radar tegal 19 des 2014

23

Upload: jaelani-hutabarat

Post on 06-Apr-2016

402 views

Category:

Documents


0 download

DESCRIPTION

Radar Tegal 19 des 2014

TRANSCRIPT

Page 1: Radar Tegal 19 des 2014
Page 2: Radar Tegal 19 des 2014

RADAR TEGAL JUMAT, 19 DESEMBER 2014website : radartegal.com, epaper: epaper.radartegal.comJURNAL GURU2

Harian Pertama KebanggaanWong Tegal

Pendiri: H. Mahtum Mastoem (Alm), Penasihat: Dahlan Iskan, Komisaris Utama: HM Alwi Hamu, Komisaris: Lukman Setiawan, Dwi Nurmawan, Dirut: Yanto S. Utomo,Direktur: Moh. SukronPemimpin Umum: Moh. Sukron. Pemimpin Redaksi: Muh. Abduh. Wakil Pemimpin Redaksi: Wawan Setiawan. Redaktur Pelaksana: Zuhlifar Arrisandy.Redaktur: Moch. Arifin, M. Fathurrohman, Khikmah Wati, M Saekhun, Embong Sriyadi. Sekretaris Redaksi/Persh: Yully Trieyani. Kota Tegal: Laela Nurchayati,Rohman Gunawan, Abidin Abror, Agus Wibowo, Adi Mulyadi. K. Anam Syahmadani. Brebes: M Saekhun (Penanggung Jawab), Hervianto, Ismail Fuad. Bumiayu: TeguhSupriyanto. Slawi: M. Fathurrohman (Kepala Perwakilan), Hermas Purwadi, Yeri Novelli, Muh. Fatkhudin. Pemalang: Moh. Khasanudin (Kepala Perwakilan), Agus Pratikno,M. Ridwan, Maftukhah. Pekalongan: Ade Asep Syarifuddin. Pracetak: Feri Setiawan (Koordinator), M Yahya, Dedy Irawan, Dwi Nanda P, Asep Ariadi S, Desain Iklan:A.Sekhudin. Iklan: Taufiq Ismail (Manager), Kharisma Dewi, Arifudin Yunianto, Riyanto Harjo, Teguh Widodo Nawawi, Agus Mutaalimin, Indani Dwi Oktina, Wahyudi, Joko

Mulyono, Wahyu Suroto (Event/Off Print). Pemasaran: Sunarjo (Manager), Wahyu Subagyo, Umaman Sahareka, Muslih, Zaenal Muttaqin, Rokhim. Keuangan: Yela Ramadiah (Manager), Dwi Titi Lestari (Perpajakan), Lita Rahmiati, AstriPrayudita, Syafriani Maulidah, Mubin, Djuhaeri Effendi, Moh. Erlin, Imron Rosyadi. HRD: Hesti Prasetyani. Alamat Redaksi/Pemasaran/Tata Usaha: Jl. Perintis Kemerdekaan Tegal telp. (0283) 340900 (hunting), fax (0283) 340004.Semarang: M. Yusuf Abadi. Jakarta : Ferdinansyah, Eko Suprihatmoko. Alamat: Komp. Widuri Indah Blok A-3 Jl. Palmerah Barat No 353, Jakarta 12210 Telp (021) 5330976, 5333321 Fax: (021) 5322629. Eceran: Rp 2.500/eks.Percetakan: PT Wahana Java Semesta Intermedia Kompleks LIK Dampyak -Tegal.

Tarif Iklan: Umum/Display: Rp 30.000/mm kolom, Sosial/Keluarga: Rp 17.000/mm kolom, Iklan Baris Laris: Rp 20.000/baris, Iklan Colour: Rp 40.000/mm kolom.Iklan halaman 1 (depan): Rp 80.000/ mmk. Tarif + 200%, Creative ad: Tarif + 50%. NPWP: No: 01.994.052.7-511.000.Bank: Bank Mandiri Cab. Tegal a.n. PT Wahana Semesta Tegal No. Rek: 139.0002152787. Bank Jateng Cab. Tegal No. Rek: 1.004.02598.5 a.n. PT WahanaSemesta Tegal

Anda pernah merasa tidak puas dengan pelayanan publik? Anda pernah kecewa karena mendapatkan pelayanan yang tidak semestinya dari instansi tertentu? Layangkan perasaan Anda ke rubrikNgresula ini via SMS ke 082220810043, email [email protected] atau melalui surat ke Radar Tegal Jalan Perintis Kemerdekaan No. 32 Tegal . Tulis dengan bahasa yang sopan atau bisa jugamenggunakan Bahasa Tegal. Dapatkan Kaos Ngresula, yang berisi SMS Ngresula pilihan (hanya Rp 60.000/pcs).

Semua wartawan Radar Tegal dilengkapi tanda pengenal/surattugas dan tidak dibenarkan meminta/menerima imbalan dalambentuk apapun dari narasumber.

BAGI para guru yang ingin karya tulisnya diterbitkan di halamanini, bisa dikirim melalui email [email protected] juga dengan foto pose santai.

ObjektifMenilaiOrangOleh: Zuhlifar Arrisandy

PEMILIHAN menteri dalam Kabi-net Kerja Jokowi sempat menjaditrending topic dan cibiran berbagaikalangan. Salah satu yang palingmemicu perdebatan adalah terpilihnya

Menteri Kelautan dan Perikanan SusiPudjiastuti. Ramainya polemik itu sangat

mungkin memicu ketidakobjektifankita dalam menilai kinerja parapembantu presiden tadi.

Saking kencangnya perdeba-tan, sejumlah komentar bisa disebut sudah keluar dari akalsehat dan batas-batas proporsional. Mereka yang mendu-kung, menilai Susi bak kisah dongeng. Perempuan pejuangyang merangkak dari bawah hingga meraih sukses besarkini. Tidak punya masalah masa lalu dan berubah menjadisosok mitos. Seolah-olah tidak ada yang lebih pantasmenduduki posisi itu selain Susi. Ada juga yang sampaimembandingkannya dengan sosok perempuan anggun,berjilbab, tapi ternyata korup.

Sebaliknya, para pengecam melihat Susi tidak lebih dariperempuan perokok dan bertato yang konon tidak sukamengenakan bra serta gonta-ganti suami. Juga, ada pakar yangbilang bahwa Susi mungkin paham bisnis pengolahan ikan. Tapi,dia tidak akan paham mengurus coral reef dan sebagainya.

Ada pemaksaan argumentasi di sana. Ada penilaian yangdipaksakan. Sebab, Susi menjadi menteri karena pilihan politikJokowi. Tidak berarti orang-orang pintar berpendidikan tinggidan berpenampilan baik-baik tidak pantas menjadi menteri.Mereka tidak menjadi menteri karena pilihan politik Jokowi.Tidak berarti Susi tidak mampu, tapi juga tidak berarti yanglain tidak mampu.

Soal gayanya yang dipersoalkan, semestinya itu adalahhak pribadi Susi. Sepanjang dia tidak mengambil uang negaraatau memalak orang untuk membeli rokok atau merokok ditempat yang dilarang, itu adalah hak dia. Soal tato jugahaknya. Begitu pula mengenai ketidaksukaannya mengena-kan bra. Tidak merugikan negara atau masyarakat.

Namun, juga tidak adil bila menyebut pejabat berjilbab, terlihatanggun, dan berpendidikan itu semua jahat. Ada pula pejabatperempuan yang tidak bertato dan tidak merokok yangberhasil. Misalnya, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

Masalahnya bukan pada gaya, tapi kinerja. Silakan bersekolahsetinggi-tingginya dan mencari ilmu ke mana saja. Silakan memilihmerokok atau tidak. Tapi, jangan lantas menganggap orang yangberbeda gaya terlihat lebih jelek, buruk, dan tidak layak menjadipejabat. Ini sudah bisa dibuktikan Susi ketika dengan tegas akanmenenggelamkan kapal asing pencuri ikan. Ditenggelamkan,bukan diberikan kepada nelayan Indonesia.

Selain Susi, ada pula menteri yang dianggap masih kerapberpola piker seperti pengamat. Sehingga, dia kerap (tanpasadar) mengomentari bidang yang bukan tupoksinya. Adajuga, menteri yang dianggap pandai mencari kambing hitam ditengah-tengah keterpurukan rupiah. Bisa jadi, lantaranekspektasi masyarakat ternyata berbanding terbalik.

Maka, nilailah seorang menteri dari kerjanya selama lima tahunke depan. Apakah dia korup atau tidak, apakah dia becus atautidak, itu lebih pantas disorot. Ketimbang berdebat apakahseorang pejabat itu bertato atau tidak, merokok atau tidak. Mari,sama-sama mengamati kinerja para menteri, bukan gayanya. (*)

SIAPA atau apakah yangpaling berpengaruh dalam se-jarah umat manusia? Jawab-nya bukan para raja atau pre-siden, tapi uang. Rhoma Iramapernah menciptakan lagu ber-judul Rupiah yang liriknya,antara lain, berbunyi:

***Tiada orang yang tak sukaPada yang bernama rupiahSemua orang mencarinyaDi mana rupiah beradaWalaupun harus nyawasebagai taruhannyaBanyak orang yang rela cumakarena rupiahMemang sungguh luar biasaItu pengaruhnya rupiah

***Jack Weatherford, profesor

antropologi di MacalesterCollege, Minnesota, AS, per-nah menulis, sejak muncul3.000 tahun lalu di Afrika Utara,uang punya pengaruh luarbiasa, kendati uang ’’per se’’tidak memiliki makna apapun. Uang berpengaruh danbermakna sejauh dikaitkandengan manusia. Selama ber-abad-abad, mitologi dan sas-tra Barat suka mengisahkanjatuh bangun manusia dalamproses meraih atau mengha-biskan uang. Itulah yang, an-

Rupiah dan TumbangnyaDua Presiden

Oleh: Endang Suryadinata*)tara lain, diungkapkan Wea-therford dalam buku The His-tory of Money (Crown Pub-lishers, New York, 1997).

Demikian pula dalam seja-rah kita, uang punya peransangat besar. Lihat merosot-nya rupiah hari-hari ini hinggamendekati Rp 13.000 per dolarAmerika (USD) pada penu-tupan Rabu (16/12). Jujur, pe-lemahan terburuk sejak 1999itu membuat kita semua ce-mas, terlebih para pelaku eko-nomi. Bagi orang awam, mero-sotnya rupiah jelas langsungberpengaruh apalagi menje-lang Natal dan Tahun Baru.

Banyak analis yang menulis,kurs rupiah yang mendekatiRp 13.000 per USD tersebutdinilai sudah jatuh jauh darifundamentalnya.Banyak fak-tor pelemahan rupiah. Salahsatunya tidak terlepas darilangkah pemerintah dan BankIndonesia (BI) yang memilihjalan untuk memperlambatperekonomian lewat kebija-kan moneter ketat.

Yang kita takutkan adalahterjadinya capital flight (arusmodal keluar dari Indonesia).Menurut riset First Asia Capital,keluarnya modal asing daripasar keuangan Indonesia

telah memperburuk kinerja ru-piah terhadap dolar AS se-panjang Desember ini. Berdasarkurs Jakarta Interbank SpotDollar Rate (Jisdor), rupiahterhadap dolar AS sepanjangbulan ini telah anjlok 3,3 persen.

Anehnya, dalam situasi dankondisi (sikon) demikian, pe-merintah dinilai tidak melaku-kan upaya intervensi. Mala-han, ada persepsi di kalanganpelaku pasar bahwa BI seolahmenyetujui pelemahan kaliini. Tidak heran jika guru besarekonomi Profesor Sri Edi Swa-sono menulis surat terbuka keMahkamah Konstitusi karenaBI kehilangan tugas dan tang-gung jawab ketika rupiah be-rada dalam sikon gawat, se-dangkan Otoritas Jasa Keu-angan (OJK) justru melindungikepentingan asing.

Sebenarnya, sudah bebe-rapa kali dalam sejarah negeriini rupiah anjlok secara dras-tis. Misalnya, Oktober 2008seiring terjadinya krisis finan-sial global. Memang, kalau ki-ta melihat perjalanan rupiah,khususnya bila dibandingkandengan mata uang asing se-perti USD, sejak berdirinyanegeri ini, rupiah terus me-rosot atau terkoreksi.Tidak

heran jika pemerintah seringmendevaluasi rupiah.

Misalnya, 7 Maret 1946,terjadi devaluasi rupiah 29,12persen. Semula, USD 1 setaradengan Rp 1,88, lalu menjadiRp 2,6525 per USD. Jadi, ketikaitu, nilai rupiah termasuk kuat.Pada Februari 1952, rupiahdidevaluasi 66,67 persen. Se-mula, USD 1 setara Rp 3,80, lalumenjadi Rp 11,40 per USD.

Kemudian, pada 1964, ru-piah didevaluasi 1 USD = Rp250. Namun, di pasar gelap,nilainya bisa Rp 2.000 per USD.Bayangkan, pada April 1964,rupiah jadi Rp 10.000 per USD.Pada November 1964 bahkanmenjadi Rp 28.000 per USD.Dan yang paling parah, De-sember 1965, nilai rupiah an-jlok menjadi Rp 35.000 perUSD seiring jatuhnya rezimSoekarno.

Yang boleh jadi tidak bisadilupakan adalah kejadianpada 13 Desember 1965, yakniketika pemerintah mengu-mumkan nilai uang lama sebe-sar Rp 1.000 harus ditukarkandengan uang baru senilai Rp 1.Banyak orang yang menjadigila ketika itu, termasuk be-berapa kerabat penulis yanggagal pergi haji atau bisnisnya

merugi dan bangkrut.Menjelang tumbangnya

Soeharto yang dianggap ber-kontribusi dalam menum-bangkan Bung Karno, rupiahjuga menjadi saksi. Pada awalkrisis moneter, sekitar Oktober1997, rupiah yang masih ber-nilai Rp 2.300 per USD dengancepat merosot menjadi Rp5.000, kemudian terus terjunbebas menjadi Rp 10.000, danpuncaknya pada April 1998menjadi Rp 17.200 per USD. Ituberarti rupiah terdevaluasi750 persen dalam setahun.Soeharto pun lengser pada 21Mei 1998.

Jadi, begitulah, dalam seja-rahnya, rupiah kerap terko-reksi, terdepresiasi, bahkanterdevaluasi. Ada yang me-nyebut rupiah merupakan sa-tu di antara tujuh mata uangyang masuk kategori troubledcurrency atau gampang anjloknilai tukarnya (Business In-sider, 29/7/2013).

Akhirnya, akankah anjlok-nya rupiah kali ini berpenga-ruh pada posisi Presiden Jo-kowi? Kita tunggu saja. (**)

*) Penulis dan penelitiSejarah, Alumnus Erasmus

Universiteit Rotterdam

Garuda tanpa Emirsyah (Bag.2-Habis)

UTANG tersebut bertenor10–12 tahun. Ekspansi Garudamasih belum selesai. Padaperiode 2017–2023 kembali 50pesawat baru akan didatang-kan dengan investasi USD 4,9miliar. Total jumlah pesawatyang dioperasikan Garudasekarang 169 unit dan akanmenjadi 194 pesawat pada2015.

Akhir November 2014 Ga-ruda membuat kerja sama co-de share dengan Myanmar Air-ways International. Jejaringinternasional terus dibangunsejak masuknya Garuda da-lam SkyTeam,aliansi pener-bangan global, awal tahun inidan ini sangat menguntung-

Oleh: Effnu Subiyanto*)kan penumpangnya.

Ada 20 maskapai dunia yangmenjadi anggota SkyTeamdanmenjangkau sedikitnya seriburute internasional. Terbangdengan maskapai nasionalGaruda sekarang tidak lagibisa disebut kampungan padalevel internasional. Pada rute-rute penting dunia, nama Ga-ruda sudah tidak asing lagidan ini membawa kebanggaanbangsa Indonesia.MODAL KOMPETISI

Meski demikian, strategiGaruda yang ekspansif seka-rang ini harus diapresiasi kare-na akan menjadi modal pen-ting dalam menghadapi MEAopen sky tahun depan. Daya

angkut Garuda meningkat 2,7kali dan kini menjadi 20,9 jutapenumpang per tahun.

Dengan banyaknya tamba-han armada pesawat baru,daya angkut kargo juga me-lonjak menjadi 292.888 tonper tahun (September 2014).Bahkan, kini Garuda menjadithe best airline nomor 7 dunia.

Emirsyah adalah CEO yangbersedia taking risk denganmempertaruhkan opportunityuntung sekarang, namun di-gunakan untuk memperbesaramunisi untuk persaingan re-gional, bahkan global. Karenaitu, melihat modal Garudayang demikian kuat ini danselalu penuhnya seat Garuda

dengan okupansi di atas 80persen, ke depan Garuda se-harusnya sudah tidak bolehmelapor rugi.

Tugas direktur utama yangbaru, yakni Arif Wibowo, se-benarnya relatif mudah kare-na harus membawa perusa-haan rugi menjadi perusa-haan untung. Ini berbeda de-ngan tugas Dwi Soetjiptoyang berat di Pertamina.

Karena Pertamina kinisudah untung USD 3,07 miliar(Rp 32,05 triliun), tugas Dwiharus membuat untung lebihbesar lagi tahun depan.Padahal, ketika harga BBMmendekati pasar, masyarakatmulai akan melirik kompetitor

Pertamina.Yang sangat positif dari

banyaknya direktur utamaBUMN yang mundur adalahberjalannya estafet kepemim-pinan. Menjadi direktur uta-ma BUMN kini bukan hasilrebutan lagi, melainkan sebu-ah amanah mahaberat. Sebab,jika salah menjalankannya,penjara yang akan menunggu-nya.

Selamat jalan, Pak Emir.Selamat datang, Pak Arif. (**)

*) Advisor CikalAFA-umbrella, direktur Koridor,

kandidat doktor ilmuekonomi FEB Unair

Tesih LarangAssalamualaikum wr. wb. Bapak

dan Ibu yang terhormat, pan melungresula. Buat KUA Tegal Selatan,sebenere bayar nikah pira? Jare Rp600 ribu ning ngundang pengulu.Bisane anjog palebe Rp 950 ribu?Daning larang nemen pan nikah.Aku kaget, bisane mbayaresamono. Bisa belih sida kawin keh.Aduh.

087730078215

Mau AmbrukKepada dinas terkait, di SMPN 19

Tegal, atap kantor guru banyakyang bocor. Kalau turun hujan,seperti mau ambruk.

081575761999

Teyeng Ora Sih?Assalamualaikum wr. wb. Tulung

gorong-gorong ning Desa Kala-dawa Jl. Projosumarto 1 rusak, di-benerna ben awet. Ping telu dibe-nerna, ambles terus. Teyeng apaora, DPU-ne?

08976756395

Lendek PelayananeBapak Bupati Yth, tolong ditindak

tegas pelayanan KK dan KTP diKecamatan Margasari. Masa sihbikin KK sampai tiga bulan. Padahalmau buat ngurus BPJS, sampaiorangnya mau meninggal KK-nyabelum jadi. Padahal juga sudah se-ring disampaikan ke Disdukcapil,ajeg-ajeg wae, tidak ada perubahan.Tolong len Pak Bupati ditindak.

085740119862

Aja IrinanSing nganggur, pengin kerja. Sing

wiyata bhakti iri karo PNS. Sing PNSiri karo PNS sertifikasi. Sing sertifikasikerjane ajeg laka peningkatan. Elingsedulur, bersyukurlah. Aja ndelengmenduwur bae laka rampunge. Be-kerjalah dengan hati nurani.

085786777630

Weteng EnekKang Jon pimen kiye. Dalan neng

Desa Randusari yakni Jl. Kolmaskayong laka benere. Aku ning konowis pitung taun lan lurahe wis njabat

rong periode. Tulunglah dibneri.Yen lewat mono gawe weteng enek.

087782518786

Luruh Kerja AngelPriben kabare wong Tegal? Saya

bangga di Jakarta banyak orangTegal. Orang Tegal di sini jadi kuli.Piben donge Bu Wali Kota karo PakBupati, bisane kayong minim lapa-ngan kerja? Padahal SDM-e luma-yan-lumayan. Matur suwun.

085600001271

Tambahi LampuneMas Bro, enyong pengin ngresula

untuk Dinas Pekerjaan Umum (DPU).Tolong kuwe Jalan Jatibarang-Brebesditambahi lampu PJU-ne, utamanyadi Desa Kedung Tukang yen bengipeteng jahat. Mbariken sing mbayargen rakyat bulanane. Sukron Bro.

+628157709731

Kaya BlumbangNggal dina mangkat kerja lewat

Jl Projosumarto 1 Kemantran-Su-lang ngenes. Dalane burak, becek,

lan banjir. Apa pan delengna bae?Pimen Pak Bupati Enthus Susmo-no? Kapan lewat Jl Projosumarto 1?

+6285229680007

Duwe TraumaAssalamualaikum wr. wb. Kang

Jon, aku njaluk tulung karo sampeansampekna berita kiye. Aku punyapenyakit mental yang menurut sayaparah, karena benar-benar menja-dikan saya tak punya keberanian lagiuntuk berusaha kembali. Karenatrauma masa lalu, sampai sekarangtak punya keberanian untuk bangkit

lagi. Adakah seorang spiritualis atauahli hipnoterapi yang punya kepe-dulian sosial untuk menolong sesa-ma semata-mata niat karena AllahSWT? Terima kasih Kang Jon. Mu-dah-mudahan kebaikane sampeanditerima Alloh SWT. Aamiin.

+6285642500778

Page 3: Radar Tegal 19 des 2014

JAWA TENGAHRADAR TEGAL JUMAT, 19 DESEMBER 2014website : radartegal.com, epaper: epaper.radartegal.com 3

REMBANG – Tiga orang ko-misioner Komisi Nasional HakAsasi Manusia (KomnasHAM) Republik Indonesiamengklarifikasi tiga hal padapihak Polres Rembang terkaitpengaduan warga tolak pabriksemen di Rembang. Kamis (18/12). Rombongan komisionerKomnas Ham yang datang kePolres Rembang sekitar pukul10.30 itu diterima langsungKapolres Rembang, AKBPMuhammad Kurniawan diruanganya.

Juru bicara Komnas Ham,Dianto Bachriadi menyebut-kan, ada tiga hal yang pihak-nya klarifikasi langsung de-ngan Kapolres.

Diantaranya, soal menjagadisiplin anggota kepolisiandalam pengamanan dan me-nindak anggota yang terbukti

Komnas HAM Klarifikasi Polresmelakukan kekerasan dalampengamanan warga, kemu-dian ralat soal kedudukan PTSemen Indonesia di Rembangsebagai aset vital nasional jugapengamanan warga untukmendistribusikan pangan danair serta kebutuhan lain untukkeluarga di tenda.

Dari hasil klarifikasi laporanwarga itu, Dianto mengakuKapolres menyatakan, akanmemeriksa anggotanya (yangdiduga terlibat melakukan ke-kerasan saat pengamanan).Selain itu, Kapolres juga mera-lat pemahaman tentang PT SIsebagai aset vital nasional.

”Jadi kenyataannya itu bu-kan (aset atau obyek vital),”ungkapnya seusai melakukanpertemuan secara tertutup diruangan Kapolrese rembang.

Selain klarifikasi tersebut,

Dianto menyebutkan Kapol-res juga akan membantu war-ga agar distribusi pangan danair untuk ibu-ibu di tendatidak terhambat dan mem-persilahkan warga untuk me-ngambil kembali barang-ba-rang mereka seperti alu, le-sung dan bajak yang di sim-pan di Polsek.

Dianto menyebutkan, hasildari klarifikasi dengan Kapol-res Rembang akan segera di-simpulkan kemudian direko-mendasi untuk ditindaklanju-ti.

”Tadi sudah kita sepakati(bersama kapolres) kesimpu-lannya, dan mungkin reko-mendasi turun pada Seninpekan depan,” terangnya.

Terpisah Kapolres Rem-bang, AKBP Muhammad Kur-niawan membenarkan klari-

fikasi yang dilakukan KomnasHam tersebut.”Intinya Kom-nas memberikan beberapamasukan, terkait kegiatan diSeman. Agar supaya melaku-kan kegiatan dengan baik danmenjalin komunikasi denganmasyarakat dengan baik,” te-rangnya.

Kapolres pun memastikandalam pertemuan tersebuttidak ada pembicaraan-pem-bicaraan yang krusial, sepertiadanya rekomendasi penca-butan pengamanan dari kepo-lisian di lokasi tapak pabrikoleh Komnas HAM.

”Kita tidak membicarakanhal itu (pengamanan olehanggota kepolisian), kita su-dah jelaskan bahwa kebera-daan mereka itu tidak adakaitannya dengan aksi warga.Mereka itu kita tempatkan

untuk menjaga keamanan sa-ja. Ini (pengamanan) bisa di-dapatkan semua orang takterkecuali PT SI. Sebab me-nurut kami keamanan wilayahitu menjadi tanggung jawabkami,” katanya.

Kapolres pun menegaskantak ada pelanggaran anggotayang terjadi selama kegiatanpengamanan. Ia pun memas-tikan jika ada pelanggaranyang dilakukan anggotanyasudah pasti akan diusut danditindak tegas.

Menurutnya gambar danvideo seperti gambar keke-rasan antar aparat denganwarga saat pengamanan dilokasi PT SI yang beredar luasdi tengah masyarakat perludilihat lebih cermat dansecara utuh. Sehingga semuajelas. (ali/sri)

KOTA - Walikota Pekalo-ngan dr HM Basyir Ahmad danBupati Pekalongan H AmatAntono dikukuhkan menjadiWarga Kehormatan KodamIV/Diponegoro.

Pengukuhan kepada Wali-kota dan Bupati itu dilakukanoleh Pangdam IV/Diponego-ro, di Markas Kodam IV/Dipo-negoro Semarang, Rabu (17/12). Pengukuhan juga dilaku-kan kepada para Bupati danWalikota se-jawa Tengah danDaerah Istimewa Yogyakarta(DIY).

Rangkaian upacara pengu-kuhan itu, diawali dengan ter-bang bersama menggunakanhelikopter tempur jenis Mi-17milik TNI AD, dari Lanud Ah-mad Yani dan mendarat dilapangan Parade Kodam IV/Diponegoro.

Para kepala daerah se-Ja-teng DIY itu langsung disam-but oleh Pangdam IV/Dipo-negoro Mayjen TNI Bayu Pur-wiyono dan Perwira Mene-ngah Kodam IV/Diponegoro,serta para Dandim se-Jatengdan DIY.

Para Kepala Daerah, takterkecuali Walikota dan Bu-pati Pekalongan, selanjutnyaberjalan kaki dari lapangan pa-rade menuju ke lapangantembak Kodam IV/Dipone-goro yang berjarak kurang le-bih 3 km. Sesampainya di lapa-ngan tembak, para Bupati danWalikota berkesempatan me-ngikuti latihan menembakmenggunakan senjata api je-nis pistol.

Selain melaksanakan lati-han menembak, para KepalaDaerah se-Jateng DIY itu jugadiajak naik kendaraan tempurjenis AMX-13 APC milik Ba-talyon Kavaleri (Yonkav) 2.Selanjutnya, secara simbolispengukuhan warga kehorma-tan Kodam IV/Diponegorodilakukan dengan pemakaianjaket dan penyematan brevet

kepada seluruh Bupati danWalikota oleh Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI BayuPurwiyono.

Walikota Pekalongan drHM Basyir Ahmad mengung-kapkan, penghormatan iniakan lebih menyemangatinyamengabdikan diri untukbangsa dan negara, khu-susnya bagi seluruh masya-rakat Kota Pekalongan. Me-nurut dia, selama ini kerjasamaantara pemkot dengan TNIsudah baik, dan akan terusditingkatkan lagi.

Kepada wartawan, GubernurJawa Tengah Ganjar Pranowoyang ikut serta dalam kegiatantersebut, menerangkan baik TNIdan Pemerintah Daerah sudahseharusnya siap menanggulangisemua permasalahan yang ada.Harapannya, usai pengukuhan,Gubernur berharap harmoniantara TNI dan Pemerintah jugadapat terbangun semakin baik.(way/sri)

DOK KODIM 0710

KEHORMATAN - Bupati Pekalongan H Amat Antono (kiri), Walikota Pekalongan dr HM BasyirAhmad (kanan), berfoto bersama Dandim 0710/Pekalongan Letkol Inf Riza Anom Putranto.

Walikota dan Bupati WargaKehormatan Kodam IV

Empat Pasangan Nikah Turut DiarakREMBANG – Senyum sumringah diperlihatkan pasangan

tertua nikah massal, Marjani, 67, dan Gunarmi, 55, dari desaSulang Kecamatan Sulang Kabupaten Rembang. Dirinyabersama tiga pasangan lainya tidak hanya nikah gratis namunsecara resmi namanya tercacat di Kantor Urusan Agama.

Cukup unik prosesi nikah yang berlangsung, sebab parapasangan juga dilakukan arak-arakan dimulai dari halamanpendopo museum RA Kartini, Rembang (depan kantor PKKKabupaten Rembang). Selanjutnya usai diarak mereka jalan kakimenuju ruangan Masjid Agung, dengan jarak kurang lebih 3 kilo,yang difasilitasi dari panitia hari ibu.

Prosesi dimulai sekitar pukul 08.00, diawali ijab dan qobul,penandatanganan buku nikah dan terahir mendapatkan bingkisandari pihak panitia. Diantara bingkisan yang diberikan, mulaisembako, peralatan dapur serta pohon mangga yang dikandungmaksud kampanye penghijuan.

Hal itu tentunya membuat suasana cukup berbeda dan unik dikota garam, pasalnya tidak sedikit banyak orang terkesima.Hingga tidak jarang tercengang sebenarnya acara apa yangberlangung, ketika masyaralat kebetulan melintas disekitar areaalun-alun Rembang.

Salah satu peserta nikah missal, Muntasir, 52 mempelai dariJinah, 52, dari desa Jatimudo, Sulang menyatakan, rasabahagianya terbantu dengan adanya program seperti ini, palagisisi ekonomi terbatas. Serambi mengingat masa lalunya, almarhumistrinya sebelum menikah sempat dirawat di rumah sakit selamadua bulan, jadi butuhkan biaya cukup tinggi.

”Satu tahun lalu istri meninggal, jadi saya membutuhkanseorang teman dalam mengarungi rumah tangga, terlebih masihmerawat anak dua di rumah,” ungkapnya. (noe/sri)

WISNU AJI/ RADAR KUDUS

SUMRINGAH - Pasangan tertua dari nikah massal tampaksumringah ketika mendapatkan surat resmi dari KUA.

BayiKembarTigaLahirSelamatGROBOGAN – Bayi kembar tiga lahir dengan selamat di Rumah

Sakit (RS) Permata Bunda Purwodadi(16/12). Ketiga bayi berjeniskelamin perempuan tersebut lahir dengan persalinan normal.Tiga bayi pasangan Abu Amran, 25 dan Dwi Apriliani, 18 wargaDesa Pakis, Kecamatan Ngaringan merupakan bayi pertama.Bayi pertama lahir pukul 12.13 dengan berat badan 1,3 kilogramdengan panjang 43 centimeter , kedua lahir pukul 12.55 denganberat badan 1,3 kilogram dan panjang 43 centimeter. Sedangkanbayi ketiga lahir pukul 13.05 dengan berat badan 1 kilogram danpanjang 40 centimeter.

”Ketiga bayi tersebut lahir dalam usia kandungan delapanbulan. Proses persalinan dari tiga bayi dilakukan dengan nor-mal,” kata Humas RS Permata Bunda dokter Puji Aris Rismawan,kemarin.

Dikatakan, selama melakukan proses persalinan tidakmengalami kendala yang berarti. Karena bayi lahir kembar tigasecara bergantian dengan kontraksi normal. Sehingga tidakdilakukan operasi cesar.

”Bayi lahir keadaan normal tidak ada yang cacat. Untuksementara bayi masih di rawat diingkubator karena berat bayimasih kurang dan sampai normal kembali dan mendapatkanperawatan infus” ujarnya.

Aris menjelaskan, untuk saat ini orang tua bayi yangmempunyai bayi kembar tiga sudah pulang ke rumah karenasudah sehat. Namun, untuk perawatan bayi masih di rawat dirumah sakit karena membutuhkan perawatan. Pembiayaanproses persalinan menggunakan biaya BPJS PB 1 atauJamkesmas.

”Ibunya sudah sehat. Kami sudah menghubungi keluarganyauntuk perawatan bayi masih di rawat di Rumah Sakit,” tandasnya.(mun/sri)

PEKALONGAN - Meskilongsor melanda Dukuh Jem-blung, Desa Sampang, Keca-matan Karangkobar, Kabu-paten Banjarnegara, namuntidak mempengaruhi hargasayur-mayur di sejumlah Pa-sar Tradisional di KabupatenPekalongan. Kenaikan hargasayuran relatif normal, meskidaerah pemasok sayur-mayurtersebut tertimpa bencanalongsor.

Seperti yang terjadi di PasarInduk Kajen Pekalongan. Se-jumlah sayuran mengalamikenaikan harga. Namun kenai-kan tersebut masih dalamukuran normal. Longsor yangterjadi di Kecamatan Karang-kobar tidak mempengaruhiharga sayur. Pasalnya seba-gian besar sayuran dipasokdaerah Kecamatan Kalibe-ning Banjarnegara.

Salah seorang pedagangsayur-mayur di Pasar IndukKajen, Dwi Setiowati (32) me-ngatakan, harga sayuran me-mang mengalami kenaikan.Namun kenaikannya masihdalam taraf biasa seperti ta-hun-tahun sebelumnya.

“Harga sayur memang naik,tapi diakibatkan karena kenai-kan harga BBM. Bukan karenalongsor di Karangkobar. Pasal-nya, sayuran ini diambil dariKecamatan Kalibening Ban-jarnegara yang berbatasanlangsung dengan Kabupaten

Pekalongan,” katanya.Dijelaskan, harga komo-

ditas sayur yang mengalamikenaikan diantaranya daunbawang, yang sebelumnya Rp7 ribu menjadi Rp 10 ribu perkilogram, atau naik Rp 3 ribuper kilo. Begitu juga hargawortel dan tomat yang semulaRp 7 ribu menjadi Rp 10 ribuper kilogram.

“Harga kubis pun masih sa-

ma, yakni Rp 3 ribu per kilo-gram,” ungkapnya.

Hal sama juga diungkapkanpedagang sayur-mayur lain-nya, Daryanti (40). Kata dia,harga sayur mayur masih nor-mal meskipun terjadi longsordi Banjarnegara.

“Harga sayur masih aman,naiknya bukan karena long-sor, tapi karena kenaikan BBM.“ (yan/sri)

Kenaikan Harga Sayur Relatif Normal

MUHAMMAD HADIYAN/RADAR PEKALONGAN

SAYURAN - Meski daerah pemasok terjadi longsor, namunharga sayuran di Kabupaten Pekalongan relatif normal.

KELUARGA

AGENDA

Page 4: Radar Tegal 19 des 2014

AGENDA HOTELHOTEL KARLITA

Rabu dan Sabtu, Show DJ and Dancer Performance pukul23.00-03.00 WIB di Zodiak Discotheque dan VIP Karaoke.

HOTEL BAHARI INN Tegal

- Setiap Senin & Jumat

Live Musik di Cafe Nelayan, Mulai Jam 19.00 WIB

- Sabtu

Happy Our di Musro Diskotik, Jam 20.00 - 03.00 WIB

Hotel dan HiburanHotel Bahari Inn Tegal (0283) 343399

Hotel Karlita (0283) 358050

Orange Karaoke (0283) 322022

Flash Family Karaoke & Cafe (0283) 321284

Ajam Goreng Spesial Lombok Idjo

- Jl. Karanganyar No. 21A Kejambon (0283) 342330 (0283) 342331

- d’POSO resto (0283) 6144277

- Anggraeni Hotel (0283) 881011

Jl. Ahmad Yani No. 159 Ketanggungan - Brebes

- Dian Hotel (0283) 877216

JL. Cendrawasih No 304 Tanjung- Brebes

- Hotel Dedy Jaya (0283) 673133 / 673158

TELEPON PENTING1. Pemadam Kebakaran (0283) 325429

2. Pelayanan Gangguan PLN (0283) 342245

3. Polresta Tegal (0283) 356115

4. Rumah Sakit Umum Kardinah (0283) 356067 / 341938

5. Pelayanan Gangguan PDAM (0283) 356175 / 358316

6. Stasiun Besar Tegal (0283) 353018

7. Terminal Bis Tegal (0283) 354696 / 354695

8. Rumah Sakit Amanah Mahmudah (0283) 6183504

9. Pelayanan 24 Jam (0283) 340999, 340399,

RS Mitra Keluarga Tegal 3390390

UGD, Laboratorium, Radiologi, Apotek, Ambulance

Jl. Sipelem No. 4 Kemandungan Tegal

RADAR TEGAL JUMAT, 19 DESEMBER 2014website : radartegal.com, epaper: epaper.radartegal.comOASE4

JUMLAH warga Inggris yangmemeluk Islam menjadi duakali lipat dalam dekade tera-khir, menurut survei lembagalintas agama di negara itu. Sur-vei tersebut paling kompre-hensif yang pernah dilakukanlembaga survei untuk menge-tahui jumlah orang yang telahmemeluk Islam di Inggris, TheIndependent melaporkan di-kutip World Bulletin, Selasa(16/12).

Survei sebelumnya mem-perkirakan jumlah mualaf an-tara 14 ribu hingga 25 ribu.Namun, lembaga survei lintasagama Faith Matters memper-kirakan angka sesungguhnyabisa mencapai 100 ribu de-ngan 5000 mualaf per tahunsecara nasional.

Disebutkan pula bahwa ba-nyak orang-orang Inggris, te-rutama yang tinggal di Lon-don, yang menyatakan masuk

Muaalaf Inggris Meningkat

Islam. Mereka melakukan ja-jak pendapat di masjid-masjiddan menemukan 1400 mualafdi ibu kota Inggris itu.

Ketika jajak tersebut diper-luas, maka terdapat sekitar5200 orang yang memeluk Is-lam setiap tahunnya. Angka

tersebut sebanding denganhasil survei yang dilakukan diJerman dan Perancis.

Survei ini juga mencatat ba-gaimana media menggam-barkan tentang fenomenatersebut. Disebutkan lebihdari 62 persen media menye-butkan artikel soal mualafdan dikaitkan dengan tero-risme dan kekerasan. Namunbanyak yang menyangkalbahwa setelah memeluk Is-lam mereka akan menjaditeroris.

Banyak yang setelah me-meluk Islam menghadapi tan-tangan seperti kehilangan ke-luarga atau teman, merasasendirian, harus melakukanadaptasi terhadap lingku-ngan baru dan meninggalkantradisi keluarga yang berten-tangan dengan ajaran Islam.

Saat ini jumlah muslim yangtinggal di Inggris mencapai

hampir 2,7 juta orang. Denganmeningkatnya jumlah mualafberarti semakin banyak yangmewakili muslim di dalam negeri.

Catherine Heseltine, beru-sia 31 tahun, membuat sejarahketika dia menjadi mualaf per-tama yang terpilih sebagai ke-pala komite lembaga muslimdi Inggris.

Mengomentari masalah-masalah yang dihadapi mualafdia mengatakan di antara war-ga masyarakat tertentu, adaketidakpercayaan yang men-dalam terhadap mualaf.

“Ada perasaan bahwa men-jadi mualaf lebih buruk dari-pada seorang muslim karenamereka dianggap sebagai se-suatu melintas ke sisi lain.Padahal, secara keseluruhan,orang menjadi mualaf dido-rong oleh rasa ingin tahu lebih,bukan permusuhan,” te-rangnya. (dream.co.id/ima)

SALAH satu ikon India ada-lah Taj Mahal. Bangunan initelah menarik jutaan pengun-jung setiap tahunnya. Merekaterkagum-kagum dengan ke-indahan arsitektur yang didiri-kan Raja Mughal Shah Jahan,raja muslim India untuk me-ngenang istri ke tiganya Mum-taz Mahal, ini.

Namun belakangan bangu-nan yang didirikan 460 tahunsilam ini menghadapi masa-lah. Permukaan yang terbuatdari marmer putih tak lagimengkilap. Marmer-marmeritu kini kusam. Terlihat lebihcoklat.

Dikutip Dream dari lamanDaily Mail, Selasa (16/12), parailmuwan menemukan parti-kel-partikel debu dan jelagadari pembakaran kayu dansampah di dekatnya menem-pel ke permukaan bangunanterkenal ini.

Masalah ini menjadi seriuskarena partikel-partikel ini ti-dak larut dalam air. Sehinggasangat sulit untuk dihilang-kan. “Partikel-partikel ini su-per kecil dan me-lekat di permu-kaan dengan sa-ngat baik,” ka-ta insinyurlingkungan da-ri Georgia Insti-tute of Technol-ogy, Atlanta,Mike Bergin.

Sejumlah pe-kerja berinova-si dengan me-lulurkan ta-nah liat kepermukaan

marmer di bagian kubah. Caraini dilakukan karena memangsusah untuk menghilangkanpartikel yang menyelimutipermukaan marmer itudengan air. Namun begitu,tahun demi tahun, warna TajMahal terus memudar.

Para ilmuwan berpikir kerasuntuk menyelamatkan kein-dahan bangunan bersejarahyang terletak di Agra, India ini.“Ada beberapa kekhawatirandampak jangka panjang terha-dap proses pembersihan ku-bah,” ujar Bergin.

Bergin bersama ilmuwandari Institut Teknologi In-dia dan peneliti arkeologiTanah Hindustan itu mela-kukan penelitian. Merekameletakkan balok marmerdi dekat Taj Mahal dalamwaktu setahun. Setelah itu,para ilmuwan itu menelitipartikel yang menempel dipermukaan marmer itu.

Hasilnya, para penelitimenemukan partikel kar-bon organik yang dikenaldengan sebutan karboncoklat, debu, dan karbonhitam. Partikel-partikel initidak larut dalam air, yangartinya tidak mudah hilangdengan hanya disiram a i rsaja.

Penelitian itu jugamengukur jumlahcahaya yang di-p a n t u l k a noleh parti-kel-par-tikel itu,

Memudarnya Keindahan Taj Mahaldan dari penelitian ini dike-tahui bahwa partikel-partikelinilah yang menyebabkan me-mudarnya marmer Taj Mahal.

“Hasil penelitian kami me-nunjukkan bahwa cahaya di-serap oleh debu dan karbondari pembakaran bahan ba-kar fosil dan biomassa yangmenyebabkan perubahanwarna pada permukaan TajMahal,” tutur Bergin.

Sehingga, Bergin me-nyimpulkan untuk meng-hentikan memudarnya pe-ninggalan yang dibangunantara tahun 1632 dan 1653ini adalah mengurangi emisidi sekitar Taj Mahal.

“Satu-satunya caramenghentikan memudar-nya warna adalah mencarisumber partikel dan men-cari cara untuk mengurangiemisi,” kata Bergin.

Sebenarnya, pemerintahIndia telah menetapkan wila-yah seluas 4.000 mile persegidi sekitar Taj Mahal sebagaiwilayah bebas industri. Ha-rapannya, bangunan yang pa-da 1983 ditetapkan sebagai si-tus peninggalan dunia olehUnesco ini terbebas dari debu-debu pabrik.

Namun nyatanya, permu-kaan marmer-marmer yangdiambil dari Makrana, Ra-jasthan, ini terus memudaroleh partikel-partikel hasil

p e m b a k a r a n .(dream.co.id/ima)

DUA orang santri MambaulUlum Bata-Bata, Pamekasan,Jawa Timur mendapatkanpenghargaan dari Kemen-terian Agama RI. Keduanyamerupakan santri berprestasikarena mampu menghafal1000 Hadist dan 15 Kitab.

Mereka adalah Ahmad AliKarror, kelahiran Bangkalan,14 Januari 1996, dan KhairulUmam yang juga kelahiranBangkalan, 08 April 1996.

“Saya sangat bahagia seka-ligus bangga mendapatkanpenghargaan ini, semoga ber-manfaat dan semakin memo-tivasi saya pribadi dan santri-santri lain untuk terus lebihgiat belajar,” ujar Ahmad diku-tip Dream.co.id dari NU On-line, Kamis (18/12).

Dua Santri MampuHafal 1.000 Hadits

Direktorat Jenderal Pen-didikan Islam KementerianAgama RI kembali memberipenghargaan kepada santriatau institusi, yang telah mela-kukan pengembangan pendi-dikan Islam melalui acara yangdikemas dalam ‘Apresiasi Pen-didikan Islam (API) 2014’, Sela-sa kemarin.

Sekjen Kemenag Nur Syammengatakan, API tahun iniadalah kegiatan yang dilaku-kan ketujuh kalinya. Denganpenyelenggaraan API diha-rapkan pendidikan Islam kedepan semakin baik.

“Apalagi peran serta pendi-dikan Islam mencapai 20 per-sen dalam pendidikan di Indo-nesia,” terangnya. (drea-m.co.id/ima)

DALAM Islam, semua hariadalah baik. Tetapi ada satuhari yang dianggap hari ituadalah hari terbaik dan me-miliki keistimewaan serta nilaisejarah yang sangat panjang.Hari tersebut adalah hari Jum-’at, hari Jum’at adalah hari ke-enam dalam satu pekan. KataJumat diambil dari bahasaArab, Jumu’ah yang berartiberamai-ramai, diambil daritata cara ibadah kaum Muslimyang dilakukan pada hari ini.

Hari Jumat memang memi-liki beberapa keutamaan diantaranya adalah umat Islamlaki-laki khususnya diwajib-kan untuk melakukan ibadahshalat Jumat berjamaah dimasjid pada waktu Dzuhur.Selain itu, ada banyak lagikeutamaan serta keistime-waan hari Jumat yang harusAnda ketahui.

Berikut ini beberapa di an-taranya;

1. Hari Jum’at adalah HariTerbaik

Abu Hurairah meriwayat-kan bahwa Rasulullah bersab-da: “Hari terbaik dimana padahari itu matahari terbit adalahhari Jum’at. Pada hari itu Adamdiciptakan, dimasukkan surgaserta dikeluarkan darinya. Dankiamat tidak akan terjadi ke-cuali pada hari Jum’at”.

2. Terdapat Waktu Musta-jab untuk Berdo’a.

Abu Hurairah berkata Rasu-lullah bersabda “Sesungguh-nya pada hari Jum’at terdapatwaktu mustajab bila seoranghamba muslim melaksanakanshalat dan memohon sesuatu

kepada Allah pada waktu itu,niscaya Allah akan menga-bulkannya. Rasululllah mengi-syaratkan dengan tangannyamenggambarkan sedikitnyawaktu itu,” (HR. MuttafaqunAlaih).

Ibnu Qayyim Al Jauziah, se-telah menjabarkan perbedaanpendapat tentang kapan wak-tu itu mengatakan, “Diantarasekian banyak pendapat adadua yang paling kuat, seba-gaimana ditunjukkan dalambanyak hadits yang sahih, per-tama saat duduknya khatibsampai selesainya shalat.

Kedua, sesudah Ashar, danini adalah pendapat yangterkuat dari dua pendapattadi,” (Zadul Ma’ad Jilid I/389-390).

3. Sedekah pada Hari ItuLebih Utama

Ibnu Qayyim berkata: “Se-dekah pada hari itu diban-dingkan dengan sedekah pa-da enam hari lainnya laksanasedekah pada bulan Ramadandibanding bulan-bulan lain-nya”. Hadits dari Ka’ab menje-laskan: “Dan sedekah padahari itu lebih mulia dibandinghari-hari selainnya”. (MauqufShahih)

4. Hari Tatkala Allah SWTMenampakkan Diri kepadaHamba-Nya yang Beriman diSurga.

Sahabat Anas bin Malik da-lam mengomentari ayat: “DanKami memiliki pertambahan-nya,” (QS.50:35) mengatakan:“Allah menampakkan diri ke-pada mereka setiap hari Jum-’at”. (makintau.com/ima)

Keistimewaan HariJumat dalam Islam

Page 5: Radar Tegal 19 des 2014

JUMAT, 19 DESEMBER 2014 5

Berbagi Ilmudengan

MahasiswaTANGGUNG jawab mengemban pro-

fesi sebagai seorang dosen tentu tidaksemudah membalikkan telapak tangan.Selain harus bisa memberi perkuliahandengan baik, seorang dosen juga di-tuntun untuk bisa membina dan me-ngarahkan agar mahasiswanya kelakbisa menjadi generasi penerus bangsayang kaya akan ilmu pengetahun danteknologi serta diperkuat dengan ben-teng keimanan yang kokoh.

Inilah yang selalu dikedepankan olehYeni Aliyu Hadi SPd yang sehari-hari

berfrofesi sebagai dosen BahasaInggris di AMIK YMI Tegal.

Berbagi ilmu dengan maha-siswa, katanya, harus disam-

paikan sejelas dan segam-blang mungkin sehingga me-reka bisa menangkap de-ngan mudah.

Kemampuan antara satumahasiswa dengan lain-

nya tentu berbeda se-hingga seorang dosen

harus memiliki carayang jitu agar apa

yang diberikanselama perku-

liahan tidaksekedar di-

d e n g a rdan dilu-pakan be-gitu saja, te-

tapi bisa dicerna dan diingat sehinggasaat mereka lulus ilmu tersebut bisadiaplikasikan sesuai profesi masing-masing.

Semua, jelasnya, tentu butuh prosesdan waktu, tetapi jika dijalani denganikhlas dan tekun maka akan membuah-kan hasil yang baik. “Ilmu yang sayadapatkan juga saya bagi kepada maha-siswa agar mereka kelak bisa menjadigenerasi yang berprestasi sesuai bi-dangnya masing-masing,” katanya.

Semua itu, lanjutnya, tidak lepas daridukungan keluarga, rekan sejawat danalmamater serta mahasiswa itu sendiri.Pasalnya, semua menajdi sebuah satukesatuan yang memang seharusnyabisa berjalan seirama agar satu sama laindapat saling melengkapi.

Dia juga mengakui jika prestasi yangdijalaninya sekarang memiliki banyakkenangan. Dengan menjadi seorangpengajar atau dosen, dia berharap agarilmu yang dimiliki bisa terus ditularkankepada semua mahasiswa sehingga dapatmemberikan manfaat di kemudian hari.

Baginya, pengabdian tersebut men-jadi terbayar lunas saat melihat anakdidiknya bisa menjadi seseorang yangberhasil sesuai dengan profesi dan ke-ahlian masing-masing. “Memberikanyang terbaik dengan ikhlas dan profes-sional tentu akan mendatangkan se-buah manfaat yang bisa dirasakan ber-sama,” jelasnya. (gun/wan)

Yeni Aliyu Hadi SPd

PEMAHAMAN yang sema-kin baik tentang kanker mem-buat saat ini banyak pengo-batan kanker yang bisa ber-hasil baik. Peluang sembuhtotal atau usia harapan hidupyang lebih lama ikut mening-kat. Salah satu pengobatanterbaru yang saat ini cukupmenjanjikan adalah denganterapi target.

Dalam terapi target, pengo-batan akan langsung dituju-kan pada sel kankernya. Terapianti-angiogenesis yang telahdisahkan oleh FDA 10 tahunlalu digunakan sebagai salahsatu cara pengobatan kankerdan hasilnya cukup baik padapasien stadium lanjut.

Seperti diketahui, semuatumor membutuhkan pertum-buhan pembuluh darah baruagar bisa memasok oksigendan zat gizi agar sel-sel merekadapat bertumbuh. Pemben-tukan pembuluh darah baruini disebut angiogenesis.

“Obat anti-angiogenesis itunantinya akan memutus per-tumbuhan pembuluh darahbaru itu sehingga sel kankertersebut mati karena kelapa-ran,” kata Dr. Ronald Hukom,Sp.PD-KHOM dari Rumah Sa-kit Kanker Dharmais dalamacara Roche Health MediaForum di Jakarta.

Salah satu obat kanker anti-

angiogenesis pertama adalahbevacizumab. Obat yang telahdipakai kepada lebih dari 1,5juta pasien ini tersedia untukkanker payudara, kolorektal,paru, ginjal, otak, dan ova-rium.

Di Indonesia sendiri obat initelah disetujui oleh BadanPengawas Obat dan Makanan(BPOM) untuk indikasi kankerkolorektal, payudara tipe ter-tentu, paru dan ovarium. Saatini telah ada 14 terapi berbasisanti-angiogenesis yang di-setujui secara global, dian-taranya Bevacizumab, Sora-fenib, Sunitinib, Pazopanib,Regorafenib, Cabozantinib,Vandetanib, dan Everolimus.

“Obat anti-angiogenesis inibaru diterapkan pada kankertertentu karena untuk jeniskanker yang lain belum adahasilnya dan studinya masihberjalan. Kita tunggu saja se-moga hasilnya baik,” ungkapRonald.

Ronald juga menambahkanterapi target ini sebaiknyadikombinasikan dengan te-rapi lain agar hasilnya lebihmaksimal. “Jika hasilnya mak-simal maka harapan hiduppasien stadium lanjut bisa le-bih panjang. Jika dulu hanyahitungan bulan maka seka-rang bisa bertahun-tahun,”katanya. (hkc)

ADA berbagai zat yang bisamemicu alergi, salah satunyaadalah debu rumah. Diban-ding dengan menghindarialergen yang disebabkan olehmakanan, menghindari deburumah sebenarnya cukup su-lit.

Debu rumah merupakantempat mangkal aneka zatpemicu alergi, seperti serpi-han sel kulit mati, spora jamur,sisa bangkai kecoa, dan lainsebagainya. Namun penye-bab utama alergi debu rumahadalah tungau debu rumahyang berukuran sangat kecil.

Menurut dr.Iris Rengganis,Sp.PD, spesialis alergi danimunologi, alergi debu antaralain dipicu oleh gaya hidup alaBarat. “Kita ini hidup di negaratropis tapi mau ikut-ikut orangBarat yang rumahnya mema-kai karpet tebal. Padahal me-reka itu pakai karpet karenaudaranya dingin,” katanya da-lam acara peluncuran RumahInovasi yang diadakan olehPhilips di Jakarta.

Tungau debu rumah senanghidup di sudut-sudut rumahdan tempat yang lembab danhangat seperti karpet, sofa,tirai jendela, atau boneka ber-bulu.

Iris menjelaskan, orangyang mengidap alergi debu

akan seumur hidup menderitaalergi ini. “Kalau orang yangalergi makanan yang suatusaat masih bisa ditoleransi danlama kelamaan akan menjadikebal, sementara kalau alergidebu seumur hidup akan te-rus ada,” kata dokter dari RS.-Mayapada Jakarta ini.

Cara terbaik untuk menga-tasi alergi debu adalah denganmenjaga kebersihan rumahsehingga rumah bebas daridebu. “Seumur hidup kitaharus menghindari bantal ka-puk, jangan memakai karpetatau memajang boneka buludi kamar,” katanya.

KEHILANGAN gigi bagiandepan tentu dapat mengu-rangi rasa percaya diri sese-orang. Anda menjadi maluuntuk senyum lebar yang mem-perlihatkan gigi. Tak hanyamengganggu penampilan, gigiyang copot pada bagian de-pan juga bisa mempengaruhikelancaran berbicara hinggamemotong makanan.

Ada beberapa cara untukmengatasi hal itu, yakni me-makai gigi palsu baik yanglepasan atau pun implan gigiyang sifatnya lebih permanen.

“Implan gigi bisa digunakanuntuk menggantikan seku-rang-kurangnya satu gigi, bah-kan seluruh gigi di mulut ma-nusia yang dipasangkan se-cara permanen untuk mem-perbaiki fungsi dan penam-pilan,” ujar dokter gigi ImamWahyu Kusumadirja dalamdiskusi di Rumah Sakit Bet-hsaida, Gading Serpong, Ta-ngerang, Banten.

Iman menjelaskan, implangigi merupakan struktur yangberbentuk seperti akar gigiyang terbuat dari titanium.Akar buatan itu ditanamkanke dalam tulang untuk meng-gantikan akar gigi alami yangtelah hilang atau rusak. Ter-dapat berbagai bentuk danukuran yang disesuaikan de-ngan gigi pasien. Implan gigipun dibuat sangat menye-rupai gigi asli.

“Setelah pasang implan,makan dan mengunyah jadinyaman seperti gigi asli,” kataImam yang merupakan Ke-pala Departemen BethsaidaHospital Dental Center (BHDS)

Selain itu, ruangan rumahtidak cukup hanya disapu dandipel tapi juga sebaiknya di-sedot debunya memakai va-cuum cleaner. “Sedot debu disofa dan tempat tidur. Cuciseprai dan sarung bantal se-minggu sekali. Untuk merekayang menderita alergi berat,Iris menyarankan untuk meng-gunakan seprai antitungaudebu khusus,” sarannya.

Hindari pula penggunaanmebel berlapis bantalan tebaldan semua benda pengumpuldebu seperti rumbai-rumbaipada tempat tidur, atau tiraiyang terlalu tebal. (hkc)

itu.Imam mengatakan, implan

juga dapat mengurangi risikopenyusutan tulang dan gusiturun akibat pencabutan atautidak adanya gigi terlalu lama.

Implan gigi juga tidak me-nimbulkan pergerakan, peru-bahan warna, bau tidak sedap,dan tak perlu pembuatanulang pelat seperti gigi palsuatau tiruan lepasan.

Untuk pemasangan implandibutuhkan waktu sekitar 1hingga 3 bulan setelah pro-sedur pencabutan gigi. Implangigi, lanjut Imam, dapat di-gunakan seumur hidup pa-sien. (hkc)

Melawan Kankerdengan MemotongSaluran Makanannya

Bisa Senyum LebarSetelah Implan Gigi

Alergi Debu Tak akanHilang Seumur Hidup

USIA harapan hiduporang di banyak negaraterus meningkat. Sejaktahun 1990, rata-rata usiaharapan hidup naik 6 ta-hun menjadi 71,5 tahun.Meski begitu, usia hara-pan hidup di negara subSahara Afrika turun.

“Peningkatan ini ter-utama karena upaya mela-wan berbagai penyakitdan kecelakaan semakinbaik, tetapi sebenarnyakita bisa lebih baik dariini,” kata Christopher Murraydari Universitas Washing-ton yang melakukan risetini.

Dalam laporan peneli-tiannya yang dimuat da-lam jurnal Lancet, ditun-jukkan bahwa terjadi pe-nurunan kematian akibat

kanker dan penyakit kar-diovaskular di negaramaju. Demikian juga de-ngan kematian akibat pe-nyakit diare dan kompli-kasi persalinan di seluruhdunia.

Kedua tren tersebutberpengaruh pada pe-nurunan angka kematiansecara global. Namunyang lebih penting ada-lah pendanaan medis un-tuk melawan penyakitmenular terus bertambahsejak tahun 1990.

Meski begitu, jumlahkematian akibat sejumlahpenyakit terus mening-kat. Yang paling dramatisadalah kematian akibatHIV/AIDS yang berada didaftar teratas kematianprematur. (hkc)

Umur ManusiaSemakin Panjang

Page 6: Radar Tegal 19 des 2014

RADAR TEGAL JUMAT, 19 DESEMBER 2014website: radartegal.com, epaper: epaper.radartegal.com6 NASIONAL

Setahun BerjalanJAKARTA - Pelaksanaan

program Jaminan KesehatanNasional (JKN) sudah berja-lan hampir satu tahun. Selamakurun waktu tersebut, bebe-rapa pihak menyatakan pelak-sanaan program JKN yangbernaung di bawah lembagaBadan Penyelenggara Jami-nan Sosial (BPJS) Kesehatanmasih mengalami kekurangandi sana-sini. Kemarin (18/12),Pusat Kajian Ekonomi danKebijakan Kesehatan FakultasKesehatan Masyarakat Uni-versitas Indonesia (PKEKKFKM UI) merilis hasil jajakpendapat cepat terkait tingkatkepuasan dan kepercayaanmasyarakat pada kinerja JKNdi tahun 2014 dan harapanpelaksanaan JKN di tahun2015. Jajak pendapat dilaku-kan pada 681 responden di 20provinsi di Indonesia.

Menurut Ketua PKEKKFKM UI Hasbullah Thabrany,penerapan JKN di tahun 2014masih mendapat rapor merahbagi, khususnya terkait pera-turan dan transparansi. Diamenuturkan, transparansiBPJS sangat lemah. “Informasiseperti biaya operasional, gajidireksi, dewan pengawas danpegawai tidak tersedia sebagaibagian dari pertanggung ja-waban publik serta belum ter-lihat peran optimal dari pe-ngawas internal (dewas) sertapengawas eksternal (DJSNdan OJK),” papar Hasbullah diRestoran Gado Gado Boplo,

DOK.JPNN

BPJS - Sejumlah warga tengah mendapatkan pelayanan BPJS di Kantor BPJS Kota Bekasi, belum lama ini.

Program JKN Masih Tertatih-Tatihkemarin.

Terkait regulasi, Hasbullahmenyatakan salah satu aturanyang harus menjadi perhatianpemerintah adalah PeraturanBPJS Kesehatan No. 4 Tahun2014 yang telah direvisi Pe-raturan Direksi BPJS Kese-hatan No. 211 Tahun 2014.

Dalam aturan itu, disebut-kan masa aktivasi kartu 7 haribagi peserta baru BPJS Kese-hatan, khususnya pesertayang mendaftar secara man-diri dengan kelas perawatan 1dan 2. Menurut dia, aturan itumemberatkan dan melanggarhak rakyat untuk mendapatpelayanan kesehatan. “Harus-nya, setelah peserta memba-yar iuran awal, kartu kepeser-taan bisa langsung diguna-kan,” kata Hasbullah.

Hasbullah melanjutkan, se-harusnya pemerintah sudahbisa memprediksi bahwa akanbanyak peserta mandiri yangmendaftar menjadi pesertaBPJS Kesehatan sewaktu sa-kit, sekalipun telah dilakukanberbagai sosialisasi. Karenaitu, tidak perlu diatur adanyamasa tunggu berlaku kartu(aktivasi) 7 hari. Dia pun me-nyarankan, untuk membena-hi persoalan tersebut, peme-rintah sebaiknya menyedia-kan dana yang layak untukkepentingan publik dalamprogram JKN.

“Kemudian, transparan ter-hadap usul perubahan iurandan besaran biaya kapitasi.Mendorong keterbukaanBPJS termasuk akses terhadap

data dan informasi. Semen-tara itu, mengingat tahun de-pan akan ada pergantian di-reksi BPJS Kesehatan makadireksi dan dewan pengawasyang terpilih nanti harus orangyang konsisten menjalankanSJSN,” paparnya.

Menanggapi hasil evaluasitersebut, Direktur Hukum danHubungan Antar LembagaBPJS Kesehatan Purnawar-man Basundoro menyatakanakan memperhatikan berba-gai masukan tersebut. Diamenuturkan, terkait keter-bukaan dan transparansi,BPJS Kesehatan telah memi-liki unit pengaduan dan pe-nanganan keluhan peserta.“Memang belum dipublika-sikan. Tapi akan segera kamupublikasikan,” ujarnya.

Menyoal peraturan BPJSKesehatan, Purnawarman ha-nya bisa mengatakan kewena-ngan itu telah diamanatkandalam peraturan perundang-undangan. Lewat aturan ter-sebut, telah ditetapkan tatacara pendaftaran JKN. Jika adasubstansi yang dinilai tidaksinkron dengan peraturanyang lebih tinggi atau mem-beratkan peserta, maka harusdipahami latar belakang ke-napa peraturan itu diterbit-kan. “Harus dipahami, BPJSKesehatan bertugas menjagadana yang dikelola agar ber-jalan baik dan menjaga agarprogram yang diselenggara-kan berkelanjutan,” urainya.

Soal dana operasional BPJSKesehatan, Purnawarman

menjelaskan, hal tersebutmenjadi kewenangan MenteriKeuangan (Menkeu) seba-gaimana diatur dalam PP No.

87 Tahun 2013 tentang Pe-ngelolaan Aset Jaminan SosialKesehatan. Besaran biaya ad-ministrasi BPJS Kesehatan itu

diatur lewat Peraturan Men-teri Keuangan. “Penetapanbesaran biaya administrasi(operasional) itu sesuai de-

ngan kebutuhan BPJS Kese-hatan untuk menjalankanprogram Jaminan Kesehatan,”imbuhnya. (Ken/duh)

Tak SampaiKurangi PNS, Beres25 Desember 2014

JAKARTA - Salah satu agen-da Kabinet Kerja di awal masakerjanya ada penataan ulangstruktur organisasi kemen-terian. Selain banyak yangdilebur, beberapa unit eselonI di sejumlah kementerian jugaberganti nama. Restrukturi-sasi ini dijamin tidak sampaimenimbulkan penguranganPNS alias pemecatan.

Salah satu peleburan palingbanyak ada di KementerianPendidikan dan Kebudayaan(Kemendikbud). Di Kemen-dikbud unit eselon satu yangbakal dilebur adalah DitjenPendidikan Menengah (Dik-men). Kabar yang beredar,Ditjen Dikmen akan dilebur diDitjen Pendidikan Dasar (Dik-das). Selain itu Badan Pengem-bangan Sumber Daya Manu-sia Pendidikan Dan Penjami-nan Mutu Pendidikan (BPSDM-PMP) menjadi Ditjen Guru.

Perubahan lain juga ada diKementerian Perindustrian.Ditjen Basis Industri Manu-faktur (BIM) akan diganti Dit-

Banyak Eselon 1 Dilebur dan Digantijen Industri Kimia, Tekstil, danAneka (IKTA). Kemudian Dit-jen Industri Unggulan Berba-sis Teknologi Tinggi (IUBTT)menjadi Ditjen Industri Lo-gam, Mesin, Alat Transpor-tasi, dan Telematika. Sema-ngat perubahan di Kemente-rian Perindustrian ini dianta-ranya untuk memudahkanpenggunaan istilah.

Semua peleburan atau pe-rubahan nama eselon I dandibawahnya wajib dikonsul-tasikan ke Kementerian Pen-dayagunaan Aparatur Negaradan Reformasi Birokrasi (PAN-RB). “Perlu koordinasi dengankami karena terkait nasib pe-gawai yang notabene PNS,”kata Kepala Biro Hukum danKomunikasi Informasi PublikKementerian PAN-RB HermanSuryatman di Jakarta kemarin.

Herman menuturkan be-berapa kementerian yangmenjalankan restrukturisasisudah berkoordinasi dengankementeriannya. Selain itu,Herman mengatakan Kemen-terian PAN-RB juga sering tu-run kw kementerian-kemen-terian untuk menyiapkan uru-san administrasi reorganisasi.“Sesuai dengan arahan Pre-

siden Joko Widodo, urusanrestrukturisasi serta pergan-tian nama selesai 25 Desem-ber,” katanya. Sehingga mulai1 Januari semua kementerianyang mengalami restruktu-risasi bisa bekerja efektif.

Inti dari restrukturisasi unit-unit kementerian itu tidaksampai berdampak pemeca-tan atau pensiun dini PNS.Dampak paling nyata adalah,berkurangnya kursi pejabateselon I dan eselon di bawah-nya. Contohnya di Kemen-dikbud, jika Ditjen Dikmenjadi dilebur ke Ditjen Dikdas,otomatis kursi jabatan DirjenDikmen sudah tidak ada lagi.

Dia menuturkan reatruktu-risasi yang digulirkan KabinetKerja ini murni untuk meng-efektifkan pelayanan publik.Contohnya pembentukan Dit-jen khusus guru di Kemendik-bud, diambil supaya penge-lolaan guru tidak tersebar dibanyak unit seperti saat ini.Untuk diketahui, pengelolaanguru di Kemendikbud sekarangterpencar di beberapa unit ese-lon I. Guru SD dan SMP ada diDitjen Dikdas, sedangkan guruSMA dan SMK ada di DitjenDikmen. (wan/duh)

JAKARTA - Biaya penem-patan Tenaga Kerja Indonesia(TKI) semakin mahal. Salahsatunya untuk dapat bekerjadi Negeri Jiran, Malaysia. Baru-baru ini, Pemerintah Malaysiamelalui Kedutaan Besar (Ke-dubes) Malaysia di Indonesiamengirimkan surat edaranterkait rencana kenaikan tarifpembuatan visa ke sana. Taktanggung-tanggung, kenai-kan mencapai 15 kali lipat daritarif sebelumnya yakni Rp 55ribu.

“Sekarang bayarnya harusRp 882 ribu,” ujar Kepala Hu-mas Asosiasi Perusahaan jasaTenaga Kerja Indonesia(APJATI) Marlinda Irwanti saatditemui di Jakarta, kemarin(18/12).

Secara dramatis, Marlindamembeberkan perhitunganangka kenaikan tersebut.Angka Rp 882 ribu itu dipe-roleh dari biaya proses visa

sebesar RM 205 ditambahPPN 10 persen atau Rp 872 ribuuntuk per orang. Kemudian,biaya tersebut masih harusditambah dengan biaya visasebesar Rp 55 ribu yang jaditarif sebelumnya.

Marlinda mengatakan, bi-aya proses visa ini sebelumnyatidak ada. Ia menduga, biayatambahan yang tidak kecil inidiberlakukan lantaran pihakMalaysia yang mulai meng-gunakan tenaga swasta untukmengurus permohonan visaini. Karena, dari surat edaranyang diberikan disebutkanbahwa pengurusan visa kerjake Malaysia harus melalui onestop center (OSC) yang dike-lolah oleh PT Omni SaranaCipta. Sehingga, pengurusantidak lagi melalui perwakilanpemerintah Malaysia di Indo-nesia, tapi langsung menujulokasi OSC yang telah dite-tapkan. (mia/duh)

DOK.JPNN

DIPULANGKAN -BelasanTKI yangdipulangkandariMalaysiatiba di Pelabuhan Internasional Batam Center.

Malaysia Naikkan BiayaVisa TKI Sepihak

RestrukturisasidiKementerian

-DitjenPendidikanMenengah (Dikmen) dilebur diDitjenPendidikanDasar (Dikdas).

-BadanPengembanganSumberDayaManusiaPendidikanDanPenjaminanMutuPendidikan(BPSDM-PMP)diubahmenjadiDitjenGuru.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)

-DitjenBasis IndustriManufaktur (BIM)akandigantiDitjen IndustriKimia,Tekstil,danAneka(IKTA)

-Ditjen Industri UnggulanBerbasisTeknologiTinggi (IUBTT)menjadiDitjen Industri Logam,Mesin,Alat Transportasi, danTelematika.

Kementerian Perindustrian

Pilkada 2015 Hanya Bisa Satu PutaranJAKARTA - KomisiPemilihanUmum(KPU) tidak ingin terlibat

dalamwacana jadwal pilkada serentak yangmolor hingga tahundepan. Sampai saat ini, KPU telahmemiliki dua simulasi jadwalpilkada, yakni 18 November dan 16 Desember 2015. Namun,KPU tetapmempersilakanapabila pemerintahdanDPRhendakmerevisi PerppuNomor 1Tahun 2014.KetuaKPUHusni KamilManikmenjelaskan, pihaknya sudah

siapmelaksanakanpilkadaserentak2015.Dalamarti,pemungutansuara putaran pertama dilaksanakan pada 2015. KPU hanyamengakui sulit menyelenggarakan pemungutan suara putarankedua pada 2015 sebagai akibat perolehan suara yang tidakmutlak ataupun sengketa.Konsekuensinya, pemungutan suara putaran kedua

dilaksanakanpada2016. �Kalaupemungutansuara tahapkeduajatuhpada2016,kepaladaerahhasil pilkadaserentak jugadilantik2016,� ujarnya di Jakarta kemarin.Padaprinsipnya, tuturHusni, KPUsiapmelaksanakanpilkada

kapan pun. Hanya, Husni mengingatkan ada tanggung jawabpemerintahdalampilkada, terutamadalamhal regulasi. �Setelahnanti perppuditerima, kalau disepakati perubahan jadwal, harusada undang-undang perubahan terhadap Undang-UndangPilkada yang ditetapkan itu,� lanjutnya.Sementara itu, Komisioner KPU IdaBudhiarti membeberkan

bahwaPerppuNomor1Tahun2014membawa implikasi terhadappelaksanaan tahappilkada serentak. Perppu tersebutmengaturpelaksanaanpilkadahinggaperhitungan lamanyatiap tahap.Mulaipendaftaranbakal calon, uji publik, hinggapemungutan suara.Menurut Ida, apabila perhitungan waktu tahap di perppu

menggunakanpatokanharikerja,pemungutansuarapilkadaserentakmustahil terlaksanapada2015.�Karenaitu,kamimendefinisikanharidiperppusebagaihari kalenderdanhari kerja,� tutur Ida.Untuk tahappilkadayangditentukan jumlahharinya, pihaknya

menggunakan patokan enamhari kerja. Untuk tahap yang tidakditentukan jumlahharinya, sepertimasapendaftaranbakal calonkepala daerah, pihaknyamenggunakan patokan hari kalender.Sebagai gambaran, pendaftaran bakal calon (balon) kepala

daerahdibukaakhir Februari. Dalamperppudiatur bahwamasapendaftaran balon berlangsung selama enam bulan sebelumpendaftaran calon, termasukdi dalamnyauji publik.Untuk tahaptersebut, KPU menggunakan hitungan kalender. Kemudian,pendaftaran calon, verifikasi, penetapan calon, dan kampanyemenggunakan perhitungan hari kerja karena jumlah hari untukmasing-masing tahap telah ditentukan. Di antara masapendaftarancalon,KPUmemberi jeda64hari untukpenyelesaiansengketa prapilkada di PengadilanTataUsahaNegara.�Jadwal 16 Desember itu sudahmengakomodasi sengketa

TUN.Adaatau tidakadasengketa,KPUharusmenunggusampaiberakhirnya masa sengketa TUN, baru bisa melakukanpemungutansuara,� lanjutnya.Hasil simulasiKPUmenunjukkan,pemungutan suara putaran pertama bisa dilaksanakan pada2015 sesuai amanat perppu.Dengan asumsi seluruh pilkada berlangsung satu putaran

tanpa sengketa hasil maupun perolehan suara tidak mutlak,rekapitulasi bisa selesai padaakhir Desember. Apabila adadaerah yang terjadi sengketa,tahap berikutnya bisa mundurlagi. Sengketa pilkada bisaberlangsunghingga41hari kerja.Meski begitu, Ida tetap me-

ngakui penundaanpemilumem-buat jadwal pelaksanaannyalebih lega. Apabila perppu di-setujui dengan revisi, dia me-nyarankan beberapa peng-hematan waktu. Misalnya, pe-nyelesaian sengketa TUN tidakperlu sampai MA, melainkancukup sampai PTTUN. Aturantersebut bisamenghematwaktu37 hari kerja, lebih dari separo.Sebelumnya, Dirjen Otonomi

Daerah Kemendagri Prof Djo-hermansyah Djohanmengung-kapkan, wacana jadwal pilkadaserentak bisa molor hingga2016. Sebab, pihaknya mengi-nginkan keserentakan itu tidakhanya berlaku untuk pemu-ngutan suara, namun juga pe-lantikan. (jpnn/duh)

PILKPILKPILKPILKPILKADAADAADAADAADA

Page 7: Radar Tegal 19 des 2014

SAMBUNGAN 7RADAR TEGAL JUMAT, 19 DESEMBER 2014website : radartegal.com, epaper: epaper.radartegal.com

Siap Hadapi PTUN BRDdari halaman 1

Nasihat Lembut Suamdari halaman 1

Setelah menjadi ketua periode2009–2014, JK kemarin kem-bali memenangi pemilihanketua PMI periode 2014–2019.

Dalam voting yang dilaku-kan Kamis dinihari kemarin(18/12), JK dipilih oleh 247peserta Musyawarah NasionalPMI, mengalahkan pesaing-nya Siti Hediyati (Titiek Soe-harto) yang hanya mendapat170 suara. ”Saya sebenarnya

ingin fokus tugas kenegaraan,tapi akhirnya bersedia karenaini ibadah,” ujarnya.

Menurut JK, donor darahadalah aktivitas kemanusiaan.Para pendonor darah adalahpahlawan yang berjasa me-nyelamatkan nyawa sesama.Karena itu, seiring mening-katnya kebutuhan yang saatini mencapai 4,8 juta kantongdarah per tahun, JK ingin men-dorong lebih banyak oranguntuk aktif sebagai pendonor

Jusuf Kalla Pimpin PMI Lagidari halaman 1

Jokowi Belum Dilaporidari halaman 1

mencoba untuk berdakwah.”Amin. Pastinya pengin ka-

rena aku tahu dalam Islammemang diharuskan sepertiitu. Tapi, belum sekarang.Bertahap. Menurut aku, se-karang berhijab saja sudahstep yang besar banget,” tuturShireen saat ditemui di Hong-kong Cafe, Thamrin, JakartaPusat, kemarin (18/12).

Pemain sinetron Cinta Fitritersebut mengatakan, dirinya

tidak suka dipaksa. Karena itu,meski banyak orang yang me-ngomentarinya dan memban-dingkan dengan perubahanWisnu, Shireen tidak mau am-bil pusing. ”Bersyukurnya,suamiku perhatian dan bisamemberikan nasihat denganlembut,” lanjut dia.

Menurut ibu satu anak itu,suaminya memang sering me-ngingatkan soal pakaian yangdia kenakan. Terutama jilbab.Wisnu meminta Shireen me-manjangkan jilbabnya sam-

“Setelah minumGentong Mas,sekarang badanterasa lebih enak,nyeri dikaki sudahhilang, stamina danvitalitas ok banget,bahkan mandimalam pun tidakkedinginan.” CeritaAndi Kurniawanyang telah 2 bulanminum herbal gulaaren ini.

Ketika ditemui di kediamannya,pria yang mengaku sudahmencoba herbal lain dan belummendapatkan hasil yangmaksimal, menuturkanaktifitasnya dulu seringkaliterganggu karena staminanyamenurun, “Karena sering dudukdi depan komputer terlalu lama,dan sering mandi malam, sayamudah masuk angin, dan nyeridibagian belakang lutut, sampaitidur pun tidak nyenyak.” Terangpria berusia 25 tahun tersebut.

Tapi setelah minum GentongMas, kini Andi dapat menjalaniaktifitasnya dengan nyaman. Ia puntidak segan-segan membagi

Setelah Minum Gula Aren, SekarangNyeri Di Kaki Hilang Stamina Pun Ok

pengalaman sehatnyadengan orang lain,“Mudah-mudahanpengalaman saya inibermanfaat bagi oranglain.” Harap pegawaiswasta yangberdomisili di DukuhNgastirejo, KarangAnom, Klaten Utara,Jawa Tengah tersebut.

Gentong Massebagai minuman

herbal yang mengandung GulaAren dan Nigella Sativa(Habbatussauda), bahan bakuutamanya telah terbuktimanfaatnya dari berbagaipenelitian ilmiah dan buktiempirik di berbagai negara.

Gula Aren yang dikandungGentong Mas selain rasanyamanis dan lezat, juga mengandungbanyak nutrisi yang dibutuhkantubuh, diantaranya adalah Ribofla-vin yang membantu pembentukanantibodi, energi, memperbaikikerusakan sel saat proses produksienergi, dan memperbaiki jaringansistem pencernaan.

Sementara Habbatussaudadapat meningkatkan jumlah sel-

sel T, yang baik untukmeningkatkan sel-sel pembunuhalami. Efektifitasnya hingga 72%jika dibandingkan dengan plasebohanya 7%. Dengan demikian,mengkonsumsi Habbatussaudadapat meningkatkan kekebalantubuh. Habbatussauda pun dapatmenetralkan racun dalam tubuhyang dapat dikeluarkandikeluarkan melalui kotoran,urine dan keringat.

Thiamin dalam Gentong Masdapat memperkuat sistem syarafdan otot, termasuk gejala-gejalapegal-pegal.

Meski demikian, pola hidupsehat seperti olah-raga danmengurangi merokok juga perludilakukan.

Untuk informasi lebih lanjutsilahkan kunjungi www.gentongmas.com.

Bagi Anda yang membutuhkanGentong Mas bisa didapatkan diapotek/toko obat terdekat atauhubungi: 14047 24 jam Tarif lokal:(Tlp Rumah dan CDMA). HubTegal 0821 3800 2803, Brebes0853 1537 8669, Pemalang 08122628 0999. DEPKES RI P-IRT:5093205010074-18

pai menutupi dada. Wisnujuga mengingatkan dia untukmengenakan baju longgardan rok ke mana pun dia pergi.”Wisnu selalu ngingetin de-ngan lembut. Jilbabnya di-panjangin, jangan pakai ce-lana, tapi ngomongnya lem-but. Dia tahu kalau perem-puan itu senang dipuji,”ulangnya.

Shireen mengatakan, saatini sedang suka mengkreasi-kan jilbab. Dia menjadikankakaknya, Zaskia Sungkar, se-

Kota (Pemkot) Tegal gentar.Pemkot menyatakan siapmenghadapi gugatan PTUNyang dilakukan kontraktorpenggarap jalur Pantura itu.

Kepala Satpol PP Kota TegalHartoto bersyukur proses per-sidangan praperadilan antarasatpol PP dan PT BRD berlang-sung lancar. Terlebih majelishakim menyatakan bahwa gu-gatan praperadilan yang dilaku-kan PT BRD ditolak. ”Kami me-ngadakan tasyakuran kecil yangdiikuti internal satpol PP. Tasya-kuran dilaksanakan sebagaiungkapan rasa syukur persida-ngan praperadilan berlangsunglancar dan aman,” katanya ke-

marin (18/12).Hartoto menambahkan,

apabila PT BRD melanjutkanpermasalahan ke PTUN, pem-kot siap menghadapinya.”Silakan saja dilanjut ke PTUN.Pemkot siap menghadapi-nya,” tegas dia lagi.

Disinggung tentang pengo-songan lahan pemkot yang di-tempati base camp PT BRD,kepala satpol PP mengungkap-kan, akan dikoordinasikan lagidengan SKPD-SKPD terkait.

Sementara itu, pagar ataupatok yang dipasang di base-camp BRD hingga saat ini ma-sih berdiri kokoh. Di dalambasecamp, sambung Hartoto,juga masih terlihat banyakalat-alat milik PT BRD. ”Se-

pertinya mereka (PT BRD) ti-dak ada itikad baik untuk me-ngosongkan lahan milik pem-kot yang ditempati,” katanya.

Sejatinya, masih kata Har-toto, apabila PT BRD beritikadbaik dan hendak mengosong-kan basecamp, satpol PP siapuntuk membukakan patokatau pagar yang dipasang.”Kalau mereka (PT BRD) laporakan mengeluarkan alat-alat-nya, kami siap membukakanpagar,” ungkapnya.

Sebelumnya, permohonangugatan praperadilan yangdilakukan oleh pemilik PTBRD kepada Satpol PP ditolak.Hal itu terungkap pada sidangputusan gugatan praperadilanyang digelar di PN Tegal, 17

Desember 2014.Dalam kesempatan terse-

but majelis hakim menyaran-kan kepada pemohon agarbisa membawanya ke ranahsengketa hukum PTUN. Ha-kim Tunggal PN Tegal Ratri-ningtias SH menetapkan gu-gatan pemohon ditolak dan me-netapkan biaya perkara nihil.

Menanggapi putusan si-dang itu, Pemohon I SoegengBoediharto, pemilik PT BRD,didampingi Pemohon II HBouyamin, yang mengakuMasyarakat Anti Korupsi In-donesia (MAKI) mengatakanbahwa dirinya akan mengikutisaran dari majlis hakim. Yaknimemperkarakan masalah ituke PTUN. (adi/fat)

bagai panutan. Jika nanti su-dah mantab mengenakan jil-bab syari, dia tetap ingin tam-pil modis, karena tuntutannyasebagai publik figur yang harusselalu menarik.

Shireen berencana kembaliberakting jika anaknya, TeukuAdam Al Fatih, bisa ditinggal.”Kalau ambil sinetron strip-ping, aku masih belum bisa.Tapi, kalau talk show ataubintang tamu, masih ambil.Kangen sama syuting,” ucapShireen. (yas/c7/jan/fat)

Gedung KementerianBUMN dulunya adalah ge-dung milik Garuda Indonesia.Karena kesulitan keuangan,Garuda lantas menjual ge-dung tersebut kepada peme-rintah dan selanjutnya digu-nakan oleh Kementerian BUMN. Namun, Menteri BUMNRini Suwandi menilai jika ge-dung 22 lantai di Jalan Mer-deka Selatan itu terlalu luasuntuk kementeriannya yanghanya memiliki pegawai 260orang, sehingga dia berencanamenjualnya untuk efisiensi.

Menurut Jokowi, perintahefisiensi memang harus di-jalankan. Adapun, mekanis-me efisiensinya diserahkan kemasing-masing kementerianatau BUMN. Bagaimana jikaRini tetap ingin menjual ge-dung Kementerian BUMN?”Mesti ada kalkulasi, mesti adahitungannya dulu,” katanya.

Kementerian Keuangan se-laku bendahara negara jugamulai buka suara. DirekturJenderal Kekayaan NegaraHadiyanto mengatakan, op-timalisasi aset berupa gedungkementerian bisa dilakukan

tanpa harus menjual. ”Bisadialistatuskan ke kementerianlain, atau digunakan bersama,”ucapnya.

Apalagi, kata Hadiyanto,gedung Kementerian BUMNjuga digunakan oleh instansilain, seperti Komisi Pembe-rantasan Korupsi (KPK). Se-lain itu, masih banyak kemen-terian lain yang belum punyaruangan memadai, sehinggaperlu tempat. ”Di tempat sayabanyak permohonan K/L (ke-menterian/lembaga) yangperlu gedung (untuk kantor),”ujarnya.

Bagaimana mekanismepenjualan barang miliknegara? Berdasar Pasal 42 ayat(1) UU No. 1 tahun 2004 ten-tang Perbendaharaan Negara,pengelolaan barang milik ne-gara ada di tangan menterikeuangan. Artinya, menterikeuangan lah yang memilikiwilayah terkait status kantorBUMN. Mengacu pada ayatberikutnya, Menteri Rini ha-nya bertindak sebagai peng-guna.

Lebih lanjut, ada sejumlahketentuan lain kalaupun ak-hirnya nanti diputuskan harusmenjual atau memindahta-

ngankan kantor BUMN. Pe-mindahtanganan harus me-lalui persetujuan DPR. Di Pasal46 ayat (1) UU yang sama, per-setujuan dari para wakil rakyatitu diperlukan untuk pemin-dahtanganan tanah dan/ataubangunan.

Mengacu ketentuan beri-kutnya, persetujuan baru ke-mudian tidak diperlukan jikaobyek yang akan dipindah-tangankan sudah tidak sesuaidengan tata ruang wilayah.Atau pengecualian lainnya,bahwa memang sudah harusdihapuskan karena anggaranuntuk bangunan penggantisudah disediakan dalam do-kumen pelaksanaan anggaran.

Selain itu, ada sejumlah pe-ngecualian lainnya terkait ti-dak dibutuhkannya persetu-juan DPR untuk pemindah-tanganan tanah dan/atau ba-ngunan. Yaitu, pemindahta-nganan diperuntukkan bagipegawai negeri atau diper-untukkan bagi kepentinganumum.

Atau, ada juga pengecua-lian lain yang sekilas selarasdengan alasan yang selama inidisampaikan Rini. Yaitu, jikastatus kepemilikan tanah

dan/atau bangunan diperta-hankan tidak layak secara eko-nomis berdasar ketentuanperundang-undangan. ”Un-tuk alasan penghematan ang-garan itu harus hati-hati, ja-ngan hanya akal-akalan saja,”kata politikus Partai GolkarTantowi Yahya.

Dia kemudian mengana-logikan dengan alasan kepalanegara menggunakan mobilyang baik dan anti peluru yangharganya tentu mahal. Hal itu,menurut dia, bukan semata-mata soal kemewahan. Me-lainkan, juga menyangkutpenghargaan kepada simbolnegara dan upaya menjaga ke-selamatan. ”Jadi tidak sekadarcitra di mata masyarakat su-paya kelihatan baik, ini duniainternasiol juga akan melihat,”katanya.

Tidak diperlukannya per-setujuan DPR, masih berdasarketentuan di UU Perbenda-haraan Negara, hanya jika pe-mindahtanganan barang mi-lik negara selain berupa tanahdan/atau bangunan. Itupun,jika nilainya mencapai lebihdari Rp 100 miliar, persetujuanDPR kembali diperlukan.(owi/dyn/fat)

darah. ”Target kita, donor da-rah harus bisa jadi life style(gaya hidup),” katanya.

Karena itu, PMI sudah me-lakukan banyak terobosan.Misalnya, dengan membukaunit donor darah di mall ataupusat perbelanjaan serta ru-ang-ruang publik lain. Tujuan-nya, agar masyarakat bisa ma-kin banyak terlibat dalam ke-giatan sosial donor darah.”Terutama anak-anak muda,”ucapnya. (owi/fat)

”Hari ini (kemarin), Presidenmemanggil Gubernur Jatim,bupati Sidoarjo, dan MenteriPU untuk update terakhir si-tuasi di sana,” ujar Andi.

Dari situ pemerintah akanmenyiapkan sejumlah ren-cana di 2015. ”Salah satunyatentu terkait penyelesaianyang lebih kongkrit terhadapmasyarakat yang terkenadampak lumpur Lapindo,” te-rang putra dari Theo Syafei itu.

Andi mengatakan, peme-rintah pusat akan bekerja sa-ma dgn BPLS, pemda, dan PTMinarak Lapindo untuk men-cari opsi-opsi yang bisa di-terapkan di 2015. ”Masyarakat

ini sudah terlalu lama me-nunggu, delapan tahun me-reka tanpa kejelasan,” papar-nya.

Salah satu solusi yang kinitengah digodok pemerintahialah penjualan aset PT Mi-narak Lapindo. Menurut An-di, aset itu bisa dibeli olehpemerintah ataupun pihakketiga. ”Tapi opsi itu masihakan kita eksplorasi lagi agarbagaimana utang-utang bisasegera terselesaikan,” ujar-nya.

Andi mengatakan, peme-rintah tak ingin proses ganti-rugi menimbulkan diskrimi-nasi. Misalnya, ganti-rugi daripemerintah dibayarkan lebihdulu dari yang menjadi tang-

gungjawab Minarak Lapindo.”Harus bersama-sama pem-bayarannya. Tahun depanharus ada solusi kongkrit,”tegas pria alumni UniversitasIndonesia itu.

Sesuai putusan MahkamahKonstitusi, pemerintah me-mang memiliki kewajibanmembayar ganti-rugi sebesarRp 380 miliar. Sementara, ke-wajiban Minarak Lapindo kemasyarakat sebesar Rp 781miliar. Perusahaan AburizalBakrie itu juga mempunyaiutang untuk sektor komersialdan industri sebesar Rp 500miliar. Dengan begitu, totalutang Minarak Lapindo se-besar Rp 1,3 triliun.(gun/dyn/fat)

2015, Pemerintah Jual Aset Lapindodari halaman 1

Korupsi yang dilakukan an-tara lain pengadaan kegiatansosialisasi dan perawatan ge-dung kesekretarian ESDM.Waryono juga dijerat korupsipengadaan barang dan jasa dilingkungan kerjanya.

Juru Bicara KPK Johan Budimengatakan, Waryono dita-han untuk 20 hari pertama. Diaditempatkan di Rutan KPKCabang Pomdam Guntur.”Kasusnya telah 60 persen danhampir siap dinaikan ke pe-nuntutan,” kata Johan. Menu-

rut Johan perkara yang me-libatkan Waryono masih terusdikembangkan.

Saat ini, kasus Waryonomemang berhasil menjeratJero Wacik sebagai tersangka.Namun, tidak menutup ke-mungkinan bakal ada ter-sangka lain setelah Jero. ”Ke-mungkinan adanya tersangkabaru sangat terbuka sepan-jang penyidik menemukandua alat bukti yang cukupadanya pihak lain yang ter-libat,” jelas Johan.

Kasus Waryono ini sendiribermula dari pengembangan

Putra Slawi Ditahan KPKdari halaman 1

Lebih Suka lewatPengadilan

JAKARTA – Dua kubu di in-

ternal Partai Golongan Karya

(Golkar) sudah menetapkan

juru runding. Namun, nuansa

pesimistis sudah muncul se-

belum para juru runding itu

bertemu. Kubu Partai Golkar

hasil musyawarah nasional

(munas) Bali menilai, penye-

lesaian melalui pengadilan

jauh lebih konkret dan punya

kepastian hukum daripada

perundingan.

Bendahara Umum DPP Par-

tai Golkar hasil munas Bali

Bambang Soesatyo menilai,

kecil kemungkinan jalan islah

melalui tim perundingan ke-

dua pihak menemukan kata

sepakat. Dia pesimistis karena

dinamika dan perkembangan

kedua pihak menunjukkan

belum adanya semangat un-

tuk mencapai penyatuan

kembali melalui perundingan.

”Jalan terbaik, menurut sa-

ya, agar persoalan ini tidak

berlarut-larut dan masing-

masing pihak merasa benar

sendiri, ya jalur hukum melalui

pengadilan,” ujar Bambang.

Bambang mengatakan, pe-

ngadilan bisa melakukan pem-

buktian berdasar dokumen ya-

ng ada. Dengan begitu, akan

diketahui proses munas Partai

Golkar mana yang sah berdasar

ketentuan anggaran dasar/ang-

garan rumah tangga partai dan

UU Parpol. Proses pengadilan

lebih menjamin adanya peme-

riksaan dokumen lengkap dari-

pada yang terjadi di Kemen-

terian Hukum dan HAM.

”Karena Kemenkum HAM

tidak berani membuka dan

mengadu keabsahan data

munas Bali dan munas Jakarta

tersebut ke publik, maka di

pengadilan sangat dimung-

kinkan data-data dan doku-

men munas dibuka secara

transparan,” ujar sekretaris

Fraksi Partai Golkar itu.

Bambang menilai, melalui

pengadilan, publik bisa me-

lihat kepengurusan DPP mana

yang lengkap. Bambang me-

nyebut munas Bali memiliki

dukungan 34 DPD I Partai

Golkar dan lebih dari 400 DPD

II Partai Golkar se-Indonesia

serta 10 organisasi yang ikut

mendirikan dan didirikan Par-

tai Golkar. ”Kepengurusan

hasil munas Bali dilengkapi

dukungan dan pengakuan se-

cara tertulis sekaligus pernya-

taan penolakan terhadap mu-

nas Jakarta yang ditandata-

ngani perwakilan 34 DPD I

Partai Golkar se-Indonesia

dan 400-an lebih DPD II Partai

Golkar se-Indonesia,” terang dia.

Sementara itu, Ketua DPP

Partai Golkar Bidang Komu-

nikasi, Informasi, dan Pengga-

langan Opini versi munas Ja-

karta Leo Nababan mengata-

kan bahwa pihaknya enggan

menggunakan mahkamah

partai untuk islah. Sebab, me-

nurut dia, mahkamah partai di

kepengurusan Ical sudah ma-

ti. ”Karena kepengurusan Ical

sudah dinyatakan demisioner

saat munas Bali dan munas

Ancol. Jadi, mahkamah partai

juga ikut demisioner,” jelasnya.

Sebagai gantinya, Agung

sudah menunjuk tim khusus

yang berisi lima orang. Mereka

adalah Yoris Raweyai, Priyo

Budi Santoso, Agun Gunanjar

Sudarsa, Andi Mattalatta, dan

Ibnu Munzir. Tugas lima orang

itu adalah berunding dengan

pihak Ical.

Leo mengaku bahwa pihak-

nya siap islah. Namun, Ical

harus menampung lima poin

persyaratan yang diajukan

Agung. Poin-poin tersebut cu-

kup berat untuk dipenuhi lan-

taran harus kembali sesuai

dengan visi politik Partai Gol-

kar yang selama ini diubah

Ical. Antara lain, mendukung

pilkada langsung lewat Perp-

pu Pilkada serta pemilihan

presiden dan wakil presiden

secara langsung. Selain itu,

Golkar diminta keluar dari

Koalisi Merah Putih. Poin ke-

empat adalah pemilu secara

proporsional terbuka dan po-

in kelima mendukung peme-

rintahan. ”Jadi, kesepakatan

kami tidak terkait pembagian

jabatan dan urusan personalia,

namun lebih pada visi politik,”

terangnya. (bay/aph/c11/fat)

Dua Kubu GolkarPesimistis Islah

perkara suap di SKK Migasyang melibatkan Rudi Rubian-dini. Dari operasi tangkap ta-ngan Rudi, Deviardi (peran-tara suap Rudi) dan Deviardi(penyuap), KPK berhasil me-ngembangkan dan menjeratWaryono.

Dari perkara Waryono, pe-nyidik kembali mengembang-kan dan menetepkan Jero Wa-cik serta Sutan Bhatoeganasebagai tersangka. Namundua nama politikus Partai De-mokrat itu sampai kini masihmenghirup udara bebas.(gun/sof/fat)

BANJARNEGARA – Peme-rintah Kabupaten (Pemkab)Banjarnegara akan merelokasikorban longsor Dusun Jem-blung, Desa Sampang, Keca-matan Karangkobar, yang saatini masih berada di tempat-tempat pengungsian.

Wakil Bupati BanjarnegaraDrs H Hadi Supeno menga-takan, ada 4 lokasi relokasiyang rencananya akan di ja-dikan sebagai lokasi relokasi.”Camat mengusulkan bekasterminal Karangkobar yangmangkrak. Tanah terminal itumillik pemda jadi tidak ber-lama-lama negosiasi. Cumapersoalannya hanya 1000 me-ter, itu belum cukup jadi harusbeli tanah lain,” katanya saatmeninjau tempat rencana re-lokasi.

Menurut dia, lokasi relokasilainnya merupakan tanah mi-

lik warga yang berada di DesaKaranggondang, KecamatanKarangkobar. Ada sekitar 82kepala keluarga yang akandirelokasi, setelah melihatlokasi relokasi, pihaknya akanberkoordinasi dengan BNPBdan BPBD Jateng.

”Dana relokasi hasil gotongroyong dari BNPB, BPBD ja-teng dan kabupaten, tapi be-lum kami hitung. Yang jelasnanti kami rapatkan dulu de-ngan tim gabungan. Perkira-annua per kepala keluargananti dibutuhkan biaya sekitar125 juta,” jelasnya.

Sedangkan untuk lokasilongsor di Dusun Jemblung,nantinya akan dibuat sebagailokasi penguatan dan tanahhijau. Sementara, korbanlongsor yang pasti akan di-relokasi berjumlah 82 kepalakeluarga, sisanya di luar Dusun

Jemblung tidak akan direlo-kasi. ”Yang akan direlokasikorban langsung. Di luar Jem-blung tidak perlu direlokasi,cukup kewaspadaan. Jika hu-jan tidak berhenti selama tigahari, warga harus diungsikan,”jelasnya.

Salah seorang warga DusunJemblung, Supriati, 30, yangada dipengungsian Desa Am-bal mengaku siap jika harusdirelokasi. Namun, dia meng-inginkan lokasi relokasi tidakjauh dari Dusun Jemblungyang terdampak longsor. ”Pi-ngin direlokasi, tapi janganjauh-jauh, karena saya punyalahan pertanian,” katanya.

Sementara itu, Sinem, 52,warga Desa Jemblung bersediadirelokasi dimanapun. ”Ke-mana saja saya mau, saya su-dah trauma jika harus tinggaldisini,” ungkapnya. (ali/fat)

DIMAS MUKTI PRABOWO/RADAR BANYUMAS

EVAKUASI – Tim SAR sedang mengevakuasi bangkai mobil yang terkena longsor, Kamis (18/12).

Pemkab Siapkan Lahan Relokasi

Page 8: Radar Tegal 19 des 2014

BISNISJUMAT , 19 DESEMBER 2014 8

FASILITASSAMBAL jahe dan sambal bram-

bang merupakan contoh sambal yangdisediakan di Waroeng Kebon BBGTegal. Pengunjung dapat menikma-tinya dengan fasilitas wifi dan musik.

PAMERANOB Fit kembali menggelar pameran di

lantai dasar Pacific Mall Tegal mulai 16sampai 30 Desember. Pameran ini jugamemberikan hadiah langsung bagi pengun-jung yang melakukan transaksi pembelian.

Jenis Hrg Dasar Buyback5 Gr 2.505.000 010 Gr 4.960.000 025 Gr 12.325.000 050 Gr 24.600.000 0100 Gr 49.150.000 0250 Gr 122.750.000 01 Kg 490.000.000 0

18-12-2014

Bagi Anda penikmatkuliner bebek, Waroeng

Kebon Biang Bebek Goreng(BBG) Tegal bisa menjadi

rujukkan selanjutnya.Sebab, warung yang terletak

di Jalan Gajahmada Nomor63 ini, menyediakan menu

makan andalan me-ngunakan bebek jantan

muda, yang disajikandengan cita rasa sambal

yang berbeda.

HAL itu diungkapkanPemilik WaroengKebon BBG Tegal

Chrisanto, dalam sebuah ke-sempatan wawancara, belumlama ini.

“Waroeng Kebon BBG Te-gal menyediakan menu bebekdengan kandungan lemak se-dikit, karena mengunakan be-bek jantan muda, dengan va-riasi macam sambel yang ber-beda-beda. Harganya pun sa-ngat terjangkau,” ujarnya.

Chrisanto menjelaskan, sam-bal jahe dan sambal bram-bang, merupakan contoh sam-bal yang disediakan di Wa-roeng Kebon BBG Tegal. Pe-ngunjung, dapat menikmati-nya dengan fasilitas wifi danmusik. Di samping itu, warungini didukung dengan tempatparkir luas, kamar mandi ber-sih, dan mushala.

Dia menuturkan, Waroeng

Kebon BBG Tegal memilikilokasi strategis dan mampuuntuk menampung ratusanorang. Sehingga, sering di-gunakan untuk acara, baikpertemuan, ulang tahun, atau-pun tur. Warung ini juga bisadigunakan sebagai tempatkaraoke atau presentasi.

“Kendati terletak di jalurPantura, tapi jauh dari kebi-singan. Sehingga, sangat nya-man untuk kongkow,” katanya.

“Kami menawarkan menuBebek Goreng BBG, BebekBakar Weka, ayam kampung,gurame. Serta, ikan kakapyang diolah dalam berbagaimacam menu, seperti ikankakap goreng, bakar. Lalu,rica-rica, asem manis, sop gu-rame, ayam utuh, dan bebekutuh,” terangnya sambil men-jelaskan, menu-menu terse-but dibanderol mulai hargaRp10 ribu.

Selain di Jalan Gajahmada,Waroeng Kebon BBG Tegalbisa dikunjungi di Jalan Sikle-puh, Mejasem, KabupatenTegal, dan Jalan Gajamada Ka-bupaten Brebes.

“Kami menerima pesananmakan di tempat dalam ben-tuk prasmanan. Atau pesanannasi box dengan berbagai me-nu sesuai pesanan pelanggan,tidak terpaku menu yang di-jual di warung,” tegasnya.(nam/ima)

Waroeng Kebon BBG Tegal

NyamanuntukKongkow

LULUK QURROTUL AINI/UTM/RATEG

SANTAI – Sebuah keluarga bersantai usai menikmatimakanan di Waroeng BBG Tegal, Kamis (18/12).

SLAWI – Graha Parahita JalanDR Wahidin Slwi Kulon atau sebe-lah RSUD DR Soeselo hadir denganpilihan lokasi tepat dan berhawasejuk. Lokasi perumahan denganpengembang PT Parahita CiptaBahari tersebut berada di tengahKota Slawi serta dekat dengan ru-mah sakit dan perkantoran. Lokasitersebut merupakan kawasan te-pat untuk pilihan berinvestasikarena strategis dan menguntung-kan.

Firman, manajer Graha Parahitamengatakan, ada beberapa ke-unggulan yang bisa didapatkan

konsumen. Diantaranya jalan ka-wasan 7 meter, one gate system,mushola, keamanan 24 jam dansebagainya. Graha Parahita, ka-tanya, merupakan hunian idealkarena memiliki lokasi yang stra-tegis sehingga menciptakan se-buah kenyamanan berkelas tetapidengan harga terjangkau. Di sini,konsumen bisa memilih beberapatipe seperti tipe 36 dan 45 yangsemuanya bisa didapatkan secaratunai atau memanfaatkan fasilitasKPR dari pihak perbankan.

“Kami hadir dengan beragamfasilitas terbaik sehingga Graha

Parahita sangat cocok menjadiinvestasi bagi masyarakat seka-ligus hunian yang nyaman bagiseluruh anggota keluarga,” jelas-nya.

Untuk memudahkan masya-rakat, sambungnya, pihaknya jugamembuka stand atau pameran dilantai dasar Pacific Mall Kota Tegal.Di sini, pengunjung bisa bertanyamengenai spesifikasi secara detailserta program apa saja yang bisadidapatkan. Dengan membeli unityang tersedia, konsumen akanmendapatkan hadiah langsungberupa TV plasma 43’, kitchen set

serta AC 2 unit. Uang muka bisadiangsur, SHM, free biaya IMB sertafree Biaya Balik Nama (BBN).

Bagi masyarakat Tegal, Slawidan sekitarnya yang penasaran,silahkan datang ke pameran dandapatkan semuanya dengan mu-dah sehingga rumah idaman bisasegera didapatkan. Pengunjungyang datang pasti akan dilayanidengan ramah dan profesionaluntuk mendapatkan yang terbaik.

“Datang dan dapatkan ber-bagai kemudahan hingga hadiahlangsung dari kami,” jelasnya.(gun/ima)

ROCHMAN GUNAWAN/RATEG

PENJELASAN – Konsumen mendapatkan penjelasan saat berkunjung ke pameran Graha Parahita di Pacific Mall Tegal.

Graha Parahita

LOKASI STRATEGIS DANMENGUNTUNGKAN

TEGAL - Beragam tempat -tempat hiburan baru dibukadi Kota Tegal. Tempat - tempattersebut bersaing secara ter-buka dalam memberikan pe-layanan yang terbaik bagi pe-ngunjungnya. Beberapa fa-silitas dan hiburan yang me-narik pun disajikan demi ke-puasan pengunjung. Begitujuga Bahari Inn yang selaluberusaha untuk membuat se-suatu yang jauh lebih berbedadibandingkan dengan parapesaingnya. Salah satunyadengan menyuguhkan tam-

pilan spesial dalam hiburanyang disajikan.“Demi kepua-san pengunjung, kami berikanyang terbaik. Kini pengunjungdapat menikmati program ter-baru Bahari Inn,” terang Fanydari Departmen Sales andMarketing Bahari Inn.

Menurutnya, kali ini BahariInn Hotel memberikan per-sembahan special performEnergy Music Spesial MusikDangdut, dengan menampil-kan Lusy Dewinta. Suguhanspesial ini akan diadakan se-tiap malam Minggu dan ma-

lam Kamis pukul 21.00 sampai01.00 WIB. “Untuk para pe-ngunjung setia Musro Disco-theque & Karaoke Bahari InnTegal, akan dihibur mulai tang-gal 17 Desember 2014,” terang-nya yang meminta pengun-jung untuk segera datang danmenikmati suasana baru yangberbeda di acara dangdut livetersebut.

“Mengingat tempat yangterbatas segera hubungi Mar-keting Department Bahari InnTegal di nomor 0283 – 343399,”tambahnya. (*/ima)

Bahari Inn Suguhkan Tampilan Spesial

TEGAL - Tanpa butuh waktulama, Telkom langsung ber-gerak menindak lanjuti softlaunching Kampung NelayanMuara Angke beberapa waktulalu. Kampung Nelayan Digi-tal merupakan perwujudandukungan Telkom terhadapprogram 1.000 Kampung Ne-layan yang dicanangkan Pre-siden Joko Widodo pada masaawal pemerintahannya.

Untuk wilayah Tegal, ke-giatan digelar Rabu (17/12)yang dirangkai dengan pe-nandatanganan kerjasamaantara Dinas Kelautan danPerikanan Kota Tegal yangdiwakili Kepala PelabuhanPerikanan Pantai Kota TegalAgus Budiono APi denganTelkom Group yang diwakiliKepala Kantor Telkom TegalPungkas Untea dan KusworoAji Branch Manager Telkom-sel Purwokerto-Tegal.

Kepala Kantor Telkom TegalPungkas Untea mengatakan,kerjasama tersebut ditandai

dalam bentuk nota kesepa-katan mengenai kerjasamapenerbitan Kartu KomunitasKampung Nelayan Digital danpenggunaan Spin Card atauSpeedy Internet Card untukkomunitas Kampung NelayanDigital Kota Tegal yang terdiriatas juragan kapal, anggotakoperasi perikanan, para pe-gawai Dinas Kelautan danPerikanan, Himpunan Nela-yan dan Tani serta komunitaspelelangan ikan Kota Tegal.

“Kerjasama ini ditandai de-ngan penyerahan Kartu Ko-munitas Kampung NelayanDigital kepada Kepala Pela-buhan Perikanan Pantai KotaTegal disaksikan Kepala DinasPerikanan dan Kelautan KotaTegal Fuady,” jelasnya.

Lebih jauh Pungkas menam-bahkan, dalam implementasiKampung Nelayan Digital, ber-bagai layanan telah disediakanTelkom Group seperti pema-sangan akses wifi, pemasanganCCTV dan lainnya. (gun/ima)

Pacific Mall, 16Sampai 30Desember 2014

TEGAL – OB Fit kembalimenggelar pameran untuklebih mendekatkan diri ke-pada konsumen. Kali ini, pro-gram spesial dihadirkan dipenghujung tahun 2014 agarbisa memberikan kemudahanbagi konsumen. Pameranyang digelar di lantai dasarPacific Mall Tegal mulai 16sampai 30 Desember jugamemberikan hadiah langsungbagi pengunjung yang mela-kukan transaksi pembelian.

Zubir Abik, area managerOB Fit Wilayah Jawa Tengahmengatakan, di sini, konsu-men bisa mendapatkan ber-bagai peralatan fitnes sepertitreadmill, wind bike, homegym, electric treadmill, minibike dan sebagainya.

Untuk electric treadmill SN-1029, selama pameran ber-langsung hanya dijual Rp 7,5juta. Tipe lainnya seperti ma-

nual treadmill SN-2014 hanyaRp 3,2 juta, wind bike SN-6011hanya Rp 2,3 juta, home gymSN-1952 Rp 8 juta serta minibike SN-6207 dan SN-6208 ha-nya Rp 1,5 juta. Pameran ini,ujarnya, sengaja dihadirkan dipenghujung tahun agar ma-syarakat Tegal dan sekitarnya

bisa lebih mudah mendapat-kan semua kebutuhan dengancepat. Pihaknya juga mem-berikan penawaran spesialhingga hadiah langsung yangbisa dibawa pulang pengun-jung yang melakukan transaksipembelian selama pameranberlangsung.(gun/ima)

OB Fit Gelar Pameran Akhir Tahun

ROCHMAN GUNAWAN/RATEG

COBA ALAT – Pengunjung mencoba beberapa tipe treadmilldalam pameran akhir tahun OB Fit.

ROCHMAN GUNAWAN/RATEG

KERJA SAMA – Kedua belah pihak menandatangani notakesepahaman tentang Kampung Nelayan Digital.

Telkom LuncurkanKampung Nelayan Digital

Page 9: Radar Tegal 19 des 2014

METROPOLISRADAR TEGAL

website : radartegal.com,epaper : epaper.radartegal.com

HOT LINE BERLANGGANAN(0283) 323383, 400500Hp. 0854323231234

JUMAT , 19 DESEMBER 2014 9BACA HAL. 11

Bando Jalan DibongkarJAJARAN Satpol PP Kota Tegal membongkar

papan reklame besar berbentuk bando di JalanGajah Mada, Kamis (18/12). Pembongkarandilakukan dalam rangka pelaksanaan amanatPeraturan Menteri Pekerjaan Umum (Permen PU)No. 20/2010, tentang Pedoman Penggunaan danPemanfaatan Median Jalan.

Komplotan BegalTruk Diringkus

TEGAL - Komplotan begal truk berhasildiringkus Tim Resmob Polres Tegal Kota diJalan Mayjen Sutoyo, Kelurahan Pekauman,Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal, Kamis(18/12) siang.

BACA HAL. 16

K. ANAM SYAHMADANI/RATEG

Edu TripSEORANG karyawan memberikan

edukasi pada salah seorang siswi SDNegeri Mangkukusuman 01, kemarin.Kegiatan Edu Trip ke BNI KCU Tegal yangdikemas meriah ini diikuti oleh sekitar 40siswa. Diisi dengan pengetahuan seputarperbankan, seperti membuka rekening,tata cara menabung, dan sebagainya.

MASA LALU,SEKARANG DANAKAN DATANG

SMA Pius Tegal Sambut Usia Emas

PADA 1 Agustus 2015 mendatang, SMA PiusTegal berusia 50 tahun. Menyambut usiaemasnya, sekolah yang berada di bawah

naungan Yayasan Asti Dharma itumenyelenggarakan bakti sosial (baksos)

donor darah dan pemeriksaan kesehatan.Baksos dilaksanakan di aula sekolah, Jalan

Kapten Ismail Nomor 120, Kelurahan Kraton,Kecamatan Tegal Barat, Kamis (18/12) pagi.

TAK kurang, ratusan peserta terdiri dari siswa,guru, dan karyawan di lingkungan sekolah danyayasan, mengikuti baksos yang berlangsunghingga siang hari.

K. ANAM SYAHMADANI/RATEG

UKUR TENSI – Seorang siswi SMA Pius Tegal yang mendonorkan darahnya, terlebih dulu mengukur tensi darah.

Kementerian Agama(Kemenag) Kota Tegal

menggelarserangkaian kegiatan

untuk memperingatiHari Amal Bhakti (HAB)

ke-69. Salah satukegiatannya adalah

lomba marching bandtingkat Madrasah

Ibtidaiyah (MI) se-KotaTegal. Lalu?

LAPORAN: ADI MULYADI

HALAMAN Kantor Kemenagdi Jalan Perintis Kemerdekaan,

Kamis (18/12), sekitar pukul10.00 tiba-tiba dikerumuni ba-nyak orang. Tidak lama kemu-dian dari arah Jalan Abimanyu,arak-arakan grup marching bandanak-anak MI berjalan menujuKantor Kemenag, sembari me-mainkan lagu-lagu nasional danreligi.

Ya, itulah para peserta lombamarching band yang meng-ikuti pawai pembuka lomba.Pawai diberangkatkan dariGOR Wisanggeni dan finis dihalaman Kantor Kemenag.Kegiatan tersebut tidak hanyauntuk meramaikan, tetapi su-dah masuk dalam penilaian

lomba.“Penampilan dalam pawai

pembuka sudah masuk dalampenilaian lomba marchingband,” kata Ketua Seksi LombaPeringatan HAB ke-69 KemenagKota Tega, Hj Muhsonah.

Sesampainya di halamanKantor Kemenag, secara ber-giliran 14 grup marching bandMI se-Kota Tegal menunjukankepiawaiannya. Baik itu dari segipermainan alat drum band, dis-play dan lainnya. Dewan juriterus memelototi masing-ma-sing grup yang tampil memba-wakan satu lagu.

Lomba Marching Band Peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) ke-69

Empat Belas Grup Berebut Piala Bergilir Kepala Kemenag

LINDA FATHMAWATI/UTM/RATEG

UNJUK GIGI - Peserta lomba marching band peringatan HAB ke-69 menunjukan kepiawaiannya dihadapan juri.

200 Personil Siap DiterjunkanAmankan Nataldan Tahun Baru

JELANG perayaan dan pe-ngamanan Hari Natal 2014,

Jajaran Kepolisian Resort Te-gal Kota siap menerjunkan 200personil. Tak hanya itu, 31personil dari Brimob Pekalo-ngan juga akan ikut memban-tu dalam pelaksanaan OperasiLilin Candi tahun ini.

Penerjunan ratusan ang-gota Polri ini sebagai upayapengamanan untuk 26 Gerejadan tempat peribadatan yangada di wilayah Kota Te-

gal. Pasalnya, dalam waktudekat, para umat Kristianihendak merayakan perayaanNatal.

Hal ini seperti ditegaskanKapolres Tegal Kota AKBPBharata Indrayana, Sik saatmemimpin Rapat KoordinasiLintas Sektoral Operasi LilinCandi 2014 di ruang Deviacita

Mapolres yang dihadiri un-sur Forkopimda,

Instansi terkait, termasuk Pe-ngurus Gereja dan potensi ma-syarakat lainnya, Kamis (18/12) kemarin.

Selain personel Polri, dalampengamanan tersebut jugamelibatkan unsur TNI, SatpolPP, Dinas Perhubungan, Din-kes, Kesbanglinmas dan Di-nas PMK termasuk Rapi/Oraridan Senkom Mitra, FKUB sertaanggota Saka Bhayangkara.

“Untuk pelaksanaan OpsLilin Candi 2014 akan digelarselama 10 hari mulai 23 De-sember 2014 hingga 1 Januari2015 mendatang. Tujuannyauntuk menjamin keamanandan kenyamanan masyarakat,dalam hal ini umat kristianiyang ada di Kota Tegal yanghendak merayakan Natal danTahun baru 2015,” bebernya.

K. ANAM SYAHMADANI/RATEG

WAWANCARA – Abdul Fikri Fakih ketika diwawancarawartawan di Graha Pena Radar Tegal, kemarin.

Gaji DPR Dipotonguntuk Banjarnegara

BENCANA tanah longsoryang terjadi di beberapa titik diKabupaten Banjarnegara bebe-rapa waktu lalu mengundangsimpati banyak pihak. Tak terke-cuali, anggota DPR RI di Sena-

yan. Sebagai bentuk kepedu-lian, para wakil rakyat rela di-potong gajinya demi memban-tu penanganan musibah yangtidak diinginkan tersebut.

SIAP DUKUNG - Kabid YankesDinkes Kota Tegal dr SuharjoMM saat menyatakan ke-siapan tim medis maupunsarana kesehatan.

Jangan Abaikan K-13KENDATI pada semester

mendatang akan kembali keKurikulum 2006 atau dikenalKurikulum Tingkat SatuanPendidikan (KTSP), guru dilingkungan sekolah disaran-kan agar tidak mengabaikanKurikulum 2013 (K-13), yangsementara ini diberlakukanterbatas pelaksanaannya olehKementerian Pendidikan danKebudayaan.

Hal itu disampaikan olehKepala SMP Al Irsyad KotaTegal Drs Untung Supriyadi Lc,kemarin.

“Walaupun kembali keKTSP, guru-guru di sekolahtidak boleh mengabaikan K-13. Guru harus tetap mencer-mati. Sebab, pada 2019-2020semua sekolah akan start

menggunakan K-13 ini. Sem-bari menerapkan KTSP, guruharus memahami dan pro-aktif,” ujar Untung, yang jugamenjabat Ketua Dewan Dak-wah Islamiyah Indonesia(DDII) Kota Tegal.

DOK.RATEG

Drs Untung Supriyadi Lc

ke hal 15 kol 5

ke hal 15 kol 1

ke hal 15 kol 5

ke hal 15 kol 1

ke hal 15 kol 1

Page 10: Radar Tegal 19 des 2014

RADAR TEGAL JUMAT, 19 DESEMBER 2014website : radartegal.com, epaper: epaper.radartegal.comPEMALANG10

NGENDONGCakup8Kecerdasan

BANTARBOLANG - Untuk men-didik anak supaya mempunyaikreasi dan ketrampilam mendasardan belajar berkomunikasi, bebe-rapa program telah dilakukan olehMadrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN)Bantarbolang Desa WanarataKecamatan Bantarbolang. Hal itudilakukan MIN ini yang terusmengalami perkembangan dalamdunia pendidikan ini.

Program tersebut diadakansetiap tahun dengan tema yangberbeda, untuk lebih mengem-bangkan wawasan siswa agarlebih luas. Sehingga dapat men-cakup 8 kecerdasan yaitu Li-nguistik, Logik Matematik, Visualdan Spasial, Musik, Interpersonal, Intrapersonal, Kinestetik danNaturalis. Oleh karena itu program yang diterapkan sekolahtersebut, dimaksudkan agar tercapai kaitanya dengan 8kecerdasan itu. Sehingga diharapkan hal tersebut menjadi salahsatu faktor yang sangat menunjang terhadap kemajuan danperkembangan sekolah.

Siswa harus dididik sejak awal dengan berbagai macamlatihan dan pembinaan. Sehingga mereka mempunyai bekal yangbaik, untuk menuju ke jenjang yang lebih tinggi dan terjun dalamkehidupan bermasyarakat.

“Yang lebih penting adalah mendidik siswa supaya memilikiakhlak beriman, sesuai dengan visi dan misi sekolah,” ungkapKepal MIN Bantarbolang Syamsul, Kamis (18/12).

Seiring dengan perkembangan jaman yang semakin maju,siswa juga harus mempunyai bekal dan bakat dalam ketrampilan.Hal ini sangat penting, karena ketrampilan yang dimiliki akanmemberikan manfaat besar dikemudian hari. Adapun programyang dilakukan sekolah antara lain Humanisasi, jalan sehat,bakti social, keagamaa dan lain sebagainya. Itu dilaksanakansecara rutin, biasanya satu minggu atau satu bulan sekali.“Mudah-mudahan sekolah akan terus maju dan berkembang,menghasilkan siswa yang berkualitas dan berakhlakulkarimahserta mempunyai kecerdasan,” pungkasnya. (maf/sri)

dok.rateg

Syamsul

PENTHOL RAH

SITI MAFTUKHAH/RADAR PEMALANG

BERLATIH- Para siswa SD Negeri 10 Randudongkal se-dang berlatih Drumband di halaman sekolah.

Drumband SDN 10 RandudongkalKian Berkembang

RANDUDONGKAL - Drumband SD Negeri 10 Randudongkal,Kabupaten Pemalang, semakin maju dan terus aktif dalamberbagai kegiatan, bahkan sering tampil di beberapa event yangdiadakan di tingkat desa.

Semakin suksesnya Drumband disekolah tersebut, berkatkerjakeras dan kerjasama dari semua pihak baik sekolah, gurumaupun siswa. Mereka sering melakukan latihan yang biasanyadiadakan satu minggu sekali. Dengan jumlah sekitar 60 siswaberasal dari kelas 4,5 dan 6. Latihan dibimbing oleh pelatih yangdidatangkan dari luar sekolah. Namun demikian guru juga ikutberpartisipasi dan melatih anak-anak dengan penuhtanggungjawab. Walaupun untuk guru sudah terjadwal setiaplatihanya. Akan tetapi dengan kekompakan yang dimiliki semuaguru selalu datang dan mengikutinya.

“Harapanya ke depan Drumband SD Negeri 10 Randudongkalakan semakin maju. Dan dapat memperoleh kejuaraan padaberbagai perlombaan. Serta orang tua dapat melihat bakatanaknya dan akan terus mendukung,” ungkap Kepala SD Negeri10 Randudongkal Urip Rahayuningsih S PD SD, Kamis (18/12).

Bahkan menjelang kegiatan atau perlombaan yang akan diikuti,latihan akan lebih ditingkatkan. Hal tersebut dimaksudkan agarketika tampil, mereka dapat menunjukan kreatifitasnya denganbaik dan tampil dengan maksimal.

“Mudah-mudahan Drumband akan lebih maju dan lebihpercaya diri ketika tampil didepan umum. Dan dapat melatihmental para siswa, utamanya katika tampil di depan umum,”tambah Retno Riyanti S PD, guru kelas 6. (maf/sri)

Noor RosyadiDipastikanNyalon

PEMALANG – MusyawarahCabang (Muscab) Partai Ke-bangkitan Bangsa KabupatenPemalang terancam molor.Pasalnya hingga sekarang ini,persetujuan dari DPP tak kun-jung turun. Padahal rekomen-dasi dari DPW ke penyeleng-gara Muscab sudah turun.

Sekretaris DPC PKB Kabu-paten Pemalang Kamilin Ab-dullah mengemukakan, pelak-sanaan Muscab di partainyahingga sekarang masih me-nunggu persetujuan dari DPP.Padahal SK jabatan KetuaDPC PKB berakhir tanggal 31Desember 2014. Sehingga jikaingin aman, maka Muscabharus dilaksanakan maksimal

tanggal 31 Desember 2014. “Sebab jika tanggal itu, tidak

dilaksanakan banyak DPACyang jabatannya habis.Sedangkan syarat syahnya pe-serta Muscab SK harus masihberlaku,”katanya, kepada Ra-dar, kemarin.

Menurutnya, jika pelaksa-naan Muscab mundur, bukanjatuh pada tanggal 31 Desem-ber maka minimal ada perpan-jangan SK DPAC lagi biasanyaselama 3 bulan.

Untuk sekarang ini dari 15DPAC yang SK-nya masih aktifada 8 dan yang habis per 31Desember ada 7 DPAC karenaakan berakhir tanggal 31Desember 2014.

“Sehingga implikasinya,jika Muscab diundur, makasecara admistratif SK harusdiperbarui dan butuh waktulagi,”ujarnya.

Tujuh DPAC yang SK-nyaper 31 Desember habis ada 7diantaranya DPAC Pemalang,Taman, Bodeh dan Moga. Da-

lam rencana awal pelaksana-an Muscab akan dilaksanakantanggal 13 dan 14 Desember2014. Dan dalam pelaksanaanMuscab harus minta perse-tujuan dari DPP. Namun hing-ga sekarang persetujuan itubelum turun.

Bahkan semakin tidak jelaskapan SK persetujuan itu akansegera turun. Sementara reko-mendasi dari DPW sudah tu-run kepada penyelenggaraMuscab per 8 Desember 2014.

“Dasar rekomendasi DPWitu diajukan ke DPP, hanya sajasampai sekarang belum turun.Dan alasan kenapa persetu-juan itu belum juga tidak je-las,”terangnya.

Mengenai pencalonan da-lam PKB akan diplorkan dalamMuscab. Artinya calon tidakharus mendapat rekomendasiterlebih dulu dari DPP. Berda-

sarkan tata tertib sementara,karena belum ada tata tertibyang baru. Dalam soal pen-calonan minimal ada 30 per-sen dukungan artinya calonyang akan maju minimal men-dapat dukungan 5 DPAC.

Untuk saat sudah banyakbermuncul nama-nama calondiantaranya Nurhuda, AbdulMuhaimin, Aminudin. Se-dangkan dari luar seorangkader NU yaitu Imron Khodorijuga akan maju. Termasuk ka-bar mantan ketua DPC PKB HNoor Rosyadi juga ingin kem-bali lagi untuk ikut berpar-tisipasi memimpin PKB.

“Setiap orang boleh maju,namun harus kader dan mini-mal pernah menjabat pengu-rus DPC atau di lembaga NUseperti ketua dan penguruslembaga setingkat kabupa-ten,”tandasnya. (apt/sri)

Muscab PKB Terancam Molor

dok.rateg

Kamilin Abdullah

PEMALANG - Selama bulanDesember 2014, hingga Kamis(18/12) sebanyak 16 pelakujudi berhasil ditangkap olehSat Reskrim Polres Pemalang.

Ke-16 pelaku judi tersebutterdiri dari tiga pelaku judikartu remi dan 13 pelaku judiTogel. Tidak itu saja, sebagiandari mereka adalah eks napiTogel yang dari jumlah terse-but dua diantaranya adalahperempuan. Mereka di gelan-dang di aula Bhayangkara Ma-polres Pemalang untuk di-adakan gelar perkara, Kamis(18/12).

Budi Setiyoso alias Pujungalias Anton bin Wasmi (49)warga asal Desa UjunggedeRT.02 RW.06 Kecamatan Am-pelgading, adalah eks NapiTogel yang pernah di penjara3 kali, kembali di tengkap padaJumat (12/12) lalu.

Dia melakukan perbuatanyang sama, yang mengejutkanpelaku judi togel juga ada yangdari perempuan, yaitu Ramiahalias Miah bin Warman (33),alamat Desa Mijen Desa Ci-belok Kecamatan Taman danRumini bin Kasnawi (40) asalDusun Pilangjati Desa Kendal-doyong Kecamatan Petaru-kan. Ramiah ditangkap Senin(01/12) di rumahnya saat se-dang melayni pemasang no-mor Togel (Toto Gelap) jenisHongkong Pres.

Sedangkan Rumini ditang-kap di rumah saudara iparnyadi Dukuh Copol Desa Pesan-tren pada Sabtu (06/12) sekitarpukul 19.30 WIB ketika sedangmelayani judi dengan jenisyang sama.

“Saya dan suami bekerjasebagai buruh, dengan anak 8tidak cukup. Makanya sayacari tambahan sebagai penge-ser Togel. Lumayan dapat 20persennya,” ujarnya ketikaditanya oleh awak media.

Dengan polosnya Ruminimenuturkan, bahwa anak-anaknya yang masih kecilmenjadi alasan untuk mencaripenghasilan tambahan de-ngan cara yang tidak halal.Menurut pengakuannya se-hari dia dapat omzet sekitarRp. 250 ribu. Dia sendiri sudahsejak 3 bulan yang lalu men-jalani usaha haram tersebutyang akhirnya diketahui olehpetugas dan diciduknya.

Penjudi Togel lainnya, Is-mail Sholeh bin Slamet Sujono(23) warga Desa Sewaka Pe-malang, Sawireja bin Tarbun(59) Desa tasikrejo Kecama-tan Ulujami, Waryadi alias Tolebin Darmo (58) Desa Wana-rejan Utara Kecamatan

Taman, Suwandi (57) DesaKarangasem KecamaatnPetarukan, Slamet Siswantobin Suwarno (68) DusunBayatan Desa PurwosariKecamataan Comal,bambang Jatmiko bin Kasbi(58) Desa Sikasur KecamatanBelik, Yudi alias Bodong binSamsudin (43) dan AdolfiusRumimpunu alias Buang binIbrahim Rumimpunu (55) ke-duanya asal Desa Cibelok Ke-camatan Taman, Irfanudinbin Ratmo (26) Desa Gam-buhan Kecamatan Pulosaridan Ruswadi alias Sirus (75)kelurahan Paduraksa Pema-lang. Disamping itu petugasjuga menangkap tiga pelakujudi remi lainnya yaitu AntonBahtiar bin HM. Nur Daryonoalamat Desa Kabunan Keca-mataan Taman, Rusdiyantobin darmu (47) dan Rofikonbin Muhamad (32) keduanyaberalamat di Desa Asemdo-yong Kecamatan Taman.

Dari tangan para tersangkadisita uang taruhan jutaan ru-piah, 15 buah HP berikut SimCard, puluhan lembar rekapanpasangan dan besar taruhan,puluhan lembar kertas pe-meton, Bolpoint, spidol dan 2unit sepeda kayuh, serta duaset kartu remi.

Kapolres Pemalang AKBPDedi Wiratmo, SIK melaluiKasubbag Humas, AKP Har-sono, SH menyampaikan bah-wa Polres Pemalang tetap ber-komitmen untuk memberan-tas segala jenis bentuk penya-kit masyarakat. DiantaranyaPerjudian. Untuk itu dihimbaudukungan dan peran serta da-ri seluruh warga masyarakatPemalang, agar tidak ikut terli-bat dalam judi jenis apapun.Termasuk tidak memasang ta-ruhan judi Togel, dengan tidakbeli / pasang Togel, kita yakinJudi Togel akan cepat hilangdari Pemalang.

Dari hasil analisa dan eva-luasi terhadap keterangan pa-ra tersangka Judi Togel, Animooknum masyarakat dalam me-masang Judi Togel masih cu-kup besar. Hal ini nampak jelasdari cara bertaruh dengan ki-rim pesan melalui SMS, berartiantara penjual dan pemasangsudah mengenal / berkomuni-kasi baik.

Selain itu omzet taruhandari masing - masing pengecermasih cukup besar. Untuk itudiingatkan kembali kepadaseluruh warga masyarakatbahwa pemasangpun tetapakan ditangkap/di proses dandikenakan pasal yang samatentang perjudian.(rid/sri)

16 Penjudi Ditangkap

44 PramukaSMANCO IkutiPerbala

COMAL - Sebanyak 44 pe-serta dari pangkalan SMA Ne-geri 1 Comal (Smanco) mengi-kuti kegiatan PerkemahanBantara Laksana (Perbala).Mereka selama 5 hari sejakMinggu hingga Kamis (14 - 18/12 mengikuti kegiatan terse-but yang berakhir di Desa Ke-bongede Kecamatan Bantar-bolang Kabpaten Pemalang.

Kegiatan Perbala dilepasoleh Waka Kesiswaan darihalaman Smanco menuju kelokasi yang sudah ditentukanhingga berakhir di Desa Ke-bongede Kecamatan Bantar-bolang. Peserta putra padaetape pertama berjalan kakimenuju ke Balai Desa Sarwo-dadi Kecamatan Comal seba-gai tempat transit pertama.Transit kedua di Desa Keban-daran Kecamatan Bodeh, tran-sit ketiga di Desa PedagungKecamatan Bantarbolang danterakhir di Desa KebongedeKecamaatn Bantarbolang.

Untuk peserta putri naik

kendaraan truk mengikutitempat transit yang dilakukanoleh peserta putra.

Waka Kesiswaan Smanco,Eddy Raharjo dalam sambutanpelepasannya menyampaikanagar organiasi Pramuka diSmanco lebih maju dari sebe-lumnya. Kegiatan Perbala ada-lah salah satunya dalam rangkamendapatkan generasi Pramu-ka yang tangguh dan berka-rakter. Dalam kesempatan ituEddy Raharjo juga berpesankepada semua peserta untukmenjaga kesehatan selama per-jalanan “Jangan lupa jaga namabaik sekolah,” ujarnya, kema-rin. Acara pelepasan juga diha-diri oleh kakak Pembina daripangkalan Smanco.

Ketua Panitia Perbala, DwiCandra Sanjoko melalui Hu-mas, Rizka Ayuningtyas me-nyampaikan, tujuan dilaksa-nakan kegiatan Perbala ada-lah sebagai ajang kenaikantingkat bagi Pramuka PenegakBantara Laksana dan juga se-bagai cara untuk mengisi libursetelah sebelumnya selama 1minggu mengadkaan tes se-mester. Tujuan lainnya adalahdalam rangka memenuhi pro-

gram kerja Pangkalan SMANegeri Comal serta mempe-rerat persaudaraan antara pe-serta dan panitia. “Ini kegiatanrutin tahunan yang dilakukanoleh pangkalan kami,” kataRizka didampingi wakil ketuaDariyah.

Disampaikannya, bahwadalam kegiatan Perbala sela-ma 5 hari tersebut, pesertaakan mengikuti berbagai ujiketangkasan dan kesabaran.

Diantaranya adalah mela-kukan ujian jalan kaki bagipeserta laki-laki sejauh 80 kmdan ujian mengurus rumahtangga bagi peserta perem-puan serta pengambilan deksebagai tanda kenaikan ting-kat. “Hari Pertama sengajatransit di daerah utara, walau-pun nantinya akan ke selatan,karena biar jaraknya menca-pai 80 km,” ujarnya.

Peserta yang rata-rata ada-lah kelas XI tersebut denganpenuh semangat mengikutiberbagai tahapan dari prosesperjalanan transit pertamahingga sampai di lokasi perke-mahan di Desa KebongedeKecamatan Bantarbolang.(rid/sri)

M. RIDWAN/RADAR PEMALANG

PERBALA - Peserta Perbala dari SMANCO saat kegiatan di Desa Kebongede Bantarbolang.

Hasilkan Generasi Berkarakter

Page 11: Radar Tegal 19 des 2014
Page 12: Radar Tegal 19 des 2014
Page 13: Radar Tegal 19 des 2014

WARTA NURADAR TEGAL JUMAT, 19 DESEMBER 2014website : radartegal.com, epaper: epaper.radartegal.com 13

DAFTAR PESERTA YANG DINYATAKAN LULUS SELEKSI PENGADAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPILPEMERINTAH KABUPATEN TEGAL FORMASI TAHUN 2014

DARI PELAMAR UMUM

SLAWI – Islam ahlussunahwaljama’ah (Aswaja) harusmenjadi benteng kokoh bagiwarga nahdliyin. Oleh karenaitu, santri harus mengedepan-kan Islam Aswaja dan menye-barkan ajaran Islam dengankemaslahatan. Hal itu dika-takan KH. Muarif Efendi saatmemberikan tausiyah di ha-dapan alumni santri PonpesLirboyo, belum lama ini.

Kiai Muarif yang merupakantokoh NU dari Desa Bulakwa-ru, Kecamatan Tarub dan ter-pilih sebagai ketua HimpunanSantri Lirboyo (Himasal) Ca-bang Kabupaten Tegal meng-aku bangga, karena pernahmengenyam pendidikan di pe-santren. Sebab, ilmu agama Is-lam yang diperoleh dari pe-santren sangat bermanfaat,terutama bagi diri sendiri danperjuangan syiar Islam dalammasyarakat.

”Santri diajarkan tentangberagam ilmu agama Islam.Dan ilmu agama tersebut men-

jadi benteng kokoh untuk meng-hadapi kehidupan bermasya-rakat,” ujarnya.

Dia berpesan kepada se-luruh santri dan warga nah-dliyin untuk selalu menga-malkan ilmu yang pernah di-peroleh di pesantren. Penga-malan ilmu juga harus dengancara-cara yang santun, bu-kan liberal atau pun radikal.”Islam aswaja-nya NU iturahmatan lil alamin, bukanradikal, seperti ormas lain yangmengatasnamakan agamauntuk dalih perjuangan danjihad,” paparnya.

Lebih lanjut dia menam-bahkan bahwa santri danalumni santri harus ingat,kebesaran NU itu atas dasarperjuangan para ulama pe-santren dan NU lahir dari pe-santren. ”Kalau ada maha-siswa demo itu sudah biasa,dan santri jangan ikut-ikutandemo,” tambahnya.

Sebelumnya, Syuriah PBN-U KH Abdullah Kafa Bihi Mah-

rus, pengasuh Ponpes Lirbo-yo yang datang ke KabupatenTegal menyebutkan, keber-adaan pesantren salaf meru-pakan cikal bakal berdirinyaormas NU dan Bangsa Indone-sia. Sebab, banyak para ulamayang menjadi pejuang bangsayang lahir dari pesantren salaf.”NU didirikan oleh alumni pe-santren salaf, dan Bangsa In-donesia merdeka salah sa-tunya karena perjuangan paraulama NU,” paparnya.

Kepada santri, dirinya ber-pesan untuk tidak mening-galkan ilmu agama. Artinya, didalam mengelola sebuah ne-gara, tentunya membutuhkanilmu agama. Santri dimintamenjadi benteng moralitasbangsa.

”Semuanya pasti berhu-bungan dengan ilmu agama.Amar maruf nahi munkar.Nahi munkar di sini harusdilakukan dengan cara halusbukan anarkis,” tandasnya.(muh/fat)

MUH. FATKHUDIN/RADAR SLAWI

MEMBENTENGI – Syuriah PBNU Kiai Abdullah Kafabih Mahrus sedang menyampaikan tausiyah.

Santri HarusKedepankanAswaja

Page 14: Radar Tegal 19 des 2014

RADAR TEGAL JUMAT, 19 DESEMBER 2014website : radartegal.com, epaper : epaper.radartegal.comRADAR BREBES14

RSUD Brebes (0283) 671431

RSU Bhakti Asih (0283) 671279 / 673481

RSIA Mutiara Bunda Tanjung Brebes (0283) 877222

RS Dera As Syifa Banjarharjo Brebes (0283) 889588/889548

RS Dedy Jaya, Jl. A. Yani No. 57 Brebes (0283) 672145/672525

- IGD/Ambulance (0283) 3287503

TELEPON PENTING

SediakanArenaFlayingFoxSECARA geografis, Kabupaten Brebes berada di wilayah

pesisir pantai Laut Jawa. Kondisi itu sangat menguntungkan,mengingat banyak potensiyang bisa dikelola menjadisalah satu pemasukan pen-dapatan daerah. Salah satu-nya, potensi wisata di PantaiRandusanga Indah (Par-In)yang terletak di Desa Ran-dusanga Kulon KecamatanBrebes. Dari tahun ketahun,antusias warga untuk menik-mati hiburan di kawasan wi-sata itu terus mengalamipeningkatan. Bahkan jumlahpengunjung akan meningkatberkali lipat, saat datang liburpanjang seperti lebaran dantahun baru.

Upaya memberikan kenya-manan bagi para pengunjungpun terus dilakukan, didalamkawasan wisata tersebut. Bagi para pejalan kaki, pengunjungtidak dipersoalkan lagi dengan adanya genangan air yang kerapmuncul di kawasan wisata. Pemerintah Kabupaten Brebesmelalui Dinas Pariwisata setempat sudah mulai meninggikanjalan paving di dalam kawasan wisata hingga mudah dilaluipengunjung.

Selain itu, akses sepanjang kurang lebih 1 kilometer daripintu masuk kini juga sudah dalam kondisi mulus. Pemerintahmelalui anggaran APBD telah melakukan perbaikan jalan denganmenggunakan rijit beton.

“Sekarang akses jalan masuk sudah mulus, sehingga sangatnyaman dilalui para wisatawan yang akan masuk ke objekwisata Par-In,”ujar Kepala Bidang Pariwisata DisparbudporaKabupaten Brebes, Supriyono Kamis (18/12). (har/hun)

DOK.RATEG

Supriyono

Pengguna JalanDimintaWaspada

TONJONG - Muspika ber-sama jajaran instansi peme-rintah dan kepala desa, terusmemantau kondisi yang ada disejumlah wilayah rawan ben-cana. Langkah tersebut di-lakukan dalam menghadapisegala kemungkinan seiringdengan datangnya musim hu-jan, dan musibah longsor. Ja-lur Ciregol rawan longsor,sehingga pengguna jalan di-minta untuk waspada.

Camat Tonjong Sumarno,mengatakan, selain melaku-kan pemetaan terhadap dae-rah rawan bencana alam, pi-haknya juga memantau per-kembangan jalur Ciregol yangmerupakan kawasan bencanaalam akibat pergerakan tanah.

“Jalur Ciregol hingga saat inimenjadi fokus perhatian. Ke-beradaannya sebagai jalurutama, sangat vital. Penga-laman saat terjadinya bencanadi jalur tersebut beberapawaktu lalu, dampaknya sa-ngat besar sehingga menjadiperhatian kami,” terang Su-marno.

Menurut dia, meskipun saatini kondisi jalur Ciregol relatifaman dan bisa dilalui ken-daraan, namun berdasarkankajian jalur tersebut masihberada dalam kondisi labil.

“Sehingga dikhawatirkansewaktu-waktu kondisinyaakan berubah dari yang se-karang ini,” katanya.

Selain tanjakan Ciregol, be-berapa titik jalan utama lain-

nya yang juga berada di wi-layah rawan bencana alamyakni, Dukuh Satir Desa Ku-tamandala, Dukuh Karangjatidan depan SMA Muhamma-diyah Tonjong.

“Lokasi-lokasi tersebutpernah mengalami longsorsebelumnya. Terbaru di wi-layah Karangjati, dimana be-lum lama ini tebing mengalamilongsor dan hampir menyen-tuh badan jalan. Kondisi inisudah kita sampaikan ke ting-kat Kabupaten sebagai la-poran,” terangnya.

Disisi lain, pihaknya jugaberharap agar proyek perbai-kan tebing sungai Glagahyang ada di Dukuh Satir agardapat segera terselesaikan.Kondisi ini menyusul perbai-kan yang masih terus dilaku-kan, hingga saat ini ditengahkondisi cuaca yang kurangmendukung.

“Kita berhadap perbaikanyang ditujukan untuk peng-uatan tebing tersebut, dapatsegera selesai. Mengingat saatini kondisi cuaca sering hujan,kekhawatiran juga melihatkarakrteristik sungai Glagahyang kerap mengalami banjirsaat musim hujan seperi ini,”kata Sumarno.

Selain bencana longsor, se-lama berlangsungnya musimhujan saat ini keberadaan duaaliran sungai di wilayah Ton-jong yakni sungai Pedes dansungai Glagah tidak luput dariperhatian. Hal ini didasari darikondisi sebelumnya, dimanabanjir dialiran sungai tersebutkerap berdampak pada ke-rusakan sarana infrastuktur.(pri/hun)

CiregolRawanLongsor

TEGUH SUPRIYANTO/RADAR BREBES

WASPADA -Meski kondisi tanjakan Ciregol di jalur utamaTegal-Purwokerto relatif aman, tapi diminta waspada.

UPAYA pengamanan pera-yaan Natal 2014 dan TahunBaru 2015 kini mulai dilaku-kan jajaran Polres Brebes. Se-tidaknya untuk mewujudkanrasa aman selama berlang-sunya perayaan itu, sebanyak370 personel polisi akan di-tempatkan di sejumlah pospengamanan. Tak hanya itu,Polres juga akan menempat-kan anggotanya di 22 gerejayang tersebar di wilayah Ka-bupaten Brebes.

Kapolres Brebes AKBP Fer-dy Sambo SH MH, usai meng-gelar Rapat Kodinasi LintasSektoral Pengamanan Nataldan Tahun Baru di Aula Ma-polres setempat Kamis (18/12)mengatakan, untuk mendu-kung pengamanan perayaanNatal dan Tahun Baru, nan-tinya akan didirikan sebanyak4 pos pengamanan gereja, 4pos panggal jalan, 3 pos pe-ngamanan objek wisata.

Dan untuk memberi rasaaman dan kekhusyu’an umatnasrani dalam menjalankanperayaan Natal, setiap Gerejanantinya akan dijaga 10 per-sonil polisi dengan back-up 10anggota dari TNI dan instansiterkait.

“Dengan demikian, ada 20personel keamanan yang men-jaga tiap gereja dan rumah iba-dah,” ujar Kapolres.

Dikatakan, dalam rangkapersiapan Operasi Lilin Candi2014, jajarannya juga melak-sanakan kegiatan OperasiCipta Kondisi dengan sasaranperedaran miras dan petasan.Pihaknya juga menghimbaukepada seluruh masyarakatKabupaten Brebes untuk ber-sama-sama menjaga kondu-sifitas wilayahnya masing-ma-sing.

“Mari kita laksanakan ke-giatan dengan aman dan da-mai sehingga perayaan Natal

2014 dan Tahun 2015 di Ka-bupaten Brebes berjalan de-ngan baik, aman, nyaman dankondusif,”pinta dia.

Kapolres menambahkan,selama berlangsungnya OpsLilin Candi yang akan dimulai24 Desember hingga 2 Januari2015 pengamanan juga akanmelibarkan 300 personil TNIdari Kodim 0713 Brebes serta400 personil dari instansi ter-kait.

Kapolres yang didampingiDandim 0713/Brebes, LetkolInf Cahyadi Imam Suhada SIPmenambahkan, selain mener-junkan jajaran personel Polri,TNI dan instansi terkait jugaturut diback up oleh 75 ang-gota Brimob Pekalongan.

“Nantinya tugas anggotaBrimob yang diterjunkan diKabupaten Brebes akan mela-kukan penyisiran sebelum pera-yaan malam Natal dan TahunBaru 2015. (harviyanto/hun)

ISMAIL FUAD/RADAR BREBES

KONSULTASI - Sejumlah siswa konsultasi study di standExpo PTN dan PTS, yang digelar di SMA Negeri 1 Brebes.

Pameran Kampus Diserbu PelajarBREBES - Ribuan pelajar tingkat SMA dari berbagai wilayah

di Kabupaten Brebes membanjiri pameran kampus ExpoPerguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta(PTS) yang diselenggarakan SMA Negeri I Brebes, Kamis (18/12). Mereka datang ke arena pameran untuk mencari informasihingga konsultasi tentang rencana mereka untuk melanjutkankuliah usai lulusa dari banku SMA.

Kegiatan yang digelar oleh Bimbingan Konseling (BK) SMA 1Brebes itu diikuti sebanyak 36 Pergurunan Tinggi negeri danswasta yang ada di Jateng, DIY, Jabar dan DKI Jakarta. Kampus-kampus tersebut menyediakan berbagai layanan informasiterkait dengan program studi, konsultasi bahkan ada pula yangsudah mulai membuka pendaftaran mahasiswa baru. Selainmendirikan stand yang berisi berbagai informasi menyangkutkeberadaan perguruan tinggi itu, peserta expo juga diberikankesempatan secara langsung memberikan presentasi.

Ketua Panitia Expo Perguruan Tinggi, Wahyudin Zufri SPdMPd mengatakan, Expo PTN/PTS itu merupakan agenda tahunanyang bertujuan untuk memudahkan akses informasi, terkaitdengan profil PTN/PTS. Fungsi lain, agar orang tua murid yangakan mencari informasi mengenai perguruan tinggi untuk tempatmelanjutkan studi anaknya tidak perlu ke luar kota, tetapi cukupdatang ke SMA N 1 Brebes.

“Di expo ini dibuka pendaftaran bagi siswa baru, khususnyauntuk PTS. Jadi, pengunjung yang berminat bisa langsungmendaftar tanpa harus pergi ke tempat PTS.” (ism/hun)

WONGE DEWEK

AJIB AH...

HARVIYANTO/RADAR BREBES

RAKOR - Polres Brebes gelar Rakor lintas sektoral, jelang perayaan Natal dan Tahun Baru.

Polisi Perketat Pengamanan Gereja

Sikapi TudinganLSM-DPRD

BREBES - Geram denganopini dan kabar yang terusberkembang di kalangan ma-syarakat Kabupaten Brebes,yang dinilai memojokan inst-itusinya. Kepala Kantor Kes-bangpol Pemkab Brebes, JokoHeryanto akhirnya angkat bi-cara. Dia merasa tersudutkan,atas polemik dalam penga-lokasian anggaran bagi lem-baga dan ormas di KabupatenBrebes yang tidak terkoverdalam APBD 2015. Apalagi,muncul pula desakan masya-rakat agar Bupati bertindaktegas.

“Kami memang diam dari-pada nanti memperkeruhsuasana, tapi pada forum fo-rum resmi pemerintahan kamisudah jelaskan posisi Kes-bangpol. Bahwa SKPD terkait,itu bukan hanya Kesbangpolsaja, tapi ada juga yang lain.Namun sekarang kesannyahanya Kesbangpol yang men-

jadi seperti kambing hitam,”kata Joko kepada Radar, Ka-mis (18/12).

Dia menjelaskan, pihaknyasudah bekerja sesuai denganaturan normatif dan tugas po-kok fungsi (Tupoksi) dari Kes-bangpol. Dalam hubungan-nya dalam proses pengajuananggaran keuangan kepadalembaga negara dan ormas.

Ditandaskan, pihaknya ha-nya memiliki kapasitas yaknimenerima usulan dari lembaga.Kemudian memverifikasi, danmeneruskannya kepada TimAnggaran Pemerintah Daerah(TAPD) dengan lampiran ke-pada Bappeda, Dinas Pen-dapatan dan Pengelolaan Ke-uangan (DPPKA) dan instansiterkait.

“Soal itu masuk dalamAPBD, itu sudah bukan ranahkami lagi. Yang jelas usulanpermohonan yang sudah di-verifikasi, kemudian kamiserahkan ke TAPD terakhirpada 30 Juni tahun 2014. Ar-tinya sama sekali tidak ter-lambat, kenapa tidak masuk

entry KUA PPAS itu kami jugasangat prihatin. Prihatin se-kali,” tandas Joko.

Menurutnya, dalam melak-sanakan tupoksi tersebut pi-haknya sudah sangat berhati-hati dan maksimal memberi-kan tugas kepada jajaran Kes-bangpol agar memperhatikanmasalah-masalah yang me-nyangkut dan kepentinganpublik dengan pelayananyang terbaik.

“Jika memang ada yang bi-lang, pegawai kami punya ba-nyak lembaga dan yayasanbinaan yang selalu mendapathibah, mohon juga disampai-kan kepada saya dengan datayang akurat agar bisa ditin-daklanjuti dengan aturan ten-tang kepegawaian sebagai-mana mestinya,” kata Joko lagi.

Sebelumnya, beberapa ak-tivis LSM dan kalangan DPRDmenyebutkan ada kelalaiandari SKPD yang menyebab-kan dana bantuan keuangansejumlah lembaga yang diaturUU tidak teralokasikan padaAPBD 2015. (ism/hun)

Kakesbangpol Angkat Bicara

Page 15: Radar Tegal 19 des 2014

SAMBUNGAN 15RADAR TEGAL JUMAT, 19 DESEMBER 2014website : radartegal.com, epaper: epaper.radartegal.com

Masa Lalu, Sekarang dan Akan Datangdari halaman 9

200 Personil Siap Diterjunkandari halaman 9

Empat Belas Grup Berebut Piala ...dari halaman 9

Gaji DPR Dipotong untuk ...dari halaman 9

Satu Peserta PelatihanSatpam Tidak Lulus

Jangan Abaikan K-13dari halaman 9

Hal itu disampaikan olehAnggota Komisi VIII DPR RIdari Fraksi Partai KeadilanSejahtera (PKS) Abdul FikriFakih, usai mengikuti FocusDiscussion Group yang dise-lenggarakan di Graha PenaRadar Tegal, Rabu (17/12).Menurut dia, kecuali Fadli Zonyang piket di Senayan, parapimpinan DPR RI telah datangke lokasi bencana dan sepakatberembug.

“Sebagai bentuk kepedu-lian, anggota DPR RI sudahdipotong gajinya Rp500 ribu.Sehingga, dikali 560 anggota,ada hampir Rp300 juta. Rp100juta diwujudkan dalam ben-tuk natura (barang atau ba-han) sebanyak 3 truk, yangdibutuhkan sesuai denganpermintaan dari Banjarnegara,dan Rp200 juta dalam bentukdana untuk kepentingan pe-nanganan,” ujarnya.

Untuk Banjarnegara, sam-bung Fikri, Presiden Joko Wi-dodo berjanji memberikanbantuan Rp1 juta untuk setiap

korban yang meninggal dunia.Jika misalnya, total ada 110korban jiwa, maka akan diang-garkan Rp110 juta. Kendatidemikian, Fikri berpendapat,hal itu tidak akan menyelesai-kan masalah.

Fikri menyebutkan, berkacapada Januari 2006, di DusunCijeruk, Kabupaten Banjar-negara, juga pernah meng-alami bencana tanah longsor,dengan korban yang hampirsama. Sekarang, kondisi dae-rah tersebut tidak jauh ber-beda dengan sebelum long-sor. Artinya, dari proses pemu-lihan hingga membangun ti-dak terlalu kelihatan.

Padahal, kata Fikri, Un-dang-Undang (UU) KeuanganNegara, UU Sistem Perenca-naan Pembangunan Nasio-nal, membolehkan berapa-pun alokasi yang dibutuhkan.Bahkan prioritas yang tidakrelevan, dikalahkan untukbencana.

“Kalau bencana itu riil, tan-pa ada di Musrenbang (Mu-syawarah Rencana Pemba-nguan), tanpa ada di RKP

(Rencana Kerja Pemerintah),itu tidak apa-apa. Asal ben-cana, dan bencana ini tidakngarang, asli,” tegasnya.

Dikemukakan lebih lanjut,dalam UU Nomor 32 Tahun2009 tentang Perlindungandan Pengelolaan LingkunganHidup, Pasal 45 mewajibkan,pemerintah pusat, provinsi,kabupaten, atau kota menye-diakan anggaran yang cukupuntuk derah yang mengalamikerusakan alam, lingkunganhidup.

“Ini kan ada banyak alasanuntuk bisa dituangkan dalambentuk pembangunan seka-rang juga. Kemarin kami su-dah ke Gubernuran, simbolismenyerahkan bantuan Rp250 juta dan 3 truk. DPRsanggup mengadvokasi be-rapapun yang dibutuhkanuntuk Banjarnegara, yangsudah diverifikasi oleh pro-vinsi dan diajukan ke Bap-penas, kemudian disetujuiDPR. Saya kira, ini lebih stra-tegis daripada hanya datang,kemudian masuk televisi,”tandasnya. (nam/duh)

Untung menjelaskan, per-ubahan kurikulum yang ba-nyak mendapat sorotan parapakar dan praktisi pendidikan,yakni struktur K-13 yang lebihramping, dengan mengurangijumlah mata pelajaran untuktingkat SD. Di mana, IPA, IPS,Muatan Lokal, dan Kepriba-dian tidak lagi tercantum se-bagai mata pelajaran. Namun,

kontennya diorganisasikandalam mata pelajaran BahasaIndonesia, PPKn, Matema-tika, dan Agama

Untung berpendapat, sis-tem penilaian pada K-13mungkin cocok diterapkan diEropa. Di mana, jumlah siswadalam satu rombel maksimal20 siswa. Sedangkan, di Indo-nesia, terkadang lebih dari 40siswa dalam satu rombel. Se-hingga, guru hanya mengha-

biskan waktu untuk meme-nuhi administrasi pengajar-an, terutama aspek penilaian.Sementara tugas utamamendidik siswa akan terabai-kan.

“Saya lebih setuju sistempenilaian di K-13 diresumelagi. Sebab, guru hanya repotisi penilaian saja. Namun, guruyang senang dengan diber-hentikannya K-13 karena tidakmau repot, itu juga salah,

mental ini yang perlu direvo-lusi,” katanya.

Dikemukakan, selain pe-merintah, berjalannya kuri-kulum apa pun, harus seiringdengan perhatian dari orangtua dan lingkungan masya-rakat. Sebab, tanpa dukungandari mereka, akan tetap men-tok, tidak menghasilkan. “Le-tak kesalahan bukan di sistemtapi pemainnya,” tegas dia.(nam/duh)

Selain petugas Palang MerahIndonesia (PMI) Kota Tegal,sedikitnya ada 16 dokter yangmerupakan alumni SMA PiusTegal sengaja didatangkan pa-nitia. Melalui baksos ini, 100kantong darah ditargetkan ter-kumpul.

“Kami ingin menanamkanjiwa kepada siswa untuk pe-duli sesama, dan peka terha-dap lingkungan sekitar. Se-hingga, bisa menumbuhkanmental dan sikap siswa yangmemiliki kepedulian, suka-rela, dalam hal ini mendonor-kan darah secara rutin,” kataKetua Umum Panitia PestaEmas 50 Tahun SMA Pius Te-gal Gregorius Agung Sri Su-parjo di lokasi baksos.

Sri yang merupakan WakaKurikulum SMA Pius Tegal itumelanjutkan, pentingnya me-lakukan donor darah secararutin di antaranya untuk men-jaga kesehatan. Paling pen-ting, kata dia, setiap tetes da-

rah yang didonorkan akanmeringankan beban masyara-kat yang membutuhkan da-rah.

Melalui Pesta Emas 50 Ta-hun SMA Pius Tegal yang dike-mas dalam tema ‘MengenangSMA Pius Tegal Masa Lalu,Sekarang, dan Akan Datang,’sekolah mengajak seluruhkomponen untuk bernostal-gia dengan masa perjuanganberdirinya sekolah. Sehingga,bisa dijadikan pijakan sema-ngat saat sekarang, untuk me-raih prestasi lebih baik di masaakan datang.

Lebih lanjut disampaikan,baksos yang diselenggarakanmerupakan kelanjutan dariserangkaian kegiatan PestaEmas 50 Tahun SMA Pius Te-gal yang telah lebih dulu dilak-sanakan.

Sri menyebutkan, pem-bukaan peringatan ditandaidengan Misa yang dilakukanpada 9 Agustus 2014 lalu disekolah.

Usai pembukaan, 5 hari se-

sudahnya, kegiatan dilanjut-kan dengan Seminar Narkobayang diisi oleh Stama BadanNarkotika Nasional (BNN) Ir-jen Pol Drs Nicholas Eko Riwa-yanto, yang merupakan salahsatu alumni SMA Pius TegalAngkatan 1980, serta kolega-nya, Brigjen Dr Victor PujiadiSpB FICS DFM, yang meru-pakan Deputi PencegahanBNN.

Kemudian, kegiatan dilan-jutkan pada bulan Oktober.Expo Educare diselenggara-kan dengan mengundang 20perguruan tinggi, baik swastamaupun negeri. Dalam kegiat-an tersebut, dilaksanakan ber-bagai macam lomba, sepertiStory Telling Bahasa Inggrisdan sebagainya.

Rencananya, pada Januarinanti akan dilanjutkan kegiat-an kerja bakti di Obyek Wisata(OW) Pantai Alam Indah(PAI). Hal ini didasari atas ma-sih kurang bersihnya tempatwisata andalan Kota Tegal itu.Di sisi lain, kerja bakti member-

sihkan OW PAI ditujukan un-tuk menanamkan rasa cintakebersihan pada siswa sejakdini.

“Ketika Sekjen PPIT Jepangberkunjung ke sini pada 2012lalu, dia berkomentar bahwaOW PAI masih kotor dan be-lum layak untuk dikunjungituris. Kami melihat, pada saattertentu juga memang kotor.Sehingga, kami ingin mem-bantu pemerintah untuk men-jaga kebersihan OW PAI agarlebih diminati wisatawan, baiklokal maupun luar daerah,”katanya.

Sri menambahkan, sejakberdiri, SMA Pius Tegal telahmenghasilkan lulusan yangkini menjadi tokoh-tokoh na-sional, dan memiliki jabatanstrategis. Seperti, direkturbank, direktur rumah sakit,guru besar, kepolisian, danmasih banyak lagi.

Panitia juga berencana me-nyelenggarakan reuni akbaryang diperkirakan dilaksana-kan Juli nanti. (nam/duh/opl)

“Lomba ini memperebut-kan piala bergilir Kepala Ke-menag Kota Tegal,” imbuhMuhsonah.

Dijelaskan, kriteria peni-laian dalam lomba marchingband ini antara lain teknik mu-sik dan penampilan. Tidak ha-nya itu kepiawaian mayoretdan penampilannya pun dila-kukan penilaian.

Dari dua kategori penilaianitu, nilainya akan diakumu-lasikan dan peserta dengannilai tertinggi menjadi peme-nangnya.

Ketua Panitia PeringatanHAB ke-69, Siti Fasikha mem-beberkan, lomba marchingband tingkat MI ini merupa-kan gelaran kali keempat. Ke-giatan tersebut menjadi pem-buka serangkaian kegiatanperingatan HAB ke-69 Keme-

nag Kota Tegal.Adapun kegiatan-kegiatan

lainnya, yakni lomba bola volitingkat madrasah di lingku-ngan Kemenag yang akan di-laksanakan 31 Desembermendatang. Lomba ini diikutioleh tim dari Kemenag, Kan-tor Urusan Agama (KUA), Ma-drasah Aliyah Negeri (MAN),Madrasah Tsanawiyah (MTs)negeri dan swasta se-Kota Te-gal dan Kelompok Kerja Ma-drasah (KKM) Madrasah Ibti-daiyah (MI).

“Ada juga lomba membuatjajanan non beras. Ini diikutiibu-ibu Dharma Wanita Ke-menang dan jajaran madra-sah. Pelaksanaan 2 Januari2015,” ungkapnya.

Tidak hanya sampai di situ,pada 2 Januari malam digelartasyakuran di Kantor Keme-nag. Paginya, sambung Fa-sikha, 3 Januari dihelat upa-

cara peringatan HAB dilanjutdengan jalan sehat yang di-ikuti oleh keluarga besar Ke-menag.

“Kegiatan tersebut sebagaipuncak peringatan HAB ke-69,” jelasnya sembari meng-ungkapkan tema HAB ke-69,yakni “Menegakkan Integri-tas, Profesionalitas, Inovasi,Tanggungjawab dan Ketela-danan Sebagai Budaya KerjaKementerian Agama”.

Sementara itu saat mem-buka lomba marching band,Kepala Kantor Kemenag KotaTegal H Nuril Anwar menga-takan, kegiatan tersebut dise-lenggarakan untuk memacukreativitas siswa MI supayamadrasah semakin maju. Se-lain itu, juga upaya menun-jukkan kepada masyarakatbahwa kemampuan siswa ma-drasah tidak kalah dengan se-kolah umum lainnya. (*/duh)

Sasarannya yakni meliputiorang, benda dan tempat di-mana para Jemaat gereja me-laksanakan ibadah maupunmisa Natal ataupun wargalainnya yang hendak mera-yakan libur Natal serta Tahunbaru.

Sementara Kabid YankesDinkes Kota Tegal dr Suharjo,MM mendukung kegiatan ter-sebut. Bahkan, pihaknya jugatelah menyiapkan 3 Rumah

Sakit serta 8 Puskesmas yangada di tiap Kecamatan selama24 jam.

“Selain kami menempat-kan tim medis, kami juga me-nyiagakan Unit KBM Ambu-lan di Posko nantinya,” be-bernya.

Lain hal dikatakan timDisperindag Kota Tegal yangikut menghadiri dalam rakorlintas sektoral. Dalam pe-mantauan kebutuhan bahanSembako maupun Gas, KotaTegal masih mencukupi

hingga akhir tahun, termasukakan melaksanakan OperasiPasar bilamana ditemukanada kenaikan harga hingga 30% .

Sementara dalam kesem-patan itu, Kabag Ops PolresTegal Kota Kompol SuwandiSH menambahkan bahwa da-lam pelaksanaan pengaman-an nantinya disesuaikan de-ngan prosedur berupa sterili-sasi gereja serta penugasanpersonel pengamanan di ma-sing-masing lokasi dan tempat

ibadah, baik sebelum maupunpasca dengan menerjunkan 6personel. Termasuk menyiap-kan 1 (satu) Pos Pam/Yan yangada di Pertigaan Jalan Dr Su-tomo.

“Selain gereja dan tempatibadah, pengaman juga dila-kukan di 6 (enam) lokasi pusatperbelanjaan seperti RitaMall, Pasific Mall dan JogyaMall serta Objek Wisata yakniOW PAI, Bahari Water Parkberikut Rita Park Tegal,” ung-kapnya. (gus/duh)

Kurang DisiplinSETELAH empat belas hari

mengikuti pelatihan dasarsatuan pengamanan (Sat-pam), satu dari 52 peserta pela-tihan dinyatakan tidak lulus.Hal ini karena calon anggotapengaman itu tidak dapatmemenuhi jumlah dan waktupelatihan dan kurang disiplin.

Hal tersebut disampaikanWaka Polres Tegal Kota Kom-pol Valent Asmoro, Sik, saatmenutup pelatihan dasar Sat-pam ‘’Gada Pratama’’ tingkatPolda Jateng angkatan XXVIIItahun 2014 di Gedung Bha-yangkari yang dihadiri olehpara Kabag, Kasat, Kapolsekserta Pembina dan Peserta

Pelatihan, kemarin.Dalam sambutannya, Wa-

kapolres menyampaikan, se-suai UU No 2 Tahun 2002 ten-tang Polri bahwa dalam me-ngemban tugas, Polri dibantudi antaranya bentuk-bentukPengamanan Swakarsa seper-ti halnya Satpam menjaga ke-amanan dan ketertiban ma-syarakat.

‘’Hal ini jelas bahwa secarahukum keberadaan Satpamadalah sah dalam mengem-ban tugas kepolisian terbatasdimana dengan semakin ting-ginya angka pertambahanpenduduk tentunya masalahyang muncul juga semakinbanyak, termasuk gangguanKamtibmas,’’ bebernya. Per-

kembangan teknologi yangmenghasilkan berbagai pe-rangkat keamanan tetap jugatidak dapat mengantikan pe-ran satpam dalam hal PamSwakarsa.

‘’Karenanya setiap personelSatpam harus benar-benarmengetahui akan tugas, fungsidan peranannya dengan tidakterkesan hanya sebagai pen-jaga tetapi juga dituntut mam-pu memberikan pelayananyang baik kepada setiap orangdimana bertugas nantinya,’’beber dia.

Selain itu Wakapolres jugaberharap agar para pesertaterus tumbuh kembangkandisiplin dan kemampuan da-lam segala hal maupun kehi-

dupan sehari-hari nantinyaseperti apa yang telah dilak-sanakan selama dalam pela-tihan serta tanamkan kepe-kaan dan kepedulian terha-dap faktor keamanan.

‘’Dari 52 peserta calon Sat-pam, hanya ada 1 orang yangtidak lulus. Ya, ini karena pe-serta tersebut dinilai kurangdisiplin,’’ tegasnya.

Karenanya, sebagai upayayang profesional, peserta yangmasih calon Satpam itupuntidak diluluskan. Karena jikasampai lulus nanti, maka di-pastikan saat menjalankan tu-gasnya kelak pun bisa berma-las-malasan. Padahal, tugasdari Satpam juga harus selalusiap. (gus/duh)

LULUK QURROTUL AINI/UTM/RADAR TEGAL

SEMATKAN - Waka Polres Tegal Kota Kompol Valent Asmoro SIK saat menyematkan tanda kelulusan pada peserta.

TEGAL BARAT - MPCPemuda Pancasila Kota Te-gal, Rabu (17/12), memba-gikan 400 paket beras ke-pada nelayan. Pembagianberas ini dilakukan untukmengurangi dampak burukmusim baratan yang me-nyebabkan tangkapan ikannelayan berkurang drastis.

Ketua MPC Pemuda Pan-casila Kota Tegal Eddy Soe-syanto tak menampik jum-lah paket beras yang dise-diakan organisasinya, ma-sih belum mencukupi. Uta-manya jika dibandingkandengan jumlah nelayanyang jumlahnya bisa men-capai tiga lipat jumlah berasyang disiapkan.

Kendati begitu, BungEddy Soesyanto menjamin,organisasinya tetap berko-mitmen membantu kondisikomponen masyarakat lainyang sedang kesusahan. Inisesuai dengan tujuan orga-nisasi di antaranya melaksa-nakan kegiatan yang ber-sifat sosial kemasyarakatan.

“Kegiatan ini alhamdulil-lah sudah secara rutin kitalakukan per tahun. Utama-nya terhadap para nelayanyang tak melaut, lantaranombaknya membahayakanuntuk keselamatannya,” ka-ta Bung Eddy (panggilanakrabnya).

Menurut dia, kegiatan inibisa terlaksana berkat jalin-

DOK./ISTIMEWA

400 PAKET – Ketua MPC PP Kota Tegal Eddy Soesyanto(kiri) memberikan paket beras kepada salah satu

Pemuda PancasilaGelontorkan Bantuan

an kerja sama dan duku-ngan dari berbagai pihak diKota Tegal. Bung Eddy ber-harap, upaya yang sudahdilakukan MPC PP bisa di-ikuti organisasi sosial kema-syarakatan lainnya. Ini se-bagai bentuk empati danwujud solidaritas sosialyang sudah terjalin sejakdulu. (zul/duh)

SEBAGIAN besar nelayantradisional, yang melaut de-ngan mengunakan kapal de-ngan ukuran lebih kecil, me-milih tidak melaut dan memi-lih tinggal di rumah dan sese-kali pergi ke dermaga sekadarmemperbaiki perahu, danperalatan pancing yang rusak.

Pilihan ini sekaligus meng-hindari kerugian operasionalmelaut lebih besar lagi. Selainalasan kondisi cuaca yang ku-rang menguntungkan, sulit-nya mendapatkan bahan ba-kar solar yang harus menung-gu sampai tiga hari, banyaknelayan kapal-kapal kecil me-milih menambatkan perahu-nya di pinggiran Sungai KemiriKelurahan Muarareja. Sepan-jang pinggiran sungai dipe-nuhi deretan kapal kecil danoleh pemiliknya ditinggal ditepi sungai.

Sebenarnya menurut se-orang nelayan Warto, keadaan

gelombang laut saat ini masihkecil. Biasanya gelombang lautakan tinggi pada Januari men-datang, bersamaan datang-nya musim penghujan. Padamusim penghujan, selain ke-adaan gelombang laut luma-yan tinggi, angin lumayankencang.

“Pada saat gelombang ting-gi sebagian besar kapal yangberada di tengah laut itu me-milih sandar di pulau-pulauterdekat,” tuturnya.

Memasuki angin barat da-lam kurun waktu dua Mingguterakhir, nelayan tradisional,khususnya nelayan perahucompreng terpaksa menam-batkan perahu di dermaga Su-ngai Kemiri, dikarenakan cua-ca alam laut tak bersahabatdan selain minimnya hasiltangkapan.

Seorang istri nelayan Tarsi-nah menuturkan, selain kesu-litan mendapatkan tangkapan

ikan sehubungan keadaancuaca yang kurang mengun-tungkan, kesulitan lain terkaitbahan bakar solar. “Untukdapat solar kami harus me-nunggu sampai tiga hari la-manya,” tutur Tarsinah dite-mui kemarin.

Tokoh nelayan H Tambarimengaku prihatin dengan ke-adaan yang sekarang dihadapiwarga nelayan. Khususnyanelayan kecil. Diakuinya, sela-in karena cuaca yang kurangmenguntungkan, nelayansaat ini mengalami kesulitandalam pemenuhan kebutuhanbahan bakar solar.

Kebijakan yang ada seka-rang menurut tokoh nelayansangat memberatkan dan ku-rang menguntungkan nela-yan. Naiknya harga bahan ba-kar solar, yang merupakanbahan bakar utama melautsangat memberatkan paranelayan. (din/duh)

Banyak Nelayan Tak Melaut

Page 16: Radar Tegal 19 des 2014

JUMAT, 19 DESEMBER 2014 16RADAR TEGAL

PATROLI Komplotan Begal Truk Diringkus

Sama-SamaRusakINI keluarga model apa? Suami tukang selingkuh,

istrinya juga pakar nyeleweng. Meski sama rusaknya,tetapi Santi (35) tetap tak rela ketika hendak diceraikansuami. Maka selepas melayani Hasan (40) di ranjang,suami yang kelelahan langsung ditusuk pisau: jusss!

Keluarga sakinah selalu menjadi dambaan setiaprumahtangga. Tapi tak semua bisa mengalami. Palingbanter punya pembantu bernama Sukinah. Sebabkeluarga sakinah itu selalu guyub-rukun, suami istri salingpercaya, tidak saling curiga. Sebab rumahtanggaberjalan sesuai Garis-garis Besar Haluan Keluarga(GBHK), dan semua sadar akan hak dan kewajibanmasing-masing.

Bagaimana dengan kondisi keluarga Santi dan Hasandari Kecamatan Leles, Boyolali ? Wah, jauh dari itu. Istriselalu mencurigai suami, sebaliknya suami juga selalunegatif thinking pada ibunya anak-anak. Soalnya ya itutadi, baik suami maupun istri punya catatan buruk dalamkehidupan rumahtangganya. Hasan suka main perem-puan, dan Santi sesekali juga mau dibawa lelaki lain.“Nggo pembalasan,” kata Santi.

Kenapa Santi tidak memilih cerai saja dari suami yangmata keranjang? Lagi-lagi alasannya klasik, kasihan ana-anak. Jika ayah dan ibunya sampai pecah kongsi sepertiKMP dan KIH, bagaimana nasib mereka? Ikut ayah, bakalketemu ibu tiri. Ikut ibu, ketemu ayah tiri. Apa lagi ayah tirijaman sekarang banyak yang sadis. Beberapa kaliterjadi, gara-gara urusan pribadinya dengan sang istriterganggu anak tiri, si bocah dibanting hingga wasalam.

Gara-gara suami istri punya “kesibukan” sendiri, Santi-Hasan tak pernah akur permanen. Kadang akur, kadangbentrok. Para tetangganya sampai bosan manakalapasangan suami istri itu sedang ribut. Bukan urusanPerpu Pilkada, tapi antara PIL dan WIL.

Seperti terjadi beberapa hari lalu, Santi pamit suamike rumah orangtuanya untuk suatu keperluan. Tapi dalampraktiknya, dia memanfaatkan peluang itu untuk kencandengan PIL-nya bernama Asep. Hasan tahu itu ketikaberhasil membuka HP istrinya, ternyata di sanaditemukan pesan-pesan pendek yang penuh kemesraandan kegairahan. Sudah segitunya Hasan tidak marah,karena dia sendiri juga praktisi perselingkuhan denganSusi.

Santi pergi ke rumah orangtuanya lebih dari seminggu.Seakan melupakan pengkhianatan istri, malam itu dialangsung minta “dilayani” dalam kapasitasnya sebagaisuami. Cuma anehnya, selesai keduanya melepaskangen, tiba-tiba Hasan nyeletuk dengan kata-kataancaman: “Kowen selingkuh karo Asep sing terakhirowh ya. Angger diulang maning, kowen tak pegat!”

Habis melempar kalimat ancaman, Hasan pun tidursementara istrinya ke kamar mandi. Tapi tak diduga, tiba-tiba Santi balik dengan membawa pisau dapur. Suamiyang mulai dibuai mimpi langsung ditusuk perutnya, jusss!Tentu saja Hasan berteriak kesakitan. Tetangga punberdatangan memberi pertolongan.

Polisi segera mengusut kasus KDRT ini. Tapi ternyataHasan tak mau perkaranya lanjut, karena tak mau jugaSanti masuk penjara. Sedangkan Santi dalam pemerik-saan mengakui sangat marah ketika suaminyamengkhianati perjanjian. Katanya tak akan marah ditinggalselingkuh, kok sekarang mengancam. “Kuwe araneingkar janji,” kata Santi.

Kharaaat ndean, ingkar janji kok soal selingkuh! (wan)

Gasak DumpTruk SehargaRp 700 Juta

TEGAL - Komplotan begaltruk berhasil diringkus TimResmob Polres Tegal Kota diJalan Mayjen Sutoyo, Kelu-rahan Pekauman, KecamatanTegal Barat, Kota Tegal, Kamis(18/12) siang. Dari tangan pe-laku, selain mengamankankendaraan hasil rampasan,petugas juga menyita senjataapi mainan.

Ketiga pembegal yang di-ringkus masing-masing Rah-mat Saptaji (51) warga RT 06 RW02, Kampung Cipetir, Keca-matan Sukatani; Ismail (40)warga Dusun Tegal Bihbul,Desa Liunggunung, Kecamat-an Plered; dan Tatang (34) war-ga Dukuh Tegal Lega, DesaLiunggunung, Kecamatan Ple-red, Kabupaten Purwakarta.

DIperoleh informasi, aksiyang dilakukan komplotanbegal lintas provinsi tersebutdimulai ketika sebuah dumptruk milik PT. Multi Karya me-lintas di sebuah jalan tol diBandung untuk pulang kekantor perusahaannya di Pur-wakarta, Kamis (18/12) sekitar07.30 pagi. Di tengah perja-lanan, kendaraan itu diambil-alih ketiga pelaku. Sopir dumptruk dibuang di tengah jalantol. Begitu selamat, dia mela-por ke perusahaanya diterus-kan ke polisi.

‘’Kami langsung berkoordi-

nasi dengan kepolisian JawaBarat untuk mengejar dumptruk yang dibegal dengan No-pol B 9811 BYV warna hijau,’’terang Herman perwakilan PT.Multi Karya Cirebon yang me-ngaku sempat ikut mengejarpelaku.

Menurutnya, dump trukbesar itu telah dipasangi GPSsehingga kemana pun kenda-raan pergi bisa dipantau. Arah-nya dari jalan tol Bandung ber-gerak ke Cirebon, Brebes danTegal.

‘’Kami sempat mengejardan mencegat di Cirebontapi lolos,’’ katanya. Akhir-nya, dia mendapat kabardump truknya sudah di-amankan di Kota Tegal.‘’Harga dump truk ini Rp 700juta karena cukup besar,’’imbuh Herman.

Sementara salah satu pem-begal, Rahmat Saptaji menga-ku baru kali pertama mem-begal dump truk. Saat beraksidiakuinya dia menggunakansenjata api mainan untuk me-nakuti korban. ‘’Sopir tidakkami aniaya, hanya kami bu-ang di jalan tol Bandung,’’ ka-tanya.

Sementara, Kapolres TegalKota AKBP Bharata Indra-yana SIK menjelaskan, anakbuahnya hanya membantumenangkap pelaku. Kasus-nya masih dalam pengem-bangan. “Kasusnya nantiakan dilimpahkan ke Ban-dung sesuai TKP-nya,” kataBharata. (gus/wan)

LULUK QURROTUL AINI- UTM/RADAR TEGAL

DIPERIKSA - Komplotan pembegal dump truk dimintai keterangan petugas Resmob.

HERMAS PURWADI/RADAR SLAWI

BARANG BUKTI - Kasat Reskrim AKP Yusi Andi Sukmanasaat mengemasi barang bukti tersangka BIN gadungan.

Berkas BIN Gadungan DilimpahkanPelaku DijeratPasal Berlapis

SLAWI - Berkas perkara JoniTamtomo alias Joni Gunawan(46) anggota Badan IntelegenNegara (BIN) gadungan kinitelah dilimpahkan dari kejak-saan ke pengadilan.

Kajari Slawi, Hj. Unaisi HettyNining SH MH melalui humas-nya, Budi Maulana ChayadiSH menyatakan, berkas dak-waannya segera dilimpahkanke pengadilan. Nanti jaksa pe-nuntutnya Causar SH.

“Tersangka dijerat pasalberlapis, yakni Pasal 266 KUHPtentang pemberian ketera-ngan palsu dengan ancaman7 tahun penjara, Pasal 263Ayat 2 KUHP tentang peng-gunaan surat palsu denganancaman 6 tahun penjara, danPasal 378 KUHP tentang peni-puan dengan ancaman 4 ta-hun penjara,” katanya, Kamis(18/12).

Seperti diberitakan sebe-lumnya, tempat kos anggotaBIN gadungan di RT 07 RW 01,Desa Tembok Kidul, Keca-matan Adiwerna, Kabupaten

Tegal, digeledah petugas.Dari sana, petugas mene-

mukan atribut BIN, atributTNI, beragam baret dari tigaangkatan berbeda, bayonet,dan pernak-pernik atribut TNIlainnya serta gotri tanpa sen-jata.

Selain itu, petugas mene-mukan tiga buah KTP denganidentitas berlainan, ada yangbernama Jeni Tamtomo, JoniTamtomo dan J. Gunawan.

Profesi di KTP tersangka

Maling MotorDitangkap di Kuburan

Penyidikan KasusPerampokan Truk Dihentikan

PENYIDIK Polres Rembang menyatakan tak menin-daklanjuti pelaporan korban kasus perampokan dua trukdi jalur Pantura sebelah timur SPBU Desa Purworejo Keca-matan Kaliori, akhir pekan kemarin. Tak ditindaklanjutnyalaporan tersebut karena penyidik memastikan bahwalaporan korban tersebut merupakan laporan palsu.

“Jadi kami akhirnya tak menindaklanjuti laporan itu,karena laporan tersebut memang mengarah pada laporanpalsu yang bertujuan untuk mencari keuntungan pribadidengan cara membuat laporan ke polisi,” ungkap Ka-satreskrim Polres Rembang, Iptu Eko Adi Purwanto, kemarin(18/12).

Menurut Eko setelah laporkan tersebut para korban puntak kunjung ada kabar, karena memang telah memper-kirakan aksi mereka gagal atau sudah terbaca.”Seandainyamereka kembali dan menuntut pengusutan laporan terse-but, tentu malah akan kita pidanakan karena telah membuatlaporan palsu,” tegasnya.

Sementara terkait barang bukti yang telah dilaporkanhilang, Eko mengaku pihaknya juga tak melakukan pela-cakan karena memang pelapor korban merupakan laporanpalsu.”Jadi barang bukti yang hilang itu menjadi urusanmereka sendiri, kami sudah tidak ada urusan lagi, karena aksitersebut rekayasa pelapor,” tegasnya.

Sebagaimana Sabtu (13/12) sekira pukul 01.30 dini harilalu, dua orang sopir, Iswan dan Joko Susilo, berangkat daridesa Wangunrejo Kecamatan Margorejo, Pati mengakumenjadi korban perampokan di jalur Pantura Rembang –Kaliori, timur SPBU Purworejo. Truk tiba tiba dipepet,kemudian dicegat kawanan pelaku menggunakan mobilkijang Toyota Innova. (ali/wan)

pun tertera beragam, mulaiwiraswasta hingga mencan-tumkan profesi anggota BIN diKTP yang dibuat di Desa Tem-bok Kidul. (her/wan)

KURIPAN LOR - AbdulKholik (45) warga Kuripan Lor,Kecamatan Pekalongan Se-latan, diringkus anggota Res-krim Polsek Pekalongan Sela-tan, Rabu (17/12) malam disebuah kuburan di Desa Kuri-pan Lor, tak jauh dari rumahtersangka. Tersangka sebe-lumnya mencuri sepeda mo-tor milik Nifsu Syamsudin (22)warga Baros, Pekalongan Ti-mur, karyawan minimarket diJalan HOS Cokroaminoto,Kuripan Lor, Pekalongan Se-latan.

Penangkapan tersangkabermula dari laporan yangditerima petugas Polsek Peka-longan Selatan, jika sepedamotor Honda Supra X 125warna hitam Nopol G 3835 AHmilik korban hilang dicuri or-ang di tempat parkir di JalanHOS Cokroaminoto.

Kepada polisi, korban men-ceritakan kronologi kasusnya

bermula ketika dirinya be-rangkat kerja ke minimarket,Selasa (16/12) pukul 14.00.“Sepeda motor saya parkir didepan toko dan sudah sayakunci stang,” ungkapnya. Ke-mudian pukul 22.00 saat kor-ban hendak pulang ke rumahdia kaget karena sepeda mo-tornya hilang dicuri orang.

Setelah mendapat laporankorban, polisi mendatangitempat kejadian perkara danmemeriksa sejumlah saksi.Polisi juga memeriksa rekam-an kamera CCTV yang terpa-sang di minimarket. Dari hasilolah TKP, polisi bisa menge-tahui identitas dan alamattersangka.

“Dari keterangan saksi,identitas tersangka bisa kamiketahui. Selanjutnya anggotakami berusaha menangkaptersangka,” jelas Kapolres Pe-kalongan Kota, AKBP LuthfieSulistiawan. (way/wan)

SEJUMLAH kapal nelayanrembang yang melakukanproses pencarian terhadapAnak buah kapal (ABK) SidoLestari, Lastono (18) wargaKelurahan Pacar, Rembang,yang tenggelam saat mencariikan di perairan laut Rembang,akhirnya dihentikan, kamis(18/12) petang.

Suhadi salah satu tokoh ne-layan warga Pacar yang me-monitor pencarian melalui ra-dio, menyebutkan prosespencarian dihentikan sekitarpukul 17.00, hal itu dilakukankarena proses pencarian yangdilakukan kurang lebih selamatiga hari belum juga mem-buahkan hasil.

”Proses pencarian telah di-lakukan secara maksimal, haripertama kemarin ada hampir35 kapal, kemudian 8 kapal dihari kedua dan hari terakhir ini(18/12) ada dua kapal. Namun

pencarian tak juga membuah-kan hasil,” terangnya saat di-hubungi Jawa Pos, Radar Ku-dus.

Pada pencarian hari ter-akhir, terang Suhadi pencariandilakukan hingga sepanjangperairan Tuban atau sekitar 50mil dari tepi pantai.”Ada duakapal yang menyisir pantaihari ini, tapi belum ada hasil,sehingga pencarian korbankita hentikan,” katanya.

Belum ditemukannya korbanjuga diamini oleh, Pos KamlaRembang, Letda Hartono, me-nurutnya meski proses pen-carian telah dilakukan secaramaksimal dan cuaca pun cukupmendukung, namun derasnyaarus air laut memang cukupmenyulitkan proses pencarian.

”Dengan musibah ini kamiberharap keluarga bisa dibe-rikan kesabaran dan ketaba-han,” katanya. (ali/wan)

Pencarian ABK SidoLestari Dihentikan

Page 17: Radar Tegal 19 des 2014

website : radartegal.com, epaper : epaper.radartegal.comRADAR TEGAL JUMAT, 19 DESEMBER 2014 17

ALL SPORTSHalaman 18

ALL SPORTSHalaman 19

TONTOWI/LILIYANATUMBANG

LANGSUNGHADAPICHELSEA

SEJAK dinobatkan menjadi Pauspada Maret 2013, pemimpin tertinggiumat Katolik Paus Fransiskus seolahmembawa keberuntungan bagi SanLorenzo. Satu demi satu gelar diraihklub raksasa Argentina tersebut.

Mario Yepes dkk berhasil memelukjuara Primera Division Argentina 2013plus kampiun Copa Libertadores 2014.Itu adalah gelar kontinental pertamabagi Santo, julukan San Lorenzo.

Sebagai tanda penghormatan, selu-ruh skuad San Lorenzo terbang ke Va-tikan untuk mengucapkan terima ka-sih langsung kepada Paus. Tidak lupa,dua trofi bergengsi itu juga dibawaserta.

Bukan rahasia lagi bahwa sang Pausmemang fans San Lorenzo. Sejak mu-da, Paus Fransiskus yang lahir di Flo-res, Buenos Aires, itu, menjadi pen-dukung fanatic klub dengan warnakebesaran merah dan biru itu. Padahaldi ibu kota Argentina tersebut ter-

dapat banyak klub papan atas sepertiArgentinos Juniors, Boca Juniors, Ve-lez Sarsfield, dan River Plate.

Saking dekatnya hubungan Pausdengan San Lorenzo, stadion baru SanLorenzo yang akan dioperasikan ta-hun depan bakal diberi nama “PausFransiskus”.

Tokoh agama terkemuka duniaberusia 78 tahun tersebut tahu bahwatim pujaannya itu lolos ke final PialaDunia Antarklub dan akan menantangjuara Liga Champions Real Madrid.Paus mendoakan klubnya menda-patkan hasil sebaik-baiknya.

“Kabar yang sangat bagus merekake final. Saya berharap mereka menja-di juara,” ucap Paus sebagaimana di-lansir Clarin. “Bagi saya, San Lorenzoadalah keluarga. Ayah saya bermain ditim basket mereka. Saya ingat sekalitim tahun 1946, sebuah tim yang sa-ngat brilian. Saya hidup dalam sukacita waktu itu,” imbuh Paus. (nur/zul)

Paus Doakan Santo Juara

MARRAKESH - San Lorenzo adalahnama besar dalam sejarah sepak bola Ar-gentina. Santo (julukannya) masuk dalamlima tim terbesar di Negeri Tango alias Los5 Grandes bersama Boca Juniors, RiverPlate, Independiente, dan Racing Club.

Meski punya tradiri hebat, penampilanSan Lorenzo mengecewakan di laga semi-final Piala Dunia Antarklub 2014 di Stade deMarrakech, Marrakesh dini hari kemarin(18/12). Melawan tim semi-profesionalAuckland City, Juara Copa Libertadorestersebut hanya menang 2-1. Itupun harusberjuang keras sampai babak tambahanwaktu.

San Lorenzo unggul lebih dulu lewattendangan voli kaki kiri

Pablo Barrientos pada menit terakhirbabak pertama. Namun Auckland berhasilmenyamakan kedudukan melalui full backkanan Angel Berlanga pada menit ke-67.

Pertandingan lantas berlanjut ke babaktambahan waktu karena kedudukan samakuat 1-1 dalam 90 menit. Extra Time baruberjalan tiga menit, penyerang Mauro Ma-tos akhirnya memastikan kemenangantimnya.

“Kami puas bisa lolos ke final. Ini adalahpertandingan yang sangat sulit melawantim yang terorganisasi dengan baik dalambertahan,” ucap Edgardo Bauza, pelatih SanLorenzo sebagaimana dilansir dari situsresmi FIFA.

“Kami tidak bermain baik pada babakpertama. Kami nervous dan tidak cukupbanyak melakukan determinasi. Kamimemberikan bola-bola yang mudah untuklawan,” imbuhnya.

Memang secara umum, penampilan SanLorenzo tidak meyakinkan. Berdasarkancatatan BBC, Auckland mendominasi pe-nguasaan bola sebanyak 60 persen.

Statistik ini sangat impresif, mengingatperbandingan antara Auckland melawanSan Lorenzo layaknya David menghadapiGoliath. San Lorenzo adalah tim dengantradisi panjang yang sudah berdiri pada1908 alias 106 tahun yang lalu. Bandingkandengan Acukland yang baru dibentuk pada2004 silam.

San Lorenzo berkandang di EstadioPedro Bidegain yang memiliki kapasitashampir 44 ribu tempat duduk. Sedangkan

markas Auckland adalah Kiwitea Street,sebuah stadion mungil yang hanya bisamemuat lebih kurang 3.500 orang.

Perbandingan dalam kualitas dan pe-ngalaman pemain lebih jomplang lagi. Darisebelas pemain utama Auckland, hanyatiga pemain saja yang berpengalamanmenjadi pemain profesional murni. Mere-ka adalah Ivan Vicelich, Marko Dordevic,dan Mario Bilen. Kalau digabungkan, jum-lah pertandingan mereka ‘hanya’ 463 kali.

Jumlah itu bahkan jauh jika dikompara-sikan dengan bek tengah San Lorenzo Ma-rio Yepes yang berlaga sebanyak 560 kali dilevel tertinggi. Sepuluh dari 13 pemain SanLorenzo bertanding lebih dari 100 kali.

Tetapi apa yang ditunjukkan oleh Auck-land sangat inspiratif. Meski sudah me-ngantongi hadiah menembus USD 2,57 juta(Rp 32,3 miliar), namun Vicelich dkk tampilsangat baik dan mendatangkan pujian dari

banyak media asing. Uang tersebut renca-nanya akan dibagi rata 50:50 dengan otori-tas liga alias ASB Premiership dan parapemain Auckland.

“Saya kecewa namun pada waktu yangsama saya sangat-sangat bangga denganpencapaian mereka. Ini melebihi impianterliar saya. Dan saya yakin ini juga melam-paui impian terliar hampir semua orangyang berada dalam klub ini,” ucap Chair-man Auckland Ivan Vuksich kepada TheNew Zealand Herald.

“Mungkin saya berhadap terlalu jauh.Mungkin kami bisa menang. Tetapi, parapemain kami terlihat sangat kelelahan. Daninilah jalannya. Bagi saya, inilah hari ter-besar dalam hidup saya,” imbuh Vuksich.

Dengan hasil yang tidak meyakinkan ini,banyak yang memprediksi San Lorenzoakan menjadi makanan empuk Real Ma-drid dini hari besok. (nur/zul)

REUTERS/YOUSSEF BOUDLAL

KANTONGI DUKUNGAN – Bek San Lorenzo Mario Yepes (kiri) mendapatkandukungan penuh publik Argentina menjelang final melawan Real Madrid.

SAN LORENZO KEJAR SEJARAHTIDAK pernah sekalipun tim asal Argentina yang menjadi juara Piala Dunia Antarklub.Namun, saat kejuaraan ini bernama Piala Interkontinental, tim asal negeri Tango tampildominan. San Lorenzo mencoba mengejar sejarah.

Juara Piala InterkontinentalNegara Tim Gelar Tahun1. Argentina 6 9 1967, 1968, 1973, 1977, 1984,1986, 1994, 2000, 20032. Italia 3 7 1964, 1965, 1969, 1985, 1989, 1990, 19963. Brasil 4 6 1962, 1963, 1981, 1983, 1992, 19934. Uruguay 2 6 1961, 1966, 1971, 1980, 1982, 19885. Spanyol 2 4 1960, 1974, 1998, 20026. Belanda 2 3 1970, 1972, 19957. Jerman 2 3 1976, 1997, 20018. Portugal 1 2 1987, 20049. Paraguay 1 1 197910.Inggris 1 1 1999

Distribusi Juara ArgentinaBoca Juniors (1977, 2000, 2003)Independiente (1973, 1984)Racing (1967)Estudiantes (1968)River Plate (1986)Velez Sarsfield (1994)

Prestasi Tim ArgentinaTahun Tim Posisi Lawan Skor2007 Boca Juniors Runner-up AC Milan 2-42009 Estudiantes Runner-up Barcelona 1-2

KE FINAL – Pemain SanLorenzo merayakan

keberhasilan merekamenembus final PialaDunia Antarklub, usai

mengalahkan AucklandCity.

Page 18: Radar Tegal 19 des 2014

REUTERS/MICHAELA REHLE

DIDENDA POLISI – Gelandang Borussia Dortmund MarcoReus harus merogoh koceknya sekitar Rp 8 miliar.

RADAR TEGAL JUMAT, 19 DESEMBER 2014website : radartegal.com, epaper: epaper.radartegal.comALL SPORT18

BERLIN - Marco Reus ter-sandung masalah hukum. Ge-landang Borussia Dortmunddan timnas Jerman itu harusmembayar denda 540 ribu eu-ro atau sekitar Rp 8,37 miliargara-gara mengemudi tanpasurat izin mengemudi (SIM).Menurut laporan Bild, itu ada-lah rekor denda terbesar yangdijatuhkan kepolisian Jermankepada pelanggar lalu-lintas.

“Sekarang saya menyadaribahwa saya terlalu bodoh pa-da situasi tersebut. Yang terjadisaat itu benar-benar konyol.Saya harus belajar dari keada-an tersebut,” ungkap Reus se-perti dilansir kantor berita AFPkemarin. “Saya berjanji tidakakan mengulangi hal itu lagi,”tegas pemain 25 tahun terse-but.

Tak Punya SIM, Harus Bayar Denda Rp 8 MInsiden yang melibatkan

Reus itu terjadi beberapa bu-lan lalu. Tepatnya pada 18Maret. Saat itu dia dihentikanoleh polisi saat mengendaraimobil mewah sepulang darilatihan. Siapa sangka, Reusternyata tidak bisa menun-jukkan SIM kepada polisi. Usutpunya usut, sang bintang ter-nyata tidak memiliki lisensiuntuk mengemudi tersebut.

Penyelidikan polisi menye-butkan bahwa Reus memangsering menghadapi masalahserupa. Sedikitnya lima kalipemain yang kini bergulat de-ngan cedera lutut itu harusberhadapan dengan aparatkarena mengemudi tanpa bisamenunjukkan SIM. Peristiwaitu terjadi selama Septembar2011 sampai Maret 2014.

Setiap kali kena tilang, Reustidak kehabisan akal. Dia me-milih membayar denda. Yangmenarik, polisi juga kecolo-ngan karena tidak pernah me-ngecek apakah Reus memilikiSIM atau tidak. Karena itu, diaselalu lolos dari ancaman hu-kuman yang lebih berat.

Nah, baru dalam peristiwaterakhir Reus ketahuan bahwadia tidak memiliki SIM. Polisipun bertindak tegas. Sanksidenda dijatuhkan secara mak-simal. Nominal denda adalahakumulasi dari pendapatanReus besarnya mencapai 180ribu (sekitar Rp 2,8 miliar) perbulan.

Reus sendiri kini masih ber-kosentrasi menyembuhkancedera lutut kanannya. (ca/zul)

PERJALANAN karir Da-ni Pedrosa di ajang Mo-toGP tak ubahnya sepertidua sisi mata uang. Di satusisi, selalu gagal menjadijuara dunia sejak memulaidebutnya dikelas pre-mium dela-pan tahunsilam. Tapidi sisi lain selalub e r u n t u n gm e n d a p a t k a nkontrak dengan tim utamadi bawah bendera HondaRacing Corporation(HRC).

Pada bursa kontrak ri-der di akhir musim 2014,sejumlah kalangan kagetdengan keputusan RepsolHonda yang kembalimemperpanjang kontrakrider Spaniard itu untukdua musim ke depan. Pa-dahal dia hanya menangsekali dari 18 seri yang di-gulirkan. Performanyajomplang sekali denganrekan setimnya, Marc Mar-quez yang menjadi juaradunia di dua musim perta-manya di MotoGP.

Bisa jadi, perpanjangankontrak dengan Pedrosaitu menemui jalan muluskarena Bos Honda ShuheiNakamoto gagal merayuJorge Lorenzo untuk ditan-demkan dengan rekan se-negaranya Marc Marquezdi Repsol Honda. Semen-tara di awal musim, kepalamekanik Dani Pedrosa diRepsol Honda, Mike Leit-ner sudah memberi sinyalbahwa pembalap 29 tahunitu bisa saja pindah ke timlain kalau gagal lagi meraihjuara dunia di musim 2014.

Nah, memperoleh per-panjangan kontrak de-ngan Honda akhir musim2014 membuat Pedrosatak ingin menyia-nyiakankepercayaan itu. Demimenambah motivasi je-lang musim 2015 dan men-cari penyegaran suasanadi dalam tim, Pedrosa me-rombak tim mekaniknya.

Mike Leitner menolakmemperpanjang kontrakdua tahun dan memilihmundur dari jabatannyasebagai kepala mekanikPedrosa, Oktober lalu. Ke-bersamaan keduanya su-dah terjalin sejak 10 tahunlalu. Ibarat Valentino Ros-si, Leitner bak Jerry Burges-nya Pedrosa.

Kemudian menyusul

penggantian dua mekanikhandal di bawah kendaliLeitner, Mark Barnett danChristophe Leonce. PosisiLeitner akan diisi RamonAurin untuk musim depan.

“Aku kagetdengan kepu-tusan (perom-

bakan) itu.Tapi ini bi-sa jadi lebih

baik karena Dani butuhmotivasi baru. Aku senangdengan perubahan itu,meski mereka (mekanikyang diganti) adalah or-ang-orang dengan kualitastak terbantahkan,” paparVice President HRC Shu-hei Nakamoto. Ia menam-bahkan, Pedrosa berpikirmencari cara berbeda un-tuk mencapai level-nyayang lebih tinggi.

“Dani yang mengusul-kan pergantian itu dan akumendukungnya. Meski-pun kami harus kehila-ngan mekanik-mekanikhebat. Motivasi rider sa-ngat berharga dan jika se-buah perubahan bisamembantu, aku siap men-dukungnya,” tandasnya.HRC yakin, Pedrosa akantampil lebih agresif setelahpergantian ini.

Nakamoto merujuk pa-da perombakan dramatisyang juga dilakukan Va-lentino Rossi di akhir mu-sim 2013. Rider Italia itumemecat Jerry Burgessdan menunjuk SilvanoGalbusera sebagai kepalamekanik. Hasilnya” Perfor-ma The Doctor-julukanRossi- meningkat tajam dimusim 2014. Menang duaseri, 11 podium, dan finiskedua di klasemen akhir.

“Aku berharap keputu-san ini akan meningkatkanlevelnya. Valentino adalahcontoh yang bagus. Diakini 35 tahun dan tetapmengalami kemajuan pa-da performanya. Dia jugaterus belajar. Dan Danijauh lebih mudah dari Va-lentino. Jadi mari kita lihatperubahannya musim de-pan,” katanya.

Musim depan Barnettdan Leonce akan tetap diHRC meski akan berpin-dah tim. Barnett akan be-kerja sama dengan ScottRedding di Marc VDS Rac-ing. Sedangan Leonce me-nukangi rookie sensasio-nal Jack Miller di LCR Hon-da. (cak/zul)

Pedrosa RombakTim Mekaniknya

Mirco Lazzari gp/Getty Images

GANTI TIM - Dani Pedrosa mengganti tim mekanik-nya di Repsol Hond menjelang musim balapan 2015.

1 BOURNEMOUTH V LIVERPOOL 3

LANGSUNGHADAPI CHELSEABOURNEMOUTH - Liverpool untuk semen-

tara mengahapus episode buruknya. Tidakpernah menang dalam tiga laga terakhir, Liver-pool mampu melangkah ke semifinal Piala LigaInggris.

The Reds unggul 3-1 melawan tim kasta keduaalias Championship, Bournemouth di kandanglawan, Dean Court, Boscombe dini hari kemarin.

Winger muda Raheem Sterling menjadi pahla-wan kemenangan Liverpool dengan dua golnya.Yakni pada menit ke-20 dan ke-51.

Lazar Markovic menambahkan satu gol, tujuhmenit setelah Sterling mencetak gol pertamanya.Itulah gol pertama, pemain yang dibeli dariBenfica musim panas lalu tersebut untuk Liver-pool. Bournemouth hanya mampu memperkecilkedudukan melalui Dan Gosling pada menit ke-57.

Lolos ke semifinal, Liverpool sudah ditunggulawan berat, Chelsea. The Blues, sehari sebe-lumnya sudah lolos ke babak empat besar viakemenangan 3-1 di Pride Park, kandang DerbyCounty.

“Tidak masalah siapapun yang akan kamihadapi. Saya gembira kami bisa mencapai babakini. Untuk menjadi juara sebuah kompetisi, Andaharus menang menghadapi lawan berat,” ucapManajer Liverpool Brendan Rodgers sebagai-mana dilansir Sky Sports.

“Saya sungguh berharap, setelah kalah 0-3melawan di Old Trafford (melawan ManchesterUnited), kondisi kami akan membaik. Saya meli-hat kami punya momentum itu, punya peluangbagus. Jalan memang masih panjang. Namun

sudah ada tanda baik di sini,” imbuh pelatihasal Irlandia Utara itu.

Tim yang juga lolos ke semifinal,adalah Tottenham Hotspur. TheLilywhites mambantai New-castle United dengan skorsangat telak, 4-0. Gol keme-nangan Spurs (julukanlain Tottenham) dice-tak oleh Nabil Ben-taleb (18'), NacerChadli (46'), HarryKane (64'), dan Ro-berto Soldado (70).

Di semifinal, Spursakan berhadapan de-ngan tim kasta ketiga(League One) Sheffield United yangsehari sebelumnya menyingkirkanSouthampton dengan skor 1-0.

“Kami respek kepada Sheffield Uni-ted, tidak pernah mudah menangmelawan mereka. Mereka layak kesemifinal. Kami mungkin akanmenghadapi laga yang keras,”ucap Manajer Spurs MauricioPochettino kepada BBC.

Leg pertama semifinal PialaLiga akan berlangsung pada20 dan 21 Januari 2015 .Sedangkan leg keduadipanggungkan pada 27dan 28 Januari. (nur/zul)

Target Comeback Lagidi Tour of California

DI kala rekan-rekan setimnya di BMCmenggenjot porsi latihan jelang musim2015, Taylor Phinney masih terus ber-juang mengembalikan kondisi fisiknyapasca kecelakaan hebat di USA CyclingNational Road Championship Mei lalu.Meski butuh cukup waktu, Phinneypunya target comeback di Tour of Cali-fornia.

Awalnya, cyclist asal Colorado, Ame-rika Serikat itu berambisi memperta-hankan gelar juaranya di Dubai Tour,Februari 2015. Namun kondisinya dirasatidak memungkinkan. Target turun dievent yang dimenangkannya tahun ini,Tour of California, dirasa lebih realistiskarena akan berlangsung Mei nanti.

“Sulit bagiku saat mengingat harusmelewatkan seluruh balapan Classictahun ini. Ini akan menjadi satu tahunpenuh yang panjang,” ujarnya di kem timBMC di Denia, Spanyol.

Phinney harus menjalani proses pe-mulihan lebih lama dari yang diprediksisebelumnya. Kaki kirinya masih lebih

kecil empat sentimeter dari yangkanan. Selain itu, pergerakankaki kirinya belum bisa penuhdan kuat. Juara National TimeTrial Championships 2014 itupunya ambisi untuk mencapaikembali performa terbaiknya,tapi selalu dibayangi kegagalan.

“(Cedera) ini tidak akan mem-buatku patah semngat. Aku akanmelakukan segalanya untuk bisakembali dan melakukannya de-ngan terus-menerus. Aku berbi-cara dengan dokter dan diameyakinkan “Hei, kau bisaberlatih keras dan kem-bali ke performa terbaik.Tapi kau tak bisa mela-kukannya terlalu keraskarena bisa berdam-pak pada lututmusetelah usiamumelewati 30 ta-hun”,” paparnya.(cak/zul)

PANASNYA bursa per-tarungan termahal sepanjangsejarah antara Manny Pac-quiao dan Floyd Mayweathermerembet ke media sosial.Legenda hidup Filipina ter-sebut memberikan jaminanpertarungan besar itu bakalterjadi awal tahun depan se-bagai hadiah Natal bagi peng-gemarnya.

Pergunjingan terkait perta-rungan yang sudah lama di-tunggu itu semakin menge-rucut dalam beberapa hariterakhir. Jumat (12/12) lalu,Mayweather menawarkan 2Mei sebagai hari duelnya ber-sama Pac Man (julukan Pac-quiao). Sang lawan merespondengan tantangan.

“Jangan cuma omong besar.Ayo berikan para penggila(tinju) pertarungan yang me-

reka inginkan. Mereka sudahmenunggu cukup lama,” cuit-nya dengan menyebut akunpribadi Mayweather @Floyd-Mayweather.

Maklum, dari pemberitaanmedia Amerika menyebutkan,justru pihak Mayweather-lahyang terkesan ogah-ogahanbernegosiasi dengan kubuPacquiao.

Berbicara kepada Showti-me Sports di AS, Jumat malam,Mayweather menegaskanpertarungannya selanjutnyaharus menghadapi Pacquiao.Namun petinju berjuluk‘Uang’ tersebut menimpali,duel tersebut tidak akan ter-wujud kecuali dirinya men-dapat bayaran lebih bersardaripada Pacquiao dari pem-bagian hasil penjualan perta-rungan itu.

Beberapa jam kemudian,Pacquiao kepada AFP di Fili-pina menegaskan, uang bu-kanlah isu besar dalam mewu-judkan pertarungan tersebut.“Januari awal tahun ini, sayamenantangnya (Mayweather)untuk bertarung untuk acaraamal.

Tapi sampai sekarang, tidaktidak pernah menyetujuinya.Jadi uang bukanlah masalahuntukku,” yakin petinju yangjuga pelatih tim basket lokalFilipina itu.

Menurutnya, pertarungantersebut adalah sebuah se-jarah yang akan diingat gene-rasi berikutnya di masa depan.“Ini tentang bagaimana mem-buat fans senang.

Dan di atas segalanya, iniuntuk kebaikan tinju itu sen-diri,” tandasnya. (cak/zul)

Saling Serang di Twitter

Jeoffrey Maitem/Getty Images

DUA MEI - Manny Pacquiao giat berlatih untuk meladenirencana pertarungannya melawan Floyd Mayweather.

RAHEEMSTERLING

Page 19: Radar Tegal 19 des 2014

ALL SPORTS 19RADAR TEGAL JUMAT, 19 DESEMBER 2014website : radartegal.com, epaper: epaper.radartegal.com

Wakil IndonesiaMemalukan

DUBAI - Wakil-wakil Indo-nesia di BWF Superseries Fi-nals 2014 yang digelar di Du-bai, mengecewakan di lagaperdana masing-masing grup.Dua delegasi Merah Putih ha-rus mundur karena tidak siap,sementara dua lainnya kalah.

Ganda putra Hendra Se-tiawan/Mohammad Ahsanmundur karena sakit pinggang

yang diderita Ahsan, saat per-tandingan baru berjalan di setpertama. Ganda putri GreysiaPolii/Nitya Krishinda Mahes-wari juga mundur, gara-garaNitya keram bahkan sampaidigotong keluar.

Sebelumnya, di tunggal putra,Tommy Sugiarto menyerahdari tunggal putra andalanDenmark, Jan O Jorgensen, 15-21, 9-21. Terakhir, Indonesiajuga masih mendapat kabarduka, usai Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir belum dapat

memberikan hasil yang me-muaskan di laga perdana.

Pasangan rangking empatdunia ini ditundukkan olehLiu Cheng/Bao Yixin (Tiong-kok), 10-21, 21-12, 15-21.

“Tidak bisa dipungkiri bah-wa pergerakan kami memanglambat. Liu/Bao pemain yangkuat, seperti khasnya pemainTiongkok. Kami belum per-nah kalah di pertemuan sebe-lumnya dari mereka, tadi me-reka juga dibilang bagus sekalijuga tidak. Tetapi kami yang

banyak melakukan kesalahansendiri, terutama di game per-tama. Kami banyak membuangpoin dan ini menguntungkanlawan, fokus kami kurang,”ujar Liliyana, seperti dilansirdari situs resmi PBSI, Kamis(18/12).

Pada pertandingan penyi-sihan grup selanjutnya, Ton-towi/Liliyana akan berhada-pan dengan Joachim FischerNielsen/Christinna Pedersen(Denmark). Pertandingan iniakan berlangsung siang ini.

PALEMBANG - Sriwijaya FCgagal merekrut kapten timnassenior Zulkifli Syukur. Pemainberusia 30 tahun ini bertahandi Mitra Kukar musim depan.Tanpa pemain asal Makassarini membuat persaingan po-sisi kapten di Laskar WongKito, sebutan Sriwijaya FC,kembali memanas.

Ada beberapa kandidatyang bakal menyandang bankapten, seperti Asri Akbar,Titus Bonai (Tibo), dan PatrichWanggai. Patrich Wanggaidan Titus Bonai digadang-gadang bakal menjadi leadertim yang ber-home base diStadion Gelora Sriwijaya Ja-kabaring ini.

Pelatih kepala Sriwijaya FC,Benny Dollo, belum mau me-ngungkapkan dan masih me-rahasiakan pemain yang akanmenyandang ban kapten.“Belum bisa pastikan, siapayang akan pegang ban kap-ten,” kata Bendol, sapaan ak-rab Benny Dollo, kema-rin.

Meski begitu, pe-latih asal Manado,Sulawesi Utara, inimematok kriteria tinggiterhadap pemainyang akan pegangban kapten. Se-tidaknya, adaenam persyara-tan yang harusdipenuhi. Yaknipemain senior,mampu menga-yomi seluruhpemain, me-miliki jiwap e m i m -pin, danmemilikis i k a py a n gbaik. Ke-mudian mampu berkomu-nikasi dalam tim. Tidakhanya di lapangan, tetapijuga di luar lapangan, ser-ta memiliki kemampuandi atas rata-rata.

“Kapten tim merupa-

kan posisi sentral dan harus di-pegang pemain yang memilikikualitas, sehingga mampumenghidupkan tim,” sebutdia.

Saat ini, tambah Bendol,dirinya tengah membanguntim dan mempelajari karakterpemain.

“Karena masih ada yangbelum gabung, sehingga kamibelum bisa memutuskan,” tu-kasnya.

Terpisah, kapten Sriwijayamusim lalu Asri Akbar me-ngatakan, musim depan diri-nya kemungkinan tidak lagimenjadi kapten tim.

“Saya sudah komunikasidengan asisten pelatih danakan ada sosok baru yangmenjadi kapten, bisa jadi Ti-tus Bonai, Ferdinand Sinaga,atau Patrich Wanggai. Sayajuga tidak masalah tak lagimenyandang kapten,” ujarAsri.

Sementara itu, asisten pe-latih Sriwijaya FC, Har-

tono Ruslan, belummau membocorkannama kapten.(yun/nan/hun)

DEPOK - Latihan perdanaTimnas U-23, dalam Train-

ing Center (TC) gelom-bang kedua di lapa-

ngan pembinaanusia muda PSSI

di Bojongsa-ri, Depok,Jawa Ba-r a t, be-lum leng-kap. Enam

pemain dari total 30 namayang dipanggil, belum me-ngikuti latihan, kemarin.

Enam pemain yang belumbergabung itu, adalah FredyJeferson Isir, Ferinando Pa-habol (Persipura), GilbertDwaramury (Persija), RizkyDwi R, Jajang Maulana, danYogi Triana (Sriwijaya FC).

Belum bergabungnya enampemain tersebut menurut Ajitak terlalu menganggu latihan,karena memang materi belummasuk ke inti. Meski demikian,pemanasan untuk meman-tapkan strategi sudah dimulaidengan latihan small game.

“Ini masih awal, saya kem-

balikan sentuhan mereka. Sa-ya lihat bagaimana pemain-pemain ini kondisinya. Arah-nya nanti pasti ke strategi,”katanya saat ditemui usai la-tihan, kemarin.

Saat ditanya tentang alasanpemain-pemain itu, Aji me-nyebut baru tiga pemain asalPapua yang membeberkanalasan kenapa belum berga-bung. Mereka adalah pemainasal Papua, Fredy Jeferson Isir,Ferinando Pahabol (Persi-pura), dan Gilbert Dwaramury(Persija).

“Yang dari Papua alasannyakarena tiket. Sampai sekarangmereka belum dapat, dapat-nya 21 Desember nanti,” te-rang pelatih 43 tahun tersebut.

Selain tiga pemain asal Per-sipura dan Persija, tiga pemainlain yang belum bergabungadalah Rizky Dwi Ramadhan,Jajang Maulana, dan YogiTriana. Ketiganya berasal dariklub Sriwijaya FC.

“Tapi sampai sekarang sayabelum tahu apa alasannya,kok belum bergabung,” tutur

Aji. Hari ini, para penggawaskuad Garuda Muda bakalmenjalani tes fisik untuk me-ngukur Vo2 Max (kapasitasoksigen dalam paru-paru, Red).Tes yang akan digunakan ada-lah beep test di dalam gedunglapangan futsal PSSI.

Selain mengukur Vo2 Max,tes tersebut juga ditujukanuntuk melihat sejauh manapower dan kebugaran pemainsetelah libur.

“Ini penting, karena TimnasU-23 nanti mainnya harus te-rus bergerak. Cara main inimembutuhkan fisik prima.Dilihatnya nanti dari tes ini,”tutur Aji.

Sementara itu, Alfin Tuasala-mony mengaku sangat ber-semangat kembali memper-kuat Timnas U-23. Dia melihattim saat ini persaingannya se-makin ketat, apalagi banyakterlihat pemain baru.

Dia optimistis, mampu ber-saing untuk tetap menjadipilihan utama Aji untuk tampildi SEA Games 2015 Juli men-datang. (aam/hun)

BANDUNG - Bandung di-pastikan batal berangkatmenjalani Training Center(TC) ke Italia. Penyebabnya,jadwal dinilai terlalu mepetdengan jadwal kick off Indo-nesia Super League (ISL).

Pelatih Persib Jajang Nur-jaman saat ditemui di pusatpembinaan usia muda PSSI, diBojongsari, Depok, Jawa Baratmengakui hal itu.

“Kalau ke Italia nggak jadi.Karena saya pikir kick off ISLdi pertengahan Februari, ter-nyata sudah keluar jadwal 1Februari,” ucapnya.

Dia mengaku tak ada ma-salah, karena memang per-timbangan jadwal itu cukupkrusial. Jajang justru Takut jikadipaksakan malah mengang-gu program tim yang harusnyabisa menjalani uji coba cu-kup, malah kelelahan.

Untuk bisa lolos ke babaksemifinal, Tontowi/Liliyanaharus menjadi juara atau mini-mal runner up grup, karenahanya dua pasangan terbaikyang berhak atas tiket babakempat besar.

“Peluang tetap ada, masihada dua pertandingan lagi.Mau tidak mau, kami harusmenang di pertandingan se-lanjutnya untuk bisa lolos kesemifinal,” tandas Butet, pang-gilan lain dari Liliyana. (adk/hun)

“Tidak ada masalah, untukapa dipaksakan kalau me-mang mepet,” cetusnya.

Sebagai gantinya, saat iniJajang masih belum bisa me-mastikan. Hanya, peluang ter-besar adalah menjalani uji co-ba mandiri. Sebelumnya, diaberharap ada yang mengun-dang untuk mengikuti turna-men lokal, tapi sejauh ini slotsudah terisi.

SCTV Cup misalnya, diasempat mendengar MaungBandung, julukan Persib, ba-kal diundang mengikuti tur-namen itu. Namun, karenapihak SCTV mendengar Persibbakal ke Italia, akhirnya tidakterlaksana.

“Nanti kami akan cari ujicoba lokal. Tidak mungkinbikin turnamen sendiri,” pungkaspelatih 50 tahun tersebut.(upi/mas/hun)

FARID FANDI/JP

KALAH - Ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir ditundukkan Liu Cheng/Bao Yixin (Tiongkok) di laga perdana BWF Superseries Finals 2014.

OWI/LILIYOWI/LILIYOWI/LILIYOWI/LILIYOWI/LILIYANA TUMBANGANA TUMBANGANA TUMBANGANA TUMBANGANA TUMBANG

Persib BatalkanTC ke Italia

LONDON - Beban DaniPedrosa ketika berlaga dibalapan MotoGP musim2015 bakal bertambah be-rat. Pasalnya, Repsol Hon-da menuntut pembalapasal Spanyol itu tampil le-bih garang.

Musim lalu, performaPedrosa memang angin-anginan. Sempat tampilapik di awal musim, pem-balap berjuluk Si TuanNyaris itu amburadul pa-da paruh kedua. Alhasil,Pedrosa hanya duduk diposisi keempat klasemenakhir.

“Dani Pedrosa mengi-nginkan adanya peruba-han mekanik. Kami me-ngikuti idenya dan men-dukungnya meskipun ka-

mi kehilangan mekanikbagus. Dia harus bisa tam-pil baik musim menda-tang,” terang bos Honda,Shuhei Nakamoto di la-man MCN, Kamis (18/12).

Pedrosa memang me-lakukan perubahan besardengan mendepak MarkBarnett and ChristopheLeonce yang sudah men-dampinginya sejak lama.Namun, pergantian itubelum juga membuahkanhasil.

“Saya terkejut namunterkadang perubahan bisamenghadirkan hal yang ba-gus. Apalagi, Pedrosa mem-butuhkan motivasi baru.Saya senang menggantistaf Pedrosa,” tegas Naka-moto. (jos/hun/jpnn)

Pedrosa DituntutLebih Garang

Dani Pedrosa

Ferdinand SinagaKandidat Kapten

FARID FANDI/JP

LATIHAN - Skuad Timnas U-23 mengikuti latihan perdana, 6 pemain belum bergabung.

Enam Pemain Belum Gabung

FerdinandSinaga

Page 20: Radar Tegal 19 des 2014
Page 21: Radar Tegal 19 des 2014
Page 22: Radar Tegal 19 des 2014
Page 23: Radar Tegal 19 des 2014

PRESTASIRADAR TEGAL

JUMAT , 19 DESEMBER 2014 website : radartegal.com, epaper : epaper.radartegal.com 24

SMA Negeri 1 Kajen

Rebut Juara1 LCC BI

PEMALANG – SMA Negeri 1Kajen akhirnya berhasil mem-boyong piala dan hadiah dariBank Indonesia (BI) KantorPerwakilan (KPw) Tegal dalamLomba Cerdas Cermat SMAse-Eks Karesiden Pekalongantahun 2014 di Hotel ReginaPemalang, Kamis (18/12). Se-kolah itu berhasil mengalah-kan pesaingnya yaitu SMANegeri 1 Batang dan SMA Ne-geri 1 Pekalongan. Ia berhakmendapatkan hadiah sebesarRp 6 juta sebagai pembinaan.Sedangkan juara 2 dan tigamasing-masing diraih SMANegeri 1 Batang dan SMA Ne-geri 1 Pekalongan yang berhakmenerima hadiah masing-ma-sing Rp 5 juta dan Rp 3 juta.

Asisten Direktur KPwBI Te-gal Gunawan Purbowo me-ngatakan, tujuan diadakanlomba yang diikuti oleh SMAse-Eks Karesiden Pekalonganmeliputi Brebes, Bumiayu, Te-gal, Slawi, Pemalang, Kajen,Pekalongan dan Batang ter-sebut adalah sebagai kegiatanedukasi kepada masyarakatmengenai Kebanksentralandan Financial Inclution. Danyang dipilih adalah para pe-lajar sebagai generasi mudayang akan menjadi agen-agenuntuk menyebarluaskan ten-tang informasi perbankan ke-pada masyarakat.

“Ini untuk pertama kali di-coba, tetapi melihat antusias-me para peserta ke depan akandiadakan sebagai agenda ta-hunan,” ujar Gunawan.

Kegiatan yang juga meru-

pakan bagian dari sosialisasitentang Kebanksentralan ter-sebut diambil dari kegiatanberbeda tahun sebelumnya.Hal tersebut dikaitkan denganpenerbitan buku-buku Ke-banksentralan, termasuk ke-giatan cerdas cermat yang me-muat tentang ekonomi.

“Tujuan lainnya adalah me-ngenalkan kepada masyara-kat tugas dan fungsi BI ter-utama di tingkat pelajar,” kata-nya.

Disampaikan, pada awal-nya ada peserta sebanyak 21dari SMA se wilayah Eks Ka-residen Pekalongan. Dari jum-lah tersebut disaring melaluibabak semi final menjadi sem-bilan dan dari sembilan ter-sebut diambil juara 1, 2 dan 3dan juara harapan 1 dan 2. Bagijuara satu, selain mendapat-kan hadiah, pihak sekolah jugamendapat bantuan operasio-nal sebesar Rp10 juta.

“Mudah-mudahan lombaseperti itu menjadi even yangterus berkelnjutan dan BI bisalebih dikenal oleh masyarakatdari tingkat pelajar dan mere-ka bisa menularkannya kepa-da masyarakat.” tambah dia.

Wakil Bupati PemalangMukti Agung Wibowo yangmengikuti acara tersebut me-nyampaikan apresiasi danpenghargaan yang luar biasaatas terselenggaranya kegiat-an tersebut. Sebagai tuan ru-mah, harapannya materi yangdisampaikan disosialisasikankepada masyarakat sehinggamasyarakat lebih mengenal BIdan kaitannya dengan per-bankan bisa semakin mening-kat.

Selain menggelar lomba,LCC, KPwBI Tegal juga telahmemberikan bantuan perpus-takaan sekolah kepada TamanBacaan Masyarakat (TBM)Sakila Kerti senilai Rp 12.500.000 dalam bentuk buku danLCD Infocus. Kemudian 5sekolah di Kota Tegal yaitu SDMangkukusuman 9, Ma-drasah Ibtidaiyah Al-Isla-miyah, SMP Negeri 4, SMANegeri 4, SMA Negeri 2 dan 2SD di Kabupaten Tegal yaituSD Pekauman Kulon 1 dan SDPekauman Kulon 2 yang totalbantuan untuk perpustakaansekolah sejumlah Rp 80 juta.

Sementara itu, untuk per-baikan fasilitas toilet diberikankepada lima SD di KabupatenBrebes masing-masing SD Ne-geri Kedungneng 2, SD NegeriSidakaton 1, SD Negeri Keda-wung 1, SD Negeri Cimohong2 dan SD Negeri Rancawuluh2. Total bantuan perbaikantoilet sebesar Rp 74.250.000.Sehingga total keseluruhanbantuan sebanyak Rp 154.250.000. (rid/ima/adv)

M. RIDWAN/RADAR PEMALANG

FOTO BERSAMA - Asisten Direktur KPwBI Tegal bersama Wakil Bupati Pemalang, parajuara dan staf BI serta perwakilan dari Dindikpora Pemalang foto bersama.

ABIDIN ABROR/RATEG

MERIAH - Anak-anak KB-PAUD Sakila Kerti menunjukan kebolehan dalam acara pentas seni menyambut Hari Ibu.

KB-PAUD Sakila Kerti

Gelar Pentas Seni Sambut Peringatan Hari IbuTEGAL - Kelompok Bermain (KB) -

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)Sakila Kerti yang beralamat di JalanKaligung Kelurahan Panggung Ke-camatan Tegal Timur, Kamis (18/12)kemarin menyelenggarakan acarapentas seni. Acara tersebut berlang-sung di panggung Rumah Budaya Ta-man Bacaan Masyarakat (TBM) SakilaKerti, yang bersebelahan denganPAUD.

Kegiatan berlangsung meriah de-ngan menampilkan beragam tampil-an menarik. Selain tari-tarian, anak-anak menunjukkan kebolehan me-nyanyi, membaca puisi, membacadoa, dan sederet tampilan menariklainnya. Namanya pentas anak PAUD,suasana yang tercipta pun penuhdengan kelucuan dan bermacam aksispontanitas dari anak-anak yang me-narik dan memikat hati.

Acara siang itu disaksikan para or-ang tua murid. Sambil duduk lesehan,anak-anak penuh antusias menyak-sikan teman-teman mereka tampil diatas panggung. Suasana yang penuhkeceriaan dan kebersamaan terlihatbersamaan digelarnya pentas seni.

Dari kegiatan itu, diharapkan merekanantinya menjadi anak-anak yangcerdas dan kreatif.

Selain itu, melalui pentas seni, anak-anak dapat mengembangkan polapikirnya untuk berkreasi sehinggakemampuan anak dapat tersalurkan.Acara yang dipandu Kepala KB-PAUDSakila Kerti Amalia Yamani SAg ber-langsung penuh semarak.

Pentas seni KB-PAUD Sakila Kerti,seperti disampaikan Pengelola PAUDSakila Kerti Dr Yusqon MPd, setiaptahunnya diadakan bukan pada bulanJuni. Namun selama ini diadakan ber-tepatan menyambut peringatan HariIbu yang jatuh pada 22 Desembermendatang. Menurutnya, dalam peri-ngatan Hari Ibu, anak-anak ditanam-kan bagaimana memberikan persem-bahan bagi ibunda tercinta. Di Indo-nesia sendiri Hari Ibu diperingatisetiap tanggal 22 Desember. Peringat-an Hari Ibu adalah salah satu bentukucapan terimakasih dari anak untukseorang ibu tercinta yang telah me-lahirkan, membesarkan dan mendidikdengan baik. Walaupun peringatanHari Ibu berbeda-beda tanggal pera-

yaannya di setiap negara, tetapi bagianak-anak di dunia, setiap hari bagimereka merupakan Hari Ibu.

Anak-anak KB- PAUD Sakila Kertimenyambut Hari Ibu diantaranya de-ngan tampil membacakan puisi yangkhusus dipersembahkan bagi ibundatercinta. Menurut Yusqon, Hari Ibuadalah sebuah hari yang sangat isti-mewa untuk semua para ibu di dunia.Terutama ibu kita sendiri. Hari Ibumerupakan perayaan atau peringatanterhadap peran ibu dalam keluarga-nya. Entah itu anak, suami, mertuaatau bahkan lingkungan sosialnya.Hari Ibu juga disebut sebagai bentukpengungkapan rasa sayang dan teri-ma kasih kepada sosok ibu yang telahmelahirkan kita di dunia.

“Anak-anak tengah memasuki masapembentukan diri, sedini mungkinperlu diisi dengan kegiatan-kegiatanpenanaman kecintaan pada ibundatercinta,” terang dia.

Selain bentuk kreatif lainnya, ke-giatan pentas seni KB-PAUD SakilaKerti digelar bersamaan dengan acarapenerimaan rapor tengah semester.(din/ima/opl)

TEGAL - Empat mahasiswaUniversitas Trunojoyo Ma-dura selama seminggu menga-dakan riset dan wawancara diKantor Harian Pagi Radar Te-gal. Selama tiga hari, mulai dariSelasa (16/12) sampai Kamis(18/12), Laras Witantra A, Lin-da Fathmawati, Luluk Qurra-tul Aini dan Manggala TeguhP ikut berburu foto bersamabeberapa wartawan Radar Te-gal.

“Kegiatan ini dilakukan se-bagai penunjang tugas matakuliah Fotografi II,” terang La-ras mewakili ketiga temannya.

Menurut dia, sebelum me-mutuskan Radar Tegal sebagaimedia pilihan, ada tiga opsidaerah yang ditawarkan. Yak-ni Purwokerto, Pekalongandan Tegal. Namun dengan be-berapa pertimbangan akhir-nya dia dan teman-temannyamemutuskan untuk melaku-kan riset di Tegal, terutama diRadar Tegal.

“Karena Radar Tegal pu-satnya di sini. Cakupan wila-yahnya lebih luas sehingga

kami bisa lebih banyak belajardan punya pengalaman,”tambah mahasiswa semesterIII Jurusan Ilmu KomunikasiFakultas Ilmu Sosial dan IlmuBudaya ini.

Selain hunting foto di be-berapa wilayah di Kota Tegal,para mahasiswa Madura inijuga merambah wilayah Ka-bupaten Tegal seperti Slawidan Suradadi untuk meleng-kapi tugasnya. Pengalamanmenarik pun mereka alamisaat mengikuti wartawanmencari berita dan foto.

“Yang paling menarik itupas di Polres Tegal Kota. Kitabisa ketemu sama tahanan-tahanan kriminal, ngambilfoto, lihat kegiatan Polwanbaru. Di Pemda juga menarik,karena ketemu sama pejabat-pejabat tinggi Kota Tegal,”cerita Luluk.

“Semuanya menarik danberkesan, karena ini menjadipengalaman baru buat saya.Apalagi daerah Tegal baru per-tama kali saya kunjungi,” im-buh Linda. (*/ima)

DOK.ISTIMEWA

BERSAMA - Empat mahasiswa Universitas TrunojoyoMadura berpose bersama beberapa kru Radar Tegal.

Mahasiswa MaduraRiset di Radar Tegal

SLAWI - Ratusan siswaSMPIT Luqman Al Hakim Sla-wi mengadakan penggalang-an dana untuk korban tanahlongsor di Banjarnegara. Ben-cana yang telah terjadi di Ka-bupaten Banjarnegara mem-berikan duka yang begitumendalam bagi masyarakatsetempat dan kita semua. Darisinilah siswa SMPIT LuqmanAl Hakim tergugah hati danrasa solidaritasnya untuk ber-usaha membantu meringan-kan beban korban bencanatanah longsor Banjarnegaramelalui penggalangan dana.

Kegiatan itu dilakukan sis-wa mulai pukul 07.30 WIB, Ka-mis (18/12). Mereka berbon-

dong - bondong melakukanlong mach dari area sekolahmenuju ruko Slawi yang ber-jarak 1,5 km. Kegiatan tersebuttidak luput dari pendamping-an serta pengawasan dewanguru. Siswa – siswi SMPITLuqman Al Hakim melakukanpenggalangan dengan ber-keliling sambil membawa ko-tak sumbangan bertuliskanpermohonan sumbangan pe-duli Banjarnegara. Kotak ituditujukan baik kepada parapejalan kaki yang melintas,pedagang kaki lima maupuntoko–toko yang berada diSlawi.

Hasil yang dikumpulkan cu-kup banyak. Tingginya antu-

sias masyarakat Slawi berkon-tribusi tampak dari keikhlasanmereka memberikan uangsumbangan mereka kepadasiswa. Tidak selang waktu la-ma, siswa berhasil mengum-pulkan bantuan hingga Rp3.477.800.

Ustad Arif Rahman HakimLc selaku waka Kesiswaanmenuturkan, kegiatan ini me-rupakan bagian penanamanjiwa kepedulian sosial yangharus selalu ditanamkan ke-pada diri anak didiknya. “Agarsiswa –siswi peka dan tanggapuntuk selalu melakukan tin-dak aksi reaksi cepat ketika adasuatu bencana terjadi,” tutur-nya. (her/ima)

SMPIT Luqman Al Hakim

Galang Dana Korban Longsor

Politeknik Harapan Bersama Tegal

Latih Olah Mangga dan MelatiWARUREJA - Dosen Politeknik Harapan Bersama Tegal

melakukan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi berupapengabdian masyarakat di Desa Kedung Kelor KecamatanWarureja Kabupaten Tegal. Kali ini, dosen kampus beralamatdi Jalan Mataram Kelurahan Pesurugan Lor KecamatanMargadana Kota Tegal ini menggelar Pelatihan PengolahanMangga dan Melati.

Pelatihan ini diikuti 50 orang petani mangga dan melatiyang berasal dari daerah setempat. Dalam sambutannya,Kepala Desa Kedung Kelor Adi Wartono menyampaikan,para petani harus mulai memikirkan produk atau hasilpertanian yang berkualitas.

“Tidak hanya memperhatikan kualitasnya saja, melainkanjuga kuantitasnya,” katanya.

Sementara, Direktur Politeknik Harapan Bersama TegalMC Chambali BEng MKom diwakili Humas dan ProtokolerHesti Widianti SE MSi menyampaikan, kegiatan pengabdianmasyarakat merupakan bagian dari Tri Dharma PerguruanTinggi. Tujuannya untuk memberikan pelatihan kepadawarga.

“Harapannya, bisa memaksimalkan hasil pertanianwarga. Sehingga, setidaknya bisa menaikkan pendapatanpenduduk di Desa Kedung Kelor, khususnya para petanimangga dan melati,” jelasnya.

Ketua Panitia Kegiatan Pengabdian Masyarakat YeniPriatna Sari SE MSi Akt menambahkan, mendekati masaMasyarakat Ekonomi ASEAN, produk masyarakat Indone-sia, khususnya di daerah Desa Kedung Kelor, siap tidak siapharus bersaing dengan produk–produk luar negeri yang akanmasuk ke Indonesia.

“Jadi, kita harus bersiap untuk mengedepankan kualitaspertanian kita,” tegasnya. (nam/ima)

PENDIDIKAN

K. ANAM SYAHMADANI/RATEG

SAMBUTAN - Humas dan Protokoler Politeknik HestiWidianti SE Msi memberikan kata sambutan.