proker bem 2011'2012

Upload: rizal-undityo-r

Post on 02-Mar-2016

136 views

Category:

Documents


0 download

TRANSCRIPT

KELUARGA BESAR MAHASISWA TEKNIKBADAN EKSEKUTIF MAHASISWA TEKNIKUNIVERSITAS BRAWIJAYA Jl. M T Haryono 167. Psw. 273 [email protected]

Kunjungan BEM Fakultas Universitas Brawijayaoleh BEM TEKNIK

a. LATAR BELAKANGPeran kelembagaan kemahasiswaan menjadi wadah untuk meningkatkan kemampuan diri mahasiswa dan menjadi lokomotif pergerakan serta pengkaderan yang sangat efektif. Sejarah bangsa Indonesia telah mencatat salah satu tonggak perjuangan kemerdekaan Indonesia adalah melalui organisasi kemahasiswaan.Tetapi didalam organisasi kemahasiswaan tersebut perlu adanya suatu koordinasi yang dapat digunakan untuk menyalurkan aspirasi-aspirasi pemikiran dan juga gagasan dari berbagai pihak untuk menambah kemajuan dan keselarasan dalam proses tersebut. Selain itu kunjungan ini dapat mempererat tali silaturahmi antar BEM FAKUTAS di Universitas Brawijaya.Melihat besarnya potensi adanya kunjungan maka dari itu Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Brawijaya mengadakan Kunjungan BEM FAKULTAS UNIVERSITAS BRAWIJAYA oleh BEM TEKNIK yang disesuaikan dengan progam kerja BEM Teknik 2011/2012.

MAKSUD DAN TUJUAN KEGIATAN1. Meningkatkan koordinasi antar BEM Fakultas di Universitas Brawijaya.2. Mempererat tali silaturahmi antar BEM Fakultas di Universitas Brawijaya.

NAMA KEGIATANKunjungan BEM Fakultas Universitas Brawijaya oleh BEM TEKNIK

BENTUK KEGIATANKunjungan dan Sharing

WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN Hari / Tanggal: Januari s/d Mei Tempat : di setiap Fakultas Universitas Brawijaya Waktu: 3 kunjungan/bulan

SASARAN KEGIATANSebagai sasaran dalam kegiatan ini adalah BEM Fakultas di Universitas Brawijaya.

ESTIMASI BIAYARp. 1.500.000,00

SEKOLAH RAKYAT

LATAR BELAKANGMenjadikan bermanfaat bagi orang lain merupakan wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena telah mengamalkan potensi yang telah diberikan oleh Tuhan bagi orang lain. Untuk menyalurkan potensi yang beragam diperlukan kegiatan yang dapat mendukung hal tersebut. Untuk itu SEKOLAH RAKYAT diselenggarakan sebagai salah satu bentuk perwujudan untuk menyalurkan potensi yang ada bagi mahasiswa Fakultas Teknik. Dalam pengertiannya secara mendalam kegiatan ini mendefinisikan bahwasanya pendidikan adalah bentuk amal nyata setiap manusia apa dan bagaimanapun latar belakangnya.Pendidikan bukan hanya merupakan amal individual maupun sosial. Pendidikan juga merupakan sebuah amal spiritual yang erat kaitannya dengan ibadah kepada Tuhan yang Maha Esa. Dengan demikian bila dianalogikan bahwa simbol pendidikan adalah belajar atau sekolah maka siswa yang belajar di sekolah adalah ibadah, orang tua yang menyuruh anaknya sekolah, guru yang mengajar di sekolah, masyarakat yang mendukung berdirinya sekolah, ataupun lembaga atau institusi yang dengan keringanan dan kelapangan hati mengusahakan atau membantu berdirinya sebuah sekolah merupakan amal ibadah, yang dengan izinNya akan mendapatkan berkah dan balasan langsung dariNya.

MAKSUD DAN TUJUAN KEGIATANSEKOLAH RAKYAT 2012 dilaksanakan dengan tujuan sebagai berikut: Sebagai bentuk pengabdian pada masyarakat sesuai dengan Tri Darma Mengamalkan disiplin ilmu yang telah diperoleh dari Universitas kepada masyarakat yang kurang mampu dalam segi ekonomi.

NAMA KEGIATAN SEKOLAH RAKYAT 2012

BENTUK KEGIATAN1. Kelas belajar selama 1 bulan.2. Dalam 1 Bulan terdapat 8 kali pertemuan yang mana setiap minggunya diadakan 2 kali pertemuan yakni setiap hari jumat dan sabtu.3. Kelas dilaksanakan pada pukul 18.00 wib setiap pertumuannya.

WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAANKegiatan SEKOLAH RAKYAT 2012 dilaksanakan pada bulan maret 2012. Tempat pelaksanaannya adalah di panti asuhan.

SASARAN KEGIATANSasaran Kegiatan SEKOLAH RAKYAT 2012 adalah anak-anak panti asuhan di Malang.

ESTIMASI BIAYARp. 5.000.000,00

JOB FAIR

LATAR BELAKANGUniversitas Brawijaya, khususnya Fakultas Teknik diharapkan dapat membantu mengupayakan peningkatan keterserapan bagi lulusan memasuki dunia kerja, selain itu juga memberikan informasi informasi berbagai peluang kerja agar dapat diakses bagi lulusan Universitas Brawijaya maupun perguruan tinggi lainnya. Salah satu upaya yang dilakukan dengan cara menyelenggarakan Job Fair melalui UNIVERSITAS BRAWIJAYA CAREER EXPO I yang merupakan ajang untuk membantu dan memfasilitasi bagi lulusan dari Universitas Brawijaya yang baru wisuda dan yang belum mendapatkan pekerjaan serta lulusan dari perguruan tinggi lainnya di wilayah Malang dan Sekitarnya.

MAKSUD DAN TUJUAN KEGIATANMempertemukan perusahaan sebagai penyedia lapangan kerja dengan para lulusan perguruan tinggi dan para lulusan SMK/SMA sebagai pencari kerja. Tersedianya bursa kerja bagi para lulusan FT-UB khususnya, lulusan perguruan tinggi dan SMK/SMA pada umumnya. Tersalurnya lulusan UB ke dunia kerja dalam waktu yang pendek. Perusahaan bisa melakukan proses rekrutmen secara langsung (psikotest, interview). Pelamar bisa mengetahui secara langsung profil perusahaan dan lowongan kerja yang ditawarkan. Pihak perusahaan dan pelamar bisa berinteraksi secara langsung. Sebagai jembatan untuk meningkatkan kemitraan antara perusahaan sebagai penyedia lapangan kerja dengan Perguruan Tinggi sebagai penyedia SDM.

NAMA KEGIATANUNIVERSITAS BRAWIJAYA CAREER EXPO I

BENTUK KEGIATANAcara UNIVERSITAS BRAWIJAYA CAREER EXPO I yang diselenggarakan meliputi beberapa kegiatan antara lain :a. Penerimaan Curricullum Vitae (CV)b. Walk In Interviewc. Presentasi bagi Perusahaan Pesertad. Psikotest

WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAANHari/Tanggal: Maret 2012Waktu: WIBTempat: Universitas Brawijaya

SASARAN KEGIATANSASARAN PENGUNJUNGSasaran pengunjung kegiatan UNIVERSITAS BRAWIJAYA CAREER EXPO I diharapkan diikuti oleh :a. Fresh Graduate dari UNIVERSITAS BRAWIJAYA dan universitas / Perguruan tinggi lainnyab. Berpengalaman dan ingin peningkatan karierTARGET PENGUNJUNGTarget pengunjung kegiatan UNIVERSITAS BRAWIJAYA CAREER EXPO I akan diikuti kurang lebih 4000 pencari kerja potensial dari lulusan SMA / SMK sederajat sampai Strata 2.TARGET PESERTATarget peserta yang akan mengikuti kegiatan UNIVERSITAS BRAWIJAYA CAREER EXPO I direncanakan kurang lebih sejumlah 30 ( Tiga Puluh ) perusahaan ternama di Indonesia baik yang berskala lokal dan nasional.

ESTIMASI BIAYARp. 55.000.000,00

STUDI EKSKURSI

LATAR BELAKANGPerguruan tinggi merupakan salah satu wadah yang berfungsi sebagai pusat pengembangan dan penelitian ilmu pengetahuan dan teknologi. Peranan dunia pendidikan yang utama disamping pengembangan ilmu, adalah sebagai tempat mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas yaitu mahasiswa. Mahasiswa menjadi unsur penting dalam kehidupan berbangsa dan bermasyarakat. Oleh karena itu mahasiswa dipersiapkan menjadi pribadi berkualitas yang baik agar mampu melaksanakan tanggung jawab tersebut terutama dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Mahasiswa diharapkan nantinya dapat terjun ke dalam masyarakat dengan kemampuan untuk mengaplikasikan segala keilmuan yang diterimanya selama belajar di perguruan tinggi.Berdasarkan pada program kerja Komisi Eksternal BEM Teknik 2011-2012 melalui BEM Teknik Universitas Brawijaya (BEM FTUB) sebagai salah satu elemen civitas akademika mempunyai tanggung jawab untuk memberikan bekal kepada rekan-rekan mahasiswa dalam bidang ke-teknik-an yang mencakup studi tentang akademis, kelembagaan, dan pengembangan kreatifitas mahasiswa. Salah satu bentuk pembekalan tersebut adalah dengan mengadakan kegiatan ilmiah Studi Ekskursi.Secara singkat Studi Ekskursi adalah proses pembelajaran melalui kegiatan observasi atau pengamatan langsung yang aplikatif serta dengan media berbeda dengan kondisi perkuliahan. Pengadaan Studi Ekskursi ini juga bertujuan agar wacana-wacana positif yang didapatkan selama mengikuti Studi Ekskursi nantinya dapat diadopsi untuk menjadi bekal bagi mahasiswa FT-UB dalam menghadapi perkuliahan selanjutnya, menjalankan kehidupan berlembaga dan berorganisasi, serta dapat juga menjadi bekal dalam mengembangkan bakat dan kreatifitas mahasiswa.

MAKSUD DAN TUJUAN KEGIATANMaksud dari kegiatan ini adalah : Menambah wawasan akademis sebagai bekal pelaksanaan perkuliahan khususnya dalam bidang ke-teknik-an sesuai dengan jurusan masing-masing. Menambah wawasan mengenai kelembagaan kemahasiswaan di tingkat Fakultas. Menambah wawasan mengenai pengembangan bakat dan kreativitas mahasiswa. Meningkatkan hubungan kerjasama dengan pihak-pihak diluar Fakultas Teknik Universitas Brawijaya yang berkaitan dengan keilmuan Teknik.

Manfaat Bagi Mahasiswa :1. Mendapat bekal wawasan akademis, kelembagaan, serta tentang pengembangan bakat dan kreativitas.2. Memberikan pengalaman baru bagi para mahasiswa FT-UB melalui pengamatan langsung terkait dengan keilmuan teknik.3. Meningkatkan kerjasama dengan instansi pemerintah, lembaga swadaya masyarakat dan kaum akademisi yang ada di lokasi terkait.

Manfaat Bagi Institusi :1. Sebagai bahan evaluasi dan pertimbangan bagi kelembagaan di Fakultas Teknik agar menjadi lebih baik.2. Meningkatkan kerja sama antara pihak institusi dengan akademisi.

NAMA KEGIATANNama kegiatan ini adalah STUDI EKSKURSI 2012 KELUARGA BESAR MAHASISWA TEKNIK UNIVERSITAS BRAWIJAYA.

BENTUK KEGIATANa) Seminar PlenoKegiatan ini bertujuan untuk menggali wacana dan gambaran mengenai kondisi perkuliahan (akademis) dan kelembagaan dari Fakultas Teknik Universitas Gajah Mada.b) Ramah TamahKegiatan ramah tamah bertujuan untuk menambah hubungan baik antara mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Brawijaya dengan mahasiswa Fakultas Teknik dari Universitas lain.

WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAANHari/Tanggal: April 2012Waktu: WIBTempat: Universitas Indonesia dan Institut Teknologi Bandung

SASARAN KEGIATANAdapun peserta kegiatan ini adalah mahasiswa aktif perwakilan lembaga (baik di tataran fakultas maupun jurusan) dan mahasiswa aktif non lembaga Fakultas Teknik Universitas Brawijaya.

ESTIMASI BIAYARp. 80.000.000,00

ENGINEER CHARITY DAY

LATAR BELAKANGPerguruan tinggi sebagai salah satu sub sistem pendidikan nasional yang saling berkaitan dengan sub sistem lainnya baik di dalam maupun di luar sistem pendidikan memiliki peran yang sangat besar. Hakikat kehadiran perguruan tinggi terjabarkan dalam tridharma perguruan tinggi, yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Dalam memajukan kehidupan bangsa sangat penting membangun motivasi yang kondusif dalam rangka meningkatkan nilai-nilai suatu potensi yg terpendam di wilayah tertentu, tapi perlu disadari bahwa semua bentuk penanaman harus tetap berorientasi pada masyarakat dan kultur-sosial yang aktual berlaku dalam masyarakat tersebut agar tidak meyalahinya.Sebagian besar penduduk di Indonesia merupakan masyarakat menengah ke bawah, seperti daerah-daerah terpencil, daerah tertinggal, daerah pinggiran dalam kota pun. Hal ini menyebabkan potensi-potensi anak bangsa yang ada di Bumi Pertiwi ini mengalami pertumbuhan ekonomi yg lambat di karenakan masih banyaknya kesenjangan sosial antar penduduk menengah ke atas dan penduduk menengah ke bawah sehingga belum bisa dieksplorasi secara optimal ke dunia luar karena kondisi kita yg bias di katakan belum siap untuk melakukannya yang merupakan pekerjaan rumah yang harus benar-benar segera diatasi. Untuk itu diperlukan diadakannya Engineers Charity Day ini agar dapat sedikit membantu atas proses pembangunan di Indonesia dengan cara memotivasi penduduk menengah ke bawah agar ikut serta berpartisipasi dalam memajukan SDM kita agar dapat bersaing dengan negara-negara maju dan berkembang yang sedang menanti-nantikan kehadiran kita.

MAKSUD DAN TUJUAN KEGIATANEngineers Charity Day 2012 dilaksanakan dengan tujuan sebagai berikut: 1. Mewujudkan salah satu dari tri dharma perguruan tinggi, yaitu pengabdian masyarakat.1. Memotivasi saudara-saudara kita yang termasuk dalam taraf menengah ke bawah agar tumbuh kembali semangatnya dalam mencapai cita-cita.1. Membantu masyarakat menengah ke bawah yang membutuhkan bantuan dalam bentuk anggaran ataupun tenaga.1. Meningkatkan kepedulian mahasiswa Fakultas Teknik dalam perwujudan pengabdian masyarakat.1. Membawa nama baik Fakultas Teknik Universitas Brawijaya dalam lingkungan kampus maupun luar kampus1. NAMA KEGIATANEngineers Charity Day ini mengangkat tema From A Little Thing For A Big Change

BENTUK KEGIATAN1. Penggalangan Dana 1. Donor Darah1. Perform dari Anak-Anak Panti1. Bazar1. Bakti Sosial

WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAANKegiatan Engineers Charity Day ini akan dilaksanakan berdasarkan runtutan kegiatan di dalamnya, yang terdiri dari:A. Penggalangan Dana Dilaksanakan sepanjang bulan Februari hingga April 2011, ditujukan pada seluruh Keluarga Besar Mahasiswa Teknik (KBMT) Universitas Brawijaya.B. Donor DarahBekerjasama dengan LAKESMA Fakultas KedokteranHari/Tanggal: Waktu: 10.00 16.00 WIBTempat: Lapangan Fakultas TeknikC. Perform dari Anak-Anak Panti AsuhanDilaksanakan bertepatan dengan pelaksanaan Teknik In Show, dengan menyisipkan perform seni dari anak-anak dari Panti AsuhanHari/Tanggal: Waktu: WIB Tempat: Lapangan Fakultas TeknikD. BazarDilaksanakan bertepatan dengan pelaksanaan Teknik In Show, dengan mendirikan stan dari seluruh jurusan teknikHari/Tanggal: Waktu: WIBTempat: Lapangan Fakultas Teknik

E. Bakti SosialHari/Tanggal: Waktu: WIBTempat: Panti Asuhan yang akan ditentukan kemudian

SASARAN KEGIATANSasaran dari kegiatan Engineers Charity Day 2012 terdiri dari:1. Keluarga Besar Mahasiswa Teknik (KBMT) Universitas Brawijaya sebagai subjek pelaksana kegiatan.2. Panti Asuhan sebagai objek penerima bantuan.

ESTIMASI BIAYARp. 10.000.000,00

TEKNIK IN SHOW

LATAR BELAKANGSelama 49 tahun berdiri, Fakultas Teknik telah menghasilkan generasi-generasi penerus bangsa yang berpotensi. Dengan jumlah mahasiswa teknik yang sangat banyak tentunya rasa persatuan dan kesatuan di kalangan mahasiswa teknik harus dipertahankan atau pun diperkuat demi menjaga keutuhan Fakultas Teknik Universitas Brawijaya. Selain itu untuk menyalurkan bakat dan minat mahasiswa yang beragam tentunya diperlukan suatu wadah atau kegiatan khusus yang dapat mendukung hal tersebut. Untuk itu kegiatan TEKNIK in SHOW 2012 diselenggarakan sebagai ajang kreativitas bagi mahasiswa Fakultas Teknik.TEKNIK in SHOW 2012 selain sebagai ajang kreativitas , juga sebagai sarana untuk mengenalkan Fakultas Teknik Universitas Brawijaya dalam lingkup Universitas Brawijaya maupun masyarakat di lingkup luar universitas. Kegiatan ini juga sebagai penambah motivasi, penegetahuan, penyalur minat bakat dan sebagai aplikasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Sehingga mahasiswa diharapkan dapat menegembangkan potensi demi menjaga keutuhan dan eksistensi Fakultas Teknik Universitas Brawijaya.

MAKSUD DAN TUJUAN KEGIATANKegiatan TEKNIK in SHOW 2012 dilaksanakan dengan tujuan sebagai berikut: Meningkatkan rasa kebersamaan dan kekeluargaan antar warga Teknik Menyalurkan bakat dan minat mahasiswa teknik Meningkatkan sportivitas, kreativitas dan jasmani yang sehat di kalangan masyarakat Teknik dan Masyarakat umum Terwujudnya aplikasi terhadap Tri Dharma Perguruan Tinggi Mengenalkan Fakultas Teknik Univarsitas Brawijaya kepada masyarakat Menambah motivasi dan pengetahuan mahasiswa

NAMA KEGIATANTEKNIK in SHOW 2012

BENTUK KEGIATANTerdiri dari 6 item kegiatan:a. Gowesb. Bazarc. Donor Darahd. Turnamen Futsal Se-Malang Rayae. Festival Bandf. Lomba PES 2012 dan DOT.A

WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAANMinggu Akhir Bulan Mei

SASARAN KEGIATANSasaran kegiatan TEKNIK in SHOW 2012 adalah turut berpartisipasinya seluruh warga Fakultas Teknik Universitas Brawijaya dan masyarakat umum.

RANCANGAN ANGGARAN BIAYARp. 60.000.000,001. GOWESS1.1. LATAR BELAKANGRasanya sudah tidak asing lagi terdengar kabar tentang pemanasan global di telinga kita semua yang menyebabkan timbulnya perubahan di muka bumi kita. Salah satu penyebabnya adalah semakin banyaknya produksi gas CO2 yang dihasilkan dari kendaraan bermotor yang setiap hari kita gunakan untuk beraktivitas. Maka dari itu apa salahnya jika kita turut serta membantu mengatasi masalah tersebut dengan cara GOWESS(bersepeda). Kegiatan ini bisa mengurangi polusi yang dihasilkan kendaraan bermotor dengan cara beralihmenggunakan sepeda. Selain sebagai bentuk keikutsertaan mengurangi polusi udara, acara GOWES juga sebagai wujud pola hidup sehat unuk kita semua dan sarana refreshing dari kemacetan sealu saja kita hadapi di jalan raya. Dengan acara ini diharapkan semua peserta bisa sadar akan pola hidup sehat dan berpartisipasi mengurangi polusi udara di bumi kita tercinta.

1.2. TUJUANAcara gowess ini dilaksanakan dngan tujuan sebagai berikut: Berpartisipasi menanggulangi pemanasan global Membentuk pola pikir yang sadar akan lingkungan Membentuk pola hidup sehat Menghemat energi

1.3. SASARAN KEGIATANSasaran kegiatan GOWESS adalah mahasiswa Universitas Brawijaya dan masyarakat umum.

1.4. ESTIMASI BIAYARp. 10.000.000,-

2. BAZAR2.1. LATAR BELAKANGSudah kita ketahui salah tujuan Universitas Brawijaya adalah membentuk mahasiswa yang berjiwa entrepreneurship, maka dari itu kita sebagai mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Brawijaya dituntut memiliki jiwa entrepreneur juga. Untuk mengaplikasikan jiwa entrepreneur itu tentunya diperlukan suatu wadah atau kegiatan khusus yang dapat mendukung hal tersebut. Maka dari itu BAZAR diselenggarakan sebagai ajang unjuk gigi mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Brawijaya. Selain sebagi wadah untuk aplikasi jiwa entrepreneur kegiatan BAZAR ini juga diharapkan bisa menegenalkan identitas Fakultas Teknik Universitas Brawijaya dalam lingkup universitas maupun masyarakat umum.

2.2. TUJUANBAZAR ini diselenggarakan dengan tujuan sebagai berikut: Eksistensi Fakultas Teknik Universitas Brawijaya dalam lingkup universitas dan masyarakat umum Membentuj jiwa entrepreneur dalam diri mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Brawijaya

2.3. SASARAN KEGIATANSasaran kegiatan BAZAR ini adalah turut berpartisipasinya seluruh warga Fakultas Teknik Universitas Brawijaya.

2.4. ESTIMASI BIAYARp. 10.000.000,00

3. DONOR DARAH3.1. LATAR BELAKANGPerbandingan antara jumlah permintaan dan persediaan darah yang tidak seimbang merupakan latar belakang utama kegiatan ini. Serta kurangnya perhatian masyarakat terhadap masalah masalah sosial yang ada di sekitarnya, terutama yang menyangkut masalah stok darah, masih rendah. Sehingga dengan hadirnya acara ini, yang telah dikonsep sedemikian rupa dan akan dijelaskan lebih lanjut, diharapkan mampu mengajak seluruh komponen masyarakat akan apa yang terjadi di sekitar mereka serta turut mewujudkan apa yang menjadi tujuan diadakannya acara ini yang diantaranya ikut menambah stok darah yang ada. Selain itu acara ini juga sebagai aplikasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu guna pengabdian kepada masyarakat. Diharapkan setiap mahasiswa dapat menunjukkan sikap kepedulian dan kemanusiaan yang tinggi.

3.2. TUJUANKegiatan DONOR DARAH ini dilaksanakan dengan tujuan sebagai berikut: Menunjukkan sikap kepedulian dan kemanusiaan Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Brawijaya Mengaplikasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi khususnya pengabdian kepada Masyarakat Menambah stok darah yang ada Mempererat rasa persaudaraan kepada sesama

3.3. SASARAN KEGIATANSasaran kegiatan DONOR DARAH ini adalah turut berpartisipasinya mahasiswa Universitas Brawijaya dan masyarakat umum.

3.4. ESTIMASI BIAYARp. 5.000.000,00

4. TURNAMEN FUTSAL SMA Se-MALANG RAYA4.1. LATAR BELAKANGSudah kita ketahui bahwa olahraga adalah kebutuhan dasar manusia untuk hidup sehat. Salah satu oalahraga yang banyak peminatnya adalah futsal. Banyak potensi-potensi yang sudah bermunculan dalam bidang olahraga futsal, maka dari itu diperlukan suatu wadah atau kegiatan untuk menyalurkan bakat dan minat yang dimiliki agar potensi-potensi tersebut memeiliki kualitas yang bagus. Selain itu diadakannya kegiatan TURNAMEN FUTSAL Se-MALANG RAYA ini juga sebagai penumbuh kreativita, sportivitas dan jiwa yang kompetitif khusunya dalam bidang olahraga futsal bagi siswa SMA Se-MALANG RAYA.

4.2. TUJUANKegiatan TURNAMEN FUTSAL SMA Se-MLANG RAYA dilaksanakan dengan tujuan sebagai berikut: Tersalurnya minat dan bakat siswa SMA Se-MALANG RAYA khususnya dalam bidang olahraga futsal Membentuk sikap yang sportif dan kompetitif siswa SMA Se-MALANG RAYA Mempererat hubungan antar SMA Se-MALANG RAYA Menunjukkan eksistensi Fakultas Teknik Universitas brawijaya

4.3. SASARAN KEGIATAN Sasaran kegiatan TURNAMEN FUTSA SMA Se-MALANG RAYA adalah turut berpartisipasinya siswa SMA Se-MALANG RAYA.

4.4. ESTIMASI BIAYARp. 10.000.000,00

5. FESTIVAL BAND5.1. LATAR BELAKANGSebagai salah satu tujuan pembangunan bangsa dan negara, seni budaya yang dimiliki perlu dipertahankan dan dapat ditunjukkan kecintaannya oleh generasi muda yang akan melanjutkan. Untuk mengarahkan generasi muda meningkatkan perannya pada kelestarian seni budaya, wadah untuk menampungnya perlu disediakan, sehingga generasi muda dapat menyalurkan bakat dan minatnya untuk berprestasi dan produktif.Fakultas Teknik Uiversitas Brawijaya, sebagai salah satu penyelenggara pendidikan merasa tanggap dan peduli memberikan citra bahwa generasi muda Indonesia khususnya di Malang berpotensi untuk bidang seni dan mempunyai prospek yang cukup cerah. Band sebagai salah satu seni yang telah mendapat tempat di hati dan berkembang di Malang, akan diwadahi lewat Festival Band serangkaian dengan acara TEKNIK in SHOW.

5.2. TUJUANKegiatan FESTIVAL BAND ini dilaksanakan dengan tujuan sebagai berikut: Tersalurkannya minat dan bakat siswa SMA khususnya di bidaang seni Mengembangkan kreativitas siswa SMA Menunjukkan eksistensi Fakultas Teknik Universitas Brawijaya

5.3. SASARAN KEGIATANSasaran kegiatan FESTIVAL BAND adalah turut berpartisipasinya siswa SMA se- MALANG RAYA

5.4. ESTIMASI BIAYARp. 23.000.000,00

6. LOMBA PES 2012 dan DOTA6.1. LATAR BELAKANG Hiburan On-line bukan merupakan hal yang baru lagi, karena sekarang ini begitu banyak hiburan yang di tawarkan kepada kita. Dengan kurangnya ketersediaan waktu untuk saling berinteraksi hiburan seperti ini menjadi salah satu alternatif untuk menghilangkan jenuh ataupun hanya sekedar menghabiskan waktu bersama. Melihat Fakultas Teknik yang terdiri dari beberapa Jurusan dan keadaan perkuliahan yang begitu padat sehingga kurang tersedianya waktu untuk berinteraksi antar sesama mahasiswa di Fakultas Teknik membuat kurang tumbuhnya rasa saling mengenal satu dengan yang lain.Untuk itu dengan adanya kegiatan LOMBA PES 2012 dan DOTA bisa lebih meningkatkan rasa persaudaraan antar sesama mahasiswa dan lebih meningkatkan mental bertanding yang baik.

6.2. TUJUANKegiatan LOMBA PES2012 dan DOTA d laksanakan dengan tujuan sebagai berikut: Meningkatkan kebersamaan antar Jurusan di Fakultas Teknik Iniversitas Brawijaya Sarana pemersatu antar sesama mahasiswa di Fakultas Teknik Universitas Brawijaya Menumbuhkan sikap sportivuitas

6.3. SASARAN Sasaran kegiatan LOMBA PES 2012 dan DOTA ini adalah turut berpartisipasinya mahasiswa di Fakultas TEknik Universitas Brawijaya.

6.4. ESTIMASI BIAYARp. 2.000.000,00

WORKSHOP KARYA TULISFAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS BRAWIJAYA

I. LATAR BELAKANGPKM (Program Kreativitas Mahasiswa) merupakan salah satu bentuk upaya yang dilakukan Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DP2M), Ditjen Dikti dalam meningkatkan kualitas peserta didik (mahasiswa) di perguruan tinggi agar kelak dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan meyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan atau kesenian serta memperkaya budaya nasional. PKM dilaksanakan pertama kali pada tahun 2001, PKM dikembangkan untuk mengantarkan mahasiswa mencapai taraf pencerahan kreativitas dan inovasi berlandaskan penguasaan sains dan teknologi serta keimanan yang tinggi. Dalam rangka mempersiapkan dirimenjadi pemimpin yang cendekiawan, wirausahawan serta berjiwa mandiri dan arif, mahasiswa diberi peluang untuk mengimplementasikan kemampuan, keahlian, sikap tanggung jawab, membangun kerjasama tim maupun mengembangkan kemandirian melalui kegiatan yang kreatif dalam bidang ilmu yang ditekuni.PKM ini ada beberapa kategori, yakni PKM-P (bidangPenelitian), PKMK (bidang Kewirausahaan), PKM-M (bidang Pengabdian Masyarakat), PKM-T (bidang Teknologi)dan PKM-GT/AI (bidang Gagasan Tertulis atau Artikel Ilmiah).Perguruan tinggi merupakan salah satu subsistem pendidikan nasional yang tidak dapat dipisahkan dari subsistem lainnya baik di dalam maupun diluar sistem pendidikan. Keberadaan perguruan tinggi dalam keseluruhan kehidupan berbangsa dan bernegara, mempunyai peran yang amat besar melaui tri dharma perguruan tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Di dalam perguruan tinggi terbagi menjadi beberapa fakultas dengan mahasiswa yang kompeten pada bidangnya masing-masing. BEM TEKNIK (Badan Eksekutif Mahasiswa Teknik) Universitas Brawijaya merupakan salah satu wadah yang menghimpun segala kemampuan, kreativitas, dan semua aspirasi dari mahasiswa TeknikUniversitasBrawijaya. Terkait dengan PKM yang diselenggarakan pada tahun ini, segala penjuru perguruan tinggi berlomba-lomba untuk melatih dan membimbing anak didik mereka guna mencapai hasil yang optimal dan membanggakan dalam PKM tahun ini yang pengumpulannya dalam beberapa bulan ke depan. Oleh karena itu, dengan tujuan mempersiapkan mahasiswa agar lebih kompetitif dan lebih siap dalam menuangkan hasil pemikiran serta penelitian mereka yang akan dituangkan dalam PKM tahun ini maka BEM TEKNIK (Badan Eksekutif Mahasiswa Teknik) Universitas BrawijayamengadakanWorkshop KaryaTulis.

II. TUJUAN KEGIATAN1. Membangun kreativitas mahasiswa melalui ide dan mengenalkan pedoman membuat karyatulis yang baik dan benar.2. Memberikan serta menambah pengetahuan mahasiswa mengenai cara membuat dan menyusun karyatulis yang baik sesuai pedoman yang telah dibuat.3. Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan serta pengalaman dari para pakar agar mahasiswa mampu menciptakan suatu karya yang kompeten dan solutif bagi masyarakat serta lingkuangan sekitar.

III. JENIS KEGIATANKegiatan workshop karyatulis ini merupakan suatu kegiatan dimana para mahasiswa dapat lebih meningkatkan kreativitas menulis serta menambah wawasan mengenai cara membuat dan menyusun karyatulis yang baik sehingga menghasilkan suatu tulisan yang kompeten dan berdampak positif bagi masyarakat serta lingkungan

IV. TEMA KEGIATANTema kegiatan workshop karyatulis ini adalah Berinovasi Melalui Karya Tulis untuk Satu Teknik

V. WAKTU DAN TEMPAT KEGIATANKegiatan Workshop Karya Tulis ini akan dilaksanakan pada :Hari/Tanggal: Rabu, 28Desember 2011Waktu: 13.00 16.00 WIBTempat: Gedung Auditorium Fakultas Teknik

PENGADAANBUKU KELEMBAGAAN TEKNIK 2011/2012

I. LATAR BELAKANGDalam sebuah kehidupan mahasiswa, banyak tema yang perlu diangkat untuk disikapi mahasiswa, khususnya mahasiswa teknik. Dalam hal ini adalah hubungan Mahasiswa bru dengan kelembagaan di Teknik. Dapat dibayangkan apabila mahasiswa baru teknik tidak mengetahui dan faham tentang kelembagaan di teknik maka mahasiswa baru tidak akan mengetahui cara mengambil keputussan di KBMT-UB, karena pengetahuan tentang kelembagaan pada mahasiswa baru 2011 hanya sekedar melihat, dan tidak bisa memahami secara rinci perkembangan kelembagaan di teknik.Untuk memasuki kehidupan baru bukanlah hal yang mudah, karena kita akan kembali beradaptasi dalam kehidupan baru tersebut. Karena mahasiswa baru teknik berada dalam fakultas yang didalamnya terdapat berbagai jurusan, maka diharapkan mahasiswa baru dapat memahami lembaga-lembaga yang menfasilitasi seluruh komponen KBMT-UB baik di jurusan maupun di fakultas. Oleh karena itu, sebelum benar-benar masuk dan tergabung dalam kelembagaan tersebut mahasiswa baru diharapkan sudah mengetahui secara rinci tentang kepengurusan ataupun program kerja lembaga-lembaga di jurusan dan di fakultas teknik melalui buku kelembagaan teknik 2012.II. MAKSUD DAN TUJUAN KEGIATANMemperkenalkan lembaga-lembaga di KBMT-UB secara lebih rinci dan tertata.

III. PELAKSANAAN KEGIATAN1. Nama KegiatanPENGADAAN BUKU KELEMBAGAAN TEKNIK 2011/2012

2. Bentuk Kegiatan1. Penyusunan buku kelembagaan teknik 2011/20122. Pencetakan buku kelembagaan teknik 2011/20123. Pembagian buku kelembagaan teknik 2011/20123. Waktu dan Tempat Pelaksanaan hari/ tanggalkegiatan

senin/ 16 januari 2012pengumpul5an data dan penyusunan buku kelembagaan teknik 2011/2012

senin/ 23 januari 2012pencetakan buku kelembagaan teknik 2011/2012

Februari 2012Pembagian buku kelembagaan teknik 2011/2012

IV. SASARANSebagai sasaran dalam kegiatan ini adalah seluruh Mahasiswa Baru Teknik 2011.

V. PENYELENGGARA DAN PELAKSANAPenyelenggara: BEM Teknik Fakultas Teknik Universitas Brawijaya Malang.Pelaksana: Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Brawijaya Malang.

RAPAT KELEMBAGAAN MAHASISWA TEKNIK 2012

A. LATAR BELAKANG Dalam era globalisasi ini, mahasiswa dituntut untuk dapat bersaing dalam bidang akademis maupun non akademis. Maka dari itu pembelajaran bukanlah hanya dari bangku perkuliahan tetapi juga dari kegiatan-kegiatan lain yang dapat menambah ilmu, wawasan serta keahlian yang dapat diaplikasikan secara langsung dalam dunia nyata. Oleh karena itu, kegiatan organisasi sangatlah dibutuhkan dalam kehidupan mahasiswa. Hal ini untuk membiasakan mahasiswa menghadapi hal-hal dan kejadian-kejadian nyata yang terjadi akan apa yang dihadapinya.Dalam Keluarga Besar Mahasiswa Teknik Universitas Brawijaya, hal tersebut disalurkan melalui program kerja yang telah disusun oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Teknik dan Himpunan Mahasiswa Jurusan/Prodi di Fakultas Teknik. Oleh karena itu, Rapat Kelembagaan Mahasiswa Teknik sangatlah dibutuhkan untuk membahas rencana-rencana program kerja yang disusun untuk menyinkronkan program kerja antara BEM TEKNIK dan seluruh Himpunan Mahasiswa Jurusan/Prodi sehingga dapat menghasilkan program kerja yang dapat menampung aspirasi serta tepat guna untuk kondisi mahasiswa teknik saat ini.

B. TujuanTujuan diselenggarakannya acara ini antara lain :1. Membahas program kerja BEM Teknik dan Himpunan Mahasiswa Jurusan/Prodi.2. Menyinkronkan program kerja BEM Teknik dan Himpunan Mahasiswa Jurusan/prodi.3. Menghasilkan program kerja BEM Teknik dan Himpunan Mahasiswa Jurusan/Prodi .

C. ManfaatManfaat diselenggarakannya acara ini antara lain :1. Menghilangkan duplikasi program kerja yang akan dilaksanakan antara BEM Teknik dan Himpunan Mahasiswa Jurusan/Prodi.2. Menghasilkan program kerja yang berasal dari keinginan seluruh elemen Keluarga Besar Mahasiswa Teknik.3. Menjalin hubungan baik antara BEM Teknik dan Himpunan Mahasiswa Jurusan/Prodi.

D. Sasaran Kegiatan Sasaran kegiatan dari rapat kelembagaan teknik ini adalah :1. Keluarga Besar Mahasiswa Teknik2. Pengurus Kelembagaan Fakultas di Fakultas Teknik3. Pengurus Kelembagaan Jurusan di Fakultas Teknik

E. Estimasi DanaDana yang dibutuhkan untuk melaksanakan kegiatan ini sekitar Rp.3.000.000,- (Tiga Juta Rupiah)

F. Estimasi Pelaksanaan KegiatanTempat: Villa BatuWaktu: Sabtu-Minggu, 21 Januari 2012-22 Januari 2012

PENGADAAN SERTIFIKAT KELULUSAN PROBINMABA 2009 dan 2010

a. Latar Belakang1. Tidak adanya legalitas bagi mahasiswa baru yang telah mengikuti rangkaian proses probinmaba dalam bentuk sertifikat2. Tidak adanya bukti hukum atas kelulusan maba 2009 dan 2010 untuk administrasi SKS keaktifan, SKS kelulusan, prasyarat mengurus beasiswa, pendaftaran organisasi kemahasiswaan, dan lain-lain

b. Nama KegiatanSertifikat Kelulusan PROBINMABA 2009 dan 2010

c. Tujuan1. Adanya legalitas bagi mahasiswa baru yang telah mengikuti rangkaian proses probinmaba dalam bentuk sertifikat2. Adanya bukti hukum atas kelulusan maba 2009 dan 2010 untuk administrasi SKS keaktifan, SKS kelulusan, prasyarat mengurus beasiswa, pendaftaran organisasi kemahasiswaan, dan lain-lain

d. Waktu PelaksanaanJanuari 2012

e. Deskripsi KegiatanKegiatan ini mulai dari mencari tender untuk mecetak sertifikat kelulusan sampai membagikan ke setiap jurusan melalui FORKOM PSDM.

KELULUSAN PROBINMABA 2011

a. Latar Belakang1. Tidak adanya sistem perhitungan poin kelulusan bagi mahasiswa baru 2011 yang telah mengikuti proses pembinaan mahasiswa baru 20112. Tidak adanya acuan membuat sertifikat kelulusan probinmaba 2011

b. Nama KegiatanKelulusan PROBINMABA 2011

c. Tujuan1. Adanya sistem perhitungan poin kelulusan bagi mahasiswa baru 2011 yang telah mengikuti proses pembinaan mahasiswa baru 20112. Adanya acuan membuat sertifikat kelulusan probinmaba 2011

d. Waktu PelaksanaanMaret 2012

e. Deskripsi KegiatanInti dari kegiatan ini adalah memperoleh sistem perhitungan poin kelulusan bagi mahasiswa baru 2011 sebagai acuan untuk membuat sertifikat. Kegiatan ini dimulai dari pembahasan poin-poin kelulusan mahasiswa baru 2011 di Forum Komunikasi (FORKOM) Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) di Teknik yang meliputi Kadept/Kadiv PSDM di setiap jurusan dengan anggota BEM Teknik yang bertanggung jawab atas kegiatan tersebut. Setelah dibahas di FORKOM PSDM setiap Kadept/Kadiv PSDM di setiap jurusan baru diadakan FDH dengan harapan FORKOM PSDM sudah memberi wacana kepada Kahim-kahim setiap jurusan agar di FDH tidak memulai pembahasan dari awal sehingga lebih efisien.

PENGADAAN SERTIFIKAT KELULUSAN PROBINMABA 2011

a. Latar Belakang1. Tidak adanya legalitas bagi mahasiswa baru yang telah mengikuti rangkaian proses probinmaba dalam bentuk sertifikat2. Tidak adanya bukti hukum atas kelulusan maba 2011 untuk administrasi SKS keaktifan, SKS kelulusan, prasyarat mengurus beasiswa, pendaftaran organisasi kemahasiswaan, dan lain-lain

b. Nama KegiatanSertifikat Kelulusan PROBINMABA 2011

c. Tujuan1. Adanya legalitas bagi mahasiswa baru yang telah mengikuti rangkaian proses probinmaba dalam bentuk sertifikat2. Adanya bukti hukum atas kelulusan maba 2011 untuk administrasi SKS keaktifan, SKS kelulusan, prasyarat mengurus beasiswa, pendaftaran organisasi kemahasiswaan, dan lain-lain

d. Waktu PelaksanaanApril 2012

e. Deskripsi KegiatanKegiatan ini mulai dari mencari tender untuk mecetak sertifikat kelulusan sampai membagikan ke setiap jurusan melalui FORKOM PSDM.

PELATIHAN KADER TEKNIK (PKT)2012

a. Latar Belakang1. Kurangnya minat mahasiswa teknik terhadap kegiatan kemahasiswaan, baik untuk kepanitiaan maupun kelembagaan.2. Masih adanya anggapan bahwa mahasiswa ke kampus hanya untuk kegiatan akademis saja

b. Nama KegiatanPelatihan Kader Teknik (PKT) 2012

c. Tujuan1. Membentuk kader-kader teknik yang peka dan peduli terhadap kehidupan sekitar.2. Menyiapkan kader-kader teknik untuk mengikuti kegiatan dan masuk kelembagaan

d. Waktu PelaksanaanMaret 2012

e. Deskripsi KegiatanKegiatan ini terdiri dari 2 bentuk kegiatan yaitu indoor dan outdoor. Pada bentuk kegiatan indoor berisi materi pengenalan tentang kepanitiaan dan kelembagaan di teknik, materi manajemen suatu kegiatan dan kelembagaan, dan juga menyampaiakan hal-hal yang bisa dan pernah dilakukan mahasiswa (pergerakan mahasiswa) sebagai motivasi bagi peserta PKT 2012. Sedangkan pada bentuk outdoor berisi tentang games (permainan-permainan) untuk meningkatkan rasa percaya diri, motivasi, kreativitas peserta, menambah pengetahuan, dan keterampilan organisasi, manajemen, dan kepemimpinan.

KONGRES MAHASISWA TEKNIK 2012I. Latar BelakangAspirasi atau menyampaikan suatu pemikiran, gagasan ataupn pendapat sangatlah penting. Dengan bisa menyampaikan aspirasi kita bisa mempunyai tujuan bersama yang sama, tentunya dengan didasari tempat dan waktu yang tepat. Setelah adanya penyampaian aspirasi seharusnya ada tindak lanjut yang tepat. Di dalam lingkup kemahasiswaan KBMT FT-UB Kongres Mahasiswa Teknik (KMT) merupakan forum dengan keputusan tertinggi dalam pengambilan keputusan. Seluruh KBMT bisa menghadiri dan beraspirasi di dalamnya. Di dalam KMT banyak dibahas hal hal yang tentang perkembangan dan yang berhubungan dengan kemahasiswaan FT-UB. Misalnya, GBHK, AD-ART, dsb. Tentunya dibutuhkan banyak masukan aspirasi dari KBMT untuk menuju yang lebih baik. KMT biasanya diselenggarakan setelah lembaga eksekutif yaitu BEM TEKNIK telah menjalani program program kerjanya dan di KMT nantinya bisa mempertanggungjawabkannya.

II. Tujuan KegiatanAdapun tujuan dari diadakannya kegiatan ini sebagai berikut.a. Sebagai sarana pengambilan keputusan KBMT b. Melaksanakan sidang paripurna dan pleno serta suksesi BEM Teknik UB

III. Sasaran KegiatanKegiatan ini ditujukan untuk KBMT FT-UB

IV. Waktu PelaksanaanAwal April 2012V. Anggaran DanaRp 3.500.000,00

PENJARINGAN MINAT DAN BAKAT 2012I. Latar BelakangBakat adalah kemampuan bawaan yang merupakan potensi yang masih perlu dikembangkan atau dilatih untuk mencapai suatu kecakapan, pengetahuan dan keterampilan khusus. Bakat bukanlah merupakan sifat tunggal, melainkan merupakan sekelompok sifat yang secara bertimgkat membentuk bakat. Bakat baru muncul bila ada kesempatan untuk berkembang atau dikembangkan. Sehingga mungkin saja seseorang tidak mengetahui dan mengembangkan bakatnya sehingga tetap merupakan kemampuan yang laten. Minat adalah aktivitas atau tugas-tugas yang membangkitkan perasaan ingin tahu, perhatian, dan memberi kesenangan atau kenikmatan. Minat dapat menjadi indikator dari kekuatan seseorang di area tertentu di mana dia akan termotivasi untuk mempelajarinya dan menunjukkan kinerja yang tinggi. Bakat akan sulit berkembang dengan baik apabila tidak diawali dengan adanya minat pada bidang yang akan ditekuni.Dengan adanya minat dan bakat juga bisa untuk mengukir prestasi. Bisa dilihat banyak event event yang diselenggarakan untuk tingkat regional, nasional, maupun internasional. Tentu saja untuk bisa berprestasi dan termotivasi untuk tetap menekuni minat dan bakat itu butuh tempat yang bisa menunjang seseorang tersebut untuk difasilitasi. Oleh karena itu, di lingkup Fakultas Teknik Universitas Brawijaya berusaha mewadahi minat dan bakat ini melalui organisasi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) TEKNIK FT-UB dengan program kerja PENJARINGAN MINAT DAN BAKAT 2012. Di sini Keluarga Besar Mahasiswa Teknik (KBMT) yang mempunyai minat dan bakat bisa dihimpun dan berkembang bersama sama dalam bidang ini. Dan nantinya Fakultas Teknik UB bisa mendelegasikan wakil wakilnya untuk mengikuti event - event yang diselenggarakan, dan mengukir kembali prestasi-prestasi yang dulunya sudah pernah di ukir oleh mahasiswa Teknik UB.

II. Tujuan KegiatanAdapun tujuan dari diadakannya kegiatan ini sebagai berikut.a. Sebagai wadah untuk menghimpun minat dan bakat KBMT dalam berbagai bidang (kesenian, olahraga, dll)c. Mengembangkan potensi KBMT, sebagai calon-calon yang akan mewakili Fakultas Teknik dalam berbagai event atau lomba.d. Mempermudah koordinasi kepada KBMT yang mempunyai minat dan bakat tertentu yang selama ini kurang bisa terfasilitasi.

III. Sasaran KegiatanKegiatan ini ditujukan untuk Mahasiswa angkatan termuda dan KBMT

IV. Waktu pelaksanaanAkhir Januari

PEMILWA TEKNIK 2012A. Latar Belakang :Setiap tahunnya kepengurusan dari lembaga kemahasiswaan Badan Eksekutif Mahasiswa Teknik haruslah mengalami regenerasi. Untuk mewujudkan hal tersebut maka haruslah terpilih orang-orang yang berkompeten dan merupakan perwakilan dari Keluarga Besar Mahasiswa Teknik. Untuk menjembatani hal tersebut maka diperlukanlah suatu kegiatan pemilihan yang terbuka, jujur dan demokratis. B. TujuanTujuan diselenggarakannya acara ini adalah untuk memilih Pengurus Inti Badan Eksekutif Mahasiswa Teknik periode 2012/2013.C. ManfaatManfaat diselenggarakannya acara ini antara lain :1. Mengaplikasikan asas demokrasi pada kehidupan kampus Mahasiswa.2. Mengajarkan mahasiswa akan pentingnya hak memilih.D. Sasaran Kegiatan Sasaran kegiatan dari rapat kelembagaan teknik ini adalah Keluarga Besar Mahasiswa TeknikE. Estimasi DanaDana yang dibutuhkan untuk melaksanakan kegiatan ini sekitar Rp.3.500.000,- (Tiga Juta Lima Ratus Ribu Rupiah).F. Estimasi Pelaksanaan KegiatanTempat: Lingkungan Fakultas Teknik Universitas BrawijayaWaktu: Senin-Selasa, 30 April 2012-01 Mei 2012

KEMAH KERJA MAHASISWA XXXIV

I. Latar BelakangPerkembanagn zaman yang semakin maju berdampak cukup signifikan akan pola pikir para pemuda zaman sekarang pada khusunya para mahasiswa yang mulai kekurangan arah dalam menjunjung rasa kepekaan dan kepedulian terhadap lingkunganya. Dengan ini Fakultas Teknik Universitas Brawijaya sebagai salah satu institusi pendidikan tinggi mengadakanya kegiatan KKM XXXIV yang bertujuan untuk memberikan nilai tambah pada input sehingga tercapainya,sumber daya manusia yang tetap terjaga dalam pola produksi input prose - output yang baik. Selain itu KKM XXXIVjuga dapat menjadikan bekal mereka dalam proses pendidikan dan sebagai bekal mereka dalam hidup bermasyarakat nantinya.Dari proses pendidikan yang mengedepankan pendidikan nilai nilai realistis hanya membuat para mahasiswa melupakan akan Tri Dharma perguruan tingginya, namun dengan diadakannya KKM XXXIV maka diharapakan mahasiswa sebagai peserta didik tertinggi didalam pandangan masyarakat diharapkan dapat mewujudkan nilai nilai pendidikan yang konkret terhadap masyarakat. Oleh karena itu dengan diadakannya KKM XXXIV dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam bidang akademis maupun non akademis, dengan adanya kesinambungan antara dua hal ini dapat meningkatkan kesadaran mahasiswa terhadap tanggung jawabnya dalam bermasyarakat nanti.Kegitan KKM XXXIV ini diadakan sebagai tindak lanjut dari tri dharma mahasiswa perguruan tinggi yang ke 3 yaitu pengabdian masyarakat. Dari landasan ini KKM XXXIV ini diadakan untuk sebagai bukti langsung peran serta Instansi Perguruan Tinggi untuk melakukan pengabdian masyarakat, selain itu KKM XXXIV ini merupakan wadah bagi Mahasiswa Baru dan KBMT untuk mewujudkan bukti langsungnya dalam mengabdi kepada masyarakat yang merupakan perwujudan dari sumpah mahasiswa sebagai social control dan agent of changeDalam kegiatan KKM XXXIV ini merupakan wujud langsung peran serta Fakultas Teknik Brawijaya dalam mengamalkan pengabdian kepada masyarakat. Dari kegiatan KKM XXXIV ini diharapkan bukan hanya diamalkan saja akan tetapi juga akan berdampak langsung terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat didaerah yang ditempati untuk KKM XXXIV ini. Selain itu manfaat yang juga kan didapatkan dari kegiatan KKM XXXIV ini akan berdampak pada peningkatan kualitas dari Mahasiswa baru dan KBMT karena akan meningkatkan kepekaan dan kepedulian terhadap lingkungan sekitar.II. Dasar kegiatanDasar kegiatan KKM XXXIV mengacu kepada :1. Ketetapan MPR No. II/MPR/1998,yang sebagia isinya tertulis sebagai berikut :.Pembangunan kesejahteraan sosial diarahkan pada terwujudnya keadilan sosial yang lebih merata bagi seluruh rakyat Indonesia dan peningkatan kesetiakawanan sosial dengan meningkatkan kualitas dan perluasan jangkauan pelayanan sosial kepada masyarakat, termasuk penyandang masalah sosial sebagai tanggung jawab bersama pemerintah dan seluruh masyarakat dalam upaya mewujudkan dan meningkatkan taraf kesejahteraan sosial yang makin adil dan merata di seluruh tanah air, meningkatkan kepedulian dan peranserta aktif golongan masyarakat mampu; serta memantapkan perwujudan kesetiakawanan sosial untuk memperkecil kesenjangan sosial dan mengatasi bencana serta masalah sosial lainnya ..Pendidikan nasional yang berakar pada kebudayaan bangsa Indonesia,berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 diarahkan untuk meningkatkan kecerdasan kehidupan bangsa dan kualitas sumber daya manusia, mengembangkan manusia serta masyarakat Indonesia yang beriman dan bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan, keahlian dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, serta kepribadian yang mantap dan mandiri. Pendidikan nasional juga harus menumbuhkan dan mempertebal rasa cinta tanah air, meningkatkan semangat kebangsaan, wawasan keunggulan, kesetiakawanan sosial, dan kesadaran pada sejarah bangsa dan sikap menghargai jasa para pahlawan serta berorientasi masa depan....Perguruan tinggi terus diusahakan untuk lebih mampu menyelenggarakann pendidikan, penelitian dan pengkajian di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, serta memberikan pengabdian kepada masyarakat yang bermanfaat bagi kemanusiaan dan sesuai dengan kebutuhan pembangunan sejalan dengan iklim yang makin demokratis yang mendukung kebebasan akademik, kebebasan mimbar akademik, dan otonomi perguruan tinggi2. Undang undang Permerintahan Republik Indonesia tentang sistem pendidikan Nasional No. 20 tahun 2003

III. Maksud Dan Tujuan Kegiatan1. MaksudKKM XXXIV diadakan sebagai bentuk Pengamalan dari Tri dharma perguruan tinggi yang ke -3 tentang Pengabdian masyarakan, dari pengabdian masyarkat ini dimaksudkan dapat mewujudkan peran aktif dari Fakultas Teknik Brawijaya dalam membantu masyarakat didaerah yang masih mengalami kesenjangan kesejahteraan agar didaerah tersebut dapat mendapatkan kesejahteraan secara merata. Selain itu KKM XXXIV ini juga dimaksudkan untuk menumbuhkan idealisme mahasiswa dari mahasiswa baru supaya pada nantinya mereka akan mengerti tentang sumpah mahasiswa, yaitu sebagai agent of change, iron stock dan social control.2. TujuanTujuan yang ingin dicapai dalam KKMXXXIV ini antara lain:1. Pengamalan dari tri dharma mahasiswa, tentang pengabdian masyarakat dan merupakan wujud nyata dari peran aktif Perguruan Tinggi dan Mahasiswa dalam mebantu pembangunan.2. Membekali mahasiswa baru 2011 berupa pengalaman belajar melalui keterlibatan dalam masyarakat secara langsung yang nantinya akan menemukan dan memecahkan masalah dalam hidup bermasyakat.3. Membangun serta mempererat hubungan antara perguruan tinggi dengan masyarakat, instansi teknis dan pemerintah daerah sehingga dengan penyesuaian kegiatan penelitian dan pendidikan, peran perguruan tinggi dalam pembangunan saat ini semakin nyata.4. Dari kegiatan KKM XXXIV dapat meningkatkan nama baik dari Fakultas Teknik Brawijaya, ini merupakan efek domino dari kegiatan tersebut yang secara tidak langsung dapat meningkatkan citra nama baik dari Fakultas teknik Brawijaya.

IV. Sasaran Kegiatan1. Mahasiswaa. Agar memiliki pribadi yang berjiwa kepemiminan dan bermental tangguh.b. Merangsang agar mahasiswa dapat meningkatkan Kepekaan dan Kepeduliannya terhadap kesejahteraan pada masyarakat .c. Memperdalam dan mendewasakan pola pikir dalam kerja yang saling berkaitan.d. Memperdalam pengabdian masyarakat terhadap manfaat dari ilmu pengetahuan, teknologi yang sedang dipelajari.2. Masyarakata. Memperoleh pemikiran, tenaga, ilmu pengetahuan dan teknologi dalam melaksanakan proyek yang dilaksanakan.b. Terbentuknya kader-kader pembangunan dalam masyarakat dengan memanfaatkan dan meningkatkan sumber daya manusia di lingkungannya.3. Perguruan Tinggi (Universitas Brawijaya)a. Memperoleh umpan balik (feedback) sebagai hasil kemanunggalan mahasiswa dan masyarakat sehingga materi pendidikan dan penelitian disesuaiakan dengan tuntutan nyata dari pembangunan.b. Memperoleh kasus nyata yang dapat dipergunakan untuk materi pendidikan dan penelitian.c. Sebagai bentuk aktualisasi pengabdian masyarakat.Kemah Kerja Mahasiswa XXXIV akan dilaksanakan di Dusun Blayu Desa Pathok picis, Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang.1. Deskripsi Wilayah Desa Pathok picis Desa Pathok picis memiliki luas wilayah sekitar 1540 ha. Jumlah penduduk 2000 kepala keluarga. 2. Potensi Alam Desa Pathok picisKondisi geografis yang ada di Dusun Kunci Desa Pathok picis Kecamatan Wajak ini yang relatif miring dengan kondisi tanah yang cukup subur untuk dimanfaatkan sebagai lahan pertanian seperti padi, jagung dan lain - lain. Dengan kondisi yang ada pada daerah lereng gunug ini daerah ini sabgat cocok sekali untuk digunakan sebagai tempat wisata outbond.V. Bentuk Kegiatan1. Permasalahan yang DihadapiDusun Blayu Desa Pathok picis Kecamatan Wajak memiliki permasalahan mengenai penyediaan air bersih. Permaslahan yang dihadapi oleh warga desa Pathok picis ini lebih kepada kurangnya debit air yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan bagi warga sekitarnya. Selain itu terjadi kejadian yang sangat berketebalikan antara musim penghujan dan kemarau, debit air pada saat musim kemarau sangat rendah sekali, hal ini disebabkan hutan hutan di desa pathok picis yang sudah mulai gundul. Masalah yang juga dihadapi didaerah Pathok picis juga mengalami kurang prasarana pendidikan yang belum memadai karena masih adanya gedung sekolah yang sudah tidak layak pakai dan sangat menggangu sekali kegiatan belajar mengajar. 2. Bentuk kegiatan Dari berbagai permaslahan yang dihadapi oleh warga desa pathok picis ini , KKM XXXIV ini melakukan berbagai bentuk kegiatan pengabdian masyarakat yang terbagi sebagai berikut :a. Pembangunan secara fisik yang dilakukan oleh panitia putra dan maba putra yang berupa : Proyek pipanisasi dari sumber air ke Desa Pathok picis yang berjarak 3 Km. Dimana para panitia pada saat Pra KKM XXXIVakan melaksanakan pipanisai berjarak 2 km bersama warga setempat, dan sisanya akan dilaksanakan oleh maba putra pada saat KKM XXXIVberlangsung. Proyek Reboisasi yang akan dilakukan oleh maba putra yang akan menanamkan pohon Sengon yang berjumlah 200 bibit pohon didaerah hutan hutan yang gundul Proyek renovasi sekolah MI pathok picis yang akan dilakukan adalah perbaikan dinding, atap dan sarana lainya akan dilakukan oleh panitia dan warga sekitar dan Mapa putra akan melakukan pengecatan dinding sekolah pada saat kegiatan KKM XXXIV

b. Pembangunan non fisik yang dilakukan oleh panitia dan maba putri, yaitu berupa: Bantuan tenaga pengajar bagi tingkat SD di MI Pathok picis selama KKM XXXIV berlangsung, Pemberian bantuan buku pegangan untuk sekolah. Bakti sosial berupa pelayanan kesehatan dan pengobatan gratis.

VI. Waktu Penyelenggaraan1. TAHAP PRA KKM XXXIV-2012Tanggal 26 Januari 2012 (Tahap Pelaksanaan Awal): Persiapan material proyek. Pengerjaan proyek pipanisasi berjarak 2 km. Persiapan lahan perkemahan. Pembangunaan sarana MCK bagi panitia dan peserta. Persiapan konsep teknis acara untuk tahap Pelaksanaan Utama Kegiatan KKM XXXIV Persiapan dan pembekalan awal untuk mahasiswa baru tentang KKM XXXIV Peserta : Panitia KKM XXXIVAngkatan 2009 dan Angkatan 2010.2. TAHAP PELAKSANAAN KKM XXXIV-2012Tanggal 11 Februari 16 Februari 2012 Proyek Pipanisasi berjarak 1 Km. Reboisasi 200 bibit pohon Renovasi sekolah Pengabdian Masyarakat berupa bantuan tenaga pengajar pada beberapa sekolah, penyuluhan-penyuluhan dan pemberian bantuan fisik. Pengobatan gratis untuk warga Pathok picis Peserta : Panitia KKM XXXIV Angakatan 2009 dan Angkatan 2010, beserta Mahasiswa Baru Angkatan 2012, dengan rincian:Jumlah Panitia Keseluruhan: 350 mahasiswaJumlah Peserta: 1000 mahasThiswaTotal: 1350 mahasiswa3. Pasca KKM XXXIV 2012Tanggal 16 Februari 20 Februari 2012 Penyelesaian Proyek Pipanisasi yang berjarak total 500 m. Tahap finishing renovasi sekolah Peserta : Panitia KKM XXXIV Angkatan 2009,Angkatan 2010 dan wargaVII. Anggaran DanaBiaya yang dibutuhkan untuk penyelenggaraan kegiatan ini sebesar Rp 249,873,350.00

Sekretariat : Gedung Kemahasiswaan FT-UB MalangJl. M T Haryono 167 Psw. 273 Malang [email protected]