quality assurance

Download Quality Assurance

Post on 14-Sep-2015

223 views

Category:

Documents

4 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

Digunakan untuk menilai kelengkapan dan keakuratan rekam medis baik rawat inap maupun rawat jalan. dalam melakukan hal tersebut dibutuhkan standard waktu analisis yang ditetapkan oleh organisasi profesi atau rumah sakit.

TRANSCRIPT

Slide 1

QUALITY ASSURANCE

QUALITY ASSURANCEYang dipelajari LAKUKAN PENGAMATAN DALAM PROSES ASSEMBLING CATAT DAN BANDINGKAN DENGAN APA YANG SUDAH DIPELAJARI DALAM ANALISA KUANTITATIF LAPORKAN HASIL TERSEBUT DAN BUAT PERBANDINGAN DENGAN SPM PENGERTIAN ANALISA KUNTITATIF DAN KUALITATIF LATAR BELAKANG Dengan semakin meningkatnya tuntutan masyarakat sehubungan dengan kualitas pelayanan , penelaahan secara kuantitatif maupun kualitatif perlu dilakukan

Konsep Penelaahan : harus dikembangkan secara progresif dengan menampung unsur hukum dan administratif melalui : analisis kuantitatif yang terintegrasi analisis kualitatif administratif yang ditelaah :apakah data/informasi medis yang bermasalah dimanfaatkan tenaga kesehatan. , pemanfaatan informasi tentang tindak lanjut pelayanan medis yang bermasalah tsb dimaksudkan sebagai langkah untuk audit medis

Health Record Entry Documentation5Health Record Entry DocumentationPaper-based records:legible: pastikan bahwa catatan dpt terbaca oleh anggota tim provider yang lainGunakan tinta hitam: untuk mendapatkan hasil maksimal saat dikopi, difaks, atau di-scanningTutup area penulisan yg kosong: beri tanda garis penutupPencatatan urut waktu: jangan melakukan backdateJangan menghilangkan isian: coret 1x pada tulisan yg salah dan beri keterangan salah atau kesalahan tulis. Semua bentuk penghilangan tulisan akan menimbulkan keraguan dan menghilangkan nilai legal catatan tsb.6Quality Assessment & ImprovementStudy of Patient Record Documentation7ANALISA KUANTITATIF

Dimaksudkan untuk menilai kelengkapan dan keakuratan Rekam Medis baik rawat inap maupun rawat jalan. Untuk melakukan dibutuhkan standard waktu analisis yang ditetapkan oleh organisasi profesi atau rumah sakit.

Quantitative Analysis9Quantitative Analysis10Quantitative Analysis11Quantitative Analysis12Quantitative Analysis13Langkah Analisis Kuantitatif14Ringkasan154 Aspek Analisis Kuantitatif16Selanjutnya ..17RanoCenterANALISA KUALITATIF

Tujuan analisa kualitatif adalah terciptanya isi RK/RM yang terhindar dari masukan yang tidak taat asas ( konsisten) maupun pelanggaran terhadap rekaman yang berdampak pada hasil yang tidak akurat dan tidak lengkap.

Pelaksanaan analisis kualitatif dapat dilakukan dengan sampel acak ( random sampling) dan ditelaah secara retrospektif ,sebaiknya analisis kualitatif dilkakukan pada semua berkas RK /RM bila praktisi analisi kualitatif memadai jumlahnya.

Pengembangan analisis kualitatif ( Hatta 2002)Ada 2 kriteria, yaitu medis dan administratif Analisis Kualitatif Administratif ( AKLA )

AKLA menelaah kelengkapan 6 informasi unsur administratif perawatan yaitu :Kejelasan masalah & Kondisi diagnosisMasukan konsistenAlasan pelayananPersetujuan tindakan kedokteran ( informed consent )Telaah rekaman, tulisan terbaca, singkatan baku, tinta Biaya perawatan

Analisis Kualitatif Medis ( AKMed )Adalah kegiatan menganalisis kelengkapan data/ informasi pada RK/RM yang bertujuan untuk mengetahui sejauh apa kualitas pelayanan medis yang diberikan kepada pasien berdasarkan pemanfaatan kelengkapan informasi medis. Kelengkapan informasi pada pemanfaatan menandakan pasien dengan komplikasi atau kondisi beresiko telah ditindaklanjuti oleh tenaga kesehatan . dengan demikian semakin cepat terdeteksinya keadaan , semakin cepat upaya dilakukan semakin tinggi kemungkinan / harapan hidup pasien .

Analisis kualitatif mewujudkan system 3 E yaitu Early warning, early detection , early treatment

Beberapa tahapan untuk melakukan analisa kualitatif :Tentukan standar pelayanan apa yang dianalisis. Cari standar pelayanan medis yang terkait yang telah dikeluarkan oleh pemerintah, standar profesi, buku dll , tuangkan dalam formulir AKMed.Menganalisis data / informasi ekstra pada RK pasien yang bermasalah. Seperti komplikasi/ kondisi buruk yang beresiko/ hasil penunjang yg tidak normal harus ditindaklanjuti dengan cara menganalisis .

Tahapan untuk melakukan analisa kualitatifPada kolom analisis kelengkapan informasi , bila terdapat jawaban ya , artinya px mempunyai masalah , dan harus dilakukan tindakan medis oleh tenaga kesehatanTelusuri sejauh apa kelengkapan data ekstra pada kolom pemanfaatan kelengkapan informasi Lakukan penentuan nilai skor dengan pengolahan data dengan program epi info, apa SpSS. ( social package social science )

TERIMA KASIH

Recommended

View more >