proposal tuk unj spdmtr

Download Proposal TUK UNJ Spdmtr

Post on 06-Dec-2014

130 views

Category:

Documents

3 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

proposal UNJ

TRANSCRIPT

PROPOSAL Pengembangan Kompetensi Diploma III Teknik Mesin Menjawab Road Map Teknologi Otomotif Dunia

dalam Rangka

TEMPAT UJI KOMPETENSI JURUSAN TEKNIK MESIN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA 2012

Halaman Identitas TUK Nama Sekolah Fakultas Jurusan Status Sekolah berdasarkan Akreditasi terakhir Alamat Perguruan Tinggi : Universitas Negeri Jakarta : Fakultas Teknik : Teknik Mesin : B : Komplek Universitas Negeri Jakarta Rawamangun muka Jakarta Timur.

Halaman Pengesahan 1. Nama Perguruan Tinggi 2. Jurusan/Fakultas 3. Judul Umum Usulan Program 4. Penanggung Jawab Nama Jabatan Alamat Telepon/HP Fax e-mail : Universitas Negeri Jakarta : Teknik Mesin/Teknik : Tempat Uji Kompetensi Teknik Sepeda Motor : Drs. Sugeng, Msc : Kaprodi D III Teknik Mesin : Komplek UNJ Rawamangun muka Jakarta Timur : 021 4700918 : 021 4700918 : sopiyanvespa@yahoo.com

Jakarta, 2012 Disampaikan oleh,

Drs. Sugeng, Msc NIP.

Mengetahui: Dekan, Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta Rektor, Universitas Negeri Jakarta

Prof. Dr. Basuki Wibawa NIP.

Prof. Dr. Bedjo NIP.

Kata Pengantar Dalam rangka melaksanakan pengembangan keahlian di bidang teknisi sepeda motor Universitas Negeri Jakarta sedang melakukan persiapan di bidang infrastruktur yaitu pengembangan tenaga pengajar yang seluruhnya minimum sudah menyelesaikan program doktoral, pembangunan gedung kampus dan kecukupan peralatan laboratorium. Sehingga mahasiswa/i dapat menerima pendidikannya dengan maksimal, sebelum mahasiswa menyelesaikan pendidikannya perlu di bekali dengan kemampuan bidang keahlian yang kompenten dan bersertifikasi. Maka dengan ini diperlukan fasilitas lain yang berupa sarana dan prasarana yang berupa tempat uji kompensi dan sertifikasi uji mekanik sepeda motor bagi mahasiswa dan masyarakan umum lainnya. Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta mengharapkan Uji Kompetensi dan Sertfikasi Mekanik Sepeda motor ini dapat terlaksanakan secepatnya agar dapat diterapkan pada mahasiswa dan masyarakat umum.

Jakarta, 4 Juli 2012 Tim Teknisi Lab. Mesin

Drs. Sugeng, Msc NIP. 196318

Halaman Daftar Isi Halaman Sampul Halaman Identitas Sekolah; Halaman Pengesahan; Halaman Kata Pengantar; Halaman Daftar Isi; BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang B. Visi dan Misi C. Tujuan dan Sasaran BAB II POTENSI DAN PENGEMBANGAN SMK SEBAGAI TEMPAT UJI KOMPETENSI A. Rencana Pengembangan SMK sebagai TUK B. Unit Kompetensi SMK Yang Menjadi Unggulan C. Sarana Prasarana Penunjang TUK D. Sumber Daya Manusia, Sistem Administrasi dan Organisasi Pendukung BAB III PELAKSANAAN PROGRAM A. Organisasi Kerja B. Verifikasi C. Manajemen dan Maintenance dan Repair Sarana Prasarana. D. Pembenahan tempat uji kompetensi. BAB IV PENDANAAN A. Rencana Pembiayaan Persiapan TUK B. Sumber Dana BAB V PENUTUP LAMPIRAN

BAB I PENDAHULUAN A. LATAR BELAKANG Dalam rangka melaksanakan intreprener ship di Universitas Negeri Jakarta mahasiswa/i sebelum menyelesaikan pendidikannya perlu di bekali dengan kemampuan dalam intelektual dan keahlian bidang pendidikan dan kemampuan di bidang keteknikan khususnya untuk program studi teknik otomotif atau motor kecil dan sepeda motor yang siap terjun di masyarakat sekitarnya, nasional maupun internasional. Salah satu dampak dari keperluan tenaga teknisi yang mempunyai kompetensi dan terampil di tengah persaingan yang ketat dalam pencarian lapangan kerja. Oleh itu, perlu dilakukan upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia yang memiliki kompetensi dan ketrampilan yang selaras dengan kemajuan teknologi yang terkini bagi kepentingan memperoleh pekerjaan atau menciptakan lapangan kerja. Untuk menjawab tantangan ini perlu disiapkan sumber daya manusia yang berkualitas dan siap berperan didunia kerja dan menciptakan lapangan pekerjaan, maka dengan itu fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta membuka Program Teknik Otomotif. Program Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta ini diarahkan memberikan keterampilan dan kemampuan menganalisa hal-hal yang berkaitan dengan dunia otomotif serta memberikan wawasan tentang tanggung jawab profesi dan wirausaha kepada siswa. Keterampilan otomotif khususnya Mekanik Sepeda Motor merupakan ketrampilan yang sangat berpotensi untuk dikembangkan, karena memiliki pangsa pasar yang luas baik untuk kalangan industri maupun di lingkungan masyarakat. Sehingga terciptanya Sumber Daya Manusia yang handal dan mempunyai kemampuan otomotif khususnya Mekanik Sepeda Motor adalah modal yang paling utama dalam pembangunan sesuai cita-cita yaitu untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat Upaya untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia di bidang otomotif khususnya sepeda motor, yaitu dengan mengadakan sertifikasi yang mencakup 3 aspek kompetensi yaitu Skill, Attitude dan Knowledge sehingga tercipta kualitas Sumber Daya Manusia yang kompeten sesuai dengan tuntutan SKKNI dan akan memberikan manfaat yang besar untuk dapat bersaing di dunia kerja. Berdasarkan hal tersebut di atas, maka Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta sebagai salah satu TUK LSP Mekanik Sepeda Motor mengadakan program Sertifikasi Mekanik Sepeda Motor bagi siswa/mahasiswa SMK, SMA dan LPK dalam rangka Meningkatkan kualitas/mutu tamatan melalui Uji Kompetensi dan sertifikasi profesi dalam bidang Teknik Otomotif Mekanik Sepeda Motor.

B. Visi dan Misi Visi Gambaran masa depan (pada kurun waktu tertentu) yang diharapkan tentang sekolah yang bersangkutan, agar tetap eksis dan memiliki nilai guna bagi masyarakat yang dilayaninya. Visi Prodi S1 PTM FT-UNJ adalah menjadi Prodi S1 PTM unggulan yang mampu menjadi mitra yang dapat diandalkan dalam menuju masyarakat madani dalam bidang pendidikan, teknologi dan kejuruan. Misi Rincian global program-program yang perlu dan akan dilakukan sekolah untuk mewujudkan visi sekolah yang telah dirumuskan.

Misi Prodi S1 PTM FT-UNJ adalah membina dan mengembangkan : 1. Ilmu, teknologi, kejuruan atau vokasi dan profesi yang dapat meningkatkan kualitas hidup manusia dan lingkungan, 2. Tenaga akademik dan/ atau profesional yang bermutu, bertanggung jawab dan mandiri di bidang pendidikan teknologi, kejuruan, dan vokasi guna menghadapi berbagai tantangan di masa depan, 3. Berbagai bentuk pengabdian kepada masyarakat di bidang ilmu, teknologi, kejuruan dan vokasi yang berdaya guna dan berhasil guna; 4. Budaya kewirausahaan, kerjasama dan kolaborasi yang saling menguntungkan dengan berbagai lembaga di dalam maupun di luar negeri dalam melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi di bidang pendidikan teknologi, kejuruan dan vokasional sebagai perwujudan dari kebersamaan hidup untuk membangun masa depan yang lebih baik, Kemitraan dalam rangka penyelenggaraan otonomi daerah. C. Tujuan dan Sasaran Tujuan Rumusan hasil (kualitatif maupun kuantitatif) yang ingin di capai dari masing-masing program (misi), baik jangka pendek maupun jangka panjang Sesuai dengan Visi dan Misi Prodi S1 PTM, maka tujuan yang hendak dicapai adalah sebagai berikut: 1. Menghasilkan tenaga guru bidang keahlian Teknik Mesin di SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) dan di lembaga pendidikan formal maupun non formal yang setingkat dengan itu. 2. Menghasilkan tenaga guru yang mampu mengelola bahan pelajaran di bidang keahlian Teknik Mesin sesuai dengan tingkat perkembangan siswa. 3. Menghasilkan tenaga guru bidang studi yang mampu mempelajari pengetahuan di bidang Teknik Mesin sesuai dengan perkembangan IPTEK dan menyusunnya menjadi bahan pelajaran Teknik Mesin untuk keperluan pengajaran. 4. Menghasilkan tenaga guru bidang keahlian Teknik Mesin yang mampu mengembangkan sistem pengajaran bidang keahlian Teknik Mesin di SMK dan lembaga pendidikan formal maupun non formal yang setingkat dengan itu. 5. Menghasilkan tenaga ahli kependidikan di bidang Teknik Mesin. 6. Menghasilkan tenaga yang bisa kerja di industri yang relevan dengan Teknik Mesin. 7. Menghasilkan tenaga pembantu peneliti pada bidang teknik mesin maupun kependidikan teknik mesin. 8. Menghasilkan lulusan yang bisa berwirausaha dengan bekal ilmu Teknik Mesinnya. Sasaran Untuk mencapai tujuan tersebut di atas Kompetensi yang harus dikuasai oleh mahasiswa Prodi S1 PTM adalah: 1. Menguasai bahan pelajaran dalam kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan bidang Teknik Mesin. 2. Mampu mengelola proses belajar mengajar. 3. Mampu menggunakan media/sumber belajar. 4. Mampu mengelola kelas/ laboratorium/workshop. 5. Mampu mengelola interaksi belajar mengajar. 6. Menguasai landasan-landasan kependidikan. 7. Mampu menilai prestasi siswa untuk kepentingan pengajaran. 8. Memahami fungsi dan program pelayanan bimbingan dan penyuluhan. 9. Memahami penyelenggaraan administrasi sekolah. 10. Memahami prinsip-prinsip dan menafsirkan hasil-hasil, penelitian pendidikan guna keperluan pengajaran. 11. Mampu bekerja di industri yang relevan dengan Teknik Mesin.

12. Mampu melakukan penelitian di bidang Teknik mesin maupun Pendidikan Teknik Mesin. 13. Mampu berwira usaha.

BAB II POTENSI DAN PENGEMBANGAN SMK SEBAGAI TEMPAT UJI KOMPETENSI A. Rencana Pengembangan Jurusan Teknik Mesin sebagai TUK Berisi rencana pembabagan dan pihak-pihak yang terlibat pengembangan SMK sebagai Tempat Uji Kompetensi (TUK) dalam setiap tahap. Inventarisasi dan identifikasi sumber daya yang ada di luar sekolah baik fisik dan non fisik (SMK sekitar, peluang usaha dan lapangan kerja bagi tamatan) dan potensial untuk dijadikan sumber daya luar (outsourcing) bagi pelaksanaan dan pencapaian tujuan program Tempat Uji Kompetensi (TUK) adalah Suatu tempat kerja profesi atau tempat yang memiliki sarana dan prasarana dengan kriteria setara dengan tempat kerja profesi yang diverifikasi oleh LSP Mekanik Sepeda Motor untuk menjadi tempat uji kompentesi. TUK harus memiliki fasilitas sebagai tempat uji kompetensi sesuai persyaratan kelembagaan yang ditetapkan oleh BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi), dan merupakan bagian dari organi