proposal simrs/software rumah sakit khanza hms

Click here to load reader

Post on 05-Dec-2014

521 views

Embed Size (px)

DESCRIPTION

Berisi tentang proposal kerjasama dari Khanza Soft dengan rumah sakit yang membutuhkan SIM RS Khanza HMS. Software bersifat free dan bisa di download di elkhanza.wordpress.com/2013/05/19/free-software-sim-rs-software-rumah-sakitregistrasi-rekam-medik-apotek-keungan-penggajian-inventaris-presensi-dll/

TRANSCRIPT

  • 1. PROPOSAL PENAWARAN PRODUK KHANZA.SOFT MEDIA SOFTWARE REKAM MEDIK RUMAH SAKIT (REGRISTRASI, BILLING, REKAM MEDIK, RAWAT INAP, RAWAT JALAN, PRESENSI, PENGGAJIAN, APOTIK, INVENTARIS) Blog : http://elkhanza.wordpress.com Alamat : Sekarsuli RT03/RW03 Kecamatan Klaten Utara ,Klaten, Jawa Tengah E-Mail : khanza_media@yahoo.com HP/SMS : 08562675039, 0274 920 3496 A. LATAR BELAKANG KHANZA.SOFT MEDIA
  • 2. Khanza.Soft Media merupakan pengembang software yang sudah ada semenjak tahun 2009. Khanza.Soft Media fokus pada pengembangan software database yaitu software sistem informasi. Khanza.Soft Media selalu mengembangkan aplikasinya untuk keperluan pengolahan database berbagai instansi yang ada di Indonesia. Software yang kami kembangkan selalu melalui berbagai tahap agar dapat memenuhi kebutuhan di setiap instansi yang menjadi clientnya, karena setiap instansi memiliki perbedaan/aturan dalam manajemen pendataan databasenya. Untuk software yang yang dikembangkan selalu mengikuti perkembangan teknologi yang sedang berkembang saat ini. Tahap-tahap yang kami lakukan dalam pembuatan software ialah : - Perencanaan Pembuatan Software - Sampling, Survei terhadap apa saja yang harus ada dalam sistem informasi - Perundingan Pembuatan - Tahap Pembuatan - Uji Coba dan - Hasil Akhir Software-software yang kami kembangkan telah digunakan di berbagai instansi seperti perguruan tinggi, minimarket, apotek, sekolah-sekolah, panti asuhan, pondok pesantren dll. Software kami selalu dibuat untuk memenuhi kebutuhan pelanggan agar memiliki efektivitas yang tinggi disamping selalu mengedepankan kemudahan dalam pengoperasiannya agar user friendly. B. LATAR BELAKANG PERMASALAHAN Pendidikan masyarakat dan akses informasi tentang kesehatan yang semakin tinggi menyebabkan tingginya tuntutan kebutuhan kesehatan. Guna memenuhi tuntutan pelayanan kesehatan tersebut, maka komputerisasi sangat dibutuhkan di rumah sakit untuk menghindari kesalahan yang tidak diinginkan seperti redudansi data, unintegrated data, human eror, dan terlambatnya informasi mengingat faktor kesehatan sangat penting bagi seseorang. Sistem informasi rumah sakit (SIRS) secara garis besar mempunyai dua fungsi yaitu sistem informasi pelayanan rumah sakit dan sistem informasi manajemen rumah sakit (SIMRS). Kedua fungsi tersebut saling terkait dan saling melengkapi sehingga pada akhirnya akan membuat sistem yang terintegrasi dan handal. Peranan operasional sistem informasi dalam rumah sakit antara lain adalah (Sutanto, 2008) : 1. Kecepatan, misalnya kecepatan dalam penyelesaian pekerjaan administrasi rumah sakit.
  • 3. 2. Akurasi, dengan SIMRS pemeriksaan data transaksi cukup dengan membandingkan laporan antar unit yang dihasilkan oleh SIMRS dan juga dapat mencegah terjadinya duplikasi data untuk transaksi-transaksi tertentu sehingga data terjamin akurasinya. 3. Integrasi, bila dengan sistem manual data pasien harus dimasukkan di setiap unit, maka dengan SIMRS data tersebut cukup sekali dimasukkan di bagian pendaftaran saja. 4. Peningkatan pelayanan, pengaruh SIMRS yang dirasakan oleh pasien adalah semakin cepat dan akuratnya pelayanan. Saat ini, pasien tidak perlu menunggu lama untuk menyelesaikan administrasinya, baik rawat inap ataupun rawat jalan sebab ketika data-data tersebut dibutuhkan dapat dilihat dengan waktu yang relatif singkat dan akurat. 5. Peningkatan efisiensi, jika kecepatan dan akurasi data meningkat, maka waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan administrasi akan lebih cepat dan menghindari permintaan pemeriksaan laboratorium berulang dikarenakan kertas hasil pemeriksaan sebelumnya hilang. C. KERJA SAMA Software yang kami buat ini kami berikan secara gratis kepada rumah sakit, pihak rumah sakit hanya tinggal memikirkan biaya perawatannya yang diambil dari biaya registrasi pasien sebesar Rp.500 perpasien registrasi, jadi dari pihak rumah sakit tidak perlu mengeluarkan biaya perawatan software karena sudah ditanggung oleh pasien. Untuk uji coba, kami menawarkan perawatan selama 1 tahun terlebih dahulu. Selama masa perawatan hendaknya ada interaksi dari rumah sakit kepada kami untuk penyesuaian software, jadi software yang ada bisa dicostumize/diubah sesuai kebutuhan rumah sakit. Setiap bulannya mungkin bisa ditambah fitur-fitur baru yang dibutuhkan oleh rumah sakit. Dan diharapkan setelah satu tahun pengembangan dan perawatan, software yang ada sudah bisa mengcover/sudah lengkap untuk kebutuhan seluruh rumah sakit. Setelah 1 tahun penggunaan bisa deperbarui lagi kontrak perawatannya, tetapi jika memang merasa sudah lengkap dan tidak perlu pengembangan lagi, maka dari rumah sakit bisa tetap memakainya, dan bisa menyediakan sendiri tenaga IT untuk pemeliharaannya. Dan untuk mulai menerapkan software kami ini diharapkan di rumah sakit sudah terpasang jaringan computer karena memang aplikasi kami ini berbasis client server sehingga bisa diakses dari semua komputer untuk mempermudah pekerjaan para pegawai. Berkaitan dengan hal tersebut di atas, kami mengembangkan software yang dirancang sebagai solusi implementasi teknologi informasi bagi rumah sakit. Adapun sebagian screenshot aplikasi ini :
  • 4. 1. Menu Utama Sebelum Login Ketika belum login maka hanya ditampilkan tiga toolbar yaitu : Log In, About dan keluar Gambar 4.1. Tampilan Menu Utama Sebelum Login Toolbar Log In : Digunakan untuk memanggil form login. Toolbar About : Digunakan untuk menampilkan form about program. Toolbar Keluar : Digunakan untuk keluar dari form utama. a. Form Login Gambar 4.2. Tampilan Form Login
  • 5. Ketika ID Admin dan Password benar, maka akan ditampilkan seluruh menu utama setelah ditekan tombol log-in. Tombol batal digunakan untuk menutup form login. 2. Menu Utama Setelah Login Jika login ke sistem berhasil maka akan ditampilkan semua menu utama yang menjadi antar muka untuk melakukan operasi pegolahan data. a. Menu Master Gambar 4.4. Tampilan Form Utama Setelah Login Pada menu Master berisi lima sub menu seperti gambar berikut :
  • 6. b. Menu Ruang Gambar 4.5. Tampilan Sub Menu Master Pada menu Ruang berisi tiga sub menu seperti gambar berikut : c. Menu Obat & Penyakit Gambar 4.6. Tampilan Sub Menu Ruang Pada menu Obat & Penyakit berisi empat sub menu seperti gambar berikut :
  • 7. d. Menu Petugas & Dokter Gambar 4.7. Tampilan Sub Menu Obat & Peyakit Pada menu file berisi empat sub menu seperti gambar berikut : e. Menu Pasien Gambar 4.8. Tampilan Sub Menu Petugas Pada menu file berisi sembilan sub menu seperti gambar berikut :
  • 8. f. Menu Transaksi Gambar 4.9. Tampilan Sub Menu Pasien Pada menu SMS Center berisi dua sub menu seperti gambar berikut : g. Menu Setting Gambar 4.10. Tampilan Sub Menu SMS Ceter Pada menu Setting berisi tiga sub menu seperti gambar berikut :
  • 9. 3. Menu Master 1. Sub menu Jabatan Gambar 4.11. Tampilan Sub Menu Setting Digunakan untuk memasukkan data jabatan petugas. Gambar 4.12. Tampilan Form Jabatan Tombol Simpan : Digunakan untuk menyimpan data yang diinputkan. Tombol Batal : Digunakan untuk mengosongkan semua field. Tombol Hapus : Digunakan untuk menghapus data jabatan.
  • 10. Tombol Edit : Digunakan untuk mengedit data jabatan. Tombol Keluar : Digunakan untuk keluar dari form jabatan 2. Sub menu Spesialis Digunakan untuk memasukkan data spesialis dokter. Gambar 4.13. Tampilan Form Spesialis Tombol Simpan : Digunakan untuk menyimpan data yang diinputkan.
  • 11. Tombol Batal : Digunakan untuk mengosongkan semua field. Tombol Hapus : Digunakan untuk menghapus data spesialis. Tombol Edit : Digunakan untuk mengedit data spesialis. Tombol Keluar : Digunakan untuk keluar dari form spesialis 3. Sub menu Jenis Infus Digunakan untuk memasukkan data Jenis Infus. Gambar 4.14. Tampilan Form Jenis Infus Tombol Simpan : Digunakan untuk menyimpan data yang diinputkan.
  • 12. Tombol Batal : Digunakan untuk mengosongkan semua field. Tombol Hapus : Digunakan untuk menghapus data jenis infus. Tombol Edit : Digunakan untuk mengedit data jenis infus. Tombol Keluar : Digunakan untuk keluar dari form jenis infus. 4. Sub menu Kategori Perawatan Digunakan untuk memasukkan data Kategori Perawatan Gambar 4.15. Tampilan Form Kategori Perawatan Tombol Simpan : Digunakan untuk meny