proposal kp haerul - abdul

Download Proposal Kp Haerul - Abdul

Post on 26-Nov-2015

109 views

Category:

Documents

1 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

contoh proposal kerja praktek

TRANSCRIPT

PROPOSAL KERJA PRAKTEKPT. PETROKIMIA GRESIK

DISUSUN OLEH :HAERUL WARISIN (10/302018/TK/37251)NGABDUL AZIS (10/301339/TK/36933)

PROGRAM STUDI TEKNIK MESINJURUSAN TEKNIK MESIN DAN INDUSTRIFAKULTAS TEKNIKUNIVERSITAS GADJAH MADAYOGYAKARTA2013LEMBAR PENGESAHANPROPOSAL KERJA PRAKTEKPT. PETROKIMIA GRESIK

Yogyakarta, 21 Oktober 2013

Mahasiswa IMahasiswa II

Haerul Warisin10/302018/TK/37251Ngabdul Azis10/301339/TK/36933

Mengetahui,

Ketua Jurusan Teknik Mesin dan IndustriFakultas Teknik UGM,

Prof. Ir. Jamasri, Ph.D.NIP. 196107041988031002

PERMOHONAN KERJA PRAKTEK MAHASISWADIAJUKAN KEPADAPT. PETROKIMIA GRESIK

I. LATAR BELAKANG

Dalam proses pendidikan, mahasiswa diharapkan dapat memadukan kemampuan teoritis (yaitu melalui kegiatan perkuliahan) dan kemampuan aplikatif (yaitu melalui kegiatan praktikum dan kerja praktek di lapangan). Hal ini dimaksudkan sebagai proses pembelajaran bagi mahasiswa, terlebih persiapan untuk menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya.Jurusan Teknik Mesin dan Industri Universitas Gadjah Mada mensyaratkan mahasiswa untuk melakukan kerja praktek untuk mendapatkan gelar kesarjanaan. Kerja praktek ini dilakukan dengan mengaplikasikan ilmu dan teknologi yang telah diperoleh selama duduk di bangku perkuliahan di suatu lingkungan kerja perusahaan.PT. PETROKIMIA GRESIK merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bergerak di bidang produksi pupuk yang menggunakan bahan baku gas alam, yang memiiki berbagai macam area kerja, salah satunya adalah bidang kerja mechanical engineering yang kami pandang sebagai sebuah lokasi kerja praktek yang sesuai. Sebagai perusahaan yang telah berdiri cukup lama, tentu masalah-masalah yang terjadi di dalamnya menjadi lebih bervariasi.Atas pertimbangan tersebut di atas, maka kami bermaksud untuk mengajukan permohonan melakukan kerja praktek di PT. PETROKIMIA GRESIK selama 1 (satu) bulan. Besar harapan kami untuk dapat melakukan kerja praktek di PT. PETROKIMIA GRESIK agar dapat menjadi bekal dalam menghadapi dunia kerja nantinya.

II. DASAR PEMIKIRAN

1. Bidang Teknik Mesin pada dasarnya merupakan ilmu tentang pembangkitan tenaga dan pemakaiannya. Termasuk juga di dalamnya bidang perancangan, pengembangan, pengoperasian dan perawatan semua jenis mesin, perencanaan, pemilihan dan pembuatan alat kerja dalam pabrik, penetapan urutan operasi yang ekonomis, dengan tetap memperhatikan faktor mutu pelayanan, kualitas, dan keselamatan.2. Bidang Teknik Mesin berkaitan dengan penggerak-penggerak awal seperti turbin uap, mesin-mesin perkakas, motor bakar, bejana tekan, pompa dan kompresor, generator, mesin-mesin khusus dan alat berat, mesin pendingin dan pemanas, alat-alat kimia tertentu, sifat bahan, tekanan momen atau puntiran,kinematika dan dinamika, dan alat-alat gerak yang ada didalamnya serta cara pengaturannya.3. Teknik Mesin memiliki hubungan yang erat dengan dunia industri, seperti industri manufaktur, kimia, tekstil, logam berat serta pertambangan sumber daya alam (tambang emas, tembaga, minyak bumi, batu bara, gas alam, bijih besi dan lain-lain).4. Ilmu pengetahuan yang telah diperoleh mahasiswa di bangku perkuliahan sebagian besar bersifat teoritis, oleh karena itu perlu diadakan praktek kerja lapangan dalam rangka penerapan ilmu pengetahuan tersebut.5. Kerja praktek diharapkan mampu menyeimbangkan kebutuhan akan ilmu pengetahuan yang bersifat teoritis dengan penerapannya di lapangan.6. Kerja praktek merupakan salah satu syarat kelulusan seorang sarjana Teknik Mesin Universitas Gadjah Mada.

III. MAKSUD DAN TUJUAN

1. Menerapkan dan mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang bersifat teoritis yang telah diperoleh di bangku perkuliahan ke dalam praktek yang sesungguhnya.2. Mendapatkan pengalaman tentang kerja teknis di lapangan yang sesungguhnya, sehingga mahasiswa dapat memperoleh gambaran nyata tentang berbagai hal yang berkaitan dengan dunia kerja yang aplikatif.3. Mendapatkan gambaran yang nyata dan pemahaman yang lebih mendalam dari pemakaian dan aplikasi mesin khusus serta alat berat, mesin pendingin dan pemanas, pompa dan kompresor, serta turbin dan peralatan berat lainnya yang ada di industri.4. Diharapkan setelah lulus dari perkuliahan, mahasiswa dapat bekerja pada perusahaan dimana mahasiswa tersebut pernah menjalani kerja praktek, karena telah mengenal profil dan berbagai hal menyangkut kerja teknis di perusahaan tersebut.5. Mengenal dan mempelajari tentang berbagai permasalahan yang sering terjadi di lapangan kerja, dan kemudian dicari penyelesaiannya berdasarkan ilmu yang telah diperoleh di bangku perkuliahan.6. Membantu mencari dan memecahkan persoalan-persoalan, baik yang menyangkut masalah teknis maupun non teknis dalam pemakaian dan pemeliharaan mesin-mesin produksi.

IV. DASAR TEORI

Mahasiswa Teknik Mesin telah mendapatkan pengetahuan yang cukup luas mengenai Termodinamika, Heat Exchanger, Mekanika Fluida, Mesin Fluida, Pompa dan Kompresor, Turbin Uap dan Gas, Metallurgy, Mekanika Bahan, Tribology dan Maintenance serta aspek-aspek pemilihan bahan dan proses dalam desain perancangan suatu mesin atau alat.Pengetahuan yang diperoleh relatif luas tetapi masih kurang mendalam, sehingga dengan mengikuti kerja praktek ini mahasiswa diharapkan mampu mendapatkan gambaran yang nyata dan jelas mengenai penggunaan alat-alat yang berhubungan dengan bidang Teknik Mesin yang dilakukan oleh PT. PETROKIMIA GRESIK.

V. BENTUK-BENTUK KEGIATAN ALTERNATIF

1. Mengenal perusahaan yang menjadi lingkungan kerja secara umum, seperti asal mula berdirinya, struktur organisasi, dan bidang usaha selain bidang usaha utama yang dijalankan oleh perusahaan.2. Pengenalan tentang system dan peralatan-peralatan serta proses-proses yang ada di PT. PETROKIMIA GRESIK.3. Diikutsertakan dalam kegiatan perusahaan seperti dalam penyelesaian persoalan yang terjadi di lapangan, sehingga dapat menambah wawasan mahasiswa.4. Kegiatan-kegiatan lainnya sesuai dengan kebijakan dari PT. PETROKIMIA GRESIK.

VI. OBJEK PENGAMATAN

Sesuai dengan spesialisasi ilmu yang kami miliki, maka kami mengajukan usulan objek pengamatan yang berhubungan dengan salah satu tema di bawah ini :

1. Piping system2. Pump and Compressor Maintenance3. Mechanical Pumping Unit4. Power Plant Division5. Pump Systems6. Presssure Vessel

Adapun mekanisme penentuannya kami serahkan sepenuhnya sesuai dengan kebijakan pihak HRD PT. PETROKIMIA GRESIK. Sedangkan sebagai penunjangnya adalah mata kuliah - mata kuliah yang pernah kami peroleh yang berkaitan dengan objek pengamatan tersebut (terlampir di transkip nilai). Sebagai bahan pertimbangan, kami sampaikan mata kuliah wajib dan pilihan yang telah dan sedang kami ambil diantaranya:

1. Mekanika Fluida ( Fluid Mechanics)2. Tribologi dan Perawatan (Tribology and Maintenace)3. Termodinamika (Thermodinamics)4. Getaran Mekanis (Mechanical Vibration)5. Pemodelan dan Komputasi dalam Teknik.6. ElemenMesin (Machine Element)7. Sistem Kendali (Control System)8. Aplikasi Komputer Dalam Perancangan

Adapun rencana mata kuliah pilihan yang akan kami ambil pada semester selanjutnya adalah :1. Mesin-Mesin Fluidaa. Pompa dan kompresor.2. Bahana. Pemilihan Bahan dalam Perancangan.3.Mekanika Terapana.Bejana Tekanb.Pesawat Pengangkat dan Pengangkut.

VII. LINGKUP KERJA PRAKTEK

A. Pengenalan Perusahaan

Langkah pertama yang harus dilakukan dalam memulai kerja praktek ini adalah pengenalan profil perusahaan. Pengenalan ini berkaitan dengan asal mula berdirinya, tujuan berdirinya, visi dan misi perusahaan, struktur organisasi, bergerak di bidang apa saja selain bidang utama yang dijalankan dan sistem distribusi serta pengenalan peralatan-peralatan yang dimiliki PT. PETROKIMIA GRESIK.

B. Orientasi Lapangan

Mempelajari tentang proses-proses yang ada di PT. PETROKIMIA GRESIK, terutama yang berkaitan erat dengan bidang Teknik Mesin, seperti penggunaan mesin khusus dan alat berat, pompa dan kompresor, operasi turbin dan gas pembangkit listrik.Topik pembahasan kerja praktek disesuaikan dengan persetujuan dan kesepakatan PT. PETROKIMIA GRESIK. Dalam kesempatan ini diajukan topic pembahasan kerja praktek yaitu :Pompa dan Kompresor, Bejana Tekan, maupun Heat Exchanger baik dari aspek penggunaannya, prinsip kerja maupun dalam hal perawatannya.

C. Tugas Khusus

Diikutsertakan dalam kegiatan maupun proyek yang dapat menambah pengetahuan mahasiwa yang disesuaikan dengan kebutuhan PT. PETROKIMIA GRESIK. Dalam hal ini, kami mengajukan diri untuk ditempatkan di bagian Well Service / Field Operation Maintenance yang sesuai dengan bidang ilmu kami yaitu Teknik Mesin.

VIII. WAKTU PELAKSANAAN

Waktu/tanggal : 31 Januari 2014 1 Maret 2014Tempat: PT. PETROKIMIA GRESIK Kebomas Gresik Jawa TimurAtau pada lokasi, waktu, dan objek pengamatan yang lain sesuai dengan kebijakan dari HRD PT. PETROKIMIA GRESIK.

IX. RENCANA JADWAL KERJA PRAKTEK

Mengingat banyak hal baru yang belum kami ketahui dan kepentingan penelitian serta pengamatan yang kami pandang cukup luas cakupannya, maka direncanakan kerja praktek akan berlangsung selama 1 bulan yang mana komposisi waktu dan materi yang akan di berikan selanjutnya diatur menurut kebijaksanaan dari pihakPT. PETROKIMIA GRESIK.Adapun rincian materi yang di harapkan adalah sebagai berikut:1. Pengenalan Perusahaan2. Studi Literatur3. Observasi Lingkungan dan Pengambilan Data4. Asistensi5. Pembuatan Laporan

No.KegiatanMinggu

1234

1Pengenalan Perusahaan

2Studi Literatur

3Observasi Lingkungan dan Pengambilan Data

4Asistensi

5Pembuatan Laporan

X. AKOMODASI DAN PERLENGKAPAN KERJA PRAKTEK

Ketentuan mengenai akomodasi, tunjangan, pemberangkatan, dan kedatangan mahasiswa serta kebutuhan mahasiswa selama kerja praktek, selanjutnya diatur sesuai kebijaks