radar lampung | senin, 21 januari 2013

32

Click here to load reader

Upload: ayep-kancee

Post on 22-Mar-2016

573 views

Category:

Documents


120 download

DESCRIPTION

Senin, 21 Januari 2013

TRANSCRIPT

Page 1: RADAR LAMPUNG | Senin, 21 Januari 2013

’’INI gara-gara BUMN,’’ ujar Perdana Menteri Kay Rala Xanana Gusmao. ’’Gara-gara banyak proyek ditangani BUMN, jarang hujan di sini,’’ tambahnya.

Saya baru tertawa le bar setelah Pak Xanana me-neruskan kata-kata nya. ’’Rupanya, mereka pada membawa pawang hujan ke sini. Agar pro yeknya cepat selesai,” katanya. Setelah saya tertawa pan-jang, rupanya, beliau ma-sih belum kehabisan stok humor. ’’Lain kali pawang-nya harus lebih pintar ya. Yang dibuat tidak hujan cukup beberapa meter di lokasi proyek saja,” ujarnya.

BUMN, rupanya, sangat terkenal di Timor Leste, negeri yang baru berumur 10 tahun sejak lepas dari Indonesia. Kini banyak sekali proyek infrastruktur yang tender interna-sionalnya dimenangi BUMN seperti PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. atau Wika dan PT PP (Persero) Tbk.

Sore itu, Kamis lalu, begitu men-darat di Dili dengan pesawat BUMN Merpati Nusantara, dan setelah

diterima PM Xanana, saya langsung ke Taman Makam Pahla wan Seroja. Di situ, saya merenung-kan jasa dan pengor-banan para pah lawan yang jumlahnya lebih dari 3.000 orang itu. Di situ, saya mene guhkan tekad bahwa pengor-banan mereka tidak bo-leh sia-sia.

Tujuan mereka dahulu adalah untuk membangun jajahan Portugal tersebut agar tidak terus-menerus menderita. Tujuan itu kini bisa diamanatkan untuk diteruskan BUMN: ikut membangun Timor Leste secara ekonomi. Maka, teman-teman BUMN bertekad untuk terus aktif memenangi berbagai tender proyek di sana.

Murah karena Semua Diproduksi Sendiri

Satu Tewas, Warga Dievakuasi

Membawa donor sendiri tidak berarti pasien bisa mendapatkan darah dengan cuma-cuma alias gratis. Sebab untuk mengambil darah dari tubuh donor, butuh biaya untuk jarum, kantong darah, serta reagent (zat kimia untuk memeriksa kelayakan darah dan golongannya). Itu kalau yang dibutuhkan adalah whole blood atau yang oleh masyarakat awam dikenal dengan istilah darah segar.

Kalau yang dibutuhkan adalah plasma, trombosit, atau sel darah merah saja, biaya yang diperlukan lebih besar. Sebab, darah dari donor harus menjalani proses tambahan untuk memisahkan komponen-komponennya.

Susahnya kalau si pasien tidak punya keluarga yang golongan darahnya sama. Atau, jumlahnya tidak

sebanyak darah yang dia butuhkan. Dengan demikian, dia harus mencari orang yang mau mendonorkan darahnya. Itu pasti tidak bisa gratis. Harus ada ’’tanda terima kasih”-nya.

Pada masa itu, mencari donor bayaran seperti ini tidak sulit karena banyak berkeliaran di sekitar unit transfusi darah PMI.

Mereka sengaja mangkal di situ untuk ’’menyambut” para keluarga pasien yang membutuh kan darah. Selain menawar kan dirinya sendiri, ada yang berperan sebagai perantara alias makelar. Makelar darah tidak berbeda dari makelar tiket pesawat dan kereta api, rumah, mobil dan motor, atau yang lain. Mereka menjadi perantara antara penjual dan pembeli.

http://www.radarlampung.co.id Berlangganan, Hubungi: 0721 - 782306-7410327

Baca TERPUTUS Hal. 4

Baca REKRUTMEN Hal. 4

Baca TAISO Hal. 4

Baca MURAH Hal. 4

Kunjungi Palang Merah Thailand, Bukan Sekadar Tempat Donor Darah (3-Habis)

Disdik Dilarang Utang

Taiso dan AmanatPahlawan Seroja

DAHLAN ISKANMenteri Negara BUMN

POTRET KEADILAN

Terputus di PolrestaKETUA DPP Granat Henry Yoso-

diningrat membantah jika DPD Granat Lampung tidak melaksanakan ins-truksinya. Menurutnya, sebelum dilakukan gelar perkara di Polresta

Ban darlampung pada Jumat (18/1) lalu, ia telah berkoordinasi dengan Granat

Lampung.’’Ya kalau memang tidak cukup bukti, maka

Granat mendukung Polda Lampung dan Polresta Ban darlampung untuk melepaskan. Namun, saya juga meminta ke DPD Granat Lampung untuk mendesak Polresta Bandarlampung berkoordinasi atau malah melimpahkan kasus ini ke Polda Metro

Massa BakarWarung Remang

MESUJI – Mat Tutul (45) ditemu-kan tewas di sebuah warung di jalan lintas timur (jalintim) Desa Moro-Moro, Kecamatan Wayserdang, Mesuji, pukul 16.00 WIB Sabtu (19/1) lalu.

Saat dilakukan olah tempat kejadian perkara, polisi menemukan kejanggalan. Dugaan kuat, warga Desa Sritanjung, Kecamatan Tan-jungraya, Mesuji, ini dibunuh. Hal itu terungkap dari luka-luka senjata tajam di sekujur tubuhnya.

Dari keterangan yang dihimpun Radar Lampung, ketika ditemukan,

Tutul mengenakan jaket hitam berbahan kulit, celana jins hitam Levis, dan tak jauh dari lokasi juga didapati satu unit motor Honda Supra Fit tanpa nomor polisi.

Kabar tewasnya Tutul cepat menye-bar dan sampai ke Desa Sritanjung.

HONORER K2

Rekrutmen Belum FinalPENGANGKATAN tenaga honorer kategori 1

(K1) menjadi CPNS belum beres, pemerintah sudah dihadapkan dengan kewajiban mengangkat tenaga honorer kategori 2 (K2). Meski pola peng-angkatannya berebeda, potensi kisruh tetap menghantai pengang-katan honorer K2.

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Eko Sutrisno mengatakan, secara teknis proses

pengangkatan tenaga honorer K2 menjadi CPNS masih belum final. ’’Rencananya kita matangkan melalui pembahasan bersama DPR tanggal 23 (Januari) depan,” ujarnya kemarin.

Eko menuturkan, dalam rapat itu akan dibahas sejumlah hal krusial. Misalnya soal kuota dan formasinya. Sebagaimana diketahui jika jumlah tenaga honorer K2 di Indonesia mencapai 600 ribu lebih.

Pemerintah sudah memastikan kalau negara tidak memiliki kemampuan untuk merekrut seluruh tenaga honorer K2 itu.

Baca TERHENTI Hal. 4

BANDARLAMPUNG - Pemerintah Provinsi Lampung memastikan siap jika relokasi ibu kota negara benar-benar terwujud. Berbagai kajian yang pernah dilakukan akademisi pada 2009-2010 lalu, Lampung paling layak.

Dari 12 calon ibu kota pemerintahan yang pernah diusulkan pada tahun 2011 silam (hingga saat ini mangkrak di Istana Negara, Red), yakni Palangkaraya, Lampung, Sentul, Karawang, Lebak, Kuningan, Indramayu, Cirebon, Sulawesi Barat, Papua, Purwokerto, dan Makassar, hanya Lampung yang sudah memiliki kajian segala aspek.

Soal Pemblokiran Rp73 TAnggaran Kemendikbud

JAKARTA - Menghadapi pemblokiran anggaran, Inspektorat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Itjen Kemendikbud) mengeluarkan aturan baru.

Mereka mewanti-wanti para pengguna anggaran, dalam hal ini Dinas Pendidikan (Disdik) kabupaten/kota dan perguruan tinggi negeri (PTN), tidak menyiasatinya dengan berutang kepada bank atau

rekanan peserta tender proyek tertentu.Ketentuan baru ini disampaikan Irjen

Kemendikbud Haryono Umar kemarin. Awal 2012 lalu, dia mengaku kaget ketika mendengar paparan dari salah satu pejabat Kemendikbud yang nekat berutang kepada rekanan.

Ceritanya, saat itu ada pejabat Ke-mendikbud yang hutang dulu ke rekanan

pemenang tender program tertentu. Dia nekat utang karena anggarannya masih diblokir Kementerian Keuangan (Kemenkeu). ’’Nilai programnya miliaran rupiah,” ungkapnya.

Haryono menuturkan jika keputusan berutang kepada rekanan ini berpotensi menim-bulkan kongkalikong antara Kemendikbud dengan rekanan proyek.

MANUFACTURING HOPE 61

SENIN, 21 JANUARI 2013 32 HALAMAN/Rp3.000,-

Bagaimana Palang Merah Thailand bisa ’’menjual’’ darah dengan harga termurah di

dunia? Benarkah karena besarnya dukungan sponsor? Kalau ya, bagaimana mereka bisa

menggaet sponsor yang begitu banyak? Inilah bagian terakhir laporan wartawan Jawa Pos (grup Radar Lampung) TITIK ANDRIYANI

tentang Palang Merah Thailand.

BBM SUBSIDI

Tambah 1.000 SPBUPEMBATASAN penggunaan bahan bakar minyak

(BBM) bersubsidi dan mengalihkannya ke Pertamax untuk kendaraan pribadi belum pasti diberlakukan.

Meski begitu, Pertamina sudah berancang-ancang menambah jumlah outlet SPBU Pertamax dan Pertamax Plus jika kebijakan tersebut akhirnya diambil pemerintah.

’’Rencananya ada penambahan 1.000 SPBU Pertamax dan Pertamax Plus pada tahun ini,” ujar VP Corporate Communication Pertamina Ali Mundakir saat dihubungi kemarin (20/1). Persebaran SPBU Pertamax/Plus tersebut merata di seluruh Indonesia.

Baca TAMBAH Hal. 4

Baca DISDIK Hal. 4

TERHENTI DI ISTANAWacana Relokasi Ibu Kota Negara

KETAT

Para tamu harus mengenakan sepatu khusus untuk masuk ke proyek pembangunan pabrik

baru Kawasumi di Korat.

FOTO-FOTO AFP-RUMGAPRES

JAKARTA KEMBALI MENGGELIAT

Beberapa tempat di Jakarta masih tergenang air cukup tinggi. Namun, ibu kota berangsur pulih. Berbagai sarana transportasi dan perkantoran yang sempat lumpuh mulai normal. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kemarin kembali turun ke lokasi dan mengambil kebijakan penanganan banjir.

FOTO YUSUS A.S.

TERSISA PUING: Warung remang-remang yang dibakar massa buntut dari tewasnya Mat Tutul, warga Sritanjung, Mesuji. Akibatnya, sejumlah warga Moro-Moro dievakuasi untuk mengantisipasi kerusuhan. Hingga tadi malam, kondisi masih mencekam.

DAHULU, 25-30 tahun yang lalu, pasien yang membutuhkan darah (calon resipien) tak jarang harus membawa sendiri donornya, yang golongan darahnya sesuai pasien. Sebab pada masa itu, persediaan darah di PMI masih sangat terbatas. Jumlah donor yang secara sukarela menyumbangkan darahnya juga masih sangat sedikit.

FOTO JPNN

Baca SATU Hal. 4

Satu Untuk Semua

Page 2: RADAR LAMPUNG | Senin, 21 Januari 2013

SENIN, 21 JANUARI 20132

BANDARLAMPUNG – HK Computer yang berlokasi di Jl. Imam Bonjol No. 431, Kemiling, Bandarlampung, selain menjual produk komputer bergaransi, juga melayani jasa perawatan dan perbaikan antar-jemput tanpa dikenai biaya tambahan.

Owner HK Komputer Dedi D. Rusydi menuturkan, produk unggulannya berupa Tablet PC (tabulet) memiliki fitur-fitur setara premium dengan spek tinggi di kelasnya. Tabulet merupakan teknologi komputer berbentuk tablet yang sangat memudahkan Anda dalam mobilitas.

Itu semua dimungkinkan kare-na tabulet didukung dengan fasi-litas fitur terlengkap serta dapat melakukan komunikasi layaknya handphone (SMS, nelepon, dan internet-an). ’’Tabulet dengan berbagai varian harganya berkisar mulai Rp600 ribu sampai Rp2,8 juta,’’ terang Dedi.

Perusahaan Rusydi Group (DCC, Ar-RAihan, dan Kevin Pro-duction) tersebut melayani servis antar-jemput tanpa ada biaya tambahan. ’’Kita akan menangani servis komputer dengan praktisi-praktisi berpengalaman dan free untuk antar-jemputnya. Lalu

diberikan garansi uang kembali,’’ ungkap dia.

Servis yang ditangani antara lain mainboard, notebook, UPS, stabilizer, LCD monitor, LCD pro-jector, monitor CRT, upgrade hardware, install software, virus

cleaning,dan data recovery. HK Computer juga melayani

pembelian baik secara cash mau-pun credit untuk semua produk komputer yang tersedia. Semua produk baik pembelian cash maupun credit diberikan garansi

resmi 1–2 tahun.Untuk info lebih lanjut, tambah

Dedi, dapat langsung mengunjungi showroom HK Computer atau menghubungi ke nomor telepon (0721) 252 324/ faksimile 0721-260 934. (cw2/p2/c3/adi)

Tabulet Bergaransi, Servis Free Antar-Jemput

BANDARLAMPUNG – Yamaha Engineering School (YES) 6 berhasil meluluskan 20 mekanik handal. Mereka telah dibekali ilmu mekanik sepeda motor selama 4 bulan. Penutupan YES 6 dilakukan PT Yamaha Indonesia Motor Manu-facturing (YIMM) bertempat di aula SMK 2 Mei, Sabtu (19/1).

Peserta dari YES 6 merupakan lulusan SMK se-Lampung yang telah diseleksi melalui main dealer Yamaha Lampung yakni PT Lautan Teduh.

Service Manager PT YIMM Harry P. Sugiarta mengatakan, dari segi penilaian kelas khusus di SMK 2 Mei dengan yang mengikuti YES 6 tak jauh beda.

Intinya tidak jauh berbeda karena tetap menjaga kualitas.

’’Yang telah kami berikan dari mulai teori maupun praktik selama 4 bulan ini akan dikembangkan lagi. Tapi yang jelas mereka telah masuk jaringan main dealer Ya-maha PT Lautan Teduh,’’ urai Su-giarta yang didampingi pula Service

Manager PT Lautan Teduh Witoni pada penutupan YES 6 itu.

Para lulusan itu, sambung Sugiarta, bisa mengaplikasikan ilmunya tanpa adanya tambahan pemberian pelatihan lagi. ’’Kami berharap dengan angkatan YES 6 ini semakin lama teknisi Yamaha kian profesional dalam menangani

fuel injection-nya dan teknologi ke depan. Sehingga, Yamaha Semakin di Depan,’’ harapnya.

Di tempat yang sama, Kepala SMK 2 Mei Drs. Djumadi, S.Pd. mengatakan, kerja sama dengan Yamaha yang berlanjut dengan diklat calon mekanik ini suatu terobosan dari pihak sekolah

dengan Yamaha. Kerja sama ini tidak dapat dibangun oleh semua sekolah. ’’Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan Yamaha,’’ ucapnya.

Harapannya, sambung Dju-madi, agar Yamaha tidak berhenti untuk selalu membangun dan membuat kerja sama seperti ini

terus berlangsung. ’’Tidak hanya itu. Kami juga

dibantu dengan bantuan donasi yang diberikan oleh Yamaha mulai donasi berupa alat-alat ataupun kesempatan kepada peserta didik untuk magang selama 2 tahun dari main dealer Yamaha di Lampung,’’ paparnya. (cw7/p2/c3/adi)

FOTO MAULITA

UNGGULKAN TABULET: HK Computer di Jl. Imam Bonjol No. 431, Kemiling, Bandarlampung, yang menjual produk unggulannya berupa tablet PC (tabulet) berbagi varian.

FOTO AJI SAKTIYANTO

PENUTUPAN: Service Manager PT YIMM Harry P. Sugiarta, Service Manager PT Lautan Teduh Witoni bersama Kepala SMK 2 Mei Drs. Djumadi, S.Pd. serta 20 lulusan pada penutupan YES 6.

JAKARTA – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mendorong investor untuk mengem bangkan bisnisnya di Indonesia. Salah satu bidang yang menjadi prioritas Kemenperin yaitu industri barang modal seperti mesin tekstil.

Menperin M.S. Hidayat berkata salah satu hambatan industri tekstil di Indonesia yaitu mesin tekstil. Setiap tahun pihaknya masih menggelontorkan anggaran untuk program revitalisasi mesin tekstil. ’’Tapi saat ini masih ada sekitar 1.500 pabrik tekstil yang mesti direvitalisasi,’’ ujarnya.

Beberapa investor yang datang, sudah Hidayat tawarkan untuk menggarap pasar ini. Salah satu yang berminat yaitu perusahaan asal Jepang Marubeni Corporation. Ia telah memberi gambaran kebu-tuhan dan pasar mesin tekstil di Indonesia. Menurut Hidayat, mereka tertarik untuk itu. ’’Jika mereka benar-benar merealisasi-kan itu, akan ada tax holiday,’’ ucapnya.

Hidayat menambahkan, Meru-beni merupakan salah satu investor yang aktif. Perusahaan tersebut terus mengembangkan investasi-nya. Tahun lalu, Merubeni telah merealisasikan proyek kerja sama-nya dengan PT Perusahaan Listrik Nasio nal (Persero) mem bangun pembangkit listrik tenaga uap. Pembangkit tersebut terletak di Cirebon dengan kapasitas 660 MW.

’’Untuk proyek dengan PLN itu, tahun ini akan dikembangkan kapasitasnya menjadi 1.000 MW. Selain itu, juga ada rencana meram bah ke pembangkit geother-mal di tiga lokasi,’’ terangnya.

Menurut Hidayat, di tengah permasalahan mengenai kenaikan upah minimum provinsi (UMP) dan kenaikan tarif dasar listrik (TDL) iklim investasi masih cukup baik. Ia berkata, persoalan itu masih belum sebanding dengan pasar atau keuntungan yang bakal ia dapat.

Sampai sekarang, lanjut Hidayat, mereka masih melihat Indonesia menjadi pasar yang menjanjikan. ’’Pertumbuhan eko-no mi yang stabil dan perkem-bangan kelas menengah sekitar 50 juta orang menjadi bukti masih menjadi sesuatu yang menarik,’’ katanya. (jpnn/p2/c3/adi)

Kemenperin DorongInvestasi Mesin Tekstil

YES 6 Luluskan 20 Mekanik Handal

PEMBERITAHUANSEHUBUNGAN DENGAN TELAH SELESAINYA PEMBANGUNANGEDUNG KANTOR PT. ASURANSI JASARAHARJA PUTERACABANG BANDAR LAMPUNG, DENGAN INI KAMIBERITAHUKAN KEPADA NASABAH, PELANGGAN & MITRAKERJA MULAI HARI SENIN TANGGAL 21 JANUARI 2013SELURUH KEGIATAN OPERASIONAL DAN ADMINISTRASIKANTOR DIPINDAHKAN :

DARI ALAMAT LAMA:Jl . WOLTERMONGINSIDI NO.30 TANJUNGKARANG PUSAT.

TELPON: (0721) 260444, FAX.: (0721) 256445

KE ALAMAT BARU :JL. DIPONEGORO NO. 59 B-C TELUK BETUNG UTARA

TELPON : (0721) 8014081, FAX : (0721) 8014084

DEMIKIAN PEMBERITAHUAN INI UNTUK DAPAT DI MAKLUMI.

BANDAR LAMPUNG , 21 JANUARI 2013

FAIRDY R SEBAYANG,SE.MM.KEPALA CABANG

Page 3: RADAR LAMPUNG | Senin, 21 Januari 2013

3SENIN, 21 JANUARI 2013

BANDARLAMPUNG – Ratusan pegawai, pensiunan, dan seluruh keluarga besar Bank Lampung pada Sabtu (19/1) lalu mengikuti rang-kaian peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-47 bank tersebut yang jatuh pada 31 Januari mendatang.

Kegiatan yang digelar di hala-man kantor pusat bank pelat merah ini mengangkat tema Satu Tekad Menuju Regional Champion. Acara diawali dengan upacara pembu-kaan dan dilanjutkan berbagai ke giatan internal Bank Lam pung. Seperti senam bersama seluruh

keluarga besar Bank Lampung, lomba menghitung uang, dan Lomba pengetahuan perbankan yang bertajuk Be A Champion.

Ada pula lomba memasak, penampilan paduan suara Ikatan Keluarga Bank Lampung (IKBL), serta ditutup dengan undian ibadah haji bagi karyawan dan pensiunan Bank Lampung.

Direktur Utama Bank Lampung Syamsu Rizal, S.E., M.M., mengata-kan, rangkaian acara tersebut ber-tujuan mempererat silatu rahmi keluarga besar Bank Lampung.

’’Selain itu, kegiatan ini dise-lenggarakan sebagai sarana hibu-ran bagi seluruh karyawan yang telah bekerja keras selama tahun lalu dengan kinerja yang cukup mengembirakan,” ujarnya.

Yaitu torehan laba sebesar Rp143,06 miliar (unaudited). Jumlah ini meningkat sebesar 14,1 persen dari laba tahun 2011 sebesar Rp122,80 miliar dan melampaui target yang telah ditetapkan sebesar 106,3 persen dari target laba tahun 2012 sebesar Rp134,5 miliar. (rls/p4/c1/fik)

FOTO HAYATULLAH

TANTANG NYALIMU: Aksi pemberani mengatasi ancaman teroris pada soft launching Honda CB150R StreetFire di TDM, Sabtu (19/1).

Bank Lampung Peringati HUT Ke-47

BANDARLAMPUNG – Acara launching Honda CB150R Street-Fire pada Sabtu (19/1) lalu benar-benar berbeda. Betapa tidak, acara press conference tepatnya saat sesi tanya jawab dengan Supervisor Marketing PT Tunas Dwipa Matra (TDM) Hadi Kurniawan tiba-tiba dihentikan aksi terorisme.

’’Semua keluar dari sini. Cepat keluar sekarang. Kalau tidak saya tem bak,” bentak salah seorang

teroris yang masuk dari jendela dan langsung menyandera Hadi Kurniawan.

Sontak suasana lantai 3 PT TDM –diler utama sepeda motor Hon da Lampung– mencekam. Sesi tanya jawab langsung terhenti. Para jurnalis cetak dan elektronik memilih jalan safety dengan keluar menuruni tangga. Bahkan, aksi itu membuat salah seorang warta-wati langsung menghubungi kan-

tor nya karena ketakutan.Namun di tengah kekalutan

itu, tiba-tiba muncul seseorang me nunggang motor Honda CB150R StreetFire dengan sigap menyelamatkan sandera sekaligus membekuk ketiga teroris dan menyerahkan kepada aparat kepolisian.

Rupanya, adegan itu adalah bagian tak terpisahkan dari acara soft launching sepeda motor

Honda CB150R StreetFire. ’’Kami sengaja mengemas soft launching Honda CB150R StreetFire dengan aksi drama teroris. Sebab, motor sport ini untuk para pemberani sesuai tagline-nya Tantang Nyalimu,” kata Marketing Manager PT TDM Dimas Gentur Triyugo.

Jadi, sambung dia, konsep dra ma teroris ini adalah murni krea tivitas karyawan TDM. ’’Jadi tidak ikut seperti diler Honda di

daerah lain atau diler kompetitor,” tegasnya.

Ia menuturkan, aksi drama teroris ini adalah karyawan sekali-gus PIC TDM. ’’Kami maksi malkan peran karyawan. Dan ternyata me reka memiliki bakat yang tak kalah dengan artis papan atas,” tuturnya dengan nada puas.

Ia menambahkan, berda-sarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI),

pasar sepeda motor cenderung turun dibanding kan 2011. Na-mun, segmen motor sport me-ningkat 12 persen. ’’Hal itu terjadi karena motor sport sudah se-makin menjadi tren masyarakat Indonesia yang suka tantangan,” kata dia.

Meski sudah menjadi tren, pihak nya tetap memiliki program penjualan. Seperti riding test unit di diler Honda dan direct gift jaket

eksklusif. ’’Selain itu, kami juga menyediakan CB150R Blaster Plays Aksesori Under Cowl yang limited edition. Motor sport CB150R Blaster ini dibanderol Rp23,6 juta, yang selisihnya hanya Rp600 ribu dari CB150R biasa,” paparnya.

Ia mengaku semua itu dilaku-kan untuk mempercepat penetrasi dan brand image motor sport Honda. (hyt/p4/c1/fik)

Ada Teroris di Soft Launching CB150R StreetFire

Page 4: RADAR LAMPUNG | Senin, 21 Januari 2013

SENIN, 21 JANUARI 20134 Jawa Pos News NetworkBERITA UTAMA

Murah.. Sambungan dari Hal. 1

Disdik.. Sambungan dari Hal. 1

Tambah.. Sambungan dari Hal. 1

Taiso.. Sambungan dari Hal. 1

Rekrutmen.. Sambungan dari Hal. 1

Terputus.. Sambungan dari Hal. 1

Satu.. Sambungan dari Hal. 1

Terhenti.. Sambungan dari Hal. 1

Dari setiap transaksi, mereka mendapat imbalan yang besarnya sangat bergantung pada situasi saat itu. Makin kritis situasinya, semakin besar imbalan yang mereka minta.

Untungnya, sekarang praktik makelar seperti itu sudah tidak ada karena dianggap tak manusiawi. Tetapi, donor bayaran di Indonesia masih ada sam pai sekarang. Bedanya, donor seperti itu dibu-tuhkan pasien saat stok darah tidak tersedia di PMI karena habis. Itu biasanya dialami pasien-pasien golongan darah AB atau darah be-rhesus yang memang langka. Untungnya, sekarang ada kelompok sosial Blood for Life yang memiliki jaringan sangat luas, sehingga bisa membantu banyak pasien yang kekurangan darah.

Di Indonesia, jumlah donor bayaran masih cukup banyak. Yakni sekitar 20 persen di antara total donor. Itu adalah tantangan bagi PMI, terutama unit transfusi darah (UTD)-nya.

Di Thailand, donor seperti itu sudah tak ada. ’’Di sini semua donor menyumbangkan darahnya secara sukarela,” jelas Tasanee Sakuldamrongpanich, deputi direktur National Blood Center (NBC) Palang Merah Thailand. NBC adalah UTD-nya Palang Merah Thailand (PMT).

Bagaimana PMT bisa menyingkirkan donor bayaran? Itu bukan hal mudah. Butuh waktu, kerja keras, dan strategi yang cerdas. Kesadaran masyarakat akan pentingnya donor darah dan tingginya harga yang harus dibayar untuk mendapatkan darah menjadi faktor utama untuk bisa mempercepat penghapusan donor bayaran tersebut.

Bila membayar donor pengganti lebih murah

daripada membayar ke PMI, peluang bagi donor bayaran untuk eksis akan semakin besar. Dengan begitu, solusi bagi donor bayaran adalah harga darah yang murah. ’’Menjual” darah dengan harga murah menjadi tantangan yang sangat besar bagi PMI. Sebab, biaya terbesar untuk menjadikan darah donor siap pakai ternyata ada pada kantong darah dan reagent.

Padahal, Indonesia masih mengimpor kantong darah. Memang, pernah ada wacana dari mantan Wapres Jusuf Kalla yang kini menjadi ketua umum PMI untuk membangun sendiri pabrik kantong darah. Tetapi sampai sekarang, impian itu belum terlaksana. Setiap tahun Indonesia membutuhkan kira-kira 2,5 juta kantong darah, sesuai jumlah darah yang dikelola PMI.

Menurut standar WHO, jumlah persediaan darah yang ideal di suatu negara berkisar 3-5 persen jumlah penduduk. Dengan hanya 2,5 juta kantong darah per tahun, berarti Indonesia baru bisa memenuhi sekitar 1 persennya saja.

Thailand sudah mampu mencapai angka 3,5 persen. Negara-negara maju seperti Jepang dan AS sudah bisa mencapai angka ideal tersebut.

Meski baru mencapai 3,5 persen, PMT sudah ditunjuk WHO sebagai pusat pelatihan bagi unit-unit transfusi darah se-Asia Tenggara. Itu merupakan bukti kehebatan manajemen pengelolaan darah di Thailand.

Kecanggihan manajemen NBC, yang merupakan pusat penanganan dan pengelolaan darah di PMT, memang harus diakui. Salah satunya dalam menekan harga jual darah ke masyarakat.

Sebagaimana yang sudah saya sebutkan dalam

tulisan kemarin, harga jual darah di Thailand me-rupakan yang termurah di dunia. Mereka bisa men- capai itu karena memproduksi sendiri kantong darah. Sebanyak 50 persen kebutuhan kantong darah di Thailand dipenuhi pabrik milik PMT. Sisanya mereka beli dari pabrik lain yang juga berlokasi di Thailand. Dengan begitu, mereka tak perlu membayar bea masuk yang biasanya sangat tinggi.

Begitu pula dengan reagent. PMT juga tidak mengimpor atau membeli dari pabrik lain. Mereka punya pabrik sendiri. Begitu pula untuk beberapa jenis serum.

Yang masih harus diimpor sampai saat ini adalah bahan untuk pembuatan plasma. Itu pun sudah direncanakan untuk dibuat sendiri oleh PMT. Sungguh sebuah pemikiran bisnis yang luar biasa.

Khusus untuk serum, PMT memiliki unit khusus untuk memproduksi serum anti-bisa ular, bisa serangga mematikan, dan bisa binatang lain. Ada sekitar 3.000 ular berbagai jenis yang dipelihara di kompleks PMT yang terletak di Jalan Henry Dunant, Bangkok.

Setiap hari dilakukan pengambilan bisa dari ular-ular itu. Proses pengambilan bisa tersebut dimanfaatkan untuk menarik turis. Untuk menyaksikan proses itu, orang harus membayar tiket. Penghasilan mereka dari turis yang melihat pengambilan bisa atau sekadar melihat pertunjukan ular itu relatif besar.

Penghasilan unit tersebut jadi semakin besar setelah bisa-bisa ular itu menjadi serum. Sebab, serum-serum tersebut tidak hanya digunakan untuk kepentingan PMT sendiri, tapi juga diekspor

ke negara-negara lain.Karena hampir semua kebutuhan dibuat sendiri,

tidak mustahil bila PMT bisa menjual produk darah siap pakainya dengan harga amat murah.

Selain hampir semua kebutuhan produksinya dibuat sendiri, PMT masih melakukan banyak hal untuk menarik donatur. Di antaranya, menggelar acara yang berbeda setiap bulan. Dalam setiap acara, disediakan hadiah dari sponsor.

Selain itu, mereka masih menggalang kelompok remaja berusia kurang dari 25 tahun untuk membentuk komunitas yang menggalakkan donor darah. Namanya Club 25. Klub tersebut memiliki jaringan di hampir semua negara.

Selain dari sponsorship, PMT berhasil menarik banyak donatur. Sebagaimana yang saya sebutkan dalam laporan sebelumnya, salah satu donatur-donatur tetap itu adalah perusahaan-perusahaan swasta. Misalnya, bank. Salah satu sumbangan berharga yang diperoleh PMT dari bank setempat adalah dua bus superbesar untuk unit transfusi darah yang harganya mencapai 6,5 miliar baht (1 baht = sekitar Rp 300).

Khusus untuk donatur perorangan, PMT memberikan penghargaan berupa status “Anggota Kehormatan”. Itu merupakan status yang sangat membanggakan bagi masyarakat Thailand.

Meski PMT bisa memenuhi hampir semua kebutuhan produksi darah dan memiliki banyak donatur tetap yang donasinya juga sangat besar, mereka tidak mematikan industri yang memproduksi barang-barang sejenis. Misalnya, kantong darah.

Buktinya adalah Kawasumi. Tahun ini perusahaan tersebut menyiapkan pembangunan pabrik baru

yang kapasitasnya jauh lebih besar, yakni 30 juta kantong darah per tahun. Lokasinya di Korat, kawasan industri yang terletak sekitar 250 km dari Bangkok.

Hal itu menunjukkan bahwa secara bisnis perusahaan tersebut tidak terbunuh oleh eksistensi pabrik sejenis milik PMT. Itulah sisi baiknya.

Pabrik pertama Kawasumi terletak di Navanakorn. Jawa Pos juga pernah berkunjung ke pabrik yang tidak jauh dari Bangkok tersebut. Sayangnya, pabrik itu tak bisa lagi dipertahankan setelah selama tiga bulan terendam banjir hingga 2 meter pada September 2011.

Pembuatan kantong darah dan peralatan medis seperti slang infus dan filter untuk dialisis (cuci darah) membutuhkan tingkat sterilitas yang luar biasa, melebihi sterilnya kamar operasi.

Saking sterilnya, bukan hanya sistem pendingin dan penyedotan udara (exhauser)-nya yang dibuat khusus, tapi juga tingkat sterilitas pegawainya. Karena itu, jangan heran kalau seluruh pegawai di bagian tersebut diharuskan mengenakan seragam khusus yang menyerupai astronot, cuci tangan dan mengeringkannya di tempat khusus, serta harus melewati pintu khusus yang dilengkapi alat pensteril pakaian dan tubuh.

Bukan hanya itu. Para pegawai tersebut juga tidak boleh mengenakan bedak atau perias wajah lain, cat kuku, perhiasan apa pun, serta meman-jangkan kuku selama bekerja.

Begitu sterilnya pabrik kantong darah itu, seluruh tamu yang datang harus menandatangani pernyataan untuk tidak membeberkan semua yang dilihat di ruang produksi. (p3/c1/ary)

Tender jembatan besar menuju Bandara Komoro dimenangi Wika. Demikian juga beberapa proyek jalan. Gedung baru kementerian keuangan yang 12 lantai di dalam Kota Dili dimenangi PP. Nilai proyek tersebut mencapai Rp250 miliar. PP juga masih mengikuti beberapa tender internasional lainnya.

Pukul enam pagi, ketika matahari belum terbit, saya sudah berada di lokasi proyek itu. Teman-teman PP yang masih sangat muda-muda berada di sana mempertaruhkan nama Indonesia. Mereka bekerja keras untuk menyelesaikan proyek dengan kondisi yang amat berbeda dari di Indonesia. Hukumnya, adatnya, aturannya, kontraknya, dan seterusnya. Tapi, dari diskusi dengan para pimpinan proyek pagi itu, di bawah pimpinan Robin Hasiholan yang lulusan Fakultas Teknik Sipil USU Medan, saya memperoleh kesan bahwa mereka sangat mampu.

Robin memang contoh sistem rekrutmen yang tepat di PP. Dia sudah ’’diijon’’ oleh PP sejak masih semester tujuh. Diberi beasiswa dan diamati sampai lulus. Setelah itu dimasukkan ke ’’Universitas PP’’ enam bulan, lalu diterjunkan ke proyek dengan supervisi seniornya. Kini dia sudah dipercaya menangani proyek penting di Dili.

Tentu banyak sekali kendala yang mereka hadapi. Namun, mereka bertekad untuk menguasai keadaan. Penguasaan itu amat penting untuk menentukan langkah di proyek-proyek berikutnya. Kemampuan menguasai keadaan itulah yang menjadi keunggulan teman-teman BUMN, sehingga hampir selalu bisa mengalahkan peserta tender dari Portugal, Spanyol, Inggris, Jepang, dan Korea. ’’Saingan berat kami bukan mereka. Saingan berat kami sesama BUMN,’’ ujar Robin.

Teman-teman Wika juga mengakui itu. ’’Pesaing terberat kami adalah sesama anak buah Bapak,’’ ujar teman dari Wika. Setelah dari proyek PP, saya beruntung pagi itu bisa ikut senam Taiso bersama teman-teman Wika. Mereka memang mempunyai prosedur tetap, sebelum memulai pekerjaan, harus melakukan Taiso lebih dulu sekitar 10 menit.

Saya pun minta agar tidak menularkan kebiasaan nyogok untuk memenangi tender di sana. Di dalam negeri pun, saya sudah menegaskan agar BUMN mengakhiri kebiasaan nyogok pada masa lalu. Tidak mendapatkan proyek dari APBN, ya sudah. Cari peluang lain. Karena itu, banyak BUMN yang kini mengembangkan proyek sendiri sebagai proyek investasi. Atau proyek sesama BUMN.

Bahkan, dengan berkembangnya proyek di luar negeri, andalan hanya mengejar proyek APBN bisa dikurangi. BUMN sudah bertekad untuk tidak

ikut tender proyek APBN yang nilainya di bawah Rp 25 miliar. Biarlah proyek-proyek tersebut dikerjakan kontraktor swasta yang lebih kecil. Presiden SBY menyambut baik tekad BUMN tersebut sebagai upaya untuk pemerataan, sebagaimana dikemukakan beliau dalam forum HIPMI di Bali beberapa waktu lalu.

’’Di sini sama sekali tidak ada keperluan untuk nyogok, Pak,’’ ujar Robin Hasiholan. ’’Juga, tidak ada pungutan apa pun di luar kontrak,’’ tambahnya. Itu, kata dia, karena semua tender proyek besar di Timor Leste menggunakan standar tender internasional.

Wika pun, yang kini amat bangga karena menjadi BUMN karya yang terbesar (tiga BUMN karya dijadikan satu pun belum bisa mengalahkan Wika), kian menonjol kemampuannya. Teman-teman yang mengerjakan proyek di Timor Leste tersebut, misalnya, banyak yang alumnus proyek Aljazair. Wika memang baru saja selesai mengerjakan proyek jalan tol sepanjang 400 km di Aljazair. Statusnya memang masih subkontraktor, tapi namanya sudah terkenal di sana.

Investasi reputasi itu membuahkan hasil. Wika tahun ini mulai menjadi kontraktor utama di sana dengan proyek hampir Rp 1 triliun. Yakni, proyek apartemen di Kota Constantinople, kota kedua terbesar di Aljazair.

Wika juga sangat serius masuk ke proyek-proyek minyak dan gas yang sampai saat ini masih dikuasai kontraktor asing. Tahun lalu mulai dipercaya beberapa perusahaan minyak asing di Indonesia untuk menjadi kontraktor EPC mereka.

Tentu saja saya ke Dili tidak hanya untuk itu. Yang utama adalah untuk menghadiri mulai beroperasinya layanan telepon seluler dari BUMN di sana. PT Telkom (Persero) Tbk melalui anak perusahaannya, PT Telkom Internasional (Telin), juga memenangi tender internasional untuk menangani telekomunikasi nirkabel di Timor Leste. Selama ini, layanan telepon seluler di Timor Leste ditangani perusahaan dari Portugal dan Australia.

Mulai minggu lalu, Telkom datang! Telkom membawa nama Telkomcel (menggunakan C) untuk membedakan dari Telkomsel yang ada di Indonesia. Nama pimpinan Telkomcel di sana pun diganti oleh teman-temannya menjadi Dedi Cuherman.

Sambutan untuk Telkomcel memang mendadak dahsyat. Hari pertama saja langsung terdaftar 23.000 pelanggan. Kehadiran Telkomcel di Timor Leste memang sudah lama dinanti. Di antaranya karena tarif telepon seluler di sana selama ini kelewat mahal untuk masyarakat setempat, apalagi kalau dibanding tarif di Indonesia.

Bagi Telkomcel, hari pertama 23.000 pelanggan itu sangat istimewa. Sebab, dengan tarif yang lebih mahal dari di Indonesia (meski sudah jauh lebih murah dari operator lain di Timor Leste), jumlah pelanggan tersebut sama nilainya dengan memiliki 75.000 pelanggan di Indonesia.

Direksi PT Telkom, di bawah pimpinan Dirut Arief Yahya, memang menunjukkan kemajuan yang besar. Laba Telkom Group naik lebih dari satu triliun rupiah pada 2012. Menjadi lebih dari Rp 12 triliun. Padahal, perusahaan te-lekomunikasi sedang berada dalam persaingan yang amat ketat. Terutama dalam banting-membanting tarif.

PT Telkom sendiri, yang tahun-tahun lalu rugi (bisa untung karena didongkrak anak perusahaannya, Telkomsel), tahun lalu sudah tidak rugi. Anak perusahaan kini tidak lagi selalu mengejek induknya. Dan harga saham Telkom terus melejit.

Tentu, saya juga mengunjungi teman-teman Merpati dan Bank Mandiri di Dili. Merpati amat populer di sana. Apalagi Bank Mandiri. Bukan main ramainya kantor Bank Mandiri di Dili. Nasabah yang antre sangat banyak. Padahal sudah sore hari. Kalau pagi, kata nasabah di situ, ramainya tidak keru-keruan. Gedung tiga lantai itu sangat sesak. Untung orang di sana terlalu mencintai Bank Mandiri, sehingga masih sabar menghadapi layanan seperti itu. Tentu perubahan harus segera dilakukan.

Bank Mandiri memang menjadi bank yang terbesar di Timor Leste. Memang ada dua lagi bank asing, tapi jauh tertinggal dari Bank Mandiri. Kalau dalam skala 1 sampai 10, Bank Mandiri di skala 10, sedangkan bank dari Australia di skala 6 dan bank dari Portugal di skala 5. Tapi, Bank Mandiri tidak boleh lengah dan merasa besar sendiri. Bank-bank asing tersebut mulai membuka kantor di distrik-distrik di luar Dili. Sedangkan Bank Mandiri tetap saja baru punya kantor di Dili.

Kini Bank Mandiri sudah punya teman Telkomcel. Keperluan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) untuk membuka jaringan kantor di luar Dili akan lebih mudah. Karena itu, malam itu, dalam acara peresmian Telkomcel yang dihadiri Perdana Menteri Xanana dan sejumlah menterinya, Bank Mandiri langsung mengikat kesepakatan untuk bekerja sama di sana.

Sebagai bank yang posisinya sudah sangat besar dan begitu dicintai masyarakat di sana, tidak sulit bagi Bank Mandiri untuk membuat posisinya tetap sulit dikejar. Itu artinya, amanat para pahlawan di TMP Seroja Dili akan bisa ditunaikan dengan baik oleh BUMN. (*/p3/c1/ary)

Sehingga tak semua tenaga honorer akan terangkat dan pengangkatannya juga bertahap mulai tahun ini hingga 2014.

Selain itu, dalam pertemuan bersama DPR itu akan dibahas kepastian tanggal pelaksanaan rekrutmen CPNS baru dari kelompok tenaga honorer K2. Sebelumnya mencuat kabar jika rekrutmen CPNS dari kelompok tenaga honorer

berlangsung pada Juni atau Juli mendatang. Dari seluruh kesiapan teknis yang belum matang

tersebut, pemerintah sudah memastikan jika peng-angkatan tenaga honorer K2 menjadi CPNS meng-gunakan model tes tertulis. Sistem pengangkatan ini berbeda dengan tenaga honorer K1 yang langsung di angkat menjadi CPNS tanpa tes. ’’Apakah nanti tes tulis honorer K2 akan bareng CPNS pelamar

umum atau digelar khusus, segera ditetapkan,’’ jelas Eko.

Pemerintah juga berharap pengangkatan tenaga honorer K2 ini tidak serumit K1. Sebagaimana diketahui, karena banyak laporan dari masyarakat, pengangkatan tenaga honorer K1 harus melewati banyak verifikasi. Seperti quality assurance (QA) hingga investigasi atau audit lapangan. (jpnn/p3/c1/ary)

Saat ini, kata Ali, total secara nasional terdapat 3.711 SPBU Pertamax/Plus. Dari jumlah tersebut paling banyak terdapat di region III yang meliputi DKI Jakarta, Jawa bagian barat, dan Banten sebanyak 1.628 SPBU. Kemudian region V (Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara) sebanyak 729 serta region IV (Jawa Tengah dan DIJ) 565 SPBU.

Dengan jumlah stasiun pengisian bahan bakar seperti itu, menurut Ali, Pertamina siap jika pembatasan BBM bersubsidi diterapkan dan mengalihkannya ke Pertamax. Dia juga menjamin

pasokan BBM nonsubsidi tersebut. ’’Dari sisi stok, lebih dari siap untuk menyuplai Pertamax,” tegasnya.

Seperti diberitakan, realisasi BBM bersubsidi tahun 2013 diperkirakan tembus mencapai 48 juta kiloliter dari kuota awal sebesar 46,01 juta kiloliter. Usulan untuk melakukan pembatasan penggunaan BBM bersubsidi kembali bermunculan untuk menjaga APBN.

Yang terbaru, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mengusulkan kepada pemerintah agar mobil keluaran tahun

2006 ke atas dilarang membeli BBM bersubsidi. Selain mengurangi beban negara, hal itu juga bisa membuat kendaraan lebih awet.

Meski keputusan menjadi domain pemerintah, Ali sependapat dengan usulan Gaikindo tersebut. ’’Kendaraan di atas 2006 memang seharusnya menggunakan Pertamax sesuai spesifikasi mesinnya,” terang dia. Menurutnya, Pertamax dan Pertamax Plus yang ada saat ini sudah setara Euro 3 dan telah diinjeksi additive (memenuhi standar detergency WWFC kategori 4). (jpnn/p3/c1/ary)

Diduga kuat jika sebelum tender dibuka, telah ada pendekatan antara Kemendikbud dengan salah satu rekanan.

Bisa jadi rekanan yang siap diutangi atau berani menerima penangguhan pembayaran dulu, di-setting akan memenangkan tender. Menurut Haryono, posisi Kemendikbud dalam pelaksanaan tender yang diawali kongkalikong utang itu tentu rawan penyimpangan. Dia mengatakan kalau Kemendikbud bisa saja tidak independen atau terjadi konlik kepentingan di dalamnya.

’’Jika ini dibiarkan, tentu akan memunculkan temuan penyimpangan. Lebih baik kan kita cegah,” tutur pejabat yang juga mantan pimpinan KPK itu.

Haryono melanjutkan, larangan berutang ini juga ditetapkan untuk ke bank. Menurutnya, berutang kepada bank untuk menyiasati pemblokiran anggaran Kemendikbud tentu menimbulkan persoalan baru. Yakni siapa yang akan menanggung beban utang kepada bank. ’’Meski meminjam ke bank pelat merah, kan tetap ada bunganya,” ujar dia.

Menurut Haryono, posisi Kemendikbud saat ini sangat dilematis. Di satu sisi, mereka dituntut untuk menjalankan program layanan pendidikan secara optimal. Tetapi di sisi lain, anggaran mereka dalam APBN 2013 sebesar Rp73 triliun sampai sekarang masih diblokir Kemenkeu.

Di luar proyek pembangunan fisik, Haryono mengatakan, banyak anggaran Kemendikbud yang sifatnya habis pakai dan manfaatnya langsung dirasakan masyarakat. Contohnya penyaluran beasisiwa bidik misi untuk mahasiswa kurang mampu.

Dengan adanya pemblokiran ini, hampir dipastikan alokasi beasiswa bidik misi untuk bulan Januari sampai Februari bakal terhenti. Padahal, beasiswa ini memberikan uang saku sebesar Rp500 ribu hingga Rp700 ribu per bulan per mahasiswa.

Haryono mengatakan, pimpinan PTN yang mengelola bidik misi juga dilarang mengutang atau menggunakan anggaran nonbidik misi untuk menalanginya dahulu. ’’Niatnya memang baik, tetapi bisa menjadi temuan penyimpangan,’’ tandasnya.

Setiap ada temuan penyimpangan, Haryono mengatakan, Itjen Kemendikbud berhak mengeluarkan rekomendasi sanksi administrasi hingga pemecatan.

Aturan dilarang berutang ini menimbulkan tanggapan sumbang di internal Kemendikbud. Seorang pejabat yang mengurusi pendidikan dasar mengatakan, ketentuan baru tidak boleh berutang itu bisa menghambat program Kemendikbud. Dia meminta seharusnya tetap boleh berutang dahulu,

asalkan tidak melanggar hukum.

Piutang Negara Masih Rp49 TDi bagian lain, menagih piutang rupanya bukan

perkara mudah, bahkan oleh negara sekalipun. Karena itu, piutang negara hingga akhir 2012 tercatat masih puluhan triliun rupiah.

Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kemenkeu Hadiyanto mengatakan, dalam satu tahun terakhir, jumlah piutang negara sudah turun. ’’Pada akhir 2012 di posisi Rp49 triliun,” ujarnya akhir pekan lalu.

Berdasar catatan Jawa Pos (grup Radar Lampung), angka piutang negara terlihat fluktuatif. Seperti pada akhir 2009 dan 2010, nilainya di kisaran Rp50 triliun. Lalu pada akhir 2011 naik menjadi Rp62 triliun. Pada Juni 2012, nilainya turun menjadi Rp55 triliun. Lalu akhir 2012 turun lagi menjadi Rp49 triliun.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengatakan, kinerja penagihan piutang negara memang belum menggembirakan. ’’Penyelesaian piutang negara memang ada kemajuan, tetapi masih jauh dari harapan saya. Karena itu ke depan harus diintensifkan, baik melalui cara halus seperti pengiriman surat, restrukturisasi, maupun dengan tindakan hukum yang tegas,” sebutnya. (jpnn/p3/c1/ary)

Jaya. Sebab, pengakuan Jimmy Khomeini dan kawan-kawannya kan mengonsumsi narkoba di Jakarta,” ujarnya.

Menurut Henry, siapa pun harus dilepaskan jika tidak cukup bukti. Namun tidak asal dilepaskan. ’’Sebab kan masih ada bukti yang bisa dikembangkan dan belum terungkap. Untuk locus yang dikatakan di Jakarta, itu harus ditindaklanjuti dengan baik. Jangan malah terputus di Polresta Bandarlampung,” sindirnya.

Ia mencontohkan terdapat mobil jenazah yang mengangkut mayat kasus pembunuhan. Meski pembunuh tertangkap di Lampung, dikarenakan locus di Jakarta, maka harus segera dilimpahkan atau dilakukan koordinasi. ’’Jadi seharusnya ya diamankan dahulu Jimmy-nya dan koordinasi langsung dengan Polda Metro Jaya,” ucap Henry.

DPP dan DPD Granat, menurutnya, mendesak aparat tidak hanya fokus pada Jimmy ada bukti

atau tidak. Namun juga mengembangkan ke peredaran gelap narkotikanya. ’’Jadi dikembangkan untuk mengetahui pemasok di mana. Kalau misalnya pakai di Jakarta, ya dapat dari mana, dari siapa. Bahkan handphone mereka pun bisa disita, dikarenakan benda yang diduga dipergunakan untuk memesan narkoba,” urainya.

Jimmy dan kawan-kawan tak dapat membantah jika penyitaan ponsel tidak berkaitan. Dengan melacak ponsel bisa diketahui tanggal berapa ia berkomunikasi dengan siapa dan dikembangkan ke pengedarnya.

’’Saya sangat menghargai dan mengapresiasi sikap Kapolda yang memerintahkan jajarannya melakukan gelar perkara di depan Granat Lampung. Artinya mereka transparan, perbaiki citra juga. Mereka terbuka kepada masyarakat,” katanya. (eka/p3/c1/ary)

Tanpa dikomando, puluhan warga desa langsung mendatangi lokasi dan membakar warung remang-remang tempat jasad Tutul ditemukan.

Hingga tadi malam, polisi masih berjaga-jaga di lokasi kejadian guna mencegah aksi lainnya. Tidak hanya itu, sejumlah warga di sekitar warung lainnya juga ikut dipindahkan. Hingga berita ini diturunkan, situasi masih mencekam.

Kapolres Tulangbawang AKBP Shoebarmen, S.I.K., S.H. melalui Kasatreskrim AKP Listiyono Dwi Nugroho membenarkan adanya korban tewas dan pembakaran warung tersebut. Karena itu, hingga kemarin Polres Tuba dari berbagai unsur satuan tengah berada di lokasi kejadian guna menciptakan situasi kondusif.

’’Ya mudah-mudahan tidak ada korban jiwa.

Saya saja baru keluar dari CPB dan akan ke lokasi itu,” kata Listiyono tadi malam.

Sementara Fajri (27), salah seorang keponakan Tutul, mengungkapkan bahwa korban selaku pamannya diduga kuat telah dianiaya oleh lebih dari dua orang dengan menggunakan senjata tajam di bagian kepala depan dan belakang. Diduga akibat luka yang cukup parah itulah korban meregang nyawa.

’’Atas kejadian tersebut, seluruh pihak keluarga korban meminta kepada aparat kepolisian mengusut tuntas dan sesegera mungkin mengamankan pelaku pembunuhan yang menimpa paman saya. Hal ini dilakukan agar pelaku dapat mempertang-gungjawabkan perbuatannya sesuai dengan apa yang telah dilakukannya,” kata dia. (fei/p3/c1/ary)

Provinsi paling ujung Sumatera ini memiliki kelebihan. Dari sisi cost pemerintahan, doktor dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Teuku Abdullah Sani mengatakan, Lampung relatif aman dibandingkan daerah-daerah pilihan lainnya.

’’Di sana (Lampung, Red) bakal ada Jembatan Selat Sunda (JSS) yang nantinya terhubung dengan Tol Cipularang. Ini menjadi jalur ekonomi paling baik di Indonesia. Apalagi Lampung memiliki SDM (sum ber daya manusia) murah, SDA (sumber daya alam) juga ada, dan air bersih yang sangat memung-kinkan,’’ terang Sani dalam bahan masukan yang dirangkum tim kajian Lampung yang terdiri Syafarud-din, I.B. Ilham Malik, Arizka Warganegara, Ahmad Faisal, dan Raden Bagus Sapto Mulyatno yang disam-paikan ke Radar Lampung beberapa waktu lalu.

Sedangkan ditilik dari sisi geografi, Guru Besar Geografi Universitas Gadjah Mada (UGM) Prof. Sutikno mengatakan, di Sumatera, khususnya di Lampung, tersedia lahan memadai. Utamanya di kawasan timur Bukit Barisan. ’’Lahan yang tersedia sangat memungkinkan,” papar Sutikno.

Dari sisi etnologis, Lampung sangat heterogen. Dari 7,5 juta penduduknya, populasi suku Jawa mendominasi hingga 61 persen, Sunda 11 persen, sedangkan etnis Lampung hanya 25 persen. Kuatnya dominasi masyarakat Jawa membuat Lampung disebut ’’Indonesia Mini’’ atau juga dijuluki ’’Jawa Utara”.

Dilihat dari aspek litologi, batuan wilayah Lampung didominasi ofiolit yang mempunyai densitas rapat massa tertinggi di Sumatera. Itu berarti Lampung sangat tahan terhadap gempa besar. ’’Ini mengindikasikan bidang sesar di Lampung sulit bergeser saat terjadi gempa,” ujar Sigit Sukmono, ahli geologi ITB.

Terpisah, Ketua DPRD Lampung Marwan Cik Asan menilai sudah saatnya dimulai lobi-lobi informal ke tingkat pusat guna merealisasikan wacana itu. Pasalnya, menurut dia, lobi informal yang dilakukan sejak jauh hari tentu dapat lebih memberikan pengaruh terhadap kebijakan pemerintah pusat.

’’Mulailah melakukan komunikasi informal. Baik dari tingkat daerah ke tingkat provinsi. Atau para wakil rakyat di DPR ke pemerintah pusat. Sehingga nantinya wacana itu dapat terwujud. Dulu pernah diusulkan, tetapi masih jadi kajian Istana,’’ kata ketua termuda dalam sejarah lembaga legislatif Lampung ini kemarin (20/1).

Marwan menyebut, dirinya bahkan sudah mulai membuka keran komunikasi informal terkait hal tersebut. Meski masih dalam taraf internal Partai Demokrat tempatnya bernaung. ’’Untuk ini, semua pihak harus melakukan lobi,” tegasnya.

Dia meyakini pembicaraan informal yang intens dengan pemerintah pusat dapat memuluskan rencana tersebut manakala memang benar-benar telah dicapai kesepakatan formalnya. ’’Yang paling penting sekarang adalah melakukan lobi serempak dan mengoptimalkan potensi akses yang ada serta menjadikan Lampung sebagai prioritas utama sebagai alternatif pusat pemerintahan,” ujar Marwan.

Diketahui, wacana memindahkan ibu kota dari DKI Jakarta bukan barang baru. Tahun 2009 lalu, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pernah mengemukakan skenario perpindahan tersebut.

Presiden menawarkan tiga skenario pemindahan ibu kota negara pada Agustus 2010 yang perlu didis-kusikan oleh publik. Skenario pertama adalah mem-

pertahankan Jakarta sebagai ibu kota, pusat peme-rintahan, sekaligus kota ekonomi dan per dagangan. ’’Pilihan atas opsi ini berkonsekuensi pada pembenahan total atas soal macet, banjir, transportasi, permukiman, dan tata ruang wilayah,’’ katanya.

Skenario kedua, membangun ibu kota yang benar-benar baru. Perlu dibangun ’’totally new capital’’. Sedangkan skenario ketiga, ibu kota tetap di Jakarta, namun memindahkan pusat pemerintahan ke lokasi lain. Atas tiga skenario itu, Presiden SBY mengajak semua komponen bangsa untuk membahas secara terbuka, matang, dan komprehensif. Karenanya hingga kemarin, usulan 12 calon ibu kota yang pernah digagas masih menjadi kajiannya.

Ciliwung DisudetPemerintah berencana menjalankan beberapa

kebijakan strategis. Dana sebesar Rp2 triliun akan digelontorkan untuk merealisasikannya.

’’Untuk mengurangi bencana banjir yang berdimensi strategis, jangka menengah dan jangka panjang, kami alokasikan nanti Rp2 triliun,’’ kata Presiden SBY usai memimpin rapat terpadu di Gelanggang Remaja Jakarta Timur kemarin.

Rapat sempat digelar terbuka saat laporan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, paparan Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto, dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Syamsul Maarif. Tetapi selama 40 menit kemudian, rapat digelar secara tertutup.

Hadir jajaran pimpinan Komisi V DPR beserta beberapa anggota kabinet, di antaranya Menko Kesra Agung Laksono, Menko Perekonomian Hatta Radjasa, Seskab Sudi Silalahi, dan Kapolri Jenderal Timur Pradopo.

Usai rapat terpadu, presiden mengunjungi dapur umum di GOR dan menelusuri pemukiman warga Kebun Sayur, Kelurahan Bidaracina. Ratusan pengungsi masih bertahan di GOR. Baru pagi kemarin, luapan Sungai Ciliwung yang sempat merendam Kelurahan Bidaracina benar-benar surut. Beberapa warga terlihat sibuk membersihkan rumahnya yang belepotan lumpur.

Presiden SBY menjelaskan, pemerintah akan mengalokasikan Rp500 miliar untuk membangun sudetan (flood way) dari Sungai Ciliwung ke Kanal Banjir Timur (KBT). Sudetan ini menjadi prioritas untuk membagi beban volume air dengan Kanal Banjir Barat (KBB). Proses pembangunannya akan dimulai pada tahun 2013 dan diharapkan selesai tahun depan.

’’Ketika Jakarta mengalami banjir minggu ini, Kanal Banjir Barat bisa menampung aliran sungai yang ada, tidak sampai menimbulkan kerusakan berarti. Sementara, Kanal Banjir Timur relatif tidak terisi. Manakala beban ini dibagi dua, jadi ada air yang dialirkan dari Kanal Banjir Timur ke Barat, maka dampaknya tidak akan seperti ini,’’ terang SBY saat memberikan keterangan persnya di Gang Sensus III, Kelurahan Bidaracina.

Anggaran Rp1,2 triliun juga akan dikucurkan selama 2013 dan 2014 untuk menata dan menertibkan aliran sungai Ciliwung. SBY menyadari kebijakan ini cukup sensitif dalam pelaksanaannya, karena menyangkut isu sosial dan lingkungan. “Ini pekerjaan yang memerlukan kerja sama semua pihak,” katanya. Dia berharap Pemda DKI Jakarta dapat melakukan pendekatan kepada masyarakat dan menyediakan lahannya. (wdi/jpnn/ary/p3/c1/ary)

Page 5: RADAR LAMPUNG | Senin, 21 Januari 2013

BERITA UTAMAJawa Pos News Network 5SENIN, 21 JANUARI 2013

Kejagung Betah PeriksaMEMASUKI tahun kelima penanganan kasus

du gaan korupsi pada kredit macet Bank Bukopin, Ke jaksaan Agung masih betah mengambangkan status perkara tersebut di level penyidikan. Selain itu, penyidik hingga kini tidak menahan sebelas tersangka kasus tersebut. Jangankan menahan, sekadar mencekal pun tidak dilakukan penyidik.

Jampidsus Andhi Nirwanto saat dikonfirmasi me nyatakan, kasus Bukopin memang belum sam pai ke tahap penuntutan. ’’Tapi nanti arahnya semua tetap ke sana,’’ ujarnya diplomatis. Sejumlah saksi terus dipanggil secara bergantian untuk di mintai keterangan seputar peran tersangka ka sus yang merugikan negara sekitar Rp76,24 mi liar itu.

Saat ditanya soal penahanan tersangka, Andhi me ngelak. ’’Menahan atau tidak menahan itu se penuhnya keputusan penyidik,’’ lanjutnya. Jika penyidik merasa perlu untuk menahan para tersangka, sudah pasti akan dilakukan.

Seluruhnya semata untuk kepentingan mempermudah proses penyidikan. (jpnn/p6/c3/ary)

Harus Segera Berbenah VONIS sejumlah perkara korupsi yang tidak

menimbulkan efek jera disorot oleh kalangan DPR RI. Kali ini, yang bersuara adalah anggota Komisi III DPR RI Bambang Soesatyo. Dia meng-anggap penegak hukum, terutama Peradilan Tin dak Pidana Korupsi (Tipikor), tidak merespons tuntutan masyarakat agar timbul efek jera pada terpidana kasus korupsi.

Menurut politikus Partai Golkar itu, peradilan Tipikor belum merespons urgensi efek jera dalam perang terhadap korupsi. Hal itu terbukti dari ringannya vonis sejumlah kasus korupsi di Indonesia. Jika terus dibiarkan, pemberantasan korupsi akan mengalami hambatan serius.

’’Sepertinya perlu ada kesamaan pemahaman an tara lembaga penegak hukum dan peradilan soal urgensi efek jera,’’ ujarnya. Persoalan efek jera itu kembali mengemuka pascavonis Angelina Sondakh, Kamis (10/1). Hakim Pengadilan Tipikor Jakarta menjatuhkan vonis 4,5 tahun penjara terhadap anggota DPR asal Demokrat itu.

Bambang mengatakan, banyak perkara korupsi yang divonis di bawah lima tahun penjara, minus pengembalian harta hasil korupsi. ’’Tidak mungkin perilaku korup bisa diberantas jika tak ada efek jera dalam tuntutan dan vonis pengadilan,’’ terangnya. Terbukti, meski jumlah terpidana korupsi naik, kasus-kasus korupsi baru justru terungkap. (jpnn/p6/c3/ary)

Anggaran Kasus NaikKINERJA kepolisian di bidang pemberantasan

korupsi masih dianggap loyo. Padahal, secara nominal anggaran penyidikan tahun ini jumlahnya naik cukup signifikan. Polisi dianggap belum tegas menangani korupsi, terutama di lingkungan internalnya.

’’Kasus dugaan korupsi di internal Korps belum banyak diusut. Masyarakat juga lebih percaya pada KPK kalau soal pengusutan korupsi,’’ ujar Ketua Presidium Indonesia Police Watch Neta Sanusi Pane di Jakarta kemarin

IPW mencatat tahun ini polisi mendapatkan anggaran penyidikan Rp250 miliar. Penyidikan per kasus dialokasikan sebesar Rp208 juta, naik Rp39 juta per kasus dari tahun lalu yang Rp169 juta per kasus. Anggaran tersebut berlaku untuk seluruh wilayah di Indonesia. (jpnn/p6/c3/ary)

TERSANGKA BUKOPIN

HAKIM TIPIKOR

PENYIDIKAN LOYO

ALGIERS – Operasi pe nye la-matan atas para sandera di kilang gas In Amenas, Aljazair, berakhir dengan banjir darah dini hari ke marin (20/1). Tidak hanya 32 militan tersangka penculikan dan penyanderaan yang tewas dalam operasi penyergapan yang di lan-carkan pasukan khusus Aljazair di dalam fasilitas pengolahan gas di Gurun Sahara tersebut.

Sebanyak 25 sandera juga ditemukan tewas dalam areal ki lang gas itu. Tujuh di antaranya dilaporkan tewas setelah di ekse-kusi para penculik saat militer Aljazair melancarkan operasi pe nyerbuan terakhir.

Setelah melakukan operasi pe nyergapan selama 72 jam, mi-liter Aljazair memastikan bahwa drama penyanderaan atas para pekerja kilang minyak tersebut oleh kelompok militan bersenjata telah berakhir kemarin. Abdul Rah man al-Nigeri, pemimpin pa ra penyandera, diyakini ter-ma suk di antara 32 militan yang te was. Nigeri, yang berkebangsaan Nigeria, dikenal sebagai orang de kat Mokhtar Belmokhtar, ko-mandan kelompok terkait Al-Qaidah sekaligus pula otak se ra-ngan dan penyanderaan.

Kementerian Dalam Negeri (Ke mendagri) Aljazair juga mem-benarkan jatuhnya korban dari pa ra sandera. Insiden ini berawal ke tika kelompok bersenjata yang ter kait dengan Al-Qaidah m e-

nye rang kilang gas In Amenas, wi layah timur Aljazair dekat perbatasanan dengan Libya, pada Ra bu lalu (16/1).

’’Sebanyak 32 penculik juga te was dalam operasi itu. Pasukan khusus berhasil pula mem be-bas kan 685 pekerja asal Aljazair dan 107 pekerja asing lain yang di sandera,’’ ungkap seorang jubir Kemendagri Aljazair kemarin.

Di antara para korban tewas san dera (pekerja) asing, terdapat warga negara Inggris, Prancis, Rumania, dan AS. Anis Rahmani, direktur Ennahar (televisi swasta Aljazair), melaporkan bahwa mil-iter menemukan jenazah 25 san dera ketika menyisir ke seluruh lokasi penyanderaan di dalam kilang gas.

Sebelumnya, Menteri Ko mu-nikasi Aljazair Mohamed Said

me nyatakan melalui siaran radio bahwa sedikitnya 23 sandera tewas dalam operasi penyelamatan tersebut. ’’Saya khawatir jumlahnya akan bertambah,’’ ujarnya.

Menurut Said, pasukan khusus Al jazair memutuskan untuk me-lancarkan penyergapan setelah militan mulai mengeksekusi san-dera warga asing. Dalam operasi tersebut, 32 militan tewas. Itu di yakini sebagai total jumlah mi-litan yang terlibat dalam aksi pe nyan deraan.

Petugas penjinak bom yang da tang ke lokasi beberapa jam ke mudian dilaporkan menemukan se jumlah mayat lagi. Seorang pe tugas mengatakan bahwa mayat-mayat tersebut sudah tidak bisa dikenali dan sulit diidentifikasi. (afp/ap/rtr/jpnn/p3/c1/ary)

KUALATUNGKAL – Sebanyak 61 narapidana dan tahanan Lembaga Pe masyarakatan (Lapas) Klas IIB Bram Itam, Kualatungkal, Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjab Barat), Provinsi Jambi, kabur pukul 15.30 Sabtu (19/1).

Namun setelah bergerak cepat si pir di bantu kepolisian berhasil me nangkap 13 napi. Masih ada 46 yang berhasil lolos. Sebelum kabur, para napi juga menganiaya tiga pen-

jaga, merusak gembok dan pintu penjara, lalu hilang berpencar. Aksi ne kat mereka dipicu karena rasa k e tidakpuasan akan kebijakan pe-ngelola lapas. PP No. 99/2012 tentang Kebijakan Remisi Napi disebut sebagai pemicu nomor satu.

Pemicu yang lain adalah karena na pi merasa diteror salah seorang napi pindahan Lapas Jambi bernama Bam bang. Bambang disebut-sebut merupakan tangan kanan petugas lapas.

’’Memang setelah sosialisasi PP No. 99/2012, para napi yang se be-lumnya bakal dapat remisi Natal

tampak ada yang kurang puas. Selain itu, dari yang saya dengar, mereka tidak suka dengan salah satu napi yang dipercaya staf sini,’’ terang Kalapas Kelas IIB Bram Itam Kua-la tungkal Prianto Budi, Sabtu (19/1).

Kejadian ber awal pukul 15.30. Saat dua karyawan lapas ber tugas mem beri makan siang kepada napi. Pintu portal dibuka. Ketika itulah 52 napi dan sembilan tahanan me-nga muk. Me reka keluar sel masing-masing. Meng hancurkan kaca-kaca yang ada, lalu menyerang seorang sipir yang bertugas di dalam, Kliwon. Dua na pi yang belakangan diketahui

ber nama Daeng dan Fuad memukul punggung kliwon hingga sipir itu tergeletak tak sadarkan diri.

Usai melumpuhkan satu penjaga, 61 napi dan tahanan menyerbu pintu por tal ke empat. Mereka lari ke arah pintu selatan sembari menjebol pagar pembatas berupa seng.

Kapolres Tanjab Barat AKBP N.P. Si manjuntak dan Kepala Kejaksaan Negeri Kualatungkal V. Antonius me nye but kan, telah mengantongi beberapa nama yang diduga kuat sebagai otak pelaku kejadian yang memalukan ini. ’’Tapi belum boleh kita pub li ka si kan,’’ bebernya.

Sementara kerusuhan juga terjadi di Lapas Kesambi, Cirebon. Satu orang meregang nyawa. Menurut Ka lapas Kelas I Kesambi, Cirebon Teja Sukmana, kericuhan terjadi karena persoalan sepele. Hanya disebabkan pembagian makan pada sore hari. ’’Ada ketersinggungan, yang berakibat pada tawuran antar-blok. Dua blok yaitu A dan B me-nyerang blok F,’’ tutur Teja.

Ia mengatakan, ketika kejadian sebenarnya tidak ada senjata tajam yang digunakan. Hanya, ada napi yang terkena tusukan sikat gigi yang diruncingkan. (jpnn/p6/c3/ary)

Lapas Chaos, 61 Napi Kabur

Operasi 72 Jam Berakhir Banjir DarahKY USULKAN Daming Dipecat

JAKARTA – Gurauan tentang per kosaan yang dilontarkan calon ha kim agung (CHA) Daming Su nusi benar-benar berakibat fatal. Tidak hanya hujatan yang dia terima, hakim yang kini bertugas di Pengadilan Tinggi (PT) Pa lem bang itu juga terancam kehilangan pe kerjaannya. Rapat Komisioner Komisi Yudisial (KY) me re ko men dasikan Daming dipecat.

Rekomendasikan itu muncul se telah institusi pengawas etik ha kim itu menggelar sidang pleno, Jumat (18/1). Dalam persidangan itu, Daming Sunusi dinyatakan te lah melanggar kode etik dan pe rilaku hakim. ’’KY mengusulkan sank si berat yakni pemberhentian de ngan hak pensiun,’’ ujar Wakil Ke tua KY Imam Anshari Saleh ke pada Jawa Pos (grup Radar Lam pung).

Seperti diketahui, Daming ter sandung masalah saat dia se dang mengikuti fit and proper test CHA di DPR. Saat itu, salah se-orang anggota Komisi III me na nyakan apakah pelaku pe mer kosaan pantas dihukum mati. De ngan bercanda, saat itu Daming m e ngatakan kalau pelaku dan kor ban pemerkosaan sama-sama me nikmati.

Lebih lanjut Imam men je las kan, putusan itu diambil setelah pi haknya memeriksa langsung D a ming. Memang, sehari setelah dia mengeluarkan pernyataan kon-troversialnya tersebut, Daming lang sung sowan ke Mahkamah Agung (MA) dan KY. Tujuannya satu, mengklarifikasi dan meminta maaf atas ucapannya.

’’Kami juga sudah men de ngar kan rekaman saat dia menjawab per tanyaan komisi III,’’ imbuhnya. Se telah ini, lembaga pimpinan Eman Suparman itu akan me ngi rimkan surat permintaan di ge larnya sidang Majelis Ke hor ma tan Hakim (MKH) kepada MA. Ti dak hanya itu, KY juga akan me nyiapkan empat komisionernya untuk menjadi hakim MKH. (jpnn/p6/c3/ary)

Di Cirebon, Satu Narapidana Tewas

32 Militan dan 25 Sandera Tewas

FOTO-FOTO JPNN

RUSUH: Suasana di Lapas Kualatungkal, Jambi, pasca kerusuhan yang menyebabkan banyak narapidana kabur.

Page 6: RADAR LAMPUNG | Senin, 21 Januari 2013

6 Waahhh..sudah laku!!!SENIN, 21 JANUARI 2013

MOTOR DIJUAL • HONDA •

REVO FIT 2011 MTR BGS DIJUALCPT HRG 6.8 JT 085292525299

MEGA PRO TH 2004 MULUS PJKPANJANG 7.5JT NG;HUB 085379765555

MEGA PRO CW ’10 MERH HRG17,5JT NGO ;08127245037

ABSOLUTE REVO 2011, 3UNIT ,PJKTLT 1TH ,20,5JT HP ;0813 69266005

HONDA BEAT TH 2010 PUTIH;HB08127920979

• KAWASAKI •

KAWSAKI KLX 150 S 2010,19 JT SERBA DOUBLE VARIASI, STANG, CDI, BODY, KNALPOT, VELG:08 21 83187988

NINJA R’05 BE HIJAU FULLMODIFIKASI BU NG HUB.OJHY085367053444/087899860444

NINJA RR 2011 MERAH PLATKODYA ;08127934991/08127947747

NINJA R TH 03 WR BIRU BE KDYNGO ;085383019928

• YAMAHA •

MIO SOUL ’08 AKHIR PJK BARU,MERAH MARUN JRG PAKAI,6,7JT NEGO ‘085357939382

XEON’11 BE HTM KWSAKI 250R4TAK,’09 BE HTM NG JUAL SLH1082375368888

VIXION 08 HITAM BAN TUBBLESSMESIN OK 14.5JT NG;085279155444 NO SMS

RX KING 2003 BE KDY HUB;085383019928

BU ZUPITER Z ’09 HRG 10,5JT NGHUB ;081279419997/0853 80538444BYSON TH 2011 BLN 10 WRNABU2 BE KDY, 17,5JT HUB;085380904747

JUPITER Z MATA ELANG 2007BIRU HTM FULL ORI BE KDYMULUS KM RNDH 6.5JTNG;082181711978

SCORPIO 2005 AKHIR TGN IGRESS U/KE KANTOR 10.8JTNG;082176425666

• SUZUKI •

THUNDER TH 2009 BE KDY MTRBGS HRG 7.2JT NG;082377009988

MOBIL

HOLDENHOLDEN KINGSWOOD ’74 BIRUDOFT FULL SOUNF PS VR SURATLEMPENG CAT BRU NG ;0811799805

PEUGEOTPEUGEOUT ’98 BE KDY AC VRVW SST GRES SPT BARU .38JT082183139213

BMWBMW 323I TH 97,MANUAL,MERAH,KM 81RB,SERVICERECORD,CD MP3,AIRBAG,BANBARU,PAJAK PNJG,KONDISITERAWAT BAIK,ISTIMEWA,76JT;082377162996

BMW 3181I 94 SILVER AC RMTGRES 45JT NG BS TT 0821 83139213

BMW 318I -M40 TH ’90 50JT PLATD,HUB ;0811726786

DAIHATSUJUAL CPT XENIA 2004 LI PS ACPW BE SIAP PKAI 87JT AN.SNDIRI;HB 082377336462

TARUNA FGX’03,SILV ER,BE,MLS LUAR DLM,S.PKI,JL CPT0852 08812777

ESPASS PU 1.3 HTM’05,BE KDY,S.PKI,NG 3632382/08538 0529834

ESPASS PU ’01 PUTIH BE KDYPJK TLT 2TH ,B,BGUS M.SEHAT,25JT NG ;081272157888TAFT HILINE ’97 HIJAU BR VR ACFREE LOCK BODI MSN SIAPPAKAI NGO ;085838396501ESPASS ZL 02 BE PJK BR MLSBGT CDMP3 46JT/DP 16JT ANG1.4JTX35;HB 085269680000TERIOS TX ELEGANT 2007 SILVERMET BE KDY ACDB PWPS VR TVMLS ORSINL;HB 0813 67572075CHARADE WINNER 90 BE KODYAHITAM AC MULUS 31.5JTNEGO;HUB 081369708827CHARADE CLAZZY 95 BE KDYPWPS VR REMOT MP3 USBJ.CEPAT;081272000444

FEROZA ’95 HIJAU TUA BE KDY,KOND OK AC BAN 31 CNGKUL/GAVERO BARU BENSIN ,48JT,RJ.BASA 081379314155 NO SMS

TERIOS TX ELEGANT ’07 HITAMAUTOMATIC KOND TERWT BRGSIAP PAKAI NGO ;08127210199JUAL CPT XENIA ’06 VVTI’89JUTA HUB ;085382054888TERIOS TS EXTRA METIK SIL-VER’11 EX WANITA,MLUS,HRG155JT NEGO:0811723168.TPXENIA NEW DLX TH 2008 BE SIL-VER VR BR TAPE AC REMOT HUB;085273999992XENIA XI SPORTY 13CC BE KDY,SILVER TV SOUND SIST TG1DARI BRU 100JT ;082183386012ZEBRA ’87 BE KDY PJK BR BPKBTG1 ,BDY MLS,MSN HLS IRIT,INTRPH TRWT ,15JT ;7487800XENIA XI THN 2009 HITAM, BE,DELUX TANGAN PERTAMA HUB;085279996688G,MAX PICK UP 2012 SILVER JRGPKAI ,NEGO ;085279881789

TARUNA FL 03 BE KODYA SIL-VER MULUS AC DINGIN;HB081273942888

XENIA XI ’09 B,ABU2 MET MLSEM RMOT AC DGN NGO ;3618482/081379297186

XENIA LI’05,B,MRAH MTLIK,SIAPPKAI,LNGKAP,HRG NG:081279116644

XENIA LI ’07 BE SILVER CL AC PSBR SPION LMPU MP3 085268978839

FORDFORD TELSTAR 86 B MERAH ACPW PS RT 12.5JT NEGO;HUB081369708827

OPELBLAZER MONTERA TH 2000 SIL-VER BE HRG 55JT NG;HUB 085380381000

CHEVROLETCHEVROLET LUV KB 54(4X4)BNSIN 93/94 BNSIN PLAT B WRNHJAU EXTRA CABIN PS,BAN 33MOBIL KEREN:082324634567

JUAL CPT TROOPER 86 HIJAUARMY BE AC PS MP3 VKOOL JOKINOVA PREDAM LNTAI (OVRVNDR & VELG RACING);HB 0721.7432928/0811728287

TROOPER SOLAR ’85 4X4 AKTIFACDB BLOWR BE KDY ,55JT NG;081379130589/0811726668

TRUCKENGKEL BOX ALM/BAK TH 06AKHIR SIAP KRJA C/K HRGNEGO;081379705550

DYNA 110 & 130PS,ENGKEL/DBL/BAK/BOX/ DUMP/MIXER,CCK U/AREAL & LINTAS! HB 0811728287

4 UNIT HYNO FG 235 TI 2 UNT TH2011,2 UNT TH 2010,BE KDY SIAPOPERASI 1.8 M NEGO;HB 081273942888

DJUAL PS120 ’91 BAK BR,BODIBR, MSN KRING, PJK HDUP BE70JT HB; 081369768573

FUSO ’97 PJK BLN11 TG1 COLTDSL ’04 PJK BLN10 TG 1 BAKBESI 08127911707

MAZDAMAZDA 323 ’87 VR BR AC TAPEBE PJK HDP 17JT NG ;0813 69002954

Page 7: RADAR LAMPUNG | Senin, 21 Januari 2013

Waahhh..sudah laku!!!SENIN, 21 JANUARI 2013

ISUZUTTL ASSY ’96 BE NA, AC/RT/VR,PMKT, BIRU,KAKI2 BARU,53JT NG HUB 082178687874PANTHER TOURING TH 2005KNDSI BRANG BGS/MULUS HRG160JT NG HUB 085367613467PANTHER LS TH 06 (BLACK PAN-THER) BE MLS L/D JOK KLTPRESS;HB 081272375188\PANTHER LS 10 TURBO EURO 2BE HTM MET ACDB PWPS CLRMT JOK KLT TLG AIR TDK BLKSTABILIZR KING KM 28RB BLM SRVCGRTIS 3;HB 08127425253 MTRGRAND ROYAL 97/B.BIRU +ACDBPW PS HRG NGO ;087888701616/081388674696PANTHER DLX ’96 HIJAU BE PJK7-13 AC PS CLK CD ,62JT NG;082183 520874PANTHER HI GRADE LS 25 TH 01INT & SOUND ISTMW RWT DEALRJRG PKI ;08526978920 TPPANTHER HIGRADE TH 2000MERAH BE KDY MLS SIAP PKAIHRG 85JT NG;081273942566PANTHER SMART TURBO 08 BEKDY HTM AC PS PW JOK DPNSMUA C/K BS TT 081379793612PANTHER LM SMART TURBO 08BE LGKP SPT LV HITAM MLS ORSVRSI HRG NEGO;081379312343PANTHER ’01 LM BIRU MET ORSL/D PJK BARU TDK KECEWA;082375238858PANTHER PICK UP ’93 BE ACHUB ;082181828107PANTER TTL ASSY MB 94 BEKDY CAT MLS MSN OK BGT AC/RT/VR: 085379591544PANTHER ROYAL 97 BE AC VRBRPJK 11 BLN 59 JT NEGO HUB.085269833781

HYUNDAIATOZ ’02 SLVER BE KDY PJKBRU FULL SOUND BS KRDT DP21JT 081272368195HYUNDAI MATRIK 04 BE ORITRWT JUAL CPT 67.5 JT 085269039888

OVER KREDITOVER KRDT NEW FORTUNER2011 AKHIR HITAM SOLAR;0816405722/0721.7460688TAKE OVER XENIA XI 2006 ,B,PJKPJG AC DGN DVD BLK DP 32JT ANG3.060.000X27 ;0085357642770L300 ANGSURAN SDH 3X,PULANG DP 45JT NET ANGS.3,5JTX33 BLN;HB 081310465557TARUNA FGZ ’01 BE,SISA 25BLN,2.150,000/BLN. PLG DP ,40JTNG ;081272488666DAIHATSU SIRION’07 SLVR BEKDY PLG DP 30 JT NG ANGS2.700RBX28 BLN CASH 97 JT081279054444L300 PICK UP 00 BE SISA ANGS RN20 BLN,45JT;HB 085769495352LUXIO M 12 KODYA PUTIH DP 30JT4140X39 LAGI HB;0812 7958095

MOBIL PENGANTINDSWKN MBL MERCY NEW EYES,SILVR DPT DSWA HRIAN, MNTHB 07217361700/08117 28117SEWA MBL PENGANTIN HONDAALL NEW CIVIC,MAZDA RX8,CITY Z,HUB 085357282888DISEWAKAN MBL CAMRY UTKPENGANTIN HUB ;081369086666/081379366669

POWER STERINGISTANA MOTOR AHLI POWERSTERING AC MOBIL SMUA JNSMBLHB;0721- 7512104

HONDAACCORD VT-L’10,HTM,B,L/T,KM12RB,SPT.BRU,JRG PKI,TDKKCW 085208812777DIJL HONDA PRESTIGE’87,HITAM,KOND.S.PKI,AC DGNHUB.081279500066ACCORD PRESTIGE’86,BE KDY,MLS,AC DGN,CL.ALARM,P S,S.PKI ,JL CPT 085669666766JAZZ’04,AT,CKLT MUDAMET,B,MLS,BGS,S.PKI,107JT NG0721-7573407CIELO VTECH 97 BLN 1 HIJAU BEKDY FULL ORI CD AUDIO PMKAILSG NEGO;082179176423NEW CRV 2003 BE BANDARLAMPUNG,HITAM MLS AN. SNDIRI145JT NG TP;08127916745CIVIC MT ’01 ORSNIL DJMIN TDKKCW ENAK DIPAKAI AN.SDRI112JT NG ;082179794453JAZZ 2005 SILVER STONE IDSI,115JT NEGO HUB ;085380970202/08977378234STREAM TAHUN 2002. AT2000CC BIRU,JOK KULIT,PJK BLN9 HRG 120JT HUB 0811722789MAESTRO 1990 BE KDY W.BIRUMET MSN BGS BODY MLS DLMRAPI S.PKI 42JT NG;08127940705MAESTRO ’91 ABU2 MET,MULUSRAPI L/D BE KDY,HRG 42JT NGOHB;085357242727NEW CITY ’07 VTECH MNL ABU2MET SGT ISTMWA MINAT.150JTNG;081369908095CRV 2.4 TH 2008 MATIC MERAHMARON BE KDY JOK KLT ISTIMEWA;085766820978NEW JAZZ I-VTEC’08 AKHRMATIC BE KDY TGN 1 C/K ABU2MET 081379793612MAESTRO 93 HIJAU MET KONDSIOK TRWT BAIK JUAL CPT48JT;HB 085269082227ACCORD VTIL MANUAL TH ’01NIRU MLM BE PJK BARU BANBRU BS KRDT 0811790211JUAL CPT BU JAZZ 2004 WRNASILVER MBL BGUS SERVISRECORD HONDA,110JT NGOHUB ; 081279158009CITY ’97 1.5CC ABU2 MET CL PWPS VR PJK BRU BU 57,5JT HUB:081222828029JAZZ S TH 2008 A/T B,WR BIRUNEGO ;081929873446JAZZ TH 2010 RS MANUAL BEKODYA HITAM BISA TT;085267902613NEW CITY ’06 MATIC VTECHHITAM TV ,140JT NG;081272834581JAZZ ’05 MATIC TIPE V-TECKONDSI BAGUS MINAT HB;085266838998CITY ’97 MERAH AC DGN PW CLPS TV BUK 63JT NG ;081272551111HONDA CITY VTEC’05 AT SILVER,BE KDY,H.125 JTNG:081379499996CIVIC 08 MATIC B PJK PJG BANBR SGT TERAWAT H 242 JT NG081279256016MAESTRO ’90 55JT PLAT D,HUB;0811726786

MITSUBISHILANCER SEI TH 2000,SILVER,BE,ORIGINAL,110JT;HUB 082377162996

KUDA TH 1999 BENSIN,BE KDY,1600 CC 72JT HUB 081373685340

KUDA SOLAR TH 02/03 ORSNLDP 30JT ANG 2,5X28 BLN HB081271104986

L 300 MB’06,PUTIH,B,KOND. BGS,MLS, S.PKI,JL CPT 085208812777

TRUCK ENGKEL TH 1988 BE 9667WRN.KUNING;HB ANDI 0816401139KUDA GRANDIA 1.6 TH 03COKLAT TUA BE KOND BGS HRG95JT NG;HUB 085279278739COLT DSL CANTER BE KDY HD’10 PEMAKAIAN 2011 BAK BESIFULL PJK BARU BAN BARU SIAPKERJA, HRG LIAT BRG ;08127276123T120 SS PU ’09 BE KDY BAKKRGO ,63JT NG CRDT DP 20JTANG 1.938.000X35 NGO HUB;085269956333PAJERO SPORT EXCEED ’10ABU2 MET, KM 28RB TRWT PJKPNJNG PLNG DP HUB; 082372592008CD PS 120 DUMP TRUCK ’02 BAKBESI ,135JT NG;085208552770/085768577006KUDA DIAMOND BENSIN 2003 1.6BE MERAH AC PW PS SIAP PKAIC/K;081379793612PAJERO 4X4 2010 HITAM BE KDYISTMW JUAL CPT 3 60JT;081273558109 PIN 28C4ED70KUDA GLS ’00 BE PS PW DVDVRBR AC DGN BODI KLG S.PKI,NGO 081929909102CANTER 07 BE LAMTENG SASISAJA HRG 132JT NG;HUB 081279359003L 300 PICK UP 2007 AKHR BE,HITAM ,100JT NGO ;08127919405PAJERO EXCEED 4X4 A/T TH2010 GOLD BE KODYA;HUB081273942888KUDA GRANDIA ’04 BE PJK BRUDP 35 ANG2405 GRES ISTMWA;082183139213

KUDA GRANDIA ’03 DISEL MOBILBGS ORISNIL HB; 0821 85391999

SUZUKIAPV GX’05,BIRU,B,MLS SKLI, KOND.PRIMA,JL CPT 085208812777

SX4 TH 2010 PUTIH MATIC KM26RBAN KONDSI MULUS & RAPI(SERVICE SELALU DI DEALER)160JT NG;081311339069

K A T A N A ’ 9 2 , M E R A H , B EKDY,RT,AC,H NG 082179038889

KTNA GX ’93 BE KDY,AC DGN PSVRBR CD DVD USB CL RMT INTRORI RPIH BRSH BDY MLS KLG,MSN HLS KRING BGS KAKI BRU DJMIN PUAS,GK NYSEL GK KC WA GKBHONG ;085269688588 NG.ESCUDO TH 2005 CAPSUL HITAMBE AC TV TAPE PIONEER FULLSOUND SYSTM RING 18,DP 40JTANG 3.750RB,-26X;081279580404METROBALENO ’00 BE KDY SILVER TVDVD ,76JT NG BS CRDT DP 25JTANG 2.228.000X35 ALL RISK HUB;085269956333GRAND ESCUDO ’03 AT SILVER BEKDY MBL SPT BARU JRG PAKAI,KM 97RB,DBL AIR BAG TV DVD,110JT NG ;081379 229898

KARIMUN ESTILO’07 UNGUMET,BE KDY,MULUS ORI HARGANEGO:081369471518BALENO 2001 WARNA SILVERVELG BARU MULUS SIAP PAKAIMINAT HUB ;08127934069APV X ’04 MERH BE KDY ISTMWBU 95JT NG /CRDT DP 35 ANG2.575,000X35 ALL RISK HUB;085269956333FREED PSD ’11 AT BE SLVR KM20RB JO K KLT TV AUDIO PJKBRU ISTMW BS TT C/K 215JTNG;08127201978AMENITY TH 91 ,HITAM PJKBARU AC VELG RACING TAPEHRG NG ; 081272813275

FUTURA 93 BE KDY PINTU 4 MSNOKE AC DVD TV BAN BR BODYMLS S.PKI NG;081279159006

BALENO MNL 2000 BE AC PS PWBOSU RAPIH L/D SIAP PAKAI BU72JT ;082380723888

ESCUDO 1.6 TH 2006 SILVER METBE KDY SOUND SYSTEM BRGBGS ORS;081379580000

ESTEEM 94 BE LUAR/DLM ORIS.PAKE BBM IRIT MBL S.PAKEBRG BGS 42JT NG;7570194

AMENITY 90 MERAH BE KDYEX.WNT AC RT VR CL PW 35JTNG & MITS GALANT 97 H.35JT;7367666KATANA ’92 BE KDY VRBR ACABU2 MLS TRWT TDK KCW ,40JTNG;085366622266BALENO ’00 BE AC DGN SOUNDOK PJK PJG KHS PMBELI 75JTNG;085377914000BALENO TH 2000 HIJAU MET BEKDY CD REMOT CAT ASLITERAWAT;08127923202BALENO ’97 B,HIJAU MET VRBRPW CL TP DVD MP3 AC L/D ORI PJKPJG S.PKI 67JT NG 081210455626CERY MINIBUS ALEXSANDERTH’96 BE KDY VR/BR UNGUMETALIK 26.5 JT 085279241950KATANA’91,BE KDY,VR, BR,BIRU, TAPE,H 35,5 NG 085267920817SX4 2010 PUTIH MATIC KM MLSRAPI SERVICE DEALER PJK JUNI,160JTNG;081311339069BALENO ’97 HIJAU AC CD MLS L/D ,67JT EX.DR ,METRO ;081369212139BALENO TH 2001 BE KDY AC PWPS VR16 CD ,80JT NG;0812 72499499JUAL CPT SZK FORSA 90KONDSI MULS SIAP PKAIAUDIO,BVR;082135591313SX4 2009 MBL RAWATAN GKKECEWA J.CEPAT HUB ;085267922225KATANA ’95 GX PWR STERINGBODY KLG ,HRG 44JT NGO BEKDY;08154019327CARRY MB ’87 BE CAT MLS MSNOK VR BR ;081369002954 BS TT

BALENO ’01 BE KDY AC PWPS EM VR16 ,75JT NG;085669645890

KATABN 89/90 BE PJK BLN12 ACVRBR MLS SIAP PKI ,32,5JT;085269024308

FUTURA PU 11 HTM BE PJK PJGBAN BARU BAK KARGO BU NG08127941669

BALENO DX/NEX G’03,HTM,MLS,ORS,BE KDY,LKP,NG 085269091044

TOYOTAVIOS G 03 B WRN GOLD MANAUAL HRG NEGO 085279911893

FORTUNER G DSL 08 HITAMMANUAL BE PJK AGUSTUS085279911893

KJG LX BENSIN’04,BIRU,BE,KOND.PR IMA,S.PKI,JL CPT085208812777

LGX BENSIN 1.8’04,SILVER,BE,S.PKI,K OND.PRIMA,JL CPT085208812777

INNOVA G BENSIN CRUISER 2007HTM,BE KDY,EURO,TV TOUCHSCREEN,KF VKOOL;081 287688989

LGX BSN 00 AKHIR SILVER BEKDY & LGX DSL 01 SILVER SMUALKP ORSNL NEGO;081379777707

INNOVA DSL 04 AKHIR SILVERGOLD BE KDY NOPIL PJK BARUORSINIL BS TT MBL;081278 565888

INNOVA G M/T ’05 SILVR,GPS,TV,MP3, T PERTMA,SNDRI T.PRNTRA 155JT 085664730160JUAL CPT KJNG INNOVA, HTM’08,TV,MLS 175JT NG,BE,PJK BRU081322235391/082377828958KJG LSX 1.8 NEW MDEL ’03BG,SILVR,AC DB,RT,MLS 105JTNG CAS/KRDT 0811722509INNOVA G MANUAL NOV 2009,SILVER,BE KODYA ASLI,TGN PER TMADR BARU, PMKAI, SIMPA NANKM32RB,RWTAN AUTO 2000,K FILMV-KOOL, MULUS L/D FULLACESORIS ,ROOFRACK ,RP 210JTHUB 081279194979 KOTA BARUKJG LX ’04,BE KDY,TGN1,ANSNDR,R AW ASTRA,PS, PW,ALRM,110JT NG 085279190978

INNOVA G BENSIN 2010,SILVER,KF VKOOL,JOK KULIT,KM RENDAH,BE KDY,PJK PJG;081287688989

INNOVA G DIESEL 2011,HITAM,BE,KF VKOOL,KM RENDAH,ORISINIL;081287688989INNOVA V BENSIN 2010,ABU2,BE,JOK KULIT,KF VKOOL,PJKPJG,TE RAWAT;081287688989KJG LSX SOLAR’97,NEW MDL,BE,ABU2 MET,AC,P S,PW,VR,BR ,RMT,MLS,NG 08127233570INNOVA G DSL 09 A/T HITAM B MLSISTMEWA;HUB 085269381541VIOS G 05 B HITAM MET MLSISTMEWA;HUB 085269359292INOVA G BENSIN’07,SILVER,BE,EURO,MLS LUAR DLM,TDKKCWA,S.PKI,085208812777INNOVA DSL 2005 MATIC BISTMW VR 18 CROOM FULL VRSI165JT NG C/K 082181711978KJG SPR JANTAN TH 91 MERAHMET MSN HLS BODY MULUSVRBR AC DBL BLOWER HRG 53JTTP;08127946651YARIS (S) LIMITED 06 AKHIR,W.HITAM,PJK BARU VKOOL &ACCESORIES FULL;HB 0721.7472 727 JL.CUT NYAK DIENGG.SUR YA NO.11PALAPAFORTUNER SOLAR MNL WRNPTIH BE KDY TH’2010 RWTNDLER ASS ALL RISK MSH 2THHB;08127918808/ 081369555515100% BARU,INOVA,AVNZA,YARIS, ALHARD, FORTUNR,SLURUH PRODUK TOYOTA!!CSH/KRD/TKR TBH LYNAN CPTKE RUMAH PRSES MUDAH! (NOSMS) 0721.7432928/0819192000INNOVA V DSL MATIC ’06 ,LIKEGREEN ,SERVICE ASTRA ,PJK BRU,SOUND SIS, FULL ACSESO RIS,ISTMWA U/ PEMAKAI ;081272071777LGX 1.8/2003 B PJK AGUST SIL-VER ACDB PWPS CL RMT JOKPRESS KLT KF VKOOL BRG MLSTDK KCEWA;081272425253AVANZA G ’04 SILVR BE AN.PEMKI MLS TRWT ,PJK BRU,HRG100JT ,BS LIHAT HARI SABTUDAN MINGGU,JL.DARUSALAMNO.30 KEDATON SPG MASJIDKJG LGX TH 03 B SILVER MULUSSPT BARU AC VR RMT SOUND SYS-TEM TV BUAT PKAI JAMIN PUAS(PEMAKAI) 125JT NG;0821 76855520STARLET SE 1300CC’94,BEKDY,ABU MET,AC DGIN,PW, CL,VR,EM,FAKTUR,INT ORI, BODYKALENG 54JT NG:085 208390017AVANZA G HTM ’08 BE TG1 BDYCAT ORS SIAP PKI ,117,5JTDBNTU CRDT JL.S.AGUNG NO.19DPN TELKOM 082185377755KJG INNOVA ’05 AKHR BE ,HTMMET PJK BRU TV KACA FILMBARU FULL VAR JRG PKI ,HRG160JT NG HUB ;085357939382FORTUNER SOLAR MATIC,WR.HITAM, TIPE G TH 2012 ,KM33RB ,PJK JAN 2013 MLS HUB;0813 19815865AVANZA G TH 2009 W.SILVERBE KDY PEMAKAI LANGSUNG133JT NG;082181947611VIOS 2008 NEW MODEL SILVERPLT B 98JT NG PEMKAI LANGSUNG ;HB 082181947611

SOLUNA GLI MTA KUCING ’02 BEKLG CAT ORS S.PKI ,82JT NGDBNTU CRDT ;082185377755

INNOVA G ’04 BENSIN MERH BEKDY SIAP PAKAI NGO ;0811791194

FORTUNER G DSL 2011 SILVERMNL KM 3000 SPT BARU BSLESING ;081279063126 TP

KJG INNOVA TIPE G WRNA SIL-VER TH 2004 DES,BENSIN ,PLATBE KDYA ,HRG 139JT NGO ;081369105780

CAMRY 2001 JUAL CPT BU,MURAH ,2200CC MEWAH IRITBE KDY AN.SDRI NGO;081384763369 TDK SMS

ALTIS ’03 1.8 G BIRU BE KDYAN.SDRI ORSNIL RAWTAN AUTO2000 120JT BU085279863863

COROLLA GREAT ’93 SILCERSTONE BE KDY MLS FULL AKSESORIS 60JT BU 085279863863

GREAT COROLA’92 WRN SILVER, MSIN,BODY MULUS:081272248989

KIJANG LSX DIESEL’01,PLAT BEKDY PJK PNJG,ABU2 MET,SOKKULIT,AUDIO:085269995222

KJG LSX DSEL ’97 VR16 AUDIOCD BAN BARU 4,SIAP PAKAI FULLAKSESORIS NG ;08127239858/085669993457

INNOVA V DSL MANUAL 2010ABU2MET BE TGN I MULUSORS;HUB081367572075

HILLUX PICK UP BENSIN 08/09HTMMET BE AC/VR/ BR KM RNDHORIHUB 081367572075

LSX DSL ’00 BE AC DB PS RT VRCL PW RMT BIRU MET MLS L/,98JT ;085380947422

GREAT ABU2 MET BE,94 AKHR,FAKTUR ,63,8JT NG TP,BODYMLS ;085267935674 BU

LX ’03 BNSIN 1.8 ,BE, BIRU DGKRFULL VARIASI ;08526733452/082372354422 BAYU

KHG KRISTA ’99 AKHR HIJAU,BE,PJK BRU AC DGN VR TRWTMLS NG;081369552525/259446

KJG SPR KF LONG BENSIN ,’03,BIRU MET PLAT BE ,HRG 125JTNGO HUB ;082380572323

ALTIS ’05 SILVER ,MLS TRWT,SIAP PAKAI ,BE KDY , HRG NGOHUB ;087899228883

FORTUNER DSL MNL ’08 ,B,PJKBRU HTM MLS TRWT 308JT NGBS TT C/K 082176660868

DI JUAL RUSH TH 2011 D.1131 OIWARNA HITAM MULUS HARGANEGO HUB 081379994075

KJG KPSL LX ’99,B,BNSIN BIRUMET PS RT VRBR AC,81JT;082177560521/082183123185INOVA G DSL 2010 ABU2 JUALCPT 225JT NG KHUS PMKTP;0852 69082227 PIN 28C4ED70INOVA G BSN 2007 HITAM TRWTSPT BARU ISTMW JUAL CPT167JT NG;HUB 081273558109NEW COROLLA 91/92 BE MBL SIPMWH ONDERDIL MDH BBM TDKBOROS 27JT NG;7570194COROLLA GL 84/85 BE BODYMLS MSN ORI MSN OK KKI2 ENAKS.PKE MBL MURAH 20JT;7511103

CORONA 81/82 BE L/DLM MSNOK S.PAKE BKN MBL BANGKEBRG SIP 14JT NG;081957105253

AVANZA G 2006 HITAM BE KDYJUAL CPT BU 115JT NG KHUSPEMAKAI;HB 085269082227KJG PU 96 SIAP KERJA DIJAMINPUAS BODY KALENG MLS HITAM50JT NG;085658826999DJUAL CPT BU INNOVA ’05GREEN LIGHT TYPE V ISTMWARP.142JT NG HB:082380259850KJG SSX 02/03 EVI BE KDY PJKPJG AC PS PW SL CD MLS ORS92JT NG:085279182555INOVA G BSN 2008 ABU2 METMLS ORSINIL VARIASI JUAL CPTHRG NEGO;08127978296AVANZA G VELOS 2011/2012 KM14RB BE S ILVER ISTMEWA;081279109500KRISTA 2001 BE W.BIRU SILVERMLS LUAR DLM ACDB HRG 105JTNG;081279669665

AVANZA TYPE G 06 HTM BE KDYTRWT PK.SENDIRI JUAL CPT NG110 JT 081541115003KJG LX NEW MDL MODIF LGX ’03BIRU ORS DP 22.8JT ANG2.950X35 HB;081379705550INNOVA E ’06 AKHIR BE KODYAVR BR PEMAKAI , 132JT NGO;082179047888KJG JANTAN ’91 BE MDL GRANDLENGKAP 5PINTU ,MLUS ,NGO;0816409495KJG LSX SOLAR ’99 PLAT B,COKLAT MET SIAP PAKAI HUB;YOS 081271530774COROLLA ’75 ABU2 TAPE ,B,ACDGN 15,5JT ;081929873446GREAT COROLLA’92, SILVER,MSIN, BODY MULUS HRG68 JT:081272248989JUAL FORTUNER TH 2011TANPA PERANTARA HUB ;085838137888INOVA V ’08 SILVER BNSIN M/TJRNG PKAI HUB; 081997468958INNOVA G DSL ’08 BE KDY ,ABU2MET TRWT NGO ;081271418898

GREAT COROLLA ’93 ABU2 METKDY AN.SDRI PJK BARU ,63JT;085366843080

YARIS TIPE E ’09 SILVER BE TG1KOND TERWT ,147JT NGO;081279 14914

GRAND 94 BE KODYA TAPE ACBODY KALENG MULUS;HUB082380577363

LGX 1,8 BE KDY ’01SILVER METORS L/D SIAP PAKAI ;081379281888

LSX ’97 DISEL HIJAU MET CD PSVR SIAP PAKAI ;082181323338KIJANG INOVA G’05 SILVERMET,MULUS SGT RAPIH,TV HRGNG:087712204959

KJG KSPSL PU ’06 FULL VARISTMWA ; 081369002954 DP 18JTBS BW PLG

LGX SOLAR 2000,MDL NEW FULLVAR ORS CAT 112JT NG BS CRDT;081369002954

KJG SPR ’96 BE,GN.SUGIH.SIAPPKI ,66JT NG;081274672762

STARLET ’91 KAPSUL PLATB,PJK BARU MBL ISTMWA JUALCPT BU 081279076908

KJG DISEL SSX’97 VR15 INTE-RIOR BALUTAN MERAH ,MARUN;085669666169

KJG LSX DSL ,B,AC DGN PW PSVRBR RMT ENAK DIPKI ,81JT;081369636254

DIJUAL KRISTA DIESEL 2003AKHIR SILVR;HUB 081272050123

GREAT COROLLA 94 ABU2 METBE KDY ORI MULUS 63JT NG;HUB08127249699

AVANZA ’07 TIPE S ,HITAM BEHRG NGO ;081369055444

SOLUNA ’01 XLI HTM PW AC BRVR TV CD ;081369513788

AVANZA G 08 BE HTM MULUSPJK BLN 6 SIAP PKAI;HUB 08127924740AVANZA G 05 BE KDY TRWT PKSENDIRI JUAL CPT HUB.0811793357

KIJANG LGX ’01 AKHIR SILVERMOBIL BAGUS ORSINIL HUB;082185391999

KIACARENS AT’00,B,PJK BR,KOND.BGS,S.PKI,60JT NG 081369333628

CANTER 07 BE LAMTENG SASISAJA HRG 132JT NG;HB 081279359003

K A T A N A ’ 9 2 , M E R A H , B EKDY,RT,AC,H NG 082179038889

SPORTAGE 2 ’07 SILVER MEWHSPT CRV,BE KDY ,PJK BARU ,TVCATMSH ASLI KM 39RB,135JT /DP 55JTANG 3,5X35 ;085269680000

SHUMA TH 2000 WR.BIRU MULS,57JT HUB ;085279807584

VISTA ’01 BE SILVER MANUALVRBR RMT ORSN TRWT BU NGO;081369388090

TIMORDOHC’97,MERAH,BE,RT,AC,S.PKI,HNG 082179038889'DOHC’97,BIRU MET,VR,BR,JOKKLT,AN SDRI,PLAFON PUTIH,STIR VRIASI,VCD,LAMPU DPNVRIASI,KALBULATR RACING H53JT NG,PERUM CITRA PERSADA BLOK L NO.17 JL.H.AGUSSALIM KALIAWI,081905991882SOHC 97 AC RT VELG RING 16BAN TPS PWPS MSN STD MLS39.5JT NG;081279257968DOHC ’97 HIJAU MET AC RT PRMLS NGO ;082181145888 NO SMSDOHC ’00 BE KDY SILVER AC TV VRGRES ,39JT NET 0821 83139213

NISSANMARCH JAN’2011 W.HITAM TGN IMLS JRG PAKAI HRG NEGO;08117200717TERANO GRANDROAD’05/G2.BEHTM MBL SNGNT TRWT FULLORSCAT BAN 30 SOUND SISTDVD ADATV 4UNIT.135JT DAMAIHB:081379229898TERANO SPIRIT ’01 AKHR HTMORS BE METRO TR MP4 SOUNDSIST TV MSN SEHT SIAP PKI,85JT ;081379772777 METROX-TRAIL 2004 AKHR PLAT BE JOKKULIT TV 3 KARPET LANTAIACCESORIES NAMA SENDIRISUB WOOFER HUB.085381602277/085279242626JUKE 2011 MERAH ,BE KDY ,PJKBLN 11, MLS BRG SIMPANAN,JRG PAKI KM RDHNGO HB;081379358133X-TRAIL MANUAL 2007 BE SIL-VER KOND MEMUASKAN TV TG1NGO HB; 082179039000GRAND LIVINA XV 1,5 ’09 ABU2MLS TRWT PJK BRU BE SIAPPKAI,142JT NG ;08127261187GRAND LIVINA XV M/T ’07 ABU2TUA MET ASS ALL RISK KF V.COOL,142,5JT NG ;081279549993XTRAIL 07 BE MATIC PJK BR JKKLT TV ASS ALL RISK MLS TRWT183JT BS TT C/K08127201978GRAND LIVINA ULTIMATE ’10 SIL-VER STONE M/T BRG ISTMWEX.DOKTER ,160JT NG ;082183181478NAVARA 2011 HITAM BE KDY ATHUB ;08127925996GRAND LIVINA SIL;VER DES ’07 TERWT TG1 ,FULL ACC ;081369088805NISAN MARCH’11 BIRU,MNUAL,MULUS,EX WNITA 130JT NEGO:082182075468 TPTERANO SPIRIT TH 2002 HITAMBE KODYA NOPIL ISTIMEWA;081379580000TERANO KINGSROAD ’02 HITAM,HARG DAMAI ;081369900090/081540820007

MOBIL DISEWAKANCV.SRIKANDI LKP&NYMAN,AVANZA,NEW GRAND INNOVA,FORTUNER,PAJERO,DOUBLECABIN,MERCY,CAMRY, ALPHARD,MOBIL PENGANTIN,MLYNIRUTE T.KILUAN,WYKAMBAS,HB;081369695051/082182032964PRIMA RENT CAR SWA MBLFORTUNER,INOVA,AVANZA,TOUR&PRWISATA,U/KANTOR/PRBDI/GOODSERVIS; 7460688/08117211624MAFATHORA RENTAL HARIAN/MINGGU/BULAN .APV LUXURYHUB ;087899599099/08217996179UJM RENT CAR NEW INOVA,NEWAVNZA,ANTR JPT BNDRA HRIN/BLNN;260633/085287815588/081217983555/087899728656/085769220808ELEGANT, MEWAH — HRGA TRJGKAU ,ALPHARD ,SEDAN CAMRY, SEDAN MERCY E200, HUB;081369695051/082182032964PUTRI RENTAL SEWA KJG04,AVANZA 07,INNOVA 07;HUB786074-706332- 081369228648

MOBIL ANTIKKHUSUS PENGGEMAR OPEL STA-TION 68 BODY KLG SRT LGKP BE,SERIUS 25 JT : 08218 0541143

Page 8: RADAR LAMPUNG | Senin, 21 Januari 2013

ALAT MUSIKALAT MUSIK KORGPA 50SD,PA50 0, YMH.PSR95 0,PSR750DRUM , GITAR,K ARAOKE, POWER,EQ,MIXER,X-OVER SPEAKERLINE ARRAYDLL ,RAMA SWARA0721.251652/0811792034

FOTO COPYPOTO COPY POLIM FC.(CV.HCJ)JL.P.EMIR M.NOOR BLOK B/10T.KRNG JUAL MSN PHOTO COPYMERK CANON BRBGITYPE& SPAREPART TRKOMPLIT,REN TAL,TEKNISIPURNA JUAL GRANSI SERVIS;07217443777/081379671777Z

AIRLINES TIKETTKET MRH GRDA,SRWJYA BTV,MR.PT. LION AIR ASIA,TKET D.ANTR,GEMA T&T HB: 0721486100/7467967

BENGKEL LASIFAL BENGKEL:CANP I,PGR,TRLIS,KUSE NALMN, ETLSE,ROL INGDOR,FOLDING 08526 9049494

ATASI KEBOCORANMGTSI KEBOC RAN RMBESSPT:K.MN DI,DA K,TA LANG,KARPU S, BASEM ENT,TROWNGAN,BAK LIMBAH,DPT KAMIATASI DG GROUTING/INJEKSIBETON, COUTING, WATERPRO-NING, RNOV BANGUNN,SPECIALIS PNGECTAN, CRANTCONTAINER/TWR TELKO M,GYPSUM,POLIS MARM ER.HELDINA081379918592/7520154

JASA PERPAJAKANJASA BUAT LAPORAN PAJAKTHUNAN PERORANGAN (USAHAWAN, DOKTER,PENG CARA,DOSEN ,NOTARIS DLL) HUBITA;0721.9087959/082380700020/PIN BB 214D9E1A

PIJAT TRADISIONALVIVI PIJAT TRADISIONAL REFLEXI DLL,TRM PGGLN 085267904681/081933591789/0721.7179066ARIEL REFLEXI (+) TRM PGGLNHUB;081957408100 REFLEXI,PJTTRAD,SHIATSU,ELTRENDER,LULUR,TTK WJH.INDRI MESSAGE TERAPI,PRWTN,LULUR HUB ;085267249022/085841218711 BS PGLNISA MESSAGE URUT ,TERAPIPENGOBATAN PERWTAN , BISADIPANGGIL HUB 082181823301

OBAT HERBALHERBAL GROSIR &ECERANDISC 10% S/D 50% ,HBTSD H,PROPOL IS ,XAMTHONE,GOLD G,MADU ,SK.ETAWA ,M.ZAITUNDLL HB;081279683309

KAMBING AQIQAHKAMBING DR HRG 750RB,MASAK ANEKA MENU;7448380/081272354984/081540802586

UMRAH & HAJIPT SUHADA ARAFAH WISATAPENYELENGGARA RESMIUMROH & HAJI KHUSUS,IZINUSAHA D/702-IZIN UMROH D/421JL.SULTAN AGUNG RUKOSENTRA NIAGA NO.16 WAYHALIM BDL, TLP.0721.771972/08127221813/08527 9134262

LANGSING DAN SEHATMAKAN TETAP 3X,TAPI TTPLGSING DG ESKRIM,IBU SAYATRN 9KG DLM 3 BLN,SHT&TNPDIET KETAT,SERIUS?HB MYA085767799977

MARMER GRANITDIST BATU MARMER & GRANITLOKAL & IMPOR TRMA ASAPMSANGAN LNTAI. DINDINGKITCHENSET, RUKO, P. ANTASARI TOKO ANEKA MARME R:081272224222

BIBIT TANAMANJUAL BIBIT SAWIT DAN KARETUNGGUL;HUB 085269912277

GENSETGENSET MSN DEUTZ/RRT/ABU23PHASE(20RB W) DIATAS TRI LERS.PAKAI 27,5JT ;08197906161

ARSITEKTURGDESIGN-CONSULTANT & CON-TRACTOR ,RUMAH,KANTOR,FASILITAS UMUM DLL HUB;0721.773778/081279490711ARSITEK, SMART STUDIO MENERIMA DESAIN RMH TGL, RUKOKTR ,2D DAN 3D ;0823 75370387

BIRO JASAPT.HADI JAYA ,SDIA PR/T/BBSSTR U/ WIL BDL,JABODETABEK,BATAM,R IAU,SDIA INFALKHSS HARI RAYA JL.S.HATTANO.13 RJ,BASA BDL 0721.7504146/085279162372GAJAH MADA KURSUS STIR &MONTIR TELUK BETUNG 485 943/753 3737KMILING 7508087.RJBASA 7508088 WAY HALIM7508089. ANTASARI 7508090

PIJAT KEBUGARANTUKG PIJAT PAK TIKNO BSPNGGIL KE AREA SEBANDARLAMPUNG ;081337872737

SEDOT WCSEDOT WC & ATASI MAMPET ,BSSEWA TOILET PORTABLE;0721.7400060/085377528233

INTERIORRAFI JAYA SPECIAL KITCHENSET MNRIMA PSNAN SETTINGK A M A R , K A N T O R , R U A N G ,DLL.HRG MLAI DR RP1.200.000/M SMUA JNIS FNISHING BRBHNBKU MULTIPLEK; HUB;081272166609/082179176076

PARTISI PAMERANMNYEWKAN PARTISI,TENDARODER,TNTDA SARAVIL U/PMRAN & EXPO HUB: 081272710876-0721-7188776

ALAT BERATDIJUAL DOZER D6D TH 97 SIAPKERJA HUB ;BP ,SUGI 0813691 70078

KURSUSPRIVAT BINTANG EDUCATIONSMW PLJRN TK,SD,SMP,SMA,UMM MGJI,GRU DTG KRMHPROFSNL&SBR SIAP UN SMSTR;3667558/081369277269

SALONSALON TERIMA MASSAGE,LULUR PANGGILAN HUB.082377105999 MARISACLEOPATRA SPA SALON:LULURION PRWT INTM STM,JL. P.MOROTAI GG.SEPAKAT 081957 194666

RUPA-RUPADI JUAL TENDA/TARUP 25UNITLNGKP RUMBAI PLAFON,TIRAI,KURSI 200 HRG 80JT NEGO HP082185244444/082180344444/082184911111JASA BUAT LPORAN PAJAKTAHUNAN PERORNGAN (USAHAWAN,P ENG ACARA,DO SEN, NOTARIS DLL) HUB ;ITA 0721.908 7959/082380700020/PIN BB 214D9E1A

KEHILANGANSTNK R2 BE 6146 YQ NOKAMH1JBC129AK148633 NOSINJBC1E2152873 AN. MASTUKISTNK R2 BE 8225 LI NOKAMH350C001BK002642 NOSIN50C-002901 AN M.ZAHRITELAH HILANG IJAZAH, NAMA :RANI MARETA, TTL: BDL, 14MARET 1988, ALAMAT: JL.H.WURUK GG.MANGGA NO.28 RT/004RW/01 LK/III KEDAMAIAN T.KRNBDL IJASAH YG HILANG 1).D1LPBM TEKNOKRAT BDL 2007-2008,2). SMKN 4 BDL 2004-2007 3). SMPUTAMA 3 BDL 4). SDN2 KEDAMAIANBDL, HUB 0821 79928862/081369646414 ATAU POLSEK TKTSTNK R2 BE 8221 YA, NOKA:MH88F45DABJ-219557 NOSIN:F496-ID-282673 AN SUPARMANSTNK R2 BE 8725 BB NOKAMH34NS00J2K699421 NOSIN4WH-376958 AN.LATIF

SERVICEJIMIN SERVICE PGL SELESAIDITMPAT TV,KULKAS,FREEZER,M.CUCI,DISPENSER ,GRANSI,PGLN 23TH ;0721.7412242/7508339SERVICE KERUMH ,M.CUCI,KULKAS,K.GAS DLL ,ELECTROLUX,BOSCH DLL ;08127922464SURYA SERVICE PGGL POMPAAIR MSN CUCI KULKAS DIS-PENSER HUB ; 0721.7387402MAKMUR SERVICE PGGLKULKAS ,FREEZER .MSN CUCI ,P .AI R,DISPENSER ;0721.7534603 GRANSIJOGJA SERVICE TV,PARABOLA+PASANG BAR DLL;0721.369 9988CAK IWAN SERVICE TV,PARABOLA+JUAL TERMURAH;HUB082376222292

SERVICE ACKEDAMAIAN TEHNIK CUCIBONGKAR AC & PERBAIKAN;0721.7497020/081274313118RIAN TEHNIK MLYNI SRVC ACBGKR PSG ,TMH PERON CUCIAC TT ,DLL,GRNSI ;085279861244TIRTA COOL CUCI AC BGKR /PSG AC KULKAS MSN CUCIPERBIKN TRMURH BRGRNSI;07217901601/08538468864

SERVICE TVSALIM TV, SERVICE TV WRNSMUA MERK SELSAI DTEMPAT/BELI TV RUSAK ;081278739522MALADY SERVICE TV LCD,PGLMN 25TH,TKR TMBH LCDDGN TV ;081379416468CAHAYA SERVICE PGGL TVKULKAS MESIN CUCI HUB;0721.7506579 BERGRANSI

SANGGAR BUNGALAMPUNG FLORIST PRINGSWU,TRM PESNAN,BUNGA PAPANSEWA U/ PRNIKAHAN, DKCITA,PRESMIAN DLL, DKT JEMBATANBULOK SIDOHARJO-PRINGSEWUHUB ;PRINGSEWU 085366759222/ BDL 085279714488

ATASI MAMPETAHLI MAMPET ATASI WC, WASTAFEL SALURAN AIR DLL, TANPABONGKAR, GARANSI HUB082178790789 / 085769510223SPESIALIS ATASI WC MAMPETSAAIR,WSTAFEL,KRS SUMURDLL,LUAR DLM KOTA TNP BGKR,GRSI;082180803233

HIPNOTISMENGUASAI HIPNOTIS EXTRIMSUPER CEPAT,GARANSI PASTIBISA,HANYA 500RB HUB;0 85379662737/081977972737

PENGOBATANBPK ERWANSYAH MGTSI BRBGAI MSLH ANDA PENG ASIHAN,SU SUK,PELET,G ENDAM,KLENIK,PELARIS,PEGNGANUSAHA,PIL/WIL,DAN MGOBTIPENYKIT MEDIS&NON MEDISHB;081271905003

SUMUR BORSB BOR DEEP WELL MNRMPMBUTN SMR BOR DALAM 60-200MTR U/ PABRIK HOTEL,RESTORAN DLL HUB ;08127936428(MAAF KHUSUS SUBMERSIBLE/TDK MNRM SMR JET PUMP)

RESTU IBU BOR ,MELYNI SMRBOR, JET PUMP ,SUBMERSIBLE,RMH TANGGA ,HOTEL ,PBRIKDLL GRNSI HB ;082178328328

RAFI BOR,MLYNI PMBTN S.BOR,R.TNGGA ,PBRK,R.SKT DLL;081278810011/081369568885

ACPRATAMA AC MNRM CUCI ACSRVCE RPAIR BGKR PSG ACRMH/KTR J/B SECOND ;081379601095/7469778

ALAT PEMADAM KEBAKARANPNGDAAN & PNGISIAN JL.I. BNJOLGRIYA I.BONJOL BLOK A/NO.5BDL;260320- 7532433- 0816411233

PAPAN COR & KASAUJUAL PAPAN COR RP.900.000/KUBIK & KASAU 1,350.000/KUBIK;082183424111

LOWONGANDICRI PKRJ PRKBUNN/PTRNKAN,JUJUR &AMNAH,YG BERSDIAMEMK MURKAN MASJIDDILAMTENG,DPT BKRJA SMA DLMTIM,SYRT:TLH BRKLUARGA&(BKNTIPE SUAMI YG TKUT ISTERI)PENGURUS AYAM/SAPI,GURUNGAJI,MAINT LIST& GENSET,(;08154030846) WWNCRA LSGPERUM BK-3,KALIBALOK BL.BGI YGMMLK KELGA(ANK YATIM/PIATUAKN DSEKOLHKN DIPDK PSNTREN.RESTO BEBEK PEKING MEMBKALOW.U/1.MNGER(BRPGLMN DIRMHMKN MIN.S1,AD MTR&SIM)2.KOKI(BPRGLMN&RAJIN)KRM LMRN KEJL.DR.SUSILO NO.101 TLP.0721-266020/9966961DCARI GURU U/BIMBEL,DSUKAIYG MNGUASAI B.INGRS,PNDKNMAX D3,LMRN DKIRIM KEJL.RAJABASA 3 BLOK G NO.WAYHALIM ARAH PKORDBTHKN WNT SINGLE,PNMPLNMNRIK,MGUASAI KOMPT,U/PSSADM:MIN SMA,ANTR LSG LMRANKE CV PUTRA MANDIRI JL.LETJEND RYACUDU NO.8 JALUR 2KORPRI SUKARAME 773064DIBUTUHKAN D3 ANALIS MEDIS: SYRT SBB : P/W,MAX 25TH,PDDKN D3 ANALIS MEDIS,MEMPUNYAI MOTIVASI YGTINGGI,BERBADAN SEHATLMRN DIKIRIM LGS KE KANTOR:PT.KIMIA FARMA T&D LAMPUNGJL.DIPONEGORO NO.45 ABDL,LAMARAN PALING LAMBAT1 MINGGU SETELAH IKLANTERBIT CP.DODY & AGUSDBTHKN D3 PERAWAT DINESRS,BEKASI HUB ; 082377024601

BTH GURU SMA/P/D LLSAN PTNS1,S2,MAT,FIS,KIM,BIO,INDO,ING,MNGJR BIMBEL & HOMESHOOLING DI JKT,BOGOR,BEKASI ,GJI2-5JT,TDR DI MESS,MKN DITANGGUNG,WKT KERJA 40JAM/MINGGU HUB ;FERDI 081316981028PERSH EXPEDISI CV.TUNASMADU PRLU SGR DRIVERKANVAS ,LMRN KE PRUM GRIYASUKARAME BLOK F6 NO.1GALANGAN KAPAL, PROSESCPT TNAGA KERJA U/ GALANGAN KAPAL JEPANG: GJ 1800USD S/D 2500 USD, AUSTRALIA: GJ1800 S/D 2500 USD NON PNG LMN/PNGLMN. UMUR MAX 45 THN. BSAPTNG GAJI HUB: 021-4208223, HP085220099939 PT.BJPDBTHKN ,1.STAF MRKTG SUP-PORT P/W,MAX 25TH,D3 AKT/KOMPT/EK,MAHIR WINDOW+POTOSHOP.4 ORG KRYW OPERSONL U/ RESTO FAST FOOD,SLTA,PRIA,MAX 23TH ,SMS KAN BIODATADIRI KE 08127204808PT. NUT BUTUH SALES EXEC.PROD. ACC.KOMPUTER. GAJI+KOMI SI. PUNYA MOTOR. MAX.30THN. RAJIN,JUJUR,TANGGUNGJWB,CV EMAIL KE [email protected] BTH;SEKRETARIS ,WNT,SMA,BS KOMPT,MAX 26TH,KRMLMRN KE DRH.TAUFIQ ,JL.TEMBESU NO.16 A BDL ;081274015806DIBUTUHKAN KARYAWAN TOKO: JLN,SIBOLGA NO.43/42 PASARTENGAHDBUTUHKAN 2 KARYAWAN/IUNTUK TOKO BERPNGALAMANHP; 0721705627

8 Waahhh..sudah laku!!!SENIN, 21 JANUARI 2013

DEPOT AIR MINUMSPESIALIS DEPOT AIR ISIULANG16JTAN, RO RMH TNGGA&INDSTRI 2JTAN,SEDIA TU2P,TISU, GALON, MEMB RANE,MEDIADLL ÌSINAR TIRTAÎJLSOEKARNO HATTA RUKO DCCSIMP. WYHLM WYKNDS TLP/FAX.0721 .784287/08156032838ANDA IGN BWT DEPOT AIR MINUMU/ INDUSTRI RMH TANG GA,HOTEL,(AIR BAU KARAT, KUNING)KAMI AHLINYA AUTO TEKNIK (GRANSI) 0813692 88439/082371255868SPESIALIS PMBUTN DPT AIRMNM MULAI HRG 10JT,PMBUTNMSN RO MULAI 5JTAN,KPSITAS50GALON/HARI HNGGA TDK TRBTSWWW. FUJIFILTERD EPOT.COM;081322262181/9979950FILTER AIR:ATASI AIR KUNING,BAULUMPUR ,MINYAK; 0721. 7842 87-0815 6032838-0819 5102149PRIMA JASA MANDIRI PEMBUATDEPOT AIR MINUM ISI ULANGJMNN BRG BARU HUB;081318220123

KESEHATANJUAL DENTAL UNIT ,ELG,USG,X RAY,PATIEN MONITOR,DEFI BLATOR DLL ,GRSIMURAH CASH & KRDT HUB;DANI 0812 59713039DIET MAGIC ,TURUN /BERATBADAN 5- 30KG HUB ; 085269179984/ PIN BB 25A4C982

PINJAMAN DANAPINJAMAN TUNAI 500JT S/D250M DLM&LUAR DAERH JMNNBS NM ORG LAIN TRM MEDIATORPT ADB HUB LYA 082123135991,NYTA 081283950129,ELLY081283794934,MEYTA 081219632205,LEONY 081219190807

JMINN BPKB KENDRAAN MBLMULAI DRI TH ’87 KEATAS/MTR’03 KEATAS BUNGA MULAIDR 4,9% HB;AAN ITEM 085279963693/7634040 SINARMASMULTIFINANCE ORANG PINTERPLH SINARMAS

DBTUHKN TNG ADM & GURUSD ISLAM TERPADU ,SYRT:MUSLI M,SRJANA,MMPU MENGOPRSIKN KOMPTER, B.ING,DIUTMKN YG BRPNGLMN,LOLOSSLKSI,LMRN DIANTR SNDIRI KETK DEWI SARTIKA JL.KARIMUNJAWA 121 SUKARAME B.LPGDI CARI MARBUD/PENGURUSMASJID USIA 50 TH,DI UTMAKANSUAMI ISTRI DSEDIAKANTEMPAT TINGGAL DAN GAJIBULANAN HUB MASJID MU’AWANAH JL.SULTAN AGUNG KEDATON .UP.BP.HI BARUSMAN085367672597DBTHKN SG:PROJECT,MAX25TH PDDK SMK,JUR LISTRIK,PRMU&KASIR PDDK MIN SMU,MAX 25TH,EDP MAX 25TH PDDKSMJ JUR TKJ,DTG LSG JL.TEMBESU 8 CAMPANG RAYA KALIBALOK BDLD.BTHKN KRYWN BAG.ADM, MIND1, WANITA, KIRIM LAMARANLGKP KE CV.BINTANG AGRINDOSENTOSA PO-BOX 1213"DIST KERTAS MMBTHKN SGRSTAFFACOUNTING MGRT PAJAK,D3/S1,P/W KRM CV.KE JL.TEMBESU NO.16B CAMPANG RAYAT.KRG LMPDBTHKN SALESMN ,MLK KENDSDRI ULET RAJIN ,BRTGGUNGJWB,JUJUR,LMRN +TLP KRM KEJL.MS.BATUBARA NO.11CKUPANG TEBAPT SBF BTH; ANALIS LAB,WNT,SMA KIMIA /SMK FARMASI ,BSKOMPT,LMRN KRM KE BUDI N.PJL.TEMBESU NO.16A BDL;082134334087

DANA TUNAIJAMINKAN BPKB MBL/MTR /BISA MBL MSH KRDT LESINGRESMI 30TH HB;3644448 /08127377748

ANDA BUTUH DANA CEPATRP 2JT-3M U/ JMNN BPKB MBL-MTR JUAL-BELI MBL BKS CASH&CRDT.TAKE OVER/DANATALANGAN HB;0811721452

OBAT KHUSUS WANITAOBAT KHUSUS WANITA ANDATELAT BULAN?? SOLUSI CEPAT& TEPAT UNTUK MELANCARKANHAID SECARA TERATUR ,DLMJANGKA 3JAM DIJAMIN LANCAR100%, GARANSI &ATANPA EFEKSAMPINGHUB;082333794444 /087857427544

OBAT TELAT BULAN!SOLUSICPT&PST AMAN LNCR TNP EFEKSMPING HB08126004 6783(NO.SMS)

RUMAH DIJUALRMH MWH 2LT 9KT,11KM,AC,RTAC,RK AC,KLM RNNG15X5,GRSI,LT:932M2 HRG 3,5M JL.SISINGAMANGARAJA GEDONG AIR, HP082185244444/082184911111/082180344444

RMH TGKT 2 ,SDH RENOV BWAH,5KT,2KM,1 DAPUR,SHM, SUKRME ,225JT NG;0813189947 86/081929828592 BP.AMIRJUAL CPT 1RMH+KOS2N, 7KMR+1RMH UTMA DI KPG.BARU DKTKMPUS UNILA,1RMH GRIYAGD.MENENG BLOK B2 NO.5,2KT, 1KM HUB;082378588166/085289664300RMH SHM LT/LB 200 M2,3KT,2KM, PAFILION,FULL KERAMIK,PLAFON,SIAP HUNI JL.SWADAYA WAYHUI HRG 215 JT NGHUB.081279614878DIJUAL RMH MINIMALIS TIPE 85/128 ,3KT,PRUM PALEM RIGENCYJL.RADEN GUNAWAN2 ,HRG315JT NGO HUB;081379093609

RMH TP SHM ,T/B,1159/250M2,JL.NANGKA NO14 GD.AIRBL,1,5M NG ;081219430309/021.23981177

LT/LB.900/260M2 GRASI PISAHRMHINDUK DI JL.KAMBOJA 3LAB.DALAM TJ.SENANG BDL;0853 83844422

JUAL CPT BU RMH LB.48 LT.170/+, 2KT,1KM SKT JL.PURNAWIRAWAN6 UJUNG GUNTER BDLDKT KMPUS,HRG 140JT NG HUB;082181958143 TP

JUAL CPT RMH MINIMALIS LANTAI 2 JL.SS.RAJA BLKG PERUMSARIKAM GG.FAMILY 235 JT NGSHM HUB.085267641819/081929882313

RMH LB.270 LT.890 SHM JL.I.BONJOL GG.DURIAN G.AIR HRG625JT ;082177351066

JUAL RMH PRUM KALIAWI INDAHTENGAH KOTA LT.95/LB .60 HRG165JT NGO ;085380313233

RMH DI BUKIT KENCANA SHMLT/LB.114/90M CARPORT;HUB0811726508

JUAL/SEWA RMH SHM JL.WARTAWAN URIP S LT/LB.83/68,3KT;HUB 0721.7470524

RMH LT. 180M2 SHM 4KT GRASINGO ;08127940542

JUAL CPT RMH+16KMR KOS+2TOKO LOK.STRTGS DKT KM PUSFULL PRABOT+AC ;081379409311

RMH MINIMALIS TIPE 65,LT.120SIAP HUNI PU.GRIYA SEJAHTERA HUB ;081271530774

RUMAH SHM UKB 6X11M LT104M2.JL R.PATAH PERUM BKTPALAPA A11 PALAPA; 085211774406

DI JUAL RUMAH JL LADA VI NO52 PERUMNAS WAYHALIMNEGO: 082177530000

LT.15X50/LB.15X9M, 3KT,2KM+WC, SMR BOR HRG NEGO;085279743332/ 081279617433

RMH LS.128 M2 (SHM) JL.KARIMUN PRUM GRIYA SUKARAME;HUB IBU ROS 081389914590

RMH + TOKO 3PLONG JL.NUSANTARA LB.134M2 LT.250M2 SHM;NG 082372951666

RMH+TNH D JUAL CPAT SHML.TNH 337M2:085208382671/085777314173

JUAL CPT RMH JL.NUSANTARALT.300M2 SHM HRG NGO ;081279688109

RUMAH DIKONTRAKKANRMH JL.NUSANTARA V NO.59/23, 3 K T , 2 K M ; 0 8 2 1 8 0 5 3 0 7 6 1 /0721705763 /703845RMH DIKONTRAKKAN/DI JUAL,IMAM RESIDENT, KEA MANAN24 JAM;HUB 08217 6425666RMH JL.MALABAR BLOK K.NO.4DI PINGGIR JLN ,3KT ,GRASI HRG15JT /TH;0812791971552 RM ,FASILITAS LENGKP JL.SUL TANHAJI KOTA SEPANG ;0721.7 85242

RUKOJUAL CPT LOK.STRATEGIS ,JL.GA JAH MADA ,HRG NGO ,SHMHB;0816409788/7589119DIJUAL CEPAT 4X10 (2LT,JL. RAYATAMBAKREJO PRING SEWU)NEGO;HUB 081379574567JUAL CEPAT 11.6X16 (2 LANTAI)SAMPING INDOMARET PASARSUKOHARJO PRINGSEWU;HUB081379573567DIJUAL RUKO LTK STRTGISSIMPANG EMPAT JL.P.POLIM,JLP.ALAM:082183181478JUAL 2RUKO JL.RT.DIBALAUDKT CAHNDRA MART LS 4X15,1,2M NG;081274356750

TEMPAT USAHAOVER USAHA PNJUALAN ACCESORIES SDG BRJALAN DI MALLTRBESR HRG NG; 085380581113OVR USH,TK.SANDAL CROCSDIPSR WYHALIM STRTGS BYKPELGGN NG;081318301554

TANAHDIJUAL TP TNH LS.1200M LOK.JL.PAGAR ALAM (PU) HUB 0811796285/081279744551/08217840903TNH 568M2,SHM,CCK U/ USHA,H185RB/M,JL.WAN ABDULRAHMAN KMILING 085269049494DIJUAL TANAH UKURAN 10X15M2 SHMDI PERUMAHAN LUMENTA ESTATE HAJIMENA NEGOHUBUNGI 082177415002JUAL TNH KAV HRG 25JT,UK.15,5X 10,75 DKT SMP3 BATARA NILANATAR HUB ;082180234975/081272169065/08176675150JUAL TNH BRBATUAN LS. 7541 M2,500BTG PHN SENGON, DS.SIDOMULYO KEC. SIDO MULYO,80RB/M2 ;085357911111/7461577TNH SHM ,690M2,JL.KAYU MANIS, GG.PANG.SUNAN WAYHALIMBL,350RB/M NG;081319815865

JUAL TNH LS4,6 HKT SHMJL.SOEKARNO HATTA+2KM DARIPELABUHAN PJG 081273412226TNH+BANGUNAN 1800M2 ,SHMJL.KRADEGGAN GADINGRJO /SAMPING JORDAN HB;0813 79463504TNH 40X34 1.360M2,SHM /STR TGIS-RAYA ALAMSYAH RPN ME TROPUSAT PEMILIK 085883352507JUAL MRH 3KAV,@300M2 ,45JT/KAV SHM KODYA,TIRTA RIA/RT.DIBALAU W.KANDIS ;0819 7906161TNH 30X40M=1200M,JL,URIPSUMOHARJO BAGUS UNTUKRUKO DAN KANTOR 081279063126 TPJUAL TNH RATA LS.387M2,LOKBLKG PASR NATAR ,SHM,HRG48,5JT NG;085267935674TNH SHM 15X20 DR.SUTOMO 22ACCK U/ DOKTER RSAM &PERWIRAKOREM 043G ;082111469913TNH UK.10X17M,DS GEBANGDKT HANURA,12,5JT NG;48801/085219881087

KEBUNDIJUAL 2 REJER 1UTK SIGKONG,1UTK TEBU HUB ;081279520608/ 081319316749

GUDANGJUAL GUDANG,GUDANG EX.LOBSTER,ADA G.WALET,LS. 935M,SHM ,JL.PARIWISATA WALURWAYREDA KRUI LAMBAR,HRGNG;082184059031

DISEWKN GUDANG BARU,JL.TIRTAYASA UK.23,5X60M2LOADING DOCK ;0816409788/7589119

KOS-KOSANKOS2N U/ P/W JL.HAYAMWURUK, 5MNT DR CHANDRATJ.KRG & GIANT ANTSRI,BNGUNN BARU/MNMLIS,BISAPRKIR MBL,MURAH HUB;081272850046/082179848989TERIMA KOST KARYAWAN/TIFAS HOTEL ,AC,TV KAMR MNDIDALAM,DSPENSER,PARKIRLUAS JL.PERINTIS KEMERDEKAAN NO.5 BANDAR LAMPUNGHUB ;0721.3660873WISMA LEGUNDI TRM KOS BLN/THUNAN S.ISTRI AC NON AC ,KMDLM FAS LGKP,DPR RT,PRKIRLS,AMAN JL.P.LEGUNDI NO.203A SUKRME BDL ;0721.789495/085266865246

JUAL KOS2N JL.PRAMUKA DKTCAMPUS MALAHAYATI,14PINTU+1RMH TGL (SRTFIKAT) ,LT.600M,SISA TNH 17X20M, HB;085289797006/085279745477DIJUAL KOS2N EKSEKUTIV ,23KMR,KONDISI PENUH ,JL.U .SUROPATI,SEBRG WISMA BDL HRG,1M,450NGO HUB;08212 7246724TRM KOST BULANAN/THUNAN FASLKP,AC RT, DPUR,KM NYA MAN,LUAS JL.H.SURATMIN NO. 48SUKRAME HUB ;0812 7928272WISMA AGUNG TRM KOSBULNAN /THUNAN FAS LGKP,PRKIR LUAS,KT,KM DLM,DPRJL.S.AGUNG NO,17 KEDTON;RAFI 082183062880KOS2N U / P/W JL.U.SUMOHARJO NO.143/A GN.SULAH FAS LKPHRG 500RB/BLN HUB ;HJ.MAYAKAMAL 0721.704574/0813 79773010

KOST GRIYA MAENTARI BERSIHASRI ,BGUNAN BRU,AC/NON AC,AIR PNS,KM PRBDI,PANTRYKOMP GRIYA MADU JL.RIDWANRAIS ;081398119447

KOST BULNAN PRIA FAS;AC TVWATER HEATER, KM DLM ,PRKIR,RP 1.5JT/BLN JL.U,SUMOHARJO082183116786

KOS BRSH,AMN,ANGKOT LCRWANA ASRI,KMLING (DKT SMAN7) 350RB 082180541143

KOS2N UTK KRYWAN /TI JL.MART ADINATA NO.48 KETEGUHANHUB ;0721.471852

PROPERTIANDA CARI/TITIP PROPERTY(RMH,RUKO, GUDANG, PABRIK,TNH+BISNIS);H 082141737686

Page 9: RADAR LAMPUNG | Senin, 21 Januari 2013

SENIN, 21 JANUARI 2013 9

HASIL LAGA ISL KEMARIN (20/1)

Barito Putra v Arema 1-0 (D. Coulibaly 4)

Persisam v Sriwijaya 4-2(F. Sinaga 30, 52, L. Kone 68, 80-pen/B. Foday 71, D. Santos 90)Kartu Merah: R. Mokodompit 79)

Klasemen Sementara ISL:

1. Mitra Kukar 3 3 0 0 6-3 92. Arema 3 2 0 1 8-3 63. Persegres 2 2 0 0 3-1 64. (8) Persisam 3 1 2 0 6-4 55. Persib 2 1 1 0 5-3 46.Persita 2 1 1 0 3-2 47. Barito Putera 3 1 1 1 4-4 48. (5)Sriwijaya FC 3 1 1 1 6-7 49. Persela 1 1 0 0 4-0 310.Persipura 2 0 2 0 2-2 211. Persiba 2 0 2 0 1-1 212.Pelita BR 3 0 2 1 3-4 213. Persija 2 0 1 1 2-3 114. PSPS 2 0 1 1 1-2 115. Persiwa 2 0 0 2 3-6 016. Persidafon 2 0 0 2 3-7 017. Persepam 1 0 0 1 0-4 018. Persiram 2 0 0 2 0-4 0

Pencetak gol: 4 gol: Cristian Gonzales (Arema C),3 gol: Esteban Jose Herrera 1-pen (Mitra Kukar), Coulibaly Djibril (Barito), Lancine Kone (Persisam)2 gol: Kim Dong Chan (Persita), Dane Milovanovic (Pelita BR) Kenji Adachihara, Herman Dzumafo Epandi (Persib), Camara Sekou (Persiwa), Samsul Arif (Persela), Aldo Barreto (Persegres), Keith Kayamba Gumbs (Arema), Jajang Mulyana (Mitra Kukar), Pedro Javier (Persija), Achmad Jufrianto, Foday Boakay Eddy (Sriwijaya), Anis Nabar (Persidafon), Ferdinand Sinaga (Persisam)1 gol: Paulo Daniel Frangipani (Mitra Kukar), M. Ridwan (Persib), Oh Inkyun, Mario Costas (Persela), Park Chul Hyung (Persegres), Eduard Ivakdalam (Persidafon), Boaz Solossa, Bio Paulin (Persipura), Cristian Carrasco (Persita), Fred Ferdinando Mote (Persiwa), Jibby Wuwungan (PSPS), Nehemia Bill Solossa (Barito P.) Sunarto, Alberto Goncalves (Arema C), Munadi (Pelita BR) Fandy Mochtar, Diogo Santos (Sriwijaya), Mahmoud Ali (Persiba)

Barito Putra v Arema 1-0(D. Coulibaly 4)

Persisam v Sriwijaya 4-2(F. Sinaga 30, 52, L. Kone 68, 80-pen/B. Foday 71,D. Santos 90)Kartu Merah: R. Mokodompit 79)

Klasemen Sementara ISL:

1. Mitra Kukar 3 3 0 0 6-3 92. Arema 3 2 0 1 8-3 63. Persegres 2 2 0 0 3-1 64. (8) Persisam 3 1 2 0 6-4 55. Persib 2 1 1 0 5-3 46.Persita 2 1 1 0 3-2 47. Barito Putera 3 1 1 1 4-4 48. (5)Sriwijaya FC 3 1 1 1 6-7 49. Persela 1 1 0 0 4-0 310.Persipura 2 0 2 0 2-2 211. Persiba 2 0 2 0 1-1 212.Pelita BR 3 0 2 1 3-4 213. Persija 2 0 1 1 2-3 114. PSPS 2 0 1 1 1-2 115. Persiwa 2 0 0 2 3-6 016. Persidafon 2 0 0 2 3-7 017. Persepam 1 0 0 1 0-4 018. Persiram 2 0 0 2 0-4 0

Pencetak gol:4 gol: Cristian Gonzales (Arema C),3 gol: Esteban Jose Herrera 1-pen (Mitra Kukar), Coulibaly Djibril (Barito), Lancine Kone (Persisam)2 gol: Kim Dong Chan (Persita), Dane Milovanovic (Pelita BR) KenjiAdachihara, Herman Dzumafo Epandi (Persib), Camara Sekou (Persiwa),Samsul Arif (Persela), Aldo Barreto (Persegres), Keith KayambaGumbs (Arema), Jajang Mulyana (Mitra Kukar), Pedro Javier (Persija),Achmad Jufrianto, Foday Boakay Eddy (Sriwijaya), Anis Nabar(Persidafon), Ferdinand Sinaga (Persisam)1 gol: Paulo Daniel Frangipani (Mitra Kukar), M. Ridwan (Persib),Oh Inkyun, Mario Costas (Persela), Park Chul Hyung (Persegres),Eduard Ivakdalam (Persidafon), Boaz Solossa, Bio Paulin (Persipura),Cristian Carrasco (Persita), Fred Ferdinando Mote (Persiwa), JibbyWuwungan (PSPS), Nehemia Bill Solossa (Barito P.) Sunarto, AlbertoGoncalves (Arema C), Munadi (Pelita BR) Fandy Mochtar, DiogoSantos (Sriwijaya), Mahmoud Ali (Persiba)

BANDARLAMPUNG – Keadilan FC berpesta saat berjumpa PS BSI dalam lanjutan penyisihan grup B Liga Pengkot PSSI Ban-darlampung U-21 di Stadion Pahoman kemarin (20/1). Mereka menang empat gol tanpa balas. Hasil positif ini tak lepas dari keluarnya Pras sejak menit ke-29. Dia diganjar kartu merah karena bertindak kasar.

Keadilan FC yang diarsiteki Sidiq memang beberapa kali merepotkan barisan pertahanan lini bertahan PS BSI. Terlebih saat Pras mengantongi kartu merah.

Tidak menunggu lama, tiga menit setelah PS BSI bermain dengan 10 pemain tepatnya menit ke-32, Handoyo membawa Ke-adilan FC memimpin 1-0. Son-tekan nya gagal dijinakkan kiper PS BSI Apid. Keunggulan bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua, Keadilan FC enggan mengendurkan sera-ngan. Alhasil ketika pertandingan baru berjalan tiga menit, Rian mencetak gol untuk meng-gandakan keunggulan Keadilan FC. Kemudian giliran Projo dan Handoyo yang menjebol gawang PS BSI. Berturut-turut pada menit ke-60 dan 69. Skor menjadi 4-0

BANDARLAMPUNG – Bianco-neri akhirnya bisa tersenyum. Persoalan nonteknis yang mem-belit mereka mendapat jalan keluar. Ya, skuad besutan Dwitya Rizky itu memperoleh bantuan finansial dari Hartarto Lojaya, ketua umum PSSI Lampung versi Kongres Luar Biasa (KLB) Ancol. Nilai bantuan tak disebutkan. Yang jelas, kucuran dana itu cukup untuk memenuhi kebutuhan mereka selama mengarungi babak 16 besar nasional Liga Futsal Amatir Indonesia (LFAI). Dwita juga tak lagi dipusingkan dengan biaya pulang.

Hartarto yang dihubungi kema-rin mengaku kaget dengan masalah yang mendera Bianconeri. Sebagai wakil Lampung, Bianconeri laik mengantongi dukungan.

’’Saya baca di Radar (Radar Lampung) tentang masalah yang di alami Bianconeri. Kok bisa begitu. Saya lantas menghubungi pihak Bianconeri. Saya tanya apa saja keperluannya. Bantuan ini semata-mata karena saya suka sepak bola. Biarkan anak-anak tetap bermain. Saya hanya ingin satu hal, mereka

bisa main dengan fokus dan pulang dengan selamat,’’ terang anggota DPRD Lampung itu.

Menurutnya, menjadi kewaji-ban bagi pihak-pihak terkait untuk memajukan olahraga di Lampung. Hartato menegaskan, bantuan yang dia berikan merupakan peng hargaan untuk Bianconeri. ’’Sa ya justru berterima kasih kepada mereka. Mereka mau main kendati tidak digaji. Mereka mau membela nama Lampung. Apa pun yang terjadi, mereka harus tetap bermain. Jangan pulang sebelum pertandingan selesai,’’ tambah Hartarto.

Sekadar mengingatkan, Bianco-neri berangkat ke Sukabumi, tuan rumah babak 16 besar nasional LFAI, dengan uang saku pas-pasan. Tak heran, tim yang diperkuat 15 pemain dan tujuh ofisial harus menumpang makan pagi di hotel dengan menu seadanya seperti bihun dan roti. Mereka hanya makan dua kali sehari. Padahal komitmen awal, penginapan, makan, dan akomodasi ditanggung pihak penyelenggara.

Kondisi itu berimbas ke

lapangan. Bianconeri menyerah kepada Kalimantan Barat 3-15. ’’Bahkan kami sempat disuruh pulang. Alasannya kami ini bukan mewakili Lampung. Kita ini main di babak 16 besar nasional, kok bisanya dibilang nggak mewakili Lampung,’’ ungkap Dwitya. Dia enggan menyebut siapa yang menyuruh pulang.

’’Kami berterima kasih atas bantuan yang telah diberikan. Pemain-pemain di sini senang mendengarnya. Kami akan me-nun jukkan penampilan maksimal. Kami tidak berjanji juara, tapi sekali lagi kami akan menunjukkan penampilan terbaik,’’ ucap Gusmar, manajer Bianconeri.

Hari ini, Bianconeri dijad-walkan menghadapi Nusa Teng-gara Barat (NTB). Dwitya menya-takan, anak asuhnya siap bermain habis-habisan demi membawa mengharumkan nama Lampung. ’’Para pemain dalam kondisi siap tanding. Persiapan yang ala kadar-nya bukan alasan untuk tidak meraih prestasi. Mohon doa dari masyarakat Lampung,’’ ujarnya. (cw6/p7/c3/ewi)

BANDARLAMPUNG – Lanjutan Kompetisi Divisi 3 U-23 Regional Lampung di Stadion Sumpah Pemuda kemarin (20/1) menyajikan laga pamungkas, Persilamtim Lampung Timur kontra Tanggamus FC. Pertandingan yang dipimpin wasit Agus Sudiono asal Lampung Tengah itu berkesudahan imbang 1-1.

Tanggamus FC yang diarsiteki Edi unggul dahulu saat babak kedua berjalan lima menit. Adalah yang menggetarkan jala gawang Persilamtim yang dijaga Jepri Juliawan. Persilamtim baru bisa membalas melalui gol Siswanto pada menit ke-76.

Hasil seri sudah cukup bagi Persilamtim

untuk memuncaki klasemen akhir sekaligus lolos ke Divisi 2 Wilayah Sumatera. Mereka didampingi Tubabar FC asal Tulangbawang Barat sebagai runner-up.

’’Anak-anak tadi bermain cukup baik. Walau sempat tertinggal satu gol, mereka cepat merespons,’’ ujar Hayatullah, pelatih Persilamtim. Jika hasil akhir kalah 0-1, menurut Ha-ya tullah, skuad nya tetap lo los. ’’Saya sangat ber syukur Per silam tim bisa lolos ke Divisi 2

Wilayah Sumatera. Mohon doa dan dukungan-nya dari masyarakat Lampung agar kami dapat berprestasi di Divisi 2,’’ sambungnya. Menghadapi Divisi 2, Hayatullah mengung-kapkan akan mem benahi lini per lini.

Pada sisi lain, Manajer Kompetisi BLAI (Badan Liga Amatir Indonesia) Priyadi

Budi yang me-nyak sikan per tan-dingan kema rin menga takan, se-cara umum kom- petisi yang dige lar PSSI Lam pung (versi KLB Ancol)

ini berjalan baik ’’Saya mengapresiasi tim yang ikut dalam kompetisi ini, dan saya ucapkan selamat kepada Persilamtim dan Tubabar FC yang berhasil menjadi wakil Lampung di Divisi 2,’’ tukasnya.

Sementara itu, Santoni Awang, ketua bidang organisasi PSSI Lampung, yang menutup kompetisi ini mengatakan, Divisi 2 Wilayah Sumatera akan dimulai bulan depan. ’’Sampai saat ini, tanggal pelaksanaan Divisi 2 belum jelas. Tapi yang pasti mulai bergulir Februari. Nanti kedua tim yang lolos (Persilamtim dan Tubabar FC) akan kami kirimi surat resmi perihal waktu pelak-sanaannya,’’ paparnya. (cw6/p7/c3/ewi)

Persilamtim-Tubabar FC Lolos ke Divisi 2

Hartarto Lojaya Bantu Bianconeri

Empat Gol Tanpa Balas

KELASEMEN SEMENTARAGrup ACatur Tunggal 3 1 2 0 9-2 5PU Pratama 2 1 1 0 5-1 4BLK Madya 4 0 4 0 4-4 4Bandarlampung FC 3 0 2 1 3-7 2Bina Remaja 2 0 1 1 0-7 1

Grup BKeadilan FC 3 2 0 1 5-2 6N7 FC 4 1 1 2 4-3 4Bintang Utara 2 1 1 0 2-1 4PS BSI 3 1 1 3 2-5 4Persepas 2 0 1 1 1-4 1

Grup ACatur Tunggal 3 1 2 0 9-2 5PU Pratama 2 1 1 0 5-1 4BLK Madya 4 0 4 0 4-4 4Bandarlampung FC 3 0 2 1 3-7 2Bina Remaja 2 0 1 1 0-7 1

Grup BKeadilan FC 3 2 0 1 5-2 6N7 FC 4 1 1 2 4-3 4Bintang Utara 2 1 1 0 2-1 4PS BSI 3 1 1 3 2-5 4Persepas 2 0 1 1 1-4 1

dan itu tak berubah kala pertan-dingan usai.

Kemenangan itu membuat Keadilan FC memuncaki klasemen sementara grup B dengan enam poin. PS BSI yang diarsiteki Ari berada di posisi empat dengan empat poin.

Hasil lainnya di penyisihan grup A, Catur Tunggal bermain imbang 1-1 dengan Bandar lam-pung FC. Jelas ini di luar ekspektasi pelatih Catur Tunggal M. Toher. Dia sangat berharap pasukannya meraih tiga angka alias menang.

Sebenarnya Catur Tunggal unggul dahulu melalui gol Dimas Adi Laksana pada menit ke-9.

Namun, Bandarlampung FC mampu membalas berkat gol Dwi pada menit ke-44.

’’Permainan anak-anak kurang rapi. Mungkin faktor cuaca yang membuat anak-anak bermain tidak maksimal. Mudah-mudahan melawan PU Pratama nanti, mereka bermain lebih baik lagi,’’ ujar Toink, sapaan akrab M. Toher.

Sementara Samsul Bahri, pelatih Bandarlampung FC, menilai, anak asuhnya bisa mencetak lebih dari satu gol jika bermain lebih tenang di area penalti lawan. ’’Penyelesaian akhir akan kami evaluasi terus,’’ tandasnya. (cw6/p7/c3/ewi)

KLASEMEN AKHIR

Persilamtim 3 2 1 0 7-2 7 Tubabar FC 3 2 0 1 6-4 6Tanggamus FC 3 1 1 1 5-3 4Persepan Panjang)* 3 0 0 3 0-9 0

* PERSEPAN KALAH WO

Persilamtim 3 2 1 0 7-2 7 Tubabar FC 3 2 0 1 6-4 6Tanggamus FC 3 1 1 1 5-3 4Persepan Panjang)* 3 0 0 3 0-9 0

* PERSEPAN KALAH WO

FOTO ADI PRAYOGI

PUNCAKI KLASEMEN AKHIR: Inilah skuad Persilamtim di Kompetisi Divisi 3 U-23 Regional Lampung

FOTO ARIF SUBEKTI/JPNN

TUAN RUMAH MENANG: Pertandingan Indonesian Super League (ISL) antara tuan rumah Barito Putra kontra Arema Arema Cronous di Stadion Demang Lehman (Indrasari) Martapura kemarin (20/1). Barito Putra menang 1-0 melalui gol cantik bomber asal Mali Coulibaly Djibril pada menit ke-4.

Page 10: RADAR LAMPUNG | Senin, 21 Januari 2013

10 SENIN, 21 JANUARI 201310 SENIN, 21 JANUARI 2013

BANDARLAMPUNG – Pada Ke juaraan Nasional (Kejurnas) Karate Inkado di Jakarta, 18–20 Ja nuari 2013, Lampung ber ke-kuat an 40 karateka. Hingga hari ter akhir, Lampung memperoleh dua medali perak dan lima pe-rung gu.

”Sampai malam ini (tadi ma-lam), kita berhasil memperoleh tujuh medali, dua perak dan 5 perunggu,” ujar Humas Inkado

Lam pung Budiono mendampingi Su prayitno, manajer tim Inkado Korda Lampung, kemarin.

Perak disumbangkan M. Aras Re naldi dari kumite kelas junior -76 kg putra serta M. Ijhad, Dani, dan Amru (kata beregu junior pu tra).

”Lalu, perunggu di per sem-bah kan dari kumite kelas ju nior -68 kg putra, kumite kelas se nior -64 kg putri, kata kadet putri,

kumite kadet putri -47 kg, dan kumite pra pemula +35 kg putra,” papar Budiono.

Selain mengikuti Kejurnas, ti ga karateka Lampung menjadi pe serta ujian kenaikan sabuk Dan. Semuanya dinyatakan lulus. Me-reka adalah Sabiqi Muhammad da ri ranting Al Fatah, Fajar Riyana (Pring sewu), dan Dwi Hananto (Lam pung Utara).

Budiono berharap ke ikut ser-

taan Inkado Lampung pada ke-jurnas kali ini memotivasi karateka un tuk berlatih lebih keras dan berprestasi lebih baik.

”Saya tidak mau cepat berpuas diri. Walaupun pres tasi di Kejurnas Inkado cukup mem banggakan, saya berharap para karateka selalu berlatih dan ber usaha lebih baik agar lebih bersinar pada kejuaraan tingkat nasional lainnya,” ungkap-nya. (cw6/p6/c2/ewi)

Raih 2 Perak dan 5 Perunggu

FOTO MOHD RASFAN/AFP

JUARA GANDA PUTRA: Selebrasi pasangan Indonesia Hendra Setiawan (kiri) dan Mohammad Ahsan setelah menjuarai ganda putra pada ajang Maybank Malaysia Open kemarin. Pada babak fi nal di kompleks olahraga Bukit Jalil, Kuala Lumpur, mereka mengalahkan Lee Yong Dae/Ko Sung Hyun (Korsel) 21-15, 21-13. Sayangnya, sukses Ahsan/Hendra tak menular kepada Sony Dwi Kuncoro. Tunggal putra Indonesia itu dibekuk Lee Chong Wei pada partai puncak, 7-21, 8-21.

Page 11: RADAR LAMPUNG | Senin, 21 Januari 2013

TOTAL SPORT

11SENIN, 21 JANUARI 2013SENIN, 21 JANUARI 2013

TURIN – Mental juara dan fak tor luck berpihak kepada Ju-ventus pada giornata ke-21 Serie A. Juve yang berstatus capolista (pemuncak klasemen sementara) terancam didekati perolehan poinnya oleh Napoli dan Lazio.

Tapi, Nyonya Tua – sebutan Juve– justru mampu memperlebar gap. Ketika mereka menang empat gol tanpa balas atas Udi-nese di Juventus Stadium ke-marin, Napoli dan Lazio justru hanya memetik hasil seri. Napoli ditahan 1-1 Fio rentina di Artemio Franchi tadi malam, sementara Lazio harus puas dengan skor 2-2 saat melawat ke kandang Palermo kemarin.

Seiring hasil itu, Nyonya Tua kini melejit lima angka (48-43) di depan Napoli maupun Lazio. ”Kami selalu mampu keluar dari situasi sulit,” kata allenatore Juve Antonio Conte kepada Football Italia seusai laga kontra Udinese.

Kemenangan kemarin sekaligus

membuktikan pernyataan Conte. Juve kehilangan beberapa pemain pilar karena cedera mulai dari An drea Pirlo, Claudio Marchisio, Gior gio Chiellini, Fabio Quag lia-rella, Nicklas Bendtner, sampai Simone Pepe. ”Sekalipun kami hanya bermain dengan banyak pemain cadangan, kami tetap mampu menampilkan performa terbaik,” jelas Conte.

Paul Pogba yang diplot meng-gantikan Pirlo muncul sebagai bintang lapangan. Pemain 19 tahun asal Prancis itu memborong dua gol awal Juve. Kedua gol tercipta melalui tembakan jarah jauh spektakuler. Dua gol lainnya dibagi rata Mirko Vucinic dan Alessandro Matri.

Performa Pogba pun mem-bang kitkan memori Conte pada permainan Frank Rijkaard, bintang lini tengah Belanda dan AC Milan dekade 1990-an. ”Keduanya me-miliki karakter yang mirip-mirip. Tapi, Pogba harus terus berkem-

Nyonya Tua Melejit Lagi

HASIL SERIE A TADI MALAMFiorentina 1Napoli 1

AC Milan 2Bologna 1

Atalanta 1Cagliari 1

Chievo 1Parma 1

Genoa 0Catania 2

Pescara 0Torino 2

Siena 1Sampdoria 0

Pep Inginkan SuarezJOSEP ”Pep” Guardiola memang baru

menangani Bayern Munchen musim depan. Namun, Guardiola kabarnya sudah mulai menyusun rencana kerjanya. Salah satunya mendatangkan pemain. Yang menjadi incaran pertamanya adalah Luis Suarez.

Seperti diklaim Sunday Mirror, Guardiola telah meminta manajemen Bayern untuk menyediakan anggaran EUR40 juta (Rp511 miliar) demi memboyong striker Liverpool dan Timnas Uruguay itu. Padahal, Bayern kini sudah memiliki duo Mario (Gomez dan Mandzukic).

Ketertarikan terhadap Suarez seolah menepis dugaan bahwa Guardiola hanya tertarik men-comot mantan anak asuhnya di Barca (sebutan Barcelona). Yang santer disebut adalah kiper Victor Valdes. ”Barca adalah rumahnya. Jadi, Pep tidak akan memindahkan bagian dari rumah-nya ke Jerman,” kata Valenti, ayah Guardiola, ke pada Deportes Cuatro. (jpnn/p4/c2/ewi)

Ulangan Laga Pembuka PD 2010

STADION Soccer City di Johannesburg kembali menjadi saksi bisu kegagalan Afrika Selatan (Afsel) memenangi laga pembuka di sebuah ajang bergengsi. Pada Piala Dunia 2010, Afsel hanya mampu seri 1-1 kontra Meksiko di stadion berkapasitas 94 ribu lebih penonton itu.

Nah, kemarin, Bafana Bafana –julukan Afsel– kembali mencatat imbang dalam laga pembuka Piala Afrika 2013. Tuan rumah yang diperkuat beberapa pemain klub Eropa seperti Bongani Khumalo (PAOK Salonika) dan Kagisho Dikgacoi (Crystal Palace) itu dipaksa tim debutan Cape Verde bermain skor kacamata alias 0-0.

Skor serupa dicatat dalam laga kedua yang mempertemukan antara Angola kontra Maroko. Alhasil, keempat kontestan di grup A itu memiliki nilai sama, yakni satu poin. Matchday kedua (23/1) akan mempertemukan Afsel versus Angola dan Maroko lawan Cape Verde. Kedua laga dihelat di Moses Mabhida, Durban.

Pelatih Afsel Gordon Igesund menilai para pemainnya terlalu nervous. (jpnn/p4/c2/ewi)

bang untuk menjadi salah satu pemain terbaik dunia di posisinya,” jelas Conte.

Di kesempatan terpisah, Pog-ba menolak dibanding-ban ding-kan dengan Rijkaard yang nota-bene baru saja dipecat sebagai pelatih Arab Saudi itu. ”Saya tahu siapa Rij kaard dan saya tidak menyadari apabila permai nan saya mirip de ngan nya. Ha nya, saya tidak meniru siapa pun dan hanya ingin men jadi Paul Pogba,” tutur pemain yang telah mengemas 4 gol dari 18 pe nampilannya ber-sama Juve itu.

Meski menuai pujian, jiwa muda Pogba tidak lantas ter-lena. ”Saya sangat bahagia bisa men cetak dua gol yang bagus dan mem bawa tim meraih ke-mena ngan. Tapi, berpikir me-ngenai la ga ke depan sangat pen ting,” ung kap pemain yang didatangkan dari Manchester United pada awal musim itu. (jpnn/p4/c2/ewi)

LONDON – Chelsea akhirnya menorehkan kemenangan kandang pertamanya pada 2013. Korbannya adalah Arsenal yang dipecundangi 2-1 dalam duel bertajuk derby London di Stamford Bridge tadi malam. Hasil itu mengulang skor dalam per temuan di Emirates, kandang Arsenal (29/9/2012).

Juan Mata yang menyumbang satu gol di Emirates kembali masuk dalam daftar scoresheet. Gelandang Chelsea asal Spanyol itu membuka skor Chelsea saat laga baru berjalan enam menit. The Blues –sebutan Chelsea– menambah keunggulan via eksekusi penalti Frank Lampard sepuluh menit kemudian. Penalti itu diberikan setelah kiper Arsenal Wojciech Szczesny menjatuhkan Ramires di kotak 16.

The Gunners –sebutan Arsenal– pun dibayangi kartu merah seperti saat menghadapi Manchester City (13/1). Tapi, Szczesny berun-tung karena wasit Martin Atkinson hanya memberikan kartu kuning.

Di babak kedua, Arsenal ber-main lebih agresif untuk memecah kebuntuan sekaligus mengejar ketertinggalan. Tapi, hanya sebiji gol yang tercipta melalui striker yang baru saja meneken perpanja-

ngan kontrak hingga 2016, Theo Walcott, pada menit ke-58.

Dengan tambahan tiga angka, Chelsea kembali membuka asa juara. Nilai The Blues kini hanya berselisih enam (45-51) dengan peringkat kedua Manchester City dengan sama-sama memainkan 23 laga. Di sisi lain, seandainya Manchester United gagal men-da pat poin di kandang Tottenham Hotspur dini hari tadi WIB (21/1), gap tetap 10 poin.

”Three horse race (persaingan juara Chelsea-City-United)? Kami memang tidak pernah kehilangan harapan, tapi kami ingin fokus menjalani satu laga ke laga lain nya,” kata Mata seperti dilansir Daily Telegraph.

Cole Pilih BertahanAshley Cole memilih bertahan

di klub berjuluk The Blues itu. Cole (32) telah sepakat untuk mem-perpanjang kontrak setahun lagi atau hingga Juni 2014. Nilai kon-trak nya tergolong mahal, yakni GBP8 juta atau hampir Rp122 miliar. Gaji Cole pun naik signifikan dari GBP150 ribu (Rp2,28 miliar) menjadi GBP200 ribu (Rp3,04 miliar) setiap pekannya. (jpnn/p4/c2/ewi)

Asa Th ree Horse Race

FOTO ADRIAN DENNIS/AFP

TERJATUH: Gelandang Chelsea Frank Lampard (tengah) terjatuh saat menendang bola dalam laga melawan Arsenal tadi malam.

MELBOURNE – Ambisi Maria Sha-rapova untuk kembali meraih gelar Grand Slam Australia Terbuka makin dekat dengan realisasi. Rekor baru menyertai perjalanannya yang meyakinkan hingga babak keempat. Tiket perempat final diperoleh petenis Rusia itu dengan kehilangan lima game saja. Itu berarti Sharapova melampaui rekor Australia Terbuka yang ditorehkan dua legenda tenis sebelumnya, Monica Seles dan Steffi Graf, dengan delapan game.

Namun, untuk rekor keseluruhan pa da ajang grand slam, Sharapova kalah oleh Mary Pierce. Petenis Prancis itu hanya kehi la ngan empat game pada

Prancis Terbuka 1994.

Sharapova yang menempati unggulan kedua meneruskan penampilan solidnya pada babak keempat kemarin dengan mengempaskan petenis Belgia Kirsten Flipkens 6-1, 6-0. Total, laga itu berdurasi 1 jam 8 menit.

Pada babak delapan besar, dia dinanti rekan senegaranya, Ekaterina Makarova, yang menyingkirkan unggulan kelima Angelique Kerber (Jerman) dengan 7-5, 6-4. ”Jelas saya puas dengan permainan saya. Tapi, memasuki perempat final jelas makin sulit,” tutur Sharapova se-bagaimana dikutip AFP.

Di laga lain, unggulan keempat Agnieszka Radwanska (Polandia) mengatasi perla-wanan mantan ratu tenis dunia Ana Ivanovic (Serbia). Radwanska menyamai prestasinya tahun lalu yang menggapai perempat final setelah menang 6-2, 6-4. Radwanska harus bersiap meng hadapi unggulan keenam Li Na (Tiongkok). Kemarin, Li Na menyingkirkan Julia Goer ges (Jerman) dengan skor 7-6 (6), 6-1.

Kesulitan besar justru menghadang unggulan teratas tunggal putra Novak

Djokovic. Juara bertahan asal Serbia itu dipaksa bermain 5 jam 2

menit oleh unggulan ke-15 Stanislas Wawrinka (Swiss). Laga tersebut dimenangi Djokovic dengan 1-6, 7-5, 6-4, 6-7 (5), 12-10.

”Sulit menjelaskan dengan kata-kata, teru-tama set kelima. Dia (Wawrinka) juga pan tas menang. Dia ag resif di pertandingan ini,” tutur Djokovic.

Di perempat final, Djokovic akan berha-dapan dengan ung-gu lan kelima Tomas Berdych (Republik Ceko). Berdych cu kup bermain tiga set untuk memastikan tiketnya. Dia mengalahkan

Kevin Anderson (Afsel) dengan 6-3, 6-2, 7-6 (13).

(jpnn/p4/c2/ewi)

Sharapova Lolos dengan Rekor

MARIA SHA RAPOVAFOTO

AFP

Kadang menjadi sebuah dilema,sangat posisi tempat kerja jauhdari rumah membuat kitamencari transportasi apa yangaman, cepat dan murah yangbisa didapat untuk menunjangpekerjaan. Sebagain besarmemilih motor sebagai saranatransportasi dengan berbagaimanfaat seperti tidak perlubejubel dan jadi sasaranpencopet, serta tidak perlutergesa-gesa karena menghitungwaktu perjalanan dankemacetan. Semua dapatdipikirkan dengan lebih mudah.Namun terkadang bagikendaraan bermotor, cuacamenjadi musuh yang nyata. Saatudara cerah tiba-tiba hujanderas, atau angin yang bertiupkencang sehingga mengganggukekebalan tubuh.Bekerja dengan jarakTangerang-Jakarta seperti yangdilakukan Suryana, tentu dapatmerontokan kekebalan tubuhapalagi jika dilakukan setiaphari. Perut kembung, pegal linu,sakit kepala dan meriang tentuakan sering terasa. Namunsemenjak PW5 hadir mengisihari-harinya, keluhan karenamasuk angin telah teratasi.Dengan mengambil bahan darialam, PW5 hadir dengan

HINDARI KEMACETAN DENGANCEPAT DAN AMAN

kandungan nutrisi terbaik.Habbatussauda, sari kedelai dangula aren menjadi paduanterbaik hingga kini sebagaiminuman suplemen yang sangatbaik bagi tubuh.Jangan menunggu tubuh macethingga tidak dapatmengeluarkan angin, karenaangin duduk (jantung koroner)dapat mengakibatkan kematianmendadak. Mulailah memilihhidup tanpa kemacetan, PW5merupakan cara yang cepat danaman menghindari kemacetanangin di dalam tubuh. KonsumsiPW5 setiap hari sangat baik bagiAnda yang selalu melakukanperjalanan jauh. Tak perlumenunggu sakit untukm e n g k o n s u m s i n y a .

Mengkonsumsi sekarang,kemacetan apapun teratasiberkat PW5.PW5 bisa anda dapatkan di kotaanda. Untuk informasi lebihlanjut silahkan kunjungi apotek-apotek dan toko obat terdekatatau dapat menghubungiDistributor Lampung082120162521. PerwakilanBandar Lampung 0721-9763440, 082121846526. KotaMetro 085268211498.Pesawaran 085269484242.Pringsewu 085269484242.Mesuji 081379082020.Lampung Selatan082371149231. LampungTengah 081369446003. KotaBumi 082121876455.Tanggamus 085318773143.Lampung Timur085279063034.

Customer Service08211.70.55500www.pw5sehat.comFacebook :www.facebook.com/pw5sehatTwitter : @pw5sehat

Dinkes RI.P-IRT :806321701040Dicari Perwakilan Distributoruntuk Kota dan Kabupaten diwilayah Lampung.

Page 12: RADAR LAMPUNG | Senin, 21 Januari 2013

SENIN, 21 JANUARI 201312

SAN SEBASTIAN – Bukan Real Madrid, Atletico Madrid, atau Valencia. Juga bukan di Santiago Bernabeu (markas Real Madrid) atau Vicente Calderon (kandang Atletico). Tapi, kekalahan perdana Barcelona musim ini justru diderita dari Real Sociedad.

Noda itu ditorehkan ketika Barca –julukan Barcelona– mela wat ke Stadion Anoeta pada jornada ke-20 Primera Division dini hari kemarin WIB. Barca menyerah 2-3 (2-1).

Kekalahan ini memang tak mengubah konfigurasi klasemen sementara. Barca tetap perkasa di puncak dengan koleksi 55 poin atau unggul 11 poin dari Atletico yang baru bermain dini hari tadi WIB. Kubu Barca sendiri juga bisa menerima kekalahan pertama mereka. ”Suatu hari kami memang akan kalah, selamat buat Socie dad,” kata Tito Vilanova, pelatih Barca, kepada Mundo Deportivo.

Barca lebih dahulu unggul ke tika laga baru berjalan tujuh menit melalui Lionel Messi. Pedro Rodriguez menggandakan keung gulan pada menit ke-25. Namun, Sociedad mampu memperkecil lewat gol Gonzalo Castro pada menit ke-41.

Kartu merah yang dijatuhkan kepada bek Barca Gerard Pique karena melanggar Carlos Vela (56’) menjadi titik balik Sociedad. Sociedad yang unggul jumlah pemain berhasil menyamakan skor melalui Gonzalo Castro pada menit ke-62. Mimpi buruk Barca terjadi pada masa injury time dengan terciptanya gol Imanol Agirretxe.

”Kartu merah itu me mang telah mengubah segalanya,” keluh Vilanova.

Sukses Sociedad menyung kurkan Barca menunjukkan bahwa Carles Puyol dkk. bukanlah tim yang tidak terkalahkan. ”Sociedad telah memberi bukti bahwa tidak ada tim yang tidak bisa dihentikan,” sambung Jordi Alba, bek kiri Barca, seperti dikutip Sport.

”Saya pikir tidak perlu terlalu menyesali kekalahan ini. Kami masih punya tugas berat lainnya pada Copa del Rey (melawan Malaga). Tidak boleh lagi melaku kan kesalahan seperti ini dan kami butuh ke menangan,” ujar mantan bek Valencia itu.

Pelatih Sociedad Philippe Mon-ta nier benar-benar puas dengan tiga poin itu. Posisi mereka di klase men memang tidak banyak berubah, tapi kemenangan mela-

wan tim yang tak terkalahkan musim ini tentu sesuatu yang patut dirayakan.

”Kami bertahan dengan baik dan menyerang dengan cepat. Perasaan saya lebih lega ketimbang musim lalu. Pada babak pertama, kami mampu menandingi mereka. Lihat saja bagaimana Xabi Prieto mampu membuat bek Barca kesulitan,” kata Montainer.

Kemenangan itu juga kian me neguhkan status Sociedad sebagai jago kandang. Mereka tidak ter kalahkan dalam enam laga beruntun di Anoeta. ”Saya tidak bisa meng gambarkan bagai mana kami me nang, tetapi saya bisa gam barkan betapa kami senang,” kata Carlos Vela, striker Sociedad. (jpnn/p2/c2/ewi)

Noda dari Anoeta

LIONEL Messi tetap menaruh hormat pada Gerd Mueller. Meski rekor gol terbanyak yang dilesakkan mantan bomber Bayern Munchen itu telah dipatahkan Messi pada akhir 2012, penyerang Barcelona tersebut tetap menaruh respek. Ini ditunjukkan Messi dengan mengirim jersey Barcelona plus tanda tangannya buat Mueller. Jersey itu sudah diterima Mueller.

Selain tanda tangannya, Messi juga menuliskan pesan khusus kepada Der Bomber, julukan Mueller. ”Untuk Gerd Mueller, dengan segala hormat dan respek. Pelukan dari Leo,” begitu tulisan yang terpampang di kostum nomor 10 Barcelona

yang dikirim Messi seperti dikutip Daily Mail.

Kiriman jersey itu diterima Mueller dengan suka cita. ”Saya sangat berterima kasih dan bangga karena mendapatkan kostum dari pemain terbaik dunia. Dia telah melakukan hal hebat selama ini,” sambung Mueller kepada NDTV Sport.

Jersey Messi itu kemudian diserahkan Mueller kepada Karl-Heinz Rummenigge, CEO Bayern. Nantinya, jersey pemberian Messi itu akan dipajang di Museum Bayern. ”Saya pikir itu tempat yang tepat untuk jersey pemain istimewa,” timpal Mueller. (jpnn/p2/c2/ewi)

Jersey Messi di Museum Bayern

Page 13: RADAR LAMPUNG | Senin, 21 Januari 2013

SENIN, 21 JANUARI 2013 13

BANDARLAMPUNG – Seiring bertambahnya jumlah penduduk dan jatah kursi anggota dewan, dae rah pemilihan (dapil) di Lam-pung pun akan berubah. Jika pada Pemilu 2009 terdapat tujuh dapil untuk DPRD Lampung, dalam Pemilu 2014 diperkirakan ada penambahan menjadi sembilan sampai sebelas dapil.

Anggota KPU Lampung Edwin Hanibal mengatakan, untuk di provinsi ini, penataan dapil akan dilakukan pada akhir pekan kedua Januari. Menurut dia, akan ada pe nambahan dapil di provinsi dan kabupaten/kota. Untuk DPRD Lampung, dapil akan berkisar an tara sembilan sampai sebelas.

’’Hal ini dikarenakan data agre-gat kependudukan per kecamatan di Lampung 9.586.492,” kata Edwin dalam siaran persnya kepada wartawan kemarin.

Karena itu, lanjut Edwin, jum-

lah anggota DPRD Lampung ber-tambah dari 75 menjadi 85 orang. Untuk Lampung Tengah yang lebih dari 12 kursi, kemungkinan di kabu-paten ini bisa dibagi dua dapil.

Komisioner KPU Lampung Handi Mulyaningsih menambah-kan, draf pembagian dapil sudah dibuat dari tujuh menjadi delapan dapil (lihat grafis). ’’Ini baru ranca-ngan, bisa juga menjadi 11 dapil. Kalau 11 dapil itu, Tanggamus, Lampung Barat, Waykanan, dan Lampung Utara masing-masing menjadi dapil yang berdiri sendiri. KPU Lampung masih akan mema-tangkan lagi,” urainya kepada wartawan koran ini kemarin.

Penambahan jumlah kursi ang-gota legislatif ini dilakukan ber-dasarkan UU No. 10/2008 ten tang Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwa-kilan Daerah, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah. (dna/p4/c2/gus)

Dapil I : BandarlampungDapil II : Lampung SelatanDapil III : Lampung Barat, TanggamusDapil IV : Lampung TimurDapil V : Lampung TengahDapil VI : Lampung Utara, WaykananDapil VII : Tulangbawang, Tulangbawang Barat, MesujiDapil VIII : Metro, Pesawaran, Pringsewu

LAMPUNG ILampung BaratLampung SelatanPesawaran TanggamusBandarlampungMetro

LAMPUNG IILampung TengahLampung TimurLampung UtaraMesujiPringsewuTulangbawangTulangbawang BaratWaykanan

SUMBER: KPU LAMPUNG

RANCANGAN PEMBAGIAN DAPIL DPRD LAMPUNG

PEMBAGIAN DAPIL DPR RIBisa Menjadi 11 Dapil

BANDARLAMPUNG – Bursa Pemilihan Gubernur (Pilgub) Lampung, nampaknya, bakal semakin seru. Selain sudah mengemuka bebe rapa nama tokoh Lampung terbaik, kini giliran kalangan polisi berpangkat jenderal bintang satu yang cukup ber-prestasi mengisyaratkan untuk maju.

Adalah Brigjen Polisi Ike Edwin yang kini menjabat sebagai Widyaiswara Madya Sespim Polri Lemdikpol dika-barkan bakal maju dalam pilgub. Meski belum terang-terangan seperti be-berapa calon lainnya, sinyalemen itu belakangan mulai muncul. Lalu, apa tanggapan Ike Edwin?

Mantan Kapolwiltabes Surabaya yang dikenal dekat dengan kalangan pers ini menyatakan, jabatan adalah amanah. Selama ini, dia berprinsip bekerja sama dengan menjalankan amanah yang diberikan Allah SWT.

’’Kalau soal maju pilgub, begini, saya tidak mau kalau nanti jabatan seperti itu justru akan menjadi

mudarat. Bagi saya, jabatan itu adalah amanah yang harus diemban sebaik-baiknya,” kata putra asli Lampung

Barat ini saat berkunjung ke Graha Pena Lampung, Sabtu (19/1) malam.

Ike Edwin yang juga berdarah biru dan menjabat perdana menteri pada Kerajaan Sekala Brak Lampung ini menegaskan, dia hanya mau maju men jadi gubernur dengan dua syarat.

’’Pertama, adanya dukungan dari rakyat. Kedua, saya tak mau terlibat politik transaksional dengan parpol dalam pencalonan gubernur,” kata dia.

Mantan direktur Tipikor Mabes Polri yang pernah menangani dan memen-jarakan mafia pajak Gayus Tambunan ini memaparkan, jika kelak menjadi gu bernur, dia ingin melakukan peruba-han besar. Salah satunya meng hapus

budaya korupsi pada para pejabat. ’’Ya saya akan hilang-kan budaya korupsi di mana kalau pejabat mau jabatan selalu setor uang. Itu sudah saya laksanakan ketika menjabat di kepolisian,” ungkapnya. (gus/p4/c2/gus)

Isyaratkan Maju

IKE EDWIN

Page 14: RADAR LAMPUNG | Senin, 21 Januari 2013

14 SENIN, 21 JANUARI 2013

JAKARTA – Sengketa keputusan pleno KPU atas penetapan 10 parpol peserta pemilu mulai ma suk tahap sidang pembuktian (ajudikasi) di Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Hari ini (21/1) empat partai tercoret menjalani proses persidangan. Yaitu, Partai Kedaulatan Bangsa Indonesia Baru (PKBIB), Partai SRI, Partai Nasrep, dan Partai Demokrasi Kebangsaan (PDK).

Ajudikasi tersebut dilakukan setelah proses mediasi antara parpol dan KPU yang dimediatori Bawaslu gagal mencapai kata sepakat. ’’Ya, kami sudah mendapat undangan untuk menjalani proses ajudikasi besok siang (hari ini),’’ ucap Sekjen DPN PKBIB Imron Rosyadi Hamid kemarin (20/1).

Dia menegaskan, pihaknya siap beradu data dan bukti terkait keputu-san KPU menggagalkan partainya menjadi salah peserta pemilu. ’’Kami berharap proses sidang berlangsung terbuka agar publik juga tahu letak persoalan nya,’’ tandasnya.

Imron memaparkan, dalam per sidangan akan terungkap s e-jum lah fakta. Misalnya tentang persepsi yang salah bahwa partai-nya dinyatakan tidak lolos oleh KPU karena gagal membentuk kepengurusan di 22 provinsi.

Dia mengungkapkan, dalam proses mediasi tahap kedua beberapa hari lalu, terungkap bahwa 99 persen persoalan ketidaklolosan PKBIB hanya pada sampling kartu tanda anggota (KTA). Hal itu

berdasar pernyataan salah satu komisioner KPU yang hadir dalam mediasi tertutup tersebut. ’’Secara sederhana, struk tur partai kami tidak ada masalah signifikan, sebab hanya satu persen yang disoal. Itu pun kami siap beradu bukti di persi dangan,’’ jelasnya.

Di luar empat partai tersebut, upaya mediasi juga dilakukan KPU dengan sejumlah partai lain. Di antaranya, Partai Bulan Bintang (PBB), PKNU, PKPI, PDS, dan Partai Pakar. Jika mediasi gagal mencapai kata sepakat, partai-partai tersebut juga akan menjalani ajudikasi.

Ketua Dewan Syura PBB Yusril Ihza Mahendra menegaskan, partainya menolak keputusan KPU yang tidak meloloskan partainya dan hanya meloloskan sembilan parpol parlemen plus NasDem. ’’Jadi, penetapan 10 parpol itu belum final. Masih ada proses hukum yang menentukan siapa saja parpol peserta pemilu. Kita tunggu saja,’’ tegas Yusril.

Sebelum proses ajudikasi, sejumlah parpol telah mengadakan proses mediasi dengan KPU. Dalam catatan KPU, ada 10 parpol yang melakukan mediasi.

Anggota KPU Hadar Navis Gumay menyatakan, komisioner KPU secara silih berganti men-dapat tugas mengikuti proses mediasi. ’’Tidak spesifik satu ang-gota, bergantian saja,’’ ujar Hadar. KPU pun menyatakan kesiapannya menghadapi proses aju dikasi itu. (jpnn/p7/c3/gus)

Partai Tercoret Mulai Sidang di Bawaslu

TAHAP SENGKETA KPU V PARPOL

Mediasi- Bawaslu memfasilitasi pertemuan tertutup antara KPU dan parpol untuk menyelesaikansengketa. Tetapi bukan dalam pelanggaran administrasi atau pidana.- KPU dan parpol menyampaikan data dan fakta proses verifikasi.- Ada dua kelompok parpol. Pertama, PKBIB, Partai SRI, Partai Nasrep, dan PDK. Kedua, PBB, PKNU, PKPI, PDS, dan Partai Pakar.

Ajudikasi - Digelar setelah mediasi gagal menemukan kata sepakat. - Diadakan pembuktian secara terbuka atas fakta yang dibeber pada mediasi.- Bawaslu menjadi hakim untuk memutus proses ajudikasi setelah mendengarkan seluruh pemaparan soal materi gugatan parpol.

Gugatan di PTUN- Penyelesaian sengketa dengan melibatkan pihak di luar penyelenggara pemilu.- Putusan mengikat, baik KPU, parpol tercoret, maupun Bawaslu.

SUMBER: REPORTASE RADAR LAMPUNG

Mediasi- Bawaslu memfasilitasi pertemuan tertutup antara KPU dan parpol untuk menyelesaikansengketa. Tetapi bukan dalam pelanggaran administrasi atau pidana.- KPU dan parpol menyampaikan data dan fakta proses verifikasi.- Ada dua kelompok parpol. Pertama, PKBIB, Partai SRI, Partai Nasrep, dan PDK. Kedua, PBB, PKNU, PKPI, PDS, dan Partai Pakar.

Ajudikasi - Digelar setelah mediasi gagal menemukan kata sepakat. - Diadakan pembuktian secara terbuka atas fakta yang dibeber pada mediasi.- Bawaslu menjadi hakim untuk memutus proses ajudikasi setelah mendengarkan seluruh pemaparan soal materi gugatan parpol.

Gugatan di PTUN- Penyelesaian sengketa dengan melibatkan pihak di luar penyelenggara pemilu.- Putusan mengikat, baik KPU, parpol tercoret, maupun Bawaslu.

SUMBER: REPORTASE RADAR LAMPUNG

GAGAL MEDIASI, HARI INI PEMBUKTIAN

PRINGSEWU – Bukan hanya mengurusi politik, kader PDIP Kecamatan Pringsewu juga langsung peka begitu mengetahui banyak warga yang terjangkit penyakit demam berdarah dengue (DBD) di Pekon Rejosari kemarin.

Pimpinan Anak Cabang (PAC) PDIP bersama Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) bergerak melakukan pengasapan (fogging focus) di 100 rumah warga untuk membasmi nyamuk DBD.

Wakil Ketua PAC PDIP Pringsewu Yurizal

Murni mengatakan, fogging focus ini untuk masyarakat dan terlepas dari unsur politis.

’’Ini murni untuk kepentingan masyarakat, terlebih daerah ini banyak yang sudah terjangkit DBD,’’ jelas Yurizal didampingi Ketua Ranting PDIP Rejosari Rasmin kemarin.

Begitu mendapat laporan ada warga yang terkena DBD, Yurizal menyatakan, setelah dirapatkan tim yang terdiri Catur Mei Studi (Baguna), Aris Mulato (sekretaris DPC PDIP), Wahyu, Yusuf Sutomo, dan Rasmin bergerak melakukan pengasapan.

Ketua Baguna Pringsewu Catur Mei Studi mengaku, fogging focus yang mereka lakukan bukan bermaksud melangkahi wewenang pihak terkait. Namun, hanya sebagai bentuk keterpanggilan dan kepedulian Baguna sebagai organisasi di bawah PDIP terhadap persoalan dalam hal ini berkembangnya penyakit di masyarakat.

Pengasapan, imbuh dia, ditargetkan 100–150 rumah di Pekon Rejosari. Sementara untuk biayanya, dilakukan

secara swadaya PAC PDIP. Ketua RT 4, Pekon Rejosari Suprayitno

mewakili warganya kemarin mengucapkan terima kasih atas kepedulian PAC PDIP yang melakukan pengasapan di wila-yahnya yang memang endemik DBD.

’’Sekarang saja sudah ada dua warga RT kami yang terkena DBD. Desta Sari (20) sudah sembuh. Sementara Miem (48) masih dirawat di rumah sakit. Kami berterima kasih atas kepedulian PDIP,’’ pungkasnya. (sag/p7/c3/gus)

PAC PDIP Lakukan Pengasapan

FOTO AGUS SUWIGNYO

PEDULI: Tak hanya berpolitik. PAC PDIP Pringsewu dan Baguna juga peduli dengan warga melalui pengasapan guna membasmi nyamuk demam berdarah dengue (DBD) kemarin.

BANDARLAMPUNG – Seba-nyak 695 calon anggota legislatif (caleg) yang akan mendapatkan kursi dewan. Rinciannya untuk DPR RI sebanyak 20 caleg, DPRD Lampung (85), dan 14 DPRD kabupaten/kota (590). Ratusan wakil rakyat ini diharapkan benar-benar memahami dan mengenali daerah pemilihan (dapil) masing-masing.

Harapan itu disampaikan pengamat politik Arizka Warga-negara kepada Radar Lampung kemarin. Menurut dia, harus ada komitmen dari partai politik (parpol) mulai dari level pusat sampai kabupaten/kota bahwa caleg yang akan ditempatkan bukan caleg impor. Yang bersangkutan mesti paham dan kenal dengan dapilnya.

’’Harus ada keberanian dari partai di daerah untuk menolak itu. Peluang caleg impor makin besar. Apalagi sistem sekarang suara terbanyak,’’ urai Arizka melalui telepon genggamnya.

Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lampung ini mengkhawatirkan, caleg yang bukan berasal dari

dapilnya kurang bisa memahami permasalahan utama di Lampung. Selain itu, rasa kepemilikan akan daerah cenderung kurang, diban-dingkan dengan nonimpor. Caleg dari luar dapil juga mengganggu pengaderan partai di daerah karena intervensi pengurus parpol di tingkat pusat.

’’Saya pikir pengurus parpol di level provinsi harus berani tentang itu,’’ ungkap lulusan University Kebangsaan Malaysia ini.

Dia melanjutkan, intervensi pengurus pusat membuat parpol di daerah tidak berkembang. Walaupun sebagian besar parpol pengambilan keputusannya sentralistis. Menurut dia, parpol mesti belajar sekarang untuk memberikan kewenangan kepada daerah membuat skenario penga-deran di daerah tanpa intervensi.

’’Baru itu namanya partai modern. Sudah dari 2008 saya ingatkan ini ke publik. Mudah-mudahan di pemilu depan ada awareness soal begini. Parpol juga punya tanggung jawab lho bagi pembangunan demokrasi di tingkat lokal,’’ paparnya.

Diketahui, sejumlah parpol

tak berani terhadap keputusan pengurus di tingkat pusat terkait caleg impor. Sekretaris DPD Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerin-dra) Lampung Pattimura Danial mengatakan, wilayah caleg adalah dalam NKRI, tak ada pembatasan wilayah dalam UU Pemilu.

’’Untuk DPR RI, yang mem-punya kewenangan mengusulkan ke KPU adalah DPP Partai Gerin-dra,’’ tutur Pattimura kemarin seraya mengatakan, dari mana pun asal caleg, yang penting mem-punyai komitmen membangun bangsa dan berjuang sesuai visi-misi partai.

Wakil Ketua DPD I Partai Golkar Lampung Ismet Jayanegara men-jelaskan, dalam Peraturan Orga-nisasi (PO) PG 012, penempatan fungsionaris untuk menjadi caleg DPR RI adalah hak DPP Partai Golkar. Ketua Umum Aburizal Bakre memiliki hak lima persen untuk menentukan caleg DPR RI.

Dan itu wajib dikonsultasikan kepada DPD I. ’’Dari konsultasi, diharapkan caleg yang mengerti Lampung,’’ terang Ismet kemarin.

Ketua DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Lampung

Sjachroedin Z.P. juga mengatakan bahwa ia tak memiliki kewenangan memilih caleg lokal untuk Senayan. ’’Kalau caleg DPR RI itu wewenang DPP (pusat, Red),’’ jelas Sjachroedin melalui pesan singkatnya kemarin.

Sekretaris DPD Partai Demokrat (PD) Lampung Fajrun Najjah Ahmad juga mengakui bahwa sesuai aturan partainya, yang menentukan caleg DPR RI adalah majelis tinggi yang diketuai Susilo Bambang Yudhoyono. Penentuan ini berdasarkan dari masukan yang diserahkan oleh DPP PD. Pada Pemilu 2009, PD berhasil meraih empat kursi DPR RI.

’’Semuanya orang Lampung. Kami optimistis, kader yang punya ikatan kuat dengan daerah akan diprioritaskan sebagai caleg pada pemilu mendatang,’’ papar Fajar, sapaan akrabnya.

Ketua DPW PAN Lampung Abdurachman Sarbini juga tidak khawatir caleg impor. ’’Kader-kader lokal PAN dari Lampung sudah siap dan cukup baik untuk menjadi caleg DPR RI,’’ tulis Mance –sapaan akrabnya– melalui pesan singkatnya. (dna/p7/c3/gus)

Intervensi Parpol Masih Tinggi

BANDARLAMPUNG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) meran-cang kategori daftar pemilih khusus yang berfungsi meng-akomodasi orang-orang yang tidak mempunyai identitas. Kate-gori ini memungkinkan ter-akomodasinya warga yang men-diami kawasan Hutan Register 45, Moro-Moro, Kecamatan Wayserdang, Mesuji.

Diketahui, dalam beberapa kali pemilihan kepala daerah (pilkada), warga Moro-Moro kehi-langan hak pilihnya karena masih dianggap penduduk ilegal oleh pemerintah setempat. Anggota KPU Lampung Handi Mulyaningsih mengatakan, bila memang bisa diakomodasi haknya, yang penting adalah pemetaan wilayah di mana mereka.

’’Ini agar jelas peta daerah pemilihannya. Inventarisasi warga Moro-Moro secara teknis tidak terlalu sulit. Yang penting adalah kejelasan aturannya. Misalnya,

apakah yang punya hak pilih itu yang sudah berdomisili berapa lama? Apakah yang baru datang juga akan didata dan punya hak pilih? Kejelasan ini yang penting,’’ ucap Handi kemarin.

Sementara, terkait kepastian para gelandangan memiliki hak pilih dalam pemilu dan masuk dalam kategori daftar pemilih khusus, Handi mengatakan, akan menunggu Peraturan KPU keluar agar semuanya jelas dasar hukum-nya. Ini karena KPU Lampung perlu kejelasan tentang definisi dan konsep gelandangan.

Komisioner KPU Lampung Firman Seponada menam-bahkan, gelandangan yang memenuhi syarat sebagai pemilih, memang akan dima-sukkan dalam daftar pemilih khusus. KPU Lampung akan mendaftar pemilih dalam kasus yang demikian berda-sarkan tanggapan dan masu-kan masyarakat atas daftar

pemilih sementara (DPS).’’Tapi, Peraturan KPU me-

ngenai pendataan pemilih belum keluar. Sehingga, saya belum tahu persis mekanisme pendataan pemilih dengan kategori khusus seperti itu. Mudah-mudahan Minggu ini peraturan KPU-nya ter bit,’’ pungkas Firman. (dna/p7/c3/gus)

SOAL WARGA MORO-MORO

u a g k ,’’

n k k hn r-g si

g

pemilih sementara (DPS).’’Tapi, Peraturan KPU me-

ngenai pendataan pemilih belum keluar. Sehingga, saya belum tahu persis mekanisme pendataan pemilih dengan kategori khusus seperti itu. Mudah-mudahan Minggu ini peraturan KPU-nya ter bit,’’pungkas Firman. (dna/p7/c3/gus)

GA MORO-MORO

KPU Tunggu Peraturan

Firman SeponadaFirman Seponada

Page 15: RADAR LAMPUNG | Senin, 21 Januari 2013

15SENIN, 21 JANUARI 2013 SOCIETY 15SOCIETY

Bantuan Rp303 Miliar Digelontorkan untuk Lamsel

GUBERNUR Lampung Drs. Hi. Sjach-roedin Z.P., S.H. beserta jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung memulai kunjungan kerja rutin dengan menyambangi Kecamatan Natar, Lampung Selatan.

Dalam kunjungan kerja (kunker) pada 17-18 Januari 2013 itu, gubernur beserta sejumlah pejabat pemprov menyerap keluhan, masukan, kritikan, dan arahan warga terkait pembangunan selama ini.

Pada kesempatan itu, Oedin –sapaan akrab Sjachroedin– tidak sungkan ikut bermain sepak bola dengan warga. Sehingga tak ada jarak antara para pejabat pemprov dengan warga setempat.

Mantan deputi operasional Polri ini juga menggelar pertemuan dengan tokoh masyarakat dan adat setempat untuk mencari solusi dalam menyelesaikan ma-salah-masalah yang ada.

Puncak kunker perdana gubernur Lampung ini diisi dengan pemberian bantuan bagi warga Lamsel di Lapangan Tanjungsari, Natar. Kegiatan tersebut disatukan dengan puncak peringatan Hari Jadi Ke-40 PDI Perjuangan.

Acara yang dipadati ribuan kader PDIP dan warga setempat ini juga dihadiri unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Fokorpimda) Lampung serta sejumlah kepala daerah yang diusung PDIP.

Dalam sambutannya, Sjachroedin mengungkapkan bahwa kunker ini dalam rangka meningkatkan silaturahmi sekaligus

untuk meningkatkan koordinasi serta sinergitas antara pemprov dan Kabupaten Lamsel terkait pelaksanaan program pemerintahan dan pembangunan yang saat ini terus dilaksanakan oleh Pemprov Lampung dan Kabupaten Lamsel khususnya serta kabupaten/kota se-Provinsi Lampung pada umumnya.

’’Saya mengharapkan kunker ini dapat dijadikan ajang tukar pikiran, saran dan informasi terkait permasalahan yang

dihadapi pemerintah kabupaten dan masyarakat,’’ katanya.

Pada kunker kali ini, gubernur memberikan bantuan kepada Pemkab Lamsel senilai Rp303 miliar. Bantuan itu terbagi dalam beberapa bidang. Yakni bidang peternakan, pertanian, perhubungan, pemuda, olahraga, dan bidang lainnya.

’’Penyerahan bantuan ini merupakan salah satu program pembangunan Pemprov Lampung dalam mendukung pembangunan di Lamsel. Karena indikator maju atau mundurnya provinsi dapat dilihat dari keberhasilan kabupaten/kotanya. Jika kabupaten/kota maju, secara otomatis provinsi juga maju,” tegasnya.

Dilanjutkan, kunker ini rencananya dilaksanakan sebulan dua kali dengan memberikan bantuan kepada seluruh kabupaten/kota di Lampung sesuai program tiap daerah.

’’Saya minta pelaksanaan bantuan ini benar-benar sesuai prosedur,” tutur orang nomor satu di Lampung itu.

Di depan ribuan masyarakat yang memenuhi Lapangan Tanjungsari, Oedin berpesan kepada para satuan kerja pelaksana pemerintah daerah (SKPD) untuk bisa turun langsung ke lapangan. Itu agar pejabat lebih mengerti situasi dan kondisi masyarakat. Sehingga dapat mengayomi dan memahami apa yang menjadi aspirasi warga. (adv)

GUBERNUR-WARGA Jalin Kebersamaan

Berbaur dengan masyarakat, Gubernur Lampung Drs. Hi. Sjachroedin Z.P. ikut bermain sepak bola.

Gubernur Lampung Sjachroedin Z.P. menyampaikan sambutan.

Gubernur Lampung Sjachroedin Z.P. menyerahkan bantuan.

Wakil Gubernur Lampung Ir. M.S. Joko Umar Said, M.M. menyerahkan bantuan kepada warga.

Gubernur Lampung didampingi bupati Lamsel menandatangani prasasti masjid berornamen Lampung.

Secara simbolis, Bupati Lamsel Rycko Menoza S.Z.P. menyerahkan bantuan.

Rycko Menoza S.Z.P.

Gubernur Lampung Sjachroedin Z.P. dan Wakil Gubernur Joko Umar Said.

Gubernur bersilaturahmi dengan unsur Fokorpimda Lampung dan Lamsel.

Dari kiri: Wakil gubernur, gubernur Lampung, bupati Lamsel, dan ketua DPRD Lampung.

Ribuan masyarakat dan kader PDI Perjuangan memadati Lapangan Tanjungsari, Lamsel.

Menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Page 16: RADAR LAMPUNG | Senin, 21 Januari 2013

SENIN, 21 JANUARI 201316

FOTO WIJAYA SATRIA/JPNN

TERUS GERILYA: Surya Paloh terus bergerilya jelang Pemilu 2014. Tampak dia bersama Gubernur Kepri H.M. Sani (tengah) pada acara pelantikan dan pengukuhan sayap-sayap ormas NasDem di Gedung Promosi Sumatera, Batam Centre, kemarin (20/1).

JAKARTA – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mencoba me ri-ngan kan penderitaan korban ban jir Jakarta tidak hanya secara fisik, tapi juga mental. Karenanya se lain memberi bantuan makanan dan minuman, PKB juga mencoba memberikan sedikit hiburan.

Melalui Pergerakan Perempuan Kebangkitan Bangsa (PPKB), partai pimpinan Muhaimin Iskandar

itu menggelar kegiatan sosial di Jalan Cililitan Kecil, Kramatjati, Ja karta Timur, Minggu (20/1). Da lam kesempatan itu, PPKB me ngajak serta penyanyi artis dan biduan dangdut Cinta Pe-ne lope.

Ketua Panitia Bhakti Sosial PPKB Ella Nuryama mengatakan bahwa bantuan yang diserahkan antara lain berupa mi instan, air

mineral, sembako, selimut, serta alat perlengkapan bayi.

’’Semoga ini bisa meringankan pen deritaan saudara-saudara kita yang tengah terkena bencana,’’ beber Ella.

Menurutnya, Cililitan Kecil ter masuk terkena banjir parah ka rena ketinggiannya mencapai 2,5 meter. Bahkan, sebut Ella, beberapa warga belum berani

kembali ke rumah. ’’Banjir di ka wa san ini termasuk

parah, sudah sejak Rabu (16/1) lalu,’’ tegasnya.

Berdasarkan catatan PPKB dari Ketua RW 07 Kramatjati, terdapat 7 ribu pengungsi yang berasal da ri 15 RT. Dari 16 RT yang ada di RW itu, hanya satu saja yang tak terkena banjir. (jpnn/p6/c3/gus)

JAKARTA – Ketua Umum De-wan Pembangunan Madura (DPM) Ahmad Zaini mengatakan, men-dukung tampilnya putra Madura jadi gubernur Jawa Timur (Jatim). Se bab, hampir 70 persen penduduk Jatim keturunan Madura.

’’Sudah saatnya putra terbaik Madura tampil sebagai pemimpin Ja tim. Sebab, mayoritas pen du-duknya adalah warga Madura,’’ tu tur Hi. Ahmad Zaini, M.A. saat dihubungi wartawan di Madura, Sabtu (19/1).

Warga Madura, lanjut Zaini, ti dak hanya berada di empat ka-bupaten di Pulau Madura. Tapi

juga tersebar pada sejumlah ka-bupaten di Tapal Kuda dan juga Ma taraman seperti Malang dan Kediri. Bahkan hampir pasti, di se luruh kabupaten/kota di Jawa Timur terdapat warga keturunan Madura.

Dikatakan Zaini, ada tiga putra ter baik Madura yang layak di ca-lonkan sebagai Gubernur Jatim, yakni tokoh PDIP M.H. Said Ab-dullah yang sekarang anggota DPR RI Syamsul Maarif yang saat ini menjabat Ketua BNPB dan mantan Bupati Bangkalan Fuad Amin.

’’Pak Said Abdullah harus tam-

pil. Kami akan sampaikan ke DPP PDIP, Said Abdullah layak jadi ca lon gubernur, jangan jadi wakil karena di sini PDIP kuat. Said Abdullah tampilah melalui PDIP,’’ tegasnya.

Dia mengatakan, sudah pu-lu han tahun orang Madura hanya jadi penonton dalam setiap per-helatan pemilihan gubernur Jatim, ka rena dari kandidat yang diusung tidak ada orang Madura.

’’Tiga tokoh ini pantas me mim-pin rakyat Jawa Timur. Biar tidak selamanya dipimpin oleh orang luar Madura. Madura ber ke sem-pa tan dan punya suara besar di

Ja tim ini. Ketiga tokoh ini tidak per lu bergandengan dengan kader lain,’’ sarannya.

Yang penting jelas dia, ketiga pu tra Madura ini, bisa saling me-ngerti dan saling memahami, siapa yang jadi gubernur dan siapa yang menjadi wakil gubernur.

’’Nanti bisa berunding tiga orang ini. Apabila dicalonkan de ngan Khofifah, bisa juga, yang pen ting saya menginginkan, saya selaku orang Madura, wajar dong kalau saya punya gubernur orang Ma dura. Kalau Khofifah mau gan deng dengan orang Madura ya harus orang Maduranya yang

jadi Gubernur. Apakah itu Said Abdullah, Fuad Amin atau Samsul Maarif,’’ katanya.

Opsi lain lanjut dia, Madura de ngan Madura. ’’Bisa juga Syam-sul Maarif jadi calon gubernur, Fuad Amin atau Said Abdullah. Atau sebaliknya. Saya sudah ber bicara dengan kiai-kiai di Ma dura dan Tapal Kuda, sekarang Ma dura sudah saatnya tampil se bagai gubernur Jawa Timur,’’ te gasnya.

Sejauh ini ujarnya, Dewan Pem bangunan Madura sudah per nah mengumpulkan 25 ulama di Madura. Pertemuan ini untuk

membahas pilgub Jawa Timur. ’’Sekali lagi pilgub Jawa Timur

2013 harus orang Madura yang me nang karena masyarakatnya terbesar. 70 persen rakyat Jawa Ti mur orang Madura. Di NU mulai dari massa dan pengurusnya orang Ma dura. Maka ada pesan orang Madura agamanya NU. Pendiri dan pencetusnya itu orang Ma-dura. Kalau Hasyim Ashari dan Hasyim Wahab itu hanya pen-dek larasi, tapi pencetus dan peng-gagasnya adalah Saihonah Cholil bersama Miftahul Ahyar, Muta-wa kil Alalah,’’ ungkap Zaini. (jpnn/p6/c3/gus)

JAKARTA – Jumlah kursi DPRD Provinsi Sumatera Barat dari hasil Pemilu Legislatif (Pileg) 2014 dipastikan bertambah. Dari awalnya 55 anggota saja, nantinya DPRD Sumbar akan memiliki 65 anggota. Selain di DPRD Provinsi, juga 6 DPRD Kabupaten/kota dari 19 yang ada di Sumbar mengalami penambahan kursi.

’’Kita sudah melakukan rapat pleno tertutup untuk penetapan jumlah kursi DPRD Provinsi dan Kabupaten pada Pemilu 2014, pada Selasa (15/1) lalu. Hasilnya, beberapa daerah mengalami penambahan dan beberapa lain-nya terjadi pengurangan,’’ ujar Ko misioner KPU Hadar Nafis Gu may di Jakarta kemarin (20/1).

Hadar menyebutkan, enam kabupaten/kota yang mengalami penambahan kursi di Sumbar adalah Kabupaten Pesisir Selatan, Sijunjung, Padang Pariaman, Agam, Pasaman dan Pasaman Barat. Khusus DPRD Pesisir S e la tan, kursinya bertambah. Dari 40 menjadi 45 kursi.

Kemudian Kabupaten Sijunjung bertambah 10 kursi menjadi 35 kursi, Padang Pariaman bertambah lima kursi jadi 40 kursi. Sementara Kabupaten Agam dari 40 menjadi 45 kursi, Kabupaten Pasaman dari 30 kursi menjadi 35 kursi dan Kabupaten Pasaman Barat ber-tambah dari 35 kursi menjadi 40.

Di Sumbar sendiri tidak ada DPRD yang mengalami pengu ra-ngan jatah kursi. Namun di luar 6 daerah yang mengalami pe nam-bahan, kursi DPRD di 13 ka bupaten/kota lainnya tetap sa ma seperti pada Pemilu 2009 lalu. Kabupaten Solok misalnya, masih tetap 35 kursi. Selanjutnya Tanah Datar (35 kursi), Lima Puluh Kota (35 kursi), Kepulauan Men tawai (20 kursi), Dharmasraya dan Solok Selatan masing-masing 25 kursi.

Selain itu Kota Padang tetap 45 kursi, Bukittinggo dan Pa yah-kumbuh masing-masing 25 kursi. Sedangkan Kota Solok, Sawahlunto, Pa dang Panjang dan Pariaman ma sing-masing tetap 20 kursi. (jpnn/p6/c3/gus)

RAKOR: DPW Partai Persatuan

Pembangunan (PPP) Lampung saat menggelar

rapat koordinasi (rakor)

menjelang Pemilu 2014 di

RM Begadang II, Sabtu (19/1).

FOTO AJI SAKTIYANTO

Sambangi Pengungsian, PKB Ajak Biduan

JAKARTA – Ketua Komisi Pe-milihan Umum (KPU) Husni Kamil Manik meminta seluruh KPU Pro vinsi segera menyiapkan ba-han-bahan guna menghadapi maraknya aksi gugatan dari partai p olitik (parpol) yang tidak me-

menuhi syarat menjadi peserta Pe milu 2014. Harapannya, agar KPU bisa mudah mementahkan gugatan parpol yang tak lolos verifikasi.

’’Kita harus siap adu data de-ngan parpol. Data yang dibawa

(KPU Provinsi, Red) sudah harus d etail termasuk semua proses ter kait verifikasi yang dilakukan di tingkat kabupaten/kota,’’ ujar Hus ni saat membuka rapat kerja Pe nyelesaian Sengketa Pemilu di gedung KPU, Jakarta, Minggu

(20/1).Menurutnya, kesiapan data

sa ngat dibutuhkan dalam waktu de kat ini mengingat 17 partai yang tak lolos mengajukan per-mohonan me lalui Bawaslu. Se-hingga ketika Ke tua KPU Provinsi

ber saksi dalam proses gugatan su dah melengkapi diri dengan da ta lengkap.

’’Kita tetap menjaga ke hor-matan parpol yang tidak lolos ve rifikasi faktual. Meski hasil ve-rifikasi faktual jelas-jelas me-

nunjukkan bahwa parpol tersebut tidak memenuhi syarat, tapi KPU tetap menghargai kerja keras me-reka selama proses pen daf taran dan verifikasi,’’ je lasnya.

Selain meminta kesiapan data, Hus ni juga berharap ma-

sing-ma sing penyelenggara KPU dapat meningkatkan pe nge ta-huan tentang kepemiluan. Ter-utama meng hadapi proses mediasi dan ajudikasi dengan par pol nantinya. (jpnn/p6/c3/gus)

KPU Provinsi Diminta Siap

Peroleh Tambahan 10 Kursi

DPM Majukan Putra Madura Pimpin Jawa Timur

Page 17: RADAR LAMPUNG | Senin, 21 Januari 2013

SETELAH sempat lumpuh selama beberapa hari akibat banjir yang menerjang, Jakarta mulai menggeliat kembali. Banjir yang merusak wajah kota ini berangsur surut. Tinggal beberapa tempat yang masih tergenang air cukup tinggi.

Berbagai sarana transportasi dan perkantoran yang sempat lum puh juga mulai bergerak kembali. PT KAI Daerah Operasi 1 misalnya. Mereka mengumumkan bahwa kereta yang se-belumnya sempat berhenti beroperasi, mulai hari ini akan kem-bali bekerja. Seperti diketahui, sarana dan prasarana per lintasan kereta sempat lumpuh karena banjir. Sebanyak 180 kereta terdiri dari 137 KRL, 30 KA Barang, dan 13 KA Eko nomi harus ngandang.

Sedangkan untuk KRL jurusan Bogor–Jakarta Kota dan Bekasi–Jakarta Kota hingga hari ini masih dibatasi hanya sampai Stasiun Manggarai. Pembatasan terpaksa dilakukan karena sistem listrik aliran atas di stasiun Jakarta Kota masih dalam perbaikan. Rencananya, jalur tersebut baru beroperasi Selasa besok. Sedangkan untuk KRL jurusan Serpong–Tanah Abang dan Tangerang–Tanah Abang beroperasi dengan ca tatan. PT KAI meminta rel kereta di Stasiun Tangerang yang sebelumnya digunakan sebagai tempat pengungsian ha rus disterilkan terlebih dahulu.

Berbeda dengan KRL, seluruh bus Transjakarta telah beroperasi di semua koridor sejak kemarin. Meski demikian, tidak semua halte Transjakarta disinggahi bus, sebab beberapa halte masih ada yang tergenang air dan tidak bisa dilintasi oleh Busway. Sementara itu bandara Soekarno-Hatta beroperasi normal. Akses menuju bandara juga sudah bisa dilewati.

Kondisi ini tentu patut disyukuri. Sebab, selama Jakarta mati suri puluhan bahkan ratusan triliunan menguap akibat kerugian yang muncul. Belum lagi derita warga di pengungsian. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memperkirakan terdapat sekitar 50 ribu pengungsi akibat luapan air. Ini belum ditambah 19 orang korban meninggal dunia.

Kita tentu berharap semua ini bisa menjadi pengalaman berharga bagi pemerintah Indonesia umumnya dan DKI Jakarta khususnya untuk membenahi dan mencari solusi terbaik dari permasalahan ini. Kita juga berharap pemerintah tidak lagi ragu menyatakan pemindahan ibu kota bila memang Jakarta sudah dipandang tak layak lagi. (*)

Nadi Jakarta Berdenyut Lagi

SUARA PEMBACA17SENIN, 21 JANUARI 2013

Wartawan Radar Lampung selalu dibekali kartu pers

Wartawan Radar Lampung tidak boleh menerima atau meminta sesuatu dari siapa pun dengan alasan apa pun.

Jika menemukan pelanggaran terhadap dua poin tersebut, silakan hubungi General Manager Purna Wirawan 0811799557

Abdul Karim 0811790544/0721-7308309 Marlinda 081540877339

Ary Mistanto 082182145555 085268662108

Eko Nugroho 081927850700 Adi Pranoto 081369525525 Alam Islam 081272343123

Desti : 0721 747 7369 Masriani 081379920333

Irwansa 08976161611 Taufik Wijaya 081379792432 Trufi Murdiani 0811795826 Agus Purnomo 082181825067

Pembaca setia Radar Lampung, kami menerima saran dan kritik Anda

Untuk Redaksi Hubungi:

Untuk Pemasaran Hubungi:

Untuk Iklan Hubungi:

Tanggapan Lampu Jalan Mati

SEHUBUNGAN dengan surat pembaca pada rubrik Podium Rakyat edisi 26 Desember 2012 (berjudul Lampu Jalan Mati), dapat kami jelaskan bahwa lampu jalan dari gerbang masuk Kotaagung di Batukramat sampai Kotaagung Kota, sejak beberapa hari lalu sudah menyala seperti biasa. Demikian untuk dimaklumi. Terima kasih. (081273420320)

Usul SIM Seumur HidupYTH. Kapolda. Saya usul agar surat

izin mengemudi (SIM) diberlakukan seumur hidup agar masyarakat lebih terbantu. Terima kasih. (08218319xxxx)

Perhatikan HonorerMOHON perhatikan guru honorer

dan tata usaha SD negeri yang sudah mengabdi bertahun-tahun. Terima kasih. (08231048xxxx)

Sanksi Pembuang Sampah Sembarangan

MOHON berikan sanksi bagi orang yang suka membuang sampah di jalan atau sungai-sungai serta fasilitas umum lainnya agar jera. Terima kasih. (08526623xxxx)

TPR Picu MacetTPR di depan terminal Gadingrejo,

Pringsewu, hanya menimbulkan kemacetan. Posisinya harus dirubah agar jangan macet. Untuk apa ada terminal kalau tidak dimanfaatkan. Wajibkan mobil truk dan pick up untuk masuk terminal jangan malah petugas TPR yang berdiri di tengah jalan. Ini agar tidak mengganggu arus lalu lintas karena jalan di wilayah itu cukup sempit. Mohon perhatiannya. Terima kasih. (08238072xxxx)

Minta Pengerukan Sampah

MOHON pengerukan sampah di pembuangan sampah daerah Baradatu, Waykanan, karena sudah menumpuk. Kami mohon juga kepada pihak terkait untuk lebih memperhatikan para honorer di Dinas Kebersihan seperti kami. Kami sudah mengabdi selama 6 tahun tapi belum juga ada

pengangkatan PNS. Sementara gaji kami hanya Rp750 ribu per bulan. Jumlah itu tentu sangat tidak cukup. Apalagi terkadang dipotong untuk keperluan ini dan itu. Terima kasih. (08127964xxxx)

Setarakan Gaji Honorer dengan UMR

MOHON samakan gaji tenaga honorer baik SD, SMP, maupun SMA khususnya penjaga sekolah dan TU dengan UMR kota supaya tenaga honorer lebih sejahtera. Terima kasih. (08578945xxxx)

Kapan SPBU 24 JamYTH. Bupati Pringsewu. Kapan SPBU

di Pringsewu dapat buka 24 jam? Karena, sepanjang jalan Pringsewu banyak sekali pedagang bensin eceran. Sementara SPBU sudah tutup pukul 18.00 WIB. Kami mohon agar Pak Bupati mengeluarkan kebijakan SPBU buka 24 jam. Ini juga untuk menghindari kelangkaan BBM dan pengecoran yang berlebihan di Pringsewu. Terima kasih. (08238072xxxx)

Aspal Baru 1 Bulan Sudah Rusak

MOHON perhatian Pak Bupati Tulangbawang. Pengaspalan jalan dari Sukamenanti sampai Pasar Unit 3 Banjaragung pada akhir November 2012, sekarang banyak yang rusak. Mohon ditindaklanjuti. Terima kasih. (08566489xxxx)

Berantas HP di LapasBERANTAS peredaran handphone

(hp) di lapas dan rutan karena kerap disalahgunakan. Terima kasih. (08566973xxxx)

Berantas PemerasanMOHON ditindaklanjuti pemerasan

di stadion Wayhalim karena pelakunya adalah oknum anggota polisi yang mencari seseran. Terima kasih. (0897544xxxx)

Tertibkan Knalpot Racing

YTH. Kapolsek Tulangbawang Udik dan Kapolres Tulangbawang.

ISI DI LUAR TANGGUNG JAWAB PERCETAKAN

Pemimpin Redaksi: Ary Mistanto

Redaktur Pelaksana: Taufi k Wijaya

Redaktur Senior: Eko Nugroho

Redaktur: Taufi k Wijaya (Korlip Kota)Adi Pranoto (Korlip Daerah) Irwansa, Alam Islam, M. Agus Purnomo

Asisten Redaktur:Senen (Non Aktif), Trufi Murdiani

Wartawan:Nurlaila Yanti, Eka Yuliana, Yuda Pranata, Dina Puspasari, Wahyu Syaifullah (Fotografer), Anton Adi Wijaya, Widisandika, Hayatullah, Nur Jannah, Ari Suryanto (Bandarlampung)

Dwi Prihantono (Lamtim)

Kohar Mega (Lampura)

Edy Herliansyah (Tanggamus)

Agus Suwignyo (Pringsewu-Pesawaran

Yusuf A,S. (Tulangbawang)

Fajar Arifi n, Gede Putu Kristanto (Lamteng)

Abdurahman (Lamsel)

Hermansyah (Waykanan)

Wirahadikusumah (Pesawaran)

Syaiful Amri (Metro)

Gatra Yuda (Lampung Barat)

Wartawan Jakarta: Kusumayuda

Copy Editor:Rudy Saputra, Syaiful Mahrum, Fatikhushiroth

Kabag Pracetak: RiswadiPracetak: Ripto D, Helmi Jaya (non aktif), Nopriyadi, Farabi Lincoln, Hendrawan Poerbantara, Asep Supriyadi, Iwan N, Heru, Arya Bayu, Khairul Amri

Penanggung Jawab Media: Ardiansyah

Alamat: Jalan Sultan Agung No. 18 Kedaton, Bandarlampung, Telp. (0721) 789750 - 782306 - 787987, Faks. (0721) 789752, 773930

BNI Cabang Tanjungkarang No. Rek. 007.149.0467 BCA Cabang Telukbetung No Rek 0200.721.799 Bank atas nama PT Wahana Semesta Lampung Email: [email protected] Homepage: www.radarlampung.co.id

General Manager:Purna Wirawan

Pimpinan Perusahaan: Liris Vawina

Manager Iklan: Desti Mulyati Staf Iklan: Leny Hartanti,

Masriani, Edwin, Nike Armila, Gde Bayu, Deni (Administrasi), M. Shahib, Decky

Hardodes (Design Iklan)

Iklan Perwakilan Jakarta: Aspandar Nasution (kepala), Falma

Manager Event Organizer (EO) Liris Vawina Staf Event Organizer Indah

Sumaputri, Erwin Sajjah, Maria Ulfa

Manager Pemasaran Abdul Karim Marlinda (Asisten Manager)

Staf Pemasaran: Hery,Agus, Supriyadi, Adi Irawan, Andriyanti

Manager Keuangan: Sarri Octarini, Anna Susanti (kasir) ,Pas Irvanus (akunting)

Manager

Personalia dan Umum: Faradiba

Staf Manager Personalia dan Umum:Roby Junasari, Aris, Hary, M. Rambe,

Slamet Rianto

Dewan Pengawas:Ardiansyah (Koordinator)

Anggota Dewan Pengawas:Ismail Komar, Nizwar, Ibnu Khalid

Penerbit:PT Wahana Semesta Lampung Komisaris

Utama: Alwi Hamu

Wakil Komisaris Utama:Suparno Wonokromo

Komisaris: Lukman Setiawan

Direktur Utama: Dwi Nurmawan

Direktur: Ardiansyah

Wakil Direktur:Taswin Hasbullah, Abdurrahman, Sarri

Octarini

Percetakan: PT Lampung Intermedia

Pencetak:

Budi S.(kabag) Suparman, Z. Arifi n, Pujianto, Jenianto, Alim, Joko

Khususnya untuk Kecamatan Tumijajar. Mohon penertiban motor dengan knalpot racing karena sangat mengganggu masyarakat. Terima kasih. (08136940xxxx)

Minta Penerangan Jalan

MOHON Jalan Soekarno-Hatta, Bypass, di daerah Kalibalok dapat diberi penerangan sebab pada pukul 22.00 WIB sudah sepi dan gelap sehingga rawan kejahatan terutama bagi pengendara sepeda motor. Terima kasih. (08565876xxxx)

Minta Bantuan Perangkat Kematian

YTH. Bupati Lamsel. Kami warga Dusung 4, Banjaragung, Jatiagung, Lamsel, memohon bantuan bapak untuk mengadakan alat rukun kematian mengingat di masjid kami belum ada perangkat itu. Terima kasih. (08137997xxxx)

Tanya Tindak Lanjut Kasus Penipuan

YTH. Kapolda Lampung. Saya korban penipuan, saya sudah lapor tentang penipuan ke Kapolresta Bandarlampung. Namun, sampai sekarang belum ada tindak lanjut. Mohon diperhatikan. Terima kasih. (08576853xxxx)

Adakan Pengajian di Sekolah

GURU ngaji saat ini makin sulit. Untuk itu kami harap di sekolah mulai SD hingga SMA bisa diterapkan pengajian. Terima kasih. (08789914xxxx)

Keluhkan Penutupan Jalan

KAMI selaku warga Negara yang taat membayar pajak merasa sangat dirugikan dengan adanya penutupan jalan umum guna kepentingan pribadi/kelompok tertentu. Jangan sampai kepentingan pribadi/kelompok harus mengorbankan kepentingan umum. Itu sangat jelas brtentangan dengan UUD dan etika hukum di negeri kita. Untuk itu mohon untuk meninjau kembali Perda yang menyoal masalah ini. Terima kasih. (0812790xxxx)

Minta Perbaikan Jalan (1)MOHON perbaikan Jalan

Negeribatin, Balirejo, dan Gistang menuju Kasui. Jalan sudah rusak parah kembali. Sementara untuk jalan dari Gistang Selatan ke Kasui belum

tersentuh sama sekali. Terima kasih. (08576916xxxx)

Minta Perbaikan Jalan (2)YTH. Bupati Lampung Utara. Mohon

perbaikan jalan dari Transos Ne-gararatu sampai Hanakaojaya. Karena jalannya sudah mem prihatin kan. Tolong untuk ditinjau. Terima kasih. (08789935xxxx)

Minta Perbaikan Jalan (3)YTH. DPRD Pringsewu. Mohon Jalan

Margosari-Banyuwangi dianggarkan pada APBDP 2013 ini. Terima kasih. (08576845xxxx)

Minta Perbaikan Jalan (4)MOHON jalan Kecamatan Jatiagung

diperbaiki, soalnya jalan itu satu-satunya lintas ke kota, kami masyarakat Jatiagung sangat tersiksa dengan kondisi jalan itu. Terima kasih. (08153236xxxx)

Minta Perbaikan Jalan (5)YTH. Bupati PRingsewu. Kapan jalan

Banyumas, Banyuwangi, dan Margosari dibenahi. Kami sudah capek selama 20 tahun bersanding dengan lubang-lubang di jalanan tersebut. Terima kasih. (08566484xxxx)

Minta Perbaikan Jalan (6)JALAN dari Terbanggibesar sampai

Gunung Madu rusak dan berlubang. Sudah banyak yang terjebak masuk lobang yang terisi air. Mohon pihak terkait dilihat kondisinya. Tolong pikirkan kepentingan rakyat. Terima kasih. (08136900xxxx)

Keluhkan Pelayanan Kesehatan

YTH. Gubernur Lampung. Mohon agar pelayanan kesehatan di wilayah Pakuanratu bisa diberlakukan 24 jam kerja paling tidak untuk puskesmas induk karena selama ini kami selalu kesulitan mendapat layanan kesehatan. Terutama saat musim liburan banyak puskesmas yang tutup. Para petugas kesehatan pun banyak yang liburan. Sehingga, saat keadaan emergency sangat menyulitkan. Kami butuh waktu 3-4 jam untuk bisa sampai ke kabupaten. Untuk itu mohon agar kondisi ini bisa diperbaiki. Terima kasih. (08566933xxxx)

Tertibkan Lampu Setop Putih

KEPADA aparat Kepolisian, tolong ditindak kendaraan bermotor roda dua yang lampu setopnya berwarna putih, karena menyilaukan para pengendara dibelakangnya pada malam hari. Terima kasih. (08127228xxxx)

Page 18: RADAR LAMPUNG | Senin, 21 Januari 2013

SENIN, 21 JANUARI 2013PENDIDIKAN

18

FAKULTAS Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Lampung memiliki program tahunan yang ditujukan kepada mahasiswa baru. Salah satunya karya wisata ilmiah (KWI).

Dekan FMIPA Unila Prof. Su-harso, Ph.D. menjelaskan, mulai tahun ini hingga seterusnya, KWI akan diwajibkan untuk mahasiswa baru FMIPA. Sebab, hal itu merupakan bagian dari pembinaan karakter. ’’Yakni karakter jujur, bertanggung jawab, dan berpikir ilmiah. Acara ini tidak ada ajang kekerasan baik fisik maupun mental,” terang dia.

Dilanjutkannya, KWI juga merupakan syarat tambahan untuk mendapat beasiswa dan menjadi mahasiswa terbaik di FMIPA. Pihak fakultas menunjuk badan eksekutif mahasiswa (BEM) sebagai panitia penyusunan teknis pelaksanaan acara ini bersama beberapa mahasiswa FMIPA yang lain.

’’Untuk KWI 2013 mengusung tema Bersama KWI, Ikhlas Mengabdi Membangun Desa,” paparnya.

Acara yang merupakan salah satu bentuk pengabdian maha-siswa kepada masyarakat itu akan dilaksanakan di dalam dan luar ruangan. Kegiatan di dalam ruangan dilaksanakan pada Sabtu-Minggu (19-20/1) di aula Arafah Islamic Center Bandarlampung. Kegiatan selanjutnya selama lima hari di Desa Sukoharjo IV, Pring-

sewu, pada 30 Januari–3 Februari.’’Persiapan KWI menuju indoor

dan outdoor sampai saat ini sudah 95 persen. Walaupun kami sebagai panitia sempat terkendala masalah dana, peserta, dan kesadaran pri badi dari panitia pelaksana sendiri,” imbuh M. Prasetio Erse, ketua pelaksana.

Mahasiswa kimia angkatan 2010 ini meneruskan, KWI dilak-sanakan semata-mata sebagai ajang pembelajaran bagi maha-siswa baru FMIPA agar tanggap dan mengerti terhadap kehidupan masyarakat sekitar. Kemudian melatih emosional dan keteram-pilan bersosialisasi terhadap masyarakat.

’’Selain itu, untuk mengubah pandangan masyarakat terhadap mahasiswa yang menurut mereka hanya bisa demonstrasi,” tuturnya.

Tak hanya melibatkan maha-siswa, imbuh dia, KWI juga meli-batkan beberapa dosen FMIPA di berbagai jurusan untuk ber-partisipasi. Mereka bertugas memberikan materi terkait aplikasi tepat guna (ATG), aplikasi sains, micro teaching, dan penyuluhan.

’’Serangkaian acara pun siap dilaksanakan. Seperti bakti sosial, diskusi aspiratif, gotong royong, dan sunatan massal. Kegiatan-kegiatan tersebut akan dilakukan oleh peserta KWI yang sudah terbagi dalam 18 kelompok yang terdiri dari berbagai jurusan,” pungkasnya. (rud/p7/c1/wdi)

GERBANG UNILARubrik kerja sama Radar Lampung dengan Universitas Lampung (Unila) ini khusus menyampaikan informasi-informasi penting di lingkungan Unila. Kirimkan saran dan kritik melalui SMS ke 081272349777 Email [email protected]

Prof. Dr. Ir. Sugeng P. Harianto, M.S.

KWI Bina KarakterMahasiswa FMIPA

BANDARLAMPUNG – Ke inginan pemerintah menerap kan kurikulum baru mulai tahun ajaran 2013/2014 pada Juli mendatang terus mendapat penolakan dari berbagai pihak.

’’Pemerintah mestinya melaku-kan evaluasi, jangan memaksakan kehendak. Karena masalah sebenarnya di dunia pendidikan kita ini bukan kurikulum, tetapi sumber daya manusia (SDM)

pendidiknya,” tandas Ketua Persa-tuan Guru Nusantara (Perguntara) Lampung Ahmad Nurkholis, M.Pd. saat dihubungi kemarin.

Terlebih, imbuh dia, substansi dalam kurikulum baru tersebut malah membuat guru kurang kreatif. ’’Sebab, semua bahan ajarnya di-drop pusat dan guru tinggal men jalan kan. Ini kan mengungkung kebebasan guru berekspresi,” ucapnya. Belum lagi

pengintegrasian IPA dan IPS serta penghilangan mata pelajaran teknologi informasi dan komu nikasi (TIK).

Karenanya, dia mendukung sikap DPR yang menahan reko-men dasi kurikulum baru untuk Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Sebab kalau tidak, imbuh Nur-kholish, nantinya kebijakan yang diambil tidak akan mendapatkan

hasil yang maksimal. Senada, Dr. Agus Pahrudin, M.

Pd., pengamat pendidikan Lampung, menegaskan, peme rintah jangan tergesa-gesa menerapkan kurikulum tersebut. Apalagi kalau tidak ada analisis kebutuhan dan riset. ’’Ke arah mana pendidikan kita mau dibawa, jawabannya lihat kuriku-lumnya. Karena kurikulum meru-pakan core dalam pendidikan. Nah

kalau kurikulumnya mem bingungkan, produknya juga akan mem-bingungkan,” tegasnya.

Idealnya, lanjut dia, butuh wak-tu dua tahun agar semua be nar-benar siap menerapkan kebi jakan tersebut dalam proses pem-belajarannya. ’’Kalau tidak, guru-guru juga masih akan mene rapkan gaya mengajar mereka yang lama,” tukasnya. (rud/p7/c1/wdi)

Penolakan Kurikulum Meluas

BANDARLAMPUNG – Program Studi Arsitektur Universitas Bandar Lampung (UBL) menyeleng garakan Presentation Day pada Jumat (18/1) lalu. Acara yang digelar setiap akhir perkuliahan se mester ganjil ini merupakan wadah bagi para mahasiswa arsitektur untuk mem-persen tasikan hasil desain pada mata kuliah studio perancangan arsitektur.

Fritz Akhmad Nuzir, S.T., M.A. (LA) selaku kepala program studi mengatakan bahwa tidak semua mahasiswa yang mengambil mata kuliah studio perancangan (stuper) arsitektur dapat menjadi pemateri. Namun, mahasiswa yang menjadi pemateri adalah mahasiswa yang menciptakan desain terbaik pada mata kuliah tersebut.

’’Dari presentasi ini, kami berharap mahasiswa mampu mengapresiasikan hasil karyanya,” ungkap Fritz saat diwawancarai pada akhir acara tersebut.

Selain itu, lanjut dia, mahasiswa harus paham bahwa dalam mengerjakan tugas desain ini jangan karena mengharapkan nilai mata kuliah. ’’Namun sebagai bukti kreativitas seorang calon arsitek yang mampu menciptakan hasil karya dengan tujuan yang jelas mengenai untuk apa desain itu dibuat,” tutur Fritz.

Mahasiswa yang menjadi pemateri adalah Redi Imam Satrio dari angkatan 2011; Andizon Oktadinata (angkatan 2012); serta Tri Hidayat, Muhammad Syahroni, dan Abdul Khairi Saputra dari angkatan 2010.

Acara tersebut dihadiri orang tua dari mahasiswa yang menjadi pemateri, dosen fakultas teknik, dan rekan-rekan mahasiswa arsitek sebagai pendengar. Selain itu juga diikuti Dekan Fakultas Teknik Dr. Heri Riyanto dan seorang praktisi arsitek Daud Haniman, S.T., I.A.I. sebagai komentator sekaligus menilai presentasi mahasiswa.

Dari hasil penilaian para ko-men tator, maka diputuskan bahwa Andizon Oktadinata sebagai pema teri terbaik dan mendapat plakat sebagai bentuk penghargaan dari hasil desain yang telah dibuatnya.

Pada acara itu juga dipaparkan agenda arsitek lainnya. Seperti Starsitek, yaitu siaran on air setiap pekan di radio Star FM. Kemudian Teleconference Day, Architecture Design Center Expo yang digelar setiap tahun, serta International Conference on Engineering and Technology Development yang direncanakan diadakan juga setiap tahun. (rud/p7/c1/wdi)

Sejarah berdirinya Provinsi Lampung yang dimulai dari zaman kerajaan ribuan tahun silam terus menarik untuk disi-mak. Saat ini, sejumlah aktivis sedang giat menggali data sejarah Lampung yang terserak dengan menerjemahkan sebuah buku langka untuk menguak sejarah. Bagaimana kisahnya?

BANDARLAMPUNG –Bebe-rapa aktivis yang tengah meneliti sejarah kerajaan tertua yang menjadi cikal bakal Lampung itu antara lain Ariyanto Yusuf dan Slamet Budiono. Keduanya sudah dua tahun ini meneliti berbagai literatur sejarah Lampung.

’’Meski bukan budayawan, kami terpanggil untuk menguak sejarah

Lampung sebenarnya seperti apa,” kata Ariyanto kemarin.

Aktivis Pusat Studi Kebijakan Publik (PUSSbik) ini menerangkan, ekspedisi mencari data-data dan literatur sejarah sudah dilaku kannya pada 20 Oktober 2011 ke Belanda, yang notabene adalah penjajah Republik Indonesia. Bersama Slamet yang juga aktivis prodemokrasi, keduanya mene mukan hal-hal yang mengejutkan. Antara lain, banyak data seperti berkas, foto-foto, bahkan peng galan buku yang sudah hampir punah masih tersimpan rapi di museum dan perpustakaan di Negeri Kincir Angin tersebut.

’’Kami ke dua tempat, yaitu Tropen Museum di Linnaeusstraat 2 Amsterdam dan KITLV (Ko ninklijk

Instituut voor Taal-, Land- en Volkenkunde), Leiden. Di Tropen lebih banyak foto-foto dan benda, sedangkan di KITLV ada lah Per-pustakaan Negeri Belanda. Di tem pat ini ada sam butan Gubernur Lampung Zainal Abidin Pagar Alam berupa laporan gubernur kepala daerah Propinsi Lampung saat kunjungan Presiden RI tanggal 15-17 Djuli 1968. Selain itu, imbuh Ari yanto, juga ditemukan buku yang hampir punah soal sejarah Lam pung yang difoto dan disimpan di microchip serta bisa dilihat dengan proyektor.

Dari sekian banyak literatur yang dikumpulkan, ada sebuah buku langka berbahasa Jawa halus berjudul Lampoeng, Tanah Lan Tijangipoen yang ditulis

oleh K.R.T.A.A. Probonegoro yang me ru pakan bupati Betawi (Jakarta). Buku ini dicetak oleh Bale Poestaka Batavia-C pada tahun 1940.

’’Sampai saat ini kami sedang berupaya menerjemahkan buku yang literaturnya berasal abad 18 serta sebelum Krakatau meletus tahun 1883. Kami targetkan secepat-nya, karena isinya sangat menarik dan menambah wawasan sejarah. Di antaranya menguak sejarah kerajaan tertua di Lam pung, di mana berbeda dengan literatur yang beredar selama ini. Pijakan dari buku ini kemudian kami cross check dengan fakta sejarah, termasuk lokasi dan kebendaannya di Lampung,” papar dia. (bersambung/p7/c1/gus)

BANDARLAMPUNG – Rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Satu Dasawarsa SMP Negeri 30 Bandarlampung berakhir pada Sabtu (19/1) lalu. Di mana pada saat itu, dua pertandingan olahraga yang digelar, yakni turnamen sepak bola dan futsal, memasuki babak final.

Hasilnya, kata Kepala SMPN 30 Bandar-lampung Drs. Irwan Qolbi, M.Pd., untuk cabang futsal, MIN Panjang berhasil menjadi juara I. Sedangkan juara II direbut SDN 1 Karangmaritim A, juara III SD Xaverius Pan jang, dan juara harapan SDN 1 Karang maritim B.

Sementara untuk cabang sepak bola, imbuh dia, dari 12 tim yang berpartisipasi, SMP Dharmapala Panjang berhasil keluar sebagai juara I. Kemudian juara II diraih SMPN 30 Bandarlampung, juara III SMP Nusantara, dan juara harapan SMPN 24 Bandarlampung.

’’Untuk para juara ini berhak mendapatkan

piala, uang pembinaan, dan piagam,” terang-nya didampingi koordinator pertandingan sepak bola Suhartio, S.Pd.

Sebelumnya, lanjut Irwan, pihaknya juga sukses menggelar jalan sehat pada Minggu (13/1) lalu. Acara yang dihadiri Wali Kota Bandarlampung Drs. Hi. Herman H.N., M.M., Sekkot Badri Tamam, General Manager Radar Lampung Hi. Purna Wirawan, dan para undangan lainnya itu diikuti 8 ribuan peserta.

Sedangkan dari sisi akademik, sambung-nya, SMPN 30 mengadakan lomba cepat tepat tingkat SD se-Bandarlampung yang diikuti 27 orang dari sembilan sekolah.

’’Untuk pemenangnya pun sudah diketahui. Yakni juara I diraih SD Xaverius Panjang, juara II SDN 1 Panjang Utara, dan juara III SDN 1 Karangmaritim,” ungkapnya.

Dari seluruh kegiatan yang diseleng-garakan untuk memeriahkan HUT ke-10

sekolahnya ini, Irwan mengaku bersyukur bisa berjalan baik dan sukses. ’’Semua itu tentunya berkat kerja keras seluruh panitia serta dukungan pemerintah kota, Dinas Pendidikan, kecamatan, kelurahan, para sponsor, dan masyarakat,” tuturnya.

Karena itu, imbuh Irwan, pihaknya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya karena tujuan untuk semakin memperkenalkan SMPN 30 sebagai sekolah standar nasional kepada masyarakat luas tercapai.

’’Setelah ini, kami akan mengadakan rapat evaluasi untuk menentukan langkah ke depannya juga. Tetapi kemungkinan besar, karena penyelenggaraan ini berjalan sukses, akan diteruskan pada tahun-tahun mendatang. Untuk itu, kami juga mengha-rapkan kerja sama yang telah terjalin baik dengan semua pihak ini bisa ditingkatkan,” pungkasnya. (rud/p7/c1/wdi)

Rangkaian HUT SMPN 30 Berlangsung Sukses

FOTO IST FOR RADAR LAMPUNG

FOTO BERSAMA: Kepala SMPN 30 Bandarlampung Drs. Irwan Qolbi, M.Pd. (paling kanan) bersama panitia berfoto dengan para juara turnamen sepak bola di Lapangan Baruna Ria, Panjang, Sabtu (19/1) lalu.

Arsitektur UBL Gelar KegiatanPresentation Day

MELIHAT JEJAK AKTIVIS MENELITI SEJARAH BERDIRINYA LAMPUNG (1)

Terjemahkan Buku ’’Lampoeng’’ Bersumber Abad 18

Page 19: RADAR LAMPUNG | Senin, 21 Januari 2013

SENIN, 21 JANUARI 2013 19BURSA KERJA

BANDARLAMPUNG – Res-toran Bebek Van Java yang kini telah berganti nama menjadi Bebek Peking adalah restoran yang menyediakan menu bebek. Cita rasanya yang tinggi menjadi andalan resto yang berlokasi di Jl. Dr. Susilo, Kecamatan Te luk betung Utara, Ban dar-lampung.

Sebagai resto dengan nama baru, tentunya memiliki konsep baru dalam manajemennya. Karena itu, Restoran Bebek Peking

membuka kesempatan bagi tenaga andal yang berpengalaman di bidang kuliner untuk bergabung. Posisi yang dibutuhkan adalah manajer dan koki.

Pengelola Restoran Bebek Peking Pohan menjelaskan, pihak-nya membutuhkan tenaga andal yang memiliki inisiatif dalam pengambilan keputusan di segala kondisi, terlebih dalam keadaan kritis. ”Untuk posisi manajer, kami butuh lulusan S-1,” ujarnya kepada Radar Lampung kemarin.

Sementara, lanjut dia, untuk posisi koki, pihaknya tidak memer-lukan yang memiliki latar belakang pendidikan diploma maupun sarjana. ”Yang penting benar-benar bisa masak,” kata dia.

Untuk kriteria lain seperti jenis kelamin, Pohan juga memberi kelonggaran. ”Tidak apa-apa mau pria ataupun wanita, asalkan rajin, disiplin, jujur, dan siap bekerja keras. Memang yang berpenga-laman di rumah makan atau res-toran lebih kami utamakan dan

lebih baik lagi jika memiliki kendaraan,” papar Pohan.

Dia menambahkan, bagi yang berminat bergabung dengan Restoran Bebek Peking, berkas lamaran lengkap bisa dikirimkan ke Restoran Bebek Peking di Jl. Dr. Susilo No. 101, Bandarlampung, telp. (0721) 266020.

”Kami punya ketentuan mengenai gaji dan dipersilakan untuk negosiasi bagi yang memiliki pengalaman,” ungkapnya.(cw3/p4/c2/whk)

BANDARLAMPUNG – YAFE adalah sekolah pelatihan kewira-usahaan yang mencetak mahasis-wanya untuk mandiri dan ber-wirausaha. Fokus program pen-didikan pelatihan kewirausahaan lembaga ini adalah pemuda.

YAFE juga sangat berkonsentrasi dalam membimbing mahasiswa binaannya yang disebut Yafes. Bah kan, lembaga pelatihan ini meng gunakan para pengusaha sukses untuk menjadi mentoring para Yafes.

Sebagai cabang dari YAFE pusat di Provinsi Daerah Istimewa Jog-jakarta, YAFE Lampung terus

mengembangkan diri untuk menjadi pusat pelatihan bagi para entrepreneur muda agar menjadi pengusaha sukses.

Karena itu, YAFE membuka kesempatan bagi tenaga muda yang mampu berkomunikasi de-ngan baik untuk mengisi posisi marketing inti di YAFE. ”Kami hanya mencari 3 orang,” kata Branch Manager YAFE Lampung Madlias kemarin.

Madlias menjelaskan, YAFE masih memberikan kesempatan bagi tenaga muda andal untuk bergabung dengan tim marketing inti. Kualifikasinya adalah pria dan

wanita, berusia maksimal 30 tahun, dengan pendidikan mini mal D-1.

Selain itu, bisa bekerja dalam tim dan berorientasi pada target. ”Terpenting bisa berkomunikasi dengan baik, karena dia yang akan meyakinkan konsumen nantinya,” ujarnya.

Dia melanjutkan, untuk kom-pensasi yang bisa didapat, selain gaji pokok, juga akan mendapatkan komisi hingga Rp10 juta per bulannya. Tidak hanya itu. YAFE juga akan memberikan bonus traveling ke dalam maupun luar negeri. ”Masih banyak benefit lainnya,” katanya.

Dia menambahkan, tim mar-

keting inti juga nantinya menda-patkan kesempatan memiliki pasif income, fasilitas seperti seragam, ID card, dan name card. Keuntu-ngan lainnya adalah memiliki relasi yang luas, di samping jenjang karir yang bagus.

Berminat bergabung? Silakan antarkan berkas lamaran lengkap beserta curriculum vitae dan foto terbaru 4 x 6 sebanyak 2 lembar ke YAFE Lampung di Jl. Teuku Umar No. 24E, Kedaton, Bandar lampung, telp. 0721-7180999 atau PIN 2727d556. ”Paling lambat berkas kami terima pada 26 Januari 2013,” ungkap Madlias.(cw3/p4/c2/whk)

YAFE CARI MARKETING INTI

FOTO AJI SAKTIYANTO

CARI MANAJER DAN KOKI: Restoran Bebek Peking adalah restoran yang menyediakan menu bebek. Restoran ini membuka kesempatan bagi tenaga andal yang berpengalaman di bidang kuliner untuk bergabung. Posisi yang dibutuhkan adalah manajer dan koki.

ADA tiga rahasia sederhana yang disampaikan oleh Ken Blanchard & Spencer Johnson dalam buku klasiknya yang hingga kini masih menjadi salah satu buku favorit The One Minute Manager.

Rahasia ini setelah dibaca dan dicermati se-be narnya adalah sederhana yang mudah ser ta tidak membutuhkan sumber daya dan alat bantu yang canggih. Tiga rahasia yang bila dite rapkan akan membuat kita dan lingkungan kerja kita menjadi efektif, bekerja dengan senang, serta membuat perusahaan profit dan sustainable.

Rahasia ini disampaikan dengan cara yang cukup menarik oleh pengarangnya, yakni dalam bentuk sebuah cerita. Buku ini sendiri sejak dice-tak kali pertama pada 1981 telah diterje mah kan ke dalam 27 bahasa dan terjual lebih dari 12 juta kopi.

Dikisahkan, ada seorang pemuda yang sudah sering kali bertemu dengan banyak manajer. Mulai dari manajer yang ada di institusi pemerintah, militer, korporasi, institusi pendidikan, dan lain-lain. Dia juga telah banyak mengetahui bagaimana para manajer memanajemeni tim yang dipimpin. Namun, ia belum menemukan rahasia bagaimana seorang manajer mengelola timnya dengan sangat baik yang memuaskan pencariannya.

Dia pernah bertemu dengan manajer yang ”keras”, di mana organisasi selalu mencapai tar-get yang mereka inginkan dengan cara-cara yang otoriter. Manajer tipe ini disebut autocratic, yang di benaknya hanya ada target, kerja, dan kerja. Namun, dengan cara seperti ini, lama kelamaan orang-orang terbaik akan pergi.

Dia juga pernah bertemu manajer yang ”baik”, di mana orang-orang senang bekerja dengannya, namun target yang diberikan tidak pernah ter capai. Mereka, para manajer demokratik itu lebih menyukai hubungan dengan orang lain dan anak buahnya. Mereka senang disenangi orang lain, tapi target dinomorduakan.

Pemuda itu akhirnya berpikir masing-masing dari tipe manajer di atas belumlah menjadi ma-na jer yang efektif. Dalam kelelahan mencari manajer yang efektif, akhirnya ia menemukan rumusan dalam kepalanya. Menurutnya, manajer efektif adalah mereka yang mengelola tugas dan timnya sehingga baik organisasi maupun pekerja sama-sama mendapatkan keuntungan.

Akhirnya, ia menemukan sosok manajer efektif yang dicarinya. Manajer itu menyebut diri nya sebagai One Minute Manager (OMM). Ternyata, OMM adalah rahasia di balik tim dan perusahaan yang sukses. Inilah rahasia OMM untuk mengelola tugas dan timnya dengan efektif.

Rahasia 1: One Minute Goals (Tujuan Satu Menit)

Inilah fondasi dari OMM. Setelah manajer se pakat dengan tim akan tujuannya, maka tujuan tadi ditulis dalam selembar kertas dengan tidak lebih dari 250 kata. Misalnya, dalam Tim A ada Abdoel dan Temon. Setelah mereka masing-masing sepakat dengan manajer, maka Abdoel harus menulis kesepakatan itu dalam selembar kertas hanya dengan 250 kata. Demikian pula dengan Temon. Ini akan memudahkan mereka berdua untuk fokus pada pekerjaan yang dilakukan. Ringkas, praktis, tidak bertele-tele.

Setelah tanggung jawab masing-masing diketahui, maka manajer selalu memastikan bahwa Abdoel dan Temon akan paham standar seperti apa yang diinginkan dari tujuan yang telah ditulis secara kualitas serta kuantitas. Jika ada yang tidak paham, kali pertama sang manajer akan membantu membimbing bagaimana caranya. Namun, setelah itu, kewajiban timlah untuk mencapai tujuan itu.

Rahasia 2: One Minute Praisings (Pujian Satu Menit)

Tujuannya adalah agar tim dapat mengeluarkan seluruh potensinya dengan cara ”memergoki” ketika mereka sedang melakukan sesuatu yang benar, kemudian memberikan pujian akan apa yang dilakukannya. Ini agak terbalik dengan yang berlaku umum, di mana manajer akan mencari kesalahan. Pujian, pada waktu yang tepat akan membuat orang bekerja lebih baik karena mereka tahu apa yang dilakukan benar dan dihargai sebagai kontribusi yang signifikan terhadap perusahaan.

Rahasia 3: One Minute Reprimands (Teguran Satu Menit)

Ini adalah rahasia terakhir untuk menjadi manajer andal. Jika seseorang telah mengerjakan suatu pekerjaan dengan baik selama beberapa waktu, kemudian suatu kali ia melakukan kesalahan, diperlukan respons yang cepat dari manajer untuk melakukan teguran satu menit. Umumnya, ini adalah kondisi yang kurang menyenangkan bagi kedua belah pihak. Namun, harus dilakukan oleh manajer.

Logika sederhananya, hanya kepada orang-orang yang kita pedulikan, kita menegur. Jika kita tidak peduli, buat apa ditegur. Karena itu, teguran ini bukanlah teguran biasa. Teguran yang dilakukan tidak fokus kepada orangnya, namun fokus kepada hasil kerja atau tindakan yang dilakukan. Sehingga dengan cara seperti ini, tim akan mengetahui bahwa sang manajer tidak suka kepada hasil pekerjaan, bukan orangnya. (net/p4/c2/whk)

Tiga Rahasia Menjadi Pemimpin Andal

����

sukses. Inilah rahasia OMM untuk mengelola tugas dan timnya dengan efektif.

bahwa sang manajer tidak suka kepada hasil pekerjaan, bukan orangnya. (net/p4/c2/whk)

Bebek Peking Butuh MANAJER KOKIdandan

Page 20: RADAR LAMPUNG | Senin, 21 Januari 2013

DREAM OBAMA Jenis Film : Drama Produser : Ron Mullers, Damien Dematra Produksi : Damien Dematra Production Sutradara : Damien Dematra

THE future belongs to those who believe in the power of their dreams.

Semangat juang pantang menyerah dan mimpi Barry, panggilan Barack Obama, presiden Amerika Serikat yang pernah menghabiskan sebagian masa kecilnya di Indonesia, menginspirasi Hendra (Pong Hardjatmo).

Ia menanamkan kekuatan mimpi itu pada cucunya, Margareth (Natasha Dematra), yang dimasukkannya ke SD Asisi, tempat sang presiden dulu bersekolah. Di mana di sana diletakkan patung Obama kecil, sebuah simbol apresiasi bagi orang-orang yang berani bermimpi tinggi.

Mimpi sering kali berjalan berlawanan dengan kenyataan. Seluruh kehidupan Margareth berantakan saat kecelakaan dan kegelapan datang menghantuinya. Bagaimanakah Maryam (Ayu Azhari) menghadapi perubahan ini? Sirnakah sinar mimpi itu, terutama ketika Margareth nyaris berhadapan dengan kematian.

Sebuah film inspiratif untuk seluruh keluarga yang dipersembahkan untuk semua anak yang berani bermimpi tinggi dan pantang menyerah. Yes, We Can! (net/p2/c1/dna)

SENIN, 21 JANUARI 201320 ENTERTAINMENTEnjoy Your Day!

FOTO NET

FOTO NET

FOTO NET

RESENSI FILM

WAILAYAH KEMILING NO HPSlamet 081369646121Hendry 085789730777Tri dayati 081369109486M. ngadino 081369109486Yatno 085382966404Rahman 081369306237Rismiyati 081387719894Ujang karnadi 081279669930Madhan 085269738365Yatini 085377958411Jumadi 08127261466Marjuki 081369422579Sartini 07217560913Kenedi 081369260211Daman purnama 081272017287Poniem 085664314445Tarmono 082371367788Sutoyo 085268895983

WILAYAH JL. ANTASARI & SEKITARNYA NO. HPJuni Mulyadi 085366793117Jono 0721 7411532Manisah 0812 743 66635Puji Astuti 0812 7141 8836Yahya 0853 13280801Suhaemi 0813 695 32566

WILAYAH WAY HALIM & SEKITARNYA NO.HPMursid 081379941670Slamet B 081369444210Darman 081278901769Barokah 081369956562Supratno 0815 41401433

WILAYAH BASUKI RAHMAT T. BETUNG NO.HPBudi Lestari 081279260993

WILAYAH JLN. PRAMUKA NO.HPSanto 082377186590Muksin 08526912125Indra Gunawan 085357650085Musadi 081279288718Setiawan 0812 3444852

KELURAHAN GEDUNG MENENG NO.HPSarimun 081274581444Wagiman 085279958108yatimen 081369542059Ruslan 081369319734Saifudin 081369955156Parman 081272015078Rudi 082371840552Ngadiem 081369058748Marmini 085269109019Arjoni Mega 081271333742

Lima Fakta Raline1. Sangat menyayangi dua saudara laki-lakinya.2. Passionate terhadap anak-anak.3. Lebih memilih celana daripada rok.4. Bukan perempuan penakut.5. Healthy freak, sangat peduli pada kesehatan.

PILIHAN Raline Shah untuk membin-tangi film 5cm sangat tepat. Layar lebar pertamanya itu laris ditonton. Kini Raline menerima konsekuensinya, menjadi perbincangan banyak orang.

Saat ditemui di kediamannya di sebuah apartemen di kawasan Senayan, Jakarta, Raline terlihat tergesa. Efek film 5cm diakuinya benar-benar dahsyat. Perempuan kelahiran 4 Maret 1985 itu menyatakan tidak memiliki banyak waktu luang karena jadwalnya kini sangat padat.

’’Banyak yang nonton filmnya dan orang-orang bertanya, eh siapa cewek ini?” ujarnya.

Apalagi di antara pemain 5cm lainnya, Raline terbilang pendatang baru. Bintang lainnya adalah Fedi Nuril, Pevita Pearce, Herjunot Ali, Saykoji, dan Denny Sumargo. Jadi, Raline menganggap wajar kalau makin banyak orang yang ingin lebih mengenal dirinya.

Berkat film yang disutradarai Rizal Mantovani tersebut, dia kini juga bisa mendapat sejumlah tawaran baru. Seusai wawancara pada Rabu lalu (16/1) itu, dia harus menjadi master of ceremony alias MC sebuah acara.

Jadwal makin sibuk, apakah Raline menyesal karena efek 5cm sedemikian besar? Dia mengatakan tidak. Lulusan National University of Singapore jurusan Political Science dan New Media & Com-munications itu mengaku sudah siap dengan segala risiko ketika menerima tawaran film tersebut.

Termasuk, seandainya film itu gagal dan dirinya hanya menjadi sosok kecil dalam 5cm. ”Tapi, untungnya, banyak yang suka. Saya happy karena orang juga appreciate gunungnya dan enam karakter dalam film itu,” tegasnya.

Awalnya, Raline tidak menyangka 5cm bisa booming. Yang dia pikirkan ketika mau memerankan sosok Riani adalah keuntungan bisa pergi ke lokasi syuting di Gunung Semeru dengan gratis. Raline memang suka naik gunung. Tapi, sudah sangat lama dia tidak melakukannya lagi.

”Kali terakhir saya naik Gunung Kinabalu saat SMA,” ungkapnya.

Raline berpikir, ini adalah saat yang paling tepat bagi dirinya untuk memulai

debut dalam film. ”Karya pertama harus bisa saya banggakan. Dan ini sudah yang paling bener. Filmnya netral. Nggak ada hantu, nggak ada ciuman, nggak menceri-takan agama tertentu,” lanjutnya.

Meski pamornya sekarang meningkat, Raline mengaku belum memiliki rencana apapun ke depan. Dia hanya ingin membe-rikan yang terbaik pada setiap kesempatan.

Kalaupun karirnya di dunia hiburan sudah meredup, dia memastikan bisa langsung move on mencari pekerjaan lain. Bagi dia, berguna untuk diri sendiri bakal berefek positif bagi orang sekitar.

”Saya short time planner. Sebenarnya kalau ditanya cita-cita saya sesungguhnya jadi apa, nggak tahu deh,” ujar sulung tiga bersaudara tersebut.

Waktu kecil, dia ingin main teater. Karena itu, dia mewujudkannya. Bahkan sampai mewakili sekolah. Lalu, dia juga ingin jadi model dan sudah diwujudkan. ”Ya jadi model lumayan sukses lah ya,” imbuhnya.

Sayang, segala kesuksesan Raline di dunia entertainment belum bisa mengge-rakkan orang tuanya untuk memberikan support penuh. Sebab, Raline masih diharapkan mengikuti jejak orang tuanya yang berlatar belakang pengusaha dan politikus. Apalagi, di keluarganya, hanya Raline yang menjalani profesi sebagai artis.

Raline adalah putri pasangan Dr H Rahmat Shah dan Roselina Rahmat Shah. Selain anggota DPD RI dari Medan, Rahmat Shah dikenal sebagai pengusaha sukses. Dia juga memiliki Rahmat International Wildlife Museum & Gallery di Medan.

Raline yakin bakal lebih didukung orang tua jika mengikuti bisnis keluarga. ”Orang tua memang tidak menentang keras, hanya tidak merekomendasikan saya kerja di dunia hiburan. Posisi saya lumayan berat. Orang lain yang di-supportkeluarga saja susah masuk ke dunia hiburan,” katanya. (jpnn/p2/c1/dna)

Raline Shah, si Cantik di 5cmRaline Shah, si Cantik di 5cm

Senang Tidak Senang Tidak Salah Pilih DebutSalah Pilih Debut

FOTO NET

JUMLAH penonton American Idol turun saat seri awal ajang menyanyi tersebut kembali dimulai pekan lalu. Tercatat hanya 17,9 juta orang yang menonton Ame rican Idol musim ke-12 dimulai Rabu (16/1). Angka ini turun 21,9 juta dari tahun sebelumnya.

Rating American Idol tetap turun meski ada penambahan juri baru, Nicki Minaj, Mariah Carey, dan penyanyi country Keith Urban, menemani juri lama Randy Jackson. Meski turun, American

Idol tetap menjadi program yang paling banyak ditonton setiap hari Rabu di Amerika Serikat.

Menurut laman BBC, diban-ding kan musim pertama atau sebelumnya, rating Rabu lalu merupakan yang terendah dalam sejarah kontes menyanyi Ame-rika.

Jaringan Fox yang menayangkan acara ini mengaku telah memper-kirakan adanya penurunan sekitar 19 persen dibandingkan musim lalu dalam demografi usia 18 hingga 49 tahun.

Di sisi lain, menurunnya pe-non ton juga diperburuk perse-teruan juri American Idol, Nicki Minaj dan Mariah Carey. Padahal saat pertama kali menunjuk Minaj dan Carey, produser American Idol meng ha rapkan bisa menarik penonton yang lebih muda.

Tetapi, sejumlah laporan me-nyebut perseteruan antara dua bintang wanita ini, baik di dalam maupun luar layar. Video pertengkaran Carey dan Minaj ini tersebar di situs YouTube. (jpnn/p2/c1/dna)

Minat Penonton Turun

p g p g y g jhiburan,” katan

PESULAP Limbad ikut prihatin dengan korban banjir Jakarta. Magician yang terkenal dengan aksi-aksi beraninya ini sebenarnya ingin show di lokasi banjir. Tetapi, Limbad terpaksa mengurungkan niatnya.

’’Sebenarnya tadi mau kasih show kecil buat menghibur korban banjir. Tetapi karena desak-de-sakan gitu, tidak memungkinkan untuk melakukan pertunjukan,” kata Limbad saat mengunjungi korban banjir di Kampung Melayu, Jakarta Timur, Sabtu (19/1) malam.

Limbad mengaku sengaja datang pada malam hari karena selama ini memang hanya me-ninjau lokasi banjir di siang hari. ’’Ternyata nggak ada pene rangan sama sekali, cuma ada lilin. Sangat mem prihatinkan. Saya sedih sekali,” ungkapnya.

Ia mengaku sudah meninjau tiga titik lokasi banjir yang paling parah, yakni di Jatinegara, Kam-pung Pulo, dan Kampung Melayu. Ia juga berencana ke Tangerang untuk mengunjungi korban banjir.

Dalam kunjungan itu, Limbad membawa bantuan makanan,

Batal Show di Tengah KORBAN BANJIR

pakaian anak-anak dan dewasa. Sementara untuk di Tangerang, bantuannya mungkin berbentuk uang tunai.

”Saya akan menyumbang beberapa juta buat korban banjir di sana. Saya membayangkan ada keluarga saya kena korban banjir, pasti saya sedih sekali,” ujar Limbad. (jpnn/p2/c1/dna)

Limbad

TAK hanya menyiapkan film dokumenter, Beyonce Knowles juga tengah menyiapkan clothing line. Ibunda Blue Ivy itu bakal menggarap pasar yang berbeda dari selebriti lain yang terjun ke dunia fashion, yakni swimwear.

Sebenarnya, kabar keterlibatan personel Destiny’s Child itu dalam pem buatan pakaian renang yang fashionable sudah lama tercium. Namun beberapa waktu lalu, dia se akan menguatkan gosip tersebut de ngan mengunggah foto pemo-tretan yang berlangsung di Kepu lauan Bahama melalui akunnya di Twitter.

Namun, sikap Beyonce yang penuh misteri untuk memancing

rasa penasaran publik sedikit ternoda oleh aksi salah seorang penarinya, Kimberly Gipson, yang mengikuti sesi pemotretan terse-but. Sebab, dia mengunggah status yang menyebut H&M sebagai jaringan yang bakal memasarkan produk rancangan Beyonce.

’’Hari pertama dalam percoba-an di Bahamas. H&M set-go,” begitu tulis Kimberly dalam akun Twitter-nya. Meski buru-buru dihapus, tweet tersebut sudah menyebar dan menimbulkan kehebohan di antara penggemar Beyonce. Hingga kini, belum ada komentar resmi dari istri Jay Z tersebut maupun H&M. (jpnn/p2/c1/dna)

Bakal Rilis Swimwear

FOTO NET

Beyo

nce K

nowl

es

NAMA Tommy Soeharto tidak-lah asing untuk Nadine Chan-drawinata. Minimal sang Pangeran Cendana itu pernah disebut-sebut punya hubungan spesial dengan Nadine sekitar 2009.

Tahun berlalu, Nadine kembali bertemu dengan Tommy. Tepat-nya, baru-baru ini keduanya ber-te mu di Solo saat acara pele takan batu pertama pembangunan Syariah Hotel Solo milik Tommy.

Namun, jangan berprasangka dulu. Nyatanya Nadine ke Kota Begawan menemani sang pacar, Moreno Soeprapto. Keduanya ter-li hat lengket. ’’Saya hanya menemani Moreno,” kata Nadine pendek.

Beralih pembicaraan, host, artis dan Putri Indonesia 2005 ini mengaku sedang jatuh cinta ke pada batik. Itu mengapa ia datang ke Solo. Nadine mengaku telah belajar membatik di Kam-pung Batik Laweyan, Kecamatan Laweyan.

Di sentra kerajinan batik terbesar di Solo itu, ia menimba penge tahuan mengenai motif batik, baik yang dicetak, dicap, maupun yang ditulis.

’’Kemarin saya ke Solo belajar batik. Rencananya mau bikin motif batik sendiri buat dipasarkan,” ucap Nadine.

Ditegaskan penyuka travelling ini, ia masih belum mahir mem-batik sehingga perlu lebih banyak belajar. Sedangkan motif batik yang ingin dibuatnya adalah motif

tentang alam, baik tumbuhan, bunga, hewan, atau pemandangan alam. Ia menyukai motif-motif tersebut sesuai dengan kesukaan-nya akan kegiatan di alam, ter-utama menyelam.

’’Saya pikir motif-motif batik tentang alam masih sangat minim, jadi pasti menarik. Kebanyakan motif batik biasanya dibuat dengan warna coklat tua atau coklat muda kan sudah biasa. Nah saya akan membuat suatu pola di luar itu yaitu warna biru laut,” tutup Nadine. (jpnn/p2/c1/dna)

Nadine Chandrawinata

Bertemu Tommy Soeharto

FOTO NET

Page 21: RADAR LAMPUNG | Senin, 21 Januari 2013

SENIN, 21 JANUARI 2013SENIN, 21 JANUARI 2013 21

PERSAHABATAN memanglah suatu hal yang sangat indah. Karena dengan persahabatan, segala yang tidak mungkin menjadi mungkin. Dengan sebuah persahabatan, dunia ini akan jauh terasa lebih berwarna. Saat sedih, bahagia, suka, maupun duka, kita dapat berbagi. Saling memberi dan mengasihi, itulah sebuah persahabatan sejati. Seperti yang tergambar pada buku Sobat, Jangan Lupakan Aku! Karangan Camille Noe Pagan. Buku dengan 370 halaman ini mampu membius masyarakat khususnya remaja guys! Seperti ke empat remaja ini, Anggita Kelana, Raudho Lidia, Prarizka Fadilah, dan Fauzan Latif Muhammad. Alasan mereka menyukai buku ini karena kisahnya yang menakjubkan.

’’That’s right! Buku ini menceritakan kisah persahabatan antara dua orang tokoh yang memilki nama Marissa dan Julia. Marissa dan Julia telah bersahabat karib sejak kecil. Marissa seorang gadis yang cerdas dan pendiam dengan sifat

yang menenangkan. Dia selalu bertarung dengan berat badannya, juga kurang percaya diri. Tapi semenjak dia membangun pertemanan dengan Julia, dia merasa lebih berarti. Julia, di sisi lain adalah wanita nan cantik, karismatik, dan posesif. Keduanya berlawanan karakter tetapi nggak terpisahkan sebagai sahabat,’’ papar Anggita Kelana, Siswa SMA Perintis 2 Bandarlampung.

Muli cantik bernama Raudho Lidia pun iku menceritakan bagian favoritnya nie X-readers! ’’Buku ini emang pandai mengambil simpati seseorang. Gue sih paling seneng baca di bagian, saat mereka tinggal di sebuah kota yang sejak kecil mereka impikan. Marissa bekerja sebagai editor senior di sebuah majalah ternama. Sementara Julia bekerja sebagai humas sebuah perusahaan tari terkemuka,’’ beber cewek yang hobinya masak ini.

Prarizka pun nggak mau ketinggalan berkomentar X-readers! Katanya dia terharu di beberapa bagian bab, yang

menggambarkan latar sedih. ’’Iya, emang Camille Noe Pagan top banget deh menciptakan buku ini. Penulisannya itu loh kena banget ke hati, sampai-sampai gue baca di beberapa bab bagian jadi terharu karena bahasa yang dibuat dalem banget! Contohnya, di bagian yang ketika Julia mengalami kecelakaan. Dia bertahan hidup dengan cedera yang nggak serius, tapi kerusakan pada otaknya merenggut ingatannya dan megubah kepribadiannya. Kala Julia berjuang mengembalikan ingatannya, Marissa justru alpa dalam jiwa dan hari-hari Julia. Seolah melupakannya!’’ ujar cewek berjilbab ini.

Kalau menurut cowok yang memiliki nama Fauzan Latif, siswa MAN 1 Bandarlampung bilang, buku Sobat Jangan Lupakan Aku, adalah salah satu buku paling dahsyat yang layak menjadi bacaan nomor satu setiap orang guys! Loh kenapa? ’’Yups, karena di sini dijelaskan bagaimana arti penting berbagi

bersama sahabat, saling menolong dan pengertian, saling mengingatkan disaat dia lupa serta pentingnya memaafkan. Ditambah dengan bahasa yang halus dan bijaksana. Alurnya yang nggak membingungkan, menurut gue buku ini layak menjadi bacaan nomor satu setiap orang, yang sayang untuk dilewatkan. Karena setiap bab dari buku ini kisahnya amazing banget!’’ ungkap cowok yang hobinya main bola.

’’Kisahnya bukan cuma amazing, tapi juga inspirational. So, wajib nie dimiliki orang yang ngaku punya sahabat. Pokoknya ibarat Syahrini, buku ini cetar membahana deh!’’ tutup Lidia. (snd/p3/c3/irf)

Persahabatan dengan Persahabatan dengan Karakter yang BerbedaKarakter yang Berbeda

STALIN Muda, merupakan buku berisi riset mendalam sebuah biografi tokoh yang memiliki nama Stalin. Subjek menarik, narasi yang ditulis dengan indah yang menjadi daya tahan buku ini sebagai sebuah potret dari salah satu sosok berpengaruh dalam sejarah modern.

Stalin lahir dalam kemiskinan, terluka oleh asuhan tapi luar biasa dalam studi, sosok karismatik namun berbahaya ini semula dikagumi sebagai penyair romantis. Ia pun awalnya dididik menjadi pendeta. Namun kemudian, ia menemukan takdirnya sebagai revolusioner. Dalam warna-warni hidupnya, ia pernah mendalangi perampokan bank, pembajakan, pembakaran, dan pembunuhan. Sepak terjangnya pun terungkap sebagai pencinta ulung yang meninggalkan rentetan gundik dan anak-anak haram.

Buku ini menggambarkan bagaimana dunia kriminal menjadi habitat alami Stalin serta bagaimana premanisme politik dan dikombinasikan dengan ideologi kejam, memungkinkan Stalin mendominasi Kremlin. Inilah kisah dramatis ihwal garis hidup bocah gelandangan yang ketika dewasa menjadi sosok sangat berpengaruh di dunia, kisah anak tukang sepatu Georgia yang jadi pemimpin besar Red Tsar. Melalui riset panjang terhadap arsip yang baru dibuka di Rusia dan Georgia, Stalin Muda adalah sebuah kronik revolusi sekaligus biografi mendalam tentang sang aktor pada masa mudanya.

Apa yang membuat Stalin begitu hebat? Apa yang membentuk Stalin menjadi psikopat kejam, politikus ulung, pencipta Uni Soviet (USSR) yang mengungguli Churchill dan Roosevelt, yang mampu mengorganisasi Stalingrad serta menaklukkan Berlin dan mengalahkan Hitler? Jika ia konon absen dalam Revolusi 1917, lalu bagaimana ia bisa tampil begitu kuat dalam politik? Temukan semua jawabannya dalam buku bestseller terbaru ini guys! (snd/irf)

Buku : Stalin Muda

Penulis : Simon Sebag

Montefiore

Penerbit : Pustaka Alvabet

Cetakan I : September 2012

Tebal : 664 Halaman

Dari Anak Tukang Sepatu Menjadi

Pemimpin Besar DuniaSERU BERCERITASERU BERCERITA

Empat pelajar Empat pelajar SMA ini sedang SMA ini sedang membicarakan membicarakan Sobat, Jangan Sobat, Jangan Lupakan Aku!Lupakan Aku!

Buku : Sobat, Jangan Lupakan Aku!Penulis : Camille Noe PaganPenerbit : Pustaka AlvabetCetakan I : November 2012Ukuran : 13 x 20 cmTebal : 370 Halaman

FOTO

SA

ND

I RE

KA

DIDUKUNG OLEH

Kini telah hadir di Indonesia "Health Code Analyzer" (HCA) alat deteksifungsi organ teknologi Jerman, hanya membutuhkan waktu 2 menit dan biayaRp 100.000 sudah termasuk konsultasi dokter, alat ini bisa mendeteksi 15organ vital & 200 elemen kesehatan tubuh mulai dari :

l Jantung, Otak & pembuluh darahnyal Pencernaan, Liver, Empedu, Ginjall Pankreas+gula darah (DIABETES)l Paru-parul Tumor/Kanker (payudara, serviks dll)l Prostat, hormon, racun logam berat,l Sistim kekebalan tubuhl Kekurangan vitamin&mineral, dll.Akan diadakan hari senin sd sabtu di DRC (Dr Rodhy Clinic) Jl Raden Intanno 99/15 depan Hotel Grand Anugrah 100 M sebelum bundaran gajah.

Untuk Informasi lebih lanjut & pendaftaran bisa menghubungi :(Nama) uci dr rodhy...... (HP) 081369983999, 07217470765,

081540888333, 081927893833,

A small investment can change your life !

Page 22: RADAR LAMPUNG | Senin, 21 Januari 2013

22 SENIN, 21 JANUARI 2013

SOCIETY

PEROLEHAN nomor urut 1 peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2014 disyukuri segenap pengurus, kader, dan simpatisan Partai Nasional Demokrat (NasDem). Salah satunya Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Lampung kemarin menggelar syukuran dan silaturahmi.

Acara yang dihelat di gedung DPW NasDem ini dihadiri pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai NasDem kabupaten/kota se-Provinsi Lampung.

Ketua DPW Partai NasDem Lampung Hi. A. Zamzani Yasin berharap nomor urut satu yang diperoleh Partai NasDem menjadi

pertanda dari Tuhan bahwa Partai NasDem akan menjadi yang nomor satu di Indonesia.

’’Nomor 1 ini benar-benar unik. Sekarang, Partai NasDem berusia 1 tahun. Ketika pembacaan nomor urut, Partai NasDem dipanggil nomor satu, dan saat mengambil nomor urut juga ternyata dapat nomor satu. Semoga ini tanda dari Allah SWT. Karena kini pun Partai NasDem merupakan satu-satunya partai baru yang lolos verifi kasi,” paparnya.

Mengenai persiapan Pemilu 2014, Zamzani mengaku Partai NasDem Lampung akan bekerja keras. Sekarang ini, imbuh dia, Partai NasDem telah membentuk

enam sayap partai. Masing-masing sayap ini diharuskan membentuk kepengurusan hingga tingkat anak ranting. ’’Jika satu kepengurusan di setiap kelurahan memiliki 25–26 orang, kader kita sudah bisa dihitung jumlahnya,’’ urai dia.

Sementara itu, untuk calon anggota legislatif dari Partai NasDem yang akan maju dalam Pileg 2014, pihaknya akan mengambilnya dari internal partai, tokoh-tokoh masyarakat, dan kader partai lain yang ingin bergabung dengan Partai NasDem.

’’Tetapi, untuk calon dari luar, kita akan sangat selektif. Seperti melihat latar belakang, track record personal, dan lain sebagainya. Karena itu, kami akan terus berkoordinasi dengan DPD-DPD untuk melihat layak atau tidaknya,’’ ungkap Zamzani seraya menyebutkan bahwa berkas yang masuk sekarang ini telah melebihi kuota yang ditentukan. (adv)

Peroleh Nomor Urut Satu, NasDem Lampung Syukuran

UNTUK meningkatkan kualitas guru, Kelompok Kerja Guru (KKG) SD Kecamatan Rajabasa melaksanakan workshop pengembangan kurikulum, Sabtu (19/1).

Acara yang dihelat di aula Global Surya School (GSS) Bandarlampung ini dibuka Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandarlampung Tatang Setiadi, M.Pd.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Disdik Rajabasa M. Sufi uddin, S.H. didampingi Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Rajabasa Rupiana, S.Pd. menyatakan bahwa agenda ini

diharapkan dapat meningkatkan kemampuan guru, terutama dalam penyusunan rencana pembelajaran guru (RPG), silabus, dan juga kisi-kisi pembelajaran.

’’Guru-guru di Kecamatan Rajabasa jarang kumpul bersama. Semoga dengan kegiatan ini dapat menjalin silaturahmi serta menjadi ajang untuk tukar pendapat, tukar pikiran, dan lainnya. Dengan begitu, ke depan kualitas guru kita terus meningkat,” ujar Sufi uddin.

Sekadar diketahui bahwa KKG di Kecamatan Rajabasa diketuai Siti Maryam, S.Pd. (adv)

KKG SD Kecamatan Rajabasa Gelar Workshop Pengembangan Kurikulum

Kabid Dikdas berfoto bersama KKG Kecamatan Rajabasa.

Kabid Dikdas Disdik Bandarlampung Tatang Setiadi, M.Pd. membuka secara resmi workshop pengembangan kurikulum.

Suasana syukuran dan silaturahmi Partai Nasdem sebagai peserta Pemilu 2014.

Ketua DPW NasDem Lampung Hi. A. Zamzani Yasin memotong tumpeng dalam acara syukuran dan silaturahmi Partai Nasdem sebagai peserta Pemilu 2014.

DALAM rangka silaturahmi dan menjalin komunikasi lebih baik lagi, pelaksana harian (Plh.) Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Pesawaran Drs. Hendarma melaksanakan kunjungan kerja (kunker) ke Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di Kabupaten Lampung Selatan.

Kunker yang dilaksanakan pada Jumat (18/1) tersebut diawali dengan berkunjung ke Mapolres Lamsel. Di sana, Hendarma yang didampingi Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Politik Drs. Hendra Rasyid serta Kabag Hukum Zainal Arifi n, S.H., M.H. dan Kabidhumas Drs. Dwiyono diterima langsung Wakapolres Lamsel Kompol Yonirizal Khova, S.H. dan jajarannya.

Dari mapolres, rombongan Pemkab Pesawaran melanjutkan

kunjungan ke Pengadilan Negeri (PN) Kalianda, Lamsel. Di PN, mereka diterima langsung Ketua PN Kalianda Agung Purbantoro beserta jajarannya. Selanjutnya, rombongan mengakhiri silaturahmi ke Kodim 0421 Lamsel. Di makodim, mereka diterima Pasi Ops Kapten Norizwan dan Pasi Minlog Kapten Suparno.

Usai pelaksanaan kunker, Hendarma mengatakan, awalnya rombongan juga akan bersilaturahmi dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Kalianda, Lamsel. Namun, pimpinan kejari tidak berada di tempat lantaran tengah di Jakarta.

’’Ke depan kami agendakan lagi untuk bersilaturahmi dengan jajaran Kejari Kalianda,” ujarnya.

Hendarma melanjutkan, tujuan dari kunker yang dilakukannya selain

untuk bersilaturahmi, juga buat menjalin komunikasi lebih baik lagi antara Pemkab Pesawaran dengan Forkopimda.

’’Dalam kunjungan tadi, kami juga mengevaluasi secara umum kerja sama yang sudah terjalin selama ini. Serta membahas tugas pokok dan fungsi khususnya dalam mengantisipasi konfl ik di masyarakat dan menjaga kamtibmas di Kabupaten Pesawaran,” terangnya.

Terlebih, lanjut dia, saat ini memasuki awal tahun 2013. Sehingga evaluasi dilakukan untuk menyusun langkah ke depan dan menjalin serta meningkatkan kerja sama agar lebih baik lagi.

’’Jadi tujuannya juga untuk meminimalisasi yang sifatnya mengganggu wilayah Pesawaran serta

mendata potensi konfl ik di 2013. Ini juga merupakan tugas saya selaku Plh. Sekkab untuk mengomunikasikannya. Saya juga mengusung pesan Pak Bupati dalam penjagaan kamtibmas di Pesawaran,” tuturnya.

Menurut dia, ke depan hubungan Pemkab Pesawaran dengan Forkopimda akan ditingkatkan lagi. Di antaranya dengan meningkatkan frekuensi acara yang dilakukan bersama seperti olahraga, seni, maupun kegiatan sosial bersama.

’’Sebagai informasi, Pak Bupati juga telah menyiapkan lahan untuk pembangunan mapolres, makodim, PN, dan Kejari Pesawaran. Tentunya, harapan Pak Bupati, pembangunan kantor-kantor Forkopimda di Kabupaten Pesawaran bisa lebih cepat terlaksana,” pungkasnya. (adv)

Plh. Sekkab Pesawaran Silaturahmi dengan Forkopimda

SALAM KOMANDO : Plh. Sekkab Pesawaran Drs. Hendarma melakukan salam komando dengan Wakapolres Lampung Selatan Kompol Yonirizal Khova, S.H.

SALAM KOMANDO : Plh. Sekkab Pesawaran Drs. Hendarma didampingi Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Politik Drs. Hendra Rasyid serta Kabag Hukum Zainal Arifi n melakukan salam komando dengan Pasi Ops Kodim 0421 Lampung Selatan Kapten Norizwan.

FOTO BERSAMA: Plh. Sekkab Pesawaran Drs. Hendarma didampingi Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Politik Drs. Hendra Rasyid serta Kabag Hukum Zainal Arifi n berfoto bersama Ketua PN Kalianda, Lampung Selatan, Agung Purbantoro dan jajarannya.

DIALOG: Plh. Sekkab Pesawaran Drs. Hendarma didampingi Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Politik Drs. Hendra Rasyid serta Kabag Hukum Zainal Arifi n berdialog dengan Ketua PN Kalianda, Lampung Selatan, Agung Purbantoro dan jajarannya.

DISKUSI: Plh. Sekkab Pesawaran Drs. Hendarma didampingi Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Politik Drs. Hendra Rasyid serta Kabag Hukum Zainal Arifi n saat berdiskusi dengan Pasi Ops Kodim 0421 Lamsel Kapten Norizwan dan Pasi Minlog Kapten Suparno di Makodim 0421 Lamsel.

BAHAS KAMTIBMAS: Plh. Sekkab Pesawaran Drs. Hendarma saat membahas kamtibmas di Kabupaten Pesawaran bersama Wakapolres Lamsel Kompol Yonirizal Khova, S.H. di Mapolres Lamsel.

Page 23: RADAR LAMPUNG | Senin, 21 Januari 2013

TEKA-TEKI SILANG1 2 3 4 5 6 7

8

9 10 11 12

13

14 15 16

17 18 19

20 21 22

23 24 25

26 27 28 29 30

31 32 33 34 35

36 37 38

39 40 41

42 43 44

45 46 47

48 49

50 51 52 53 54

55

56 57

SENIN, 21 JANUARI 2013 23

Ada itik nyemplung di kaliDi pinggir kali banyak pohon randuKamu memang cantik sekaliBikin aku tambah rindu

Malam Minggu bertabur bintangYang aku tunggu kok belum datang-datang

Buah palem campur kopiIni malam kok rasanya sepi

Si Asih beli ikan kakap ame pakuKe Tanah Abang beli jamuKasih dekaplah tubuhkuBawalah aku terbang bersamamu

Ambil gitar di ruang tamuDaun telinga terkena tintaHatiku bergetar ketika di dekatmuAku berbunga ketika kau katakan cinta

Ke Surabaya beli buah delimaKe Jakarta beli buah pirWalaupun kau bukan yang pertamaTapi, engkaulah cinta terakhir

Hari KamisMalamnya JumatHati menangisKetika teringat

Si Amin pergi ke JakartaAda kelabang di bawah bataIngin kembali ingat kisah kitaSaling pandang tak mampu ungkap kata

Jalan kaki ke Gunung BramaDi tengah jalan beli dukuMeski bukan cinta pertamaTapi, kaulah cinta terakhirku

Pantun CeriaAda itik nyemplung di kaliDi pinggir kali banyak pohon randuKamu memang cantik sekaliBikin aku tambah rindu

Malam Minggu bertabur bintangYang aku tunggu kok belum datang-datang

Buah palem campur kopiIni malam kok rasanya sepi

Si Asih beli ikan kakap ame pakuKe Tanah Abang beli jamuKasih dekaplah tubuhkuBawalah aku terbang bersamamu

Ambil gitar di ruang tamuDaun telinga terkena tintaHatiku bergetar ketika di dekatmuAku berbunga ketika kau katakan cinta

Ke Surabaya beli buah delimaKe Jakarta beli buah pirWalaupun kau bukan yang pertamaTapi, engkaulah cinta terakhir

Hari KamisMalamnya JumatHati menangisKetika teringat

Si Amin pergi ke JakartaAda kelabang di bawah bataIngin kembali ingat kisah kitaSaling pandang tak mampu ungkap kata

Jalan kaki ke Gunung BramaDi tengah jalan beli dukuMeski bukan cinta pertamaTapi, kaulah cinta terakhirku

Pantun Ceriariariariaeriaeriaa

sms gombalsms gombalsms gombalKamu pake apa sih, sayang? Tarikan senyumannya bikin aku lemas.

Internet bisa down, baterai bisa low. Tapi, cintaku nggak akan nge-down atau low buat kamu!

Kalo aku dapet semen gratis, aku akan bangun istana cinta kita di hatimu.

Putus koneksi internet, aku masih bisa kerja. Putus dari kamu, napas pun aku tak sanggup.

NGAKAK

Anggota DPR Dikerjai Sule Sule: halo, Bapak Anggota DPR ya?DPR: iya. Ini siapa? (Sambil menahan kantuk)Sule: nama gue Sule, Pak.DPR: ngapain loe nelepon subuh-subuh kayak gini?Gangguin orang tidur aja. Sule: Nah, lho ngapain juga diangkat?DPR: suka-suka gue dong. Masalah buat loe?Sule: ya suka-suka gue juga dong nelepon.DPR: Arrrrrrg... Ada apa?Sule: kantor DPR buka jam berapa?DPR: jam 8 pagi.Sule: bisa dibuka sekarang nggak?DPR : stres loe ya, sekarang itu jam 4. subuh. Ya nggak bisalah, aturannya buka kantor DPR jam8 pagi. (Tut tut tut telepon mati. Tarik selimut tidur lagi).30 menit kemudian... Sule: halo, Bapak Anggota DPR ya?

DPR: iya. Ini siapa?Sule: gue Sule, Pak. Kok lupa?DPR: mau apa lagi?Sule: cuma mau ngucapin selamat hari raya Idul Fitri, Pak. Mohon maaf lahir dan batin.DPR: oh... Makasih ya Le, sama-sama. Eh, tapi sekarang kan nggak hari raya Idul Fitri? Kalau nggak salah sekarang Hari Batik Nasional.Sule: Oh maaf, kalau gitu selamat Hari Batik Nasional. Mohon maaf lahir dan batik. DPR: Kampret loe!!! (Buka lemari, ambil baju batik langsung dimakan)15 menit kemudian... Sule: halo...DPR: apa lagi? Gangguin gue tidur aja lo!!!Sule: Kok tahu kalo yang nelepon saya, Pak?DPR: Siapa lagi yang iseng kalo bukan loe?!Sule: bisa nggak kantor DPR dibuka sekarang?DPR: Kan tadi udah gue bilangin nggak bisa, bawel banget sih lo!!! Lo nggak bisa apa nunggu sampai jam

8 pagi?!Sule: Nggak bisa, Pak!!! Masalahnya, gue laper. Emak gue juga nyuruh pulang.DPR: Maksud loe?!Sule: Gue lagi di dalem kantor DPR nggak bisa keluar, makanya gue suruh Bapak ngebukainnya sekarang juga supaya gue bisakeluar secepatnya!!!DPR: Mampus aja loe!!!1 jam kemudian... Sule: Halo Pak...DPR: Arrrrrrg... (Apalagi kampret?!!!)Sule: Gue udah keluar dari kantor DPR, Pak. (Horeeeee...) DPR: Syukurlah. Siapa yang bukain?Sule: Petugas.DPR: Petugas apa?Sule: Petugas pemadam kebakaran.DPR: Kok bisa?Sule: Kantor DPR gue bakar!!! (Huahahaha...).DPR: Arrrrrrrrg... (*)

MENDATAR

1. Rok celana yang longgar5. Kebatan yang membelit-belit8. Ukuran luas9. Berongga di dalam11. Melipat berbentuk bulat13. Nama pohon14. Benda lazim diminum16. Gurun pasir di Afrika17. Kain tebal yang dibentangkan untuk menadah angin agar perahu dapat laju18. Melihat atau mengalami ketika tidur20. Partikel yang bermuatan listrik21. Hal menjadi aus karena geseran air23. Jawab apabila yang dipanggil atau ditanya25. Buluh26. Bank Indonesia27. Rumput yang tinggi dan besar31. Cangkir; cawan35. Sarjana hukum36. Pohon cemara37. Pohon palem yang buahnya dijadikan semacam manisan39. Tiruan41. Hadir42. Membangkitkan keinginan dalam hati43. Bangunan kuno yang dibuat dari batu pada zaman dulu45. Pemijatan46. Sisa pembakaran lengkap48. Tempat duduk yang berlapis kasur50. Padang lumut di kutub bumi52. Dokter ahli penyakit dalam55. Garis56. Ruang kapal57. Air daging yang direbus

MENURUN

1. Penganan yang dibuat dari berbagai

bahan dan berbagai bentuk2. Zodiak berlambang singa3. Ajaran4. Menunggui; mengawasi5. Kedutaan6. Nenek moyang7. Sebutan bagi orang bangsawan Melayu9. Hidup berteman atau bersahabat10. Rasa keras tapi mudah dikunyah12. Ampunan yang diberikan oleh kepala negara kepada orang hukuman14. Pisau bergagang yang bentuknya melengkung untuk memotong rumput atau padi15. Titik-titik atau tetes-tetes kecil19. Benteng yang dikelilingi parit21. Melafalkan huruf-huruf satu demi satu22. Panggilan kepada kakek23. Hangat24. Alat pembayaran26. Apa yang dapat ditangkap oleh indra penciuman28. Sebuah akhiran29. Bajak30. Diulang; sebab, lantaran32. Tidak bernilai33. Tongkat penyodok bola biliar34. Sangat rendah; hina35. Bunyi37. Secarik kain persegi empat38. Berturut-turut39. Minta diri40. Perbuatan yang menurunkan martabat seseorang42. Keadaan yang menjadi tanda-tanda akan terjadinya sesuatu44. Penggal kecil47. Penyakit pada saluran pernapasan atau paru-paru49. Pada waktu ini51. Gas yang terjadi dari cairan apabila dipanaskan53. Gulungan54. Kabar angin

Page 24: RADAR LAMPUNG | Senin, 21 Januari 2013

24 SENIN, 21 JANUARI 2013

Masker JerawatDOK, masker apa yang cocok untuk meng-

atasi jerawat? (+628127220xxx)

Jawaban:JERAWAT bukan penyakit yang berbahaya.

Ta pi, sangat menyebalkan. Meski tidak ber-bahaya, jerawat tetap harus diobati. Kulit ber minyak merupakan salah satu penyebab timbulnya jerawat. Sebenarnya cara meng-hi langkan jerawat yang paling tepat adalah me ngonsultasikan pada dokter Anda.

Apabila di rumah ingin menggunakan masker dari bahan alami untuk meredakan jerawat, mungkin yang bisa dicoba di rumah ada lah minyak tea tree yang dipercaya dapat me ngobati jerawat karena mengandung bahan antibakteri. Bisa juga melakukan peeling menggunakan jeruk pada kulit wajah yang telah dibersihkan.

Pijat saja seluruh wajah dengan jeruk segar dan diamkan selama 20 menit, kemudian ber sihkan dengan air. Anda juga bisa men-jadikan perasan jeruk sebagai masker. Tem-pelkan pada wajah dan diamkan selama 10 menit, bilas dengan air. Kandungan vitamin C dan antioksidannya bisa membuat kulit tam pak segar serta mencegah timbulnya je rawat baru.

Selanjutnya, putih telur, fungsinya sekaligus me ngencangkan kulit dan mengurangi jerawat ka rena kandungan zinc-nya cukup tinggi. Gu nakan kuas untuk mengoleskan putih te lur pada wajah yang telah dibersihkan. Diam kan selama 20 menit atau hingga kering, lalu bilas dengan air.

Wortel yang kaya akan kandungan vitamin A tidak hanya baik untuk mata, tapi juga ku lit. Masker wortel bisa meredakan pe ra-dangan pada jerawat sekaligus meng hi-langkan nya. (dna/p6/c2/dna)

15-28 Januari 2013

dengan Metallic ColourGlamour Valentine

24

WARNA-WARNI makeup me-ng alami perubahan sesuai dengan

perubahan tren yang ada tiap ta hunnya. Makeup artist pro-

fessional Q.Q. Franky mem-p erkirakan, tren ma keup

2013 lebih ba nyak di-do minasi war na me-

ta lik se hing ga tam-pi lan men jadi gla-

mor dan ber ca ha-ya.

Penggunaan warna metalik se-baik nya juga di-

se suaikan tema dan warna busana

yang dikenakan. Un-tuk siang hari, Q.Q.

Fran ky menyarankan me milih biru muda, ungu

muda, atau baby pink.Untuk malam hari, bisa lebih

berani dengan memilih warna metalik seperti hijau, ungu, atau

hitam yang di ap li ka sikan pada kelopak mata sehingga warna terlihat lebih

me non jol.Terpisah, makeup artist dari Salon

Bel lezza Bandarlampung, Octarina, ada sedikit pergeseran tren makeup di

bagian-ba gian ter-ten tu. Seperti pada penonjolan alis, blush on, dan lipstik. Berbagai warna eye shadow masih ba-nyak dipilih karena membuat tampilan tampak trendi.

Octarina me ne-kankan makeup yang lem but namun tetap be rani dan segar. Ria san bernuansa pink akan sangat

tepat diaplikasikan untuk menyambut Hari Valentine 14 Februari mendatang. Mi sal nya, warna natural, seperti cokelat dan krem, untuk kesan lembut.

Sedang untuk tampilan yang lebih be-rani dan segar bisa memilih warna dingin, seperti pink, biru tua, serta ungu. Warna abadi sepanjang masa pun banyak dipilih. Seperti eye shadow warna gold, copper, dan silver,yang bisa memberi ke san glamor.

Untuk alis, bentuknya bergeser menjadi alis yang tebal atau bold brows yang berkesan tegas. Untuk menghindari kesan ke ras dan kaku, ditampilkan kesan natural ser ta ringan.

Misalnya, dengan tetap mem per ta-

hankan rambut alis dan menggunakan eyebrow shadow warna cokelat yang dipulaskan secara lembut dengan kuas.

”Bisa juga menggunakan warna hitam, namun tetap mempertahankan tampilan yang natural,” ujarnya.

Kalaupun ingin menggunakan pensil alis, sebaiknya hanya digariskan tipis-tipis mengikuti arah pertumbuhan rambut alis. Pemulasan blush on juga lebih berani dengan memulaskannya menggaris secara menyerong. Sehingga menonjolkan tulang pipi dan membuat wajah tampak lebih ti rus serta tegas.

Untuk lipstik, warna merah akan tetap berjaya. Warna yang akan lebih menonjol adalah merah cabai yang berkesan seksi, sensual, dan dewasa. Tapi, tentu lipstik itu cocok bagi yang ingin tampil berani. Bagi yang tidak terlalu suka bereksperimen dengan gaya berani, lipstik warna cokelat nude dan pink nude bisa jadi pilihan.

Sementara itu, Octarina mengungkap-kan, Salon Bellezza akan berbagi kasih. Mu lai 15 Januari hingga 15 Februari, salon ini mengadakan promo Valentine dengan memberikan diskon 15 persen untuk se mua perawatan, khusus Senin sampai Jumat. ’’Ayo yang ingin mempercantik diri, mampir ke Bellezza!” ungkapnya. (jpnn/p6/c2/dna)

FOTO IRFARIA PUTRA IRBA - MODEL RANI - MAKEUP SALON BELLEZZA

OCTARINA

Page 25: RADAR LAMPUNG | Senin, 21 Januari 2013

BANDARLAMPUNG – Penerapan trayek feeder terus dimatangkan oleh

Pemerintah Kota Ban-dar lampung. Meski de-mi kian, hingga kini belum ada kepastian ter kait kapan trayek fee-der itu mulai diterapkan. Namun setidaknya, 12 usulan trayek feeder sudah masuk ke meja kerja Wali Kota Bandar-lampung Herman H.N.

’’Usulan trayek feeder-nya sudah kita naikkan (selengkapnya lihat grafis, Red). Saat ini sedang diproses,” ujar Kepala Bagian Hukum Pemkot Bandar-lampung Wan Abdul Rahman saat dikonfirmasi Radar Lampung kemarin.

Namun, ia belum mengetahui trayek feeder mana saja yang bakal disetujui. ’’Semua juga kan harus kembali dikaji dan dilihat Pak Wali. Dan sekarang sedang diproses.

SENIN, 21 JANUARI 2013 25Bukan Sekadar Berita!

Melihat Razia Pasangan Mesum ala Kapolsek TkB Kompol Deden Heksaputra, S.I.K.

Baca USULKAN Hal. 26

Ruko Lama Tak TerawatKAMI warga Bandarlampung merasa puas

dengan kinerja Bapak Wali Kota, terutama untuk keindahan dan kebersihan kota. Namun sayang ruko-ruko tua, terutama yang berada di Pasar Tengah, sungguh memilukan. Ruko-ruko tersebut membuat pusat kota terlihat kumuh dan tidak tertata. Mohon bapak bisa menertibkannya demi keindahan dan kenyamanan kita bersama. Terima kasih. (085789940740)

Belum Ada Petugas SokliKAMI warga RT 04 Sukajadi, Sukadanaham,

Tanjungkarang Barat, belum memiliki petugas sokli sehingga sampah rumah tangga banyak dibuang di sembarang tempat. Mohon ditindak-lanjuti. Terima kasih. (08127211027)

BANDARLAMPUNG – Para kar-ya wan Bus Rapid Transit (BRT) Trans Bandarlampung kembali menelan pil kekecewaan. Pasalnya pihak ma-na jemen BRT yang sebelumnya me nyatakan akan membayar gaji kar yawan kemarin (20/1), ternyata ingkar.

Hingga kemarin, pihak manajemen belum juga membayar gaji karyawan. Pa dahal sesuai hasil kesepakatan

an tara pihak manajemen BRT dan karya wan yang difasilitasi langsung Wali Kota Herman H.N. pada Kamis (27/12/ 2012) silam, pembayaran gaji seharus nya dilakukan sebelum 20 Januari.

Buntutnya, karyawan BRT akan kem bali menggelar aksi unjuk rasa hari ini (21/1). Menurut Toni Nugraha, sa lah satu karyawan yang bertugas sebagai pramudi, pihaknya telah

melayangkan surat pemberitahuan kepada pihak terkait seperti Dinas Tenaga Kerja (Disnaker), Dinas Per-hu bungan (Dishub), Terminal Induk Rajabasa, dan Polresta Ban darlam-pung untuk menggelar aksi.

’’Sekitar pukul 08.00 WIB, para kar yawan akan berkumpul di Termi-nal Induk Rajabasa. Setelah semua berkumpul, sekitar pukul 09.00 kami akan langsung konvoi mengendarai

sepeda motor menuju Disnaker. Aksi ini kami lakukan karena kesabaran kami seolah disepelekan. Kami di-min ta bersabar hingga tanggal 20 Ja nuari dan sudah kami ikuti. Tetapi sampai sekarang, gaji, uang makan, serta uang transpor kami belum juga dibayarkan,” tandas dia kemarin.

Menurutnya, aksi damai ini ter-pak sa dilakukan karena sejak mana-jemen BRT tidak dapat memenuhi

hak mereka sebagai pekerja, banyak timbul permasalahan dalam keluarga. ’’Banyak yang bertengkar dengan istri. Ada juga yang diusir dari kontrakan, motor ditarik diler, sampai anak yang dikeluarkan dari sekolah karena tidak bisa membayar uang sekolah,” ujar pria yang sudah delapan bulan bekerja sebagai pramudi ini.

Karyawan BRT Mogok Lagi

JARUM jam baru menunjukkan pukul 21.10 WIB Sabtu (19/1) lalu ketika handphone wartawan koran ini bergetar. Ternyata ada sebuah pesan masuk. Isinya cukup ringkas: ’’Ke Mako sekarang. Kita mau razia”. Pengirimnya ternyata adalah Kapol sekta TkB Kompol Deden Heksaputra, S.I.K.

Tanpa buang waktu, Radar Lam-pung langsung meluncur ke mapol-sekta yang berada di bilangan Ge-dong air ini. Dalam perjalanan, ter lintas beberapa perkiraan tentang

agenda razia yang akan digelar Ma-polsekta TkB. Rasanya tidak mungkin jika hanya razia lalu lintas biasa. Maklumlah, sosok Kapolsek satu ini terkenal dengan hobinya blusukan.

Sesampai di Mapolsekta Tkb, wartawan koran ini mendapati beberapa anggota polsek sedang sibuk. Di antara mereka ada yang sudah mengenakan rompi yang biasa digunakan aparat kepolisian saat beroperasi di lapangan. Sementara yang lain sibuk menyiapkan peralatan operasi.

Ciduk 26 Pasangan Mesum, Rencanakan Aksi Lebih BesarNama Kompol Deden

Heksaputra, S.I.K. mulai moncer saat menjabat kepala Kepolisian Sektor Kompleks

Pelabuhan (KSKP) Bakauheni. Di tangannya, berbagai jenis

narkoba khususnya ganja berhasil diamankan. Sepak

terjangnya kembali diuji saat menjadi Kapolsekta

Tanjungkarang Barat (TkB). Radar Lampung pun

berkesempatan melihat secara langsung kiprahnya memimpin

pasukan di lapangan.

Laporan Anton Adiwijaya,BANDARLAMPUNG

Baca CIDUK Hal. 26

Baca KARYAWAN Hal. 26

Baca PEMKOT Hal. 26

BANDARLAMPUNG – Tim penertiban tower melang gar di wilayah Kota Bandarlampung akhirnya berhasil merampungkan tugasnya. Dari pendataan diketahui masih cukup banyak tower yang melanggar ketentuan.

Koordinator Tim Penertiban Edy Santoso menga takan, di Kota Tapis Berseri ini terdapat 304 tower. Di mana sebanyak 241 tower berdiri di tanah, 34 di atas gedung, dan 29 tower monopoli.

Pemkot Ancam Penyegelan Tower

Beri Waktu

Sepekan bagi

Pemilik Bandel

Usulkan12 Jalur Feeder

FOTO AJI SAKTIYANTO

BERI PENYADARAN: Kapolsekta TkB Deden Heksaputra memberi pengarahan kepada puluhan pasangan tidak sah yang terjaring razia.

FOTO RADAR LAMPUNG

POLEMIK: Kalangan pengemudi angkot masih menolak jalur feeder yang digulirkan Dishub Bandarlampung. Padahal, penerapan jalur ini dianggap menguntungkan para pengemudi.

Page 26: RADAR LAMPUNG | Senin, 21 Januari 2013

Bukan Sekadar Berita!26 SENIN, 21 JANUARI 2013METROPOLIS

Tangan Sering BernanahPERTANYAAN:

Tangan saya sering bernanah. Apa penyebabnya dan bagaimana menyembuhkannya? Mohon penjelasannya. Terima kasih.

JAWABAN:Suatu penimbunan nanah biasanya terjadi akibat infeksi

bakteri yang sering disebut abses. Jika bakteri menyusup ke dalam jaringan yang sehat, maka akan terjadi infeksi.Sebagian sel mati dan hancur, meninggalkan rongga yang berisi jaringan dan sel-sel yang terinfeksi. Sel-sel darah putih yang merupakan pertahanan tubuh dalam melawan infeksi, bergerak ke dalam rongga tersebut. Dan setelah menelan bakteri, sel darah putih akan mati. Sel darah putih mati inilah yang membentuk nanah, kemudian mengisi rongga tersebut.

Penyebab abses melalui beberapa cara, yaitu bakteri masuk ke bawah kulit akibat luka yang berasal dari tusukan jarum yang tidak steril atau benda tajam lainnya. Bakteri yang dalam keadaan normal hidup di dalam tubuh manusia dan tidak menimbulkan gangguan, kadang bisa menyebabkan terbentuknya abses. Abses bisa terbentuk di seluruh bagian tubuh, termasuk paru-paru, mulut, rektum, dan otot. Abses sering ditemukan di dalam kulit atau tepat di bawah kulit, terutama jika timbul di wajah.

Suatu abses sering membaik tanpa pengobatan, abses pecah dengan sendirinya dan mengeluarkan isinya. Kadang abses menghilang secara perlahan karena tubuh menghancurkan infeksi yang terjadi dan menyerap sisa-sisa infeksi. Abses tidak pecah dan bisa meninggalkan benjolan yang keras. Untuk meringankan nyeri dan mempercepat penyembuhan, suatu abses bisa ditusuk dan dikeluarkan isinya.

Suatu abses tidak memiliki aliran darah, sehingga pemberian antibiotik biasanya sia-sia. Antibiotik bisa diberikan setelah suatu abses mengering dan hal ini dilakukan untuk mencegah kekambuhan. Antibiotik juga diberikan jika abses menyebarkan infeksi ke bagian tubuh lainnya. Bila terjadi abses, sebaiknya dikompres bagian tersebut selama tiga hari. Apabila tidak ada perubahan, langsung periksakan ke dokter. (Sumber: dr. Asih Hendrastuti, M.Kes.). (cw7/p4/c1/fik)

Menanggapi masalah itu, Direktur Uta ma BRT I Gde Jelantik mengatakan, pihaknya akan meng-gelar rapat khusus membahas polemik yang sedang berkembang ini. Sayangnya, ketika ditanya mengenai poin apa saja yang akan dibahas dalam pertemuan terse-but, dia belum bisa memberikan bocoran.

’’Sebenarnya permasalahan ini menjadi sebuah dilema bagi kami selaku manajemen BRT. Keinginan dari pihak manajemen

membayar gaji karyawan per koridor, hal itu pun tidak bisa sekaligus, tetapi secara bertahap,” paparnya.

Menurut dia, per 1 Januari 2013, pihak manajemen sudah menerapkan sistem lima satu alias lima hari langsung diberikan upah sesuai kinerja mereka. Namun, pola ini belum berjalan maksimal lantaran masih ada sekitar 15-20 bus yang tidak beroperasi karena terkendala kondisi.

’’Tetapi yang pasti, pihak

mana jemen tidak akan lepas tangan. Ini semua hanya tertunda pemba yarannya. Kalau mereka kerja kan bisa langsung diambil. Sisanya akan kita alihkan untuk membayar gaji mereka yang ter tunggak per koridor. Kare-na nya, kami minta agar para pramudi dan bagian tic keting serta karyawan lainnya terus bekerja. Namun mereka tidak mau, tak apa-apa. Itu hak mereka, mau jalan atau tidaknya,” tuturnya.

Diakui Jelantik, kondisi keua-ngan manajemen saat ini memang sedang kembang kempis. Untuk itu, pihaknya berharap besar para karyawan tidak melakukan aksi mogok.

’’Kalau mereka tak mau jalan, dari mana kita akan melunasi itu. Sejak kita beroperasi saja, contohnya jalur Rajabasa-Citra Garden, itu kita selalu subsidi minimal Rp200 ribu per unit,” ungkapnya.

Untuk itu, kata dia, kesabaran

dari pihak karyawan tetap menjadi salah satu kunci utama. Bila para karyawan dapat bersabar selama enam bulan dengan catatan terus bekerja, Jelantik optimistis masalah ini teratasi dengan baik.

’’Ini kan usaha transportasi. Untuk mencapai kondisi yang stabil tidak bisa serta-merta kita paksakan. Tunggakan gaji dan biaya operasional tersebut mencapai Rp1,8 miliar. Itu bukan dana yang sedikit,” tandasnya. (sur/p4/c1/fik)

Ciduk... Dari Hal. 25

’’Nggak tau nih mau razia di mana. Kita diminta siap-siap untuk melakukan razia,” ujar salah satu anggota Polsek TkB saat ditanya lokasi razia yang akan digelar.

Mungkin ini adalah cara yang dipakai Deden agar informasi tar get dan operasi tidak bocor ser ta berjalan sesuai harapan.

Hampir satu jam menunggu, datang sebuah mobil Kijang Innova hitam. Turun dari mobil, seorang laki-laki berbadan tegap dengan tanda pangkat satu melati. Dengan suara lantang, dia langsung menya-pa seluruh anggota polsek yang su dah menunggu di depan mapol-sekta. ’’Selamat malam semuanya,” kata pria yang tak lain adalah Deden.

Seketika itu, jajaran anggota Pol sekta Tkb langsung berbaris rapi. Setelah memberikan arahan, Deden bertanya kepada segenap anggotanya. “Ada yang punya ide kita razia dimana? Yang punya ide, angkat tangan dan silakan sampaikan,” ujar Deden saat itu.

Satu-persatu anggota Polsekta Tkb memberikan ide dan masukan. Kebanyakan mereka mengusulkan razia lalu lintas di beberapa titik di wilayah Mapolsekta Tkb. Akan tetapi, semua ide itu tiba-tiba mentah. ”Oke, ide kalian semua saya terima, tapi untuk razia yang akan datang. Malam ini, kita razia hotel,” serunya yang kemudian dilanjutkan dengan memberikan pengarahan tentang cara dan tindakan yang harus diketahui dan dilakukan saat merazia hotel.

Sebelumnya, Kapolsek yang

sangat terbuka kepada wartawan ini mengatakan, memang sudah menyiapkan agenda razia pada bulan ini. Targetnya adalah hotel-hotel yang selama ini diindikasikan sering digunakan oleh pasangan tidak sah untuk memadu kasih. Terlebih, masyarakat sering me-nyam paikan keluhan tentang maraknya penyakit masyarakat (pekat) satu ini.

Setelah semuanya siap, seluruh anggota Polsekta TkB maupun warta wan Koran ini, belum me-ngeta hui hotel mana yang jadi tar get operasi. Deden hanya me-nye rukan supaya seluruh anggo-tanya mengikuti mobilnya dari belakang. “Tidak perlu tahu mau kemana. Nanti juga tahu sendiri. Ikuti saja mobil saya,” tegasnya.

Keluar dari Mapolsekta TkB, iring-iringan mobil dan motor anggota Mapolsekta Tkb hanya di pandu oleh mobil Sang Kapolsek yang berjalan paling depan. Me-nuju ke arah Kecamatan Kemiling, tepatnya di Jalan Imam Bonjol. Sebelum sampai ke Hotel yang di tuju, mobil sang kapolsek ber-henti menunggu semua anggota berkumpul. Sesaat kemudian, mobil langsung masuk ke areal Parkir Hotel Bella.

Begitu turun dari mobil, dia langsung menginstruksikan seluruh anggotanya menyebar. Khususnya menutup semua akses keluar area hotel. Dia pun langsung melangkah menuju meja recep-tionist. ”Selamat malam Pak. Kami dari Mapolsekta Tanjungkarang Barat. Malam ini kami akan meng-

gelar razia di hotel ini. Ini surat pe rintahnya. Mohon kerjasamanya untuk menjaga ketertiban dan ja lannya razia ini,” ujar Deden kepada salah seorang penjaga hotel.

Seluruh anggota Mapolsekta Tkb langsung bergerak menyebar dan mengetuk satu-persatu pintu hotel yang di dalamnya ada tamu. Dari beberapa pintu yang di razia, kedapatan enam pasangan tidak resmi yang sedang berduaan di dalam hotel. Empat pasangan diantaranya adalah pasangan mahasiswa dari perguruan tinggi swasta di Bandarlampung.

Setelah mengamankan pasa-ngan tersebut dan membawanya ke Mapolsekta Tkb, Deden lang-sung bergerak lagi menuju tempat operasi selanjutnya. Lagi-lagi, anggota yang lain tidak mengetahui akan pergi kemana sang Kapolsek. Semuanya hanya berpatokan pada arah mobil sang Kapolsek bergerak.

Hingga sampailah ke hotel kedua yang menjadi target operasi yaitu Hotel Herlinne yang terletak di Jalan Raden Imba Kusuma, Su kadanaham. Di sini, aparat me ne mukan empat pasangan ti dak resmi. Mirisnya, tiga pasa-ngan diantaranya masih berstatus mahasiswa di perguruan tinggi swasta di Bandarlampung.

Tidak hanya itu, di sini juga dite mukan pasangan membawa minuman keras dengan kadar alkohol di atas 40 persen. Selain itu, ditemukan juga beberapa obat kuat yang di dalam kamar hotel. ”Kalian ini, susah-susah orang

tua kalian membiayai kuliah. Malah berduaan di hotel. Apa perasaan orang tua kalian jika tahu kelakuan anaknya seperti ini,” ujar Deden kepada pasangan tidak resmi yang kedapatan ber-duaan di dalam kamar hotel.

Setelah keluar dari Hotel Her-linne, rombongan kemudian ber ge rak menuju Mapolsekta Tkb. Di sana, sepuluh pasangan mesum yang amankan, di data untuk ke-mudian dipersilakan orang tuanya menjemput.

”Enak bener kalau cuma didata terus pulang. Biar orang tuanya yang menjemput. Biar tahu kela-kuan anaknya. Kalau punya istri atau suami, biar istri atau sua minya yang jemput. Kalau cuma di data terus pulang, men ding ng gak usah razia,” ujar Deden ketika ditanya proses yang akan dijalani para pasangan tidak resmi itu.

Malam itu, waktu sudah me-nun jukkan pukul 00.10 WIB. Se-mua yang ada di Mapolsekta Tkb mengira razia sudah selesai. Ter-nyata, Deden kembali bergerak. ”Ayo, kita bergerak lagi. Ikuti mobil saya,” instruksi Deden yang serem-pak diikuti oleh seluruh anggotanya.

Berturut-turut, pada dini hari ke marin, Deden memimpin ope-rasi di tiga hotel lain. Masing-ma sing adalah Hotel Relaxi yang terletak di Jalan Imam Bonjol, Ge dung air, Hotel Gading dan Hotel Mini yang terletak di seki-taran Pasar Tengah, Ban darla-mpung. Dari sana, dijaring 16 pasangan tidak resmi.

Kepada pasangan tidak resmi yang terjaring, khususnya yang masih belia, Deden memberikan pengarahan. ”Kalian ini masih muda, masih panjang masa depan-nya. Jangan mau dirusak sama pasangan kalian. Kalian mau diajak tidur di hotel, belum tentu dinikahi sama pasangan kalian ini. Ingat baik-baik pesan saya,” tutur Deden.

Kemudian, 16 pasangan tidak resmi ini digiring ke Mapolsekta TkB. Secara keseluruhan, pada razia kemarin itu diamankan 26 pasangan tidak resmi. Satu di an-taranya adalah pasangan yang su dah berumur. Sementara sisanya adalah pasangan muda-mudi. Selain itu diamankan juga bebrapa obat kuat dan minuman keras.

Usai operasi, Deden menyam-pai kan bahwa dirinya mengajak war tawan dalam setiap operasinya bukan untuk pamer atau gaya-ga yaan. ’’Bagi saya, pers itu adalah partner. Jadi harus terbuka dengan pers. Dengan pemberitaan di media, juga bisa menimbulkan pre ventive crime atau pencegahan tin dakan kriminal. Itu yang pen-ting,” tandasnya.

Pada bulan ini, Deden beren-ca na kembali menggelar razia besar. Dia pun akan membuktikan ucapannya. ’’Ya, tunggu saja tang-gal mainnya. Nanti saya razia lagi. Apa razianya? Itu nanti. Saya kenal saja, tetap saya razia. Apalagi saya tidak kenal. Kalau saya, nggak pernah ada urusan. Mau siapa juga nggak ada urusan buat saya kalau memang salah,” tegasnya. (p4/c1/fik)

Karyawan... Dari Hal. 25

Pemkot... Dari Hal. 25

Usulkan... Dari Hal. 25

’’Dari jumlah 304 tower itu didapati milik provider, perusa-haan, radio/TV, dan sebagian belum diketahui pemiliknya,” ujar dia.

Pria yang menjabat asisten IV Pemkot Bandar lampung ini melan-jutkan, dari hasil pendataan tim diketahui sebanyak 197 tower su dah mengurusi IMB (izin men-dirikan bangunan) dan 107 tower belum mengurusi IMB. Sementara untuk retribusi pengendalian, baru 64 unit yang sudah mem-

bayarnya. Artinya, ada 240 unit tower yang belum membayar kewajibannya itu.

’’Nanti yang belum mengurusi izin dan membayar retribusi itu di tahun ini kami tagih. Sekarang kami sedang membuat SKRD (surat ketetapan retribusi daerah) agar pemilik tower dapat dengan mudah membayarnya,” jelas dia.

Edy menegaskan, pihaknya se-gera mengirimkan surat pembe-ritahuan kepada pemilik provider

agar mereka dapat mengurusi izin dan membayar retribusi. Jika surat pemberitahuan tersebut sudah diterima dan pemilik tetap tidak mengurusi izin, maka dirinya akan menyegel tower bersang kutan.

’’Kalau tidak ada halangan, mungkin besok (hari ini, Red) ka mi mengirimkan surat pembe-ritahuan kepada pemilik yang belum membayar dan mengurusi izin. Kalau surat sudah diterima, kami memberi jangka waktu se-

lama satu minggu atau tujuh hari agar mereka mengurusinya. Kalau mereka tak mau mengurusi, maka dengan terpaksa kami menye-gelnya,” tegas dia.

Sementara Kepala Badan Pena-naman Modal dan Perizinan (BPMP) Bandarlampung Nizom An sori menyatakan, upaya pe-ner tiban tower ini dilakukan dalam rangka meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dari bidang perizinan.

’’Kami terus mendata tower yang ada di Kota Bandarlampung, baik yang berdiri di atas tanah, di atas gedung, maupun monopoli,” ungkap Nizom kemarin (20/1).

Dia menegaskan, tim penda-taan tower ini berbeda dengan tim pendataan bangunan dan reklame. ’’Mereka semua bergerak untuk bersama-sama mendata dan melihat tower mana yang tidak memiliki izin,” tandasnya. (yud/p4/c1/fik)

Karenanya, saya belum tahu secara pasti kapan dan trayek feeder mana saja yang dapat digunakan. Tetapi, ini tidak begitu lama,” ujarnya.

Sementara, Kabid Angkutan Darat Dinas Perhubungan (Dis-hub) Bandarlampung Hujatullah menyayangkan perkembangan terbaru di mana Konfederasi Seri-kat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) serta Perhimpunan Penge-mudi dan Pemilik Angkot Bandar-lampug (P3ABL) Provinsi Lampung

justru menolak jalur feeder yang dicanangkan pihaknya. Mereka bahkan berbalik mengusulkan trayek seumur hidup.

’’Padahal sebelumnya telah di se pakati bagi angkutan umum yang akan habis masa trayek untuk uji coba mengisi jalur feeder. Tetapi ke napa ini ada usulan lagi. Kan ti dak bisa semudah itu mengubah kesepakatan sebelumnya,” ucap dia.

Padahal, sambung Hujatullah,

pihaknya sudah berkali-kali me-nginformasikan bahwa berdasar-kan undang-undang yang ada, ang kutan umum tidak dapat bero perasi berdampingan dengan angkutan massal.

’’Tetapi kok ini malah masuk usulan trayek seurur hidup dengan rute yang sama,” se-salnya.

Diketahui, melalui rapat de-ngan Dishub, perwakilan para sopir kembali menuntut agar izin

trayek mereka tidak dibatasi, sekaligus menolak pengalihan jalur lama ke jalur feeder.

’’Setiap batas waktu habis, kami selalu meminta izin terus ke sini (Dishub). Kenapa nggak sekalian seumur hidup saja, biar kami nggak minta-minta izin lagi. Ini kan membantu kami para sopir agar tidak terbebani,” ujar Sekre-taris KSPSI Nelson Numarov, Jumat (18/1) lalu.

Selain itu, dia meminta Dishub

membatalkan jalur feeder. Sebab, pemberlakuan jalur tersebut dapat mempersempit mata pencarian para sopir.

’’Jalur feeder yang dite rapkan Dishub itu kan rata-rata sudah dipakai jalur ojek dan becak. Masyarakat lebih mementingkan naik ojek dan becak ketimbang angkutan kota (angkot). Makanya kami minta jalurnya dikembalikan seperti semula,” tegasnya. (sur/p4/c1/fik)

BANDARLAMPUNG – Kebe-radaan jalur feeder dinilai malah menguntungkan para pengusaha angkutan kota (angkot). Betapa tidak, hanya angkot yang melayani jalur feeder inilah yang diizinkan masuk kawasan permukiman, termasuk ke kantong-kantong kegiatan ekonomi penduduk yang seyogianya menjadi lokasi penum-pang berada.

Demikian dikatakan I.B. Ilham Malik selaku salah satu pengamat transportasi Kota Bandar lam pung kemarin.

Menurutnya, semua pihak ha-rus jeli melihat bahwa trayek feeder sebagai jalur penting dalam pem-benahan masalah angkutan umum di kota ini. Walau diakuinya tan-tangan terbesar saat ini dalam pengembangan angkutan umum di Bandarlampung adalah bagai-mana mendorong para pengusaha angkot mengisi jalur feeder yang telah disusun pemerintah.

’’Berapa pun penumpang yang naik BRT yang dikelola PT Trans Ban darlampung, pada dasarnya mereka berasal dari kawasan permu-kiman. Dan yang didesain oleh peme rintah kota saat ini, pihak yang berhak menjemput penum-pang di kawasan permu kiman dan membawanya ke jalur utama adalah angkot mikrolet. Karena itu, sebe-narnya ini keun tungan bagi pe-ngusaha angkutan umum,” ujarnya.

Dikatakan, penataan angkutan

umum perkotaan tidak berorientasi untuk mematikan usaha angkot. Tudingan bahwa BRT hanya me-nguntungkan PT Trans Bandar-lam pung juga sangat tidak tepat. Menurutnya, pembenahan angku-tan umum di Bandarlampung dilakukan mengingat load factor (LF) angkutan umum kota dahulu mengalami penurunan yang sangat mengkhawatirkan.

’’Bayangkan, LF angkot mikrolet dan Damri selama 2003–2009 mengalami penurunan dari 75 persen menjadi 47 persen. Padahal, jumlah penduduk kota semakin bertambah. Mobilitas penduduk semakin meningkat, baik internal-internal maupun eksternal-in-ternal. Harusnya jumlah penum-pang yang menggunakan angkot mikrolet dan Damri mengalami peningkatan,” paparnya.

Hal ini menandakan bahwa ada kebutuhan pergerakan masya rakat kota yang tidak lagi relevan dengan trayek yang ada. Karena nya, trayek angkutan umum kota harus dise-suaikan dengan kebutu han para calon penumpang saat ini.

’’Hal itulah yang telah dilakukan oleh pemkot, yaitu dengan me-ngem bangkan sistem angkutan umum massal yang menyinergikan seluruh moda angkutan yang ada di Bandarlampung. Yaitu pengem-ba ngan BRT, jalur feeder, ojek, dan non motorized transport (NMT),” ungkapnya.

Memang, sambung dosen UBL ini, jalur feeder dibuat tidak bertrek panjang. Ini lantaran dalam aturan memang disebutkan bahwa trayek feeder harus point to point. ’’Tetapi tidak perlu risau dengan pengertian point to point yang berarti meng-hu bungkan satu terminal dengan terminal lainnya. Sekarang juga kalangan ahli transportasi telah mencoba memperluas maksud dari point to point yang berarti satu terminal saja,” tuturnya.

Sebuah terobosan ekstrem bisa saja dibuat bahwa tidak perlu ada point to point yang berarti terminal. Namun berupa kawasan layanan. Sehingga suatu pemerintah kota tidak terjebak harus mengge-lontorkan dana guna membangun terminal terlebih dahulu ketika ingin mengembangkan suatu trayek tertentu.

’’Soal keberadaan ojek dan becak, itu sudah masuk dalam pengelolaan angkutan kota kita. Seluruh angkutan perkotaan Ban-darlampung akan ditata sedemi-kian rupa. Bukan hanya mengha-dirkan dan mengatur BRT. Juga bukan hanya mengatur jalur angkot di trayek feeder, jalur ojek dan becak pun pada prinsipnya akan disesuaikan dengan kebutuhan Kota Bandarlampung yang terus berbenah,” bebernya.

Untuk itu, imbaunya, jangan sampai terlambat mengoperasikan feeder. (sur/p4/c1/fik)

Jalur Feeder Menguntungkan

FOTO AJI SAKTIYANTO

DURIAN DALAM DURIAN: Irenne Puella, warga Jl. Cempaka Bulak No. 50 RT 01/RW 04, Jati Cempaka, Pondok Gede, Bekasi, menunjukkan durian unik yang dibelinya di Jl. Ikan Kakap, Telukbetung Selatan, saat bertandang ke kota ini Sabtu (19/1) lalu. Durian yang dibelinya seharga Rp25 ribu urung dikonsumsi karena keunikan yang dimilikinya. (cw7/p4/c1/fik)

Page 27: RADAR LAMPUNG | Senin, 21 Januari 2013

SENIN, 21 JANUARI 2013 27METROPOLIS

Bukan Sekadar Berita!

Dewan PertanyakanRute Perintis

BANDARLAMPUNG – Komisi IV DPRD Lampung mempertanyakan rencana pembukaan rute penerbangan perintis Bandara Radin Inten II-Pekon Serai-Bengkulu. Pasalnya, hingga sejauh ini Komisi IV DPRD Lampung mengaku masih belum mengetahui progres perkembangan rute perintis tersebut.

’’Tentu kita akan pertanyakan sampai sejauh mana progresnya,’’ beber Ketua Komisi IV DPRD Lampung I Komang Koheri kemarin.

Legislator asal PDIP ini menyatakan, gaung rute perintis tersebut sudah diketahui masyarakat luas. Sehingga, lanjutnya, Dinas Perhubungan (Dishub) Lampung harus memperjuangkan agar rute perintis tersebut segera terealisasi. ’’Dalam waktu dekat ini kita jadwalkan untuk mencari waktu hearing dengan pihak Dishub,’’ tutur I Komang Koheri.

Nah, jika nantinya rute itu telah terealisasi, Dishub Lampung bisa mengusulkan agar daerah lainnya tersentuh rute perintis serupa. ’’Kita akan mendorong Lampung agar dapat rute perintis lagi kalau rute ke Bengkulu sudah diselesaikan,’’ jelas dia.

Di samping mempertanyakan rute perintis, komisi IV juga nantinya mendorong agar Dishub Lampung mengusahakan rute penerbangan Lampung-Bali. Ia menyatakan, rute tersebut mempunyai potensi ekonomi yang luar biasa. Bali yang dikenal sebagai destinasi utama pariwisata di Indonesia tentu bisa memberi nilai tambah. ’’Jadi ini kan bisa jadi nilai tambah. Saya rasa lebih baik rute Lampung-Bali daripada Lampung-Batam,’’ ungkapnya.

Diketahui, sampai kini rute perintis Bandara Radin Inten II-Pekon Serai-Bengkulu masih belum juga diresmikan. Kadishub Lampung Albar Hasan Tanjung beberapa waktu lalu menyatakan, proses tender maskapai yang akan melayani rute tersebut bukan kewenangan dari Dishub Lampung. Karena itu, pihaknya masih belum bisa memastikan kapankah rute tersebut dibuka. (wdi/p2/c3/fik)

Rampungkan 49 RaperdaBANDARLAMPUNG – Pada program

legislasi daerah (prolegda) tahun ini DPRD Provinsi Lampung mematok 49 rancangan peraturan daerah (raperda).

Dari 49 raperda, 25 adalah raperda tunggakan DPRD Lampung tahun sebelumnya (selengkapnya lihat grafis).

Mengingat, jumlah raperda yang banyak tersebut, Ketua Badan Legislasi (Banleg) DPRD Lampung Farouk Danial mengungkapkan pesimismenya seluruh raperda bisa dirampungkan tahun ini.

Menurut Legislator Partai Gerindra ini, dengan keterbatasan waktu, dirinya memperkirakan paling banyak tahun ini DPRD Lampung hanya bisa menyelesaikan setengah dari prolegda. ’’Mungkin kita bisa menyelesaikan 24 atau 25 raperda,’’ tutur dia kemarin.

Namun, Farouk menambahkan, DPRD mempunyai mekanisme untuk menyelesaikan tunggakan raperda. Seluruh raperda yang tak bisa diselesaikan 2013 akan dimasukkan dalam prolegda tahun depan. ’’Mekanismenya seperti itu. Jadi kalau tidak selesai, ya kita masukkan tahun depan,’’ beber dia.

Terkait adanya 25 raperda tunggakan, Farouk mengungkapkan, berasal dari masa sidang 2011-2012. Sementara untuk 24 raperda yang bukan tunggakan nantinya akan dibagi sesuai dengan komisi yang membidanginya. Dari 24 raperda yang diusulkan pada 2013, 9 dari eksekutif Pemprov Lampung. Sementara sisanya berasal dari DPRD. (wdi/p2/c3/fik)

Banleg Pesimistis

FOTO RADAR LAMPUNG

MULAI RUSAK: Kondisi jembatan yang rencananya menghubungkan Kotakarang dengan Pulau Pasaran kini mulai rusak. Sebagian fondasi pegangan untuk pejalan kaki banyak yang sudah hilang. Padahal, jembatan ini belum sepenuhnya selesai.

Page 28: RADAR LAMPUNG | Senin, 21 Januari 2013

METROPOLIS28 SENIN, 21 JANUARI 2013Bukan Sekadar Berita

Periksa NarapidanaKASUS penipuan yang diduga melibatkan Mulyadi,

narapidana di Lapas Rajabasa, terus dikembangkan oleh penyidik Direktorat Kriminal Umum (Ditkrimum) Polda Lampung.

Kemarin sekitar pukul 10.00 WIB, Mulyadi dijemput oleh Direktur Kriminal Umum Polda Lampung Kombes Yohanes Widodo. Pemeriksaan terhadap Mulyadi dilakukan maraton hingga malam hari. Rencananya, menurut Widodo, Kapolda Lampung Brigjen Heru Winarko yang akan memaparkan detail kasus itu.

’’Nanti Pak Kapolda akan memberi tahu secara lengkap dan detail masalah ini,” ujarnya kemarin saat dihubungi Radar Lampung.

Ia menambahkan, Mulyadi telah mengakui dugaan penipuan yang ia lakukan. Bahkan berdasarkan pengakuannya, yang telah menjadi korbannya sangat banyak dengan modus yang berbeda-beda. Ia memperkirakan jumlah kerugian mencapai miliaran rupiah. (eka/p3/c2/wdi)

Tangani Dua LakalantasSATUAN Lalu Lintas Polresta Bandarlampung

mencatat dua kecelakaan lalu lintas (lakalantas) terjadi pada Sabtu (19/1). Satu orang tewas dan satu orang masih kritis. Hal itu diungkapkan Kanit Lakalantas Polresta Bandarlampung AKP H.D. Pandiangan saat diwawancarai melalui telepon selulernya kemarin.

Dua kasus kecelakaan itu melibatkan tiga unit kendaraan yang terjadi di tempat terpisah. “Kasus yang pertama tabrakan antara motor dengan motor dan kasus yang kedua kecelakaan tunggal,” katanya.

Kasus tabrakan antara motor dengan motor terjadi di Jl. Imam Bonjol, Kemiling, yaitu antara Suzuki Satria BE 4412 UD dengan Honda BeAT BE 3058 CT. Sementara kecelakaan tunggal terjadi di Jl. Kapten Abdul Haq, Rajabasa, atas nama Andika (18). Kini dirinya dirawat di RSUD dr. Hi. Abdul Moeloek.

Dalam kasus adu kambing motor, Apriansyah (19), warga Pekon Sanggih, Bandarnegeri Semuong,Tanggamus, mengalami patah kaki dan luka robek di kepala bagian depan. Korban meninggal setelah dibawa ke RS Bintang Amin Husada, Sabtu (19/1) pukul 22.00 WIB. Sedangkan pengendara Honda BeAT BE 3058 CT, Ahmad Zahriansyah (25), dan temannya, Heri Siswanto (27), warga Perum BKP, Kemiling Permai, Kemiling, hanya mengalami luka ringan. (cw7/p3/c2/wdi)

BANDARLAMPUNG – Kasus duga an berita acara pemeriksaan (BAP) palsu perkara kecelakaan lalu lintas (lakalantas) terus bergulir. Bidang Propam Polda Lampung dipastikan turun tangan menangani persoalan itu.

Propam Polda Lampung diam-diam menggelar investigasi dan pemeriksaan sejak Jumat (19/1). Propam memfokuskan investigasi terhadap dua orang penyidik kasus itu, yakni Brigpol Rama dan Briptu Aditya.

Dua penyidik Satuan Lalu Lintas Polresta Bandarlampung itu selain diduga membuat BAP palsu, juga diduga melakukan pemalsuan tanda tangan milik Azrullah Baihaki (37),

korban lakalantas yang kini me-ngalami cacat seumur hidup.

Azrullah pada Juni 2012 menjadi korban lakalantas. Bagian tubuhnya terlindas sebuah kendaraan. Sementara Miftahul Arif (30), pengemudi bus Lorena, ditetapkan sebagai terdakwa kasus itu.

Kemudian korban juga mengaku pada majelis hakim tidak mengenali foto tempat kejadian perkara yang ada di BAP dan diketahui foto itu diambil satu bulan setelah kejadian.

’’Jika memang ternyata benar-benar terbukti dua anggota kami itu bersalah, dengan sangat berat hati yang bisa kita rekomendasikan untuk diberhentikan,” kata Kapol-resta Bandarlampung Kombes M.

Nurochman kemarin. Nurochman menjelaskan, jika

benar ada BAP dan tanda tangan yang dipalsukan, jelas ada yang tidak sesuai dengan tempus delicty (tempat dan waktu terjadinya tindak pidana).

Ia membenarkan Propam Polda Lampung memang turun tangan dalam perkara ini. ’’Kita tunggu saja hasilnya. Kita juga kan perlu tahu mengapa mereka berdua melakukan itu. Hingga kini, kita tetap berpegang pada asas praduga tak bersalah,” ujarnya.

Kasatlantas Polresta Bandarlam-pung Kompol Bayu Suta tidak mau berbicara banyak terkait masalah itu. ’’Ya, masih dalam pemeriksaan saya. Tapi, memang benar berkas

lakalantas itu ditangani Briptu Aditya,” katanya.

Diketahui, masalah ini mencuat ke publik ketika Azrullah datang ke persidangan sebagai saksi korban. Diceritakan, korban pada Juni 2012 pukul 10.00 WIB menggunakan motor Honda Vario B 3497 BII hendak pergi ke rumah rekannya. Saat melintas di Jl. Soekarno–Hatta, depan Hotel Nusantara, sekitar 50 meter dari lampu merah Kalibalok, korban mengambil jalan di bagian kiri. Sebab, terjadi antrean panjang kendaraan akibat lampu merah. Ketika itulah, ban belakang motornya meleset sehingga korban pun terjatuh ke bagian kanan jalan. Pada waktu jatuh, ada mobil kargo Lorena

di depan yang melindas bagian paha hingga badan bagian kanan.

Setelah itu, korban ditolong warga yang ada di sekitar kejadian. Lalu, dibawa ke Rumah Sakit Imanuel. Sadisnya, mobil yang telah melindas, yakni kargo Lorena B 9066 KG yang dikemudikan Miftahul Arif (30), warga Banten, tidak berhenti untuk menolong. Hingga kini, pihak Lorena tidak ada yang datang dan tidak ada perdamaian. Namun, sopir tidak ditahan.

Namun, dalam persidangan yang digelar pekan lalu, Azrullah mengaku kepada majelis hakim tidak pernah menandatangani BAP. Ia juga merasa tak pernah di BAP oleh aparat kepolisian. (eka/p3/c2/wdi)

DUGAAN BAP PALSU

Polda Investigasi Penyidik Polresta

RUMAH bergaya minimalis di kompleks Jl. Raden Saleh, Tanjung-senang, Bandarlampung, sekitar pukul 10.00 WIB kemarin terlihat ramai. Andhika tampak segar dalam balutan jas hitam dipadu dengan kemeja putih. Meski mendapat izin keluar sel, Andhika tetap mendapat pengawalan ketat dari

pihak kepolisian. Prosesi lamaran pria yang ter-

sangkut kasus melarikan anak di bawah umur ini berlangsung dengan khidmat. Rona bahagia tampak di wajah Andhika dan Caca. Bahkan, Andhika sempat mempersembahkan tiga lagu baru yang ia ciptakan selama

berada di sel tahanan. Yakni Chandika, Bintang Hatiku, dan Perjalanan Hidup. Ketiga lagu itu ia persembahkan khusus untuk calon istrinya, Caca.

’’Saya ingin berubah menjadi orang yang lebih baik. Saya juga memilih Caca untuk menjadi pelabuhan terakhir cinta saya,” katanya.

Namun, kebahagiaan itu tak berlangsung lama. Usai lamaran, Andhika diharuskan kembali masuk dalam sel. Ketika lamaran, Andhika didampingi keluarga serta penasihat hukumnya, Basuki dan Fery Juan.

Sementara Caca, calon istrinya, mengharapkan aparat kepolisian dapat melepaskan Andhika. ’’Saya

harap Andhika bisa bebas, tidak ditahan lagi,” harapnya.

Caca mengatakan, pada Agustus mendatang dirinya berharap proses akad nikah dirinya dan Andhika bisa dilangsungkan.

Penasihat hukum Andika, Fery Juan, juga memohon kepada pihak kepolisian dan kejaksaan untuk menghentikan perkara ini serta melepaskan kliennya dari jeratan hukum karena sudah adanya perdamaian dan tidak ada lagi pihak yang dirugikan.

Ibunda Andhika, Susilowati, mengaku senang sekaligus bahagia karena anaknya melamar Caca. ’’Alhamdulillah, senang dan bahagia

saja. Karena Andhika bisa lamaran di rumah  keluarga Caca,” katanya.

Diketahui, Andhika ditangkap Polsekta Tanjungkarang Timur (TkT)  atas laporan keluarga Caca. Ia dilaporkan karena diduga melarikan anak di bawah umur. Andhika ditangkap pada Jumat (14/12/2012) sekitar pukul 21.00 WIB di Gedongair, Tanjungkarang Barat.

Dalam proses penyidikan, Andhika mengaku telah melakukan hubungan suami-istri dengan kekasihnya. Namun, menurutnya, itu atas dasar suka sama suka. Sebab, keduanya dalam dua bulan terakhir telah menjalin asmara. (c2/p3/wdi)

BANDARLAMPUNG – Jika tak ada perubahan jadwal, pagi ini sidang dugaan korupsi pengadaan tanah untuk pembangunan PLTU Sebalang kembali digelar. Sidang hari ini beragendakan pembacaan tuntutan atas terdakwa Wendy Melfa.

Meski baru digelar hari ini, santer beredar kabar jika mantan wakil bupati Lampung Selatan itu bakal dituntut 12 tahun penjara oleh jaksa penuntut umum (JPU).

Namun, Ketua Tim JPU Sarjono Turin enggan mengomentari kabar itu. Lantaran agenda tuntutan merupakan hal rahasia yang tidak dapat disebarkan sebelum dibacakan secara resmi di pengadilan.

Direktur Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Bandarlampung Wahrul Fauzi sendiri mengatakan, diperlukan

kecermatan JPU dalam rekonstruksi tuntutan di samping keberanian dan keyakinan majelis hakim dalam memutus perkara. Ia juga meminta agar JPU tak melakukan tebang pilih dalam penanganan kasus ini.

Diketahui pembacaan tuntutan kepada Wendy Melfa sempat ditunda. Seharusnya sidang pembacaan tuntutan ini dilakukan pada Jumat (18/1). Namun, JPU ber alasan berkas penuntutan belum siap sehingga meminta kepada majelis hakim untuk ditunda.

Wendy Melfa sendiri menjadi terdakwa dikarenakan sebagai ketua panitia pengadaan tanah diduga telah melanggar Keputusan Presiden No. 65/2006 tentang Pengadaan Tanah untuk Kepentingan Umum. (eka/p3/c2/wdi)

Melihat Prosesi Lamaran Mantan Vokalis Kangen Band

Rampung Acara, Andhika Kembali ke SelPada 20 Januari 2013 kemarin menjadi hari yang bahagia buat

Andhika Mahesa (29). Mantan vokalis Kangen Band yang terjerat kasus hukum ini akhirnya menepati janji untuk melamar Caca (17),

pujaan hatinya. Lamaran itu sekaligus untuk memenuhi poin perjanjian damai antara keluarga Andhika dengan Caca, 24 Desember

2012.

Laporan Eka Yuliana, BANDARLAMPUNG

Hari Ini, Sidang Tuntutan Perkara Sebalang Digelar

FOTO AJI SAKTIYANTO

KEMBALI KE SEL: Andhika dan kekasihnya, Caca, harus kembali berpisah usai proses lamaran. Pasalnya, pihak kepolisian mengharuskan Andhika kembali ke sel tahanan Mapolresta Bandarlampung.

FOTO DOKUMEN

BANTU: Salah seorang anggota Satlantas Polresta Bandarlampung turun membantu pengemudi truk yang mengalami pecah ban. Foto dibidik di Jl. Teuku Umar, Bandarlampung, beberapa waktu lalu.

Page 29: RADAR LAMPUNG | Senin, 21 Januari 2013

SENIN, 21 JANUARI 2013LAMPUNG RAYA

29 Lamteng-Metro-Lamtim

KETUA Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Lamteng Eko Yuono memberikan santunan kepada korban kebakaran yakni keluarga Wagimin di Kampung Fajarmataram, RT 19, Dusun 6, Kecamatan Seputihmataram. Santuan itu diserahkan di Rumah Sakit Mulia Husada, Bandarjaya, karena para korban dirawat di RS itu. ’’Para korban itu harus dibantu oleh pemerintah maupun dari masyarakat. Makanya, kepada seluruh elemen masyarakat kami sarankan uluran tangan kepada korban,’’ ucap Eko.

Pada kebakaran sekeluarga itu, paling parah anak bungsu yang ber-umur 1,5 tahun dan ibunya karena seluruh tubuh terbakar. Wagimin mengungkapkan, kejadian itu bermula saat listrik di rumahnya padam, karena ada kabar pihak PLN akan menertibkan jaringan listrik, lantaran ia masih menumpang tetangga. Sehingga terpaksa ia putus.

’’Waktu sore menjelang malam, istri saya menyalakan lampu teplok, (lam pu ublik buatan dengan menggunakan bakar dari mitan). Awalnya, istri saya sudah mengisi lampu teplok dan menyalakan, setelah menyala istri saya mengisi lampu teplok lainnya. Saat akan menuang tiba-tiba api sampingnya menyambar, lalu membakar istri dan ketiga anak saya yang kebetulan berada dekat dengan istri saya,’’ terangnya. (rid/rnn/p7/c3/adi)

KEPEDULIAN

Santuni Korban Kebakaran

SUKADANA – Satu kursi calon pegawai negeri sipil daerah (CPNSD) Lampung Timur dari pegawai honorer kategori satu (K1) tidak terisi. Berdasarkan Surat Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No. FH/154/M.PAN-RB/11/212 tertanggal 30 November 2012, honorer K1 Lamtim yang dinyata-kan memenuhi kriteria untuk diangkat sebagai CPNSD sebanyak 16 orang.

Menindaklanjuti surat tersebut, BKDD Lamtim memberikan kesempatan kepada pegawai honorer K1 untuk melengkapi berkas persyaratan mulai 27 Desember 2012 hingga 7 Januari 2013. Berkas persya-ratan harus diserahkan ke BKDD melalui satuan kerja perangkat daerah (SKPD) tempat honorer K1 mengabdi. Tetapi, berkas tidak dapat disampaikan langsung oleh yang bersangkutan.

’’Minimal, yang menyerahkan menjabat sebagai Kasubbag Kepegawaian pada SKPD,’’ terang

Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah (BKDD) Lamtim Jaelani Hamzah, S.Sos. didampingi Kepala Bidang Pengadaan dan Pengembangan Pegawai Sugiri Meiyanta.

Namun, hingga batas akhir penyerahan berkas persyaratan hanya 15 yang meleng kapinya. Sementara satu lagi tidak meleng-kapi tanpa alasan jelas. Karenanya, hanya 15 berkas honorer K1 yang diserahkan BKDD Lamtim ke BKN. ’’Saat ini, kami masih menunggu keputusan lebih lanjut dari BKN dan Kemenpan-RB,’’ papar Jaelani.

Ia mengungkapkan, pemkab mendukung kebijakan pemerintah pusat yang telah mencabut peng-hentian sementara (morato rium) penerimaan CPNSD. Menurutnya, sejak 2011 lalu sebenarnya Pemkab Lamtim telah mengusulkan tambahan pegawai ke BKN dan Kemenpan-RB sebanyak 2.442 orang.

Rinciannya 1.191 untuk formasi gu ru, 966 tenaga kesehatan, dan 285

tenaga teknis. ’’Jumlah tamba han pegawai yang diusulkan tersebut didasarkan pada hasil analisa jabatan dan analisa beban kerja,’’ jelasnya.

Oleh sebab itu, dengan telah dicabutnya kebijakan moratorium, Pemkab Lamtim berharap usulan tambahan pegawai tersebut dapat dipertimbangkan. ’’Menge nai ke pas tian berapa yang akan disetu-jui, kami masih menunggu kepu-tusan lebih dari pemerintah pusat,’’ lanjutnya.

Ditambahkan, setelah ada kejela-san dari pemerintah pusat tentang alokasi tambahan pegawai untuk Lamtim, akan dikoordinasikan dengan DPRD Lamtim. Sebab, pada APBD 2013 yang telah disyahkan pada 10 Desember 2012 belum ada alokasi anggaran untuk pene-rimaan CPNSD. ’’Tahun ini Lamtim mendapat alokasi tambahan CPNSD dari pemerintah pusat. Anggarannya akan kami usulkan melalui peru-bahan APBD,’’ pungkasnya. (wid/p7/c3/adi)

GUNUNGSUGIH – Terminal Betansubing, tampaknya, akan tetap bertahan menjadi bangunan terminal yang ’’mati suri’’ untuk sekian waktu. Paling tidak 2013 Pemkab Lampung Tengah belum mengalokasikan dana guna mem-fungsikan kembali terminal tipe A itu.

Meski demikian, Dinas Perhu-bungan, Komunikasi, dan Infor-masi Lamteng bersikukuh untuk tidak mengalihfungsikan bangu-nan yang ’’sempat’’ diresmikan presiden RI yang kala itu dijabat Megawati Soekarnoputri.

’’Memang ada masukan untuk mengalihfungsikan bangunan itu. Tapi, kami lebih sepakat untuk mengaktifkan terminal itu sebagai-mana niatan awal,’’ ujar Kadis-hubkominfo Lamteng Syamsul Bahri.

Saat itu, sambung Syamsul, pihaknya tengah berusaha men-jalankan aksi ’’jemput bola’’ agar pemerintah pusat mau mengu-curkan dana yang berfungsi untuk memfungsikan Betansubing. ’’Kami terus melakukan koordinasi dengan kementrian perhubungan. Saat ini kami sedang menunggu jawaban,’’ terang dia.

Setidaknya, tambah Syamsul, Dishubkominfo Lamteng masih membutuhkan suntikan dana segar senilai Rp5 miliar untuk fungsikan

terminal ini. Suntikan dana segar itu mutlak diperlukan untuk menyediakan sejumlah fasilitas terminal yang belum ada. Tak pelak, kurangnya fasilitas terminal ini yang melatarbelakangi tidak difungsikannya terminal meski telah diresmikan oleh Presiden RI di era pertama kepe mim pinan Bupati Lamteng Andy Achmad S.J.

’’Terminal ini belum laik dioperasionalkan. Fasilitas keamanan, kenyamanan, dan pagar terminal belum ada. Kemu-dian terminal angkot juga masih perlu dibuat. Butuh dana Rp5 miliar lah untuk dapat mem-fungsikan,’’ tambah Syamsul.

Sebelumnya, Bupati Lamteng A. Pairin menegaskan Betansubing tetap menjadi terminal. ’’Sudah banyak dana APBD yang tersedot ke sana. Semuanya akan sia-sia kalau sampai tidak difungsikan,’’ ujar Pairin beberapa waktu lalu.

Adanya ’’masukan’’ dari sejum-lah kalangan di DPRD Lamteng untuk mengalihfungsikan Betan-subing ditanggapi dingin orang nomor satu di Pemkab Lamteng itu. Menurutnya, pengalihfungsian Betansubing dari terminal menjadi tempat lain bukanlah hal mudah. ’’Mengalih fungsikan Betansubing bukanlah hal mudah, banyak prosesnya,’’ kata Pairin. (jar/p7/c3/adi)

METRO – Demam berdarah dengue (DBD) mengancam Kota Metro. Hingga pertengahan Januari 2013 tercatat 88 kasus, enam pasien dinyatakan suspect, dan satu orang meninggal dunia.

DPRD Kota Metro pun meminta Dinas Kesehatan (Diskes) khusus-nya untuk lebih respek terhadap merebaknya penyakit mematikan tersebut. Bahkan wakil rakyat tersebut telah memberikan war-ning Rumah Sakit Umum Daerah Ahmad Yani (RSUDAY) untuk memberikan pelayanan maksimal kepada pasien terjangkit DBD.

’’Kami sudah melakukan sidak termasuk meninjau bangsal-bang-sal di RSUDAY. Gedung baru pun di gunakan untuk memberikan pelayanan. Jangan sampai ada pasien yang tidak tertangani,’’ ujar anggota Komisi II DPRD Kota Metro Nasrianto Effendi kepada Radar Lampung kemarin (20/1).

Pihaknya berharap DBD harus mampu ditekan seiring dengan kerja keras Diskes dan leading sector yang ada. ’’Dari data yang kami terima mereka (Diskes, Red) meren-canakan 200 kegiatan fogging focus di 33 titik rawan DBD. Anggaran berkisar Rp123 juta. Besarnya angga-ran kita harapkan mampu menun-jang kegiatan dan menekan angka DBD. Jangan sampai DBD di Metro masuk kategori KLB (kejadian luar

biasa),’’ imbuh politisi dari PKS itu. Nasrianto menjelaskan, jumlah

penderita DBD cukup tinggi diban-dingkan November–Desember 2012 yang menurut data Diskes hanya 52 kasus. ’’Data 2012 seba-nyak 374 kasus. sedangkan suspect 100 kasus. Dengan jumlah me-ning gal dunia lima orang. Yakni pada Februari 2 orang, April (1), Agustus (1), dan Desember (1). Ini begitu mengkhawatirkan. Kami juga meminta masyarakat untuk menggiatkan 3 M plus,’’ pinta dia.

Sekretaris Diskes Maryati mem-benarkan adanya pening katan kasus DBD sejak adanya peruba-han cuaca. Namun, tetap bisa ditang gulangi. ’’DBD bisa ditekan dengan partisipasi kesadaran mas-yarakat. Sebab, perkembangan DBD sangat cepat jika tidak ada upaya pemberantasan sarang nyamuk. Upayakan melakukan 3 M plus di rumah, serta meng aktif-kan gerakan kebersihan,’’ ucap dia.

Sebelumnya, Wali Kota Lukman Hakim juga mengisyaratkan agar masyarakat melakukan gerakan kebersihan dengan menghidupkan Jumat Bersih kembali. ’’Pena nganan DBD bukan hanya tang gung jawab Diskes maupun peme rintah. Tapi juga diperlukan kesa daran masya-rakat untuk memiliki kesadaran hidup bersih dan sehat,’’ tandas Lukman. (ful/p7/c3/adi)

Satu Kursi CPNSD Kosong

Diskes Fokus 33 Titik Rawan

METRO – Pemerintah Kota Metro kembali menegaskan bahwa lapak yang diperuntukkan bagi pedagang kaki lima (PKL) Pasar Induk Tradisional Modern Tejo-agung tidak dipungut biaya. Jika ada oknum bermain dalam pe-nem patan ini dengan menarik biaya atau tarif, diminta melapor kan ke aparat berwajib. Tentu harus disertai bukti yang dinilai sebagai pungutan liar (pungli) itu.

’’Kami meminta jika ada yang dirugikan, segera berikan laporan. Apalagi ada oknum yang memu-ngut tarif atau biaya dari lapak-lapak tersebut. Semua gratis. Se bab, ini diperuntukkan untuk kelangsungan usaha mereka (pedagang, Red),’’ tegas Asisten II Pemkot Metro Megawati Karim kepada Radar Lampung kemarin (20/1).

Lapak yang berada di pasar, sambung Megawati, memang berbeda dengan grosir luar gedung. Dari data yang ada, terdapat 54 pedagang grosir yang telah menempati tendanisasi yang dibangun atas inisiatif pedagang dengan ukuran 3 x 6 meter.

’’Jelas berbeda dengan mereka yang membangun di luar pasar. Konsepnya mereka sewa lahan. Kesepakatannya, pedagang harus membayar sekitar Rp500 ribu untuk lima tahun. Seperti grosir pedagang cabai yang sudah berdiri. Nah untuk

membangunnya, baik itu seng, papan, paku, maupun bahan-bahan lainnya, tentu biaya mereka yang keluarkan sendiri. Itu di luar tanggung jawab peme rintah,’’ tegasnya.

Biaya sewa Rp500 ribu, sambung Megawati, sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) No. 16/2006. ’’Uang-nya pun sudah masuk kas daerah. Itu sesuai MoU atau kesepakatan pemerintah dengan pedagang. Sekali lagi tegas kami sampaikan jika ada PKL yang membayar lapak khususnya dalam pasar, segera laporkan ke polisi. Sertakan kuitansi maupun bukti yang menguatkan untuk diproses!’’ timpalnya.

Megawati menambahkan, relokasi PKL adalah salah satu solusi yang dinilai pemkot tepat untuk menata dan memberikan tempat yang laik bagi pedagang untuk berusaha. Pasar yang baru selesai dibangun ini merupakan bantuan dari Kementerian Perda gangan yang berlokasi di Keca-matan Metro Timur.

Terpisah Anggota Komisi II DPRD Kota Metro Nasrianto Effendi mengemukakan, pihaknya telah memiliki bukti-bukti laporan dari pedagang menyangkut pe-narikan pungutan lapak bagi PKL. ’’Ada beberapa SMS yang masuk ke saya, menyatakan keberatan. Ini pun berkaitan dengan adanya tarif lapak pasar Tejoagung,’’ ujar Nasrianto. (ful/p7/c3/adi)

Laporkan Pungli Relokasi PKL!

Betansubing Tetap Mati Suri

FOTO RNN

BERSIHKAN SELOKAN: Wakil Bupati Lampung Tengah Mustafa bersama warga dan murid sekolah saat ’’blusukan’’ untuk membersihkan selokan di Kampung Lempuyangbandar kemarin (20/1).

FOTO FAJAR ADITYA ARIFIN

TERBENGKALAI: Terminal Betansubing yang hingga kini masih terbengkalai.

Page 30: RADAR LAMPUNG | Senin, 21 Januari 2013

Lampura-Lambar-Waykanan

LAMPUNG RAYASENIN, 21 JANUARI 201330

LIWA – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Lampung Barat mencatat selama 2012 jumlah investor yang ber-investasi di kabupaten itu sebanyak 18 perusahaan. Jumlah itu mening-kat dari tahun sebelumnya yang hanya mencapai 10 perusahaan.

Kepala Bappeda Lambar Su-darto melalui Kabid Statistik dan Penanaman Modal Edi Jaya me-ngatakan, rincian dari 18 per-usahaan itu di bidang perbankan adalah Bank Syariah Mandiri, Bank Danamon, dan Bank Muamalat. Lalu, di bidang konservasi, wisata, serta jasa akomodasi adalah PT Adhiniaga Kreasi Nusa dan PT Padang Impian.

”Kemudian untuk bidang komunikasi adalah PT Daya Mitra Telekomunikasi dan PT Tower

Bersama. Kemudian di bidang pertambangan adalah PT Hulu Batu, PT Batin Karya, PT Lampung Hidro Energy, PT Suci Karya Ba-dinusa, dan PT Wijaya Karya. Ter-akhir untuk kesehatan adalah CV Azdka dan PT Liwa Sehat Madani,” ujarnya kemarin.

Dia mengharapkan jumlah investasi yang dilakukan oleh 18 perusahaan itu bisa mencapai Rp2 miliar. Terlebih, kata dia, dalam rangka meningkatkan investasi di Lambar, selama ini pemkab telah melakukan berbagai upaya. Di antaranya melakukan promosi dan menjual potensi unggulan melalui berbagai pameran maupun acara lainnya.

Selain itu, Pemkab Lambar juga telah mengeluarkan kebijakan untuk memudahkan prosedur penerbitan

perizinan guna menja min kepastian hukum bagi calon investor yang akan menanamkan modalnya di kabupaten tersebut.

”Legalitas dan kepastian hukum harus dijamin agar makin banyak investor yang mau berinvestasi di Lambar sesuai Peraturan Bupati (Perbup)No. 42/2009 tentang Pedoman dan Tata Cara Pena-nam an Modal di Lambar,” ung-kapnya.

Edi menambahkan, sesuai perbup itu, setiap calon investor wajib mengajukan surat permo-honan penanaman modal kepada bupati melalui Bappeda. Setelah mendapat persetujuan dilanjutkan dengan pengurusan perizinan pelaksanaan modal melalui Kantor Perizinan Terpadu Satu Pintu.(gyp/p2/c2/whk)

18 Perusahaan Investasi di Lambar

PENERANGAN

Pelihara 250 Lampu Jalan SEBANYAK 250 titik lampu jalan yang tersebar

pada 20 kecamatan di Kabupaten Lampung Barat tahun ini akan mendapatkan pemeliharaan. Pemeli-haraan ini lebih tinggi dari 2012 yang hanya 156 titik.

Kepala Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup, Kebersihan, dan Pertamanan (BPLHKP) Bangun melalui Kabid Pertamanan Ir. Faisol mengatakan, dana pemeliharaan ratusan lampu jalan itu nilainya mencapai Rp375 juta. ”Selain itu, ada pemasangan lampu jalan yang baru di lima titik di Jl. Mawar dalam lingkungan kantor pemkab,” ujarnya kemarin.

Dia mengatakan, dana yang bersumber dari APBD 2013 itu akan dibagi di 20 kecamatan. Sedangkan lima kecamatan lainnya tidak ada pemeliharaan lampu jalan karena belum memiliki jaringan listrik. Contohnya, Kecamatan Suoh, Bandarnegeri Suoh, Pagardewa, Bengkunatbelimbing, dan Ngambur.

”Untuk 20 kecamatan itu, secepatnya akan kita kirim kan surat edaran agar pihak kecamatan se gera mendata lampu jalan yang dianggap rusak di masing-masing kecamatan. Hasil pendataan itu yang akan dila kukan perbaikan,” ungkapnya. (gyp/p2/c2/whk)

PENANGGULANGAN BENCANA

Harapkan Dana On Call BADAN Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)

Waykanan mengharapkan tersedianya dana on call (siap pakai, Red) untuk menghadapi bencana alam. Terlebih akhir bulan ini atau pada pertengahan Februari diprediksi sebagai puncak hujan sehingga peluang terjadinya bencana alam semakin besar.

”Kendala utama kami adalah belum tersedianya sumber daya manusia, sarana-prasarana, dan dana yang mendukung tugas kami. Karena dalam pencairan dana untuk penanggulangan bencana, proses administrasinya mengacu pada hasil pendataan sehingga memerlukan waktu lama,” ungkap Kepala BPBD Waykanan A.B. Munir kemarin.

Mantan camat Baradatu ini menerangkan, kini satker yang dipimpinnya baru didukung personel sebanyak 16 orang dan beberapa tenaga harian lepas. Padahal, menurutnya, untuk mendukung tugas BPBD dibutuhkan personel sebanyak 50 orang.

”Meski begitu, kami akan berupaya semaksimal mungkin. Yang pasti, kini kami masih membutuhkan sarana-prasarana berupa perahu karet, tenda standar, pompa, tenda evakuasi, dan peralatan penanggulangan bencana lainnya,” paparnya. (sah/p2/c2/whk)

ABUNG SELATAN – Jalan lintas tengah Sumatera (jalintengsum) kembali menelan korban jiwa. Kali ini korbannya adalah Abdul Gofur, warga Desa Waypetai, Kecamatan Sumberjaya, Lampung Barat.

Pemuda berusia 24 tahun ini tewas dalam kecelakaan lalu lintas (lakalantas) di jalintengsum, tepatnya di Desa Kem-bangtanjung, Kecamatan Abung Selatan, Lampung Utara, sekitar pukul 16.30 WIB kemarin.

Gofur tewas lantaran mengalami luka parah di bagian kepala dan pendarahan di telinga. Hingga kemarin, jasad pemuda itu masih berada di Rumah Sakit M. Yusuf, Desa Kalibalangan, Kecamatan Abung Selatan, Lampura.

Menurut Aprilia (24), pemilik warung makan di pinggir jalintengsum, Desa Kembangtanjung, korban mengendarai motor Yamaha Jupiter Z warna merah-hitam BE 7017 MG dari arah Kota Bandar-lampung menuju Kabupaten Lambar.

Ketika di lokasi kejadian, dari arah depan muncul mobil Toyota Rush BE 2583 JD warna putih yang dikemudikan Indra (24), warga Kelurahan Tanjung harapan, Kecamatan Kotabumi Selatan. Ketika itu, mobil tersebut menyalip kendaraan di depannya dan langsung menghantam motor yang dikemudikan Gofur.

”Setelah bertabrakan, mobil muter-muter, lalu motor berada di bawah kolong mobil. Sementara korbannya terpental ke pinggir jalan hingga meninggal dunia,” kata dia di lokasi kejadian kemarin.

Selanjutnya, jasad korban dilarikan ke Rumah Sakit M. Yusuf. Dokter piket Rumah

Sakit M. Yusuf, dr. Wawan, menga takan, korban meninggal dunia karena mengalami luka parah di kepala dan pendarahan di kedua telinga. ”Jasad korban masih kita semayamkan di sini,” ucapnya.

Kasubbag Humas Polres Lampura Iptu Kurmen Rubiyanto membenarkan kejadian itu. Dia mengatakan, jasad Gofur sudah dibawa ke Rumah Sakit M. Yusuf. Sedangkan motor dan mobil diamankan di Mapolsek Abung Selatan. (ung/rnn/p2/c2/whk)

Lakalantas, Satu Tewas

FOTO NURMAN AGUNG/RNN

DIAMANKAN: Mobil Toyota Rush BE 2583 JD yang dikemudikan Indra (24), diamankan di Mapolsek Abung Selatan Lampung Utara, setelah bertabrakan dengan sepeda motor Yamaha Jupiter Z BE 7017 MG di Jalintengsum kemarin.

FOTO NURMAN AGUNG/RNN

RINGSEK: Kondisi motor Yamaha Jupiter Z BE 7017 MG setelah bertabrakan.

mpura Lambar Waykananmpura-Lambar-Waykanan

PUNG RAYASENIN, 21 JANUARI 2013

Page 31: RADAR LAMPUNG | Senin, 21 Januari 2013

SENIN, 21 JANUARI 2013LAMPUNG RAYA

31Tuba-Tuba Barat-Mesuji

KEPALA Dinas Pertanian, Perkebunan, dan Ke-hutanan (DP2K) Tuba Barat Ir. Abdul Sani, M.M. mengungkapkan, stok pupuk bersubsidi yang telah dipersiapkan untuk kebutuhan petani setem pat yang sudah didistribusikan dari pusat sebanyak 12 ribu ton.

’’Seperti biasanya, kami mengajukan 20 ribu ton. Tetapi yang ter-cover 12 ribu ton. Pada tahun sebelumnya, 12 ribu ton itu sudah cukup meme nuhi kebutuhan masyarakat,” ungkapnya.

Perlu diketahui, pada program ke depan, pihaknya akan fokus di bidang pertanian. Sebab saat ini, penanggulangan pertanian di Tuba Barat masih terhitung rendah, meski upaya-upaya sudah dijalankan. ’’Saya akan prioritaskan dalam hal mengatasi kendala petani agar ke depan pertanian di Tuba Barat semakin meningkat,’’ ujarnya.

Ia mengatakan, pada Februari 2013, pihaknya akan mengadakan musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) di bidang pertanian, perkebunan, dan kehutanan. Musrenbang tersebut bertujuan menyerap aspirasi dari masyarakat mengenai apa kekurangan yang terdapat di lapangan. Setelah terhimpun semua kebutuhan atau kekurangan dari masyarakat, akan diprioritaskan untuk ditanggulangi pada 2014.

’’Hal itu dalam rangka meningkatkan pengha-silan atau perekonomian masyarakat di Tuba Barat,” pungkasnya. (rnn/p7/c1/adi)

DINAS Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga (Disparbudpora) Tuba Barat me-ngem bangkan potensi pariwisata. Ada tiga objek wisata yang dijadikan fokus. Yakni perairan, sejarah, dan budaya.

Kepala Disparbudpora Tuba Barat Drs. Gustami, M.Si. menerangkan, potensi pariwisata ini cukup besar. Seperti aliran Sungai (Way) Kanan dan Way Kiri yang dapat dikembangkan menjadi objek wisata perairan.

Untuk objek wisata sejarah di antaranya Bawang (Sungai) Lambu di Kecamatan Lam-bukibang, Makam Minak Mangku Bumi Kecamatan Pagardewa, dan Makam Tubagus M. Ali di Kampung Penumangan. Kemudian Makam Minak Indak di Kampung Panaragan Kecamatan Tulangbawang Tengah, Makam Tuan Alim Pandita Ratu di Kampung Karta, dan ada Benteng Sabuk di Kampung Gunungkatun Kecamatan Tuba Udik.

Sementara untuk wisata budaya, lanjut Gustami, misalnya perkampungan penduduk asli di Kecamatan Pagardewa. Selain itu beberapa tempat rekreasi juga sudah tersedia seperti wahana waterboom di Kalimiring Murnijaya, dan Dayamurni Kecamatan Tumijajar.

’’Selain itu juga sudah berkembang tempat wisata kuliner seperti lesehan apung yang menyajikan aneka menu ikan di Kelurahan Dayamurni Kecamatan Tumijajar dan Kampung Pulungkencana Kecamatan Tuba Tengah,” jelasnya. (rnn/p7/c1/adi)

PARIWISATA

PERTANIAN

Fokus Tiga Objek

Cukupi Kebutuhan Petani

TUBA BARAT - Balai Penyuluh Perta nian, Perikanan, dan Kehutanan (BP3K) Kecamatan Tumijajar, Tuba Barat, melakukan pemulihan tanaman padi sawah yang mulai terserang hama jamur.

Menurut Kepala BP3K Tumijajar Sutrisna, untuk tanaman padi sawah yang sudah terserang hama jamur atau blast, pihaknya akan terus bekerja sama dengan petani untuk melakukan penyemprotan secara intensif.

’’Sementara untuk tanaman padi sawah yang aman dari serangan hama jamur, kita juga tak tinggal diam dan akan melakukan langkah antisipasi dengan bekerja sama semua petani

yang ada,” ujar Sutrisna.Selanjutnya, dia berharap dan akan

terus berupaya semaksimal mungkin mengamati semua tanaman padi sawah dengan bekerja sama semua petani yang ada di wilayah kerjanya.

’’Kita berharap dengan upaya dan kerja keras dapat membuahkan hasil. Paling tidak produktivitas padi tahun ini dapat memenuhi kebutuhan beras masyarakat di wilayah Tumijajar. Untuk saat ini, kita bersyukur meski ada sebagian kecil tanaman yang terserang hama, berkat kerja sama kita hal itu dapat segera diatasi,” jelas Sutrisna.

Diketahui sebelumnya,  ribuan

hektare padi sawah yang ada di wilayah Tumijajar mulai terserang hama blast. Hal ini berakibat layunya tanaman padi yang baru berusia 45 hari sampai dua bulan.

Sugeng (41), salah satu petani padi yang ada di Kampung Dayaasri, meng-ungkapkan, ada seratusan petani yang terancam mengalami kerugian akibat hama tersebut. Betapa tidak, meski hama padi ini dapat diatasi, hasil panen dipastikan mengalami penurunan tajam.

’’Kalau tidak terserang hama, idealnya per hektare petani menghasilkan padi rata-rata 1,5 ton. Kalau pemulihan akibat hama bagus,

paling petani mengalami penurunan panen dengan rata-rata 1,2 ton/hektare. Tetapi kalau pemulihan tak bagus, maka dapat dipastikan hasil panen rata-rata kurang 1 ton/hektare,” bebernya.

Sugeng menambahkan, tanaman padi di wilayah kecamatan ini terdiri 3 pola tanam. Kalau pola tanam A usia padi saat ini rata-rata baru 2 bulan, pola B usia tanaman 45 hari, dan pola tanam C saat ini baru berumur 1 bulan. Untuk pembagian air cukup.

’’Karena mulai terserang hama ini, kami sudah melakukan penyemprotan massal dengan dibantu BP3K Tumijajar,” tuturnya. (rnn/p7/c1/adi)

TUBA BARAT - Camat Tulang-bawang Udik, Tuba Barat, Dra. Kruyuni meminta masyarakat was pada terhadap informasi pem-buatan sertifikat prona dengan biaya Rp700 ribu/sertifikat.

Dijelaskannya, sebagai camat atau pemerintahan tertinggi di kecamatan setempat, dirinya tidak mau warga jadi korban penipuan sejumlah oknum. Selain itu, Kruyuni juga tak mau warganya dirugikan.

’’Kalaupun ada pembuatan sertifikat prona, tentunya BPN (Badan Pertanahan Nasional) ada koordinasi dengan kecamatan. Dan sebaliknya, warga yang ingin membuat sertifikat prona tentunya juga harus ada rekomendasi dari kecamatan. Ini baru dinamakan legal. Kalau tanpa melalui proses ini, tentunya hal itu ilegal alias penipuan,” tegas Kruyuni.

Dia melanjutkan, kalau me-mang ada warga yang ingin mem-buat sertifikat prona secara resmi, bisa menghubungi pihak keca-matan yang siap memfasilitasi.

’’Kalau resmi melalui keca matan, tentunya kecamatan siap bertang-gung jawab penuh bila terjadi keterlambatan atau ada kendala lainnya. Tetapi sebaliknya, jika tanpa sepengetahuan pihak kecamatan, siapa yang akan ber tanggung jawab kalau terjadi permasalahan di kemudian hari. Hal ini tentunya akan merugikan warga yang ber-sangkutan,” jelasnya.

Sejauh ini, sambung Kruyuni, belum ada informasi dari pihak BPN Tuba terkait pembuatan sertifikat prona. Karena itu, dia memastikan kalau pembuatan sertifikat prona yang beredar di masyarakat ilegal. ’’Sekali lagi saya mengimbau dan berharap kepada masyarakat yang ada di Kecamatan Tuba Udik untuk waspada sebelum terlambat. Jangan tergiur dengan harga pem buatan sertifikat yang murah, tetapi terjadi permasalahan di ke mudian hari,” pungkasnya. (rnn/p7/c1/adi)

MESUJI - Bupati Mesuji Kha-mamik, S.H. berkomitmen terus meningkatkan mutu pendidikan di kabupatennya. Salah satunya dengan segera merealisasikan pembangunan akademi negeri di Mesuji agar terwujud sumber daya manusia (SDM) yang unggul.

Khamamik mengatakan, untuk mencetak SDM yang bermutu, tentunya harus didorong dengan mutu pendidikan. Untuk itu, pemkab akan membangun akade-mi negeri sebagai bentuk pening-katan pendidikan bagi anak-anak didik di Mesuji.

’’Selama ini mayoritas lulusan SMA atau sederajat yang ada di Mesuji tidak dapat melanjutkan sekolah ke tingkat perguruan tinggi karena keterbatasan dana. Itu disebabkan Mesuji saat ini belum ada perguruan tinggi se-hingga kuliah menjadi sesuatu yang mahal. Selain menanggung SPP, orang tua juga harus menge-luarkan biaya  untuk kos,” tutur Khamamik saat meninjau lokasi calon akademi negeri kemarin.

Dilanjutkan, calon lokasi yang akan dibangun akademi negeri merupakan hibah dari masyarakat

Desa Muktikarya. Selain akan dibangun kampus, di lokasi yang sama juga akan dibangun sekolah unggulan terpadu yang menam-pung siswa pada semua jenjang pendidikan. Mulai tingkat dasar hingga perguruan tinggi.

’’Kita patut bangga terhadap warga Desa Muktikarya yang ingin menghibahkan tanahnya  untuk lokasi akademi negeri. Ini meru-pakan pengorbanan yang tak ternilai. Itu juga merupakan sumbangan yang berguna untuk mem percepat proses pem-bangunan di Mesuji.  Peningkatan

SDM ini sangat bergantung dari kualitas pendidikan. Saya pastikan dengan berdirinya akademi negeri ini akan ada lompatan kualitas SDM di Mesuji,” paparnya.

Selain meningkatkan mutu pendidikan sebagai dasar program pemkab mesuji juga dapat mem-bantu masyarakat miskin lainnya dalam mendidik anak-anaknya dalam mendapatkan ilmu penge-tahuan yang luas didalam menepa ilmu diperguruan tinggi.

Saat ini sambung Khamamik, banyak masyarakat yang enggan untuk meneruskan anak-anaknya

kejenjang pendidikan yang lebih tinggi. Ini disebabkan selain jarak tempuh yang jauh, juga beban pengeluaran juga sagat tinggi. Untuk mengurangi hal itu maka pemkab mesuji mengambil lang-kah untuk mendidirikan akademi negeri.

Sementara, Kepala Desa Mukti Karya Suyati menerangkan, secara keseluruhan luas areal tanah dilokasi tersebut seluas 32 hektar, yang sudah resmi dihibahkan kepada Pemkab untuk kebutuhan lokasi pendidikan seluas 15 hektar.

Hibah melalui akta yang dike-

luarkan oleh Camat Panca Ja-ya  selaku Pejabat Pembuat Akta Tanah Sementara (PPATS) dengan Nomor 595/22/AH-PJ/2010, Tanggal 10 November 2012.

“Sejak dulu masyarakat mukti karya mendambakan dibangunnya pusat pendidikan di desa kami, sehingga kami bersedia meng-hibahkan tanah tersebut kepada Pemerintah Kabupaten Mesuji,” terang suyati.

Untuk mewujudkan impian masyarakat Mukti Karya yang menginginkan terbangunnya pusat pendidikan didesanya,

mereka siap untuk menghibahkan semua tanah dilokasi tersebut kepada Pemerintah Kabupaten Mesuji.

“Ini merupakan cita-cita mas-ya rakat Mukti Karya sejak dahulu, jangankan cuma 15 hektar mas-yarakat Mukti karya pun siap jika harus menghibahkan tanah tersebut seluruhnya , lahan 32 Hek tar ini akan kami hibahkan ke Pemerintah Kabupaten asalkan untuk sarana dan prasarana penun jang kegiatan pendidikan, ini sudah komitmen kami sejak dulu,“ katanya. (fei/p7/c1/adi)

Khamamik Realisasikan Akademi Negeri

ATASI SERANGAN HAMA JAMUR PADI

BP3K-Petani Intensifkan Penyemprotan

Warga Diminta Waspadai Sertifi kat Prona

FOTO AGUS TARIZAL/RNN

TERGENANG: Setiap hujan agak lebat, Pasar Inpres Dayamurni selalu tergenang. Pedagang dan masyarakat sekitar berharap Pemkab Tuba Barat secepatnya membangun drainase dan paving block di pasar itu.

Page 32: RADAR LAMPUNG | Senin, 21 Januari 2013

SENIN, 21 JANUARI 201332 Lamsel-Tanggamus-Pesawaran-PringsewuGEDONGTATAAN – Perhatian Pem-

kab Pesawaran terhadap ke hu tanan dan perkebunan patut di apresiasi. Buktinya, beberapa pro gram akan dilaksanakan pada 2013 untuk mendukung kelestarian hu tan di kabupaten berjuluk An dan Jejama ini.

Kepala Dinas Kehutanan dan Per-kebunan (Dishutbun) Pe sa wa ran

Sayuti mengatakan, luas ka wasan hutan adalah 32.854 hek tare (ha) atau 27,99 persen da ri luas wilayah kabupaten ini. Ka rena itu, selama dua tahun be lakangan ini kegiatan kehutanan di fokuskan kepada program re ha bilitasi hutan dan lahan.

Yaitu berupa kegiatan pem ba ng-unan kebun bibit rakyat (KBR) sebanyak

dua juta batang ke pada 40 kelompok tani yang di serahkan secara simbolik oleh Menteri Kehutanan RI Zulkifli Ha san sebanyak seribu batang. Ke-mudian program pengamanan hu tan dan program pengembangan budi daya lebah madu.

”Nah, pada 2013 akan di lak sa na-kan kegiatan rehabilitasi hu tan dan

lahan berupa reboisasi se luas 100 ha di kawasan hutan lin dung Register 21 serta pem ba ngunan hutan rakyat berupa ban tuan langsung masyarakat (BLM) secara block grant seluas 100 ha untuk empat kelompok ta ni hutan,” ujarnya kepada Radar Lam pung kemarin.

Pada 2013 juga akan dil ak sa na kan

ke giatan pembuatan UPH ka kao, be-rupa alat pengering ka kao, kotak fermentasi kakao, dan pengukur kadar air sebanyak 9 unit untuk 9 kecamatan. ”Selain itu, akan dilaksanakan pem-berian bantuan bibit karet dan pupuk seluas 60 ha untuk dua kecamatan. Yakni Tegineneng dan Negerikaton,” katanya. (whk/p6/c2/dna)

FOTO IST. FOR RADAR LAMPUNG

BERDISKUSI: Bupati Lampung Selatan Rycko Menoza S.Z.P. beramah-tamah dengan sejumlah wartawan surat kabar harian di Graha Pattimura, Bandarlampung, Sabtu (19/1).

PRINGSEWU – Dicurigai sebagai pencuri, Rollis (45), warga Desa Gerning, Kecamatan Tegineneng, Pesawaran, nyaris dihakimi massa, Sabtu (19/1). Usut punya usut, ternyata laki-laki itu diduga sebagai psikotik atau memiliki gangguan jiwa.

Kecurigaan warga pada Rollis menyusul hilangnya sapi milik Kuat (60), warga RT 06/RW 02 , Pekon Bandungbaru, Kecamatan Adiluwih, Pring sewu. Sapi itu akhirnya ditemukan di per-kebunan kopi pekon setempat sekitar pukul 06.30 WIB. Sementara, Rollis ada di tempat itu.

Kepala Pekon Bandungbaru Sutrisno men-jelaskan, dua ekor sapi milik Kuat di kandang ter naknya hilang dari kandangnya pada pukul 03.00 WIB. Pagi harinya, Kuat langsung mencari sa pinya yang hilang. Tak berapa lama, dia me-nemukan sapinya di sekitar kebun kopi tanpa diikat.

Namun, tak berapa jauh dari tempat itu di li-hatnya ada orang yang sedang duduk di bawah po hon jengkol sambil merokok. Yang membuatnya tam bah curiga, orang itu mengenakan baju mi-liknya yang biasa dipakai untuk mencari rumput.

’’Warga yang ikut mencari sapi langsung mencurigainya sebagai pencuri sapi milik Pak Kuat,” kata Sutrisno.

Khawatir masyarakat semakin beringas, warga se kitar langsung mengamankannya dan diserahkan ke Mapolsek Sukoharjo. ”Kebetulan ada petugas yang ada di situ. Apalagi sekarang ini lagi rawan ke malingan sapi. Pak Daud, Kapolsek Sukoharjo, mengatakan, akan mengecek kondisi kejiwaannya di rumah sakit jiwa,” ujarnya.

Terkait hal ini, Kapolsek Sukoharjo AKP M. Daud mengatakan, berdasar hasil pemeriksaan, Roll is bukan pelakunya. ”Dia orang tidak waras. Ditanya saja susah, ngomongnya saja tidak jelas,’’ aku nya.

Atas persetujuan warga dan kepala pekon, Rol-lis diserahkan kepada keluarganya. ”Warga  se tuju agar dirawat sendiri oleh keluarganya de ngan  menyerahkannya ke rumah sakit  jiwa,” ujarnya.

Terpisah, kantor leasing Federal International Fi nance (FIF) di Desa Seloretno, Kecamatan Sidomulyo, Lampung Selatan, juga tidak luput dari sasaran pencuri. Kantor yang mengurusi pem biayaan sepeda motor ini dibobol maling, Ju mat (18/1) sekitar pukul 03.00 WIB. Padahal, kan tor itu hanya berjarak sekitar 200 meter dari ma polsek setempat.

Ditaksir kerugian yang dialami mencapai ju taan rupiah. Sebab, pencuri yang diperkirakan le bih dari satu orang ini berhasil menggondol sejumlah alat elektronik. Seperti kulkas, televisi (LCD), dan mesin cuci. Beruntung, satu unit brankas yang berisi surat-surat penting dan barang ber harga gagal dibawa pencuri itu diduga karena brankas tersebut memiliki bobot yang berat.

Kanitreskrim Aiptu Salman mewakili Kapolsek Si domulyo AKP Mulyadi Yakub dan Kapolres Lam sel AKBP Bayu Aji menjelaskan, pelaku pen-curian itu diperkirakan lebih dari dua orang. Mo dus yang digunakan adalah dengan cara me rusak atau mencongkel folding gate meng-gu nakan benda keras.

Mantan Kapospol Kotadalam itu melanjutkan, selain telah melakukan olah tempat kejadian per kara (TKP), polisi juga telah meminta keterangan dua saksi. Yakni pegawai FIF yang berjaga pada ma lam hari. Kasus itu kini sedang dalam pe-nye lidikan.

Menurutnya, yang kini menjadi kendala pi-haknya dalam menyelidiki kasus itu adalah kantor FIF tidak memiliki alat deteksi alarm dan tidak me miliki kamera CCTV. ”Ini peringatan bagi kan tor-kantor lainnya yang tidak menggunakan CCTV agar segera menggunakan. Sebab, jika alat pendeteksi itu terpasang, kami bisa dengan ce pat mengungkap pelakunya,” kata Salman.

Sementara pada hari yang sama, jajaran anggota Sat reskrim Polres Lamsel berhasil meringkus pe nadah hasil pencurian telepon genggam. Pelaku ber inisial YD (28), warga Desa Waymuli, Kecamatan Ra jabasa, ini diamankan ketika berada di ke dia-mannya. (rnn/dur/p6/c2/dna)

Rehabilitasi 100 Ha Lahan Register 21

Rekam Data E-KTP Diperpanjang

KOTAAGUNG – Masih ada waktu bagi warga yang belum melakukan perekaman data KTP elektronik (E-KTP) pada 2012 secara gratis. Dinas Ke-pen dudukan dan Pencatatan Sipil (Dis dukcapil) Tanggamus kembali memperpanjang masa perekaman data hingga Oktober 2013.

Kadisdukcapil Tanggamus R. Bam-bang Prahoro mengatakan, per pan-ja ngan itu sesuai dengan instruksi Ke menterian Dalam Negeri (Ke men-dagri). Dalam instruksinya, Mendagri me minta untuk terus melakukan pe-rekaman guna mencapai target yang telah ditentukan. ’’Diharapkan target 100 persen E-KTP untuk warga Tang-gamus dapat terealisasi karena waktu pe rekaman masih panjang,” ujar Bam-bang kepada Radar Lampung kemarin.

Menurut Bambang, kini masyarakat yang sudah melakukan perekaman sebanyak 244.242 orang dari targetnya 468.655 warga yang wajib ber-KTP. Sehingga masih ada 224.413 warga lagi yang harus melakukan perekaman data untuk E-KTP.

Dari jumlah warga yang sudah me lakukan perekaman, sebanyak 25 per sennya atau 84.637 orang sudah men dapatkan E-KTP. Pembagian E-KTP langsung dilakukan aparatur kecamatan setelah menerima hasil kiriman dari pemerintah pusat.

Bambang menambahkan, dari kegiatan perekaman yang dilakukan selama ini, ada beberapa kendala yang kerap muncul. Misalnya, masih ada warga belum memiliki kartu keluarga (KK) yang merupakan syarat untuk perekaman. Di mana, pembuatan nomor induk kependudukan (NIK) mengacu kepada KK. ”Jadi sebelum perekaman, ma sya rakat harus punya KK terlebih dahulu. Set elah itu, baru dapat melakukan pe rekaman,” ujarnya.

Kendala selanjutnya, perangkat yang kerap bermasalah. Di antaranya perangkat tidak lengkap, rusak, dan ku rangnya program untuk sinkronisasi NIK dari database Disdukcapil ke perangkat perekaman. ”Untuk hal ini, kami telah minta PT Quadra sebagai rekanan penyedia pe rangkat supaya mendirikan cabang di sini agar ketika terjadi masalah bi sa segera ditangani,” bebernya.

Dengan perpanjangan waktu pe-rekaman E-KTP, maka rencana pe-na rikan tarif pembuatan E-KTP sebesar Rp75 ribu untuk sementara belum diterapkan. Pasalnya, kini perekaman masih menggunakan dana APBN. Namun, selepas Oktober 2013, pe re-ka man akan ditarik Rp75 ribu karena E-KTP dicetak di masing-masing ka-bupaten/kota. (ehl/p6/c2/dna)

Psikotik Nyaris Dimassa