radar tegal 17 nop 2017

Click here to load reader

Post on 06-Apr-2016

327 views

Category:

Documents

21 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

Radar Tegal 17 nop 2017

TRANSCRIPT

  • CMYK

    Harian Pertama Kebanggaan Wong TegalRADAR TEGAL

    Rp. 3.000,-SENIN, 17 NOPEMBER 2014

    INDEKSHikmat Dukung Rencana Pemkot

    *METROPOLIS

    Brebes Kekurangan Stok Elpiji 3 Kg*RADAR BREBES

    Dua Pelaku Curanmor Babak Belur*RADAR PEMALANG

    Retribusi TPI Tak Jelas*RADAR SLAWI

    SOSOKMARIA SELENAMulai Lirik

    Dunia Akting

    WAJAH cantik MariaSelena bakal kembali

    mewarnai dunia hi-buran. Sempat va-kum sesaat, Putri

    Indonesia 2011 ituakhirnya memantap-

    kan diri untuk terjunke dunia akting. Pe-

    rempuan Palem-bang kelahiran 24September 1990itu pun mem-beranikan diriterlibat dalamfilm DanauHitam.Ini film perta-

    ma saya, akunyadi gedung Rapi

    Film, Jakarta, kema-rin. Menurut dia, du-

    nia film lebih luas danmemberinya banyak

    pengalaman.

    ke hal 7 kol 5

    UU P3H MengancamMasyarakat Tani

    JAKARTA Gugatan undang-undang pen-cegahan dan pemberantasan perusakanhutan (UU P3H) terus meruncing. Kemarin(16/11) Koalisi Anti Mafia Hutan (KAMH)menganalisa bagaimana dampak UU P3Htersebut pada masyarakat tani, lokal, danadat.

    APA MANING...

    ke hal 7 kol 1

    ALI/JAWA POS

    SENYUM Peneliti Hukum Indonesian Corrup-tion Wacth (ICW) Lalola Easter membawabalsem berukurab besar di gedung MK.

    Misi Indonesia TercapaiKesepakatan ParaPemimpin G20

    BRISBANE Misi Indonesiauntuk menggolkan program pe-ngembangan infrastruktur diemerging markets atau negara-negara berkembang akhirnyatercapai. Dalam pernyataan ak-hir para pemimpin G20, PerdanaMenteri Australia Tony Abbottmengatakan, infrastruktur men-

    jadi salah satu agenda utamayang menjadi prioritas.

    Kami sepakat untuk mem-bentuk Global InfrastructureHub (Pusat Infrastruktur Global)di Sydney, ujarnya dalam kon-ferensi pers di Brisbane Conven-tion and Exhibition Center(BCEC) kemarin (16/11).

    Menurut Abbott, Pusat Infra-struktur Global tersebut akanmemfasilitasi kolaborasi antara

    PusatSemburanDisemen

    JAKARTA Peristiwa sembur-an lumpur disertai gas yang ter-jadi di Kelurahan Manggar Baru,Balikpapan Timur, Balikpapan,Kalimantan Timur direspon c-epat oleh Pemerintah. Setelahmengungsikan 12 kepala keluar-ga (KK), pemerintah segera me-lakukan upaya penutupan pu-sat semburan.

    Dari laporan yang diterimaoleh Kepala Pusat Data, Infor-masi dan Humas Badan Nasio-nal Penanggulangan Bencana

    KesepakatanKMP-KIHdari Baleg

    JAKARTA Fraksi-fraksi diKoalisi Indonesia Hebat (KIH)dan Koalisi Merah Putih (KMP)di parlemen hari ini (17/11) bakalmeresmikan perdamaian. Selainsepakat melakukan penandata-nganan nota kesepahaman, ke-sepakatan kedua pihak akandiawali pula dengan penyusun-an bersama pimpinan badanlegislasi (baleg).

    KRAMAT Aksi nekat dilakukan seorangkakek, 66, warga Jalan Janti Selatan, RT 2/RW6, Kelurahan Bandung Redosari, Kecamat-an Sukun, Kota Malang, Jawa Timur. Kakekdari 23 cucu yang bernama Kusno Hadi inimelakukan aksi jalan mundur dari Malangmenuju Jakarta. Rute sepanjang sekitar1.000 kilometer itu dilakukannya hanyauntuk bisa bertemu dengan Presiden RI ke-7, Joko Widodo (Jokowi).

    Saya cuma pengin salaman saja denganPak Jokowi, kata bapak dari 12 anak ini saatditemui tengah berjalan mundur di jalurPantura, sekitar Desa Maribaya, KecamatanKramat, Minggu (16/11) siang.

    Demi Jokowi, Kakek 23 Cucu Jalan Mundur

    ke hal 7 kol 1

    IRFAN ADITAMA/KALTIM POST

    UPAYA MENUTUP Semburan gas bercampur lumpur mengejutkan warga RT 30, Kelurahan Manggar, Balikpapan Timur.

    ke hal 7 kol 5

    DOK.RATEGA. Helmy Faishal Zaini

    ke hal 7 kol 5YERRY NOVEL/RADAR SLAWI

    TIBA DI TEGAL Kusno Hadi berjalan mundur dari Malang menuju Jakarta kemarin (16/11).

    ke hal 7 kol 1GRAFIS: DNP/RATEG

  • RADAR TEGAL SENIN, 17 NOPEMBER 2014website: radartegal.com, epaper: epaper.radartegal.comJURNAL GURU2

    Harian Pertama KebanggaanWong Tegal

    Pendiri: H. Mahtum Mastoem (Alm), Penasihat: Dahlan Iskan, Komisaris Utama: HM Alwi Hamu, Komisaris: Lukman Setiawan, Dwi Nurmawan, Dirut: Yanto S. Utomo,Direktur: Moh. SukronPemimpin Umum: Moh. Sukron. Pemimpin Redaksi: Muh. Abduh. Wakil Pemimpin Redaksi: Wawan Setiawan. Redaktur Pelaksana: Zuhlifar Arrisandy.Redaktur: Moch. Arifin, M. Fathurrohman, Khikmah Wati, M Saekhun, Embong Sriyadi. Sekretaris Redaksi/Persh: Yully Trieyani. Kota Tegal: Laela Nurchayati,Rohman Gunawan, Abidin Abror, Agus Wibowo, Adi Mulyadi. K. Anam Syahmadani. Brebes: M Saekhun (Penanggung Jawab), Hervianto, Ismail Fuad. Bumiayu: TeguhSupriyanto. Slawi: M. Fathurrohman (Kepala Perwakilan), Hermas Purwadi, Yeri Novelli, Muh. Fatkhudin. Pemalang: Moh. Khasanudin (Kepala Perwakilan), Agus Pratikno,M. Ridwan, Maftukhah. Pekalongan: Ade Asep Syarifuddin. Pracetak: Feri Setiawan (Koordinator), M Yahya, Dedy Irawan, Dwi Nanda P, Asep Ariadi S, Desain Iklan:A.Sekhudin. Iklan: Taufiq Ismail (Manager), Kharisma Dewi, Arifudin Yunianto, Riyanto Harjo, Teguh Widodo Nawawi, Agus Mutaalimin, Indani Dwi Oktina, Wahyudi, Joko

    Mulyono, Wahyu Suroto (Event/Off Print). Pemasaran: Sunarjo (Manager), Wahyu Subagyo, Umaman Sahareka, Muslih, Zaenal Muttaqin, Rokhim. Keuangan: Yela Ramadiah (Manager), Dwi Titi Lestari (Perpajakan), Lita Rahmiati, AstriPrayudita, Syafriani Maulidah, Mubin, Djuhaeri Effendi, Moh. Erlin, Imron Rosyadi. HRD: Hesti Prasetyani. Alamat Redaksi/Pemasaran/Tata Usaha: Jl. Perintis Kemerdekaan Tegal telp. (0283) 340900 (hunting), fax (0283) 340004.Semarang: M. Yusuf Abadi. Jakarta: Ferdinansyah, Eko Suprihatmoko. Alamat: Komp. Widuri Indah Blok A-3 Jl. Palmerah Barat No 353, Jakarta 12210 Telp (021) 5330976, 5333321 Fax: (021) 5322629. Eceran: Rp 2.500/eks.Percetakan: PT Wahana Java Semesta Intermedia Kompleks LIK Dampyak -Tegal.

    Tarif Iklan: Umum/Display: Rp 30.000/mm kolom, Sosial/Keluarga: Rp 17.000/mm kolom, Iklan Baris Laris: Rp 20.000/baris, Iklan Colour: Rp 40.000/mm kolom.Iklan halaman 1 (depan): Rp 80.000/ mmk. Tarif + 200%, Creative ad: Tarif + 50%. NPWP: No: 01.994.052.7-511.000.Bank: Bank Mandiri Cab. Tegal a.n. PT Wahana Semesta Tegal No. Rek: 139.0002152787. Bank Jateng Cab. Tegal No. Rek: 1.004.02598.5 a.n. PT WahanaSemesta Tegal

    Anda pernah merasa tidak puas dengan pelayanan publik? Anda pernah kecewa karena mendapatkan pelayanan yang tidak semestinya dari instansi tertentu? Layangkan perasaan Anda ke rubrikNgresula ini via SMS ke 082220810043, email [email protected] atau melalui surat ke Radar Tegal Jalan Perintis Kemerdekaan No. 32 Tegal. Tulis dengan bahasa yang sopan atau bisa jugamenggunakan Bahasa Tegal. Dapatkan Kaos Ngresula, yang berisi SMS Ngresula pilihan (hanya Rp 60.000/pcs).

    Semua wartawan Radar Tegal dilengkapi tanda pengenal/surattugas dan tidak dibenarkan meminta/menerima imbalan dalambentuk apapun dari narasumber.

    BAGI para guru yang ingin karya tulisnya diterbitkan di halamanini, bisa dikirim melalui email [email protected] juga dengan foto pose santai.

    Pembunuhan dan Mutilasi,Kenapa Terjadi?

    Oleh: Nadia Egalita *)PEMBUNUHAN yang diser-

    tai tindakan mutilasi kembalimemakan korban orang Indo-nesia. Setelah sebelumnya di-alami Mayang, seorang trans-gender asal Indonesia yangdibunuh dan dimutilasi pa-carnya di Australia, kini kem-bali terjadi kasus mutilasi diHongkong dengan korbandua perempuan WNI asal Ja-wa Tengah dan Sulawesi Teng-gara.

    Seneng Mujiasih alias JesseLorena Ruri, 30, dan SumartiNingsih, 25, dilaporkan tewasmengenaskan karena dibu-nuh Rurik Geoge Caton Jut-ting, 29, banker asal Inggris, diapartemen mewah miliknya.Jutting yang sehari-hari dike-nal pekerja keras dan kaya di-ketahui memiliki sikap tem-peramental dan sering ber-tindak kasar kepada para pe-rempuan yang di-booking-nya. Di berbagai berita di du-nia maya, Jutting disebut-se-but sebagai sosok nyata Bate-men, seorang tokoh dalamfilm American Psycho yangsadis dan senang memutilasipara PSK yang menjadi kor-bannya.

    Kenapa seseorang yangmemiliki status sosial terhor-mat dan hidup bergelimangharta tiba-tiba bisa berubahmenjadi monster yang mena-kutkan? Pertanyaan ini mena-rik untuk dikaji lebih men-dalam karena meski pelakukasus pembunuhan dan mu-tilasi selama ini senantiasatertangkap dan dijatuhi huku-man berat, kenapa para pela-ku seolah tak pernah jera un-tuk melakukan hal yang sama?Apa sebetulnya yang menjadipendorong seseorang tega

    melakukan tindakan sadismembunuh dan memotong-motong tubuh korban seolahyang mereka hadapi bukanmanusia?FAKTOR PENYEBAB

    Membunuh dan memutila-si korban sesungguhnya ada-lah tindak kejahatan yang me-ngerikan dan sulit diterimanalar. Dalam pandangan psi-kologi klasik, kekerasan, peri-laku sadistis termasuk di da-lamnya tindak kejahatan me-mutilasi korban atau yangdisebut perilaku agresif manu-sia pada dasarnya diyakiniterjadi karena insting bawaanyang telah terprogram secarafilogenetik.

    Menurut teori insting ini,agresi berasal dari doronganfitrah biologis manusia untukbertindak merusak dan de-struktif. Sigmund Freud(1915), misalnya, mengemu-kakan bahwa agresi manusiapada dasarnya berasal dariinsting thanatos atau keingi-nan untuk mati (death wish)yang dimiliki setiap manusiasecara alamiah. Sedangkan,menurut Konrad Lorenz,agresi sesungguhnya bersum-ber dari semangat bertempur(fighting spirit) yang dimilikimanusia seperti juga spesiesbinatang yang lain (Khisbiyah,2000).

    Memang, pada masyarakatyang telah mengenal budayadan berbudaya, naluri bio-logis manusia untuk bertindakagresif sering kali dapat di-endapkan dan disublimasikansecara simbolis dalam bentukperaturan dan tatanan yangmendasari terwujudnya sebu-ah kehidupan bersama yangstabil, harmonis, dan damai.

    Tetapi, ketika ada anggotamasyarakat yang hidup dalamsituasi yang teralienasi, me-ngalami anomi, dan dibesar-kan dalam lingkungan sosialyang keliru, bukan tidakmungkin tatanan dan normasosial-budaya yang berlakuakan dihindari, bahkan dising-kirkan karena desakan nafsuagresif yang meledak-ledak dikepalanya.

    Menurut Gupta dan Arora(2013), tindakan mutilasi ke-pada korban oleh pelaku dipi-cu berbagai macam alasan.Pertama, seseorang memu-tilasi korban karena inginmenghilangkan barang buktiatau membuat badan korbansusah untuk diidentifikasi. Ke-dua, dipicu temperamen danagresi. Ketiga, semata meru-pakan tujuan tindak kejahatantersebut. Keempat, fetisisme,yaitu seseorang melakukantindakan mutilasi sebagai sim-bol kegemaran mereka.

    Seseorang yang sejak keciltumbuh dalam iklim kekera-san dan terbiasa sejak awalmelakukan tindak kekerasanuntuk mencapai tujuan hi-dupnya cenderung sangatrentan dan mudah dipenga-ruhi oleh faktor atau lingku-ngan sosialnya. Seorang anakyang sejak kecil menjadi kor-ban tindakan child abuse tidakmustahil ketika dewasa tanpasadar cenderung bertindakagresif dan melakukan berba-gai kekerasan kepada anak-istrinya atau orang lain sepertiyang sering dia alami di masalalunya yang penuh pende-ritaan. Di mata penganut teoribehavioristik, agresi dan tin-dakan jahat seseorang padadasarnya terbentuk karena

    pembelajaran dari lingkungansekitarnya melalui pengala-man atau mengamati perilakuorang lain.

    Erich Fromm dalam buku-nya yang terkenal, The Ana-tomy of Human Destructive-ness (1973), membedakanagresi lunak dan agresi jahat.Agresi lunak bersifat defensifbagi manusia, biasanya di-maksudkan untuk memperta-hankan hidup spesies atauindividu, bersifat adaptif bio-logis dan hanya muncul jikamemang ada ancaman. Se-mentara itu, agresi jahat, yaknisifat kejam dan destruktif,merupakan karakter manusiayang biasanya memperguna-kan ancaman dan kekerasansebagai sarana untuk menca-pai tujuan instrumentalnya.

    Substansi agresi jahat inidapat dikurangi bila kondisisosial ekonomi yang merugi-kan seseorang digantikan de-ngan kondisi yang mengun-tungkan bagi perkembanganpenuh tuntutan dan kemam-puan murni manusia untukperkembangan aktivitas dirimanusia dan daya kreasimereka sesuai tujuan masing-masing (Fromm, 2000). Tetapi,ketika seseorang terus-mene-rus mengalami eksploitasi,alienasi dan anomi, semua ituniscaya akan mengerdilkandan menghilangkan sifat-sifatbaik manusia dan menjadi-kannya sebagai orang yangsadis dan destruktif.

    Seorang psikopat umum-nya justru akan menikmatitindakan kejam yang merekalakukan, baik sebagai ekspresibalas dendam maupun mediapenyaluran nafsu jahat yangada di kepala mereka. Tindak

    membunuh dan memutilasikorban, bagi manusia normal,tentu tidak mungkin dilaku-kan. Tetapi, bagi seseorangyang tumbuh di lingkungansosial yang salah, jangan kagetjika kemudian menjelmamenjadi sosok yang menge-rikan: menjadi monster yangtak segan menghilangkannyawa orang lain hanya gara-gara dipicu hal yang sepele.MEDIA SEBAGAI PENYEDIAREFERENSI

    Dalam berbagai kasus pem-bunuhan, yang menarik ada-lah kasus-kasus itu tampaknyamenjadi seperti dunia mode.Artinya, ketika di satu kasusmedia memberitakan terjadi-nya tindakan pembunuhandan mutilasi, lantas di kesem-patan berikutnya seolah-olahberita itu menjadi referensibagi pelaku untuk melakukanmodus yang sama denganmenjadi pelaku kejahatanyang sama.

    Pemberitaan media massatentang tindak kejahatan disatu sisi memang membe-rikan penjelasan sekaliguspemahaman kepada masya-rakat agar lebih hati-hati da-lam menjalani kehidupan.Tetapi, di era revolusi infor-masi seperti sekarang, pem-beritaan kasus pembunuhandan mutilasi di berbagai wi-layah jangan-jangan justrumenjadi ilham bagi pelakutindak kejahatan untuk me-ngembangkan modus yangmakin rapi. (**)

    *) Mahasiswi Faculty of Art,Monash University

    Australia, belajar tentangMedia Studies and Social

    Behaviour

    UangRakyat, bukanTipsOleh: Zuhlifar Arrisandy

    ANGGOTA DPR RI peri-ode 20142019 telah dilan-tik pada 1 Oktober lalu.Dalam kondisi normal, me-reka seharusnya sudahbekerja sesuai tugas ma-

    sing-masing dan berhakmendapatkan gaji. Hingga awal

    November, sejumlah legisla-tor mengaku telah mene-rima gaji, sebagian lagimengaku belum.

    Namun, perseteruandua kubu di DPR, yakni antara Koalisi Merah Putih (KMP)dan Koalisi Indonesia Hebat (KIH), membuat semuanyamandek. Yang terjadi hanya rebutan kursi pimpinan DPRmaupun pimpinan alat kelengkapan dewan. Karenastruktur belum terbentuk, tak ada tugas legislasi yangmereka jalankan selama sebulan setelah dilantik.

    Mari sedikit berandai-andai. Jika Anda adalah bos yangmempekerjakan 560 karyawan, kemudian tugas yangAnda berikan sama sekali tidak dikerjakan selama sebulan,apakah Anda bersedia membayar gaji 560 karyawan itu?Anggap saja bos di atas adalah APBN yang seharusnyadigunakan untuk kemakmuran rakyat dan 560 karyawanitu adalah angora DPR RI yang selama sebulan ini tidakmenjalankan tugas legislasi.

    Mungkin jika uang terbuang untuk gaji DPR bulanpertama itu sangat sedikit, boleh-boleh saja masyarakatsedikit ikhlas. Tapi, gaji untuk DPR tidaklah sedikit. ForumIndonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) pernahmerilis rata-rata take-home pay gaji anggota DPR adalahRp 58,639 juta. Besaran itu tidak berbeda dengan angkayang pernah diungkap Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPRRI Winantuningtyastiti bahwa take-home pay anggota DPRRI periode 20142019 antara 58 juta hingga 60 juta.

    Katakanlah diambil yang terendah, yakni RP 58 juta,lalu dikalikan 560 anggota DPR. Hasilnya, APBN harusmembayar kerja anggota dewan berupa ribut-ribut danrebutan jabatan sebesar Rp 32,4 miliar. Itu belum termasukkonsumsi rapat yang selalu dikeluarkan agar anggotadewan tidak haus dan kelaparan saat rebutan posisi itu.

    Masing-masing memang punya dalih bahwa rebutanposisi itu akan sangat menentukan kelancaran jalannyapemerintahan dan fungi legislasi pada masa mendatang.Namun, perseteruan yang belum berujung, meski berjalanlebih dari sebulan itu, sungguh bukan tontonan yangmenarik. Semakin hari, yang terlihat adalah upayamemperjuangkan ambisi dan kepentingan kelompok saja.

    Parlemen sudah terbelah. KIH dan KMP punya strukturpimpinan dan alat kelengkapan masing-masing. Merekajuga menggelar rapat paripurna sendiri-sendiri. Tentusaja, paripurna itu tidak membahas peran legislasi, tapimasih berkutat pada penyempurnaan struktur. Padahal,semua itu akan berakhir sia-sia, plus buang-buanganggaran. Jelas tidak mungkin ada dia versi DPR yangsama-sama diakui.

    Kementerian sudah terbentuk dan DPR seharusnya bisaikut bekerja. Ada banyak program yang segera diluncurkanpemerintah dan membutuhkan peran legislasi DPR. Mudah-mudahan, para wakil rakyat itu segera sadar bahwamereka dipilih dan digaji tidak untuk membuat dagelan duaversi parlemen. (*)

    Oleh: Ismatillah A. Nuad*)Pemilu Sela dan Akhir Rezim Obama (Bag.1)

    PRESIDEN Amerika Serikat(AS) Barack Obama bisa di-pastikan akan kehilangan kon-trol atas kongres setelah PartaiRepublik berhasil memenangipemilu sela. Meski pemerin-tahan Obama baru berakhirpada 2016, tanda-tanda akhirkekuasaannya sudah tampak.Misalnya, paket-paket kebija-kannya cenderung ditolak dandijegal kongres AS.

    Seorang pengamat politik,Godfrey Grima, dalam TheObserver pernah mengemu-

    kakan, AS terkesan mengalamipergantian rezim tiap dua kalikepemimpinan politik. Sepertikita ketahui, Obama adalahrepresentasi Partai DemokratAS yang sudah dua periodememimpin pemerintahan. Se-belumnya, George W. Bushyang merepresentasikan Par-tai Republik juga memerintahdua periode.

    Siklus itu, menurut penga-mat, akan kembali berputar.Yakni, setelah Partai Demo-krat menguasai dua periode,

    periode berikutnya sangatmungkin dikuasai Partai Re-publik. Artinya, presiden ASpasca-Obama cenderung di-menangi representasi PartaiRepublik.

    Beda presiden, beda pulakebijakan nanti. Kecenderu-ngan kepemimpinan di AS,representasi Partai Demokratcenderung menerapkan anti-perang. Sebaliknya, represen-tasi Partai Republik cende-rung menerapkan politikofensif atau kebijakan perang.

    Misalnya, yang sering terjadidi kawasan Teluk atau perangmelawan terorisme.

    Jalan perang AS seakan me-ngamini arsitek demokrasi ASberkebangsaan Prancis, Alexisde Tocqueville, yang pernahberkata, There are two thingswhich a democratic people willalways find very difficult tobegin a war and to end it (De-mocracy in America, 1831).Bahwa memang negara-ne-gara demokratis sekalipunsangat menyukai peperangan

    dan jika sudah perang sulituntuk mengakhirinya.

    Pada 2001, misalnya, ketikaBush berkuasa, pascaperis-tiwa 11 September, AS memu-lai perang melawan terorisme.Afghanistan menjadi daerahpertama gempuran AS. Selainitu, ketika AS diperintah pe-nguasa Partai Republik, pada2003, Bush menggempur Iraq.Semua jalan perang AS lum-rahnya ditujukan untuk men-cari sumber-sumber minyakmentah. (Bersambung)

    SertifikatDurung MetuGuru SD se-Kab. Tegal bisane

    sertifikasi durung metu? Kota li-yane wis pada metu. Duit serti-fikasine nangsange neng endi?

    085742219905

    Halte Koh DadiWarung

    Kae kepriben Kang Jon? Da-ning nangarepe SMPN 9 Te-gal, haltene dadi warkamahalias warung karo umah. Ma-lah bocah sekolahe ora olihnunggu angkutan, dadine me-lasi pating slebar. Kuwe singduwe wewenang ngusir, Dis-hubkominfo apa Satpol PP?Aja maen ora ngertilah, nekgelandangan lah olih ngoyok-

    ngoyok kaya ngoyok maling.Kuwe ditindaklanjuti mbokansuwe-suwe disertifikatna.

    08156922388

    Jaringan PipaPDAM

    Mohon untuk kepala PD-AM Kabupaten Tegal, di DesaBedug Kecamatan Pangkahmasih belum ada jaringan pipaPDAM-nya. Padahal wilayahKecamatan Kramat saja sudahada. Bagamana nih!

    08562901027

    Panitiane OraNggenah

    Kang Jon melu ngresulakyeh. Kepada Bapak PSSI Ka-bupaten Tegal, kiye nang Bo-

    jong lagi ana turnamen. Tapimbuh turnamen koh baganeora nggenah. Walaupun sudahkesepakatan teknikal meeting,tapi ya nganggo aturan pusatjuga oh. Aja ora nggenah kayakuwe. Toli panitiane ora ngge-nah. Pan dilubari bae, apa pi-men kiye? Suwun Kang Jon.

    087749749366

    Dalan Mirip SawahNgresula tulung! Kae tanah be-

    kas galian diangkut kena banyuudan dalan neng Desa Pageda-ngan Kecamatan Adiwerna miripsawah ora kena go liwat. Bapakkepala desa tanggung jawabengedi? Apa perlu diguwang warganeng ngarep balai desa?

    085642858720

    Sampah OraDijukut-jukutSelamat siang Diskimtaru. To-

    long dengan sangat, agar ma-salah sampah sing ning trotoarrumah dinas sebelah kidule SM-PN 7 Tegal dibuang. Sebab sangatmenganggu penguna jalan kaki.Kiye wis seminggu ora dijukut-jukut sampahe. Terima kasih.

    085642945230

    Mulang KaroDisambi

    Yth. Bapak Bupati dan Dik-pora, apa dibenarkan lulusanSLTA bisa mengajar di SD sam-bil kuliah UT. Terus bagaimananasib mahasiswa yang betul-betul sudah diwisuda, tapi gakpunya backing kepala sekolah?

    085742055567

  • AGENDA HOTELHOTEL KARLITARabu dan Sabtu, Show DJ and Dancer Performance pukul23.00-03.00 WIB di Zodiak Discotheque dan VIP Karaoke.

    HOTEL BAHARI INN Tegal- Setiap Senin & JumatLive Musik di Cafe Nelayan, Mulai Jam 19.00 WIB- SabtuHappy Our di Musro Diskotik, Jam 20.00 - 03.00 WIB

    RIEZ PALACE HOTEL- Senin sampai Sabtu

    Pick up service Gratis. Layanan antar jemput gratis setiaphari kerja. Dari atau ke Stasiun KA & Terminal Bus TegalSpesial menu Afternoon Tea tiap pukul 17.00-19.00 WIBdi Abunawas Resto lt.4

    - Selasa, Rabu, Jumat & SabtuLive Music pukul 20.00-23.00

    Hotel dan HiburanHotel Bahari Inn Tegal (0283) 343399Hotel Karlita (0283) 358050Orange Karaoke (0283) 322022Riez Palace Hotel (0283) 353773, hunting (0283) 358978Flash Family Karaoke & Cafe (0283) 321284Ajam Goreng Spesial Lombok Idjo- Jl. Karanganyar No. 21A Kejambon (0283) 342330 (0283) 342331- dPOSO resto (0283) 6144277- Anggraeni Hotel (0283) 881011 Jl. Ahmad Yani No. 159 Ketanggungan - Brebes- Anggraeni Hotel (0283) 6184090 JL.Raya Timur No.9 Jatibarang-Brebes- Dian Hotel (0283) 877216JL. Cendrawasih No 304 Tanjung- Brebes- Hotel Dedy Jaya (0283) 673133 / 673158

    TELEPON PENTING1. Pemadam Kebakaran (0283) 3254292. Pelayanan Gangguan PLN (0283) 3422453. Polresta Tegal (0283) 3561154. Rumah Sakit Umum Kardinah (0283) 356067 / 3419385. Pelayanan Gangguan PDAM (0283) 356175 / 3583166. Stasiun Besar Tegal (0283) 3530187. Terminal Bis Tegal (0283) 354696 / 3546958. Rumah Sakit Amanah Mahmudah (0283) 6183504

    RADAR TEGAL SENIN, 17 NOPEMBER 2014website: radartegal.com, epaper: epaper.radartegal.comINTERMEZO4

    KABAR yang cukup me-ngejutkan datang dari seorangpenyanyi dangdut, Aida Sas-kia. Menurut pengakuannya,ia telah mengalami KekerasanDalam Rumah Tangga (KDRT)dengan disekap dan dipukulioleh sang suami, MahendraPramudiyo atau yang kerapdisapa Rindra.

    Insiden itu terjadi dua harilalu di kediamannya di kawasanPancoran, Jakarta Selatan.

    Jadi ceritanya aku maukeluar rumah, terus tiba-tibadikejar sampai ke gerbang.Habis itu aku diseret sampai kestudio yang ada di rumah,kata Aida saat dihubungi, Sab-tu (15/11) malam.

    Di dalam studio, ia disiram

    AIDA SASKIA

    Kaburke RumahOrangtua

    dengan air. Banyak banget,sampai studionya banjir. Diabilang, ini pelajaran buat istriyang nggak nurut sama sua-mi, ungkap pelantun hitsAyam Jago ini.

    Tak hanya itu, sang suamijuga menyekap Aida selamabeberapa hari. Aku baru bisapulang kemarin, Jumat (14/11). Sebelumnya aku disekapdua hari, papar Aida.

    Beruntung Aida bisa loloskarena berpura-pura mema-afkan sang suami atas perla-kuan kasar yang diterimanya.Ia pun akhirnya memutuskantinggal di rumah orangtuanyadan menceritakan semua ke-kerasan yang dialaminya.(mg1/jpnn/ima)

    PRILLY LATUCONSINA

    Pengin Nginap di HutanJAKARTA - Pesinetron Prilly Latuconsina

    ternyata punya hobi yangcukup menantang yak-ni mendaki gunung.Di tahun 2010, pe-meran Sisi dalamsinetron GantengGanteng Serigala(GGS) itu pernahm e n a k l u k k a nGunung Rinjanidi kawasan Pu-lau Lombokyang meru-pakan gunungtertinggi ke-dua diI n d o -

    nesia.Mendaki Gunung Rinjani bukanlah hal

    yang mudah, namun sepadan rasanya jikatelah sampai di puncak. Hal tersebut yangdirasakan aktris kelahiran Tangerang, 15Oktober 1996 itu. Prilly mengungkapkankesenangannya dengan kejadian duatahun silam.

    Bersakit sakit dahulu bersenang-senang kemudian, awalnya enggak kuatbanget, aku paling banyak ngeluhnya.Tapi pas sampai puncak, semuanyaterbayar, ujar sahabat Aliando Syariefitu, saat dihubungi Fajar (Grup

    JPNN.com) Sabtu (15/11) sore.Di balik kesenangannyamencapai puncak Gunung

    Rinjani, rupanya masih adahal yang membuatnya

    belum merasa puas.Sebenarnya Prilly

    menginginkanuntuk bisa

    menginapdi da-

    l a mh u -t a n ,s a -

    yang-nya ter-

    lalu ber-bahaya.

    Aku penginlagi mendaki, tapi

    yang nginep. Dulu akucuma nginep di kaki gunung

    dan menurutku masih kurang. Pe-nginnya dalam hutan biar lebih to-tal, ungkap aktris berdarah Ambon-Sunda itu.

    Bahkan ditanya apakah tertarikuntuk mencoba berpetualang me-nyusuri gua. Prilly dengan sema-ngatnya mengatakan ingin men-coba.Kalau guanya yang terkenaldan udah ada yang pernah ke sanapengin nyoba, meskipun agakserem, tutup Prilly.(din/ima)

    RUMOR penyebab perce-raian bintang sepak bolaBrasil Ricardo Kaka denganistrinya, Caroline Celico,terus mencuat. Setelah se-belumnya Celico dituduhberselingkuh, kini munculkabar bahwa Kaka lah yangmenjalin affair dengan pe-rempuan lain.

    Mantan pemain AC Milandan Real Madrid itu digosip-kan berpacaran dengan se-orang aktris Brasil bernamaIsis Valverde.

    Namun, melalui sangagen, aktris 27 tahun itumembantah memiliki kede-katan dengan Kaka (32).

    Itu (gosip kedekatanValverde dengan Kaka) ti-dak benar. Valverde tidaktahu dan belum pernahberkenalan dengan Kaka.Dia hanya tahu bahwa Kakaadalah seorang pemainsepak bola kata agentersebut kepada O Globo,

    Sabtu (15/11).Sebelumnya, beberapa

    media juga menggosipkanbahwa Kaka menjalin kasihdengan Miss Brasil JakelyneOliveira. Namun, seiringberjalannya waktu, gosipitu menguap dan digantikandengan hadirnya Valverde.

    Kaka resmi bercerai dariCelico pekan lalu. Padahal,pasangan itu telah menjalinhubungan rumah tanggaselama sembilan tahun.Setelah perceraian itu, Cel-ico pindah ke Sao Paulodengan membawa keduabuah hatinya, Lucca (6),dan Isabella (3).

    Setelah bercerai, perem-puan yang berprofesi sebagaipenyanyi dan aktivis itu lang-sung menghapus foto-fotobersama Kaka di akun Ins-tagram. Pasangan tersebutmenikah pada Desember 2005setelah tiga tahun berpacaran.(okt/ca/ima)

    JAKARTA Wakil Indonesiadi ajang Miss International2014, Elfin Pertiwi Rappa pu-lang dari Tokyo, Jepang tanpatangan hampa. Putri Indone-sia Lingkungan 2014 itu suk-ses membawa satu piala ke In-donesia. Setelah tugasnya se-lesai, Elfin mengaku inginkembali ke kampus untuk me-nyelesaikan kuliah.

    Ditemui di Graha MustikaRatu, Jakarta, Jumat (14/11)malam, Elfin menyatakan legadan bersyukur. Sebab, dia ber-hasil membawa sesuatu untukIndonesia, yakni masuk 10 be-sar dan menang kategori kos-tum nasional terbaik.

    Sekarang aku merasa lega.Tugasnya sudah selesai. Seti-daknya aku membawa sesua-tu untuk Indonesia ya, kataElfin yang mengenakan gaunmalam warna biru rancangandesainer muda Anaz Khairun-nas.

    Elfin tak menyangka bisamenyabet gelar Best NationalCostume untuk kostum etnik-nya, Tale of Siger Crown.Memang sejak awal, Elfin me-rasa optimistis. Sebab, kos-tum etnik rancangan DynandFariz dari Jember Festival Car-naval (JFC) tersebut sangatkeren.

    Dia yakin bahwa kostumbertema budaya Lampung itumampu bersaing dengan kos-tum milik 83 kontestan lain-nya. Apalagi, setelah Elfinmemperagakannya di depanjuri, banyak kontestan yangbertanya.

    Teman-teman lainnya ta-nya soal kostum yang aku pa-kai. Mereka kagum dengandesainnya, ungkap Elfin.

    Perempuan berlesung pipititu mengakui, kostum negaralain juga tak kalah bagus. Ha-nya, materi yang mereka gu-nakan terkesan kurang mak-simal.

    Ada yang bikinnya dari kar-dus, lalu dicat semprot warnaemas. Kostum Indonesia kandibuatnya enggak asal-asa-lan, lanjutnya.

    Dynand Fariz juga banggakarena kostum karyanya men-juarai Miss International 2014.Dia menjelaskan bahwa kos-tum itu dibuat sekitar empatbulan. Dynand melakukanriset tentang budaya dan tra-disi Lampung sebelum me-ngaplikasikan dalam ranca-ngannya.

    Saya langsung teriak men-

    ELFIN PERTIWI RAPPA

    Ingin Fokus Kuliah Duludengar Elfin juara kostum na-sional. Kami bangga bisa be-kerja sama dan mensupportdia, ujarnya yang juga hadirmendampingi Elfin.

    Keberhasilan perempuanasal Palembang tersebut me-nembus 10 besar juga meru-pakan prestasi tersendiri un-tuk Indonesia.

    Soal itu, susah diomongin,ya. Karena setiap kontestanpunya kesempatan yang be-sar. Cuma, aku di 10 besar ituyang paling muda. Dari Asia,cuma ada dua orang, ucap-nya.

    Selain prestasi, dia mem-bawa banyak pengalaman.Sebab, banyak sekali tempatyang dia kunjungi di sana. Elfinjuga menjajal beragam kebu-dayaan Jepang seperti upa-cara minum teh ataupun me-ngenakan yukata. Sayangnya,Elfin tak diizinkan membelioleh-oleh.

    Enggak boleh ngeluarinduit selama karantina. Yangboleh dibawa cuma barangdari sponsor di sana. Baru bisabeli oleh-olehnya saat beradadi bandara, tuturnya lantastersenyum.

    Kini, setelah tugasnya se-bagai Putri Indonesia Ling-kungan 2014 selesai, Elfin akankembali ke kampus. Perem-puan 19 tahun itu bakal me-lanjutkan kuliahnya yangsempat tertunda.

    Banyak tawaran sinetrondan film. Tapi, aku mau fokuskuliah saja, tegasnya. (dod/jpnn/ima)

    ISIS VALVERDE

    Bantah Dekatdengan Kaka

    JAKARTA - Tidak sekadarbernyanyi di atas panggung,Andien ternyata mulai berkarirdi balik panggung. Salah satu-nya adalah menjadi produsereksekutif untuk album terba-runya nanti. Itu akan menjadipengalaman baru bagi pelan-tun Gemintang tersebut.Selain menantang diri untukmemproduseri album sendiri,dia akan keluar dari zona nya-man lagu-lagu berirama jazzselama ini.

    Ini untuk kali pertama aku

    jadi eksekutif produser di al-bum aku sendiri, ucapnyasaat ditemui di kawasan Ci-pete, Jakarta Selatan, belumlama ini.

    Berbagai persiapan pundilakukan untuk menjalaniperan barunya tersebut. Selainberbagai persiapan teknik, halyang terpenting lainnya tentumodal.

    Kan, pasti ada jumlah yangaku keluarkan, ujarnya tanpabersedia menyebut jumlah yangdimaksud.(kho/c1/opi/ima)

    ANDIEN

    Geser ke Balik Panggung

  • SENIN, 17 NOPEMBER 2014 5

    Tri Hapsari

    Pilih Wewangian BungaUntuk Relaksasi

    BAGINYA, kebesaran alamciptaan Sang Kuasa harus di-manfaatkan secara positif se-hingga bisa ditularkan ke or-ang lain. Selain aroma wewa-ngian bunga, dia juga menga-ku gemar menanam bunga.Khususnya bunga-bunga de-ngan wangi khas seperti ma-war, melati, kenanga dan se-

    bagainya. Baginya, aroma daribunga bisa memberikan kete-nangan jiwa sehingga rasa ge-lisah bisa segera hilang.

    Dalam sebulan biasanyasaya melakukan terapi de-ngan wewangian bunga di se-la-sela aktivitas menjalankanusaha, jelasnya.

    Kecintaannya kepada bu-

    nga juga dia aplikasikan didalam huniannya. Sekitar ru-mah, mulai dari taman depan,ruang tamu dan beberapa la-han kosong di sekitar rumah-nya dimanfaatkan untuk me-nanam bunga.

    Baginya, jika semua bagiandipenuhi keindahan dan ke-damaian, maka bisa menda-tangkan aura positif bagi peng-huni rumah serta siapa sajayang bertamu. Kegemaran-nya tersebut juga didukungsuami dan kedua putrinya.Dengan semangat yang sama,dia dan keluarga bahu mem-bahu merawat serta memper-banyak bunga di sekitar rumahagar bisa memberikan kesansejuk dan nyaman baik untuk

    penghuni maupun ke-luarga atau teman yangkebetulan datang kerumah.

    Bunga memilikibanyak manfaat se-hingga sayang se-kali jika ada lahanyang kosong dandibiarkan begitusaja ditumbuhirumput liar. Le-bih baik diisidengan bu-nga meski-pun hanyamengguna-kan pot-potkecil, tan-d a s n y a .(gun/ima)

    Meluangkan waktu libur untuk sejenak memanjakandiri bisa dilakukan dengan berbagai cara. Diantaranya

    dengan melakukan spa atau pijat tradisional secara teratur.Hal ini juga dilakukan Tri Hapsari, pemilik Putri Busana

    Tegal. Dia memilih aroma weangian bunga untukmelemaskan syaraf yang tegang setelah seharian

    disibukkan dengan aktivitas kerja. Bunga, katanya,memiliki keindahan saat berada di alam liar dan banyak

    aroma yang bisa dimanfaatkan untuk kesehatan sehinggamemberikan manfaat sangat besar bagi manusia.

    UltravioletPicu PenuaanDini danKanker Kulit

    SEBAGAI negara tropis dan terle-tak di bawah garis khatulistiwa, In-donesia memiliki tingkat paparansinar matahari sangat tinggi diban-ding negara lain. Namun, hal iniperlu diwaspadai karena bisa meng-

    ganggu kesehatan kulit.Paparan sinar untraviolet (UV)

    dari matahari tidak sepenuhnyabaik buat kesehatan tubuh, ter-utama kulit. Pasalnya, terlalusering terkena matahari dapatmenyebabkan kerusakan kulithingga penyakit kanker kulit.

    Wakil Ketua Bidang Kerja-sama Perhimpunan DokterSpesialis Kulit dan Kelamin(Perdoski) Dr Sri EllyaniSpKK mengatakan, terdapatbanyak masalah kulit yangdikeluhkan masyarakat aki-bat terlalu sering terpaparsinar matahari. Yakni mulaidari masalah jerawat, kulitberminyak, kulit kusam,warna kulit tidak merata,serta wajah tampak lebih

    tua.Semua masalah tersebut

    dipicu oleh sinar matahari. Keri-put dini, pigmentasi, dan bercak

    melingkar merupakan tiga efek pal-ing umum terjadi di Indonesia yangdisebabkan oleh paparan sinar UV,ujarnya di acara kerja sama Perdoskidengan Badan POM RI (Badan Pe-ngawas Obat dan Makanan RI) da-lam peluncuran program bertemaKampanye Edukasi MasyarakatTentang Perlindungan TerhadapSinar UV (Ultraviolet), di Jakarta,belum lama ini.

    Ia menjelaskan, sinar UV terbagimenjadi dua. Yaitu sinar UV A dansinar UV B.

    Sinar UV A, lanjutnya, termasukke dalam kategori berbahaya ka-rena sinar ini dapat menembuskaca jendela di dalam ruanganhingga ke lapisan kulit yang palingdalam.

    Efek-efek yang dihasilkan daripaparan sinar UV ini berlangsungmulai dari hitungan menit hingga

    jangka waktu bertahun-tahun. SinarUV A inilah yang meningkatkanrisiko timbulnya kanker kulit, te-gasnya.

    Sinar UVB membuat perubah-an pada warna kulit, karenamembuat kulit terbakar hinggamenimbulkan rasa perih apa-bila terkena paparan lang-sung sinar matahari.

    Sedangkan Research &Inovation LOreal DivyaAgrawal menilai, letakgeografis Indonesia yangberada di garis khatulis-tiwa membuat sinar UVdi Indonesia rata-ratatertinggi di Asia. Me-nurutnya,

    level paparan sinarUV paling tinggi berkisar

    antara sembilan sampai se-belas dan Indonesia berada di

    level 11+. Hampir sama denganThailand, ungkapnya.

    Menurutnya, salah satu efek lang-sung akibat kulit terlalu sering ter-kena paparan sinar ultraviolet kulitterasa terbakar atau kemerahan.Setelah 20 hari kemudian, warnakulit akan berubah menjadi keco-kelatan. (rm/jpnn/ima)

    VCO Bisa Sembuhkan LukaDiabetes, Juga untuk Kecantikan

    TANAMAN kelapa ternyata me-nyimpan banyak manfaat. Salahsatunya VCO (Virgin Coconut Oil)yang dihasilkan dari kelapa. Selaindapat dimanfaatkan untuk maka-nan, VCO ini juga dapat mem-bantu menyembuhkan be-berapa penyakit, salahsatunya diabetes.

    Saya sudah per-nah mencobakankepada konsumensaya yang mende-rita diabetes basah.Setelah VCO itu di-oleskan ke lukanya,luka itu langsungkering, kata Suryani MSidalam ujian doktor programpascasarjana Fakultas Mate-matika dan Ilmu PengetahuanAlam (MIPA) Universitas An-dalas (Unand), di Ruang SidangDekanat FMIPA Unand, kemarin.

    VCO ini juga bermanfaat menun-da lapar dan juga bisa digunakan un-tuk kecantikan. Bisa digunakanjuga untuk pelembab dan mem-bersihkan kulit muka, terangnya.

    VCO merupakan minyak kelapa

    murni yang diproses tanpa pema-nasan melainkan dengan fermentasisecara tradisional dengan meman-faatkan mikroba alami.

    Proses inilah yang diteliti, dikare-

    nakan santan yang mengandungkarbohirdrat dan protein itu ketikadifermentasi menghasilkan bakteriasam laktat. Bakteri asam laktat se-terusnya menghasilkan asam-asam,terutama asam laktat dan berbagaimacam produk fermentasi lainnya,salah satunya bakteriosin.

    Bakteriosin itu, lanjutSuryani, mempunyai sifatajaib yakni dapatmembunuh bakteri yangmerugikan dengan cara

    m e n g h a n c u r k a ndinding sel bakteritersebut. Ajaibnya

    lagi, bakteriosin bisamembedakan bakteriberbahaya dan bakteri

    yang tidak berbahaya.Bakteriosin sa-

    ngat menolongkita untuk meng-awetkan ma-kanan secaraalami. Dengan

    menambahkanbakteriosin, ke

    dalam makanan sebe-lum dikemas, maka ma-kanan dapat awet. Ke-mudian bakteriosindapat membunuh be-berapa bakteri jahatyang terdapat dalamsaluran pernafasan,terangnya. (bis/ima)

    Kantong Kresek Hitam Picu Kanker

    MUNGKIN masih banyak masya-rakat yang belum tahu jika kantongkresek hitam tidak boleh digunakansebagai wadah makanan. Pasalnya,kantong kresek mengandung zatkimia yang berbahaya bagi kese-hatan.

    Kepala Balai Besar PengawasObat dan Makanan (BBPOM) Pa-lembang Dra Indriaty Tubagus Apt

    MKes mengatakan, pihak-nya mengaku sering me-nemukan aktivitas peda-gang pangan siap makanyang masih mengguna-kan kantong plastik hi-tam.

    Padahal, dampakyang akan ditimbulkanjika pangan bersentuh-an dengan kantong ter-

    sebut cukup berbahaya,yakni perpindahan zat kimia padakantung hitam ke makanan.

    Kantong hitam digolongkan ber-bahaya jika bersentuhan lang-sung dengan makanan, ujar-nya.

    Sebab, bahan baku pem-buatan kantong yang tidakjelas. Bisa saja bahan bakuyang digunakan pembuatan

    kantong berasaldari limbah, se-perti limbah ru-mah tangga, in-dustri, danlimbah ru-mah sakit.( w i a /v i n /c e 6 /ima)

  • RADAR TEGAL SENIN, 17 NOPEMBER 2014website: radartegal.com, epaper: epaper.radartegal.com6 NASIONAL

    CMYK

    JAKARTA - KementerianKetenagakerjaan terus men-dorong pemerintah provinsimenetapkan Upah MinumProvinsi 2015. Hingga Ming-gu, (16/11), tercatat dari 33provinsi yang ada, tinggal 3yang belum menetapkanUMP. Di antaranya DKI Ja-karta, Nusa Tenggara Timurdan Papua Barat.

    Sedangkan 4 Provinsi yangtidak menetapkan UMP 2015,melainkan menetapkan UpahMinimum Kabupaten/Kota(UMK) terdiri dari Jawa Barat,

    Jawa Tengah, DI Yogyakarta,dan Jawa Timur.

    Menaker Hanif Dhakiri me-ngatakan, sampai saat ini pi-haknya masih melakukan pe-mantauan dan menunggu la-poran Surat Keputusan dari 3Gubernur terkait penetapanUMP 2015.

    Kita terus berupaya mem-bantu dewan pengupahandan pemda dalam proses me-netapkan UMP 2015, sehinggapenetapannya dapat diper-cepat untuk memberikan ke-pastian dan tidak menimbul-

    kan gejolak dari pekerja danpengusaha, kata Hanif Dha-kiri, di Jakarta, Minggu (16/11).

    Menaker Hanif mengata-kan tim asistensi Kemnakerpun bertugas memberikankonsultasi, asistensi, mediasidan kepada dewan pengu-pahan daerah dan pemerintahdaerah provinsi yang belummenetapkan UMP.

    Kita terus membantu pro-vinsi-provinsi yang belum me-netapkan UMP. Selain kitamendorong provinsi-provinsiyang telah penetapan UMP ini

    agar dapat mensosialisaikanbesaran UMP 2015 kepadapara pengusaha dan pekerjadi wilayahnya, jelas mantanSekjen Partai KebangkitanBangsa itu.

    Menurut Hanif, supayaUMP 2015 dapat berlaku se-cara smooth dan baik, pihak-nya pun mengajak perusa-haan mensosialisasikan danmembahas sistem pengupa-han secara bipartite denganmelibatkan unsur manajemenperusahaan dan unsur peker-ja/buruh. (fat/jpnn)

    ARIESANT/RADAR BEKASI

    MINTA NAIK UPAH - Seorang buruh tengah melintasi spanduk permintaan kenaikan UMK di Kawasan Industri Gobel.

    Kemenaker Pantau 3 Provinsi yangBelum Menetapkan UMP 2015

    PemerintahFokus Morato-rium CPNS

    JAKARTA - Kalender 2014bakal habis 1,5 bulan lagi.Namun, nasib honorer kate-gori dua (K2) yang tidak lulustes belum juga mendapatkankepastian. Saat ini Kemen-terian Pendayagunaan Apa-ratur Negara dan ReformasiBirokrasi (KemenPAN-RB) te-ngah fokus pada penataanorganisasi dalam rangka mo-ratorium CPNS yang dimulaitahun depan.

    Aduh jangan bicara honorerdulu deh. Ini belum ada pe-tunjuk apa-apa dari menterimaupun presiden. Kami jugatidak bisa berbuat apa-apa,kata Deputi SDM Aparatur Ke-menPAN-RB Setiawan Wang-saatmaja saat ditanya JPNNtentang perkembangan nasibhonorer K2, Sabtu (15/11).

    Dia menambahkan, jangan-kan honorer tertinggal, pela-mar umum saja belum jelasnasibnya apakah masih di-buka kesempatan untuk pe-nerimaan CPNS tahun depan

    Nasib HonorerK2 Makin Kabur

    atau tidak.Mengenai data verifikasi

    dan validasi yang sudah di-mintakan kepada masing-ma-sing daerah, Setiawan menga-takan, belum tahu mau di-apain. Lantaran belum mene-rima petunjuk lebih lanjut.

    Kalau honorer K2 mau kesini menanyakan nasibnya,jawabannya ya kami belumtahu. Mohon pengertian dariseluruh honorer, pintanya.

    DILATIH LAGISementara itu, banyaknya

    PNS yang kompetensinya ren-dah mendorong KementerianPendayagunaan Aparatur Ne-gara dan Reformasi Birokrasi(KemenPAN-RB) mewajibkanseluruh pejabat pembina ke-pegawaian (PPK) menggelardiklat untuk aparaturnya. Ha-rapannya, dengan menda-patkan diklat kemampuanPNS akan bertambah.

    Seiring dengan akan di-laksanakannya moratorium,daerah harus memberdayaanPNS yang ada. Itu sebabnya,mulai tahun depan seluruhPPK wajib mendiklatkan PNS-nya, tegas Deputi SDM Apa-ratur KemenPAN-RB SetiawanWangsaatmaja kepada JPNN,

    Sabtu (15/11).Dia menyebutkan, kondisi

    PNS di Indonesia hampir se-parohnya atau 40 persen be-rada di jabatan fungsionalumum. Dengan pelaksanaanmoratorium, jabatan fung-sional umum ini akan dialih-kan ke jabatan fungsional ter-tentu.

    Setiap PNS harus punyakeahlian, jangan hanya tahuadministrasi saja. Dengan pe-ngalihan jabatan fungsionalumum ke fungsional tertentu,otomatis PNS harus diberikanpendidikan dan pelatihan la-gi, tegasnya.

    Dia menambahkan, bagipemda yang tidak mau men-diklatkan PNS-nya, akan rugisendiri. Di samping tidak akanada penambahan PNS karenaada moratorium, daerah akankekurangan PNS yang mengu-asai keahlian tertentu.

    Kalau mau aparaturnya se-suai kebutuhan organisasi,PNS yang sebagian besar dibagian administrasi ditingkat-kan kemampuannya lewat di-klat. Makanya pemda sebaik-nya menyediakan anggarandiklat untuk PNS, tandasnya.(jpnn/duh)

    DOK.JPNN

    CPNS - Ribuan pelamar CPNS Kota Batam memadati Sport Hall Tumenggung Abdul Jamalpada acara pembagian kartu ujian penerimaan CPNS, Rabu (12/11) lalu.

    JAKARTA - Menteri DalamNegeri (Mendagri) Tjahjo Ku-molo menyampaikan permin-taan maafnya ke publik, terkaitprogram kartu tanda pen-duduk elektronik (e-KTP)yang dicanangkan di era pen-dahulunya di KementerianDalam Negeri.

    Pengganti Gamawan Fauzidi posisi mendagri itu menga-takan, banyak hal yang tidakberes dalam program e-KTPsehingga harus ditunda duluhingga waktu yang belum bisadipastikan.

    Kami tidak ingin e-KTPyang secara kuantitas sudah140-an juta (penduduk, red)lebih, tapi secara kualitas tidakmemenuhi harapan. Kamiminta maaf pada masyarakat,kami menunda dulu, ujarnyadi Jakarta, Sabtu (15/11).

    Tjahjo mengatakan, reali-sasi program e-KTP yang me-nelan uang negara lebih dariRp 6 triliun itu ternyata melesetdari harapan awal. Sebab, darievaluasi yang dilakukannyaterhadap program e-KTP ter-nyata ada dua persoalan besar.

    Pertama adalah kasus ko-rupsinya. Untuk yang sedangdisidik KPK (Komisi Pembe-rantasan Korupsi, red), Ke-mendagri tidak ikut campur,kita ikut sepenuhnya sampaituntas, ucapnya.

    Sedangkan persoalan ke-dua adalah menyangkut sis-tem dan realisasi proyek e-KTP. Dari evaluasi atas pro-gram e-KTP, ternyata ada be-berapa persoalan dalam rea-lisasinya. Misalnya, prosesuntuk mendapatkan bentukfisik e-KTP sejak pencatatandata terlalu lama, banyak ke-salahan input data, serta datakependudukan yang rentanbocor.

    Menurut Tjahjo, e-KTP me-rupakan program pencatatandata kependudukan yang me-nyangkut kerahasiaan pen-duduk dan negara. Karena iniada hubungannya dengandata perbankan, paspor diimigrasi, juga sim di kepoli-sian, tegasnya.

    Namun, lanjut Tjahjo, fak-tor kerahasiaan e-KTP men-jadi tak terjamin karena adarekanan Kemendagri yang bi-sa mengakses data kependu-dukan. Bahkan, lanjutnya, da-ri temuan intelijen ternyatajuga ada pencetakan e-KTPpalsu.

    Pencetakannya dilakukan

    di luar negeri. Saya heran ma-lah ada teman yang mene-mukannya di luar negeri. Se-tidaknya di dua negara lain,beber mantan anggota komisiintelijen dan pertahanan DPRRI itu tanpa menyebut namanegara lain yang menjadi lo-kasi pencetakan e-KTP.

    Karenanya Tjahjo menegas-

    Mendagri Beber Ketidakberesan Realisasi e-KTP

    kan, evaluasi atas proyek e-KTP harus benar-benar me-nyeluruh sehingga sistem yangdibangun bisa baik, terjaminkerahasiaannya dan bisa se-suai harapan awal. Untuk itu,mantan Sekjen PDI Perjua-ngan itu mengaku telah me-nyurati Presiden Joko Widodo,menteri koordinator politik,

    hukum dan keamanan, Kapol-ri, Kepala BIN hingga menterihukum dan HAM untuk mem-bahas persoalan e-KTP.

    Jadi bukan dihentikan, tapiditunda supaya sistemnya ba-gus, tidak dipegang pihak ketigadan tanggung jawab penuh adadi negara dan Kemendagri,tegasnya. (ara/jpnn/duh)

    DOK.JPNN

    PEREKAMAN - Seorang warga tengah melakukan perekaman data e-KTP.

  • SAMBUNGAN 7RADAR TEGAL SENIN, 17 NOPEMBER 2014website: radartegal.com, epaper: epaper.radartegal.com

    UU P3H Mengancam Masyarakat Tanidari halaman 1

    Wanita yang biasa munculdi layar kaca itu mengakuidunia film itu menyenangkan.Dia mengaku akan fokus danprofesional menjalani karirbarunya di dunia perfilmantanah air.

    Hal itu dibuktikan dengan

    Mulai Lirik Dunia Aktingdari halaman 1

    Hasilnya, ada sejumlahpasal, seperti 83, 84, dan 85yang justru mengancam ma-syarakat dan tidak menjeratkorporasi perusak hutan.

    Dalam Pasal 83 ayat satuhuruf a UU P3H menyebut-kan, orang perseorangan ya-ng dengan sengaja memuat,membongkar, mengeluar-kan, mengangkut, mengua-sai, dan memiliki hasil pe-nebangan hutan tanpa izin,serta tanpa surat keterangansahnya hasil hutan dipidanadengan penjara minimal satutahun dan maksimal 5 tahun.Sekaligus, denda sedikitnyaRp 500 juta dan maksimal Rp2,5 miliar.

    Peneliti Hukum IndonesianCorruption Wacth (ICW) La-lola Easter menjelaskan, ke-tiga pasal UU P3H itu justrumencederai masyarakat. Pasal84 lebih ironis lagi, untuk ma-

    syarakat yang membawa alatyang bisa digunakan mem-belah dan memotong kayudiancam pidana. Peraturanini membuat masyarakat jus-tru terkekang, kalau masyara-kat yang tinggal ditengah hu-tan. Apakah tetap tidak bolehmembawa alat sehari-hari ya-ng bisa untuk memotong ka-yu, paparnya.

    Dalam pasal 85 yang me-nyebutkan bahwa dilarangmembawa alat berat untukmengangkut juga merupa-kan regulasi yang tidak te-pat. Seharusnya, hal ini di-terapkan pada korporasi,bukan pada masyarakat. Je-las sekali aturan ini menga-rah pada masyarakat tani,paparnya.

    Padahal, lanjut dia, UU P3Hpengganti UU 41/1999 tentangkehutanan ini, awalnya untukmengoreksi UU kehutananyang menjerat masyarakat.Namun, kenyataannya UU

    P3H ini juga sama saja. Dalampasal 11, masyarakat yangtinggal di dalam hutan jugaharus mendapat izin untukmenebang kayu, walau untukkebutuhan sehari-hari. Ini ma-salah besar, tegasnya.

    Sementara, KoordinatorPilnet public Interest LawyerAndi Muttaqien mengatakan,UU P3H ini juga tidak meng-indahkan putusan Mahka-mah Konstitusi (MK) Nomor35 Tahun 2012. Sebab, putu-san MK itu menyatakan HutanAdat sudah otonom.

    Menurut dia, ada kewajibanbagi pemerintah untuk mem-perbaiki penataan sistem hu-tan di Indonesia, termasukmekanisme klaim atau pe-ngakuan hutan adat, karenaketidakjelasan tata batas ka-wasan hutan inilah yang men-jadi pokok permasalahan.Itulah mengapa UU P3H initidak dapat menjawab perma-salahan yang sudah ada, tu-

    Misi Indonesia Tercapaidari halaman 1

    Pusat Semburan Disemendari halaman 1

    Salah salah hasilalam Indonesia yangterbukti bermanfaatbagi kesehatanadalah Gula Aren.Kini, hadir GentongMas yang salah satubahan dasarnyaadalah Gula Aren.

    Saat ini, telahbanyak yang telahm e m b u k t i k a nmanfaatnya, salahsatunya adalahSugiyanto, seorang penderita dia-betes. 2 tahun yang lalu, saya barutahu kalau menderita diabetesketika menjalani cek darah.Ternyata, kadar gula darah sayasudah tinggi. Cerita pria berusia43tahun yang menambahkandirinya sering ngantuk di pagi haridan lemas, juga sering buang airkecil di malam hari.

    Diabetes adalah peningkatankadar glukosa darah akibatkekurangan insulin baik yangsifatnya absolutmaupun relatif atauresistensi reseptor insulin.Diabetesmelitus sangat erat kaitannyadengan mekanisme pengaturangula normal.

    Berbekal informasi yangdidapatnya, tanpa menunggu kadar

    Sekarang Kadar Gula Darah SayaSejak Minum Gula Aren

    gula darahnya takterkontrol, ia punmencoba minumGentong Mas,Karena Gentong Masterbuat dari bahan-bahan alami yangbebas bahan kimia,akhirnya saya tertarikuntuk mencoba. 1bulan setelah minumdengan rutin, kadargula darah sayasekarang sudah turun,

    dan stamina ok. Ungkap ayah 6 anakyang berprofesi sebagai wiraswastatersebut.

    Setelah merasakan langsungmanfaat Gentong Mas, warga Kp.Mengori. Kec. Pemalang. Kab.Pemalang, Jawa Tengah ini merasaterpanggil untuk membagipengalaman sehatnya dengan or-ang lain.

    Gentong Mas adalah minumanherbal dengan bahan utama Gula Arendan Nigella Sativa (Habbatussauda)yang terbukti manfaatnya bagipenderita dari berbagai penyakit,termasuk diabetes.Habbatussaudadipercaya dapat meningkatkan fungsiinsulin dan mengurangi resistensireseptor insulin, sedangkan Gula Arenberperan dalam optimalisasi kerja

    reseptor insulin.Gentong Mas jugamengandung Chromium yangefektif memperlancar metabo-lisme gula darah dan mengaturkepekaan sel terhadap insulinsehingga meringankan kerjapankreas.

    Selain itu, indeks glisemik GulaAren dalam Gentong Mas yangsangat aman bagi kesehatan yaituhanya 35 (aman jika indeksglisemik dibawah 50), mampumenjaga dan merawat pankreasagar tetap berfungsi dengan baik.

    Meski demikian, untukmendapatkan hasil maksimal,disarankan untuk mengatur polamakan, olahraga, pengaturanberat badan seideal mungkin, dietrendah lemak, kontrol stress, danmenghindari rokok serta alkohol.

    Untuk informasi lebih lanjutsilahkan kunjungi www.gentongmas.com.

    Bagi Anda yang membutuhkanGentong Mas bisa didapatkan diapotek/ toko obat terdekat atauhubungi: 14047 24 jam Tarif lokal:(Tlp Rumah dan CDMA). HubTegal 0821 3800 2803, Brebes0853 1537 8669, Pemalang 08122628 0999.

    DEPKES RI P-IRT: 5093205010074-18

    turnya.UU P3H pada dasarnya jus-

    tru menunjukkan negara kasaratau abusive pada warganya,karena kewajiban negara un-tuk memperjelas tata bataskawasan hutan tidak dilaku-kan. Padahal sudah diman-datkan melalui putusan MKnomor 35 tahun 2012.

    UU ini gagal menindak kor-porasi besar yang merusakhutan, melainkan menyasardan dan mengiriminalisasimasyarakat dan adat masya-rakat yang tinggal di kawasanhutan, padahal ada kelalaianpemerintah dalam proses-nya, terangnya.

    Sebelumnya, KAMH yangmerupakan gabungan dariWalhi, ICW, Elsam, dan ma-syarakat adat nusantara me-lakukan uji materil dan for-mil UU P3H. Harapannya,MK bisa membatalkan UUtersebut secara keseluruh-an. (idr/fat)

    kesungguhannya memeran-kan tokoh di dalam film itu.Bahkan, saat mendapat ade-gan ekstrem, dia menolak pe-ran stuntman dan menjajal-nya sendiri. Saya lakuin se-muanya sendiri, sampe terjunke tebing. Tapi semua terken-dali, semua lancar, ceritanya.

    Melihat keseriusannya itu

    menghasilkan karya film yangmaksimal, dia pun kian per-caya diri. Semua yang akujalani itu berkat. Makanya,sejak lolos di Putri Indonesiasampai akhirnya membukajalan ke dunia hiburan, sayatidak memilih-milih pekerja-an. Semua saya lakukan sepe-nuh hati, paparnya. (ash/fat)

    Kusno Hadi mengaku be-rangkat dari Malang pada 22Oktober 2014. Sampai di wila-yah Kabupaten Tegal, priabertubuh ceking ini sudahberjalan mundur selama 26hari atau sejauh 600 kilometer.Dalam aksi itu, Kusno Hadihanya ditemani anaknya, Erik,19, yang baru lulus SMA. Kus-no mentargetkan, dalam wak-tu 40 hari, dia harus sudahsampai di Jakarta. Kenapatargetnya 40 hari, karena seper-ti orang berpuasa, ujar Kusno.

    Aksi itu, lanjut Kusno, se-benarnya sudah dilakukan se-lama 7 kali. Pertama dilaku-kannya ketika 1988. Kala itu,dia mengayuh becak dari Ma-lang menuju Jakarta untukbisa bertemu dengan Presi-den RI Soeharto. Kemudiankali kedua, dia juga mengayuh

    becak dari kotanya menuju keIstana Negara untuk bertemudengan Gusdur. Begitu pulapada aksi ketiga dan keempat,serta keenam, dia selalu meng-gunakan becak untuk bisabertemu dengan Presiden RIyang baru.

    Pokoknya setiap 5 tahunsekali, saya selalu melakukanaksi ini. Dan kali ini, aksi yangpaling berbahaya karena jalanmundur, kata Kusno. Aksi ja-lan mundur itu, Kusno hanyadifasilitasi dengan dua spionyang menggantung di leher-nya. Sedangkan sepasang se-patu merk Fila yang dikenakanitu tak luput dari kerusakan.

    Selama perjalanan dari Ma-lang hingga ke Tegal, Kusnomengaku sudah memperbaikisepatunya hingga 6 kali. Su-dah jebol enam kali, tapi sayalem lagi. Saya juga bawa lemsepatu, ujarnya.

    Untuk melakukan aksi nekatitu, bekal Kusno tidak banyak.Dia hanya membawa baju duastel, perlengkapan salat, lemsepatu, dan uang seadanya.Selama di dalam perjalanan,Kusno tidak pernah memintabelas kasih dari semua orang.Dia justru kerap memberi kuedan minuman kepada orang-orang yang membutuhkanselama di perjalanan. Kue danminuman itu juga diperoleh-nya dari orang. Secara tidaksengaja, banyak orang-orangyang memberikan makanandan minuman untuknya.

    Kalau saya dikasih makanansama orang, tidak saya makansemua. Tapi saya simpan dansaya kasihkan lagi ke orang yangmembutuhkan. Biasanya orang-orang jalanan yang tidak punyatempat tinggal, ungkapnya.

    Selain mendapat makanandan minuman dari orang, dia

    pun mengaku kerap men-dapat titipan dari orang-orangyang ditemuinya di jalan. Me-reka menitipkan salam untukPresiden RI Jokowi. Titipansalam itu mulai dari anggotaTNI, Polri, hingga pedagang,tukang becak, dan pegawainegeri sipil (PNS) serta kar-yawan swasta. Mereka ba-nyak yang menitipkan salamuntuk Pak Jokowi. Saya jawabsaja, Insyaallah kalau ketemuPak Jokowi, pasti saya sam-paikan, tuturnya.

    Tujuan utama untuk ber-temu dengan Jokowi bagiKusno sebenarnya tidak ba-nyak. Dia hanya sebatas ka-gum dengan Presiden ke tujuhitu yang berasal dari rakyatbiasa. Saya cuma kagum saja.Lain-lainnya tidak ada, kataKusno Hadi seraya berjalandan pamitan untuk melanjut-kan perjalanannya. (yer/fat)

    Demi Jokowi, Kakek 23 Cucu Jalan Mundurdari halaman 1

    pemerintah, swasta, perban-kan, dan organisasi interna-sional dalam pengembanganinfrastruktur. Kolaborasi itudinilai sangat penting, karenabanyak negara yang memilikiketerbatasan anggaran. De-ngan begitu, tidak bisa mem-biayai proyek infrastruktur.Pemerintah Australia akanmenjadi kontributor utamadalam Pusat Infrastruktur Glo-bal ini, katanya.

    Selain negara-negara ang-gota G20, beberapa lembagainternasional juga sudah me-nyatakan komitmen untukmendukung program infra-struktur. Beberapa negara, se-perti Inggris, Tiongkok, ArabSaudi, Selandia Baru, KoreaSelatan, Meksiko, dan Singa-pura, bahkan sudah menyata-kan siap membantu pendana-an Pusat Infrastruktur Global.

    Abbott menyebut, di ba-wah kepemimpinan Australiapada 2014 ini, G20 memangfokus mengejar pertumbuhanekonomi dan penciptaan la-pangan kerja. Hal itu hanyabisa dicapai jika kualitas in-frastruktur bagus. Jadi, in-vestasi infrastruktur harusdidorong, ucapnya.

    Sebagaimana diketahui,dalam berbagai kesempatan,Presiden Joko Widodo (Jo-kowi) menyebut bahwa in-frastruktur selalu menjadi titik

    lemah dalam struktur per-ekonomian Indonesia. Ka-rena itu, satu-satunya jalanuntuk mengejar target per-tumbuhan ekonomi tinggiadalah mendorong pemba-ngunan infrastruktur. Misi iniyang kita usung di G20, ujarJokowi.

    Indonesia memang harusmenggandeng swasta untukmengembangkan infrastruktur.Data Badan Perencanaan Pem-bangunan Nasional (Bappe-nas) menyebut, butuh danaluar biasa besar untuk mengejarketertinggalan pembangunaninfrastruktur di Indonesia. Da-lam lima tahun ke depan, Indo-nesia setidaknya butuh USD550,3 miliar atau sekitar Rp 6.600triliun. Masalahnya, Indonesiahanya mampu menganggarkandana infrastruktur sekitar Rp206 triliun per tahun.

    Forum G20 yang merupa-kan kumpulan negara-negaradengan kue ekonomi atauProduk Domestik Bruto (PDB)terbesar tersebut mengeluar-kan 21 communique atau ke-putusan bersama. Dari jumlahtersebut, tiga di antaranyaterkait dengan infrastruktur.Kesepakatan penting lain ya-ng dicapai adalah mendorongpertumbuhan ekonomi globaldengan menambah hingga 2,1persen pada 2018. Hal itu di-proyeksi akan meningkatkanaktivitas ekonomi global hing-ga USD 2.000 triliun dan men-

    ciptakan jutaan lapangan ker-ja.

    Untuk mendorong per-dagangan global, G20 juga se-pakat untuk mengurangi tarifekspor impor, menyederha-nakan prosedur kepabeanan,serta mengurangi hambatandagang. G20 juga sepakat un-tuk meningkatkan investasi,perdagangan, dan kompetisibisnis yang adil, serta men-dorong partisipasi perempu-an dalam dunia kerja, hinggapengentasan kemiskinan.

    Salah satu kesepakatan kru-sial yang juga dicapai G20 ter-kait dengan sistem perpajakaninternasional. Abbott me-ngatakan, perusahaan mesti-nya membayar pajak di Negara,dimana mereka beroperasi. Inimenyikapi aksi profit shiftingoleh perusahaan multinasionalyang memindahkan labanya kenegara-negara tax haven atausurga pajak yang memberlaku-kan tarif pajak sangat rendah.Jadi, nanti akan ada sharinginformasi perpajakan antar ne-gara G20, katanya.

    G20 juga mengangkat isukorupsi. Menurut Abbott, ko-rupsi akan mencederai per-tumbuhan ekonomi suatu ne-gara dan pada akhirnya ber-dampak pula pada perekono-mian global. Dia menyebut,korupsi membuat para pelakubisnis enggan menanamkaninvestasi karena akan terjebakekonomi biaya tinggi. Karena

    itu, G20 sepakat mendorongAnti-Corruption Action Plan2015 2016. Tidak akan adasafe haven (tempat yang aman)bagi pejabat korup, tegasnya.

    Ketika ditanya secara khu-sus tentang komitmen kerjasama Australia dengan Indo-nesia, Abbott mengatakanbahwa Indonesia adalah mitrapenting bagi Australia. Karenaitu, dalam pertemuan bilateraldengan Presiden Jokowi padaSabtu (15/11) lalu, dirinyasudah menyatakan siap be-kerja sama dalam pengem-bangan infrastruktur di Indo-nesia. Saya sudah berbicarakhusus dengan Pak Jokowi,kami akan melanjutkan hu-bungan baik yang sudah ter-jalin selama ini, ucapnya.

    Selain Abbott, kepala negarayang kemarin juga mengada-kan konferensi pers di hari ter-akhir G20 adalah Barack Oba-ma. Dalam kesempatan kema-rin, Obama lebih banyak ber-bicara mengenai situasi politikdan ekonomi dalam negeri.Khusus untuk G20, dia menye-but pertemuan kali ini sudahmenelurkan banyak hal positifyang akan membawa pereko-nomian dunia ke arah yang lebihbaik. Kita harus menyebaroptimisme ini ke dunia, ujar-nya. Setelah Australia, pimpin-an atau presidency G20 akandiserahkan ke Turki. Kemudian,pada 2016 akan dilanjutkanoleh Tiongkok. (owi/sof/fat)

    (BNPB) Sutopo Purwo Nugro-ho, semburan lumpur telahdilaporkan menurun. Sem-buran lumpur menurun men-jadi 0,5 meter dari ketingiansebelumnya setinggi 2 meter.

    Penutupan dilakukan olehpemerintah kota, SKK MIGAS,ZIPUR, BNPBD Balikapan danmasyarakat dengan menye-men pusat semburan. Ren-cananya hari ini (kemarin) di-semennya, ujar Sutopo.

    Upaya lain yang telah dila-kukan adalah memerintahkanDirektorat Zeni Angkatan Da-rat untuk mengalirkan aliran

    lumpur tersebut ke laut. Selainitu, pemerintah juga telah me-ngungsikan 12 KK yang adadisekitar lokasi semburan lum-pur ke lokasi penampungansementara. Posko juga telahdidirikan, bekerja sama de-ngan pihak terkait, tuturnya.

    Kejadian ini sendiri bermulasaat dilakukannya pengebor-an sumur dengan kedalaman65 m oleh salah satu wargabernama Erwin. Saat menam-bah kedalaman pengeboran,ternyata mesin bor tidak ber-putar sehingga pipa yang di-pakai untuk mengebor macet.Akhirnya, dia bersama tigarekannya mencabut pipa ter-

    sebut hingga empat kali. Na-mun, tiba-tiba luapan gas ber-campur lumpur justru lang-sung menyembur keluar se-telah pencabutan. Lumpurmenyembur dengan derashingga mencapai ketinggian 2meter.

    Akibat semburan tersebut,sebuah masjid di jalan per-satuan, Kelurahan ManggarBaru dilaporkan mengalamikerusakan cukup parah. Selainmasjid, sebuah rumah milikwarga juga mengalami nasibyang sama. Sejauh ini belumada laporan lagi terkait ke-rusakan lainnya, tandas su-topo. (mia/fat)

    Perkembangan terakhirmemang masih bagus, kataKetua Fraksi PKB A. HelmyFaishal Zaini saat dihubungikemarin (16/11). Dia menyata-kan, secara prinsip fraksi-frak-si sudah tidak lagi memilikipersoalan yang masih meng-ganjal dengan poin-poin ke-sepakatan yang telah terca-pai. Termasuk fraksi kami(PKB, Red), semoga (pemi-lihan) di baleg nanti bisa lebihcool, ujar mantan menteripembangunan daerah terting-gal (PDT) tersebut.

    Di antara 16 alat kelengkapandewan (AKD), tinggal dua badanyang struktur pimpinannyabelum terbentuk. Yaitu, baleg danbadan anggaran (banggar). Duabadan itulah yang akan menjadisalah satu konsentrasi awalpelaksanaan kesepakatan damaiKIH-KMP di parlemen.

    Sisanya, di 11 komisi dan 3badan, penambahan pimpi-nannya akan diambil dari pi-hak KIH. Total 14 AKD yangsudah telanjur terbentuk ha-rus menunggu terlebih dulurevisi UU MPR, DPR, DPD, danDPRD (MD3) serta tata tertib(tatib) DPR.

    Ketua Fraksi Partai Nasdem

    Victor Leiskodat juga menya-takan, seperti halnya PKB, pi-haknya siap melakukan pe-nandatanganan nota kesepa-haman yang rencana dilak-sanakan hari ini. Poin-poinperubahan UU MD3 yang ikutkami minta kan sudah dite-rima. Karena itu, kami tidakada masalah lagi, kata Victor.

    Pihaknya juga siap menye-tor nama-nama anggota yangakan duduk di komisi dan ba-dan. Rencananya nama-namatersebut dikirim ke pimpinanDPR pada hari yang sama de-ngan agenda pelaksanaan ra-pat paripurna DPR pada Se-lasa besok (18/11).

    Di pihak KMP, Wakil KetuaDPR Agus Hermanto menyim-pan harapan konflik di DPR bisasegera diakhiri dengan ditan-datanganinya kesepahamanantara dua pihak hari ini. Sayaberharap tidak ada lagi persoal-an, sehingga kesepakatan bisasegera ditandatangani dan DPRbisa bekerja lebih optimal kedepan, kata Agus.

    Kesepakatan yang akhirnyaterbentuk antara KIH danKMP tersebut melalui prosesyang cukup berbelit. Beberapakali kesepakatan yang telahdisusun oleh juru lobi keduapihak sempat mentah ketika

    disosialisasikan ke fraksi-fraksipendukung kedua pihak.

    Misalnya, kesepakatan yangterbentuk dalam pertemuanlobi pada Sabtu malam (8/11),ketika tiga poin kesepakatanditolak fraksi-fraksi di KIH. PKB,Nasdem, dan Hanura saat itumenolak model kesepakatandamai dengan menambah jum-lah pimpinan dewan lewat re-visi UU MD3. Mereka memintamasuknya KIH di pimpinanAKD cukup dengan kocokulang struktur yang ada.

    Seiring komunikasi di inter-nal KIH, mereka akhirnya se-pakat menerima model kese-pakatan dengan menambahjumlah pimpinan tersebut.Namun, KIH juga sepakat un-tuk meminta poin tambahandalam nota kesepahaman.Yaitu, merevisi sejumlah poindi UU MD3 tentang kebera-daan komisi yang bisa men-jadi pintu masuk diajukannyahak-hak DPR. Mulai hak inter-pelasi, angket, hingga menya-takan pendapat.

    Menanggapi permintaantersebut, giliran fraksi-fraksi diKMP yang menolak. InsyaAllah penandatanganan ke-sepakatan besok (hari ini, Red)lancar, tandasnya. (dyn/c10/fat)

    Kesepakatan KMP-KIH dari Balegdari halaman 1

    KPK Akui Minim SDMJAKARTA Banyak kasus

    yang ditangani Komisi Pem-berantasa Korupsi (KPK) saatini seolah berjalan lambat pe-nyelesaiannya. Wakil KetuaKPK Zulkarnain kembali ber-alasan minimnya jumlah sum-ber daya manusia (SDM) men-jadi penyebabnya. Salah satupenentu cepat lambatnya pe-nambahan sumber daya ada-lah Kementerian Keuangan(Kemenkeu).

    Saat dihubungi semalam,Jubir KPK Johan Budi S.P me-nyebut ada dua faktor penye-bab kekurangan personel dilembaga antirasuah. Pertama,soal minimnya anggaran yangdisediakan kepada pihaknya.Merekrut personel baru ituharus memberi gaji. Anggaranditambah, baru bisa mere-krut, ujarnya.

    Nah, KPK saat ini tidak bisabergerak banyak karena ang-garan terbatas. Jadinya, lem-baga pimpinan Abraham Sa-mad itu belakangan ini barumenambah delapan penyidikdari Polri. Total penyidik yangdimiliki saat ini berjumlah 60-an. Soal berapa idealnya,tidak bisa diukur. Kami barumengingatkan ke Menkeutentang komitmen PresidenJokowi yang katanya maumemberikan anggaran lebih,jelasnya.

    Sedangkan satu lagi penye-bab minimnya personel ada-lah kualitas calon SDM. Se-ringkali, saat melakukan pe-rekrutan jumlah peserta yanglulus tidak sesuai dengan po-sisi lowong. KPK tidak mauberjudi dengan asal meme-nuhi posisi kosong untuk pe-

    serta yang tidak memenuhistandar.

    Wakil Ketua KPK Zulkarnainblak-blakan terhadap kondisiitu. Dia menyebut ada sejum-lah kasus yang dikembang-kan. Banyaknya perkara itumembuat konsentrasi satgasmenjadi terpecah.

    Misalnya tersangka HadiPurnomo, Sulawesi Selatan(wisma atlet Sea Games 2011,red) itu, mantan Wali KotaTegal (tukar guling lahan, red).Itu satgasnya menangani be-berapa perkara, sehingga kon-sentrasinya terpecah, urai-nya.

    Ujung-ujungnya, KPK tidakmau buru-buru mengeluar-kan sprindik untuk beberapakasus. Zulkarnain khawatirpenyidik makin tidak fokusdan kasus tertentu jadi meng-

    gantung. Pilihannya, menye-lesaikan kasus yang sprindik-nya sudah keluar terlebih da-hulu. Tentu saja, itu tidakberlaku kalau ada operasitangkap tangan. (dim/fat)

    DOK.RATEG

    Zulkarnain

    20 WNI Dipulangkan dari YamanJAKARTA Ditengah kondisi transisi

    politik dan keamanan Yaman yang belumsepenuhnya kondusif, KBRI Sanaa kembalimengevakuasi Warga Negara Indonesia(WNI) di sana. Sebanyak 20 WNI dipulang-kan kembali ke tanah dengan menggun-kan Yemen Airways dengan nomor pener-bangan IY 862.

    Melalui rilis resmi KBRI Sanaa kemarin(16/11), disebutkan bahwa kedua puluhWNI tersebut terdiri dari 14 laki-laki dan 6perempuan. Pemulangan telah dilakukankemarin (15/11). Menurut jadwal, merekaakan tiba di Bandara Soekarno-Hatta tang-gal 16 November 2014 pukul 13.05 WIB,ujar Duta Besar LBBP RI Untuk RepublikYaman Wajid Fauzi.

    Wajib menuturkan, pemulangan inimerupakan gelombang keempat dalamdua bulan terakhir. Gelombang pertama,dilakukan pada 15 Oktober lalu denganjumlah 14 WNI. Gelombang kedua, dilalu-

    kan sepuluh hari sesudahnya. Dalam pe-mulangan kedua, sebanyak 17 WNI diter-bangkan kembali ke tanah air.

    Sementara, untuk gelombang ketigadilakukan pada akhir Oktober lalu. Prosespemulangan diikuiti oleh 29 WNI. Dengandemikian, sudah 80 WNI yang telah di-evakuasi dari negara yang berada di daratanJazirah Arab itu.

    Terkait jumlah WNI yang ada di sana,Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) sen-diri tidak memiliki data resminya. Sebab,masih banyak WNI yang masih datang keYaman, baik secara legal maupun ilegal.Padahal, pemerintah telah mengeluarkantravel advisory ke negara tersebut.

    Kami mengimbau kembali, apabilatidak terdapat keperluan mendesak agarmenunda perjalanan ke Yaman gunamenjaga keselamatan dan mencegahterjadinya hal-hal yang tidak diinginkan,ungkapnya. (mia/fat)

  • BISNISSENIN, 17 NOPEMBER 2014 8

    Jenis Hrg Dasar Buyback5 Gr 2.450.000 010 Gr 4.850.000 025 Gr 12.050.000 050 Gr 24.050.000 0100 Gr 48.050.000 0250 Gr 120.000.000 01 Kg 479.000.000 0

    Harga Emas Mulia versi Pegadaian (14-11-2014)

    WISATA KESEHATAN JAMU (WKJ)Kabupaten Tegal

    INDONESIA merupa-kan salah satu pemiliktanaman obat terbesar didunia dan bisa dikatakansebagai laboratoriumtanaman obat. Indone-sia memiliki sekitar 80%tanaman herbal dariseluruh total yang ada di dunia. Sekitar 35.000jenis tumbuhan tingkat tinggi tumbuh di In-donesia dan sekitar 3500 diantaranya telahdilaporkan sebagai tumbuhan obat, yangdapat dipergunakan sebagai Jamu

    Jamu adalah obat tradisional yang di-sediakan secara tradisional, yang berisi selu-ruh bahan tanaman yang menjadi penyusunjamu tersebut, higienis (bebas cemaran) sertadigunakan secara tradisional.

    Jamu tradisional adalah jamu yang terbuatdari bahan-bahan alami. Seperti dari tum-buh-tumbuhan yang diracik menjadi serbukjamu dan minuman jamu.Tujuannya sebagaikhasiat kesehatan dan kehangatan tubuh.

    Jamu dibuat dari bahan-bahan alami, beru-pa bagian dari tumbuhan seperti rimpang(akar-akaran), daun-daunan, kulit batang,dan buah. Ada juga menggunakan bahan daritubuh hewan, seperti empedu kambing,empedu ular, atau tangkur buaya. Seringkalikuning telur ayam kampung juga dipergu-nakan untuk tambahan campuran pada jamugengong maupun jamu seduan

    Kabupaten Tegal dengan Bimbingan dariBalai Besar Penelitian dan PengembanganTanaman Obat dan Obat Tradisional (B2P2TOOT)Tawangmangu telah mengembangkan ObyekWisata Kolam renang Kalibakung Kab Tegalmenjadi WISATA KESEHATAN JAMU (WKJ).

    Wisata Kesehatan Jamu (WKJ) merupakanketerpaduan program Kesehatan, Pendidik-an dan Wisata . Program kesehatan adanya Klinik Sainti-

    fikasi Jamu yang dapat melayani secaraprefentif maupun promotif

    Pendidikan, ter-dapatnya 270 jenis tanam-an obat yang dapat digu-nakan oleh para siswa,masyarakat umum dankelompok potensial yanglainnya sebagai media pe-nyuluhan, penelitian jenis

    dan manfaat tanaman. Pariwisata, terdapatnya kolam renang,

    gedung diklat, hotel, pamandangan alamserta aneka tanaman obat dengan berbagaijenis aneka ragam bentuk serta harumnyaaroma tanamanKlinik Saintifikasi JamuKlinik Saintifikasi jamu di WKJ didukung

    oleh tenaga dokter yang telah mengikuti ber-bagai pelatihan berbasis herbal, apotekeryang berpengalaman dalam formulasi ta-naman obat, asisten apoteker serta tenagalaboratorium kesehatan, perawat, dan tena-ga kesehatan masyarakat sebagai penyuluh.

    Jamu yang digunakan berupa racikan sim-plisia, serbuk dan juga ekstrak tanaman obatyang telah diteliti khasiat dan keamanannyamelalui uji praklinik dan atau observasi klinik.Jadwal Klinik Saintifikasi Jamu:Hari : Senin SabtuWaktu : 08.00 - 13.00 WIBBiaya Pendaftaran : Rp. 8.000,-Biaya Resep Jamu : Rp. 15.000,-Lokasi Klinik Saintifikasi JamuWisata Kesehatan Jamu (WKJ) Kalibakung Jl.Kalibakung km 7 Kabupaten Tegal.

    Klinik saintifikasi jamu merupakan klinikmedis dengan standar pelayanan konven-sional, tetapi untuk terapinya menggunakanjamu, prosedur pelayanan sama denganprosedur pelayanan klinik pada umumnya.Pasien datang mendaftar , diperiksa dokterkemudian diberi oleh apoteker jamu ber-dasarkan resep dokter. Resep berupa jamuherbal yang dapat ditebus di griya jamu kliniksaintifikasi jamu. Ayo ke WKJ!!! (Adv)

    Bupati Tegal Ki Entus didampingi Ka Dinkes dr Hendadi dan dokter WKJ

    Pengundian Tabungan Bima Bank Jateng

    Kepala TK Masyitoh Pesarean Dapat Avanzasepeda motor, mobil dansebagainya. Untuk programini, saldo minimal tabunganRp 50 juta dan diendapkandalm kurun waktu tertentu,minimal selama 3 bulan. BankJateng, katanya, terus mem-berikan layanan terbaik kepa-da masyarakat, yang terbaruadalah penambahan fitur diATM agar kebutuhan yang adasemakin mudah didapatkan.

    "Segera kunjungi Bank Ja-teng dan dapatkan layananperbankan yang ada sesuaidengan kebutuhan," ajaknya.

    Warokhaeni, usai mene-rima hadiah Toyota Avanzamengungkapkan kegembira-annya atas hadiah yang diadapatkan dari Bank Jateng.Menurutnya, pelayananBank Jateng selama diamenjadi nasabah sudahsangat baik dan dilakukan se-cara profesional. Nantinya,hadiah tersebut akan diagunakan sekaligus menjadikenang-kenangan karenapengalaman ini tentu tidakakan pernah terlupakan.

    "Terimakasih Bank Jatengatas hadiah yang diberikankepada nsabahnya," tandas-nya. (adv/gun)

    SLAWI - Bank Jateng Ca-bang Slawi, Kamis (13/11) me-nyerahkan hadiah programundian Tabungan Bima Pe-riode I Tahun 2014 yang telahdiundi pada Minggu (12/10) diBrebes. Dalam periode ini, ada7 nasabah Bank Jateng Slawiyang berhasil membawa pu-lang hadiah utama berupa 1unit Avanza, 2 nasabah men-dapatkan Honda Vario, 2 na-sabah mendapatkan emas ba-tangan dan 2 nasabah men-dapatkan LED TV.

    Pemimpin Bank Jateng Ca-bang Slawi, Djuwanto menga-takan, pengundian sebelum-nya telah dilakukan dan dipu-satkan di Bank Jateng CabangBrebes. Adapun nasabah BankJateng Cabang Slawi yang ber-hasil mendapatkan hadiah u-tama berupa Toyota Avanzaadalah Warokhaeni, wargaUjungrusi, Adiwerna yangsehari-hari bekerja sebagaiKepala TK Masyitoh, Pesarean.Untuk hadiah ke-II berupaHonda Vario, berhasil dibawapulang oleh Yulianti Rahayuwarga Harjosari Kidul, Adi-werna dan Hadi Subeno, wargaKalisapu. Slawi. Sementara ha-diah ke-III berupa emas ba-

    tangan berhasil dibawa pulangoleh Waudin, warga Jejeg, Bu-mijawa dan Mujiono wargaYamansari, Lebaksiu. Sedang-kan hadiah ke-IV berupa LEDTV berhasil dimenangkan olehSiti Istikhomah warga Harja-winangun, Balapulang dan SitiMaesaroh warga Bumijawa.Kepada nasabah TabunganBima Bank Jateng Cabang Slawiyang beruntung mendapatkanhadiah, pihaknya mengucap-kan selamat dan berharap agarkerjasama yang sudah berjalandengan baik bisa diper-tahankan serta ditingkatkanlagi. Sementara untuk nasabahyang belum beruntung, tidakperlu khawatir karena masihada periode selanjutnya de-ngan hadiah yang tidak kalahmenarik. Untuk itu, bagi na-sabah yang belum berun-tung, tingkatkan terus saldoTabungan Bima agar kesem-patan menang menjadi se-makin besar. Kepada masya-rakat Kabupaten Tegal, je-lasnya, tidak perlu ragu untukdatang ke Bank Jateng agarlayanan perbankan sepertitabungan, deposito, kreditdan sebagainya bisa diman-faatkan dengan baik.

    "Selamat sekali lagi kamiucapkan kepada para peme-nang dan untuk nasabah ya-ng belum beruntung, ting-katkan terus saldo TabunganBima di Bank Jateng," katanya.

    Selain itu, sambungnya,Bank Jateng menghadirkanprogram hadiah langsungperiode 1 Oktober hingga 30Desember 2014. Bagi masya-rakat yang ingin membukaTabungan Bima maupun na-sabah yang akan menambahsaldo tabungannya. Bisa men-dapatkan hadiah langsungtanpa diundi seperti DVDplayer, home theater, LCD TV,lemari es, smartphone, gadget,

    FOTO BERSAMA - Pemenang undian Tabungan Bima yang merupakan nasabah BankJateng Cabang Slawi foto bersama usai penyerahan hadiah.

    TERIMA HADIAH - 2 nasabah Bank Jateng CabangSlawi mendapatkan Honda Vario dalampengundian Tabungan Bima Periode I Tahun 2014.

    EMAS BATANGAN - 2 nasabah BankJateng Cabang Slawi mendapatkan emasbatangan.

    LED TV - 2 nasabah Bank Ja tengCabang S lawi mendapatkan LEDTV.

    SERAHKAN HADIAH - Pemimpin Bank Jateng Cabang Slawi,Djuwanto menyerahkan hadiah Toyota Avanza kepada Warokhaeni.

    ROCHMAN GUNAWAN/RATEG

    TAGUYAWAYANGSANTRI

    TEGAL Sub BadanMusyawarah Perbankan

    Daerah (BMPD) Tegalberserta Perhimpunan

    Bank-Bank Umum Nasional(Perbanas) Tegal

    menyelenggarakan TaguyaGolf Turnamen.

    Sedikitnya, 24 pesertaadu ketangguhandalam pertandingan

    yang diselenggarakan di Ta-guya Driving Range, Sabtu(15/11).

    Taguya Golf Turnamen di-dukung penuh Bank SinarmasCabang Tegal dan BII CabangTegal yang berkolaborasisebagai panitia. Dukunganpenuh juga diberikan oleh PTSuzuki Arindo Gedong Jem-bar.

    Panitia Penyelenggara Ta-guya Golf Turnamen AgustinoWibisono mengatakan, golfmerupakan olah raga kelasdunia. Rata-rata, setiap kotabesar memiliki lapangannya.

    Kota Tegal yang digadangmenjadi kota metropolis, se-benarnya memiliki lapangangolf mini representatif, yanglokasinya tidak jauh dari pusatkota.

    Setiap kota yang ada lapa-ngan golf pasti maju, ujarnya.

    Pimpinan Bank SinarmasCabang Tegal itu menerang-kan, 24 peserta berasal dariberbagai daerah. Selain KotaTegal, peserta datang dari Sla-wi, Brebes, Pemalang, danPekalongan.

    Yang ikut seperti kapolresPemalang, dandim Pemalang,

    pimpinan cabang Mandiri Pe-kalongan. Beberapa pejabatpublik juga ada yang ikut, danada satu peserta perempuan,jelasnya.

    Turnamen ini memperebut-kan hadiah sebesar Rp15 juta.Hadiah lain berupa televisi,dispenser, handphone danlainnya. Pada kesempatan ini,Agustino mengajak seluruhmasyarakat untuk mencobagolf di Taguya Driving Range.

    Di sini, driving Rp25 ribuuntuk seratus bola. Main satuputaran Rp50 ribu. Jangan ber-pikir golf itu mahal. Ini ter-

    Taguya Golf Turnamen

    24 Pegolf Adu Ketangguhan

    K. ANAM SYAHMADANI/RATEG

    PUKUL BOLA Salah seorang peserta tengah memukul bola dalam pertandingan golf.

    murah di Jateng. Orang maubelajar golf, tidak perlu jauh-jauh ke luar kota, datang kesini saja. Semoga golf di Tegalsemakin maju, lapangan se-makin berkembang, ungkap-nya.

    Pengelola Taguya DrivingRange Bambang Sumardi me-nyampaikan, lapangan yangdia kelola memiliki lima hole.Sebelumnya, hanya sekedardriving range. Meskipun be-lum sempurna, tetapi cukupmengakomodasi masyarakatpecinta golf di Tegal. (nam/adv)

    SLAWI - PD BKK Slawi Ka-bupaten Tegal menyeleng-garakan Gebyar Undian Tabu-ngan Masyarakat Desa (Ta-mades) Periode 5 Tahun 2014.Tempatnya, di lapangan Ru-mah Dinas Bupati Tegal, Sabtu(15/11). Ratusan nasabah dariberbagai wilayah, tumplekdalam acara yang dihibur pe-nampilan Wayang Santri danTari Topeng Endel itu.

    Hadiah yang diundi, berupa5 buah motor sebagai hadiahutama, 13 buah lemari es Sa-nyo, 13 mesin cuci Sharp, 13TV Sharp 21 Inch, dan 13 se-peda lipat. Di samping itu,disediakan pula berbagai ma-cam doorprize menarik. Peny-aringan pemenang undian,dilakukan melalui tiga cara.Yakni menggunakan alat ma-nual, sistem acak komputer,dan panggilan acak untuk be-berapa pemenang.

    Wakil Bupati Tegal Hj UmiAzizah dalam sambutannya,mengajak seluruh warga Ka-bupaten Tegal agar gemar me-nabung. Pada kesempatantersebut, Umi juga memberi-kan santunan kepada 20 anakyatim.

    Direktur Utama PD BKKSlawi Kabupaten Tegal SupriHartono SE SH MM menga-takan, kegiatan ini merupakanwujud apresiasi atas keper-cayaan masyarakat di Kabu-paten Tegal. Tujuannya, untukmeningkatkan kesadaran dan

    gairah menabung masyarakat,mensukseskan program pe-merintah gemar menabung,serta mendorong pertumbu-han ekonomi di tingkat pede-saan.

    Dengan maksud mening-katkan kepercayaan, sertapemberdayaan masyarakatsebagai sarana promosi dansebagai fungsi edukasi, kata-nya.

    Saat ini PD BKK Slawi Kabu-paten Tegal semakin konsen didalam menggarap sektor Usa-ha Mikro Kecil dan Menengah(UMKM) melalui sejumlahproduk yang ada, dengan sis-tem jemput bola atau datangke pasar-pasar tradisional,tempat pelelangan ikan, pe-

    dagang kaki lima, dan petani-petani di sawah.

    Sehingga diharapkan ma-syarakat terbebas dari pengi-jon dan lintah darat, ujarnya.

    Hal ini, sesuai dengan visiPD BKK Slawi Kabupaten Te-gal yakni menjadi lembagakeuangan yang sehat, terper-caya, dan unggul dalam mem-berikan layanan kepada ma-syarakat.

    Di PD BKK Slawi KabuptenTegal, masyarakatmendapatkan pelayanan Pay-ment Point Online Bank untukmelakukan pembayaran reke-ning litrik, telepon, PDAM,angsuran motor atau mobil,pembelian voucher pulsa dansebagainya. (nam/ima)

    Gebyar Undian Tamades Periode 5PD BKK Slawi Kabupaten Tegal

    Apresiasi Kepercayaan Masyarakat

    K. ANAM SYAHMADANI/RATEG

    BERIKAN HADIAH Dirut PD BKK Slawi memberikan hadiahkepada pemenang undian Gebyar Undian Tamades.

    TAGUYA Driving Range memiliki limahole. Sebelumnya, hanya sekedardriving range. Meskipun belumsempurna, tetapi cukupmengakomodasi masyarakat pecintagolf di Tegal.

    RATUSAN nasabah PD BKK Slawidari berbagai wilayah, tumplekdalam acara yang dihibur pe-nampilan Wayang Santri yangdibawakan Ki Enthus Susmono.

  • METROPOLISRADAR TEGAL

    website: radartegal.com,epaper: epaper.radartegal.com

    HOT LINE BERLANGGANAN(0283) 323383, 400500Hp. 0854323231234

    SENIN, 17 NOPEMBER 2014 9BACA HAL. 11

    Imam KharomainPimpin GP Ansor

    RAPAT kerja dan Konfercab ke IX GerakanPemuda (GP) Ansor, dengan agenda pemilihanKetua GP Ansor Kota Tegal, kemarin digelar diSMA NU Jalan Wahidin Sudirohusodo KelurahanPesurungan Kidul Kecamatan Tegal Barat.

    PRT Asal PemalangDianiaya di Tangerang

    PEMBANTU Rumah Tangga (PRT) asalDukuh Kubangmas RT.12 RW.03 Desa GindanKecamatan Taman kabupaten Pemalangdianiaya oleh majikannya di Tangerang, JawaBarat.

    BACA HAL. 16

    ADI MULYADI

    DemonstransTerkecil

    SEORANG bayi mengikuti aksi demotolak kenaikan harga BBM yang digelarHTI Tegal Raya belum lama ini.

    Ratusan Warga Ikuti Kompetisi Senam Penting

    CEGAH OSTEOPOROSISDENGAN OLAHRAGA DAN SUSU

    Kristupa Saragih

    Cari Uang dari MemotretFOTOGRAFI bu-

    kan hanya sebuahseni. Dunia memo-tret juga bisa men-jadi ladang bisnisyang dapat meng-hasilkan uang.

    Pesan inilah yangdisampaikan salahsatu fotografer han-dal Indonesia Kris-tupa Saragih saat

    hadir di Kota Tegal untuk memotivasi pelajar.Kristupa bercerita, dia mulai menggelutifotografi dan memotret pada saat masihmenjadi pelajar.

    KANCA BATIR

    Dukung Rencana Pemkot

    Osteoporosis merupakanpenyakit tulang sistemik yang

    ditandai dengan penurunankualitas dan kepadatan massa

    tulang, sehingga menyebabkantulang menjadi rapuh. Gejalapenyakit ini kerap diabaikanoleh pasien karena tidak ada

    gejala spesifik.

    KENDATI demikian, osteoporosis eratkaitannya dengan kandungan kalsium da-lam tubuh.

    PANDU PESERTA -Instrukturmemandu gerakan-gerakan SenamPenting Produgen.

    ADI MULYADI/RATEG

    TEGAL Penanggulangankemiskinan merupakan kebi-jakan konsisten yang dilaku-kan oleh pemerintah pusathingga pemerintah daerah.Khususnya, yang dirintis me-lalui Program Penanggula-ngan Kemiskinan Perkotaan,yang menjadi motor pengge-rak Program Nasional Pem-berdayaan Masyarakat (PN-PM) Mandiri Perkotaan.

    Berdasarkan kebutuhan ma-syarakat Kelurahan Slerok, Ke-camatan Tegal Timur yang me-ngalami kesulitan menambahpenghasilan dan membukalapangan pekerjaan, Badan Ke-swadayaan Masyarakat (BKM)

    BKM Slerok Pelatihan Komputer

    K. ANAM SYAHMADANI/RATEG

    SAMBUTAN - Wakil Koordinator BKM Sariman memberikan sambutandalam pembukaan Pelatihan Komputer di Rumah Pintar, Minggu (16/11).

    HikmatPertanyakanPengembanganPelabuhan

    MENYIKAPI rencana Peme-rintah Kota (Pemkot) Tegalmembangun pelabuhan ber-skala Internasional mendapattanggapan positif dari masya-rakat maritim, yang tergabung

    dalam Himpunan MasyarakatMaritim Tegal (Hikmat). Pasal-nya, keberadaan pelabuhanakan memiliki multiplayer efekterhadap perekonomian masya-rakat. Namun Hikmat memper-

    tanyakan kelanjutan pengem-bangan pelabuhan, yang telahdibiayai pemerintah pusat mela-lui APBN 2010, 2011 dan 2012dengan anggaran puluhan miliarmelalui Kemenhub.

    Ketua Hikmat H Wardjo Ra-hardjo, Minggu (16/11), menga-takan, pihaknya mewakili ma-syarakat maritim sangat men-dukung rencana Pemkot, yang

    TEGAL - Hari Sumpah Pe-muda dan Hari Pahlawan me-mang telah berlalu. Namunhal itu tidak menyurutkanlangkah Politeknik (Poltek)Harapan Bersama (HB) Tegaluntuk memperingatinya. Ber-tempat di Pendopo Ki GedeSebayu, Balai Kota Tegal,Minggu (16/11), ratusan ma-hasiswa dari berbagai kampusdiundang untuk mendengar-kan wejangan berbagai narasumber.

    Antara lain, Dosen Pendi-dikan Kewarganegaraan Pol-tek HB Tegal Sukardjo Doel-

    madies, Rektor UniversitasBung Karno Dr Soenarto Sar-diatmojo Drs MBA MM, sertamantan Rektor UniversitasPancasakti Tegal Prof Tri JakaKartana.

    Humas dan Protokol PoltekHB Tegal Hesti Widianti SEMSi menyampaikan, sema-ngat patriotik para pahlawantelah membangkitkan kesa-daran untuk menciptakannegara dan bangsa yang sang-gup untuk menciptakan ke-majuan, kesejahteraan, dankeadilan bagi rakyat Indone-sia.

    Mahasiswa DiajakBangkitkan Nasionalisme

    ke hal 15 kol 5

    ke hal 15 kol 1

    ke hal 15 kol 1ke hal 15 kol 1

    ke hal 15 kol 5

  • RADAR TEGAL SENIN, 17 NOPEMBER 2014website: radartegal.com, epaper: epaper.radartegal.comPEMALANG10

    NGENDONGPersiapkanDiri

    PULOSARI - Untuk meng-hadapi adanya erupsi GunungSlamet, berbagai kegiatan dila-kukan agar seluruh warga yangmasuk dalam daerah rawanbencana. Hal ini berkaitan de-ngan level atau status Gunungserta agar warga memper-siapkan diri sejak awal baiksecara pribadi maupun keluarga.

    Menurut Agus Tri Pranoto KasiPencegahan KesiapsiagaanBencana BPBD Kabupaten Pe-malang, kegiatan dalam rangkamenghadapi kemungkinan ben-cana, kaitanya dengan Gunung

    Slamet hingga kini masih berstatus siaga terus dilakukan. Baikmelalui sosialisasi, pengadaan jalur evakuasi, maupun alatkomunikasi seperti HT yang sudah dilaksanakan di 12 desayang ada di Kecamatan Pulosari.

    Semua kegiatan dilakukan agar warga dapat mempersiapkandiri. Selalu waspada dan tidak terpengaruh dengan adanya isuatau kabar yang tidak jelas, dari sumber yang tidak jelas pula,ungkapnya, Sabtu (15/11).

    Kita semua berharap agar ada penurunan status atau levelmejadi waspada dan aktif normal. Adanya sosialisasi ataukegiatan lainya merupakan salah satu langkah untuk mencegahtimbulnya korban, dan kerugian yang lebih besar. Karena selamaGunung Slamet masih berada di atas normal, apa saja bisaterjadi. Sehingga warga harus diberikan pembekalan yanglengkap, agar mengerti apa yang harus dilakukan apabila terjadihal yang tidak diinginkan.

    Karena selama ini warga belum sepenuhnya mengertitentang Gunung Slamet kaitanya dengan status maupun aktifitaslainya. Dan diiharapkan upaya yang dilakukan akan membuatwarga tidak bingung dengan kondisi yang terjadi denganGunung Slamet. Apalagi sudah sekitar 2 bulan lebih statusnyamasih siaga atau di level III. (maf/sri)

    dok.rateg

    Agus Tri Pranoto

    PENTHOL RAH

    RibuanWargaMenghadiriPulosariBershalawat

    PULOSARI- Sebanyak 4000 orang warga di KecamatanPulosari memadati halaman kantor Kecamatan Pulosari Tanggal14 November 2014 kemarin. Mereka datang untuk menghadirikegiatan Pulosari Bershalawat, yang menghadirkan UstadzahAfiv Faturrohmania yang meruapakan salah satu finalis AkademiSahur Indonesia (AKSI) disalah satu stasiun TV swasta sertaHabib Ali bin Abdurrohman Assegaf.

    Menurut Camat Pulosari Drs BPM Wibowo, kegiatan PulosariBershalawat merupakan penutup rangkaian kegiatan acaraPemalang Bershalawat, yang dilanjutkan di setiap Kecamatan.Pulosari Bershalawat melibatkan Kecamatan Pulosari, GPAnshor dan Fatayat NU Kecamatan Pulosari yang tergabungdalam panitia.

    Ini merupakan implementasi kecintaan kepada RasulullahSAW, dengan melestarikan shalawat dan maulid serta doa untukkeselamatan bangsa. ungkapnya, Sabtu, (15/11).

    Walaupun hujan warga dari 12 desa di Kecamatan tersebutyaitu Desa Pulosari, Siremeng, Penakir, Pagenteran, Clekatakan,Batursari, Gunungsari, Jurangmangu, Gambuhan, Karangsari,Cikendung dan Nyalembeng. Mereka tetap mengikuti kegiatanhingga selesai, dan setia mendengarkan tausiyah yangdisampaikan oleh para ulama. Diharapkan dengan adanyaPulosari Bershalawat akan terhindar dari hal-hal yang tidakdiinginkan, serta memberikan rasa aman kepada seluruh wargadan selalu mengingat Alllah SWT.

    Ustadzah Afiv Faturrohmania dalam tausiyahnya me-nyampaikan kepada semua yang hadir, agar berserah diri danpercaya kepada Allah SWT. Karena itu merupakan ciri seorangmukmin yang memiliki keimanan mendlam dan mampu melihatkekuasaan Allah, segala peristiwa sesuai dengan tuhuanIlahiyah serta terdapat makna yang terkandung didalamnya.

    Orang-orang yang bisa menghadapi semua semua cobaandengan sabar dan bertawakal kepada Allah SWT atas takdiryang telah diciptakan. Mereka akan dicintai dan diridhai Allah.Orang-orang yang beriman akan mendapatkan kenikmatan,ketenangan, kegembiraan dalam kehidupan mereka karenabertawakal kepada Allah SWT. (maf/sri)

    SITI MAFTUKHAH/RADAR PEMALANG

    TAUZIAH - Ustadzah Afiv Faturrohmania saat membe-rikan tausiyahnya kepada ribuan warga di Pulosari.

    Embat MotorCOMAL - Ketahuan men-

    curi dan tertangkap basaholeh warga, kedua pencurisepeda motor dihajar hinggababak belur. Keduanya, Ab-durrahman bin Raji wargaRT.02 RW 02 Desa BulaksariKecamatan Sragi Pekalongandan Rusdiyantoro, warga desayang sama. Keduanya dihajaroleh massa sebelum akhirnyadiamankan oleh anggota TNIdari Koramil 04 Comal, Jumat(14/11) lalu.

    Diperoleh informasi, peris-tiwa yang terjadi sekitar pukul21.00 WIB di sebuah bengkelmotor di komplek ruko grosirComal tersebut. Pada awalnyaada beberapa warga yang me-lihat seorang yang mencuri-gakan sedang menuntun se-peda motor dari arah bengkelmenuju ke timur. Pada saat or-ang tersebut diteriaki, motoryang dituntunnya langsungdijatuhkan dan melarikan dirike arah Jalan Raya Pantura

    Comal.Sementara satu orang lagi

    yang menunggu di sepedamotor begitu ada teriakan jugaikut melarikan diri. Namunberhasil ditangkap warga. Diaadalah Abdulrahman bin Rajiyang begitu tertangkap lang-sung diamankan di Koramil 04Comal sambil menunggu pe-tugas Polisi datang. Akhirnyatersangka dibawa ke PolsekComal untuk dilakukan pe-meriksaan.

    Dalam keterangannya ter-sangka mengaku baru sekalimelakukan pencurian, karenadiajak oleh tersangka lainnyayaitu Rusdiyantoro yang ma-sih satu desa dengannya danberhasil melarikan diri. Dariitu akhirnya tersangka Abdul-rahman dibawa petugas kerumah tersangka Rusdiyan-toro dan berhasil mengaman-kan 1 unit sepeda motor Ya-maha Vega.

    Tidak lama berselang, seki-tar pukul 00.30 WIB tersangkaRusdiyantoro yang sempat

    melarikan diri berhasil ditang-kap warga di sekitar komplekruko grosir Comal. Dia dike-tahui sedang bersembunyi diatas pohon mangga. Wargayang s