proposal katapedia - pesta wirausaha tda 2012

16
PROPOSAL BISNIS KATAPEDIA, SOCIAL MEDIA MONITORING Sebuah software berbasis web (internet) yang bertujuan untuk memonitor dan menganalisa popularitas dan reputasi merek ataupun topik yang diberitakan dan diperbincangkan di semua media berita dan jaringan sosial yang tersedia secara online di wilayah Indonesia. KATAPEDIA INDONESIA Ruko ITC Depok no. 21 Jl. Margonda Raya, Depok Phone : 021 33133295 Fax : 021 7721 2596 Website : www.katapedia.com Email : [email protected] DITUJUKAN KEPADA Panitia Lomba Inovasi Bisnis Kreatif Pesta Wirausaha 2012 Komunitas TDA

Upload: deddy-rahman

Post on 30-Nov-2014

1.066 views

Category:

Business


6 download

DESCRIPTION

Sebuah software berbasis web (internet) yang bertujuan untuk memonitor dan menganalisa popularitas dan reputasi merek ataupun topik yang diberitakan dan diperbincangkan di semua media berita dan jaringan sosial yang tersedia secara online di wilayah Indonesia.

TRANSCRIPT

Page 1: Proposal Katapedia - Pesta Wirausaha TDA 2012

PROPOSAL BISNIS KATAPEDIA, SOCIAL MEDIA MONITORING

Sebuah software berbasis web (internet) yang bertujuan untuk memonitor dan menganalisa popularitas dan reputasi merek ataupun topik yang diberitakan dan diperbincangkan di semua media berita dan jaringan sosial yang tersedia secara online di wilayah Indonesia.

KATAPEDIA INDONESIA Ruko ITC Depok no. 21 Jl. Margonda Raya, Depok Phone : 021 33133295 Fax : 021 7721 2596 Website : www.katapedia.com Email : [email protected]

DITUJUKAN KEPADA

Panitia Lomba Inovasi Bisnis Kreatif

Pesta Wirausaha 2012 Komunitas TDA

Page 2: Proposal Katapedia - Pesta Wirausaha TDA 2012

Proposal Bisnis: KATAPEDIA, Social Media Monitoring 2

Perkembangan Social Media yang sangat cepat, serta jumlah penggunanya yang semakin tinggi disetiap tahunnya, membuat perusahaan/instansi/lembaga yang melayani masyarakat luas perlu memiliki akses yang tepat untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap merek/topik yang mereka miliki.

Katapedia menjadi salah satu solusi bagi peningkatan akses yang lebih cepat dan lebih luas terhadap persepsi yang terjadi dimasyarakat terkait dengan merek/topik tertentu. Katapedia memberikan pelayanan secara online untuk pemantauan sekaligus menganalisa persepsi yang berkembang di masyarakat terkait dengan merek/topik tertentu.

Katapedia merupakan bisnis dengan kategori Online Media Monitoring. Berbeda dengan Online Media Monitoring yang sudah ada sejak lama di Indonesia, Katapedia menyediakan layanan berita dan opini masyarakat yang bersumber dari internet, bukan dari media cetak yang diunduh (di-upload) ke website tertentu. Tetapi secara otomatis dan realtime mengambil berita dari seluruh website berita yang ada di Indonesia, untuk kemudian dilakukan analisis lanjut.

Ada 17 alat bantu analisa persepsi terhadap merek/topik yang terdapat di layanan Katapedia. Layanan ini memiliki manfaat utama untuk peningkatan nilai persepsi dari suatu merek/topik yang berdampak langsung dengan peningkatan nilai perusahaan/instansi/lembaga yang terkait dengan merek/topik tersebut.

Katapedia dirancang agar mudah dalam penggunaannya, dan tidak membutuhkan peralatan khusus untuk dapat memanfaatkannya semaksimal mungkin. Sehingga investasi yang dikeluarkan dapat dibuat seminimum mungkin dengan manfaat yang sebesar-besarnya bagi peningkatan nilai perusahaan/intansi/lembaga yang bersangkutan.

Akhir kata, Katapedia bercita-cita agar seluruh perusahaan/instansi/lembaga di Indonesia memiliki kepedulian yang tinggi terhadap peningkatan kualitas produk dan layanan mereka di masyarakat, sehingga akan tercipta lingkungan yang kondusif bagi perbaikan perekonomian bangsa, Insya Allah. Amin…

BAB 1 EXECUTIVE SUMMARY

Page 3: Proposal Katapedia - Pesta Wirausaha TDA 2012

Proposal Bisnis: KATAPEDIA, Social Media Monitoring 3

Katapedia adalah sebuah software berbasis web yang mampu mengambil data-data teks dari situs-situs yang telah ditentukan, baik situs media berita online, maupun situs social media. Lingkup sumber media online yang terdapat pada Katapedia terdiri dari: web portal, web TV, newspaper, magazines, forum, blog, facebook dan twitter. Ada sekitar 50 situs yang merupakan sumber data bagi Katapedia. Dan jumlah situs ini bisa ditambahkan sendiri oleh pengguna Katapedia sesuai dengan kebutuhannya.

Katapedia juga menyediakan alat bantu analisa terhadap data-data yang diperoleh dari media berita online dan social media. Alat bantu analisanya terdiri dari:

1. Mention Share Analysis Fitur ini menampilkan jumlah data (merek/topik) yang diperoleh dari sumber media yang terdapat pada Katapedia. Ditampilkan secara grafis dalam harian dan bulanan (30 hari terakhir).

2. Media Share Analysis Fitur ini menampilkan di media mana saja merek/topik terkait ditampilkan. Fitur ini menjadi alat bantu bagi Users untuk memutuskan media mana saja dianggap yang paling efektif dan efisien. Ditampilkan secara grafis dalam harian dan bulanan (30 hari terakhir).

3. Channel Share Analysis Fitur ini memperlihatkan kelompok media yang paling tepat bagi merek/topik terkait. Hasil analisa ini digunakan untuk menentukan jenis kelompok media atau jalur media (channel) yang paling tepat untuk merek/topik tertentu. Ditampilkan secara grafis dalam harian dan bulanan (30 hari terakhir).

4. Trend Share Analysis Fitur ini memperlihatkan secara rinci kemunculan merek/topik tertentu di semua media online di setiap harinya. Ditampilkan selama 30 hari

BAB 2 PRODUCT FEATURES

Page 4: Proposal Katapedia - Pesta Wirausaha TDA 2012

Proposal Bisnis: KATAPEDIA, Social Media Monitoring 4

terakhir dan dalam bentuk grafik yang mudah dipahami. Grafik trend dapat di-filter sesuai dengan merek/topik tertentu dan juga berdasarkan sentimennya.

5. Automatic Sentiment Analysis Fitur ini secara otomatis dapat menentukan sentiment dari sebuah pemberitaan dan percakapan yang terdapat di media berita dan media sosial terkait dengan merek/topik terkait. Ditampilkan dalam bentuk grafik dan tabel sehingga mudah untuk difahami.

6. Core Analysis Users dapat melakukan analisa perbandingan terhadap industri sejenis dalam hal kompetensi inti dari industri tersebut, misalnya perbandingan 2 perusahaan yang bergerak di industri telekomunikasi dengan membandingkan kompetensi intinya.

7. Content Analysis Fitur ini bermanfaat untuk merangkum begitu banyak percakapan di media social dan menampilkan secara cepat apa saja yang paling sering dan paling relevan dibicarakan terkait merek/topik tersebut. Ditampilkan dalam bentuk grafik dan tabel sehingga mudah dipahami.

8. Top Person Analysis Fitur ini untuk mengetahui siapa saja yang paling banyak membicarakan merek/topik tertentu di social media (facebook dan twitter). Orang-orang ini merupakan influencer bagi merek/topik tersebut. Ditampilkan dalam bentuk tabel dilengkapi dengan data-data pendukungnya.

9. Gender Analysis Fitur ini menampilkan jumlah orang-orang yang membicarakan merek/topik tertentu

Page 5: Proposal Katapedia - Pesta Wirausaha TDA 2012

Proposal Bisnis: KATAPEDIA, Social Media Monitoring 5

berdasarkan jenis kelaminnya. Ditampilkan dalam bentuk grafik harian dan bulanan (30 hari terakhir).

10. Top Location Analysis Fitur ini dengan mudah memperlihatkan di lokasi (kota) mana saja orang-orang yang membicarakan merek/topik tertentu berada. Ditampilkan dalam bentuk tabel dan peta lokasi.

11. Social Share Index (SSI) Fitur ini memberikan penilaian terhadap merek/topik tertentu dibandingkan dengan industri sejenis berdasarkan jumlah pembicaraan dan sentiment (positif, negative, netral) terhadap merek atau topik tersebut. Fitur ini adalah fitur unik yang hanya dimiliki Katapedia.

Selain 11 alat bantu analisis diatas, Katapedia juga menyediakan 6 tools tambahan berupa:

A. Engagement Tools, fitur ini berguna untuk berhubungan dengan orang-orang yang membicarakan merek/topik tertentu.

B. Search Filtering, fitur ini berguna untuk melakukan analisis lanjut tanpa dibatasi durasi waktu dari grafik yang tersedia, harian dan bulanan. Juga tanpa dibatasi oleh jenis media dan sentiment yang ada.

C. Media Archives, fitur ini berguna untuk mengetahui data-data yang telah tersimpan di server Katapedia, dan dapat digunakan bersamaan dengan fitur Search Filtering.

D. Additional Media, fitur ini berguna untuk menambahkan situs-situs berita baru yang belum tersedia di Katapedia. Beberapa situs berita yang sudah tersedia di Katapedia, yaitu: kompas.com, republika.com, antaranews.com, detik.com, dsb.

E. Automatic Reporting, fitur ini berguna untuk menampilkan report otomatis. Ada tersedia 3 jenis report otomatis: Harian, Mingguan, dan Bulanan.

F. Daily Dashboard, fitur ini berguna untuk menampilkan data-data terbaru di setiap harinya terkait dengan merek/topik tertentu.

Page 6: Proposal Katapedia - Pesta Wirausaha TDA 2012

Proposal Bisnis: KATAPEDIA, Social Media Monitoring 6

Secara umum, Katapedia memiliki 5 manfaat yang akan didapatkan dari proses pemantauan merek/topik di social media, antara lain:

1. Manajemen Krisis Katapedia setiap 10 menit memberikan informasi terkait dengan merek tertentu sehingga bila ada hal yang krusial terjadi di masyarakat terkait dengan merek tersebut maka pihak manajemen, selaku pemilik merek, bisa mempersiapkan strategi penanganan masalah secara dini, sebelum masalah tersebut terlanjur tidak dapat dikendalikan.

2. Mengindentifikasi Influencer Selain isi pembicaraan di social media, Katapedia juga menyediakan data-data penting lainnya yakni, siapa saja yang membicarakannya, kata-kata apa yang paling banyak dibicarakan, dan dimana lokasi orang-orang tersebut. Orang-orang yang paling banyak membicarakan merek tertentu adalah influencer bagi merek tersebut. Sehingga menjadi penting penanganan influencer yang lebih baik.

3. Membangun hubungan dengan media, pelanggan, dan masyarakat. Katapedia memungkinkan untuk bagian customer services, marketing, sales, public relation, untuk bisa selalu berhubungan dengan pihak-pihak yang membicarakan merek tertentu. Usaha untuk membangun hubungan ini dapat berdampak positif bagi nilai merek dimasa mendatang.

4. Umpan balik kreatif Katapedia juga memungkinkan bagi pemilik merek untuk memberikan umpan balik kreatif kepada orang-orang yang banyak membicarakan merek tertentu di social media. Umpan balik yang kreatif dan tulus akan memberikan dampak luar biasa bagi peningkatan nilai merek tersebut.

5. Pemantauan Kompetitif Katapedia tidak hanya memantau dan menganalisa merek/topik milik Users, tapi juga mampu memantau dan menganalisa merek/topik milik Kompetitor. Dan ini menjadi alat bantu bagi pihak manajemen untuk mengevaluasi strategi kompetisi sebelumnya dan mempersiapkan strategi yang lebih baik lagi untuk masa mendatang.

BAB 3 PRODUCT BENEFITS

Page 7: Proposal Katapedia - Pesta Wirausaha TDA 2012

Proposal Bisnis: KATAPEDIA, Social Media Monitoring 7

Keseluruhan manfaat diatas memiliki satu tujuan utama yakni meningkatkan nilai, reputasi, popularitas, dan persepsi suatu merek. Peningkatan ini sangat berguna bagi perusahaan / lembaga / institusi yang terkait dengan merek tersebut.

Secara khusus, Katapedia memiliki beberapa kelebihan utama yang tidak dimiliki oleh aplikasi serupa, yakni:

Fitur Automatic Sentiment Analysis mengolah kata dan kalimat dalam bahasa Indonesia. Ini berbeda dengan aplikasi serupa yang berasal dari luar Indonesia, yang umumnya hanya mengandalkan satu jenis bahasa, yakni English.

Fitur Automatic Sentiment Analysis menggunakan metode Naïve Bayes Classifier dan Artificial Intelligent (AI) Neural Networks. Sehingga aplikasi dapat belajar sendiri untuk memperbaiki kemampuannya dalam hal peningkatan nilai akurasi sentimen-nya.

Penentuan keywords, sebagai dasar pengambilan data ke seluruh media online yang telah ditentukan, dibuat sesederhana mungkin untuk memudahkan Users mengimplementasikan Katapedia. Users tidak direpotkan dengan mendefenisikan apa yang disebut dengan parameter negatif dan parameter positif untuk memperoleh nilai sentiment secara otomatis. Katapedia yang melakukan hal tersebut.

Fitur Content Analysis merupakan fitur khas Katapedia, karena belum pernah ada fitur serupa di aplikasi serupa manapun. Fitur ini memberikan analisa yang mendalam (insights) terhadap hal-hal penting yang terkait dengan suatu merek.

Fitur Social Share Analysis (SSI) merupakan fitur khas Katapedia. Fitur ini memanfaatkan nilai sentiment dari suatu merek untuk mengetahui tingkat reputasi dari merek tersebut.

Page 8: Proposal Katapedia - Pesta Wirausaha TDA 2012

Proposal Bisnis: KATAPEDIA, Social Media Monitoring 8

Katapedia merupakan layanan software berbasis web (software as a services) sehingga Users tidak membutuhkan sistem yang rumit untuk bisa mengimplementasikan aplikasi ini. Beberapa kebutuhan system yang disarankan adalah sebagai berikut:

1. Aplikasi Katapedia.com diakses melalui browser yang memiliki fasilitas flash reader. Browser yang disarankan adalah Google Chrome dan Mozilla Firefox edisi terakhir.

2. PC/Laptop untuk mengakses Katapedia.com memiliki memory minimal 1GB.

3. Akses internet yang cukup baik, bandwidth minimal diatas 300 kbps.

BAB 4 SYSTEM REQUIREMENTS

Page 9: Proposal Katapedia - Pesta Wirausaha TDA 2012

Proposal Bisnis: KATAPEDIA, Social Media Monitoring 9

Tahap Pertama

Klien yang menggunakan Katapedia mendaftarkan kepada tim Katapedia berkaitan dengan brand product yang akan dilakukan monitoring dan analisis. Klien kemudian akan mendaftarkan di www.katapedia.com dengan username dan password yang ditentukan oleh klien sendiri. Tim Katapedia dan klien akan membahas mengenai 10 macam keywords yang standar yang ditawarkan oleh Katapedia. Apabila ada keinginan penambahan keywords akan dibicarakan lebih lanjut.

Tahap Kedua

Tim Katapedia akan memverifikasi username dan password klien. Kemudian tim Katapedia akan bekerja untuk memberikan benefit-benefit fitur Katapedia bagi brand product yang didaftarkan.

Tahap Ketiga

Selanjutnya Users dapat mengakses menu-menu yang ada pada www.katapedia.com dengan pilihan menu sebagai berikut:

1. Home, menu ini merupakan Daily Dashboard bagi brand/topik yang sedang dipantau. Menu ini ter-update setiap 10 menit untuk social media dan 20 menit untuk media berita online.

2. Media Monitoring, menu ini merupakan data hasil perolehan engine Katapedia terkait dengan brand/topik tertentu yang ter-update secara harian.

3. Mention Analysis, menu ini terdiri dari hasil analisa untuk Mention Analysis, Trend Analysis, dan Sentiment Analysis untuk media-media berita online.

4. Media Share Analysis, menu ini terdiri dari Media Share Analysis, Trend Analysis, dan Channel Share Analysis untuk media-media berita online.

5. Social Media Analysis, menu ini terdiri dari analisis-analisis yang terkait dengan social media: mention analysis, trend analysis, sentiment analysis, content analysis, top person analysis, top location analysis, dan gender analysis.

6. Social Share Index, menu ini terdiri dari hasil analisis social share index (SSI) terhadap brand/topik yang sedang dipantau.

7. Setting, menu ini terdiri dari fasilitas untuk mengatur akses dan fitur-fitur yang terdapat pada Katapedia.

BAB 5 SYSTEM WORKFLOW

Page 10: Proposal Katapedia - Pesta Wirausaha TDA 2012

Proposal Bisnis: KATAPEDIA, Social Media Monitoring 10

SERVICES

Katapedia memberikan pelayanan sebagai berikut:

1. Setup Sistem, Tim Katapedia akan membantu Users untuk men-settting konfigurasi aplikasi Katapedia.com sehinga Users dapat menggunakan layanan situs www.katapedia.com secara mudah.

2. Training Penggunaan Aplikasi, Tim Katapedia akan memberikan training kepada Users, sehingga Users dapat memanfaatkan aplikasi Katapedia.

3. Full Features, Users dapat menggunakan seluruh fitur yang ada pada aplikasi Katapedia, tanpa terkecuali.

4. Upgrading Features, Users dapat menggunakan fitur-fitur terbaru yang akan dikembangkan oleh tim Developer Katapedia di masa mendatang.

5. Technical Support via Email, Users dapat menghubungi Tim Katapedia kapan saja untuk berkonsultasi tentang penggunaan aplikasi Katapedia melalui media email.

6. Unlimited Data Access, Data yang diperoleh dari hasil aplikasi Katapedia tidak akan dibatasi jumlahnya.

7. Unlimited Data Storage, Data yang diperoleh dari hasil aplikasi Katapedia akan disimpan di server Katapedia tanpa dibatasi kapasitasnya, selama menggunakan Katapedia.

8. Additional Media, Users dapat menambahkan situs-situs berita yang baru ke dalam aplikasi Katapedia sesuai dengan kebutuhannya.

9. Akurasi Data dan Sentimennya, Tim Katapedia akan melakukan penanganan khusus terhadap data-data hasil aplikasi Katapedia sehingga Users dapat menerima data dan sentiment dari data tersebut dengan akurasi 95% (5% human errors)

10. Reliable Server, Tim Katapedia memastikan aplikasi Katapedia dapat bekerja setiap saat tanpa henti, 24 jam sehari 7 hari sepekan.

BAB 6 SERVICES

Page 11: Proposal Katapedia - Pesta Wirausaha TDA 2012

Proposal Bisnis: KATAPEDIA, Social Media Monitoring 11

Setelah banyak melakukan presentasi di berbagai perusahaan besar di Indonesia, bahkan di lembaga politik, Katapedia berencana menambahkan fitur layanan terbaru yang sangat bermanfaat untuk mengelola opini masyarakat di social media yang terkait dengan brand/topik tertentu. Kami menyebut fasilitas ini sebagai Customer Relation Management (CRM).

CRM Katapedia yang akan dibangun memiliki fitur-fitur berikut:

1. Social Media based on Department Fitur ini berfungsi untuk mengumpulkan dan menseleksi data-data dari Social Media (Facebook dan Twitter) berdasarkan kebutuhan dari masing-masing Departemen yang ada di perusahaan pengguna Katapedia tersebut. Ini sangat berguna untuk perusahaan yang memiliki banyak departemen yang membutuhkan data-data persepsi masyarakat terkait dengan produk dan layanan department tersebut.

2. Social Media based on Location Fitur ini berfungsi untuk mengumpulkan dan menseleksi data-data dari Social Media (Facebook dan Twitter) berdasarkan lokasi (kota) dari si pemilik akun social media tersebut. Sehingga pengguna Katapedia untuk di kota tertentu bisa menerma data-data persepsi social media yang berasal dari kota yang mereka tentukan saja, untuk ditindaklanjuti secara lokal. Fitur ini sangat berguna untuk perusahaan/instansi yang memiliki banyak cabang di berbagai kota di Indonesia.

3. Social Media based on Topics Fitur ini berfungsi untuk mengumpulkan dan menseleksi data-data dari social media (facebook dan twitter) berdasarkan topik-topik tertentu. Fitur ini sangat berguna bagi tim PR yang memiliki banyak cabang di berbagai kota di Indonesia dengan topik-topik kehumasan yang beragam.

4. Social Media Engagement Process Fitur ini berfungsi untuk menindaklanjuti data-data persepsi social media (facebook dan twitter) yang diperoleh berdasarkan berbagai jenis penseleksian (departemen, kota, dan topik). Fitur ini memungkinkan untuk tim Customer Services untuk bekerja secara simultan untuk mengelola data-data social media yang diterima. Fitur ini menyediakan fasilitas yang dapat dikerjakan secara bersamaan oleh tim CS dengan jumlah staf tanpa batas.

BAB 7 NEXT PRODUCT DEVELOPMENT

Page 12: Proposal Katapedia - Pesta Wirausaha TDA 2012

Proposal Bisnis: KATAPEDIA, Social Media Monitoring 12

5. Social Media with Email Notifications. Fitur ini memungkinkan setiap data-data persepsi social media (facebook dan twitter) di terima secara realtime oleh pengguna Katapedia, terutama para staf Customer Services, melalui fasilitas Email. Fitur ini dibutuhkan agar kecepatan respon dari tim CS bisa disesuaikan dengan standar kinerja perusahaan tersebut, tanpa harus selalu login ke website Katapedia.

6. Social Media ROI (Return Of Investment) Fitur ini memungkinkan bagi perusahaan untuk menghitung dan mengukur ROI dari usaha kampanye (campaign) produk dan layanannya di Social Media. Fitur ini berguna untuk mengetahui mana usaha marketing digital yang berhasil dan mana yang kurang berhasil. Fitur ini menjadi alat bantu bagi manajemen untuk memutuskan strategi marketing digital di masa depan.

7. Social Media KPI (Key Performance Indicators) & Reporting Fitur ini berguna untuk mengukur seluruh tim kerja di perusahaan yang bertugas dan bertanggung jawab atas pengelolaan persepsi pengguna social media terhadap kinerja perusahaan. Pengaturan KPI dibuat se-fleksibel dan secermat mungkin untuk dapat mengikuti standar KPI yang berlaku di perusahaan tersebut. Fitur ini menyediakan proses reporting otomatis untuk disampaikan kepada pihak manajemen dengan format standard PDF agar report yang dihasilkan benar-benar merupakan representasi hasil kerja yang sesungguhnya.

Page 13: Proposal Katapedia - Pesta Wirausaha TDA 2012

Proposal Bisnis: KATAPEDIA, Social Media Monitoring 13

Laporan Laba Rugi 2011 Pemasukan Nilai (Rp) Modal Investor 269,308,000 Trial Clients 30,000,000 Total Pemasukan 299,308,000 Pengeluaran Nilai (Rp) Pengembangan Katapedia 1.0 104,436,000 Pengembangan Katapedia 2.0 29,000,000 Gaji Manajemen & Staf 120,500,000 Operational Server 11,742,000 Alat Kerja 5,850,000 Tools Marketing 17,780,000 Total Pengeluaran 289,308,000

Laba (Rugi) 10,000,000

BAB 8 FINANCIAL ASPECT

Page 14: Proposal Katapedia - Pesta Wirausaha TDA 2012

Proposal Bisnis: KATAPEDIA, Social Media Monitoring 14

Proyeksi Arus Kas 2012 (6 Bulan) Pemasukan January February March April May June Clients:

PAN 100,000,000 LSI (Denny JA) 100,000,000 Proximitry 100,000,000 SmartFren 100,000,000 AXIS 100,000,000 Indosat 100,000,000 XL Axiata 100,000,000 BRI Syariah 100,000,000 BRI 100,000,000 BNI Syariah 100,000,000 BNI 100,000,000 FIF 100,000,000 OCBC NISP 100,000,000 Bank Permata 100,000,000 Angkasa Pura 1 100,000,000 Nexian 100,000,000 Acer Indonesia 100,000,000

Total Pemasukan 300,000,000 300,000,000 300,000,000 400,000,000 400,000,000 Pengeluaran January February March April May June Sales Fee (20%) 60,000,000 60,000,000 60,000,000 80,000,000 80,000,000 Gaji Manajemen & Staff 20,000,000 25,000,000 25,000,000 25,000,000 25,000,000 25,000,000 Operational Server 5,000,000 5,000,000 5,000,000 10,000,000 10,000,000 10,000,000 Bahan dan Alat Kerja 5,000,000 5,000,000 5,000,000 5,000,000 5,000,000 5,000,000 Biaya Marketing 5,000,000 5,000,000 5,000,000 5,000,000 5,000,000 5,000,000 Biaya Operasional Kantor 1,000,000 5,000,000 5,000,000 5,000,000 5,000,000 5,000,000 Biaya Pengembangan S/W 20,000,000 5,000,000 5,000,000 5,000,000 5,000,000 5,000,000 Lainnya (10%) 5,600,000 11,000,000 11,000,000 11,500,000 13,500,000 13,500,000 Total Pengeluaran 61,600,000 121,000,000 121,000,000 126,500,000 148,500,000 148,500,000 Laba (Rugi) (61,600,000) 179,000,000 179,000,000 173,500,000 251,500,000 251,500,000 Arus Kas Kumulatif (51,600,000) 127,400,000 306,400,000 479,900,000 731,400,000 982,900,000

Page 15: Proposal Katapedia - Pesta Wirausaha TDA 2012

Proposal Bisnis: KATAPEDIA, Social Media Monitoring 15

Katapedia lahir dari ide seorang calon pebisnis yang 14 tahun bekerja sebagai profesional IT (information Technology), yakni Deddy Rahman, sarjana Teknik Fisika ITB. Katapedia diimplementasikan oleh 4 orang sarjana Teknik Informatika ITB yang bekerja untuk Deddy Rahman. Pengembangan awal Katapedia di danai oleh Muhaimin Iqbal, pemilik GeraiDinar.com.

Katapedia mulai dikembangkan sejak akhir Januari 2011 sampai dengan akhir September 2011. Dan siap dipasarkan mulai awal Oktober 2011. Pemasarannya dipimpin langsung oleh Deddy Rahman, selaku pendiri Katapedia.

Tahun 2011 adalah tahun pengembangan awal bagi produk dan layanan Katapedia. dan Tahun 2012 akan menjadi tahun pemasaran bagi Katapedia. Katapedia akan bekerjasam dengan banyak Digital Marketing Agency untuk menjadi mitra pemasaran Katapedia. Para Agency ini yang akan menjadi ujung tombak pemasaran Katapedia. Sehingga Katapedia bisa lebih focus untuk mengembang produk dan layanan yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan calon perusahaan di Indonesia.

Tim Katapedia

Kontak Katapedia: Deddy Rahman HP: 085710777636 [email protected]

BAB 9 ABOUT US

PT Ocentrum Indonesia Mitra Pemasaran Katapedia

Deddy Rahman CEO Katapedia

Sofware Development Lastiko, Ridwan, Lukman, Ivan

Account Officer Erning Mayudha

Admin Server Dhanank Perdana

Admin Officer Nissa Novriska

Page 16: Proposal Katapedia - Pesta Wirausaha TDA 2012

Proposal Bisnis: KATAPEDIA, Social Media Monitoring 16

Beberapa klien dan mitra Katapedia:

1. Partai Amanat Nasional Partai ini menggunakan Katapedia untuk mengukur kinerja dan persepsi masyarakat terhadap tokoh partai tersebut dan kader partai yang menjadi eksekutif (menteri) dan legislatif (ketua/wakil komisi DPR)

2. PT Zahir Internasional Zahir menggunakan Katapedia untuk memantau persaingan bisnis software akuntansi serta memonitor kemungkinan terjadinya pembajakan terhadap software zahir.

3. PT Ocentrum Indonesia Ocentrum menggunakan Katapedia untuk memantau hasil kampanye marketing mereka terhadap merek-merek yang menjadi klien mereka.

4. Majalah GATRA Gatra menggunakan Katapedia untuk mengetahui isu-isu nasional yang juga dibicarakan oleh media-media pemberitaan dan perbincangan di social media.

5. BenWarg Consulting BenWarg adalah konsultan bisnis waralaba, mereka menggunakan Katapedia untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap merek-merek yang menjadi klien mereka atau calon klien mereka.

BAB 10 OUR CLIENTS & PARTNERS