rabu, 18 agustus 2010 | media indonesia penantian kisi ...· jadi penyelenggara hajatan terakbar...

Download RABU, 18 AGUSTUS 2010 | MEDIA INDONESIA Penantian KISI ...· jadi penyelenggara hajatan terakbar se-jagat

Post on 09-Jun-2019

212 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

KEINGINAN Ketua Umum PSSI Nurdin Halid untuk men-calonkan diri kembali dalam kongres pada 2011 bakal mene-mui ganjalan. Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Komite Olimpide Indo-nesia (KOI) melarang induk organisasi olahraga dipimpin seorang mantan narapidana.

Nurdin pernah menjadi narapidana kasus korupsi min-yak goreng senilai Rp168,7 mil-iar. Ketua Bidang Hukum dan Olahraga KOI Timbul Thomas Lubis menegaskan KOI tidak akan mengirimkan cabang sepak bola ke SEA Games 2011 dan pesta olahraga multiajang lainnya jika PSSI bersikukuh mempertahankan Nurdin.

Untuk saat ini, Nurdin masih bisa melanjutkan tam-puk kepemimpinan karena AD/ART KOI tidak berlaku surut. Tetapi, ia tidak bisa lagi mencalonkan diri dalam kongres tahun depan karena tidak memenuhi kriteria yang ditetapkan KOI, kata Lubis yang berada di Jakarta saat dihubungi, kemarin.

AD/ART ini sudah disah-kan secara aklamasi oleh para peserta Kongres KOI di Jakarta, 4 Juni lalu. Semua anggota KOI, termasuk PSSI, harus mema-tuhi hal tersebut. Jika melang-gar, PSSI akan terkena sanksi berupa larangan mengikuti ajang multievent, lanjutnya.

Ia menambahkan, kelahir an

AD/ART KOI didasari filo-sofi luhur, yakni olahraga di-lakukan untuk kehormatan, kejujuran, persahabatan, dan disiplin. Falsafah itu tecermin

dalam aturan Komite Olim-piade Internasional (IOC) dan federasi olahraga internasional, termasuk FIFA dan IAAF. Ba-gaimana pemimpin menasihati anggotanya kalau dia sendiri seorang kriminal? Olahraga memiliki unsur kehormatan, kejujuran, dan nilai-nilai luhur kemanusiaan lainnya yang harus dijunjung tinggi, ujar Timbul.

Secara terpisah, Nurdin meno-lak menanggapi pernyataan KOI soal larangan kepada di-rinya untuk mencalonkan diri dalam kongres 2011. Ia menilai organisasi yang dipimpinnya sejak 2003 itu tidak memiliki hubungan administrasi dengan KOI. Ditambahkannya pula,

KOI tidak bisa mencampuri urusan internal PSSI.

Tidak perlu ditanggapi ka-rena tidak ada hubungan PSSI dengan KOI. KOI tidak ada kewenangan sedikit pun untuk urusan keorganisasian PSSI dan KOI bukan atasan PSSI, ujar Nurdin.

Jadi, yang punya ide tentang hal tersebut tidak mengerti berorganisasi dalam hal batas kewenangan dan tanggung jawab. Lebih baik kalian siap-kan forum debat terbuka untuk hal tersebut. Saya siap berdebat secara hukum dan keorganisa-sian dengan Rita Subowo dan para petingginya serta siapa pun pendukung hal tersebut, pungkasnya. (Nav/R-3)

Rusia Hapus Visa Masuk untuk PD 2018

MOSKOW--Perdana Menteri Rusia Vladi-mir Putin menegaskan pemerintahannya bakal menghapus visa masuk bagi para pemain dan suporter apabila negerinya terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018 mendatang. Rusia menjadi salah satu negara yang mengajukan tawaran men-jadi penyelenggara hajatan terakbar se-jagat tersebut, delapan tahun mendatang. Namun, Rusia akan mendapat saing an dari Inggris, Amerika Serikat, serta Spa-nyol dan Portugal yang mencalonkan diri sebagai tuan rumah bersama. Jika kami mendapat kehormatan itu, peme rintah akan memberikan jaminan visa bebas masuk bagi seluruh peserta dan tamu yang datang, ujar Putin saat menerima kunjungan dari tim inspeksi FIFA, kemarin. Perwakilan dari otoritas sepak bola tertinggi di dunia itu mengunjungi sejumlah fasilitas yang tersebar di empat kota negara tersebut.

Nesta Mungkin Tampil di Laga PembukaMILAN--Setelah sukses menjalani operasi lengannya yang retak, bek kawakan AC Milan Alessandro Nesta diharapkan bisa pulih dan tampil pada laga perdana Seri A Liga Italia, dua pekan men-datang. Rossoneri akan menjamu Lecce di Stadion San Siro pada 29 Agustus. Operasi lengan kanannya telah berjalan sukses. Dia juga sudah tampil pada pertandingan persahabatan melawan Juventus di Trofeo TIM. Seharusnya dia sudah bisa bermain pada partai pembuka Seri A nanti, demikian pernyataan klub itu pada la-man www.acmilan.com, kemarin. Pemain berusia 34 tahun itu terus dihantui cedera selama empat musim terakhir ini. Pada musim 2008-09 lalu, ia bahkan sama sekali tidak tampil lantaran cedera punggung. Nesta hijrah dari Lazio ke Milan pada 2002.

Pemain Timnas Siap Masuk PelatnasJAKARTA--Sebanyak 23 pemain timnas senior Indonesia mulai kembali berlatih di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Senin (16/8) malam. Namun, tiga pemain Persipura Jayapura, yakni Boaz Solossa, Imanuel Wanggai, dan Ian Kabes, belum bergabung bersama rekan-rekan mereka. Pelatih kepala timnas Alfred Riedl mengatakan kedua pemain itu sudah berada di Jakarta, tetapi meminta izin untuk tidak berlatih karena alasan yang bisa diterima. Imanuel dan Ian mengalami cedera, se-dangkan Boaz masih bersama keluarganya. Pada hari pertama pelatnas, para pemain hanya melakukan latihan ringan di ruang tertutup stadion itu. Apalagi, kawasan Senayan diguyur hujan deras. Pelatnas ini merupakan bagian persiapan timnas untuk mengikuti Piala AFF di Jakarta dan Hanoi, Desember mendatang. (Rtr/Ant/Nav/R-3)

RABU, 18 AGUSTUS 2010 | MEDIA INDONESIA Olahraga | 23

FINAL Piala Champi-ons di Stadion Wem-bley, London, 20 Mei 1992 lalu, masih ter-simpan dalam lemari sejarah Sampdoria. Itulah penampilan terakhir mereka di turnamen kasta tertinggi Eropa yang kala itu masih menggunakan format lama.

Sayang, klub Seri A itu harus puas tampil sebagai runner-up setelah dipecundangi raksasa Catalan Barcelona 0-1 pada laga fi nal yang melelahkan. Gol tunggal Barca dicetak Ronald Koeman pada menit ke-111 atau memasuki menit ke-6 babak kedua perpanjangan waktu.

Il Samp sebenarnya masih menunjukkan kelas sebagai tim tangguh di kompetisi domestik

dan Eropa hingga pertengah-an 1990-an. Namun, prestasi mereka mulai merosot hingga akhirnya terlempar ke Seri B--Divisi II Liga Italia--pada 1999. Baru empat tahun kemudian, klub asal Genoa itu bisa ber-saing lagi di kompetisi tertinggi di negeri mereka.

Bertahun-tahun mereka ber-juang untuk kembali ke level tertinggi di Eropa. Namun apa daya, mereka hanya bisa ber-laga di pentas Piala UEFA pada 2007-08 dan 2008-09.

Musim ini, penantian pan-jang Sampdoria untuk untuk bisa merasakan kembali atmos-fer Liga Champions akhirnya tercapai. Akan tetapi, sebagai penghuni peringkat empat, Il Samp harus menuju babak utama melalui babak play-off. Dini hari nanti, mereka akan mendapat ujian berat dari tuan rumah Werder Bremen.

Ini duel berat perdana tim

asuhan Domenico de Carlo itu sebelum memulai Seri A. Masalahnya adalah persiapan mereka terbilang minim. Selain itu, komposisi pemain mereka belum menentu hingga pe-nutupan bursa transfer tahap pertama 1 September ini. Salah satunya striker Antonio Cas-sano yang dikabarkan bakal hengkang ke Inter Milan.

Bagi saya, peluang untuk membela Inter (Milan) ada-lah nihil. Saya tidak tahu jika Presiden Riccardo Garrone berpendapat lain. Saya ingin mengakhiri karier di sini. Di Sampdoria, saya baik-baik saja. Saya bahkan merasa se perti raja. Yang terpenting dalam hidup adalah kebahagiaan. Di sini saya bahagia, cetus Anto-nio Cassano kepada La Gazzetta dello Sport.

Meski kerap bertingkah kon-troversial, Cassano tak bisa dielakkan adalah salah satu pemain kunci kebangkitan Sampdoria. Striker 28 tahun yang mendapat tempat kem-bali di tim Azzurri itu pun membantah rumor soal kepin-dahannya ke Inter Milan, klub Seri A yang menjuarai ajang itu musim lalu.

Tidak gentarPernyataan Cassano itu me-

nambah motivasi untuk me-nying kirkan tim yang berusaha menghadang ambisi mereka, Werder. Dengan segala hor-mat kepada Werder Bremen, kami tidak gentar menghadapi siapa pun. Mereka memiliki pemain kelas dunia seperti (Mesut) Ozil, tetapi kami juga punya Cassano dan (Giam-paolo) Pazzini, tegas gelan-dang Fernando Tissone.

Sebaliknya, kubu tuan rumah justru masih dibuat resah oleh kabar transfer bintang mereka Ozil. Pemain yang bersinar pada Piala Dunia 2010 itu gen-car diisukan bakal hengkang ke klub yang lebih besar. Salah satunya Real Madrid.

Tentu saja Anda ingin se-luruh pemain terbaik Anda bermain, tetapi seiring dengan waktu, hal itu semakin sulit, aku pelatih Thomas Schaaf yang membawa Werder me-nempati peringkat tiga Bundes-liga musim lalu itu.

Jadwal leg 1 play-off: Braga-Sevilla, Basel-Sheriff, Partizan-Anderlecht, Salzburg-Hapoel, Werder-Sampdoria. (Rtr/Goal.com/R-5)

anton@mediaindonesia.com

Anton Kustedja

PenantianSampdoriaSudah 18 tahun Il Samp tidak merasakan lagi persaingan di Liga Champions.

KISI-KISI

Nurdin Halid Terganjal Aturan KOI

TUMPUAN TIM: Striker andalan Sampdoria Antonio Cassano telah menyatakan loyalitas dan kesiapan untuk membela timnya itu menghadapi Werder Bremen di babak play-off Liga Champions.

AP/ITALO BANCHERO

AP

REUTERS

Ia tidak bisa lagi mencalonkan diri dalam kongres tahun depan karena tidak memenuhi kriteria KOI.Timbul Thomas LubisKetua Bidang Hukum KOI

Vladimir PutinPM Rusia

Thomas SchaafPelatih Bremen