proteksi dan re-vegatasi erosi lereng dengan envirocell ... puncak dari lereng dibuat parit untuk...

Download Proteksi dan Re-vegatasi Erosi Lereng Dengan Envirocell ... puncak dari lereng dibuat parit untuk mengangkur

Post on 25-Apr-2019

213 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

Proteksi dan Re-vegatasi Erosi Lereng Dengan Envirocell

Shangri-La Boracay Resort, Aklan , Philipina

REFERENSI PROYEK

Data Proyek

Proyek

Pelanggan

Produk digunakan

:

:

:

Proteksi & re-vegatasi lereng Shangri-La Boracay Resort

Shangri-La Hotel Group

Envirocell & Geotekstil Polyfelt TS

Tinjauan

Aplikasi

Proyek berlokasi di pulau Boracay yangmerupakan surga tropis di Manila Selatan.

Proyek membutuhkan proteksi lereng jalanuntuk mengurangi permasalahan erosi padapermukaan tanah batu kapur yang dipotongdan sebagai sarana untuk menumbuhkankembali vegetasi supaya tampak membaurdengan kondisi alam tropis Boracay.

Untuk mengurangi permasalahan erosipermukaan pada lereng yang dipotong, telahdipilih sistem penahan tanah berbentuk seldengan geotekstil nonwoven Polyfelt TS.Geotekstil Polyfelt TS berfungsi sebagailapisan filter dan drainase antara lereng danEnvirocell. Sedangkan Envirocell bergunauntuk menahan lapisan top soil dalam jumlahyang mencukupi pada lereng curam dan sebagaisarana pertumbuhan rumput dan vegetasilainnya.

Karakteristik Produk

Dibuat dari inert Polietilin, Envirocell tidak di-pengaruhi oleh bahan kimia dalam tanah atautidak terdegradasi oleh paparan sinar mataharidalam jangka waktu lama.

Struktur yang menerus dari Envirocell dirancanguntuk menahan tanah dan kelembaban untuksarana pertumbuhan vegetasi yang cepat padadaerah permukaan lereng keras yang secaraalami vegetasi tidak mungkin tumbuh.

PemasanganLereng yang keras dipotong dan diratakandengan ketinggian 3m dan sudut kemiringan60

o sampai 70

o.

Pada puncak dari lereng dibuat parit untukmengangkur geotekstil filter/separator danEnvirocell. Kegunaan geotekstil Polyfelt TS

adalah sebagai separator antara permukaanyang keras dan lapisan top soil yang sekaligusjuga sebagai lapisan drainase untukmenyimpan limpasan air dengan alkalin tinggidari daerah permukaan lereng.

Envirocell kemudian digelar di atas geotekstilfilter Polyfelt TS dan secara bersama-samadiikat dengan cable ties. Untuk memantapkanposisi pada permukaan yang keras maka pingalvanis berbentuk J ditancapkan pada profildengan spasi 1m.

Top soil kemudian dihamparkan kedalam sistemsel diikuti dengan hydro seeding dan rumput;Tahap 1 telah diselesaikan pada tahun 2006dan tahap 2 diselesaikan pada Mei 2008.

Tampak Polyfelt TS digelar pada lereng yang dipotong

Pemasangan Envirocell di atas Polyfelt TS

Envirocell terpasang dengan tanah yang sudah diisikanPotongan melintang tipikal dari lereng

Penampakan lereng setelah 3 bulan

keterangan lebih lanjut atas aplikasi dan produk ini dapat diperoleh dengan menghubungi kantor layanan teknis dari TenCate yang terdekat. Dilarang melakukan penyebaran danpencetakan ulang tanpa ijin dari TenCate. Dokumen ini adalah sebatas layanan dukungan teknis saja. Informasi yang ada dalam dokumen ini adalah berdasarkan pengetahuanterbaik dan benar yang kami miliki. Kami tidak memberikan jaminan apapun baik tersirat maupun tersurat. Para praktisi yang akan menggunakan informasi ini harus meyakinkandiri atas keabsahan data tanah dan kondisi teknis serta asumsi perancangan yang digunakan.

Envirocell adalah merek terdaftar Royal TenCate.

indo