Tapi semata-mata karena kesalahanmanusia, kecerobohan perencanaan dan pelaksanaan, dan harusdiusut sampai tuntas siapa pun yang bertanggung jawab. Hal inimerupakan evaluasi menyeluruh di bidang pelaksanaan jasakonstruksi. Terlebih lagi dengan adanya korban jiwa dan luka beratserta ringan.

+6285640000561

Kok Dikontrakkan?Kepada Yth. Ibu Wali Kota Tegal c.q. Ketua DPRD Kota Tegal,

mohon ditinjau Pasar Ayam di Pasar Pagi. Itu bangunan kantorpenjaga Pasar Ayam dibangun dengan uang rakyat. Kok dikontrakanuntuk pemotongan ayam? Tegakkan keadilan. Terima kasih.

+6287730372880

dan minuman yang telah di-makannya di hadapan Rah-wana. Setelah itu, Kumba-karna melakukan permenu-ngan untuk menentukan si-kap. Kumbakarna menjadisedih ketika menyaksikan ke-rabat dan orang-orang terde-katnya gugur membela Ne-gara Alengka, seperti sauda-ranya Patih Prahasta, pona-kannya Indrajit, adiknya Sar-pakenaka, serta prajurit-pra-jurit lainnya yang telah gugurmembela bangsa Aleng-kadiraja.

Akhirnya Kumbakarnamemberikan keputusan, bah-

telah dizalimi oleh ibunya,Dewi Kunti. Karna sejak kecildipisahkan dari orang tuanyakarena malu akibat perilakuyang tidak terpuji dari DewiKunti. Dewi Kunti memilikiajian yang dapat mendatang-kan sosok-sosok yang dike-hendakinya, yaitu ajian adit-yarhedaya yang diberikanoleh Begawan Druwasa. Aki-bat ulah dan rasa ingin tahu-nya yang besar Dewi Kuntimencoba-coba memanggildewa, maka dipanggillah de-wa yang dianggap dapatmemberikan kekuatan padaalam raya ini, yaitu dewa ma-tahari. Dewa matahari (Ba-thara Surya) pun datang, danterjalinlah cinta terlarang danhamillah Dewi Kunti.

Karena malu, maka DewiKunti meminta kepada Bega-wan Druwasa agar dapat me-lahirkan sang jabang bayi bu-kan melalui jalan yang biasa,melainkan melalui telinga,sehingga lahirlah seorang bayilelaki yang tampan dan diberinama “Karna” yang artinyatelinga. Sebagai tanda, dipa-sangilah di telinga Karna ant-ing yang sangat kemilau bilaterkena cahaya matahari yangdisebut anting mustika kun-dala dan baju zirah pembe-rian ayahnya Bethara Surya.Setelah lahir, bayi Karna inidilarung di sungai dan dite-mukan oleh seorang pegawai(sais) Adhirata.

Pada suatu saat, para gene-rasi muda Astina, yaitu Pan-dawa dan Kurawa mengada-kan acara pertandingan sen-jata. Yaitu pertandingan yangbertujuan untuk menguji se-berapa kemampuan Pandawadan Kurawa dalam olah yudadan olah keprajuritan. Pertan-dingan ini disaksikan olehpembesar-pembesar Astina,seperti Dewi Kunti, KakekBhisma, Guru Druna, ResiKrepa, Destarasta dan istrinyaGendari, serta para pembesarkerajaan Astina lainnya. Ke-dua kubu, yaitu Pandawa danKurawa saling berbalas dalammempertunjukkan kemahiranolah keprajuritan dan olahkesaktian, silih berganti. Ke-mahiran bermain pedang, ber-main gada, sampai bermaintombak dan panah.

Tibalah babak yang mene-gangkan, yaitu hadirnya Kar-na yang tidak diundang dalamacara tersebut. Karena melihatkehebatan ilmu memanah Ar-juna yang tiada seorangpundapat mengungguli dan ber-kesan sombong, Karna da-tang dan mempertunjukkankemahirannya memanah.Pandawa yang menyaksikanilmu memanah Arjuna ter-nyata ada yang mengungguli,maka ia protes dan memaki

Bela Negara MenurutTripama (Bag.1)

Karna dengan kata-katanyayang sangat pedas. Arjuna danBima mengatakan Karna se-bagai orang hina (karena dike-nal sebagai anak sais kereta),Karna tidak boleh mengikutipertandingan senjata, karenaacara ini hanya untuk kala-ngan bangsawan bukan kastarendahan.

Karna tertegun dan terme-nung sejenak, dan dalam situ-asi serba kaku ini pikiran cer-das muncul dari pihak Kurawa,sehingga Duryudana, saudaratertua Kurawa mendekati Kar-na dan memintanya menjadipembesar kerajaan Astina se-bagai patih. Karena tidak adapilihan, dan dirinya malu di-perlakukan oleh Pandawa,maka diterimalah tawaran da-ri Duryudana sehingga diamenjadi orang yang loyal ke-pada orang yang berjasa ke-padanya.

Dalam perang baratayuda,Karna tetap membela Dur-yudana yang telah membe-rikannya kemulyaan hidup,meskipun hati kecilnya tetapmengatakan bahwa pihakPandawa lah yang benar. Kar-na juga gugur sebagai bungakurusetra, meskipun dalamkeadaan yang serba dilematis.Tetapi konsistensi membelaraja yang telah memberikankemulyaan patut diberikanpenghargaan yang tinggi. Diasosok orang yang tahu berte-rima kasih, bukan orang yanglupa kacang akan kulitnya.MENTALITAS

Tokoh-tokoh dalam seratTripama di atas memang bu-kan sosok yang sempurna,masing-masing muncul de-ngan segala kelebihan dankekurangannya. Namun halyang perlu digarisbawahi ada-lah mentalitas yang sangatmengagumkan, yang dari me-reka ( tokoh-tokoh di dalam-nya), kita dapat belajar me-ngenai bela bangsa dan belaNegara. Bela bangsa bila ber-sifat kedaerahan (lokal), danbela Negara bila bersifat an-caman dari Negara lain atauantar Negara.

Menurut Bandung Mawar-di (2009), terdapat dilema tigatokoh itu diungkapkan de-ngan estetis oleh Mangku-negara IV (1809-1881) dalamSerat Tripama. Siapakahsesungguhnya ksatria ataupahlawan? Pertanyaan pelikini susah mendapati jawabanparipurna. Patih Suwandaadalah tokoh pandai, berani,dan menepati sifat keturunanorang utama.

Kumbakarna adalah raksa-sa, memiliki sifat-sifat utama,menepati janji ksatria, danpembela negara. Karna adalahksatria, sadar balas budi, danberani. (Bersambung)

wa esok pagi dialah yang akanmenjadi panglima perangmenghadapi pasukan Rama.Rama dibantu oleh adiknyaLaksamana, dan pasukan kerayang dipimpin oleh Anoman,Sugriwa, Anggada, Anila, sertadidampingi oleh GunawanWibisana adik Rahwana yangdiusir karena tidak mau menu-ruti hendak dengan Rahwana.

Kumbakarna maju sebagaisenapati perang melawan pa-sukan Rama bukan karenamembela kesewenang-wena-ngan kakaknya, Rahwana. Diamaju perang karena jiwanyaterpanggil untuk membela ta-nah airnya yang diserang “mu-suh”, yaitu pasukan Rama yangdibantu oleh ribuan pasukankera. Dengan baju serba putihsebagai tanda ketulusan dankeikhlasan serta kesiapan ber-korban (gugur) di meda laga,ia berperang dengan gagahberani mendobrak segala per-tahanan musuh. Namun ak-hirnya, panah sakti Rama danLaksamana memotong-mo-tong tubuhnya menjadi be-berapa bagian. Dia pun gugursebagai kusuma bangsa demicinta tanah airnya Alengka-diraja, sikap bela negara mele-bihi kebencian terhadap ke-sewenang-wenangan ter-hadap kakaknya Rahwana.

Tokoh terakhir adalah Adi-pati Karna, saudara tertuaPandawa. Sejak bayi Karna

Siapakahsesungguhnya

ksatria ataupahlawan?

Pertanyaan pelikini susah

mendapatijawaban

paripurna.”

Page 3: Radar Tegal 5 okt 2015

15JAWA TENGAHwebsite : radartegal.com, epaper: epaper.radartegal.com

RADAR TEGALSENIN, 5 OKTOBER 2015 3

BUDAYA

SEMENTARA itu peringa-tan HUT ke-259 di halamanBalai Kota Jogja juga tampakmeriah, kemarin (4/10). Disana digelar jemparingan ataupanahan tradisional gaya ma-taraman. Jumlah pemanahyang ikut serta terus bertam-bah. Ini terlihat saat jumlahpeserta Gladen Ageng Jem-paringan ini mencapai 197peserta.

Wali Kota Haryadi Suyutimenyambut positif animo ya-ng besar dari masyarakat terse-but. Dia pun sempat berkela-kar, dengan banyaknya orangyang berlatih memanah, akanbanyak warga Kota Jogja yangmemiliki hati bersih.

Sebab, sesuai dengan asalnamanya, berasal dari kata ma-nah yang berarti hati. Ma-kanya, dengan banyaknya or-ang berlatih jemparingan, ba-nyak yang berlatih olah rasa.Bukan hanya dengan olah raga.

”Maknanya bagaimana kitabisa mengolah rasa untuk ke-hidupan sehari-hari,” ujar HS,sapaan akrabnya, kemarin.

Banyaknya peserta ini, ka-rena tak lepas dari adanya ko-

Olah Rasa dengan Memanahmunitas pencak silat dari selu-ruh Paseduluran AngkringanSilat (PAS) Jogjakarta. Merekaturut mengikuti Gladen AgengJemparingan tersebut dise-lenggarakan Paguyuban De-wondanu itu. Bahkan, peser-tanya tak hanya orang dewasa.Anak-anak pun ikut meramai-kan lomba ini.

Manfaat yang baik dari me-manah ini mendapatkan du-kungan dari HS. Dia berko-mitmen untuk bisa ikut me-lestarikan budaya yang kayaakan manfaat ini. HS bahkanmenjanjikan, halaman balaikota bisa dimanfaatkan untukberlatih Jemparingan.

”Tiap selapan atau 35 hari,bisa diselenggarakan kegiatanbersama yang melibatkan ber-bagai komunitas jemparingandi sini,” ujarnya.

Dia menambahkan, pemkotmemberikan ruang yang se-luas-luasnya untuk pengem-bangan jemparingan di hala-man balai kota. Apalagi, jempa-ringan ialah budaya kita yangkaya akan makna filosofis.

Ketua Panitia Suryadi me-nyambut positif. Dia memas-

tikan, akan memanfaatkan fa-silitas dari pemkot tersebut.Ini mengingat, banyaknya pe-minat jemparingan akhir-akhirini. ”Banyak yang ingin belajarunggah-ungguh atau tata kra-ma dengan berlatih jempa-ringan,” terangnya.

Dia mengatakan, tata kramayang harus dilalui mulai daripenggunaan pakaian adat le-ngkap sampai blangkon hing-ga jarit. Kemudian, saat me-manah juga dengan dudukbersila. Jauh berbeda dengankegiatan memanah konven-sional yang dilakukan denganberdiri.

Itu belum kesulitan teknisjemparingan. Target mema-nah yang hanya berupa ban-dul berdiameter 2,5 centime-ter dan panjang 15 centimeter.Target tersebut dipasang ber-jarak 35 meter untuk kategoridewasa dan 20 meter kategorianak-anak.

”Memang rumit dan sulit,tapi di situlah ada proses olahrasa. Harus benar-benar kon-sentrasi untuk bisa mencapaitujuan atau target,” tandas-nya. (eri/ila/ela)

PELAMBATAN ekonomi du-nia tidak ikut memukul in-dustri kayu. Padahal industriini merupakan salah satu an-dalan ekspor Kabupaten Ban-jarnegara.

Pengusaha PT Bangkit Mak-mur Abadi, Bambang PrawotoSutikno mengatakan pelamba-tan ekonomi global menga-kibatkan pasar ekspor mele-mah. Pemilik pabrik bar core(kayu lapis dengan ketebalantebal 1,3 centimeter) ini me-ngatakan penurunan pasarglobal ini terjadi sekitar bulanyang lalu.

Dikatakannya, bila padatahun 1998 penurunan nilaitukar Rupiah menguntungkanpengusaha yang orientasiusahanya ekspor. Maka kinitidak berlaku. Sebab harga

Nilai Ekspor Kayu Turunproduk di pasar internasionaljuga ikut menurun. “Saya eks-pornya ke Taiwan dan China.Sekarang permintaanya tu-run,” jelasnya.

Pengusaha asal Wanadadiini mengatakan akibat pelam-batan ekonomi global, per-mintaan pasar furniture me-nurun. “Bar core ini merupa-kan bahan pembuatan furni-ture. Pelambatan ekonomiglobal ternyata berdampakpada usaha kami,” kata dia.

Bambang menjelaskan du-lu tiap meter meter kubik barcire mencapai 290-300 USD.“Untuk grade A,” jelasnya.

Sedangkan saat ini, har-ganya berkisar 265 - 270 USDper meter kubiknya. Sedang-kan untuk grade B, harganyaantara 240 - 250 USD. “Malah

kini turun lagi. Yang grade B220 USD,’’ jelasnya.

Penurunan permintaan ini,juga berpengaruh pada dapurproduksi. Bila dalam keadaannormal, pabriknya menerap-kan tiga shift dan hari Minggutetap produksi. Sekarang ha-nya dua shift dan pada hariMinggu libur.

Kepala Kantor PerwakilanBank Indonesia Purwokerto,Ramdhan Denny Prakoso me-ngatakan meskipun menga-lami pelambatan, ekonomiIndonesia masih jauh darikrisis. Pelambatan ekonomidan penurunan nilai tukar Ru-piah terhadap Dollar Amerikaini merupakan fenomena glo-bal. Dan dampak yang dira-sakan Indonesia, tidak se-besar negara lain seperti Bra-

sil dan Russia. Dia optimis,ekonomi akan kembali me-nggeliat seiring paket kebi-

jakan ekonomi yang telahdiluncurkan oleh pemerin-tah. (drn/ela)

GUNTUR AGA TIRTANA/RADAR JOGJA

JEMPARINGAN - Even yang digelar di Jogjakarta ini diharapkan menjadi desnisati wisata.

JOGJA - Kelangkaan pasir dan batu di pasaran DIJ,tampaknya masih akan berlangsung. Sebab keluhanminimnya jumlah perusahaan atau perorangan yangmenambang dua material tersebut, belum akan teratasidalam waktu dekat. Meski Pemprov DIJ telah ke-banjiran permohonan perizinan penambangan, na-mun surat izin tersebut belum bisa diterbitkan.

Sekadar diketahui, sejak dialihkannya proses pe-rizinan penambangan ke provinsi, membuat GeraiPelayanan Perizinan Terpadu (GP2T), Badan KerjaSama dan Penanaman Modal (BKPM) DIJ kebanjiranpengajuan. Tercatat ada sekitar 120 pengajuan izinpenambangan baru telah diajukan para perusahaantambang. Tapi separonya dinyatakan tidak layak dandikembalikan.

Kepala GP2T BKPM DIJ Suyata mengatakan, 60 pe-ngajuan izin yang dikembalikan tersebut karena berbagaisebab. Seperti ada yang sudah menambang terlebih dulu,sebelum pengajuan izin atau tidak cocok dengan titikkoordinatnya. ”Hanya 50 persen yang recommended. Kamimasih menunggu sekitar 30 yang dari Gunungkidul,berupa rekomendasi bupati untuk pemanfaatan ruang-nya, belum ada sampai sekarang,” katanya.

Saat ini pengajuan izin baru yang dinyatakan lolosadministrasi dan sesuai dengan Wilayah Izin UsahaPertambangan (WIUP) ada 60 berkas. Dari jumlahtersebut, sebanyak 24 berkas di antaranya dinyatakanlengkap, sementara 36 berkas lainnya dari Gunungkiduldinyatakan masih belum lengkap.

Sejauh ini, dari ratusan pengajuan izin baru, GP2Tbaru mengeluarkan sebanyak sebelas WIUP. Rata-ratamenambang jenis batuan andesit di Kokap, Kulon-progo. Sedangkan yang masih dalam tahap sosialisasiuntuk diterbitkan ada 13 WIUP, mayoritas menambangdi sungai berupa pasir dan batu. ”Setelah dikeluarkanWIUP, kami butuh waktu lima hari untuk mengeluarkanIUP Eksplorasi,” tuturnya.

Suyata menegaskan, sejak berlakunya UU No 23tahun 2014 yang mengalihkan perizinan dari kabupatenke provinsi, hingga saat ini pihaknya belum pernahmengeluarkan izin operasional penambangan. Me-nurutnya, kalau sekarang sudah ada yang beroperasiberarti liar.

”Terutama izin penambangan baru yang dari provinsi,kami belum pernah keluarkan,” tegasnya.Anggota Komisi C DPRD DIJ Huda Tri Yudiana me-ngatakan, pemberian izin penambangan baru harusdiverifikasi secara cermat. Jangan sampai penambangantidak terkendali dan akan merusak lingkungan. Sepertiyang terjadi selama ini di Kabupaten Sleman berupapenambangan pasir Gunung Merapi. ”Kita tidakantipenambangan, sebab bahan tambang juga di-perlukan untuk pembangunan.’’ katanya. (pra/ila/ela)

Jika Ada yangMenambang, Liar

Kirab, Tonjolkan Karakter PasarJOGJAKARTA - Acara memperingati HUT ke-259 Kota

Jogjakarta sudah mulai. Kirab Pasar peringatan berpindahnyaPangeran Mangkubumi atau Sri Sultan Hamengku Buwono I daripesanggrahan di Gamping ke Keraton menjadi ikon baru.

Tantangan pun muncul, agar pasar-pasar di Kota Jogja takhanya bergeliat. Tapi, mampu menjadi destinasi baru wisatawanuntuk berkunjung ke Kota Jogja. ”Tahun ini, kami lebih menonjolkankarakter masing-masing pasar. Harapannya, tahun depan bisamenjadi destinasi wisatawan,” ujar Ketua Paguyuban Peda-gang Pasar Jogjakarta Margono disela kirab, kemarin (4/10).

Dia menuturkan, dari 32 pasar yang ada di Kota Jogja, saat iniada tujuh yang memiliki karakter. Ke tujuh pasar itu adalah PasarTerban dengan ayam, Pasar Klithikan dengan barang bekas,Pasar Tunjungsari dengan sepeda, Pasar Satwa dan TanamanHias Yogyakarta (Pasthy). Serta Pasar Giwangan dengan sayu-ran, dan Pasar Beringharjo dengan konveksi.

”Kami harapkan, ciri khas pasar ini bisa berkembang. Bisajadi ajang promosi wisatawan untuk ke Jogja,” harapnya.

Modal bagi pasar tradisional bisa menjadi kunjunganwisatawan sebenarnya telah ada. Asalkan, pedagang pasarmaupun stakeholder bersama-sama menjaga iklim pasar. Yaitupasar yang menyenangkan artinya bersih, dan pedagang tidaknuthuk harga.

”Sudah ada semboyan pasare resik rejekine apik, itu yangterus kami dorong bisa sama-sama untuk dipedomani,” usulnya.

Dia menegaskan, kirab pasar ini bukan hanya semata-matamemeriahkan HUT Kota Jogja. Tapi, dengan kirab tersebut,pedagang pasar berharap masyarakat, baik di Kota Jogjamaupun wisatawan bersedia untuk kembali mengunjungi pasar.”Ke pasar untuk tamasya,” ujarnya dengan nada berkelakar.

Bagi masyarakat di Kota Jogja, lanjut dia, tak perlu jauh-jauhuntuk menghilangkan penat. Cukup berkunjung ke pasar, pikirankembali fresh. Makanya, saat ini pedagang pasar terus mengkam-panyekan kenyamanan pembeli.

Pada kirab pasar ini, kontingen yang mengikuti kirab tersebutmerupakan delegasi dari setiap pasar. Masing-masing membawagunungan yang menjadi karakteristik pasar setempat. Selamaprosesi kirab, setiap kontingen juga mendapat penilaian dari sisicucuk lampah serta kreasi gunungan. Wali Kota Haryadi Suyutimengaku, kemandirian para pedagang menjadi kunci utamaeksistensi pasar tradisional. Dia mengajak masyarakat agarmenjadikan belanja di pasar tradisional sebagai gaya hidup.Terutama mewujudkan pasar tradisional sebagai pusatperbelanjaan. ”Ini persembahan pedagang kepada masyarakatyang selama ini banyak memberikan penghidupan,” ung-kapnya.(eri/ila/ela)

GUNTUR AGA TIRTANA/RADAR JOGJA

IKON - Kirab Pasar menjadi ikon baru wisata di Jogja.

Kemarau, Warga Masih Antre AirPANINGGARAN - Kemarau panjang membuat sumber-sumber

air bersih di beberapa wilayah se Kabupaten Pekalongankekeringan. Akibatnya, warga kesulitan memenuhi kebutuhanair bersih untuk kehidupan sehari-hari. Seperti yang terjadi diDukuh Siberuk Sasak, Desa Lambanggelun, Paninggaran. Setiaphari, warga setempat terpaksa mengantre air bersih pasokandari Pemkab Pekalongan pasca mereka mengadu permasalahankekeringan di lokasi tersebut kepada BPBD setempat.

Berdasarkan pantauan terhadap pasokan air bersih tersebut,ratusan jerigen tampak berjejer memanjang sembari dijagapemiliknya (warga setempat, red). Mereka tampak sabarmenunggu giliran mengisi air bersih pasokan Pemkab Pekalongan.Bahkan, mereka menyiapkan tepat-tempat air agar bisa dijadikansebagai cadangan memenuhi kebutuhan sehari-hari di rumah.

Anggota DPRD Kabupaten Pekalongan, Mohamad Nasron,yang juga berasal dari Kecamatan Paninggaran, mengatakan,kekeringan yang terjadi beberapa bulan terakhir ini telah membuatwarga kesulitan mengonsumsi air bersih. Sebab, sumber-sumberair sudah mulai mengering, termasuk sumur-sumur warga akibatkemarau panjang. “Cuaca ekstrim saat ini membuat mata air didaerah ini kering. Kemarau berkepanjangan, mengakibatkan debitair pada sumber-sumber air bersih menurun. Imbasnya, wargakesulitan mendapatkan air bersih,” ujar Nasron.

Tidak hanya itu. Dia menambahkan, pipa bantuan Pemkabyang biasa mengalirkan air bersih, sekarang dinyatakan sudahtidak berfungsi serta butuh adanya perbaikan. Pipa air yangtidak berfungsi ini mempersulit warga untuk memenuhi kebutuhanair bersih sehari-hari, baik untuk kebutuhan konsumsi, mencucimaupun MCK.

Akhirnya, lanjut dia, warga melaporkan masalah tersebut kepihak BPBD lantaran permasalahan kebutuhan air bersih wargasudah mendesak. Usai melapor, pihak Pemkab langsungmelakukan droping air bersih ke desa tersebut.

“Dalam menyikapi masalah air bersih dampak kekeringan ini,Pemkab Pekalongan juga cukup sigap. Sebab, hanya selangbeberapa waktu setelah dilaporkan, langsung ada tindakan.Karena itu, kami mengharapkan pasokan air bersih dapatdiberikan 2 tangki setiap dua hari sekali untuk bisa memenuhikebutuhan warga,” pungkas dia. (yan/ela)

MUHAMMAD HADIYAN/RADAR PEKALONGAN

ANTRE - Kekeringan memaksa warga Dukuh SiberukSasak, antre mendapatkan air bersih.

DOK ISTIMEWA

TURUN - Nilai ekspor turun akibat pelambatan ekonomi.

KEMARAU

Page 4: Radar Tegal 5 okt 2015

15INTERMEZZOwebsite : radartegal.com, epaper: epaper.radartegal.com

44444 RADAR TEGALSENIN, 5 OKTOBER 2015

TELEPON PENTING1. Pemadam Kebakaran

(0283) 325429

2. Pelayanan Gangguan PLN

(0283) 342245

3. Polresta Tegal

(0283) 356115

4. Rumah Sakit Umum Kardinah

(0283) 356067 / 341938

5. Pelayanan Gangguan PDAM

(0283) 356175 / 358316

6. Stasiun Besar Tegal

(0283) 353018

7. Terminal Bis Tegal

(0283) 354696 / 354695

Info 0818354696

8. Rumah Sakit Amanah Mahmudah

(0283) 6183504

9. Pelayanan 24 Jam

(0283) 340999, 340399,

RS Mitra Keluarga Tegal

3390390

UGD, Laboratorium, Radiologi, Apotek,Ambulance

Jl. Sipelem No. 4 Kemandungan Tegal

Hotel dan HiburanHotel Bahari Inn Tegal (0283) 343399

Hotel Karlita (0283) 358050

Orange Karaoke (0283) 322022

- Anggraeni Hotel (0283) 881011

Jl. Ahmad Yani No. 159 Ketanggungan - Brebes

- Dian Hotel (0283) 877216

JL. Cendrawasih No 304 Tanjung- Brebes

- Hotel Dedy Jaya (0283) 673133 / 673158

AGENDA HOTELHOTEL KARLITA

Rabu dan Sabtu, Show DJ and DancerPerformance pukul 23.00-03.00 WIB diZodiak Discotheque dan VIP Karaoke.

HOTEL BAHARI INN Tegal

- Setiap Kamis malam

Live Musik di Cafe NelayanMulai Jam 19.00 WIB

- Sabtu

Happy Our di Musro Diskotik, Jam 20.00- 03.00 WIB

AGUS WIBOWO/RADAR TEGAL

BERPOSE - Dua Anggrek, Devay dan Moza saat berada di Studio Radar CBS di Jalan Perintis Kemerdekaan Kota Tegal, Sabtu petang.

DUO ANGGREK

Kangen Tahu Aci TegalMESKI baru sekitar 3 tahun

tampil di jagad tarik suara musikdangdut, namun penyanyi mudacantik yang menamakan dirinyaDuo Anggrek, kini terus hits de-ngan tampilannya yang selalukompak dan menawan. Ya, duadara cantik yaitu, Devay dan Mo-za terus kompak di segala aktivi-tasnya hingga kini tengah suksesdengan lagu single ‘Sir GobangGosir’ dan ‘Pacar Salah Sam-bung’ yang berhasil mengorbit-kan nama Duo Anggrek ke jen-jang yang lebih tinggi lagi, sebagaipenyanyi dangdut yang berkua-litas.

Berbicara Duo Anggrek ini,penyanyi dangdut yang memilikitubuh seksi dan wajah menarik,memang sudah berulangkali keKota Tegal ini. Mulai dari tam-pilan dalam acara di sebuah sta-siun televisi, hingga acara-acarasebuah lembaga yang memangmenginginkan dara cantik asalJawa Barat dan Jakarta itu bisamenghibur masyarakat pesisirKota Bahari.

Bahkan, Sabtu (3/10) petang,guna menyambangi para fansnyayang menamakan My Anggrek,Devay dan Moza sengaja me-nyempatkan waktunya ke Studio2 Radar CBS di komplek GrahaPena Radar Tegal Jalan PerintisKemerdekaan Kota Tegal. Dite-mani penyiar Novi dan Trisan,duo dara itu mendapatkan kes-empatan untuk berkomunikasidengan para fansnya. Tak terke-cuali dengan penggemarnya yangsudah menunggu di Studio RadarCBS Tegal.

‘’Alhamdulillah, masyarakatpesisir memang suka dengan mu-sik dan lagu dangdut. Dan kamisendiri, memang juga sudah be-rulangkali di Kota Tegal,’’ akuDevay.

Dia mengaku senang saat pen-tas di Tegal ini. Karena dalamacara yang selalu dihadirinya,berjalan dengan sukses dan lan-

car. Termasuk para pengunjungyang hadir, bisa memberikan ke-lancaran.

‘’Ya, Kota Tegal menurut sayangangeni. Terutama tahu acinyayang dicampur dengan cabai.Karena lidah bisa bergetar,’’ sam-bung Moza.

Dara cantik itu juga menje-laskan soal keberuntungan diri-nya saat ini, akan dimanfaatkandengan baik. Sebab, Duo Ang-grek, saat ini banyak mendapat-kan tawaran sebagai presenterdalam sebuah tayangan info-tainment di salah satu tv swastayang terkenal. Tampilan di layarkaca sebagai penyanyi jugamembuat Duo Anggrek terus

dikenal. Namun ini tak lantasmembuat mereka puas. Merekaberdua terus mengasah bakatmenjadi penyanyi yang pro-fesional.

‘’Kami juga berterimakasih ke-pada masyarakat, khususnya diKota Tegal soal single ketiga yangkami bawakan dengan judul ‘Ci-kini- Gondangdia’ ciptaan Yogidan Jaya Shalwa, ternyata lang-sung meledak. Dan banyak pen-dengar radio yang meminta laguini untuk diputar,’’ ulasnya.

Menurutnya, sebenarnya laguini bercerita tentang seorangwanita yang mengharapkan ke-setiaan pada pasangannya. Di-kemas dengan konsep musik fun-

ky house, lagu ini terasa lebihringan dan soulnya kena. Diba-wakan dua penyanyi yang masingmasing punya ciri khas, begituterasa single ini membawa penik-mat musik untuk larut berden-dang.

“Lewat lagu ini, kami berharapsemakin kompak, sehingga dapatberdampak pada penampilankami. Biar lebih spektakuler darisebelumnya.” imbuh Devay yangantusias dengan peluncuran al-bum perdananya.

Album ini tentu saja menjadi halluar biasa bagi Devay dan Moza.Sejak dibentuk awal 2013, ke-duanya memang memiliki mimpipanjang di Duo Anggrek. Salah

satunya adalah memiliki album.Setelah menelurkan tiga single ‘SirGobang Gosir’, ‘Pacar Salah Sam-bung’ dan ‘Cikini - Gondangdia’,Duo Anggrek resmi merilis album‘Cikini - Gondangdia’.

Album ini berisi nomor-nomordangdut modern pilihan seperti‘Sir Gobang Gosir’, ‘Pacar SalahSambung’, ‘Cinta Diam-diam’, ‘Pi-lih Aku Saja’, ‘Gara-gara Dia’, ‘Ko-rupsi Cinta’, ‘100 % Kecewa’, ‘Kam-pret Belang’, ‘Cetar’, ‘Dari Hong-kong’, dan ‘Panggung Dangdut’.

“Album ini menjadi semacampengakuan buat kami. Mudah-mudahan bisa dinikmati olehpecinta musik Tanah Air,” pung-kasnya. (gus/ima)

Klik

SATU lagi drama Turki meng-hibur pemirsa televisi tanah air.Serial itu berjudul ‘Cinta Elif’. Serialyang dibintang Engin Akyürek,Tuba Büyüküstün, dan NebahatÇehre serta banyak lagi aktor ber-bakat ini mengudara pertama kalidi ANTV.

SERIAL yang rencananya me-ngudara setiap Senin sampai Sab-tu pada pukul 22.30 sampai 24.00WIB ini mengisahkan perjalanancinta yang disertai dengan kisahmisteri kematian orang tersayangdan pencurian berlian

”Ini drama yang tidak biasa,tetapi ada konflik percintaan, teta-pi bagaimana menyelesaikan ka-sus kriminal juga,” ujar Gunawan,manager Acguistik & DistributionANTV di kawasan Epicentrum,Jakarta Selatan.

Elif diperankan oleh artis cantikTuba Büyüküstün. Dia serial ini diaberlakon sebagai desainer berlianyang sukses di Roma. Dalam rang-ka merayakan ulang tahun, diapulang ke Istanbul untuk bertemukeluarganya. ”Dia hidup denganbahagia di Italia yang terpisahdengan keluarganya yang kayayaitu ibunya,” katanya.

Nebahat Cehre berperan seba-gai Zerrin, dia berlakon sebagai ibuElif, sedangkan ayahnya yang ber-nama Ahmet diperankan oleh Ay-tac Arman dan kedua adiknyayang bernama Nilufer diperankanBestemsu Ozdemir dan Asli olehHazal Turesan.

”Di sana mereka dikenal pemainprofesional yang mampu memba-ngun atmosfir penonton,” kata-nya.

Nah di sisi lain, ada Omer yang

dimainkan oleh Engin Akyürek. Dibermain sebagai polisi yang ber-tugas di Van, sebuah kota di Turki.Suatu hari dia pulang ke Istanbuluntuk bertunangan dengan wa-nita pujaannya. Omer dan Elifawalnya tak saling kenal.

Namun sebuah tragedi memper-temukan mereka. Tunangan Omerdan ayah Elif, tewas kecelakaan didalam mobil yang sama. ”Tanpasengaja mereka bertemu,” terang-nya.

Elif dan Omer pun mencobamemahami mengapa dua orangyang saling mereka sayangi dancintai dapat berada di mobil yangsama, bagaimana mereka salingmengenal dan mengapa merekaberdua dibunuh.

”Segera setelah kejadian terse-but mereka berdua pun mencaritahu apa yang sebenarnya terjadidengan mereka berdua dan mere-ka menyadari bahwa kedua orangyang mereka cintai dibunuh ter-kait soal sebuah berlian,” jelasnya.

Itu semua terbongkar setelah,Omer pun menemukan satu ber-lian di kamar tunangannya danberlian lainnya berada di dalammobil dimana mayat kedua orangyang mereka sayangi ditemukan.

”Sementara itu, Elif diiminta olehpara mafia untuk membawa semuaberlian yang ada sebagai tebusankarena adiknya saat ini sedangdalam penyanderaan,” ceritanya.

Omer dan Elif pun saling bahumembahu untuk menyelesaikanmasalah kasus ini secepatnya jikatidak akan jatuh korban lainnya.Dan di sinilah benih-benih cinta diantara mereka berdua mulai tum-buh. (ash/ima)

CINTA ELIF

Cinta Dibalut Misteri KematianD’BAGINDAS

PromosikanBatik LewatMusik

GRUP musik D’Bagindas ikut andil dalamHari Batik Nasional 2015. Grup musik bergenremelayu ini tampil di pusat perbelanjaanThamrin City TM (Trade Mall), Tanah Abang,Jakarta Pusat. Membawakan deretan tem-bang hitsnya. Grup musik yang sempat me-ngalami krisis personil ini tampil apik meng-hibur pengemarnya.

“Ini momen yang tepat untuk kita meng-hibur penggemar, di Hari Batik Nasional de-ngan lagu melayu,” ujar Andra.

Lewat aksi tersebut, grup musik yang suksesmencuri perhatian lewat tembang C.I.N.T.AIni berharap bisa ikut andil dalam kegiatanmempromosikan batik melalui karya-karya-nya di kalangan anak muda.

“Lewat musik kita ingin sebarkan semangatmenggunakan batik,” paparnya.

Rangkaian kegiatan bertajuk, Batik Fan-tastik Elegan yang mulai digelar dari 30 Sep-tember 2015 sampai 10 Oktober 2015 tersebutdiwarnai beragam grup musik lainya di anta-ranya Biang Kerok Band, serta Ika D2 Acad-emy.

”Rangkaian kegiatan ini digelar dalamrangka mendekatkan citra busana batik danmengenalkan busana batik kepada masya-rakat luas,” kata Glen Hendra Gunadirdja, CEOThamrin City TM dalam sambutannya saatmembuka kegiatan tersebut.

Selain musik ada talkshow yang digelar BensRadio untuk kampanye cinta batik. Bens Ra-dio adalah salah satu radio yang peduli de-ngan batik, sehingga bersama Thamrin CityTM (Trade Mall) menciptakan suasana keme-riahan dalam merayakan Hari Batik Nasionaltahun ini. (ash/ima)

ADINDA THOMAS

Belajar Ngelucu denganPemain Extravaganza

ADINDA Novina Sari Thomas atau yangakrab disapa Adinda Thomas mendapatkesempatan tampil ber-sama mantan pemainprogram televisi ‘Ekstra-vaganza’. Mojang kelahi-ran Bandung, Jawa Barat,8 Agustus 1993 ini terlibatdalam film bergenre ko-medi berjudul ‘The Wed-ding & Bebek Betutu’.

”Jujur ini kesempatanyang luar biasa,” ujarnyasaat ditemui di Grand In-donesia (GI), Thamrin,Jakarta Pusat, beberapawaktu lalu.

Seakan mendapat tanta-ngan baru, Dinda -sapaanakrabnya ini mengaku excited. Walau dalam

benaknya, Dinda merasa tidak percaya diribakalan mengocok perut penonton ber-

sama pemain komedi se-nior seperti Tora Sudiro,Aming, Ronal Surapradja,Tike Priatnakusumah,Indra Birowo, RonyDozer, Virnie Ismail, SogiIndra Dhuaja, MiekeAmalia, TJ, Omesh, EdricTjandra, Ence Bagus,Marcell Chandrawinata,Arie Dagienk, dan KienaDwita. “Nggak ngebay-angin aja, hah serius,”tandasnya. Namun ke-khawatirannya senan-tiasa luntur setelah Dindamelewati satu demi satu

proses reading. (ash/ima)

Page 5: Radar Tegal 5 okt 2015

FEMALEwebsite : radartegal.com, epaper : epaper.radartegal.com

RADAR TEGALSENIN, 5 OKTOBER 2015

155

Rity Doyle

KeranjinganSeni Tata Rias

PEMILIK nama Suriti me-ngaku, berawal dari ajakan

seorang teman, semula diamerasa grogi saat pertama-kali bergaya di depan kame-ra. Namun lambat laun, me-rasa tertantang dan menun-jukkan keseriusan denganbergabung di KomunitasHijab Fashion Indonesia.Di sanalah, perempuankelahiran 27 Agustus1992 banyak menda-patkan teman untuksaling berbagi penga-laman.

Sebagai foto mo-del yang biasa dirias,ternyata Rity memi-liki hobi make-upart atau seni tatarias. Kemampuantata riasnya, dipe-lajari secara oto-didak denganmembaca bukudan tutorial dariYouTube. Setelah10 bulan mene-kuni hobi ini,Rity baru beranimelayani jasamake-up sejak 5

bulan lalu. Diamampu merias

untuk keperluan wi-suda, pesta ulang tahun,

prewedding, dan lainnya.“Kalau jadi model kan pasti

dimake-up, dari situ saya mulainanya-nanya tentang make-up. Menurut saya, make-up ituajaib banget kaya sihir kalausudah mengerti rahasianya,sebab bisa merubah wajah or-ang,” kata penyuka warna birudan merah, saat diwawancaraMinggu (4/10).

Kendati bermula dari hobi,kemampuan tata rias yangdimiliki Rity membawa berkahtersendiri. Sejak membukajasa merias, itu menjadi salahsatu pekerjaan lepasnya se-lain menjadi foto model. Na-mun meski telah cukup mahir,dia belum berani merias pe-ngantin. Alasannya, meriaspengantin tidak mudah, ka-rena memerlukan pengeta-huan terkait pakem dan doa-doanya. “Kalau cuma make-up akad nikah sih berani,”cetusnya.

Saat disinggung soal duniamodelingnya, dara yang per-nah berkecimpung di ForumLingkar Pena (FLP) sejak dibangku MAN Kota Tegal inimenceritakan tidak akan per-nah melepas hijabnya, meskibanyak tawaran menggiur-kan.

Baginya, hijab sudahmenjadi identitas. “Banyakyang nawarin tanpa hijab.Namun, sampai kapanpunsaya akan berhijab. Sebab,hijab sudah menjadi iden-titas. Saya lebih baik kehi-langan segalanya daripadaharus melepas hijab,” ung-kapnya. (nam/ela)

RITY Doyle merupakan satu dari sedikit hijabersyang terjun ke dunia foto model. Saking

sedikitnya, asisten apoteker lulusan PoliteknikHarapan Bersama Tegal ini terbilang paling sering

wara-wiri di setiap kegiatan fotografi yangdiselenggarakan di Kota Tegal. Alhasil, wajahnya

begitu akrab dengan lensakamera para fotografer Kota

Bahari.

Atasi KembungSecara Alami

KEMBUNG adalah suatu kondisi saatperut terasa penuh dan begah akibatadanya penumpukan gas di dalam ususkecil. Kembung membuat area peruttampak bengkak dan terasa tidak nya-man. Biasanya, kembung terjadi de-ngan diikuti masalah pencernaanlainnya seperti kram perut, senda-wa, nyeri perut, diare, sesak napasdan nyeri punggung bagian ba-wah.

Selain penumpukan gas dalamusus kecil, penyebab kembunglainnya adalah sembelit, makanberlebihan serta PMS. Apapunpenyebab kembung, kondisi inimembuat Anda merasa tidaknyaman. Oleh sebab itu, agarkembung tidak menjadi peng-halang bagi Anda untuk ber-aktivitas, kembung harus se-gera diatasi dengan tepat.Berikut adalah 4 cara alamiuntuk mengurangi kembungseperti yang dilansir www.everydayhealth.com.MAKANAN DENGANPROBIOTIK

Probiotik adalah mikroorga-nisme baik yang tinggal dan tersebardi usus kita. Probiotik bermanfaat untukmembantu sistem pencernaan dalam usus.Oleh sebab itu, probiotik juga dapat mem-bantu masalah kembung ini. Bakteri probiotikbermanfaat untuk mengurangi penumpukangas di usus kecil saat kita kembung. Mengon-sumsi makanan-makanan sumber probiotikseperti yoghurt atau kefir akan membantuAnda mengatasi masalah kembung yangmengganggu hari-hari Anda.PEPPERMINT

Peppermint mengandung minyak mentol,yang memiliki efek anti-spasmodik pada ototpolos saluran pencernaan. Peppermint mengu-rangi rasa tidak nyaman saat perut kembung. Andadapat mengunyah daun peppermint segar untukbantuan mengurangi perut kembung.JAHE

Jahe adalah rempah yang telah banyak dikenal man-faatnya untuk menyembuhkan berbagai macam pe-nyakit, termasuk perut kembung. Jahe memiliki kan-dungan bahan aktif, gingerol dan shogaols yang mem-bantu mengurangi peradangan di usus.(vem/ama/ela)

ASI merupakan makananalami terbaik bagi bayi Anda.Sebab, ASI tidak hanya ber-fungsi sebagai sumber makan-an bagi bayi tapi juga berfungsiuntuk melindunginya dariberbagai penyakit. Hal ini di-karenakan ASI banyak me-ngandung zat-zat pentingyang berfungsi untuk men-jaga dan menguatkan sistemkekebalan tubuh bayi yangmasih sangat rentan.

Karena pentingnya fungsiASI inilah, maka ketercukup-an asupan ASI si kecil jugamenjadi sangat penting. Sa-yangnya, tidak semua ibu di-karuniai ASI yang cukup lan-car dan melimpah bagi bayi-nya. Nah, agar ASI mengalirlancar coba lakukan cara beri-

kut ini yuk, Bunda.MENINGKATKANFREKUENSI MENYUSUI

Semakin sering Anda me-nyusui bayi Anda, semakinlancar aliran ASI Anda. Andaharus menyusui bayi Andasetiap tiga jam pada siang hari.Sebab, hal ini akan membantuuntuk memperlancar ASI An-da.MENGHINDARI STRESS

Sangat mungkin bagi ibubaru untuk mengalami stresspasca melahirkan. Nah, stressinilah yang menyebabkan alir-an ASI Anda untuk si kecilmenjadi tidak lancar. Sebab,stress akan membuat tubuhAnda menjadi lelah dan me-ngurangi jam susu untuk bayiAnda.

MENGONSUMSI DIET YANGSEIMBANG

Seperti dilansir dalam la-man www.wikihow.com, me-

ngonsumsi makanan yangkaya nutrisi akan sangat ber-pengaruh pada produksi ASIyang kita miliki. Oleh sebab

itu, selama menyusui pastikanAnda mengonsumsi menudiet yang seimbang ya.HINDARI DOT

Jika Anda sudah memper-kenalkan bayi Anda dengandot, hal ini akan membuatnyaberhenti menyusu lebih cepatdaripada seharusnya. Akibat-nya, produktivitas ASI Andaakan menurun dengan sen-dirinya.LAKUKAN KONTAK KULITDENGAN BAYI

Membelai dan mengusaplembut si kecil selama ia me-nyusu akan memperkuat kon-tak batin antara Anda dan dia.Kontak kulit ini akan secararefleks merangsang aliran ASIdalam payudara Anda menja-di lebih lancar.(vem/ama/ela)

ASI Tidak Lancar? Coba Lakukan Ini Bunda

Melon, Enak danMenyehatkan

SIAPA yang tak suka buahmelon? Selain manis dan se-gar, buah ini juga merupakanbuah yang sangat terjangkauharganya. Kita bisa denganmudah menemukan melon dipasar, di swalayan, dan di tokobuah.

Karena rasa menawan danharganya yang terjangkau ini-lah, melon banyak menjadibuah idola bagi sebagian ba-nyak orang. Tapi, selain duahal ini, melon ternyata jugamemiliki banyak manfaat bagikesehatan lho.

Dilansir dari laman www.livestrong.com, melon kayaakan kandungan vitamin dannutrisi yang sangat berman-faat bagi kesehatan. Apa saja?Cek ulasan berikut ini, yuk!MENYEHATKAN SISTEMPENCERNAAN

Buah melon adalah salahsatu buah yang kaya akan se-rat. Serat dalam buah melonini sendiri bisa membuat sis-tem pencernaan semakin se-hat. Serat juga akan membuatperut kenyang lebih lama.Oleh sebab itu, tidak menghe-rankan jika selain apel, melon

juga sangat dianjurkan untukdikonsumsi saat Anda mela-kukan program diet.MENJAGA KESEHATAN MATA

Salah satu jenis vitaminyang paling banyak terdapatdalam buah melon adalah vi-tamin A. Karena kandunganvitamin A yang terdapat didalam buah melon inilah, ba-nyak peneliti yang percayabahwa buah melon bisa men-cegah katarak, degenerasi ma-kula, menjauhkan mata darisinar radiasi dan menjaga kese-hatan mata lainnya.MENCEGAH DIABETESDAN MENGURANGI RESIKOPENYAKIT JANTUNG

Pektin yang terdapat padabuah melon dipercaya bisamengatur sekresi glukosa kedalam aliran darah sehinggamembuat tubuh terbebas daririsiko diabetes. Selain pektin,nutrisi lain di dalam buah me-lon dipercaya bisa menetral-kan kadar glukosa dalam da-rah. Karena hal inilah, tidakheran jika melon termasukbuah yang diijinkan untukdikonsumsi penderita diabe-tes.(vem/ama/ela)

BIODATANama Lengkap : Suriti AMd FarmNama Panggilan : Rity DoyleTTL : Tegal, 27 Agustus 1992Orangtua : Daroh dan Tarwi

Alamat : Jalan Singadiwangsa Desa SidakatonKecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal

Fotografer Pribadi: Septiaji Dwi Saputra

Prestasi:-Juara 3 Lomba Mengarang Bahasa Indonesiatingkat Kota Tegal (2008)

- Juara Harapan 1 Lomba Hijab Cantik Hijabati Fashion ContestFest (2015)

- Juara Favorit Photo Contest di Jakarta- Juara Favorit 3 Photo Contest Online

Page 6: Radar Tegal 5 okt 2015

15NASIONALwebsite : radartegal.com, epaper: epaper.radartegal.com

RADAR TEGALSENIN, 5 OKTOBER 20156

HAJI

PenurunanHarga BBM

PRO dan kontra rencanapenurunan harga BBM lang-sung bermunculan. GubernurBank Indonesia (BI) AgusD.W. Martowardojo menilaiwacana penurunan harga ba-han bakar minyak (BBM) jenispremium oleh pemerintah,harus diperhitungkan dengantepat.

‘’Kalau memang hitung-hi-tungannya sudah memung-kinkan untuk diturunkan, si-lakan diturunkan. Tetapi ja-ngan diturunkan saat hitung-hitungannya belum memung-kinkan untuk diturunkan.Nanti yang malah terjadi ada

sedikit penurunan tetapi kitakehilangan kepercayaan dankredibilitas,’’ ujarnya.

Agus kembali mengingat-kan saat pemerintah melaku-kan penyesuaian harga BBMpada November 2014 lalu.Menurutnya, reformasi sub-sidi BBM dilakukan saat itumencerminkan kondisi eko-nomi yang lebih sehat. Diaberharap, wacana penyesuai-an harga BBM kali ini yangperlu diperhatikan adalah ba-sis perhitungan dan formu-lasinya harus transparan.

‘’Karena ini adalah bagianpendidikan bagi masyarakatdan kredibilitas. Karena pu-blik ingin mengetahui bahwakalau kita melakukan penye-suaian harga itu masih kon-

sisten sesuai dengan reformasisektor energi yang kita laku-kan,’’ ujar Agus.

Apabila perhitungan sudahtepat dan transparan sertadilakukan dengan konsisten,lanjut Agus, pihaknya tentumendukung rencana penu-runan harga BBM tersebut.

‘’(Penurunan BBM) ini ja-ngan untuk popularitas, tapiharus ada akuntabilitas danmencerminkan kondisi sebe-narnya. Jadi kalau mau di-re-view ya harus kita lakukan de-ngan disiplin, enam bulan di-review kalau perlu naik yanaik, kalau perlu turun yaturun,’’ kata Agus.

Sebelumnya, Presiden JokoWidodo berjanji akan meng-umumkan kemungkinan pe-

nurunan atau tetapnya hargabahan bakar minyak (BBM)jenis premium pada Senin (5/10). Presiden juga memasti-kan hingga Desember hargaBBM tidak naik dan dirinyatelah menyampaikan agar dili-hat lagi biaya yang bisa dite-kan (efesiensi).

Pernyataan Agus Martoyang menyudutkan PresidenJokowi justru menuai kritik.Anggota Komisi XI dari FraksiPartai Golongan Karya M Mis-bakhun menilai, Gubernur BIberhak memberikan masukankepada pemerintah. Namun,ada sisi etika dan tata kramaketatanegaraan yang harusdijaga.

‘’Silahkan memberikan ma-sukan terhadap kebijakan

pemerintah, namun lakukandengan mekanisme yang be-nar dan baik,’’ kata Misbakhun.

Menurut Misbakhun, tidakpatut jika Agus Marto menye-rang terbuka terhadap kebi-jakan yang akan diambil dandiputuskan oleh Presiden. Apayang disampaikan oleh AgusMarto cenderung kehilangansubstansi dan kebijakan. ‘’Bu-kan proporsi dari GubernurBank Indonesia untuk berbi-cara soal kebijakan kenaikanBBM karena itu bukan bagiankebijakan yang masuk wila-yah Bank Indonesia,’’ ujarnya.

Misbakhun meminta Agusmengingat prinsip, bahwa Pre-siden harus dijaga martabatnyadi depan publik, dan tidak bo-leh direndahkan. (jpnn/ela)

Jangan demi Popularitas

Investigasi InsidenMinaKeluar Pekan Ini

JEDDAH - Pemerintah Arab Saudi berjanji merilis hasilinvestigasi insiden maut di Mina pada pekan ini. Hasil investigasidiharapkan memupuskan segala asumsi dan analisis mengenaimusibah yang terjadi pada Kamis (24/9) lalu.

Konsul Jenderal RI (KJRI) di Jeddah Dharmakirty SyailendraPutra mengatakan, Pemerintah Arab Saudi sudah melakukanpengumpulan bahan dan keterangan untuk mencari akarmasalah atau penyebab terjadinya insiden berdesak-desakannya jamaah haji di Jalan Arab 204.

‘’KJRI Jeddah sudah mendapatkan informasi awal dari pihakArab Saudi yang menyatakan hasil investigasi mereka mungkinkeluar dalam minggu ini,’’ kata Dharmakirty usai menggelar rapat/briefing/dengan tim Disaster Victim Identification (DVI) MabesPolri di kantor KJRI Jeddah, Arab Saudi, Sabtu (3/10) malam.

Menurut Dharmakirty, pada tiga hari pertama pascainsiden,otoritas keamanan dan kesehatan Arab Saudi masih terfokuspada penanganan korban-korban yang dinilai masih bisadiselamatkan. Proses investigasi baru intensif dilakukan setelahpihak berwenang sudah menyelesaikan pemilahan korbanwafat dan korban luka-luka.

Selama proses investigasi, Pemerintah Indonesia juga tidakmempertanyakan alasan pembelokan jalur jamaah haji Indone-sia ke Jalan 223 yang berujung pada Jalan 204, lokasi terjadinyainsiden.

‘’Kami biarkan saja Pemerintah Arab Saudi yang punyawewenang untuk menginvestigasi itu. Jangan sampai kamimembuat suatu asumsi yang belum tentu kebenarannya danbisa dipertanggungjawabkan,’’ kata Dharmakirty.

Sejumlah saksi mata dan korban luka-luka dari jamaah hajiIndonesia dalam insiden tersebut menyatakan, rombongandibelokkan masuk ke Jalan 223 dari Jalan King Fahd yangmerupakan jalur resmi jamaah haji Tanah Air menujujamarat.(end/ela)

JAKARTA - Kebakaran la-han di Sumatera Selatan men-capai 9.300 hektar. Di mana 99persen penyababnya adalahulah tangan manusia. Bagimasyarakat masih ada pahambahwa dengan membakar hu-tan, tanah bakal menjadi su-bur.

Namun pandangan masya-rakat itu dibantah ahli tatakelola air dan hidrologi Uni-versitas Sriwijaya Momon Si-dik Imanudin. Dia menga-takan pembakaran lahan samasekali tidak membuat lahanatau tanah menjadi subur. Da-

ri pembakaran hutan itu me-mang tanah akan mendapat-kan suplai kandungan hara.‘’Tapi unsur hara ini akan le-nyap seketika tersapu hujannanti,’’ kata dia saat dihubungikemarin.

Momon menuturkan de-ngan membakar hutan, lahanatau tanah memang dalamwaktu singkat akan menda-patkan kandungan hara yangmelimpah. Tetapi perlu dike-tahui bahwa kandungan haraitu menumpuk di lapisan atastanah saja. Dia memperki-rakan paling lama tingkat kesu-

buran tanah akibat pemba-karan ini hanya sekitar satutahun saja.

Selain itu pembakaran la-han juga bisa membunuh mi-kroba-mikroba di lapisan ta-nah atas yang seharusnya ber-fungsi sebagai penyubur ta-nah. Mikroba ini seperti ca-cing, jangkrik, dan seranggakecil lainnya. Dia menuturkanpembukaan lahan untuk kela-pa sawit dengan diawali pem-bakaran lahan, membutuh-kan waktu cukup panjanguntuk membuat kondisi tanahsubur kembali.(wan/ela)

Membakar Lahan TidakMembuat Tanah Subur

KemenagHarusBukaOpsiPemulangan Jenazah

JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) diminta tidaklangsung memutuskan seluruh korban insiden Mina dimakamkandi Saudi. Ketua Komisi VIII DPR Saleh Partaonan Daulaymengatakan, Kemenag semestinya menawarkan kepada ahliwaris korban, apakah ingin pemakaman di Saudi atau dibawapulang ke Indonesia.

Saleh yang baru tiba di Jakarta setelah ikut mengawasi hajimengatakan, Kemenag semestinya tidak buru-buru memutus-kan seluruh korban meninggal insiden Mina dimakamkan diSaudi. Informasi yang masuk ke DPR menyebutkan, sejumlahkeluarga korban ada yang menginginkan pemakaman dilakukandi tanah air. Tetapi juga ada yang rela pemakaman dilakukan diSaudi.

‘’Seharusnya Kemenag melakukan komunikasi denganotoritas Saudi. Khususnya jika ada keluarga yang ingin jenazahdipulangkan,’’ tutur dia. Saleh menuturkan sejumlah keluargakorban Mina mengatakan keinginan pemakaman di tanah air.Tujuannya supaya anak-cucunya bisa berziarah kubur. Diatidak memungkiri budaya berziarah kubur masih melekat dimasyarakat Indonesia.

Menurut Saleh pemulangan jenazah jamaah haji memangsulit. Namun jika ada kebijakan khusus dari pemerintah Saudi,pemulangan jenazah itu mudah dilakukan. Ketika Kemenagmelakukan mediasi, pemerintah Saudi seharusnya bisamengabulkannya. Sebab insiden Mina tidak lepas dari lemahnyapengawasan dan pengendalian yang menjadi kewenanganpemerintah Saudi.

Dia mencontohkan apa yang dilakukan pemerintah Iran, yangjamaahnya juga banyak menjadi korban insiden Mina. Salehmengatakan pemerintah Iran sudah berhasil memulangkan parakorban Mina ke negara mereka. Informasi yang dia terima,pada Sabtu (3/10) lalu sudah ada 104 jenazah jamaah Iranyang tiba di Teheran, ibukota Iran. ‘’Kalau Iran bisa memulangkanjenazah jamaah haji, kenapa Indonesia tidak bisa,’’ katanya.Sampai saat ini Kemenag terus mengklaim semua jamaah jikameninggal dimakamkan di tanah suci. (wan/ela)

ISFIANSYAH

TERAKHIR - Foto terakhir almarhum Hj Busyaiyah dansuaminya H Abdul Wahab Idris sebelum tragedi Mina.

JAKARTA - Kematian me-ngenaskan Putri Nur Fauziah,bocah sembilan tahun yangditemukan tewas di kardus,mendapatkan perhatian se-rius polisi. Ditreskrimum Pol-da Metro Jaya membentuk timkhusus untuk mengungkapkasus pembunuhan sadis diJakarta Barat tersebut. Putrimenjadi korban pembunuh-an disertai pemerkosaan. Be-lum ada petunjuk yang meng-arah ke pelaku. Olah tempatkejadian perkara (TKP) kem-bali digelar kepolisian denganmelibatkan anjing pelacak.

Direskrimum Polda MetroJaya Kombespol KrishnaMurti menjelaskan, keluargadan orang tua korban sudahdimintai keterangan. Kemarinpetang (4/10) polisi mengolahTKP bersama anjing pelacak.

Anjing jenis belgian malinoisbernama Tina mengendusberdasar baju korban dari lo-kasi ditemukannya mayat.

Tina kemudian menuju la-han kosong dekat lokasi pene-muan mayat. Pelacakan Tinasampai ke perbatasan permu-kiman dan lahan kosong ter-sebut. Tina masuk ke salah sa-tu rumah semipermanen di sa-na. Dari rumah itu polisi sem-pat menginterogasi seoranglaki-laki penghuninya. Bebe-rapa bungkusan plastik di da-lam rumah tersebut diperiksa.‘’Hasil temuan anjing pelacaksesuai dengan olah TKP awal,’’kata Krishna kemarin.

Menurut Krishna, dari lo-kasi yang ditelusuri Tina, se-belumnya anggota menemu-kan sejumlah barang bukti.(yuz/gum/c9/ano/ela)

Diduga DinodaiSebelum Dibunuh

NATHA/JAWAPOS

KEBAKARAN - Warga Bone Bolango kembali digegerkan si jago merah dengan terbakarnyalahan bambu, membuat warga sekitar panik karena nyaris membakar seluruh lokasi.

MIFTAHULHAYAT/JAWAPOS

MELAYANI - Petugas SPBU melayani pengisian bahan bakar minyak (BBM) di SPBU coco Kuningan Jakarta. Rencananya, harga BBM akan t urun lagi.

Page 7: Radar Tegal 5 okt 2015
Page 8: Radar Tegal 5 okt 2015

5 gram 2.725.000 010 gram 5.400.000 025 gram 13.425.000 050 gram 26.800.000 0100 gram 53.550.000 0250 gram 133.750.000 01 kilogram 534.000.000 0

3-10-2015

BISNISwebsite : radartegal.com, epaper : epaper.radartegal.com

SENIN, 5 OKTOBER 2015 88888

HargaBBMPEMERINTAH tengah merancang untuk

memangkas harga bahan bakar minyak(BBM) bersubsidi di paket kebijakan ekonomijilid III. Rencananya pekan depan akanmenggelar rapat membahas penurunan har-ga BBM.

INDONESIA masih menjadi tujuan favorit bagi in-vestor Jepang. Hal itu terbukti dari data BadanKoordinasi Keamanan Modal (BKPM). InvestorJepang masih menganggap Indonesia sebagainegara yang prospektif untuk menjadi tujuan in-vestasi.

PT Bank PembangunanDaerah Jawa Tengah (Bank

Jateng) melakukanpengundian Tabungan Bima

Periode I Tahun 2015 untukWilayah Koordinator Tegal

yang meliputi Kota Tegal,Kabupaten Tegal,

Kabupaten Pemalang,Kabupaten Brebes,

Kabupaten Pekalongan,Kota Pekalongan, dan

Kabupaten Batang.Pengundian dilangsungkan

di Lapangan Wisanggeni,Kelurahan Kejambon,

Kecamatan Tegal Timur,Kota Tegal, Minggu (4/10).

UNDIAN yang dilakukan selama dua kalidalam setahun ini,

berhadiah 1 unit mobil ToyotaFortuner sebagai grandprize,35 unit Toyota Avanza untuk35 kantor cabang, 162 unitsepeda motor Honda Vario,176 unit koin emas, dan 186unit televisi LED 32 inch.

Hadiah Toyota Avanza di-antaranya diperoleh SyahlanRosidi (Cabang Tegal), TeguhHadi Santoso (Cabang Peka-longan), Jariyah (Capem KotaPemalang), Saeful Mujab (Ca-bang Brebes), Mahfudz (Ca-pem Limpung), Amir Faizin(Cabang Slawi), dan Musya-waroh (Capem Wiradesa).

Direktur Umum Bank JatengRadjim mengatakan, penye-lenggaraan Tabungan Bimamerupakan wujud terima ka-sih dari Bank Jateng kepadapara nasabah dan masyara-kat, yang telah mempercaya-kan simpanan dananya me-lalui produk Tabungan Bima.Di samping itu, penyeleng-garaan kegiatan ini bertujuan

untuk mempromosikan danmengajak masyarakat gemarmenabung di bank.

Diharapkan, dapat menam-bah loyalitas dan kepercayaanmasyarakat untuk menabungmelalui produk Tabungan Bi-ma. Radjim mengemukakan,pada akhir Agustus 2015, sal-do Tabungan Bima Bank Ja-teng telah mencapai Rp5,2triliun atau tumbuh 8,64 per-sen dari posisi Agustus 2014sebesar Rp4,8 triliun. Jumlahsaldo Tabungan Bima tersebutmenyumbang hingga 56,98persen dari total TabunganBima Bank Jateng sebesarRp9,2 triliun.

“Sehingga, menunjukkanbahwa Tabungan Bima ter-sebut merupakan produk ung-gulan Bank Jateng,” kata Rad-jim, dalam pengundian yangdihadiri Pemimpin Bank Ja-teng Cabang Tegal Darusman-to dan pemimpin Bank Jatengcabang lainnya.

Menurut Radjim, dengansemakin banyaknya hadiahundian yang pelaksanaannyadi setiap kantor cabang, makapeluang nasabah TabunganBima untuk memperoleh ha-diah semakin besar. Di sam-ping itu, dengan menabung diBank Jateng, berarti telah ikutberpartisipasi dalam pemba-ngunan.

Sebab, dana dan hasil usahayang diperoleh Bank Jatengselanjutnya akan digunakanuntuk membiayai pembangu-nan daerah.

Hingga Agustus 2015, asetBank Jateng mencapai Rp45,-364 triliun atau tumbuh sebe-sar 23,23 persen dari tahun2014 yang mencapai Rp36,812triliun. Kemudian Dana PihakKetiga mencapai Rp40,480triliun atau tumbuh sebesar25,41 persen dari tahun 2014sebesar Rp32,278 triliun. Se-dangkan Kredit mencapaiRp29,726 triliun atau tumbuh19,11 persen dari tahun 2014sebesar Rp24,956 triliun. De-ngan begitu, laba Bank Jatenghingga Agustus 2015 naik19,27 persen. Yakni, menjadiRp786 miliar dibandingkantahun 2014 yang sebesarRp659 miliar.

“Untuk meningkatkan pe-layanan kepada masyarakat,Bank Jateng akan terus me-lakukan percepatan dalam

berbagai hal. Di antaranya,penambahan jaringan kantor

dan pengembangan layanan,”tegasnya.

Di bidang jaringan kantor,Bank Jateng telah memiliki1.237 unit kantor dan layanan,di antaranya berupa 40 kantorcabang, 115 kantor cabangpembantu, 146 kantor kas, 304payment point, 35 layananmobil kas keliling, 413 mesinATM, 131 layanan Syariah offchaneling, 53 EDC yang ter-sebar di Jawa Tengah, ter-masuk 2 jaringan kantor diJakarta. Jumlah tersebut akandiperluas, minimal hinggatingkat kecamatan.

Dalam bidang perkreditan,Bank Jateng telah berkomit-men untuk memberikan kreditkepada sektor Usaha MikroKecil Menengah (UMKM) diJawa Tengah.

Dalam sambutannya, WaliKota Tegal Hj Siti Masitha Soe-parno berharap, Bank JatengCabang Tegal agar dapat me-ningkatkembangkan pera-nannya dalam pemberda-yaan UMKM di Kota Tegal.

Bank Jateng

Tabungan Bima Periode I DiundiKhususnya dalam penyalurankredit usaha kepada masya-rakat untuk mendukung per-tumbuhan ekonomi. Dengandemikian, mobilitas pereko-nomian warga akan semakinlancar. Sehingga, memung-kinkan kesejahteraan masya-rakat Kota Tegal bertambahbaik.

“Hal ini selaras dengan cita-cita pembangunan Kota Tegalyang dijiwai oleh semangatbersatu untuk maju dan sejah-tera. Pemerintah Kota Tegalsangat menyadari bahwa ke-bijakan untuk memperkuatekonomi domestik memilikinilai strategis bagi upaya me-ningkatkan daya saing,” te-gasnya.

Selain pengundian Tabu-ngan Bima, dalam kesempa-tan ini Bank Jateng menye-lenggarakan kegiatan jalansehat, pameran UMKM, ku-liner, dan game edukasi.(nam/ela/adv)

K. ANAM SYAHMADANI/RATEG

DIUNDI – Bank Jateng melakukan pengundian Tabungan Bima Periode I Tahun 2015 untukWilayah Koordinator Tegal, Minggu (4/10) di Lapangan Wisanggeni Kota Tegal.

TEGAL - Meski baru sete-ngah bulan diluncurkan, SKiDriving Course mendapatkanapresiasi dari masyarakat KotaTegal dan sekitarnya. Sampaisaat ini, kursus dengan kon-sep berbeda karena menye-diakan instruktur wanita un-tuk peserta kursus wanita te-lah memiliki 36 peserta kur-sus. Mereka berasal dari ka-langan ibu-ibu, maupun re-maja, dengan latar belakangibu rumah tangga, pegawaidan lainnya.

Salah satu peserta kursusSKi Driving Course, Sari Pra-tiwi, 25, mengaku semula tidakyakin bisa mengendarai mobil.Namun, setelah mendaftardan dilatih oleh instrukturwanita justru senang dan ke-raguannya sirna. Sari menjadiyakin bisa mengendarai mobilsetelah kursus di SKi DrivingCourse. “Sekarang terbukti,Alhamdulillah bisa menda-patkan tempat kursus yang

sesuai di hati,” kata warga Ke-lurahan Pekauman yang be-kerja di salah satu bank ini,Sabtu (3/10).

Selain melayani kursus me-ngemudi khusus wanita de-ngan instruktur wanita, SKiDriving Course juga melayanikursus mengemudi dengan

instruktur pria untuk pesertapria. Ikhsan, 20, warga Ke-luraha n P a n g g u n g y a n gme ngikuti kursus dan dilatihinstruktur pria mengatakan,alasan dirinya mengikuti ku-rus mengemudi di SKi DrivingCourse karena harganya yangterjangkau. (nam/ela)

Kursus Mengemudi Banjir Peserta

K. ANAM SYAHMADANI/RATEG

BARU – Mobil Honda Brio baru yang digunakan untuk kursusmengemudi di SKi Driving Course, Sabtu (3/10).

Negara Prospektif

Page 9: Radar Tegal 5 okt 2015

METROPOLISRADAR TEGAL

9BACA HAL. 23

website : radartegal.com, epaper : epaper.radartegal.comSENIN, 5 OKTOBER 2015

Email Redaksi:[email protected]@yahoo.com

Email Iklan:[email protected]@gmail.com

Balapan Liar, PolisiAmankan 60 Unit MotorTEGAL - Petugas gabungan jajaran Kepolisian Resor

Tegal Kota, Minggu (4/10) dini hari, membubarkan aksibalapan liar yang dilakukan sekelompok pemuda.

Ajari Santri Haji danUmrah

LANTUNAN kalimat Talbiyah terdengar begitumerdu dan menggema di halaman Masjid IslamicCenter (IC) Baitussalam Jalan KS Tubun.

Umah adong pengen apik ya dicet

Alhamdulillah, bakale Jalan Abi-manyu ora gampang macet

Karena kapasitasnyaterbatas, maka relokasibisa dilakukan tapi juga

harus dipertimbangkandari segi fungsi lahan jang-

ka panjang minimal 20 tahun ke depan.”

Rini SoemarnoMenteri Badan Usaha Milik Negara

SARAPAN PAGI ALA METROPOLIS

APARAT

Rini Ingatkan Pertamina

AKBP Firman: ”JanganPungli di Jalan!”

KEPALA Kepolisian Resor Tegal Kota AjunKomisaris Besar Polisi Firman DarmansyahSIK berharap seluruh anggotanya melalui

Relokasi Terminal BBMMendesak Direalisasi

ADANYA rencana relokasi Terminal Ba-han Bakar Minyak (BBM) Tegal, disambutbaik Menteri Badan Usaha Milik Negara(BUMN) Rini Soemarno mengingat be-berapa faktor kendala terhambatnya ope-rasional dalam pendistribusian BBM yangberpusat di Jalan Abimanyu KelurahanSlerok, Tegal Timur. Hanya saja, Rini me-ngingatkan agar rencana relokasi ter-sebut harus mempertimbangkan dayatampung sekaligus fungsinya untuk jang-ka panjang.

Batu Akik Tetap Fantastis

Ada yang Dijual

Rp1,5 MPelambatan ekonomi mempengaruhi daya beli

masyarakat di semua sektor. Tak terkecuali, padapenjualan batu akik. Para penjual mengaku, saat ini,

tingkat pembelian masyarakat tidak seperti saat batuakik begitu naik daun di awal tahun. Masyarakat

menengah ke bawah, lebih cenderungmemprioritaskan kebutuhan primernya.

SYAMSUL FALAK/RATEG

TINJAU - Rini Soemarno (kemeja merah) saat meninjau lokasi didampingiWali Kota Tegal Hj Siti Mashita Soeparno dan kepala Diskimtaru Kota Tegal.

Di TengahPemukiman,Depo Rawan

RENCANA PT Pertamina (Persero) untukmemindahkan Depo Pertamina TerminalBahan Bakar Minyak (TBBM) Tegal yang saatini berada di Jalan Abimanyu, KelurahanSlerok, Tegal Timur, mendapatkan dukunganDewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)Kota Tegal. Sebab, dewan menilai, keberada-an depo di tengah pemukiman padat pendu-duk dapat menimbulkan kerawanan.

Kerawanan yang dimaksud, kata SekretarisKomisi III DPRD Kota Tegal Rofii Ali, terutamajika terjadi kebakaran. Hal itu dikarenakankondisi depo yang tidak dilengkapi denganbarrier atau pemisah antara depo denganpemukiman padat penduduk yang ada disekitarnya.

K. ANAM SYAHMADANI/RATEG

PINDAH – Depo Pertamina TBBM Tegal diJalan Abimanyu, Kelurahan Slerok, Keca-matan Tegal Timur, Minggu (4/10).

PENGENDARA sepeda motormengeluhkan kemacetan dankecelakaan yang sering terjadi disepanjang Jalan Werkudoro Kelu-rahan Kejambon, Tegal Timur. Sa-puroh,47, salah satu pengendarasepeda motor asal Desa Dawuh-an, Talang Kabupaten Tegal yangsering berbelanja di Pasar Kejam-bon mengungkapkan, setiap pagihari Jalan Werkudoro sering me-ngalami kemacetan karena ruasjalan tidak cukup menampung ba-nyaknya kendaraan yang melaju.

“Karena bersamaan denganjam berangkat sekolah dan kerja,”katanya, kemarin (4/9).

DEDE NADIYANAH/RATEG

PADAT - Jalan Werkudoro Kota Tegal dipadati kendaraan setiap hari.

AGUS WIBOWO/RADAR TEGAL

PEMBINAAN - AKBP Firman Darmansyah SIKsaat melakukan pembinaan jajarannya.

K. ANAM SYAHMADANI/RATEG

FANTASTIS– Salespromotiongirlmenunjuk-kan batuakik yangdipamer-kan diTegalGemstone,Sabtu (3/10).

BACA HAL. 24

ke hal 15 kol 1

ke hal 15 kol 5

ke hal 15 kol 5

ke hal 15 kol 1

ke hal 15 kol 5

Pengendara Keluhkan Kemacetan

Page 10: Radar Tegal 5 okt 2015
Page 11: Radar Tegal 5 okt 2015

15RADAR PEMALANGwebsite : radartegal.com, epaper: epaper.radartegal.com

RADAR TEGALSENIN, 5 OKTOBER 2015 1111111111

PSDA Keringkan SungaiPEMALANG – Sejumlah

sungai di wilayah Pemalangnyaris tak ada airnya, bah-kan beberapa sungai jugatampak kering. Hal itu,karena sedang ada programpengeringan yang dilakuanoleh Dinas Pengairan(PSDA) yang merupakanprogram pengeringan jari-ngan yang dilakukan setiap1 tahun sekali.

Seluruh bendung di wila-yah Koperbal Comal yangmeliputi sebadian wilayahPekalongan dan Pemalangsedang dilakukan penge-ringan jaringan.

Koordinator PerwakilanBalai (Koperbal) WilayahComal, Saefudin menga-takan, setiap 1 tahun sekali

Dinas Pengairan atau Pe-ngelolaan Sumber Daya Air(PSDA) melakukan pro-gram pengeringan jaringanyang meliputi Bendung Su-

ngapan, Sokawati, Kaliwadasdan bendung lainnya yangmasuk wilayah perwakilanbalai Comal. Tujuannya,untuk melakukan inspeksi

yaitu mencatat apakah pin-tu-pintu air itu rusak, ber-lubang atau mengalamigangguan lainnya. Jika rusakmaka segera dilakukan per-baikan. Tujuan lainnya, me-mutus siklus hama, karenasaat tidak ada air hama tidakakan mudah berkembangbiak.

“Pengeringan dimulaisejak 1 sampai 15 Oktober,”ujar Saefudin.

Dikatakan oleh Saefudin,program pengeringan ter-sebut untuk Pemalang su-dah pas. Karena rata-ratasudah melakukan panen,walupun ada sebagian wila-yah yang puso karena keter-lambatan pasokan air,. Se-hingga saat ini sudah cocok

yaitu agar lahan pertanianistirahat untuk persiapanmasa tanam berikutnya.

“Masa tanam atau MT1sesuai dengan pola tanamyang sudah ditentukan di-mulai antara Desember2015 – Januari 2016.”

Disampaikan pula, bahwakemarau yang cukup panjangmengakibatkan debit air diBendung Sokawati berku-rang. Saat sekarang debitnyaantara 3 – 4 kubik, masihcukup ada air dibandingdengan bendung lainnyayang kurang dari 1 kubik.Oleh karenanya, untuk me-ngantisipasi musim kemarauyang kemungkinan bisapanjang, air yang ada tidakdibuang ke laut. (rid/sri)

M. RIDWAN/RADAR PEMALANG

KERING – Sungai Kalijati yang ikut aliran bendung Sokawatisedang dalam program pengeringan selama 15 hari.

Panwaslu vsKorpriharus Disudahi

PEMALANG – LembagaKajian Demokrasi (LEKAD)Jawa Tengah Untung Budiarsomenyayangkan konflik yangterjadi antara Panwaslu de-ngan Pengurus Korpri Ka-bupaten Pemalang. Menu-rutnya, jika konflik ini tidaksegera berakhir maka akanberdampak pada pelaksanaanPilkada di Kabupaten Pemalangmenjadi terganggu.

“Sebagai lembaga yangmempunyai kewenangan da-lam pengawasan pemilu, su-dah semestinya Panwaslu

menggunakan kewenangannya itu secara obyektif dan berlakuumum,”katanya, kepada Radar di sela –sela kesibukannya,kemarin.

Namun, lanjut Untung, jika dilihat pada stiker yang bertu-liskan, “PNS adalah pelayan masyarakat, bukan bonekapenguasa” terkesan Panwaslu mempunyai pandangan negatifterhadap PNS. Sehingga pemilihan kalimat yang ada pada stikernetralitas PNS itu kurang pas. Karena hanya mengingatkankepada PNS yang seolah-olah boneka.

“Makan hal inilah yang kurang pas. Bukankah yang perludiawasi adalah seluruh birokrasi mulai dari Polri, TNI dan aparaturnegara harus bersikap netral?” ujarnya.

Tentunya, bukan hanya PNS saja, sehingga stiker yang dibuatBawaslu Jawa Tengah menjadi rancu karena bisa diartikansangat subyektif terhadap keberadaan PNS.

“Mestinya jangan sampai justru ada pandangan Panwasluhanya mengawasi PNS saja, sementara birokrasi yang lainterabaikan seperti POLRI, TNI dan aparatur pada tingkatdesa,”imbuhnya.

Untung Budiarso, menegaskan PNS harus menempatkan dirisebagai pelayan masyarakat dan tidak boleh berpihak padasalah satu peserta Pilkada karena sanksi bagi PNS yang tidaknetral bisa sampai kepada pemecatan.

Oleh karena itu, sudah seharusnya fungsi koordinasi antarlembaga perlu ditingkatkan, bukan justru saling menyerang. Jikalembaga yang mempunyai otoritas dalam pelaksanaan pemilusaja selalu ribut dengan pandangannya masing-masing, makapemilu sebagai pendidikan politik rakyat dalam berdemokrasitidak memberi manfaat banyak bagi masyarakat.

Seperti diberitakan sebelumnya, Panwaslu KabupatenPemalang mengeluarkan pernyataan tentang stiker netralitasPNS dengan menyebutkan PNS bukan boneka penguasa. Daripernyataan itu mengundang reaksi keras dari Pengurus Korpri.Kemudian terus berlanjut melayangkan surat somasi kepadaPanwaslu. Bahkan semakin menyulut kedua lembaga itu salingunjuk gigi dan serang.

Korpri menarik sejumlah pegawai disekretariat Panwaslu.Sedangkan Panwaslu sendiri melapokan Ketua Korpri Pemalangyang juga menjabat Sekda, ke Bawaslu RI. Kondisi ini semakinmeruncing dan Sekda pun terancam akan dipecat. Bahkan,hingga sekarang kisruh antara Panwaslu dan Korpri belumjuga selesai, meskipun banyak kalangan masyarakatmenyayangkan hal itu sampai terjadi. (apt/sri)

NGENDONG

dok.rateg

Untung Budiarso

M. RIDWAN/RADAR PEMALANG

MEMBATIK – Sejumlah warga sedang melatih membatik terlihat teliti dan berhati-hati.

Batik Pemalangan DiharapkanPopuler dalam Kancah Nasional

PEMALANG - Tanggal 2Oktober adalah Hari BatikNasional. Selama 7 tahunkeberadaan batik sudahmengalami berbagai kema-juan baik dari segi model,maupun pangsa pemakai-nya. Batik sekarang tidakhanya dipakai untuk keper-luan resmi saja, tetapi sudahdipakai untu pakaian kerjadi kantor-kantor ataupuninstansi. Bahkan sudah me-rambah dan disukai olehanak-anak maupun remajadengan model yang bera-gam.

Penggiat dan juga pelatihbatik asal Pemalang, FatmaDiana Widi di Hari BatikNasional tahun 2015 mem-berikan tanggapan dan ha-rapan terhadap batik Pema-lang dan juga batik Indone-sia yaitu agar batik tidakhanya dikenal di Pemalangatau Indoensia, te-tapi bisalebih dikenal di dunia inter-nasional.

“Saya berharap batik bisalebih dikenal di mancane-gara,” ujarnya, Jum’at (02/10).

Selaku pelatih tentang ba-tik, hal yang dilakukan Dia-

na dengan mengadakanpelatihan dan pendidikantentang membatik kepadawarga dari semua kalangan.Hal tersebut sebagai salahsatu cara agar batik tidakhilang di telan zaman, se-lain itu mereka bisa lebihkenal batk sebagai warisanbudaya bangsa Indoensia.

“Seperti kemarin jugamelakukan pelatihan di wi-layah Taman,” kata Diana.

Beberapa desa yang me-minta dilatih membatikdiantaranya, Desa Jebed,Taman dan AsemdoyongKecamatan Taman. Siapasaja yang berminat agarmengkuti pelatihan mem-batik yang setelah itu akanmendapatkan alat untukpraktik dan kerja lansung dirumah. “Dari itu nantinyamereka bisa menghasilkanuang,” jelas Diana yangmemiliki konter batiknya.

Dia yang berkecimpungdi batik sejak tahun 2004sudah banyak pengalamanbaik sebagai tutor maupunpengalaman mengikuti pa-meran di sejumlah tempat.Da yang bekerjasama de-

ngan dinas terkait di Pema-lang dalam setap tahunnyamengkuti kegiatan pameranke berbagai kota di Indone-sia, yang salah satu tujuan-nya adalah memperkenal-kan batik Pemalang ke dae-rah lain.

“Tahun kemarin di Balibahkan pernah Batam dansekarang juga sedang pa-meran di Citraland Sema-rang,” tandasnya.

Menurut Diana, animomasyarakat terkait batikterutama di Pemalang sudahcukup baik, bahkan dariPemda juga ikut mensupportsebagai pakaian dinas/ ins-tansi di Pemalang. Pemkablebih intensif terutama keUKM termasuk menfasilita-si pameran secara gratis keberbagai daerah maupunsecara lokal.

Batik yang sekarang se-dang dikembangkan, batikdengan motif Widuri yangsebelumnya juga sudah dike-nalkan batik grombyangyang sudah banyak ditu-larkan kepada warga yangberminat mengikuti pela-tihan. (rid/sri)

LINTAS

JamaahMeninggal 2 OrangPEMALANG – Jamaah haji asal Kabupaten Pemalang ber-

tambah satu lagi yang dinyatakan meninggal dunia di Mekkah,Muryati binti Tarsidi (60) alamat Belik yang meningal akibat sakit.Dengan demikian hingga saat ini jamaah haji asal KabupatenPemalang yang dinyatakan meninggal dunia di Mekah Arab Saudiberjumlah 2 orang semuanya perempuan.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) KabupatenPemalang, Taufik Rahman melalui Plt. Kasi Penyelenggara Hajidan Umroh, Abdul Kodir me-nyampaikan, Muryati meninggaldunia di Mekah akibat sakit yang tidak lama setelah jamaah asalRandudongkal meninggal dunia akibat sakit juga.

“Selang antara 2 sampai 3 hari dari meninggalnya jamaahasal Randudongkal,” kata Kodir (04/10).

Disampaikan oleh Kodir, hingga sekarang tercatat ada duajamaah haji asal Kabupaten Pemalang yang dinyatakanmeninggal dunia yaitu Khuzaenatun Syarif binti Ramzan Syarif(64) warga RT.35 RW.04 Randudongkal Pemalang dan Muryatibinti Tarsidi warga Belik yang meninggal akibat sakit.

Sementara itu, untuk pemulangan jamaah haji KabupatenPemalang sesuai jadwal, tanggal 17 Oktober 2015, yaitu kloter46 tiba di Adi Sumarmo Solo pada Jum’at (16/10) pukul 18.45dan pada Sabtu (17/10) antara pukul 03.00 – 04.00 riba diPemalang. Sedangkan untuk kloter 47 selisih antara 2 – 3 jamyaitu tiba di Pemlang antara pukul 06.00 – 07.00.

Terkait pemulangan jamaah haji, Kantor Kemenag Pemalangtelah membuat edaran yang dikirim melalui KUA di masing-masingkecamatan untuk disampaikan ke keluarga jamaah di rumah.

Edaran tersebut selain berisi tentang hari dan tanggal ke-pulangan jamaah haji, juga agar masing-masing keluargamenjemput di pendopo dengan ketentuan 1 jamaah haji satupenjemput.

“Kemarin Kamis edaran itu sudah kami bagi ke KUA,” ujarKodir.

Disampaikannya, jamaah haji yang pulang nantinya akanmasuk ke pendopo Kabupaten Pemalang, penjemput hanyadiperbolehkan menjemput ke pendopo dan satu jamaah hajisatu orang penjemput. Hal itu untuk lebih tertib dan mudah dalampengaturannya.

“Tidak ada penyambutan khusus, tetapi seperti biasakerjasama dengan pemda setempat,” terangnya. (rid/sri)

M. RIDWAN/RADAR PEMALANG

PAMITAN – Calon jamaah haji Kabupaten Pemalang saatberpamitan di pendopo beberapa waktu lalu.

PEMALANG – Banyaknyapotensi yang dimiliki Kabu-paten Pemalang memacuTim Penggerak PKK Kabu-paten Pemalang bersamaDewan Kerajian NasionaolDaerah (Dekranasda ) ikutberperan dalam menggalidan mengembangkan po-tensi tersebut. Bahkan akanikut memasarkannya hasilkreatifitas masyarakat.

Ketua Tim PenggerakPKK Kabupaten PemalangHj Irna Junaedi menga-takan, PKK dan Dekranasdaini merupakan tim yaitumemberikan pembinaan-pembinaan kepada paraperajin secara rutin.

Salah satu upaya untukmenggali potensi yang adayaitu melalui kegiatan lomba10 program pokok PKK. Me-nurutnya, dalam palaksana-an lomba tersebut bertujuan

disamping untuk menggalipotensi- pontensi yang adadi desa-desa, juga untukdiberi pelatihan yang dila-kukan oleh PKK.

“Sedangkan Dekranasda iniuntuk memasarkan hasil kera-jinan dan untuk olahan maka-nan dalam pemasarannya di-bantu oleh dinas intansi ter-kait,”katanya, kemarin.

Salah satu upaya yangdilakukan oleh PKK sepertipemberian pelatihan-pela-tihan seperti pelatihan riaspenganten dan membuatolahan ikan. Sedangkanuntuk pemasarannya di-bantu oleh instansi terkait.Untuk olahan ikan paskapanen ikan bekerjasama de-ngan dinas kelautan dan pe-rikanan dan pemasarannyahasil olahannya dengandinas perindustian danperdagangan. (apt/sri)

WARUNGPRING - Gurumenjadi suri tauladan dalamberperilaku dan bertindakdalam hal pola hidup men-jadi panutan serta meru-pakan publik figur. Olehkarena itu, seorang guruperlu memperhatikan ber-bagai faktor, yang dapatmendukung hal tersebutyaitu dengan berdisiplin,selalu fresh, membaur de-ngan masyarakat sertamempunyai iman dan tak-wa yang tinggi.

Perilaku yang dilakukanharuslah sesuai denganfungsinya sebagai seorangguru, memberikan pem-belajaran kepada anak di-diknya.

Peranan guru sangat pen-ting dalam setiap perkem-bangan pendidikan di se-kolah. Hal tersebut harusdimengerti karena meru-pakan tanggungjawab besardalam mengantarkan anakdidik menuju ke kehidupanyang lebih baik, serta me-ngetahui ilmu pengetahuansecara luas.

“Jadilah guru yang digu-gu dan ditiru, kalimat terse-but mengandung maknaharfiah maupun lugas danini perlu diketahui olehseluruh tenaga pendidik,”ungkap Ketua PGRI Keca-matan Warungpring BasukiS Pd SD, Selasa (8/9).

Adapun maksud dari mak-na secara harfiah yaitu guruadalah sebagai panutan baikbagi siswa, orang tua murid,bahkan warga masyarakat di

lingkungan tempat ting-galnya. Perilaku yang dila-kukanya sering menjadisorotan, apalagi tugasnyayang harus mendidik anak-anak hingga pintar, berka-rakter dan berkelakuan be-nar atau memiliki akhlakulkarimah. Guru tetap harusmemperhatikan kinerja,disiplin dan tugasnya terse-but. Apalagi kinerja itu pastiakan diikuti oleh kesejah-teraan.

Memang semakin tinggikinerja yang dilakukan, makaakan semakin besar tan-tangan yang harus dihadapi.Namun dengan selalu beker-jasama dan saling mengisi,apapun permasalahan yangdihadapi menjadi lebih ri-ngan karena kebersamaantersebut. Solidaritas antarsesama guru juga perlu di-bina, dan tidak membeda-bedakan apakah dia guru SD,SMP atau SMA, karena dalamsebuah organisasi semuanyasama hanya tugas masing-masing yang berbeda.

“ Bangun organisasi PGRIdimana semua pengurusberperan aktif, mengopti-malkan masing-masing bi-dang karena semua pengu-rus menjadi penanggungja-wab dibidangnya masing-masing,” tambahnya.

Dengan mengetahui haltersebut, diharapkan pera-nan dari masing-masingpengurus semakin aktif danoptimal. Sehingga benar-benar berfungsi sebagai-mana mestinya. (sri)

Guru harus Jadi Teladan

PKK Gali Potensi Desa

Page 12: Radar Tegal 5 okt 2015

ISMAIL F/RADAR BREBES

15RADARBREBESwebsite : radartegal.com, epaper: epaper.radartegal.com

RADAR TEGALSENIN, 5 OKTOBER 20151212121212

RSUD Brebes (0283) 671431

RSU Bhakti Asih (0283) 671279 / 673481

RSIA Mutiara Bunda Tanjung Brebes (0283) 877222

RS Dera As Syifa Banjarharjo Brebes (0283) 889588/889548

RS Dedy Jaya, Jl. A. Yani No. 57 Brebes (0283) 672145/672525

- IGD/Ambulance (0283) 3287503

TELEPON PENTING

WONGE DEWEKNur Nadlifah

Prihatin Nasib Anak TKIBANYAKNYA kabar negatif terkait dengan Tenaga Kerja In-

donesia (TKI), khususnya bagi kaum perempuan seolah menjadirahasia umum. Berbagai upayaperbaikan dan pembenahan yangdilakukan pemerintah seolah masihbelum tuntas. Staf khusus MenteriTenaga Kerja dan Transmigrasi(Menakertrans), Nur Nadlifahmenegaskan, pihaknya tidaktinggal diam dengan masalah TKIdan TKW di luar negeri.

“Saya ini perempuan, bisa mera-sakan bagaimana perasaan teman-teman TKW yang kena ma-salah. Apalagi nasib anak-anak mereka di Indonesiayang kadang luput dariperhatian, itu membuatsaya makin prihatin. Ma-kanya bersama denganpihak lain kementeriansesungguhnya sudahbanyak melakukan upaya perbaikan dan pembenahanperlindungan dan penempatan,” ujar Nur Nadlifah saat beradadi Brebes, kemarin.

Dia menuturkan, bekerja mengurus TKI adalah menjaditantangan karena rasa prihatinnya terhadap kaum perempuan.Pengurus PP Fatayat NU ini juga mengaku banyak mendapatdata dan kabar terkait nasib anak-anak TKW.

“Saya tahu betul, bagaimana pendidikan anak yang ditinggalibunya itu sangat kurang sekali, termasuk ditinggal menjadi TKI.Anak tidak hanya butuh pendidikan jasmani saja, tapi bagaimanamendidik etika, nata hati, pikiran itu tidak cukup dengan gadgetsaja. Malah tidak jarang anak-anak TKW yang jadi korbanberbagai tindakan kekerasan. Ini juga kami pikirkan,” jelasnya.

Saat ini pihaknya terus getol melakukan sosialisasipenempatan dan perlindungan TKI di berbagai basis TKI di In-donesia, termasuk di Brebes. Diharapkan masyarakat bisamengetahui aturan-aturan yang ada hingga bisa mengambillangkap dengan bijak. “Seperti moratorium TKI nonformal keTimur Tengah (Timteng) itu sudah ada, tidak ada lagi TKI yangberangkat ke sana. Bisa lanjutkan kontrak tapi tidak adapemberangkatan baru. Di Arab Saudi saja masih ada 27 ribuwarga kita yang akhirnya ilegal melanggar imigrasi di sana, kitakedepankan komunikasis dan lobi untuk nasib mereka,” katawanita kelahiran Pati tersebut.

“Permaslahan TKI itu butuh kerja lintas sektoral, tidak hanyaKemenakertran tapi juga Kemenlu, BNP2TKI dan Imigrasi. Inijuga harus dipahami masyarakat,” tutupnya. (ism/adi)

HindariTabrakan Frontal

PAGUYANGAN - Truk Dieselbernopol B 9055 YT tergulingdi ruas jalan utama Tegal-Pu-wokerto, wilayah Desa Pa-gojengan tepatnya di depanAlfamart Paguyangan, Sabtu(3/10), sekitar pukul 20.00WIB. Kecelakaan terjadi se-telah sopir truk berusaha me-ngindari truk lain dari arahberlawanan yang memotongjalur. Tidak ada korban jiwadalam insiden ini, hanya sajaarus lalu lintas di jalur utamasempat terhambat.

Insiden bermula saat sebe-lumnya truk Diesel B9055 YTyang dikemudikan oleh Wa-hid, 34, warga Cilongok, Ka-bupaten Banyumas, melajudari selatan hendak ke utara.Sesampainya di lokasi keja-dian, dari arah berlawanan, trukDiesel lainnya bernopol E 9478B terlihat tiba-tiba memotongjalan hendak memasuki pela-taran parkir mini market yangada di sisi barat jalan.

“Saat itu saya langsung me-ngerem sambil membantingkemudi ke arah kiri jalan, tapiakibatnya justru kendaraanterguling,” ungkap Wahid.

Dikatakan Wahid, sedianya

truk yang dia kemudikan hen-dak membawa muatan kayudari Kecamatan Bumiayuyang hanya berjarak tidak le-bih dari 4 kilometer lagi darilokasi kejadian.

“Mau muat kayu, tapi be-lum sampai sudah kejadianseperti ini,” keluhnya.

Truk yang dikemudikanWahid dalam kondisi tanpamuatan, namun karena tiba-tiba menikung tajam untukmenghindari tabrakan akhir-nya terguling hingga menu-tupi badan jalan yang digu-nakan oleh kendaraan dariarah utara (Tegal).

Herdiawan, salah seorang

warga yang melihat kejadianmenyebutkan, sedianya trukyang dari arah selatan telahmelakukan pengereman un-tuk mengurangi kecepatansebelum akhirnya terguling.

“Kebetulan saya baru keluardari Alfamart ini, saya jugakaget oleh suara ban yang ber-decit akibat direm. Ternyatamenghindari tabrakan karenaada truk lain yang memotongjalan. Kalau sopir tidak mem-banting setir, pasti terjadi tab-rakan sebab jaraknya cukupdekat, meskipun akhirnya ter-guling,” terang Herdiawan.

Truk Diesel yang terguling,melintang hingga menutupi

separo badan jalan. Akibat-nya, arus lalu lintas yang me-ngalami peningkatan volumekendaraan pada akhir pekankemarin, terjadi antrian cukuppanjang karena harus berjalansecara bergantian di lokasikecelakaan.

Petugas dari Pos Lantas Bu-miayu yang tiba dilokasi ke-jadian berupaya mengatur lalulintas untuk menghindari kema-cetan yang lebih parah. Dibu-tuhkan satu unit kendaraanderek untuk mengevakuasi trukyang terguling. Sementara duasopir kendaraan, dimintai ke-terangannya oleh petugas Pos-lantas Bumiayu. (pri/adi)

TEGUH SUPRIYANTO/RADAR BREBES

TERGULING - Truk Diesel yang terguling setelah berusaha menghindari tabrakan dengan kendaraan lain menutup separo badan jalan u tama.

Truk Diesel Terguling

LINTAS

Brebes jadiKantong TKI

BREBES - Kabupaten Bre-bes ternyata masuk menjadisalah satu kantong terbesarpenyuplai TKI dan TKW diJawa Tengah. Tidak hanyamenjanjikan kesejahteraan,kisah sedih juga masih me-nyelimuti nasib TKI, termasukdari Brebes. Masalah yang me-nimpa tidak hanya terjadi diluar negeri, tapi juga akibatdari lemahnya persiapan saatdi dalam negeri. Menanganimasalah TKI, memang butuhkebijakan dari hulu hinggahilir. Maka, jangan berangkatke luar negeri sebelum siap.Dari mental, jasmani, ruhani,hingga tertib administrasi.

Demikian menjadi pesansingkat dari kegiatan Sosia-lisasi Penempatan dan Per-lindungan TKI yang digelaroleh Kementerian TenagaKerja dan Transmigrasi RI dihotel Anggraeni Jatibarang,Sabtu (3/10).

Sosialisasi ini juga meng-hadirkan pejabat daerah, di-antaranya pimpinan DPRDNasirul Umam bersama jaja-ran Komisi IV yang membi-dangi tenaga kerja, dan pe-jabat Dinsosnakertrans Pem-kab Brebes. Mereka hadir se-bagai pembanding atas mun-

culnya persoalan penempa-tan dan perlindungan TKI se-jak mulai dari daerah.

Sementara narasumberMenaker yang diwakilkan ke-pada staf khususnya, NurNad lifah bersama DirjenPTKLN Kemenakrtrans BerryKomaruzaman silih bergantimenyampaikan materi sepu-tar masalah umum yang kerapmenimpa buruh migran saat diluar negeri atau dalam negeri.Saat dialog dengan peserta,sejumlah persoalan pun mun-cul mengagetkan para nara-sumber. Sebab, peserta mem-buka adanya praktik curangyang juga dilakukan oleh ok-num-oknum di Indonesia da-lam proses penempatan danpemulangan TKI. Peserta sen-diri, selain dari kalangan ak-tivis, pemuda, juga diikutioleh para mantan TKI/TKW,agen hingga perwakilanPPTKIS di wilayah sekitar.

“Kami sosialisasi regulasibagaimana mestinya. Tapi apayang kami dapat hari ini ba-nyak informasi yang menjadimasukan bagi kami. Kami te-rus lakukan pembenahan, mi-salnya sekarang KTKLN sudahelektronik sidik jari, pemula-ngan TKI di Terminal Bandarasudah mandiri. Sampai me-nutup pintu-pintu yang se-lama ini menjadi jalur ilegal,”ungkap Berry. (ism/adi)

13 Hari Lagi Jamaah Haji PulangBREBES - Sebanyak 982 jamaah haji Kabupaten Brebes yang

tergabung di Kloter 47, 48, 49 dan 50 Embarkasi Solo dijadwalkankembali ke Tanah Air pada 16-17 Oktober mendatang. Hal iniditegaskan Kasi Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama(Kemenag) Kabupaten Brebes, Syauqy W, Minggu (4/10).

Menurutnya, 7 dan 8 Oktober mendatang seluruh jamaahhaji asal Brebes akan bertolak ke Madinah. Dia memastikan darijumlah yang ada saat ini semuanya dalam keadaan sehat.“Memang ada jamaah yang mengalami sakit, namun masih bisaberkumul dengan yang lainya. Insya Allah 17 dan 18 Oktoberseluruh jamaah akan tiba di Brebes. Doakan saja biar selamatsampai tujuan,” ungkapnya.

Dibeberkan, jamaah haji yang sedang sakit tersebut sempatmengusulkan pulang dini, namun pihak di sana (Arab Saudi)tidak mengizinkkan. Karena itu, kendati kondisinya tidak sehat,jamaah tersebut akan tetap ikut pulang dengan rombonganjamaah haji lain.

“Kami pastikan meskipun tidak diperbolehkan pulang diniseluruh jamah haji bisa pulang dengan selamat samai tujuandan dalam kondisinya yang baik,” tegasnya lagi.

Ditambahkan, untuk saat ini hanya jamaah haji yang berasaldari Kecamatan Bumiayu yang meninggal di Mekkah. Namun,sambung dia, kematian jammah dimaksud tidak berkaitan dengantragedi Mina beberapa waktu lalu. Jamaah tersebut meninggaldikarenakan penyakit yang dideritanya yakni jantung.

“Kami tegaskan yang meninggal kemarin bukan akibat tragediMina atau crane yang jatuh beberapa waktu lalu,” ungkapnya.

Syauqy mengimbau seluruh jamaah haji untuk tidak membawaair zam zam dalam koper pakaian mereka. Sebab, sudah adajadwal pembawaan air tersebut. Ini untuk mengantisipasikeberatan muatan saat melakukan penerbangan nanti.

“Kami imbau agar tidak membawa air zam zam yangberlebihan, sebab sudah ada aturannya. Ini juga untukmenjaga keselamatan mereka dalam melakukan pener-bangan,” katanya. (ded/adi)

ISMAIL FUAD/RADAR BREBES

SAMPAIKAN MATERI - Staf khusus Menakertrans, NurNadlifah menyampaikan materinya saat sosialisasi.

“Jangan Berangkatsebelum Siap!”

DPRD BentukPansus Raperda

BREBES - Setelah menjadiwacana elegi bertahun-tahun,Pemkab Brebes akhirnya me-nunjukan keseriusannya un-tuk melindungi kepunahanbenda cagar budaya. DPRDsendiri telah menerima usulanpembuatan Perda Cagar Bu-daya yang kini sudah mulaidibentuk panitia khusus (Pan-sus). Raperda Cagar Budayajuga sudah masuk dalam usu-lan Prolegda 2015 ini.

“Pansus sudah terbentuk,semoga dalam waktu dekatkami beserta anggota bisa be-kerja secara maksimal,” kataanggota Fraksi Partai Golkar,Pamor Wicaksono yang di-tunjuk menjadi Ketua PansusRaperda Cagar Budaya ter-sebut, kemarin.

Dia menjelaskan, pemben-

tukan Perda Cagar Budayasebetulnya bukan isu baru, tapisudah lama mengemuka sei-ring mulai punahnya cagar buda-ya di Kabupaten Brebes ditelanjaman. Hingga kini pihaknyamengaku masih menunggudraft akademik dari eksekutif,dalam hal ini Dinas Pariwisata,Kebudyaaan, Pemuda danOlahraga (Disparbudpora) se-bagai tindaklanjut dari amanatUU No 11 tahun 2010.

“Saya sih berharap agar draftnanti bisa lebih rinici dan tek-nis, sehingga bisa diaplikasi-kan dengan baik. Apalagi, ba-nyak potensi Brebes yang ha-rus dilindungi dan diakomo-dir dalam aturan ini, jadi se-batas informil tapi rinci tegashingga ke zonasi,” terangnya.

Guna mendapatkan materidraft yang komperhensif dan ap-likatif, Pansus yang dipimpin-nya juga tidak hanya berkutatpada wacana teks book semata,

melainkan juga menginput da-ta sesuai kondisi lapangan,termasuk meminta masukandan sarana dari masyarakatmelalui publik hearring.

Sekadar diketahui, satu per-satu situs budaya warisan se-jarah di Kabupaten Brebespunah. Sejumlah situs sejarahsudah dalam kondisi rusak.Sementara bangunan kunojuga perlahan diratakan de-ngan tanah. Sisanya selaintidak terawat, rusak cagar bu-daya dalam bentuk kebuda-yaan, folklore serta keben-daan lainnya terkendala ke-pemilikan individu yang ren-tan dengan hilang begitu saja.Padahal, keberadaan cagarbudaya sangat penting se-bagai pijakan humaniora dankesejarahaan di KabupatenBrebes. Jika tetap minim per-hatian, dikhawarirkan khas-anah yang bernilai itu teran-cam musnah. (ism/adi)

Lindungi Cagar Budaya

IST

ILUSTRASI - Sejumlah jemaah haji bersujud di landasanpesawat setelah sampai kembali ke Tanah Air.

Page 13: Radar Tegal 5 okt 2015

15BREBES BERHIASwebsite : radartegal.com, epaper: epaper.radartegal.com

RADAR TEGALSENIN, 5 OKTOBER 2015 13

Kenalkan ProxyWar hinggaTertib Lalin

BREBES – Upaya menguat-kan nilai-nilai kebangsaanterus ditanamkan kepada ge-nerasi muda, tak terkecualipara pelajar. Sabtu (3/10), Di-nas Pendidikan KabupatenBrebes menggelar seminar pe-mantapan nilai kebangsaanbagi pelajar SMP/MTs danSMA/SMK/MA dengan me-ngambil tempat di SMAN 2Brebes. Hadir sebagai pem-bicara dalam acara tersebut,Komandan Kodim 0713 Bre-bes, Letkol Inf Efdal Nazra,Kabid Pendidikan MenengahDinas Pendidikan KabupatenBrebes, Budhi Anjar Pranoto,Kanit Dikyasa Satlantas PolresBrebes, Iptu Suroto dan KetuaLSM Agustus, Kustoro Wihan-jayanto.

Dalam materinya, Letkol InfEfdal Nazra mengatakan, upa-ya pelemahan terhadap ba-ngsa Indonesia kini tengahdilancarkan oleh asing. Upayatersebut dilakukan dengancara melakukan pelemahanterhadap sumber energy, pa-ngan hingga papan. Tak hanyaitu, budaya konsumerismeyang kini mulai diakui olehmasyarakat Indonesia jugamenjadi permasalah seriusyang tentu bisa membaha-yakan.

“Ini merupakan strategi asi-ng untuk menjajah bangsakita. Atau dengan isitilah lainproxy war (perang teknologi,

Red),” ujar Efdal. Strategi terse-but, lanjut dia, sedikit banyaktelah berhasil dilakukan. Inidibuktikan merosotnya nilai-nilai gotong royong di tengahmasyarakat, serta prilaku hi-dup acuh tak acuh terhadapkondisi negara.

Untuk itu, penanaman nilai-nilai kebangsaan penting dila-kukan terhadap generasi mu-da bangsa untuk menghalaurencana asing dalam merong-rong bangsa Indonesia. Hara-pannya masyarakat tidak mu-dah terprovokasi apabila ter-jadi masalah di tengah masya-rakat. Masyarakat juga bisamengutamakan kepentinganumum dengan mewujudkankeamanan lingkungan.

“Apabila ini sudah bisa dila-kukan, maka masyarakat akanbisa lebih tenang dalam mela-kukan aktivitasnya,” terangdia. Sementara, Kanit DikyasaSatlantas Polres Brebes, IptuSuroto dalam kesempatan itujuga meminta kepada para pe-lajar untuk bisa menjaga keter-tiban di jalan. Salah satunyadengan mematuhi peraturanlalu lintas saat berkendara.

Dalam kesempatan itu, Su-roto juga membagikan sejum-lah helm bagi para siswa yangbisa menjawab pertanyaan de-ngan benar. Suroto mengaku,tingkat kecelakaan lalu lintasakan bisa ditekan manakalamasyarakat, tak terkecuali pe-lajar, bisa mewujudkan keterti-ban dijalan. Sementara, KetuaLSM Agustus, Kustoro menye-but, penanaman nilai kebang-saan penting. (har/adi)

Gembleng Ratusan Pelajar

SMK Maarif NU 01Tegong Bumiayu

BUMIAYU - Didasari keingi-nan untuk turut serta didalammenjaga dan melestarikanwarisan budaya bangsa, seka-ligus memfasilitasi para siswauntuk menyalurkan bakat olahraga dan seni. SMK Maarif NU01 Tegong Bumiayu, mem-buka Padepokan Pencak SilatPagar Nusa “Manusia Bumi”.

Zaenal Arifin, kepala SMKMaarif NU 01 Tegong menyam-paikan, pembentukan pade-pokan pencak silat ini seka-ligus sebagai upaya mem-fasilitasi anak-anak didiknyamelalui kegiatan ekstrakuriku-ler di sekolah.

“Dipilihnya pencak silat ka-rena merupakan warisan aslibangsa Indonesia yang saat inisudah mulai ditinggalkan olehgenerasi muda. Disisi lain, pen-cak silat tidak hanya sekedarolah raga saja, namun me-miliki unsur seni yang jugaharus dilestarikan,” terangnya,Minggu (4/10).

Selain itu, pihaknya jugaberupaya untuk menanam-kan sikap disiplin para siswamelalui pencak silat. Sebabdalam mempelajari pencaksilat senantiasa diikuti denganajaran kedisiplinan yang harusditerapkan oleh para siswa.

“Dengan mengikuti latihanpencak silat, sekaligus dapatmembentuk karakter anak didikagar menjadi generasi yang ku-at baik jasmani dan rohani, sertamemiliki sifat kesatria, bertang-gung jawab,” kata Zaenal.

Pagar Nusa sendiri dipilihkarena LPS Pagar Nusa adalahmerupakan pencak silat milikNahdlatul Ulama. Di dalamPagar Nusa tidak hanya beladiri semata yang diajarkan,namun juga dibekali ilmu-ilmurohani dalam rangka mem-

bentengi anak didik dalammenjaga faham AhlussunnahWal jamaah.

“Sekaligus menumbuhkanrasa nasionalisme pada anakdidik, sebab Pagar Nusa sendiriadalah singkatan dari Pagar NUdan Bangsa,” terangnya.

Sementara Wakil KepalaSMK Maarif NU 01 TegongBidang Kesiswaan, Mukti Wi-bowo menambahkan, diha-rapkan melalui adanya Pade-pokan Pagar Nusa ini akanmelahirkan bibit-bibit baruatlet pencak silat yang mampuberprestasi dan membawanama baik sekolah.

“Dengan kesungguhan da-lam berlatih, tentunya akanbebuah hasil yang baik. Se-hingga melalui kegiatan inijuga merupakan sarana untukmenjaring talenta-talenta sis-wa yang memiliki bakat di-dalam seni bela diri,” ungkap-nya. (pri/adi)

BUMIAYU - Sebagai upayamenggali serta mengembang-kan kreativitas di bidang senibudaya khususnya batik. De-wan kerajinan nasional Dae-rah (Dekranasda) KabupatenBrebes bekerjasama denganDinas Perindustrian dan Per-dagangan menyelenggarakanlomba rancang busana danperagaan busana batik Bre-besan, Sabtu (4/10) malam.

Kegiatan yang diselengga-rakan di pendapa rumah sing-gah bupati yang ada di Bumia-yu ini, diikuti oleh 39 designerdan 25 peserta tingkat pelajar,serta 36 dari SKPD.

Ketua Dekranasda Kabupa-ten Brebes H Warsidin dalamlaporannya menyampaikan,lomba rancang busana batikBrebesan ini sudah secara rutindilaksanakan setiap tahunnya.Hal itu dilakukan sebagai upa-ya meningkatkan dan meng-angkat produk kerajinan lokal,serta mengembangkan krea-tivitas para desainer Brebes.

“Sehingga diharapkan da-pat berkembang di tingkatyang lebih tinggi, bahkan hi-ngga tingkat nasional,” ung-kap Warsidin.

Selain itu, kegiatan dilaku-kan untuk meningkatkan danmengembagkan imajinasi dankreativitas para desain denganmisi mengembangkan sertamemperkenalkan kepada ma-syarakat luas mengenai pro-duk unggulan yakni batik Bre-besan.

“Kami akan terus memacudan mendorong semangatpara desainer untuk terus ber-karya mendesain, mencipta,memproduksi rancangan bu-sana dari bahan batik Bre-besan ini sampai kapanpun,”kata Warsidin.

Dikatakan, lomba rancangbusana dan peragaan busanabatik Brebesan 2015 ini, jugamerupakan seleksi untuk ke-giatan lomba rancang busanatingkat Provinsi Jawa Tengahyang akan dilaksanakan pada

November mendatang.“Diharapkan nantinya akan

terpilih yang terbaik untukmewakili Kabupaten Brebes, ditingkat provinsi,” imbuhnya.

Bupati Brebes Hj Idza Priyatidalam sambutanya menyam-paikan, Pemkab Brebes se-nantiasa mendukung kebera-daan batik Brebesan sebagaiproduk unggulan yang dimilikiKabupaten Brebes.

“Selain memfasilitasi paraperajin untuk mengikuti ber-bagai event terkait penge-nalan produk, bersama peme-rintah provinsi kami senan-tiasa mendukung melalui ber-bagai program, baik pelatihan,maupun sarana dan prasaranabagi perajin batik,” jelasnya.

Bupati juga memberikanapresiasi kepada talenta-ta-lenta yang tampil dalam pe-ragaan busana batik Brebesandan berharap agar kebera-daan batik Brebesan tetap ter-jaga kelestariannya sebagaiwarisan budaya. (pri/adi)

TEGUH SUPRIYANTO/RADAR BREBES

BERLATIH - Para siswa SMK Maarif NU 01 Tegong Bumiayumengikuti kegiatan latihan pencak silat di sekolahnya.

Lestarikan Pencak Silat,Bentuk Padepokan

HARVIYANTO/RADAR BREBES

KENAKAN HELM – Salah satu pelajar mendapatkan hadiah hadiah helm saat seminar.

TEGUH SUPRIYANTO/RADAR BREBES

PERAGAKAN - Model memperagakan busana berbahan batik dalam lomba rancang busana.

Gelar Lomba Rancang Busana

KNPI Sosialisasi Bahaya NarkobaBULAKAMBA - Pengurus Komite Nasional Pemuda Indone-

sia (KNPI) Kabupaten Brebes menggelar sosialisasi bahayanarkoba bagi kalangan organisasi kepemudaan (OKP) danpelajar yang digelar di aula Desa Grinting, Kecamatan Bulakamba,Brebes, Minggu (4/10). Kegiatan tersebut menggandeng BadanNarkotika Kabupaten (BNK) Brebes.

Ketua KNPI Brebes, Moh Syamsul Haris mengatakan,sosialisasi bahaya narkoba merupakan salah satu agendaorganisasinya sebagai bagian dari sikap KNPI dalam menolakpenyalahgunaan barang haram tersebut khususnya bagigenerasi muda. “Bangsa kita sudah darurat narkoba yangmerusak sendi-sendi kehidupan, kami tidak bisa beridam diri.Dengan sosialisasi ini diharapkan bisa mencegah generasi mudaagar tidak terjebak pada pergaulan yang salah,” kata dia.

Dalam kegiatan tersebut, pejabat BNK Brebes menjadinarasumber utama. Tidak hanya menjelaskan jenis-jenis narkoba,bahkan diterangkan pula dampak dan bahaya dari penggunaanjenis narkoba tersebut secara rinci. “Perdaran dan pe-nyalaghunaan narkoba, adalah pelanggaran hukum. Tapipemerintah akan membantu pecandu agar bisa terbebas darijerat narkoba jika punya inisiatif untuk berhenti. Kami akan banturehabilitasi secara gratis dan tidak akan dituntut secara hukum,”kata pegawai BNK, Suswoyo.

Selain sosialisasi bahaya narkoba, KNPI Kabupaten jugamengadakan rapat koordinasi pengurus untuk melanjutkan pro-gram kerja. Diantaranya persiapan untuk mengaktifkan KNPI diseluruh tingkatan kecamatan. (ism/adi)

ISMAIL FUAD/RADAR BREBES

MENYIMAK - Pemateri sosialisasi bahaya narkoba yangdigelar KNPI Brebes menyampaikan materinya.

Debit AirWadukMalahayuTerusMenipis

BANJARHARJO - Debit air yang ada di Waduk Malahayuhingga saat ini tingga 1,6 juta kubik. Akibatnya waduk yangberfungsi sebagai pengairan lima kecamatan yakni, Tanjung,Losari, Ketanggungan, Banjarharjo dan Kesana tersebut, tidakmampu lagi menyuplai air.

Kepala Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Perairan setepatMulyadi mengatakan, mulai 30 September lalu pihaknya telahmemberhentikan proses pengairan. Melihat debit air terusberkurang, pihaknya khawatir jika air yang ada disalurkan akanberdampak pada kondisi waduk.

“Kami tidak berani menyalurkan dari sisa air yang ada. Sebabkami takut akan berdampak pada keadaan disekitar waduk,”katanya, Minggu (4/10).

“Jika dipaksakan nanti akan menimbulkan keretakan di waduk,sehingga akan berdamppak fatal,” imbuhnya.

Dia menambahkan, meski saat ini masih banyak warga yangmenanam di ladang masing-masing, namun pihaknya tidak bisaberbuat apa-apa. Selain untuk menjaga keberadaan waduk,stok air tersebut juga untuk menjaga kehijauan yang ada disekitar waduk. Dengan begitu, pihaknya tidak berani untukmenyalurkan air tersebut.

“Ya mau gimana lagi, stok air di sini berkurang terus setiaphari, makanya kami tidak berani untuk mengirim air ke ladang,”tegasnya lagi.

Disinggung mengenai waduk yang ada di Cibimbing, diamengatakan saat ini kondisi waduk tersebut belum bisaberoperasi. Jika sudah beroperasi, Waduk Malahayu akanterbantu dalam mengaliri ladang kurang lebih mencpai 2000 hektar.Dengan begitu, akan mengiritkan jumlah pengeluaran air yangada di Waduk Malahayu.

“Kemungkinan aliran airnya akan langsung di kirim keKecamatan Losari, sehingga kami akan terbantu dengan adanyawaduk Cibimbing tersebut,” ungkapnya.

Tak hanya itu, jika waduk tersebut sudah beroperasi makapihaknya akan menerima bantuan air sebayak 2 ribu liter per detik.Dengan begitu, akan membantu proses pengairan yang ada di limakecamatan yang selam ini dialiri dari Waduk Malahayu. (ded/adi)

PrioritaskanPembangunanIrigasiBANJARHARJO - Meski bantuan Dana Desa belum

sepenuhnya cair, namun banyak rencana pembangunan yangakan dilakukan Desa Malahayu. Salah satunya pembangunanirigasi dan infrastruktur jalan yang menjadi prioritas utama.

Menurut Kepala Desa (Kades) Malahayu Rustamaji, meskisaat ini Dana Desa belum cair, namun pihaknya telahmempersiapkan beberapa pembangunan. Pembangunan irigasiyang menjadi prioritas utama karena hampir beberapa warganyaadalah petani.

“Kebanyakan warga kami petani, sehingga kami perlupembangunan irigasi dalam proses perairan nantinya,” jelasnya,Minggu (4/10).

Meskipun saat ini irigasi yang ada di wilayahnya sudah cukupbagus, namun pihaknya ingin memperudah warganya dalammendapatkan air untuk ladangnya. Terlebih jika musim kemarauseperti ini, banyak ladang yang ada di wilayahnya mengalamikekurangan air.

“Jika musim kemarau seperti ini banyak warga yangkekurangan air, terlebih dari stok air yang ada di waduk terkadangtidak mencukupi perairan,” katanya.

Dia menambahkan, pembangunan irigasi merupakanbeberapa usulan dari warga, sehingga harus diutamakan.

“Sesuai dengan perintah pemerintah, maka kepentinganmasyarakat banyak akan diutamakan dalam proses pem-bangunan nanti,” ungkapnya.

Selain pembangunan irigasi, pihaknya juga akan melakukanperbaikan infrastruktur yang ada di wilayahnya. Ini tidak lainuntuk memberikan kenyamanan jalan transportasi untukwarganya. Dengan begitu, kegiatan warga terutama dalamposes peningkatan ekonomi di wilayahnya. “Jika transportasinyalancar, maka semua kegiatan yang ada di wilayah kami akanbisa berjalan dengan baik,” katanya. (ded/adi)

ORGANISASI

KEMARAU

PROGRAM

Page 14: Radar Tegal 5 okt 2015

15KABUPATEN TEGALwebsite : radartegal.com, epaper: epaper.radartegal.com

RADAR TEGALSENIN, 5 OKTOBER 201514

PENDIDIKAN

ADIWERNA–Panen perda-na kedelai di lahan KelompokTani Karya Tani Dukuh Sida-mulya, Desa Penarukan, Ke-camatan Adiwerna menjadibukti bahwa petani tak gentarketika harus membudidayatanaman kedelai ditengahmusim ekstrim. Hal itu dilon-tarkan Kepala UPTD Tanbuh-nut Kecamatan AdiwernaHermi Hastuti.

”Meskipun para petani be-

Petani Tidak Gentar Tanam Kedelailum pernah sama sekali mena-nam kedelai, petani di sini bisamematahkan anggapan bah-wa tanam kedelai pada bulanselain Juni hingga Juli akan ba-nyak mendapat masalah, uta-manya serangan hama penya-kit,” tegasnya Sabtu (3/10).

Hal senada juga dilontarkanKetua Kelompok Tani KaryaTani Djurki dan pemuda taniAbdul Syukur. Dia mengakubahwa kesuburan tanah su-

dah bukan masalah lagi bagimereka. Sebab, kebiasaan pe-tani menggunakan pupukkandang dan kompos untukmempertahankan dan mem-perbaiki kesuburan tanah.

Terpisah, Kepala Dinas Tan-bunhut Khofifah menegaskanbahwa salah satu upaya pe-merintah untuk meningkat-kan produksi kedelai adalahdengan meningkatkan luastanam kedelai. ”Bertambah-

nya luas tanam bisa dicapaidengan mengadakan pergili-ran pola tanam, yang mema-sukkan kedelai sebagai salahsatu tanaman yang ditanampetani,” tegasnya.

Dia juga mengapresiasi polabertanam kedelai yang dila-kukan Kelompok Tani KaryaTani yang lebih condongmenggunakan pupuk organikserta agensia hayati. ”Kamiberharap agar petani dalam

setiap bertanam apapun tidakhanya di kedelai, selalu meng-gunakan pupuk organik danagensia hayati serta dilakukansecara berkelanjutan.

Karena dengan adanya ke-sadaran untuk menerapkanteknologi pertanian secarabijak, tidak hanya akan me-nguntungkan secara ekono-mis, tetapi juga mengun-tungkan secara ekologis,”ujarnya. (her/fat)

HERMAS PURWADI / RADAR SLAWI

APRESIASI–Panen perdana kedelai di lahan kelompok tani Karya Tani yang turut disaksikan kepala Tanbunhut kemarin.

KhususnyaKambing danSapi

SURADADI–Musim kema-rau yang terjadi tahun ini ter-nyata berdampak luas. Salahsatunya dirasakan kalanganpeternak yang harus susahpayah memenuhi pakan agarternaknya tidak kelaparan.

Ibrahim, 40, peternak asalKarangmulya mengatakan,kondisi saat ini memaksa pe-ternak untuk berhati-hati teru-tama dalam mendapatkan pa-kan. Rumput yang sebagianbesar mulai mengering mem-persulit dia untuk memenuhikebutuhan pakan bagi 9 kam-bing yang sudah dia peliharasejak setahun terakhir.

Sayangnya, kondisi saat inijustru tersebut semakin sulitdigapai akibat terbatasnya ke-tersediaan pakan ternak. De-ngan demikian, dia dan peter-nak lainnya terpaksa menjualsebagian ternaknya karena ke-sulitan mendapatkan pakan.

Setiap hari, dia dibantuanaknya harus berkeliling de-

Pakan TernakSulit Didapat

sa mencari rumput. Hal ituagar kambing yang dia peli-hara tidak mati kelaparan.Meski sudah berkeliling, teta-pi rumput yang ada saat inisebagian mulai mengering,sehingga dia terpaksa membe-rikan ternaknya pakan lainberupa dauh jagung dan hija-uan lain yang masih tersedia.Jika selama ini hijauan dida-patkan secara gratis denganmemanfaatkan kemurahanalam, dalam kondisi kemaraudia harus mengeluarkan biayaekstra untuk membeli pakan.Inilah salah satu penyebabpeternak mulai mengurangijumlah peliharaannya agar ti-dak menanggung kerugian.

”Untuk peternak ayammungkin tidak begitu terasakarena mereka memberi ma-kan dengan voer, tetapi untukpeternak sapi dan kambing,kondisi saat ini sangat ber-dampak,” jelasnya.

Peternak lainnya, Purno-mo, 42, menambahkan, saatpakan semakin sulit didapat-kan, maka pertumbuhan ter-nak menjadi lambat. Hal initerjadi karena jumlah pakan

yang diberikan mengalamipenyusutan akibat terbatas-nya pasokan di alam yangbiasanya mudah didapatkan.

Menjual sebagian ternakbagi sebagian peternak meru-pakan solusi terbaik daripadaternak yang dipelihara matikelaparan. ”Lebih baik dijuallebih dini untuk dikonsumsimenjadi sate dan sebagainyameski harga jual saat ini tidakterlalu tinggi,” ujarnya.

Untuk kambing jawa beru-kuran sedang, dijual sekitar Rp1,6 juta. Sementara kambinggimbas dijual di pasaran seki-tar Rp 1,5 juta untuk ukuransedang.

Cuaca panas tahun ini, jelasdia, lebih panjang dari tahunkemarin. Dengan demikian,berimbas pada berbagaisektor yang ada. Salah satunyaadalah peternakan dan perta-nian yang mengalami penuru-nan produksi.

”Semua pakan merupakanhijauan daun, sedangkan mu-sim kemarau membuat tana-man menjadi kering, rumputsaja saat ini sulit didapat,”keluhnya. (gun/fat)

WARUREJA–Camat Waru-reja mengadakan turnamensepakbola khusus usia di ba-wah 17 tahun. Belasan tim se-pakbola dari sejumlah desayang ada di Kecamatan Waru-reja, Minggu (4/10) sore ambilbagian dalam ”Camat Waru-reja Cup” yang dipusatkan diLapangan Desa Banjarturi.

Camat Warureja MohammadDhomiri di sela-sela acara me-ngatakan, ajang tersebut meru-pakan salah satu sarana bagi timsepakbola untuk berkompetisisecara fair play. Secara umum,tujuan dari turnamen yang dii-kuti 16 tim dari Kecamatan Wa-rureja, Suradadi serta Kabupa-ten Pemalang menjadi salah satuajang pembibitan generasimuda sepakbola.

Dengan demikian, latihanyang mereka lakukan setiaphari bisa membuahkan pres-tasi. Dia dan jajaran muspikasetempat berupaya semak-simal mungkin menggelar tur-namen, sehingga tidak hanyamenjadi ajang berkompetisibagi tim yang akan berlagatetapi bisa menjadi tontonanbagi warga sekitar.

Harapannya, semangat ke-bersamaan di tengah wargabisa terus dipupuk dan dipeli-hara. Salah satunya melaluiolahraga sepakbola yang sa-ngat digemari berbagai lapi-san usia, mulai anak-anakhingga orang dewasa.

Seperti layaknya sebuahkompetisi, pertanidngan inijuga terdiri dari beberapa ta-hapan mulai penyisihan hing-

16 Tim Sepakbola U17 Unjuk Kemampuanga final. Nantinya, tim yangmenjadi juara akan menda-patkan piala atau tropi sertauang pembinaan dan hadiahlainnya yang telah dipersiap-kan oleh panitia.

Melalui ajang ini, dia berha-rap masyarakat bisa ikut ambilbagian, sehingga kemeriahanacara seperti ini dapat diman-faatkan sebagai tontonan gra-tis yang menyenangkan.

”Ini upaya kami dalam men-dukung kemajuan olahragadan memberikan kesempatantim sepakbola untuk ber-kompetisi,” ujarnya.(gun/fat)

ROCHMAN GUNAWAN/RADAR TEGAL

MERIAH–Turnamen sepakbola Camat Warureja Cup berlangsung meriah Minggu (4/10).

PelajarDilatihBerdemokrasiWARUREJA–SMK Negeri 1 Warureja mengadakan pembela-

jaran tentang demokrasi kepada siswanya melalui PemilihanUmum Ketua dan Wakil Ketua OSIS (Pilketos) periode 2015-2016 baru-baru ini. Meski sarana dan prasarana masih belummaksimal, tapi pemilihan itu digelar layaknya pemilihan presiden.

Ketua Panitia Pilketos Revina Savitri mengatakan, pemilihantersebut diikuti oleh seluruh warga SMK Negeri 1 Warureja,mulai dari pelajar, karyawan, hingga dewan guru sekolah setem-pat. Tujuan kegiatan ini guna melatih siswa supaya tahu tentangarti demokrasi. Dimana dalam demokrasi kali ini, siswa dimintamemilih atau menyerukan aspirasinya dalam mengusung calonpemimpin.

”Demokrasi adalah ideologi bangsa Indonesia. Dalampenerapan sistem demokrasi, kita tidak hanya dituntut untukNegara saja, tapi kita juga dituntut berdemokrasi di lingkungankeluarga, masyarakat, dan juga sekolah,” kata Revina yangjuga siswa SMK N 1 Warureja ini.

Pembina OSIS SMK N 1 Warureja Sutrisno mengatakan,pemilihan ketua OSIS ini merupakan miniatur pemilu legislatifdan presiden. Tata cara dan aturan dalam pilketos ini samaseperti pemilu yang sebenarnya, sehingga diharapkan mampumenjadi wahana belajar bagi seluruh siswa dalam menggunakanhak pilihnya. ”Setiap tahun, sekolah kami selalu menggelarPilketos,” ucapnya.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Sigit Pamungkasmenambahkan, pemilihan tersebut juga dapat menjadi bekal bagipara siswa. Setidaknya dapat memperoleh pengetahuanbagaimana pelaksanaan pemilu dengan benar. ”Minimal, siswatahu tentang demokrasi,” imbuhnya.

Dalam pilketos ini, terdapat enam pasangan calon ketua danwakil ketua OSIS. Antara lain, Mastaufiq-Devi Wulan Kinasih,Gilang Maulana-Shinta Setia Asih, M. Rivai-Nailil Faroh, NadiaSolini-Syahrurozi, Eka Latifah-Muhamad Dandi Handoyo, danLaila Hidayatika-Roynaldi Herkiansyah.

Setiap pasangan itu, memiliki visi dan misi yang berbeda.Beberapa visi-misi yang tercatat yakni, mereka ingin mencip-takan siswa-siswi SMK N 1 Warureja unggul dalam akhlak,prestasi, serta kehidupan sosial melalui kegiatan-kegiatan yangdiadakan oleh OSIS. Selain itu, ada pula pasangan yangmengusung visi dan misi tentang keinginan mencetak kader-kader SMK Negeri 1 Warureja yang beriman, cerdas, disiplin,setia, bertanggung jawab, dapat dipercaya, kreatif, inovatifdan cinta tanah air.

Ketua OSIS SMK Negeri 1 Warureja Periode 2014-2015 AbdulFatah berharap kepada pengurus OSIS yang baru supaya dapatlebih baik dari pengurus sebelumnya. Tunjukkan sikap danperilaku yang baik, dan jadilah pemimpin yang bisa mengayomianggotanya. Dengan begitu, visi dan misi yang sudah direnca-nakan dapat terwujud. ”Harumkan nama baik sekolah ini,”pintanya. (yer/fat)

YERRY NOVEL/RADAR SLAWI

GAMBAR PASLON–Kepala SMK N 1 Warureja Sufian me-nunjukkan gambar pasangan calon pilketos.

SURADADI–Kurang opti-malnya pasokan air di arealpersawahan membuat petaniyang semula menanam padikini beralih ke palawija. Lang-kah tersebut ditempuh untukmencegah terjadinya gagalpanen, sehingga petani bisatetap mendapatkan pemasu-kan untuk mencukupi kebu-tuhan keluarga sehari-hari.

Maman, 48, petani asal De-sa Harjosari, Kecamatan Sura-dadi menuturkan, kondisialam saat ini kurang mendu-kung untuk menanam padi.Dengan demikian, dia meng-ambil inisiatif beralih mena-nam jagung. Sebab, jagungmemiliki daya tahan lebih da-lam cuaca panas seperti seka-rang, sehingga risiko gagalpanen bisa diminimalisir.

Cara seperti ini jauh lebihefektif dibandingkan membi-arkan lahan pertanian ter-bengkalai, karena lahan yangada masih dapat dimanfaat-kan sebagai sumber penghi-dupan untuk mencukupi ke-butuhan keluarga.

Dia menuturkan, bertanimemiliki dua sisi yaitu berhasilatau gagal. Jika bisa memanfa-atkan potensi yang ada danmau menerima saran dari pe-nyuluh serta petani lain yanglebih berpengalaman meng-

Kurang Air, PetaniTanam Palawija

hadapi kondisi seperti ini, risi-ko gagal panen dapat ditekan.Dengan begitu, lahan perta-nian bisa tetap digarap dandapat menjadi sumber pe-masukan.

Dia mengungkapkan, ber-cocok tanam tidak hanya me-ngandalkan pengalaman se-mata, tetapi harus melihat ber-bagai faktor seperti kondisialam, ketersediaan pupuk,pangsa pasar dan sebagainya.Dengan demikian, hasil per-tanian dapat memiliki nilai jualyang tinggi dengan kualitasterjaga, sehingga semua pihakbisa mendapatkan keuntu-ngan.”Kami memilih jagungkarena lebih tahan dengankondisi air yang terbatas,” je-lasnya.

Petani lainnya, Munarso, 55,menambahkan, cuaca panasyang sudah terjadi saat inimembuat petani padi beralih kepalawija. Langkah tersebutdilakukan karena terbatasnyapasokan air dari irigasi dansumber lain. Dengan demikian,berdasar pengalaman, makasebagian beralih ke jenis lain.

Dari segi pemasukan, me-mang padi bisa mendapatkanpenghasilan lebih dengan mo-dal awal yang tidak terlalu besar.Namun, risiko yang harusdihadapi lebih besar.(gun/fat)

Page 15: Radar Tegal 5 okt 2015

Ada yang Dijual Rp1,5 Mdari halaman 9

15SAMBUNGANwebsite : radartegal.com, epaper: epaper.radartegal.com

RADAR TEGALSENIN, 5 OKTOBER 2015 15

AKBP Firman: ”Jangan ...dari halaman 9

Pengendara Keluhkan ...dari halaman 9

Di Tengah Pemukiman, ...dari halaman 9

Rini Ingatkan Pertaminadari halaman 9

Selain itu, langsiran keretaapi yang melintas seringkalimembuat kemacetan panjangdi depan depo. Akibatnya, ke-lancaran lalu lintas terganggudan aktivitas warga terham-bat. “Karena itu, saya men-dukung rencana pemindahandepo pada tahun 2016,” kataRofii, Sabtu (3/10).

Politisi Partai Keadilan Se-jahtera ini menegaskan, ideal-nya, depo dipindahkan kelokasi yang jauh dari pemu-kiman padat penduduk. Rel

langsiran, sebaiknya tidak me-motong jalan raya atau jalanumum. Sehingga, tidak meng-ganggu kelancaran lalu-lintasdan tidak menghambat akti-vitas warga.

Kepala Dinas Pemukimandan Tata Ruang (Diskimtaru)Kota Tegal Nur Effendi sebe-lumnya mengemukakan, de-po harus dipindahkan padatahun 2016.

Diharapkan, hal itu dapatmengurangi kemacetan di Ja-lan Abimanyu. Kesiapan pe-mindahan depo, dicek lang-sung oleh Menteri Badan Usa-

ha Milik Negara (BUMN) RiniSoemarno yang berkunjungMinggu (4/10).

Saat dikonfirmasi, KepalaOperasional TBBM Tegal BimoSagus Ariyanto menerangkan,Pertamina memang berenca-na memindahkan depo kedaerah Munjung Agung, Ka-bupaten Tegal, tetapi tidakpada tahun 2016.

“Rencana pindah memangada. Saat ini, sedang dalamtahapan pindah. Semoga ta-hun 2018, operasional bisapindah seluruhnya,” katanya.(nam/ima)

Di samping itu, pihaknyajuga sering melihat kecela-kaan di jalan tersebut. Keba-nyakan para pengendara me-laju dengan kecepatan tinggibaik pada pagi, siang maupunsore hari.

“Beberapa waktu lalu sayalihat ada kecelakaan berun-tun, korbannya tiga sepedamotor,” jelasnya.

Hal itu tentunya meresah-kan pengendara dan wargayang tinggal di sekitar JalanWerkudoro. Menurutnya,

perlu adanya pengawasan danpenjagaan dari petugas yangberwenang supaya para pe-ngendara tertib dan tidak ugal-ugalan.

Hal senada juga diungkap-kan Yuli, 35, warga KelurahanKejambon. Dia menuturkan,sebelumnya kondisi JalanWerkudoro memprihatinkankarena sering terendam banjir.Namun, beberapa bulan yanglalu telah dilakukan perbaikanoleh Dinas Pekerjaan Umum(DPU) dengan melakukan pe-ninggian dan pengaspalan ja-lan, serta pembuatan saluran

air.“Namun belum ada pele-

baran jalan,” paparnya.Menurut salah satu petugas

kepolisian yang berjaga di PosKejambon, Jalan Werkudoroadalah kawasan rawan kema-cetan di mana kecepatan mak-simal kendaraan adalah 40 kmper jam. Jika terjadi kecelaka-an, faktornya dari pengendarayang kurang kesadaran ka-rena jalannya masih sempit.

“Saya tidak bisa mengo-mentari ini. Karena kewena-ngannya Satlantas PolrestaTegal,” pungkasnya. (dya/ima)

keberadaan aparat kepolisianlalulintas (Polantas) citra sim-patik Polri terbangun. Saat iniPolri berupaya mengubah ci-tra petugas Polantas di jalanandari citra sebagai pengganggumenjadi pelayan dan sahabatpengguna jalan, dengan me-lakukan tindakan simpatik.

Demikian disampaikan Ka-polres Tegal Kota AKBP Fir-man Darmansyah SIK saatmelakukan pembinaan terha-dap anggota Satlantas di Ru-ang Deviacita Mapolres TegalKota, Sabtu (3/10) kemarin.

Didampingi Kasat LantasAKP Agus Triyono SH, Firmanjuga menjelaskan bahwa ter-ciptanya simpati masyarakatini hanya bisa diraih dari ke-beradaan polisi yang humanisdi berbagai lini kehidupan so-sial masyarakat termasuk da-lam memberikan pelayanankepada masyarakat lebih di-tingkatkan kembali, dengandidasari rasa keimanan dima-na tugas tersebut sebagai sua-tu ibadah yang diawali darimasing-masing individu.

‘’Berikan layanan terbaik,hindari pengaduan masya-rakat serta jaga kekompakan

solidaritas bersama. Janganpungli di jalan!” tegas kapol-res.

Firman juga mengharapkandalam melakukan tindakandidasari pembinaan kepadamasyarakat. Setiap menghen-tikan pelanggar lalulintas tidaklangsung dilakukan penindak-an hukum (tilang), melainkandengan peneguran dan peri-ngatan kepada pelaku pelang-garan kecuali pelanggaranberbahaya. “Hindari perde-batan dengan pelanggar lalu-lintas di pinggir jalan dengantidak melakukan tindakankasar”. (gus/ima)

Usai mendengarkan pre-sentasi dari perwakilan Termi-nal BBM Tegal, Rini langsungmenyatakan dukungannyasetelah melakukan tinjauanlangsung ke lokasi terminalBBM yang bertempat di KotaTegal. Menurutnya, berdasar-kan hasil analisis safety pro-sedure, sempitnya akses jalan,hingga letak terminal di te-ngah padat pemukiman war-ga sangat berisiko tinggi se-hingga harus segera dipindahagar tidak mengganggu opera-sional terminal BBM.

“Karena kapasitasnya ter-batas, maka relokasi bisa dila-kukan tapi juga harus diper-timbangkan dari segi fungsilahan jangka panjang minimal20 tahun ke depan,” ungkap-

nya kepada Radar Tegal,Minggu (3/10) kemarin.

Berkaitan dengan penentu-an lokasi, Rini menuturkan,pihaknya mengaku akan me-ngupayakan ketersediaanyang hingga saat ini masihproses pembebasan lahan mi-lik warga dan sebagian milikPerhutani. Menurutnya, de-ngan pertimbangan demi ke-pentingan umum pihaknya be-rencana melakukan koordinasidengan semua pihak terkaitkhususnya Perhutani untukmengganti lahan Perhutaniyang akan dijadikan lokasi ter-minal BBM dengan lahan lain ditempat lain.

Terpisah, Deputi DirekturPemasaran BBM Pertamina M.Iskandar menjelaskan, de-ngan dinamisasi pada peakseason (saat puncak) selama

Lebaran, kebutuhan BBM bisameningkat tiga kali lipat. Se-hingga, dengan daya tam-pung tangki yang terbatas ter-minal BBM harus segera dipin-dah ke lokasi (lahan) lebih luasagar pelayanan distribusi danketersediaan BBM di wilayaheks Karesidenan Pekalongantetap terjaga.

Rencananya, dengan me-nyediakan lahan seluas 15hektare di Desa MunjungAgung, Kramat KabupatenTegal, pihaknya sudah me-nyiapkan lahan seluas 15 hek-tare. Hanya saja, yang akandibangun dalam jangka waktulima tahun ke depan hanya 7hektare sedangkan sisanyadisesuaikan kebutuhan.

“Jika sudah disetujui ibumenteri, pembebasan lahansudah ditarget selesai perte-

ngahan tahun depan sehinggaawal 2017 sudah bisa berope-rasi,” ujar M. Iskandar.

Lebih lanjut Iskandar me-ngatakan, kebutuhan perluas-an terminal bisa dilakukan jikadiperlukan peningkatan dayatampung ketersediaan BBMyang membesar. Sehingga,tinggal menambah kapasitastangki dengan rencana pem-buatan jaringan pipa BBM dariTerminal BBM Balongan, JawaBarat.

Sementara itu, OperationHead Terminal BBM Tegal Bi-mo Sagus Ariyanto menam-bahkan, untuk saat ini fasilitaspembongkaran maksimal 16rangkaian atau setara 608 KLper ritase dengan kemampuanpengiriman maksimal 4 ritaseper hari atau setara 2.432 KLper hari. (syf/ima)

menambah wawasan peserta.“Kontes ini diikuti oleh 400

peserta dari Surabaya, Jakarta,Tegal, Garut, dan lainnya,”ungkapnya.

Ketua DPRD Kota Tegal HEdy Suripno mengemukakan,kontes dan pameran tersebutsangat positif untuk menggalipotensi. Batu akik, merupakanpotensi yang jika serius dige-luti, akan bisa membuka lapa-ngan pekerjaan dan mening-katkan perekonomian masya-rakat. (nam/ima)

DITEMUI di pameran TegalGemstone yang diselenggara-kan di Diamond Hall Rita Su-permall, Sabtu (3/10), salahsatu penjual batu akik, DohanMartino mengatakan, meskidemikian, para kolektor masihtetap setia memburu batu akikuntuk menambah koleksinya.Dohan sendiri, menjual batuakik dengan motif gambar lu-kisan, dan ada yang diban-derol dengan harga cukup fan-

tastis.“Untuk batu akik bergam-

bar lukisan tidak ada matinya.Harganya tergantung prosespembentukan gambarnya.Paling mahal, saya jual Rp1,5miliar,” tutur penjual yangberasal dari Bandung, JawaBarat.

Sementara MochammadFarabi, menjual batu akik dariharga Rp1 sampai Rp50 jutaan.Penjual batu akik asal Pacitan,Jawa Timur, berharap, kondisiperekonomian segera mem-

baik dan penjualan batu akikkembali menggeliat.

Ketua Panitia Tegal Gem-stone Dedi menyampaikan,selain pameran, kesempatanini digunakan untuk kontestingkat nasional, denganmendatangkan juri dari Indo-nesia Gemstone. Kontes inimemperebutkan Piala KetuaDewan Perwakilan Rakyat(DPRD) Kota Tegal dan hadiahutama berupa sepeda motor.Selain menilai, juri memberi-kan edukasi yang diharapkan

PEREKONOMIAN masih dikuasaikapitalis asing, kapitalis nasional, danBadan Usaha Milik Negara (BUMN).Sementara Usaha Mikro Kecil danMenengah (UMKM) masih di pering-kat paling bawah, padahal koperasiadalah soko guru ekonomi.

“Contohnya keberadaan mall dansupermarket menggusur toko-tokokecil,” kata Ketua Dewan Koperasi In-

donesia Daerah (Dekopinda) KotaTegal yang juga menjabat sebagaiSekretaris Dinas Koperasi UMKM Per-industrian dan Perdagangan (DiskopUMKM Perindag) Drs H Sipon JunaediMPd, Sabtu (4/10) saat mengikuti Ra-pat Kerja Daerah (Rakerda) di JalanGajahmada Kota Tegal.

Karenanya, koperasi diharapkandapat bersatu dalam melangkah dan

berjuang. Sesuai UUD 1945 Pasal 33,negara wajib memenuhi kebutuhandasar rakyat dan bangunan yang se-suai adalah koperasi. Namun, saat inimasih ada dualisme ekonomi yangberkembang yaitu, masyarakat desaguyub rukun dan penuh kebersamaanyang perlu dipertahankan, dan sisilainnya adalah individualisme yangharus dikendalikan. (dya/ima)

UMKM Masih di Peringkat Terbawah

Page 16: Radar Tegal 5 okt 2015
Page 17: Radar Tegal 5 okt 2015

website : radartegal.com, epaper : epaper.radartegal.comRADAR TEGAL SENIN, 5 OKTOBER 2015 17

ALL SPORTSHalaman 18

ALL SPORTSHalaman 19

TERJUNGKALLAGI

PANGGUNGAGUERO

LONDON - Microblog Twitter lang-sung ramai dengan cuitan para fansChelsea setelah melihat tim kesaya-ngan mereka dibungkam 1-3 olehSouthampton di kandang sendiri,Stamford Bridge, dini hari kemarin (4/10). Pada umumnya mereka kecewadengan musim ketiga kepemimpinanJose Mourinho disana. Sebab, tiga goldari Steven Davis (44’), Sadio Mane(60’), serta Graziano Pelle (73’) terse-but membuat Chelsea kini berada diperingkat 16 klasemen Premier Lea-gue sementara dengan hanya me-ngantongi delapan poin.

Klub berjuluk The Blues itu kinihanya berjarak dua strip serta empatpoin dari Aston Villa yang berada dirangking 18 atau zona degradasi.Hasil negatif ini mempertegas dirinyayang selalu sial ketika memasuki mu-sim ketiga bersama suatu klub.

Para pendukung setiap Chelseatentunya masih ingat pada periodepertama manajer berjuluk The Spe-cial One mendarat di Stamford Brid-ge. Dua musim beruntun Chelseamenjadi penguasa Premier Leaguedengan persentase kemenanganmencapai 76,32 persen. Ketika meng-injak musim ketiga, mereka malahtampil loyo dengan finis di peringkatkedua di bawah Manchester Unitedsetelah mengemas 83 poin dan 63,20persen rasio kemenangannya.

Hal yang sama juga terjadi ketikadirinya membesut Real Madrid mau-pun kembali ke Chelsea untuk kalikedua. Namun, bukan itu saja yang

membuat fans mulai tidak meng-hormati Mou serta mengnginkanmanajer asal Portugal itu didepak.Melainkan pernyataannya dalamwawancara dengan Sky TV selepaspertandingan.

Wawancara berdurasi tujuh sete-ngah menit itu menyiratkankepongahan Mourinho yangmenantang pemilik Chelsea RomanAbramovich, maupun jajaran direksiyang lain terkait dengan masadepannya di Stamford Bridge.Wawancara itu dibuka denganmeradangnya Mourinho akankepemimpinan wasit.

Menurutnya, wasit Robert Madleyadalah pengecut ketika alih-alihmemberikan penalti kepada RadamelFalcao di menit 57, malah mengha-diahinya dengan kartu kuning karenamenganggap bomber Kolombia itumelakukan diving. “Aku pikir ini ada-lah waktu yang tepat untuk sedikitjujur dan memperjelas semuanyabahwa wasit terlalu takut untukmemberikan penalti bagi Chelsea,”sindir Mourinho seperti dikutip DailyRecord.

Manajer kelahiran Setubal, 52 ta-hun itu menjelaskan bahwa timnyamembutuhkan penalti tersebut kare-na saat itu kedudukan berada dalamkeadaan 1-1 setelah gol Willian yangdicetak di menit kesepuluh dibalasoleh Davis 34 menit kemudian.

“Penalti itu adalah sebuah momenkrusial hari ini (kemarin). Anda tahumengapa? Karena timku, pada

momen yang sama, se-dang kolaps,” papar eksmanajer Inter Milan dan FCPorto tersebut.

Namun, penalti itu tak jadidiberikan dan kartu kuningpun diberikan kepada Falcao.Dirinya mengatakan bahwasemua itu akibat ketakutanMadley akan pertanyaan mediajika sampai Chelsea mendapatpenalti.

“Selalu saja ada pertanya-an, selalu saja ada kritik ketikakami mendapatkan sesuatu.Hal itulah yang membuatkami selalu dihukum,” kri-tik Mou.

“Diego Costa yangakhirnya mendapat hu-kuman juga terjadi ka-rena imejnya sudah je-lek akibat media,” tam-bahnya mengakhiriwawancara.(apu/zul)

PREMIER LEAGUE baruberjalan dua bulan. Namunmasa depan Radamel Falcaodi Stamford Bridge tampaknyasudah diputuskan. Perfor-manya yang tak kunjungmembaik, ditambah krisisyang kini dihadapi Chelseamembuat kans Falcao untukbertahan bersama Chelsea se-makin sulit.

Karir Falcao di Premier Lea-gue berawal saat ManchesterUnited memboyongnya dariAS Monaco pada musim laludengan status pinjaman.MU meminjam Falcao se-lama satu musim de-ngan opsi pembe-lian permanendi akhir mu-sim. Sa-y a n g -n y a ,

b e r s a m aMU, Falcao

gagal bersinar.Cedera yang dia alami pada2014 ditengarai menjadipenyebab mandulnya Fal-cao.

Penyerang asal Kolom-bia ini hanya mencetakempat gol saja dalam 29

laga bersama di bawah arah-an pelatih Louis van Gaal.Prestasinya itu membuat VanGaal membatal-kan kesepa-k a t a np e m -b e -lian

permanen di akhir musim. MUmengembalikan Falcao ke-pada klub asalnya. Namun, se-

belum memulai musimbaru, Chelsea kemu-dian memboyongnyake Stamford Bridge.

Saat itu, Jose Mou-r i n h op e r c a y ad i r i n y a

bisa mengembali-kan Falcao ke bentuk perma-inan terbaiknya. The Blues se-pakat meminjam dengan du-rasi satu musim plus opsi pem-

belian pada Juni nanti. Un-tung tak dapat diraih.

Lagi-lagi Falcao ga-gal memberi

dampak bagit i m n y a .

(ish/zul)

Falcao Korban Krisis

KORBAN - Radamel Falcao (kanan) takmampu mengangkat permainanChelsea di Stamford Bridge.

BARCELONA - Lebih dulumana ayam atau telor? Kom-pleksnya jawaban pertanyaanitu mungkin sama dengan te-ka-teka sisi permainan Barce-lona mana yang sudah trou-ble. Lini depannya yang tidaktajam lagi, atau pertahanan LaBlaugrana yang buruk?

Hingga tujuh jornada, ke-tajaman lini depan Barca ha-nya menghasilkan rasio 1,71gol per game. Lalu, untuk per-tahanan rasio kebobolannya1,28 gol per game. Bandingkandengan tujuh jornada PrimeraDivision musim lalu. TrioMessi, Suarez, dan Neymaratau trio MSN bisa mencetak19 gol, atau 2,71 gol per game.

Demikian juga dengan de-fense-nya yang cleansheethingga jornada 8. Apa yangsalah? Apa hanya karena ab-sennya Lionel Messi, AndresIniesta? Atau tidak full-nyaformasi back four Barca yangkeluar masuk di awal musim,

seperti Gerard Pique yang ba-ru lepas dari sanksi atau Tho-mas Vermaelen yang kembaliakrab dengan cedera.

Hanya, apabila melihat dari

performa di balik tragedi diRamon Sanchez Pizjuan, tidakadanya Messi bukan alasanpermainan tim menjadi in-konsisten. (ren/zul)

Dari Treble, Menuju Trouble TotalREUTERS/DYLAN MARTINEZ LIVEPIC

REUTERS/ALBERT GEA

MENURUN - Striker Barcelona, Neymar (tengah) selalumendapat kawalan ketat dari bek-bek lawan.

Jose Mourinho

Page 18: Radar Tegal 5 okt 2015

15ALL SPORTwebsite : radartegal.com, epaper: epaper.radartegal.com

RADAR TEGALSENIN, 5 OKTOBER 20151818181818

6 MANCHESTER CITY VS NEWCASTLE 1

PPPPPANGGUNGANGGUNGANGGUNGANGGUNGANGGUNGAAAAAGUEROGUEROGUEROGUEROGUERO

MANCHESTER – Hanya butuh waktu20 menit bagi striker Manchester

City Sergio Aguero untukmembawa timnya mengubah

keadaan. Mereka akhirnyamenang 6-1 atas Newcastle

United tadi malam setelahsempat tertinggal lebihdulu.

Baru 16 menit lagaberjalan, striker New-castle AleksandarMitrovic membuatfans City di EtihadStadium, Manches-ter, terdiam dengangolnya. Setelah itu,City benar-benar di-

buat frustrasi olehketatnya pertahanan tim

tamu.Namun, gawang Newcastle yang

dikawal Tim Krul akhirnya jebol jugapada menit ke-42 oleh gol Aguero.Lalu, gelombang gol demi gol yangtak tertahankan kembali mengalir

setelah jeda pertandingan. Agueromencetak gol pada menit ke-49, 51, 60,

dan 62. Lima gol dalam 20 menit.Setelah rangkaian lima gol itu, Manajer

City Manuel Pellegrini memutuskan me-narik keluar Aguero pada menit ke-66 dan

digantikan Wilfried Bony. Aguero diistira-hatkan.

Tambahan lima gol itu membuat striker asalArgentina tersebut mengoleksi enam gol di Pre-mier League musim ini. Artinya, dia berada diurutan kedua pemain terproduktif. Dia masihkalah satu gol oleh striker Leicester City JamieVardy (7 gol).

Torehan gol tadi malam membuat Agueromenjadi pemain kelima dalam sejarah PremierLeague yang mencetak rekor sebagai pemainyang mampu menorehkan lima gol hanyadalam waktu 20 menit. Itu menyamai catatan

Andy Cole, Alan Shearer, Jermain Defoe, danDimitar Berbatov.

Selain menjadi pemain kelima yang men-cetak rekor, lima gol itu sekaligus menjadi pe-mutus mata rantai paceklik golnya. Kaliterakhir, pemain 27 tahun tersebut mencatat-kan namanya di papan skor ketika City me-ngalahkan Chelsea pada partai kedua PremierLeague 16 Agustus lalu. Tak heran jika kemu-dian WhoScored memberikan rating sem-purna 10 kepada pemain bernomor pung-gung 10 tersebut.

Winger Kevin De Bruyne menambahkoleksi sempurna City tadi malam lewatsepakan volinya pada menit ke-54 berkat as-sist matang Jesus Navas. Ini adalah gol ketigayang berhasil ditorehkan mantan penggawaWolfsburg tersebut.

Pasukan Manuel Pellegrini itu terkesanmasih mencoba menemukan bentuk permai-nan pada 20 menit babak pertama. Hal itudimanfaatkan Newcastle untuk mencetakgol dari Aleksandar Mitrovic.

Namun, gol dari Mitrovic hanya menjadipenghibur The Magpies, sebutan Newcastle.Sebab, setelah itu gawang Tim Krul dibom-bardir dari sisi kiri serang City. Terlihat daristatistik WhoScored bahwa sisi kiri serangmendominasi sepanjang 90 menit denganmengumpulkan 44 persen.

City melakukan 23 tembakan dengan 11di antaranya menemui sasaran atau tingkataku-rasinya mencapai 54,5 persen. Hasil itumembuat City menggeser rival sekotanya,Manchester United, dari pemuncak klase-men sementara dengan selisih dua poin (18dan 16).

Namun, konfigurasi itu bisa saja berubahjika United yang menantang Arsenal di Emir-ates Stadium nanti malam berhasil menang.Sementara bagi pasukan Steve McClaren,kekalahan tersebut membuat mereka makinterbenam di dasar klasemen setelah hanyamampu mengumpulkan tiga poin dari tigahasil imbang. (apu/c19/ham/zul)

Balotelli Out, Giovinco InROMA – Sebastian Giovin-

co boleh saja bermain di Ma-jor League Soccer yang selamaini dikenal sebagai liga untukbintang Eropa yang sudahmemudar. Tetapi hal itu tidakmembuat pelatih timnas ItaliaAntonio Conte mengabaikansang pemain. Terbukti Contememasukkan Giovinco ke da-lam skuad yang dibawa untukkualifikasi Euro 2016 melawanAzerbaijan dan Norwegia.Conte malah tidak memanggilpenyerang AC Milan MarioBalotelli.

Akhir pekan lalu Conte resmimengumumkan 27 nama yangdia panggil membela Gli Azzurri.Ada sejumlah kejutan dalamdaftar pemain yang dipilih olehConte. Diantara kejutan ituadalah kembalinya pemain vet-eran Fabio Quagliarella danmasuknya dua pemain debu-tan yakni striker Sassuolo Do-menico Berardi dan kiper To-rino Daniele Padelli.

Namun hal yang paling me-ngejutkan adalah dipanggil-nya kembali “Si Anak Hilang”Sebastian Giovinco ke dalamtimnas. Ini menjadi kejutanmengingat nama Giovincosudah lama dilupakan publikItalia sejak dirinya bermain diMLS bersama FC Toronto.Terakhir Seba bermain untuktimnas terjadi pada Oktobertahun lalu di ajang kualifikasiEuro 2016 melawan Azerbai-jan dan Malta.

Dalam dua laga itu Sebagagal mencetak gol. Eks pe-main Juventus ini sebenarnya

sempat dipanggil bulan lalu,tapi tidak bermain karena me-ngalami cedera. Kini Contekembali memanggil dirinya.Alasan Conte sepenuhnyaberdasarkan prestasi. Bersa-ma Toronto musim ini, Gio-vinco sudah melesakkan 21 gol

dan menyumbang 15 assistdalam 30 pertandingan.

Jumlah itu membuat Gio-vinco menorehkan rekor barusebagai pemain paling suburdalam satu musim MLS, me-ngalahkan rekor sebelumnya.(ish/zul)

John E. Sokolowski/USA TODAY Sports

DIPANGGIL - Striker FC Toronto, Sebastian Giovinco (kanan)dipanggil Antonio Conte kembali ke Gli Azzurri.

TURIN - Media Inggris danItalia kemarin santer mem-beritakan rencana Juventusmemboyong Mathieu Debu-chy. Bek Arsenal itu disiapkanuntuk menggantikan posisi fullback kanan Stephan Licht-steiner yang mengalami gang-guan jantung.

Gangguan itu dirasakanLichtsteiner ketika mengha-dapi Frosinone pada 23 Sep-tember lalu lalu. Usai laga, timmedis memastikan bahwamantan bek Lazio itu menga-lami gangguan yang disebutcardiac arrhythmia atau gang-guan irama jantung. Gang-guan itulah yang membuatLichtsteiner kerap mengalamisesak nafas.

Solusinya, pemain timnasSwiss itu harus menjalani ope-rasi yang ditangani ProfessorFiorenzo Gaita. Operasi ber-jalan sukses kemarin. Licht-steiner pun langsung meluap-kan kegembiraannya lewatakun Instagram miliknya.“Halo semua yang tersayang,”tulis Lichtsteiner seperti diku-tip Football Italia.

“Operasi berjalan denganbaik. Terima kasih kepada se-mua fans atas dukungan ka-lian. Terima kasih pula buat

Juve Mulai Dekati Debuchyrekan satu tim, staf di depar-temen kardiologi Rumah SakitMassaia Kardinal, serta Pro-fesor Gaita,” bebernya.

Gaita sendiri membenarkankalau Lichtsteiner mengalamigangguan cardiac arrhythmia.Pasca operasi, lanjut Gaita,Lichtsteiner kemungkinanbaru bisa kembali bermainsatu bulan mendatang. “Da-lam 30 hari dia akan pulih. Tesmedis akan dilakukan setelah30 hari untuk memastikankondisinya kembali fit,” paparGaita.

Namun, klaim Gaita itu di-bantah ahli jantung Italia Br-uno Caru. Kepada Corrieredello Sport, Caru memprediksimasa pemulihan Lichtsteinerbisa memakan waktu selamaenam bulan. “Kita harus me-ngevaluasi hasil operasi danrespon jantungnya,” ucap Ca-ru.

“Masih ada kemungkinandelapan persen operasi gagal.Jadi, kemungkinan itu tak bisadiabaikan,” timpalnya.

Nah, sepertinya masukandari Caru lah yang dipakaioleh Juve. Mereka tak mauberspekulasi dengan kondisiLichsteiner. Karena itulah,mereka sudah menyiapkan

rencana untuk menggaet De-buchy. Kebetulan, pemain 30tahun itu mulai tak betah diArsenal.

Debuchy mulai jarang di-turunkan setelah cekcok de-ngan pelatih Arsene Wenger.(bas/zul)

Dipanggil Timnaskarena Darurat

SEANDAINYA fair, Dani Alves tidak akandipanggil Dunga untuk memperkuat Brasil dikualifikasi Piala Dunia 2018 Zona CON-MEBOL.

Performa Alves mengamankan defensesisi kanan Barcelona tidak begitu cemerlang.Pemanggilannya hanya karena Dunga tidakpunya opsi lain di sisi kanan.

Harusnya, untuk sisi kanan pertahanan Selecaodiberikan Dunga kepada Fabinho. Namun dalam per-kembangan terakhirnya, bek AS Monaco itu malahmengalami cedera. Sebagai opsi kedua, sudah adaRafinha yang musim ini cemerlang bersama klub kuatBundesliga, Bayern Muenchen.

Lagi-lagi Dunga tidak berhasil menutup lubang di sisikanan pertahanannya itu. Rafinha tidak bersedia mem-bela timnas Brasil lagi. Sebaliknya, Rafinha berharappanggilan dari timnas Jerman. Alhasil, Dunga harusmemberikan kembali posisi bek kanan itu kepada Alvesyang sudah berusia 32 tahun.

“Dunga akan memanggil Daniel Alves untuk mengisiposisi bek kanan. Dia akan main di dua pertandinganpertama kualifikasi Piala Dunia 2018,” tulis federasi sepakbola Brasil CBF dalam pernyataan resminya. Dua lagatimnas Brasil itu antara lain menantang Cile di Santiago(9/10) dan menjamu Venezuela di Fortaleza lima harikemudian.

Jika dimainkan Dunga, maka satu di antara dua laga ituakan menjadi caps ke-81 Alves bagi timnas Brasil. Alvesterakhir kali memperkuat timnas Brasil pada saat dising-kirkan Paraguay dari perempat final Copa America via adutendangan penalty 3-4, 28 Juni yang lalu.

Di Primera Division sendiri, Alves sudah bermainempat kali dan satu di antaranya dia bermain sebagaipengganti. Selama ini, pilihan Luis Enrique kalau tidakmemainkan Alves ya Sergi Roberto. Akan tetapi, melihatkontribusinya bagi sisi kanan Barca, situs BarcaBlaugranes bahkan menganggap Douglas Costalebih bagus ketimbang Alves. (ren/zul)

REUTERS/Albert Gea

KESEMPATAN - Dani Alves (kiri) menjadi pilihanterakhir Dunga di posisi bek kanan Selecao.

ANCAMAN

Sergio Aguerotampak emosionalusai mencetak golkelimanya kegawang New-castle United.

Reuters/Andrew Yates Livepic

Getty Images

ALTERNATIF - Mathieu Debuchy (kiri) dianggap paling pasuntuk menggantikan posisi Stephan Lichtsteiner.

Page 19: Radar Tegal 5 okt 2015

15ALL SPORTwebsite : radartegal.com, epaper: epaper.radartegal.com

RADAR TEGALSENIN, 5 OKTOBER 2015 1919191919

Mitra Kukar 1 Vs 0 Persib

PERSIB TERJUNGKALJAKARTA - Perjuangan Per-

sib Bandung pada leg keduababak semifinal Piala Presiden2015 tentu akan semakin be-rat. Hasil buruk setelah kalahtipis (0-1) dari Mitra Kukar diStadion Aji Imbut, Tengga-rong, tadi malam (4/10), mem-buat Maung Bandung-julu-kan Persib harus menang de-ngan skor meyakinkan di legkedua di kandang sendiri akhirpekan ini.

Kehilangan enam pilar

penting, terutama pemainyang berposisi sebagai pe-nyerang cukup nyata terlihatmengganggu penampilanskuad asuhan Djadjang Nur-djaman. Dalam laga tadi ma-lam, Maung Bandung seakanbermain tanpa pola. Ilija Spa-sojevic dan Zulzam Zamrunyang kerap menjadi tokoh pe-nyelamat bagi Persib dengantorehan golnya hanya bisamenyaksikan kekalahan tim-nya.

Opsi menurunkan YandiSofyan sebagai pengganti so-

sok Spasojevic rupanya be-lum bisa menjalankan tu-

gas sebagai juru gedordengan benar. Perge-rakan adik kandung Za-enal Arif, mantan pe-

nyerang Persib itu jugaterkesan kurang efektif.Adapun Tantan yang dip-lot sebagai salah satu tum-puan di lini depan juga

cukup kesulitan mem-bongkar lini bertahan

Mitra Kukar.Sebaliknya, tuan

rumah yang didu-kung ribuan supor-ternya terlihat tam-pil dengan konfi-

densi yang cukup ting-gi. Apalagi mereka me-lihat ada celah di lini be-lakang yang ditinggal-kan duet bek tengah re-gular Persib, VladimirVujovic dan AhmadJufriyanto.

Naga Mekes-julukanMitra Kukar- juga men-

jalankan serangan balik

yang cukup efektif melaluiHendra Adi Bayauw dan DefriRizki. Belum lagi pergerakanCarlos Raul Sciucatti cukupnyata memberikan pressuredalam duel lini tengah meng-hadapi gelandang Persib.

Gol via sundulan CarlosRaul di menit ke-83 sekaligusmembuat Mitra Kukar sang-gup mengamankan tiga poindi kandangs e n d i r i .

Gol tersebutimbas scrimmage dengan me-manfaatkan umpan kaptentim, Zulkifli Syukur dari sisi kiripertahanan Persib Bandungyang dikawal Jajang Sukmara.

Dalam konferensi press pas-ca pertandingan, Jafri Sastrapelatih Mitra Kukar menya-takan bahwa pembuktian tim-nya mengalahkan bekas juaraISL 2014 lalu terbayar tuntas.

“Kemenangan ini patut ka-mi syukuri, dari awal Persibmemang kami anggap tim de-ngan mental juara,” katanyaseperti yang dikutip KaltimPost (Jawa Pos Group).

Tetapi segala masalah tek-nis diatas lapangan sanggupditepiskan para penggawa Na-ga Mekes di sisa laga tersisa.Kemenangan tersebut jugamenjadi kado ulang tahunKutai Kartanegara yang ke-233pada 28 September lalu.

Persib yang harus kerja ke-ras di leg kedua bakal punyakesempatan yang lebih besar.Selain bakal diperkuat enamskuad utama yang absen da-lam laga kemarin, merekaakan bertanding dengan du-kungan penuh Bobotoh, sup-porter setia mereka di StadionSi Jalak Harupat, KabupatenBandung.

“Apapun hasilnya, saya cu-kup senang dengan pemainyang tampil dengan perlawa-nan sengit buat tuan rumah,”kata Djanur, sapaan karibDjadjang Nurdjaman. Diaberjanji akan memberikanpembalasan setimpal buatMitra Kukar di Bandung.

“Nanti kami balas di Ban-dung,” imbuhnya. (nap/abe/JPG/adi)

IRFAN ADITAMA/KALTIMPOST

DUEL - Carlos Raul pemain Mitra Kukar (kanan) duel udara dengan M Taufik dari PersibBandung (kiri) pada laga leg 1 semifinal Piala Presiden di Stadion Aji Imbut Tenggarong.

JAKARTA - Indonesia masihmemperlihatkan tajinya da-lam Grand Prix (GP) Gold Thai-land Open 2015. Dari tiga wakilIndonesia yang masuk final,satu di antaranya sukses me-rengkuh gelar juara. Pasanganganda putra Ade Yusuf/WahyuNayaka menjadi pelipur laraPelatnas Cipayung setelahmenumbangkan pasanganMalaysia Koo Kien Keat/TanBoon Heong dalam rubber ga-me 20-22, 23-21, 21-16 dalamwaktu 72 menit di pertandi-ngan kemarin (4/10).

Pertandingan yang berlang-sung di Thunder Dome, Bang-kok, Thailand, tersebut se-kaligus menjadi saksi sejarahAde/Wahyu merebut gelarperdana di level GP Gold. Se-jak dipasangkan pada 2013silam, hasil tersebut meru-pakan capaian terbaik pasa-ngan muda Indonesia itu.

“Tidak menyangka. Kamimain nothing to lose,” kata Adedalam surat elektronik PBSIkemarin. Selain itu, jam per-tandingan dan pengalamanpasangan lawan lebih banyakketimbang Ade/Wahyu.

Kalah di game pertama,Ade/Wahyu justru bermainlepas. “Pada game keduanyakami berusaha terus, cari poinsebanyak-banyaknya. Dankami bisa membalikkan ke-adaan,” timpal Wahyu.

Dalam turnamen itu, Korsel

tampil sebagai pengoleksi ge-lar terbanyak. Pebulu tangkisnegeri ginseng itu membawapulang tiga gelar juara. AdapunIndonesia dan Tiongkok ber-bagi satu gelar lainnya.

Sebenarnya Indonesia pu-nya peluang membawa duagelar lainnya. Tetapi, tren po-sitif yang ditunjukkan IhsanMaulana Mustofa di nomortunggal putra harus terhenti ditangan pebulu tangkis KoreaSelatan Lee Hyun Il 17-21, 24-22, 8-21. Kekalahan tersebutdimaknai positif pebulutang-kis muda 19 tahun tersebut.

“Bersyukur, masih bisa sam-pai final itu menjadi prestasibaik buat saya,” ujar Ihsan.Capaian tersebut menjadi mo-dal berharga pemuda kela-

Geser ke Solo,Tepis Jadi Maindi Manahan

JAKARTA - Sriwijaya FC(SFC) menjadi satu-satunyasemifinalis yang menjalanilaga home delapan besar da-lam 14 menit. Saat itu, merekamenghadapi Bonek FC yangmemilih mundur karena ke-cewa dengan keputusan wa-sit. Terlepas dari pada itu, kon-disi alam di Palembang cukupironis.

Kabut asap sudah menye-limuti hampir sebulan lama-nya. Ini membuat SFC harusmenyiapkan exit plan jelangleg kedua semifinal untukmenjamu Arema Cronus. Ca-tatan positif dengan mencurisatu poin setelah mampu me-ngimbangi permainan SingoEdan-julukan Arema Cronus-Sabtu malam lalu jadi modalberharga.

Apalagi, Mahaka Sports &Entertainment sudah mem-berikan deadline buat mana-jemen SFC memutuskan di-mana laga home mereka di-gelar. Faisal Mursyid, Sekre-taris PT Srwijaya Optimis Man-

diri menyatakan bahwa pihak-nya masih memprioritaskanGelora Jakabaring, Palembangsebagai home base LaskarWong Kito-julukan SFC.

“Masyarakat Palembangsudah rindu tontonan sepakbola berkualitas di sini,” kataFaisal saat dihubungi JawaPos, kemarin (4/10). Atas si-tuasi tersebut, manajemenSFC terus akan melakukanupaya supaya timnya bisamain di rumah sendiri. Faisalmenganggap bahwa kondisiasap setiap harinya bisa di-bilang fluktuatif.

“Informasi positi f dariBMKG Palembang bahwa 5Oktober nanti diprediksi hu-jan akan turun di sini,” te-rangnya. Jika benar demikian,volume asap diprediksi jugaakan menurun seiring hujanyang datang.

Tetapi, Faisal menyatakanbahwa timnya juga tidak maumengambil resiko. “Opsi ke-dua dan terakhir tentu sudahkami siapkan,” katanya. Se-telah menjalani pertandingandi Malang, Minggu pagi, skuadLaskar Wong Kito bergeser keSolo untuk menjalani pemu-satan latihan. (nap/adi)

hiran Tasikmalaya, Jawa Barattersebut pada masa menda-tang. Sebab, dengan usianyayang masih muda, jenjang ka-rir yang panjang masih me-nunggu dia.

Apalagi PBSI sudah mem-berikan kebijakan untukmempromosikan para pebulutangkis muda, terutama disektor tunggal putra. Tetapi,Ihsan melihat performa la-wannya, Lee Hyun Il terbuktimenjadi lawan beratnya se-panjang turnamen. “Apalagidia pemain kidal, pukulannyajuga susa ketebak,” sebutnya.

Adapun pasangan gandacampuran masa depan Indo-nesia, Praveen/Debby jugaharus takluk dari wakil Korsel.(nap/tom/adi)

Ade/Wahyu Juara Thailand OpenSuharto/radar malang

REBUT BOLA - Pemain Arema Christian Gonzales (kanan)berebut bola dengan pemain Sriwijaya FC.

SFC PrioritaskanJakabaring

BADMINTONINDONESIA.ORG

MENANG - Pasangan ganda putra Ade Yusuf/Wahyu Nayakamemperlihatkan tajinya dalam GP Gold Thailand Open 2015.

BANDUNG - GelandangPersib Bandung, Konate Ma-kan menegaskan ingin terusmembela Persib. Meskipunbanyak tawaran memperkuatklub lain di Indonesia. “Sayamau di sini terus. Saya enggakmau pindah ke klub lain. Cu-ma Persib saja,” ungkap ge-landang asal Mali itu.

Menurut pemilik nomorpunggung 10 itu setelah mem-bawa Maung Bandung meraih

titel kampiun IndonesiaSuperl League 2014, banyaktawaran dari klub besar di In-donesia. Bahkan setelah kom-petisi di Indonesia vakum pun,Konate tetap menolak tawa-ran klub- klub besar yangmempunyai sejarah manis dipentas sepakbola di tanah air.

Sebelum kembali membelaPersib diajang turnamen PialaPresiden, Konate mengakuada tawaran dari Arema Cron-ous, Sriwijaya FC dan klub

besar lainnya.“Kemarin juga saya call-

ing-calling agen sebelumkesini ada tawaran dariArema, Borneo, Sriwijayadan beberapa tim tapi sayagak mau pindah. Agen saya

juga suka Persib. Sayaenggak mau selainPersib,” tegasnya.

Dua tahunmembela Ma-ung Bandung,Konate me-ngaku betahtinggal diB a n d u n g .Selain Per-

sib merupa-kan salah sa-

tu tim terbaik diIndonesia, Konate

menganggap jika timberjuluk Maung Ban-dung ini sebagai ke-luarga keduanya.

Ya, Konate sa-ngat senang deng-an suasana keke-luargaan dari parapemain, staf pe-latih, manajemenhingga bobotohmembuat pema-

in asal Mali ini ke-pincut dan ingin te-

rus menetap di KotaBandung.

“Saya betah, enakbanget disini (Per-

sib). Sudah sepertike l u a r g a , b o b o t o h ,

manajemen, wartawanjuga saya senang,” pung-

kasnya. (pra)

Tak ada DeadlineBuat KasatlakPrima Baru

JAKARTA - Pergerakanlambat rupanya masih di-tunjukkan Menteri Pe-muda dan Olahraga (Men-pora) Republik Indone-sia, Imam Nahrawi terkaitkeputusan siapa KetuaSatlak Prima (Kasatlak)Prima yang baru. Padahal,fit and proper test sudahberlalu 28 Agustus silam.Artinya, status Kasatlakprima pun sampai saat inimasih tanda tanya.

Padahal, serangkaianevent akbar sudah me-nanti Indonesia. Baik se-bagai tuan rumah mau-pun non tuan rumah. Pa-da 2016 nanti, Youth AsianOlimpic Games akanmenjadi test case Indo-nesia sebelum menjadituan rumah Asian Gamessetahun berikutnya di Ja-karta dan Palembang.

Belum lagi OlimpiadeRio de Janeiro, Brasil 2016.Tradisi raihan medali emassebaiknya bisa kembalidiraih olimpian kontinganIndonesia setelah nirme-dali pada 2012 London.Untuk itu, keputusan ce-pat dan bijak sudah ba-rang tentu dijalankanMenpora Imam Nahrawi.

Gatot S Dewa Broto,juru bicara Kemenporamenyebutkan bahwa tiganama teratas calon Ka-satlak Prima. “Belum adaprogress, keputusan ma-sih digodok Pak Menteri,”ujarnya kepada Jawa Pos,kemarin (4/10).

Menurut Gatot, prosespemilihan yang berlang-sung memang sudah la-ma berlalu. Proses yangada sekarang yakni pe-nentuan siapa sosok Ka-satlak baru yang akan me-

mimpin Satlak Prima un-tuk periode berikutnya.

Sebagaimana diketa-hui saat ini Satlak Primamasih dipimpin Suwarno.

“Karena belum ada ke-putusan, segala kebijakanSatlak Prima masih diba-wah wewenang Pak War-no,” katanya. Gatot me-nyatakan bahwa tidakada batas waktu konkritterkait keputusan Men-pora tersebut.

“Sampai sekarang me-mang belum ada kepas-tian untuk itu, tetapi kamiberupaya agar segera bisadiumumkan Pak Menteridalam waktu dekat,” se-butnya.

Sementara itu, KastlakPrima, Suwarno juga be-rupaya keras menjalan-kan tugas di akhir pengab-diannya. “Sport sciencesudah sewajarnya bisaditerapkan kepada atletpelatnas kita,” katanya.Selain itu, penguatan ka-rakter atlet pelatnas yangtangguh juga diharapkanbisa mewujudkan pres-tasi terbaik di masa men-datang. (nap/adi)

Gatot S Dewa Broto

Konate Dilirik Aremadan Sriwijaya FC

KonateMakan

Page 20: Radar Tegal 5 okt 2015
Page 21: Radar Tegal 5 okt 2015
Page 22: Radar Tegal 5 okt 2015
Page 23: Radar Tegal 5 okt 2015

INSIDENwebsite : radartegal.com, epaper: epaper.radartegal.com

RADAR TEGALSENIN, 5 OKTOBER 2015 23

Aksi Balap LiarTEGAL - Arena balapan liar

yang dilakukan sekelompokanak muda setiap malam mi-nggu atau tepatnya di sepan-jang Jalan AR Hakim Kota Te-gal, oleh petugas gabunganjajaran Kepolisian Resor TegalKota, Minggu (4/10) dini hari,dibubarkan. Bahkan, polisijuga berhasil menindak 60 pe-ngendara sepeda motor yangsemuanya tidak mengenakanhelm, maupun tidak bisa me-nunjukan surat kendaraan ber-motor.

Kegiatan yang digelar mulaiSabtu (03/10) malam sekitar

Polisi Amankan 60 Unit Motorpukul 22.00 WIB itu, awalnyahanya melakukan kesiapsiaga-an polisi terhadap sejumlahkeramaian yang ada di sejum-lah titik Kota Tegal. Polisi jugalangsung disebar untuk bisamelakukan pemantauan wila-yah. Namun, didapat infor-masi bahwa warga di Jalan ARHakim, akan melakukan swee-ping terhadap para pembalapliar yang biasanya mengguna-kan jalur tersebut untuk ke-but-kebutan.

Mendapat laporan itu, po-lisi juga bergegas melakukancek TKP. Namun demikian,meski banyak polisi di sekitarjalan AR Hakim, yang dipimpin

langsung oleh AKBP FirmanDarmansyah SIK, namun ter-nyata tidak membuat parapengendara motor takut. Me-reka bahkan malah meledekpetugas sambil mengeraskansuara knalpotnya. Demikiandengan aksi kebut oleh pe-ngendara motor yang tidakmengenakan helm.

Awalnya, polisi hanya men-diamkan saja. Namun demi-kian, tepat pukul 00.00 WIB,semua personil langsung di-siagakan. Dan langsung mela-kukan penindakan terhadappengendara sepeda motorkhususnya mereka yang tidakmengenakan helm. Hasilnya,

dalam waktu sekitar 1 jamlebih, polisi berhasil menin-dak 60 pengendara motor ya-ng tanpa mengenakan helm.

“Kegiatan ini sebenarnyauntuk mengantisipasi adanyabalap liar. Terlebih, informasiyang kami dapat bahwa wargadi AR Hakim ini akan melaku-kan tindakan untuk bisa mem-bubarkan aksi balap liar,’’ te-rang Kapolres AKBP FirmanDarmansyah SIK.

Menurutnya, polisi juga akhir-nya melakukan tindakan ti-lang terhadap pengendara se-peda motor khususnya me-reka yang tidak mengenakanhelm. Hal ini karena mereka

sendiri kebut-kebutan di ha-dapan petugas tanpa menge-nakan helm. Demikian dengansurat kendaran, mereka takbisa menunjukan kepada polisi.

“Kegiatan yang kami gelar inijuga sebagai upaya bentuk me-minimalisir bentuk kejadianpencurian sepeda motor. Ka-rena aksi curanmor juga kianmarak. Makanya, kami pun be-rencana akan menggelar ke-giatan ini secara rutin,’’ ulasnya.

Firman menambahkan, bah-wa ada beberapa lokasi yangmenjadi sasaran dalam giat ini.Diantaranya, Jalingkut, Pe-rintis Kemerdekaan serta JalanAR Hakim. (gus/sri)

AGUS WIBOWO

DIAMANKAN - Sejumlah polisi dikerakan untuk menertibkan arena balap liar di jalan AR Hakim, Minggu (4/6) dinihari melibatkan ba nyak personil .

WargaGambiranDigegerkanPenemuan Bayi PerempuanPAMOTAN – Warga RT 02/RW03, Dukuh Bogel, Desa

Gambiran, Kecamatan Pamotan dihebohkan dengan penemuanbayi, yang diperkirakan masih berumur satu hari. Bayi malangditemukan warga setempat di sebuah hamparan persawahan.Tepatnya dekat gubug, dengan kondisi terbaring dan masih adaari-arinya.

Berdasarkan data yang dihimpun, penemuan bayi diketahuipada siang hari, tepatnya pukul 11.30 wib, kemarin. Bayiperempuan diketemukan di gubuk milik Rusman. Lokasi dipersawahan wilayah desa Ukir kecamatan Sale. Berdekatandengan Dukuh Bogel, Desa Gambiran Kecamatan Pamotan.

Informasi saksi mata, perempuan yang meninggalkan bayitersebut berjalan ke arah Selatan atau arah Desa Pakis,Kecamatan Sale. Kuat dugaan perempuan tersebut bukan ibukandung si bayi. Hal ini bisa dilihat, dari ciri fisiknya, tidak sepertiorang habis persalinan dan cara jalan normal seperti biasa.

Melihat kejadian ini, saksi mata bergegas melaporkanpenemuan bayi malang ke rumah salah satu ketua RT desasetempat. Usai dibawa di rumah salah satu warga, kemudiandidalami polsek setempat setelah adanya pelaporan. Sementarasang bayi dibawa ke RSUD R Soetrasno, Rembang gunamenjalani perawatan.

Rusman, saksi mata mengaku, betul-betul tidak mengenalpelaku, namun seandainya kemudian hari dia bertemu orangtersebut pasti ia mengenalinya.

”Kebetulan saya hendak ke sawah, curiga melihat adaseseorang perempuan berdiri dekat gubug. Perempauan itumengenakan jilbab hijau, dengan atasan coklat bermotif dan rokcoklat berdiri di dekat gubuk,” ungkapnya secara singkat.

Namun melihat kedatanganya, perempuan yang dimaksudbergegas pergi, sembari meletakan bayi yang digendong. Justruperempuan dengan perawakan sedang dan kulit putih ini,berpesan jika ada orang mencari bayi diminta diberikan saja.

”Sempat saya tanya, dia mengaku menemukan bayi, tepatnyadi sebelah selatan desa,” terangnya. (noe/sri)

WISNU AJI/RADAR KUDUS

DIGENDONG - Kondisi bayi perempuan sehat saatditemukan dan menjalani perawatan di RSUD.

Satpol Tindak Kafe Penjual MirasBATANG - Meskipun sudah jelas jika penjualan minuman keras

di kafe karaoke dilarang, namun ternyata masih ada saja kafeyang menjualnya. Bahkan saat dilakukan razia beberapa waktuyang lalu, petugas dari Polres Batang menemukan beberapabotol minuman keras yang disimpan pemilik kafe di bagian dapur.

Kepala Satpol PP Kabupaten Batang Ulul Azmi AP MM, ketikadimintai keterangan terkait dengan masih adanya kafe karaokeyang menjual miras, menegaskan, pihaknya selaku penegakPerda akan melaksanakan penertiban jika memang di tempathiburan kafe karaoke tersebut ditemukan adanya miras.

“Kami akan menindak tegas jika memang ada tempat hiburanyang menjual miras, karena semua sudah diatur jika kafe karaokedilarang untuk menjual miras,” tutur Ulul.

Dikatakannya, pihaknya sendiri hingga saat ini belummenemukan adanya tempat hiburan yang ketahuan menjualmiras, namun jika nantinya Satpol PP menemukan hal tersebut,maka tidak akan segan-segan akan menindak sesuai denganaturan yang berlaku. Disamping itu, jika memang ditemukan haltersebut, maka akan langsung berkoordinasi dengan pihakterkait.

Untuk itu, Satpol PP mengimbau kepada semua pengusahatempat hiburan kafe karaoke agar tidak menjual miras dalambentuk apapun, karena dalam peraturan sudah jelas sanksinya.Sehingga jika ada yang tetap nekat menjual miras, maka SatpolPP selaku penegak perda akan mengambil tindakan.

“Kami juga harap kepada masyarakat agar jangan sungkanuntuk melaporkan jika mengetahui ada tempat hiburan yangmenjual miras, karena laporan dari masyarakat juga sangat kamibutuhkan dalam menggali informasi,” jelasnya.

Terpisah, Kepala Badan Penanaman modal dan PerijinanTerpadu (BPMPT) Kabupaten Batang Sri Purwaningsih SH,mengatakan jika sesuai dengan aturan yang berlaku, tempathiburan kafe karaoke tidak diperbolehkan untuk menjual minumankeras. Jika ada yang menjualnya, maka hal tersebut sudah jelasmelanggar hukum.

“Ada sanksi yang mengancam jika pemilik kafe nekat berjualanmiras, sanksinya adalaha ijin usaha mereka bisa dicabut,tentunya hal tersebut harus dibarengi dengan bukti-bukti yangkuat,” tegas Bu Pur sapaan akrabnya.

Dia mengatakan bahwa jika ada temuan kafe karaoke yangmenjual miras, maka akan dirapatkan dengan pihak-pihak terkait,yakni tim tekhnis. Tim tersebut terdiri dari Dinas Pariwisata,BPMPT, Satpol PP, Disperindag, Badan Lingkungan Hidup dantermasuk pihak kecamatan setempat.

“Silakan siapa saja bisa melaporkan jika menemukan kafeyang menjual miras, kami akan menindaklanjuti denganberkoordinasi bersama tim teknis. Selanjutnya akan kami berikanperingatan terhadap yang bersangkutan,” tandasnya. (rul/sri)

NURUL FATAH/RADAR PEKALONGAN

MIRAS - Kepolisian mendapati adanya kafe yang menjualmiras saat melakukan razia di sejumlah tempat hiburan.

PURWODADI – Polres Grobogan terus melakukanpengembangan penyidikan kepada mantan anggotaPolri, Supriyono, alias Kaprek 35 warga Kalongan,Kecamatan Purwodadi bersama teman wanitanya.Pecatan polisi ditangkap saat asik main judi di dalamkamar hotel Griya Laksana, Kamis (1/9) lalu.

Informasi yang dihimpun Jawa Pos Radar Kudus,kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 08.30 pagi. Ketikaada warga melapor seorang pria bersama perempuanmain judi di dalam kamar hotel. Kemudian informasiitu, ditindaklanjuti dan langsung dilakukan penggre-bekan. Pria yang berubuh subur sebelumnya menjaditarget operasi.

Setelah digrebek, pasangan ini terlihat teler. Kemudi-an petugas mengamankan keduanya. Petugas jugamengamankan sebuah bungkusan plastik yang didugaberisikan sabu-sabu. Kedua pelaku diamankan di kantorSatreskrim Polres Grobogan. Mereka juga dites urine.

Kasat Reskrim Polres Grobogan, AKP Agung Ariyan-to mengatakan, kasus yang ditangani melibatkananggota pecatan polisi adalah kasus judi yang sudahmenjadi DPO sebelumnya.

”Saat ini keduanya sudah kami amankan untukdimintai keterangan. Saya tidak bisa berkomentarbanyak karena masih menyelidikan,” ujarnya.

Sementara itu, informasi dari Intelkam Polres Gro-bogan pelaku memang pecatan anggota Polres Pati.Hidup dari personel tersebut selalu berpindah-pindah.Diduga pelaku dipecat juga karena kasus sama meng-gunakan sabu-sabu.

Kapolres Grobogan AKBP Indra Darmawan membe-narkan ada kasus penangkapan anggota pecatan Polri.Pelaku ditangkap karena kasus perjudian dan peng-gunaan sabu-sabu.”Sabar mas kita ungkap seluruhnyadulu. Ini masih dalam pengembangan dan pengum-pulan bukti,” kata Kapolres melalui pesan singkatnyayang mengaku belum mendapatkan laporan lengkapdari Satreskrim. (mun/sri)

Mantan PolisiDigrebeg Main Judi

DOK/RADARMAS

MEMADAMKAN - Sejumlah petugas berupaya memadamkan api akibat ilalang yang dibakar.

Pemukiman Nyaris KebakaranCILACAP – Lalulintas di

Jalan Gatot Subroto komplekpertigaan Jalan Cermai men-dadak macet, Minggu (4/10)pukul 10.00. Pasalnya, pemba-karan ilalang di tanah kosongdi area tersebut merembetcepat dan menyambar tum-pukan ban bekas yang ada dipekarangan tersebut. Bahkan,api dari ilalang, terus merem-bet ke pohon di samping pe-mukiman padat.

“Kami kaget karena tiba-tiba melihat ada asap hitammembumbung tinggi. Kamilangsung datang ke lokasi danmelihat ilalang dan tumpukanban bekas terbakar sangatbesar,” ujar Warso, 41 tahunsalah seorang warga yang da-tang ke lokasi kejadian.

Sejumlah saksi mata me-ngatakan pembakaran ilalangini dilakukan jauh dari pagarbatas. Namun karena ilalangdi lokasi kering akibat kema-rau panjang, api menjalar de-ngan cepat. Kobaran api inimembesar setelah menyam-bar tumpukan ban dan batangkelapa yang telah roboh.

Warga pun mulai khawatirketika api terus membesar danmulai menjilati pohon kelapayang berbatasan dengan pe-mukiman. Tak pelak, tanahkosong bekas salon mobil inidikerumuni ratusan orang de-ngan cepat. Polisi pun segeradatang ke lokasi kejadian un-tuk mengatur arus lalulintas.Kejadian juga dilaporkan keBadan Penanggulangan Ben-

cana Daerah (BPBD) Kabupa-ten Cilacap agar mendata-ngkan mobil pemadamnya.

Giliran datang pertama yak-ni petugas PLN yang segeramematikan arus listrik di dae-rah sekitar. Langkah ini diam-bil karena api yang membum-bung tinggi mulai menjilatipohon kelapa. Sedangkan disekitar pohon itu merupakanpemukiman padat.

Jika pohon ini terus terbakardikhawatirkan akan menimparumah dan api menjalar de-ngan cepat. Selang sebentarpetugas pemadam kebakarandatang dan sekitar 15 menit apiberhasil dipadamkan. Pema-daman berlangsung cepat ka-rena mobil bisa masuk ke lokasikejadian. (amu/ttg/sri)

PATROLI

RAZIA

Page 24: Radar Tegal 5 okt 2015

Penemu Jumlah HariJUMLAH hari dalam setahun adalah 365 hari. Bagai-

mana jumlah ini bisa diperoleh, dan siapakah orangyang pertama kali menemukannya? Apakah pe-nentuan jumlah itu asal-asalan saja atau denganmemperhitungkan banyak hal? Kenapa harus 365hari, tidak dibuat 500 atau 1000 hari saja supaya mudahuntuk diingat?

Penemu jumlah hari adalah Al-Battani berjasamenemukan hitungan jumlah hari dalam setahun.Nama lengkap Al-Battani adalah Abu Abdullah Mu-hammad ibn Jabir ibn Sinan Al-Battani. (wan/wpc)

website : radartegal.com, epaper : epaper.radartegal.comSENIN, 5 OKTOBER 2015 2424242424

AL-BATTANI

LANTUNAN kalimat Talbi-yah terdengar begitu merdudan menggema di halamanMasjid Islamic Center (IC) Ba-itussalam Jalan KS Tubun,Kelurahan Pakembaran, Ke-camatan Slawi, KabupatenTegal, Minggu (4/10).

Sebanyak 100 Santri TPQBaitussalam IC sangat antu-sias mengikuti rangkaian ke-giatan Manasik Haji dan Um-roh, mereka semua menggu-nakan pakaian ihram sepertilayaknya muslim yang akanmenunaikan rukun Islam yangkelima.

Sehingga suasana pun tera-sa seperti di kawasan MasjidilHaram Makkah.

Kepala TPQ Baitussalam ICUstadzah Suhersih AMd me-ngatakan, rangkaian acarayang digelar mulai pukul 07.30itu mulai dengan niat, kemu-dian towaf, sa’i, lempar jum-roh, wukuf di padang arafahdan tahalul.

Hadir Ketua Badko TPQKecamatan Slawi Ustad HSono Sugiarto MPd, PengurusYayasan IC Bambang R SE danA Mujaid SPd, serta BagianPendidikan H Suparman SPd.

Dalam pelaksanaan kegia-tan itu para siswa didampingilangsung oleh para pengajar,antara lain Ustad M Jafar Amd,

DEDE NADIYANAH/RATEG

MANASIK - Santri TPQ Baitussalam Islamic Center Pakembaran mengikuti kegiatan Manasik Haji dan Umroh.

Ajari Santri Haji dan UmrohUstad Misno SPd, Ustad NurSodik, dan Ustadzah Linda.

Disela-sela kegiatan UstadH Sono Sugiarto MPd me-ngungkapkan, Manasik Hajidan Umroh bertujuan me-ngaplikasikan pejaran agamayang diterima oleh para santriagar tercetak sejak dini. Se-hingga saat memasuki usiadewasa, diharapkan merekabisa berangkat haji denganbekal ilmu yang mapan danmatang.

“Insya Allah tulus melak-sanakan rukun Islam yangkelima,” tuturnya.

Kegiatan menjadi agendarutin TPQ Baitussalam IC yangdigelar setiap tahunnya. Se-mentara untuk Badko TPQKabupaten Tegal khususnyaKecamatan Slawi, ManasikHaji dan Umroh akan menjadisalah satu kurikulum selainBaca Tulis Alquran (BTA).Meskipun bukan pendidikanmurni, hal itu dapat menjadikurikulum yang dapat men-dorong bakat dan minat santriagar sejak dini memiliki cita-cita melaksanakan Haji danUmroh.

Kegiatan diakhiri denganlomba cerdas cermat tentangrukun Haji dan Umroh, bagi-bagi hadiah, serta foto ber-sama. (dya/wan/opl)

Ratusan Siswa Lomba Fashion ShowHari Batik Nasional

TEGAL - Ratusan siswa SD Muham-madiyah 1 (Mutu) Kota Tegal, yangmewakili kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 unjukkebolehan diatas catwalk, denganmengenakan busana batik. Lombafashion show dalam rangka hari batiknasional tahun 2015, berlangsung dihalaman sekolah, Sabtu (3/10).

Suasana semakin ramai dan meriah,ketika panitia memanggil satu perstupeserta lomba fashion show untukunjuk kebolehan diatas catwalk. De-ngan gaya polos, mereka bergayabagaikan seorang model profesional.Tanpa malu-malu berjalan lenggaklenggok, untuk mencuri perhatianpara siswa, dewan guru, dan dewanjuri yang melihat.

Kepala SD Muhammadiyah 1 KotaTegal, Bahrun Naim SPd, mengatakan,untuk memperingati hari batik na-sional tahun 2015, semua siswa dandewan guru pada hari ini (Sabtu, red)diwajibkan menggunakan pakaianbatik. Ini sekaligus untuk mempro-mosikan dan melestarikan, bahwabatik sebagai salah satu budaya yangdimiliki Indonesia.

Dijelakan Bahrun, untuk meme-riahkan peringatan hari batik nasionaltahun 2015, juga dilaksanakan lombafashion show yang diikuti perwakilankelas yang ada. Selain itu, pihaknya

juga melaksanakan cafe morning yangdiikuti semua siswa dan dewan guru.

“Kami berharap dengan kewajibanmenggunakan pakaian batik, sertafashion show batik bisa lebih me-nguatkan bahwa batik merupakanbudaya asli Indonesia yang harus kitapertahankan dan dilestarikam,” kataBahrun Naim.

Sementara itu, Pantia Lomba Fash-ion Show, Farkhah SPdI menyatakan,lomba fashion show sengaja dilakukansecara terbuka, sehingga bisa dilihatsemua siswa, orang tua siswa maupunmasyarakat umum. Penilaian dila-

kukan secara obyektif, agar siswa bisalebih berkreasi, baik dalam penggu-nakan pakaian batik, cara jalan diatascatwalk, dan hal-hal teknis lainnya.

“Untuk penilaian lomba fashionshow ada beberapa kriteria, antaralain performen, desain baju, dan tatarias. Sedangkan penentuan penilaiandan juara, berdasarkan hasil akumu-lasi penilaian 4 orang dewan juri yangtelah kami tunjuk. Sebenarnya tujuanutama kami bukan untuk berebut jua-ra, tapi menanamkan kepedulian ter-hadap budaya asli Indonesia sejakdini,” ungkapnya. (dya/wan)

DEDE NADIYANAH/RATEG

GAYA - Peserta lomba fashion show melenggak-lenggok di atas catwalk.

SEBANYAK 20 personel Sa-tuan Karya (Saka) Bhayang-kara Polres Tegal Kota yangditunjuk mewakili KwarcabKota Tegal, mengikuti Perke-mahan Saka Bhayangkara(Persabhara) tingkat PoldaJawa Tengah, 2-4 Okrtober2015.

Dilepas secara resmi KetuaKwarcab Drs HM NursholehMMPd bersama Kasat BinmasPolres Tegal Kota, Ajun Komi-saris Polisi (AKP) Hartono,Jumat sore, bertempat diruang Deviacita Mapolres Te-gal Kota.

Secara simbolis pelepasanditandai dengan penyerahanbendera oleh Ka Kwarcab ke-pada Brigadir Hari Purwanto,SH, selaku Pamong Saka yangselanjutnya mulai Jumat (02/10) hingga Minggu (04/10)kemarin, Kontingen Persa-bhara Kwarcab Tegal akanmengikuti kegiatan di bumiperkemahan Lembaga Pendi-dikan Kwartir Daerah (Lem-

Ikut Persabhara se-Jateng

dikada) Desa KaranggenengGunungpati Kabupaten Se-marang bersama Kontingendari daerah lainnya se-wila-yah Jawa Tengah.

Ketua Kwarcab, HM Nur-sholeh menginggatkan kepa-da para peserta agar bisa men-jaga kesehatan dan mengikutisemua aturan yang ada. “Jagakekompakan dan nama baik

serta saling bergotong royongselama mengikuti kegiatan,’’katanya

Sementara mewakili Kama-bicab, AKP Hartono sebelum-nya menyampaikan permo-honan maaf karena Kapolrestidak bisa menghadiri secaralangsung karena keperluandinas yang tidak bisa diting-galkan. (gus/wan)

AGUS WIBOWO/RADAR TEGAL

LEPAS - Ketua Kwarcab Kota Tegal melepas 20 anggota SakaBhayangkara untuk mengikuti perkemahan tingkat Polda.

DUKUHWARU - Menjadituan rumah ajang perhelatanMAPSI ke 18 tidak disia - sia-kan siswa SDN Kabunan 01.sekolah ini mampu keluarsebagai juara umum dari 32sekolah dasar yang ambil ba-gian diajang ini. Kasek SDNKabunan 01 Sri Murni SPdMPd memberi apresiasi atasraihan juara umum kali ini, dan

SDN Kabunan 01 Juara Mapsimemastikan juara I dimasing -masing mata lomba.

“ Gelaran Mapsi ini untukmengukur keberhasilan pelak-sanaan Pendidikan Agama Is-lam SD , serta menumbuhkembangkan rasa cinta terha-dap seni Islam,” ujarnya.

Dengan dasar itulah pihakUPTD Dikpora Dukuhwarumenggelar Lomba Mata Pela-

jaran Pendidikan Agama Islamdan Seni Islam (MAPSI) SDtingkat kecamatan, yang di-pusatkan di SDN Kabunan 01.

Kepala UPTD Dikpora Du-kuhwaru Gunawan Samlatumemberi apresiasi pada se-mua peserta untuk berlombamenjadi yang terbaik gunamenjadi duta Dukuhwaru di-level Kabupaten Tegal.

“Dari ajang ini kami ber-harap bisa meningkatkan akh-

lakul karimah , budi pekertiluhur dan menumbuh kem-bangkan bakat kreatifitas sis-wa,” ujarnya.

Tuan rumah berhasil men-jadi juara umum setelah me-nempatkan siswanya sebagaijuara I Khitobah putra dan putriserta juara I cerita Islami putri.Selebihnya juara II diraih darinomor kaligrafi putra dan putri,TIK putri, cerita Islami Putra,dan PAI putri. (her/wan)

HERMAS PURWADI / RADAR SLAWI

JUARA UMUM - Kasek SDN 01 Kabunan bersama siswa-siswi juara Mapsi, kemarin.