purwakarta dalam angka 2012

331

Click here to load reader

Upload: coband-thea-geunink

Post on 02-Jan-2016

241 views

Category:

Documents


31 download

TRANSCRIPT

Page 1: Purwakarta Dalam Angka 2012

PURWAKARTA DALAM ANGKA 2012

Purwakarta in Figures 2012

ISSN : 0215.4293

Nomor Publikasi / Publication Number : 32140.0801

Katalog BPS / BPS Catalogue : 1403.3214

Ukuran Buku / Book Size : 15 cm x 21 cm

Jumlah Halaman / Total Pages : 327 Naskah / Manuscript : BPS Kabupaten Purwakarta

BPS – Statistics of Purwakarta Regency Gambar Kulit / Cover Design : BPS Kabupaten Purwakarta

BPS – Statistics of Purwakarta Regency

Page 2: Purwakarta Dalam Angka 2012
Page 3: Purwakarta Dalam Angka 2012

PETA

KABUPATEN PURWAKARTA

KAB. KARAWANG

KAB. SUBANG

KAB. KARAWANG

KAB.BOGOR

KAB. CIANJUR

KAB. BANDUNG BARAT

Page 4: Purwakarta Dalam Angka 2012
Page 5: Purwakarta Dalam Angka 2012

Peraturan Daerah Kabupaten Purwakarta Nomor 7 Tahun 2003 tentang Lambang Pemerintah Kabupaten Purwakarta. Arti Lambang 1. Segi berwarna hitam berpelat merah.

Dimaksudkan bendungan serba-guna Jatiluhur, yang merupakan kebanggaan dan kemakmuran rakyat.

5. Putih, kesucian/keikhlasan hati rakyat dalam menanggulangi segala cobaan dan penderitaan.

2. Lengkung berwarna hijau gelombang putih dan biru. Dimaksudkan Situ Buleud.

6. Biru, kesetiaan rakyat terhadap nusa, bangsa dan agama.

3. Rumah berwarna merah dan kuning. Menggambarkan Gedung Kresidenan yang bersejarah, keagungan daerah Purwakarta, atapnya berbentuk gunung Tangkuban Perahu, dihubungkan dengan legenda rakyat, mengenai bendungan sungai, cerita Sangkuriang.

7. Hijau Tua, keagamaan masyarakat Purwakarta merupakan masyarakat yang teguh agama, mereka membenci orang-orang yang munafik dan orang-orang yang melalaikan kewajiban untuk berbakti kepada Tuhan. Mereka semua yakin bahwa dari segala kebesaran dan kemajuan daerahnya ialah petunjuk serta lindungan Tuhan YME.

4. Padi dan kapas. Merupakan lambang kemakmuran yang tidak bisa terpisahkan, sesuai pula dengan penghidupan rakyat Kabupaten Purwakarta yang sebagian besar hidup dari pertanian.

Keterangan

Keterangan Warna:

1. Lambang berbentuk segi lima, sesuai dengan dasar negara yaitu Pancasila yang merupakan tameng Bangsa Indonesia.

1. Hijau Muda, harapan bagi masa depan daerah Purwakarta untuk terus membangun suatu daerah yang adil, makmur dan sejahtera.

2. Pelat merah bertuliskan “Wibawa Karta Raharja”, merupakan semboyan yang berarti daerah yang penuh dengan nuansa keagamaan yang selamanya aman dan makmur.

2. Hitam, ketuhanan dan ketekunan hati.

3. Kuning, keagungan/kebesaran daerah.

4. Merah, tekad perjuangan bangsa yang pantang mundur, rela bermandi darah daripada menyerah.

Page 6: Purwakarta Dalam Angka 2012
Page 7: Purwakarta Dalam Angka 2012

KRONOLOGIS SEJARAH PURWAKARTA

SEBELUM MASA PENJAJAHAN TATA PEMERINTAHAN DAERAH PADA MASA SEBELUM PENJAJAHAN BELANDA

Keberadaan Purwakarta tidak terlepas dari sejarah perjuangan melawan pasukan VOC. Sekitar awal abad ke-17 Sultan Mataram mengirimkan pasukan tentara yang dipimpin oleh Bupati Surabaya ke Jawa Barat. Salah satu tujuannya adalah untuk menundukkan Sultan Banten. Tetapi dalam perjalanannya bentrok dengan pasukan VOC sehingga terpaksa mengundurkan diri.

Setelah itu dikirimkan kembali ekspedisi kedua dari Pasukan Mataram di bawah pimpinan Dipati Ukur serta mengalami nasib yang sama pula. Untuk menghambat perluasan wilayah kekuasaan kompeni (VOC), Sultan Mataram mengutus Panembahan Galuh (Ciamis) bernama R.A.A. Wirasuta yang bergelar Adipati Panatayuda atau Adipati Kertabumi III untuk menduduki Rangkas Sumedang (Sebelah Timur Citarum). Selain itu juga mendirikan benteng pertahanan di Tanjungpura, Adiarsa, Parakansapi dan Kuta Tandingan. Setelah mendirikan benteng tersebut Adipati Kertabumi III kemudian kembali ke Galuh dan wafat. Nama Rangkas Sumedang itu sendiri berubah menjadi Karawang karena kondisi daerahnya berawa-rawa (Sunda: “Karawaan”).

Sultan Agung Mataram kemudian mengangkat putera Adipati Kertabumi III, yakni Adipati Kertabumi IV menjadi Dalem (Bupati) di Karawang, pada tahun 1656. Adipati Kertabumi IV ini juga dikenal sebagai Panembahan Singaperbangsa atau Eyang Manggung, dengan ibu kota di Udug-udug. Pada masa pemerintahan R. Anom Wirasuta putera Panembahan Singaperbangsa yang bergelar R.A.A. Panatayuda I antara tahun 1679 dan 1721 ibu kota Karawang dari Udug-udug pindah ke Karawang, dengan daerah kekuasaan meliputi wilayah antara Cihoe (Cibarusah) dan Cipunagara. Pemerintahan Kabupaten Karawang berakhir sekitar tahun 1811 – 1816 sebagai akibat dari peralihan penguasaan Hindia-Belanda dari Pemerintahan Belanda kepada Pemerintahan Inggris.

MASA PENJAJAHAN TATA PEMERINTAHAN DAERAH PADA MASA PENJAJAHAN BELANDA

Antara tahun 1819 – 1826 Pemerintahan Belanda melepaskan diri dari Pemerintahan Inggris yang ditandai dengan upaya pengembalian kewenangan dari para Bupati kepada Gubernur Jendral Van der Capellen. Dengan demikian Kabupaten Karawang dihidupkan kembali sekitar tahun 1820, meliputi wilayah tanah yang terletak di sebelah Timur kali Citarum / Cibeet dan sebelah Barat kali Cipunagara. Dalam hal ini kecuali Onder Distrik Gandasoli, sekarang Kecamatan Plered pada waktu itu termasuk Kabupaten Bandung. Sebagai Bupati I Kabupaten Karawang yang dihidupkan kembali diangkat R.A.A. Surianata dari Bogor dengan gelar Dalem Santri yang kemudian memilih ibu kota Kabupaten di Wanayasa.

Pada masa pemerintahan Bupati R.A. Suriawinata atau Dalem Sholawat, pada tahun 1830 ibu kota dipindahkan dari Wanayasa ke Sindangkasih, yang kemudian diberi nama “PURWAKARTA’ yang artinya Purwa : permulaan, karta: ramai / hidup. Diresmikan berdasarkan besluit (surat keputusan) Pemerintah Kolonial tanggal 20 Juli 1831 nomor 2.

Pembangunan dimulai antara lain dengan pengurugan rawa-rawa untuk pembuatan Situ Buleud, Pembuatan Gedung Keresidenan, Pendopo, Mesjid Agung, Tangsi Tentara di Ceplak, termasuk membuat Solokan Gede, Sawah Lega dan Situ Kamojing. Pembangunan terus berlanjut sampai pemerintahan Bupati berikutnya.

Page 8: Purwakarta Dalam Angka 2012

PASCA KEMERDEKAAN PEMBAGIAN WILAYAH PEMERINTAHAN DARI TAHUN 1945 - 1999

Kabupaten Karawang dengan ibu kotanya di Purwakarta berjalan sampai dengan tahun 1949. Pada tanggal 29 Januari 1949 dengan Surat Keputusan Wali Negeri Pasundan Nomor 12, Kabupaten Karawang dipecah dua yakni Karawang Bagian Timur menjadi Kabupaten Purwakarta dengan ibu kota di Subang dan Karawang Bagian Barat menjadi Kabupaten Karawang. Berdasarkan Undang-undang Nomor 14 Tahun 1950, tentang pembentukan daerah kabupaten dalam lingkungan Propinsi Jawa Barat, selanjutnya diatur penetapan Kabupaten Purwakarta, dengan ibu kota Purwakarta, yang meliputi Kewedanaan Subang, Sagalaherang, Pamanukan, Ciasem dan Purwakarta.

Pada tahun 1968, berdasarkan Undang-undang Nomor 4 Tahun 1968 tentang Pembentukan Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Subang, Surat Keputusan Wali Negeri Pasundan dirubah dan ditetapkan Pembentukan Kabupaten Purwakarta dengan Wilayah Kewedanaan Purwakarta ditambah dengan masing-masing dua desa dari Kabupaten Karawang dan Cianjur. Sehingga pada tahun 1968 Kabupaten Purwakarta hanya memiliki 4 kecamatan, yaitu Kecamatan Purwakarta, Plered, Wanayasa dan Campaka dengan jumlah desa sebanyak 70 desa.

Untuk selanjutnya dilaksanakan penataan wilayah desa, kelurahan, pembentukan kemantren dan peningkatan status kemantren menjadi kecamatan yang mandiri. Maka saat itu Kabupaten Purwakarta memiliki wilayah: 183 desa, 9 kelurahan, 8 kamantren dan 11 kecamatan.

Berdasarkan perkembangan Kabupaten Purwakarta, pada tahun 1989 telah dikeluarkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor: 821.26-672 tanggal 29 Agustus 1989 tentang lahirnya lembaga baru yang bernama Wilayah Kerja Pembantu Bupati Purwakarta Wilayah Purwakarta yang meliputi Wilayah Kecamatan Purwakarta, Kecamatan Jatiluhur, Kecamatan Campaka, Perwakilan Kecamatan Cibungur yang pusat kedudukan Pembantu Bupati Purwakarta berada di Purwakarta. Sedangkan wilayah kerja Pembantu Bupati Wilayah Plered meliputi wilayah Kecamatan Plered, Kecamatan Darangdan, Kecamatan Tegalwaru, Kecamatan Maniis, Kecamatan Sukatani yang pusat kedudukan Pembantu Bupati Purwakarta berada di Plered. Wilayah kerja Pembantu Bupati Wilayah Wanayasa yang meliputi Kecamatan Wanayasa, Kecamatan Pasawahan, Kecamatan Bojong, Perwakilan Kecamatan Kiarapedes, Perwakilan Kecamatan Margasari, dan Perwakilan Kecamatan Parakansalam yang pusat kedudukan Pembantu Bupati Purwakarta Wilayah Wanayasa berada di Wanayasa yang telah diresmikan pada tanggal 31 Januari 1990 oleh Wakil Gubernur Jawa Barat.

Setelah diberlakukannya Undang-undang Nomor 22 Tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah, serta dimulainya pelaksanaan Otonomi Daerah di Kabupaten Purwakarta tepatnya pada tanggal 1 Januari 2001. Serta melalui Peraturan Daerah Nomor 22 Tahun 2001, telah terjadi restrukturisasi organisasi pemerintahan di Kabupaten Purwakarta. Jumlah Dinas menjadi 18 Dinas, 3 Badan dan 3 Kantor serta Kecamatan berjumlah 17 buah, Kelurahan 9 buah dan Desa 183 buah.

Page 9: Purwakarta Dalam Angka 2012

RIWAYAT PARA PELAKU

I. Para Bupati Karawang yang berkedudukan di Karawang

1. Tahun 1656-1679 Panembahan Singaperbangsa / Adipati Kertabumi IV / Eyang Manggung, berkedudukan di Udug-udug sebagai Bupati Pertama yang merintis pendirian kota Karawang

2. Tahun 1679-1721 R. Anom Wirasuta / R.A.A. Panatayuda I, yang memindahkan ibu kota ke Karawang (Bupati II)

3. Tahun 1721-1731 R. Jayanagara / R.A. Panatayuda II (Bupati III)

4. Tahun 1731-1751 R. Singanagara / R.A. Panatayuda III (Bupati IV)

5. Tahun 1751-1786 R. Moh Soleh / R.A. Panatayuda IV (Bupati V)

6. Tahun 1786-1811 R.A.A. Singasari Panatayuda (Bupati VI)

7. Tahun 1811- (6 bulan) R.A. Suriadilaga (Bupati VII)

8. Tahun 1811-1816 R.A. Sastradipura (Bupati VIII)

II. Para Bupati Karawang yang berkedudukan di Purwakarta

1. Tahun 1820-1827 R.A. Surianata / Dalem Santri, yang menetapkan ibu kota di Wanayasa, selanjutnya wafat dan dimakamkan di tengah Situ Wanayasa (Bupati IX / I)

2. Tahun 1827-1849 R. A. Suriawinata Dalem Sholawat yang memindahkan ibu kota dari Wanayasa ke Sindangkasih dan selanjutnya memberi nama Purwakarta (Bupati X / II)

3. Tahun 1849-1854 R. Sastranegara / R. Moch. Enoch (Bupati XI / III) 4. Tahun 1854-1863 R.A.A. Sastradiningrat I / Uyang Ayim yang membangun pendopo

kabupaten, Mesjid Agung dan Situ Buleud (Bupati XII / IV) 5. Tahun 1863-1886 R.A.A. Sastradiningrat II (Bupati XIII / V) 6. Tahun 1886-1911 R. Suriakusumah / R.A.A. Sastradiningrat III (Bupati XIV / VI) 7. Tahun 1911-1925 R.A. Gandanegara, Bupati terakhir keturunan Singaperbangsa (Bupati

XV / VII) 8. Tahun 1925-1942 Suriamiharja / Adipati Sangsakuning, Bupati terakhir sebelum

pendudukan Jepang (Bupati XVI / VIII) 9. Tahun 1942-1945 R. Pandasuriadiningrat / Konco Bupati XVII / IX, saat pendudukan

Jepang. 10. Tahun 1945-1948 R. Juarsa, Bupati Karawang XVIII / X dan kemudian mengungsikan ibu

kota ke Subang.

Page 10: Purwakarta Dalam Angka 2012

III. Para Bupati Purwakarta yang berkedudukan di Subang

1. Tahun 1948-1949 R. Ateng Supraja (Bupati Recomba, membawahi wilayah eks- Karawang Timur)

2. Tahun 1949-1950 R.M. Hasan Suriasacakusuma, Bupati Recomba II

3. Tahun 1950-1958 R.P.S. Hadipranata, Bupati Kabupaten Purwakarta I berdasarkan Undang-undang Nomor 14 Tahun 1950, sementara berkedudukan di Subang (Bupati Purwakarta I)

4. Tahun 1958-1959 M. Tanu Gandawidjaja, Pejabat Bupati (Bupati II)

5. Tahun 1959-1966 Tb. Mochamad Hasan Sutawinangun (Bupati III)

6. Tahun 1966-1968 Letkol. R.H.A. Samsudin, Bupati Purwakarta IV, selanjutnya menjadi Bupati Subang I.

IV. Para Bupati Kabupaten Purwakarta yang berkedudukan di Purwakarta

1. Tahun 1968-1969 H.S. Ronggowaluyo, Pejabat Bupati (Bupati V / I) 2. Tahun 1969-1979 Kol. Inf. R.A. Muchtar (Bupati VI / II) 3. Tahun 1979-1980 Kol. Inf. R.H.A. Abubakar, Pejabat Bupati merangkap Residen Wilayah

IV (Bupati VII / III) 4. Tahun 1980-1982 Letkol. AU. Drs. Mukdas Dasuki (Bupati VIII / IV) 5. Tahun 1982-1983 Kol. Inf. (Purn) R.H.A. Abubakar, ditunjuk kembali sebagai Pejabat

Bupati merangkap Pembantu Gubernur Wilayah IV / Ka. Itwil Propinsi (Bupati IX / V)

6. Tahun 1983-1988 Drs. H. Soedarna TM, S.H. sebagai Bupati Purwakarta yang berkedudukan di Purwakarta. Bupati VI atau Bupati Kabupaten Purwakarta X sejak Kabupaten Purwakarta masih berkedudukan di Subang

7. Tahun 1988-1993 Drs. H. Soedarna TM, S.H. sebagai Bupati Purwakarta VII yang kedua kalinya

8. Tahun 1993-2003 Drs. H. Bunyamin Dudih, S.H., menjabat sebagai Bupati Purwakarta VIII

9. Tahun 2003-2008 Drs. H. Lily Hambali Hasan, MSi. Menjabat sebagai Bupati Purwakarta IX (Untuk pertama kalinya, mempunyai Wakil Bupati, yaitu H. Dedi Mulyadi, SH.)

10. Tahun 2008-2013 H. Dedi Mulyadi, SH. sebagai Bupati Purwakarta X, mempunyai Wakil Bupati, yaitu Drs. H. Dudung B. Supardi, MM.

Page 11: Purwakarta Dalam Angka 2012

KATA PENGANTAR

Purwakarta Dalam Angka merupakan publikasi yang menginformasikan data,

baik yang dikumpulkan langsung oleh Badan Pusat Statistik sebagai data primer

maupun data sekunder yang diperoleh dari dinas/instansi yang berada di wilayah

Kabupaten Purwakarta. Keberhasilan pembangunan yang dilaksanakan oleh semua

pihak sebagai pelaku pembangunan di Kabupaten Purwakarta dapat tergambar di

dalamnya.

Publikasi Purwakarta Dalam Angka 2012 selain menampilkan data tahun 2011,

juga disertakan series data tahun 2010 dan 2009. Dalam publikasi ini senantiasa

diupayakan peningkatan kualitas data secara bertahap dari segi keragaman, cakupan

maupun penyajiannya. Namun demikian, kualitas data sangat berkaitan dengan

ketersediaan data pada masing-masing dinas/instansi sebagai nara sumber.

Disadari bahwa publikasi ini belum mampu memenuhi kebutuhan seluruh

pemakai data, namun dengan segala keterbatasannya semoga dapat memberikan

manfaat bagi kita semua.

Purwakarta, September 2012

BPS Kabupaten Purwakarta Kepala,

Asep Riyadi, S.Si, MM. NIP. 19670118 198901 1 001

Page 12: Purwakarta Dalam Angka 2012
Page 13: Purwakarta Dalam Angka 2012

Daftar Isi

Purwakarta Dalam Angka 2012 xi

DAFTAR ISI

Halaman

KATA PENGANTAR ……………………………………………………………... ix

DAFTAR ISI ………………………………………………………………………. xi

DAFTAR GRAFIK …………………………………………………………….. xxvii

DAFTAR GAMBAR …………………………………………………………….. xxix

Tabel

BAB I KEADAAN GEOGRAFIS DAN CURAH HUJAN 1

1.1 Keadaan Geografis

1.1.1 Jarak Antara Ibu Kota Kecamatan di Kabupaten Purwakarta (Km) …………... 5

1.1.2 Letak Geografis Desa/Kelurahan menurut Letak Daerah dan Ketinggian dari

Permukaan Laut di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 ………………………. 6

1.2 Curah Hujan

1.2.1 Banyaknya Curah Hujan menurut Lokasi Stasiun Hujan di Kabupaten

Purwakarta Tahun 2011 (Mm)…………………………………………………….. 7

1.2.2 Banyaknya Hari Hujan menurut Lokasi Stasiun Hujan di Kabupaten

Purwakarta Tahun 2011 ………………………………………………………….. 9

1.2.3 Curah Hujan, Temperatur, Hari Hujan, Tekanan Udara, Kelembaban dan

Kecepatan Angin di Kabupaten Purwakarta Tahun 2009 – 2011 ………………. 11

BAB II PEMERINTAHAN 17

2.1 Wilayah Administrasi

Page 14: Purwakarta Dalam Angka 2012

Daftar Isi

xii Purwakarta Dalam Angka 2012

Tabel Halaman

2.1.1 Jumlah Desa, Kelurahan, Dusun, Lingkungan, RT dan RW menurut

Kecamatan di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 ……………………………… 22

2.2 Pegawai Negeri

2.2.1 Banyaknya Pegawai Negeri Sipil menurut Status di Kabupaten Purwakarta

Tahun 2011 ………………………………………………………………………….. 24

2.2.2 Jumlah PNS Menurut Unit Kerja dan Tingkat Pendidikan di Lingkungan

Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta Tahun 2011………………………… 25

2.3 Pertanahan

2.3.1 Target dan Realisasi Penyelesaian Sertifikat Tanah di Kabupaten

Purwakarta Tahun 2007 – 2011 ………………………………………………….. 31

2.3.2 Penyelesaian Sertifikat Tanah menurut Jenis Kegiatan di Kabupaten

Purwakarta Tahun 2010 - 2011…………………………………………..... 32

2.4 Politik

2.4.1 Jumlah Anggota DPRD Kabupaten Purwakarta Menurut Partai Politik

dan Jenis Kelamin, Periode 2010 - 2014 ………………………………………….. 33

BAB III PENDUDUK, KETENAGAKERJAAN DAN TRANSMIGRASI 35

3.1 Penduduk

3.1.1 Penduduk Kabupaten Purwakarta menurut Kelompok Umur dan Jenis

Kelamin Tahun 2011 ………………………………………………………………... 41

Page 15: Purwakarta Dalam Angka 2012

Daftar Isi

Purwakarta Dalam Angka 2012 xiii

Tabel Halaman

3.1.2 Banyaknya Desa, Penduduk, Sex Ratio dan Rata-rata Penduduk per Desa

menurut Kecamatan di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 ………………..… 42

3.1.3 Luas Wilayah, Penduduk, Rumahtangga, Kepadatan, Rata-rata Penduduk

per Rumahtangga dan Penyebaran menurut Kecamatan Tahun 2011 ….… 43

3.2 Ketenagakerjaan

3.2.1 Banyaknya Pencari Kerja menurut Tingkat Pendidikan dan Jenis Kelamin di

Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 ………………………………………………. 44

3.2.2 Banyaknya Pencari Kerja menurut Tingkat Pendidikan dan Jenis Kelamin per

Bulan di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 …………………………………... 45

3.2.3 Banyaknya Penempatan Tenaga Kerja menurut Tingkat Pendidikan dan Jenis

Kelamin di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 ………………………………… 46

3.2.4 Penempatan Tenaga Kerja menurut Tingkat Pendidikan dan Jenis Kelamin

per Bulan di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 ……………………………….. 47

BAB IV SOSIAL

4.1 Pendidikan

4.1.1 Banyaknya Sekolah, Murid dan Guru menurut Tingkat Pendidikan dan

Status Sekolah di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 ………………………… 59

4.1.2 Banyaknya Sekolah, Murid dan Guru Taman Kanak-kanak menurut

Kecamatan dan Status Sekolah di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 ……… 60

4.1.3 Banyaknya Sekolah, Murid dan Guru Sekolah Dasar menurut Kecamatan

dan Status Sekolah di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 ……………………. 61

Page 16: Purwakarta Dalam Angka 2012

Daftar Isi

xiv Purwakarta Dalam Angka 2012

Tabel Halaman

4.1.4 Banyaknya Sekolah, Murid dan Guru SLTP menurut Status Sekolah

dan Kecamatan di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 ………………………... 62

4.1.5 Banyaknya Sekolah, Murid dan Guru SMU menurut Status Sekolah dan

Kecamatan di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 ……………………………… 63

4.1.6 Banyaknya Sekolah, Murid dan Guru SMK menurut Status Sekolah dan

Kecamatan di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 ………... ……………………. 64

4.1.7 Jumlah Pengunjung Perpustakaan Kantor Pepustakaan Tahun 2011 …….. 65

4.1.8 Jumlah Buku Pustaka Kantor Perpustakaan

Kabupaten Purwakarta tahun 2011........... ……………………………………….. 66

4.2 Kesehatan

4.2.1 Banyaknya Fasilitas Kesehatan menurut Kecamatan di Kabupaten

Purwakarta Tahun 2011 …………………………..……………………………… 67

4.2.2 Banyaknya Tenaga Paramedis dan Paramedis Lainnya menurut Kecamatan

di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 …………………………………………. 68

4.2.3 Banyaknya Tenaga Medis/Dokter menurut Kecamatan dan Keahlian di

Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 ……………………………..……………….. 70

4.2.4 Penduduk yang Diimunisasi menurut Kecamatan dan Jenis Imunisasi di

Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 ...……………………………………………. 71

4.2.5 Banyaknya Kematian Bayi Menurut Kecamatan

di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011....................................................................… 72

4.2.6 Status Gizi Balita Manurut Kecamatan di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 … 73

4.2.7 Jumlah Kematian Ibu Maternal Menurut Kecamatan

di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 …………………………………………. 74

4.2.8 Jumlah Persalinan Menurut Kecamatan

di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 …………………………………………. 75

4.2.9 Jumlah Keluarga Yang Memiliki SAB, Jamban Keluarga, SPAL

dan Rumah Sehat di Kabupaten Purwakarta Tahun 2008 - 2011 ……………….. 76

Page 17: Purwakarta Dalam Angka 2012

Daftar Isi

Purwakarta Dalam Angka 2012 xv

Tabel Halaman

4.3 Keluarga Berencana

4.3.1 Banyaknya PLKB di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 ………........................ 77

4.3.2 Pencapaian Peserta KB Baru di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 …………. 78

4.3.3 Pencapaian Peserta KB Aktif di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 …………. 80

4.3.4 Banyaknya Klinik KB dan Pos KB di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 …. 82

4.4 Peradilan

4.4.1 Banyaknya Perkara yang Diselesaikan menurut Bulan Putusan dan Jenis

Penyelesaian di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 ………………………….. 83

4.4.2 Banyaknya Terdakwa/Tertuduh yang Diselesaikan menurut Bulan Putusan

dan Jenis Penyelesaian di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 ……………….. 84

4.4.3 Banyaknya Terdakwa/Tertuduh yang Diselesaikan menurut Bulan Putusan,

Kelompok Umur dan Jenis Kelamin di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 ….. 85

4.4.4 Banyaknya Terdakwa/Tertuduh yang Diselesaikan menurut Jenis Pidana/

Hukuman dan Bulan Putusan di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 ….……. 86

4.4.5 Banyaknya Terdakwa/Tertuduh yang Diselesaikan menurut Bulan Putusan

dan Sikap terhadap Keputusan di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 ……… 88

4.4.6 Banyaknya Kecelakaan Lalu Lintas dan Kerugian Material di Kabupaten

Purwakarta Tahun 2011 …………………………………………………………… 89

4.4.7 Banyaknya Kasus Kejahatan dan Pelanggaran yang Dilaporkan dan

Diselesaikan di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 ……………………………… 90

4.4.8 Jumlah Penghuni Lembaga Pemasyarakatan Purwakarta Menurut

Jenis Tindak Pidana Tahun 2011 ………………………………………………….. 91

4.4.9 Jumlah Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Purwakarta Menurut

Kelompok Umur dan Jenis Kelamin Tahun 2011 ………………………………… 94

Page 18: Purwakarta Dalam Angka 2012

Daftar Isi

xvi Purwakarta Dalam Angka 2012

Tabel Halaman

4.5 Agama

4.5.1 Banyaknya Sarana Peribadatan menurut Kecamatan di Kabupaten Purwakarta

Tahun 2011 ………………………………..…………………………………………. 95

4.5.2 Persentase Penduduk menurut Agama/Kepercayaan dan Kecamatan

di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 ...…………………………………………. 96

4.5.3 Banyaknya Ulama, Mubaligh, Khotib, Penyuluh Agama Kecamatan dan

Majelis Ta’lim menurut Kecamatan di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 …. 97

4.5.4 Banyaknya Pondok Pesantren, Santri dan Guru/Kiyai menurut Kecamatan di

Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 ……………………………………………… 98

4.5.5 Banyaknya Sekolah, Murid dan Guru Madrasah Ibtidaiyah menurut

Kecamatan di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 ……………………………… 99

4.5.6 Banyaknya Sekolah, Murid dan Guru Madrasah Tsanawiyah menurut

Kecamatan di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 ……………………………… 100

4.5.7 Banyaknya Sekolah, Murid dan Guru Madrasah Aliyah menurut Kecamatan

di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 ..………………………………………….. 101

4.5.8 Banyaknya Jemaah Haji yang Diberangkatkan menurut Jenis Pekerjaan

di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 ………………………….......................... 102

4.5.9 Banyaknya Jemaah Haji menurut Kelompok Umur di Kabupaten Purwakarta

Tahun 2009– 2011 …………………………………………………………………… 103

4.5.10 Banyaknya Jemaah Haji yang Diberangkatkan menurut Kecamatan di

Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 ……………………………..………………. 104

4.5.11 Jemaah Haji yang Diberangkatkan menurut Bank Tempat Penyetoran

ONH di Kabupaten Purwakarta Tahun 2010-2011 ………………........................ 105

4.6 Sosial Lainnya

4.6.1 Frekuensi Kegiatan Pelayanan dan Penyebaran Informasi di Kabupaten

Purwakarta Tahun 2011 ……………….……………..…………………………… 106

Page 19: Purwakarta Dalam Angka 2012

Daftar Isi

Purwakarta Dalam Angka 2012 xvii

Tabel Halaman

4.6.2 Banyaknya Gugus Depan dan Anggota Gerakan Pramuka menurut Ranting

Kecamatan di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 ……………………………… 107

4.6.3 Rekapitulasi Penerimaan dan Pemakaian Darah di Unit Transfusi Darah Cabang

Palang Merah Indonesia (UTDC PMI) Kabupaten Purwakarta

Tahun 2007 - 2011 ………………………………………………………………… 109

4.6.4 Banyaknya Pemakaian Darah di Cabang PMI Kabupaten Purwakarta

Tahun 2009 - 2011 …………………………………………………………………. 110

4.6.5 Banyaknya Penerima Darah di Cabang PMI Kabupaten Purwakarta

Tahun 2010 - 2011 …………………………………………………………………. 111

4.6.6 Jumlah Sumber Daya Manusia Palang Merah Indonesia Cabang

Kabupaten Purwakarta Tahun 2007 - 2011 …………………………………….. 112

4.6.7 Banyaknya Wajib Pajak Bumi Bangunan Menurut Kecamatan

di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 ………………………………………….. 113

4.6.8 Target dan Realisasi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Untuk Semua Sektor

dan BPHTB Menurut Bulan di Kabupaten Purwakarta Tahun 2009 - 2011 …. 114

4.6.9 Sarana dan Prasarana Pembuangan Limbah Yang Tersedia (Unit)

di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 ………………………………………….. 115

4.6.10 Banyaknya Kebakaran Menurut Kecamatan di Kabupaten Purwakarta

Tahun 2011 …………………………………………………………………. 116

BAB V PERTANIAN

5.1 Tanaman Pangan

5.1.1 Luas Lahan Sawah menurut Kecamatan dan Irigasi yang Digunakan di

Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 (Hektar) ……………………………………. 128

5.1.2 Luas Lahan Bukan Sawah menurut Kecamatan dan Penggunaan di Kabupaten

Purwakarta Tahun 2011 (Hektar) …………………………………………………. 130

Page 20: Purwakarta Dalam Angka 2012

Daftar Isi

xviii Purwakarta Dalam Angka 2012

Tabel Halaman

5.1.3 Luas Panen, Hasil per Hektar dan Produksi Padi Sawah menurut Kecamatan

di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 (GKP) …………………………………… 133

5.1.4 Luas Panen, Hasil per Hektar dan Produksi Padi Ladang menurut Kecamatan

di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 (GKP)……………………………………. 134

5.1.5 Luas Panen, Hasil per Hektar dan Produksi Padi menurut Kecamatan di

Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 (GKP) ………………………………………. 135

5.1.6 Luas Areal Sawah yang Rusak Akibat Serangan Jasad Pengganggu pada

Tanaman Padi Sawah menurut Kecamatan di Kabupaten Purwakarta

Tahun 2011 (Hektar) ……………………………………………………………….. 136

5.1.7 Banyaknya Alat Pertanian yang Digunakan menurut Kecamatan dan Jenis

Alat di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 ……………………………………… 138

5.1.8 Luas Panen, Hasil per Hektar dan Produksi Palawija menurut Kecamatan dan

Jenis Komoditi di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 ………………………… 140

5.1.9 Luas Tanam, Luas Panen dan Produksi Tanaman Sayur-sayuran menurut

Kecamatan dan Jenis Komoditi di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 .............. 143

5.1.10 Produksi Buah-buahan menurut Kecamatan dan Jenis Komoditi di Kabupaten

Purwakarta Tahun 2011 (Kw) ……………………………………………………. 150

5.2 Perkebunan

5.2.1 Luas Areal dan Produksi Perkebunan Rakyat menurut Jenis Komoditi di

Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 ...…………………………………………… 154

5.2.2 Luas Areal dan Produksi Perkebunan Teh menurut Kecamatan

di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 ………………………………………. 155

5.2.3 Luas Areal dan Produksi Perkebunan Cengkeh menurut Kecamatan di

Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 .……………………………………………… 156

5.2.4 Luas Areal dan Produksi Perkebunan Karet menurut Kecamatan di

Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 ……………………………………….……... 157

Page 21: Purwakarta Dalam Angka 2012

Daftar Isi

Purwakarta Dalam Angka 2012 xix

Tabel Halaman

5.2.5 Luas Areal dan Produksi Perkebunan Kelapa menurut Kecamatan di

Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 ………………………………………………. 158

5.2.6 Luas Areal dan Produksi Perkebunan Kopi menurut Kecamatan di

Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 ………………………………………………. 159

5.2.7 Luas Areal dan Produksi Perkebunan Aren menurut Kecamatan di

Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 ………………………………………………. 160

5.2.8 Luas Areal dan Produksi Perekebunan Lada menurut Kecamatan di

Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 ……………………………………………… 161

5.2.9 Luas Areal dan Produksi Perkebunan Kapolaga menurut Kecamatan di

Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 ……………………………………………… 162

5.2.10 Luas Areal dan Produksi Perkebunan Vanili menurut Kecamatan di

Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 ……………………………………………… 163

5.2.11 Luas Areal dan Produksi Perkebunan Melinjo menurut Kecamatan di

Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 ……………………………………………… 164

5.2.12 Luas Areal dan Produksi Perkebunan Kapok menurut Kecamatan di

Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 ……………………………………………… 165

5.2.13 Luas Areal dan Produksi Perkebunan Kemiri menurut Kecamatan di

Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 ……………………………………………… 166

5.2.14 Luas Areal dan Produksi Perekebunan Pala menurut Kecamatan di

Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 ……………………………………………… 167

5.2.15 Luas Areal dan Produksi Perekebunan Jahe menurut Kecamatan di

Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 ……………………………………………… 168

5.2.16 Luas Areal dan Produksi Perkebunan Kunir menurut Kecamatan di

Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 ……………………………………………… 169

5.2.17 Luas Areal dan Produksi Perkebunan Kencur menurut Kecamatan di

Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 ……………………………………………… 170

Page 22: Purwakarta Dalam Angka 2012

Daftar Isi

xx Purwakarta Dalam Angka 2012

Tabel Halaman

5.3 Kehutanan

5.3.1 Produksi Kayu menurut Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) dan Jenis Kayu di

Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 ……………………………………………… 171

5.3.2 Produksi Hutan Non Kayu menurut Kesatuan Pemangku Hutan dan Jenis

Komoditi di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 ………………………………. 172

5.4 Peternakan

5.4.1 Banyaknya Ternak Besar menurut Kecamatan dan Jenis Ternak di Kabupaten

Purwakarta Tahun 2011 (Ekor) ……………………………………………………. 173

5.4.2 Banyaknya Ternak Kecil menurut Kecamatan dan Jenis Ternak di Kabupaten

Purwakarta Tahun 2011 (Ekor) …………………………………………………… 175

5.4.3 Banyaknya Ternak Unggas menurut Kecamatan dan Jenis Unggas di Ka-

bupaten Purwakarta Tahun 2011 (Ekor) ………………………………………..... 177

5.4.4 Banyaknya Ternak Besar dan Kecil yang Dipotong menurut Kecamatan dan

Status Tempat Pemotongan di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 ………… 178

5.4.5 Produksi Daging Unggas menurut Kecamatan dan Jenis di Kabupaten

Purwakarta Tahun 2011 (Kg) ………………………………………………........... 180

5.4.6 Produksi Daging Ternak Besar dan Kecil menurut Kecamatan dan Jenis di

Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 (Kg) ……………………………………........ 181

5.4.7 Produksi Kulit dan Susu menurut Kecamatan di Kabupaten Purwakarta

Tahun 2011 ……………..………………………………………………….......... 182

5.4.8 Produksi Telur Unggas menurut Kecamatan dan Jenis

di Kabupaten PurwaKarta Tahun 2011 (Kg) …………………………………… 183

5.4.9 Konsumsi Daging, Telur, Susu dan Ikan di Kabupaten Purwakarta

Tahun 2007 - 2011 ………………………………………………………………….. 184

Page 23: Purwakarta Dalam Angka 2012

Daftar Isi

Purwakarta Dalam Angka 2012 xxi

Tabel Halaman

5.5 Perikanan

5.5.1 Luas Areal Budidaya Ikan menurut Kecamatan dan Jenis Tempat

Pemeliharaan/Penangkapan di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 ……….. 185

5.5.2 Banyaknya Rumah Tangga Perikanan Darat menurut Kecamatan dan Tempat

Pemeliharaan/Penangkapan di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 ………… 186

5.5.3 Produksi Ikan menurut Kecamatan dan Tempat Pemeliharaan/Penangkapan

Penangkapan di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 ………………………...… 187

5.5.4 Perkembangan Rumah Tangga Perikanan di Kabupaten Purwakarta

Tahun 2010 - 2011 ……………………………………………..……………….. 188

BAB VI PENGGALIAN, INDUSTRI PENGOLAHAN,

LISTRIK DAN AIR BERSIH

6.1 Pertambangan dan Penggalian

6.1.1 Banyaknya Perusahaan/Usaha Pertambangan/Penggalian menurut Kecamat-

an dan Jenis Komoditi di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 ……………… 196

6.1.2 Banyaknya Produksi Tambang Menurut Hasil Tambang

di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 ………………………………………….. 197

6.2 Industri Pengolahan

6.2.1 Banyaknya Industri Besar / Sedang menurut Kecamatan di Kabupaten

Purwakarta Tahun 2011 …………………………………………………………… 198

6.2.2 Banyaknya Unit Usaha dan Tenaga Kerja Industri Kecil menurut Kelompok

per Kecamatan di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 ………………………… 199

6.2.3 Banyaknya Unit Usaha, Tenaga Kerja, Nilai Investasi, Bahan Baku dan

Produksi Industri Kecil di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 ………………. 200

Page 24: Purwakarta Dalam Angka 2012

Daftar Isi

xxii Purwakarta Dalam Angka 2012

Tabel Halaman

6.2.4 Komoditi Andalan Industri Kecil di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 ........ 202

6.2.5 Realisasi Investasi PMA dan PMDN di Kabupaten Purwakarta

Tahun 2007 - 2011 ……………………………………………………………….. 204

6.3 Listrik dan Air Bersih

6.3.1 Produksi Listrik PLN menurut Jenis Pelanggan di Kabupaten Purwakarta

Tahun 2011 ………………………..………………………………………………... 205

6.3.2 Banyaknya Pelanggan, Penyaluran dan Nilai Air Minum menurut Katagori

Pelanggan PDAM di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 …………………… 206

6.3.3 Banyaknya Air Minum yang Disalurkan/Didistribusikan Setiap Bulan di

Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 …………………………………………….. 207

BAB VII PERDAGANGAN

7.1 Banyaknya Perusahaan yang Melaksanakan Pendaftaran Perusahaan di

Kabupaten Purwakarta Tahun 2009 – 2011 ……..……………………………….. 213

7.2 Banyaknya Perusahaan yang Telah Melaksanakan Wajib Daftar Perusahaan

menurut Kecamatan di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 ………………….. 214

7.3 Banyaknya Penerbitan SIUP menurut Klasifikasi Perusahaan di Kabupaten

Purwakarta Tahun 2006 – 2011 ……………………………………………………. 215

7.4 Realisasi Ekspor Non Migas Dirinci per Jenis Komoditi

di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 ………………………………………….. 216

BAB VIII PERHUBUNGAN, HOTEL DAN KOMUNIKASI

8.1 Perhubungan

8.1.1 Panjang Jalan menurut Tingkat Pemerintah yang Berwenang, Jenis Permukaan,

Kondisi Jalan dan Kelas Jalan di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 (Km) …. 223

Page 25: Purwakarta Dalam Angka 2012

Daftar Isi

Purwakarta Dalam Angka 2012 xxiii

Tabel Halaman

8.1.2 Panjang Jalan Kabupaten menurut Jenis Permukaan Jalan Dirinci per Keca-

matan di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 (Km) ………………………..…… 224

8.1.3 Panjang Jalan Kabupaten menurut Kecamatan dan Kondisi Jalan di Kabupaten

Purwakarta Tahun 2011 (Km) …………………………………………………...… 225

8.1.4 Panjang Jalan Kabupaten menurut Kecamatan dan Kelas Jalan di Kabupaten

Tahun 2011 (Km) …………………………………………………………………… 226

8.1.5 Banyaknya Kendaraan Bermotor yang Terdaftar menurut Jenis Kendaraan

di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 …………………………………………… 227

8.1.6 Banyaknya Kendaraan yang Diuji menurut Jenis Kendaraan di Kabupaten

Purwakarta Tahun 2009– 2011 …………………………………….………..……. 228

8.1.7 Banyaknya Armada Angkutan Kota dan Angkutan Perdesaan di Kabupaten

Purwakarta Tahun 2009– 2011 .............................................................. 229

8.1.8 Nama-nama Terminal Angkutan Umum di Kabupaten Purwakarta

Tahun 2011 .................................................................................................. 230

8.1.9 Volume Lalu Lintas yang Menggunakan Sarana Kereta Api di Stasiun

Purwakarta Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 ………………………............... 231

8.1.10 Volume Lalu Lintas yang Menggunakan Angkutan Kereta Api menurut

Stasiun di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 ………….………………………. 232

8.2 Hotel dan Pariwisata

8.2.1 Banyaknya Perusahaan Akomodasi / Hotel menurut Klasifikasi Banyaknya

Kamar di Kabupaten Purwakarta Tahun 2006– 2011 ………………………… 233

8.2.2 Jumlah Perusahaan Akomodasi/Hotel menurut Klasifikasi Jumlah Kamar

di Kabupaten Purwakarta Tahun 2006– 2011 …………………………………… 235

8.2.3 Banyaknya Perusahaan Akomodasi, Kamar dan Tempat Tidur di Kabupaten

Purwakarta Tahun 2006– 2011 ………………………………………………….. 236

8.2.4 Banyaknya Perusahaan Akomodasi, Kamar dan Tamu menurut Klasifikasi di

Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 ……………………………………………… 237

Page 26: Purwakarta Dalam Angka 2012

Daftar Isi

xxiv Purwakarta Dalam Angka 2012

Tabel Halaman

8.2.5 Rumah Makan, Restoran dan Tempat Hiburan di Kabupaten Purwakarta

Tahun 2009– 2011 …………………………………………………………………… 238

8.3 Komunikasi

8.3.1 Volume Arus Lalu Lintas Surat Pos di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 … 239

8.3.2 Volume Arus Lalu Lintas Wesel dan Paket Pos di Kabupaten Purwakarta

Tahun 2011 …………………………………………………………………………… 240

8.3.3 Target dan Realisasi Pendapatan Kantor Pos di Kabupaten Purwakarta

Tahun 2011 ……………………………………………...…………………………… 241

8.3.4 Volume Surat yang Dikirim melalui Dalam dan Luar Negeri menurut

Kecamatan di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 ………..……………………. 242

8.3.5 Volume dan Nilai Wesel Pos Dalam Negeri yang Dikirim dan Diterima

di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 ………………………………………… 243

8.3.6 Volume dan Nilai Wesel Pos Luar Negeri yang Diterima di Kabupaten

Purwakarta Tahun 2011 ……………………………………..……………………… 244

8.3.7 Nilai Penjualan Benda Pos pada Kantor Pos menurut Kecamatan di

Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 (Rupiah) ………..……………..…………… 245

BAB IX KEUANGAN DAN HARGA

9.1 Anggaran Pendapatan dan Belanja

9.1.1 Target dan Realisasi Pendapatan Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 ……….. 253

9.1.2 Target dan Realisasi Pengeluaran dan Pembiayaan Kabupaten Purwakarta

Tahun 2011 ………………………………………………………………………… 254

9.1.3 Perkembangan Kontribusi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Terhadap

Pendapatan Daerah Di Kabupaten Purwakarta Tahun 2008 - 2011 ……………… 255

Page 27: Purwakarta Dalam Angka 2012

Daftar Isi

Purwakarta Dalam Angka 2012 xxv

Tabel Halaman

9.1.4 Perbandingan Realisasi Pandapatan Asli Daerah Kabupaten Purwakarta

Antara Tahun Anggaran 2009 dan Tahun Anggaran 2011 256

9.2 Lembaga Keuangan

9.2.1 Posisi Dana Simpanan Rupiah dan Valuta Asing pada Bank Umum di Ka-

bupaten Purwakarta Tahun 2011 (Dalam Juta Rupiah) ……………………… 262

9.2.2 Posisi Kredit Perbankan Rupiah, Valuta Asing dan Kredit Usaha Kecil

pada Bank Umum di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 (Juta Rupiah) ……. 264

9.2.3 Perkembangan Koperasi / KUD per 31 Desember 2011

di Kabupaten Purwakarta ……………………...………………………………… 265

9.2.4 Data UKM yang Dibina Badan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah

Kabupaten Purwakarta menurut Sektor Tahun 2011 …………………………. 266

9.2.5 Jumlah Kredit, Pelunasan, Lelang dan Sisa Piutang yang Belum Dilunasi pada

Perum Pegadaian Tahun 2011 ……………………………………………….......... 267

9.3 Harga-harga

9.3.1 Indeks Harga Konsumen (2007 = 100) dan Tingkat Inflasi Secara Umum di

Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 ……………………..……………………….. 269

9.3.2 Rata-rata Harga Sembilan Bahan Pokok di Pasar Kota Kabupaten Purwakarta

Tahun 2011 (Rupiah) …….………………………………………………………….. 270

9.3.3 Harga Rata-rata Sayur Mayur di Pasar Kota Kabupaten Purwakarta Tahun

2011 (Rupiah) ………………………………………………………………………. 272

9.3.4 Rata-rata Harga Konsumen Umbi-umbian dan Buah-buahan di Pasar Kota

Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 (Rupiah) …………………………………... 275

9.3.5 Rata-rata Harga Produksi Padi-padian yang Diterima Petani di Kabupaten

Purwakarta Tahun 2011 (Rupiah Per 100 Kg) …………………………………… 277

Page 28: Purwakarta Dalam Angka 2012

Daftar Isi

xxvi Purwakarta Dalam Angka 2012

Tabel Halaman

9.3.6 Rata-rata Harga Produki Palawija yang Diterima Petani di Kabupaten

Purwakarta Tahun 2011 (Rupiah Per 100 Kg) ………………………………….. 278

9.3.7 Rata-rata Harga Sayur-sayuran yang Diterima Petani di Kabupaten

Purwakarta Tahun 2011 (Rupiah Per 100 Kg) ………………………………….. 279

BAB X PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO

10.1 Produk Domestik Regional Bruto Kabupaten Purwakarta Atas Dasar Harga

Berlaku menurut Lapangan Usaha Tahun 2008 – 2010 (Miliar Rupiah) ……… 288

10.2 Produk Domestik Regional Bruto Kabupaten Purwakarta Atas Dasar Harga

Konstan menurut Lapangan Usaha Tahun 2008 – 2010 (Miliar Rupiah) 289

10.3 Laju Pertumbuhan PDRB Kabupaten Purwakarta Atas Dasar Harga Berlaku

menurut Lapangan Usaha Tahun 2008 – 2010 (Persen) ……………………….. 290

10.4 Laju Pertumbuhan PDRB Kabupaten Purwakarta Atas Dasar Harga Konstan

menurut Lapangan Usaha Tahun 2008 – 2010 (Persen) ….………. 291

10.5 Distribusi Persentase PDRB Kabupaten Purwakarta Atas Dasar Harga

Berlaku menurut Lapangan Usaha Tahun 2008 – 2010 (Persen) ……………. 292

10.6 Distribusi Persentase PDRB Kabupaten Purwakarta Atas Dasar Harga Konstan

menurut Lapangan Usaha Tahun 2008 – 2010 (Persen) ……...… 293

10.7 Indeks Perkembangan PDRB Kabupaten Purwakarta Atas

Dasar Harga Berlaku menurut Lapangan Usaha Tahun 2008 – 2010 ………… 294

10.8 Indeks Perkembangan PDRB Kabupaten Purwakarta Atas

Dasar Harga Konstan menurut Lapangan Usaha Tahun 2008 – 2010 ………….. 295

10.9 Indeks Harga Implisit PDRB Kabupaten Purwakarta menurut

Lapangan Usaha Tahun 2008 – 2010 ..…………………………………………… 296

10.10 Angka Agregatif PDRB, Jumlah Penduduk dan PDRB per Kapita

Kabupaten Purwakarta Tahun 2008 – 2010 …………...………………………. 297

Page 29: Purwakarta Dalam Angka 2012

Daftar Grafik

Purwakarta Dalam Angka 2012 xxvii

DAFTAR GRAFIK

Nomor Judul Halaman

Grafik 1 Persentase PNS Menurut Pendidikan, Tahun 2010 - 2011 ................................. 21

Grafik 2 Jumlah PNS di Kabupaten Purwakarta Tahun 2009-2011.................................. 23

Grafik 3 Penduduk Kabupaten Purwakarta Menurut Kelompok Umur dan

Jenis Kelamin Tahun 2010 ..................................................................................... 40

Grafik 4 Jumlah Pengunjung Perpustakaan Kantor Perpustakaan Tahun 2011 ........... 55

Grafik 5 Persentase Status Gizi Balita di Kabupaten Purwakarta Tahun 2008 – 2011...... 56

Grafik 6 Persentase Peserta KB Baru Menurut Jenis Alat Kontrasepsi Tahun 2011........ 57

Grafik 7 Persentase Peserta KB Aktif Menurut Jenis Alat Kontrasepsi Tahun 2011....... 58

Grafik 8 Produksi Jagung di Kabupaten Purwakarta Tahun 2009 – 2011 (Ton).............. 125

Grafik 9 Produksi Kedelai di Kabupaten Purwakarta Tahun 2009 – 2011 (Ton) 126

Grafik 10 Produksi Padi di Kabupaten Purwakarta Tahun 2009 – 2011 (Ton) 127

Grafik 11 Nilai Produksi Industri Kecil Menurut Jenis Produksi

di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 ................................................................... 194

Grafik 12 Realisasi Investasi PMA di Kabupaten Purwakarta Tahun 2008 – 2011 ........... 196

Grafik 13 Banyaknya Produksi Hasil Tambang Menurut Hasil Tambang

di Kabupaten Purwakarta Tahun 2010-2011.......................................................... 201

Grafik 14 Nilai Realisasi Ekspor Kabupaten Purwakarta Tahun 2002 – 2011 (Juta US$).. 212

Grafik 15 Persentase Penumpang Kereta Api Menurut Stasiun di

Kabupaten Purwakarta Tahun 2011........................................................................ 221

Grafik 16 Persentase Jalan Kabupaten Menurut Kondisi Jalan

di kabupaten Purwakarta Tahun 2011 .................................................................. 222

Grafik 17 Perkembangan Inflasi di Jawa Barat Sepanjang Tahun 2011 ............................ 251

Grafik 18 Rata-rata Harga Beberapa Komoditi Kebutuhan Pokok

di Kabupaten Purwakarta (Rupiah), Januari – Desember 2011 ........................ 252

Grafik 19 Produk Domestik Regional Bruto Kabupaten Purwakarta, Tahun 2007 – 2011... 286

Page 30: Purwakarta Dalam Angka 2012
Page 31: Purwakarta Dalam Angka 2012

Daftar Gambar

Purwakarta Dalam Angka 2012 xxix

DAFTAR GAMBAR

Nomor Judul Halaman

Gambar 1 Peta Penyebaran Penduduk Purwakarta Menurut Kecamatan Tahun 2010........ 39

Page 32: Purwakarta Dalam Angka 2012
Page 33: Purwakarta Dalam Angka 2012

BAB I

KEADAAN

GEOGRAFIS

DAN CURAH

HUJAN

Page 34: Purwakarta Dalam Angka 2012
Page 35: Purwakarta Dalam Angka 2012

Geografi & Curah Hujan

Purwakarta Dalam Angka 2012 3

1. KEADAAN GEOGRAFIS DAN CURAH HUJAN

1.1. Keadaan Geografis

Kabupaten Purwakarta merupakan bagian dari Wilayah Propinsi Jawa Barat

yang terletak di antara 10730’–10740’ Bujur Timur dan 625’–645’ Lintang Selatan.

Secara administratif, Kabupaten Purwakarta mempunyai batas wilayah sebagai berikut :

a. Sebelah Utara berbatasan dengan Kabupaten Karawang dan Kabupaten Subang.

b. Sebelah Timur berbatasan dengan Kabupaten Subang dan Kabupaten Bandung Barat.

c. Sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Karawang, Kabupaten Cianjur dan

Kabupaten Bogor.

d. Sebelah Selatan berbatasan dengan Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten

Cianjur.

Luas Wilayah Kabupaten Purwakarta tercatat 971,72 km2 atau sekitar 2,81 persen

dari luas Wilayah Propinsi Jawa Barat. Sejak Januari 2001 Kabupaten Purwakarta

mempunyai 17 Kecamatan dengan 192 desa/kelurahan. Jarak antar Kecamatan

bervariasi, dimana jarak terdekat sepanjang 4 km terdapat antara Kecamatan Sukatani

dengan Kecamatan Plered. Sementara jarak terjauh adalah 60 km yang terdapat antara

Kecamatan Bojong dengan Kecamatan Sukasari.

Ditinjau dari aspek geografis, letak Kabupaten Purwakarta dapat dibagi atas

beberapa wilayah, yaitu Bagian Utara, Barat, Selatan dan Timur. Wilayah Bagian Utara

mencakup Kecamatan Campaka, Bungursari, Cibatu, Purwakarta, Babakancikao,

Pasawahan, Pondoksalam, Wanayasa dan Kiarapedes dimana sebagian besar wilayahnya

terletak pada ketinggian antara 25 – 500 m di atas permukaan laut (dpl). Wilayah Barat

meliputi Kecamatan Jatiluhur dan Sukasari dimana bagian yang merupakan permukaan

air Danau Ir. H. Juanda mempunyai ketinggian 107 m dpl, sedangkan tanah daratan di

sekitarnya berada pada ketinggian sekitar 400 m dpl. Kabupaten Purwakarta Bagian

Page 36: Purwakarta Dalam Angka 2012

Geografi & Curah Hujan

4 Purwakarta Dalam Angka 2012

Selatan dan Timur, wilayahnya meliputi Kecamatan Plered, Maniis, Tegalwaru, Sukatani,

Darangdan dan Kecamatan Bojong, dengan ketinggian lebih dari 200 m dpl.

1.2. Curah Hujan

Data curah hujan di Kabupaten Purwakarta diperoleh dari Perusahaan Umum

Jasa Tirta II yang melaksanakan pemantauan di 10 Lokasi Stasiun Hujan yang tersebar di

beberapa kecamatan. Pada sepanjang tahun 2011, rata-rata curah hujan terbanyak terjadi

pada bulan Pebruari, April , dan Nopember yang masing-masing mencapai 303 mm, 374

mm, dan 425 mm.

Tidak seperti tahun sebelumnya, dari sepuluh lokasi stasiun hujan tersebut

dapat diketahui bahwa curah hujan di lokasi stasiun hujan Ciracas merupakan curah

hujan yang tertinggi sepanjang tahun 2011, yaitu rata-rata 338 mm. Hari hujan terbanyak

tercacat pada lokasi stasiun hujan Wanayasa yaitu 147 hari, dimana keadaan tersebut

lebih rendah dari keadaan tahun 2010 yang tercatat pada lokasi stasiun hujan Darangdan

yaitu 243 hari.

Page 37: Purwakarta Dalam Angka 2012

Geografi & Curah Hujan

Purwakarta Dalam Angka 2012 5

Tabel 1.1.1. Jarak Antara Ibu Kota Kecamatan

di Kabupaten Purwakarta (Km)

Kecamatan

Bab

ak

anci

kao

Bo

jon

g

Bu

ng

urs

ari

Cam

pa

ka

Cib

atu

Dar

ang

dan

Jati

luh

ur

Kia

rap

edes

Man

iis

Pas

awa

han

Ple

red

Po

nd

ok

sala

m

Pu

rwa

kar

ta

Su

kas

ari

Su

kat

ani

Teg

alw

aru

Wan

ayas

a

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18

Babakancikao - 41 15 17 23 34 13 35 46 19 27 25 5 36 22 35 30

Bojong 41 - 51 53 59 9 38 16 47 27 21 21 36 60 25 26 11

Bungursari 15 51 - 10 16 39 18 40 51 24 32 30 10 40 27 40 35

Campaka 17 53 10 - 6 41 14 42 53 26 34 32 12 36 29 42 37

Cibatu 23 59 16 6 - 47 26 48 59 32 40 38 18 48 35 48 43

Darangdan 24 9 39 41 47 - 29 25 36 35 12 41 29 52 16 17 20

Jatiluhur 13 38 18 14 26 29 - 32 35 12 20 18 8 22 17 30 27

Kiarapedes 35 16 40 42 48 25 32 - 58 22 46 16 30 54 43 56 5

Maniis 46 47 51 53 59 36 35 58 - 47 24 53 41 58 28 19 53

Pasawahan 19 27 24 26 32 35 12 22 47 - 26 6 14 34 23 36 17

Plered 27 21 32 34 40 12 20 46 24 26 - 32 22 42 4 10 41

Pondoksalam 25 21 30 32 38 41 18 16 53 6 32 - 20 40 29 42 11

Purwakarta 5 36 10 12 18 29 8 30 41 14 22 20 - 30 17 30 25

Sukasari 36 60 40 36 48 52 22 54 58 34 42 40 30 - 40 52 50

Sukatani 22 25 27 29 35 16 17 43 28 23 4 29 17 40 - 14 38

Tegalwaru 35 26 40 42 48 17 30 56 19 36 10 42 30 52 14 - 51

Wanayasa 30 11 35 37 43 20 27 5 53 17 41 11 25 50 38 51 -

Sumber : Dinas Bina Marga dan Pengairan Kabupaten Purwakarta

Page 38: Purwakarta Dalam Angka 2012

Geografi & Curah Hujan

6 Purwakarta Dalam Angka 2012

Tabel 1.1.2 Jumlah Desa/Kelurahan menurut Letak Geografis

dan Ketinggian dari Permukaan Laut di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011

Kecamatan

Letak Geografis Ketinggian dari Permukaan Laut

Pantai Bukan Kurang dari 500 - 700 Lebih dari

Pantai 500 m m 700 m

[1] [2] [3] [4] [5] [6]

1. Jatiluhur - 10 4 6 -

2. Sukasari - 5 - 2 3

3. Maniis - 8 7 1 -

4. Tegalwaru - 13 10 3 -

5. Plered - 16 12 4 -

6. Sukatani - 14 11 3 -

7. Darangdan - 15 3 12 -

8. Bojong - 14 - 2 12

9. Wanayasa - 15 1 14 -

10. Kiarapedes - 10 - 8 2

11. Pasawahan - 12 12 - -

12. Pondoksalam - 11 6 2 3

13. Purwakarta - 10 9 1 -

14. Babakancikao - 9 6 3 -

15. Campaka - 10 8 2 -

16. Bungursari - 10 5 3 2

17. Cibatu - 10 7 3 -

Kabupaten - 192 101 69 22

Tahun 2009 - 192 101 69 22

Tahun 2008 - 192 101 69 22

Sumber : BPS Kabupaten Purwakarta

Page 39: Purwakarta Dalam Angka 2012

Curah Hujan

Purwakarta Dalam Angka 2012 7

Tabel 1.2.1 Banyaknya Curah Hujan menurut Lokasi Stasiun Hujan di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 (mm)

Bulan

Lokasi Stasiun Hujan

Purwakarta Sadang Cibuka-manah

Pondok-salam

Cisomang Wanayasa

[1] [2] [3] [4] [5] [6] [7]

1. Januari 231 219 184 109 95 141

2. Pebruari 327 320 227 181 120 199

3. Maret 58 37 37 89 63 38

4. April 369 348 338 308 416 563

5. M e i 206 135 132 294 296 386

6. J u n i 89 33 83 108 105 215

7. J u l i 74

50 16 96 20 53

8. Agustus - - - - 63 -

9. September 7 8 30 42 149 175

10. Oktober 90 59 195 191 270 342

11. Nopember 247 182 521 645 507 585

12. Desember 252 289 366 410 339 395

Rata-rata 177 153 194 225 204 281

Tahun 2010 348 115 383 536 424 501

Tahun 2009 178 175 165 269 192 300

Sumber : Perum Jasa Tirta II Purwakarta

Page 40: Purwakarta Dalam Angka 2012

Curah Hujan

8 Purwakarta Dalam Angka 2012

Tabel 1.2.1 (Lanjutan…)

Bulan

Lokasi Stasiun Hujan Rata-rata

Cikao-bandung

Darangdan Ciracas Cinangka Tahun

2011 Tahun 2010

Tahun 2009

[1] [8] [9] [10] [11] [12] [13] [14]

1. Januari 261 101 172 129

164,20 409,00 371,55

2. Pebruari 200 97 1 178 190 303,90 654,00 256,09

3. Maret 53 62 30 145 61,20 721,80 256,10

4. April 264 455 446 235 374,20 189,90 181,92

5. M e i 321 261 388 99 251,80 467,60 150,46

6. J u n i 143 81 186 63 110,60 257,30 214,19

7. J u l i 239 17 34 40 63,90 186,50 86,67

8. Agustus - 65 - - 64,00 249,60 18,00

9. September - 77 99 - 73,38 576,70 260,58

10. Oktober 36 316 256 18 177,30 497,20 187,84

11. Nopember 301 489 609 165 425,10 495,90 202,52

12. Desember 98 321 325 202 299,70 325,20 202,33

Rata-rata 192 195 338 129 197,44 419,23 199,02

Tahun 2010 - - - - - 419,23 -

Tahun 2009 - - - - - - 199,02

Sumber : Perum Jasa Tirta II Purwakarta

Page 41: Purwakarta Dalam Angka 2012

Curah Hujan

Purwakarta Dalam Angka 2012 9

Tabel 1.2.2 Banyaknya Hari Hujan menurut Lokasi Stasiun Hujan di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011

Bulan Lokasi Stasiun Hujan

Purwakarta Sadang Cibuka- manah

Pondok- salam

Cisomang Wanayasa

[1] [2] [3] [4] [5] [6] [7]

1. Januari 12 14 12 9 15 19

2. Pebruari 10 8 10 14 14 15

3. Maret 4 2 4 5 8 4

4. April 17 14 17 21 18 20

5. M e i 15 9 15 15 15 18

6. J u n i 4 2 4 4 5 6

7. J u l i 1 1 1 2 4 3

8. Agustus 0 0 0 0 1 0

9. September 2 1 2 2 3 5

10. Oktober 8 6 8 8 11 13

11. Nopember 23 17 23 22 21 24

12. Desember 17 15 17 16 12 20

J u m l a h 113 89 113 118 127 147

Tahun 2010 197 67 163 209 238 234

Tahun 2009 93 91 79 119 117 140

Sumber : Perum Jasa Tirta II Purwakarta

Page 42: Purwakarta Dalam Angka 2012

Curah Hujan

10 Purwakarta Dalam Angka 2012

Tabel 1.2.2 (Lanjutan…)

Bulan

Lokasi Stasiun Hujan

Cikaobandung Darangdan Ciracas Cinangka

[1] [8] [9] [10] [11]

1. Januari 15 15 17 8

2. Pebruari 14 14 18 10

3. Maret 4 8 4 12

4. April 11 19 17 12

5. M e i 12 15 18 11

6. J u n i 5 5 5 5

7. J u l i 5 3 3 2

8. Agustus 0 1 0 0

9. September 0 3 5 0

10. Oktober 4 11 14 2

11. Nopember 10 21 23 10

12. Desember 5 11 8 15

J u m l a h 85 126 132 87

Tahun 2010 201 243 138 -

Tahun 2009 95 121 105 81

Sumber : Perum Jasa Tirta II Purwakarta

Page 43: Purwakarta Dalam Angka 2012

Curah Hujan

Purwakarta Dalam Angka 2012 11

Tabel 1.2.3 Curah Hujan, Temperatur, Hari Hujan, Tekanan Udara, Kelembaban dan Kecepatan Angin di Kabupaten Purwakarta Tahun 2010-2011

Sumber : Perum Jasa Tirta II Purwakarta

No. Pencatatan Kondisi Cuaca Tahun 2010

Januari Februari Maret April

[1] [2] [3] [4] [5] [6]

1. Temperatur (°C)

Rata-rata 22,3 26,8 26,8 28,3

Maksimum 35,2 35,3 35,8 36,4

Minimum 26,2 22,5 22,4 21,5

2. Curah Hujan (mm) 256,2 372,6 9,0 0,0

3. Hari Hujan (hari) 17 19 3 0

4. Angin

Kecepatan Rata-rata (km/jam) - - - -

Kecepatan Terbesar (km/jam) - - - -

5. Penguapan (mm) - - - -

6. LPM (jam) - - - -

7. Tekanan Udara (mb) - - - -

8. Lembab Nisbi (persentase) - - - -

Page 44: Purwakarta Dalam Angka 2012

Curah Hujan

12 Purwakarta Dalam Angka 2012

Tabel 1.2.3 (Lanjutan...)

Sumber : Perum Jasa Tirta II Purwakarta

No. Pencatatan Kondisi Cuaca Tahun 2010

Mei Juni Juli Agustus

[1] [2] [7] [8] 9] [10]

1. Temperatur (°C)

Rata-rata 28,0 27,3 26,2 27,7

Maksimum 37,5 35,0 36,2 37,6

Minimum 22,0 22,1 23,0 23,0

2. Curah Hujan (mm) 313,2 28,2 57,0 0,0

3. Hari Hujan (hari) 9 2 9 0

4. Angin

Kecepatan Rata-rata (km/jam) - - - -

Kecepatan Terbesar (km/jam) - - - -

5. Penguapan (mm) - - - -

6. LPM (jam) - - - -

7. Tekanan Udara (mb) - - - -

8. Lembab Nisbi (persentase) - - - -

Page 45: Purwakarta Dalam Angka 2012

Curah Hujan

Purwakarta Dalam Angka 2012 13

Tabel 1.2.3 (Lanjutan...)

Sumber : Perum Jasa Tirta II Purwakarta

No. Pencatatan Kondisi Cuaca Tahun 2010

September Oktober November Desember

[1] [2] [11] [12] [13] [14]

1. Temperatur (°C)

Rata-rata 28,2 26,5 26,9 26,3

Maksimum 38,2 35,5 35,5 33,9

Minimum 22,1 22,6 22,6 22,2

2. Curah Hujan (mm) 0,0 0,0 31,8 626,2

3. Hari Hujan (hari) 0 0 8 20

4. Angin

Kecepatan Rata-rata (km/jam) - - - -

Kecepatan Terbesar (km/jam) - - - -

5. Penguapan (mm) - - - -

6. LPM (jam) - - - -

7. Tekanan Udara (mb) - - - -

8. Lembab Nisbi (persentase) - - - -

Page 46: Purwakarta Dalam Angka 2012

Curah Hujan

14 Purwakarta Dalam Angka 2012

Tabel 1.2.3 (Lanjutan...)

Sumber : Perum Jasa Tirta II Purwakarta

No. Pencatatan Kondisi Cuaca Tahun 2011

Januari Februari Maret April

[1] [2] [3] [4] [5] [6]

1. Temperatur (°C)

Rata-rata 26,1 26,0 27,0 26,6

Maksimum 34,7 34,7 34,9 35,1

Minimum 21,4 20,5 21,1 21,3

2. Curah Hujan (mm) 255,0 256,2 125,4 337,2

3. Hari Hujan (hari) 22 20 15 13

4. Angin

Kecepatan Rata-rata (km/jam) 136,2 121,4 143,0 131,0

Kecepatan Terbesar (km/jam) 264,3 246,6 276,1 235,1

5. Penguapan (mm) 5,71 5,65 5,60 5,41

6. LPM (jam) 7 9 9 9

7. Tekanan Udara (mb) Alat ukur rusak Alat ukur rusak Alat ukur rusak Alat ukur rusak

8. Lembab Nisbi (persentase) 91,20 91,19 92,15 91,06

Page 47: Purwakarta Dalam Angka 2012

Curah Hujan

Purwakarta Dalam Angka 2012 15

Tabel 1.2.3 (Lanjutan...)

Sumber : Perum Jasa Tirta II Purwakarta

No. Pencatatan Kondisi Cuaca Tahun 2011

Mei Juni Juli Agustus

[1] [2] [7] [8] 9] [10]

1. Temperatur (°C)

Rata-rata 27,3 27,1 27,2 27,2

Maksimum 35,0 35,3 35,8 37,6

Minimum 22,6 20,7 18,8 19,4

2. Curah Hujan (mm) 203,0 77,6 0 0

3. Hari Hujan (hari) 20 1 0 0

4. Angin

Kecepatan Rata-rata (km/jam) 116,6 114,3 116,1 136,58

Kecepatan Terbesar (km/jam) 208,2 164,6 224,4 195,2

5. Penguapan (mm) 5,62 5,71 5,97 5,96

6. LPM (jam) 9 9 8 9

7. Tekanan Udara (mb) Alat ukur rusak Alat ukur rusak Alat ukur rusak Alat ukur rusak

8. Lembab Nisbi (persentase) 91,40 94,08 93,53 93,78

Page 48: Purwakarta Dalam Angka 2012

Curah Hujan

16 Purwakarta Dalam Angka 2012

Tabel 1.2.3 (Lanjutan...)

Sumber : Perum Jasa Tirta II Purwakarta

No. Pencatatan Kondisi Cuaca Tahun 2011

September Oktober November Desember

[1] [2] [11] [12] [13] [14]

1. Temperatur (°C)

Rata-rata 27,9 26,5 26,9 27,3

Maksimum 38,4 38,4 36,6 35,7

Minimum 27,9 20,3 22,0 22,0

2. Curah Hujan (mm) 0 0,6 0 0

3. Hari Hujan (hari) 0 1 0 0

4. Angin

Kecepatan Rata-rata (km/jam) 136,58 132,94 137,66 5,16

Kecepatan Terbesar (km/jam) 195,2 185,0 396,9 9,4

5. Penguapan (mm) 5,96 5,67 5,25 4,79

6. LPM (jam) 9 9 8 7

7. Tekanan Udara (mb) Alat ukur rusak Alat ukur rusak Alat ukur rusak Alat ukur rusak

8. Lembab Nisbi (persentase) 93,78 94,53 94,57 94,11

Page 49: Purwakarta Dalam Angka 2012

BAB II

PEMERINTAHAN

Page 50: Purwakarta Dalam Angka 2012
Page 51: Purwakarta Dalam Angka 2012

Pemerintahan

Purwakarta Dalam Angka 2012 19

2. PEMERINTAHAN

2.1. Wilayah Administrasi

Wilayah Kabupaten Purwakarta dari tahun 2010 sampai 2011 tidak banyak

mengalami perubahan. Wilayah Kabupaten Purwakarta terdiri atas 17 Kecamatan,

sedangkan banyaknya desa/kelurahan sebanyak 183 desa dan 9 kelurahan.

2.2. Pegawai Negeri

Pada tahun 2011 jumlah pns daerah di Kabupaten Purwakarta secara

keseluruhan mengalami peningkatan sebesar 28,64 persen jika dibandingkan dengan

keadaan tahun 2010.

Jika ditelusuri lebih lanjut per golongan pegawai, pegawai negeri Golongan III

mempunyai jumlah terbesar yaitu sebanyak 5.629 orang. Sedangkan pegawai Golongan I

hanya merupakan sebagian kecil, yaitu 352 orang. Keadaan ini sejalan dengan kebijakan

Pemerintah Daerah untuk senantiasa meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia di

segala bidang.

2.3. Pertanahan

Masalah pertanahan masih menjadi persoalan yang banyak terdapat di

masyarakat. Masih rendahnya kesadaran masyarakat untuk membuat sertifikat atas tanah

yang dimilikinya kadang-kadang menjadi masalah di kemudian hari.

Selama tahun 2011, Kantor Pertanahan Kabupaten Purwakarta telah

menyelesaikan 2.231 sertifikat . Jika dibandingkan dengan keadaan tahun 2010, terjadi

penurunan penyelesaian sertifikat tanah pada tahun 2011. Pada akhir tahun 2011,

sertifikat yang diselesaikan terbanyak adalah permohonan Peralihan Hak disusul dengan

Page 52: Purwakarta Dalam Angka 2012

Pemerintahan

20 Purwakarta Dalam Angka 2012

Hak Tanggungan. Sedangkan Permohonan sertifikat Hak Milik hanya sebanyak 2.231

sedangkan permohonan Hak Guna Bangunan hanya sebanyak 49 permohonan .

Page 53: Purwakarta Dalam Angka 2012

Pemerintahan

Purwakarta Dalam Angka 2012 21

Grafik 1. Persentase PNS Menurut Pendidikan, Tahun 2010-2011

Page 54: Purwakarta Dalam Angka 2012

Pemerintahan

22 Purwakarta Dalam Angka 2012

Tabel 2.1.1 Jumlah Desa, Kelurahan, Dusun, Lingkungan, RT dan RW menurut Kecamatan di Kabupaten Purwakarta

Tahun 2011

Kecamatan Desa Kelurahan

Dusun/ Lingkungan

[1] [2] [3] [4]

1. Jatiluhur 10 - 28

2. Sukasari 5 - 20

3. Maniis 8 - 26

4. Tegalwaru 13 - 31

5. Plered 16 - 38

6. Sukatani 14 - 35

7. Darangdan 15 - 47

8. Bojong 14 - 37

9. Wanayasa 15 - 34

10. Kiarapedes 10 - 28

11. Pasawahan 12 - 37

12. Pondoksalam 11 - 31

13. Purwakarta 1 9 -

14. Babakancikao 9 - 26

15. Campaka 10 - 21

16. Cibatu 10 - 15

17. Bungursari 10 - 21

Kabupaten 183 9 475

Tahun 2010 183 9 475

Tahun 2009 183 9 475

Sumber : BPS Purwakarta

Page 55: Purwakarta Dalam Angka 2012

Pemerintahan

Purwakarta Dalam Angka 2012 23

Grafik 2. Jumlah PNS di Kabupaten Purwakarta Tahun 2009-2011

Page 56: Purwakarta Dalam Angka 2012

Pemerintahan

24 Purwakarta Dalam Angka 2012

Tabel 2.2.1 Banyaknya Pegawai Negeri Sipil menurut Status

di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011

Golongan

Pegawai Otonom 1)

Pegawai Pusat 2)

J u m l a h

[1] [2] [3] [4]

1. Golongan I 303 49 352

2. Golongan II 3 252 604 3 856

3. Golongan III 3 614 2 015 5 629

4. Golongan IV 2 755 441 3 196

J u m l a h 9 924 3 109 13 033

Tahun 2010 10 131 36 10 131

Tahun 2009 10 067 36 10 067

Sumber : 1) Badan Kepegawaian Daerah dan Diklat Kabupaten Purwakarta 2) Kantor KPPN Kabupaten Purwakarta Catatan : Tidak termasuk Pegawai Otonom Tk. I

Page 57: Purwakarta Dalam Angka 2012

Pemerintahan

Purwakarta Dalam Angka 2012 25

Tabel 2.2.2 Jumlah PNS Menurut Unit Kerja dan Tingkat Pendidikan Di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta Tahun 2011

No Unit Kerja Tingkat Pendidikan

S3 S2 S1 D4 DIII DII DI

1 2 3 4 5 6 7 8 9

1 Sekretariat Daerah 1 34 70 2 12 1 2

2 Inspektorat Daerah - 6 27 - 4 - -

3 Sekretariat DPRD - 7 28 - 1 - -

4 Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah

- 9 20 - 2 - 2

5 Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah

1 8 18 - 3 - 2

6 Badan Lingkungan Hidup - 10 18 - 2 - -

7 Badan Keluarga Berencana dan Perlindungan Ibu dan Anak

1 5 25 - 4 1 -

8 Badan Penanaman Modal & Pelayanan Terpadu Satu Pintu

- 5 29 2 3 - -

9 Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah

- 11 31 1 5 - -

10 Dinas Pendidikan, Pemuda & Olahraga

2 124 2 602 2 125 1 997 17

11 Dinas Kesehatan - 14 124 - 177 1 70

12 Dinas Bina Marga dan Pengairan - 6 20 2 9 - -

13 Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang - 5 30 - 8 - -

14 Dinas Perhubungan, Kebudayaan, Pariwisata, Pos & Telekomunikasi

- 7 16 2 4 - -

15 Dinas Kebersihan dan Pertamanan - 6 17 1 6 1 -

Sumber : Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Purwakarta

Page 58: Purwakarta Dalam Angka 2012

Pemerintahan

26 Purwakarta Dalam Angka 2012

Tabel 2.2.2 (Lanjutan ...)

No Unit Kerja Tingkat Pendidikan

S3 S2 S1 D4 D3 D2 D1

1 2 3 4 5 6 7 8 9

16 Dinas Pertanian, Kehutanan dan Perkebunan

1 12 55 10 19 - 1

17 Dinas Peternakan dan Perikanan - 8 30 - 9 - -

18 Dinas Tenaga Kerja, Sosial dan Transmigrasi

- 7 29 - 7 2 -

19 Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan

- 3 29 - - - 1

20 Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral

- 2 19 - - - -

21 Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

- 4 15 - 5 - 2

22 RSUD Bayu Asih - 27 38 1 180 1 7

23 Satuan Polisi Pramong Praja - 2 6 - 2 - 1

24 Kantor Perpustakaan Daerah - 1 6 - - - -

25 Kantor Arsip Daerah - 7 - 5 - -

26 Kantor Kesatuan Bangsa, Politik & Perlindungan Masyarakat

- 7 - - - -

27 Sekretariat KPUD - 4 - 2 - -

28 Sekretariat Korpri - 2 - - - -

29 Kecamatan Purwakarta - 4 21 - 5 - -

30 Kecamatan Campaka - 2 8 1 - - -

Sumber : Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Purwakarta

Page 59: Purwakarta Dalam Angka 2012

Pemerintahan

Purwakarta Dalam Angka 2012 27

Tabel 2.2.2 (Lanjutan ...)

No Unit Kerja Tingkat Pendidikan

S3 S2 S1 D4 DIII DII DI

1 2 3 4 5 6 7 8 9

31 Kecamatan Bungursari - 3 3 - 1 - -

32 Kecamatan Jatiluhur - 2 2 - 3 - -

33 Kecamatan Plered - 3 4 - 2 - -

34 Kecamatan Darangdan - 1 1 - 2 - 1

35 Kecamatan Maniis - 2 5 - - - -

36 Kecamatan Sukatani - 1 6 - 1 - -

37 Kecamatan Wanayasa - - 3 - - - -

38 Kecamatan Bojong - - 5 - - - -

39 Kecamatan Pasawahan - 2 5 - - - -

40 Kecamatan Babakan Cikao - 1 5 - 2 - -

41 Kecamatan Cibatu - 3 5 - 1 - -

42 Kecamatan Pondok salam - 1 9 - - - 1

43 Kecamatan Tegalwaru - 2 3 1 1 - -

44 Kecamatan Kiara Pedes - 1 3 - - - -

45 Kecamatan Sukasari - 1 5 - - -

Jumlah 6 352 3 415 25 612 2 004 107

Tahun 2010 6 399 3 978 31 606 1 781 108

Tahun 2009 5 270 3 412 24 660 2 294 102

Sumber : Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Purwakarta

Page 60: Purwakarta Dalam Angka 2012

Pemerintahan

28 Purwakarta Dalam Angka 2012

Tabel 2.2.2 (Lanjutan ...)

No Unit Kerja Tingkat Pendidikan

SMA SMP SD

1 2 10 11 12

1 Sekretariat Daerah 119 12 11

2 Inspektorat Daerah 13 - 1

3 Sekretariat DPRD 15 6 1

4 Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah 16 - -

5 Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah 25 1 -

6 Badan Lingkungan Hidup 16 1 -

7 Badan Keluarga Berencana dan Perlindungan Ibu dan Anak 65 2 -

8 Badan Penanaman Modal & Pelayanan Terpadu Satu Pintu 18 1 -

9 Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah 55 2 -

10 Dinas Pendidikan, Pemuda & Olahraga 1 116 113 33

11 Dinas Kesehatan 223 21 20

12 Dinas Bina Marga dan Pengairan 87 17 8

13 Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang 31 1 3

14 Dinas Perhubungan, Kebudayaan, Pariwisata, Pos & Telekomunikasi 96 18 8

15 Dinas Kebersihan dan Pertamanan 94 38 54

Sumber : Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Purwakarta

Page 61: Purwakarta Dalam Angka 2012

Pemerintahan

Purwakarta Dalam Angka 2012 29

Tabel 2.2.2 (Lanjutan ...)

No Unit Kerja Tingkat Pendidikan

SMA SMP SD

1 2 10 11 12

16 Dinas Pertanian, Kehutanan dan Perkebunan 65 3 1

17 Dinas Peternakan dan Perikanan 37 1 -

18 Dinas Tenaga Kerja, Sosial dan Transmigrasi 29 1 2

19 Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan

58 6 11

20 Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral 19 - -

21 Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil 102 3 2

22 RSUD Bayu Asih 137 16 7

23 Satuan Polisi Pramong Praja 113 11 5

24 Kantor Perpustakaan Daerah 9 - -

25 Kantor Arsip Daerah 15 1 -

26 Kantor Kesatuan Bangsa, Politik & Perlindungan Masyarakat

5 - -

27 Sekretariat KPUD 11 1 -

28 Sekretariat Korpri

29 Kecamatan Purwakarta 61 11 3

30 Kecamatan Campaka 15 1 -

Sumber : Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Purwakarta

Page 62: Purwakarta Dalam Angka 2012

Pemerintahan

30 Purwakarta Dalam Angka 2012

Tabel 2.2.2 (Lanjutan ...)

No Unit Kerja Tingkat Pendidikan

SMA SMP SD

1 2 10 11 12

31 Kecamatan Bungursari 13 3 3

32 Kecamatan Jatiluhur 17 1 2

33 Kecamatan Plered 8 4 -

34 Kecamatan Darangdan 17 2 -

35 Kecamatan Maniis 8 3 2

36 Kecamatan Sukatani 13 2 -

37 Kecamatan Wanayasa 27 3 2

38 Kecamatan Bojong 21 3 -

39 Kecamatan Pasawahan 21 - -

40 Kecamatan Babakan Cikao 19 3 -

41 Kecamatan Cibatu 13 4 1

42 Kecamatan Pondok salam 18 1 1

43 Kecamatan Tegalwaru 13 3 -

44 Kecamatan Kiara Pedes 12 3 -

45 Kecamatan Sukasari 8 4 2

Jumlah 2 893 327 183

Tahun 2010 2 735 307 180

Tahun 2009 2 700 353 247

Sumber : Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Purwakarta

Page 63: Purwakarta Dalam Angka 2012

Pemerintahan

Purwakarta Dalam Angka 2012 31

1Tabel 2.3.1 Target dan Realisasi Penyelesaian Sertifikat Tanah

di Kabupaten Purwakarta Tahun 2007 – 2011

Tahun Sertifikat Nilai (Rupiah)

Target Realisasi Target Realisasi

[1] [2] [3] [4] [5]

2007 16 000 15 527 - -

2008 16 000 16 802 - -

2009 11 000 7 543 - -

2010 5 891 5 316 1 712 396 000 4 051 946 964

2011 2 200 2 231 1 641 367 000 4 867 650 943

Sumber : Kantor Pertanahan Kabupaten Purwakarta

Page 64: Purwakarta Dalam Angka 2012

Pemerintahan

32 Purwakarta Dalam Angka 2012

Tabel 2.3.2 Penyelesaian Sertifikat Tanah menurut Jenis Permohonan

di Kabupaten Purwakarta Tahun 2010 - 2011

Jenis Permohonan

Banyaknya Sertifikat

Akhir Tahun 2010 Akhir Tahun 2011

[1] [2] [3]

A. 1. Hak Milik 2 944 2 231

2. Hak Guna Bangunan 1 435 49

3. Hak Pakai 21 4

4. Hak Pengelolaan 4 -

5. Hak Guna Usaha - -

6. Wakaf 3 15

B. 1. Konversi / Pengakuan Hak 909 2 231

2. Peralihan Hak 2 132 3 237

3. Pemisahan Hak 1 876 1 608

4. Penggabungan Hak 15 10

5. Pemberian Hak 292 61

6. Hipotik - -

7. Credit Verband - -

8. Hak Tanggungan 2 006 2 678

9. ROYA 894 1 157

Jumlah 12 531 13 281

Sumber : Kantor Pertanahan Kabupaten Purwakarta

Page 65: Purwakarta Dalam Angka 2012

Pemerintahan

Purwakarta Dalam Angka 2012 33

Tabel 2.4.1 Jumlah Anggota DPRD Kabupaten Purwakarta

Menurut Partai Politik Dan Jenis Kelamin, Periode 2009-2014

No Partai Politik

Jenis Kelamin

Jumlah Laki-laki Perempuan

1 Partai Golkar 8 3 11

2 Patai Demokrasi Indonesia Perjuangan 5 1 6

3 Partai Kebangkitan Bangsa 3 1 4

4 Partai Persatuan Pembangunan 5 - 5

5 Partai Amanat Nasional 4 - 4

6 Partai Keadilan Sejahtera 1 1 2

7 Partai Bulan Bintang - - -

8 Partai Demokrat 6 2 8

9 Partai Hanura 1 1 2

10 Partai Gerindra 1 1 2

11 Partai PDP 1 - 1

Jumlah 35 10 45

Sumber : Sekretariat DPRD Kabupaten Purwakarta

Page 66: Purwakarta Dalam Angka 2012
Page 67: Purwakarta Dalam Angka 2012

BAB III

PENDUDUK,

KETENAGAKERJAAN DAN

TRANSMIGRASI

Page 68: Purwakarta Dalam Angka 2012
Page 69: Purwakarta Dalam Angka 2012

Penduduk, Tenaga Kerja &Transmigrasi

Purwakarta Dalam Angka 2012 37

3. PENDUDUK, KETENAGAKERJAAN DAN TRANSMIGRASI

3.1. Penduduk

Dalam suatu proses pembangunan, pelaku utama yang mengendalikan dan

menentukan berhasil tidaknya suatu pembangunan adalah penduduk yang ada di

wilayah tersebut. Karena pentingnya peran serta penduduk maka berbagai upaya

peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) maka dalam jajaran isu penting yang

perlu diterapkan dalam rencana pembangunan jangka panjang.

Hasil Sensus Penduduk Tahun 2010 memberikan gambaran bahwa dalam kurun

waktu sepuluh tahun (2000 – 2010), rata-rata laju pertumbuhan Penduduk Kabupaten

Purwakarta adalah 2,18 persen per tahun. Berdasarkan hasil sensus penduduk tahun 2010

penduduk Kabupaten Purwakarta sebesar 852.521 orang, terdiri dari 436.082 orang laki-

laki dan 416.439 orang perempuan. Dilihat dari Komposisi Umur, ada sebanyak 30,38

persen penduduk berusia 0-14 tahun. Sedangkan penduduk usia 15-64 tahun mempunyai

komposisi terbanyak yaitu 65,14 persen, dan sisanya 4,48 persen adalah penduduk usia

65 tahun ke atas.

Secara umum sex ratio tahun 2010 adalah 104,7 yang berarti bahwa di antara 100

orang perempuan terdapat 104 orang laki-laki. Hampir semua kecamatan juga

mempunyai sex ratio di atas 100, hal ini menandakan bahwa penduduk laki-laki lebih

banyak daripada penduduk permpuan

Kabupaten Purwakarta dengan luas wilayah sebesar 971,72 Km2 mempunyai

tingkat kepadatan penduduk 877 orang per Km2. Kecamatan Purwakarta masih

merupakan kecamatan yang memiliki kepadatan tertinggi dengan 6.663 orang per Km2,

sedangkan Kecamatan Sukasari mempunyai kepadatan penduduk terendah yaitu 157

orang per Km2.

Page 70: Purwakarta Dalam Angka 2012

Penduduk, Tenaga Kerja & Transmigrasi

38 Purwakarta Dalam Angka 2012

Jumlah rumah tangga tahun 2010 mencapai 224.323 rumah tangga. Tertinggi

berada di wilayah Kecamatan Purwakarta, yaitu 41.668 rumah tangga, Kecamatan Plered

sebesar 17.271 rumahtangga dan ketiga terbesar adalah Kecamatan Jatiluhur sebesar

16.301 rumahtangga.

Sebagian besar penduduk Kabupaten Purwakarta (19,41 persen) tinggal di

Kecamatan Purwakarta. Hal ini disebabkan karena Kecamatan Purwakarta merupakan

pusat kota dan pusat pemerintahan yang mempunyai banyak fasilitas-fasilitas yang

diburtuhkan masyarakat.

3.2. Ketenagakerjaan

Ketenagakerjaan merupakan salah satu aspek penting, tidak hanya untuk

mencapai kepuasan individu, tetapi juga untuk memenuhi perekonomian rumah tangga

dan kesejahteraan seluruh masyarakat. Pada suatu masyarakat, sebagian besar dari

mereka utamanya telah memasuki usia kerja.

Masalah ketenagakerjaan merupakan hal umum yang ditemui di negara

berkembang. Ketimpangan (gap) antara lapangan pekerjaan yang tersedia (demand)

dengan penawaran (supply) tenaga kerja dari tahun ke tahun selalu menjadi kendala

dalam pembangunan baik dalam skala regional maupun nasional. Ketidakseimbangan ini

bukan semata-mata terjadi pada besarnya jumlah pencari kerja, tetapi dapat lebih spesifik

lagi, yaitu jenis pekerjaan yang tersedia tidak sesuai dengan tingkat pendidikan atau

keahlian pencari kerja.

Berdasarkan data dari Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Purwakarta dapat

diketahui bahwa pada tahun 2011 ada sebanyak 23.606 orang pencari kerja, 57,15 persen

diantaranya adalah perempuan. Dari jumlah tersebut, 25,54 persen pencari kerja

perempuan mempunyai tingkat pendidikan SMU dan sederajat. Sementara pencari kerja

laki-laki yang mempunyai tingkat pendidikan SMU dan sederajat sebesar 29,74 persen.

Page 71: Purwakarta Dalam Angka 2012

Penduduk, Tenaga Kerja &Transmigrasi

Purwakarta Dalam Angka 2012 39

Secara total, sebagian besar pencari kerja mempunyai pendidikan SLTA, yaitu sebanyak

55,28 persen. Selanjutnya, pada tahun 2011 penempatan lowongan kerja terbesar diisi oleh

perempuan yang berpendidikan SMU/sederajat, yaitu mencapai 35,72 persen.

Gambar 1 : Peta Penyebaran Penduduk Purwakarta Menurut Kecamatan

Tahun 2010

Page 72: Purwakarta Dalam Angka 2012

Penduduk, Tenaga Kerja & Transmigrasi

40 Purwakarta Dalam Angka 2012

Grafik 3. Penduduk Kabupaten Purwakarta Menurut Kelompok Umur dan

Jenis Kelamin Tahun 2010

Page 73: Purwakarta Dalam Angka 2012

Penduduk, Tenaga Kerja &Transmigrasi

Purwakarta Dalam Angka 2012 41

Tabel 3.1.1 Penduduk Kabupaten Purwakarta menurut Kelompok Umur dan Jenis Kelamin Tahun 2010

Kelompok Umur Laki-laki Perempuan Jumlah

[1] [2] [3] [4]

0 - 4 43 568 41 558 85 126

5 - 9 45 276 42 779 88 055

10 - 14 44 031 41 749 85 780

15 - 19 39 871 39 169 79 040

20 - 24 36 888 36 237 73 125

25 - 29 38 887 37 154 76 041

30 - 34 35 871 34 718 70 589

35 - 39 34 637 31 905 66 542

40 - 44 30 342 27 788 58 130

45 - 49 24 411 22 269 46 680

50 - 54 19 378 17 761 37 139

55 - 59 14 846 13 058 27 904

60 - 64 9 851 10 333 20 184

65 - 69 8 162 8 209 16 371

70 - 74 4 948 5 677 10 625

75 + 5 115 6 075 11 190

Jumlah 436 082 416 439 852 521

Tahun 2000* 352 005 348 099 700 104

Tahun 1990* 284 639 278 400 563 039

Sumber : BPS Kabupaten Purwakarta, Hasil Sensus Penduduk 2010 Catatan : * Sensus Penduduk

Page 74: Purwakarta Dalam Angka 2012

Penduduk, Tenaga Kerja & Transmigrasi

42 Purwakarta Dalam Angka 2012

Tabel 3.1.2 Banyaknya Desa, Penduduk, Sex Ratio dan Rata-rata Penduduk

per Desa menurut Kecamatan di Kabupaten Purwakarta Tahun 2010

Kecamatan Desa/ Kel

Penduduk Sex Ratio Rata-rata

Penduduk per Desa

L P L+P

[1] [2] [3] [4] [5] [6] [7]

1 Jatiluhur 10 31 360 30 571 61 931 102,6 6 193,1

2 Sukasari 5 7 424 7 031 14 455 105,6 2 891,0

3 Maniis 8 16 055 15 150 31 205 106,0 3 900,6

4 Tegalwaru 13 22 937 21 223 44 160 108,1 3 396,9

5 Plered 16 36 819 34 280 71 099 107,4 4 443,7

6 Sukatani 14 33 378 30 352 63 730 110,0 4 552,1

7 Darangdan 15 30 699 29 006 59 705 105,8 3 980,3

8 Bojong 14 23 371 21 386 44 757 109,3 3 196,9

9 Wanayasa 15 20 212 18 709 38 921 108,0 2 594,7

10 Kiarapedes 10 12260 11334 23 594 108,2 2 359,4

11 Pasawahan 12 20 726 19 792 40 518 104,7 3 376,5

12 Pondoksalam 11 13 554 12 775 26 329 106,1 2 393,5

13 Purwakarta 10 83 770 81 677 165 447 102,6 16 544,7

14 Babakancikao 9 24 036 23 440 47 476 102,5 5 275,1

15 Campaka 10 19 989 20 918 40 907 95,6 4 090,7

16 Cibatu 10 13 708 13 281 26 989 103,2 2 698,9

17 Bungursari 10 25 784 25 514 51 298 101,1 5 129,8

Kabupaten 192 436 082 416 439 852 521 104,7 4 440,2

Tahun 2000* 192 352 005 348 099 700 104 101,12 3 647

Tahun 1990* 192 284 639 278 400 563 039 102,24 2 933

Sumber : BPS Kabupaten Purwakarta, Hasil Sensus Penduduk 2010 Catatan :* Sensus Penduduk

Page 75: Purwakarta Dalam Angka 2012

Penduduk, Tenaga Kerja &Transmigrasi

Purwakarta Dalam Angka 2012 43

Tabel 3.1.3 Luas Wilayah, Penduduk, Rumahtangga, Kepadatan, Rata-rata

Penduduk per Rumahtangga dan Penyebaran menurut Kecamatan Tahun 2010

Kecamatan Luas

Penduduk Rumah- tangga

Kepadatan per Km2

Rata-rata per Rmt

Penye-

Wilayah (Km2)

baran (%)

[1] [2] [3] [4] [5] [6] [7]

1 Jatiluhur 60,11 61 931 16 301 1 030 3,80 7,26

2 Sukasari 92,01 14 455 3 718 157 3,89 1,70

3 Maniis 71,64 31 205 8 573 436 3,64 3,66

4 Tegalwaru 73,23 44 160 11 583 603 3,81 5,18

5 Plered 31,48 71 099 17 271 2 259 4,12 8,34

6 Sukatani 95,43 63 730 15 674 668 4,07 7,48

7 Darangdan 67,39 59 705 15 854 886 3,77 7,00

8 Bojong 68,69 44 757 11 687 652 3,83 5,25

9 Wanayasa 56,55 38 921 10 016 688 3,89 4,57

10 Kiarapedes 52,16 23 594 6 793 452 3,47 2,77

11 Pasawahan 36,96 40 518 10 425 1 096 3,89 4,75

12 Pondoksalam 44,08 26 329 6 980 597 3,77 3,09

13 Purwakarta 24,83 165 447 41 668 6 663 3,97 19,41

14 Babakancikao 42,40 47 476 13 045 1 120 3,64 5,57

15 Campaka 43,60 40 907 11 677 938 3,50 4,80

16 Cibatu 56,50 26 989 7 700 478 3,51 3,17

17 Bungursari 54,66 51 298 15 358 938 3,34 6,02

Kabupaten 971,72 852 521 224 323 877 3,80 100,00

Tahun 2000* 971,72 700 104 186 179 710 3,7 100,00

Tahun 1990* 971,72 563 039 135 470 579 4,2 100,00

Sumber : BPS Kabupaten Purwakarta, Hasil Sensus Penduduk 2010

Catatan : * Sensus Penduduk (BPS)

Page 76: Purwakarta Dalam Angka 2012

Penduduk, Tenaga Kerja & Transmigrasi

44 Purwakarta Dalam Angka 2012

Tabel 3.2.1 Banyaknya Pencari Kerja menurut Tingkat Pendidikan dan Jenis Kelamin di Kabupaten Purwakarta

Tahun 2011

Tingkat Pendidikan

Laki-Laki

Perempuan

Jumlah

[1] [2] [3] [4]

1. SD dan Sederajat 453 1 817 2 270

2. SMP dan Sederajat 2 281 5 301 7 582

3. SMU dan Sederajat 7 020 6 028 13 048

4. A k a d e m i 168 210 378

5. Universitas 193 135 328

J u m l a h 10 115 13 491 23 606

Tahun 2010 9 191 12 183 21 374

Tahun 2009 8 795 11 748 20 543

Sumber : Dinas Tenaga Kerja, Sosial dan Transmigrasi Kabupaten Purwakarta

Page 77: Purwakarta Dalam Angka 2012

Penduduk, Tenaga Kerja &Transmigrasi

Purwakarta Dalam Angka 2012 45

Tabel 3.2.2 Banyaknya Pencari Kerja menurut Tingkat Pendidikan dan Jenis Kelamin per Bulan di Kabupaten Purwakarta

Tahun 2011

Bulan

SD/ Sederajat

SLTP/ Sederajat

SLTA/ Sederajat

Akademi

Universitas

L P L P L P L P L P

[1] [2] [3] [4] [5] [6] [7] [8] [9] [10] [11]

1. Januari 38 104 164 441 477 386 26 26 14 15

2. Pebruari 28 114 141 552 319 301 6 7 18 11

3. Maret 44 164 185 491 419 267 9 14 19 22

4. April 22 153 178 473 370 319 9 12 18 11

5. Mei 58 309 370 968 1 457 2 021 14 16 19 10

6. Juni 43 72 103 268 994 658 7 10 22 12

7. Juli 28 67 136 221 469 317 6 0 11 10

8. Agustus 17 40 78 138 381 183 9 6 11 3

9. September 34 273 265 712 686 579 11 37 23 14

10. Oktober 66 257 311 660 548 406 32 24 8 5

11. Nopember 28 106 159 341 407 221 14 29 13 8

12. Desember 47 158 191 36 493 370 25 29 17 14

J u m l a h 453 1 817 2 281 5 301 7 020 6 028 168 210 193 135

Tahun 2010 386 1 375 1 896 4 689 6 191 5 103 236 451 482 565

Tahun 2009 292 1 406 1 669 4 557 6 162 4 992 221 353 451 440

Sumber : Dinas Tenaga Kerja, Sosial dan Transmigrasi Kabupaten Purwakarta

Page 78: Purwakarta Dalam Angka 2012

Penduduk, Tenaga Kerja & Transmigrasi

46 Purwakarta Dalam Angka 2012

Tabel 3.2.3 Banyaknya Penempatan Tenaga Kerja menurut Tingkat Pendidikan dan Jenis Kelamin di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011

Tingkat Pendidikan

Laki-Laki

Perempuan

Jumlah

[1] [2] [3] [4]

1. SD dan Sederajat 5 14 19

2. SMP dan Sederajat 52 763 815

3. SMU dan Sederajat 551 914 1 465

4. A k a d e m i 67 117 184

5. Universitas 16 60 76

J u m l a h 691 1 868 2 559

Tahun 2010 400 3 281 3 681

Tahun 2009 848 2 257 3 105

Sumber : Dinas Tenaga Kerja, Sosial dan Transmigrasi Kabupaten Purwakarta

Page 79: Purwakarta Dalam Angka 2012

Penduduk, Tenaga Kerja &Transmigrasi

Purwakarta Dalam Angka 2012 47

Tabel 3.2.4 Penempatan Tenaga Kerja menurut Tingkat Pendidikan dan Jenis Kelamin per Bulan di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011

Bulan

SD/ Sederajat

SLTP/ Sederajat

SLTA/

Akademi

Universitas

L P L P L P L P L P

[1] [2] [3] [4] [5] [6] [7] [8] [9] [10] [11]

1. Januari 0 0 0 70 81 31 0 6 0 0 2. Pebruari 0 0 7 127 11 45 3 0 0 0 3. Maret 0 0 7 30 0 45 0 0 0 0 4. April 0 0 5 110 1 71 0 2 0 0 5. Mei 0 0 6 167 0 110 0 0 0 0 6. Juni 0 0 0 35 74 24 9 57 9 45 7. Juli 0 0 0 14 55 99 15 15 0 1 8. Agustus 0 0 4 10 10 22 6 3 1 1 9. September 0 0 0 21 58 44 27 15 2 2 10. Oktober 5 2 10 31 23 41 5 3 2 2 11. Nopember 0 12 13 98 27 291 0 7 0 0 12. Desember 0 0 0 50 211 91 2 9 2 9

J u m l a h 5 14 52 763 551 914 67 117 16 60

Tahun 2010 4 242 120 1 597 262 1 427 9 17 6 8

Tahun 2009 - 64 54 877 551 1 030 98 134 145 152

Sumber : Dinas Tenaga Kerja, Sosial dan Transmigrasi Kabupaten Purwakarta

Page 80: Purwakarta Dalam Angka 2012
Page 81: Purwakarta Dalam Angka 2012

BAB IV

SOSIAL

Page 82: Purwakarta Dalam Angka 2012
Page 83: Purwakarta Dalam Angka 2012

Pendidikan

Purwakarta Dalam Angka 2012 51

4. SOSIAL

4.1. Pendidikan

Pendidikan merupakan proses pemberdayaan peserta didik sebagai subyek

sekaligus obyek dalam membangun kehidupan yang lebih baik. Mengingat pendidikan

sangat berperan sebagai faktor kunci dalam meningkatkan sumber daya manusia,

maka pembangunan di bidang pendidikan meliputi pendidikan formal maupun non

formal. Titik berat pendidikan formal adalah peningkatan mutu pendidikan dan

perluasan pendidikan dasar. Selain itu ditingkatkan pula kesempatan belajar pada

jenjang pendidikan berikutnya.

Program pendidikan tidak mungkin akan berjalan dengan baik tanpa adanya

sarana dan prasarana yang memadai. Pada tahun 2011 di Kabupaten Purwakarta

terdapat 677 sekolah mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah

Umum (SMU), baik negeri maupun swasta dengan jumlah murid 165.971 orang

Jika dilihat secara umum, keadaan tahun 2011 dibandingkan tahun sebelumnya,

terlihat jumlah sekolah naik sebesar 1,50 persen dan jumlah murid meningkat sebesar

0,85 persen. Sedangkan jumlah guru meningkat menjadi 1,35 persen.

4.2. Kesehatan

Salah satu aspek penting kesejahteraan adalah kualitas fisik penduduk yang

dapat dilihat dari derajat kesehatan penduduk. Peningkatan kualitas Sumber Daya

Manusia (SDM) serta kesejahteraan keluarga dan masyarakat meningkat. Hal ini dapat

terjadi apabila mutu dan jangkauan pelayanan kesehatan masyarakat yang merata

dapat ditingkatkan serta kesadaran dan perilaku hidup sehat di kalangan masyarakat

pun dikembangkan.

Menurut data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta, pada tahun 2011

fasilitas kesehatan yang terdapat di Purwakarta diantaranya terdapat 11 Rumah Sakit

Page 84: Purwakarta Dalam Angka 2012

Pendidikan

52 Purwakarta Dalam Angka 2012

Umum, 17 Rumah Bersalin, 20 Puskesmas dan 50 Puskesmas Pembantu, serta

43 Apotek.

Imunisasi merupakan salah satu cara untuk memberikan kekebalan tubuh

terhadap penyakit. Pada tahun 2011 di Kabupaten Purwakarta, terdapat 21.261 balita

yang mendapat imunisasi BCG, 21.090 balita mendapat imunisasi DPT1 + HB1,

19.893 balita mendapat imunisasi Polio 3 dan untuk imunisasi Campak ada sebanyak

21.118 balita.

Angka Kematian Bayi merupakan salah satu indikator utama yang digunakan

untuk melihat derajat kesehatan suatu wilayah. Berdasarkan data Dinas Kesehatan

pada tahun 2011 terdapat kematian neonatal sebanyak 110 kasus dan kematian bayi

ada 29 kasus. Sedangkan untuk kematian ibu maternal ada sebanyak 29 kasus yang

diantaranya terjadi pada masa kehamilan (6 kasus), masa persalinan (9 kasus) dan

masa nifas (14 kasus).

Kondisi gizi balita di Purwakarta pada tahun 2011 menunjukan, balita dengan

status gizi buruk sebanyak 675 balita, gizi kurang 5.429 balita, gizi baik ada 63.355

balita dan gizi lebih ada sebanyak 1.485 balita. Secara series perkembangannya

memperlihatkan bahwa persentase balita dengan status gizi buruk dan kurang pada

tahun 2011 naik menjadi 8,60 persen, setelah tahun sebelumnya (2010) turun menjadi

6,49 persen dibanding tahun 2009 (9,10 persen).

Kesehatan lingkungan juga berpengaruh terhadap derajat kesehatan

masyarakat, yang meliputi antara lain sarana air bersih, jamban keluarga, sarana

pembuangan air limbah, dan juga kualitas perumahan. Pada tahun 2011, 162.193

keluarga telah menggunakan sarana air bersih (SAB), dan 137.846 mempunyai jamban

keluarga. Sedangkan untuk SPAL ada sebanyak 85.528 keluarga dan 106.262 keluarga

tinggal di rumah dengan kategori rumah sehat.

Page 85: Purwakarta Dalam Angka 2012

Pendidikan

Purwakarta Dalam Angka 2012 53

4.3. Keluarga Berencana

Senada dengan prestasi yang telah dicapai pada tahun sebelumnya,

pencapaian peserta KB di tahun 2011 menggambarkan partisipasi masyarakat dalam

mengikuti program Keluarga Berencana dapat dikategorikan cukup baik. Untuk

peserta baru KB terjadi peningkatan menjadi 85,13 persen dari tahun sebelumnya

(83,92 persen). Sedangkan untuk peserta aktif mengalami penurunan menjadi 86,19

persen dari 87,76 persen di tahun sebelumnya. Adapun alat yang dipilih oleh

kebanyakan peserta KB adalah yang bersifat hormonal, yaitu jenisnya yang terbanyak

digunakan adalah alat KB suntikan, yaitu 44,66 persen pada peserta baru dan 50,84

pada persen peserta aktif.

Sementara itu banyaknya PLKB relatif berkurang jika dibandingkan dengan

tahun 2010. Sementara jumlah Klinik KB meningkat dari tahun sebelumnya, baik

klinik yang dikelola pemerintah maupun swasta. Sedangkan pos KB di desa

mengalami penurunan, yaitu dari 197 pos di tahun 2010 menjadi 195 pada tahun 2011.

4.4. Peradilan

Pengadilan Negeri Kabupaten Purwakarta menangani berbagai masalah baik

pidana maupun perdata, namun yang dicakup disini hanya kasus pidana yang erat

kaitannya dengan kriminalitas atau pelanggaran. Jumlah perkara yang diselesaikan

pada tahun 2011 sebanyak 255 perkara yang semuanya merupakan Tolakan.

Banyaknya terdakwa di tahun 2011 adalah sebanyak 275 , dari jumlah terdakwa itu

259 orang menerima putusan sidang, sedangkan 16 orang lainnya menyatakan

banding.

4.5. Agama

Pelayanan kehidupan umat beragama senantiasa ditingkatkan untuk membina

kerukunan umat beragama dan mengatasi berbagai masalah sosial yang dapat

Page 86: Purwakarta Dalam Angka 2012

Pendidikan

54 Purwakarta Dalam Angka 2012

menghambat kemajuan bangsa. Berbagai informasi dari beberapa kantor yang

berkaitan langsung dengan masalah keagamaan ditampilkan disini.

Menurut Kantor Kementrian Agama, persentase pemeluk agama Islam tahun

2011 sebanyak 98,98 persen, sementara pemeluk agama Kristen Katolik 0,21 persen,

Kristen Protestan 0,73 persen, Hindu 0,02 persen dan Budha 0,06 persen. Jumlah sarana

peribadatan yang ada di Purwakarta adalah 846 masjid, 1.945 surau, 12 Gereja, 1 pura,

serta 3 Vihara.

Kabupaten Purwakarta tercatat memiliki 250 buah pesantren dengan jumlah

total santri sebanyak 14.319 orang. Sekolah yang dikelola oleh Departemen Agama atau

yang dikenal dengan nama Madrasah pada tahun 2011 ada sebanyak 38 Madrasah

Ibtidaiyah, 45 Madrasah Tsanawiyah, dan 22 Madrasah Aliyah. Jumlah tersebut

mengalami penambahan, meskipun besarnya tidak terlalu signifikan dibanding tahun

sebelumnya.

Menunaikan ibadah haji merupakan salah satu rukun islam yang harus

dilaksanakan oleh setiap umat Islam yang mampu. Pada tahun 2011 jemaah haji yang

diberangkatkan dari Kabupaten Purwakarta tercatat sebanyak 714 orang. Kisaran usia

yang terbesar adalah pada kelompok usia 41 - 50 tahun sebesar 30,25 persen serta

51 – 60 tahun yaitu 30,11 persen. Dari jumlah tersebut sebagian besar berasal dari

Kecamatan Purwakarta yaitu mencapai 33,75 persen.

4.6. Sosial Lainnya

Gerakan Pramuka yang mempunyai tujuan membentuk generasi muda yang

kreatif dan terampil. Pada tahun 2011 jumlah Gugus Depan 1.218 Gudep, dan jumlah

pramuka sebanyak 107.629 orang.

Page 87: Purwakarta Dalam Angka 2012

Pendidikan

Purwakarta Dalam Angka 2012 55

-

500

1 000

1 500

2 000

2 500

3 000

Umum Pegawai Mahasiswa Pelajar

PMI sebagai lembaga yang mengelola darah, pada tahun 2011 mendapat Donor

Darah dari 5.031 orang pendonor darah dengan jumlah Labu darah yang didapat

sebanyak 5.791 labu. Sedangkan permintaan kebutuhan darah pada tahun 2011

mencapai 5.288 labu.

Grafik 4. Jumlah Pengunjung Perpustakaan Kantor Perpustakaan

Kabupaten Purwakarta, Tahun 2011

Sumber : Kantor Perpustakaan Kab. Purwakarta

Page 88: Purwakarta Dalam Angka 2012

Pendidikan

56 Purwakarta Dalam Angka 2012

1,21

8,60

88,57

1,63

Tahun 2008

Gizi Buruk Gizi Kurang

Gizi Baik Gizi Lebih

0,84

8,26

89,41

1,49

Tahun 2009

Gizi Buruk Gizi Kurang

Gizi Baik Gizi Lebih

0,86 5,63

92,20

1,31

Tahun 2010

Gizi Buruk Gizi Kurang

Gizi Baik Gizi Lebih

0,95 7,65

89,30

2,09

Tahun 2011

Gizi Buruk Gizi Kurang

Gizi Baik Gizi Lebih

Grafik 5. Persentase Status Gizi Balita di Kabupaten Purwakarta,

Tahun 2008 - 2011

Sumber : Dinas Kesehatan Kab. Purwakarta

Page 89: Purwakarta Dalam Angka 2012

Pendidikan

Purwakarta Dalam Angka 2012 57

10,67 1,02 0,24

2,93

4,79

44,66

35,69

IUD MOW MOP KONDOM

IMPLANT SUNTIKAN PIL

Grafik 6. Persentase Peserta KB Baru Menurut Jenis Alat Kontrasepsi Tahun 2011

Sumber : BKBPIA Kab. Purwakarta

Page 90: Purwakarta Dalam Angka 2012

Pendidikan

58 Purwakarta Dalam Angka 2012

9,39 2,55

1,27

1,03

4,51

50,59

30,66

IUD MOW MOP KONDOM

IMPLANT SUNTIKAN PIL

Grafik 7. Persentase Peserta KB Aktif Menurut Jenis Alat Kontrasepsi Tahun 2011

Sumber : BKBPIA Kab. Purwakarta

Page 91: Purwakarta Dalam Angka 2012

Pendidikan

Purwakarta Dalam Angka 2012 59

Tabel 4.1.1 Banyaknya Sekolah, Murid dan Guru menurut Tingkat Pendidikan dan Status Sekolah di Kabupaten Purwakarta

Tahun 2011

Tingkat Pendidikan

Sekolah Murid Guru

Negeri Swasta Jumlah

Negeri Swasta Jumlah Negeri Swasta Jumlah

[1] [2] [3] [4] [5] [6] [7] [8] [9] [10]

1 TK 3 98 101 229 4 534 4 763 37 470 507

2 SD 430 9 439 102 446 3 062 105 508 5 492 153 5 645

3 SLTP 83 7 90 31 341 1 230 32 571 1 754 87 1 841

4 SMU 14 7 21 8 000 1 451 9 451 581 111 692

5 SMK 5 21 26 5 634 8 044 13 678 322 410 732

J u m l a h 535 142 677 147 650 18 321 165 971 8 186 1 231 9 417

Tahun 2010 527 140 667

147 079 17 490 164 569

8 086 1 206 9 292

Tahun 2009 509 133 642

147 127 16 452 163 579

7 620 1 375 8 995

Sumber : Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Purwakarta

Page 92: Purwakarta Dalam Angka 2012

Pendidikan

60 Purwakarta Dalam Angka 2012

Tabel 4.1.2 Banyaknya Sekolah, Murid dan Guru Taman Kanak-kanak

menurut Kecamatan dan Status Sekolah di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011

Kecamatan

Sekolah Murid Guru

Negeri Swasta Jumlah

Negeri Swasta Jumlah

Negeri Swasta Jumlah

[1] [2] [3] [4] [5] [6] [7] [8] [9] [10]

1 Jatiluhur 0 6 6 0 214 214 0 26 26

2 Sukasari 0 0 0 0 0 0 0 0 0

3 Maniis 1 1 2 25 35 60 7 3 10

4 Tegalwaru 0 5 5 0 139 139 0 16 16

5 Plered 1 5 6 97 206 303 11 27 38

6 Sukatani 0 9 9 0 278 278 0 28 28

7 Darangdan 0 5 5 0 181 181 0 14 14

8 Bojong 0 2 2 0 49 49 0 6 6

9 Wanayasa 0 4 4 0 241 241 0 29 29

10 Kiarapedes 0 1 1 0 37 37 0 6 6

11 Pasawahan 0 7 7 0 234 234 0 26 26

12 Pondoksalam 0 1 1 0 28 28 0 0 0

13 Purwakarta 1 40 41 120 2 509 2 629 15 228 243

14 Babakancikao 0 4 4 0 140 140 0 16 16

15 Campaka 0 3 3 0 118 118 0 10 10

16 Cibatu 0 1 1 0 32 32 0 5 5

17 Bungursari 0 7 7 0 241 241 0 30 30

Kabupaten 3 101 104 242 4 682 4 924 33 470 503

Tahun 2010 3 98 101 229 4 534 4 763 37 470 507

Tahun 2009 3 95 98

113 4 011 4 124

33 467 500

Sumber : Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Purwakarta

Page 93: Purwakarta Dalam Angka 2012

Sosial

Purwakarta Dalam Angka 2012 61

Tabel 4.1.3 Banyaknya Sekolah, Murid dan Guru Sekolah Dasar menurut Kecamatan dan Status Sekolah

di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011

Kecamatan

Sekolah Murid Guru

Negeri Swasta Jumlah Negeri Swasta Jumlah Negeri Swasta Jumlah

[1] [2] [3] [4] [5] [6] [7] [8] [9] [10]

1 Jatiluhur 33 1 34 7 132 128 7 260 420 10 430

2 Sukasari 10 0 10 2 074 0 2 074 107 0 107

3 Maniis 16 0 16 4 532 0 4 532 262 0 262

4 Tegalwaru 25 0 25 5 643 0 5 643 292 0 292

5 Plered 29 0 29 8 736 0 8 736 401 0 401

6 Sukatani 33 0 33 9 366 0 9 366 349 0 349

7 Darangdan 35 0 35 8 163 0 8 163 414 0 414

8 Bojong 23 0 23 5 795 0 5 795 264 0 264

9 Wanayasa 21 1 22 4 271 114 4 385 260 13 273

10 Kiarapedes 17 0 17 2 777 0 2 777 197 0 197

11 Pasawahan 24 0 24 4 752 0 4 752 338 0 338

12 Pondoksalam 16 0 16 3 058 0 3 058 191 0 191

13 Purwakarta 82 4 86 20 356 2 303 22 659 1 184 95 1 279

14 Babakancikao 17 1 18 4 256 313 4 569 232 15 247

15 Campaka 18 0 18 4 175 0 4 175 212 0 212

16 Cibatu 15 0 15 2 948 0 2 948 174 0 174

17 Bungursari 16 2 18 4 412 204 4 616 195 20 215

Kabupaten 430 9 439 102 446 3 062 105 508 5 492 153 5 645

Tahun 2010 429 9 438 102 201 2 829 105 030 5 455 150 5 605

Tahun 2009 429 8 437 102 498 2 492 104 990 5 394 132 5 526

Sumber : Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Purwakarta

Page 94: Purwakarta Dalam Angka 2012

Sosial

62 Purwakarta Dalam Angka 2012

Tabel 4.1.4 Banyaknya Sekolah, Murid dan Guru SLTP menurut Status Sekolah dan Kecamatan di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011

Kecamatan

Sekolah M u r i d G u r u

Negeri Swasta Jumlah Negeri Swasta Jumlah Negeri Swasta Jumlah

[1] [2] [3] [4] [5] [6] [7] [8] [9] [10]

1 Jatiluhur 3 0 3 1 057 0 1 057 52 0 52

2 Sukasari 8 0 8 417 0 417 42 0 42

3 Maniis 4 0 4 1 053 0 1 053 65 0 65

4 Tegalwaru 3 0 3 1 160 0 1 160 81 0 81

5 Plered 5 0 5 1 789 0 1 789 94 0 94

6 Sukatani 8 0 8 2 527 0 2 527 115 0 115

7 Darangdan 8 0 8 2 822 0 2 822 151 0 151

8 Bojong 4 0 4 1 389 0 1 389 59 0 59

9 Wanayasa 4 0 4 1 457 0 1 457 79 0 79

10 Kiarapedes 4 0 4 877 0 877 58 0 58

11 Pasawahan 4 0 4 2 000 0 2 000 114 0 114

12 Pondoksalam 4 0 4 888 0 888 49 0 49

13 Purwakarta 11 6 17 8 424 1 206 9 630 457 78 535

14 Babakancikao 4 0 4 1 582 0 1 582 112 0 112

15 Campaka 3 0 3 1 596 0 1 596 89 0 89

16 Cibatu 3 0 3 832 0 832 62 0 62

17. Bungursari 3 1 4 1 471 24 1 495 75 9 84

Kabupaten 83 7 90 31 341 1 230 32 571 1 754 87 1 841

Tahun 2010 76 7 83

31 437 1 374 32 811

1 687 87 1 774

Tahun 2009 58 7 65

31 621 1 234 32 855

1 422 100 1 522

Sumber : Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Purwakarta

Page 95: Purwakarta Dalam Angka 2012

Sosial

Purwakarta Dalam Angka 2012 63

Tabel 4.1.5 Banyaknya Sekolah, Murid dan Guru SMU menurut Status Sekolah dan Kecamatan di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011

Kecamatan

Sekolah Murid Guru

Negeri Swasta Jumlah Negeri Swasta Jumlah Negeri Swasta Jumlah

[1] [2] [3] [4] [5] [6] [7] [8] [9] [10]

1 Jatiluhur 1 0 1 687 0 687 44 0 44

2 Sukasari 1 0 1 65 0 65 13 0 13

3 Maniis 1 0 1 234 0 234 15 0 15

4 Tegalwaru 1 0 1 461 0 461 32 0 32

5 Plered 0 1 1 0 94 94 0 12 12

6 Sukatani 1 0 1 657 0 657 45 0 45

7 Darangdan 1 0 1 452 0 452 41 0 41

8 Bojong 0 0 0 0 0 0 0 0 0

9 Wanayasa 1 0 1 724 0 724 43 0 43

10 Kiarapedes 0 0 0 0 0 0 0 0 0

11 Pasawahan 1 0 1 568 0 568 43 0 43

12 Pondoksalam 0 0 0 0 0 0 0 0 0

13 Purwakarta 3 6 9 2 873 1 357 4 230 210 99 309

14 Babakancikao 0 0 0 0 0 0 0 0 0

15 Campaka 1 0 1 239 0 239 21 0 21

16 Cibatu 1 0 1 539 0 539 31 0 31

17 Bungursari 1 0 1 501 0 501 43 0 43

Kabupaten 14 7 21 8 000 1 451 9 451 581 111 692

Tahun 2010 14 7 21 8 045 1 492 9 537 578 117 695

Tahun 2009 14 7 21 8 142 1 676 9 818 479 160 639

Sumber : Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Purwakarta

Page 96: Purwakarta Dalam Angka 2012

Sosial

64 Purwakarta Dalam Angka 2012

Tabel 4.1.6 Banyaknya Sekolah, Murid dan Guru SMK menurut Status Sekolah dan Kecamatan di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011

Kecamatan

Sekolah Murid Guru

Negeri Swasta Jumlah Negeri Swasta Jumlah Negeri Swasta Jumlah

[1] [2] [3] [4] [5] [6] [7] [8] [9] [10]

1 Jatiluhur 0 0 0 0 0 0 0 0 0

2 Sukasari 0 0 0 0 0 0 0 0 0

3 Maniis 0 0 0 0 0 0 0 0 0

4 Tegalwaru 0 1 1 0 455 455 0 25 25

5 Plered 1 1 2 1 101 215 1 316 67 14 81

6 Sukatani 0 2 2 0 932 932 0 64 64

7 Darangdan 0 0 0 0 0 0 0 0 0

8 Bojong 1 0 1 610 0 610 28 0 28

9 Wanayasa 0 0 0 0 0 0 0 0 0

10 Kiarapedes 0 0 0 0 0 0 0 0 0

11 Pasawahan 0 2 2 0 583 583 0 35 35

12 Pondoksalam 0 0 0 0 0 0 0 0 0

13 Purwakarta 1 9 10 1 016 2 674 3 690 70 145 215

14. Babakancikao 1 4 5 2 132 2 958 5 090 122 103 225

15 Campaka 0 1 1 0 171 171 0 13 13

16 Cibatu 1 0 1 775 0 775 35 0 35

17 Bungursari 0 1 1 0 56 56 0 11 11

Kabupaten 5 21 26 5 634 8 044 13 678 322 410 732

Tahun 2010 5 19 24 5 167 7 261 12 428 329 382 711

Tahun 2009 5 16 21 4 753 7 039 11 792 292 516 808

Sumber : Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Purwakarta

Page 97: Purwakarta Dalam Angka 2012

Sosial

Purwakarta Dalam Angka 2012 65

Tabel 4.1.7 Jumlah Pengunjung Perpustakaan

Kantor Perpustakaan Kabupaten Purwakarta Tahun 2011

No Bulan

Klasifikasi Pengunjung

Jumlah Pelajar Mahasiswa Pegawai Umum

[1] [2] [3] [4] [5] [6] [7]

1 Januari 1 112 266 131 596 2 105

2 Februari 1 036 206 151 582 1 975

3 Maret 1 293 274 109 791 2 467

4 April 798 245 104 457 1 604

5 Mei 1 345 295 139 723 2 502

6 Juni 1 050 303 217 428 1 998

7 Juli 996 195 263 424 1 878

8 Agustus 623 170 188 267 1 248

9 September 791 243 190 324 1 548

10 Oktober 1 598 476 278 438 2 790

11 Nopember 1 095 339 230 328 1 992

12 Desember 1 293 387 234 345 2 259

Jumlah 13 030 3 399 2 234 5 703 24 366

Tahun 2010 14 288 3 179 3 180 3 639 24 286

Tahun 2009 17 257 4 707 3 140 5 442 30 546

Sumber : Kantor Perpustakaan Kabupaten Purwakarta

Page 98: Purwakarta Dalam Angka 2012

Sosial

66 Purwakarta Dalam Angka 2012

Tabel 4.1.8 Jumlah Buku Pustaka

Kantor Perpustakaan Kabupaten Purwakarta Tahun 2011

No No, Indeks

Jumlah

Jumlah Buku tahun sebelumnya

Pembelian Baru

Sumbangan

[1] [2] [3] [4] [5] [6]

1 000 ( Karya Umum ) 690 156 120 966

2 100 ( Filsafat ) 907 154 68 1 129

3 200 ( Agama ) 3 215 74 268 3 557

4 300 ( Sosial ) 4 061 390 186 4 637

5 400 ( Bahasa ) 1 149 98 70 1 317

6 500 ( Ilmu Murni ) 1 576 217 184 1 977

7 600 ( Ilmu Terapan ) 5 100 446 324 5 870

8 700 ( Kesenian ) 1 463 210 82 1 755

9 800 ( Sastra ) 4 154 392 190 4 736

10 900 ( Sejarah ) 1 689 163 108 1 960

Jumlah 24 004 2 300 1 600 27 904

Tahun 2010 24 004 - - 24 004

Tahun 2009 18 771 902 3 166 22 839

Sumber : Kantor Perpustakaan Kabupaten Purwakarta

Page 99: Purwakarta Dalam Angka 2012

Sosial

Purwakarta Dalam Angka 2012 67

Tabel 4.2.1 Banyaknya Fasilitas Kesehatan menurut Kecamatan di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011

Kecamatan

Rumah Sakit

Rumah Bersalin

Bersalin

Puskesmas

Puskesmas Pembantu

Pembantu

Apotik

Umum

[1] [2] [3] [4] [5] [6]

1. Jatiluhur 0 1 1 3 2

2. Sukasari 0 0 1 1 0

3. Maniis 0 0 1 3 0

4. Tegalwaru 0 1 1 4 0

5. Plered 1 0 1 4 1

6. Sukatani 0 3 1 6 0

7. Darangdan 0 0 1 5 1

8. Bojong 0 0 1 3 1

9. Wanayasa 0 0 1 3 1

10. Kiarapedes 0 0 1 1 0

11. Pasawahan 0 0 1 2 1

12. Pondoksalam 1 0 1 2 0

13. Purwakarta 5 8 3 2 30

14. Babakancikao 0 0 2 3 1

15. Campaka 1 1 1 3 1

16. Cibatu 0 0 1 1 1

17. Bungursari 3 3 1 4 3

Kabupaten 11 17 20 50 43

Tahun 2010 7 18 20 50 42

Tahun 2009 6 18 20 50 42

Sumber : Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta

Page 100: Purwakarta Dalam Angka 2012

Sosial

68 Purwakarta Dalam Angka 2012

Tabel 4.2.2 Banyaknya Tenaga Paramedis dan Paramedis Lainnya menurut Kecamatan di Kabupaten Purwakarta

Tahun 2011

Kecamatan Perawat

Kesehatan Pembantu

Perawat Perawat

Gigi

Bidan

PNS PTT

[1] [2] [3] [4] [5] [6]

1. Jatiluhur 6 0 1 9 8

2. Sukasari 6 0 0 3 6

3. Maniis 5 0 1 2 6

4. Tegalwaru 8 0 1 6 7

5. Plered 9 0 2 9 11

6. Sukatani 15 0 1 8 16

7. Darangdan 15 0 1 10 11

8. Bojong 3 0 1 8 5

9. Wanayasa 12 0 0 10 11

10. Kiarapedes 9 0 0 5 8

11. Pasawahan 7 0 1 9 8

12. Pondoksalam 8 0 1 7 4

13. Purwakarta 18 0 4 15 8

14. Babakancikao 10 0 2 9 5

15. Campaka 5 0 1 11 5

16. Cibatu 14 0 1 9 12

17. Bungursari 8 0 1 11 3

18. RSUD Bayu Asih

Kabupaten 158 0 19 141 134

Tahun 2010 109 - 20 148 112

Tahun 2009 128 - 21 145 120

Sumber : Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta

Page 101: Purwakarta Dalam Angka 2012

Sosial

Purwakarta Dalam Angka 2012 69

Tabel 4.2.2 ( Lanjutan)

Kecamatan

Gizi

Sanitasi

Aphoteker

Asisten

Aphoteker

[1] [7] [8] [9] [10]

1. Jatiluhur 1 0 0 1

2. Sukasari 0 1 0 0

3. Maniis 0 1 0 0

4. Tegalwaru 1 1 0 2

5. Plered 1 0 0 2

6. Sukatani 2 1 1 3

7. Darangdan 2 1 1 0

8. Bojong 0 1 0 0

9. Wanayasa 2 1 1 2

10. Kiarapedes 0 2 0 0

11. Pasawahan 1 1 0 1

12. Pondoksalam 0 1 0 0

13. Purwakarta 2 0 0 2

14. Babakancikao 1 1 0 2

15.Campaka 1 1 0 1

16. Cibatu 2 1 1 3

17. Bungursari 1 1 0 1

18. RSUD Bayu Asih

Kabupaten 17 15 4 20

Tahun 2010 12 16 - 12

Tahun 2009 14 18 - 7

Sumber : Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta

Page 102: Purwakarta Dalam Angka 2012

Sosial

70 Purwakarta Dalam Angka 2012

Tabel 4.2.3 Banyaknya Tenaga Medis/Dokter menurut Kecamatan dan Keahlian di Kabupaten Purwakarta

Tahun 2011

Tenaga Medis/Dokter

Kecamatan U m u m G i g i Spesialis

PNS PTT PNS PTT

[1] [2] [3] [4] [5] [6]

- 1. Jatiluhur 2 0 1 0 0

2. Sukasari 1 1 0 0 0

3. Maniis 3 0 1 0 0

4. Tegalwaru 2 1 0 0 0

5. Plered 3 0 1 0 0

6. Sukatani 3 0 1 0 0

7. Darangdan 2 0 1 0 0

8. Bojong 1 0 1 0 0

9. Wanayasa 3 0 0 1 0

10. Kiarapedes 1 1 1 0 0

11. Pasawahan 1 1 1 0 0

12. Pondoksalam 1 0 1 0 0

13. Purwakarta 7 3 5 0 0

14. Babakancikao 4 1 3 0 0

15. Campaka 1 2 1 0 0

16. Cibatu 4 0 1 0 0

17. Bungursari 2 0 2 0 0

18. RSUD Bayu Asih

Kabupaten 41 10 21 1 0

Tahun 2010 44 4 21 - -

Tahun 2009 40 8 20 2 -

Sumber : Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta

Page 103: Purwakarta Dalam Angka 2012

Sosial

Purwakarta Dalam Angka 2012 71

Tabel 4.2.4 Penduduk yang Diimunisasi menurut Kecamatan dan Jenis Imunisasi di Kabupaten Purwakarta

Tahun 2011

Kecamatan BCG DPT1+HB1 Polio 3 Campak

[1] [2] [3] [4] [5]

1. Jatiluhur 1 505 1 538 1 145 1 396

2. Sukasari 275 306 299 264

3. Maniis 750 791 760 777

4. Tegalwaru 1 276 1 250 1 179 1 161

5. Plered 2 063 1 979 1 915 1 978

6. Sukatani 1 674 1 692 1 670 1 623

7. Darangdan 1 585 1 613 1 556 1 609

8. Bojong 1 196 1 216 1 179 1 204

9. Wanayasa 978 1 001 976 933

10. Kiarapedes 590 642 417 693

11. Pasawahan 1 108 1 070 1 003 981

12. Pondoksalam 725 678 692 768

13. Purwakarta 3 673 3 641 3 771 3 884

14. Babakancikao 1 074 973 847 1 122

15. Campaka 1 010 997 814 1 006

16. Cibatu 723 700 705 675

17. Bungursari 1 056 1 003 965 1 044

Kabupaten 21 261 21 090 19 893 21 118

Tahun 2010 20 161 20 774 19 196 19 987

Tahun 2009 20 081 20 745 20 079 19 994

Sumber : Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta

Page 104: Purwakarta Dalam Angka 2012

Sosial

72 Purwakarta Dalam Angka 2012

Tabel 4.2.5 Banyaknya Kematian Bayi menurut Kecamatan di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011

No. Kecamatan Neonatal Bayi Total

[1] [2] [3] [4] [5]

1. Jatiluhur 11 4 15

2. Sukasari 2 0 2

3. Maniis 0 2 2

4. Tegalwaru 12 3 15

5. Plered 5 0 5

6. Sukatani 5 3 8

7. Darangdan 11 2 13

8. Bojong 3 1 4

9. Wanayasa 6 1 7

10. Kiarapedes 8 4 12

11. Pasawahan 13 0 13

12. Pondoksalam 3 2 5

13. Purwakarta 23 7 30

14. Babakancikao 2 0 2

15. Campaka 1 0 1

16. Cibatu 3 0 3

17. Bungursari 2 0 2

Kabupaten 110 29 139

Tahun 2010 90 52 142

Tahun 2009 118 42 160

Sumber : Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta

Page 105: Purwakarta Dalam Angka 2012

Sosial

Purwakarta Dalam Angka 2012 73

Tabel 4.2.6 Status Gizi Balita menurut Kecamatan di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011

No. Kecamatan Gizi

Buruk Gizi

Kurang Gizi Baik

Gizi Lebih

Keterangan

[1] [2] [3] [4] [5] [6] [7]

Kriteria penilaian status gizi

berdasarkan Berat Badan/Umur

1. Jatiluhur 57 495 4 164 125

2. Sukasari 4 70 1 501 2

3. Maniis 16 340 2 937 33

4. Tegalwaru 22 206 4 010 10

5. Plered 35 724 4 323 95

6. Sukatani 27 294 5 634 69

7. Darangdan 28 72 5 544 73

8. Bojong 257 1 494 2 164 422

9. Wanayasa 37 207 2 632 12

10. Kiarapedes 18 171 1 630 18

11. Pasawahan 20 300 2 769 33

12. Pondoksalam 20 202 1 831 32

13. Purwakarta 44 318 13 228 231

14. Babakancikao 38 159 2 906 35

15. Campaka 30 195 2 460 34

16. Cibatu 16 124 1 743 36

17. Bungursari 6 58 3 879 225

Kabupaten 675 5 429 63 355 1 485

Tahun 2010 593 3 880 63 547 904

Tahun 2009 562 5 496 59 497 992

Sumber : Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta

Page 106: Purwakarta Dalam Angka 2012

Sosial

74 Purwakarta Dalam Angka 2012

Tabel 4.2.7 Jumlah Kematian Ibu Maternal menurut Kecamatan di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011

No. Kecamatan Waktu Hamil

Waktu Bersalin

Waktu Nipas

Total

[1] [2] [3] [4] [5] [6]

1. Jatiluhur 1 1 0 2

2. Sukasari 0 0 0 0

3. Maniis 0 0 0 0

4. Tegalwaru 1 0 0 1

5. Plered 1 1 1 3

6. Sukatani 0 0 2 2

7. Darangdan 0 0 1 1

2 Bojong 0 1 3 4

9. Wanayasa 0 0 1 1

10. Kiarapedes 0 1 1 2

11. Pasawahan 1 2 0 3

12. Pondoksalam 0 0 0 0

13. Purwakarta 1 2 4 7

14. Babakancikao 0 0 1 1

15. Campaka 1 0 0 1

16. Cibatu 0 1 0 1

17. Bungursari 0 0 0 0

Kabupaten 6 9 14 29

Tahun 2010 8 10 9 27

Tahun 2009 11 13 9 33

Sumber : Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta

Page 107: Purwakarta Dalam Angka 2012

Sosial

Purwakarta Dalam Angka 2012 75

Tabel 4.2.8 Jumlah Persalinan menurut Kecamatan di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011

No. Kecamatan Linakes Lindukun Pendampingan Total

[1] [2] [3] [4] [5] [6]

1. Jatiluhur 1 415 143 0 1 558

2. Sukasari 258 9 0 267

3. Maniis 637 97 0 734

4. Tegalwaru 1 171 60 0 1 231

5. Plered 1 807 184 0 1 991

6. Sukatani 1 536 134 0 1 670

7. Darangdan 1 428 151 0 1 579

8. Bojong 920 176 0 1 096

9. Wanayasa 669 89 0 758

10. Kiarapedes 280 77 0 357

11. Pasawahan 1 079 14 0 1 093

12. Pondoksalam 583 54 0 637

13. Purwakarta 3 941 109 0 4 050

14. Babakancikao 1 038 46 0 1 084

15. Campaka 893 17 0 910

16. Cibatu 704 20 0 724

17. Bungursari 1 225 12 0 1 237

Kabupaten 19 584 1 392 0 20 976

Tahun 2010 18 992 2 605 - 21 597

Tahun 2009 17 415 2 948 - 20 363

Sumber : Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta

Page 108: Purwakarta Dalam Angka 2012

Sosial

76 Purwakarta Dalam Angka 2012

Tabel 4.2.9 Jumlah Keluarga Yang Memilik SAB, Jamban Keluarga, SPAL, dan Rumah Sehat di Kabupaten Purwakarta Tahun 2009-2011

No. Jenis Kesling 2009 2010 2011

[1] [2] [3] [4] [5]

1. SAB 114 521 166 122 162 193

2. Jamban Keluarga 98 172 132 610 137 846

3. SPAL 84 002 111 637 85 528

4. Rumah Sehat 82 478 106 337 106 262

Sumber : Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta

Page 109: Purwakarta Dalam Angka 2012

Sosial

Purwakarta Dalam Angka 2012 77

Tabel 4.3.1 Banyaknya PLKB di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011

Kecamatan PLKB

[1] [2]

1. Jatiluhur 2

2. Sukasari 1

3. Maniis 2

4. Tegalwaru 3

5. Plered 4

6. Sukatani 3

7. Darangdan 3

8. Bojong 3

9. Wanayasa 3

10. Kiarapedes 2

11. Pasawahan 4

12. Pondoksalam 3

13. Purwakarta 6

14. Babakancikao 4

15. Campaka 4

16. Cibatu 3

17. Bungursari 3

Kabupaten 53

Tahun 2010 55

Tahun 2009 56

Sumber : Badan Keluarga Berencana dan Perlindungan Ibu dan Anak Kab Purwakarta

Page 110: Purwakarta Dalam Angka 2012

Sosial

78 Purwakarta Dalam Angka 2012

Tabel 4.3.2 Pencapaian Peserta KB Baru di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011

Kecamatan IUD MOW MOP KONDOM JML. NON

HORMONAL IMPLANT

[1] [2] [3] [4] [5] [6] [7]

1. Jatiluhur 255 19 1 64 339 107

2. Sukasari 76 1 3 19 99 91

3. Maniis 177 7 1 43 228 90

4. Tegalwaru 96 14 1 105 216 73

5. Plered 584 49 2 151 786 340

6. Sukatani 182 16 - 73 271 106

7. Darangdan 270 27 - 50 347 176

8. Bojong 214 6 8 52 280 54

9. Wanayasa 224 19 - 48 291 62

10. Kiarapedes 170 4 38 30 242 107

11. Pasawahan 249 29 3 77 358 104

12. Pondoksalam 107 5 20 30 162 94

13. Purwakarta 749 80 4 245 1 078 114

14. Babakancikao 217 63 - 72 352 24

15. Campaka 168 18 5 35 226 130

16. Cibatu 117 9 2 18 146 68

17. Bungursari 374 38 9 49 470 158

Kabupaten 4 229 404 97 1 161 5 891 1 898

Tahun 2010 3 819 513 45 728 5 105 1 743

Tahun 2009 1 739 262 23 509 2 533 1 353

Sumber : Badan Keluarga Berencana dan Perlindungan Ibu dan Anak Kab Purwakarta

Page 111: Purwakarta Dalam Angka 2012

Sosial

Purwakarta Dalam Angka 2012 79

Tabel 4.3.2 Lanjutan . . . . .

Kecamatan SUNTIKAN PIL JML. HORMONAL TOTAL SASARAN TH 2011

[1] [2] [3] [4] [5] [6]

1. Jatiluhur 1 121 1 081 2 309 2 648 2 332

2. Sukasari 302 313 706 805 764

3. Maniis 596 589 1 275 1 503 1 374

4. Tegalwaru 1 242 513 1 828 2 044 1 896

5. Plered 2 020 1 395 3 755 4 541 3 291

6. Sukatani 1 738 1 314 3 158 3 429 2 895

7. Darangdan 923 1 088 2 187 2 534 2 480

8. Bojong 758 649 1 461 1 741 1 594

9. Wanayasa 859 401 1 322 1 613 1 407

10. Kiarapedes 658 533 1 298 1 540 957

11. Pasawahan 745 288 1 137 1 495 978

12. Pondoksalam 445 470 1 009 1 171 1 003

13. Purwakarta 2 801 3 512 6 427 7 505 5 496

14. Babakancikao 973 638 1 635 1 987 1 790

15. Campaka 837 448 1 415 1 641 1 410

16. Cibatu 587 475 1 130 1 276 1 069

17. Bungursari 1 092 435 1 685 2 155 1 254

Kabupaten 17 697 14 142 33 737 39 628 31 990

Tahun 2010 16 298 8 598 26 639 31 744 26 526

Tahun 2009 16 243 8 596 26 192 28 725 23 001

Sumber : Badan Keluarga Berencana dan Perlindungan Ibu dan Anak Kab Purwakarta

Page 112: Purwakarta Dalam Angka 2012

Sosial

80 Purwakarta Dalam Angka 2012

Tabel 4.3.3 Pencapaian Peserta KB Aktif di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011

Kecamatan IUD MOW MOP KONDOM JML. NON

HORMONAL IMPL

[1] [2] [3] [4] [5] [6] [7]

1. Jatiluhur 749 214 33 123 1 119 450

2. Sukasari 176 10 103 17 306 316

3. Maniis 238 64 278 44 624 419

4. Tegalwaru 311 53 37 49 450 244

5. Plered 1 391 246 150 100 1 887 474

6. Sukatani 369 106 145 32 652 563

7. Darangdan 387 147 77 55 666 351

8. Bojong 1 457 75 90 82 1 704 304

9. Wanayasa 679 155 65 89 988 228

10. Kiarapedes 263 847 120 30 497 152

11. Pasawahan 892 167 141 180 1 380 524

12. Pondoksalam 335 84 91 95 605 523

13. Purwakarta 3 494 846 160 371 4 871 531

14. Babakancikao 1 055 221 164 109 1 549 447

15. Campaka 614 235 73 39 961 382

16. Cibatu 450 143 116 51 760 347

17. Bungursari

1 510 290 107 106 2 013 651

Kabupaten 14 370 3 903 1 950 1 572 21 032 6 906

Tahun 2010 12 227 2 786 1 838 1 108 17 959 6 188

Tahun 2009 10 322 2 491 1 808 867 15 488 5 465

Sumber : Badan Keluarga Berencana dan Perlindungan Ibu dan Anak Kab Purwakarta

Page 113: Purwakarta Dalam Angka 2012

Sosial

Purwakarta Dalam Angka 2012 81

Tabel 4.3.3 Lanjutan . . . . .

Kecamatan STK PIL JML.

HORMONAL TOTAL PA PUS

[1] [2] [3] [4] [5] [6]

1. Jatiluhur 4 646 2 788 7 884 9 003 12 125

2. Sukasari 1 123 684 2 123 2 429 3 427

3. Maniis 2 806 1 854 5 079 5 703 7 538

4. Tegalwaru 5 216 2 269 7 729 8 179 10 626

5. Plered 6 754 5 438 12 666 14 553 18 733

6. Sukatani 5 413 4 659 10 635 11 287 15 079

7. Darangdan 7 692 2 324 10 367 11 033 14 288

8. Bojong 3 718 2 338 6 360 8 064 10 334

9. Wanayasa 3 829 1 813 5 870 6 858 8 310

10. Kiarapedes 2 654 1 257 4 063 4 560 5 782

11. Pasawahan 4 407 1 822 6 753 8 133 8 855

12. Pondoksalam 1 695 1 967 4 185 4 790 5 938

13. Purwakarta 12 755 8 833 22 119 26 990 33 476

14. Babakancikao 4 675 2 497 7 619 9 168 11 493

15. Campaka 3 170 1 857 5 409 6 370 7 913

16. Cibatu 2 509 1 317 4 173 4 933 6 374

17. Bungursari 4 365 3 205 8 221 10 234 11 010

Kabupaten 77 427 46 922 131 255 152 287 191 301

Tahun 2010 75 714 46 917 128 819 146 778 189 937

Tahun 2009 68 917 45 703 120 085 135 573 169 048

Sumber : Badan Keluarga Berencana dan Perlindungan Ibu dan Anak Kab Purwakarta

Page 114: Purwakarta Dalam Angka 2012

Sosial

82 Purwakarta Dalam Angka 2012

Tabel 4.3.4 Banyaknya Klinik KB dan Pos KB di Kabupaten Purwakarta

Tahun 2011

Kecamatan

Klinik KB Pos KB

Pemerintah Swasta ABRI Jumlah Desa

[1] [2] [3] [4] [5] [6]

1. Jatiluhur 3 4 - 7 10

2. Sukasari 1 2 - 3 3

3. Maniis 2 - - 2 8

4. Tegalwaru 4 2 - 6 13

5. Plered 3 2 - 5 16

6. Sukatani 2 4 - 6 14

7. Darangdan 3 - - 3 15

8. Bojong 2 2 - 4 14

9. Wanayasa 2 4 - 6 15

10. Kiarapedes 3 3 - 6 10

11. Pasawahan 2 3 - 5 12

12. Pondoksalam 1 1 - 2 11

13. Purwakarta 5 6 1 12 14

14. Babakancikao 3 4 - 7 9

15. Campaka 2 7 - 9 10

16. Cibatu 2 2 - 4 10

17. Bungursari 6 - - 6 11

Kabupaten 46 46 1 93 195

Tahun 2010 44 37 2 83 197

Tahun 2009 39 32 2 73 197

Sumber : Badan Keluarga Berencana dan Perlindungan Ibu dan Anak Kab Purwakarta

Page 115: Purwakarta Dalam Angka 2012

Sosial

Purwakarta Dalam Angka 2012 83

Tabel 4.4.1 Banyaknya Perkara yang Diselesaikan menurut Bulan Putusan dan Jenis Penyelesaian di Kabupaten Purwakarta

Tahun 2011

Bulan Putusan

Jenis Penyelesaian

Jumlah Tolakan Sumir

[1] [2] [3] [4]

1. Januari 36 - 36

2. Pebruari 20 -

20

3. Maret 30 -

30

4. April 12 -

12

5. M e i 12 -

12

6. Juni 24 -

24

7. Juli 24 -

24

8. Agustus 26 -

26

9. September 22 -

22

10. Oktober 19 -

19

11. Nopember 18 -

18

12. Desember 12 -

12

J u m l a h 255 - 255

Tahun 2010 526 -

526

Tahun 2009 297 -

297

Sumber : Pengadilan Negeri Kabupaten Purwakarta

Page 116: Purwakarta Dalam Angka 2012

Sosial

84 Purwakarta Dalam Angka 2012

Tabel 4.4.2 Banyaknya Terdakwa/Tertuduh yang Diselesaikan menurut Bulan Putusan dan Jenis Penyelesaian

di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011

Bulan Putusan

Jenis Penyelesaian

Jumlah Tolakan Sumir

[1] [2] [3] [4]

1. Januari 42 - 42

2. Pebruari 22 - 22

3. Maret 35 - 35

4. April 12 - 12

5. M e i 13 - 13

6. Juni 24 - 24

7. Juli 24 - 24

8. Agustus 26 - 26

9. September 22 - 22

10. Oktober 21 - 21

11. Nopember 18 - 18

12. Desember 16 -

16

Jumlah 275 - 275

Tahun 2010 526 - 526

Tahun 2009 297 - 297

Sumber :Pengadilan Negeri Kabupaten Purwakarta

Page 117: Purwakarta Dalam Angka 2012

Sosial

Purwakarta Dalam Angka 2012 85

Tabel 4.4.3 Banyaknya Terdakwa/Tertuduh yang Diselesaikan menurut Bulan Putusan, Kelompok Usia dan

Jenis Kelamin di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011

Anak-anak Dewasa

Bulan Putusan

L P L+P L P L+P

[1] [2] [3] [4] [5] [6] [7]

1. Januari 2 - 2 39 1 40

2. Pebruari 7 - 7 14 1 15

3. Maret 1 - 1 33 1 34

4. April - - - 11 1 12

5. M e i - - - 12 1 13

6. J uni 3 - 3 21 - 21

7. J uli - - - 24 - 24

8. Agustus 3 - 3 23 - 23

9. September 1 - 1 21 - 21

10. Oktober - - - 21 - 21

11. Nopember 2 - 2 16 - 16

12. Desember - - -

16 -

16

J u m l a h 19 - 19 251 5 256

Tahun 2010 9 - 9 293 10 293

Tahun 2009 7 - 7 316 20 336

Sumber : Pengadilan Negeri Kabupaten Purwakarta

Page 118: Purwakarta Dalam Angka 2012

Sosial

86 Purwakarta Dalam Angka 2012

Tabel 4.4.4 Banyaknya Terdakwa/Tertuduh yang Diselesaikan menurut Jenis Pidana/Hukuman dan Bulan Putusan di Kabupaten Purwakarta

Tahun 2011

Jenis Pidana/Hukuman

Bulan Putusan

Jan. Peb. Mar. Apr. Mei Juni

[1] [2] [3] [4] [5] [6] [7]

1. Pidana Mati - - - - - -

2. Pidana Seumur Hidup - - - - - -

3. Pidana Penjara 40 22 35 12 12 30

4. Pidana Kurungan - - - - - -

5. Pidana Bersyarat - - - - - -

6. Pidana Denda 8 3 6 - 1 5

7. Pidana Tambahan - - - - - -

8. Dikembalikan ke - - - - - -

Orang Tua/Wali - - - - - -

9. Diserahkan Kepada - - - - - -

Pemerintah - - - - - -

10. Dibebaskan dari - - - - - -

Segala Tuduhan - - - - - -

11. Dilepaskan dari Tuduhan - - - - - -

12. Dibebaskan /dilepas dari tuntutan

- - - - - -

J u m l a h 48 25 41 12 13 35

Tahun 2010 49 33 26 32 36 34

Tahun 2009 703 24 42 50 23 32

Sumber : Pengadilan Negeri Kabupaten Purwakarta

Page 119: Purwakarta Dalam Angka 2012

Sosial

Purwakarta Dalam Angka 2012 87

Tabel 4.4.4 (Lanjutan…)

Jenis Pidana/Hukuman Bulan Putusan

Jumlah Juli Agust Sept Okt Nop Des

[1] [8] [9] [10] [11] [12] [13] [14]

1. Pidana Mati - - - - - - -

2. Pidana Seumur Hidup - - - - - - -

3. Pidana Penjara 24 27 22 19 18 13 274

4. Pidana Kurungan - - - - - - -

5. Pidana Bersyarat - - - 2 - 3 5

6. Pidana Denda - - 2 - 5 3 33

7. Pidana Tambahan - - - - - - -

8. Dikembalikan ke - - - - - - -

Orang Tua/Wali - - - - - - -

9. Diserahkan Kepada - - - - - - -

Pemerintah - - - - - - -

10. Dibebaskan dari - - - - - - -

Segala Tuduhan - - - - - - -

11. Dilepaskan dari - - - - - - -

12. Dibebaskan /dilepas dari tuntutan

- - - - - - -

J u m l a h 24 27 24 21 23 19 312

Tahun 2010 18 26 17 29 35 13 147

Tahun 2009 34 39 33 21 29 20 1 050

Sumber : Pengadilan Negeri Kabupaten Purwakarta

Page 120: Purwakarta Dalam Angka 2012

Sosial

88 Purwakarta Dalam Angka 2012

Tabel 4.4.5 Banyaknya Terdakwa/Tertuduh yang Diselesaikan menurut Bulan Putusan dan Sikap terhadap Keputusan di Kabupaten Purwakarta

Tahun 2011

Bulan Putusan

Menerima

B a n d i n g

G r a s i

J u m l a h

[1] [2] [3] [4] [5]

1. Januari 40 2 - 42

2. Pebruari 22 - - 22

3. Maret 35 - - 35

4. April 12 - - 12

5. M e i 10 3 - 13

6. Juni 23 1 - 24

7. Juli 21 3 - 24

8. Agustus 24 2 - 26

9. September 21 1 - 22

10. Oktober 19 2 - 21

11. Nopember 17 1 - 18

12. Desember 15 1 - 16

J u ml a h 259 16 - 275

Tahun 2010 283 10 - 293

Tahun 2009 284 10 - 295

Sumber : Pengadilan Negeri Kabupaten Purwakarta

Page 121: Purwakarta Dalam Angka 2012

Sosial

Purwakarta Dalam Angka 2012 89

Tabel 4.4.6 Banyaknya Kecelakaan Lalu Lintas dan Kerugian Material

di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011

No.

Bulan

Jumlah Meninggal

Luka Luka Material (Rp ,-)

Kejadian Berat Ringan

[1] [2] [3] [4] [5] [6] [7]

1 Januari 11 6 11 8 122 000 000

2 Februari 39 11 20 41 391 300 000

3 Maret 66 12 22 102 513 400 000

4 April 78 12 26 103 343 600 000

5 Mei 73 11 24 121 376 200 000

6 Juni 64 8 24 99 250 600 000

7 Juli 52 15 17 67 322 200 000

8 Agustus 59 16 18 78 389 850 000

9 September 58 17 27 80 231 200 000

10 Oktober 58 18 18 56 146 600 000

11 Nopember 65 12 15 101 379 000 000

12 Desember 58 18 14 60 222 500 000

J u m l a h 681 156 236 916 3 688 450 000

Tahun 2010 120 80 61 77 740 100 000

Tahun 2009 96 66 69 61 224 600 000

Sumber : Kepolisian Resort Purwakarta

Page 122: Purwakarta Dalam Angka 2012

Sosial

90 Purwakarta Dalam Angka 2012

Tabel 4.4.7 Banyaknya Kasus Kejahatan dan Pelanggaran yang Dilaporkan dan Diselesaikan di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011

Jenis Kejahatan dan Pelanggaran Kasus

Dilaporkan Diselesaikan Tunggakan

[1] [2] [3] [4]

1 Politik 0 0 0 2 Terhadap Kepala Negara 0 0 0 3 Terhadap Ketertiban Umum 35 30 5 4 Pembakaran 0 0 0

5 Penyuapan 0 0 0 6 Mata Uang 0 0 0 7 Memalsu Materai/Surat 6 4 2 8 Kesusilaan 1 1 0 9 Perjudian 9 5 0

10 Penculikan 2 0 0 11 Pembunuhan 2 0 0 12 Penganiayaan 69 46 23 13 Pencurian 701 119 582 14 Perampokan / Curas 38 9 29 15 Memeras, mengancam 5 1 4 16 Penggelapan 124 35 89 17 Penipuan 135 56 79 18 Merusak Barang 16 3 13 19 Dalam jabatan 0 0 0 20 Penadahan 1 3 0 21 Narkoba 26 28 0 22 Lain-lain 160 95 65

Pelanggaran

1 Pelanggaran KUHP 2 Pelanggaran Ekonomi

J u ml a h 1 330 439 891

Tahun 2010 1 274 418 856

Tahun 2009 738 546 192

Sumber : Kepolisian Resort Purwakarta

Page 123: Purwakarta Dalam Angka 2012

Sosial

Purwakarta Dalam Angka 2012 91

Tabel 4.4.8 Jumlah Penghuni Lembaga Pemasyarakatan Purwakarta Menurut Jenis Tindak Pidana

Tahun 2011

No Jenis Kejahatan Tahanan

Jumlah Polisi Jaksa PN PT MA

[1] [2] [3] [4] [5] [6] [7] [8]

1 Ketertiban - - - - - -

2 Kesusilaan - 4 3 - - 7

3 Perjudian - - - - - -

4 Penganiayaan - - 5 - - 5

5 Pencurian 7 4 20 - - 31

6 Perampokan - - - - - -

7 Pemerasan - - - - - -

8 Penggelapan - - 5 - - 5

9 Penipuan - 2 4 - - 6

10 Penadahan 1 - 1 - - 2

11 Kehutanan - - - - - -

12 Kelalaian - 1 - - - 1

13 Korupsi - - - - - -

14 Narkotika - 6 15 1 1 23

15 Psykotropika - - - - - -

Jumlah 8 17 53 1 1 80

Tahun 2010 77 171 187 6 - 441

Tahun 2009 10 10 67 0 1 88

Sumber : Lapas Purwakarta

Page 124: Purwakarta Dalam Angka 2012

Sosial

92 Purwakarta Dalam Angka 2012

Tabel 4.4.8 (Lanjutan…)

No Jenis

Kejahatan

Narapidana

Jumlah Mati

Seumur Hidup

> 1 Tahun

3 Bulan- 1 Tahun

< 3 Bulan

Pengganti Denda

[1] [2] [3] [4] [5] [6] [7] [8] [9]

1 Ketertiban - - - - - - -

2 Kesusilaan - - 6 - - 1 7

3 Perjudian - - - - - - -

4 Penganiayaan - - 3 - - - 3

5 Pencurian - - 90 11 - - 101

6 Perampokan - - - - - - -

7 Pemerasan - - - - - - -

8 Penggelapan - - 25 10 - - 35

9 Penipuan - - 28 - - - 28

10 Penadahan - - 4 - - - 4

11 Kehutanan - - - - - 1 1

12 Kelalaian - - 2 - - - 2

13 Korupsi - - 7 1 - - 8

14 Narkotika - - 141 - - - 141

15 Psykotropika - - - - - - -

Jumlah - - 306 22 - 2 330

Tahun 2010 - - 344 96 - - 440

Tahun 2009 - - 144 13 3 7 167

Sumber : Lapas Purwakarta

Page 125: Purwakarta Dalam Angka 2012

Sosial

Purwakarta Dalam Angka 2012 93

Tabel 4.4.8 (Lanjutan…)

No Jenis

Kejahatan

Anak Pidana

Jumlah Mati

Seumur Hidup

> 1 Tahun

3 Bulan- 1 Tahun

< 3 Bulan

Pengganti Denda

[1] [2] [3] [4] [5] [6] [7] [8] [9]

1 Ketertiban - - - - - - -

2 Kesusilaan - - 2 - - - 2

3 Perjudian - - - - - - -

4 Penganiayaan - - - - - - -

5 Pencurian - - - - - - -

6 Perampokan - - - - - - -

7 Pemerasan - - - - - - -

8 Penggelapan - - - - - - -

9 Penipuan - - - - - - -

10 Penadahan - - - - - - -

11 Kehutanan - - - - - - -

12 Kelalaian - - - - - - -

13 Korupsi - - - - - - -

14 Narkotika - - - - - - -

15 Psykotropika - - - - - - -

Jumlah - - 2 - - - 2

Tahun 2010 - - 1 - - - 1

Tahun 2009 - - - - - - -

Sumber : Lapas Purwakarta

Page 126: Purwakarta Dalam Angka 2012

Sosial

94 Purwakarta Dalam Angka 2012

Tabel 4.4.9 Jumlah Narapidana di Lembaga Permasyarakatan Purwakarta Menurut Kelompok Umur dan Jenis Kelamin Tahun 2011

Kelompok Umur Jenis Kelamin

Jumlah Jiwa Laki-Laki Perempuan

[1] [2] [3] [4]

Dewasa 407 3 410

Anak-anak 2 - 2

Jumlah 409 3 412

Tahun 2010 432 9 441

Tahun 2009 323 12 335

Sumber : Lapas Purwakarta

Page 127: Purwakarta Dalam Angka 2012

Sosial

Purwakarta Dalam Angka 2012 95

Tabel 4.5.1 Banyaknya Sarana Peribadatan menurut Kecamatan di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011

Kecamatan Mesjid

Surau/

Gereja Pura/

Kelenteng Vihara

Langgar Protestan Katolik

[1] [2] [3] [4] [5] [6] [7]

1. Jatiluhur 36 104 - - - 1

2. Sukasari 26 20 - - - -

3. Maniis 47 44 - - - -

4. Tegalwaru 48 33 - - - -

5. Plered 70 228 - - - -

6. Sukatani 103 351 - - - -

7. Darangdan 82 115 - - - -

8. Bojong 62 203 - - - -

9. Wanayasa 50 111 - - - -

10. Kiarapedes 33 70 - - - -

11. Pasawahan 38 99 - - - -

12. Pondoksalam 25 93 - - - -

13. Purwakarta 82 128 10 2 1 2

14. Babakancikao 39 65 - - - -

15. Campaka 19 75 - - - -

16. Cibatu 43 114 - - - -

17. Bungursari 41 92 - - - -

Kabupaten 846 1 945 10 2 1 3

Tahun 2010 846 1 945 10 2 1 3

Tahun 2009 846 1 046 10 2 1 3

Sumber : Departemen Agama Kabupaten Purwakarta

Page 128: Purwakarta Dalam Angka 2012

Sosial

96 Purwakarta Dalam Angka 2012

Tabel 4.5.2 Persentase Penduduk menurut Agama/Kepercayaan dan Kecamatan di Kabupaten Purwakarta

Tahun 2011

Kecamatan Pemeluk Agama Jumlah

Islam Katolik Protestan Hindu Budha

[1] [2] [3] [4] [5] [6] [7]

1. Jatiluhur 99,471 0,088 0,377 0,051 0,013 100,00

2. Sukasari 100,000 0,000 0,000 0,000 0,000 100,00

3. Maniis 99,980 0,004 0,016 0,000 0,000 100,00

4. Tegalwaru 99,871 0,046 0,083 0,000 0,000 100,00

5. Plered 99,933 0,020 0,047 0,000 0,000 100,00

6. Sukatani 99,823 0,035 0,131 0,008 0,004 100,00

7. Darangdan 99,917 0,016 0,066 0,000 0,002 100,00

8. Bojong 99,997 0,000 0,003 0,000 0,000 100,00

9. Wanayasa 99,970 0,008 0,022 0,000 0,000 100,00

10. Kiarapedes 99,983 0,000 0,017 0,000 0,000 100,00

11. Pasawahan 99,904 0,008 0,083 0,003 0,003 100,00

12. Pondoksalam 99,929 0,028 0,043 0,000 0,000 100,00

13. Purwakarta 96,399 0,745 2,502 0,078 0,276 100,00

14. Babakancikao 98,320 0,313 1,331 0,026 0,010 100,00

15. Campaka 99,788 0,060 0,146 0,007 0,000 100,00

16. Cibatu 99,774 0,043 0,156 0,027 0,000 100,00

17. Bungursari 97,660 0,439 1,865 0,036 0,000 100,00

Kabupaten 98,976 0,208 0,735 0,024 0,057 100,00

Tahun 2010 99,014 0,194 0,711 0,019 0,062 100,00

Tahun 2009 99,18 0,20 0,50 0,11 - 100,00

Sumber : Departemen Agama Kabupaten Purwakarta

Page 129: Purwakarta Dalam Angka 2012

Sosial

Purwakarta Dalam Angka 2012 97

Tabel 4.5.3 Banyaknya Ulama, Mubaligh, Khotib, Penyuluh Agama Kecamatan dan Majlis Ta'lim menurut Kecamatan

di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011

Kecamatan Ulama Mubaligh Khotib Penyuluh Agama Majlis

Ta'lim Kecamatan

[1] [2] [3] [4] [5] [6]

1. Jatiluhur 84 63 77 15 77

2. Sukasari 27 31 60 5 26

3. Maniis 24 16 79 9 58

4. Tegalwaru 113 68 106 11 46

5. Plered 60 65 98 16 140

6. Sukatani 42 89 144 9 97

7. Darangdan 49 71 154 12 138

8. Bojong 17 34 115 13 164

9. Wanayasa 36 40 170 11 105

10. Kiarapedes 15 20 60 9 85

11. Pasawahan 16 70 137 11 62

12. Pondoksalam 10 20 42 7 51

13. Purwakarta 182 254 542 34 101

14. Babakancikao 35 17 50 8 55

15. Campaka 30 60 192 12 64

16. Cibatu 15 24 35 9 67

17. Bungursari 46 20 20 10 44

Kabupaten 801 962 2 081 197 1 383

Tahun 2010 801 962 2 081 201 1 383

Tahun 2009 801 962 2 081 206 1 260

Sumber : Departemen Agama Kabupaten Purwakarta

Page 130: Purwakarta Dalam Angka 2012

Sosial

98 Purwakarta Dalam Angka 2012

Tabel 4.5.4 Banyaknya Pondok Pesantren, Santri dan Guru/Kiyai/Ustadz menurut Kecamatan di Kabupaten Purwakarta

Tahun 2011

Kecamatan Pondok Banyaknya

Pesantren Santri Guru/Kiyai/Ustadz

[1] [2] [3] [4]

1. Jatiluhur 10 254 15

2. Sukasari 5 115 10

3. Maniis 8 415 15

4. Tegalwaru 23 200 30

5. Plered 34 3 223 50

6. Sukatani 22 458 30

7. Darangdan 17 676 25

8. Bojong 30 2 025 30

9. Wanayasa 21 2 370 33

10. Kiarapedes 5 357 25

11. Pasawahan 12 634 25

12. Pondoksalam 7 484 15

13. Purwakarta 20 1 446 30

14. Babakancikao 7 326 12

15. Campaka 15 755 35

16. Cibatu 9 506 15

17. Bungursari 5 75 10

Kabupaten 250 14 319 405

Tahun 2010 239 20 444 1 177

Tahun 2009 233 26 951 1 154

Sumber : Departemen Agama Kabupaten Purwakarta

Page 131: Purwakarta Dalam Angka 2012

Sosial

Purwakarta Dalam Angka 2012 99

Tabel 4.5.5 Banyaknya Sekolah, Murid dan Guru Madrasah Ibtidaiyah

menurut Kecamatan di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011

Kecamatan Sekolah Murid Guru

Negeri Swasta Jumlah

[1] [2] [3] [4] [5] [6]

1. Jatiluhur 2 185 6 9 15

2. Sukasari 1 197 3 11 14

3. Maniis 1 146 1 10 11

4. Tegalwaru 5 620 4 25 29

5. Plered 6 1 262 8 50 58

6. Sukatani 2 151 3 13 16

7. Darangdan 1 151 2 8 10

8. Bojong 6 1 045 19 42 61

9. Wanayasa 6 442 17 46 63

10. Kiarapedes 2 285 5 18 23

11. Pasawahan 0 0 0 0 0

12. Pondoksalam 3 378 15 16 31

13. Purwakarta 0 0 0 0 0

14. Babakancikao 0 0 0 0 0

15. Campaka 0 0 0 0 0

16. Cibatu 2 341 14 11 25

17. Bungursari 1 192 1 10 11

Kabupaten 38 5 395 98 269 367

Tahun 2010 35 4 776 99 289 388

Tahun 2009 34 4 321 91 253 344

Sumber : Departemen Agama Kabupaten Purwakarta

Page 132: Purwakarta Dalam Angka 2012

Sosial

100 Purwakarta Dalam Angka 2012

Tabel 4.5.6 Banyaknya Sekolah, Murid dan Guru Madrasah Tsanawiyah

menurut Kecamatan di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011

Kecamatan Sekolah Murid Guru

Negeri Swasta Jumlah

[1] [2] [3] [4] [5] [6]

1. Jatiluhur 4 1 161 9 70 79

2. Sukasari 1 255 0 10 10

3. Maniis 4 393 0 44 44

4. Tegalwaru 4 1 074 7 75 82

5. Plered 6 1 853 21 110 131

6. Sukatani 2 328 1 32 33

7. Darangdan 2 289 4 28 32

8. Bojong 2 822 22 20 42

9. Wanayasa 4 1 616 8 86 94

10. Kiarapedes 1 140 0 16 16

11. Pasawahan 2 396 8 32 40

12. Pondoksalam 3 344 1 40 41

13. Purwakarta 5 1 944 44 95 139

14. Babakancikao 1 28 0 6 6

15. Campaka 1 297 4 16 20

16. Cibatu 2 460 12 30 42

17. Bungursari 1 73 1 17 18

Kabupaten 45 11 473 142 727 869

Tahun 2010 43 10 190 136 732 868

Tahun 2009 43 8 837 132 748 880

Sumber : Departemen Agama Kabupaten Purwakarta

Page 133: Purwakarta Dalam Angka 2012

Sosial

Purwakarta Dalam Angka 2012 101

Tabel 4.5.7 Banyaknya Sekolah, Murid dan Guru Madrasah Aliyah

menurut Kecamatan di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011

Kecamatan Sekolah Murid Guru

Negeri Swasta Jumlah

[1] [2] [3] [4] [5] [6]

1. Jatiluhur 3 431 0 46 46

2. Sukasari 0 0 0 0 0

3. Maniis 2 118 2 21 23

4. Tegalwaru 2 226 1 28 29

5. Plered 2 663 4 55 59

6. Sukatani 1 66 0 17 17

7. Darangdan 1 62 1 15 16

8. Bojong 1 143 1 9 10

9. Wanayasa 2 669 3 35 38

10. Kiarapedes 1 40 0 10 10

11. Pasawahan 1 82 0 16 16

12. Pondoksalam 0 0 0 0 0

13. Purwakarta 5 1 156 32 100 132

14. Babakancikao 0 0 0 0 0

15. Campaka 0 0 0 0 0

16. Cibatu 1 77 3 17 20

17. Bungursari 0 0 0 0 0

Kabupaten 22 3 733 47 369 416

Tahun 2010 20 2 956 44 361 409

Tahun 2009 20 2 695 44 349 393

Sumber : Departemen Agama Kabupaten Purwakarta

Page 134: Purwakarta Dalam Angka 2012

Sosial

102 Purwakarta Dalam Angka 2012

Tabel 4.5.8 Banyaknya Jemaah Haji yang Diberangkatkan

menurut Jenis Pekerjaan di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011

Jenis Pekerjaan Jumlah

[1] [2]

1. Pegawai Negeri Sipil 124

2. Petani 44

3. Ibu Rumah Tangga 282

4. Pedagang 135

5. BUMN 20

6. TNI/Polri 6

7. Pegawai Swasta 64

8. Pelajar / Mahasiswa 5

9. Pensiun 34

J u m l a h 714

Tahun 2010 699

Tahun 2009 664

Sumber : Seksi Urusan Haji Departemen Agama Kabupaten Purwakarta

Page 135: Purwakarta Dalam Angka 2012

Sosial

Purwakarta Dalam Angka 2012 103

Tabel 4.5.9 Banyaknya Jemaah Haji menurut Kelompok Umur

di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011

Kelompok Umur Tahun 2011

[1] [2]

1.

18 s/d 30 37

2.

31 s/d 40 135

3. 41 s/d 50 216

4. 51 s/d 60 215

5. 61 s/d 90 111

J u m l a h 714

Sumber : Seksi Urusan Haji Departemen Agama Kabupaten Purwakarta

Page 136: Purwakarta Dalam Angka 2012

Sosial

104 Purwakarta Dalam Angka 2012

Tabel 4.5.10 Banyaknya Jemaah Haji yang Diberangkatkan menurut Kecamatan di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011

Kecamatan

Banyaknya Jemaah Haji yang Diberangkatkan

Laki-laki Perempuan Laki+Perempuan

[1] [2] [3] [4]

1. Jatiluhur 13 15 28

2. Sukasari 1 2 3

3. Maniis 11 13 24

4. Tegalwaru 18 19 37

5. Plered 22 28 50

6. Sukatani 16 20 36

7. Darangdan 11 13 24

8. Bojong 17 18 35

9. Wanayasa 19 16 35

10. Kiarapedes 12 11 23

11. Pasawahan 11 14 25

12. Pondoksalam 3 4 7

13. Purwakarta 102 139 241

14. Babakancikao 20 22 42

15. Campaka 16 23 39

16. Cibatu 6 9 15

17. Bungursari 23 27 50

Kabupaten 321 393 714

Tahun 2010 338 361 699

Tahun 2009 338 361 699

Sumber : Seksi Urusan Haji Departemen Agama Kabupaten Purwakarta

Page 137: Purwakarta Dalam Angka 2012

Sosial

Purwakarta Dalam Angka 2012 105

Tabel 4.5.11 Jemaah Haji yang Diberangkatkan menurut Bank Tempat Penyetoran ONH di Kabupaten Purwakarta

Tahun 2010 – 2011

Bank Tahun 2010 Tahun 2011

[1] [2] [3]

1. BNI 163 129

2. BRI 196 181

3. BANK MANDIRI 51 45

4. BANK JABAR 101 88

5. BANK JABAR SYARIAH 6 18

6. BANK SYARIAH MANDIRI 181 241

7. BANK BTN 1 9

8. BNI SYARIAH - 3

J u m l a h 699 714

Sumber : Seksi Urusan Haji Departemen Agama Kabupaten Purwakarta

Page 138: Purwakarta Dalam Angka 2012

Sosial

106 Purwakarta Dalam Angka 2012

Tabel 4.6.1 Frekuensi Kegiatan Pelayanan dan Penyebaran Informasi di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011

Bulan

Pelayanan Informasi Penyebaran Informasi

Siaran

Pers

Tilpon Website

(purwakar-ta go id)

Pengun-jung

Forum Dialogis

Penyu-luhan

Publikasi Keliling

(Kali) (Kali) (Pengunjun

g) (Kali) (Kali) (Kali) (Kali)

[1] [2] [3] [4] [5] [6] [7] [8]

1 Januari 31 7 206 833 - 4 8 7 8

2 Pebruari 28 6 883 653 - 17 8 8 8

3 Maret 31 5 917 146 - 8 8 8 8

4 April 30 7 902 637 - 6 8 8 8

5 Mei 31 7 098 588 - 7 8 8 8

6 Juni 30 5 943 098 - 43 8 8 8

7 Juli 31 5 695 525 - 57 8 8 8

8 Agustus 31 5 043 273 - 32 8 8 8

9 September 30 4 102 087 - 15 8 8 8

10 Oktober 31 4 788 520 - 6 8 8 8

11 Nopember 30 4 542 940 - 18 8 8 8

12 Desember 31 4 839 132 - 12 8 8 8

Jumlah 365 69 963 432 - 225 96 95 96

Tahun 2010 365 138 846 318 2 996 365 184 184 184

Tahun 2009 - - - - - - -

Sumber : Sekretariat Daerah Kabupaten Purwakarta

Page 139: Purwakarta Dalam Angka 2012

Sosial

Purwakarta Dalam Angka 2012 107

Tabel 4.6.2 Banyaknya Gugus Depan dan Anggota Gerakan Pramuka menurut Ranting Kecamatan di Kabupaten Purwakarta

Tahun 2011

Jumlah Gugus Depan

Anggota Dewasa

Kwartir Ranting Kecamatan Majelis

Pembimbing Andalan

Kwartir Pembina Pramuka

[1] [2] [3] [4] [5]

1 Jatiluhur 88 42 - 158

2 Sukasari 26 13 - 47

3 Maniis 40 20 - 60

4 Tegalwaru 56 28 - 60

5 Plered 82 41 - 100

6 Sukatani 90 42 - 338

7 Darangdan 96 48 - 132

8 Bojong 98 49 - 80

9 Wanayasa 76 38 - 307

10 Kiarapedes 40 20 - 70

11 Pasawahan 30 30 - 96

12 Pondoksalam 40 20 - 72

13 Purwakarta 266 139 - 266

14 Babakancikao 50 25 - 70

15 Campaka 48 23 - 84

16 Cibatu 50 25 - 84

17 Bungursari 42 21 - 72

Jumlah 1 218 624 - 2 096

Tahun 2010 594 594 544 1 188

Tahun 2009 1 284 885 444 1 284

Sumber : Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kab Purwakarta

Page 140: Purwakarta Dalam Angka 2012

Sosial

108 Purwakarta Dalam Angka 2012

Tabel 4.6.2 (Lanjutan…)

Kecamatan Peserta Didik Jumlah

Pramuka Siaga Pandega Penegak Penggalang

[1] [6] [7] [8] [9] [10]

1 Jatiluhur 3 711 0 60 3 925 7 696

2 Sukasari 3 010 0 0 2 031 5 041

3 Maniis 3 045 0 124 4 031 7 200

4 Tegalwaru 2 210 0 321 3 451 5 982

5 Plered 3 786 0 231 4 322 8 339

6 Sukatani 3 300 0 199 6 600 10 099

7 Darangdan 720 0 43 920 1 683

8 Bojong 3 543 0 230 3 423 7 196

9 Wanayasa 2 481 0 125 3 108 5 714

10 Kiarapedes 3 421 0 0 2 120 5 541

11 Pasawahan 3 010 0 201 4 678 7 889

12 Pondoksalam 1 256 0 0 3 001 4 257

13 Purwakarta 8 448 0 1 375 1 000 10 823

14 Babakancikao 2 302 0 340 2 322 4 964

15 Campaka 2 069 160 80 2 215 4 524

16 Cibatu 1 916 300 1 551 1 412 5 179

17 Bungursari 3 241 0 30 2 231 5 502

Jumlah 51 469 460 4 910 50 790 107 629

Tahun 2010 114 2 890 - - 5 910

Tahun 2009 95 2 780 35 283 74 504 116 559

Sumber : Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kab Purwakarta

Page 141: Purwakarta Dalam Angka 2012

Sosial

Purwakarta Dalam Angka 2012 109

Tabel 4.6.3 Rekapitulasi Penerimaan dan Pemakaian Darah Di Unit Transfusi Darah Cabang Palang Merah Indonesia (UTDC PMI) Cabang Kabupaten Purwakarta Tahun 2008 - 2011

No Kegiatan Tahun

2008 2009 2010 2011

[1] [2] [3] [4] [5] [6]

1 Penerimaan Darah

(Labu) 4 372 4 647 5039 5791

2 Pemakaian Darah

(Labu) 4 021 4 240 4459 5288

3 Donor Darah (Orang) 2 887 3 159 3103 5031

Sumber : PMI Cabang Purwakarta

Page 142: Purwakarta Dalam Angka 2012

Sosial

110 Purwakarta Dalam Angka 2012

Tabel 4.6.4 Banyaknya Pemakaian Darah di Cabang PMI Kabupaten Purwakarta Tahun 2010 – 2011

No Peruntukan Pemakaian Darah

Tahun

2010 2011

[1] [2] [3] [4]

1 Bedah 628 690

2 Kandungan 1 955 2047

3 Penyakit Dalam 1 623 2365

4 Anak 243 172

5 Lain-lain 10 14

Jumlah 4 459 5288

Sumber : PMI Cabang Purwakarta

Page 143: Purwakarta Dalam Angka 2012

Sosial

Purwakarta Dalam Angka 2012 111

Tabel 4.6.5 Banyaknya Penerima Darah di Cabang PMI Kabupaten Purwakarta Tahun 2010 - 2011

No Asal Penerimaan Darah

Tahun

2010 2011

[1] [2] [3] [4]

1 DS

(Donor Sukarela)

Triwulan I 1248 1404

Triwulan II 1239 1349

Triwulan III 1205 1175

Triwulan IV 1347 1863

2 DP

(Donor Pengganti)

Triwulan I - -

Triwulan II - -

Triwulan III - -

Triwulan IV - -

Jumlah 5 039 5791

Sumber : PMI Cabang Purwakarta

Page 144: Purwakarta Dalam Angka 2012

Sosial

112 Purwakarta Dalam Angka 2012

Tabel 4.6.6 Jumlah Sumber Daya Alam Manusia Palang Merah Indonesia Cabang Kabupaten Purwakarta Tahun 2008 – 2011

No Sumber Daya Alam

Manusia PMI Cabang

Tahun

2008 2009 2010 2011

[1] [2] [3] [4] [5] [6]

1 Pengurus 11 11 11 11

2 Staff

a Markas 6 10 11 11

b UTDC 11 11 13 15

c dr UTDC 1 - 1 1

3 PMI

a Mula - - - -

b Madya 1 901 986 458 766

c Wira 671 541 601 578

4 KSR (Korps-korps

Sukarela)

a Cabang 10 5 5 5

b PT - - -

c TSR (Tenaga Sukarela)

2 - 15 25

5 Pelatih 8 11 11 10

6 Pembina PMR 40 47 47 47

7 Tim Satgana 4 - - -

Jumlah 2 668 1 622 1 173 1 469

Sumber : PMI Cabang Purwakarta

Page 145: Purwakarta Dalam Angka 2012

Sosial

Purwakarta Dalam Angka 2012 113

Tabel 4.6.7 Banyaknya Wajib Pajak Bumi Bangunan Menurut Kecamatan di Kabupaten Purwakarta

Tahun 2011

No Kecamatan Banyaknya Wajib Pajak

PBB

Jumlah Luas (M2) Nilai Pajak (Rp 000)

Tanah Bangunan

[1] [2] [3] [4] [5]

1 Jatiluhur 23 860 27 612 039 924 081 3 269 629

2 Sukasari 10 106 36 914 863 16 305 210 675

3 Maniis 13 730 22 655 678 70 310 306 667

4 Tegalwaru 27 937 42 471 862 245 672 625 789

5 Plered 27 109 26 622 970 356 509 701 981

6 Sukatani 28 084 53 835 366 225 291 1 080 768

7 Darangdan 32 575 48 689 982 468 278 1 255 668

8 Bojong 25 825 42 362 936 218 805 762 762

9 Wanayasa 22 216 28 854 843 287 968 574 214

10 Kiarapedes 17 633 25 605 558 174 168 385 918

11 Pasawahan 21 480 24 021 306 238 593 550 173

12 Pondoksalam 18 404 25 621 484 167 983 418 267

13 Purwakarta 44 419 19 218 423 1 962 788 4 112 069

14 Babakancikao 24 238 39 600 772 653 662 3 388 339

15 Campaka 19 420 32 846 013 478 467 2 207 413

16 Cibatu 15 884 33 076 876 278 072 1 337 916

17 Bungursari 21 760 39 035 879 1 196 407 9 200 979

Jumlah 394 680 569 046 850 7 963 359 30 389 227

Tahun 2010 390 644 567 609 898 7 886 067 29 177 335

Tahun 2009 386 131 566 622 752 7 322 893 28 117 992

Sumber : KPP PRATAMA PURWAKARTA

Page 146: Purwakarta Dalam Angka 2012

Sosial

114 Purwakarta Dalam Angka 2012

Tabel 4.6.8 Target Dan Realisasi Pajak Bumi Dan Bangunan (PBB) Untuk Semua Sektor Dan BPHTB Menurut Bulan

Di Kabupaten Purwakarta Tahun 20010 – 2011

No Bulan

Tahun 2010 Tahun 2011

Target Rp (000)

Realisasi Rp (000)

% Target

Rp (000) Realisasi Rp (000)

%

[1] [2] [3] [4] [5] [6] [7]

1 Januari 334 988 064 284 153 946 84,83 98 945 137 114 138.58

2 Februari 965 848 244 791 504 260 81,95 428 523 310 989 72.57

3 Maret 568 659 259 3 891 159 551 684,27 110 438 183 981 166.59

4 April 1 046 109 909 2 175 213 493 207,93 425 077 3 374 381 793.83

5 Mei 2 837 787 054 2 235 326 142 78,77 2 033 083 2 118 344 104.19

6 Juni 8 425 785 878 13 803 259 980 163,82 8 251 018 2 690 800 32.61

7 Juli 6 115 371 925 10 768 408 023 156,09 3 661 449 7 956 374 217.30

8 Agustus 15 659 143 565 29 906 164 106 190,98 14 662 378 16 533 075 112.76

9 September 6 941 406 011 18 302 839 607 263,68 7 316 405 8 886 417 121.46

10 Oktober 10 077 239 360 10 638 043 722 105,57 11 833 324 8 933 544 75.49

11 Nopember 1 723 237 072 2 253 936 240 130,80 2 865 180 7 322 167 255.56

12 Desember 17 625 377 906 9 777 003 167 55,47 13 756 162 7 456 313 54.20

Jumlah 72 320 954 246 104 827 012 237 144,95 65 441 982 65 903 499 100.71

Sumber : Kantor Pelayanan PBB Purwakarta

Page 147: Purwakarta Dalam Angka 2012

Sosial

Purwakarta Dalam Angka 2012 115

Tabel 4.6.9 Sarana dan Prasarana Pembuangan Limbah Yang Tersedian (Unit)

Di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011

No Sarana dan Prasarana yang Tersedia Jumlah

Unit

[1] [2] [3]

1 INHOFTANK

2 BAK PENGERING LUMPUR

3 KOLAM FAKULTATIF

Jumlah

Tahun 2010 10

Tahun 2009 10

Sumber : Dinas Kebersihan dan Pertamanan

Page 148: Purwakarta Dalam Angka 2012

Sosial

116 Purwakarta Dalam Angka 2012

Tabel 4.6.10 Banyaknya Kebakaran Menurut Kecamatan

di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011

No Kecamatan Tahun 2011

Januari Februari Maret April

[1] [2] [3] [4] [5] [6]

1 Jatiluhur - - - -

2 Sukasari - - - -

3 Maniis - - - -

4 Tegal Waru - - - -

5 Plered - - - -

6 Sukatani - - - -

7 Darangdan - - - -

8 Bojong - - - -

9 Wanayasa - - 1 -

10 Kiarapedes 1 - - -

11 Pasawahan - - - -

12 Pondoksalam - - - -

13 Purwakarta - - - 2

14 Babakancikao 1 1 - -

15 Campaka - - - -

16 Cibatu - - - -

17 Bungursari 1 - - -

Jumlah 3 1 1 2

Tahun 2010 5 1 2 7

Tahun 2009 2 1 3 -

Sumber : UPTD Pemadam Kebakaran Pemda Kabupaten Purwakarta

Page 149: Purwakarta Dalam Angka 2012

Sosial

Purwakarta Dalam Angka 2012 117

Tabel 4.6.10 (Lanjutan…)

No Kecamatan Tahun 2011

Mei Juni Juli Agustus

[1] [2] [7] [8] [9] [10]

1 Jatiluhur - - - -

2 Sukasari - - - -

3 Maniis - - - -

4 Tegal Waru - - 1 -

5 Plered - - - -

6 Sukatani - - - -

7 Darangdan - - - -

8 Bojong - - - -

9 Wanayasa - - - 1

10 Kiarapedes - - - -

11 Pasawahan - - - -

12 Pondoksalam - - - -

13 Purwakarta 1 3 1 10

14 Babakancikao - - - 1

15 Campaka 1 - - 1

16 Cibatu - - - 1

17 Bungursari - - - -

Jumlah 2 3 2 14

Tahun 2010 2 1 1 6

Tahun 2009 1 2 7 9

Sumber : UPTD Pemadam Kebakaran Pemda Kabupaten Purwakarta

Page 150: Purwakarta Dalam Angka 2012

Sosial

118 Purwakarta Dalam Angka 2012

Tabel 4.6.10 (Lanjutan…)

No Kecamatan Tahun 2011

September Oktober November Desember

[1] [2] [11] [12] [13] [14]

1 Jatiluhur 4 1 1 -

2 Sukasari - - - -

3 Maniis 1 - - -

4 Tegal Waru - - - -

5 Plered - - - -

6 Sukatani - - - -

7 Darangdan - - - -

8 Bojong - - - -

9 Wanayasa - 1 - -

10 Kiarapedes - - - -

11 Pasawahan - - 1 -

12 Pondoksalam - - - -

13 Purwakarta 10 2 1 2

14 Babakancikao 2 - - 1

15 Campaka - - - -

16 Cibatu - - - -

17 Bungursari 6 1 1 -

Jumlah 23 5 4 3

Tahun 2010 2 6 2 0

Tahun 2009 9 7 6 3

Sumber : UPTD Pemadam Kebakaran Pemda Kabupaten Purwakarta

Page 151: Purwakarta Dalam Angka 2012

BAB V

PERTANIAN

Page 152: Purwakarta Dalam Angka 2012
Page 153: Purwakarta Dalam Angka 2012

Peternakan

Purwakarta Dalam Angka 2012

121

5. PERTANIAN

Sektor pertanian masih merupakan sektor yang cukup dominan dalam

pembangunan perekonomian di Kabupaten Purwakarta. Hasil pertanian yang terdiri

dari pertanian tanaman pangan, perkebunan, peternakan, kehutanan, dan perikanan

merupakan potensi wilayah yang digunakan untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat

dan sisanya diekspor ke luar wilayah. Selain hasilnya sebagai sumber pemenuhan

kebutuhan, sektor pertanian juga merupakan salah satu mata pencaharian utama

penduduk di Kabupaten Purwakarta.

5.1. Pertanian Tanaman Pangan

Pertanian tanaman pangan terdiri dari kelompok komoditi padi palawija,

sayur-sayuran, dan buah-buahan. Secara umum produksi padi palawija, sayur-

sayuran dan buah-buahan pada tahun 2011 mengalami penurunan yang signifikan jika

dibandingkan dengan produksi pada tahun 2010.

Produksi padi di Kabupaten Purwakarta tahun 2011 sebanyak 223.384 ton

Gabah Kering Giling (GKG) atau menurun sekitar 11,47 persen dibandingkan dengan

produksi tahun 2010. Penurunan ini sebagai dampak dari kekeringan yang terjadi di

Kabupaten Purwakarta dan menurunnya hasil panen . Luas panen mengalami

penurunan dari 43.857 hektar menjadi 38.975 hektar , dan rata-rata produksi per hektar

pun menurun dari 57,54 per hektar menjadi 57,31 ton per hektar.

Produksi palawija pada tahun 2011 juga mengalami penurunan seperti halnya

komoditi padi. Penurunan tertinggi terjadi pada komoditi kacang hijau , dimana pada

tahun 2011 ini produksinya menurun sekitar 56,12 persen, yaitu dari 948 ton menjadi

416 ton. Kemudian komoditi ubi kayu menurun sekitar 40,57 persen yaitu dari 177.247

ton pada tahun 2010 menjadi 105.330 ton pada tahun 2011. Komoditi palawija lainnya

juga mengalami penurunan produksi dibandingkan tahun sebelumnya, kacang tanah

Page 154: Purwakarta Dalam Angka 2012

Peternakan

Purwakarta Dalam Angka 2012 122

menurun 40,26 persen, ubi jalar meurun 26,88 persen, jagung menurun 22,22 persen

sedangkan satu-satunya komodi palawija yang mengalami peningkatan adalah

kedelai yang meningkar sebesar 82,13 persen.

Secara umum sayur-sayuran mengalami penurunan produksi, kecuali

komoditi kubis, cabe besar, bayam dan labu sian yang mengalami peningkatan

produksi. Peningkatan tertinggi terjadi pada komoditi kubis yang meningkat sekitar

258,71 persen.

Secara umum komoditi buah-buahan mengalami peningkatan produksi pada

tahun 2011. Komoditi dengan peningkatan terbesar adalah salak, dimana pada tahun

20101produksinya meningkat sebesar 202,62 persen. Komoditi lain yang mengalami

peningkatan cukup besar selain salak adalah petai dan rambutan dengan peningkatan

sebesar 140,72 untuk petai dan 103,79 persen untuk rambutan. Sedangkan komoditi

yang mengalami peurunan paling besar adalah jeruk besar yang mengalami

penurunan sebesar 89,28 persen.

5.2. Perkebunan

Luas areal perkebunan rakyat di Kabupaten Purwakarta pada tahun 2011

mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan tahun 2010. Pada tahun 2011 luas

areal perkebunan rakyat sekitar 9.460,04 hektar atau meningkat sekitar 3,24 persen dari

luas tahun 2010. Peningkatan luas areal perkebunan rakyat tidak diikuti dengan

peningkatan hasil produksi perkebunan. Jika pada tahun 2010 hasil produksi

perkebunan mencapai 9.606,52, tapi pada tahun 2011 hanya mencapai 8.298,21 ton

atau menurun sekitar 13,61 persen.

Komoditi teh sebagai salah satu komoditi perkebunan yang merupakan

potensi dari Kabupaten Purwakarta, pada tahun 2011 juga mengalami peningkatan

produksi demikian juga dengan luas areal penanamannya juga mengalami

peningkatan. Produksi teh tahun 2011 mencapai 5.377,35 ton meningkat sekitar 34,35

persen dari produksi tahun 2010 yang mencapai 4.002,52 ton, sedangkan jumlah

Page 155: Purwakarta Dalam Angka 2012

Peternakan

Purwakarta Dalam Angka 2012

123

pemilik lahan perkebunan teh mengalami kenaikan sebesar 0,8 persen dari tahun

sebelumnya, yaitu 12.364 pemilik.

Komoditi perkebunan lainnya seperti karet, kopi, aren, vanili, melinjo, dan

kapok, mengalami peningkatan produksi.. Peningkatan produksi komoditi perkebunan

tertinggi terjadi pada komoditi vanili yang mencapai peningkatan sekitar 100 persen.

Selain komoditi perkebunan, Kabupaten Purwakarta juga memiliki potensi

sumber daya tanaman obat, seperti jahe, kunir, dan kencur. Produksi jahe pada tahun

2011 mengalami peningkatan , yaitu sekitar 8,27 persen.

5.3. Kehutanan

Komoditi dari sub sektor kehutanan yang cukup potensi di Kabupaten

Purwakarta tahun 2010 adalah hasil dari kayu pertukangan, yang mencapai 5.014.165

meter3. Produksi kayu pertukangan pada tahun 2011 ini mengalami peningkatan jika

dibandingkan dengan produksi tahun 2010, yaitu naik sekitar 5,36 persen. Kenaikan

produksi kayu pertukangan sebagai dampak dari meningkatnya produksi kayu rimba

dari 844.891 meter3 pada tahun 2010 menjadi 2.301.820 meter3 pada tahun 2011 (naik

sekitar 172,44 persen). Daun kayu putih juga merupakan salah satu potensi Kabupaten

Purwakarta, yang pada tahun 2011 mengalami peningkatan produksi sebesar 114,75

persen.

5.4. Peternakan

Sub sektor peternakan yang diusahakan di Kabupaten Purwakarta pada tahun

2011 tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya, yaitu meliputi peternakan besar,

ternak kecil, dan ternak unggas. Ternak besar yang diusahakan diantaranya adalah

sapi potong, sapi perah, kuda, dan kerbau. Adapun ternak kecil yang diusahakan

adalah kambing dan domba, sedangkan ternak unggas yang diusahakan meliputi

ayam buras, ayam ras pedaging, ayam ras petelur, dan itik.

Page 156: Purwakarta Dalam Angka 2012

Peternakan

Purwakarta Dalam Angka 2012 124

Populasi sapi potong pada tahun 2011 mengalami penurunan dari tahun

sebelumnya, yaitu mencapai 48,93 persen. Kerbau mengalami penurunan populasi

sekitar 67,98 persen, sedangkan kuda hanya mengalami peningkatan satu ekor ternak

pada tahun 2011. Sedangkan sapi perah mengalamimi peningkatan sekitar 100 persen

di tahun 2011. Adapun populasi dari ternak kecil, yaitu domba dan kambing

mengalami peningkatan jumlah populasi yang cukup besar pada tahun 2011. Populasi

domba meningkat sekitar 6,64 persen pada tahun 2011, sedangkan kambing meningkat

sekitar 1,41 persen.

Populasi unggas yang mengalami peningkatan terbesar adalah itik yaitu

meningkat sekitar 14,88 persen. Ayam ras pedaging populasinya meningkat sekitar

9,23 persen dari populasi tahun 2010. Sedangkan ayam buras mengalami penurunan

populasi sekitar 18,94 persen.

Tingkat konsumsi masyarakat terhadap hasil produk peternakan secara umum

masih lebih rendah dari target norma gizi yang ditetapkan. Konsumsi daging per

kapita per tahun pada tahun 2011 di Kabupaten Purwakarta yaitu 9,17 kg per kapita

per tahun, padahal targetnya adalah 10,3 kg per kapita per tahun, masih kurang sekitar

1,13 kg per kapita per tahun.

5.5. Perikanan

Produksi perikanan di Kabupaten Purwakarta pada tahun 2011 secara umum

mengalami peningkatan dari tahun 2010, kecuali perikanan yang dipelihara di kolam

air tenang dan kolam air deras mengalami penurunan. Produksi perikanan tertinggi

dipelihara pada jaring apung. Produksi ikan yang dipelihara pada jaring apung tahun

2011 sebesar 110.095 ton atau meningkat sekitar 24,22 persen. Kecamatan yang

memproduksi ikan terbesar adalah Kecamatan Maniis dan Kecamatan Jatiluhur.

Page 157: Purwakarta Dalam Angka 2012

Peternakan

Purwakarta Dalam Angka 2012

125

Grafik 8. Produksi Jagung di Kabupaten Purwakarta Tahun 2009 – 2011 (Ton)

Page 158: Purwakarta Dalam Angka 2012

Peternakan

Purwakarta Dalam Angka 2012 126

Grafik 9. Produksi Kedelai di Kabupaten Purwakarta Tahun 2009 – 2011 (Ton)

Page 159: Purwakarta Dalam Angka 2012

Peternakan

Purwakarta Dalam Angka 2012

127

Grafik 10. Produksi Padi di Kabupaten Purwakarta Tahun 2009 – 2011 (Ton)

Page 160: Purwakarta Dalam Angka 2012

Peternakan

Purwakarta Dalam Angka 2012 128

Tabel 5.1.1 Luas Lahan Sawah menurut Kecamatan dan Irigasi yang Digunakan

di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 (Hektar)

Kecamatan

Irigasi Tadah Hujan Teknis

Setengah Teknis

Sederhana Non PU

[1] [2] [3] [4] [5] [6]

1. Jatiluhur - 81 72 128 191

2. Sukasari - - - 93 234

3. Maniis - - 92 - 567

4. Tegalwaru - 69 255 152 802

5. Plered 235 315 188 108 351

6. Sukatani - 99 111 276 516

7. Darangdan 491 184 363 372 92

8. Bojong - 341 185 353 301

9. Wanayasa 151 431 808 - 136

10. Kiarapedes - 338 365 - 216

11. Pasawahan 377 339 - 53 389

12. Pondoksalam 364 271 139 162 206

13. Purwakarta 132 227 65 - 133

14. Babakancikao - - 73 - 520

15. Campaka 60 89 136 85 482

16. Cibatu - 66 192 293 929

17. Bungursari 186 228 43 35 337

Kabupaten 1 996 2 978 3 087 2 110 6 402

Tahun 2010 1 996 3 016 3 402 1 757 6 402

Tahun 2009 1 996 2 976 3 418 1 688 6 473

Sumber : Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Purwakarta

Page 161: Purwakarta Dalam Angka 2012

Peternakan

Purwakarta Dalam Angka 2012

129

Tabel 5.1.1 (Lanjutan …)

Kecamatan

Lahan Sawah Lebak/

Lahan Sawah Jumlah

Sementara tidak Lahan

Polder Diusahakan Sawah

[1] [7] [8] [9]

1. Jatiluhur - - 472

2. Sukasari - - 327

3. Maniis - - 659

4. Tegalwaru - - 1 278

5. Plered - - 1 197

6. Sukatani - - 1 002

7. Darangdan - - 1 502

8. Bojong - - 1 180

9. Wanayasa - - 1 526

10. Kiarapedes - - 819

11. Pasawahan - - 1 058

12. Pondoksalam - - 1 242

13. Purwakarta - - 557

14. Babakancikao - - 593

15. Campaka - - 852

16. Cibatu - - 1 480

17. Bungursari - - 829

Kabupaten - - 16 573

Tahun 2010 15 - 16 588

Tahun 2009 15 - 16 561

Sumber : Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Purwakarta

Page 162: Purwakarta Dalam Angka 2012

Peternakan

Purwakarta Dalam Angka 2012 130

Tabel 5.1.2 Luas Lahan Bukan Sawah menurut Kecamatan dan Penggunaan

di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 (Hektar)

Kecamatan

Pekarangan/

Tegal/Kebun Ladang Huma

Padang Rumput

Bangunan

Halaman

[1] [2] [3] [4] [5]

1. Jatiluhur 1 193 332 351 19

2. Sukasari 610 344 547 4

3. Maniis 480 524 666 57

4. Tegalwaru 651 743 454 14

5. Plered 411 350 268 68

6. Sukatani 501 1 440 550 45

7. Darangdan 541 1 006 257 25

8. Bojong 340 270 127 1

9. Wanayasa 363 1 600 231 8

10. Kiarapedes 331 781 400 10

11. Pasawahan 467 205 135 391

12. Pondoksalam 436 206 169 266

13. Purwakarta 1 601 289 101 -

14. Babakancikao 1 268 685 335 51

15. Campaka 633 950 160 28

16. Cibatu 509 516 898 119

17. Bungursari 841 928 728 59

Kabupaten 11 176 11 169 6 377 1 165

Tahun 2010 14 270 11 194 6 243 1 165

Tahun 2009 14 270 11 194 6 243 1 165

Sumber : Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Purwakarta

Page 163: Purwakarta Dalam Angka 2012

Peternakan

Purwakarta Dalam Angka 2012

131

Tabel 5.1.2 (Lanjutan …)

Kecamatan

Sementara

Tidak Diusahakan

Rawa/Lainnya Kolam/ Empang

Hutan Rakyat

[1] [6] [7] [8] [9]

1. Jatiluhur - 12 - 284

2. Sukasari - 2 - 850

3. Maniis 600 5 - 745

4. Tegalwaru - 4 - 1 364

5. Plered - 74 - 46

6. Sukatani 1 412 28 - 469

7. Darangdan - 44 - 1 128

8. Bojong - 24 - 139

9. Wanayasa - 30 - 87

10. Kiarapedes - 15 - 162

11. Pasawahan - - 26 348

12. Pondoksalam - 58 - 394

13. Purwakarta - 20 - 60

14. Babakancikao - 6 - 220

15. Campaka 16 21 50 249

16. Cibatu - 8 - 75

17. Bungursari - 3 - 20

Kabupaten 2 028 354 76 6 635

Tahun 2010 2 018 354 76 6 630

Tahun 2009 2 018 457 76 6 610

Sumber : Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Purwakarta

Page 164: Purwakarta Dalam Angka 2012

Peternakan

Purwakarta Dalam Angka 2012 132

Tabel 5.1.2 (Lanjutan …)

Kecamatan Hutan (Negara)

Ditanami Perkebunan

Ditanami Lain-lain Jumlah

[1] [10] [11] [12] [13]

1. Jatiluhur 46 - 3 505 5 742

2. Sukasari 2 072 1 031 3 844 9 304

3. Maniis 3 029 102 77 6 285

4. Tegalwaru 1 584 690 163 5 667

5. Plered 78 201 239 1 735

6. Sukatani 1 013 485 1 100 7 038

7. Darangdan 746 993 418 5 158

8. Bojong 1 499 2 866 296 5 562

9. Wanayasa 1 346 831 64 4 560

10. Kiarapedes 1 978 - 59 3 736

11. Pasawahan 386 425 55 2 438

12. Pondoksalam 1 141 427 34 3 131

13. Purwakarta - - 201 2 272

14. Babakancikao 423 - 288 3 276

15. Campaka 507 477 112 3 203

16. Cibatu 1 226 623 77 4 051

17. Bungursari 1 170 410 188 4 347

Kabupaten 18 244 9 561 10 720 77 505

Tahun 2010 18 268 9 561 10 749 80 528

Tahun 2009 18 268 9 561 10 749 80 528

Sumber : Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Purwakarta

Page 165: Purwakarta Dalam Angka 2012

Peternakan

Purwakarta Dalam Angka 2012

133

Tabel 5.1.3 Luas Panen Hasil Per Hektar dan Produksi Padi Sawah menurut Kecamatan

di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 (GKP)

Kecamatan Luas Panen

(Ha) Hasil Per Hektar

(Kw) Produksi

(Ton)

[1] [2] [3] [4]

1. Jatiluhur 830 58,81 4 881

2. Sukasari 630 54,63 3 442

3. Maniis 1 484 57,32 8 506

4. Tegalwaru 2 154 57,61 12 409

5. Plered 1 945 64,93 12 629

6. Sukatani 2 438 59,82 14 585

7. Darangdan 3 864 62,05 23 976

8. Bojong 2 257 59,12 13 343

9. Wanayasa 2 701 58,39 15 770

10. Kiarapedes 1 693 59,61 10 092

11. Pasawahan 2 689 63,15 16 980

12. Pondoksalam 3 433 62,38 21 416

13. Purwakarta 1 270 58,42 7 419

14. Babakancikao 798 57,07 4 554

15. Campaka 1 731 57,85 10 013

16. Cibatu 2 655 57,26 15 203

17. Bungursari 2 173 59,34 12 894

Kabupaten 34 745 59,90 208 111

Tahun 2010 38 806 60,22 233 675

Tahun 2009 37 540 59,52 223 448

Sumber : Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Purwakarta

Page 166: Purwakarta Dalam Angka 2012

Peternakan

Purwakarta Dalam Angka 2012 134

Tabel 5.1.4 Luas Panen Hasil Per Hektar dan Produksi Padi Ladang

menurut Kecamatan di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 (GKP)

Kecamatan Luas Panen

(Ha) Hasil Per Hektar

(Kw) Produksi

(Ton)

[1] [2] [3] [4]

1. Jatiluhur 195 35,18 686

2. Sukasari 568 35,14 1 996

3. Maniis 390 37,36 1 457

4. Tegalwaru 189 34,71 656

5. Plered 241 36,39 877

6. Sukatani 668 38,01 2 539

7. Darangdan 211 37,82 798

8. Bojong 158 35,82 566

9. Wanayasa 218 34,72 757

10. Kiarapedes 179 35,03 627

11. Pasawahan 144 33,89 488

12. Pondoksalam 137 33,80 463

13. Purwakarta 80 34,75 278

14. Babakancikao 82 36,83 302

15. Campaka 95 34,84 331

16. Cibatu 395 35,37 1 397

17. Bungursari 280 37,46 1 049

Kabupaten 4 230 36,09 15 267

Tahun 2010 5 051 36,94 18 660

Tahun 2009 5 603 38,99 21 847

Sumber : Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Purwakarta

Page 167: Purwakarta Dalam Angka 2012

Peternakan

Purwakarta Dalam Angka 2012

135

Tabel 5.1.5 Luas Panen Hasil Per Hektar dan Produksi Padi menurut Kecamatan

di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 (GKP)

Kecamatan Luas Panen

(Ha) Hasil Per Hektar

(Kw) Produksi

(Ton)

[1] [2] [3] [4]

1. Jatiluhur 1 025 54,31 5 567

2. Sukasari 1 198 45,39 5 438

3. Maniis 1 874 53,16 9 963

4. Tegalwaru 2 343 55,76 13 065

5. Plered 2 186 61,78 13 506

6. Sukatani 3 106 55,13 17 124

7. Darangdan 4 075 60,80 24 774

8. Bojong 2 415 57,59 13 909

9. Wanayasa 2 919 56,62 16 527

10. Kiarapedes 1 872 57,26 10 719

11. Pasawahan 2 833 61,66 17 468

12. Pondoksalam 3 570 61,29 21 879

13. Purwakarta 1 350 57,01 7 697

14. Babakancikao 880 55,18 4 856

15. Campaka 1 826 56,65 10 344

16. Cibatu 3 050 54,43 16 600

17. Bungursari 2 453 56,84 13 943

Kabupaten 38 975 57,31 223 379

Tahun 2010 43 857 57,54 252 335

Tahun 2009 43 143 56,86 245 295

Sumber : Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Purwakarta

Page 168: Purwakarta Dalam Angka 2012

Peternakan

Purwakarta Dalam Angka 2012 136

Tabel 5.1.6 Luas Areal Sawah yang Rusak Akibat Serangan Jasad Pengganggu

pada Tanaman Padi Sawah menurut Kecamatan di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 (Hektar)

Kecamatan Penggerek

Batang Ganjur Tikus

Hama Putih

BLB

[1] [2] [3] [4] [5] [6]

1, Jatiluhur

2, Sukasari

3, Maniis

4, Tegalwaru

5, Plered

6, Sukatani

7, Darangdan

8, Bojong

9, Wanayasa

10, Kiarapedes

11, Pasawahan

12, Pondoksalam

13, Purwakarta

14, Babakancikao

15, Campaka

16, Cibatu

17, Bungursari

Kabupaten

Tahun 2010 193 - 987 44 959

Tahun 2009 278 19 430 135 648

Sumber : Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Purwakarta

Page 169: Purwakarta Dalam Angka 2012

Peternakan

Purwakarta Dalam Angka 2012

137

Tabel 5.1.6 ( Lanjutan …)

Kecamatan Siput

Murbei BLAS

Lalat Bibit

Walang Sengit

WBC Tungro

[1] [7] [8] [9] [10] [11] [12]

1, Jatiluhur

2, Sukasari

3, Maniis

4, Tegalwaru

5, Plered

6, Sukatani

7, Darangdan

8, Bojong

9, Wanayasa

10, Kiarapedes

11, Pasawahan

12, Pondoksalam

13, Purwakarta

14, Babakancikao

15, Campaka

16, Cibatu

17, Bungursari

Kabupaten

Tahun 2010 8 23 - - 661 68

Tahun 2009 29 9 - 3 23 210

Sumber : Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Purwakarta

Page 170: Purwakarta Dalam Angka 2012

Peternakan

Purwakarta Dalam Angka 2012 138

Tabel 5.1.7 Banyaknya Alat Pertanian yang Digunakan menurut Kecamatan dan Jenis Alat di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011

Kecamatan Traktor Aplikator

(Urea Tablet) Hand

Sprayer Emposan

Tikus Pompa

Air

[1] [2] [3] [4] [5] [6]

1, Jatiluhur 36 - 85 - 6

2, Sukasari - - - - -

3, Maniis 17 - - - 18

4, Tegalwaru 29 - 70 15 32

5, Plered 37 - 86 7 13

6, Sukatani 8 - 214 40 21

7, Darangdan 25 - 72 - 5

8, Bojong - - 436 54 10

9, Wanayasa 8 - 75 - 6

10, Kiarapedes 12 140 730 20 5

11, Pasawahan 36 - 270 - 37

12, Pondoksalam 32 - 630 6 13

13, Purwakarta 15 - 61 - 9

14, Babakancikao 79 - 199 - 45

15, Campaka 100 - 209 104 273

16, Cibatu 177 - 399 8 262

17, Bungursari 36 - 207 - 68

Kabupaten 647 140 3 738 254 823

Tahun 2010 519 62 4 617 303 844

Tahun 2009 519 62 4 617 303 844

Sumber : Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Purwakarta

Page 171: Purwakarta Dalam Angka 2012

Peternakan

Purwakarta Dalam Angka 2012

139

Tabel 5.1.7 (Lanjutan…)

Kecamatan Sabit

Bergerigi Pedal

Threser Power

Threser

[1] [7] [8] [9]

1 Jatiluhur 50 1 -

2,. Sukasari - - -

3. Maniis 60 - -

4. Tegalwaru 5 994 - 3

5. Plered 4 055 - 2

6. Sukatani 2 100 - 2

7. Darangdan 2 035 - -

8. Bojong 297 - -

9. Wanayasa 1 160 2 3

10. Kiarapedes 885 3 4

11. Pasawahan 567 2 1

12. Pondoksalam 538 - -

13. Purwakarta 116 - -

14. Babakancikao 460 5 -

15. Campaka 516 4 2

16. Cibatu 680 - -

17. Bungursari 431 4 -

Kabupaten 19 714 21 17

Tahun 2010 18 625 21 9

Tahun 2009 18 625 21 10

Sumber : Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Purwakarta

Page 172: Purwakarta Dalam Angka 2012

Peternakan

Purwakarta Dalam Angka 2012 140

Tabel 5.1.8 Luas Panen Hasil per Hektar dan Produksi Palawija

menurut Kecamatan dan Jenis Komoditi di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011

Kecamatan

Jagung Kedelai

Luas Panen (Ha)

HHHHHHHHasil/Ha Hasil/Ha (Kw)

Produksi (Ton)

Luas Panen

Hasil/Ha (Kw)

Produksi (Ton)

[1] [2] [3] [4] [5] [6] [7]

1, Jatiluhur 215 55,58 1 195 81 13,33 108

2, Sukasari 232 50,95 1 182 127 15,28 194

3, Maniis 282 58,69 1 655 79 22,28 176

4, Tegalwaru 87 45,98 400 90 12,78 115

5, Plered 103 35,53 366 10 14,00 14

6, Sukatani 385 51,64 1 988 31 15,48 48

7, Darangdan 341 60,00 2 046 55 16,36 90

8, Bojong 340 49,59 1 686 43 10,93 47

9, Wanayasa 171 60,23 1 030 20 19,50 39

10, Kiarapedes 73 45,89 335 35 12,57 44

11, Pasawahan 152 56,05 852 10 13,00 13

12, Pondoksalam 206 59,17 1 219 3 13,33 4

13, Purwakarta 80 53,13 425 49 12,65 62

14, Babakancikao 53 62,83 333 17 15,29 26

15, Campaka 55 60,55 333 7 14,29 10

16, Cibatu 522 55,50 2 897 69 14,49 100

17, Bungursari 216 48,01 1 037 31 13,23 41

Kabupaten 3 513 54,03 18 979 757 14,94 1 131

Tahun 2010 4 634 52,66 24 402 442 14,05 621

Tahun 2009 4 323 53,11 22 959 343 14,34 492

Sumber : Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Purwakarta

Page 173: Purwakarta Dalam Angka 2012

Peternakan

Purwakarta Dalam Angka 2012

141

Tabel 5.1.8 ( Lanjutan …)

Kecamatan

Kacang Tanah Kacang Hijau

Luas Panen Hasil/Ha Produksi Luas Hasil/Ha Produksi

(Ha) (Kw) (Ton) Panen (Kw) (Ton)

[1] [8] [9] [10] [11] [12] [13]

1, Jatiluhur 47 14,68 69 55 6,18 34

2, Sukasari 33 16,36 54 53 7,17 38

3, Maniis 27 22,22 60 36 9,72 35

4, Tegalwaru 46 15,65 72 26 2,69 7

5, Plered 41 16,10 66 1 - -

6, Sukatani 40 19,25 77 44 7,73 34

7, Darangdan 31 13,55 42 11 10,00 11

8, Bojong 99 15,05 149 2 - -

9, Wanayasa 91 17,69 161 - - -

10, Kiarapedes 129 15,35 198 4 10,00 4

11, Pasawahan 109 16,42 179 12 5,83 7

12, Pondoksalam 116 26,64 309 10 16,00 16

13, Purwakarta 10 16,00 16 36 10,83 39

14, Babakancikao 11 18,18 20 18 5,56 10

15, Campaka 18 18,33 33 49 1,43 7

16, Cibatu 55 22,00 121 127 9,84 125

17, Bungursari 95 11,58 110 103 4,76 49

Kabupaten 998 17,39 1 736 587 7,09 416

Tahun 2010 1 791 16,23 2 906 670 14,15 948

Tahun 2009 1 509 15,93 2 404 661 14,27 943

Sumber : Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Purwakarta

Page 174: Purwakarta Dalam Angka 2012

Peternakan

Purwakarta Dalam Angka 2012 142

Tabel 5.1.8 ( Lanjutan …)

Kecamatan

Ubi Kayu Ubi Jalar

Luas Hasil/Ha

(Kw) Produksi

(Ton)

Luas Hasil/Ha

(Kw) Produksi

(Ton) Panen Panen

(Ha) (Ha)

[1] [14] [15] [16] [17] [18] [19]

1, Jatiluhur 252 181,51 4 574 5 132,00 66

2, Sukasari 94 194,68 1 830 14 1 035,71 1 450

3, Maniis 367 200,71 7 366 33 197,27 651

4, Tegalwaru 115 184,26 2 119 8 147,50 118

5, Plered 622 190,19 11 830 65 463,69 3 014

6, Sukatani 1 263 201,34 25 429 18 180,00 324

7, Darangdan 288 190,87 5 497 46 246,52 1 134

8, Bojong 567 195,63 11 092 95 271,79 2 582

9, Wanayasa 226 246,64 5 547 17 1 590,00 2 703

10, Kiarapedes 183 198,47 3 632 38 437,63 1 663

11, Pasawahan 123 190,08 2 338 27 201,85 545

12, Pondoksalam 193 170,52 3 291 37 211,89 784

13, Purwakarta 101 247,62 2 501 11 140,00 154

14, Babakancikao 74 210,95 1 561 - - -

15, Campaka 64 209,84 1 343 6 200,00 120

16, Cibatu 416 175,82 7 314 51 123,14 628

17, Bungursari 405 198,49 8 039 72 225,56 1 624

Kabupaten 5 353 196,77 105 330 543 323,39 17 560

Tahun 2010 7 275 243,64 177 247 1 501 159,99 24 014

Tahun 2009 6 434 246,78 158 779 1 547 161,17 24 933

Sumber : Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Purwakarta

Page 175: Purwakarta Dalam Angka 2012

Peternakan

Purwakarta Dalam Angka 2012

143

Tabel 5.1.9 Luas Tanam Luas Panen dan Produksi Tanaman Sayur-sayuran menurut Kecamatan dan Jenis Komoditi

di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011

Kecamatan

Bawang Daun Cabe Rawit

Luas Tanam

(Ha)

Luas Panen (Ha)

Produksi (Kw)

Luas Tanam

(Ha)

Luas Panen (Ha)

Produksi (Kw)

[1] [2] [3] [4] [5] [6] [7]

1, Jatiluhur - - - 1 1 80

2, Sukasari - - - 22 22 680

3, Maniis - - - 2 4 658

4, Tegalwaru - - - 8 10 2 057

5, Plered - - - 25 37 1 599

6, Sukatani 19 19 1 788 17 17 1 307

7, Darangdan 26 26 2 039 34 28 1 762

8, Bojong 45 43 2 462 23 22 1 822

9, Wanayasa 28 25 2 638 40 40 9 227

10, Kiarapedes 12 12 1 587 8 9 3 673

11, Pasawahan - - - - - -

12, Pondoksalam - - - - - -

13, Purwakarta - - - 4 1 434

14, Babakancikao - - - 12 11 631

15, Campaka - - - 7 7 412

16, Cibatu - - - 10 10 1 238

17, Bungursari - - - 13 13 837

Kabupaten 130 125 10 514 226 232 26 417

Tahun 2010 148 146 15 010 283 285 33 442

Tahun 2009 157 159 19 085 224 194 20 309

Sumber : Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Purwakarta

Page 176: Purwakarta Dalam Angka 2012

Peternakan

Purwakarta Dalam Angka 2012 144

Tabel 5.1.9 ( Lanjutan…)

Kecamatan

Kubis Petsai/Sawi

Luas Luas Produksi

(Kw)

Luas Luas Produksi

(Kw) Tanam Panen Tanam Panen

(Ha) (Ha) (Ha) (Ha)

[1] [8] [9] [10] [11] [12] [13]

1, Jatiluhur - - - - - -

2, Sukasari - - - - - -

3, Maniis - - - - - -

4, Tegalwaru - - - - - -

5, Plered - - - - - -

6, Sukatani - - - 17 12 1 240

7, Darangdan - - - 15 14 720

8, Bojong 7 9 556 41 37 4 506

9, Wanayasa - - - 46 45 5 472

10, Kiarapedes - - - - - -

11, Pasawahan - - - - - -

12, Pondoksalam - - - - - -

13, Purwakarta - - - - - -

14, Babakancikao - - - - - -

15, Campaka - - - - - -

16, Cibatu - - - - - -

17, Bungursari - - - - - -

Kabupaten 7 9 556 119 108 11 938

Tahun 2010 1 - 155 147 142 14 146

Tahun 2009 5 3 669 163 164 19 340

Sumber : Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Purwakarta

Page 177: Purwakarta Dalam Angka 2012

Peternakan

Purwakarta Dalam Angka 2012

145

Tabel 5.1.9 (Lanjutan…)

Kecamatan

Kacang Panjang C a b e Besar

Luas Tanam

(Ha)

Luas Panen (Ha)

Produksi (Kw)

Luas Tanam

(Ha)

Luas Panen (Ha)

Produksi (Kw)

[1] [14] [15] [16] [17] [18] [19]

1, Jatiluhur 47 35 10 783 5 4 216

2, Sukasari 45 22 1 424 2 - -

3, Maniis 48 18 1 216 48 15 1 617

4, Tegalwaru 44 40 4 176 48 48 2 914

5, Plered 68 67 2 755 4 - -

6, Sukatani 48 36 3 450 21 26 2 417

7, Darangdan 37 30 3 236 21 18 3 147

8, Bojong 51 54 7 436 41 36 3 726

9, Wanayasa 31 29 5 919 38 39 7 831

10, Kiarapedes 18 11 3 163 5 9 2 899

11, Pasawahan 52 47 6 758 18 14 1 212

12, Pondoksalam 55 46 6 066 3 - -

13, Purwakarta 16 18 4 618 2 - -

14, Babakancikao 25 23 3 408 2 - -

15, Campaka 25 27 2 822 5 4 309

16, Cibatu 102 95 19 083 32 10 1 589

17, Bungursari 77 57 6 218 28 20 1 714

Kabupaten 789 655 92 531 323 243 29 591

Tahun 2010 840 792 93 052 270 395 28 963

Tahun 2009 808 799 110 214 204 290 21 052

Sumber : Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Purwakarta

Page 178: Purwakarta Dalam Angka 2012

Peternakan

Purwakarta Dalam Angka 2012 146

Tabel 5.1.9 (Lanjutan…)

Kecamatan

T o m a t T e r u n g

Luas Tanam

(Ha)

Luas Panen (Ha)

Produksi (Kw)

Luas Tanam

(Ha)

Luas Panen (Ha)

Produksi (Kw)

[1] [20] [21] [22] [23] [24] [25]

1. Jatiluhur - - - 5 5 525

2. Sukasari - - - 25 24 1 366

3. Maniis - - - 2 2 120

4. Tegalwaru 2 2 190 9 12 1 569

5. Plered 1 5 423 23 27 1 098

6. Sukatani 18 20 1 175 19 23 1 794

7. Darangdan 10 10 736 20 17 1 979

8. Bojong 29 41 6 344 20 23 3 088

9. Wanayasa 22 24 6 992 15 15 1 053

10. Kiarapedes 74 10 2 952 5 4 1 692

11. Pasawahan - - - - - -

12. Pondoksalam - - - - - 54

13. Purwakarta - - - - - 1 600

14. Babakancikao - - - - - 28

15. Campaka 9 - - - - 1 466

16. Cibatu 56 - - - - 3 223

17. Bungursari 200 - - - - 2 467

Kabupaten 421 112 18 812 143 152 23 122

Tahun 2010 142 116 18 457 304 247 23 380

Tahun 2009 143 140 18 806 202 230 21 523

Sumber : Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Purwakarta

Page 179: Purwakarta Dalam Angka 2012

Peternakan

Purwakarta Dalam Angka 2012

147

Tabel 5.1.9 (Lanjutan…)

Kecamatan

B u n c i s Ketimun

Luas Tanam

(Ha)

Luas Panen (Ha)

Produksi (Kw)

Luas Tanam

(Ha)

Luas Panen (Ha)

Produksi (Kw)

[1] [26] [27] [28] [29] [30] [31]

1. Jatiluhur - - - 14 14 2 316

2. Sukasari - - - 28 29 2 832

3. Maniis - - - 70 70 3 108

4. Tegalwaru - - - 48 48 6 655

5. Plered - - - 48 47 2 906

6. Sukatani 14 14 1 009 38 36 5 391

7. Darangdan 20 17 1 678 27 24 7 647

8. Bojong 60 65 7 412 33 36 3 855

9. Wanayasa 18 17 3 001 39 38 4 061

10. Kiarapedes 4 8 1 204 11 12 2 243

11. Pasawahan - - - 35 36 5 076

12. Pondoksalam - - - 17 17 2 679

13. Purwakarta - - - 21 21 3 590

14. Babakancikao - - - 22 21 2 989

15. Campaka - - - 16 16 1 443

16. Cibatu - - - 77 72 13 102

17. Bungursari - - - 61 61 3 562

Kabupaten 116 121 14 304 605 598 73 455

Tahun 2010 139 135 14 592 851 748 101 461

Tahun 2009 135 567 16 239 743 751 106 540

Sumber : Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Purwakarta

Page 180: Purwakarta Dalam Angka 2012

Peternakan

Purwakarta Dalam Angka 2012 148

Tabel 5.1.9 (Lanjutan… )

Kecamatan

Kangkung B a y a m

Luas Luas Produksi

(Kw)

Luas Luas Produksi

(Kw) Tanam Panen Tanam Panen

(Ha) (Ha) (Ha) (Ha)

[1] [32] [33] [34] [35] [36] [37]

1. Jatiluhur 5 3 116 - - -

2. Sukasari 25 26 2 237 20 21 1 436

3. Maniis 3 3 120 - - -

4. Tegalwaru - - - - - -

5. Plered 32 32 4 716 - - -

6. Sukatani 13 13 1 312 14 14 1 414

7. Darangdan 26 22 1 276 19 19 3 487

8. Bojong 14 13 1 721 12 12 1 079

9. Wanayasa 20 19 3 870 18 17 1 517

10. Kiarapedes 10 10 950 4 3 260

11. Pasawahan 21 25 2 741 13 12 2 410

12. Pondoksalam 12 13 697 9 9 632

13. Purwakarta 11 13 1 950 3 2 55

14. Babakancikao 16 15 1 190 12 13 824

15. Campaka 2 2 447 - - -

16. Cibatu 16 14 3 574 31 25 2 311

17. Bungursari 37 37 1 518 50 51 4 461

Kabupaten 263 260 28 435 205 198 19 886

Tahun 2010 338 330 36 128 214 237 18 756

Tahun 2009 252 257 40 687 192 217 18 409

Sumber : Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Purwakarta

Page 181: Purwakarta Dalam Angka 2012

Peternakan

Purwakarta Dalam Angka 2012

149

Tabel 5.1.9 (Lanjutan… )

Kecamatan

Labu Siam Lobak

Luas Tanam

(Ha)

Luas Panen (Ha)

Produksi (Kw)

Luas Tanam

(Ha)

Luas Panen (Ha)

Produksi (Kw)

[1] [38] [39] [40] [41] [42] [43]

1. Jatiluhur - - - - - -

2. Sukasari - - - - - -

3. Maniis - - - - - -

4. Tegalwaru - - - - - -

5. Plered - - - - - -

6. Sukatani - - - - - -

7. Darangdan 16 14 1 441 - - -

8. Bojong 16 15 865 - - -

9. Wanayasa 9 12 1 022 - - -

10. Kiarapedes - 1 748 - - -

11. Pasawahan - - - - -

12. Pondoksalam 2 2 528 - - -

13. Purwakarta - - - - - -

14. Babakancikao - - - - - -

15. Campaka - - - - - -

16. Cibatu - - - - - -

17. Bungursari - - - - - -

Kabupaten 43 44 4 604 - - -

Tahun 2010 46 46 4 534 24 24 984

Tahun 2009 32 34 3 281 30 28 3 899

Sumber : Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Purwakarta

Page 182: Purwakarta Dalam Angka 2012

Peternakan

Purwakarta Dalam Angka 2012 150

Tabel 5.1.10 Produksi Buah-buahan menurut Kecamatan dan Jenis Komoditi di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 (Kw)

Kecamatan Alpukat Belimbing Mangga Rambutan Duku/Langsat

[1] [2] [3] [4] [5] [6]

1. Jatiluhur - 226 2 147 15 941 166

2. Sukasari 41 246 1 648 3 347 215

3. Maniis 360 251 820 7 557 -

4. Tegalwaru 57 106 410 583 23

5. Plered 68 128 157 816 -

6. Sukatani 601 220 2 644 27 176 501

7. Darangdan 442 162 267 1 075 20

8. Bojong 726 207 15 1 320 146

9. Wanayasa 168 - 239 61 -

10. Kiarapedes 89 48 113 315 3

11. Pasawahan 9 67 1 012 4 369 -

12. Pondoksalam 47 41 126 1 817 -

13. Purwakarta 29 51 1 397 4 386 -

14. Babakancikao 7 32 433 19 837 -

15. Campaka 36 74 785 25 946 -

16. Cibatu 35 35 60 2 323 10

17. Bungursari 66 44 3 672 16 360 5

Kabupaten 2 781 1 938 15 945 133 229 1 089

Tahun 2010 1 417 1 285 13 752 65 376 1 634

Tahun 2009 1 870 1 128 18 781 226 590 1 093

Sumber : Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Purwakarta

Page 183: Purwakarta Dalam Angka 2012

Peternakan

Purwakarta Dalam Angka 2012

151

Tabel 5.1.10 ( Lanjutan ……… )

Kecamatan Jeruk Siam

Durian Jambu Biji S a w o Pepaya

[1] [7] [8] [9] [10] [11]

1. Jatiluhur 323 1 183 120 152 15

2. Sukasari 574 888 175 540 172

3. Maniis 136 - 476 1 644 633

4. Tegalwaru 35 166 292 365 50

5. Plered 179 328 227 75 220

6. Sukatani 400 4 519 2 740 1 633 634

7. Darangdan 89 395 387 70 1 892

8. Bojong 162 153 304 369 312

9. Wanayasa 71 469 17 73 1 670

10. Kiarapedes 125 295 438 75 99

11. Pasawahan - 418 42 34 239

12. Pondoksalam - 1 833 - - 120

13. Purwakarta 8 887 417 - 201

14. Babakancikao 5 11 345 11 229

15. Campaka 15 - 423 193 266

16. Cibatu 20 54 59 - 110

17. Bungursari 309 3 919 3 667 316 153

Kabupaten 2 451 15 518 10 129 5 550 7 015

Tahun 2010 2 014 9 764 8 415 2 967 6 220

Tahun 2009 1 516 11 147 11 758 2 563 3 387

Sumber : Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Purwakarta

Page 184: Purwakarta Dalam Angka 2012

Peternakan

Purwakarta Dalam Angka 2012 152

Tabel 5.1.10 ( Lanjutan ……… )

Kecamatan Pisang Nenas Salak Manggis Nangka/

Cempedak Sirsak

[1] [12] [13] [14] [15] [16] [17]

1. Jatiluhur 11 498 - - 690 906 14

2. Sukasari 172 738 47 375 - 561 117

3. Maniis 37 244 58 14 - 349 852

4. Tegalwaru 15 423 4 29 2 203 253

5. Plered 1 522 90 12 2 1 569 277

6. Sukatani 19 024 386 20 101 1 184 1 300

7. Darangdan 7 975 426 20 425 264 153

8. Bojong 294 389 277 49 8 999 9 823 97

9. Wanayasa 15 287 38 132 547 391 -

10. Kiarapedes 23 811 24 129 2 886 2 963 26

11. Pasawahan 14 335 39 4 27 144 58

12. Pondoksalam 18 74 188 - 304 467 -

13. Purwakarta 12 858 64 5 - 210 117

14. Babakancikao 3 866 27 - - 196 41

15. Campaka 17 348 139 - - 292 204

16. Cibatu 73 025 111 1 - 67 16

17. Bungursari 44 273 116 18 - 918 64

Kabupaten 764 616 2 034 808 13 983 20 507 3 589

Tahun 2010 655 033 2 733 267 8 244 10 311 3 572

Tahun 2009 799 878 1 479 339 10 195 8 440 2 049

Sumber : Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Purwakarta

Page 185: Purwakarta Dalam Angka 2012

Peternakan

Purwakarta Dalam Angka 2012

153

Tabel 5.1.10 ( Lanjutan ……… )

Kecamatan Melinjo Sukun Jeruk Besar

Jambu Air

Petai

[1] [18] [19] [20] [21] [22]

1. Jatiluhur 803 398 - 780 3 213

2. Sukasari 1 029 76 - 565 6 414

3. Maniis 553 540 - 2 150 1 568

4. Tegalwaru 583 99 - 391 635

5. Plered 185 45 - 967 19

6. Sukatani 604 665 13 3 675 9 548

7. Darangdan 1 038 5 9 168 117

8. Bojong 2 910 111 6 454 1 662

9. Wanayasa 4 771 67 17 129 687

10. Kiarapedes 1 419 69 - 176 1 307

11. Pasawahan 112 33 - 84 1 612

12. Pondoksalam 173 - - - 709

13. Purwakarta 264 27 - 761 1 887

14. Babakancikao 148 8 5 322 1 055

15. Campaka 118 91 42 1 544 533

16. Cibatu 63 43 - 190 327

17. Bungursari 147 36 - 8 060 520

Kabupaten 14 920 2 313 92 20 416 31 813

Tahun 2010 17 189 2 206 858 10 243 13 216

Tahun 2009 9 285 1 815 698 8 596 17 968

Sumber : Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Purwakarta

Page 186: Purwakarta Dalam Angka 2012

Peternakan

Purwakarta Dalam Angka 2012 154

Tabel 5.2.1 Luas Areal dan Produksi Perkebunan Rakyat menurut Jenis Komoditi

di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011

Tanaman

Luas Areal (Ha) Produksi/

Tanaman Tanaman Tanaman

Tua/Rusak Jumlah

Hasil

Belum Meng- Menghasil- Olahan

hasilkan Kan (Ton)

[1] [2] [3] [4] [5] [6]

1. T e h 365,16 3 899,69 141,38 4 406,50 5 377,35

2. Cengkeh 694,36 987,39 134,64 1 816,39 319,44

3. Karet 77,58 856,26 1,70 935,54 908,48

4. Kelapa 222,63 1 010,07 72,13 1 304,83 851,94

5. Kopi 100,12 239,74 49,04 388,90 138,31

6. Aren 56,42 142,30 22,99 221,71 114,82

7. Kapok 12,75 31,31 3,70 47,76 5,69

8. Kemiri 20,22 20,14 - 40,36 9,00

9. Pala 80,12 63,96 1,00 145,08 27,77

10. Lada 23,61 61,08 5,10 89,79 40,13

11. Kencur - 80,25 - 80,25 113,03

12. Kapolaga - 30,14 - 30,14 800,18

13. Jahe - 16,67 - 16,67 414,88

14. Kunir - 117,95 - 117,95 294,09

15. Vanili 10,53 11,36 - 21,89 3,50

16. Melinjo - 58,586 - 58 586 1 492

17. Bambu - - - - -

18. Pisang Abaca - - - - -

19. Murbei - - - - -

20. Temulawak - 1,79 - 1,79 0,32

Jumlah 1 663,50 7 364,86 431,68 9 460,04 8 298,21

Tahun 2010 1 571,01 7 144,53 447,79 9 163,33 9 606,52

Tahun 2009 1 203,7 7 051,10 452,95 8 707,52 10 498,80

Sumber : Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Purwakarta

Page 187: Purwakarta Dalam Angka 2012

Peternakan

Purwakarta Dalam Angka 2012

155

Tabel 5.2.2 Luas Areal dan Produksi Perkebunan Teh menurut Kecamatan di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011

Kecamatan

Luas Areal (Ha) Produksi/

Hasil (Ton)

Banyak Pemilik

(KK)

Tanaman Tanaman Tanaman Belum Meng-

Hasilkan Menghasil-

kan Tua/

Rusak Jumlah

[1] [2] [3] [4] [5] [6] [7]

1. Jatiluhur - - - - - -

2. Sukasari - - - - - -

3. Maniis - - - - - -

4. Tegalwaru - - - - - -

5. Plered - 9,20 - 9,20 6,65 63

6. Sukatani - - - - - -

7. Darangdan 167,26 1 571,57 56,10 1 794,93 2 592,20 4 772

8. Bojong 97,56 1 443,99 63,35 1 604,90 1 749,59 4 288

9. Wanayasa 72,68 327,34 4,75 404,77 409,32 1 290

10. Kiarapedes 27,55 475,55 14,38 517,48 555,47 1 760

11. Pasawahan - - - - - -

12. Pondoksalam 0,11 72,31 2,280 75,22 64,12 241

13. Purwakarta - - - - - -

14. Babakancikao - - - - - -

15. Campaka - - - - - -

16. Cibatu - - - - - -

17. Bungursari - - - - - -

Kabupaten 365,16 3 899,96 141,38 4 406,50 5 377,35 12 364

Tahun 2010 287,85 3 853,60 141,62 4 283,07 4 002,52 12 265 Tahun 2009 269,49 3 847,17 142,32 4 258,98 3 996,33 12 236

Sumber : Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Purwakarta

Page 188: Purwakarta Dalam Angka 2012

Peternakan

Purwakarta Dalam Angka 2012 156

Tabel 5.2.3 Luas Areal dan Produksi Perkebunan Cengkeh menurut Kecamatan

di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011

Kecamatan

Luas Areal (Ha) Produksi/ Banyak Pemilik

(KK)

Tanaman Belum Meng-

hasilkan

Tanaman Menghasil-

kan

Tanaman

Jumlah

Hasil

Tua/ Rusak

Olahan (Ton)

[1] [2] [3] [4] [5] [6] [7]

1. Jatiluhur 0,20 8,07 1,50 4,77 3,02 74

2. Sukasari 0,55 0,93 - 1,48 0,25 5

3. Maniis - - - - - 33

4. Tegalwaru 1,00 25,00 - 26,00 4,80 115

5. Plered 8,45 21,11 - 29,56 4,70 23

6. Sukatani 3,56 18,56 1,90 24,02 6,00 125

7. Darangdan 73,86 138,00 13,80 225,66 77,01 957

8. Bojong 100,92 205,75 11,17 317,84 213,21 202

9. Wanayasa 302,84 295,25 50,63 648,72 - 186

10. Kiarapedes 194,05 241,90 50,36 486,31 2,40 629

11. Pasawahan 0,10 5,77 1,78 7,65 1,50 22

12. Pondoksalam 6,24 18,08 0,10 24,42 2,53 42

13. Purwakarta - 3,00 1,53 4,53 2,72 14

14. Babakancikao - 0,95 1,47 2,42 0,19 9

15. Campaka - 0,34 0,20 0,54 0,15 22

16. Cibatu 0,71 2,29 - 3,00 0,50 47

17. Bungursari 1,88 2,39 0,20 4,47 0,46 14

Kabupaten 694,36 987,39 134,64 1 816,39 319,44 2 519

Tahun 2010 622,76 918,97 137,78 1 679,51 189,37 2 502

Tahun 2009 308,71 909,30 138,58 1 356,59 221,76 2 467

Sumber : Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Purwakarta

Page 189: Purwakarta Dalam Angka 2012

Peternakan

Purwakarta Dalam Angka 2012

157

Tabel 5.2.4 Luas Areal dan Produksi Perkebunan Karet menurut Kecamatan

di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011

Kecamatan

Luas Areal (Ha) Produksi/

Tanaman Belum Meng-

hasilkan

Tanaman Mengha-

silkan

Tanaman Tua/

Rusak Jumlah

Hasil- Banyak

Olahan (Ton)

Pemilik (KK)

[1] [2] [3] [4] [5] [6] [7]

1. Jatiluhur - 20 - 20 26 52

2. Sukasari 4 00 25,04 - 29,04 19,65 47

3. Maniis 21,31 792,67 - 813,98 850,65 810

4. Tegalwaru - 3,00 1,00 4,00 - 14

5. Plered 1,15 4,55 0,70 6,40 2,18 15

6. Sukatani - - - - - -

7. Darangdan 51,12 11,00 - 62,12 10,00 27

8. Bojong - - - - - -

9. Wanayasa - - - - - -

10. Kiarapedes - - - - - -

11. Pasawahan - - - - - -

12. Pondoksalam - - - - - -

13. Purwakarta - - - - - -

14. Babakancikao - - - - - -

15. Campaka - - - - - -

16. Cibatu - - - - - -

17. Bungursari - - - - - -

Kabupaten 77,58 856,26 1,70 935,54 908,48 965

Tahun 2010 158,04 726,26 2,20 886,50 773,53 886

Tahun 2009 133,04 726,26 2,20 861,50 771,40 884

Sumber : Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Purwakarta

Page 190: Purwakarta Dalam Angka 2012

Peternakan

Purwakarta Dalam Angka 2012 158

Tabel 5.2.5 Luas Areal dan Produksi Perkebunan Kelapa menurut Kecamatan

di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011

Kecamatan

Luas Areal (Ha) Produksi/

Tanaman Belum Meng-

hasilkan

Tanaman Menghasil-

kan

Tanaman Tua/

Rusak

Hasil- Banyak

Jumlah Olahan (Ton)

Pemilik (KK)

[1] [2] [3] [4] [5] [6] [7]

1.

Jatiluhur 1,57 50,27 4,33 56,17 47,95 120

2. Sukasari 4,63 43,66 0,09 48,38 41,50 355

3. Maniis 27,48 93,00 - 120,48 50,14 305

4. Tegalwaru 4,00 89,00 9,00 102,00 86,30 246

5. Plered 15,74 84,45 0,98 101,17 73,80 170

6. Sukatani 9,20 44,20 4,37 57,77 29,00 146

7. Darangdan 5,08 34,83 2,48 42,39 35,68 622

8. Bojong 2,81 88,34 0,55 91,70 123,68 385

9. Wanayasa 34,20 97,95 3,97 136,12 78,49 372

10. Kiarapedes 10,97 53,12 6,05 70,14 41,72 415

11. Pasawahan 13,48 117,55 20,96 151,99 83,65 315

12. Pondoksalam 15,19 62,09 12,75 90,03 56,00 255

13. Purwakarta - 68,79 0,65 69,44 38,86 212

14. Babakancikao 66,72 39,07 2,85 108,64 23,20 172

15. Campaka 4,54 19,33 1,18 25,05 15,00 186

16. Cibatu 5,02 15,26 - 20,28 16,00 285

17. Bungursari 2,00 9,16 1,92 13,08 10,97 213

Kabupaten 222,63 1 010,07 72,13 1 304,83 851,94 5 044

Tahun 2010 194,10 997,75 85,58 1 277,43 901,75 5 098

Tahun 2009 192,45 989,87 89,99 1 272,31 1 805,51 5 096

Sumber : Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Purwakarta

Page 191: Purwakarta Dalam Angka 2012

Peternakan

Purwakarta Dalam Angka 2012

159

Tabel 5.2.6 Luas Areal dan Produksi Perkebunan Kopi menurut Kecamatan

di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011

Kecamatan

Luas Areal (Ha) Produksi/

Tanaman Tanaman Tanaman Hasil Banyak

Belum Meng- hasilkan

Menghasil-kan

Tua/ Rusak

Jumlah Olahan (Ton)

Pemilik (KK)

[1] [2] [3] [4] [5] [6] [7]

1. Jatiluhur 0,10 4,00 3,00 7,10 3,10 84

2. Sukasari 1,54 3,34 0,50 5,38 2,70 57

3. Maniis 1,29 8,36 - 9,65 3,05 12

4. Tegalwaru 2,70 11,00 - 13,70 5,58 59

5. Plered - 5,00 2,00 7,00 3,62 19

6. Sukatani 0,30 1,40 0,20 1,90 0,90 102

7. Darangdan 3,46 6,50 - 9,96 3,40 120

8. Bojong 0,12 5,70 0,78 6,60 6,20 45

9. Wanayasa 1,00 13,00 1,00 15,00 7,00 25

10. Kiarapedes 2,00 9,50 1,25 12,75 9,00 75

11. Pasawahan 0,66 10,30 - 10,96 12,10 112

12. Pondoksalam 5,44 24,93 3,00 33,37 2,24 568

13. Purwakarta 7,33 25,60 11,40 44,33 37,98 578

14. Babakancikao 3,45 28,92 9,00 41,37 2,06 93

15. Campaka 59,70 60,92 3,80 124,19 30,11 122

16. Cibatu 3,93 7,50 2,45 13,88 3,26 122

17. Bungursari 7,10 14,00 10,66 31,76 6,10 94

Kabupaten 100,12 239,74 49,04 388,90 138,31 2,287

Tahun 2010 111,11 223,21 48,57 382,89 130,30 2 287

Tahun 2009 102,1 220,35 49,07 371,52 128,98 2 274

Sumber : Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Purwakarta

Page 192: Purwakarta Dalam Angka 2012

Peternakan

Purwakarta Dalam Angka 2012 160

Tabel 5.2.7 Luas Areal dan Produksi Perkebunan Aren menurut Kecamatan

di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011

Kecamatan

Luas Areal (Ha) Produksi/ Banyak

Tanaman Tanaman Tanaman Hasil Pemilik

Belum Meng- hasilkan

Menghasil- kan

Tua/ Rusak

Jumlah Olahan (Ton)

(KK)

[1] [2] [3] [4] [5] [6] [7]

1. Jatiluhur 1,65 8,05 1,15 10,85 4,20 85

2. Sukasari 1,39 4,80 - 6,19 2,20 57

3. Maniis 5,97 4,29 - 10,26 3,57 59

4. Tegalwaru 2,00 5,00 - 7,00 1,70 37

5. Plered 0,10 3,40 0,25 3,75 1,65 34

6. Sukatani 1,10 3,24 3,85 8,19 1,10 87

7. Darangdan 3,00 23,22 2,19 28,41 3,65 425

8. Bojong 22,11 43,74 5,36 71,21 75,99 182

9. Wanayasa 6,31 19,24 3,58 29,13 9,79 100

10. Kiarapedes 7,96 20,89 5,16 34,01 7,03 156

11. Pasawahan 1,52 3,40 0,55 5,47 1,55 25

12. Pondoksalam 3,01 2,38 0,90 6,29 2,11 56

13. Purwakarta - - - - - -

14. Babakancikao - - - - - -

15. Campaka 0,30 0,20 - 0,50 - -

16. Cibatu - 0,45 - 0,45 0,26 3

17. Bungursari - - - - - -

Kabupaten 56,42 142,30 22,99 221,71 114,82 1 306

Tahun 2010 44,05 141,05 23,66 208,76 76,77 1 301

Tahun 2009 47,88 136,78 23,31 207,97 65,05 1 301

Sumber : Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Purwakarta

Page 193: Purwakarta Dalam Angka 2012

Peternakan

Purwakarta Dalam Angka 2012

161

Tabel 5.2.8 Luas Areal dan Produksi Perkebunan Lada menurut Kecamatan

di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011

Luas Areal (Ha) Produksi/

Kecamatan Tanaman Tanaman Tanaman Hasil Banyak

Belum Meng- hasilkan

Menghasil-kan

Tua/ Rusak

Jumlah Olahan (Ton)

Pemilik (KK)

[1] [2] [3] [4] [5] [6] [7]

1. Jatiluhur - - - - - -

2. Sukasari - - - - - -

3. Maniis 5,51 9,69 - 15,20 9,00 62

4. Tegalwaru - 2,00 2,70 4,70 - 12

5. Plered - - - - - -

6. Sukatani 9,00 23,69 1,00 33,69 15,00 79

7. Darangdan 0,11 6,00 - 6,11 7,10 9

8. Bojong 1,92 3,10 1,40 6,42 3,66 26

9. Wanayasa 1,60 4,45 - 6,05 3,48 35

10. Kiarapedes 1,00 5,60 - 6,60 0,64 35

11. Pasawahan - - - - - -

12. Pondoksalam 1,22 0,40 - 1,62 0,30 8

13. Purwakarta - 1,50 - 1,50 - 14

14. Babakancikao - - - - - -

15. Campaka 0,33 1,10 1,43 0,95 3

16. Cibatu - - - - - -

17. Bungursari 2.92 3,55 - 6,47 - 16

Kabupaten 23.61 61,08 5,10 89,79 40,13 299

Tahun 2010 27,64 58,53 3,68 89,37 40,76 312

Tahun 2009 28,09 59,03 2,78 89,9 40,82 312

Sumber : Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Purwakarta

Page 194: Purwakarta Dalam Angka 2012

Peternakan

Purwakarta Dalam Angka 2012 162

Tabel 5.2.9 Luas Areal dan Produksi Perkebunan Kapolaga menurut Kecamatan

di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011

Kecamatan

Luas Areal (Ha) Produksi/ Banyak Pemilik

(KK)

Tanaman Tanaman Tanaman Hasil

Belum Meng- hasilkan

Menghasil-kan

Tua/ Rusak

Jumlah Olahan (Ton)

[1] [2] [3] [4] [5] [6] [7]

1. Jatiluhur - - - - - -

2. Sukasari - - - - - -

3. Maniis - 0,50 - 0,50 0,30 -

4. Tegalwaru - - - - 0,25 -

5. Plered - 1,9 - 1,90 2,30 -

6. Sukatani - - - - - -

7. Darangdan - - - - 2,81 -

8. Bojong - 27,74 - 27,74 684,62 -

9. Wanayasa - - - - - -

10. Kiarapedes - - - - 109,90 -

11. Pasawahan - - - - - -

12. Pondoksalam - - - - - -

13. Purwakarta - - - - - -

14. Babakancikao - - - - - -

15. Campaka - - - - - -

16. Cibatu - - - - - -

17. Bungursari - - - - - -

Kabupaten - 30,14 - 30,14 800,18 -

Tahun 2010 - 88,11 - 88,11 2 787,76 -

Tahun 2009 - 11,09 - 11,09 2 887,23 -

Sumber : Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Purwakarta

Page 195: Purwakarta Dalam Angka 2012

Peternakan

Purwakarta Dalam Angka 2012

163

Tabel 5.2.10 Luas Areal dan Produksi Perkebunan Vanili menurut Kecamatan

di KabupatenPurwakarta Tahun 2011

Kecamatan

Luas Areal (Ha) Produksi/ Banyak Pemilik

(KK)

Tanaman Tanaman Tanaman Hasil

Belum Meng- hasilkan

Menghasil-kan

Tua/ Rusak

Jumlah Olahan (Ton)

[1] [2] [3] [4] [5] [6] [7]

1. Jatiluhur - - - - - -

2. Sukasari - - - - - -

3. Maniis 0,18 0,30 - 0,48 0,32 5

4. Tegalwaru - - - - - -

5. Plered - - - - - -

6. Sukatani - 1,00 - 1,00 0,40 3

7. Darangdan 5,70 2,50 - 8,20 0,98 40

8. Bojong 0,07 1,80 - 1,87 1,80 75

9. Wanayasa 1,63 3,02 - 4,65 81

10. Kiarapedes 2,95 2,54 - 5,49 0,05 5

11. Pasawahan - - - - - -

12. Pondoksalam - 0,20 - 0,20 0,04 2

13. Purwakarta - - - - - -

14. Babakancikao - - - - - -

15. Campaka - - - - - -

16. Cibatu - - - - - -

17. Bungursari - - - - - -

Kabupaten 10,53 11,36 - 21,89 3,50 221

Tahun 2010 7,05 9,84 - 16,89 2,44 211

Tahun 2009 9,17 8,92 - 18,09 2,17 211

Sumber : Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Purwakarta

Page 196: Purwakarta Dalam Angka 2012

Peternakan

Purwakarta Dalam Angka 2012 164

Tabel 5.2.11 Luas Areal dan Produksi Perkebunan Melinjo menurut Kecamatan

di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011

Kecamatan

Luas Areal (Ha)

Produksi/ Banyak Pemilik

(KK)

Tanaman Tanaman Tanaman Hasil

Belum Meng- hasilkan

Menghasil-kan

Tua/ Rusak

Jumlah Olahan (Ton)

[1] [2] [3] [4] [5] [6] [7]

1. Jatiluhur - 1 554 - 1 554 26,40 -

2. Sukasari - 1 056 - 1 056 14,80 -

3. Maniis - 3 825 - 3 825 80,30 -

4. Tegalwaru - 4 898 - 4 898 102,90 -

5. Plered - 980 - 980 14,70 -

6. Sukatani - 696 - 696 11,80 -

7. Darangdan - 349 - 349 6,30 -

8. Bojong - 1 028 - 1 028 18,50 -

9. Wanayasa - 3 922 - 3 922 58,30 -

10. Kiarapedes - 5 033 - 5 033 60,40 -

11. Pasawahan - 2 908 - 2 908 55,30 -

12. Pondoksalam - 3 052 - 3 052 103,80 -

13. Purwakarta - 7 864 - 7 864 291,00 -

14. Babakancikao - 12 233 - 12 233 477,10 -

15. Campaka - 7 884 - 7 884 141,90 -

16. Cibatu - 730 - 730 17,30 -

17. Bungursari - 574 - 574 11,20 -

Kabupaten - 58 586 - 58 586 1 492,00 -

Tahun 2010 - 72 302 - 72 302 1 718,90 -

Tahun 2009 - 50 970 - 50 970 928,4 -

Sumber : Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Purwakarta

Page 197: Purwakarta Dalam Angka 2012

Peternakan

Purwakarta Dalam Angka 2012

165

Tabel 5.2.12 Luas Areal dan Produksi Perkebunan Kapok menurut Kecamatan

di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011

Kecamatan

Luas Areal (Ha) Produksi/

Tanaman Tanaman Tanaman Hasil Banyak

Belum Meng- hasilkan

Menghasil-kan

Tua/ Rusak

Jumlah Olahan (Ton)

Pemilik (KK)

[1] [2] [3] [4] [5] [6] [7]

1. Jatiluhur

2. Sukasari

3. Maniis

4. Tegalwaru

5. Plered

6. Sukatani

7. Darangdan

8. Bojong

9. Wanayasa

10. Kiarapedes

11. Pasawahan

12. Pondoksalam

13. Purwakarta

14. Babakancikao

15. Campaka

16. Cibatu

17. Bungursari

Kabupaten

Tahun 2010 14,02 28,06 3,70 45,78 6,02 390

Tahun 2009 13,82 28,06 3,7 45,58 5,73 363

Sumber : Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Purwakarta

Page 198: Purwakarta Dalam Angka 2012

Peternakan

Purwakarta Dalam Angka 2012 166

Tabel 5.2.13 Luas Areal dan Produksi Perkebunan Kemiri menurut Kecamatan di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011

Kecamatan

Luas Areal (Ha) Produksi/ Banyak Pemilik

(KK)

Tanaman Tanaman Tanaman Hasil

Belum Meng- hasilkan

Menghasil-kan

Tua/ Rusak

Jumlah Olahan (Ton)

[1] [2] [3] [4] [5] [6] [7]

1. Jatiluhur - - - - - -

2. Sukasari 1,39 3,92 - 5,31 1,05 27

3. Maniis 2,03 1,10 - 3,13 1,55 57

4. Tegalwaru 10,00 11,00 - 21,00 2,50 38

5. Plered 0,46 1,10 - 1,56 0,40 3

6. Sukatani 1,40 1,90 - 3,30 2,00 85

7. Darangdan 0,04 0,04 - 0,08 - 1

8. Bojong 0,09 - - 0,09 -

9. Wanayasa 0,60 0,30 - 0,90 0,85 11

10. Kiarapedes 1,20 0,10 - 1,30 0,04 19

11. Pasawahan - - - - - -

12. Pondoksalam 1,82 - - 1,82 - -

13. Purwakarta 1,15 0,67 - 1,82 0,60 22

14. Babakancikao - - - - - -

15. Campaka - - - - - -

16. Cibatu 0,04 0,01 - 0,05 0,01 10

17. Bungursari - - - - - -

Kabupaten 20,22 20,14 - 40,36 9,00 289

Tahun 2010 27,00 14,12 - 41,12 4,74 254

Tahun 2009 26,87 13,97 - 40,84 4,82 243

Sumber : Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Purwakarta

Page 199: Purwakarta Dalam Angka 2012

Peternakan

Purwakarta Dalam Angka 2012

167

Tabel 5.2.14 Luas Areal dan Produksi Perkebunan Pala menurut Kecamatan

di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011

Kecamatan

Luas Areal (Ha)

Produksi/ Banyak Pemilik

(KK) Tanaman Tanaman Tanaman

Jumlah

Hasil

Belum Meng- hasilkan

Menghasil-kan

Tua/ Rusak

Olahan (Ton)

[1] [2] [3] [4] [5] [6] [7]

1. Jatiluhur - - - - - -

2. Sukasari - - - - - -

3. Maniis - - - - - -

4. Tegalwaru - - - - - -

5. Plered - - - - - -

6. Sukatani - - - - - -

7. Darangdan 4,24 5,02 - 9,26 2,00 93

8. Bojong 9,19 5,44 - 14,63 7,62 57

9. Wanayasa 20,12 28,90 1,00 50,02 11,79 126

10. Kiarapedes 45,80 24,60 - 70,40 6,36 149

11. Pasawahan - - - - - -

12. Pondoksalam 0,77 - - 0,77 - 25

13. Purwakarta - - - - - -

14. Babakancikao - - - - - -

15. Campaka - - - - - -

16. Cibatu - - - - - -

17. Bungursari - - - - - -

. Kabupaten 80,12 63,96 1,00 145,08 27,77 450

Tahun 2010 77,39 54,96 1,00 133,35 14,01 559

Tahun 2009 71,85 54,33 1 00 127,18 14,21 435

Sumber : Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Purwakarta

Page 200: Purwakarta Dalam Angka 2012

Peternakan

Purwakarta Dalam Angka 2012 168

Tabel 5.2.15 Luas Areal dan Produksi Perkebunan Jahe menurut Kecamatan

di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011

Kecamatan

Luas Areal (Ha) Produksi/ Banyak

Pemilik (KK)

Tanaman Tanaman Tanaman Hasil

Belum Meng- hasilkan

Menghasil-kan

Tua/ Rusak

Jumlah Olahan (Ton)

[1] [2] [3] [4] [5] [6] [7]

1. Jatiluhur - 0,95 - 0,95 33,95 -

2. Sukasari - 0,27 - 0,27 7,43 -

3. Maniis - 1,17 - 1,17 29,25 -

4. Tegalwaru - 0,22 - 0,22 4,92 -

5. Plered - 0,69 - 0,69 10,35 -

6. Sukatani - 2,25 - 2,25 56,25 -

7. Darangdan - 0,60 - 0,60 14,90 -

8. Bojong - 6,14 - 6,14 143,72 -

9. Wanayasa - 1,35 - 1,35 38,51 -

10. Kiarapedes - 0,80 - 0,80 16,43 -

11. Pasawahan - 0,07 - 0,07 2,28 -

12. Pondoksalam - 0,01 - 0,01 0,26 -

13. Purwakarta - 0,66 - 0,66 14,99 -

14. Babakancikao - 0,19 - 0,19 5,48 -

15. Campaka - 0,04 - 0,04 0,83 -

16. Cibatu - 0,72 - 0,72 18,42 -

17. Bungursari - 0,55 - 0,55 16,93 -

Kabupaten - 16,67 - 16,67 414,88 -

Tahun 2010 - 13,88 - 13,88 380,57 -

Tahun 2009 - 20,5 - 20,5 646,23 -

Sumber : Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Purwakarta

Page 201: Purwakarta Dalam Angka 2012

Peternakan

Purwakarta Dalam Angka 2012

169

Tabel 5.2.16 Luas Areal dan Produksi Perkebunan Kunir menurut Kecamatan

di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011

Kecamatan

Luas Areal (Ha) Produksi/ Banyak Pemilik

(KK)

Tanaman Tanaman Tanaman Hasil

Belum Meng- hasilkan

Menghasil-kan

Tua/ Rusak

Jumlah Olahan (Ton)

[1] [2] [3] [4] [5] [6] [7]

1. Jatiluhur - 4,30 - 4,30 15,89 -

2. Sukasari - 0,74 - 0,74 2,35 -

3. Maniis - 20,35 - 20,35 51,79 -

4. Tegalwaru - 5,00 - 5,00 13,12 -

5. Plered - 2,50 - 2,50 3,75 -

6. Sukatani - 11,63 - 11,63 27,48 -

7. Darangdan - 1,59 - 1,59 5,61 -

8. Bojong - 26,64 - 26,64 60,10 -

9. Wanayasa - 7,09 - 7,09 22,59 -

10. Kiarapedes - 2,53 - 2,53 5,34 -

11. Pasawahan - 0,79 - 0,79 2,73 -

12. Pondoksalam - 0,80 - 0,80 3,60 -

13. Purwakarta - 4,55 - 4,55 9,57 -

14. Babakancikao - 1,50 - 1,50 3,57 -

15. Campaka - 12,00 - 12,00 21,00 -

16. Cibatu - 8,60 - 8,60 27,10 -

17. Bungursari - 7,35 - 7,35 18,51 -

Kabupaten

- 117,95 - 117,95 294,09 -

Tahun 2010 - 9,12 - 9,12 270,35 -

Tahun 2009 - 11,92 - 11,02 407,90 -

Sumber : Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Purwakarta

Page 202: Purwakarta Dalam Angka 2012

Peternakan

Purwakarta Dalam Angka 2012 170

Tabel 5.2.17 Luas Areal dan Produksi Perkebunan Kencur menurut Kecamatan

di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011

Kecamatan

Luas Areal (Ha)

Produksi/ Banyak Pemilik

(KK) Tanaman

Belum Meng- hasilkan

Tanaman Menghasil-

kan

Tanaman Tua/

Rusak

Hasil

Jumlah Olahan (Ton)

[1] [2] [3] [4] [5] [6] [7]

1. Jatiluhur - 5,95 - 5,95 11,01 -

2. Sukasari - 2,64 - 2,64 3,47 -

3. Maniis - 17,00 - 17,00 12,60 -

4. Tegalwaru - 1,50 - 1,50 2,31 -

5. Plered - 1,40 - 1,40 1,54 -

6. Sukatani - 10,30 - 10,30 15,12 -

7. Darangdan - 2,52 - 2,52 4,42 -

8. Bojong - 2,52 - 2,52 3,11 -

9. Wanayasa - 9,95 - 9,95 17,78 -

10. Kiarapedes - 1,40 - 1,40 2,86 -

11. Pasawahan - 0,66 - 0,66 0,88 -

12. Pondoksalam - - - - - -

13. Purwakarta - 2,31 - 2,31 2,85 -

14. Babakancikao - 1,10 - 1,10 1,22 -

15. Campaka - 4,00 - 4,00 4,90 -

16. Cibatu - 6,70 - 6,70 10,78 -

17. Bungursari - 10,30 - 10,30 18,17 -

Kabupaten - 80,25 - 80,25 113,03 -

Tahun 2010 - 6,70 - 6,70 121,67 -

Tahun 2009 - 16,23 - 16,23 162,29 -

Sumber : Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Purwakarta

Page 203: Purwakarta Dalam Angka 2012

Peternakan

Purwakarta Dalam Angka 2012

171

Tabel 5.3.1 Produksi Kayu menurut Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) dan Jenis Kayu di Kabupaten Purwakarta

Tahun 2011

No. BKPH

Kayu Pertukangan Kayu Bakar

Jati Rimba Jumlah Jati Rimba Jumlah

(M3) (M3) (M3) (Sm) (Sm) (Sm)

[1] [2] [3] [4] [5] [6] [7] [8]

1 Purwakarta 88 133 509 540 597 673 - 30 30

2 Jatiluhur - 170 520 170 520 - 9 9

3 Sadang 2 218 295 1 088 270 3 306 565 19 44 63

4 Cipeundeuy 405 917 533 490 939 407 10 24 34

J u m l a h 2 712 345 2 301 820 5 014 165 29 107 136

Tahun 2010 3 914 114 844 891 4 759 005 10 147 157

Tahun 2009 3 578 831 2 235 820 5 814 657 10 60 70

Sumber : PT. Perhutani (Persero) KPH Purwakarta

Page 204: Purwakarta Dalam Angka 2012

Peternakan

Purwakarta Dalam Angka 2012 172

Tabel 5.3.2 Produksi Hutan Non Kayu menurut Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) dan Jenis Komoditi di Kabupaten Purwakarta

Tahun 2011

No. BKPH

Daun Kayu Putih

(Kg)

Bambu (Bt)

Karet (Kg)

Minyak

Padi Kopi Kayu Putih

(Kg) (Kg) (Lt)

[1] [2] [3] [4] [5] [6] [7] [8]

1 Purwakarta 13 212 19 719 - 13 725 - -

2 Jatiluhur - - 55 032 - - -

3 Sadang 26 588 208 091 - - - -

4 Cipeundeuy 45 283 116 653 - - - -

J u m l a h 85 083 344 463 55 032 13 725 - -

Tahun 2010 72 455 160 403 46 583 2 195 14 768 -

Tahun 2009 59 514 74 378 37 501 1 220 - -

Sumber : PT. Perhutani (Persero) KPH Purwakarta

Page 205: Purwakarta Dalam Angka 2012

Peternakan

Purwakarta Dalam Angka 2012

173

Tabel 5.4.1 Banyaknya Ternak Besar menurut Kecamatan

dan Jenis Ternak di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 (Ekor)

Kecamatan

Sapi Potong Sapi Perah

Jantan Betina Jumlah Jantan Betina Jumlah

[1] [2] [3] [4] [5] [6] [7]

1. Darangdan 138 91 229 0 0 0

2. Plered 49 130 179 0 0 0

3. Bojong 56 58 114 0 0 0

4. Sukatani 187 866 1 053 0 0 0

5. Wanayasa 54 32 86 9 6 15

6. Pasawahan 65 171 236 0 0 0

7. Campaka 412 725 1 137 0 0 0

8. Babakancikao 483 924 1 407 0 0 0

9. Jatiluhur 51 175 226 0 2 2

10. Kiarapedes 158 12 170 0 0 0

11. Pondoksalam 13 43 56 0 0 0

12. Sukasari 194 916 1 110 0 0 0

13. Maniis 226 196 422 0 0 0

14. Bungursari 154 437 591 0 0 0

15. Cibatu 232 868 1 100 0 0 0

16. Purwakarta 168 104 272 1 0 1

17. Tegalwaru 351 1 940 2 291 0 0 0

Kabupaten 2 991 7 688 10 679 10 8 18

Tahun 2010 5 206 15 704 20 910 1 8 9 Tahun 2009 5 285 14 876 20 161 1 7 8

Sumber : Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Purwakarta

Page 206: Purwakarta Dalam Angka 2012

Peternakan

Purwakarta Dalam Angka 2012 174

Tabel 5.4.1 (Lanjutan…)

Kecamatan K e r b a u K u d a

Jantan Betina Jumlah Jantan Betina Jumlah

[1] [8] [9] [10] [11] [12] [13]

1.

Darangdan 89 276 365 0 0 0

2. Plered 121 406 527 32 37 69

3. Bojong 325 91 416 0 0 0

4. Sukatani 156 1 076 1 232 18 9 27

5. Wanayasa 357 69 426 0 0 0

6. Pasawahan 149 587 736 0 0 0

7. Campaka 10 34 44 0 0 0

8. Babakancikao 321 1 162 1 483 0 0 0

9. Jatiluhur 83 200 283 0 0 0

10. Kiarapedes 353 89 442 0 0 0

11. Pondoksalam 353 897 1 250 0 0 0

12. Sukasari 95 304 399 0 0 0

13. Maniis 102 299 401 0 0 0

14. Bungursari 6 22 28 0 0 0

15. Cibatu 72 437 509 0 0 0

16. Purwakarta 15 11 26 0 0 0

17. Tegalwaru 155 748 903 0 0 0

Kabupaten 2 762 6 708 9 470 50 46 96

Tahun 2010 8 456 21 115 29 571 50 45 95

Tahun 2009 8 585 20 368 28 953 49 45 94

Sumber : Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Purwakarta

Page 207: Purwakarta Dalam Angka 2012

Peternakan

Purwakarta Dalam Angka 2012

175

Tabel 5.4.2 Banyaknya Ternak Kecil menurut Kecamatan

dan Jenis Ternak di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 (Ekor)

Kecamatan D o m b a Kambing

Jantan Betina Jumlah Jantan Betina Jumlah

[1] [2] [3] [4] [5] [6] [7]

1. Darangdan 25 137 40 690 65 827 4 315 5 034 9 349

2. Plered 21 276 46 438 67 714 3 501 5 193 8 694

3. Bojong 43 530 61 2775 104 805 1 355 2 965 4 320

4. Sukatani 14 306 39 568 53 874 2 254 7 340 9 594

5. Wanayasa 29 438 31 635 61 073 1 686 2 604 4 290

6. Pasawahan 14 205 28 976 43 181 1 407 1 910 3 317

7. Campaka 16 910 28 102 45 012 1 094 2 200 3 294

8. Babakancikao 16 710 36 968 53 678 2 149 4 799 6 948

9. Jatiluhur 18 111 28 225 46 336 1 918 3 940 5 858

10. Kiarapedes 26 861 30 325 57 186 2 611 3 091 5 702

11. Pondoksalam 10 446 25 556 36 002 1 090 2 013 3 103

12. Sukasari 13 520 17 283 30 803 1 498 2 935 4 433

13. Maniis 31 371 48 262 79 633 4 759 9 780 14 539

14. Bungursari 15 616 19 866 35 482 889 2 023 2 912

15. Cibatu 13 878 29 381 43 259 1 700 3 796 5 496

16. Purwakarta 12 968 25 693 38 661 893 2 322 3 215

17. Tegalwaru 20 774 32 943 53 717 2 093 3 592 5 685

Kabupaten 345 057 1 122 686 916 243 35 212 65 537 100 749

Tahun 2010 323 561 535 561 859 164 34 722 64 626 99 348

Tahun 2009 267 326 442 516 709 842 34 019 63 318 97 337

Sumber : Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Purwakarta

Page 208: Purwakarta Dalam Angka 2012

Peternakan

Purwakarta Dalam Angka 2012 176

Tabel 5.4.2 (Lanjutan…)

Kecamatan B a b i

Jantan Betina Jumlah

[1] [7] [8] [9]

1. Darangdan 0 0 0

2. Plered 0 0 0

3. Bojong 0 0 0

4. Sukatani 0 0 0

5. Wanayasa 0 0 0

6. Pasawahan 0 0 0

7. Campaka 0 0 0

8. Babakancikao 0 0 0

9. Jatiluhur 0 0 0

10. Kiarapedes 0 0 0

11. Pondoksalam 0 0 0

12. Sukasari 0 0 0

13. Maniis 0 0 0

14. Bungursari 0 0 0

15. Cibatu 0 0 0

16. Purwakarta 0 0 0

17. Tegalwaru 0 0 0

Kabupaten 0 0 0

Tahun 2010 - - -

Tahun 2009 - - -

Sumber : Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Purwakarta

Page 209: Purwakarta Dalam Angka 2012

Peternakan

Purwakarta Dalam Angka 2012

177

Tabel 5.4.3 Banyaknya Ternak Unggas menurut Kecamatan dan Jenis Unggas di Kabupaten Purwakarta

Tahun 2011 ( Ekor )

Kecamatan Ayam Buras Ayam Ras

I t i k Pedaging Petelur

[1] [2] [3] [4] [5]

1.

Darangdan 54 959 116 455 58 429 0

2. Plered 125 246 0 0 22 737

3. Bojong 54 491 1 329 133 0 0

4. Sukatani 181 109 63 313 0 107 843

5. Wanayasa 36 919 329 290 0 1 419

6. Pasawahan 31 043 0 0 19 757

7. Campaka 38 659 64 273 0 4 521

8. Babakancikao 51 305 0 0 0

9. Jatiluhur 41 114 0 0 5 308

10. Kiarapedes 44 322 119 165 37 143 1 754

11. Pondoksalam 31 892 0 0 7 307

12. Sukasari 28 939 0 0 1 531

13. Maniis 45 074 0 0 13 663

14. Bungursari 30 518 0 0 0

15. Cibatu 42 698 0 0 1 932

16. Purwakarta 31 811 69 614 0 19 620

17. Tegalwaru 68 599 0 0 62 336

Kabupaten 938 698 2 091 243 95 572 269 728

Tahun 2010 1 158 030 1 914 532 88 044 234 791

Tahun 2009 1 461 925 1 752 753 81 109 204 379

Sumber : Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Purwakarta

Page 210: Purwakarta Dalam Angka 2012

Peternakan

Purwakarta Dalam Angka 2012 178

Tabel 5.4.4 Banyaknya Ternak Besar dan Kecil yang Dipotong menurut

Kecamatan dan Status Tempat Pemotongan di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011

Kecamatan

Kerbau S a p i

RPH RPH Luar Jumlah

RPH RPH Luar Jumlah

Pemerintah Swasta RPH Pemerintah Swasta RPH

[1] [2] [3] [4] [5] [6] [7] [8] [9]

Darangdan 0 0 0 0 0

0 0 0

Plered 24 0 0 24 339 0 0 339

Bojong 0 0 0 0 0 0 0 0

Sukatani 0 0 0 0 0 0 0 0

Wanayasa 0 0 0 0 0 0 0 0

Pasawahan 0 0 0 0 0 0 0 0 Campaka 0 0 0 0 0 0 0 0

Babakancikao 0 0 0 0 0 0 0 0

Jatiluhur 0 0 0 0 0 0 0 0

Kiarapedes 0 0 0 0 0 0 0 0

Pondoksalam 0 0 0 0 0 0 0 0

Sukasari 0 0 0 0 0 0 0 0

Maniis 0 0 0 0 0 0 0 0

Bungursari 0 0 0 0 0 0 0 0

Cibatu 0 0 0 0 0 0 0 0

Purwakarta 0 0 41 41 2 002 0 782 2 784

Tegalwaru 0 0 0 0 0 0 0 0

Kabupaten 24 0 41 65 2 341 0 782 3 123

Tahun 2010 40 - 46 86 2 245 - 806 3 051

Tahun 2009 57 - 51 108 2 560 - 1 080 3 640

Sumber : Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Purwakarta

Page 211: Purwakarta Dalam Angka 2012

Peternakan

Purwakarta Dalam Angka 2012

179

Tabel 5.4.4 (Lanjutan …)

Kecamatan

Kambing Domba

RPH RPH Di Luar Jumlah

RPH RPH Luar Jumlah

Pemerintah Swasta RPH Pemerintah Swasta RPH

[1] [10] [11] [12] [13] [14] [15] [16] [17]

Darangdan 0 0 0 0 0 0 0 0

Plered 0 0 335 335 0 0 1 263 1 263

Bojong 0 0 3 3 0 0 141 141

Sukatani 0 0 0 0 0 0 0 0

Wanayasa 0 0 0 0 0 0 0 0

Pasawahan 0 0 0 0 0 0 0 0 Campaka 0 0 0 0 0 0 0 0

Babakancikao 0 0 0 0 0 0 0 0

Jatiluhur 0 0 0 0 0 0 0 0

Kiarapedes 0 0 0 0 0 0 0 0

Pondoksalam 0 0 0 0 0 0 0 0

Sukasari 0 0 0 0 0 0 0 0

Maniis 0 0 0 0 0 0 0 0

Bungursari 0 0 0 0 0 0 0 0

Cibatu 0 0 0 0 0 0 0 0

Purwakarta 0 0 742 742 0 0 3 351 3 351

Tegalwaru 0 0 0 0 0 0 0 0

Kabupaten 0 0 1 080 1 080 0 0 4 755 4 755

Tahun 2010 - - 896 896 - - 4 806 4 806

Tahun 2009 - - 1 245 1 245 - - 5 327 5 327

Sumber : Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Purwakarta

Page 212: Purwakarta Dalam Angka 2012

Peternakan

Purwakarta Dalam Angka 2012 180

Tabel 5.4.5 Produksi Daging Unggas menurut Kecamatan dan Jenis di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 (Kg)

Kecamatan Jenis Unggas

Ayam Buras Ayam Ras Itik

Pedaging Petelur Afkir

[1] [2] [3] [4] [5]

1. Darangdan 62 757 513 666 28 380 0

2. Plered 143 016 0 0 12 397

3. Bojong 62 225 5 862 634 0 0

4. Sukatani 206 800 279 271 0 58 796

5. Wanayasa 42 159 1 452 454 0 774

6. Pasawahan 35 450 0 0 10 773

7. Campaka 44 144 283 510 0 2 465

8. Babakancikao 58 586 0 0 0

9. Jatiluhur 46 948 0 0 2 894

10. Kiarapedes 50 612 525 625 18 041 957

11. Pondoksalam 36 416 0 0 3 984

12. Sukasari 33 046 0 0 836

13. Maniis 51 471 0 0 7 449

14. Bungursari 34 850 0 0 0

15. Cibatu 48 755 0 0 1 052

16. Purwakarta 36 325 307 056 0 10 697

17. Tegalwaru 78 334 0 0 33 986

Kabupaten 1 071 894 9 224 216 46 421 147 060

Tahun 2010 1 353 186 8 444 764 42 765 128 011

Tahun 2009 1 248 419 7 733 054 7 733 054 112 478

Sumber : Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Purwakarta

Page 213: Purwakarta Dalam Angka 2012

Peternakan

Purwakarta Dalam Angka 2012

181

Tabel 5.4.6 Produksi Daging Ternak Besar dan Kecil menurut Kecamatan dan Jenis di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 (Kg)

Kecamatan

Sapi

Kerbau

Kambing

Domba

[1] [2] [3] [4] [5]

1.

Darangdan 0 0 0 0

2. Plered 98 642 8 232 34 406 125 134

3. Bojong 0 0 0 13 970

4. Sukatani 0 0 0 0

5. Wanayasa 0 0 0 25 958

6. Pasawahan 0 0 0 0

7. Campaka 0 0 0 0

8. Babakancikao 0 0 0 0

9. Jatiluhur 0 0 0 0

10. Kiarapedes 0 0 0 0

11. Pondoksalam 0 0 0 0

12. Sukasari 0 0 0 0

13. Maniis 0 0 0 0

14. Bungursari 0 0 0 0

15. Cibatu 0 0 0 0

16. Purwakarta 810 083 14 062 76 207 332 006

17. Tegalwaru 0 0 0 0

Kabupaten 908 725 22 294 110 613 497 068

Tahun 2010 847 411 29 497 92 023 476 162

Tahun 2009 1 001 816 37 042 127 867 527 781

Sumber : Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Purwakarta

Page 214: Purwakarta Dalam Angka 2012

Peternakan

Purwakarta Dalam Angka 2012 182

Tabel 5.4.7 Produksi Kulit dan Susu menurut Kecamatan di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011

Kecamatan Kulit (Lembar) Susu

Sapi Kerbau Kambing Domba (Liter)

[1] [2] [3] [4] [5] [6]

1.

Darangdan 0 0 0 0 0

2. Plered 339 24 335 1 263 0

3. Bojong 0 0 3 141 0

4. Sukatani 0 0 0 0 0

5. Wanayasa 0 0 4 262 16 284

6. Pasawahan 0 0 0 0 0 7. Campaka

0 0 0 0 0 8. Babakancikao

0 0 0 0 0 9. Jatiluhur

0 0 0 0 0 10. Kiarapedes

0 0 0 0 0 11. Pondoksalam

0 0 0 0 0 12. Sukasari

0 0 0 0 0 13. Maniis

0 0 0 0 0 14. Bungursari

0 0 0 0 0 15. Cibatu

0 0 0 0 0 16. Purwakarta

2 784 41 742 3 351 0 17. Tegalwaru 0 0 0 0 0

Kabupaten 3 123 65 1 084 5 017 16 284

Tahun 2010 3 051 86 896 4 806 19 052

Tahun 2009 3 640 108 1 245 5 327 17 475

Sumber : Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Purwakarta

Page 215: Purwakarta Dalam Angka 2012

Peternakan

Purwakarta Dalam Angka 2012

183

Sumber : Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Purwakarta

Tabel 5.4.8 Produksi Telur Unggas menurut Kecamatan dan Jenis di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 (Kg)

Kecamatan Jenis Unggas

Ayam Buras Ayam Ras Itik

[1] [2] [3] [4]

1. Darangdan 41 581 494 748 0

2. Plered 94 758 0 129 406

3. Bojong 41 228 0 0

4. Sukatani 137 019 0 613 767

5. Wanayasa 27 933 0 8 075

6. Pasawahan 23 488 0 112 458

7. Campaka 29 248 0 25 728

8. Babakancikao 38 817 0 0

9. Jatiluhur 31 106 0 30 207

10. Kiarapedes 33 534 314 519 9 990

11. Pondoksalam 24 128 0 41 583

12. Sukasari 21 895 0 8 722

13. Maniis 34 103 0 77 760

14. Bungursari 23 090 0 0

15. Cibatu 32 304 0 10 984

16. Purwakarta 24 068 0 111 667

17. Tegalwaru 51 902 0 354 780

Kabupaten 710 202 809 267 1 535 127

Tahun 2010 896 575 745 522 1 336 285

Tahun 2009 827 097 363 776 1 174 136

Page 216: Purwakarta Dalam Angka 2012

Pertanian

Purwakarta Dalam Angka 2012 184

Tabel 5.4.9 Konsumsi Daging Telur Susu dan Ikan di Kabupaten Purwakarta

Tahun 2007 - 2011

Target Konsumsi

No. Komoditi Norma (kg / Kapita / tahun)

Gizi 2007 2008 2009 2010 2011

[1] [2] [3] [4] [5] [6] [7] [8]

1. Daging 10,3 7,63 7,93 8,88 9,14

2. Telur 6,5 3,41 4,24 4,02 75,61

3. Susu 7,2 0,11 0,08 0,08 1,13

4. Ikan

26,5 23,59 27,00 27,03 27,12

Konsumsi Protein Hewani

(gram / kapita /hari) 12,0

1. Ternak 6,0 4,81 5,23 - -

2. Ikan 12,0 7,75 8,88 - -

Sumber : Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Purwakarta

Page 217: Purwakarta Dalam Angka 2012

Pertanian

Purwakarta Dalam Angka 2011

185

Tabel 5.5.1 Luas Areal Budidaya Ikan menurut Kecamatan dan Jenis Tempat

Pemeliharaan di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011

Jenis Tempat Pemeliharaan (Ha)

Kecamatan Sawah Jaring Apung Kolam Air

Tenang Kolam Air Deraskj

Perairan Umum

Luas

[1] [2] [3]

[4] [5] [6]

1. Jatiluhur - 75,62 2,81 - 1 968,75

2. Sukasari - 27,46 1,06 - 2 812,50

3. Maniis - 33,52 1,38 - 1 182,50

4. Tegalwaru - 11,76 6,54 - 2 700,75

5. Plered - - 132,90 0,55 25,90

6. Sukatani - 21,07 35,50 - 853,75

7. Darangdan - - 55,38 0,50 11,30

8. Bojong - - 30,87 - 3,00

9. Wanayasa - - 54,60 - 24,50

10. Kiarapedes - - 22,33 - 10,00

11. Pasawahan - - 130,66 0,32 28,70

12. Pondoksalam - - 69,16 0,80 20,00

13. Purwakarta - - 32,93 - 18,35

14. Babakancikao - - 7,72 - 576,50

15. Campaka - - 11,56 - 59,15

16. Bungursari - - 9,73 - 16,50

17. Cibatu - - 4,65 - 40,50

Kabupaten - 169,42 609,77 2,17 10 352,65

Tahun 2010 - 169,42 609,77 2,17 -

Tahun 2009 - 119,50 588,95 0,38 -

Sumber : Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Purwakarta

Page 218: Purwakarta Dalam Angka 2012

Pertanian

Purwakarta Dalam Angka 2012 186

Tabel 5.5.2 Banyaknya Rumah Tangga Perikanan Darat menurut Kecamatan dan Jenis Tempat Pemeliharaan di Kabupaten Purwakarta

Tahun 2011

Jenis Tempat Pemeliharaan

Kecamatan Sawah

Jaring Apung

Kolam Air Tenang

Kolam Air Deras

Perairan Umum

[1] [2] [3] [4] [5] [6]

1. Jatiluhur 0 594 329 0 265

2. Sukasari 0 149 12 0 430

3. Maniis 0 642 22 0 121

4. Tegalwaru 0 161 107 0 591

5. Plered 0 0 638 0 269

6. Sukatani 0 569 351 0 286

7. Darangdan 0 0 374 0 116

8. Bojong 0 0 343 0 60

9. Wanayasa 0 0 680 0 194

10. Kiarapedes 0 0 399 0 135

11. Pasawahan 0 0 824 5 206

12. Pondoksalam 0 0 745 11 131

13. Purwakarta 0 0 467 0 116

14. Babakancikao 0 0 277 0 198

15. Campaka 0 0 271 0 128

16. Bungursari 0 0 90 0 122

17. Cibatu 0 0 261 0 78

Kabupaten 0 2,115 6,190 20 3,446

Tahun 2010 0 2,115 5,030 14 3,346

Tahun 2009 0 2,115 4,856 80 3,013

Sumber : Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Purwakarta

Page 219: Purwakarta Dalam Angka 2012

Pertanian

Purwakarta Dalam Angka 2011

187

Tabel 5.5.3 Produksi Ikan menurut Kecamatan dan Tempat Pemeliharaan

di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011

Kecamatan

Jenis Tempat Pemeliharaan

Sawah (Ton)

Jaring Kolam Air

Tenang (Ton)

Kolam Air Deras

(Ton)

Perairan

Apung Umum

(Ton) (Ton)

[1] [2] [3] [4] [5] [6]

1. Jatiluhur - 41 285,63 2,09 - 157,10

2. Sukasari - 12 385,69 0,79 - 223,32

3. Maniis - 27 523,75 1,02 - 136,35

4. Tegalwaru - 8 257,17 4,86 - 214,44

5. Plered - - 74,79 30,39 1,83

6. Sukatani - 20 642,81 27,39 - 69,69

7. Darangdan - - 41,17 51,31 0,25

8. Bojong - - 22,95 - 0,38

9. Wanayasa - - 40,59 - 1,37

10. Kiarapedes - - 30,09 - 1,50

11. Pasawahan - - 55,12 16,52 0,95

12. Pondoksalam - - 51,41 13,79 1,07

13. Purwakarta - - 46,98 - 1,97

14. Babakancikao - - 23,73 - 2,49

15. Campaka - - 11,59 - 3,07

16. Bungursari - - 9,73 - 2,43

17. Cibatu - - 8,96 - 2,79

Kabupaten - 110 095,00 453.25 112,00 820,96

Tahun 2010 - 88 629,00 449,40 135,90 -

Tahun 2009 - 73 897,00 459,30 134,00 -

Sumber : Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Purwakarta

Page 220: Purwakarta Dalam Angka 2012

Pertanian

Purwakarta Dalam Angka 2012 188

Tabel 5.5.4 Perkembangan Rumah Tangga Perikanan

di Kabupaten Purwakarta Tahun 2010- 2011

No. Lapangan Usaha / Obyek Banyaknya (Orang)

2010 2011

[1] [2] [3] [4]

I. Pembudidaya Ikan

1. Pembenih/Penangkar - -

2. Kolam Air Tenang 5 030 6 190

3. Kolam Air Deras 14 20

4. Kolam Jaring Apung 2 115 2 115

5. Sawah Perikanan - -

Sub Jumlah 7 159 8 325

II. Nelayan/Penangkapan

1. Waduk 2 267 2 267

2. Situ/Danau 816 916

3. Sungai 263 263

Sub Jumlah 3 346 3 446

III. Pedagang/Pembuat Alat

1. Pedagang Ikan 44 44

2. Pembuat Alat 1 050 1 050

Sub Jumlah 1 094 1 094

IV. Buruh Perikanan

1. Pembenih 455 1 950

2. Pembesaran - -

3. Kolam Air Deras 20 10

4. Sawah Perikanan - - 5. K J A 1 521 1 521 Sub Jumlah 1 996 3 481

Jumlah 13 595 16 346

Sumber : Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Purwakarta

Page 221: Purwakarta Dalam Angka 2012

BAB VI

PENGGALIAN, INDUSTRI

PENGOLAHAN, LISTRIK DAN AIR

BERSIH

Page 222: Purwakarta Dalam Angka 2012
Page 223: Purwakarta Dalam Angka 2012

Penggalian, Industri, Listrik & Air Bersih

Purwakarta Dalam Angka 2012 191

6. PENGGALIAN, INDUSTRI PENGOLAHAN, LISTRIK DAN AIR BERSIH

6.1. Penggalian

Perusahaan penggalian yang terdaftar di Dinas Energi, Sumber Daya Alam

dan Mineral Kabupaten Purwakarta sampai tahun 2011 jumlahnya bertambah jika

dibandingkan dengan keadaan tahun 2010 yaitu sebanyak 15 unit. Pada tahun 2011

terdapat dua kegiatan penggalian, yaitu penggalian pasir sebanyak tiga perusahaan,

penggalian batu gunung dengan jumlah sebanyak dua belas perusahaan.

Pada kenyataannya, jumlah kegiatan penggalian golongan C di lapangan jauh

lebih banyak terutama yang dilaksanakan oleh perorangan, tetapi belum seluruhnya

mendaftarkan kegiatannya di Dinas Energi, Sumber Daya Alam dan Mineral

Kabupaten Purwakarta. Hal lain yang menyebabkan rendahnya angka perusahaan

penggalian di Kabupaten Purwakarta adalah terintegrasinya kegiatan penggalian

dengan industri pengolahan, seperti yang terjadi pada industri bahan bangunan bata

merah, genteng ataupun industri keramik untuk hiasan dan rumahtangga.

Pada tahun 2011 terdapat empat jenis hasil tambang yaitu andesit, batu olahan,

pasir dan tanah merah. Andesit merupakan hasil tambang yang terbesar dengan

jumlah produksi sebesar 179.573 m³ dan yang terkecil adalah tanah merah dengan

jumlah produksi sebesar 1.375 m³.

6.2. Industri Pengolahan

Industri pengolahan merupakan salah satu sektor potensi dari Kabupaten

Purwakarta. Rincian kegiatan dalam sektor industri pengolahan didasarkan

jenis/klasifikasi menurut ISIC (International Standard Industrial Calssification) atau di

Indonesia dikenal dengan istilah KBLI (Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia).

Page 224: Purwakarta Dalam Angka 2012

Penggalian, Industri, Listrik & Air Bersih

192 Purwakarta Dalam Angka 2012

Badan Pusat Statistik mengelompokkan kegiatan industri yang sudah terklasifikasi

berdasarkan KBLI berdasarkan jumlah tenaga kerja. Berdasarkan jumlah tenaga kerja,

kegiatan industri pengolahan meliputi kegiatan industri besar dan sedang, industri

kecil, dan industri rumah-tangga. Industri Besar mencakup kegiatan industri dengan

tenaga kerja 100 orang dan lebih, Industri Sedang mencakup kegiatan industri yang

mempunyai tenaga kerja 20 - 99 orang. Industri Kecil dan Rumah tangga mencakup

kegiatan industri kecil yang mempunyai tenaga kerja 5 -19 orang dan industri

rumahtangga yang mempunyai tenaga kerja 1- 4 orang.

Jumlah perusahaan industri besar/sedang pada tahun 2011 sebanyak 152

perusahaan dan mampu menyerap sebanyak 51.187 orang tenaga kerja. Jika

dibandingkan tahun 2010, maka jumlah perusahaan industri besar/sedang tidak

mengalami peningkatan. Demikian juga dengan penyerapan tenaga kerja, pada tahun

2011 Terjadi penurunan sekitar 0,14 persen. Adapun industri kecil terdapat 3.312

usaha dan mampu menyerap sebanyak 8.957 orang tenaga kerja.

Industri Besar/Sedang di Kabupaten Purwakarta tersebar pada 11 Kecamatan

dan terkonsentrasi pada sentra-sentra industri, seperti Kecamatan Tegalwaru dan

Plered serta kawasan industri Kota Bukit Indah di Kecamatan Bungursari. Kecamatan

Plered dan Tegalwaru merupakan sentra industri dimana sebagian besar industrinya

tergolong ke dalam kategori Industri Sedang dengan jumlah tenaga kerja antara 20

hingga 99 orang. Sementara itu di Kecamatan Bungursari dan Jatiluhur sebagian besar

adalah Industri Besar dengan tenaga kerja 100 orang atau lebih.

6.3. Listrik dan Air Bersih

Pada tahun 2011 terjadi peningkatan jumlah pelanggan air bersih di

Kabupaten Purwakarta, dari 21.976 pelanggan menjadi 22.711pelanggan atau

meningkat sekitar 3,34 persen. Air bersih yang disalurkan ke masyarakat mencapai

Page 225: Purwakarta Dalam Angka 2012

Penggalian, Industri, Listrik & Air Bersih

Purwakarta Dalam Angka 2012 193

7.079.111 m3 naik sekitar 5,50 persen dari penyaluran air bersih tahun sebelumnya.

Kenaikan air bersih yang disalurkan berdampak pada pendapatan, dimana pada

tahun 2011 pendapatan PDAM mengalami peningkatan sekitar 5,81 persen.

Sebagian besar air bersih disalurkan kepada 20.581 pelanggan rumah tangga

sebanyak 3.635.493 m3. Disalurkan untuk toko, industri, dan perusahaan sebanyak

193.325 m3, dan untuk instansi/kantor pemerintah sebanyak 119.300 m3. Dari total air

bersih yang disalurkan masih ada yang susut/hilang dalam penyaluran sebanyak

2.552.076 m3.

Pada tahun 2011 terjadi peningkatan jumlah pelanggan PLN di Kabupaten

Purwakarta, dari 173.761 pelanggan pada tahun 2010 menjadi 181.383 pelanggan atau

meningkat sekitar 4,39 persen

Page 226: Purwakarta Dalam Angka 2012

Penggalian, Industri, Listrik & Air Bersih

194 Purwakarta Dalam Angka 2012

Grafik 11. Nilai Produksi Industri Kecil Menurut Jenis Produksi di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011

Page 227: Purwakarta Dalam Angka 2012

Penggalian, Industri, Listrik & Air Bersih

Purwakarta Dalam Angka 2012 195

Grafik 12. Realisasi Investasi PMA di Kabupaten Purwakarta Tahun 2008 - 2011

Page 228: Purwakarta Dalam Angka 2012

Penggalian, Industri, Listrik & Air Bersih

196 Purwakarta Dalam Angka 2012

Tabel 6.1.1 Banyaknya Perusahaan/Usaha Pertambangan/Penggalian

menurut Kecamatan dan Jenis Komoditi di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011

Kecamatan

Batu

Atras Pasir Sirtu Kali Gunung

Tanah Liat

[1] [2] [3] [4] [5] [6] [7]

1. Jatiluhur - 1 - - - -

2. Sukasari - - - - - -

3. Maniis - - - - - -

4. Tegalwaru - - - - 2 -

5. Plered - 1 - - 7 -

6. Sukatani - - - - 3 -

7. Darangdan - - - - - -

8. Bojong - - - - - -

9. Wanayasa - - - - - -

10. Kiarapedes - - - - - -

11. Pasawahan - - - - - -

12. Pondoksalam - - - - - -

13. Purwakarta - - - - - -

14. Babakancikao - - - - - -

15. Campaka - 1 - - - -

16. Cibatu - - - - - -

17. Bungursari - - - - - -

Kabupaten - 3 - - 12 -

Tahun 2010 - 2 - - 12 -

Tahun 2009 9 7 - - 13 -

Sumber : Dinas Energi, Sumber Daya Alam dan Mineral Kabupaten Purwakarta

Page 229: Purwakarta Dalam Angka 2012

Penggalian, Industri, Listrik & Air Bersih

Purwakarta Dalam Angka 2012 197

Tabel 6.1.2 Banyaknya Produksi Tambang menurut Hasil Tambang di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011

No. Bulan Produksi Hasil Tambang (M3)

Andesit Atras Batu Olahan Pasir Tanah Merah

[1] [2] [3] [4] [5] [6] [7]

1. Januari 14 066 - 3 892 482 -

2. Pebruari 16 094 - 6 529 260 -

3. Maret 18 567 - 9 030 - -

4. April 13 645 - 7 145 - -

5. Mei 15 405 - 6 686 - -

6. Juni 10 893 - 1 900 - -

7. Juli 11 550 - 475 - -

8. Agustus 13 905 - 5 885 - -

9. September 14 919 - 7 406 - -

10. Oktober 16 604 - 8 799 1 025 725

11. Nopember 16 951 - 8 161 1 424 650

12. Desember 16 974 - 9 532 709 -

Jumlah 179 573 - 75 440 3 900 1 375

Tahun 2010 179 473 - 95 447 5 680 -

Tahun 2009 148 772 4 600 111 371 18 589 -

Sumber : Dinas Energi, Sumber Daya Alam dan Mineral Kabupaten Purwakarta

Page 230: Purwakarta Dalam Angka 2012

Penggalian, Industri, Listrik & Air Bersih

198 Purwakarta Dalam Angka 2012

Tabel 6.2.1 Banyaknya Industri Besar/Sedang menurut Kecamatan

di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011

Kecamatan Perusahaan Tenaga Kerja

[1] [2] [3]

1. Jatiluhur 11 11 203

2. Sukasari - -

3. Maniis - -

4. Tegalwaru 45 1 226

5. Plered 22 958

6. Sukatani 1 31

7. Darangdan 1 50

8. Bojong - -

9. Wanayasa 1 35

10. Kiarapedes - -

11. Pasawahan - -

12. Pondoksalam - -

13. Purwakarta 2 48

14. Babakancikao 6 5 872

15. Campaka 8 4 256

16. Cibatu 7 2 480

17. Bungursari 48 25 028

Kabupaten 152 51 187

Tahun 2010 152 51 258

Tahun 2009 157 47 327

Sumber : BPS Kabupaten Purwakarta

Page 231: Purwakarta Dalam Angka 2012

Penggalian, Industri, Listrik & Air Bersih

Purwakarta Dalam Angka 2012 199

Tabel 6.2.2 Banyaknya Unit Usaha dan Tenaga Kerja Industri Kecil menurut Kelompok per Kecamatan di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011

No. Kecamatan

Kelompok

Jumlah Industri Agro Hasil Hutan (IHH)

Industri Logam, Mesin, Elektronika dan Aneka (ILMEA)

Industri Kimia, Pulp dan Kertas (IKPK)

Unit Usaha

Tenaga Kerja

Unit Usaha

Tenaga Kerja

Unit Usaha

Tenaga Kerja

Unit Usaha

Tenaga Kerja

[1] [2] [3] [4] [5] [6] [7] [8] [9] [10]

1. Jatiluhur 55 180 26 51 - - 81 231

2. Sukasari 43 91 12 13 3 13 58 117

3. Maniis 157 339 28 39 10 21 195 399

4. Tegalwaru 172 360 80 283 77 1 108 329 1 751

5. Plered 131 261 43 96 107 472 281 829

6. Sukatani 221 401 30 64 44 185 295 650

7. Darangdan 198 482 45 240 56 65 296 787

8. Bojong 195 304 35 69 23 43 253 416

9. Wanayasa 247 504 70 145 - - 317 649

10. Kiarapedes 28 113 - - 6 16 31 129

11. Pasawahan 102 329 44 73 13 34 159 336

12. Pondoksalam 136 357 28 44 13 17 177 318

13. Purwakarta 139 351 53 121 13 30 205 502

14. Babakancikao 122 205 21 44 7 16 150 265

15. Campaka 60 131 202 921 6 12 268 1 064

16. Cibatu 87 212 27 56 46 81 160 349

17. Bungursari 45 117 10 41 2 7 57 165

Kabupaten 2 138 4 737 754 2 300 426 2 120 3 312 8 957

Tahun 2010 2 136 7 048 754 3 098 449 10 915 3 339 21 061

Tahun 2009 2 126 7 048 754 3 098 449 10 915 3 339 21 088

Sumber : Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Purwakarta

Page 232: Purwakarta Dalam Angka 2012

Penggalian, Industri, Listrik & Air Bersih

200 Purwakarta Dalam Angka 2012

Tabel 6.2.3 Banyaknya Unit Usaha, Tenaga Kerja, Nilai Investasi, Bahan Baku dan Produksi Industri Kecil

di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011

K E L O M P O K

F O R M A L N O N F O R M A L

Unit Usaha

Tenaga Kerja

Unit Usaha

Tenaga Kerja

[1] [2] [3] [4] [5]

1 INDUSTRI AGRO DAN HASIL HUTAN (IAHH)

2 132 4 537 2 132 4 537

2 INDUSTRI LOGAM, MESIN, ELEKTRO-NIKA DAN ANEKA (ILMEA)

751 2 300 754 2 300

3 INDUSTRI KIMIA, PULP DAN KERTAS (IKPK)

426 2 120 426 2 120

J U M L A H 3 309 8 957 3 312 8 957

Tahun 2010 91 32 675 - -

Sumber : Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Purwakarta

Page 233: Purwakarta Dalam Angka 2012

Penggalian, Industri, Listrik & Air Bersih

Purwakarta Dalam Angka 2012 201

Grafik 13. Banyaknya Produksi Hasil Tambang Menurut Hasil Tambang di Kabupaten Purwakarta Tahun 2010-2011

Page 234: Purwakarta Dalam Angka 2012

Penggalian, Industri, Listrik & Air Bersih

202 Purwakarta Dalam Angka 2012

Tabel 6.2.4 Komoditi Andalan Industri Kecil di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011

No. Jenis Komoditi

Uraian

Jumlah Unit

Usaha

Jumlah Tenaga Kerja

Nilai Investasi (Rp.,-)

Nilai Produksi per Tahun

(Rp.,-)

[1] [2] [3] [4] [5] [6]

1. Simping 71 208 111 000 5 328 000

2. Emping Melinjo 19 80 16 000 437 000

3. Tape Singkong 120 635 60 000 1 440

4. Topi 127 580 2 195 000 8 800 000

5. Keramik 126 1 102 946 000 16 260 000

6. Genteng Pres 153 3 067 5 674 000 8 262 000

7. Wayang Golek 19 60 41 200 360 000

8. Batu Templek 12 84 500 000 105 000

9. Bata Merah 20 60 160 000 2 800 000

10 Batu Belah/Split 6 90 300 000 480 000

11 Aneka Kue Kering 89 445 480 000 1 668 750

12 Mebeul 31 124 186 000 4 650 000

13 Batako 35 185 210 000 1 312 000

14 Percetakan 11 45 165 000 412 222

Jumlah 839 6 767 11 044 200 50 876 190

Tahun 2010 839 6 765 11 044 200 50 876 690

Sumber : Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Purwakarta

Page 235: Purwakarta Dalam Angka 2012

Penggalian, Industri, Listrik & Air Bersih

Purwakarta Dalam Angka 2012 203

Tabel 6.2.4 (Lanjutan)

No. Jenis Komoditi

Kapasitas

Terpasang Riil

[1] [2] [7] [8]

1. Simping Rp 2000 000 bks 1 776 000 Bks

2. Emping Melinjo 25 000 Kg 19 000 Kg

3. Tape Singkong - -

4. Topi 250 000 Kodi 1 440 000 Kodi

5. Keramik 1 500 000 Bh 1 084 000 Bh

6. Genteng Pres 80 000 000 Bh 61 200 2000 Bh

7. Wayang Golek 5 000 Bh 3 600 Bh

8. Batu Templek 4 500 M³ 4 500 M³

9. Bata Merah 10 000 000 Bh 8 000 000 Bh

10 Batu Belah/Split 5 000 M³ 4 800 M³

11 Aneka Kue Kering 150 000 Kg 111 250 Kg

12 Mebeul 200 000 Set 155 000 Set

13 Batako 3 000 000 Bh 262 500 Bh

14 Percetakan 3 000 Rim 2 750 Rim

92 642 500 73 161 900

Sumber : Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Purwakarta

Page 236: Purwakarta Dalam Angka 2012

Penggalian, Industri, Listrik & Air Bersih

204 Purwakarta Dalam Angka 2012

Tabel 6.2.5 Realisasi Investasi PMA dan PMDN di Kabupaten Purwakarta Tahun 2008 - 2011

No. Tahun

Jenis Investasi

PMA PMDN

Jumlah Perusahaan

Nilai Investasi (US $)

Jumlah Perusahaan

Nilai Investasi (Rp.)

[1] [2] [3] [4] [5] [6]

1. 2008 83 1 249 696 982 29 1 073 718 185 951

2. 2009 89 1 460 688 169 30 1 791 206 779 848

3. 2010 104 2 213 499 524 29 1 455 217 501 519

4. 2011 134 2 916 973 659 32 1 813 677 741 019

Sumber : Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Purwakarta

Page 237: Purwakarta Dalam Angka 2012

Penggalian, Industri, Listrik & Air Bersih

Purwakarta Dalam Angka 2012 205

Tabel 6.3.1 Produksi Listrik PLN menurut Jenis Pelanggan

di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011

No. Katagori Jumlah

KVA MWH Nilai Produksi

Pelanggan Pelanggan (Juta Rupiah)

[1] [2] [3] [4] [5] [6]

1. Rumah Tangga 172 245 130 769 228 055 128 355

2. Sosial 4 236 5 547 9 168 5 409

3. Instansi 608 3 667 8 865 8 019

4. Industri 163 246 523 916 400 619 066

5. Bisnis 4131 30 873 60 715 60 712

J u m l a h 181 383 417 379 1 223 203 821 561

Tahun 2010 173 761 375 036 1 227 786 746 076

Tahun 2009 160 616 354 769 957 221 585 067

Sumber : PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat Cabang Purwakarta

Page 238: Purwakarta Dalam Angka 2012

Penggalian, Industri, Listrik & Air Bersih

206 Purwakarta Dalam Angka 2012

Tabel 6.3.2 Banyaknya Pelanggan, Penyaluran dan Nilai Air Minum

menurut Katagori Pelanggan PDAM di Kabupaten Purwakarta

Tahun 2011

Katagori Pelanggan Banyaknya Banyaknya Air Minum N i l a i Pelanggan

(Unit) yang Disalurkan

(M3) (000 Rp)

[1] [2] [3] [4]

1. Rumahtangga 21 267 3 805 827 13 333 112

(Tempat Tinggal)

2. Hotel/Obyek Wisata - - -

3. Badan Sosial/ 201 97 614 277 361

Rumah Sakit

4. Tempat Peribadatan 249 101 617 182 464

5. Sarana (Fasilitas) Umum 98 10 803 20 501

6. Toko, Industri, 711 207 522 86 924

7. Perusahaan

8. Instansi/Kantor 185 124 838 634 154

Pemerintah

9. Lainnya (Tangki Air) - 6 609 98 429

10. Susut/Hilang dalam - 2 724 281 -

Penyaluran

J u m l a h 22 711 7 079 111 14 632 945

Tahun 2010 21 976 6 709 821 13 829 015

Tahun 2009 19 120 6 932 372 11 010 677

Sumber : Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Purwakarta

Page 239: Purwakarta Dalam Angka 2012

Penggalian, Industri, Listrik & Air Bersih

Purwakarta Dalam Angka 2012 207

Tabel 6.3.3 Banyaknya Air Minum yang Disalurkan/Didistribusikan Setiap Bulan di Kabupaten Purwakarta

Tahun 2011

Banyaknya Air Minum

B u l a n yang Disalurkan

(M3)

[1] [2]

1. Januari 572 869

2. Pebruari 536 448

3. M a r e t 601 096

4. April 591 020

5. M e i 634 059

6. J u n i 673 122

7. J u l i 597 287

8. Agustus 558 397

9. September 598 932

10. Oktober 585 013

11. Nopember 569 620

12. Desember 561 248

J u m l a h 7 079 111

Tahun 2010 6 709 821

Tahun 2009 6 932 372

Sumber : Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Purwakarta

Page 240: Purwakarta Dalam Angka 2012
Page 241: Purwakarta Dalam Angka 2012

BAB VII

PERDAGANGAN

Page 242: Purwakarta Dalam Angka 2012
Page 243: Purwakarta Dalam Angka 2012

Perdagangan

Purwakarta Dalam Angka 2012 211

7. PERDAGANGAN

Perdagangan merupakan bagian dari suatu transaksi perekonomian dalam

pemenuhan kebutuhan masyarakat. Dalam memenuhi kebutuhan konsumsi

masyarakat diperlukan jalur distribusi dari produsen ke konsumen, yaitu melalui

sistem perdagangan. Dalam perekonomian terbuka, perdagangan antar wilayah

menjadi hal yang lazim terjadi. Memperdagangkan hasil produksi Kabupaten

Purwakarta ke luar wilayah, bahkan ke luar negeri disebut dengan ekspor.

Nilai realisasi ekspor dari Kabupaten Purwakarta ke luar negeri pada tahun

2011 mengalami peningkatan yang sangat signifikan hingga mencapai 31,62 persen,

yaitu dari 408,84 juta US$ pada tahun 2010 menjadi 538,12 juta US$ pada tahun 2011.

Peningkatan tersebut masih lebih rendah dibandingkan yang dialami pada tahun

sebelumnya yang mencapai 76,87 persen dari tahun sebelumnya. Beberapa komoditi

ekspor yang menyumbangkan nilai ekspor terbesar bagi nilai ekspor Kabupaten

Purwakarta diantaranya adalah Gear and Shifrod, Polyster, Serat Rayon, dan Nylon

Filament Yarn.

Perusahaan yang melakukan wajib daftar pada tahun 2011 sebanyak 927

perusahaan, yang berbadan hukum PT, CV, Koperasi, Perorangan, maupun badan

usaha lainnya. Jumlah ini mengalami penaikan jika dibandingkan dengan tahun

sebelumnya. Adapun SIUP yang diterbitkan oleh Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil,

Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Purwakarta sebanyak 657

SIUP, juga mengalami kenaikan jika dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai

595 SIUP.

Page 244: Purwakarta Dalam Angka 2012

Perdagangan

212 Purwakarta Dalam Angka 2012

-

100,00

200,00

300,00

400,00

500,00

600,00

2002 2003 2004 2005 2006 2007 2008 2009 2010 2011

Grafik 14. Nilai Realisasi Ekspor Kabupaten Purwakarta Tahun 2002 – 2011 (Juta US$)

Page 245: Purwakarta Dalam Angka 2012

Perdagangan

Purwakarta Dalam Angka 2012 213

Tabel 7.1 Banyaknya Perusahaan yang Melaksanakan Pendaftaran Perusahaan

menurut Bentuk Badan Hukum di Kabupaten Purwakarta Tahun 2009 - 2011

No Bentuk Badan

Hukum Tahun 2009 Tahun 2010 Tahun 2011

[1] [2] [3] [4]

1. PT 96 122 138

2. Koperasi 31 17 25

3. CV 194 243 278

4. FA - - -

5. Perorangan 395 428 465

6. BUL 10 15 21

Kabupaten 726 825 927

Sumber : Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Purwakarta

Page 246: Purwakarta Dalam Angka 2012

Perdagangan

214 Purwakarta Dalam Angka 2012

Tabel 7.2 Banyaknya Perusahaan yang Telah Melaksanakan Wajib Daftar Perusahaan menurut Kecamatan

di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011

No Kecamatan Bentuk Badan Hukum

Jumlah PT PO CV Koperasi

BUL (Bentuk Usaha Lain)

[1] [2] [3] [4] [5] [6] [7] [8]

1. Jatiluhur

2. Sukasari

3. Maniis

4. Tegalwaru

5. Plered

6. Sukatani

7. Darangdan

8. Bojong

9. Wanayasa

10. Kiarapedes

11. Pasawahan

12. Pondoksalam

13. Purwakarta

14. Babakancikao

15. Campaka

16. Cibatu

17. Bungursari

Kabupaten

Tahun 2010 122 428 243 17 15 825

Tahun 2009 81 400 177 16 - 674

Sumber : Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Purwakarta

Page 247: Purwakarta Dalam Angka 2012

Perdagangan

Purwakarta Dalam Angka 2012 215

Tabel 7.3 Banyaknya Penerbitan SIUP menurut Klasifikasi Perusahaan di Kabupaten Purwakarta Tahun 2006 - 2011

No. Tahun Klasifikasi Perusahaan

Jumlah Kecil Menengah Besar

[1] [2] [3] [4] [5] [6]

1. 2006 652 92 31 775

2. 2007 756 74 19 849

3. 2008 872 232 42 1 146

4. 2009 451 76 27 554

5. 2010 456 94 45 595

6. 2011 512 107 38 657

Sumber : Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Purwakarta

Page 248: Purwakarta Dalam Angka 2012

Perdagangan

216 Purwakarta Dalam Angka 2012

Tabel 7.4 Realisasi Ekspor Non Migas di Kabupaten Purwakarta Tahun 2002-2011

Tahun Nilai Produksi (US $)

[1] [4]

1. Tahun 2001 120 670 740,00

2. Tahun 2002 175 812 490,00

3. Tahun 2003 158 476 330,00

4. Tahun 2004 187 542 450,00

5. Tahun 2005 188 971 950,00

6. Tahun 2006 189 126 310,00

7. Tahun 2007 215 362 370,00

8. Tahun 2008 228 873 380,40

9. Tahun 2009 231 146 345,04

10. Tahun 2010 408 837 828,14

11. Tahun 2011 538 124 510,67

Sumber : Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Purwakarta

Page 249: Purwakarta Dalam Angka 2012

BAB VIII

PERHUBUNGAN, HOTEL DAN

KOMUNIKASI

Page 250: Purwakarta Dalam Angka 2012
Page 251: Purwakarta Dalam Angka 2012

Perhubungan, Hotel & Komunikasi

Purwakarta Dalam Angka 2012 219

8. PERHUBUNGAN, HOTEL DAN KOMUNIKASI

8.1. Perhubungan

Infrastruktur perhubungan yang baik mendukung masyarakat dalam

melakukan aktivitas dan mengakses berbagai fasilitas di luar wilayah. Dalam

perekonomian, akses perhubungan menjadi salah satu factor pendukung lancarnya

jalur distribusi barang kebutuhan pokok masyarakat. Seiring dengan perkembangan

pembangunan dewasa ini, ketersediaan sarana perhubungan dan infrastruktur yang

baik menjadi penting dalam mendukung pembangunan.

Panjang jalan di Kabupaten Purwakarta pada tahun 2011 mencapai 824.460

km, yang terdiri dari jalan negara, jalan provinsi, dan jalan kabupaten. Kondisi jalan

yang ada pada tahun 2011 sekitar 57,52 persen jalan dalam kondisi baik. Adapun jalan

yang kondisinya rusak dan rusak berat tinggal 10,96 persen saja dari 12,46 persen pada

tahun sebelumnya. Kondisi ini mengalami perbaikan jika dibandingkan dengan tahun

sebelumnya. Menurut lokasinya, kecamatan yang memiliki jalan dalam kondisi rusak

berat terbesar adalah Kecamatan Sukasari dan Pondoksalam yaitu mencapai 14,19

persen dan 11,51 persen dari total yang ada di Purwakarta.

Perbaikan kondisi jalan dilakukan, salah satunya untuk mengimbangi

peningkatan jumlah kendaraan bermotor. Pada tahun 2011 ini terjadi peningkatan

sekitar 8,2 persen kendaraan bermotor yang terdaftar di Kantor Samsat Kabupaten

Purwakarta dibanding kondisi tahun sebelumnya. Peningkatan tertinggi terjadi pada

jenis kendaraan pribadi, yaitu dari 152.412 unit pada tahun 2010 menjadi 166.926 unit

pada tahun 2011 atau mencapai 9,52 persen. Sedangkan untuk jenis kendaraan umum

terjadi penurunan signifikan, yaitu dari 4.049 unit pada tahun 2010 menjadi 2.120 unit

pada 2011, atau mengalami penurunan sebesar 47,64 persen.

Page 252: Purwakarta Dalam Angka 2012

Perhubungan, Hotel & Komunikasi

220 Purwakarta Dalam Angka 2012

Jumlah penumpang (orang) yang memanfaatkan moda transportasi kereta api

kembali mengalami penurunan seperti halnya yang terjadi pada kurun tahun

sebelumnya. Penurunan yang terjadi antara tahun 2010 dan 2011 sebesar 3,90 persen,

masih lebih baik dibanding penurunan kurun tahun sebelumnya yang mencapai 4, 41

persen. Namun demikian pendapatan yang dicapai pada tahun 2011 mengalami

peningkatan dari 2,6 milyar rupiah pada tahun sebelumnya menjadi 3,3 milyar rupiah,

meningkat 26,97 persen. Sebuah peningkatan yang cukup signifikan dibanding

peningkatan di tahun sebelumnya yang hanya sebesar 9,25 persen saja.

8.2. Hotel dan Pariwisata

Berdasarkan data dari BPS Purwakarta jumlah hotel dan akomodasi lainnya

yang menunjang Sektor Pariwisata di tahun 2010 sebanyak 16 buah. Usaha restoran

jumlahnya 7 buah dan rumah makan sebanyak 63 buah.

8.3. Komunikasi

Sistem komunikasi di masyarakat mengalami perkembangan yang sangat

pesat dimana telepon genggam dan internet merupakan sarana komunikasi yang dapat

dengan mudah diakses oleh masyarakat pada berbagai lapisan. Namun demikian hal

ini tidak terlalu berpengaruh pada sarana komunikasi lainnya, seperti surat dan wesel

pos. Volume lalu lintas pos di Kabupaten Purwakarta mengalami peningkatan dari

tahun sebelumnya yang berpegaruh pada meningkatnya pendapatan pos. Pendapatan

kantor pos di Kabupaten Purwakarta tercatat mencapai 11,3 milyar rupiah pada tahun

2011, mengalami peningkatan sebesar 23,05 persen dari tahun 2010. Penjualan benda

pos pun mengalami peningkatan sekitar 10,06 persen dibandingkan tahun 2010.

Page 253: Purwakarta Dalam Angka 2012

Perhubungan, Hotel & Komunikasi

Purwakarta Dalam Angka 2012 221

Cibungur 3,0%

Purwakarta 80,0%

Ciganea 1,1%

Sukatani 1,2%

Plered 11,2%

Cisomang 3,6%

Grafik 15 . Persentase Penumpang Kereta Api Menurut Stasiun di

Kabupaten Purwakarta Tahun 2011

Sumber : PT. Kereta Api cabang Purwakarta

Page 254: Purwakarta Dalam Angka 2012

Perhubungan, Hotel & Komunikasi

222 Purwakarta Dalam Angka 2012

51,51

19,74

16,25

12,51

Baik Sedang Rusak Rusak Berat

Grafik 16 . Persentase Jalan Kabupaten Menurut Kondisi Jalan, di kabupaten Purwakarta Tahun 2011

Sumber : Dinas Bina Marga dan Pengairan Kab. Purwakarta

Page 255: Purwakarta Dalam Angka 2012

Perhubungan, Hotel & Komunikasi

Purwakarta Dalam Angka 2012 223

Tabel 8.1.1 Panjang Jalan menurut Tingkat Pemerintah yang Berwenang, Jenis Permukaan, Kondisi Jalan dan Kelas Jalan

di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 (Km)

Jenis Permukaan, Jalan Negara

Jalan Propinsi

Jalan Kabupaten

Jalan Lainnya

Jumlah Kondisi dan Kelas Jalan

[1] [2] [3] [4] [5] [6]

1. Jenis Permukaan

Aspal 42 910 59 350 566 884 - 669 144

Kerikil/Batu - - 117 018 - 117 018

Tanah - - 10 190 - 10 190

Lainnya(Beton)

- - 28 108 - 28 108

J u m l a h 42 910 59 350 722 200 - 824 460

2. Kondisi Jalan

Baik 42 910 59 350 371 994 - 474 254

Sedang - - 142 535 - 142 535

Rusak - - 117 324 - 117 324

Rusak Berat - - 90 347 - 90 347

J u m l a h 42 910 59 350 722 200 - 824 460

3. Kelas Jalan

Kelas I 42 910 59 350 - - 42 910

Kelas II - - - - 59 350

Kelas III A - - 722 200 - 722 200

Kelas III B - - - - -

Kelas III C - - - - -

Belum Diklasifikasi - - - -

J u m l a h 42 910 59 350 722 200 - 824 460

Sumber : Dinas Bina Marga dan Pengairan Kabupaten Purwakarta

Page 256: Purwakarta Dalam Angka 2012

Perhubungan, Hotel & Komunikasi

224 Purwakarta Dalam Angka 2012

Tabel 8.1.2. Panjang Jalan Kabupaten menurut Jenis Permukaan Jalan dirinci per Kecamatan di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 (Km)

Kecamatan Diaspal/Beton

Kerikil/Batu

Tanah Jumlah

[1] [2] [3] [4] [5]

1. Jatiluhur 26 798 6 000 2 600 35 398

2. Sukasari 18 300 17 280 1 020 36 600

3. Maniis 32 450 11 850 - 44 300

4. Tegalwaru 33 200 11 420 880 45 500

5. Plered 37 550 6 280 - 43 830

6. Sukatani 25 540 10 240 1 190 36 970

7. Darangdan 47 060 3 940 - 51 000

8. Bojong 50 150 3 200 - 53 350

9. Wanayasa 37 800 3 200 - 41 000

10. Kiarapedes 30 474 950 3 000 34 424

11. Pasawahan 31 546 3 900 - 35 446

12. Pondoksalam 22 075 - - 22 075

13. Purwakarta 74 421 602 - 75 023

14. Babakancikao 27 912 11 760 1 500 41 172

15. Campaka 37 013 2 586 - 39 599

16. Cibatu 32 250 20 585 - 52 835

17. Bungursari 30 453 3 225 - 33 678

Kabupaten 594 992 117 018 10 190 722 200

Tahun 2010 587 740 124 170 10 190 647 080

Tahun 2009 580 140 130 170 10 190 720 500

Sumber : Dinas Bina Marga dan Pengairan Kabupaten Purwakarta

Page 257: Purwakarta Dalam Angka 2012

Perhubungan, Hotel & Komunikasi

Purwakarta Dalam Angka 2012 225

Tabel 8.1.3 Panjang Jalan Kabupaten menurut Kecamatan dan Kondisi Jalan di Kabupaten Purwakarta

Tahun 2011 (Km)

Kecamatan Baik Sedang Rusak

Rusak Berat

Jumlah

[1] [2] [3] [4] [5] [6]

1. Jatiluhur 17 393 8 140 6 565 3 300 35 398

2. Sukasari 13 550 - 10 230 12 820 36 600

3. Maniis 10 700 15 431 16 239 1 930 44 300

4. Tegalwaru 8 860 18 660 13 000 4 980 45 500

5. Plered 25 680 7 050 2 800 8 300 43 830

6. Sukatani 11 585 9 625 9 120 6 640 36 970

7. Darangdan 29 070 7 410 7 870 6 650 51 000

8. Bojong 28 320 5 250 17 230 2 550 53 350

9 . Wanayasa 24 730 10 250 1 620 4 400 41 000

10. Kiarapedes 21 979 9 445 - 3 000 34 424

11. Pasawahan 24 351 5 165 2 930 3 000 34 424

12. Pondoksalam 5 090 5 800 785 10 400 22 075

13. Purwakarta 60 548 11 793 2 080 602 75 023

14. Babakancikao 15 882 17 440 2 850 5 000 41 172

15. Campaka 25 643 6 606 2 450 4 900 39 599

16. Cibatu 26 400 2 100 16 210 8 125 52 835

17. Bungursari 22 213 2 370 5 345 3 750 33 678

Kabupaten 371 994 142 535 117 324 90 347 722 200

Tahun 2010 347 360 166 390 94 730 103 970 709 750

Tahun 2009 311 190 183 980 108 970 116 320 720 460

Sumber : Dinas Bina Marga dan Pengairan Kabupaten Purwakarta

Page 258: Purwakarta Dalam Angka 2012

Perhubungan, Hotel & Komunikasi

226 Purwakarta Dalam Angka 2012

Tabel 8.1.4 Panjang Jalan Kabupaten menurut Kecamatan dan Kelas Jalan di Kabupaten Purwakata Tahun 2011 (Km)

Kecamatan I II III/IIIC IV V Belum

Diklasi-fikasi

Jumlah

[1] [2] [3] [4] [5] [6] [7] [8]

1. Jatiluhur - - 35 398 - - - 35 398

2. Sukasari - - 36 600 - - - 36 600

3. Maniis - - 44 300 - - - 44 300

4. Tegalwaru - - 45 500 - - - 45 500

5. Plered - - 43 830 - - - 43 830

6 Sukatani - - 36 970 - - - 36 970

7. Darangdan - - 51 000 - - - 51 000

8. Bojong - - 53 350 - - - 53 350

9. Wanayasa - - 41 000 - - - 41 000

10. Kiarapedes - - 34 424 - - - 34 424

11. Pasawahan - - 35 446 - - - 35 446

12. Pondoksalam - - 22 075 - - - 22 075

13. Purwakarta - - 75 023 - - - 75 023

14. Babakancikao - - 41 172 - - - 41 172

15. Campaka - - 39 599 - - - 39 599

16. Cibatu - - 52 835 - - - 52 835

17. Bungursari - - 33 678 - - - 33 678

Jumlah - - 722 200 - - - 722 200

Tahun 2010 - - 722 100 - - - 722 100

Tahun 2009 - - 720 500 - - - 720 500

Sumber : Dinas Bina Marga dan Pengairan Kabupaten Purwakarta

Page 259: Purwakarta Dalam Angka 2012

Perhubungan, Hotel & Komunikasi

Purwakarta Dalam Angka 2012 227

Tabel 8.1.5 Banyaknya Kendaraan Bermotor yang Terdaftar menurut Jenis Kendaraan di Kabupaten Purwakarta

Tahun 2011

Jenis Kendaraan Bermotor Non Obyek

Obyek

Umum Pribadi

[1] [2] [3] [4]

1. S e d a n 8 - 705

2. J e e p 15 - 385

3. Mini Bus 305 1 653 4 700

4. B u s 9 118 310

5. Truck / Pick Up 105 349 4 479

6. Sepeda Motor 1 658 - 156 347

J u m l a h 2 100 2 120 166 926

Tahun 2010 1 715 4 049 152 412

Tahun 2009 1 640 2 277 130 984

Sumber : Kantor Samsat Cabang Kabupaten Purwakarta

Page 260: Purwakarta Dalam Angka 2012

Perhubungan, Hotel & Komunikasi

228 Purwakarta Dalam Angka 2012

Tabel 8.1.6 Banyaknya Kendaraan yang Diuji menurut Jenis Kendaraan di Kabupaten Purwakarta Tahun 2009 – 2011

Jenis kendaraan Tahun 2009 Tahun 2010 Tahun 2011

[1] [2] [3] [4]

1. Angkutan Pedesaan

- - -

2. Mobil Penumpang - - -

3. Mobil Bis 460 433 137

4. Bis Mikro 153 178 71

5. Bis Mini 66 46 32

6. Angkutan Kota 2 051 1 868 1 683

7. Truk 2 244 2 438 1 790

8. Pick Up 2 680 2 909 2 106

9. Tangki 34 56 18

10. Bak Tertutup 760 837 489

11. Traktor 1 1 0

12. Kereta Gandengan 0 2 1

13. Kereta Tempelan 1 1 0

1 14

J u m l a h 7 803 7 306 6 327

Sumber : Dinas Perhubungan, Kebudayaan, Pariwisata, Pos dan Telekomunikasi Kabupaten Purwakarta

Page 261: Purwakarta Dalam Angka 2012

Perhubungan, Hotel & Komunikasi

Purwakarta Dalam Angka 2012 229

Tabel 8.1.7 Banyaknya Armada Angkutan Kota dan Angkutan Perdesaan di Kabupaten Purwakarta Tahun 2009 – 2011

Jenis Pelayanan Tahun 2009 Tahun 2010 Tahun 2011

[1] [2] [3] [4]

1. Angkutan Kota 739 739 741

2. Angkutan Perdesaan 553 555 560

J u m l a h 1 292 1 294 1 301

Sumber : Dinas Perhubungan, Kebudayaan, Pariwisata, Pos dan Telekomunikasi Kabupaten Purwakarta

Page 262: Purwakarta Dalam Angka 2012

Perhubungan, Hotel & Komunikasi

230 Purwakarta Dalam Angka 2012

Tabel 8.1.8 Nama-nama Terminal Angkutan Umum di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011

Terminal Lokasi Kecamatan Luas (M2) Type

[1] [2] [3] [4]

1. Ciganea Jatiluhur 1500 C

2. Gembong Purwakarta 300 C

3. Plered Plered 10 000 C

4. Wanayasa Wanayasa 200 C

Sumber : Dinas Perhubungan, Kebudayaan, Pariwisata, Pos dan Telekomunikasi Kabupaten Purwakarta

Page 263: Purwakarta Dalam Angka 2012

Perhubungan, Hotel & Komunikasi

Purwakarta Dalam Angka 2012 231

Tabel 8.1.9 Volume Lalu Lintas yang Menggunakan Sarana Kereta Api di Stasiun Purwakarta Kabupaten Purwakarta

Tahun 2011

Bulan

Berangkat Pendapatan

(Rp) Penumpang Barang

(Orang) (Kg)

[1] [2] [3] [4]

1. Januari 30 316 - 214 201 000

2. Februari 22 066 - 193 157 000

3. Maret 23 820 - 199 327 000

4. April 21 446 - 197 465 000

5. Mei 25 673 - 259 900 500

6. Juni 25 353 - 263 160 000

7. Juli 29 310 - 431 095 000

8. Agustus 23 806 - 298 644 000

9. September 39 438 - 275 683 000

10. Oktober 26 337 - 218 304 000

11. Nopember 25 596 - 229 293 000

12. Desember 28 290 - 250 954 000

Jumlah 321 451 - 3 031 183 500

Tahun 2010 328 143 12 205 2 310 689 000

Sumber : PT Kereta Api (Persero) Cabang Purwakarta

Page 264: Purwakarta Dalam Angka 2012

Perhubungan, Hotel & Komunikasi

232 Purwakarta Dalam Angka 2012

Tabel 8.1.10 Volume Lalu Lintas yang Menggunakan Angkutan Kereta Api menurut Stasiun di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011

Stasiun

Penumpang (Orang)

Barang (Kg)

Pendapatan (Rupiah)

[1] [2] [3] [4]

1. Cibungur 12 152 - 32 035 000

2. Purwakarta 321 451 - 3 031 183 500

3. Ciganea 4 312 - 9 523 000

4. Sukatani 4 741 - 10 461 500

5. Plered 45 034 - 189 707 250

6. Cisomang 14 346 - 29 076 000

Kabupaten 402 036 - 3 301 986 250

Tahun 2010 418 340 374 145 2 600 682 000

Tahun 2009 437 622 - 2 380 518 500

Sumber : PT Kereta Api (Persero) Cabang Purwakarta

Page 265: Purwakarta Dalam Angka 2012

Perhubungan, Hotel & Komunikasi

Purwakarta Dalam Angka 2012 233

Tabel 8.2.1 Banyaknya Perusahaan Akomodasi/Hotel menurut Klasifikasi Banyaknya Kamar di Kabupaten Purwakarta

Tahun 2006 – 2011

Hotel Berbintang

Hotel Tidak Berbintang dan Akomodasi Lainnya

Tahun Kurang Dari 10 10 s.d 24

Unit Kamar Unit Kamar Unit Kamar

[1] [2] [3] [4] [5] [6] [7]

2006 2 197 2 19 8 116

2007 2 215 2 16 6 90

2008 2 215 2 17 6 84

2009 2 190 2 15 5 81

2010 2 215 2 15 4 58

2011 2 210 3 24 5 87

Sumber : BPS Kabupaten Purwakarta

Page 266: Purwakarta Dalam Angka 2012

Perhubungan, Hotel & Komunikasi

234 Purwakarta Dalam Angka 2012

Tabel 8.2.1 ( Lanjutan …)

Hotel Tidak Berbintang dan Akomodasi Lainnya

Jumlah

Tahun 25 s.d 40 Lebih Dari 41 Unit Kamar

Unit Kamar Unit Kamar

[1] [8] [9] [10] [11] [12] [13]

2006 2 109 1 49 15 479

2007 2 110 1 49 15 479

2008 5 158 1 49 15 359

2009 5 158 1 49 15 359

2010 5 162 2 103 15 553

2011 4 126 2 102 16 549

Sumber : BPS Kabupaten Purwakarta

Page 267: Purwakarta Dalam Angka 2012

Perhubungan, Hotel & Komunikasi

Purwakarta Dalam Angka 2012 235

Tabel 8.2.2 Banyaknya Perusahaan Akomodasi/Hotel menurut Klasifikasi Jumlah Kamar di Kabupaten Purwakarta

Tahun 2006 – 2011

Tahun

Klasifikasi Banyaknya Unit

Jumlah Kurang dari 10 10 s.d 24 25 dan Lebih

[1] [2] [3] [4] [5]

2006 3 7 6 16

2007 2 8 6 16

2008 2 5 8 15

2009 2 5 8 15

2010 2 4 9 15

2011 3 5 8 16

Sumber : BPS Kabupaten Purwakarta

Page 268: Purwakarta Dalam Angka 2012

Perhubungan, Hotel & Komunikasi

236 Purwakarta Dalam Angka 2012

Tabel 8.2.3 Banyaknya Perusahaan Akomodasi, Kamar dan Tempat Tidur di Kabupaten Purwakarta

Tahun 2006 – 2011

Tahun B a n y a k n y a (Unit)

Perusahaan Kamar Tempat Tidur

[1] [2] [3] [4]

2006 15 479 768

2007 15 481 768

2008 15 481 823

2009 15 481 823

2010 15 553 972

2011 16 549 796

Sumber : BPS Kabupaten Purwakarta

Page 269: Purwakarta Dalam Angka 2012

Perhubungan, Hotel & Komunikasi

Purwakarta Dalam Angka 2012 237

Tabel 8.2.4 Banyaknya Perusahaan Akomodasi, Kamar dan Tamu menurut Klasifikasi di Kabupaten Purwakarta

Tahun 2011

Klasifikasi Perusahaan Kamar Tamu

Asing WNI

[1] [2] [3] [4] [5]

Bintang 2 210 23 722 64 785

Melati 3 4 162 376 33 594

Melati 2 5 124 1 14 936

Melati 1 5 53 1 10 970

Jumlah 16 549 24 100 124 285

Tahun 2010 16 562 - -

Tahun 2009 16 505 10 030 109 851

Sumber : BPS Kabupaten Purwakarta

Page 270: Purwakarta Dalam Angka 2012

Perhubungan, Hotel & Komunikasi

238 Purwakarta Dalam Angka 2012

Tabel 8.2.5 Rumah Makan, Restoran dan Tempat Hiburan di Kabupaten Purwakarta Tahun 2009 – 2011

Jenis Kegiatan

Tahun

2009 2010 2011

[1] [2] [3] [4]

1. Rumah Makan 63 63 63

2. Restoran 7 7 7

3. Kolam Renang 10 10 10

4. Billyard 3 3 3

5. Karaoke 7 7 7

6. Kolam Pemancingan 8 8 8

7. Bioskop - - -

8. Permainan Anak 3 3 3

Sumber : Dinas Perhubungan, Kebudayaan, Pariwisata, Pos dan Telekomunikasi Kabupaten Purwakarta

Page 271: Purwakarta Dalam Angka 2012

Perhubungan, Hotel & Komunikasi

Purwakarta Dalam Angka 2012 239

`Tabel 8.3.1 Volume Arus Lalu Lintas Surat Pos di Kabupaten Purwakarta

Tahun 2011

No. Jenis Surat Volume

Kirim Terima

[1] [2] [3] [4]

1 Dalam Negeri

- Surat Biasa 8 135 10 270

- Surat Kilat - -

- Kilat Khusus 111 265 575 792

- Tercatat Biasa - -

2 Luar Negeri

- Surat Biasa Pos Udara 267 1 232

- Surat Biasa Bukan Udara 1 560 4 175

Jumlah 121 227 591 469

Tahun 2010 225 711 566 029

Tahun 2009 194 374 276 032

Sumber : PT Pos Indonesia (Persero) Purwakarta

Page 272: Purwakarta Dalam Angka 2012

Perhubungan, Hotel & Komunikasi

240 Purwakarta Dalam Angka 2012

Tabel 8.3.2 Volume Arus Lalu Lintas Wesel dan Paket Pos

di Kabupaten Purwakarta Tahun 2009-2011

Jenis Surat Kirim Terima

Volume Nilai Volume Nilai

[1] [2] [3] [4] [5]

1. Dalam Negeri

a. Wesel Pos

2009 19 145 9 474 354 647 14 950 15 186 428 146

2010 23 979 15 108 615 043 22 802 22 649 232 922

2011 27 502 18 957 924 150 34 154 35 033 614 623

b. Paket Pos

2009 12 549 1 537 126 18 745 341 2 356 271

2010 22 180 1249 257 9 389 93 234

2011 21 780 561 554 9 164 115 430

2. Luar Negeri

a. Wesel Pos

2009 836 134 270 161 33 978 96 270 925 432

2010 786 2 324 834 108 74 313 194 918 156 309

2011 108 485 929 210 60 660 159 012 162 450

b. Paket Pos

2009 50 752 140 1 380

2010 - - 791 6 853

2011 272 3 476 824481 9 535

Sumber : PT Pos Indonesia (Persero) Purwakarta

Catatan : Nilai wasel (Rp); Paket (Kg)

Page 273: Purwakarta Dalam Angka 2012

Perhubungan, Hotel & Komunikasi

Purwakarta Dalam Angka 2012 241

Tabel 8.3.3 Target dan Realisasi Pendapatan Kantor Pos

di Kabupaten Purwakarta Tahun 2009 – 2011

No. Triwulan Pendapatan (Rupiah)

Target Realisasi Selisih

[1] [2] [3] [4] [5]

1. Tahun 2009 5 779 124 648 5 477 632 680 (301 491 968)

2. Tahun 2010 7 372 438 034 8 372 434 627 999 996 593

3. Tahun 2011 10 913 556 308 10 302 326 686 611 229 622

Sumber : PT Pos Indonesia (Persero) Purwakarta

Page 274: Purwakarta Dalam Angka 2012

Perhubungan, Hotel & Komunikasi

242 Purwakarta Dalam Angka 2012

Tabel 8.3.4 Volume Surat yang Dikirim dan Diterima melalui Dalam dan Luar Negeri

menurut Kecamatan di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011

Dalam Negeri Luar Negeri

No. Kecamatan Biasa Kilat Kirim Terima

Kirim Terima Kirim Terima

[1] [2] [3] [4] [5] [6] [7] [8]

1. Jatiluhur 708 893 2 509 50 094 10 470

2. Sukasari - - - - - -

3. Maniis 114 144 31 8 061 - 76

4. Tegalwaru - - - - - -

5. Plered 797 1 006 1 817 56 428 21 530

6. Sukatani 366 462 647 25 911 8 243

7. Darangdan 317 401 741 22 456 10 211

8. Bojong 342 431 542 24 183 3 227

9. Wanayasa 350 442 1 000 24 759 22 233

10. Kiarapedes - - - - - -

11. Pasawahan 553 698 1 025 39 154 8 368

12. Pondoksalam - - - - - -

13. Purwakarta 2 302 2 906 95 938 162 949 512 1 530

14. Babakancikao - - - - - -

15. Campaka 1 001 1 263 2 230 70 822 16 665

16. Cibatu - - - - - -

17. Bungursari 1 285 1 623 4 785 90 975 56 854

Kabupaten 8 135 10 270 111 265 575 792 666 5 407

Tahun 2010 74 279 148 076 151 135 417 506 1 496 2 237

Tahun 2009 55 595 91 727 118 640 156 986 18 070 22 232

Sumber : PT Pos Indonesia (Persero) Purwakarta

Page 275: Purwakarta Dalam Angka 2012

Perhubungan, Hotel & Komunikasi

Purwakarta Dalam Angka 2012 243

Tabel 8.3.5 Volume dan Nilai Wesel Pos Dalam Negeri yang Dikirim dan Diterima di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011

Kecamatan Dikirim Diterima

Volume Nilai (Rp) Volume Nilai (Rp)

[1] [2] [3] [4] [5]

1. Jatiluhur 2 753 1 771 954 500 1 735 1 820 455 100

2. Sukasari - - - -

3. Maniis 254 382 396 000 923 778 036 000

4. Tegalwaru - - - -

5. Plered 1 955 1 475 458 500 6 902 8 321 837 046

6. Sukatani 1 347 997 550 000 3 132 3 480 654 700

7. Darangdan 681 464 712 500 2 145 2 204 637 036

8. Bojong 650 513 981 500 2 919 3 258 058 300

9. Wanayasa 713 547 858 500 2 116 1 614 639 833

10. Kiarapedes - - - -

11. Pasawahan 863 468 146 900 1 744 1 508 475 127

12. Pondoksalam - - - -

13. Purwakarta 13 647 9 209 533 750 9 998 9 967 740 970

14. Babakancikao - - - -

15. Campaka 2 983 1 934 203 500 2 158 1 761 534 861

16. Cibatu - - - -

17. Bungursari 1 656 1 192 128 500 382 317 545 650

Kabupaten 27 502 18 957 924 150 34 154 35 033 614 623

Tahun 2010 23 979 15 108 615 043 22 802 22 649 232 922

Tahun 2009 19 145 9 474 354 647 14 950 15 186 428 146

Sumber : PT Pos Indonesia (Persero) Purwakarta

Page 276: Purwakarta Dalam Angka 2012

Perhubungan, Hotel & Komunikasi

244 Purwakarta Dalam Angka 2012

Tabel 8.3.6 Volume dan Nilai Wesel Pos Luar Negeri yang Diterima di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011

Kecamatan Penerimaan

Volume Nilai (Rupiah)

[1] [2] [3]

1. Jatiluhur 3 480 8 890 726 898

2. Sukasari - -

3. Maniis 844 2 098 436 953

4. Tegalwaru - -

5. Plered 12 541 33 197 003 922

6. Sukatani 6 080 16 472 491 423

7. Darangdan 3 852 10 064 071 408

8. Bojong 6 365 15 933 412 991

9. Wanayasa 3 411 8 661 268 122

10. Kiarapedes - -

11. Pasawahan 3 560 7 446 865 216

12. Pondoksalam - -

13. Purwakarta 16 310 45 526 853 994

14. Babakancikao - -

15. Campaka 3 927 10 050 449 174

16. Cibatu - -

17. Bungursari 290 670 582 349

Kabupaten 60 660 159 012 162 450

Tahun 2010 48 534 133 061 475 027

Tahun 2009 33 978 96 270 925 432

Sumber : PT Pos Indonesia (Persero) Purwakarta

Page 277: Purwakarta Dalam Angka 2012

Perhubungan, Hotel & Komunikasi

Purwakarta Dalam Angka 2012 245

Tabel 8.3.7 Nilai Penjualan Benda Pos pada Kantor Pos menurut Kecamatan

di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 (Rupiah)

Kecamatan Nilai Penjualan

[1] [2]

1. Jatiluhur 1 196 982 192

2. Sukasari -

3. Maniis 192 617 824

4. Tegalwaru -

5. Plered 1 348 324 768

6. Sukatani 619 128 720

7. Darangdan 536 578 224

8. Bojong 577 853 472

9. Wanayasa 591 611 888

10. Kiarapedes -

11. Pasawahan 935 572 288

12. Pondoksalam -

13. Purwakarta 3 893 631 172

14. Babakancikao -

15. Campaka 1 692 285 168

16. Cibatu -

17. Bungursari 2 173 829 728

Kabupaten 13 758 416 000

Tahun 2010 12 501 220 044

Tahun 2009 5 904 341 344

Sumber : PT Pos Indonesia (Persero) Purwakarta

Page 278: Purwakarta Dalam Angka 2012
Page 279: Purwakarta Dalam Angka 2012

BAB IX

KEUANGAN DAN HARGA

Page 280: Purwakarta Dalam Angka 2012
Page 281: Purwakarta Dalam Angka 2012

Keuangan & Harga

Purwakarta Dalam Angka 2012 249

9. KEUANGAN DAN HARGA

9.1. Anggaran Pendapatan dan Belanja

Realisasi pendapatan daerah Kabupaten Purwakarta pada tahun 2011

mencapai Rp 995,28 milyar, atau 96,23 persen dari target anggaran yang dicanangkan

sebesar Rp 1,03 triliun. Pendapatan tersebut mengalami kenaikan sebesar 17,2 persen

dari pendapatan pada tahun sebelumnya, yaitu Rp 848,949 milyar. Total pendapatan

yang berasal dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) mencapai 11,18 persen dari total

pendapatan, yaitu sebesar Rp 111,27 milyar. Realisasi PAD yang dicapai pada tahun

2011 mampu melampaui target yang ditetapkan sebelumnya, yaitu capaiannya hingga

104,10 persen. Pendapatan asli daerah tersebut bersumber dari pajak daerah (49

persen), retribusi daerah (14,5 persen), hasil pengelolaan kekayaan yang dipisahkan (3

persen), dan pendapatan lain-lain yang sah (33,5 persen).

9.2. Lembaga Keuangan

Lembaga keuangan merupakan salah satu pendukung berjalannya roda

perekonomian suatu wilayah. Lembaga ini merupakan salah satu sumber pembiayaan

bagi dunia usaha maupun kegiatan masyarakat lainnya, seperti konsumsi dan

investasi. Posisi simpanan masyarakat dalam bentuk tabungan, giro, dan simpanan

berjangka pada bulan Desember tahun 2011 mencapai Rp 2,66 triliun. Jenis simpanan

tabungan merupakan simpanan dengan porsi terbesar pada tahun 2011, serupa dengan

kondisi pada tahun-tahun sebelumnya. Adapun kredit perbankan yang diberikan pada

akhir tahun 2011 dalam bentuk mata uang rupiah mencapai Rp 4,12 triliun dan dalam

bentuk valas sebanyak Rp 1,08 triliun. Sedangkan penyaluran kredit usaha kecil

mencapai Rp 1,11 triliun.

Page 282: Purwakarta Dalam Angka 2012

Keuangan & Harga

250 Purwakarta Dalam Angka 2012

9.3. Harga

Rata-rata harga kebutuhan pokok masyarakat yang dipantau setiap bulan oleh

BPS menunjukkan pergerakan yang fluktuatif pada bulan-bulan tertentu. Secara umum

harga komoditi kebutuhan pokok mengalami peningkatan yang cukup signifikan pada

bulan Juli dan Agustus. Kondisi ini diakibatkan oleh meningkatnya permintaan pada

bulan-bulan ini. Permintaan mengalami peningkatan terkait dengan adanya Bulan

Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri. Biasanya, konsumsi masyarakat akan kebutuhan

pokok mengalami peningkatan. Pada bulan-bulan berikutnya sempat mengalami

penurunan untuk kemudian kembali mengalami kenaikan kembali menjelang akhir

tahun yaitu pada November dan Desember, meski hal tersebut tidak terjadi pada

seluruh komoditi secara umum.

Page 283: Purwakarta Dalam Angka 2012

Keuangan & Harga

Purwakarta Dalam Angka 2012 251

-0,6

-0,4

-0,2

0

0,2

0,4

0,6

0,8

Grafik 17. Perkembangan Inflasi di Jawa Barat Sepanjang Tahun 2011

Sumber : BPS Prov. Jawa Barat

Page 284: Purwakarta Dalam Angka 2012

Keuangan & Harga

252 Purwakarta Dalam Angka 2012

-

5 000,0

10 000,0

15 000,0

20 000,0

25 000,0

30 000,0

35 000,0

40 000,0

Gula Pasir Minyak Goreng Beras IR 64 Cabe Merah Besar

Grafik 18. Rata-rata Harga Beberapa Komoditi Kebutuhan Pokok

di Kabupaten Purwakarta (Rupiah), Januari – Desember 2011

Sumber : BPS Kab. Purwakarta

Page 285: Purwakarta Dalam Angka 2012

Keuangan & Harga

Purwakarta Dalam Angka 2012 253

Tabel 9.1.1 Target dan Realisasi Pendapatan Kabupaten Purwakarta

Tahun Anggaran 2011

(dalam Rupiah)

Uraian Anggaran Realisasi Persentase

[1] [2] [3] [4]

1. PENDAPATAN DAERAH 1 034 267 160 304 995 275 625 156 96,23

1.1 Pendapatan Asli Daerah 106 885 416 000 111 271 086 371 104,10

Hasil Pajak Daerah 49 278 742 000 54 538 823 172 110,67

Hasil Retribusi Daerah 14 562 269 000 16 182 883 240 111,13

Hasil Pengelolaan Kekayaan Daerah yang Dipisahkan

3 356 423 243 3 275 014 465 97,57

Lain-lain Pendapatan Asli Daerah 39 687 981 757 37 274 365 494 93,92

1.2 PENDAPATAN TRANSFER 877 886 271 804 838 049 108 160 95,46

1.2.1

Transfer Pemerintah Pusat-Dana Perimbangan

635 886 227 000 623 943 372 553 98,16

1.2.2 Transfer Pemerintah Pusat - Lainnya 186 689 683 750 158 611 526 960 84,96

1.2.3

Transfer Pemerintah Provinsi 55 568 361 054 55 494 208 647 99,87

1.3 Lain-lain Pendapatan Daerah yang Sah 49 495 472 50 45 955 430 625 92,85

1.3.1 Pendapatan Hibah 0 0 0,00

1.3.2 Pendapatan Dana Darurat 0 0 0,00

1.3.3 Pendapatan Lainnya 49 495 472 500 45 955 430 625 92,85

Sumber :: Dinas Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Purwakarta

Page 286: Purwakarta Dalam Angka 2012

Keuangan & Harga

254 Purwakarta Dalam Angka 2012

Tabel 9.1.2 Target dan Realisasi Belanja dan Pembiayaan Kabupaten Purwakarta

Tahun Anggaran 2011

(dalam Rupiah)

Uraian Anggaran Realisasi Persentase

[1] [2] [3] [4]

BELANJA DAERAH 1 034 081 270 123 963 362 382 337 93,16

BELANJA OPERASI 870 772 660 693 818 871 407 211 94,04

Belanja Pegawai 659 027 098 688 625 952 054 247 94,98

Belanja Barang 167 421 956 339 156 231 485 442 93,32

Belanja Hibah 20 400 495 666 15 750 700 000 77,17

Belanja Bantuan Sosial 15 194 110 000 12 624 406 620 83,09

Belanja Bantuan Keuangan 8 720 000 000 8 312 760 875 95,33

BELANJA MODAL 162 808 609 430 144 490 975 126 88,75

Belanja Tanah 6 660 851 450 5 721 162 857 85,76

Belanja Peralatan dan Mesin 56 758 958 631 540 517 756 225 96,05

Belanja Gedung dan Bangunan 50 949 978 149 40 519 524 617 79,53

Belanja Jalan, Irigasi dan Jaringan 41 701 477 700 37 362 819 608 89,60

Belanja Aset Tetap Lainnya 6 562 625 000 6 203 993 319 94,54

Belanja Aset Lainnya 174 718 500 174 718 500 100,00

BELANJA TIDAK TERDUGA 500 000 000 0 0,00

Belanja Tidak Terduga 500 000 000 0 0,00

TRANSFER 23 274 500 000 23 249 373 120 99,89

Transfer Bagi Hasil Ke Desa 23 274 500 000 23 249 373 120 99,89

PEMBIAYAAN 23 088 609 819 23 381 677 969 101,27

PENERIMAAN DAERAH 30 369 756 819 30 368 692 819 100,00

Penggunaan Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (SILPA)

30 369 756 819 30 368 692 819 100,00

PENGELUARAN DAERAH 7 281 147 000 6 987 014 850 95,96

Penyertaan Modal(Investasi) Pemerintah Daerah

3 000 000 000 3 000 000 000 100,00

Pembayaran Pokok Utang 4 281 147 000 3 987 014 850 93,13

Penyisihan Piutang TP/ GR tidak tertagih 0 0 0,00

Sumber : Dinas Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Purwakarta

Page 287: Purwakarta Dalam Angka 2012

Keuangan & Harga

Purwakarta Dalam Angka 2012 255

Tabel 9.1.3 Perkembangan Kontribusi Pendapatan Asli Daerah (PAD)

Terhadap Pendapatan Daerah Di Kabupaten Purwakarta

Tahun 2008 – 2011

No Tahun

Realisasi Penerimaan PAD Terhadap

Pendapatan PAD Pendapatan Daerah

Daerah (Rp) (Rp) ( % )

[1] [2] [3] [4] [5]

1 2008 633 409 986 116 59 429 026 565 9,38

2 2009 782 004 522 344 64 023 320 913 8,19

3 2010 848 949 139 000 76 489 287 145 9.01

4 2011 955 277 601 957 111 273 063 172 11,18

Sumber : Dinas Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Purwakarta

Page 288: Purwakarta Dalam Angka 2012

Keuangan & Harga

256 Purwakarta Dalam Angka 2012

Tabel 9.1.4 Perbandingan Realisasi Pandapatan Asli Daerah Kabupaten Purwakarta

Antara Tahun Anggaran 2010 dan Tahun Anggaran 2011

No Uraian Tahun 2010

Anggaran Realisasi %

[1] [2] [3] [4] [5]

I Pendapatan Asli Daerah 70 095 482 738 76 489 287 145 109,12

A Pajak Daerah 23 376 132 600 26 110 351 193 111,70

1 Pajak Hotel 1 968 054 000 2 548 029 504 129,47 2 Pajak Restoran 2 837 720 000 3 467 813 617 122,20 3 Pajak Hiburan 226 546 000 252 531 873 111,47 4 Pajak Reklame 865 300 600 915 080 355 105,75 5 Pajak Penerangan Jalan 16 204 118 000 17 412 777 613 107,46 6 Pajak Pengambilan Bahan Gal.Gal.C 1 035 616 000 1 246 514 731 120,36 7 Pajak Parkir 238 778 000 267 603 500 112,07

B Retribusi Daerah 29 686 640 138 32 487 617 867 109,44

1 Retribusi Pelayanan Kesehatan 19 251 791 858 18 210 575 801 94,59 2 Ret. Pel. Persampahan\Kebersihan 459 650 000 275 510 000 59,94 3 Ret. Penggantian Biaya Cetak KTP dan Akte Casip 148 000 000 129 565 000 87,54 4 Ret. Parkir di Tepi jalan Umum 205 000 000 212 074 000 103,45 5 Ret. Pelayanan Pasar 1 020 550 000 822 408 100 80,58 6 Ret. Pengujian Kend,Bermotor 414 813 000 436 352 080 105,19 7 Ret. Pemeriksaan Alat Pemadam Kebakaran 10 000 000 10 991 000 109,91 8 Ret. Penggantian Biaya Cetak Peta 0 0 0 9 Ret.. JS. Usaha Pem.Kekayaan Daerah 322 778 160 168 937 400 52,34

10 Ret. Jasa Usaha Terminal 89 854 000 104 191 000 115,96 11 Ret. JS.Usaha.Term.Khusus Parkir 0 0 0 12 Ret. Jasa Usaha Penyedotan Kakus 70 000 000 71 070 000 101,53 13 Ret. JS.Usaha Rumah Potong Hewan 126 995 000 128 245 000 100,98 14 Ret. JU Penjualan Prod.Usaha Daerah 100 000 000 126 684 200 126,68 15 Ret. Ijin Mendirikan Bangunan 5 190 000 000 8 990 045 980 173,22 16 Ret. Ijin Gangguan 1 043 387 120 1 534 296 906 147,05 17 Ret. Ijin Trayek 91 233 000 95 668 700 104,86

Sumber : Dinas Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Purwakarta

Page 289: Purwakarta Dalam Angka 2012

Keuangan & Harga

Purwakarta Dalam Angka 2012 257

Tabel 9.1.4 (Lanjutan…)

No Uraian Tahun 2009

Anggaran Realisasi %

[1] [2] [3] [4] [5]

18 Ret. Ijin Usaha Perikanan 15 000 000 64 204 350 428,03

19 Ret. Ijin Usaha Perindustrian Perdagangan 30 000 000 21 300 000 71,00

20 Ret. Ijin Usaha Angkutan 54 085 000 50 782 000 93,89

21 Ret. Ijin Usaha Pertambangan dan Energi 0 0 0

22 Ret. Perijinan Sarana Kesehatan 62 500 000 95 089 000 152,14

23 Ret. Ijin Usaha Kepariwisataan 14 500 000 48 523 900 334 65

24 Ret. Ijin Usaha Perdagangan 122 250 000 115 806 250 94 73

25 Ret. Ijin Ketenagakerjaan 59 375 000 75 991 200 127 99

26 Ret. Ijin Kontruksi 25 000 000 21 250 000 85 00

C Hasil Perusahaan Milik Daerah 3 750 000 000 3 834 348 512 102,25

Dan Hasil Pengelolaan Kekayaan

Daerah Yang Dipisahkan 1 Bag. Laba Perusahaan Milik Daerah 3 662 918 000 3 613 933 094 98,66 2 Bag. Laba Lembaga Keuangan Bank 87 082 000 220 415 418 253,11

D Lain-lain Pend. Asli Daerah Yang Sah 13 282 710 000 14 056 969 573 105 83 1 Hasil Penj.Aset Derah yg Tidak Dipisahkan 10 115 009 617 9 595 521 256 94 86 2 Penerimaan Jasa Giro 2 201 200 000 2 759 493 748 125 36 3 Denda Keterlambatan Pel.Pekerjaan 20 000 000 74 476 920 372 38 4 Pendapatan Denda Pajak 17 000 000 15 850 817 93 24 5 Pendapatan Dari Pengembalian 429 500 383 996 931 124 232 11

Jumlah Pendapatan Asli Daerah 70 095 482 738 76 489 287 145 109,12

Sumber : Dinas Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Purwakarta

Page 290: Purwakarta Dalam Angka 2012

Keuangan & Harga

258 Purwakarta Dalam Angka 2012

Tabel 9.1.4 (Lanjutan…)

No Uraian Tahun 2011

Anggaran Realisasi %

[1] [2] [6] [7] [8]

I Pendapatan Asli Daerah 106 885 416 000 111 273 063 172 104,11

A Pajak Daerah 49 278 742 000 54 538 823 172 110,67

1 Pajak Hotel 2 651 655 000 3 083 062 519 116,27 2 Pajak Restoran 4 200 000 000 4 449 325 521 105,94 3 Pajak Hiburan 265 546 000 295 034 157 111,10 4 Pajak Reklame 1 575 836 000 1 865 361 002 118,37 5 Pajak Penerangan Jalan 19 037 167 000 19 477 127 324 102,31 6 Pajak Pengambilan Bahan Galian C 1 582 638 000 1 697 345 794 107,25 7 Pajak Parkir 370 000 000 371 028 200 100,28

B Retribusi Daerah 14 562 269 000 16 182 883 240 111,13

1 Retribusi Pelayanan Kesehatan 635 510 000 996 695 975 156,83 2 Ret. Pel. Persampahan\Kebersihan 194 490 000 93 308 000 47,98 3 Ret. Penggantian Biaya Cetak KTP dan Akte Casip 118 000 000 152 051 000 128,86 4 Ret. Parkir di Tepi jalan Umum 210 000 000 211 500 000 100,71 5 Ret. Pelayanan Pasar 1 091 100 000 1 015 681 500 93,09 6 Ret. Pengujian Kend,Bermotor 409 815 000 437 416 790 106,74 7 Ret. Pemeriksaan Alat Pemadam Kebakaran 10 0000 000 11 222 000 11,22 8 Ret. Penggantian Biaya Cetak Peta 9 Ret.. JS. Usaha Pem.Kekayaan Daerah 285 103 000 164 100 050 57,56

10 Ret. Jasa Usaha Terminal 120 069 000 117 258 000 97,66 11 Ret. JS.Usaha.Term.Khusus Parkir 0 12 Ret. Jasa Usaha Penyedotan Kakus 13 Ret. JS.Usaha Rumah Potong Hewan 128 115 000 132 028 000 103,05 14 Ret. JU Penjualan Prod.Usaha Daerah 152 000 000 111 341 500 73,25 15 Ret. Ijin Mendirikan Bangunan 9 978 227 000 11 163 336 850 111,88 16 Ret. Ijin Gangguan 936 677 000 1 217 514 175 129,98 17 Ret. Ijin Trayek 81 663 000 198 970 000 132,65

18 Ret. Ijin Usaha Perikanan 150 000 000 198 970 000 132,65

Sumber : Dinas Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Purwakarta

Page 291: Purwakarta Dalam Angka 2012

Keuangan & Harga

Purwakarta Dalam Angka 2012 259

Tabel 9.1.4 (Lanjutan…)

No Uraian Tahun 2011

Anggaran Realisasi %

[1] [2] [6] [7] [8]

C Dan Hasil Pengelolaan Kekayaan 3 356 423 243 3 275 014 465 97,57

Daerah Yang Dipisahkan 1 Bag. Laba Perusahaan Milik Daerah 3 056 423 243 3 108 347 799 101,70 2 Bag. Laba Lembaga Keuangan Bank 300 000 000 166 666 666 55,56

D Lain – lain Pendapatan Daerah Yang sah 39 687 981 757 37 276 342 295 93,92 1 Hasil Penj.Aset Daerah yg Tidak

Dipisahkan 1 183 750 000 147 227 500 12,44

2 Penerimaan Jasa Giro 2 411 259 479 30 000 000 100,00 3 Denda Keterlambatan Pel.Pekerjaan 50 000 000 415 944 874 831,89 4 Pendapatan Denda Pajak 20 000 000 25 312 751 126,56 5 Pendapatan dari Pengembalian 3 029 464 278 2 981 952 101 98,43

Sumber : Dinas Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Purwakarta

Page 292: Purwakarta Dalam Angka 2012

Keuangan & Harga

260 Purwakarta Dalam Angka 2012

Tabel 9.1.4 (Lanjutan…)

No Uraian Peningkatan Realisasi 2010-2011

Rp. %

[1] [2] [9] [10]

I Pendapatan Asli Daerah 34 783 776 027 0,45

A Pajak Daerah 28 428 471 979 1,09 1 Pajak Hotel 535 033 015 0,21 2 Pajak Restoran 981 511 904 0,28 3 Pajak Hiburan 42 502 284 0,17 4 Pajak Reklame 950 280 647 1,04 5 Pajak Penerangan Jalan 2 064 349 711 0,12 6 Pajak Pengambilan Bahan Gal.Gal.C 450 831 063 0,36 7 Pajak Parkir 103 424 700 0,39

B Retribusi Daerah -16 304 734 627 -0,50 1 Retribusi Pelayanan Kesehatan -17 213 879 826 -0,95 2 Ret. Pel. Persampahan\Kebersihan -182 202 000 --0,66

3 Ret. Penggantian Biaya Cetak KTP dan Akte Casip 22 486 000 0,17

4 Ret. Parkir di Tepi jalan Umum -574 000 0.00 5 Ret. Pelayanan Pasar 193 273 400 0,24 6 Ret. Pengujian Kend,Bermotor 1 064 710 0.00 7 Ret. Pemeriksaan Alat Pemadam Kebakaran 231 000 0,02 8 Ret. Penggantian Biaya Cetak Peta 65 165 000 9 Ret.. JS. Usaha Pem.Kekayaan Daerah -4 837 350 -0,03

10 Ret. Jasa Usaha Terminal 13 067 000 0,13 11 Ret. JS.Usaha.Term.Khusus Parkir 0 12 Ret. Jasa Usaha Penyedotan Kakus -71 070 000 -1,00 13 Ret. JS.Usaha Rumah Potong Hewan 3 783 000 0,03 14 Ret. JU Penjualan Prod.Usaha Daerah -15 342 700 -0,02 15 Ret. Ijin Mendirikan Bangunan 2 173 290 870 0,24 16 Ret. Ijin Gangguan -316 782 731 -0,21 17 Ret. Ijin Trayek -374 300 0,00 18 Ret. Ijin Usaha Perikanan 134 765 650 2,10 19 Ret. Ijin Usaha Perindustrian Perdagangan -21 300 000 -1,00 20 Ret. Ijin Usaha Angkutan -50 782 000 -1,00 21 Ret. Ijin Usaha Pertambangan dan Energi 22 Ret. Perijinan Sarana Kesehatan -95 089 000 -1,00 23 Ret. Ijin Usaha Kepariwisataan -48 523 250 -1,00 24 Ret. Ijin Usaha Perdagangan -115 806 250 -1,00 25 Ret. Ijin Ketenagakerjaan -75 991 200 -1,00 26 Ret. Ijin Kontruksi -21 250 000 -1,00

Sumber : Dinas Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Purwakarta

Page 293: Purwakarta Dalam Angka 2012

Keuangan & Harga

Purwakarta Dalam Angka 2012 261

Tabel 9.1.4 (Lanjutan…)

No Uraian Peningkatan Realisasi 2010-2011

Rp. %

[1] [2] [9] [10]

C Dan Hasil Pengelolaan Kekayaan -559 334 047 047 -0,15 Daerah Yang Dipisahkan

1 Bag. Laba Perusahaan Milik Daerah -505 585 295 -0,14 2 Bag. Laba Lembaga Keuangan Bank -130 377 855 -0.44

D Lain – lain Pendapatan Daerah Yang sah -14 056 969 573 -1,00 1 Hasil Penj.Aset Daerah yg Tidak Dipisahkan 27 680 821 039 2,88 2 Penerimaan Jasa Giro -2 729 493 748 -0,99 3 Denda Keterlambatan Pel.Pekerjaan 341 467 954 4,58 4 Pendapatan Denda Pajak 9 461 934 0,60 5 Pendapatan dari Pengembalian 1 985 020 977 1,99

Sumber : Dinas Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Purwakarta

Page 294: Purwakarta Dalam Angka 2012

Keuangan & Harga

262 Purwakarta Dalam Angka 2012

Tabel 9.2.1 Posisi Dana Simpanan Rupiah dan Valuta Asing

pada Bank Umum di Kabupaten Purwakarta

Tahun 2011 (Juta Rupiah)

Bulan

Giro Simpanan Berjangka

Rupiah Valas Rupiah Valas

[1] [2] [3] [4] [5]

1 Januari 583 954

1 048 031

2 Februari 542 628 1 028 215

3 M a r e t 565 344 1 025 843

4 A p r i l 427 012 1 022 574

5 M e i 523 653 983 469

6 J u n i 571 876 979 090

7 J u l i 500 971 955 987

8 Agustus 459 642 1 027 792

9 September 535 383 1 133 252

10 Oktober 613 597 1 187 231

11 Nopember 488 560 894 864

12 Desember 401 165 961 669

Sumber : Bank Indonesia Bandung

Page 295: Purwakarta Dalam Angka 2012

Keuangan & Harga

Purwakarta Dalam Angka 2012 263

Tabel 9.2.1 Lanjutan …

Bulan

Tabungan Jumlah

Rupiah Valas Rupiah Valas

[1] [6] [7] [8] [9]

1 Januari 1 161 381 2 793 367

2 Februari 1 145 334 2 716 178

3 M a r e t 1 189 345 2 781 532

4 A p r i l 1 228 504 2 678 090

5 M e i 1 241 170 2 748 292

6 J u n i 1 256 405 2 807 371

7 J u l i 1 270 631 2 727 590

8 Agustus 1 323 423 2 810 856

9 September 1 375 790 3 044 425

10 Oktober 1 366 951 3 167 779

11 Nopember 1 156 371 2 539 795

12 Desember 1 296 200 2 659 034

Sumber : Bank Indonesia Bandung

Page 296: Purwakarta Dalam Angka 2012

Keuangan & Harga

264 Purwakarta Dalam Angka 2012

Tabel 9.2.2 Posisi Kredit Perbankan Rupiah , Valuta Asing dan Kredit Usaha Kecil

pada Bank Umum di Kabupaten Purwakarta

Tahun 2011 (Juta Rupiah)

B u l a n

Kredit Perbankan Kredit Usaha Kecil

Rupiah Valas Rupiah Valas

[1] [2] [3] [4] [5]

1 Januari 2 978 393 1 068 634 820 766

2 Februari 3 317 919 1 024 551 1 146 422

3 M a r e t 3 469 177 1 128 239 1 098 784

4 A p r i l 3 561 075 1 008 678 1 309 012

5 M e i 3 693 556 913 195 1 327 298

6 J u n i 3 740 138 1 064 910 1 372 000

7 J u l i 3 980 217 1 074 253 1 390 597

8 Agustus 3 994 796 1 102 728 1 435 724

9 September 3 947 313 1 027 894 1 176 135

10 Oktober 4 018 694 970 200 1 179 386

11 Nopember 3 857 933 1 054 375 1 071 337

12 Desember 4 117 049 1 083 287 1 108 419

Sumber : Bank Indonesia Bandung

Page 297: Purwakarta Dalam Angka 2012

Keuangan & Harga

Purwakarta Dalam Angka 2012 265

Tabel 9.2.3 Perkembangan Koperasi/KUD Per 31 Desember 2011 di Kabupaten Purwakarta

Uraian Satuan Tahun 2009 Tahun 2010 Tahun 2011

[1] [2] [3] [4] [5]

1 Jumlah Koperasi/KUD Unit 746 765 742

2 Jumlah Anggota Orang 77 659 34 308 24 387

3 Jumlah Modal Sendiri (Rp 000) 63 901 374 754 72 809 648 269 72 428 863 007

4 Jumlah Modal Luar (Rp 000) 84 686 683 341 92 255 270 678 106 203 943 764

5 Jumlah Omset (Rp 000) 170 156 630 031 144 556 653 925 178 731 481 216

6 Jumlah SHU (Rp 000) 7 199 207 006 9 089 407 056 10 361 584 239

7 Jumlah Asset (Rp 000) 148 588 058 095 165 064 918 947 173 282

8 Jumlah RAT Unit 267 125 130

9 Jumlah Audit Unit 13 13 13

10 Jumlah Pengurus Orang 2 980 750 434

11 Jumlah Manajer Orang 5 5 12

Sumber : Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Purwakarta

Page 298: Purwakarta Dalam Angka 2012

Keuangan & Harga

266 Purwakarta Dalam Angka 2012

Tabel 9.2.4 Data UKM yang Dibina Badan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah

Kabupaten Purwakarta menurut Sektor Tahun 2008 - 2011

No Sektor

Jumlah UKM (Unit) Omset

(Rp 000) Asset

(Rp 000) Jumlah

Tenaga Kerja UKM YG

DIBINA

[1] [2] [3] [4] [5] [6] [7]

1 Industri

2008 3 328 227 15 150 000 2 404 500 601

2009 3 378 300 16 590 000 3 400 000 690

2010 3 755 355 17 250 000 3 925 000 710

2011 3 915 515 17 410 000 4 005 000 1 030

2 Perdagangan

2008 6 618 231 17 550 000 2 404 500 510

2009 6 750 280 19 410 000 3 320 000 625

2010 7 080 305 21 305 000 5 020 000 705

2011 7 170 395 21 395 000 5 065 000 885

3 Jasa

2008 4 446 44 15 691 800 2 404 500 561

2009 4 490 77 16 230 000 3 214 850 657

2010 5 170 97 18 241 00 4 334 000 690 2011 5 220 147 18 341 000 4 359 000 790

Sumber : Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Purwakarta

Page 299: Purwakarta Dalam Angka 2012

Keuangan & Harga

Purwakarta Dalam Angka 2012 267

Tabel 9.2.5 Jumlah Kredit, Pelunasan ,Lelang dan Sisa Piutang yang Belum Dilunasi pada Perum Pagadaian

Tahun 2011

Bulan

K r e d i t P e l u n a s a n

Jaminan Nilai

Jaminan Nilai

(000 Rp) (000 Rp)

[1] [2] [3] [4] [5]

1 Januari 2 900 4 866 647 000 2 845 4 614 747 000

2 Pebruari 2 803 4 752 549 000 2 629 4 325 154 000

3 Maret 3 091 5 393 338 000 3 127 5 732 510 000

4 April 2 789 4 882 334 000 2 941 4 833 945 000

5 M e i 2 814 5 078 965 000 2 820 5 164 773 000

6 Juni 2 902 5 568 081 000 2 777 5 011 985 000

7 Juli 3 043 5 804 079 000 3 069 5 350 776 000

8 Agustus 2 458 4 933 779 000 3 214 5 837 488 000

9 September 2 982 6 312 327 000 2 720 5 395 700 000

10 Oktober 2 914 5 995 252 000 2 845 5 549 326 000

11 Nopember 2 793 5 806 743 000 2 678 5 547 789 000

12 Desember 2 883 6 406 586 000 2 948 5 898 769 000

J u m l a h 34 372 65 800 680 000 34 613 63 262 962 000

Tahun 2010 37 729 58 233 378 000 38 209 56 063 092 000

Tahun 2009 1 248 1 644 236 000 1 294 1 492 030 000

Sumber : Perum Pegadaian Kabupaten Purwakarta

Page 300: Purwakarta Dalam Angka 2012

Keuangan & Harga

268 Purwakarta Dalam Angka 2012

Tabel 9.2.5 (Lanjutan…)

Bulan

L e l a n g Sisa Piutang yang Belum Dilunasi

Jaminan Nilai

Jaminan Nilai

(000 Rp) (000 Rp)

[1] [6] [7] [8] [9]

1 Januari 38 33 709 000 9 074 15 371 585 000

2 Pebruari 54 59 394 000 9 194 15 793 586 000

3 Maret 43 40 838 000 9 115 15 359 576 000

4 April 45 58 429 000 8 918 15 349 536 000

5 M e i 48 45 983 000 8 864 15 217 745 000

6 Juni 51 37 822 000 8 938 15 736 019 000

7 Juli 44 44 248 000 8 868 16 145 074 000

8 Agustus 55 47 703 000 8 057 15 193 662 000

9 September 43 46 082 000 8 276 16 064 207 000

10 Oktober 41 35 840 000 8 304 16 474 293 000

11 Nopember 27 28 745 000 8 329 16 704 502 000

12 Desember 29 25 209 000 8 298 17 187 110 000

J u m l a h 518 504 002 000 104 235 109 596 895 000

Tahun 2010 687 691 409 000

Tahun 2009 675 480 517 000

Sumber : Perum Pegadaian Kabupaten Purwakarta

Page 301: Purwakarta Dalam Angka 2012

Keuangan & Harga

Purwakarta Dalam Angka 2012 269

Tabel 9.3.1 Indeks Harga Konsumen (2007 = 100) dan Tingkat Inflasi Umum di Jawa Barat Tahun 2011

Bulan Indeks Harga

Konsumen Tingkat Inflasi

Bulanan

% Perubahan IHK terhadap Bulan Desember 2010

[1] [2] [3] [4]

1. Januari** 124,26 0,62 0,62

2. Pebruari** 124,26 0,16 0,78

3. Maret** 124,17 (0,23) 0,54

4. April** 123,50 (0,54) 0,00

5. M e i** 123,65 0,12 0,12

6. Juni** 124,21 0,45 0,57

7. Juli** 125,01 0,64 1,22

8. Agustus** 125,68 0,54 1,77

9. September** 125,74 0,05 1,81

10. Oktober** 125,91 0,14 1,95

11. Nopember** 126,55 0,51 2,47

12. Desember** 127,33 0,62 3,10

Sumber : Berita Resmi Statistik BPS Propinsi Jawa Barat

Catatan : *Gabungan dari 3 Kota ** Gabungan dari 7 Kota

Page 302: Purwakarta Dalam Angka 2012

Keuangan & Harga

270 Purwakarta Dalam Angka 2012

Tabel 9.3.2 Rata-rata Harga Sembilan Bahan Pokok di Pasar Kota Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 (Rupiah)

Bulan

Minyak Goreng (Kg)

Gula Pasir Garam

IR 64 (Kg) DN/BMS Bataan/Dangdut

(Kg) (400 Gram)

[1] [2] [3] [4] [5]

1. Januari 7 812,50 13 200 10 687,50 600

2. Pebruari 7 812,50 13 200 10 437,50 600

3. Maret 7 500,00 13 125 10 375,00 600

4. April 6 718,75 15 745 10 125,00 600

5. M e i 7 187,50 11 930 10 000,00 600

6. Juni 7 343,75 12 675 10 000,00 600

7. Juli 8 843,75 15 825 10 000,00 600

8. Agustus 9 187,75 15 400 10 000,00 600

9. September 9 218,75 15 400 10 000,00 600

10. Oktober 9 162,50 15 280 9 800,00 600

11. Nopember 9 312,50 15 275 9 812,50 600

12. Desember 9 312,50 15 400 9 375,00 600

Rata-rata 8 284,40 14 371 10 051,00 600

Tahun 2010 6 475,00 13 112 8 402,00 411

Tahun 2009 5 091,00 13 129 8 112,00 400

Sumber : BPS Kabupaten Purwakarta

Page 303: Purwakarta Dalam Angka 2012

Keuangan & Harga

Purwakarta Dalam Angka 2012 271

Tabel 9.3.2 (Lanjutan ……..)

Bulan Minyak Tanah

Eceran (Liter)

Sabun Cuci Ekonomi (Kemas)

Tekstil Tetoron

Famatek (Helai) Polos

(Meter)

[1] [7] [8] [9] [10]

1. Januari 7 500 2 700 10 500 27 250

2. Pebruari 7 500 2 700 10 500 27 250

3. Maret 7 500 2 700 10 500 27 250

4. April 7 500 2 700 10 500 27 250

5. M e i 7 500 2 700 10 500 27 250

6. Juni 8 750 2 700 10 500 27 250

7. Juli 10 000 2 700 11 812 28 937

8. Agustus 10 000 2 700 12 250 29 500

29. September 10 000 2 700 12 250 29 500

10. Oktober 10 000 2 700 12 250 29 500

11. Nopember 10 000 2 700 12 250 29 500

12. Desember 10 000 2 700 12 250 29 500

Rata-rata 8 854 2 700 11 338 28 328

Tahun 2010 7 500 2 425 9 867 25 192

Tahun 2009 6 389 2 414 8 208 22 054

Sumber : BPS Kabupaten Purwakarta

Page 304: Purwakarta Dalam Angka 2012

Keuangan & Harga

272 Purwakarta Dalam Angka 2012

Tabel 9.3.3 Harga Rata-rata Sayur Mayur di Pasar Kota

Kabupaten Purwakarta Tahun 2011 (Rupiah)

Bulan Kangkung (Kg)

Bayam (Kg)

Sawi Hijau (Kg)

Kol Putih Tauge (Kg) (Kg)

[1] [2] [3] [4] [5] [7]

1. Januari 4 250 5 500 4 750 5 000 5 000

2. Pebruari 4 250 5 500 4 750 5 000 5 000

3. Maret 4 250 6 000 4 750 4 000 5 000

4. April 4 250 6 000 4 000 2 000 5 000

5. M e i 4 250 6 000 4 000 3 000 5 000

6. Juni 4 250 6 000 4 000 6 000 5 000

7. Juli 4 250 6 000 4 000 5 000 5 000

8. Agustus 4 250 6 000 4 000 5 000 5 000

9. September 4 250 6 000 4 000 5 000 5 000

10. Oktober 4 250 6 000 4 000 4 000 5 000

11. Nopember 6 000 6 000 4 000 4 000 5 000

12. Desember 6 000 8 000 4 000 5 000 5 000

Rata-rata 4 541 6 083 4 187 4 416 5 000

Tahun 2010 3 917 4 792 4 188 4 917 4 333

Tahun 2009 3 917 4 028 3 313 3 021 4 000

Sumber : BPS Kabupaten Purwakarta

Page 305: Purwakarta Dalam Angka 2012

Keuangan & Harga

Purwakarta Dalam Angka 2012 273

Tabel 9.3.3 ( Lanjutan)

Bulan Buncis

(Kg)

Ketimun

(Kg)

Tomat

Sayur

Kentang

Besar Wortel

(Kg) (Kg) (Kg)

[1] [8] [9] [10] [11] [12]

1. Januari 6 000 4 000 6 000 8 000 5 000

2. Pebruari 7 000 4 000 5 000 8 000 5 000

3. Maret 7 000 4 000 4 000 8 000 4 000

4. April 6 000 3 750 6 000 8 000 5 000

5. M e i 6 000 3 750 7 000 7 000 4 000

6. Juni 6 000 4 000 8 000 8 500 6 000

7. Juli 8 000 4 000 7 000 9 000 6 000

8. Agustus 8 000 4 000 4 000 8 500 5 000

9. September 16 000 4 000 5 000 9 000 7 000

10. Oktober 10 000 5 000 4 000 7 750 5 000

11. Nopember 14 000 5 000 6 000 7 000 6 000

12. Desember 5 000 5 000 12 000 7 000 8 000

Rata-rata 8 250 4 208,33 6 166 7 979 5 500

Tahun 2010 6 771 3 479 6 771 7 604 5 604

Tahun 2009 6 333 3 665 4 625 6 167 4 500

Sumber : BPS Kabupaten Purwakarta

Page 306: Purwakarta Dalam Angka 2012

Keuangan & Harga

274 Purwakarta Dalam Angka 2012

Tabel 9.3.3 ( Lanjutan …….)

Bulan Labu Siam

(Kg)

Cabe Merah Besar (Kg)

Cabe Rawit (Kg)

Bawang Merah

(Kg)

Daun Bawang

(Kg)

Kacang Panjang

(Kg)

[1] [13] [14] [15] [16] [17] [18]

1. Januari 4 750 36 000 51 250 20 750 5 000 4 250

2. Pebruari 4 750 24 750 41 250 22 000 5 000 4 250

3. Maret 4 750 16 937 25 250 21 250 5 000 4 250

4. April 4 000 15 750 17 750 13 500 5 000 4 250

5. M e i 4 000 12 600 13 000 13 400 5 000 4 250

6. Juni 4 000 10 500 10 000 19 500 5 000 3 300

7. Juli 4 000 10 000 9 500 16 250 5 000 3 300

8. Agustus 4 000 12 400 8 800 11 400 5 000 3 300

9. September 4 000 11 000 10 000 12 500 5 000 3 300

10. Oktober 4 000 17 600 18 800 12 000 5 000 3 300

11. Nopember 4 000 33 250 20 250 14 000 6 000 6 000

12. Desember 4 000 33 333 15 666 9 333 6 000 6 000

Rata-rata 4 187 19 510 20 126 15 490 5 166 4 145

Tahun 2010 3 750 19 183 32 054 13 300 5 104 4 875

Tahun 2009 2 750 14 133 12 267 10 804 5 021 5 521

Sumber : BPS Kabupaten Purwakarta

Page 307: Purwakarta Dalam Angka 2012

Keuangan & Harga

Purwakarta Dalam Angka 2012 275

Tabel 9.3.4 Rata-rata Harga Konsumen Umbi-Umbian dan Buah-buahan di Pasar Kota di Kabupaten Purwakarta

Tahun 2011 (Rupiah)

Bulan

Ketela Pohon

(Kg)

Pepaya

Sedang

Pisang

Ambon

(Kg) (Kg)

[1] [2] [3] [4]

1. Januari 2 000 5 000 10 000

2. Pebruari 2 000 5 000 10 000

3. Maret 2 000 5 000 10 000

4. April 2 000 5 000 10 000

5. M e i 2 000 5 000 10 000

6. Juni 2 000 5 000 10 000

7. Juli 2 000 5 000 10 000

8. Agustus 2 000 5 000 10 000

9. September 2 000 5 000 10 000

10. Oktober 2 000 5 000 10 000

11. Nopember 2 000 5 000 10 000

12. Desember 2 000 5 000 10 000

Rata-rata 2 000 5 000 10 000

Tahun 2010 1 833 5 000 10 000

Tahun 2009 1 688 3 708 5 417

Sumber : BPS Kabupaten Purwakarta

Page 308: Purwakarta Dalam Angka 2012

Keuangan & Harga

276 Purwakarta Dalam Angka 2012

Tabel 9.3.4 (Lanjutan)

Bulan Jeruk Siam

(Kg)

Kelapa Dikupas Sedang Apel Manalagi

(Kg) (Butir)

[1] [6] [7] [8]

1. Januari 14 500 2 500 17 500

2. Pebruari 14 500 2 500 17 500

3. Maret 14 500 2 500 17 500

4. April 14 500

2 500 17 500

5. Mei 14 500

2 500 17 500

6. Juni 12 000

2 500 24 500

7. Juli 8 000

2 500 24 500

8. Agustus 8 000

3 000 24 500

9. September 9 000

3 000 24 500

10. Oktober 8 000

2 500 24 500

11. Nopember 8 000

2 500 24 500

12. Desember 8 000

2 500 24 500

Rata-rata 11 125 2 583 21 583

Tahun 2010 11 500 2 786 16 833

Tahun 2009 11 458 3 917 16 500

Sumber : BPS Kabupaten Purwakarta

Page 309: Purwakarta Dalam Angka 2012

Keuangan & Harga

Purwakarta Dalam Angka 2012 277

Tabel 9.3.5 Rata-rata Harga Produksi Padi-padian yang Diterima Petani di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011

(Rupiah Per 100 Kg)

Bulan

Ciherang IR 64

[1] [2] [3]

1. Januari 400 000 408 750

2. Pebruari 360 000 367 500

3. Maret 315 000 323 750

4. April 303 333 310 000

5. M e i 317 142 318 571

6. Juni 328 571 335 714

7. Juli 357 142 358 571

8. Agustus 385 714 382 142

9. September 382 857 379 285

10. Oktober 404 285 397 142

11. Nopember 418 571 407 142

12. Desember 442 857 425 714

Rata-rata 367 956 367 857

Tahun 2010 325 139 331 191

Tahun 2009 282 250 285 139

Sumber : BPS Kabupaten Purwakarta

Page 310: Purwakarta Dalam Angka 2012

Keuangan & Harga

278 Purwakarta Dalam Angka 2012

Tabel 9.3.6 Rata-rata Harga Produksi Palawija yang Diterima Petani di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011

(Rupiah Per 100 kg)

Bulan

Ketela Pohon Ketela Rambat

[1] [2] [3]

1. Januari 83 889 175 000

2. Pebruari 89 444 166 667

3. Maret 85 000 175 000

4. April 85 000 158 333

5. M e i 86 111 158 333

6. Juni 86 111 191 667

7. Juli 88 333 191 667

8. Agustus 88 333 191 667

9. September 88 333 175 000

10. Oktober 91 667 175 000

11. Nopember 97 778 157 000

12. Desember 98 889 183 333

Rata-rata 89 074 176 389

Tahun 2010 77 911 155 035

Tahun 2009 68 306 264 583

Sumber : BPS Kabupaten Purwakarta

Page 311: Purwakarta Dalam Angka 2012

Keuangan & Harga

Purwakarta Dalam Angka 2012 279

Tabel 9.3.7 Rata-rata Harga Sayur-sayuran yang Diterima Petani di Kabupaten Purwakarta Tahun 2011

(Rupiah Per 100 Kg)

Bulan

Ketimun

Kacang

Panjang

Tomat Sayur

[1] [2] [3] [4]

1. Januari 208 571 327 500 350 000

2. Pebruari 214 286 326 250 275 000

3. Maret 182 857 282 500 200 000

4. April 189 286 297 500 300 000

5. M e i 196 429 302 500 325 000

6. Juni 181 429 262 500 450 000

7. Juli 252 143 338 750 400 000

8. Agustus 210 000 358 750 300 000

9. September 240 000 334 375 125 000

10. Oktober 256 429 380 625 225 000

11. Nopember 192 143 431 250 300 000

12. Desember 144 286 322 500 750 000

Rata-rata 205 655 330 417 333 333

Tahun 2010 193 750 337 167 404 167

Tahun 2009 183 298 300 990 145 833

Sumber : BPS Kabupaten Purwakarta

Page 312: Purwakarta Dalam Angka 2012

Keuangan & Harga

280 Purwakarta Dalam Angka 2012

Tabel 9.3.7 ( Lanjutan)

Bulan Buncis Kol Putih

[1] [5] [6]

1. Januari 366 667

2. Pebruari 350 000

3. Maret 283 333

4. April 300 000

5. M e i 250 000

6. Juni 250 000

7. Juli 325 000

8. Agustus 375 000

9. September 350 000

10. Oktober 416 667

11. Nopember 700 000

12. Desember 333 333

Rata-rata 358 333

Tahun 2009 388 958 -

Tahun 2009 154 167 -

Sumber : BPS Kabupaten Purwakarta

Page 313: Purwakarta Dalam Angka 2012

BAB X

PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO

Page 314: Purwakarta Dalam Angka 2012
Page 315: Purwakarta Dalam Angka 2012

Produk Domestik Regional Bruto

Purwakarta Dalam Angka 2012 283

10. PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO

Salah satu alat yang digunakan untuk menilai kinerja perekonomian suatu

wilayah pada waktu tertentu adalah Produk Domestik Regional Bruto (PDRB). Angka

PDRB dapat memberikan gambaran kondisi perekonomian suatu wilayah, bagaimana

laju pertumbuhan ekonomi serta struktur ekonomi di wilayah tersebut. PDRB disajikan

atas dasar harga berlaku dan atas dasar harga konstan tahun 2000. PDRB atas dasar

harga berlaku menunjukkan nilai nominal PDRB yang dicapai pada tahun berjalan,

sedangkan PDRB atas dasar harga konstan tahun 2000 adalah PDRB yang dinilai atas

dasar harga pada tahun 2000. PDRB atas dasar harga konstan menunjukkan PDRB riil

yang dicapai, karena sudah tidak mengandung pengaruh harga atau inflasi.

PDRB atas dasar harga berlaku Kabupaten Purwakarta tahun 2011 mencapai

Rp 17.495,52 milyar. Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya maka mengalami

peningkatan sekitar 9,64 persen. Kontribusi terbesar berasal dari sektor industri

pengolahan yang mencapai 44,50 persen. Besarnya kontribusi industri pengolahan

dalam menyusun PDRB Kabupaten Purwakarta menunjukkan bahwa Kabupaten

Purwakarta merupakan salah satu daerah potensi industri di Jawa Barat. Berdasarkan

kriteria daerah industri menurut UNIDO, maka Kabupaten Purwakarta merupakan

daerah industri penuh dimana kontribusi industri pengolahan mencapai lebih dari 40

persen. Yang perlu mendapat perhatian adalah sebagai daerah basis industri,

bagaimana ketersediaan bahan baku industri dapat terpenuhi dari potensi lokal, jangan

sampai besarnya kontribusi industri pengolahan namun masih berbasis bahan baku

impor, sehingga daerah akan selalu ketergantungan produk impor untuk mendukung

industrinya.

Page 316: Purwakarta Dalam Angka 2012

Produk Domestik Regional Bruto

284 Purwakarta Dalam Angka 2012

Kontribusi kedua diberikan oleh sektor perdagangan, hotel, dan restoran yang

mencapai 26,29 persen dari total PDRB. Adapun sektor pertanian berkontribusi sekitar

10,31 persen. Walaupun Kabupaten Purwakarta sudah mengalami pergeseran struktur

ekonomi dari pertanian ke industri, namun potensi pertanian masih cukup tinggi

dalam mendukung perekonomian wilayah.

Penilaian PDRB atas dasar harga konstan tahun 2000 menunjukkan nilai PDRB

Kabupaten Purwakarta pada tahun 2011 mencapai Rp 7.708,47 milyar. Jika

dibandingkan dengan tahun sebelumnya terjadi pertumbuhan sekitar 6,40 persen.

Hal ini menunjukkan bahwa secara riil kinerja perekonomian Kabupaten Purwakarta

tumbuh sekitar 6,40 persen. Pertumbuhan ekonomi tertinggi ditunjukkan oleh sektor

bangunan dan konstruksi dimana pertumbuhannya mencapai 10,88 persen, mengalami

penurunan kenaikan dibandingkan pertumbuhan tahun sebelumnya yang mencapai

11,44 persen.

Dibandingkan pertumbuhan tahun sebelumnya, tiga sektor mengalami

perlambatan pertumbuhan yaitu: sektor pertambangan dan penggalian; sektor listrik,

gas dan air bersih; serta sektor perdagangan, hotel dan restoran. Sektor pertambangan

dan penggalian tumbuh sekitar 1,96 persen, melambat jika dibandingkan pertumbuhan

sebelumnya yang mencapai 2,74 persen. Sektor pertanian tumbuh sebesar 1,53 persen,

melambat drastis dari pertumbuhan 7,88 persen pada tahun sebelumnya. Demikian

pula dengan sektor jasa-jasa, yang melambat dari 5,77 persen pada tahun sebelumnya

menjadi 5,62 persen pada tahun 2011.

PDRB dibagi dengan jumlah penduduk pertengahan tahun menunjukkan

angka PDRB per kapita, yaitu rata-rata PDRB yang dicapai oleh setiap pendek dalam

satu tahun, sebagai pendekatan dari nilai pendapatan per kapita. PDRB per kepita

merupakan gambaran nilai tambah yang bisa diciptakan oleh masing-masing

Page 317: Purwakarta Dalam Angka 2012

Produk Domestik Regional Bruto

Purwakarta Dalam Angka 2012 285

penduduk akibat adanya aktivitas produksi. Nilai pendapatan per kapita didekati

dengan nilai PDRB per kapita dikarenakan relatif sulitnya memperoleh angka

pendapatan dair masing-masing penduduk. PDRB per kapita atas dasar harga berlaku

tahun 2011 senilai Rp 20.160.119. PDRB per kapita atas dasar harga berlaku ini

mengalami peningkatan sekitar 7,10 persen dibandingkan PDRB per kapita tahun 2010.

Namun jika dinilai atas dasar harga konstan, maka secara riil peningkatan PDRB per

kapita mencapai 3,93 persen, yaitu dari Rp 8.546.388 menjadi Rp 8.882.487 pada tahun

2011.

Page 318: Purwakarta Dalam Angka 2012

Produk Domestik Regional Bruto

286 Purwakarta Dalam Angka 2012

-

2 000

4 000

6 000

8 000

10 000

12 000

14 000

16 000

18 000

2007 2008 2009 2010 2011

Atas Dasar Harga Berlaku Atas Dasar Harga Konstan

Mily

ar R

up

iah

Grafik 19. Produk Domestik Regional Bruto

Kabupaten Purwakarta, Tahun 2007 – 2011

Sumber : BPS Kab. Purwakarta

Page 319: Purwakarta Dalam Angka 2012

Produk Domestik Regional Bruto

Purwakarta Dalam Angka 2012 287

10,31

0,12

44,50

2,79 3,04

26,29

3,70 4,46 4,79

Pertanian Pertambangan & Penggalian

Industri Pengolahan Listrik Gas dan Air Bersih

Bangunan/Konstruksi Perdagangan, Hotel & Restoran

Pengangkutan & Komunikasi Keuangan, Persewaan & Jasa Perusahaan

Jasa-Jasa

Grafik 20. Struktur Ekonomi Kabupaten Purwakarta Tahun 2011

Sumber : BPS Kab. Purwakarta

Page 320: Purwakarta Dalam Angka 2012

Produk Domestik Regional Bruto

288 Purwakarta Dalam Angka 2012

Tabel 10.1 Produk Domestik Regional Bruto Kabupaten Purwakarta Atas Dasar Harga Berlaku Menurut Lapangan Usaha

Tahun 2008 - 2011 (Miliar Rupiah)

Lapangan Usaha 2008 2009 2010 *) 2011 **)

[1] [2] [3] [4] [5]

Pertanian 1 309,42 1 561,80 1 759,14 1 803,09

Pertambangan & Penggalian

16,92 19,22 20,20 21,05

Industri Pengolahan 6 298,00 6 333,27 7 123,47 7 785,35

Listrik Gas dan Air Bersih

301,83 426,19 456,34 488,68

Bangunan

376,40 407,70 466,58 532,41

Perdagangan, Hotel & Restoran

3 202,59 3 530,93 4 064,79 4 598,86

Pengangkutan & Komunikasi

492,15 539,23 595,50 647,46

Keuangan, Persewaan & Jasa Perusahaan

557,92 618,21 693,29 780,00

Jasa-jasa 660,62 719,84 777,70 838,62

PDRB 13 215,85 14 156,38 15 957,02 17 495,52

Sumber : BPS Kabupaten Purwakarta Catatan : **) Angka Sementara *) Angka Perbaikan

Page 321: Purwakarta Dalam Angka 2012

Produk Domestik Regional Bruto

Purwakarta Dalam Angka 2012 289

Tabel 10.2 Produk Domestik Regional Bruto Kabupaten Purwakarta Atas Dasar Harga Konstan Menurut Lapangan Usaha

Tahun 2008 - 2011 (Miliar Rupiah)

Lapangan Usaha

2008 2009 2010 *) 2011 **)

[1] [2] [3] [4] [5]

Pertanian 633,74 683,45 737,30 748,62

Pertambangan & Penggalian

10,11 10,59 10,88 11,09

Industri Pengolahan 3 274,94 3 345,24 3 516,53 3 718,26

Listrik Gas dan Air Bersih 147,88 165,86 175,05 184,75

Bangunan

164,42 176,48 196,67 218,07

Perdagangan, Hotel & Restoran

1 474,18 1 615,94 1 694,52 1 846,38

Pengangkutan & Komunikasi

197,71 209,30 223,39 238,78

Keuangan, Persewaan & Jasa Perusahaan

295,88 319,96 348,99 381,99

Jasa-jasa 307,20 322,74 341,35 360,53

PDRB 6 506,04 6 849,56 7 244,68 7 708,47

Sumber : BPS Kabupaten Purwakarta Catatan : **) Angka Sementara *) Angka Perbaikan

Page 322: Purwakarta Dalam Angka 2012

Produk Domestik Regional Bruto

290 Purwakarta Dalam Angka 2012

Tabel 10.3 Laju Pertumbuhan PDRB Kabupaten Purwakarta Atas Dasar Harga Berlaku Menurut Lapangan Usaha

Tahun 2008 – 2011 (Persen)

Lapangan Usaha 2008 2009 2010 *) 2011 **)

[1] [2] [3] [4] [5]

Pertanian 16,52 19,27 12,64 2,50

Pertambangan & Penggalian 1,27 13,61 5,10 4,20

Industri Pengolahan 19,14 0,56 12,48 9,29

Listrik Gas dan Air Bersih 13,92 41,20 7,08 7,09

Bangunan

10,29 8,31 14,44 14,11

Perdagangan, Hotel & Restoran

16,48 10,25 15,12 13,14

Pengangkutan & Komunikasi

15,29 9,57 10,43 8,72

Keuangan, Persewaan & Jasa Perusahaan

11,18 10,81 12,15 12,51

Jasa-Jasa 16,42 8,96 8,04 7,83

PDRB 17,18 7,12 12,72 9,64

Sumber : BPS Kabupaten Purwakarta Catatan : *) Angka Perbaikan **) Angka Sementara

Page 323: Purwakarta Dalam Angka 2012

Produk Domestik Regional Bruto

Purwakarta Dalam Angka 2012 291

Tabel 10.4 Laju Pertumbuhan PDRB Kabupaten Purwakarta Atas Dasar Harga Konstan Menurut Lapangan Usaha

Tahun 2008 - 2011 (Persen)

Lapangan Usaha 2008 2009 2010 *) 2011 **)

[1] [2] [3] [4] [5]

Pertanian 1,80 7,85 7,88 1,53

Pertambangan & Penggalian 0,42 4,72 2,74 1,96

Industri Pengolahan 7,89 2,15 5,12 5,74

Listrik Gas dan Air Bersih 1,28 12,16 5,54 5,54

Bangunan

1,59 7,34 11,44 10,88

Perdagangan, Hotel & Restoran 2,47 9,62 4,86 8,96

Pengangkutan & Komunikasi 1,09 5,86 6,74 6,89

Keuangan, Persewaan & Jasa Perusahaan

3,16 8,14 9,07 9,46

Jasa-Jasa 2,45 5,06 5,77 5,62

PDRB 4,99 5,28 5,77 6,40

Sumber : BPS Kabupaten Purwakarta Catatan : *) Angka Perbaikan **) Angka Sementara

Page 324: Purwakarta Dalam Angka 2012

Produk Domestik Regional Bruto

292 Purwakarta Dalam Angka 2012

Tabel 10.5 Distribusi Persentase PDRB Kabupaten Purwakarta Atas Dasar Harga Berlaku menurut Lapangan Usaha

Tahun 2007 – 2010 (Persen)

Lapangan Usaha 2008 2009 2010 *) 2011 **)

[1] [2] [3] [4] [5]

Pertanian 9,91 11,03 11,02 10,31

Pertambangan & Penggalian 0,13 0,14 0,13 0,12

Industri Pengolahan 47,65 44,74 44,64 44,50

Listrik Gas dan Air Bersih 2,28 3,01 2,86 2,79

Bangunan

2,85 2,88 2,92 3,04

Perdagangan, Hotel & Restoran

24,23 24,94 25,47 26,29

Pengangkutan & Komunikasi 3,72 3,81 3,73 3,70

Keuangan, Persewaan & Jasa Perusahaan

4,22 4,37 4,34 4,46

Jasa-Jasa 5,00 5,08 4,87 4,79

PDRB 100,00 100,00 100,00 100,00

Sumber : BPS Kabupaten Purwakarta Catatan : *) Angka Perbaikan **) Angka Sementara

Page 325: Purwakarta Dalam Angka 2012

Produk Domestik Regional Bruto

Purwakarta Dalam Angka 2012 293

Tabel 10.6 Distribusi Persentase PDRB Kabupaten Purwakarta Atas Dasar Harga Konstan Menurut Lapangan Usaha

Tahun 2008 - 2011 (Persen)

Lapangan Usaha

2008 2009 2010 *) 2011 **)

[1] [2] [3] [4] [5]

Pertanian 9,74 9,98 10,18 9,71

Pertambangan & Penggalian 0,16 0,15 0,15 0,14

Industri Pengolahan 50,34 48,84 48,54 48,24

Listrik Gas dan Air Bersih 2,27 2,42 2,42 2,40

Bangunan

2,53 2,58 2,71 2,83

Perdagangan, Hotel & Restoran

22,66 23,59 23,39 23,95

Pengangkutan & Komunikasi 3,04 3,06 3,08 3,10

Keuangan, Persewaan & Jasa Perusahaan

4,55 4,67 4,82 4,96

Jasa-Jasa 4,72 4,71 4,71 4,68

PDRB 100,00 100,00 100,00 100,00

Sumber : BPS Kabupaten Purwakarta Catatan : *) Angka Perbaikan **) Angka Sementara

Page 326: Purwakarta Dalam Angka 2012

Produk Domestik Regional Bruto

294 Purwakarta Dalam Angka 2012

Tabel 10.7 Indeks Perkembangan PDRB Kabupaten Purwakarta Atas Dasar Harga Berlaku menurut Lapangan Usaha

Tahun 2007 - 2010

Lapangan Usaha 2008 2009 2010 *) 2011 **)

[1] [2] [3] [4] [5]

Pertanian 271,66 324,02 364,96 374,08

Pertambangan & Penggalian 199,46 226,60 238,15 248,15

Industri Pengolahan 263,23 264,71 297,73 325,40

Listrik Gas dan Air Bersih 206,51 291,59 312,22 334,34

Bangunan

280,99 304,36 348,31 397,46

Perdagangan, Hotel & Restoran

288,19 317,74 365,78 413,84

Pengangkutan & Komunikasi

317,61 348,00 384,31 417,84

Keuangan, Persewaan & Jasa Perusahaan

303,34 336,12 376,94 424,08

Jasa-Jasa 314,48 342,67 370,21 399,21

PDRB 274,00 293,50 330,83 362,72

Sumber : BPS Kabupaten Purwakarta Catatan : *) Angka Perbaikan **) Angka Sementara

Page 327: Purwakarta Dalam Angka 2012

Produk Domestik Regional Bruto

Purwakarta Dalam Angka 2012 295

Tabel 10.8 Indeks Perkembangan PDRB Kabupaten Purwakarta Atas Dasar Harga Konstan menurut Lapangan Usaha

Tahun 2008 - 2011

Lapangan Usaha 2008 2009 2010 *) 2011 **)

[1] [2] [3] [4] [5]

Pertanian 131,48 141,79 152,96 155,31

Pertambangan & Penggalian 119,21 124,83 128,25 130,77

Industri Pengolahan 136,88 139,82 146,98 155,41

Listrik Gas dan Air Bersih 101,18 113,48 119,76 126,40

Bangunan

122,74 131,75 146,82 162,80

Perdagangan, Hotel & Restoran

132,66 145,41 152,49 166,15

Pengangkutan & Komunikasi 127,59 135,07 144,17 154,10

Keuangan, Persewaan & Jasa Perusahaan

160,87 173,96 189,75 207,69

Jasa-Jasa 146,24 153,64 162,49 171,63

PDRB 134,89 142,01 150,20 159,81

Sumber : BPS Kabupaten Purwakarta Catatan : *) Angka Perbaikan **) Angka Sementara

Page 328: Purwakarta Dalam Angka 2012

Produk Domestik Regional Bruto

296 Purwakarta Dalam Angka 2012

Tabel 10.9 Indeks Harga Implisit PDRB Kabupaten Purwakarta Menurut Lapangan Usaha Tahun 2008 - 2011

Lapangan Usaha

2008 2009 2010 *) 2011 **)

[1] [2] [3] [4] [5]

Pertanian 206,62 228,52 238,59 240,86

Pertambangan & Penggalian 167,33 181,53 185,69 189,77

Industri Pengolahan 192,31 189,32 202,57 209,38

Listrik Gas dan Air Bersih 204,11 256,96 260,70 264,52

Bangunan

228,93 231,01 237,23 244,15

Perdagangan, Hotel & Restoran

217,25 218,51 239,88 249,07

Pengangkutan & Komunikasi

248,93 257,64 266,57 271,15

Keuangan, Persewaan & Jasa Perusahaan

188,56 193,21 198,65 204,19

Jasa-Jasa 215,05 223,04 227,83 232,61

PDRB 203,13 206,68 220,26 226,96

Sumber : BPS Kabupaten Purwakarta Catatan : *) Angka Perbaikan **) Angka Sementara

Page 329: Purwakarta Dalam Angka 2012

Produk Domestik Regional Bruto

Purwakarta Dalam Angka 2012 297

Tabel 10.10 Angka Agregatif PDRB, Jumlah Penduduk dan PDRB Perkapita Kabupaten Purwakarta Tahun 2008 – 2011

Lapangan Usaha 2008 2009 2010 *) 2011 **)

[1] [2] [3] [4] [5]

A. Nilai Absolut

1. PDRB Atas Dasar Harga Berlaku (Juta Rp)

13 215 852,88 14 156 384,89 15 957 021,12 17 495 516,34

2. PDRB Atas Dasar Harga Konstan (Juta Rp)

6 506 042,30 6 849 561,34 7 224 679,79 7 708 471,40

3. Jumlah Penduduk Pertengahan Tahun (Jiwa)

822 288 836 271 847 689 867 828

4. PDRB Perkapita Atas Dasar Harga Berlaku (Rp)

16 072 048,82 16 927 987,33 18 824 145,55 20 160 119,68

5. PDRB Perkapita Atas Dasar Harga Konstan (Rp)

7 912 121,18 8 190 600,10 8 546 388,82 8 882 487,54

Sumber : BPS Kabupaten Purwakarta Catatan : *) Angka Perbaikan **) Angka Sementara

Page 330: Purwakarta Dalam Angka 2012

Produk Domestik Regional Bruto

298 Purwakarta Dalam Angka 2012

Tabel 10.10 (Lanjutan …)

Lapangan Usaha 2008 2009 2010 *) 2011 **)

[1] [2] [3] [4] [5]

B Indeks Perkembangan (2000 = 100)

1. PDRB Atas Dasar Harga Berlaku

274,00 293,50 330,83 362,72

2. PDRB Atas Dasar Harga Konstan

134,89 142,01 150,20 159,81

3. Jumlah Penduduk Pertengahan Tahun

117,45 119,45 121,08 123,96

4. PDRB Perkapita Atas Dasar Harga Berlaku

233,28 245,71 273,23 292,62

5. PDRB Perkapita Atas Dasar Harga Konstan

114,84 118,88 124,05 128,93

Indeks Harga Implisit

203,13 206,68 220,26 226,96

Sumber : BPS Kabupaten Purwakarta Catatan : *) Angka Perbaikan **) Angka Sementara

Page 331: Purwakarta Dalam Angka 2012