radar tegal 10 nop 2014

of 24/24

Post on 06-Apr-2016

295 views

Category:

Documents

35 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

radar tegal 10 nop 2014

TRANSCRIPT

  • RADAR TEGAL SENIN, 10 NOPEMBER 2014website: radartegal.com, epaper: epaper.radartegal.comJURNAL GURU2

    Harian Pertama KebanggaanWong Tegal

    Pendiri: H. Mahtum Mastoem (Alm), Penasihat: Dahlan Iskan, Komisaris Utama: HM Alwi Hamu, Komisaris: Lukman Setiawan, Dwi Nurmawan, Dirut: Yanto S. Utomo,Direktur: Moh. SukronPemimpin Umum: Moh. Sukron. Pemimpin Redaksi: Muh. Abduh. Wakil Pemimpin Redaksi: Wawan Setiawan. Redaktur Pelaksana: Zuhlifar Arrisandy.Redaktur: Moch. Arifin, M. Fathurrohman, Khikmah Wati, M Saekhun, Embong Sriyadi. Sekretaris Redaksi/Persh: Yully Trieyani. Kota Tegal: Laela Nurchayati,Rohman Gunawan, Abidin Abror, Agus Wibowo, Adi Mulyadi. K. Anam Syahmadani. Brebes: M Saekhun (Penanggung Jawab), Hervianto, Ismail Fuad. Bumiayu: TeguhSupriyanto. Slawi: M. Fathurrohman (Kepala Perwakilan), Hermas Purwadi, Yeri Novelli, Muh. Fatkhudin. Pemalang: Moh. Khasanudin (Kepala Perwakilan), Agus Pratikno,M. Ridwan, Maftukhah. Pekalongan: Ade Asep Syarifuddin. Pracetak: Feri Setiawan (Koordinator), M Yahya, Dedy Irawan, Dwi Nanda P, Asep Ariadi S, Desain Iklan:A.Sekhudin. Iklan: Taufiq Ismail (Manager), Kharisma Dewi, Arifudin Yunianto, Riyanto Harjo, Teguh Widodo Nawawi, Agus Mutaalimin, Indani Dwi Oktina, Wahyudi, Joko

    Mulyono, Wahyu Suroto (Event/Off Print). Pemasaran: Sunarjo (Manager), Wahyu Subagyo, Umaman Sahareka, Muslih, Zaenal Muttaqin, Rokhim. Keuangan: Yela Ramadiah (Manager), Dwi Titi Lestari (Perpajakan), Lita Rahmiati, AstriPrayudita, Syafriani Maulidah, Mubin, Djuhaeri Effendi, Moh. Erlin, Imron Rosyadi. HRD: Hesti Prasetyani. Alamat Redaksi/Pemasaran/Tata Usaha: Jl. Perintis Kemerdekaan Tegal telp. (0283) 340900 (hunting), fax (0283) 340004.Semarang: M. Yusuf Abadi. Jakarta: Ferdinansyah, Eko Suprihatmoko. Alamat: Komp. Widuri Indah Blok A-3 Jl. Palmerah Barat No 353, Jakarta 12210 Telp (021) 5330976, 5333321 Fax: (021) 5322629. Eceran: Rp 2.500/eks.Percetakan: PT Wahana Java Semesta Intermedia Kompleks LIK Dampyak -Tegal.

    Tarif Iklan: Umum/Display: Rp 30.000/mm kolom, Sosial/Keluarga: Rp 17.000/mm kolom, Iklan Baris Laris: Rp 20.000/baris, Iklan Colour: Rp 40.000/mm kolom.Iklan halaman 1 (depan): Rp 80.000/ mmk. Tarif + 200%, Creative ad: Tarif + 50%. NPWP: No: 01.994.052.7-511.000.Bank: Bank Mandiri Cab. Tegal a.n. PT Wahana Semesta Tegal No. Rek: 139.0002152787. Bank Jateng Cab. Tegal No. Rek: 1.004.02598.5 a.n. PT WahanaSemesta Tegal

    Anda pernah merasa tidak puas dengan pelayanan publik? Anda pernah kecewa karena mendapatkan pelayanan yang tidak semestinya dari instansi tertentu? Layangkan perasaan Anda ke rubrikNgresula ini via SMS ke 082220810043, email [email protected] atau melalui surat ke Radar Tegal Jalan Perintis Kemerdekaan No. 32 Tegal. Tulis dengan bahasa yang sopan atau bisa jugamenggunakan Bahasa Tegal. Dapatkan Kaos Ngresula, yang berisi SMS Ngresula pilihan (hanya Rp 60.000/pcs).

    Semua wartawan Radar Tegal dilengkapi tanda pengenal/surattugas dan tidak dibenarkan meminta/menerima imbalan dalambentuk apapun dari narasumber.

    BAGI para guru yang ingin karya tulisnya diterbitkan di halamanini, bisa dikirim melalui email [email protected] juga dengan foto pose santai.

    Penguasaan VocabularyMelalui Mind Mapping

    Oleh: Toto Mulyono

    BAHASA Inggris merupa-kan salah satu bahasa yangpaling banyak digunakan didunia. Oleh karena itu betapapenting peranan bahasa Ing-gris dalam pergaulan interna-sional. Jika suatu bangsa tidakmemiliki kemampuan untukberkomunikasi dengan meng-gunakan bahasa Inggris, di-pastikan ia akan terkucilkandari pergaulan bangsa-bang-sa di seluruh dunia, apalagi jikakita bicara mengenai ilmupengetahuan dan teknologi.

    Diperlukan metode yangbaru agar siswa memiliki ha-falan yang kuat sehingga kosa-kata yang telah dipelajari akanterus diingat. DePotter danHernacki (1999:152) mengata-kan bahwa otak manusia me-ngingat informasi dalam ben-tuk gambar, symbol, suara,bentuk-bentuk dan perasaan.Metode pencatatan atau me-tode tradisional tidak sesuaidengan kinerja otak dalammengingat informasi.

    Mind Map (Peta Pikiran)adalah sebuah teknik pencata-tan yang dikembangkan olehTony Buzan pada tahun 1970-an. Mind Map menggunakan tu-lisan dan gambar yang berwar-na untuk merangsang ingatan.

    Mind Mapping atau PetaPikiran adalah metode mem-pelajari konsep yang ditemu-kan oleh Tony Buzan. Konsepini didasarkan pada cara kerjaotak kita menyimpan informa-si. Hasil penelitian menunjuk-kan bahwa otak kita tidak me-nyimpan informasi dalam ko-tak-kotak sel saraf yang terjejerrapi melainkan dikumpulkanpada sel-sel saraf yang berca-bang-cabang yang apabiladilihat sekilas akan tampak se-

    perti cabang-cabang pohon.PENERAPAN MIND MAPPING

    Penulis mengambil lokasipenelitian di kelas VIII E SMPN 17 Tegal, dengan jumlah 33siswa pada semester 2 tahunpelajaran 2013/2014. Sikluspertama, langkah-langkahyang dilakukan adalah : sikluspertama penulis membuatcatatan dengan metode mindmapping kemudian penulismenjelaskan teknis penulisanmind mapping, dan manfaatmenulis catatan denganmenggunakan metode ini.Selanjutnya peneliti bersamarekan sejawat menyusun ren-cana program pembelajaran,memilih teks yang akan dicatatdengan mengggunakan meto-de mind mapping, lalu menyu-sun alat penilaian untuk me-ngetahui sejauh mana mindmapping dapat meningkatkankemampuan siswa dalam me-ngingat kosakata yang barumereka pelajari. Selain itu, me-nyusun instrumen penelitianberupa lembar observasi.

    Kegiatan pembelajaran di-mulai dengan bertanya jawabseputar topik (brainstorming),mengulang materi tata bahasaberupa penggunaan kalimatSimple Past Tense dalam teksRecount. Kemudian penelitimenjelaskan teknis penulisanmind mapping dan memintasiswa untuk mencatat ulangteks surat pribadi dari bukuBSE Bahasa Inggris kelas VIIIkarangan Artono Wardimandan kawan-kawan halaman122 dalam bentuk mind map-ping. Penulisan mind mappingditekankan pada kata kerjakedua yang digunaan dalamteks recount. Untuk setiappenulisan kata kerja kedua,selalu diikuti dengan penuli-san kata kerja pertamanya dansebuah gambar yang mewakiliarti dari kata itu. Dalam prosesini, siswa menggunakan ban-tuan kamus untuk mencari artikosakata. Penulis bersama ob-server mengamati masing-ma-sing siswa dengan menggu-nakan lembar observasi.HASIL DAN PEMBAHASAN

    Hasil uji kompetensi writing1 adalah : kriteria sangat baikjumlah 10 siswa (33,34%), krite-

    ria baik jumlah 4 siswa (13,34%),kriteria cukup 8 siswa (26,66%)sedangkan kriteria kurangjumlahnya sama sepertijumlah kriteria cukup, 8 siswa(26,66%). Berdasarkan hasilkompetensi writing pada sikluske 1 dapat diketahui bahwamind mapping dalam sikluspertama ini belum berperandalam membantu siswa dalammemahami kosakata yangdigunakan dalam teks recount.

    Setelah berdisusi dengan ob-server, diketahui bahwa masihada kekurangan dalam penuli-san mind mapping. Siswa me-mang sudah membuat mindmapping sesuai dengan petun-juk. Namun, semua siswa masihmenggunakan pensil atau ball-point untuk menuliskan mindmapping. Mereka belum adayang menggunakan pensilwarna atau spidol warna. Siswajuga kurang berkreasi dengangambar untuk mewakili arti darikata yang ditulis. Siklus Kedua,setelah melakukan refleksi si-klus pertama dan menemukankesalahan dalam pembuatanmind mapping, penulis memin-ta siswa untuk menyediakanpensil warna atau spidol warnauntuk membuat mind mapping.

    Penulis memulai kegiatanpembelajaran dengan melaku-kan tanya jawab seputar topik(brainstorming), dan mengu-lang materi tata bahasa simplepast tense. Kemudian siswadiminta untuk kembali mem-buat mind mapping dari teksterdahulu. Namun, kali ini mindmapping ditulis dengan meng-gunakan pensil warna atau spi-dol warna. Penulis bersama ob-server mengamati masing-ma-sing siswa dengan mengguna-kan lembar pengamatan.

    Semangat siswa setelahmenggunakan pensil atau spi-dol warna yang membuatmind mapping yang dihasil-kan lebih menarik. Gambar-gambar yang dihasilkan jugalebih baik dan menarik. Siswasudah sangat berani menam-pilkan dengan kreatifitas me-reka. Pemahaman siswa jugajauh lebih baik dari sebelum-nya. Siswa sudah mulai bisamembedakan antara katakerja pertama dengan kata

    kerja kedua.Sama halnya dengan siklus

    pertama, pada tahap akhirsiklus kedua diadakan tes dalambentuk membuat kalimat se-derhana tulis dengan mengggu-nakan kata kerja yang baru sajamereka tulis dengan metodemind mapping.

    Hasil uji kompetensi writingsiklus 2 adalah : kriteria sangatbaik 12 siswa (40%), kriteriabaik 6 siswa (20%), sedangkanpada siklus 2 kriteria cukup 12siswa (40%). Tidak ada siswayang memiliki kriteria kurangpada siklus 2. Berdasarkanhasil prestasi writing pada si-klus ke 2, banyak siswa yangsudah mampu menulis kali-mat dalam pola past tense. Ke-salahan yang paling besar me-nurut penulis adalah kesala-han dalam penulisan katakerja bentuk kedua. Namun,sudah tidak ada siswa yangmenuliskan kata kerja bentukpertama pada kalimat. Mindmapping terbukti membantusiswa dalam memahami danmenghafal serta mengingatkembali kosakata bahasa ing-gris yang berkaitan denganteks recount. Mind mappingyang ditulis dengan gambardan alat tulis warna terbuktimampu menarik minat siswadalam belajar. Berdasarkanpengamatan, semangat siswadalam mengikuti proses pem-belajaran sangat baik. Selainitu, penggunaan mind map-ping juga perlu memperhatikanaturan yang telah disarankan.Dalam kasus ini, penulis tidakmemperhatikan absennya alattulis warna dalam penulisanmind mapping. Penulisan mindmapping dengan mengguna-kan alat tulis warna terbuktimampu membantu siswa da-lam mengingat kosakata yangmereka tulis.

    Mind mapping terbuktimembantu siswa dalam me-mahami dan menghafal sertamengingat kembali kosakatabahasa inggris yang berkaitandengan teks recount.Mindmapping yang ditulis dengangambar dan alat tulis warnaterbukti mampu menarik mi-nat siswa dalam belajar. Berda-sarkan pengamatan, semangat

    siswa dalam mengikuti prosespembelajaran sangat baik.

    Satu hal yang menjadi ke-simpulan penulis adalah bah-wa sebagus apapun sebuahmetode atau alat bantu pem-belajaran, siswa perlu bera-daptasi dalam menggunakan-nya. Dalam siklus satu, mindmapping seperti belum mem-bantu siswa secara luar biasa.Hal ini bisa jadi dikarenakansiswa belum terbiasa meng-gunakan mind mapping. Selainitu, penggunaan mind map-ping juga perlu memperha-tikan aturan yang telah disa-rankan. Dalam kasus ini, pe-nulis tidak memperhatikanabsennya alat tulis warna da-lam penulisan mind mapping.Penulisan mind mapping de-ngan menggunakan alat tuliswarna terbukti mampu mem-bantu siswa dalam mengingatkosakata yang mereka tulis.

    Pelaksanaan siklus pertamadan siklus kedua dengan me-tode mind mapping terbuktimampu membantu siswa da-lam memahami vocabularyteks recount. Hal ini bisa dili-hat dari perbandingan tabeltes kedua siklus tersebut. Darisiklus pertama sampai keduadiketahui bahwa kriteria sa-ngat baik mengalami pening-katan 2 siswa atau 6,66%. Kriteriabaik mengalami peningkatansejumlah 2 siswa atau 6,66%,sementara kriteria cukup jugamengalami peningkatan 4 siswaatau 13,34%. Pada siklus keduatidak ada siswa yang mem-peroleh nilai kriteria kurang.Dari analisa tes penulis me-nyimpulkan bahwa mind map-ping dapat membantu siswadalam memahami kosakatateks recount. Mind mappingjuga terbukti mampu mening-katkan semangat dalam prosespembelajaran karena dalampenulisannya kreatifitas siswasangat diperlukan. Dan lagi,cara pencatatan semacam inisangat berbeda dan hal barubagi siswa sehingga mem-bangkitkan minat dan rasaingin tahu siswa. (*)

    Penulis AlumnusUniversitas Pancasakti dan

    PNS Kota Tegal.

    Saatnya BerhematOleh: Muh. Abduh

    BEBERAPA pekan ini kita seringmendengar program-program baruyang dilontarkan para pejabat danmenteri Kabinet Kerja. Seperti programKartu Indonesia Sehat, Kartu Indonesia

    Pintar, dan Kartu Keluarga Sejahtera.Di telinga memang terkesan bagus danbermakna, namun akan kita tungguimplementasinya seperti apa.

    "Kayane paling favorit program kartu kuwe!"Salah satu yang menarik adalah pernyataan Wakil Presiden

    Jusuf Kalla yang akan melarang aparat negara mengadakanrapat di hotel mewah. Di tengah kondisi anggaran yang defisit,larangan Wapres Jusuf Kalla terasa cukup melegakan.Rasanya memang tidak pantas bila para PNS yang mestinyasebagai abdi rakyat hidup bermewah-mewah dan meng-hambur-hamburkan uang ketika kondisi anggaran tertekansubsidi bahan bakar minyak (BBM).

    "Wong mbahas kemiskinan be nang hotel mewah!"Saat ini kondisi anggaran negara memang berat.

    Penerimaan pajak yang selama ini menjadi andalan utamauntuk kali kesekian tak akan tercapai. Alasannya klise,pertumbuhan ekonomi melambat dan turunnya harga-hargakomoditas. Misalnya, batu bara dan minyak sawit. Padahal,pengeluaran terus membengkak akibat tingginya subsidi BBM.Karena itu, penghematan memang mendesak dilakukan.

    Selain rapat di hotel mewah, sebenarnya masih banyakpos lain yang bisa dihemat. Misalnya, perjalanan dinas yangkerap tidak perlu tapi diada-adakan. Bahkan, tak jarangmenggunakan fasilitas kelas bisnis yang tarifnya tentu lebihmahal dibandingkan kelas ekonomi. Kemudian, soalpengadaan kendaraan dinas baru yang setiap tahun pastiribut lantaran menimbulkan kecemburuan sosial.

    "Mobil dinas kayong pan ngikuti mobil keluaran baru. Nggerana anyar, kayong pan ganti mobil dinase!"

    Karena itu, sudah saatnya pemerintahan baru di bawahJokowi-Jusuf Jalla melakukan terobosan radikal. Sebuahkeputusan yang bisa memutus rantai pemborosan yang telahterjadi bertahun-tahun. Tentu, hal ini bakal membuat shockmereka-mereka dalam posisi nyaman menerima benefit daripemborosan yang terjadi. Misalnya, dalam hal rapat kerjaatau sejenisnya. Untuk menekan biaya, sebaiknya kegiatanitu dilaksanakan dengan memanfaatkan fasilitas atau asetnegara. Bisa juga bersinergi dengan BUMN yang memilikihotel atau fasilitas lainnya, tentunya dengan harga yangbersahabat. Di samping memperkuat BUMN, pendapatan darisitu ujung-ujungnya juga masuk ke kas negara.

    Lalu, untuk mobil dinas, mungkin sudah waktunya memakaisistem sewa dari perusahaan swasta. Banyak penghe-matan yang bisa dilakukan bila tiap tahun cukup mengang-garkan sewa kendaraan. Selain hemat biaya perawatan,dana yang sedianya digunakan untuk membeli mobil bisadimanfaatkan untuk keperluan yang lebih produktif. Sisipositifnya, aparat bisa menggunakan kendaraan dinas barutiap tahun sekaligus menghidupkan bisnis rental yang tentuberdampak positif pada perekonomian.

    Kita semua masih merindukan kebijakan-kebijakan lagi yangmerakyat dan mencerminkan kondisi sebenarnya bangsa ini. Jangansampai, di tengah kondisi negara yang masih dipusingkan dengansubsidi energi, aparatnya malah menghambur-hamburkan uangpajak yang tiap tahun targetnya tidak pernah terealisasi. (*/jpnn)

    Ijazah Pan Disitaom rateg, aq pengen ngresula

    keh tentang sekolahane aq dewek,aq siswa sekolah pelayaran, ningsekolahane aq ngadakna simulatorbiayane 3 jt, sing dipermasalahkenajarene wajib, padahal wong tuaneaq laka duit, spp juga esih nunggak2 bulan, jare guru TU monine har oramelu simulator ijazahe har wis ujianpan disita,, kweh kepimen rateg,kepada bapak bupati dengarkansuara kami,, mohon di muat yah omrateg,, , trimakasih om rateg

    085225929005

    Galak Tapi ClutakNyong pan melu ngresula kyeh,

    kuwe wong sing pegaweane tu-kang ndemo Walikota Tegal aslinePNS apa anggota dewan sih, daningniliki agus slamet karo udin nangtahanan Polda Jateng numpakembl avanza plat abang. kepriben sihsampeyan, gemboran tegakkan ke-adilan & anti korupsi daning num-pak kendaraan sing dudu hake,

    kuwe mobile pemkot sing dipimpinbu Hj.Siti Mashitah owh, kuwe tahpd bae karo korupsi owh jhon.kuwe arane galak tapi clutak. ngartibeleh jhon. mtr nuwun om rateg.

    087830275286

    Ora Cair-CairUm rateg tolong kweh takon karo

    dikpora, tanda tangan spj sudah 2 mgyg lalu. Tp nganti saiki setfks utk smaora cair2. Maksude pmn. Ana apa?

    085741854454

    Mana Respon Parpol?Gerakan cabut paku dspanjang

    jalan baik dSlawi maupun luar ktaSlwi kini sdng dlakukan, namundari unsur PARPOL maupun DuniaUsaha sbgai BIANG pematuk PAKUDPOHON belum tergerak untk ikutbersama-sama mencabut paku.Apakah nanti kalau bersih pohon-pohon akan dipaku lagi ? PARPOLDAN DUNIA USAHA yg seringmenggunakan Jasa Pohon secaraMORAL HARUS BERTANGGUNGJWB dari kerusakannya.

    085742026248

    Sewenang-WenangNaikan Harga

    Tolong aparat yg berwenang pe-merintah kec.bojong khususnya,tindak pngecer (BBM) d daerah bo-jong dan sktrnya yg sewenang2menaikan harga sblm ada kptusankenaikan dr pemerintah, kmi tdimembeli bensin 1 ltr seharga 9000,-

    087830325551

    Hidup Guru!Ndleng neng ngresula wong

    wong sing protes guru ngelesi lucu,wong bar les tambah pinter malahdipaido, makane yen anake panpada pinter ya gon belajar, ikhtiareya melu les, dadi wong ka repottemen ci,... Hidup guru!

    085713681845

  • AGENDA HOTELHOTEL KARLITARabu dan Sabtu, Show DJ and Dancer Performance pukul23.00-03.00 WIB di Zodiak Discotheque dan VIP Karaoke.

    HOTEL BAHARI INN Tegal- Setiap Senin & JumatLive Musik di Cafe Nelayan, Mulai Jam 19.00 WIB- SabtuHappy Our di Musro Diskotik, Jam 20.00 - 03.00 WIB

    RIEZ PALACE HOTEL- Senin sampai Sabtu

    Pick up service Gratis. Layanan antar jemput gratis setiaphari kerja. Dari atau ke Stasiun KA & Terminal Bus TegalSpesial menu Afternoon Tea tiap pukul 17.00-19.00 WIBdi Abunawas Resto lt.4

    - Selasa, Rabu, Jumat & SabtuLive Music pukul 20.00-23.00

    Hotel dan HiburanHotel Bahari Inn Tegal (0283) 343399Hotel Karlita (0283) 358050Orange Karaoke (0283) 322022Riez Palace Hotel (0283) 353773, hunting (0283) 358978Flash Family Karaoke & Cafe (0283) 321284Ajam Goreng Spesial Lombok Idjo- Jl. Karanganyar No. 21A Kejambon (0283) 342330 (0283) 342331- dPOSO resto (0283) 6144277- Anggraeni Hotel (0283) 881011 Jl. Ahmad Yani No. 159 Ketanggungan - Brebes- Anggraeni Hotel (0283) 6184090 JL.Raya Timur No.9 Jatibarang-Brebes- Dian Hotel (0283) 877216JL. Cendrawasih No 304 Tanjung- Brebes- Hotel Dedy Jaya (0283) 673133 / 673158

    TELEPON PENTING1. Pemadam Kebakaran (0283) 3254292. Pelayanan Gangguan PLN (0283) 3422453. Polresta Tegal (0283) 3561154. Rumah Sakit Umum Kardinah (0283) 356067 / 3419385. Pelayanan Gangguan PDAM (0283) 356175 / 3583166. Stasiun Besar Tegal (0283) 3530187. Terminal Bis Tegal (0283) 354696 / 3546958. Rumah Sakit Amanah Mahmudah (0283) 6183504

    RADAR TEGAL SENIN, 10 NOPEMBER 2014website: radartegal.com, epaper: epaper.radartegal.comINTERMEZO4

    KIRANA LARASATI

    Galau, Terlalu Serius PacaranUSIA Kirana Larasari sudah 27

    tahun. Ia sudah dibayangi kapanakan menikah. Toh begitu, meskisudah disinggung banyak orang,ia belum ada target ke pelami-nan. Alasannya ya klise, belumpunya pacar.

    Sekarang jomblo, belum lamaputus, ujar Kirana.

    Diungkapkan, hubungan cin-tanya harus berakhir lantaransudah tidak ada lagi kecocokan.Cerita putus yang tidak bahagiamembuatnya masih terngiang.Sayang, Kirana tak mendetil sia-pa pria yang memacarinya.

    Kini, masalah jodoh ia menye-rahkan sepenuhnya kepadaSang Khalik. Bintang film PurpleLove dan Slank Nggak Ada Ma-tinya ini sudah tak mau lagi me-nargetkan kapan akan melepasmasa lajang.

    Jodoh di tangan Tuhan. Me-nikah sudah lewat targetnya,sekarang sudah nggak ada tar-get-targetan, jalani saja, ujarKirana.

    Artis yang tenar lewat sinetronAzizah ini memang terlihat san-tai dan bisa menjalankan akti-vitasnya yang lain setelah putus.Meski dia mengaku sempat me-ngalami kegalauan. Tak mau ber-

    lama-lama, ia pun punya carasendiri agar bisa menyingkirkanrasa gundah gulana akibat putuscinta.

    Ada pasti (galau), apalagimenjalaninya serius. Ya tapinggak mau kelamaan, cari jalankeluar misalnya liburan ataukumpul sama teman-teman,ungkap Kirana, yang sempatberpacaran dengan sutradaraAwi Suryadi dan bintang sine-tron Ditmar Hadi.

    Belum sepenuhnya move on,bukan berarti Kirana tak maumembuka hatinya lagi untuklelaki.

    Ya, kalau sekarang sih me-mang ingin sendiri dulu dan be-lum menemukan orang yangtepat buat jadi calon suami aku,selorohnya

    Begini kriteria lelaki idamanKirana. Pokoknya aku sukayang humoris, nggak suka yangkasar. Aku suka yang bisa bikinaku ketawa ngakak, ungkap-nya.

    Soal lain. Kirana memangkerap terlihat lebih tomboy.Usut punya usut, ternyataKirana punya satu hal yangmenjadi senjata utamanyadalam berpenampilan.

    Apa itu? Aku suka banget

    sama sneakers, soal-nya lebih nyamandigunakan ke manapun tanpa harusmerasa sakit se-perti saat meng-gunakan highheels. Setiap kemall dan liatyang bagus,aku pasti se-lalu beli, te-r a n g n y a .(MER/ima)

    ADA yang berbeda dariMomo. Frontman Geisha inisedikit mengubah bentukgiginya yang terlihat tidak ratadan ginsul. Kini ia memakaikawat gigi alias behel. Barupertama kali menggunakan-nya, Momo mengaku mera-sakan ngilu.

    Sudah dua bulan. Iya, ngiluawal-awalnya. Ngerasa adayang beda sih, mingkemnyajuga lebih berasa. Sempet jugatuh, aku susah ngomongnya,ungkap Momo kepada RakyatMerdeka, akhir pekan lalu.

    Mulanya, pemilik namalengkap Narove Morina Sina-ga ini sempat galau, mau pakaibehel atau tidak. Setelah mele-wati beberapa pertimbanganakhirnya dia berani ke dokter.Lantas, apa pertimbangan-nya?

    Orang banyak bilang kena-pa sih nggak dibetulin ajagiginya. Duh, Mo sayang lho.Begini lah begitu lah. Aku jadimikir kan tuh, orang-orangbilang gigi aku mesti bangetdiperbaiki, katanya.

    Ini gigi kan berantakan ya.Aku justru saat mengunyahagak susah, sebelumnya. Ma-kanya, pas pakai behel perta-ma kali aku nggak ngalaminsusah makan kayak kebanya-kan orang. Karena itu kali ya,

    aku jadi mikirin investasi kese-hatan ke depannya. Soal im-age mah, kan orang lain yangmenilai. Akunya, sudah mulainggak nyaman, jelas pelan-tun Lumpuhkan Ingatankudan Kamu Jahat ini.

    Diceritakan Momo, ia jugamengalami gangguan saat diatas panggung. Meski tak ber-langsung lama, namun Momoyakin dengan cara pengoba-tan giginya itu.

    Tahu nggak, pronuncationaku huruf S itu agak berubah.Waduh, pas nyanyi kok suaraaku begini ya, ha ha ha. Tapi yatidak apa-apa itu, cuma seben-tar. Setelah itu biasa aja. Ma-kanan pun nggak ada yangpantang-pantang. Makanyang teksturnya keras jugahajar, katanya.

    Lantas, sejauh mana rasapedenya memakai behel?Bracket-nya kan transparanya. Jadi nggak terlalu kelihatanbanget sih bedanya. Nggakterlalu mencolok lah. Masihsamar-samar, jadinya nggakterlalu beda, kan. Pede sih.Makin pede, saat tahu kalaunanti baiknya setelahperawatan ini. Buat kesehatandan masa panjang gigi aku,tutup wanita kelahiran Pe-kanbaru 7 Juni 1986 ini. (MER/ima)

    MOMO GEISHA

    Ngilu Pakai Behel

    MILEY CYRUS

    Kencani Patrick Schwarznegger,Arnold dan Shriver Berang

    MILEY Cyrus sedang menjalani hubunganTTM-an (teman tapi mesra) dengan anakArnold Schwarznegger dan Maria Shriver,Patrick. Bukan hanya jalan-jalan mesra,keduanya kepergok bermalam di sebuahapartemen. Kabar ini sudah didengar olehArnold dan Shriver. Shriver menganggappelantun hit Wrecking Ball tersebut tidakpantas menjadi pacar anaknya.

    Maria tidak pernah langsung menga-takan kepada anaknya tentang hal negatifsoal Miley. Bukan karena penampilanMiley. Intinya Maria menekan Patrick un-tuk meninggalkan Miley secepat mung-kin, ungkap sumber.

    Konon Shriver yang presenter itu menge-tahui kalau Cyrus kerap bertingkah liar danmengkonsumsi obat terlarang.

    Dia seperti mendengar berita burukanaknya berpacaran dengan Miley. Diasangat tidak ingin Miley memberikan dam-pak buruk kepada anaknya. Untuk itu,Maria ingin Patrick kembali bersamamantan kekasihnya, lanjut sumber.

    Tak hanya sang ibu, Arnold juga tidakmendukung. Bahkan sang Terminatorlangsung menghubungi anaknya ketikamendengar Cyrus bermalam dengan Pat-rick.

    Namun sumber lain berujar kalau Cyrusdan Patrick sekadar TTM-an. Tidak terlaluserius.

    Mereka tidak memiliki judul. Merekabersenang-senang bersama teman-te-man. Tidak tahu pasti apakah merekapasangan atau hanya teman terbaik.

    Mereka bisa pergi untuk waktu yanglama tanpa melihat satu sama lain, dankemudian mereka menghabiskan seluruhwaktu bersama-sama, lanjutnya.

    Sebelumnya, Cyrus berpisah dari tuna-ngannya, Liam Hemsworth pada Septem-ber tahun lalu. Sejak itu lah, Cyrus danPatrick berteman.

    Mereka mungkin tampak seperti pasa-ngan aneh, tapi mereka cukup baik untuksatu sama lain. Mereka sudah bertemancukup lama, tutup sumber. (NET/ima)

    NATALIE DORMER

    Telanjang Bagian PekerjaanFANS serial Game of Thro-

    nes sudah familiar denganadegan telanjang yang kerapditampilkan para pemeran.Natalie Dormer adalah salahsatu yang berkali-kali melepaspakaiannya di depan kamera.

    Merasa dirinya adalah se-orang pemalu, Dormer me-ngaku merasakan sedikit trau-ma ketika diminta untuk bera-degan seks. Wanita asal Inggrisini kerap merasa tak nyaman.

    Rasanya selalu sedikit trau-matis. Merasa percaya diridengan tubuhmu tak samadengan perasaan tenang keti-ka diminta untuk beradeganseks. Aku percaya diri dengantubuhku tapi untuk telanjangkadang tak semudah yang kauinginkan, ungkap Dormer.

    Bahkan ketika diharuskanmembuka pakaian di depankru film, itu momen yang pal-ing mengerikan.

    Siapapun bisa bersimpatiakan situasi itu. Kau mene-mukan motivasi di dalam ke-palamu. Menurut pengala-manku, hubungan asmarayang intens selalu berakhirdengan membuka pakaian-mu, sambungnya.

    Semakin lama, Dormer se-makin mendalami dunia ak-ting dan terbiasa melakukanadegan seks ketika diminta.

    Pekerjaan adalah peker-jaan. Seperti itulah cara kerja-nya, tuturnya.

    Setelah beberapa kali me-nerima peran kecil, pada akhir-nya Dormer menerima sebuah

    peran penting di serial TheTudors pada 2007. Dan taklama diikuti dengan peran-peran femme fatale lainnya diCaptain America: The FirstAvenger, Rush dan TheCounselor.

    Mengenai peran-perannyatersebut, Dormer tak meman-dangnya sebelah mata. Peran-peran wanita kuat tersebutmembuatnya dapat berperansebagai sosok yang tiga di-mensi.Karakter yang kuat,menurutku, tak selalu berartipowerful, tapi lebih ke tiga di-mensi. Tak penting apakahkarakter tersebut disukai atautidak, ujar Dormer. Namun dikehidupan yang sebenarnyaia berbeda jauh dari karakter-karakter tersebut. (NET/ima)

    SEKITAR sepuluh tahunlamanya, penyanyi cantik As-trid memeriahkan dunia hibu-ran tanah air. Kini ia kembalidengan album keempatnyabertajuk Terpukau, setelahsebelumnya merilis albumAstrid (2005), Jadikan Akuyang Kedua (2006), dan LihatAku Sekarang (2010).

    Pembuatan album kali inimemakan waktu lebih darisatu tahun dan benar-benarterasa berbeda karena prosesrekaman dilakukan mulai darihamil sampai saya melahirkananak pertama. Beruntung ti-

    dak ada halangan yang berartiselama proses pembuatan al-bum. Jadi alhamdulillah sayabertambah percaya diri untukkeberhasilan album kali ini,kata Astrid saat ditemui di ka-wasan Menteng, Jakarta Pu-sat, Minggu (9/11).

    Melalui label Sony Music, dialbum tersebut terbentang 11lagu pop terbarunya. Namun adabeberapa hits single yang dirilissebelumnya juga turut dima-sukkan seperti Mendua danTerpukau. Lagu hits daur ulangberjudul Semusim juga ada didalamnya. (mg1/jpnn/ima)

    ASTRID

    Sisipkan Lagu Ciptaannyadi Album Terpukau

  • SENIN, 10 NOPEMBER 2014 5

    Bekerja Secara

    Profesional

    Kartika

    MENJALANKAN setiap peker-jaan dengan rasa tanggung jawab

    serta professional tentu akanmenghasilkan sebuah capaiansesuai harapan. Langkah inijuga dilakukan oleh Kartika,Direktur PT Kartika Al HajjarTegal.

    Sejak awal merintis usahabiro perjalanan, umroh ser-ta agency, dia selalu me-ngedepankan sikap pro-fessional di dalam meng-hadapi klien maupun pi-hak lain yang berkaitandengan pekerjaan.

    Menurutnya, setiappekerjaan yang dilaku-kan secara professionalpasti akan mendatang-kan hasil yang positif.

    Saat melayani klien da-lam kegiatan wisata atautour misalnya, sejak awal

    dia sudah memiliki persia-pan agar apa saja yang dibu-

    tuhkan klien mulai sebelumberangkat, menuju ke lokasi

    hingga kembali lagi ke daerahasal secara detail.

    Dengan cara seperti ini, makahal-hal kecil yang biasanya di-sepelekan akan terakomodir de-ngan detail. Demikian halnya saatmemberikan penjelasan kepadaklien, dia memberikan gambarandari A sampai Z sesuai dengan faktayang ada sehingga klien bisa me-

    nentukan apa saja yang tepat un-tuk mereka.

    Cara seperti ini dia juga ajarkankepada karyawannya. Harapan-nya, dengan bersikap secara pro-fessional, maka semua agendayang sudah tersusun dengan baikbisa terlaksana secara optimal danmemberikan pelayanan terbaikkepada klien.

    Kami selalu memberikan pela-yanan secara professional agarklien bisa mersa puas, katanya.

    Saat disinggung mengenai ken-dala yang dihadapi, wanita ber-paras anggun yang selalu menge-nakan jilbab tersebut tersenyumsingkat.

    Menurutnya, setiap pekerjaanpasti memiliki resiko maupun ken-dalan yang silih berganti datang.Dengan mengambil pengalamandari peristiwa yang sudah terjadi,maka bisa menjadi pijakan agarbisa berbuat maupun menjalan-kan sesuatu dengan lebih baik.

    Berpikiran positif dan selalu ber-semangat dalam mengerjakantanggung jawab yang diberikanjuga harus disertai dengan doaagar semuanya bisa sesuai denganharapan.

    Semua pasti ada cobaannya,tetapi pengalaman tentu saja men-jadi guru yang sangat berhargasehingga bisa dijadikan pelajaranuntuk melangkah ke depan jadilebih baik, tegasnya. (gun/wan)

    PARA penderita kanker di TanahAir mengantre lama untuk men-dapat layanan terapi radiasi atauradioterapi, bahkan ada yang me-nunggu sampai satu tahun. Hal itukarena alat radioterapi sedikit,sedangkan jumlah pasien berobatnaik seiring penerapan JaminanKesehatan Nasional.

    Ketua Perhimpunan OnkologiRadiasi Indonesia Soehartati Gon-dhowiardjo mengemukakan halitu di sela-sela acara European So-ciety for Radiotherapy and Oncol-ogy (ESTRO) School di Yogyakarta,kemarin.

    Setelah ada Jaminan Keseha-tan Nasional (JKN), jumlah pen-derita kanker yang memeriksakandiri bertambah, sementara pera-latan radioterapi belum bertam-bah. Itu mengakibatkan pasienkanker antre lama untuk radiote-rapi, kata Soehartati.

    Radioterapi merupakan salahsatu metode terapi bagi penderitakanker. Terapi dilakukan memakairadiasi yang bersumber pada ener-gi radioaktif.

    Soehartati menyatakan, seba-nyak 60-70 persen pasien kankerbutuh radioterapi yang kadangdikombinasikan dengan jenis ter-api lain. Menurut sejumlah riset,

    keberhasilan radioterapi dalammengontrol kanker sekitar 50 per-sen.JAMINAN BEROBAT

    Setelah JKN diberlakukan mulai1 Januari 2014, banyak pasienkanker berani memeriksakan dirike rumah sakit karena mendapatjaminan pengobatan. Mayoritaspasien butuh radioterapi. Karenajumlah alat radioterapi sedikit,para pasien mengantre lama untukmendapatkan layanan terapi ter-sebut.

    Di RS Cipto Mangunkusumo,Jakarta, saat ini ada sekitar 200pasien antre menjalani radioter-api, kata Soehartati yang jugaKepala Departemen Radiologi RSUmum Pusat Cipto Mangunku-sumo. Antrean pasien itu terjadikarena keterbatasan peralatanradioterapi di RS rujukan nasionaltersebut.

    Di RS Umum Pusat Dr Sardjito,Yogyakarta, pasien antre layananradioterapi sampai satu tahun. Ituterjadi sejak dua bulan lalu.

    Kalau ada pasien mendaftarradioterapi hari ini di RSUP DrSardjito, dia baru bisa diterapiJanuari 2016, kata dokter spesialisonkologi RSUP Sardjito, WigatiDhamiati. (hkc)

    Orang Gemuk Biasanya Kurang GiziJIKA orang yang kurus sering

    dianggap kurang gizi, maka orangyang kegemukan dikatakan kele-bihan gizi. Padahal, orang yangkegemukan sebenarnya juga bisamengalami kekurangan gizi.

    Pola makan tinggi lemak dankarbohidrat, seperti mengonsumsimi, kue-kue, keripik, nasi, dan bis-kuit, bisa membuat seseorang me-ngasup banyak kalori tetapi sedikitnutrisi. Akibatnya adalah kege-mukan. Demikian disampaikanDr.Sally Norton, konsultan bidangpenurunan berat badan dan operasigastrointestinal.

    Ia mengatakan, salah satu sum-ber yang perlu diwaspadai adalahbanyaknya kedai kopi yang mem-buat minuman mengandung gulatinggi serta minuman ringan di to-ko-toko yang mudah dijangkauanak. Selain itu, menurutnya ba-nyak dokter muda yang mendapatpengetahuan minim mengenainutrisi.

    Kebiasaan mengasup makanancepat saji juga membuat seseorangkekurangan protein, vitamin, danmineral, yang cukup.

    Sayangnya kurang gizi terkadangtidak disadari. Padahal, dalam skalaringan, kurang gizi bisa menim-bulkan gejala pada tubuh, misalnya

    rambut rontok, nafsu makan tinggi,dan kelelahan.

    Banyak orang yang kekuranganvitamin A,C, D, kalsium, dan zatbesi, tapi mereka banyak mengon-sumsi lemak jenuh, kolesterol, dansodium, kata Norton.

    Padahal, berbagai penelitian te-

    lah menunjukkan bahwa apa yangkita makan sangat berpengaruhpada kesehatan. Dengan mengon-sumsi makanan segar dan ber-nutrisi, kita bukan cuma bisa me-ngatasi masalah kesehatan yangsudah dimiliki, namun kita jugadapat mencegah penyakit.

    Di Indonesia sendiri, tiga besarpenyakit tidak menular yang me-nyebabkan kematian adalah stroke,hipertensi, dan diabetes. Ketiganyamerupakan penyakit yang berhu-bungan dengan kegemukan danpola makan yang salah.

    Para ahli sejak ratusan tahun lalusudah mengatakan bahwa maka-nan adalah obat terbaik bagi tu-buh.

    Dokter di masa depan tidak lagimengobati manusia dengan obat,tapi bisa menyembuhkan danmencegah penyakit dengan nut-risi, kata Thomas Edison, penemubola lampu, 100 tahun yang lalu.(hkc)

    Pasien Kanker AntreTerapi Radiasisampai Satu Tahun

    KARDIO. Latihan iniidentik dengan merekayang sedang dalam pro-gram fat loss atau menu-runkan berat badan. Mak-lum saja, karena kardiomemang terbukti efektifuntuk membakar lemaktubuh. Akan tetapi, bagiAnda yang sedang dalamprogram menambah mas-sa otot pun juga tetap di-sarankan melakukan kar-dio.

    Mungkin, belum banyakorang yang tahu fakta kar-dio bagi seseorang yangingin menambah massaotot. Sehingga, banyakyang takut dengan kardioakan menghilangkan massaotot. Padahal, hal itu tidakdibenarkan. Berikut ada-lah fakta tentang kardioyang perlu Anda perha-tikan guna memaksimal-kan latihan Anda.

    Keadaan tubuh sese-orang berbeda-beda, itu-lah sebabnya waktu ter-baik untuk melakukankardio adalah ketika An-da merasa bahwa saat itumerupakan waktu terbaik.Namun perlu di garis ba-wahi, semua pakar kesa-hatan dan pelatih ahli ke-bugaran juga sepakatbahwa kardio di pagi haridengan perut kosong ti-dak dianjurkan untuk di-lakukan.

    Membakar lemak bu-kan hanya terjadi ketikaAnda melakukan latihan

    kardio, namun juga 2 jamsetelah Anda melakukanlatihan. Jika perut Andadalam keadaan kosong,maka Anda tidak punyabahan bakar atau tenagauntuk memproses pem-bakaran lemak. Jadi, jikaAnda tidak ingin menjadikurus kecil dan kehilanganotot, maka hindari kardiodi pagi hari dengan perutkosong. Hal tersebut sa-ma saja dengan siap un-tuk berperang, namun ti-dak membawa amunisi.

    Sebagian besar orangbertanya, melakukan kar-dio baru melakukan ang-kat besi, atau sebaliknya?Pertanyaan tersebut sa-ngatlah sering diajukan.Melakukan latihan kardiomemang merangsang otot-otot untuk tumbuh. Na-mun, apabila anda mela-kukan kardio sebelummelakukan angkat be-ban, maka Anda akan meng-habiskan glikogen yangmerupakan sumber ener-gi.

    Sebaliknya, jika Andamelakukan angkat besiterlebih dulu, maka sim-panan glukogen dalamtubuh Anda akan cukupuntuk jenis latihan lain-nya. Itulah sebabnya, me-lakukan kardio sebaiknyadilakukan setelah latihanangkat berat. Alasan lain-nya, selama sesi kardio,sintesis protein akan ren-dah. (hkc)

    Kapan WaktuTerbaik MelakukanLatihan Kardio?

  • RADAR TEGAL SENIN, 10 NOPEMBER 2014website: radartegal.com, epaper: epaper.radartegal.com6 NASIONAL

    KonflikDPRHambatHajiJAKARTA Konflik di DPR juga membuat pembahasan

    masalah haji menjadi terkatung-katung. Padahal, PemerintahArab Saudi meminta seluruh negara penyelenggara ibadahhaji untuk mengatur pelayanan jamaah.

    Kerajaan Saudi meminta seluruh negara penyelenggaramenjamin konsumsi para jamaah mereka dengan baik. Masalahini menjadi mendesak untuk dibahas dengan parlemen lantaranselama ini jamaah haji Indonesia tidak mendapat fasilitas keteringdi seluruh lokasi ibadah.

    Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) KementerianAgama (Kemenag) Abdul Jamil mengaku tidak bisa melangkahjauh menindaklanjuti kebijakan baru pemerintah Saudi. Sebab,perubahan kebijakan ini akan banyak bersinggungan dengananggaran dan diperlukan persetujuan dari DPR. Kami masihbelum tahu (kapan akan rapat dengan DPR). Tapi sepertinyaminggu depan masih belum memungkinkan, keluh Jamil saatdihubungi kemarin.

    Meski demikian, dia mengaku sudah memiliki sejumlahgambaran terkait perubahan ini. Salah satunya terkait dengananggaran untuk penyelenggaraan katering jamaah saat beradadi Mekkah. Salah satunya pengalihan living cost untukpengadaan katering ini. Ada juga alternatif lainnya. Tapi, sekalilagi perlu pembahasan bersama DPR, urainya.

    Sementara itu, terkait 22 jamaah haji yang masih ada di tanahsuci, Jamil masih belum dapat mengetahui kapan mereka dapatdipulangkan. Sebab, kepulangan harus disesaikan dengankondisi kesehatan mereka dan izin dari pihak dokter yangmenangani. Meski begitu, Jamil mengaku pihaknya telahmenyiapkan segala kebutuhan mereka selama di sana danfasilitas kepulangan mereka ke tanah air. (mia/sof/fat)

    AHMAD KHUSAINI/RADAR SURABAYA

    NAIK SEPEDA Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas(baju putih) bersama panitia dan pembalap BRCC.

    Hangatkan Ijen lewat JazzBANYUWANGI Keterbukaan masyarakat Banyuwangi

    dalam menerima kebudayaan baru ditunjukkan dalam Jazz IjenBanyuwangi Untuk Kemanusiaan di Paltuding Ijen, Banyuwangi,kemarin (8/11). Musik jazz yang mulai intensif dimainkan di BumiBlambangan sejak 2012 semakin akrab di telinga masyarakatsetempat. Selain hadir di beberapa event musik lokal, Jazzefektif menyatukan masyarakat dalam kegiatan sosial.

    Jazz Ijen Banyuwangi Untuk Kemanusiaan diadakan untukkembali menyegarkan suasana setelah terjadi gangguan minoryang melanda sebagian kecil wilayah Ijen. Kejadian itu memangtidak memberikan dampak besar atau korban jiwa. Tapi, kamiingin menyemangati masyarakat lokal dan wisatawan yangsama-sama mencintai Ijen, ujar Bupati Banyuwangi AbdullahAzwar Anas. Kebetulan, teman-teman musisi jazz dari Jakartajuga sudah penasaran ingin ke Banyuwangi. Maka, tercetuslahevent ini, lanjutnya.

    Meskipun terbilang spontan, Jazz Ijen Banyuwangi diramaikanpara musisi papan atas Indonesia. Mulai Fariz R.M., DeddyDhukun, hingga Noorsaid Bersaudara seperti Idham, Imaniar,dan Inang. Selain itu, ada musisi pendukung semisal FrankySadikin dan keluarga Azhari seperti Ayu dan Rahma yang ikutmeramaikan suasana. (kkn/c9/sof)

    Terkait VirusEbola

    JAKARTA Pencegahanpenyakit yang ditularkan me-lalui hewan di Indonesia ma-sih lemah. Padahal sejumlahhewan diduga menjadi biangpenyebaran virus mematikan.Misalnya kelelawar yang di-duga menjadi vektor penye-baran virus ebola dan koronaMERS.

    Badan Penelitian dan Pe-ngembangan Kesehatan Ke-menterian Kesehatan (Balit-bangkes Kemenkes) sedangmenuntaskan penelitian danpengujian hewan-hewanyang menjadi vektor ataupembawa virus mematikan.Anatar lain kelelawar, tikus,dan nyamuk.

    Kepala Balitbangkes Ke-menkes Tjandra Yoga Adi-tama menuturkan, terkait de-ngan isu kesehatan terkini ya-

    ng paling diantisipasi adalahkeberadaan kelelawar. Kele-lawar memang diduga sebagaisalah satu vektor untuk eboladi Afrika dan MERS CoV (ko-rona virus, red) di Asia Teng-gara, kata dia di Jakarta, ke-marin.

    Namun masyarakat tidakperlu mencemaskan kabartersebut. Sebab, penelitianyang berujung pengamatanpola penularan penyakit itubelum selesai. Tim Balitbang-kes Kemenkes sudah mengum-pulkan 136 ekor kelelawar.Selain itu, juga mengumpul-kan 2.871 ekor nyamuk, 2.005jentik nyamuk, dan 127 ekortikus.

    Tjandra menjelaskan, sam-pai saat ini kelelawar yang di-duga menjadi penyebar ebolaadalah kelelawar yang ada diAfrika. Sedangkan kelelawaryang menjadi media penye-baran virus korona, adalahkelelawar yang ada di Timur

    Tengah. Jadi yang membawapenyakit itu bukan kelelawardi Amerika, Eropa, Asia Teng-gara, atau Australia, jelas dia.

    Menurut Tjandra, hewan-hewan yang diteliti hanya he-wan yang positif membawapenyakit saja. Untuk jenis ke-lelawar, dinyatakan sudahmembawa virus nipah. Virusini membuat penderitanyamengalami peradangan padaotak. Dia mengatakan, timBalitbangkes Kemenkes be-lum menemukan kelelawarIndonesia yang positif sebagaivektor ebola atau korona.

    Kemudian untuk nyamuk,dicari yang membawa malaria,demam beradarah, dan Japa-nese Encephalitis (JE). Pe-nyakit JE ini mengakibatkanperadangan otak pada anak-anak usia 59 tahun. Penyakitini menyebar di wilayah Asia,termasuk Indonesia dan men-jadi kasus endemis.

    Sementara, untuk tikus

    yang diteliti membawa bibitpenyakit leptospirosis danhanta. Tjandra mengatakan,pengumpulan data hewanyang membawa penyakit inituntas pada 31 Oktober lalu.Sedangkan tahap analisis dilak-sanakan antara satu hinggadua bulan ke depan. Kamiharapkan hasilnya akan jadisalah satu dasar untuk penyu-sunan program Kemenkes2015, tutur Tjandra.

    Sementara itu, biolog seka-ligus peneliti alam liar Univer-sitas Indonesia (UI) Jatna Sup-riatna menuturkan, kelelawardari Afrika atau Timur Tengahtidak bisa terbang sampai keIndonesia. Sebab, kelelawaryang berpotensi menjadi vek-tor penyakit mematikan itu,umumnya yang memakan da-ging atau penghisap darah.Kelelawar yang memakandaging atau pengisap darah,terbangnya tidak bisa jauh.Tubuhnya juga kecil, terang-

    nya.Dia mengakui bahwa kelel-

    war di Afrika menjadi penye-bar penyakit ebola. Alurnyaadalah, kelelawar yang mem-bawa bibit penyakit ebola itumenghisap tubuh monyet,babi hutan, atau hewan-he-wan hutan lainnya. Kemudiankera atau hewan-hewan hu-tan lain yang sudah terkon-taminasi virus itu, menjadimakanan orang-orang Afrika.Bahkan kelelawarnya yangada virusnya itu juga dimakanoleh orang sana (Afrika, red),tandasnya.

    Jatna menjelaskan, kelela-war yang bisa terbang jauhadalah kelelawar pemakanbuah-buahan. Kelelawar jenisini jarang membawa bibit pe-nyakit. Dia juga menjelaskan,memakan buah sisa kelelawarpemakan buah tidak masalah.Alasannya sebelum dimakan,buah itu dicuci bersih terlebihdahulu. (wan/end/fat)

    Kemenkes Teliti Kelelawar

    JAKARTA Langkah Men-teri Perhubungan (Menhub)Ignatius Jonan untuk memer-baiki performa transportasiumum di Indonesia terus ber-jalan. Terutama di industripenerbangan yang saat inimasih sering terganggu keter-lambatan keberangkatan (de-lay), sehingga setiap maskapaidisarankan lebih menyiapkanpesawat cadangan.

    Jonan memanfaatkan harilibur kantor dengan cara meng-gelar Kampanye KeselamatanPenerbangan pada ajang carfree day di Jakarta, kemarin.Mantan Direktur Utama PTKereta Api Indonesia (KAI) inisemangat turun ke jalan seka-lian berolahraga.

    Dalam spanduk dan ber-bagai atribut yang dibawabersama rombongan, Jonanmengajak seluruh masyarakatmulai tertib dan peduli kesela-matan saat menggunakan jasatransportasi udara. Beberapapejabat dan pegawai di Ke-menhub kebagian tugas untukmembawa berbagai pesan ter-kait hal itu seperti tulisan safetyand security on board are ourresponsibility (keselamatandan keamanan penerbanganadalah tanggung jawab kitabersama), present your IDcard at check in to ensure yourconvenience (tunjukkan kartuidentitas saat check in untukmemastikan kenyamanan an-da), dan sebagainya.

    Kapuskom Kemenhub J.A.Barata menjelaskan,menhubmengingatkan masyarakat un-tuk mematuhi regulasi pener-bangan sipil. Sebab, kepatu-han masyarakat sangat ber-pengaruh terhadap tingkatrisiko yang terjadi saat pener-bangan berlangsung. Pener-

    bangan itu sudah menjaditransportasi rakyat. Merekaperlu tahu hal apa yang bisamembantu keselamatan pe-nerbangan, tuturnya kema-rin.

    Masyarakat harus selalu di-ingatkan tentang apa yang bo-leh dan tidak boleh dilakukansaat penerbangan berlang-sung. Misalnya, kebiasaanmengaktifkan ponsel saat ber-ada di dalam kabin pesawat,atau membawa barang ba-waan secara berlebihan untukditaruh di bagasi kabin.

    Begitu juga sebaliknya. Pe-san disampaikan untuk peru-sahaan maskapai agar lebihmemberikan rasa nyaman danaman kepada para penum-pang. Terutama tentang delay.Apa yang menjadi hak-hakpenumpang harus diberikan,tuturnya.

    Penggunaan pesawat ca-dangan perlu dioptimalkandalam situasi potensi terlam-bat terbang itu. Kami belumsampai mengarah ke peru-bahan regulasi. Itu semata-mata memberi pengetahuankepada publik, akunya.

    Secara terpisah, DirekturUmum Lion Air Edward Siraitmenjelaskan bahwa pihaknyaselalu menyiapkan pesawatcadangan, jika terjadi keter-lambatan akibat kendala tek-nis.

    Namun, pesawat cadangantidak serta merta bisa meng-hilangkan delay.

    Memindahkan penumpangmaupun barang ke lokasi par-kir (pesawat) cadangan danlain sebagainya tetap butuhwaktu. Jadi, yang bisa dila-kukan adalah mengurangi wak-tu delay, terangnya kemarin.(byu/gen/end/fat)

    NPWP Kendaraan Tambahan GaikindoJAKARTA Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indo-

    nesia (Gaikindo) menilai positif rencana diberlakukannya wajibNPWP bagi pembeli kendaraan. Bisa sukses asalkan Dirjen Pajakbisa bekerja cepat bersinergi dengan diler dan perusahaanpembiayaan (multifinance).

    Ketua I Gaikindo Jongkie D. Sugiarto mengatakan, bagi pelakuindustri otomotif, rencana diberlakukannya aturan itu tidak adamasalah. Sebab, menurut komisaris di PT Hyundai Mobil Indo-nesia ini, setiap warga negara yang memiliki penerimaan makawajib bayar pajak.

    Hanya saja di beberapa daerah di Indonesia masih banyakmasyarakat yang memegang uang tunai dalam jumlah banyak.Tidak sedikit dari mereka belum memiliki NPWP dan banyak diantara mereka membeli kendaraan secara tunai denganmembawa setumpuk uangnya itu.

    Misalnya petani yang habis panen terus mau beli truk baru.Ya tidak ada diskriminasi, mereka juga tetap wajib pajak kalaumemang sudah memenuhi aturan sebagai penghasilan yangkena pajak. Lalu mereka mau beli mobil. Nah saat itu lah bisadilayani oleh pemerintah agar segera punya NPWP, ungkapnyakemarin.

    Hal tersebut memungkinkan terjadi asalkan Dirjen Pajakbekerja reaktif dan cepat merespon calon pembeli kendaraanyang belum memiliki NPWP itu. Maka dibutuhkan kerja samaantara Dirjen Pajak dengan perusahaan diler kendaraan danmultifinance. Bisa sekalian jadi ajang untuk edukasi kemasyarakat yang belum memahami, kata Jongkie.

    Terlebih memiliki NPWP bukan berarti menjadi wajib pajak.Kalau penghasilannya belum sampai level kena pajak begitukan berarti masuk kategori penghasilan tidak kena pajak. Palingjadi kena wajib lapor saja seperti masyrakat lain yang sudahpunya NPWP. (gen/fat)

    KEBIJAKAN

    KEMANUSIAAN

    PAJAK

    JAKARTA Sehari sete-lah dilantik menjadi Men-teri Tenaga Kerja, HanifDhakiri langsung blusu-kan ke Bandara Soekarno-Hatta. Di lounge TKI Termi-nal 2D, Hanif berbincang-bincang dengan sejumlahtenaga kerja Indonesiayang baru saja pulang ketanah air. Dia ingin memas-tikan di bahwa para TKItersebut tidak mendapatperlakuan atau sejumlahpemerasan, seperti yangsanter diberitakan.

    Aksi koboi Hanif dilaku-kan saat melakukan sidakke sebuah penampunganTKI ilegal di bilangan Tebet,Jakarta Selatan. Dalam ke-sempatan itu, Hanif terlihatmengamuk pada sejumlahpegawai Pelaksana Penem-patan Tenaga Kerja Indo-nesia Swasta (PPTKIS) El-kari Makmur Sentosa ka-rena tidak mau membuka-kan pagar.

    Kesal karena tak juga di-gubris, mantan anggotakomisi IX DPR RI 20092014ini pun akhirnya mengam-bil inisiatif untuk melom-pati pagar setinggi kuranglebih 1,5 meter itu. Usaiberhasil masuk, Hanif sen-diri terlihat tidak begitukaget dengan kondisi pe-

    nampungan yang cukupburuk. Yakni dengan me-nempatkan hampir 50 ca-lon TKI dalam satu kamardengan satu kamar mandi.

    Ternyata, sebelum men-jadi menteri, Hanif sudahpernah masuk dalam pe-nampungan TKI ilegal. Pe-ngalaman itu terjadi pada2006 lalu, saat dia mem-bebaskan saudaranyayang disekap di salah satupenampungan TKI. Diamengaku , ide sidak ini punmuncul dari pengalaman-nya tersebut.

    Sadar akan sorotan ma-syarakat atas aksi koboinyatersebut, Hanif mengakutidak mempermasalahkanapa pandangan mereka.Pria kelahiran Brebes 53tahun lalu itu mengatakanbahwa dirinya hanya men-jalankan apa kewajiban-nya. Saya rasa yang perludiperhatikan bukan cara-nya tapi apa hasilnya dantindak lanjutnya, ungkapHanif saat ditemui di Ja-karta, kemarin (8/11).

    Pada Jumat lalu, dia me-ngumpulkan seluruh pe-ngurus PJTKIS untuk mem-bicarakan hasil sidaknya.Dia pun mengundang mit-ra kerja Kementerian tenagakerja (Kemnaker) seperti

    Kementerian Luar Negeri(Kemenlu) dan Badan Na-sional Penempatan danPerlindungan Tenaga Ker-ja Indonesia (BNP2TKI) un-tuk membicarakan terkaitpenempatan TKI di luarnegeri.

    Kami lakukan audit. Ka-mi minta paling lambat De-sember sudah ada hasil-nya. Saya katakan padamereka, kita harus masuksurga bersama-sama ka-renanya mari kita urus de-ngan baik masalah ini, tu-turnya.

    Sejak pertama dilantik,dia memang terlihat sangatkonsen mengurus masalahTKI. Bukannya tanpa ala-san, ibu Menaker ke-24 initernyata seorang TKI. Sangibu adalah mantan TKI yangdulunya bekerja di ArabSaudi. Di sana, sang ibubekerja dalam waktu yangtidak sebentar. Ibu sayaenam tahun bekerja seba-gai TKI di Saudi, akunya.

    Berbekal hal itu, alumnusIAIN Walisongo Semarang,Jawa Tengah ini mengakutelah memiliki gambaran-gambaran dalam membe-nahi program-programTKI. Baik saat masih di ta-nah air atau ketika telah dinegara orang. (mia/fat)

    HENDRA EKA/JAWA POS

    MEMBONCENG Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri tiba dibonceng voorijdersebelum menjadi pembicara dalam dialog yang diadakan Smart FM di Menteng.

    Punya Ibu TKI, Hanif Tahu Betul

    GUSTI AMBRI/KALTIM POST

    PENERBANGAN Sejumlah pesawat sedang berhenti di diBandara Sultan Aji Muhammad Sepinggan Balikpapan .

    Menhub KampanyeKeselamatanPenerbangan

  • BISNISSENIN, 10 NOPEMBER 2014 8

    Jenis Hrg Dasar Buyback5 Gr 2.470.000 010 Gr 4.890.000 025 Gr 12.150.000 050 Gr 24.250.000 0100 Gr 48.450.000 0250 Gr 121.000.000 01 Kg 483.000.000 0

    Harga Emas Mulia versi Pegadaian (09-11-2014)

    orge Luis Borges dalam sebuah ke-sempatan mengatakan, di antara semua

    instrumen manusia, yang paling penting,tidak diragukan lagi adalah buku. Menurut

    penulis kenamaan Argentina itu, sepertijuga mikroskop atau teleskop bagipenglihatan, lalu telepon bagi pen-

    dengaran atau suara, maka buku adalahkepanjangan dari ingatan dan imajinasi.

    UNTUK memenuhi kebutuhan buku,Toko Buku Media Ilmu hadirmenyebar di enam titik. Meliputi,

    Jalan Prof M Yamin Slawi, Jalan Raya KramatKemantran, Jalan Raya Banjaran Adiwerna,Jalan Raya Timur Jatibarang, Jalan KartiniKetanggungan, dan Jalan Pangeran Dipo-negoro Bumiayu.

    Kendati Ujian Sekolah (US) dan Ujian Na-sional (UN) masih jauh pelaksanaannya,namun saat ini Toko Buku Media Ilmu sudahmenyediakan buku-buku latihan US dan UN.Alasannya, buku-buku itu akan tetap dibu-tuhkan para siswa, untuk mengasah kemam-puan.

    Pemilik Toko Buku Media Ilmu Supangatmengatakan, tokonya menyediakan bukulatihan US dan UN lengkap, dari berbagai mata

    pelajaran, denganharga yang relatifterjangkau.

    Kami menye-diakan buku la-tihan US dan UN,komplit. Sema-kin banyak ber-latih, semakinmaksimal ha-silnya nanti, ujar-

    nya, kemarin (6/11). Di samping itu, Toko Bu-

    ku Media Ilmu menyediakan buku-bukupenerbit Erlangga, dengan diskon seumurhidup, senilai 10 persen. Di toko ini, jugatersedia berbagai macam buku perkebu-nan, komputer, motivasi, novel, politik,sastra, Al-Quran, majalah dan lain seba-gainya.

    Diharapkan, buku-buku yang disediakanitu, kembali menjadi sumber ilmu penge-tahuan dan pembuka jendela wawasan, sertamenggairahkan dunia membaca masyarakatSlawi dan sekitarnya. (nam/ima)

    TERSEDIATOKO Buku Media Ilmu sudah

    meyediakan buku-buku latihan USdan UN. Alasannya, buku-buku ituakan tetap dibutuhkan para siswa,untuk mengasah kemampuan.

    PROGRAMHADIAHDAIHATSU selama ini terus meng-

    hadirkan program yang memberikan banyakkesempatan bagi konsumen untuk mem-bawa pulang hadiah. Salah satunya adalahprogram Pesta Sahabat Daihatsu ini.

    Toko Buku Media Ilmu

    Sedia BukuSoal US dan UN

    K. ANAM SYAHMADANI/RATEG

    READY STOCK Toko Buku MediaIlmu menyediakan berbagai macambuku latihan soal US dan UN.

    TEGAL Konsumen Daihatsudari Tegal dan sekitarnya kembalimendapatkan hadiah. Kali ini, 3konsumen berhasil mendapatkanmobil dalam program Pesta Sa-habat Daihatsu untuk periodeAgustus 2014. Penyerahan hadiahsecara simbolis dilaksanakan Jumat(7/11) malam dan dikemas bersa-maan dengan showroom event dishowroom Daihatsu Jalan KolonelSugiono Kota Tegal.

    Branch Head PT Astra DaihatsuTegal Sujatmiko menuturkan, Dai-hatsu selama ini terus menghadir-kan program yang memberikanbanyak kesempatan bagi konsu-men untuk membawa pulang ha-diah. Salah satunya adalah programini. Ada 3 konsumen asal Tegal dansekitarnya yang berhasil menda-patkan hadiah mobil. Mereka ada-lah Beni yang berhasil mendapat-kan 1 unit Daihatsu Ayla. Sebe-lumnya konsumen tersebut mem-

    beli 1 unit Daihatsu Terios. Peme-nang selanjutnya Hendro yang ber-hasil mendapatkan Daihatsu Xeniasetelah sebelumnya melakukantransaksi pembelian Daihatsu Xe-nia. Pemenang ketiga Sudarmi yangmendapatkan hadiah berupa 1 unitDaihatsu Xenia setelah membeli 1unit Daihatsu Terios.

    Dalam acara kali ini, pihaknyajuga mengundang calon konsumenuntuk melakukan transaksi pem-belian yang akan mendapatkan ha-diah langsung berupa peralatanelektronik seperti lemari es, LED TV,mesin cuci dan sebagainya. Promotersebut berlaku mulai pukul 16.00hingga 21.00 WIB atau selama acarashowroom event berlangsung.

    Tidak lupa, dia mengucapkanselamat kepada konsumen yangberuntung. Bagi masyarakat Tegaldan sekitarnya, dia mengajak untukmemanfaatkan program yang adaagar berkesempatan mendapatkan

    hadiah menarik.Tunggu apa lagi, datang dan

    segera dapatkan berbagai tipe mo-bil keluaran Daihatsu, ajaknya.

    Untuk program Pesta SahabatDaihatsu, sambungnya, masih ber-jalan hingga Desember 2014. Dalamprogram tersebut, konsumen ber-kesempatan memenangkan supergrand prize Rp 1 miliar atau 3 kilo-gram emas yang diundi setiap bulansehingga dalam periode tersebutterdapat total 12 kilogram emas.Konsumen juga bisa mendapatkan30 Daihatsu Ayla yang akan diundisetiap bulan dengan total selamaprogram berlangsung terdapat 120Ayla yang bisa dibawa pulang. Ha-diah lain dalam program ini dian-taranya 120 iPad Air, 120 SamsungGalaxy Tab 4.7 serta 120 SamsungGalaxy S5. Kami terus memberikankemudahan dan banyak hadiah sertaprogram menarik bagi pelanggansetia Daihatsu, katanya. (gun/ima)

    ROCHMAN GUNAWAN/RATEG

    SERAHKAN HADIAH Masing-masing pemenang menerima kunci secara simbolik, Jumat (7/11) malam.

    ProgramPestaSahabat Daihatsu

    3 KONSUMEN TEGAL

    DAPAT MOBIL

    TEGAL Diskon akhir pe-kan dari Sri Ratu Pasaraya,Jumat (7/11) hingga Minggu(9/11) mendapat sambutanhangat dari pelanggan setia.Mereka mengaku senang ka-rena bisa mendapatkan dis-kon istimewa yang sengajadihadirkan Sri Ratu.

    Nurhayati, salah seorangpengunjung mengatakan, dis-kon yang diberikan selama tigahari bisa menjadi pilihan bagipengunjung Pacific Mall Tegaldalam mendapatkan berbagaikebutuhan di Sri Ratu. Selainproduk yang lengkap, lokasiyang berada di lantai dasar

    juga memudahkan pengun-jung dalam menjangkau se-hingga tidak heran jika tiapakhir pekan banyak dikun-jungi warga. Di sini, dia bisamendapatkan kebutuhan se-perti fashion terbaru, anekasepatu, sandal, tas dan se-bagainya.

    Produk yang lengkap tentumemberikan kemudahan bagipengunjung seperti dirinyadalam memilih kebutuhanyang diperlukan. Pelayananyang cepat dan fasilitas lainyang ada di lokasi juga me-nambah kenyamanan pelang-gan dalam berbelanja. Ke de-

    pan, dia berharap agar agendaseperti ini bisa menjadi se-buah kegiatan rutin sehinggapelanggan setia Sri Ratu bisamendapatkan penawaran ter-baik.

    Supervisor Sri Ratu TegalBudi Purnomo mengucapkanterima kasih atas kepercayaanpelanggan selama ini. Dalampromo akhir pekan, konsu-men bisa mendapatkan dis-kon hingga 20 persen untuksemua produk yang tersedia.Akhir pekan dipilih sebagaiwaktu promo berlaku karenasaat itu banyak warga untukberbelanja. (gun/ima)

    Diskon Akhir Pekan Sri Ratu

    SEMARANG - PT AstraHonda Motor (AHM), selainmemproduksi sepeda motorHonda dengan kualitas danlayanan terbaik, perusahaanbeserta seluruh jaringannya diseluruh Indonesia juga secaraaktif melakukan berbagai ke-giatan untuk menumbuhkankesadaran keselamatan pe-ngendara bagi pengguna se-peda motor.

    Kegiatan sosialisasi kesela-matan berkendara yang dila-kukan AHM mengacu padakonsep Attitude, Responsible,dan Tactics. Setiap tahun ber-sama seluruh jaringan maindealer, AHM melakukan so-sialisasi terhadap sekitar 1.000orang dengan dukungan 150instruktur keselamatan ber-kendara terlatih dari 29 maindealer Honda di Indonesia.

    Beberapa waktu yang laluPT Astra Honda Motor (AHM)dinobatkan sebagai perusa-haan yang paling memiliki ke-pedulian terhadap keselama-tan berkendara setelah meraihmedali emas dalam ajang Cus-tomer Protection Index Auto-motive 2014 yang diadakanMarkPlus Insight bekerjasamadengan Korlantas Polri.(29/10)

    MarkPlus mengukur IndeksPerlindungan Konsumen Oto-motif berdasarkan penilaianpada upaya sosialisasi pro-dusen atas enam dimensi ke-

    selamatan berkendara, yaknikeamanan kendaraan, gang-guan berkendara, kondisikendaraan, kecepatan me-ngemudi, batas muatan danpengaruh alkohol.

    Masing-masing dilihat padatiga titik sentuh yakni programkomunikasi, penjelasan te-naga penjualan serta penjela-

    san personil bengkel. Pengu-kuran dilakukan pada empatmotor paling banyak digu-nakan di Indonesia yakniHonda, Yamaha, Suzuki, danKawasaki.

    Penghargaan ini merupa-kan salah satu hasil dari komit-men dan konsistensi peru-sahaan dalam melakukan be-

    Honda Jadi yang Paling Komitdalam Keselamatan Berkendara

    ragam aktivitas keselamatanberkendara selama bertahun-tahun di berbagai segmen usiadi Tanah Air. Komitmen peru-sahaan berupa sosialisasi ke-selamatan berkendara bagimasyarakat akan terus digu-lirkan di segala lapisan usiadan berbagai segmen peng-guna sepeda motor. (*/ima)

    DOK.ISTIMEWA

    KERJASAMA-AHM dinobatkan sebagai perusahaan yang paling peduli terhadapkeselamatan berkendara oleh MarkPlus Insight bekerjasama dengan Korlantas Polri.

  • METROPOLISRADAR TEGAL

    website: radartegal.com,epaper: epaper.radartegal.com

    HOT LINE BERLANGGANAN(0283) 323383, 400500Hp. 0854323231234

    SENIN, 10 NOPEMBER 2014 9BACA HAL. 11

    Lokasi RawanDipantau Ketat

    DINAMISASI Kota Tegal berkonsekwensiterhadap munculnya lokasi-lokasi yang rawanketertiban dan ketentraman. Karena itu, Pe-merintah Kota (Pemkot) melalui Satpol PP terusmelakukan pemantauan ketat terhadap tempat-

    3 Konsumen TegalDapat Mobil

    TEGAL Konsumen Daihatsu dari Tegaldan sekitarnya kembali mendapatkan ha-diah. Kali ini, 3 konsumen berhasil menda-patkan mobil dalam program Pesta SahabatDaihatsu untuk periode Agustus 2014.

    BACA HAL. 8

    K. ANAM SYAHMADANI/RATEG

    PerpustakaanKeliling

    MURID-murid SD Negeri Bandung 1memadati mobil perpustakaan kelilingyang berkunjung ke sekolah mereka.

    KANCA BATIR

    Taman Budaya TeaterArena mendadak

    gelap, lampu-lampudimatikan. Tiba-tiba,hentakan musik dan

    hembusan asap,mengiringi

    kemunculanRahwana. Menyusul,

    adegan romantikaRama dan Shintayang diperankan

    oleh Dimas GilangMaulana dan Rr

    Adinda Prameswari.

    K. ANAM SYAHMADANI

    Di Balik Layar Pementasan Drama Musikal Rama Shinta

    Padukan Akting, Musik dan Lagu secara Utuhngundang tawa ribuan pa-sang mata. Termasuk, ketikadia berhasil membebaskanShinta, kekasih Rama dari pen-culikan Raja Alengka. Tak ja-rang, tepuk tangan meriahmenggema di sore itu.

    Pementasan Drama Musi-kal Rama Shinta, ditampilkansedikitnya oleh 100 pelajardari komunitas teater SMA diTiga Daerah, Tegal, Slawi danBrebes. Melalui beberapa kaliaudisi, terbentuklah tim yangberbeda-beda.

    Sosok Rudi Iteng lah yangkemudian menjadi penyatu-nya. Sutradara di balik layarkesuksesan Drama MusikalRama Shinta itu mengatakan,pertunjukkan yang diseleng-

    garakan Sabtu (1/11) lalu,memadukan akting, musik,dan lagu secara utuh, dandiiringi oleh live orkestrayang modern.

    Sebenarnya, kata dia, de-ngan asal sekolah yang berbe-da-beda, banyak problemyang ditemukan dalam pro-sesnya. Misalnya, ada pemainyang murni vokalis, tetapi ha-rus dilatih untuk berakting.

    Kami buat pola latihandan jadwal yang tegas, tetapifleksibel. Kemampuan dankemauan yang kuat, didu-kung para pelatih yang soliddan kredibilitasnya mumpu-ni di bidangnya, kata Rudi,Minggu (9/11).K. ANAM SYAHMADANI/RATEG

    PERANG Salah satu adegan perang antar prajurit kerajaan Ayodya ke hal 15 kol 1GAYA kocak yang ditampil-

    kan Hanoman, sesekali me-

    SalingLemparTanggungJawabIhwal KebijakanPenguranganSolar Nelayan

    UPAYA nelayan Kota Tegalngluruk ke Ibu Kota untukmenuntut pencabutan kebija-kan pengurangan kuota solarnelayan tidak mendapatkanhasil. Di Jakarta nelayan justrudiombang ambingkan olehpemerintah.

    Menurut Ketua PaguyubanNelayan Kota Tegal (PNKT),Eko Susanto, langkah menda-tangi kantor BPH Migas di Ja-

    karta pada Selasa (4/11) lalutidak membuahkan hasil. In-stansi pemerintah justru sa-ling melempar permasalahanihwal kebijakan pengurangankouta solar subsidi bagi ne-layan.

    BPH Migas dan Kemente-rian Keluatan dan Perikanansaling melempar permasalah-an, katanya, kemarin.

    Dibeberkan, saat audiensi,BPH Migas menyatakan masihmenunggu data kebutuhanBBM subsidi kapal perikananse-Pulau Jawa.

    ADI MULYADI/RATEG

    ISI BBM Petugas SPBN Karya Mina PPP Tegalsari tengahmengisi jeriken-jeriken solar milik nelayan.

    ke hal 15 kol 1

    Bedah Satu SemesterWali Kota

    SABTU (8/11) ma-lam, Centrum Intelek-tual Study (CIS) bersa-ma Jaringan Mahasis-wa Nusantara (Jaman)dan Bahari Institutemenyelenggarakandiskusi publik. Diskusiyang membedah temaSatu Semester WaliKota Tegal dan Pole-mik Perda RPJMD itu,

    dilangsungkan di DPoso Cafe, Jalan PerintisKemerdekaan.

    K. ANAM SYAHMADANI/RATEG

    Adi Purwanto

    ke hal 15 kol 5

    LINTAS

    ADI MULYADI/RATEG

    SANTUNAN - Ketua panitia santunan Muha-raman Bazda Kota Tegal Khaerul Huda di-

    Rp 100 Juta untukPendidikan dan Anak Yatim

    MUHARAM 1436 H/2014 M, Badan AmilZakat Daerah (Bazda) Kota Tegal menyalurkandana Rp 100 juta untuk bantuan pendidikandan menyantuni anak yatim. Santunan terse-but diberikan langsung kepada siswa-siswiyang berhak menerima, Sabtu (8/11), diPendopo Balai Kota.

    ke hal 15 kol 5

    ABIDIN ABROR/RATEG

    MEMIKAT - Ribuan penonton menyaksikan pentas Wayang Santri Ki Enthus Susmono.

    Ribuan Jamaah Padati Jalingkut

    Haul ke-5 Gus Dur di Kelurahan Tegalsari

    Seperti tahun-tahun sebelumnya, Majelis Wilayah Cabang (MWC)Nahdalatul Ulama (NU) Kecamatan Tegal Barat bekerja sama dengan

    kelompok bakul ikan dan kelompok nelayan kembali mengadakan tahlildan Istighosah Haul ke-5 KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

    HAUL berlangsung di perti-gaan Jalan Lingkar Utara (Ja-lingkut) Jalan Pierre TendeanKelurahan Tegal Sari KecamatanTegal Barat, Jumat (7/11) malam.Haul Gus Dur malam itu dihadirioleh ribuan warga dari berbagai

    daerah. Bahkan karena banyak-nya jumlah jamaah yang hadir,ribuan jamaah, sebagian besar-nya ibu-ibu, mengikuti haul de-ngan duduk lesehan di perti-gaan jalan.

    ke hal 15 kol 1

    RIBUAN JAMAAHPADATI JALINGKUT

    CMYK

  • RADAR TEGAL SENIN, 10 NOPEMBER 2014website: radartegal.com, epaper: epaper.radartegal.comPEMALANG10

    SMAPGRI 1 Gelar KBOTAMAN Penggemblengan terhadap anggota OSIS baru

    SMA PGRI 1 Taman telah dilaksanakan dalam rangkaian KegiatanKemah Bakti OSIS (KBO) Selasa (4/11) hingga Jumat (7/11)lalu, di Perkemahan PTPN IX Kebunan Semugih , KecamatanMoga. Kegiatan ini diikuti sebanyak 112 siswa kelas X dan XIsebagai peserta dan guru sebagai panitia.

    Kemah Bakti OSIS (KBO) adalah kegiatan perkemahan bagisiswa yang menjadi anggota OSIS, dan merupakan programrutin sekolah yang dilaksanakan satu kali dalam setahun. Selainanggota OSIS kegiatan ini juga diikuti oleh anggota PMR (PalangMerah Indonesia) dan PKS (Patroli Keamanan Sekolah).

    Kepala Sekolah SMA PGRI 1 Taman, Drs H MaknunAndriansah MA, kepada Radar Sabtu (8/11) menjelaskan,Kegiatan ini dilakukan setiap tahun dengan tujuan untukmempererat persaudaraan diantara siswa.

    Yang terpenting dalam kegiatan ini siswa dapat menumbuhkembangkan sikap percaya diri, kemampuan kerjasama, jiwakompetitif sportif, dan sikap toleransi pada setiap individu siswa, urainya.

    Dalam melaksanakan KBO siswa diberikan materi berupa,latihan dasar kepemimpinan, wawasan organisasi serta malamharinya dilaksanakan pengukuhan ketua OSIS dan saresehanoleh kepala sekolah. Perhelatan KBO ini semakin lengkap dengandiadakanya senam, outbond dan lintas alam. Bhakti sosial jugamewarnai kegiatan KBO kali ini, dengan memberikan pakaianpantas pakai dan alat tulis kepada SD Negeri 07 Banyumudaldan Panti Asuhan Yatimdarun Al Aitam PKU MuhammadiyahMoga.(san/sri)

    MOHAMAD HASANUDIN/RADAR PEMALANG

    MENGHIBUR-Kegiatan KBO OSIS siswa SMA PGRI 1 Taman.

    PENTOL RAH

    Pemkab JanjiKeruk

    PEMALANG Muara Tan-jungsari di Kelurahan Sugih-waras, Kecamatan Pemalangsering mengalami pendang-kalan. Kondisi tersebut men-jadi keluhan warga nelayan,karena perahu mengalamikandas sehingga sulit untukberangkat melaut mencariikan.

    Keluhan itu, disampaikanoleh Weli Sukiswo kepadapemerintah melalui KepalaDinas Kelautan dan PerikananPemalang saat menghadiriacara sedekah di TPI Tanjung-sari. Menurutnya kondisimuara yang sering mengalamipendangkalan karena upayapemerintah dalam mengatasimasalah itu tidak secara mak-simal. Sebab pengerukan ti-

    dak dilakukannya secara ru-tin.

    Nelayan sering mengeluh-kan pendangakalan muara.Akibat kondisi ini nelayan ke-sulitan untuk berangkat me-laut, sehingga mennunggu airpasang. baru bisa berang-kat,katanya, kemarin.

    Dia menginginkan adanyakeseriusan dari pemerintahdaerah, yaitu melakukan pe-ngerukan secara rutin 3 bulansekali atupun minimalnya 6bulan sekali. Sehinga usahanelayan berjalan lancar tidakmengalami kendala akibatpendangkalan muara.

    Kepala Dinas Kelautan danPerikanan Muntohir, men-dengar keluhanan warga nela-yan mengenai pendangkalanmuara, berjanji akan mela-kukan pengerukan muara se-cara rutin. Dia juga menyam-paikan keinginan bupati akan

    terus memberikan perhatiankepada nelayan yaitu denganmelakukan pengerukan mua-ra secara terus menerus.

    Jangan khawatir keluhannelayan, akan kami lakukansebagai antisipasi seperti yangtelah diinginkan bupati tidakhanya pengerukan saja tapipeningkatkan sarana prasara-nanya,ujar dia seraya menam-bahkan, ke depan pengerukanakan dilakukan secara mak-simal sehingga tidak lagi men-jadi keluhan warga nelayan.

    Muntohir, juga berharapagar warga nelayan untuk te-tap melelang ikannya di TPITanjungsari dan tetap meme-lihara dan menjaga sarana pra-sarana yang ada. Sehingga apayang menjadi harapan peme-rintah dan masyarakat nela-yan dapat tercapai yaitu me-ningkatkan kesejahtera-an.(apt/sri)

    Muara Dangkal, Perahu Kandas

    AGUS P/RADAR PEMALANG

    MELEPAS Kepala Dinas Kelautan da Perikanan PemalangMuntohir saat melepas sesaji di TPI Tanjungsari.

    AGUS P/RADAR PEMALANG

    PELANTIKAN Anggota DPRD Pemalang dari PKBNurhidayati (kanan) saat dilantik di gedung dewan.

    LatgabTanggapDaruratRelawanPMIse-Bakorwil IIIPULOSARI- Bakorwil III PMI Jawa Tengah menyelenggarakan

    Latihan Gabungan KSR Manajemen Tanggap Darurat Bencana,yang bertempat di Lapangan Desa Gambuhan KecamatanPulosari Kabupaten Pemalang. Dengan jumlah peserta PMIKabupaten/ Kota Se Korwil III berjumlah 110 orang. Berasal dariKSR/TSR dan anggota Tagana serta lebih kurang 16 Fasilitator,terdiri dari fasilitator profesional dan Alumni peserta pelatihanSatgana Provinsi Jawa Tengah serta dari Fasilitator PMIKabupaten Pemalang.

    Relawan PMI merupakan Barisan terdepan dalam bidangkemanusiaan, yang mana Relawan PMI ini merupakan salahsatu kekuatan PMI. Dalam melaksanakan kegiatan-kegiatankemanusiaan dibidang Kemanusiaan, Kesehatan dan SiagaBencana, mempromosikan 7 Prinsip PM/BSM Internasional, sertamengembangkan kapasitas organisasi PMI itu sendiri.

    Slamet Riyadi, Ketua Panitia Pelaksana Latihan gabunganmengatakan, Kegiatan ini tujuan umum adalah membentukkarakter anggota relawan (KSR) yang tanggap, sigap, terampildan professional, meningkatkan profesionalisme anggota KSRPMI Kabupaten / Kota khususnya di korwil III. Kemudian untuktujuan khusus adalah meningkatnya pengetahuan sikap danketrampilan peserta dalam manajemen tanggap darurat bencanaberdasarkan protap tanggap darurat bencana PMI.

    Peserta mampu bekerjasama dengan sibat, satgana PMIKabupaten dan PMI Pusat, maupun masyarakat serta stakeholder lainnya. PMI memiliki anggota KSR yang terlatih yangdapat dimobilisasi saat tanggap darurat bencana, ungkapnya,Sabtu (8/11).

    Adapun beberapa kegiatan yang dilaksanakan dalam Latihangabungan ini yaitu, Materi teori dan praktek antara lain SphereShelter, Sphre Watsan, Sphere Dapur Umum, Distribusi, CodeOf Conduct, Protap TDB, Pemetaan dan Komunikasi, Relief dandistribusi dengan metode kegiatan kedisiplinan, ceramahinformatif, brainstorming, Tanya jawab, diskusi kelompok,pemutaran film, role play, studi kasus, praktik, table top exer-cise dan simulasi lapangan.Diharapkan dengan adanya kegiatanini, PMI di wilayah Korwil III mempunyai Tim SAR yang memilikiketrampilan Manajamen pelayanan dan siap di mobilisasi untuktanggap darurat bencana, pelayanan tanggap darurat bencanaPMI dapat berjalan secara cepat, tepat dan terkoordinasi,peserta memiliki sikap disipiln, tegas, sigap tanggap dan terampil.

    Strategi kegiatan yang dilakukan dalam pelaksanaan Latgabini 30% materi dan 70% untuk simulasi lapangan. Denganstandar nilai berdasarkan pada standard nilai pelatihan, selamalatihan gabungan relawan PMI, para peserta ditampung dalamtenda barak dan sekaligus untuk tempat istirahat, ungkap HadiSucipto.(maf/sri)

    LINTAS

    MOGA - Untuk melestari-kan lingkungan utamanya po-hon yang merupakan paru-paru dunia. Koramil 10/Mogamelaksanakan kegiatan men-cabut paku, kegiatan tersebutmelibatkan seluruh instansi diKecamatan Moga dan wargamasyarakat 4 desa di lintasanjalur utama jalan raya MogaPulosari.

    Danramil 10/Moga KaptenInf Andumiyanta mengata-kan, kegiatan ini dilaksanakandi sepanjang jalur utama yangberjarak sekitar 5 kilometer.Dengan sasaran paku-pakuyang menempel di pohonatau tanaman yang berada dipinggir jalan. Ini dilakukanuntuk menjaga kelestarianlingkungan agar pohon dapattumbuh dengan baik.

    Ini menjadi gerakan awaldan sarana sosial supaya se-mua warga masyarakat cintatanaman. Sehingga orang-or-ang yang sering melakukanpemasangan reklame atau se-lebaran dengan memakunyadi pohon menjadi sungkanUngkapnya, Jumat (8/11).

    Sedangkan Camat MogaDrs Fera Joko Susanto yangikut langsung dalam kegiatantersebut mengatakan, mema-sang sesuatu di pinggir jalandengan cara dipaku di pohontidak normatif. Apalagi di ping-gir jalan dan ini hampir terjadidisetiap jalan, utamanya jalanutama. Sehingga kegiatanyang melibatkan seluruh ins-

    tansi ini sangat tepat sebagaiupaya persuatif agar masya-rakat sadar, termasuk dari sisiKebersihan Keindahan danKetertiban (K3) nya.

    Ini merupakan kegiatanuntuk pembenahan karakter,dengan suatu kegiatan danmencoba rubah menzet ma-syarakatnya Ungkpnya.

    Diharapkan dengan adanyakegiatan seperti ini masyara-kat sadar K3, kegiatan yangsebelumnya dinilai lazim ter-nyata tidak tepat, masyarakatmerubah menzet agar dapatmelestarikan pohon sebagaiparu-paru dunia. Dan yanglebih mendasar adalah disumber daya manusianya,serta pola pikir masyarakatkarena pohon bukan tempatuntuk bisnis atau lainya yangtidak tepat sasaran.

    Di tempat terpisah, hampirseluruh anggota TNI di bebe-rapa tingkatan di wilayah Pro-vinsi Jawa Tengah melakukankegiatan gerakan cabut pakudi pohon. Tidak terkecuali,Komando Rayon Militer (Ko-ramil) 04 Comal dalam kegia-tan Jumat Bersih juga diman-faatkan untuk melakukan ke-giatan Gerakan Cabut Paku diPohon. Gerakan cabut pakutersebut juga diikuti oleh pe-rangkat Desa Kauman Keca-matan Comal serta warga seki-tar, Jumat (07/11) kemarin.

    Kegiatan tersebut merupa-kan instruksi dari GubernurJawa Tengah melalui surat

    edaran nomor 660/010287tanggal 7 Oktober 2014 yangditeruskan ke Korem di wila-yah Kodam IV Dipnegoro dandilanjutkan ke Kodim hinggake Koramil. Kegiatan tersebutdalam rangka menghijaukan,menyehatkan dan mempe-rindah lingkungan.

    Danramil 04 Comal Kapt Inf.Agus Sunardi di lokasi kegiatankegiatan tersebut dimaksudkanuntuk membersihkan pohon-pohon yang berada di sepanjangtepi jalan dari paku-paku yangdipasang oleh seseorang baikmemasang pamphlet, spandukataupun jenis reklame lainnyayang ditinggalkan begitu sajaoleh pemasangnya.

    Maksud dari kegiatan iniadalah sebagai rasa peduliterhadap lingkungan, karenaapabila paku-paku dibiarkanmenancap di pohon dalamwaktu yang cukup lama, po-hon tersebut tidak akan ber-kembang dengan maksimal.(maf/rid/sri)

    M. RIDWAN RADAR PEMALANG

    CABUTI PAKU - Anggota Koramil 04 Comal mencabuti paku yang ada di pohon.

    Ubah Perilaku Masyarakat

    Anggota FraksiPKB Harus Kritis

    PEMALANG KetuaDPC Partai KebangkitanBangsa (PKB) KabupatenPemalang Abdul Muhai-min meminta kepada selu-ruh anggota fraksi dari PKByang ada di DPRD agar ber-sikap kritis terhadap ekse-kutif dalam hal ini peme-rintah daerah. Hal itu dila-kukan sebagai upaya par-tainya dalam ikut menga-wal pembangunan di Ka-bupaten Pemalang.

    Anggota fraksi PKB ituharus amanah dan haruskritis kepada eksekutif danjuga kritis kepada semuamitra kerjanya agar dalammengawal APBD berjalanbaik sesuai prosedur yangada,katanya saat meng-hadiri pelantikan AnggotaDPRD dari PKB Nurhida-yati, di gedung dewan, ke-marin.

    Dia juga berharap kepa-da semua anggota fraksi

    PKB agar bekerja keras da-lam mengemban anamatrakyat. Sehingga dapat ikutserta membangun Kabu-paten Pemalang sesuaiyang diharapkan bersama.Terkait dengan pelantikananggota DPRD dari par-tainya, yaitu Nurhidayatiyang sebelumnya sempattertunda karena berhala-ngan sedang menunaikanibadah haji ke tanah suci.

    Pihaknya selaku pim-pinan partai, berharap ke-pada Nurhidayati untuksegera bekerja dan segeramenancapkan gasnya, se-gera menyesuaikan diri de-ngan teman-temann lain-nya yang lebih daku dilan-tik.

    Sehingga dalam bekerjanantinya tidak ketinggalandengan teman-temannyayang sudah dilantik duabulan yang lalu 6 Septem-ber 2014 lalu. (apt/sri)

  • TEGAL METROPOLISRADAR TEGAL SENIN, 10 NOPEMBER 2014website: radartegal.com, epaper: epaper.radartegal.com 11

    Satpol PPTerjunkan SatuPleton Personel

    DINAMISASI Kota Tegalberkonsekwensi terhadapmunculnya lokasi-lokasi yangrawan ketertiban dan keten-traman. Karena itu, Peme-rintah Kota (Pemkot) melaluiSatpol PP terus melakukanpemantauan ketat terhadaptempat-tempat tersebut.

    Pantauan ketat yang dise-but Kasi Penegakan Perda danPerwal Satpol PP Kota TegalEdi Prayino, dengan namaPatroli Wilayah ini, kali per-

    tama dilaksanakan Rabu (5/11) malam. Menurut Edi, giatpatroli oleh Satpol PP seja-tinya sudah ada sejak lama.Namun pelaksanaannya lebihbersifat umum dan intensi-tasnya tidak begitu sering.

    Patroli wilayah sebelum-nya tidak spesifik seperti pat-roli wilayah yang mulai di-galakkan Rabu malam lalu danselanjutnya, kata Edi.

    Dijelaskan, sasaran patroliwilayah yang lebih spesifik disini adalah hal yang berkaitandengan ketertiban dan ke-tentraman masyarakat. Se-bab, tidak bisa dipungkiri, sei-ring kemajuan pembangunan

    kota, lokasi-lokasi kerawanandan ketertiban soasial kianmarak.

    Masalah ketertiban dankerawanan banyak dikeluh-kan masyarakat. Oleh karenaitu, kami menyikapi dan me-nindaklanjutinya dengan ke-giatan pemantauan intensif.

    Edi menguraikan, masalahketertiban dan kerawananyang kerap dikeluhkan ma-syarakat antara lain masalahpacaran yang tidak sewajar-nya, aksi minum-minumankeras, balapan motor (trek-trekan) dan hal lainnya yangmengganggu masyarakat.

    Adapun beberapa lokasi

    yang kerap digunakan aksi-aksi tersebut di antaranya diwilayah Jalan Lingkar Utara(Jalingkut). Kemudian di areakosong belakang gedung PPIBdan Taman Budaya Tegal(TBT). Lalu kawasan wisataalama atau Pantai Alam Indah(PAI), GOR Wisanggeni, Ta-man Poci, area belakang Puredi Jalan Batam dan sejumlahlokasi lainnya.

    Lebih jauh Edi mengurai-kan, lokasi-lokasi itu akan di-pantau ketat secara rutin, 4kali dalam sebulan. Patroliwilayah dimulai pukul 21.00sampai dengan 24.00, kata-nya.

    Ditambahkan KoordinatorTim Inti Satpol PP yang jugaPPNS, Amin Suseno, sekalipatroli dikerahkan personelsebanyak satu satuan tingkatpleton.

    Sasaran patroli akan ber-ganti atau berubah-ubah lo-kasinya, sehingga tidak bisaditebak-tebak oleh oknumtidak bertanggungjawab.

    Apabila dalam giat adayang tertangkap akan diberipembinaan ditempat. Namun,jika terindikasi ranah pidana,kami akan koordinasikan den-gan pihak kepolisian gunamenindaklanjutinya, terangAmin. (adi/duh)

    Lokasi Rawan Dipantau KetatADI MULYADI/RATEG

    PATROLI WILAYAH Jajaran Satpol PP sedang melaksanakan tugasnya. Mereka membawa beberapa warga yang terjaring razia.

    Tahun baru Islamdisambut suka citaoleh warga muslim

    Kota Tegal, terutamadi lingkungan

    pendidikan. Beragamcara dilakukan untukmerayakannya. Salah

    satunya yangdilakukan oleh PAUD

    Aisyiyah Kejambon,Jumat (7/11) lalu.

    LAPORAN: K. ANAMSYAHMADANI

    KEPALA TK Aisyiyah TatiJunaedah SPdAUD menga-takan, kegiatan Muharamanini merupakan program ta-hunan, yang selalu dipriori-taskan dalam anggaran. Pe-ringatan tahun ini bentuknyasantunan untuk warga dhuafadi sekitar PAUD. Hal ini tujuan-nya untuk mendidik anak agarpeka terhadap lingkungan.

    Kegiatan ini berlangsungselama dua hari. Diawali de-ngan rangkaian hafalan doasehari-hari, hafalan surat pen-dek, santunan sembako. Pun-caknya, pawai taaruf dan kun-jungan ke Panti Asuhan Putradilakukan Sabtu (8/11).

    Kami sedini mungkin me-latih anak berkhlak mulia, me-numbuhkan empati kepadaorang yang tidak mampu. Kedepan, kami berharap merekamampu menjadi orang yangpintar dan dermawan, ujarTati.

    Sedikitnya, sembilan pialadisediakan sebagai bentukganjaran pada mereka yangmenjadi juara lomba. Kegia-tan ini, terselenggara atas ker-jasama dengan Ikatan WaliMurid (Ikwam) PAUD AisyiyahKejambon.

    Sebanyak 21 dokar turun kejalan mengarak anak-anak un-

    K. ANAM SYAHMADANI/RATEG

    SALAMAN Murid bersalaman dengan penerima santunan.

    Peringatan Tahun Baru Islam 1436 H PAUD Aisyiyah Kejambon Kota TegalMendidik Anak Peka terhadap Lingkungan

    tuk mengikuti pawai taaruf.Rutenya, Jalan Werkudara,Jalan Sumbadra, Jalan Abima-nyu, Jalan Semeru, Jalan Ten-tara Pelajar, Jalan Pancasila,Jalan KH Ahmad Dahlan, JalanKartini, Jalan AR Hakim, JalanSultan Agung, dan finish diPAUD Aisyiyah Kejambon.

    Tati menambahkan, dise-lenggarakannya pawai taarufmenyiratkan, bahwa bukanhanya tahun baru nasionalsaja yang bisa ramai dan pe-nuh terompet.

    Sehingga, anak-anak lebihcinta dengan tahun baru Is-lam, yang terkadang terabai-kan. Ke depan, semoga san-tunan bisa semakin mening-kat. Semakin banyak berbagi,kami semakin senang, ung-kapnya.

    Sementara, dalam tausiyah-nya, Ustadz Ghusni Darodja-tun menyampaikan kajian Su-

    rat At-Taubah ayat 20-23. Bah-wa, ada tiga kunci kemena-ngan dalam hidup, yakni Iman,Hijrah, dan Jihad.

    Ghusni lalu menjelaskanpengertian iman, yakni yakinsecara sempurna kepada Al-lah, terhadap sifat mulia-Nya,asmaul husnaNya, kehendak-

    Nya, serta semua ketentuan-Nya. Smeentara hijrah, arti-nya meninggalkan semua yangdilarang Allah. Sedangkan,jihad merupakan bersungguh-sungguh dalam mengopti-malkan semua potensi yangdiberikan Allah.

    Kemenangan yang hakiki

    adalah kemenangan dalamhidup di dunia dan hidup aba-di setelah kehidupan dunia.Allah memotivasi kita lewatfirman-Nya, setiap yang ber-jiwa pasti merasakan mati. Makasiapa saja yang dijauhkan darineraka dan dimasukkan kedalam surga maka sungguh iatelah mendapatkan kemena-ngan hakiki. Dan kehidupandunia tiada lain kecuali per-hiasan yang menipu, katanya,menyitir QS Ali Imran ayat 185.

    Dalam kesempatan ini, Ghus-ni menceritakan kisah masukIslamnya Professor Tajasat Ta-jasun yang dulunya beragamaBudha. Pakar kulit Thailanditu, mempelajari QS An Nisaaayat 56, seraya berkata, pan-tas Allah memberikan huku-man pada orang yang ingkardengan menghanguskan kulitmereka di nerakaNya nanti.(*/duh)

    UNTUK memelihara buda-ya nasional yang harus terusdikembangkan, grup musikBalo-balo Polmas JakwireWong Tegal ikut hadir dantampil dalam acara Konsermusik yang digelar oleh Pro-jam music di Lapangan depanGOR Wisanggeni, Sabtu (8/11)malam.

    Tampilan Balo-balo yangdimainkan oleh para Polwandan Polri Jajaran Polres TegalKota itu sebagai upaya nguri-nguri kesenian daerah denganmengangkat kearifan budayalokal yang dikemas dalamJakwire Wong Tegal.

    Dalam kesempatan terse-but Grup Balo-balo Polmasyang berkolaborasi denganReplay Band menampilkantembang-tembang yang ber-lirik bahasa daerah Tegalan,termasuk wangsalan yang be-risikan pesan kamtibmas. La-gu tegalan ciptaan senimanKota Tegal H. Tambari di an-taranya Sinok Sitong dan Um-brus juga dilantunkan.

    Kapolres Tegal Kota AKBPBharata Indrayana,Sik menga-takan bahwa Polmas JakwireWong Tegal bersifat proaktifdan berorientasi pada peme-cahan masalah secara informal.

    AGUS WIBOWO/RATEG

    BALO-BALO Balo- Balo Polmas Jakwire Wong Tegal ikuttampil dalam konser musik di GOR Wisanggeni.

    Balo-Balo PolmasIkut Tampil di ProjamMusic Concert

    Kata Polmas Jakwire WongTegal sendiri itu adalah sepertimode atau istilah. Polmas bi-sa diartikan Perpolisian atauPemolisian (pemberdayaansetiap komponen dan segalasumber daya yang dapat dili-batkan dalam pelaksanan tu-gas, red). Penyelenggaraantugas kepolisian yang men-dasari kepada pemahamanuntuk menciptakan kondisiaman dan tertib, jelasnya.

    Hadirnya program ini jugaguna mendeteksi gejala yangdapat menimbulkan permasa-lahan di masyarakat, sertamampu mendapat solusi un-tuk mengantisipasi masalah,dan mampu memelihara kea-manan dan ketertiban ling-kungannya.

    Polmas sebagai strategi,implementasi pemolisianproaktif yang menekankankemitraan sejajar antara polisidan masyarakat dalam upayapencegahan dan tangkal keja-hatan. Dan Polmas sebagaifalsafah suatu model pemo-lisian yang menekankan hu-bungan yang menjunjung ni-lai-nilai sosial atau kemanu-siaan dalam kesetaraan, sepertiadanya komunikasi yang baik,pungkasnya. (gus/duh)

  • RADAR TEGAL SENIN, 10 NOPEMBER 2014website: radartegal.com, epaper: epaper.radartegal.comRADAR BREBES14

    RSUD Brebes (0283) 671431RSU Bhakti Asih (0283) 671279 / 673481RSIA Mutiara Bunda Tanjung Brebes (0283) 877222RS Dera As Syifa Banjarharjo Brebes (0283) 889588/

    889548RS Dedy Jaya, Jl. A. Yani No. 57 Brebes (0283) 672145/

    672525- IGD/Ambulance (0283) 3287503

    TELEPON PENTING

    WONGE DEWEK

    AJIB AH...

    MEA Bukan AncamanPERJANJIAN pasar bebas regional negara kawasan Asean

    atau Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) segera berlangsung2015 mendatang. Sejumlahpihak mulai khawatir, karenatakut tergerus persainganantar bangsa. Namun, pelakuusaha kecil dan menengak diKabupaten Brebes agar tidakterlalu cemas yang berlebihanmenghadapi MEA.

    MEA itu bukan ancaman,tapi menjadi tantangan karenapasar bebas itu bukan berartitanpa aturan. Kita harus optimisdan berusaha lebih giat lagimenghadapi tantangan, kitaakan tetap eksis, kata KepalaDinas Koperasi dan UMKMPemkab Brebes, Sutejo SE saat

    dialog interaktif RSPD, kemarin.Dia menyampaikan perhatian Bupati kepada sektor ekonomi

    kerakyatan dalam bentuk UMKM maupun Koperasi di KabupatenBrebes cukup besar. Sehingga pembinaan dan pengembanganakan selalu ditingkatkan, termasuk dalam menghadapi kompetisidi masa mendatang. Pembinaan itu sebagai bagian dari tekadPemkab Brebes untuk meningkatkan perekonomian masyarakatkecil dan menengah.

    Sutejo menyampaikan, pihaknya siap membantu fasilitasipada akses permodalan kepada perbankan maupun sumberlain, atau dalam pembinaan pengelolaan produk UMKM. Darirangsangan dan perhatian kepada UMKM, niat masyarakat untukberproduksi juga akan lebih meningkat. Jumlah UMKM saat inisudah mencapai 103.366 jenis, dimana setiap tahunnyadilakukan pembinaan dan pemberdayaan kepada 4 ribu UMKMsecara bertahap. Hingga kini sudah ada 26 ribu UMKM yangmendapat pembinaan.

    Selain pelatihan pemasaran, kita juga fasilitasi peningkatankualitas produknya, misalnya dengan membantu labelisasi PIRTdari Dinkes maupun label halal. Ini agar produk UMKM kita bisaditerima dan bersaing di pasar modern, katanya.

    Sementara geliat koperasi di Kabupaten Brebes sebagaisoko guru ekonomi juga bergairah lagi. Dari total 334 unityang tersebar di 17 kecamatan, 252 koperasi dalam kondisiaktif, sementara 82 tidak aktif. Padahal di tahun se-belumnya, jumlah koperasi yang tidak aktif mencapaisebanyak 95 koperasi. Setiap tahun, Pemkab menargetkanjumlah koperasi yang tidak aktif agar bisa aktif kembali 5sampai 10 lembaga. (ism/hun)

    DOK.RATEG

    Sutejo SE

    DALAM upaya mengurangi tingkatkemiskinan, sekaligus memenuhipencapaian kesejahteraan dan mem-buka kesempatan bagi masyarakatpedesaan. Pemkab Brebes melaluisalah satu Perusahaan Daerah (PD) dibidang perbankan, yakni PD BPR BKKberkomitmen untuk terus memberi-kan kesempatan kepada kelompok-kelompok usaha ekonomi produktif.

    Sehingga melalui BUMD ataupunPD yang ada, Pemkab akan terus me-nggali potensi ekonomi produktif ma-syarakat. Sehingga kedepan, jumlahangka pengangguran akan terus ber-kureang. Imbasnya, angka kemiski-nan juga ikut terus berkurang.

    Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE,mengatakan, Pemkab Brebes mem-beri apresiasi pada PD BKK Banjar-harjo, yang kini semakin berkembangdan dapat membantu meningkatkanperekonomian masyarakat.

    BKK Banjarharjo sangat mem-bantu masyarakat, khususnya dalammeningkatkan ekonomi dengan mem-berikan dukungan permodalan. Ter-utama kepada kelompok usaha eko-nomi produktif masyarakat desa da-lam bidang keuangan, terangnya.

    Karenanya Bupati berharap ke-depan PD BPR BKK Banjarharjo se-makin berkembang, sehingga dapatlebih memberikan pelayanannya ke-pada masyarakat melalui produk-produk perbankan yang ada.

    Salah satunya adalah Tamades ini,dengan semakin banyak masyarakatyang memanfaatkannya, pertandasemakin tinggi pula tingkat keper-cayaan masyarakat pada lembagakeuangan milik Pemda ini, kata Idza.

    Direktur Utama PD BKK Banjar-harjo, Madjaeni SE menyampaikan,BKK Banjarharjo berhasil memper-oleh anugrah BPR Award yang ke 4 kali

    pada tahun 2014 ini, untuk kategoriasset Rp 25 Milyar sampai dengan Rp50 Milyar.

    Penganugrahan ini tidak lepas dariperan aktif seluruh jajaran BKK Ban-jarharjo, sekaligus menjadi motivasidan tantangan agar lebih baik dariaspek kinerja, pelayanan, pengelolaanasset, modal serta kualitas produkbaik funding maupun lending, ung-kap Madjaeni.

    Slain itu lanjut dia, sebagai upayamewujudkan tata kelola perusahaan

    dibidang internal control atau pe-ngawasan internal, serta keamananasset lembaga, PD BPR BKK Ban-jarharjo melakukan update maupunupgrade terhadap perkembanganteknologi.

    Salah satunya dengan adanya up-date aplikasi CCTV online dan secu-rity control terhadap aplikasi sistemakuntansi di setiap cabang. Denganadanya aplikasi itu aktifitas di setiapcabang dapat terpantau secara onlinedari kantor pusat, terang Mardjaeni.

    Dalah kegiatan tersebut dilakukanpenyerahan hadiah kepada para na-sabaha, selain itu juga disalurkanbiasiswa Gerakan Nasional Orang TuaAsuh (GN OTA) kepada 65 siswa-siswiSD di Kecamatan Bumiayu dan Siram-pog dengan total bantuan sebesar Rp7.800.000. Kegiatan dihadiri perwa-kilan dari Biro Perekonomian ProvinsiJawa Tengah, anggota DPRD Brebes,para pimpinan Cabang BPR BKK Ban-jarharjo serta nasabah. (teguhsupriyanto/hun)

    Kurangi Angka Kemiskinan-Pengangguran

    TEGUH SUPRIYANTO/RADAR BREBES

    SANTUNAN - Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE menyalurkan santunan GN OTA kepada siswa kurang mampu.

    GP Ansor SiapJadi GardaDepan

    BUMIAYU - Munculnya or-ganisasi garis keras, denganmengatasnamakan agama yangkian marak belakangan ini meng-gugah Gerakan Pemuda (GP)Ansor untuk meningkatkansoliditas dan peran, sebagaiupaya mencegah pertumbu-han kelompok radikal ini.

    Seperti dilakukan ForumKomunikasi GP Ansor se-Bre-bes Selatan. Melalui kegiatangebyar Peringatan Tahun BaruIslam 1 Muharam 1436 Hijriah,menggelar serangkaian ke-giatan didalam upaya mem-bentengi para generasi muda.

    Ketua panitia kegiatan, dr MFajar Muharam, mengatakan,beberapa kegiatan diantara-nya seminar pemuda GP An-sor, dengan tema Memben-tengi generasi muda dari fa-ham radikal dan pergaulanbebas, lomba marchingbandtingkat S