proposal usaha warnet 1

Download Proposal usaha warnet 1

Post on 20-Jan-2017

437 views

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

Proposal Usaha Warnet

smk n 1 kota bekasiProposal Usaha WarnetDengan nama Freeze.Net

Kelompok 9

Nama Anggota Kelompok:AndryansahFerdinan JuliantoMuhammad Hanick N.

Diajukan kepada :Nikmah Daulae S.PdSupriyadi A.Md

Sebagai persyaratan menyelesaikan tugas Kerja Proyek kelas 12

Kata Pengantar

Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah S.W.T karena karunia-Nya penulis dapat menyelesaikan Proposal Warnet ini dengan tuntas tanpa halangan yang berarti. Proposal ini memuat penjelasan dan gambaran tentang usaha warnet yang akan penulis kerjakan. Tantangan yang dihadapi oleh Masyarakat saat ini adalah semakin ketatnya kompetisi usaha dan ekonomi,apalagi akan dibukanya Masyarakat Ekonomi Asean 2015(MEA) dimana investasi ekonomi dan persaingan tenaga kerja akan semakin ketat. Menyikapi tantangann tersebut penulis menuangkan ide wirausaha melalui proposal ini.Penulis berharap kekurangan isi proposal ini ditanggapi melalui kritik dan saran untuk perbaikan dimasa yang akan datang.

Bekasi, 22 Oktober 2015.

2015

BAB IPENDAHULUAN1. LATAR BELAKANGSeiring dengan perkembangan teknologi dan komunikasi telah menjadikan internet sebagai kebutuhan pokok. Di Indonesia kesadaran masyarakat akan internet sudah berkembang sangat pesat. Terutama bagi para pelajar, mahasiswa, pengajar dan masyarakat umum lainnya. Hal ini dikarenakan sifat berita internet yang global, sehingga kita dapat terkoneksi keseluruh jaringan di dunia, berkomunikasi dengan siapapun dan dimanapun, mendapatkan pengetahuan atau sesuatu yang kita butuhkan.Di zaman sekarang ini banyak sekali bentuk pemanfaatan teknologi informasi di kalangan masyarakat. Apalagi dengan semakin terkenalnya internet di kalangan masyarakat menyebabkan menjamurnya bisnis warnet (warung internet) di berbagai kota di Indonesia.Banyak manfaat yang di peroleh dari kehadiran internet, salah satunya sebagai sumber informasi, sarana komunikasi, dan media hiburan. Apalagi dengan kehadiran jejaring sosial yang saat ini sedang booming masyarakat, kenyataan ini tentu akan meningkatkan para pengguna internet. Karena manusia tidak dapat hidup sendiri oleh sebab itu internet meningkatkan intensitas manusia untuk saling bertukar informasi melalui internet.2. PERUMUSAN MASALAHHampir setiap golongan masyarakat menggunakan teknologi internet, mulai dari pelajar, mahasiswa, orang tua, pejabat, dan berbagai lapisan masyarakat. Dengan kata lain, pengguna internet dari tahun ke tahun tidak pernah turun. Bila dibandingkan dengan beberapa bisnis lain, maka jelas bahwa usaha warnet mempunyai prospek jangka panjang yang lebih baik dibandingkan dengan bisnis lain.3. TUJUANTujuan dari pendirian usaha warnet ini adalah sebagai berikut: Menyediakan sarana akses Teknologi, Informasi dan Komunikasi melalui jasa warnet yang mudah dijangkau oleh masyarakat. Memperkenalkan dunia internet kepada masyarakat sebagai bagian dari kemajuan teknologi. Meningkatkan mutu SDM masyarakat sekitar tempat usaha dalam mengenal dan menerapkan teknologi dalam kehidupan sehari-hari. Membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat sekitar tempat usaha. Mendapatkan keuntungan dan sebagai lahan wirausaha.

BAB IIISI PROPOSAL1. NAMA USAHAAlasan kami memilih nama Freeze.Net karena lokasi yang kami pilih untuk tempat usaha kami cukup panas, karena bukan berada di wilayah dataran tinggi seperti Bogor, Jawa Barat.Freeze sendiri dalam Bahasa Indonesia berarti beku.Dengan nama Freeze.Net diharapkan warnet ini dapat berkembang dan maju pesat, serta memberikan layanan yang baik, prima dan membuat nyaman konsumen yang menggunakan layanan kami, dan mampu memberikan pelayanan internet dalam kecepatan yang baik dan bisa diandalkan.1. BENTUK DAN BIDANG USAHABentuk Usaha :Warnet (Warung Internet)Bidang Usaha :- Games Online- Jasa Layanan Internet- Jasa Printing Dokumen1. TEMPAT USAHALokasi Usaha: Perumahan Narogong cantik, Jl. Narogong,Cantik X Blok F77 No.10, Narogong, BekasiTimur.Kode Pos 17115Keunggulan Lokasi Usaha : Lokasi sangat berpotensial untuk di dirikan usaha warnet, karena lokasi usaha dekat dengan pemukiman warga yang padat dan bersebrangan langsung dengan SMP NEGERI 33 Bekasi. Bersebelahan dengan tempat fotocopy. Lahan parkir teduh dan cukup luas.1. VISI DAN MISI Visi Tumbuh, berkembang dan maju pesat. Memberikan layanan yang baik, prima dan nyaman untuk konsumen dan klien yang menggunakan layanan kami.

Misi Menyediakan sarana akses Teknologi, Informasi dan Komunikasi melalui jasa warnet yang mudah dijangkau oleh masyarakat. Memperkenalkan dunia internet kepada masyarakat sebagai bagian dari kemajuan teknologi. Meningkatkan mutu SDM masyarakat sekitar tempat usaha dalam mengenal dan menerapkan teknologi dalam kehidupan sehari-hari. Mengembangkan usaha dalam bidang IT serta membuka cabang baru.

1. WAKTU USAHAUsaha warnet ini akan kami buka pada tanggal 1 Oktober 2015, dengan ketentuan jadwal jam kerja sebagai berikut :Hari buka: Setiap hari( Hari besar tutup )Waktu: 08.0021.00 WIB

1. STRUKTUR ORGANISASI USAHA Pemilik (Owner) Mengontrol kerja dan kinerja semua anggota karyawan yang berada dibawahnya. Sebagai penanggung jawab terbesar. Operator Melayani pengunjung yang datang untuk membeli dan menggunakan jasa. Mengatur biaya sewa, mengelola pemasukan harian dan pengeluaran harian, mengelola dan melakukan administrasi aplikasi billing. Mengontrol keadaan pengunjung dan kebersihan warnet. Teknisi Melakukan troubleshooting pada PC (Personal Computer) yang mengalami masalah teknis. Mereparasi komponen PC yang rusak jika masih bisa di reparasi. Mengajukan kepada owner, pembelian komponen PC yang harus diganti. Menangani segala macam kerusakan pada PC. Mengontrol dan Cek performa koneksi Jaringan internet pada semua PC Warnet.7. MANFAAT USAHADengan adanya usaha warnet ini diharapkan dapat memberi kemudahan akses internet bagi masyarakat yang butuh dan semakin peduli dengan informasi global.

8. TARGETTarget pelanggan warnet ini adalah pelajar dan pemuda masyarakat disekitarnya. Mereka menggunakan internet untuk hiburan semata yang frekuensinya cukup tinggi. Umumnya mereka hanya membuka program chatting juga games online dan situs jejaring social lainnya.

9. KEBUTUHAN SUMBER DAYA MANUSIA (SDM)Untuk mendirikan warnet tahap awal, dibutuhkan tenaga ahli antara lain : Konsultan warnet. Tenaga ahli listrik. Tenaga ahli networking/jaringan komputer. Tenaga ahli komputer. Operator warnet.

Dari uraian diatas, kami akan memenuhi semua kecuali operator warnet, kami hanya mencari dan mentraining operator warnet, sedangkan untuk honor warnet diambil dari biaya operasional warnet bulanan. Jadi untuk pekerjaan tersebut diatas (kecuali operator warnet) tidak diperlukan biaya jasa lagi.10. KEBUTUHAN PERANGKAT DAN HARGAUntuk mendirikan warnet, dalam proposal ini kami merincikan kebutuhan perangkat, dan alat-alat disertai harganya:

11. TOPOLOGI WARNET

Penjelasan Topologi: Terdapat DSL Modem Speedy untuk akses ke Internet dengan Bandwidth 5MBps, yang disambungkan ke Router Mikrotik. Server digunakan untuk layanan Proxy Server.

12. DENAH WARNET

BAB IIIPENUTUP

KESIMPULANMenurut kami usaha ini dapat berkembang dan akan mencapai keberhasilan. Kami sangat yakin bahwa usaha ini akan maju dan terus berkembang karena dilakukan oleh orangorang yang mempunyai kualitas dalam menjalankan setiap pekerjaan. Kami sadar bahwa usaha ini tak akan langsung berkembang pesat tapi kami akan terus berjuang untuk terus menjalankan dan mengembangkan usaha ini.

SARANUntuk membuka usaha warnet sebaiknya kita lihat apa saja yang harus diperhatikan dan buatlah usaha tersebut sangat bermanfaat bagi para penggunanya. Selain itu selalu berusaha memperkecil dampak negatif dari adanya usaha kita.

DAFTAR PUSTAKA

http://olx.co.id/http://fjb.kaskus.co.id/

Sumber Pembelian Karpet: http://fjb.kaskus.co.id/product/53331ce19acf1798250000cc/raja-karpet-jogja-karpet-warnet-karpet-komputerSumber Pembelian PC Klien: http://www.daftarhargakomputer.com/products/Paket-AMD-Gaming-Warnet-2.html