radar tegal 28 nop 2011

Click here to load reader

Post on 12-Mar-2016

366 views

Category:

Documents

12 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

Radar Tegal 28 Nop 2011

TRANSCRIPT

  • CMYK

    CMYK

    KPK Incar Anggota Dewan dan Wali Kota* Siap siap!

    Terjebak Kemacetan, Pencuri Mobil Diringkus* Maling ora paham peta!

    Harian Pertama Kebanggaan Wong Tegal20 HALAMAN - Rp. 2.500,-SENIN, 28 NOPEMBER 2011

    INDEKS

    M GHONI/RADAR SLAWI

    JALAN PUTUS - Akibat pergeseran tanahbelum lama, saat ini warga Dukuh Tengah DesaDukuhbenda Kecamatan Bumijawa, menjaditerisolir.

    TanahBergerer,96KKTerisolirBUMIJAWA - Sedikitnya 96 KK yang menem-

    pati 66 rumah di Dukuh Tengah Desa Dukuh-benda Kecamatan Bumijawa, terisolir. Hal itudikarenakan pergeseran tanah yang membuatjalan desa sebagai satu-satunya akses peng-hubung ke pedukuhan lain maupun pusat desaterputus. ke hal 19 kol 4

    APA MANING...

    Pendidikan Gratis Harus DiawasiHAL. METROPOLIS

    Ratusan Hektar Sawah DiserangTikus

    HAL. RADAR BREBES

    Polisi Ciduk Empat Pengedar UpalHAL. PEMALANG

    Momen Penting Bagi Pahlawan TanpaTanda Jasa

    HAL. XPRESI

    Puluhan Ribu Jamaah Doa Bersama

    ADI MULYADI/RATEG

    CERAMAH - Al Habib Tohir bin Abdullah Al Kaff sedang menyampaikan tausyiyahnya dihadapan puluhan ribu jamaahtabligh akbar dan istighatsah menyambut datangnya tahun baru Islam 1433 H.

    TerjebakKemacetan,PencuriMobilDiringkus

    BREBES - Meski sudah berhasilmenyikat sebuah mobil Suzuki Carry G-9285-HG yang tengah diparkir di tempatparkir RS Bhakti Asih Brebes, namunusah Eko Iriyanto (38) warga DusunKalibening Desa Pronowijo LumajangJawa Timur ini, harus meringkuk di sel

    Sambut Tahun BaruIslam 1433 H

    TEGAL Menyambut datangnyatahun baru Islam 1433 Hi-jriah, puluhan ribu jamaahRobayn, Sabtu (26/11) ma-

    lam berkumpul bersama dilapangan Alun-alun Te-gal. Mereka bersama-sama berdoa memintakepada Allah, agar In-donesia pada umum-

    nya setra Tegal dan sekitarnya padakhususnya dijauhkan dari bencana dalambentuk apapun.

    Sebelum dilangsungkannya doa ber-sama yang dikemas dalam acara TablighAkbar dan Istighatsah itu. Sore harinyadiawali dengan ziarah ke Sohibul MakomAl Imam Al Qutub Al Habib Mohammadbin Tohir Al Hadad. Kemudian sekitarpukul 18.30 ribuan jamaah dengan meng-gunakan kendaraan menggelar pawaitaaruf. Start dimulai dari Alun-alun ber-keliling kota melalui Jalan Pancasila,

    ke hal 19 kol 4

    AGUS WIBOWO/RADAR BREBES

    DIPERIKSA - Tersangka pencuri mobil di RS Bhakti Asih Brebes, Eko Iriyanto(38) tengah diperiksa petugas Satreskrim Mapolsek Wanasari, setelahtertangkap di tengah kemacetan jalur Pantura, kemarin.

    Setelah Penangkapan Pejabat diSemarang

    JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)terus mengembangkan kasus tertangkap tangan tigapejabat Kota Semarang terkait dugaan suap pem-bahasan RAPBD 2012. Selain mendalami dugaanketerlibatan Wali Kota Semarang Soemarmo HadiSaputro, lembaga antikorupsi itu menelusuri dugaanketerlibatan anggota dewan. Sebab, dalam penang-kapan, KPK menemukan uang di dalam 21 amplopputih.

    Menurut Juru Bicara KPK Johan Budi, pihaknyamasih mendalami apakah puluhan amplop itu akandiserahkan kepada para anggota dewan yang lain atautidak. Pokoknya semua akan kami dalami, katanya.

    Namun, dia membantah bahwa amplop-amploptersebut bertulisan nama-nama anggota dewan. Tapi,tegas Johan, apabila amplop tersebut berindikasisebagai pelicin dalam pembahasan RAPBD, tidaktertutup kemungkinan pihaknya akan memintaiketerangan para anggota dewan Kota Semarang.

    Prinsipnya, kami akan memanggil semua pihaksejauh keterangannya memang diperlukan untukpengembangan, ujarnya.

    Selain itu, para penyidik KPK di Semarang tengahmengincar dugaan keterlibatan Wali Kota SemarangSoemarmo Hadi Saputro. Buktinya, Jumat lalu (25/11)KPK menggeledah ruangan wali kota. Ada beberapabarang (di ruangan wali kota) yang kami sita,tuturnya.

    Johan mengatakan, semua barang yang disita ituakan didalami apakah memiliki kaitan dengan tindakansuap yang dilakukan tiga orang tersebut. Menurutdia, selain dokumen-dokumen, para penyidik menyi-ta server circuit closed television (CCTV) di ruangantersebut.

    KPK IncarAnggotaDewan danWali Kota

    ke hal 19 kol 1

    SEMOK

    NuriMaulidake hal 19 kol 4

    Polisi KumpulkanBuktiPekerja Pemeliharaan Lalai atauMutu Konstruksi Jembatan

    TENGGARONG - Mabes Polri memberi perhatiankhusus terhadap ambruknya Jembatan Kartanegara,Sabtu (26/11) sekitar pukul 16.30 Wita lalu. Sebanyak11 orang tim penyelidik diturunkan untuk menyelidikipenyebab ambruknya jembatan tersebut. Tim iniditugaskan membantu anggota Polda Kaltim danPolres Kutai Kartanegara (Kukar) menangani kasustersebut.

    Selain mengusut dugaan adanya unsur kelalaianmanusia yang mengakibatkan hilangnya nyawa or-ang lain, kepolisian juga bakal mengusut kemung-kinan jembatan ambruk akibat mutu konstruksinya dibawah standar. Prosesnya sekarang (kemarin sore,Red.) dalam tahap pengumpulan bukti. Hasilnya, kitalihat nanti, karena ini masih akan berkembang terus,terang Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim)Polri, Komjen Sutarman kepada wartawan kemarin di

    ke hal 19 kol 1

    MasihSeleksiCalonSuamiPESINETRON

    cantik Nuri Maulidamemang agak ter-tutup ketika ditanyasoal asmara. Pada-hal, ia tengah dekatdengan Jeje, drum-mer Govinda.

    Ya, benar diamusisi. Dia mem-bantu aku juga disingle kemarin,ucapnya.

    ke hal 19 kol 1

  • RobohnyaSebuah JembatanOleh: M Riza Pahlevi

    SEBUH perisitiwa yang mengakibatkan korban jiwakembali terjadi. Nun jauh di sana, di Kalimantan, sebuah

    jembatan tiba-tiba saja roboh.Lima orang dikabarkan tewas.Banyak orang yang tertarikmelihat peristiwa itu, bukankarena jumlah korbannyayang mencapai lima orang,

    tetapi lebih pada pertanyaan,kenapa jembatan itu bisa ro-

    boh? Ada apa dengan robohnyajembatan itu? Hingga Presiden RI

    pun mengutus tiga men-terinya untuk menanganirobohnya jembatan itu.

    Apakah ini bencanaatau ada sesuatu yang lain menjadi penyebabnya? Yangjelas, peristiwa ini adalah bencana, selain ada korban jiwa,juga terjadi kerusakan yang mengakibatkan kerugian miliaranrupiah. Selain kerugian pada rusaknya jembatan itu, jugakerugian akibat dan dampak robohnya jembatan itu bagiekonomi masyarakat setempat. Bisa berkali-kali lipat darinilai jembatan itu.

    Banyak yang mempertanyakan, kok bisa jembatan yangdibuat dari baja itu bisa secepat itu roboh dan meneng-gelamkan penggunanya yang sedang melintas. Lemahnyakonstruksi atau ada sebab lain. Karena diketahui, jembatanitu baru berusia 10 tahun sejak ertama kali digunakan.Padahal rata-rata usia jembatan, tidak secepat itu. Minimal30 tahun (perkiraan saja, bisa lebih lama atau lebih sedikit),baru diperbaiki. Namun yang ini, baru berusia 10 tahunsudah roboh.

    Biasanya memang, dalam kurun waktu tertentu, sebuahjembatan dilakukan perbaikan. Sehingga tidak memba-hayakan penggunanya. Karena pembangunan itu tidak bisaselamanya mampu bertahan. Ada masa atau waktu teretntubangunan itu harus dibongkar atau dilakukan rehab total.Kalau memang sudah tidak layak lagi, tentunya harusdibongkar total dan dibangun yang baru.

    Dari kasus jembatan Kuta Kertanegara itu, banyak pulayang memprediksi, pembangunan itu tidak sesuai denganbestek, banyak yang dikorupsi. Sehingga kualitas barangyang seharusnya kuat hingga 30 tahun lebih itu, hanya10 tahun sudah roboh. Namun semuanya harusmenunggu penyelidikan oleh aparat berwenang, apapenyebab robohnya jembatan itu. Tak boleh bersyakwasangka sebelum ada penyelidikan resmi oleh aparatberwenang.

    Namun prediksi dan perkiraaan, boleh juga kan? Sepertiadanya dugaan korupsi dalam pembangunan tersebut. Itusebagai bagian dari kritik dan masukan, terkait denganpembangunan yang dilakukan pemerintah. Misalnya, kalautidak sesuai bestek, kenapa tidak dari dulu diungkap saatpembangunan itu dilakukan. Tahun 2001 itu belum lama,baru kemarin. Itu tidak lama setelah masa reformasi bergulir,sejak 1998. Saat yang tepat untuk transparansi anggarandan pembangunan.

    Di balik semua itu, kita patut prihatin. Karena banyak kasusyang terjadi, yang hampir serupa. Bahwa itu semua, selainsebagai bencana, juga harus diperhatikan pada awalpembangunannya. Apalagi itu adalah sarana umum, yangdigunakan oleh ribuan, ratusan ribu hingga jutaan rakyat.Jangan sampai, fasilitas umum yang dibuat itu ala kadarnyasaja, yang penting berdiri tanpa memperhatikan kualitas.Pemerintah sendiri, tentu saja dalam setiap rencanapembangunan pasti menghitung berapa biaya yang ahrusdikeluarkan untuk membangun sebuah gedung atau punjembatan.

    Di sekitar kita saja, saat ini pemerintah sedang banyakmembangun. Baik jembatan, gedung pemerintah maupunfasilitas umum lainnya. Untuk menghindari hal-hal sepertiitu, robohnya suatu bangunan atau ambruk sebelum batasusia minimal, perlu dilakukan pengawasan ketat dalampembangunannya. Banyak kasus, bahkan sebelumdigunakan saja ada bangunan yang ambruk dan roboh. Initentu saja memprihatinkan.

    Kalau tidak diawasi dengan baik, termasuk olehmasyarakat, bukan tidak mungkin, sang pemborong akanmelakukan pembangunan yang asal-asalan. Ini harusdilakukan, agar kualitas bangunan atau pun yang lain, yanganggarannya dari pemerintah, harus diawasi dengan ketat.Setiap pelanggaran apa pun, harus dilaporkan. Jika tidakdigubris oleh pengawas pekerjaan, bisa melaporkan keaparat hukum yang berwenang. Hingga kasus robohnyasebuah jembatan itu, tidak lagi terjadi. (*)

    Menata Birokrasi denganTeknologi Informasi

    Semua wartawan Radar Tegal dilengkapitanda pengenal/surat tugas dan tidakdibenarkan meminta/menerima imbalandalam bentuk apapun dari narasumber.

    Pendiri: H. Mahtum Mastoem (Alm), Penasihat: Dahlan Iskan,Komisaris Utama: HM Alwi Hamu, Komisaris: LukmanSetiawan, Dwi Nurmawan, Direktur Utama: Yanto S. Utomo,Direktur : Moh. Sukron

    Pemimpin Umum: Moh. Sukron. Pemimpin Redaksi: M.Abduh. Wakil Pemimpin Redaksi: Wawan Setiawan.Redaktur Pelaksana: Iman Teguh Supriyono. Redaktur:Zuhlifar Arrisandy, M. Riza Pahlevi, Khikmah Wati, Moch. Arifin,Arief Nur Rahardian Sidiq. Sekretaris Redaksi/Persh: YullyTrieyani. Kota Tegal: M Saekhun, Laela Nurchayati, RohmanGunawan, Abidin Abror. Brebes: Agus Wibowo. Bumiayu:Teguh Supriyanto. Slawi: Iman Teguh Supriyono (KepalaPerwakilan), Hermas Purwadi, Pemalang: Embong Sriyadi(Kepala Perwakilan), Moh. Khasanudin. Pekalongan: AdeAsep Syarifuddin. Pracetak: Feri Setiawan, M Yahya, DedyIrawan, Dwi Nanda P, Asep Ariadi S. Desain Iklan: A.Sekhudin.Iklan: Hesti Prastyani (Manajer Tegal), Kharisma Dewi, ArifudinYunianto, Riyanto Harjo, Teguh Widodo Nawawi, AgusMutaalimin, Indani Dwi Oktina, Wahyudi. Pemasaran: UmamanSahareka, Astri Prayudita, Muslih, Zaenal Muttaqin, Sunarjo.Keuangan: Yela Rahmadiah, Lita Rahmiati, Dwi Titi Lestari,Mubin, Djuhaeri Effendi, Moh. Erlin, Imron Rosyadi. Promosi(Off Print): Taufiq Ismail. Alamat Redaksi/Pemasaran/TataUsaha: Jl. Perintis Kemerdekaan Tegal telp. (0283) 340900(hunting), Fax (0283) 340004. Pekalongan: Jl. Irian No 10telp (0285) 432.234. Semarang: M. Yusuf Abadii. Jakarta:Samsu Rijal, Ferdinan Syah, Azwir AR, Arif Badi K, EkoSuprihatmoko. Alamat: Komp. Widuri Indah Blok A-3 Jl.Palmerah Barat No 353, Jakarta 12210 Telp (021) 5330976,5333321 Fax: (021) 5322629. Eceran: Rp 2.500/eks.Percetakan: PT Wahana Java Semesta Intermedia KompleksLIK Dampyak -Tegal.

    Tarif Iklan: Umum/Display: Rp 22.000/mm kolom, Sosial/Keluarga: Rp 15.000/mm kolom, Iklan Baris Laris: Rp

    15.000/baris, Iklan Colour: Rp 35.000/mm kolom, Iklanhalaman 1 (depan): Tarif + 200%, Creative ad: Tarif + 50%NPWP No: 01.994.052.7-501.000. Bank: Bank Mandiri Cab.

    Tegal a.n. PT Wahana Semesta Tegal No. Rek:139.0002152787. Bank Jateng Cab. Tegal No. Rek:

    1.004.02598.5 a.n. PT Wahana Semesta Tegal

    Harian Pertama KebanggaanWong Tegal

    SENIN28 NOPEMBER 2011

    OPINIRADAR TEGAL

    2

    Anda pernah merasa tidak puas dengan pelayanan publik? Anda pernah kecewa karena mendapatkan pelayanan yang tidak semestinya dari instansitertentu? Layangkan perasaan anda ke rubrik Ngresula ini, via SMS ke 085293278922, email [email protected], surat ke Radar Tegal Jalan PerintisKemerdekaan No. 32 Tegal. Tulis dengan bahasa yang sopan dan bisa menggunakan bahasa Tegal. Dapatkan kaos Ngresula, yang berisi SMS ngresulapilihan. Hanya Rp60.000/pcs.

    Oleh: Akhda Afif Rasyidi

    TanggapanBERKAITAN dengan SMS Ngresula

    di Harian Pagi Radar Tegal Hari Jumattanggal 25 November 2011, dimana saya(Daryono), Dumar, Crisno Cayan,dikaitkan dengan judi togel, Saya(Daryono) mewakili Dumar, Crino Cayamerasa keberatan dengan SMS ter-sebut. Dan, saya menyatakan tidakpernah main/terlibat dalam judi togel.Apalagi membandari. Oleh karena itu,saya berharap Radar Tegal memuattangggapan ini demi nama baik kami.

    TTDDaryono

    Wis Akeh Sing NgresulaASS Om Radar, aku pan melu ngre-

    sula keh maring swalayan TIARA singana ning kagok Slawi. Aku lg panbelanja, gara2 gw tas (biasa oh wongwadon snenge gw tas cangklekan) ehlgsg bae dikejar karo satpame, lanngomongi aku seolah2 aku ke maling.Jarene, nang kene ana kamerane lo bu,ati2 bae. Aku ora wedi Pa, soale aku oranyolong apa2 smph & tak bk tase endahndeleng. Tp ttp bae satpame ora ngu-bris. Sedurunge ya aku sering ndelengwong sing lg belnja ujug2 belnjananedijaluk satpame. Jarene disimpen ndisitnang kasir. Pdhl wonge msh milih2 singliyane. Wis akeh sing pd ngresula, soaleakehe sing belnja nang kn diawasi &dipeloni krywne. Tolonglah aja asalcuriga, jarene ana kamerane? Didelengosing kamera. Trim.

    081910565281

    Ditinjau UlangTLNG ditinjau ulang... setiap tran-

    saksi 2000 kali jumlah angsuran lumayanbanyak. tulung... diperjelas penggu-naane. kalo untuk meningkatkan pela-yanan apa buktinya.

    085742074395

    Apa Ora Medeni?RADAR Yth. Aku pengin ngresula,

    yakin sung aku enek saporete ningDISDUKCAPIL KAB. TEGAL, olihundangan foto go KTP E, wis nikah 11wulan Eh statuse aku esih dewekan,namane bojo ya laka. Padahal bar kawinlangsung gawe KTP Karo KK. Sing lucumaning, wong wis mati setahun luwihmalah diundang kon foto. Apa orameDEni....? Mengko kantor kecamatanakeh pocong ngantri foto okh. Maturthank yu, bung Radar.

    089667071958

    DALAM konteks negara Indo-nesia, institusi pemerintahanmemiliki target untuk mencapaiempat poin tujuan yang tertulisdalam pembukaan UUD 1945.Keempat tujuan tersebut adalahuntuk melindungi segenap bang-sa Indonesia dan seluruh tumpahdarah Indonesia, memajukankesejahteraan umum, mencer-daskan kehidupan bangsa danikut melaksanakan ketertibandunia.

    Namun, institusi pemerinta-han tersebut ternyata belummampu menjalankan fungsi danwewenangnya dengan baik.Alih-alih mempermudah danmembantu masyarakat dalammenyelesaikan permasalahan-nya, institusi-institusi tersebutseringkali merepotkan masyara-kat dengan berbagai pelayananyang buruk. Seperti lamanyaproses administrasi, mahalnyabiaya pelayanan, hingga ma-raknya praktek suap, korupsi,dan kolusi di dalamnya.

    Menurut penelitian The AsiaFoundation, pengusaha Indone-sia harus melalui rata-rata tujuhsampai sebelas prosedur yangmemakan waktu hingga 128 hariuntuk mendapatkan surat izinusaha. Tidak hanya dalam per-izinan bisnis yang memerlukanwaktu lama dalam pengurusan-nya. Dalam sektor pelayananpublik juga sering ditemui kasusserupa. Misalnya dalam pem-buatan Kartu Tanda Penduduk(KTP), Kartu Keluarga (KK), aktalahir, dan dalam layanan kese-hatan bagi warga miskin.

    Bobroknya birokrasi di ne-geri ini juga tercermin darilaporan Transparency Interna-tional (TI) pada tahun 2010yang menyatakan bahwa cor-ruption perceptions index

    (CPI) Indonesia masih sangatrendah, peringkat ke-110 dari178 negara, dengan skor 2,8. Dikawasan Asia Tenggara, kitatertinggal jauh dengan Singa-pura (9,3); Brunei Darussalam(5,5); Malaysia (4,4); juga Thai-land (3,5).

    Polemik birokrasi ini menjadihambatan pertumbuhan Indo-nesia dalam skala makro danmikro. Pengelolaan birokrasimenjadi tidak efektif dan efisien.Pelayanan publik menjadi tidakoptimal karena prosedur biro-krasi yang berbelit, tingginyakorupsi dan pungutan liar, sertaketiadaan transparansi danakuntabilitas. Kondisi ini diper-parah dengan fakta bahwa citratersebut telah melembaga danmengakar di berbagai institusipemerintah yang seharusnyamenjadi pelayan publik.

    Bobroknya birokrasi di Indo-nesia memerlukan reformasiyang bersifat komprehensif,strategis, dan praktis. Kompre-hensif berarti perbaikan yangnantinya dilakukan harus me-nyentuh seluruh aspek darimulai kebijakan, sistem, hinggaketerlibatan orang-orang yangterlibat dalam rantai birokrasitersebut, baik dari sisi peme-rintah maupun masyarakat.Strategis berarti penerapanreformasi tersebut harus dise-suaikan dengan kebutuhan saatini dan tantangan pada masadatang. Adapun praktis berartiide dan gagasan yang telahdirumuskan harus dapat di-implementasikan dalam merom-bak birokrasi di Indonesia.

    Oleh karena itu, tidaklah mung-kin suatu kebijakan diklaim seba-gai satu-satunya solusi untukmemperbaiki permasalahan biro-krasi. Ada beberapa variabel lain

    yang juga menentukan keber-hasilan penataan birokrasi. Na-mun demikian, memang harusada satu kebijakan yang menjadisentral dari berbagai kebijakanyang lain karena memiliki kele-bihan nilai strategis. Selain itu,kebijakan tersebut memiliki pe-luang tinggi berperan sebagaipolicy catalyst dalam mem-percepat terjadinya reformasibirokrasi. Dan policy catalysttersebut adalah menerapkan ITdalam menata birokrasi.

    Wacana e-government sebe-narnya bukanlah hal yang baru.Sudah banyak beberapa negarayang telah menerapkannya.Demikian juga dengan bebe-rapa daerah dan instansi di In-donesia. Namun, institusi-institusi tersebut ternyatabelum dapat memahami e-gov-ernment dalam konteks kerang-kanya yang utuh. Fenomenayang terjadi mengesankan bah-wa e-government tidak lebihdari sekadar menggunakankomputer di kantor untuk me-ngetik dan mencetak atau mem-buat aplikasi website di internetyang dapat dinikmati olehpublik. Pemahaman tersebuthanya merupakan bagian darikerangka e-government. E-government harus dipandangsebagai sistem birokrasi yangmenuntut transparansi, akun-tabilitas, dan perubahan polapikir untuk memberikan pelaya-nan publik yang berkualitas.

    Pemerintah Kabupaten Tegaldapat mencontoh KabupatenSragen di bawah pimpinanUntung Wiyono yang telahmembuktikan bahwa teknologiinformasi sangat membantukinerja birokrasinya. Dalamperiode 2002 sampai dengan2006, dengan menggunakan

    teknologi informasi penye-rapan tenaga kerja di sektorindustri menunjukkan pening-katan dari 40.785 jiwa menjadi58.188 jiwa. Begitu juga denganinvestasi yang meningkat dari592 miliar menjadi 1,2 triliun.Peningkatan juga terjadi padajumlah perusahaan yang me-miliki perizinan (legalitas usaha)dari 6.373 perusahaan menjadi10.293 perusahaan. Demikianpula dengan Pendapatan AsliDaerah (PAD) yang jauh mele-sat dari 7 miliar menjadi sepuluhkali lipatnya.

    Survey e-government yangdiselenggarakan oleh PBB padatahun 2010 menunjukkan bah-wa masyarakat di berbagainegara memperoleh banyakmanfaat dari layanan peme-rintah berbasis IT, akses yangsangat terbuka terhadap ber-bagai informasi, pengelolaanpemerintah yang lebih efisien,dan interaksi yang sangatintensif dengan pemerintahyang merupakan ekses daripemberdayaan IT dalam laya-nan pemerintahan.

    Sebagian besar konsep e-gov-ernment kita gagal karena pe-merintah tidak pernah sungguh-sungguh memahami apa yangmereka perlukan dari pengem-bangan sebuah aplikasi. Peme-rintah hanya mengandalkanpengembangan dari pihak ketiga.Kegagalan lainnya dari peme-rintah dalam pengembangan e-government disebabkan pulaoleh kurangnya dukungan dana,mark-up anggaran, dan rendah-nya indeks pemahaman IT, baikdari staf pemerintah maupun ma-syarakatnya.

    Pemerintah Kabupaten Tegaldapat menindaklanjuti pengem-bangan e-government ini dengan

    empat strategi: perencanaan,kompetensi, infrastruktur, danpelibatan masyarakat. Strategiperencanaan adalah menyusunmaster plan pengembangan e-government Kabupaten Tegaldalam 1 tahun, 3 tahun, 5 tahun,dan 10 tahun. Strategi kom-petensi dapat dilakukan peme-rintah dengan memperbanyakperekrutan tenaga terampil ITberpendidikan D3 sebagai PNS,serta memperbanyak pelatihan ITbagi staf PNS khususnya dalambidang pengembangan aplikasidan jaringan.

    Strategi infrastruktur adalahmenggiatkan pengembanganaplikasi ataupun jaringan de-ngan basis open source atau-pun freeware. Adapun strategipelibatan masyarakat diterap-kan dengan menggandengkomunitas IT di Tegal sekitar-nya untuk bersama-sama peme-rintah mengembangkan IT danmencerdaskan masyarakat su-paya menyadari pentingnya e-government ini.

    Inilah momentum yang tepatbagi kita untuk belajar danmengembangkan kualitas laya-nan terhadap masyarakat de-ngan teknologi informasi. E-government, sekali lagi, bukan-lah cara yang paling efektif.Namun demikian, metode ininyata terbukti dapat mengu-rangi banyak hambatan biro-krasi yang terjadi dalam suatusistem pemerintahan. (*)

    Penulis adalah staf PusatData dan Sarana

    Informatika, KementerianKomunikasi dan

    Informatika. PemenangKedua Lomba Karya TulisHUT KORPRI Kabupaten

    Tegal 2011

    Biaya NikahNYONG pan melu nGresula Len lwt

    Kang RaTEG kyeh. Donge ningapa sihkok biaya nikah nang Kota Tegal larangnemen. Masa anake Pak Dene inyongdijaluki biaya nikah sampe Rp 500 ewu,malah mbakyune kancane inyongsampe Rp 800 ewu. Pdhl nang daerahliyane ora kosih samono. Kuwe tulungLen ning bs digawekena ATURANDAERAH ya kena owh Pak Walikota.Suwun kanggo Kang RaTEG atastulisan kiye dimuat.

    087730990517

    Kantor Apa PasarUM rateg tlng dimuat. Q melu ngre-

    sula kyeh. Yth Pak Camat Kramat dadinesaiki neng ngarep kantor kecamatanakeh PKLe, aja maning sing dagangewayahe jam kantor didelengna kayongra pantes, kantor pa pasar? Tlngditertibna, endah didelengna singngarep katon aja kumuh tur bersih/katon kantor kecamatan. Trims rateg.

    087730488174

    Tindak Tegas BaeSISWA SMK ora duwe adapt. Um

    Rateg, aku melu komen.. dong wingidina Sabtu esuk aku werh siswa-siswiSMK se Tegal damai jalan sante bareng,mbarang awne jebule tawurn, ana singkoprt getih ning ngarepe muspidamaning. Tindak tegas bae go siswa singtawuran, ditokna bae sing sekolahnmen kapok. Matur suwun um Rateg,jakwire rakyt Tegal.

    087830297744

    Kaya Kali BanjirOM RATEG melu usul lan ngresula.

    Aku wong purwokerto, saben minggubolak blik Pemalang-Purwokerto, dalanBelik Randudongkal-Semingkir yenudan ky kali banjir, dalan cepet rusakkarena lgka saluran drainase. Kpdadinas trkait tlung dalan dbnahi landgawe saluran drainase ben dlan awetpngguna jlan aman yen lewat udan2.TQ OM RATEG.

    087830788841

    Jangan SombongQ mau sampaikan kekecewaan q..

    Knapa yah ada guru yg masih wiyataaja dah SOMBONG, SOK PINTAR..? 1tim aja ga mau membelajari, apa lg timbuat lomba. Buat guru OR Pesayangan2 TALANG, jangan sombong, diataslangit masih ada langit....

    087830306662

    Bisane Sejen-Sejen?MELU ngresula kiye. nyvwun sewu. Pak

    Walikota ko bsane bantuan sekolah sejen-sejen? sing umahe nang kota olihe akehlah sg nang desa (kabupaten) olhe luwihcuwil. Padahal sekolahe pada nang kota.Tulung d sampekna ya om Radar. (suwun)

    085742167232

    Plat Merah Juga DiraziaYTH; Radar TegaL, SamPaiKan KepaDa

    KaPoLReSTa TegaL MaksuD dan tjuanDiaDakan Razia Stiap HaRi PaGi DanSoRe? TerKeSaN oLeH MasYaRaKaT tDkWiBaWa KoRp LaLu Lintas Merazia Truk.

    PENGUMUMANSebagai bentuk per-

    tanggungjawaban kepadapublik dan pembaca,setiap pengirim Ngresulamulai 1 Oktober 2011,nomor HP-nya akanditulis lengkap. Hal inijuga untuk menghindaripenyalahgunaan danfitnah. Demikian harapmaklum.

    Redaksi

    Kalau Bisa Kendaraan BerpLat MeRaHjuGa iKuT d RaZia! Trima kasiH HaRianRaDaR TeGaL.

    087730044540

    Sering Ora MetuASS, rateg. Tulungi kye loken Le-

    DENG NENG KAB. TEGAL kHUSUSEDesa Grogol Kec. Dukuhturi bisanesering ra metu. Pdahal mbayare ra tautlat. Pben kye!

    087730676037

    Serba Kena ParkirASS.. melu ngresula kyeh go dnas

    terkait Kab. Tegal, donge pmen c..ganing aq ftocopy kro parkir larangparkire,, dadi serba kna parkir saiki.Maturnwun Rateg.

    087730851263

    Lumrah Tanggal TuaPAN ngresula... Polmas jakwire

    wong Tegal, nggak banget dech. Masaora salah ora apa, ditilang, pdhal wisnggawa SIM, STNK, HELM, ooh. Tpora papa, lumrah wong tanggal tuwa.Mb0kan nggo bayar

    087830337734

    Kabeh MbayarYTH Rateg, aku warga Warureja pan

    ngresula. Nang Warureja ngurus KTP lakaistilah dispensasi, kabeh mbayar tapiherane Disdukcapil ngresula jare Kec ora.

    085866245276

    BPS NgawurPIMEN dongen? Honor PPLS ora

    cair2 (Bayarlah upah sblm kringatnyakring... Al Hadis) Satria pemburu Nip.

    081911534765

  • CMYK

    CMYK

    METROPOLISRADAR TEGAL

    3SENIN, 28 NOPEMBER 2011

    SERBA-SERBI

    Dalam memperingati HUT PGRIke-66 dan Hari Guru, SMAN 3

    Kota Tegal menggelar se-jumlah lomba. Kegiatan di-

    langsungkan di halaman se-kolah, Sabtu (26/11) lalu. Se-

    perti apa?

    LAPORAN: ADI MULYADI

    TIDAK seperti biasanya. Hari Sabtu diSMAN 3 nampak sepi, karena semua siswabelajar di kelasnya masing-masing denganserius. Namun waktu itu sekolah terlihatsangat ramai.

    Hampir semua siswa berada di luarruangan dan tidak mengikuti pelajaran.Demikian pula para gurunya, merekaterlihat asyik bernyanyi serta berolah raga.Sebenarnya apa yang terjadi di sekolahyang lokasinya tepat sebelah utara PasarKambing Langon tersebut?

    Selidik punya selidik, ternyata hari ituSMAN 3 sedang merayakan HUT PGRI ke-66 dan Hari Guru. Sekolah mengadakan

    lomba karaoke, diikuti jajaran guru maupunkaryawan. Kemudian untuk siswanya

    bertarung dalam lomba voli.Ketua Panitia yang juga Ketua PGRI

    Ranting SMAN 3, Salimin Spd menga-takan, dalam lomba karaoke kondisinyadibalik. Maksudnya, jika dalam hal belajarsiswa dinilai oleh guru, untuk lomba inigantian guru yang dinilai siswa.

    Para guru menyanyi. Sedangkan per-wakilan siswa yang menjadi juri. Namundemikian juri tidak sembarangan. Karenamereka adalah orang yang berkompetendalam bidangnya. Sebab mereka berhasilmenorehkan prestasi dalam bidang tariksuara.

    Sedangkan dalam lomba voli diikuti timdari kelas X dan XI putra dan putri. Padababak penyisihan, para siswa bertandingantarkelas, baik putra atau putri. Keduapemenang langsung bertanding denganjajaran guru.

    Tim putri bertanding dengan tim ibuguru, dan tim pemenang putra ber-tanding dengan tim bapak guru, imbuhSalimin.

    ADI MULYADI/RATEG

    VOLI - Kendati melawan gurunya, para siswa tidak canggung menunjukkankepiawaiannya dalam bermain olah raga voli.

    Peringatan HUT PGRI dan Hari Guru di SMAN 3

    Para Guru dan Sisa Adu Ketrampilan

    ke hal 9 kol 5

    HargaSembakoBerangsur Turun

    SETELAH sempat mengalami kenaikan, hargasejumlah kebutuhan pokok berangsur turun.Pasokan lancar dan stok terjaga, menurutpengakuan sejumlah pedagang membuat hargasembako lebih stabil dibanding sebelumnya.

    Kiki (39), pedagang di Pasar Pagi Kota Tegalmengatakan, beras misalnya, jenis IR 64 saat inidijual Rp7.850 per kilogram, dari sebelumnyaRp8.000/kg. Telur ayam ras dari Rp14.200 perkilogram, turun menjadi Rp13.750/kg, dan gula

    Potensi PengolahanFilletdiKotaTegal

    Dari Daging IkanJADI MAKANAN

    ABDIN ABROR/RATEG

    BURUH WANITA - Para buruh wanita ini terlihat sibuk memilih ikan yang dagingnya akan dibuat fillet. Pekerjaan ini mereka jalani demimembantu sang suami memenuhi kebutuhan sehari-hari.

    ke hal 9 kol 5

    PESISIR Kota Tegal sejak dulu hingga kinimemiliki potensi perikanan cukup besar. Bahkandibanding kabupten/kota di Jateng, daerahtersebut mempunyai dua Tempat Pelelangan Ikan(TPI). Salah satunya merupakan PelabuhanPerikanan Pantai (PPP).

    Setiap hari ratusan ton ikan dikirim ke berbagaiwilayah. Selain tak sedikit dikirim sampai Lampungdan Palembang. Sedang usaha lain yang ber-langsung puluhan tahun yakni pemotongan ikan

    atau disebut fillet. Daging hasil potongan ikandikirim ke Jakarta atau Bandung. Ada juga yang keSolo, Semarang, dan Purwokerto.

    Daging ikan ini umumnya sebagai bahancampuran kerupuk, bakso, nugget, empek-empekmaupun bahan makanan sejenisnya. Dalam sehari,sektor usaha yang dilakukan di Jonggor, mampumengirim puluhan ton fillet, yang dipasok darisejumlah pengusaha.

    Pernak-pernik Natal DiburuSEBULAN menjelang perayaan Natal, ber-

    bagai aksesoris khas mulai diburu. Pohon Na-tal, lampu hias, dan beragam asesoris mulaidipajang di sejumlah pusat perbelanjaan, hinggatoko untuk memenuhi permintaan masyarakat.

    Samuel (40), ketika memilih aneka hiasan Na-tal mengaku sengaja memilih jauh-jauh hari, agarsemua keperluan didapatkan dengan lengkap.Seperti tahun sebelumnya, dia mencari beberapapohon Natal berukuran kecil dan sedang,lengkap dengan aneka lampu hias serta asesorislain. Selain itu, dia membeli beberapa kado untukputra-putrinya, yang akan diberikan pada malamNatal.

    KOMODITASke hal 9 kol 1

    ke hal 9 kol 1

    MENYIKAPI rencana PemkotTegal membebaskan semua biayapendidikan bagi warga miskin,mendapat respon positif sejumlahfraksi DPRD setempat. Namundalam pelaksanaanya, harus dila-kukan pengawasan dan peman-tauan. Bahkan yang lebih penting,Pemkot menerbitkan regulasi atauaturan berkaitan program tersebut.

    Ketua Fraksi Partai DemokratDPRD, HA Satori SE mengatakan,di bidang pendidikan pihaknyamemandang perlu peraturan tegas,serta selalu diadakan pemantauandan pembinaan, agar tercapai mak-simal adanya pendidikan gratis diKota Tegal, khususnya bagi rakyatmiskin. Untuk itu, agar programpembebasan biaya pendidikan bagiwarga miskin tercapai tepat sasaran,dalam pelaksanaanya kami minta ada

    aturan tegas. Sehingga program initidak sia-sia, atau justru dinikmatisegelimitir orang saja. Namun ter-lepas dari asalnya, semua wargamiskin harus dibebaskan dari biayapendidikan.

    Sementara anggota Fraki PDIPerjuangan DPRD, Sutari SH me-ngungkapkan, pihaknya memberi-kan apresiasi setinggi-tingginyapada Pemkot, yang merencanakanpembebasan iuran biaya pendidikanbagi siswa dari keluarga miskin, padakegiatan seperti pramuka, OSIS,tutup tahun, LKS, dan biaya sekolahlain pada tahun ajaran 2012 - 2013.Kami berharap program ini dapatdilaksanakan sebenar-senarnya.Sehingga mengurangi beban biayapendidikan keluarga miskin. Untukmenyempurnakan Program Tegal

    PendidikanGratis HarusDiawasi

    PELAKU usaha kecil danmenengah di Kota Tegal saat initergolong tinggi. Berbagai usahasaat ini dijalankan di sektormikro, yang sebagian besarmengandalkan produksi hinggapemasaran secara konvensio-nal.

    Menurut Ekonom UniversitasPancasakti (UPS) Tegal, Drs HTabrani MM, ekonomi mikroatau usaha berskala kecil danmenengah, mampu bertahan darihantaman krisis ekonomi bebe-rapa tahun silam. Di sisi lain,perputaran uang di sektor ter-sebut juga tidak sedikit. Jikadikembangkan jadi lebih baik,bakal mampu membuka peluangpasar, sekaligus menciptakanlapangan kerja.

    Di sebelah utara atau wilayahpantai, sebagian besar masya-rakatnya nelayan. Apabila me-reka mampu membuat ikan dalam

    berbagai kemasan, seperti ikanasin dan sebagainya menjadilebih baik lagi. Peluang pasarterbuka lebar. Sama halnya de-ngan petambak yang sekarangmulai beralih ke rumput laut.Sebab memiliki prospek ekonomimenjanjikan.

    Sedangkan di sebelah selatan,tandasnya, terdapat industrilogam yang selama ini banyakdikenal hingga mancanegara.Sektor-sektor itu bakal menjadikekuatan besar jika disatukan.Sehingga mendatangkan pen-dapatan bagi daerah, pelakuusaha serta tenaga kerja yangada di dalamnya. Semua ituharus dilakukan dengan meli-batkan berbagai instansi terkait.

    KENDATI sudah berbulan-bulanrusak, counter down traffic light dipertigaan Hotel Pramesti hingga kinibelum diperbaiki. Akibatnya parapengguna jalan merasa kurangnyaman ketika melintas di jalurtersebut.

    Seperti diungkapkan seorangpengguna jalan, Heri (33) wargaJalan Flores Gang 1 RT 5 RW 7Panggung Tegal Timur. Menu-rutnya, matinya counter down dipertigaan Pramesti sangat meng-ganggu perjalanan. Sebab, peng-guna jalan tidak bisa mengira-ngirakapan harus jalan atau berhenti ditraffic light tersebut.

    Memang, traffic light-nya sendiri

    masih menyala. Namun demikianapabila pengguna jalan dari arahtimur dan berhenti disitu, tidak jelasmeleihat lampu. Karena kendaraanyang melintas besar-besar sehinggamenutupi pandangan mata.

    Kalau sepi sih enak saja. Tapikalu pas lagi padat dan banyakkendaraam besar, trafic light tidakkelihatan. Jadi kami tidak tahuapakan lapu sudah hijau atau merah.Berbeda jika counter down-nyamenyala. Kami bisa memperkirakanberapa detik lagi harus jalan,tandasnya Minggu (27/11).

    Dia mengatakan, hampir setiaphari melintas di jalur tersebut karena

    ke hal 9 kol 5

    ADI MULYADI/RATEG

    MATI - Counter down di pertigaan hotel Pramesti rusak sudah cukuplama. Tapi pihak terkait hanya membiarkan dan tidak diperbaiki.

    Counter Down RusakMasih Dibiarkan Saja

    ke hal 9 kol 1

    Tabrani: Kembangkan Ekonomi Mikro

    DOK.RATEG

    Drs H Tabrani MM

    ke hal 9 kol 5

    DOK/RATEG

    MENUNGGU PEMBELI - Dua pedagang sembakotengah menunggu pembeli datang.

  • SENIN28 NOPEMBER 2011

    PEMALANGRADAR TEGAL

    4PENTOL RAH

    DEDI MUHSONI/RADAR PEMALANG

    BAKSO MOTOR - Udin (28) pedagang bakso kelilingmenggunakan gerobak motor.

    SisaHasil JualBaksountukSetoranMotor

    PEMALANG - Dengan berbekal sepeda motor yang masih cicilanalias kreditan, Udin (28) warga asli Desa/Kecamatan LimpungKabupaten Batang memberanikan diri berkeliling di tengah derasnyapersaingan para penjual bakso di wilayah Kabupaten Pemalang.

    Udin (28) merupakan sosok pemuda rajin yang pantang menyerahmeskipun hanya lulusan sekolah dasar di Batang, dia datang keKabupaten Pemalang sudah 2 tahun lalu mengikuti jejak sang kakakmenjual baso keliling. Tetapi apa yang dilakukan oleh kakaknya sedikitberbeda dari dirinya, sebab kakaknya hanya berkeliling menggunakangerobak dorong.

    Menurutnya, hasil keliling setiap harinya, dia mampu menghabiskanbakso sebanyak 2-3 kilogram dalam sehari. Hasil yang didapatkanyapun fantastis antara Rp 50-60 ribu perhari setelah dipotong modaldan bensin.

    Dari pada menggunakan gerobag dorong mendingan pakai sepedamotor, hasilnya lebih baik dan menghemat tenaga, katanya kemarin.

    Jenis bakso yang ditawarkan hampir sama dengan bakso padaumumnya, tetapi citra rasa baso yang ditawarkan setiap pedagangmerupakan perbedaan khusus setiap para pedagang. Rahasia bumbubakso dari kakaknya yang kini dipakainya untuk berjualan bakso,sebab dari berbekal ramuan bakso milik kakanya sudah dipercayabanyak orang, terbukti meskipun kakaknya menggunakan gerobakkeliling mampu memikat para langganan yang setia.

    Menurut Udin, penghasilan Rp 50 ribu-60 ribu perhari bukanpenghasilan tetap, jika masih mujur dengan pesanan yang seringterjadi di tempat hajatan maupun acara hiburan rakyat, bakso yangdijualnya cepat habis. Sehingga tak jarang dia pun menambahdaganganya dengan cara menghubungi persedian bakso milikkakaknya.

    Udin mengaku, hasil dari jual baso keliling saat ini bisa untukmembayar cicilan kendaraan roda duanya tanpa keterlambatan,bahkan masih bias menyisihkan untuk ditabung.

    Hasil keuntungan yang didapat selain untuk keperluan menyicilsepeda motor juga masih bisa ditabung, ungkapnya. (ddm)

    PENDIDIKAN

    Barang BuktiRp 15.110.000Diamankan

    PEMALANG - Empat ter-sangka pengedar Uang Palsu(Upal) diciduk Satuan ReskrimPolsek Pemalang, Jumat (25/11)kemarin. Dari tangan mereka,polisi mengamankan barangbukti berupa uang pecahanseratus ribuan dan lima puluhribuan dengan jumlah Rp15.110.000.

    Kapolres Pemalang AKBPWawan Muliawan SH SIK MHmengatakan, pada hari Jumat(25/11) sekitar pukul 19.00 WIBtersangka Khamim membelan-jakan uang palsu pecahanseratus ribuan di warung kelon-tong milik Bambang (33) di DesaSungapan Kecamatan Taman,namun karena mencurigakantersangka diajak masuk kewarung, ternyata dari kantongcelana milik tersangka terdapat

    uang palsu sebanyak Rp5.790.000. Akhirnya tersangkatersebut dilaporkan ke PolsekPemalang, dari tersangka Kha-mim kemudian dilanjutkan de-ngan pengembangan yangmengarah ke tiga tersangka.

    Dari keterangan salah satutersangka, uang palsu tersebutdia membeli di Jakarta. Untukdilakukan pengembangan se-lanjutnya tersangka saat inidiamankan di sel tahanan Pol-res Pemalang, katanya

    Keempat tersangka tersebutdi antaranya, Khamim (45)berprofesi sebagai tukang jahitmerupakan warga RT 06/01Desa Wangkelang KecamatanMoga. Barang bukti uang palsusebanyak Rp 5.790.000 berupauang palsu pecahan seratusribuan sebanyak 20 lembar,uang palsu pecahan lima puluhribuan sebanyak 74 lembar,uang palsu pecahan dua puluhribuan sebanyak 3 lembar, danuang palsu pecahan sepuluhribuan sebanyak 3 lembar.

    Tersangka kedua yaitu Su-ripto (48) warga Jalan Benga-wan Solo RT 01/05 KelurahanKebondalem Kecamatan Pema-lang dengan barang bukti beru-pa uang palsu sebesar RP3.000.000 terdiri dari uang palsupecahan lima puluh ribuansebanyak 60 lembar.

    Sementara itu, tersangkaketiga Endro Waluyo (48)warga RT 02/02 Desa PanggaritKecamatan Taman dengan ba-rang bukti uang palsu sebesarRp 4.770.000 terdiri dari uangpalsu pecahan seratus ribuansebanyak 14 lembar, uang palsupecahan lima puluh ribuansebanyak 59 lembar, dan peca-han dua puluh ribuan sebanyak21 lembar. Dan tersangka keempat yaitu Purwanto Warjo(51) pekerjaan tukang jahitwarga Jalan Paga Desa Bina-ngun Kabupaten Banjar pro-pinsi Jawa Barat dengan barangbukti berupa uang palsu sebe-sar Rp 1.550.000 yang terdiridari uang palsu pecahan lima

    puluh ribuan sebanyak 31 lem-bar.

    Sementara itu, menurut pe-ngakuan salah satu tersangkabahwa untuk mendapatkanuang palsu tersebut melaluiseorang temanya yang ada diJakarta, dengan cara membeliuang palsu Rp 4 juta ditukar

    Polisi Ciduk EmpatPengedar Upal

    dengan uang asli sebesar Rp 1juta.

    Uang palsu sebanyak itunantinya dijual lagi menjadi Rp3 juta uang palsu ditukar de-ngan uang asli Rp 1 juta, jadisaya masih punya keuntunganuang palsu Rp 1 juta, katanyakemarin. (ddm)

    DEDI MUHSONI/RADAR PEMALANG

    UPAL - Usai pemeriksaan, empat pelaku pengedar Uang Palsu(Upal) memperlihatkan barang bukti berupa uang palsunya.

    Resepsi HGN danHUT PGRI ke-66

    PEMALANG Sejumlahguru TK, SD, SLTP dan SLTAnegeri dan swasta di KecamatanPemalang mengikuti MalamResepsi Peringatan Hari GuruNasional (HGN) dan HUT Per-satuan Guru Republik Indone-sia (PGRI) ke-66 tahun 2011 dipendopo Kecamatan Pemalang,Sabtu malam (26/11).

    Acara peringatan yang dise-lenggarakan oleh PGRI CabangPemalang, kali ini dimeriahkanpagelaran Wayang Kulit de-ngan dalang Ki Kusnadi SPdguru SMP Negeri 5 Pemalangasal Dukuh Suwuk Desa KutaBantarbolang. Hadir pula WakilBupati Pemalang Mukti AgungWibowo ST.

    Juga tak ketinggalan KetuaPD PGRI Kabupaten PemalangSugianto SH, Sekretaris Dindik-pora Hargito, Ketua PGRI Ca-bang Pemalang SuharsonoSpd, Kepala UPPK Drs C Su-wito, Camat Pemalang Syai-fudin Hambali, Muspika danAnggota DPRD Komisi A DrsSantoso MM MSi dan sejumlahtamu undangan lainnya.

    Wakil Bupati Pemalang Muk-

    ti Agung Wibowo ST dalamsambutannya memberikan apre-siasi atas terselenggaranyaacara malam resepsi peringatanHGN dan HUT PGRI ke 66 yangdilaksanakan oleh PGRI CabangPemalang.

    Menurut Wabup bahwa gu-ru itu adalah seorang yangsangat dihormati dan tugasguru merupakan tugas yangsangat mulia yaitu memberikanhal-hal yang baik kepada anakdidiknya dengan sabar mem-berikan bimbingan kepada anak.Sehingga tingkah laku guruakan selalu digugu lan ditiru.

    Tugas mulia guru dalammencerdaskan kehidupanbangsa seorang guru dituntutharus professional dan memilikikompetensi sebagai konse-kuensi dalam melaksanakankewajibannya sebagai seorangguru dalam mendidik dan mem-bimbing anak didiknya. Olehkarena itu Wabup menegaskanprofesionalitas dan kompetensiyang dimilki oleh seorang guruharus benar benar dilaksa-nakannya dengan baik.

    Profesional dan kompen-tensi yang dimiliki oleh gurukami minta harus benar-benardikuasai harapanya agar pendi-dikan kita ini akan semakin

    GUS P/RADAR PEMALANG

    POTONG TUMPENG - Wakil Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo ST disaksikan Ketua PD PGRIKabupaten Pemalang Sugiyanto SH dan Ketua PGRI Cabang Pemalang Suharsono, memotongtumpeng dalam acara malam resepsi peringatan hari guru dan HUT PGRI ke 66.

    Guru Harus Profesional dalam Bertugasmaju, katanya.

    Sementara Ketua PGRI Ca-bang Pamalang Suharsono SPdmengatakan, kegiatan malamresepsi peringatan HGN danPGRI ke 66 dengan menye-lenggarakan pagelaran wayangkulit dengan dalang Ki KusnadiSP guru SMP Negeri 5 Pema-lang ini tujuannya untuk me-nguri-uri budaya adi luhungdengan lakon Semar MbangunSanggar sesuai jadi diri PGRIyang di Kecamatan Pemalang.Sekaligus untuk meningkatkankinerja para guru menuju profe-sionalisme sesuai dengan peme-rintah.

    Mari kita tingkatkan kinerjaguru guna menuju profesiona-lisme guru sesuai harapan kitasemua, tegasnya.

    Dalam rangkaian acara malamresepsi, sebelumnya KetuaPGRI Cabang Pemalang Suhar-sono SPd menyerahkan danasantunan kepada anak-anakyatim piatu sebanyak 15 orang.Setelah itu sebagai rasa syukurditandai dengan acara pemo-tongan tumpeng yang dila-kukan oleh Wakil Bupati yangdiserahkan kepada guru ter-muda dan dilanjutkan denganacara penyerahan hadiah kepa-da para pemenang lomba. (apt)

    TAMAN - Sudah 59 tahunupacara sakral berupa larungsesaji sedekah laut di TempatPelelangan Ikan (TPI) Asem-doyong Kecamatan Tamanbaru kali ini dihadiri oleh bupati.Upacara tersebut merupakantradisi turun-temurun wargasetempat dengan cara mem-buang sesaji ke tengah laut agarkelak mendapat keberkahan.

    Minggu (27/11), ribuan orangmemadati TPI AsemdoyongKecamatan Taman untuk meli-hat prosesi upacara sedekahlaut. Tiga perahu miniatur yangberisi sesaji kepala kerbau sertaperlengkapanya, secara sim-bolis diserahkan langsung olehBupati Pemalang H Junaedi SHMM kepada nelayan setempatuntuk dibuang ke tengah laut.

    Acara bertambah meriah ka-rena tiga perahu miniature yangdiberi nama Garok, Contrang,dan Gemplo tersebut diarak daribalai desa setempat diiring parapenari tadisional dan mar-chingband. Bahkan, ratusanperahu nelayan yang sudahdihiasi dengan ronce-ronce dansound sistem sudah menantiuntuk mengawal sesaji yangbakal dibawa ke tengah laut.

    Ketua Panitia Pelaksana,Mahmud (55) mengatakan,upacara larung sesaji ataudikenal dengan sedekah laut diTPI Asemdoyong sudah 59tahun baru pertama kalinyadihadiri oleh bupati, meskipunkegiatan tersebut dibiayai de-

    ngan swadaya para pemilikkapal nelayan yang menelanbiaya sebesar Rp 102.35.000.

    Menurutnya, nelayan meru-pakan mata pencaharian wargapesisir, sehingga memohonkepada pemerintah setempatagar mempermudah Surat ijinPenangkapan Ikan (SIPI).

    Sudah 59 tahun, upacarasedekah laut dihadiri oleh bu-pati, dan alhamdullilah mudah-mudahan dalam perjalanankedepan ada keberkahan untukpara nelayan, serta kami memo-hon kepada pemerintah setem-pat agar mempermudah untuksurat-surat perijinan melaut,jelasnya.

    Dalam kata sambutannya,Bupati Pemalang H Junaedimengatakan, kegiatan paranelayan untuk menangkap ikanmerupakan nilai tambah bagiperekonomian masyarakatPemalang. Tidak hanya itu,ungkapan kebahagiaan bagipemerintah kepada para nelayandengan adanya acara sedekahlaut yang selalu dilaksanakansetiap tahunnya.

    Menghimbau kepadanelayan dan masyarakat yangmengikuti iring-iringan kapalnelayan membawa sesaji ketengah laut agar berlaku tertib,kapasitas penumpang harusdicermati tidak boleh terlalubanyak, sementara itu mengenaiperijinan kapal nelayan akandibantu oleh pemerintah,katanya kemarin. (ddm)

    Sudah 59 Tahun UpacaraLarung Sesaji BaruSekarang Bupati Hadir

    DEDI MUHSONI/RADAR PEMALANG

    SESAJI - Secara simbolis Bupati Pemalang H Junaedi SH MMmenyerahkan sesaji berupa miniatur perahu kepada nelayanTPI Asemdoyong dalam acara sedekah bumi.

    Dindikpora Jamin PembangunanPerpusSDSelesai

    PEMALANG - Pembangunan gedung perpusatakaan di sejumlahSD hingga kini terkendala anggaran sehingga belum seluruhnyaselesai untuk dimanfaatkan mengingat pula sarana dan prasaranajuga minim. Namun sekarang ini, Dinas Pendidkan Pemuda dan OlahRaga (Dindikpora) Kabupaten Pemalang mempercepatpembangunannya agar cepat selesai dan dimanfaatkan untuk aktivitassiswa. Kabar ini disambut riang gembira para guru dan murid yanggedungnya belum selesai.

    Dilanjutkannya, pembangunan gedung perpustakaan sekolah dasardibenarkan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga (Dindikpora)Kabupaten Pemalang Drs Sapardi MSi melalui Kasi Sarana danPrasarana Sekolah Dasar Olap Suwarso SPd.

    Pembangunan tersebut dialokasikan khusus kepada gedungperpustakaan yang pada tahun 2010 belum terselesaikan, yaitudengan menggunakan Dana Insentip Daerah (DID) 2011.

    Nilai anggaran untuk melanjutkan pembangunan, menurut olapsangat bervariatip yaitu antara Rp 10 juta- Rp 20 juta tergantung darikondisi gedung. Ditegaskan, pertengahan bulan Desember 2011mendatang diharapkan pekerjaannya harus terselesaikan.

    Semua gedung perpustakaan yang belum difinishing, melaluianggaran DID 2011 pekerjaan tersebut dilanjutkan dengan nilaibervariasi tergantung kondisi gedung, dan di tegaskan untukpertengahan bulan Desember 2011 mendatang agar terselesaikan,katanya kemarin.

    Dilanjutkanya kembali pembangunan perpustakaan disekolahnyasangat dinantikan para guru dan murid. Sebab, kondisi perpustakaanyang masih baru, tetapi sebelumnya belum bisa ditempati dengansempurna karena sarana dan prasarananya belum memadai.Kegembiraan tersebut nampak pada Hery (31) guru SD Negeri AmboKulon Kecamatan Comal ketika mendengar gedung perpustakaanyaakan diperbaiki.

    Kondisi perpustakaan pada bulan sebelumnya belum di keramik,bahkan kondisi tembok pun belum dihaluskan (aci). Sementara langit-langit perpustakaan juga belum diternit. Tetapi alhamdulilah saat inikondisi gedung sudah diperbaiki lagi dengan sarana dan prasaranayang memadai, katanya kemarin. (ddm)

  • TEGALMETROPOLISRADAR TEGAL

    5SENIN28 NOPEMBER 2011

    AGENDA HOTELHOTEL KARLITARabu dan Sabtu, Show DJ and Dancer Performance pukul 23.00-03.00 WIB di Zodiak Discotheque dan VIP Karaoke.

    HOTEL BAHARI INN Tegal- Setiap HariLive Musik di Cafe Nelayan, Mulai Jam 19.00 WIB- SabtuHappy Our di Musro Diskotik, Jam 20.00 - 03.00 WIB

    RIEZ PALACE HOTEL- Senin sampai Sabtu

    Pick up service Gratis. Layanan antar jemput gratis setiaphari kerja. Dari atau ke Stasiun KA & Terminal Bus TegalSpesial menu at abunawas resto Afternoon Tea & Pick UpService

    Hotel dan HiburanHotel Bahari Inn Tegal (0283) 343399Hotel Karlita (0283) 358050Orange Karaoke (0283) 322022Riez Palace Hotel (0283) 353773, hunting (0283) 358978Flash Family Karaoke & Cafe (0283) 321284Ajam Goreng Spesial Lombok Idjo- Gerbang Mas Bahari Water Park (0283) 341740 Jl. DR. Wahidin - Pesurungan Lor- Jl. Karanganyar No. 21A Kejambon (0283) 342330 (0283) 342331- dPOSO resto (0283) 6144277

    TELEPON PENTING1. Pemadam Kebakaran (0283) 3254292. Pelayanan Gangguan PLN (0283) 3563713. Polresta Tegal (0283) 3561154. Rumah Sakit Umum Kardinah (0283) 356067 / 3419385. Pelayanan Gangguan PDAM (0283) 356175 / 3583166. Stasiun Besar Tegal (0283) 3530187. Terminal Bis Tegal (0283) 354696 / 3546958. RSI Harapan Anda Kota Tegal (0283) 358244

    BUS PARIWISATA DEDY JAYATeman Setia Dalam PerjalananLutfi Ghozali,SH : 085741888835Ratno Robani,SH : 081391444447 / 0819 023 4444 7Office:Jalan Raya Cimohong Bulakamba Brebes Phone : 0283 877668: Fax: 0283 877 866

    RALATPENGUMUMAN LELANG ULANGEKSEKUSI HAK TANGGUNGAN

    Menunjuk Pengumuman Lelang UlangEksekusi Hak Tanggungan melalui SKHRadar Tegal tertanggal 25 Nopember2011, dengan ini disampaikan ralatsebagai berikut :

    TertulisHarga Limit Rp. 220.500.000,- UangJaminan Rp. 41.000.000,-Seharusnya Tertulis :Harga Limit Rp. 220.500.000,- UangJaminan Rp. 44.100.000,-

    Demikian disampaikan guna menjadiperhatian.

    Tegal, 28 Nopember 2011 Ttd.

    PT. Bank CIMB NIAGA Tbk

    MesinKetikManualNasimbuKiniERA komputer atau ada yang menyebut sebagai era digital seperti

    sekarang, memaksa sejumlah barang menjadi benda bernilai klasik.Dalam hal penggunaan kalah jauh, sehingga harus terpinggirkan.Contohnya mesin ketik manual, yang kini harus digantikan denganperalatan lebih canggih yang dinamakan komputer. Seluruh data bisadisimpan dengan baik. Selain itu, pekerjaan pengetikan dan sejensinyadapat cepat, tanpa menimulkan bunyi agak berisik tak-tik.... tak-tik..... yang biasa dikeluarkan mesin ketik manual.

    Lalu bagaimana nasib mesin ketik sendiri? Meski sudah tergantikan.Tapi sebagian pemilik lebih memilih menyimpannya. Walaupun begitu,ada yang memilih melempar mesin manual hingga ke Jalan Jati. Sebuahlokasi yang banyak menjual barang-barang purna pakai.

    Menurut pedagang di tempat itu, Adi Nugroho, disamping mesinketik manual, di situ menjual mesin ketik elektrik. Barang-barangtersebut dibeli dari orang kantoran. Sedang soal harga bergantungnego. Kalau penjualan menunggu apabila ada yang berminat. (din)

    DAU SebesarRp334,8 Miliar

    SESUAI hasil rapat danatransfer daerah, pada tanggal16 sampai 17 November 2011 diJakarta. Untuk tahun 2012,Pemerintah Kota (Pemkot) Tegalmendapatkan Dana AlokasiKhusus (DAK) sebesarRp30.554.770.000. SedangkanDana Alokasi Umum (DAU),Pemkot memperoleh Rp334.-819.065.000.

    Hal ini dikatakan Wali KotaH Ikmal Jaya SE Ak. Menu-rutnya, DAK sebesar Rp30.-554.770.000 dengan rincianuntuk pendidikan Rp7.448.-810.000, kesehatan Rp9.348-.350.000, infrastruktur jalanRp5.482.830.000, infrastruktur

    M SAEKHUN/RATEG

    CEK SEKOLAH - Untuk mengetahui kondisi sekolah, terutamayang akan mendapat DAK bidang pendidikan, Komisi I DPRDKota Tegal beberapa waktu lalu melakukan peninjauan.

    DAK Tahun 2012Mencapai Rp30,554 M

    air minum Rp718.600.000, in-frastruktur sanitasi Rp1.945.-160.000, kelautan dan perikananRp3.510.950.000, lingkunganhidup Rp744.250.000, keluargaberencana Rp702.360.000, dankeselamatan transportasi daratRp653.460.000. Untuk DAU ta-hun 2012 mengalami kenaikanRp61.208.358.000. Karena tahun2011 DAU Kota Tegal Rp273.-610.707.000. Sedangkan tahun2012 DAU yang kami dapatRp334.819.065.000.

    Untuk DAK tahun 2012, tam-bah Ikmal berkurang Rp2.243.-230..000. Dengan rincian, pen-didikan berkurang Rp2.088.-690.000, infrastruktur air minumberkurang Rp59.000.000, dankeluarga berencana berkurangRp95.540.000. Untuk DAKyang berkurang kami mengu-

    sulkan, agar kegiatannya tetapsesuai yang direncanakan da-lam draf RAPBD 2012, denganpengalokasian anggaran DAUmenambah kekurangannya.

    Di tempat terpisah, KetuaFraksi PDI Perjuangan DPRD,Kusnendro ST menyetujuilangkah penambahan anggarandari pos DAU, guna menutupkekurangan anggaran pada ke-giatan DAK yang direncana-kan. Tapi pos pendapatan ang-gran DAK, ternyata berkurang.

    Kami minta Pemkot menin-daklanjuti penyusunan kajianterhadap potensi pendapatanyang sedang dilakukan dewan.Sehingga akan terlihat seberapabesar potensi PAD yang dimiliki.Termasuk langkah seperti apamelakukan intensifitas dan eks-tensifitas PAD, paparnya. (hun)

    MEMPERINGATI tahun ba-ru Islam 1 Muharam 1433 H,Yayasan Ass-Sholikhin KotaTegal memberikan santunankepada puluhan anak yatim.Mereka yang menerima san-tunan adalah anak yatim non-panti, yang berda di 27 kelura-han se-Kota Tegal.

    Kegiatan sosial itu dilang-sungkan di Jalan Kartini Nomor34, Minggu (27/11). Kegiatanjuga diisi tausiyah dengan temaMembongkar Rahasia JalanCepat ke Baitullah, disampai-kan oleh Direktur ArminarekaPerdana Jakarta RR Tedi Mau-lana Skom.

    Ketua penyelenggara M Pra-mudiyono AR SIP mengatakan,jumlah anak yatim yang mene-rima santunan sebanyak 80 or-ang. Mereka adalah anak-anakyatim yang tidak dikelola ataudiurus oleh panti. Artinya,anak-anak yatim yang berada dirumah warga. Ke-80 anak itudari warga 27 kelurahan se-KotaTegal. Kami mempunyai dataanak yatim yang nonpanti. Ku-rang lebihnya sekitar 300 anaksudah masuk pada daftar.

    Menurutnya, santunan yangdiberikan berupa uang dan ma-kanan. Untuk tahun ini, Yaya-san Ash-Sholikhin sudah kalikedua memberi santunan ke-pada anak yatim nonpanti.Pertama dilaksanakan pada HariRaya Idul Fitri 1432 H lalukepada 120-an anak, dan yangkedua hari ini (kemarin). Terkaittujuan kegiatan, Pramudiyonomenerangkan bahwa ajaran aga-ma Islam memerintahkan me-nyantuni anak yatim. Karenaitulah, yayasan selalu konsenterhadap perintah tersebut. Se-lain itu memberi contoh padamasyarakat umum, untuk peduliterhadap keberadaan anak ya-tim.

    Sementara Sekretaris Yaya-san Ash-Sholikhin, Drs TotokSubagyo menambahkan, kegia-

    tan sosial semacam ini sudahmenjadi agenda rutin tahunanyayasan. Dalam satu tahun ku-rang lebihnya tiga kali mem-berikan santunan kepada anakyatim nonpanti. Sumber danayang kami peroleh dari para do-natur. Mereka adalah masyara-kat yang perduli dengan kebe-radaan anak yatim. Sejauh inidonaturnya kebanyakan dariorang-orang Jakarta, ujarnya.

    Diterangkan, program Yaya-san Ash-Sholikhin fokus terha-dap kegiatan sosial, denganmenyantuni anak yatim danmemberi bantuan kepada kaumdhuafa. Namun demikian, lanjutdia, ke depan yayasan beren-cana mendirikan madrasah ataupondokan. Bahkan terkait danasudah disiapkan. Saat ini hanyatinggal mencari tanah gunamendirikan bangunannya. Sete-lah itu berdiri, artinya YayasanAsholikhin juga bergerak dalambidang pendidikan. Hal inidilakukan sebagai bentuk danupaya mensukseskan programpemerintah. Di antaranya pe-ngentasan kemiskinan danmencerdaskan generasi pene-rus.

    Sedikit menceritakan sejarah,yayasan ini didirikan sekitar ta-hun 1990-an oleh LuwiyanaSugih Mulyo. Setelah berjalanbeberapa tahun dan pendiri me-ninggal, yayasan diteruskandengan pembentukan pengu-rus baru. Saat ini yang menja-bat sebagi Ketua Yayasan Ash-Sholikhin Budiono ASD BScdengan Sekretaris saya sendiri.Sedangkan pembinanya adalahKH Saefuddin ZM MP Ag.

    Dia berharap yayasannyadapat menjadi media berko-munikasi untuk membantuanak-anak fakir miskin agar ti-dak terlantar. Sebab saat seka-rang masih banyak anak-anakyatim atau fakir miskin yangtidak terurus oleh yayasan ataupanti manapun. (adi)

    Muharam, 80 AnakYatim Terima Santunan

    ADI MULYADI/RATEG

    SIMBOLIS - Bendahara Yayasan Ash-Sholikhin, Hj Wuryaningrum, secara simbolis memberikansantunan kepada perwakilan anak yatim nonpanti.

    MESKI dengan peralatansederhana, Dahuri (50), yangsehari-hari berkerja mencariikan di pinggiran pantai, nekadmenjaring di tempat cukupberbahaya.

    Tepatnya di pintu masukdermaga Pelabuhan PerikananPantai (PPP) Jongor, KelurahanTegasari Kecaman Tegal Barat.Pekerjaan ini dilakukan dengantanpa alat pengaman sedikitpun.

    Sambil berjalan kaki, pria initerus menebarkan jaring.

    Menjaring Ikan Tanpa PengamanKadang yang didapat bukanikan, melainkan potongan kawatatau barang bekas sejenisnya.Kalau ada yang terjaring hanyasatu-dua ekor ikan. Itu puntidak besar, dengan penuhkesabaran Dahuri terus bekerja.Sudah biasa, Mas, ucapnyasaat ditemui tidak jauh darilokasi pengeringan ikan TPIJongor, Minggu (27/11).

    Dalam sehari dia mengakumendapat 1 sampai 2 kilogramikan. Ada juga udang, ikanblanak, sembilang maupun

    kong-kong atau malah ikankiper.

    Ikan hasil menjaring sebagianuntuk lauk, sebagian dijual kepasar. Usaha ini dilakukansudah lama. Dari satu lokasipindah ke tempat lain. Inilahprofesi yang dijalani Dahurisebagai penjaring ikan yangdijalani penuh kesetiaaan, takkenal lelah.

    Kadang dapatnya bukanikan tapi ular, dan ular yangmasuk dalam jaring langsungsaya buang. (din)

    PEMBANGUNAN rumah su-sun sederhana sewa (rusu-nawa) di Jalan Sawo Barat Kra-ton Tegal Barat, mulai perte-nghan bulan November 2011telah dimulai. Bahkan secararedmi Walikota Tegal H IkmalJaya SE Ak pada hari Jumat (11/11) lalu, melakukan peletakanbatu pertama. Sesuai prediksiseluruh bangunan dua twinblok rusunnawa tersebut bakalterselesaikan dalam waktudelapan bulan. Atas dasar ter-sebut, keberadaan Perda atauPerwalkot yang mengatur tek-nis pemanfaatan Rusunawasudah sangat mendesak. Agarkeberadaan Rusunawa akanbermanfaat, dan tidak menjadikawasan kumuh baru.

    Anggota Komisi III DPRDKota Tegal, Rofii Ali menga-takan, sesuai hasil KunjunganKerja (Kunker) ke Kota Jog-jakarta, ternyata pengelolaanRusunawa menggunakan Per-da, yang dijabarkan melaluiPerwalkot yang bebeda-beda.Masyarakat penghuni Rusuna-wa lama tinggalnya jugadibatasai, maksimal 3 tahun danhanya bisa diperpanjangselama 1 tahun. Sehingga tidakbisa menetap selamanya, apa-lagi menjadi hak milik.

    Saat ini pembangunan Ru-sunawa dua twin blok, denganmasing-masing twin bloknyaterdapat 96 petak denganukuran per petaknya samadengan rumah type 24 dengan

    ukuran 4,5 x 5,4 meter. Sehinggaagar tidak semrawut dalam pe-manfaatan atau pengelolaanya,kami mendesak agar Pemkotsecepatnya menerbitkan Perdaatau Perwalkot.

    Dijelaskan Rofii, penghuniRusunawa juga mendapat pem-binaan, dalam rangka penca-

    Pemkot Harus Terbitkan Perda-Perwalkot

    paian hidup mandiri . Sehinggadiharapkan, setelah menempatiRusunawa maksimal 4 tahunmereka bisa memiliki rumahsendiri. Langkah ini dirasaperku ditiru, agar keberadaanRusunawa nanti bukan menjadikawasan kumuh baru atau kos-kosan. Aturan pemanfaatan

    atau pengelolaan harus tegas,jangan sampai keberadaanRusunawa justru akan jadi kos-kosan, jelasnya.

    Sebelumnya, Abdullah Sung-kar SE ST, kebijakan perumahankeluarga kurang mampu, harusmendapat kontrol maksimal. Halini terkait rencana pembangu-nan Rusunawa, yang berada disebelah barat Kantor Keca-matan Tegal Barat, atau tepat-nya di Kelurahan Kraton. Jikatidak, dikhawatirkan justru jadikawasan baru. Padahal tujuanpembangunan Rusunawa, demimengurangi kawasan kumuh diperkotaan.

    Dalam pemanfaatannya,kami minta Rusunawa benar-benar sesuai tujuan awal. Bukanasal-asalan. Apalagi untuk kos-kosan ataupun penampungwarga luar kota. (hun)

    ADI MULYADI/RATEG

    BATU PERTAMA - Wali Kota Tegal H Ikmal Jaya SE Ak, ketikameletakkan batu pertama sebelum dimulainya prosespembangunan rusunawa beberapa waktu lalu.

    ANTIK

  • SENIN28 NOPEMBER 2011

    SLAWIMETROPOLISRADAR TEGAL

    6

    Membongkar Radikalisme AgamaDari HalaqohUlamaSe KabupatenTegal

    SLAWI - Mulai tahun 2000-2011 Indonesia diguncang olehserangkaian peristiwa bom dise-jumlah tempat. Lalu apakah iniyang dilakukan oleh umat islamatau hanya sekelompok gerakanyang telah diidentifikasi polisibahwa pelaku bom masih salingterkait dengan peristiwa ter-dahulu seperti Negara IslamIndonesia (NII) kelompok islamgaris keras dan lainnya.

    Bertempat di gedung rakyatSlawi, RMI NU KabupatenTegal mengadakan khalaqohUlama se Kabupaten Tegal,dengan tema Revitalisasi Tra-disi NU dan pengaruh gerakantrans Nasional di Idonesiadengan narasumber, Rois Syu-riah PBNU, Prof DR Masdar FMasudi, mantan anggota Jama-ah Islamiyah (JI) Nasir Abas,dan Pakar Hukum Tata NegaraUndip, Hasyim Asyari.

    Halaqoh ulama yang dimotorioleh RMI NU Kabupaten Tegaltersebut di moderatori DrsMuslih MSI. Dalam meng-awalinya Muslih menyampai-kan bahwa dalam sejarahnya

    mulai dari zaman Ali bin Abi-thalib sudah pernah terjadipertentangan antar kelompokislam, yakni khowarij dan syiah.Fenomena dunia modern se-perti sekarang ini tidak lepasdari sejarah masa lalu, yangmana sekarang muncul propa-ganda dari negara-negara barat,sampai memunculkan islamgaris keras dan teroris.

    Sebelum sampai ke pem-bahasan islam dan NU sendiriseperti apa melakukan komit-mennya kepada negara Indone-sia. Mantan anggota JI, NasriAbas diberikan waktu terlebihdahulu untuk menceritakantentang apa yang dilakukan JI.

    Menurut Nasir Abas, JI itu

    FATKHUROHMAN/RADAR SLAWI

    KHALAQOH ULAMA Saat Nasir Abas, mantan anggota Jamaah Islamiyah menceritakan sejarahberdirinya JI di Indonesia, pada saat halaqoh ulama di gedung Rakyat Slawi.

    berasal dari NII, dimana di-dalamnya mempunyai tiga wi-layah garapan, yakni masalahekonomi yang mengurusi pem-biayaan kelompok, wilayahmiliter dan wilayah yang akandigarap yang menurut JI ber-tentangan dengan yang difahaminya, termasuk salahsatunya Indonesia.

    Anggota JI belajar militer diafganistan, yang dilakukannyasekarang ini adalah melakukangerakan militer dengan me-nyerukan aksi pembalasanpembunuhan kepada amerikaataupun sekutunya. Hal inikarena masalah yang dialamiOsama bin Laden. Ia menjelas-kan, JI sekarang ini sukanya

    mengkafirkan orang-orang ya-ng tidak sepaham dengannyatermasuk dirinya juga pernahmengkafirkan orang NU.

    Yang dilakukan JI di NKRI iniadalah masuk melalui pendidikanseperti ponpes, dakwah denganmenggunakan bakti sosial, danmiliter caranya membela orangislam. Yang saya lakukan se-karang ini adalah berusahameluruskan teman-teman sayabahwa yang dilakukan JI itu tidakbenar, katanya.

    Narasumber ke dua, HasyimAsyari yang menyampaikantentang relasi dan silam di In-donesia: pengalaman NU,menjelaskan, bahwa titikkonflik yang menonjok di In-

    donesia di antaranya diwarnaioleh relasi negara dan agama.Konflik ini dapat melibatkanantara otoritas negara versuswarga negara dan konflik antarwarga negara.

    Hasyim Asyari menceritakantentang sejarah NU dan ber-dirinya NKRI, dimana dalam akhirpenyampainya mengatakanrelasi negara dan Islam di Indo-nesia diwarnai oleh ketegangandan moderasi, pengalaman NUsetidaknya menggambarkandinamika relasi itu. Pada akhirnyarelasi negara dan Islam di Indo-nesia adalah pilihan. PengalamanNU dapat dipilih sebagai pe-lajaran bahwa relasi negara dansilam di Indonesia tidak selaluditempuh melalui jalur kete-gangan yang berwatak keke-rasan. Namun melalui jalur mo-derasi dan toleransi.

    Sementara Narasumber ke-tiga, Masdar F Masudi, me-nyampaikan Negera islam ver-sus negara pancasila, dimanasebenarnya negara islam se-bagai konsep kekuasaan itutidak ada dalam quran. Bukan-lah negara islam yang dide-ngungkan tetapi lebih padanegara islami. Artinya negarayang damai tanpa ada kekerasanseperti yang diajarkan oleh NabiMuhammad pada saat men-dirikan negara madinah. (fat)

    Ratusan Guru Berebut TVHUT PGRI ke-66di UPTD DikporaWarureja

    GUNA merayakan Hari UlangTahun (HUT) PGRI ke-66, ber-bagai langkah ditempuh parapendidik di wilayah KecamatanWarureja. Dari mulai menggelarlomba bulutangkis, catur, volly,hingga yang terakhir jalansantai dan bagi-bagi hadiah.Jalan santai ini diikuti olehratusan guru di wilayah UPTDDikpora Warureja, Sabtu (26/11). Hadiahnya pun beragam.Dari mulai hadiah utama televisi21 inci, hingga puluhan hadiahhiburan. Rute jalan santai, dilepas mulai dari kantor UPTDmenuju ke timur lalu belok keutara. Setelah sampai di per-tigaan arah Sumber Harjo, pe-serta belok ke timur hingga me-nemui pertigaan lagi yang ma-suk ke perkampungan Desa Su-kalila. Selanjutnya, peserta ber-jalan muter hingga tembus disebelah Mapolsek Warureja.Dari situ, peserta kembali lagike kantor UPTD.

    Jalan santai ini dilepas lang-sung oleh Kepala UPTD Dik-pora Warureja, Hartono SPd,pada pukul 07.30 WIB. Pesertajalan santai tidak hanya diikutioleh para guru saja. Namunmenurut Hartono, bagi merekayang memiliki keluarga, pihak-nya tidak melarang untuk meng-ikutinya. Karena tujuan pera-yaan ini, sekaligus untuk ber-silahturahmi keluarga besar gurudi wilayah didiknya. Dia menye-butkan, peserta jalan santaimulai dari guru SD, SMP, hinggaSMA/SMK. Jumlah keselu-ruhan, sekira 400 orang. Se-

    mentara hiburan untuk me-nambah semangat para peserta,pihaknya mendapat bantuan darisponsor berupa pertunjukanorjen tunggal. Jalan santai inigratis. Peserta sama sekali tidakdipungut biaya. Justru pesertamendapat snack atau makananringan, kata Hartono, disela-sela pembacaan nomor undianpeserta jalan santai.

    Perayaan HUT PGRI tahunlalu dengan sekarang, menurutHartono, lebih meriah tahunini. Alasannya, karena tahun iniada tambahan kegiatan lom-banya. Yakni, lomba futsalyang diselenggarakan di la-pangan Cempako Desa De-mangharjo, Kecamatan Waru-reja. Selain itu, pesertanyatahun ini juga lebih banyak.Karenanya, Hartono meminta,keharmonisan antar guru diwilayah Warureja pada khu-susnya, agar selalu dijaga ke-utuhannya serta kekompakan-nya. Tujuannya, supaya bisamenjadi percontohan untukguru-guru di wilayah lainnya.

    Kinerja guru harus lebihprofesional demi tercapainyaprestasi pendidikan di Waru-reja. Dan juga, antara guru,kasek serta UPTD, harus salingkontrol dan mengingatkan.Sehingga, suasana menjadikondusif, katanya.

    Ketua Panitia perayaan HUTPGRI Warureja, Saryoto SPd,didampingi Ketua PGRI CabangWarureja, Kodir SPd, men-jelaskan, kegiatan ini diawalisejak 12 November denganmenggelar lomba volly di la-pangan SMP Negeri 1 Warureja.Kemudian pada 13 November,menghelat lomba futsal di la-pangan Cempako. Selanjutnya,24 November malam, menye-

    YERI NOVEL/RADAR SLAWI

    UCAPAN SELAMAT - Kepala UPTD Dikpora Kecamatan Warureja, Hartono memberikan ucapanselamat pada peraih hadiah.

    lenggarakan tasyakuran danlomba catur di Kantor UPTD.Sehari kemudian, pendidiksetempat melaksanakan upa-cara bendera di lapangan SDNSukareja 3. Dan puncaknya, 26

    November dengan acara jalansehat. Sementara untuk hadiah-nya, panitia menyediakan TV 21Inci untuk hadiah utama. Se-dangkan Juara I, mendapatkansebuah sepeda gunung, Juara

    II kompor gas, dan Juara IIIDVD. Hadiah hiburannya, adapuluhan bingkisan, termasukpayung, alat tulis, dan beranekaragam lainnya, ucapnya.pungkasnya. (yeri novel)

    BALANE ENYONGSepakat Kinerja Profesional

    WAKIL ketua DPRD Kabupaten Tegal,Muaris SH, mendukung dan sepakatdengan kinerja Polri yang profesionaldan disiplin. Namun demikian, dirinyasedikit mengkritisi agar profesionalismeyang diterapkan tidak seharusnyadiberlakukan secara saklek atau otoriter.Menurutnya, batasan profesionalismeharus dibedakan dengan otoriter dan ituyang membuat sering terjadinya ben-turan dengan masyarakat.

    Salah satu hal yang ingin dirinya kritisiyaitu tindakan Polri khususnya SatuaanLalu Lintas (Satlantas) saat melak-sanakan operasi tindakan langsung(tilang). Konteks itu sangatlah rawanbersentuhan dengan masyarakat danmenurutnya perlu kebijakan atau sedikitfleksibel dalam menyikapi masyarakat

    pelanggar atau pengguna kendaraan. Kami kira kebijakan selamanormatif bukan pelanggaran profesionalisme, kata Muaris SH,kemarin.

    Dikatakan Muaris, selama ini dirinya sering mendapat keluhan jikapenindakan Tilang terkesan mencari kekeliruan pengendara. Semisal,hanya karena lampu kendaraan tidak dinyalakan dan bertepatanada operasi, menurutnya tidak harus ditilang. Melainkan, sejauhmana kelengkapan pengemudi dan pembuktian kondisi kelengkapankendaraan dicoba terlibih dahulu sebagai pembuktian.

    Menurut dia, jika kemudian surat-surat pengendara dan kelengkapansurat lain, hanya karena lampu tidak dinyalakan tetapi ternyatakendaraannya saat dicoba bisa nyala, masih pantas mendapatkebijakan untu tidak langsung ditilang melainkan peringatan. Namunjika pengendara tidak membawa surat kelengkapan dan lampu tidakbisa dinyalakan baru ditilang, ujarnya. (gon)

    DOK. RADAR SLAWI

    Muaris SH

    YERI NOVEL/RADAR SLAWI

    PELEPASAN - Saat pelepasan yang diwakilkan Kasi KesosKecamatan Suradadi, Suwarno SH (tengah), didampingiKepala Desa Suradadi Tarsidjan (kiri), dan KoordinatorMetode Qiroti Cabang Kota/Kabupaten Tegal, Achmad GozaliS.Pd I (kanan).

    Jalur Pantura MacetSepanjang 10km

    SURADADI - Upaya umat muslim untuk merayakan Tahun BaruHijriyah 1 Muharram 1433 H, berbagai langkah ditempuhnya. Sepertiyang dilakukan masyarakat Islam Kota/Kabupaten Tegal yangdipusatkan di Suradadi.

    Pagi (27/11) sekira pukul 09.00 WIB kemarin, ruas jalan DesaSuradadi-Kertasari, Kecamatan Suradadi, dipadati ratusan mobil pickup dan sepeda motor. Di atas kendaraan yang dihiasi corak warnawarni kertas manila dan kain peneduh itu, nampak duduk berjejersejumlah pelajar Taman Kanak-kanak Quran (TKQ) dan TamanPendidikan Quran (TPQ). Pelajar yang ganteng dan cantik-cantik ini,berasal dari dua daerah. Yakni Kota Tegal, dan Kabupaten Tegal.Dengan diiringi musik rebana yang dikumandangkan dari suara parajamiyah, pelajar kecil ini pun terlihat bahagia dan gembira. Kegembiraanitu, sangat terlihat sekali pada saat bendera pelepasan dikibarkan.

    Peserta pawai dilepas oleh Camat Suradadi, Tri Guntoro, yangdiwakilkan Kasi Kesos Kecamatan Suradadi, Suwarno SH, didampingiKepala Desa Suradadi, Tarsidjan, dan Koordinator Metode QirotiCabang Kota/Kabupaten Tegal, Achmad Gozali S.Pd I. Pelepasandilakukan di depan rumah Ustad Ahmad Gozali Desa Suradadi.

    Rute perjalanan pawai tersebut, mulai dari start menuju ke selatanhingga ujung Desa Kertasari. Selanjutnya belok ke kiri hingga masukke Desa Kedungjati, Kecamatan Warureja. Lalu dilanjutkan hinggapertigaan Babadan Desa Kedung Kelor. Kemudian belok ke baratmelalui jalur Pantura hingga masuk ke Desa Suradadi kembali. Takpelak kala itu, jalur pantura mengalami penumpukan kendaraansepanjang 10 kilometer (km).

    Dalam sambutan singkatnya, Camat Suradadi, Tri Guntoro mengakusangat berbangga hati dengan adanya pelaksanaan tersebut. Takterkecuali, dia pun berharap agar momentum hari besar lainnya,supaya tetap diramaikan dengan acara baik dengan kreasi seni islami,maupun pawai keliling. (yer)

    PANGKAH Dalam rangkameningkatkan dan mengem-bangkan kualitas, pengalamandan kemampuan Pembina Pra-muka, Kwarcab 11.28 Tegalmelalui Pusat Pendidikan danlatihan Cabang (Pusdiklatcab)menggelar Karang Pamitran II.Kegiatan yang diikuti oleh 22Pembina dari Pangkalan SD danSMP se Kwarcab 11.28 Tegalitu, digelar selama satu hari diSMP Negeri 3 Pangkah, Ming-gu (27/11).

    Salah satu panitia, Faizin, SPdmenjelaskan, karang pamitrandiikuti oleh 22 Pembina dariGugus Depan (Gudep) Pang-kalan SMP/MTs dan utusanKwartir Ranting (Kwarran).Peserta yang hadir tidak se-banyak Karang Pamitran I diAdiwerna, katanya.

    Namun demikian, kata Faizin,kegiatan tetap berjalan sesuaijadwal dan juklak yang adadengan dipandu oleh Pusdik-latcab. Peserta akan men-dapatkan tambahan materi an-tara lain dinamika kelompok,pengorganisasian Penggalangdan upacara dalam GerakanPramuka, tambahnya yangjuga Pelatih Cabang.

    Sementara Wakil KepalaPusdiklatcab, Djoko Eko Pra-tomo SPd mengatakan, Karang

    Karang Pamitran DigelarBerkelanjutan

    FATKHUROHMAN/RADAR SLAWI

    KARAMG PAMITRAN - Peserta Karang pamitran Pembina tengahmenyimak materi dari Pelatih cabang, Joko Eko Pratomo, SPd.

    Pamitran merupakan saranabagi Pembina Pramuka untukmemperdalam dan mengem-bangkan kemampuannya dalammembina satuan. Lewat ka-rang pamitran ini diharapkan ke-mampuan Pembina dalam mem-bina satuan akan meningkat,ungkapnya.

    Oleh karena itu, tambah Djo-ko, Kwarcab Tegal lewat PusatPendidikan dan latihan Cabang(Pusdiklatcab) akan melak-

    sanakan kegiatan Karang Pa-mitran secara berkelanjutan.Sehingga tujuan pembinaanyang akan bisa tercapai. Kitamerencanakan Karang pamitransetiap 2 bulan sekali. InsyaAlloh berikutnya akan digelarpada bulan Februari 2012 men-datang, Pungkasnya.

    Sebelumnya, kegiatan Ka-rang Pamitran I pernah digelarpada bulan Oktober lalu di SMPN 2 Adiwerna. (fat)

    TAHUN BARU

  • YERI NOVEL/RADAR SLAWI

    KONSENTRASI - Sejumlah siswa-siswi SMA Negeri 1 Kramat,saat mengikuti bimbingan soal cinta yang bertentangan denganhukum Islam, kemarin (27/11), di ruang serba guna sekolahsetempat.

    KABUPATENTEGAL SENIN28 NOPEMBER 2011

    RADAR TEGAL

    7

    Take Off dari Tanah SuciJEDAH, ARAB SAUDI - Kloter 56 dan 57 SOC hari ini

    (28/11) siap take off dari tanah suci.Berita kepulangan tersebut disampaikan Petugas Haji

    Kabupaten Tegal di kloter 57 SOC dr Maun kepada Radarkemarin (27/1). Dijelaskannya, kloter 57 SOC telah berangkatdari Kota Madinah menuju Jeddah Minggu (27/11), danjamaah langsung menuju ke Bandara Internasional KingAbdul Azis.

    Meski tidak disebutkan jadual take off-nya, namundipastikan hari ini kedua kloter tersebut akan terbang menujutanah air. Mengacu pada jadual yang dikeluarkan olehKantor Kementerian Agama Kabupaten Tegal, kloter 56 SOCakan tiba di Bandara Adisumarmo, Solo, pada Selasa (29/11) pukul 17.45 WIB. Sementara, kloter 57 SOC akanmenyusul tepat 3 jam di belakangnya.

    Sayangnya, kepulangan kedua kloter tersebut tidakselengkap pada saat berangkat. Hal tersebut disebabkanoleh wafatnya tiga jamaah yang ada di kloter tersebut. Darikloter 56 SOC wafat seorang jamaahnya yakni Qibtiyah,sementara dari kloter 57 SOC kehilangan dua orangjamaahnya yang wafat di tanah suci yakni Sugeng danYaskur.

    Bagi keluarga dan kerabat jamaah yang ada di kedua klotertersebut sudah dapat bersiap menjemputnya, baik di Solomaupun di Pendopo Kabupaten Tegal. Kedua klotertersebut dijadualkan tiba di pendopo Kabupaten Tegal Rabu(30/11) pada pukul 03.00 dan 06.00 WIB.

    Sementara itu, Maun juga kembali menginformasikan,kondisi kesehatan jamaah Kabupaten Tegal yang akanterbang ke tanah air secara umum baik dan sehat.

    idak ada keluhan yang berarti yang dapat menggangguperjalanan pulang. Jamaah tampak sudah siap lahir batinkembali ke tanah air dan bertemu dengan sanak keluarga,tandasnya. (adv)

    Kloter Tiba di Asrama Haji Solo Tiba di Pendopo Kabupaten Tegal56 SOC Selasa, 29 Nopember 2011, Rabu, 30 Nopember 2011,

    pukul 17.45 WIB pukul 03.00 WIB57 SOC Selasa, 29 Nopember 2011, Rabu, 30 Nopember 2011,

    pukul: 20.45 WIB pukul: 06.00 WIB58 SOC Rabu, 30 Nopember 2011, Kamis, 01 Desember 2011,

    pukul 17.00 WIB pukul 02.00 WIB59 SOC Rabu, 30 Nopember 2011, Kamis, 01 Desember 2011,

    pukul 19.00 WIB pukul 04.00 WIB

    Jadual Kepulangan Jamaah Haji Kabupaten Tegal:(Data: Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tegal)

    Takut Tempat BaruSepi

    SLAWI Upaya relokasipara pedagang kaki lima (PKL)di beberapa titik di KabupatenTegal tidak sepenuhnya dise-tujui para pedagang. Merekamengkhawatirkan lokasi berjua-lan mereka yang baru nantinyasepi pembeli sehingga mengu-rangi penghasilan.

    Ketua Forum Komunikasi

    PKL Tidak Setuju DirelokasiPKL Slawi, Irwan Zaelani me-ngatakan, pihaknya bersamaratusan PKL saat ini tidaksetuju untuk dipindah ke lokasiyang baru. Mereka khawatirditinggal pembeli atau pelang-gannya jika harus berpindah ketempat yang lain.

    Seperti diketahui, beberapapedagang yang direncanakanakan direlokasi di antaranyapara pedagang pasar loak dikawasan sepanjang Jalan RayaBanjaran, Kecamatan Adiwer-

    na, dan pedagang kaki lima diJalan Letjen Suprapto ataukompleks Ruko Slawi.

    Pedagang di Jalan Raya Ban-jaran direncanakan akan direlo-kasi ke sisi barat SubterminalAdiwerna, sedangkan peda-gang di Jalan Letjen Supraptodirencanakan akan direlokasi kekompleks (open space )atauruang terbuka di depan Termi-nal Slawi.

    Adapun, kedua lokasi barutersebut belum bisa ditempati

    karena minimnya sokongandana untuk penyelesaian pe-ngerjaan fisik bangunan.

    Terkait hal itu, Kepala SatpolPP, Drs Eko Jati Suntoro MSimelalui Kasi Operasi dan Penin-dakan (Ops Dak) Pekik YuliantoSIP mengatakan, relokasi parapedagang merupakan hal yangsulit. Selain harus menyediakanlahan baru bagi para pedagang,pemerintah juga harus men-ciptakan keramaian agar lokasibaru tersebut juga terdapat

    banyak pembeli. Dalam mere-lokasi para pedagang, selainharus menyediakan lahan barubagi mereka, pemerintah jugaharus menjamin tempat barutersebut merupakan tempatyang ramai pembeli sehinggatidak merugikan pedagang,jelas Pekik.

    Menurut Pekik, jika lokasibaru yang disediakan peme-rintah ternyata sepi dari pem-beli, maka para pedagang akankembali ke tempat semula. (fat)

    TARUB - Perayaan HariUlang Tahun (HUT) PGRI ke-66 di wilayah UPTD DikporaTarub, digelar meriah. Hal iniseiring dengan berbagai lombayang dikemas dengan konsepberbeda dari tahun sebelum-nya. Yaitu, yang biasanya Ke-pala UPTD dan pengawas tidakterjun mengikuti lomba, namundi tahun ini, mereka turut berga-bung dalam tim yang dibagimenjadi dua kelompok. Antaralain, tim putra dan putri. Keduatim tersebut mengikuti lombavolly untuk melawan tim guru.Baru kali ini seperti itu. Tahunsebelumnya tidak pernah. Tu-juannya, untuk menjaga keak-raban antara kami (UPTD danpengawas, red) dengan gurudan kasek khususnya di wila-

    YERI NOVEL/RADAR SLAWI

    FOKUS - Nampak peserta lomba volly pada perayaan HUT PGRI, tengah mengejar bola.

    HUT PGRI Tarub, Meriahyah kami, kata Kepala UPTDDikpora Tarub, NurnaningsihSPd, Sabtu (26/11).

    Kepala UPTD yang mengakuusai mengikuti lomba vollymelawan tim guru, mengatakan,rangkaian kegiatan ini diawalipertandingan bulu tangkis padatanggal 11-12 November. Kemu-dian pada 24 November, pihaknyamenggelar lomba paduan suara.Hari berikutnya, upacara bersamayang dipusatkan di lapangan SMPN 1 Tarub. Kemudian tanggal 26November, kembali dihelat lombavolly di lapangan yang sama. Se-dangkan yang terakhir, akanditutup dengan jalan sehat yangselenggarakan 27 November.Setelah jalan sehat, hadiahlangsung kami bagikan kepadapara pemenang lomba, kata dia

    menambahkan.Ketua Panitia Perayaan HUT

    PGRI ke 66 Kecamatan Tarub,Sugiri, memaparkan, masing-masing pemenang mendapat-kan berbagai hadiah hiburan.Namun khusus untuk peme-nang undian jalan sehat, panitiamemberikan hadiah utama se-buah televisi 21 inci. Sementarapada perayaan lomba kali ini,peserta yang menduduki seba-gai juara umum adalah RantingSultan Agung. Sebab, rantingtersebut telah mengumpulkannilai yang tidak sedikit.

    Ketika tanggal 14 Novem-ber, kami juga menggelar sosia-lisasi angka kredit karya tulisilmiah di kantor UPTD. Peser-tanya seluruh guru dan kasek,tukasnya. (yer)

    Kurang Sejam, Rp 100 JutaTerkumpul

    BALAPULANG - Setelah dua tahun berjalan, Pondok PesantrenAhmad Dahlan di Desa Harjawinangun, Balapulang kembalimemperluas banguanannya. Pondok pesantren milik Pimpinan DaerahMuhammadiyah (PDM) Kabupaten Tegal ini menggelar prosesipeletakkan batu pertama Sabtu (26/11) kemarin di lokasi baru. WakilBupati Tegal HM Herry S, mengawali kegiatan pembangunan ini. Herryjuga menyumbangkan 50 sak semen, sebagai awal pembangunan.Tak hanya itu saja, dalam waktu kurang dari satu jam, terkumpul danayang tak sedikit dari tamu dan pengunjung. Lebih dari Rp 100 juta,sumbangan dari warga Muhammadiyah berdatangan langsung.

    Direktur Pondok Pesantren Ahamd Dahlan, H Mudzakir Fauzi dalamsambutannya mengaku berterimakasih dengan dana yang telahterkumpul. Terlebih pembangunan gedung pondok pesantren ini masihmembutuhkan banyak biaya. Gedung ini tak jauh dari lokasi pondokpesantren pertama. Hal senada diungkapkan Ketua PDM KabupatenTegal, H Ahmad Zaki SS. Pondok pesantren pertama milik PDM inimerupakan wahana mendidik kader di bidang agama. Sehingga, tidakakan habis pendakwah di tengah era globalisasi ini.

    Acara yang berlangsung sejak pagi ini merupakan salah saturangkaian perayaan milad Muhammadiyah ke-102. Dilanjutkan dengantabligh akbar oleh dr Samsul Hidayat, Majelis Tabligh Pimpinan PusatMuhammadiyah. Hadir juga Noor Wahyudi dari DPRD Propinsi JawaTengah. Acara dimeriahkan dengan penampilan santri pidatomenggunakan tiga bahasa, Indonesia, Inggris dan Arab. (ela)

    LAELA NURCHAYATI/RATEG

    BATU PERTAMA - Seorang pengurus sedang melakukanpeletakan batu pertama.

    PONPES

    KRAMAT - Sedikitnya 45siswa dan siswi SMA Negeri 1Kramat, diberi bimbingan me-ngenai cinta yang bertentangandengan hukum agama Islam.Pelaksanaan bimbingan yangdigelar di ruang serbagunasekolah setempat ini, sekaligusuntuk memperingati tahun baruIslam 1 Muharam. Kegiatanberlangsung selama 7 jam yangdimulai sejak pukul 08.00 WIBhingga pukul 14.00 WIB, Ming-gu (27/11).

    Ketua Panitia, Ahmad Mifta-hul Fauzi mengatakan, pesertayang mengikuti berasal darijajaran pengurus OSIS danpengurus Rokhani Islam(Rokhnis). Materi utama yangdiberikan oleh Trainner of Mo-tivation (ToM) Tegal ini, me-ngenai percintaan di masaremaja yang bertentang denganhukum islam. Tujuan kegiatantersebut, agar siswa dapatmengantisipasi atau menghin-dari sesuatu hal yang tidak

    diinginkan khususnya di usiaremaja. Selain itu, siswa dapatmendalami hukum Islam yangsebenarnya. Peserta yangmengikuti sebanyak 45 anak.Mereka berasal dari mulai kelasX, XI, dan XII. Setiap tingkatanmengirimkan peserta sebanyak15 anak, kata siswa kelas XISMA Negeri 1 Kramat ini.

    Kepala Bagian Humas SMANegeri 1 Kramat, Drs SyarifinMsI menjelaskan, kegiatantersebut merupakan agenda ru-tin setiap tahun. Untuk trainnerdan materinya, selalu berbeda-beda setiap tahunnya. Diaberharap, dengan adanya ke-giatan ini, suasana sekolah bisalebih hidup dan utamanya bagisiswa agar lebih mengenaldekat apa arti hukum Islam.Langkah ini sebagai upayaagar siswa maupun siswi tidakterbawa arus yang negatif,ujarnya.

    Lebih jauh dia mengatakan,kegiatan religius di sekolahnya,

    memang kerap di selenggara-kan. Tujuannya, untuk menam-bah ilmu Islam kepada anakdidiknya. Tak terkecuali, lanjutSyarifin, setiap Jumat, siswa-nya juga dibiasakan untukberamal. Menurutnya, yangsering dilakukan sekolahnyaselama ini, setiap Jumat adasiswa yang keliling ke seluruhkelas dan ruang guru denganmembawa kotak amal untuksekedar meminta sumbanganatau infak. Nantinya, uang amaltersebut, akan digunakan untukmelengkapi sarana dan pra-sarana khususnya yang ber-kaitan dengan Islam. Sepertipembangunan Musholah, danlainnya. Mushola kami ini,berasal dari dana amal siswadan para dewan guru setempat.Bahkan ada rencana, musho-lahnya mau kami pasangi AC.Sehingga, setiap siswa atauguru yang sedang melakukansholat Dzuhur, tidak merasakepanasan, jelasnya. (yer)

    45 Siswa SMA N Kramat Digembleng Soal Cinta

    ADIWERNA Sebanyak 40orang Pengurus Dewan Peng-galang (DP) Gugus Depan(Gudep) Tegal 04.145 - 04.146pangkalan MTs Fillial Al-ImanAdiwerna dikukuhkan. Pengu-rus DP masa bakti 20112012dikukuhkan atau dilantik olehKetua Gudep, Budi Prawiro SMCh.

    Pelantikan digelar bersamaandengan kenaikan tingkat dariPenggalang Rakit ke Peng-galang Terap itu dihelat diObyek Wisata Pantai AlamIndah (PAI) Tegal, Minggu, (2011) belum lama ini.

    Sementara terpilih sebagaiPratama Putra yaitu Edi Sup-riyono dan Pratama Putri PujiAstuti. Dalam pelatikan terse-but hadir Waka Mabigus, pela-tih, dan Alumni, puluhan ang-gota penggalang dan unda-ngan lainnya.

    Ketua Gudep MTs Filial AlIman, Budi Prawiro SM Ch, saatdimintai keterangan diseko-lahnya, mengatakan dalamrangkaian serah terima jabatanDewan Penggalang tersebut,diisi dengan berbagai kegiatanantara lain perjalanan atau WideGame, Out Bound, Ramah ta-mah dan Upacara pengukuhanDP dan kenaikan tingkat peng-

    galang terap dan sebagainya.Kegiatan diawali dengan pem-bukaan di Pangkalan MTs padaSabtu (19/11), kemudian dilan-jutkan menuju ke obyek wisataPAI, terangnya, kemarin.

    Ia berharap penyelenggaraankegiatan Pramuka di pangkalanMTs. Filial Al-Iman, Adiwernadapat menjadikan motivasikepada adik adik Pramukaagar dapat berguna untukkepemimpinan Bangsa danNegara. Selain itu dapat men-jalin tali persaudaraan, rasakekeluargaan serta menum-buhkan kesadaran dalam beror-ganisasi. Tri Satya dan DasaDharma harus di pegang teguhjangan luntur.

    Kembangkan serta amalkandengan baik agar tumbuh so-sok pemuda-pemudi yang da-pat diandalkan bangsa dannegara, tandasnya.

    Budi Prawiro juga mengi-ngatkan kepada adikadikpenggalang agar lebih se-mangat lagi dalam mengikutikegiatan pramuka yang ada diGudep 04.145 -04.146 pangkalanMTs Filial Adiwerna. Ting-katkan terus semangat adikuntuk memajukan Pramuka di-pangkalan, pungkasnya sam-bil mengingatkan. (fat)

    Pengurus DP Gudep MTsFilial Al Iman Dikukuhkan

    FATKHUROHMAN/RADAR SLAWI

    PENGUKUHAN Salah satu pengurus dewan penggalang sedangdikukuhkan ketua Gudep Tegal Pangkalan MTs Filial Al Iman,Budi SM Ch.

  • WONGE DEWEK

    SENIN28 NOPEMBER 2011

    RADARBREBESRADAR TEGAL

    8

    RSUD Brebes (0283) 671431RSU Bhakti Asih (0283) 671279 / 673481RSIA Mutiara Bunda Tanjung Brebes (0283) 877222RS Dera As Syifa Banjarharjo Brebes (0283) 889588/ 889548Hotel Dedy Jaya Brebes (0283) 673133 / 673158RS Dedy Jaya (0283) 672145/ 672525

    TELEPON PENTING

    1 PENDAPATAN 1.302.464.982.000,00 1.376.669.733.000,00 74.204.751.000,00 5,701.1 PENDAPATAN ASLI DAERAH 86.210.000.000,00 87.797.134.000,00 1.587.134.000,00 1,841.1.1 Pendapatan Pajak Daerah 17.110.000.000,00 17.700.000.000,00 590.000.000,00 3,451.1.2 Hasil Retribusi Daerah 23.432.986.000,00 24.184.805.000,00 751.819.000,00 3,211.1.3 Hasil Pengelolaan Kekayaan Daerah

    yang Dipisahkan 2.300.000.000,00 2.749.479.000,00 449.479.000,00 19,541.1.4 Lain lain Pendapatan Asli Daerah yang Sah 43.367.014.000,00 43.162.850.000,00 (204.164.000,00) (0,47)1.2 DANA PERIMBANGAN 918.458.584.000,00 926.559.662.000,00 8.101.078.000,00 0,881.2.1 Bagi Hasil Pajak/Bagi Hasil Bukan Pajak 52.447.319.000,00 60.548.397.000,00 8.101.078.000,00 15,451.2.2 Dana Alokasi Umum 800.671.665.000,00 800.671.665.000,00 0,00 0,001.2.3 Dana Alokasi Khusus 65.339.600.000,00 65.339.600.000,00 0,00 0,001.3 LAIN LAIN PENDAPATAN DAERAH YANG SAH 297.796.398.000,00 362.312.937.000,00 64.516.539.000,00 21,661.3.2 Dana Darurat 1.972.455.000,00 6.673.109.000,00 4.700.654.000,00 238,311.3.3 Dana Bagi Hasil Pajak dari Provinsi dan

    Pemerintah Daerah Lainnya 42.297.895.000,00 45.000.000.000,00 2.702.105.000,00 6,391.3.4 Dana Penyesuaian dan Otonomi Khusus 229.395.732.000,00 273.593.110.000,00 44.197.378.000,00 19,271.3.5 Bantuan Keuangan dari Provinsi atau

    Pemerintah Daerah Lainnya 24.130.316.000,00 37.046.718.000,00 12.916.402.000,00 53,532 BELANJA 1.428.602.937.000,00 1.502.952.821.000,00 74.349.884.000,00 5,202.1 BELANJA TIDAK LANGSUNG 892.937.674.000,00 937.706.059.000,00 44.768.385.000,00 5,012.1.1 Belanja Pegawai 771.170.457.000,00 803.431.205.000,00 32.260.748.000,00 4,182.1.3 Belanja Subsidi 250.000.000,00 150.000.000,00 (100.000.000,00) (40,00)2.1.4 Belanja Hibah 27.811.477.000,00 28.415.477.000,00 604.000.000,00 2,172.1.5 Belanja Bantuan Sosial 61.434.180.000,00 68.807.580.000,00 7.373.400.000,00 12,002.1.6 Belanja Bagi Hasil kepada Provinsi/Kabupaten/Kota

    dan Pemerintah Desa 187.000.000,00 187.000.000,00 0,00 0,002.1.7 Belanja Bantuan Keuangan kepada Provinsi/

    Kabupaten/Kota dan Pemerintah Desa 27.584.560.000,00 29.705.060.000,00 2.120.500.000,00 7,692.1.8 Belanja Tidak Terduga 4.500.000.000,00 7.009.737.000,00 2.509.737.000,00 55,772.2 BELANJA LANGSUNG 535.665.263.000,00 565.246.762.000,00 29.581.499.000,00 5,522.2.1 Belanja Pegawai 37.475.903.000,00 46.174.341.000,00 8.698.438.000,00 23,212.2.2 Belanja Barang dan Jasa 263.792.253.000,00 265.041.826.000,00 1.249.573.000,00 0,472.2.3 Belanja Modal 234.397.107.000,00 254.030.595.000,00 19.633.488.000,00 8,38

    SURPLUS / (DEFISIT) (126.137.955.000,00) (126.283.088.000,00) (145.133.000,00) 0,123 PEMBIAYAAN DAERAH3.1 PENERIMAAN PEMBIAYAAN DAERAH3.1.1 Sisa Lebih Perhitungan Anggaran Tahun Anggaran 144.486.364.000,00 138.841.497.000,00 (5.644.867.000,00) (3,91)

    Sebelumnya 111.886.364.000,00 106.198.497.000,00 (5.687.867.000,00) (5,08)3.1.2 Pencairan Dana Cadangan 27.600.000.000,00 27.643.000.000,00 43.000.000,00 0,163.1.4 Penerimaan Pinjaman Daerah 2.500.000.000,00 2.500.000.000,00 0,00 0,003.1.5 Penerimaan kembali Pemberian Pinjaman 2.500.000.000,00 2.500.000.000,00 0,00 0,003.2 PENGELUARAN PEMBIAYAAN DAERAH 18.348.409.000,00 12.558.409.000,00 (5.790.000.000,00) (31,56)3.2.2 Penyertaan Modal (Investasi) Pemerintah Daerah 8.290.000.000,00 2.500.000.000,00 (5.790.000.000,00) (69,84)3.2.3 Pembayaran Pokok Utang 10.058.409.000,00 10.058.409.000,00 0,00 0,00

    PEMBIAYAAN NETTO 126.137.955.000,00 126.283.088.000,00 145.133.000,00 0,12SISA LEBIH PEMBIAYAAN ANGGARAN TAHUN BERKENAAN 0,00 0,00 0,00 0,00

    PEMERINTAH KABUPATEN BREBESRINGKASAN PERUBAHAN APBD

    TAHUN ANGGARAN 2011

    LAMPIRAN I PERATURAN DAERAHKABUPATEN BREBESNOMOR : 13 TAHUN 2011TANGGAL : 15 NOVEMBER 2011

    NOMORURUT URAIAN SEBELUM

    PERUBAHANSETELAH

    PERUBAHAN ( Rp ) %JUMLAH (Rp) BERTAMBAH / (BERKURANG)

    1 2 3 4 5 6

    H. AGUNG WIDYANTORO,SH, M.SiBupati Brebes

    H. ILLIA AMIN, M.PdKetua DPRD Brebes

    Ratusan Hektar SawahDiserang Tikus

    TONJONG - Petani di tiga desayang berada di Kecamatan Tonjongdilanda frustasi akibat sawah merekadiserang hama tikus. Serangan bina-tang pengerat ini menyerang sedikit-nya 200 hektar sawah yang berada diDesa Purwodadi, Linggapura danNegarayu.

    Tasdik (55) petani Desa Linggapuramengatakan, hama tikus ini menye-rang menjelang tanaman padi berbuahsampai panen sekitar usia padi 60 harihingga 100 hari. Serangan tikus kaliini cukup unik, mereka memakan bulirpadi dari semua sudut, tidak di bagiantengah sawah sebagaimana biasa-

    nya, kata Tasdik, Minggu (27/11).Menurut dia, saat ini mestinya para

    petani bisa menikmati hasil panenyang melimpah karena terhitung mulaibulan Agustus lalu hingga Nopemberini, merupakan bulan yang cocokiklimnya untuk tanaman padi.

    Tapi hasilnya sekarang, lahansawah seluas 1 hektar mengalamikerugian bervariasi antara 2 sampai 5ton, ujar Tasdik.

    serangan hama tikus dibenarkanpula ol