proposal kids corner 2012

Download Proposal Kids Corner 2012

Post on 13-Jul-2015

126 views

Category:

Documents

6 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

`CORNER Kids Club cornercafeandresto@youthcorner.org cornercafeandresto.bkogspot.com phone: +62 8180 5570 169

Corner Kids Club Program 2012

Masa anak-anak adalah masa pertumbuhan dan masa belajar, masa yang sangat kritis untuk pembentukan karakter diri. Lingkungan dan orang-orang disekitar anak-anak merupakan komponen yang paling berpengaruh terhadap pembentukan karakter anak-anak. Untuk itulah diperlukan bimbingan dan pengawasan yang tepat untuk pembentukan karakter anak-anak dimasa-masa pertumbuhan tersebut. Apa itu Corner Kids Club? adalah Education Program untuk anak-anak tingkat TK & SD yang membentuk kemandirian, jiwa kepemimpinan, kreativitas, kepekaan terhadap lingkungan dan sesamanya, serta mengembangkan potensi diri anak. Bentuk program Corner Kids Club ini yaitu: 1. Menanam & memelihara tanaman di taman Mengajarkan kepedulian terhadap lingkungan, mengajarkan kesabaran, menumbuhkan rasa cinta terhada alam, menginformasikan pentingnya tanaman & pepohonan bagi kehidupan. Anak-anak diajarkan cara menanam benih tanaman, bagaimana merawatnya (menyiram & memberi pupuk secara berkala), termasuk menginformasikan maanfaat & pentingnya tumbuhtumbuhan bagi kehidupan. Yang nantinya, anak-anak akan diberikan benih tanaman untuk mereka rawat sendiri di rumah.

2. Memberi makan & merawat ikan-ikan di dalam akuariumMengajarkan kesabaran & kecintaan terhadap hewan. Memberikan keceriaan kepada anak-anak sambil mengajarkan memberi perhatian terhadap hewan peliharaan. Anak-anak akan diajarkan cara merawat ikan di dalam akuarium, bagaimana memberi makan ikan-ikan, bagaimana menghias akuarium, yang nantinya anak-anak dapat merawat ikan-ikan mereka sendiri di rumah.

3. Mendongeng & membaca cerita anak-anak yang inspiratif,sarat makna & pesan-pesan moril Anak-anak akan dibacakan 1 dongeng/cerita yang nantinya akan diadakan interaksi Tanya jawab dan meminta pendapat anak-anak mengenai dongeng/cerita yang dibacakan. Apabila anak-anak sudah bisa membaca, maka dongeng/cerita itu akan dibacakan/diceritakan oleh salah seorang anak, sehingga anak yang membacakan cerita ini dapat berbagi kisah dengan teman-temannya. Anak-anak juga akan diajak berjalan-jalan ke toko buku Togamas dan memperkenalkan beberapa buku-buku yang menarik agar

`CORNER Kids Club cornercafeandresto@youthcorner.org cornercafeandresto.bkogspot.com phone: +62 8180 5570 169

menggugah minat mereka akan kecintaan terhadap membaca buku.

4. Melukis/mewarnai gambar Anak-anak akan diajak berkeliling melihat-lihat koleksi lukisan di dalam museum lukisan sidik jari. Lalu member mereka kertas gambar agar mereka dapat berkreasi membuat lukisan atau mewarnai gambar mereka sendiri. Lukisan/gambar itu nantinya akan dipajang untuk mengapresiasi kreativitas mereka.

5. Performance showanak-anak tampil di open stage untuk ujuk bakat & kebolehan, seperti misalnya; menyanyi, menari, membaca puisi, memainkan alat musik, dan sebagainya. Disini selain melatih kreativitas, juga menumbuhkan keberanian tampil didepan umum. Sebelumnya, akan diadakan pelatihan singkat & gladi resik sebelum anak-anak ini tampil di panggung. 6. Belajar memasak makanan & minuman sehat Anak-anak akan diajak memasak makanan & membuat minuman sehat untuk kemudian disantap bersama-sama. Mengajakan anakanak bagaimana bekerjasama sembari belajar memasak didapur. 7. Membuat mainan & barang-barang kreativitas dari bahan daur ulang Anak-anak belajar mengasah kreativitasnya sambil bermain-main dalam membuat beberapa mainan & barang-barang lainnya dari bahan daur ulang. Di sesi ini akan ada cerita & berbagi pengetahuan mengenai sampah, daur ulang sampah dan dampaknya bagi lingkungan. Sehingga anak-anak tidak hanya belajar mengasah kreativitasnya semata, namun juga belajar mengurangi dan mendaur ulang sampah. 8. Andai aku menjadi....... Memperkenalkan suatu bidang profesi/pekerjaan tertentu dan memberikan penugasan-penugasan terhadap anak-anak sehingga mereka memperoleh pengalaman menjadi sosok dibidang bersangkutan, apabila memungkinkan akan dihadirkan seseorang yang berprofesi dibidang bersangkutan untuk dapat membagi pengalamannya secara langsung, misalnya: - Jurnalis, anak-anak akan diperkenalkan dengan sosok seorang wartawan untuk berbagi pengalaman & anak-anak akan diberi penugasan peliputan, pencarian berita, menulis berita, wawancara & reportase sehingga mereka dapat merasakan bagaimana rasanya menjadi jurnalis. Photographer, anak-anak akan bertemu & berbagi pengalaman dengan sosok fotografer, sekaligus memberi kesempatan kepada anak-anak untuk belajar beberapa teknik sederhana dalam memfoto.

`CORNER Kids Club cornercafeandresto@youthcorner.org cornercafeandresto.bkogspot.com phone: +62 8180 5570 169

Dll....... profesi yang diinginkan dapat dipilih dan nantinya program akan disesuaikan. 9. Outbound Games Beberapa permainan FUN games yang akan diadakan bersama anak-anak yaitu: - Si ekor gila hendak dijinakkan - Laju lintasan kelereng menyeberangi ngarai - Beberapa permainan tradisional Bali - Dsb nya.

Waktu Pelaksanaan Program Corner Kids Club diadakan setiap hari Minggu, mulai jam 9.00 am 11.am, atau dapat memilih hari sesuai dengan permintaan (berkelompok minimal 10 anak).

Tempat kegiatan Di dalam Museum Lukisan Sidik Jari, Jl. Hayam Wuruk 175, Denpasar. - Tempat sangat nyaman dan asri, dengan suasana taman & sentuhan arsitektural Bali. - Kegiatan pembaca & mendongeng bersama dikdukung dengan adanya taman bacaan anak-anak dari Kompas Muda Bali yang berada di dalam museum. Serta di sebelah museum terdapat toko buku Togamas. - Didalam museum terdapat Corner Cafe & Resto yang dapat menyediakan fasilitas untuk memasak bersama anak-anak & menjamin tersedianya makanan & minuman yang sehat untuk anak-anak.

Apa yang membuat program ini beda dari belajar di sekolah....?

Tempat berbeda & menunjang pelaksaan program. Suasana baru & berbeda. Anak-anak akan bertemu kawan-kawan baru. Harga sangat terjangkau dengan manfaat yang sangat besar untuk pembentukan karakter & perkembangan diri anak-anak. Program ini Fleksible dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan & waktu pelaksanaan.

Investasi program untuk setiap pertemuan/kegiatan adalah: - Harga normal Rp 95.000,- per anak - Harga khusus selama masa promo & meyambut tahun Baru 2012 harga menjadi Rp 37.000,- per anak - Untuk kegiatan berkelompok (minimal 10 anak), harga per anak Rp 27.000,- Harga untuk Paket Program (4 kali pertemuan) Rp 100.000,- per anak Pembayaran dilakukan di setiap awal program.

`CORNER Kids Club cornercafeandresto@youthcorner.org cornercafeandresto.bkogspot.com phone: +62 8180 5570 169

Saatnya memberikan pilihan yang terbaik untuk anak-anak agar mereka tumbuh & berkembang menjadi yang terbaik...

Salam hangat,

Lindia Palupi Corner Kids Club Corner Cafe & Resto Ph. +62 8180 5570 169

Foto Dokumentasi