program kerja un 2016

22
BAB I PENDAHULUAN A; Latar Belakang Penilaian atas suatu pelaksanaan kegiatan belajar mengajar harus dilaksanakan secara terus menerus dan berjenjang, serta untuk mengetahui pencapaian target kurikulum dan daya serap siswa dalam setiap mata pelajaran yang diberikan. Sebagai strategi upaya mewujudkan masyarakat yang berakhlak, tangguh, cerdas, terampil dan mandiri serta upaya mendukung penuntasan wajib belajar pendidikan dasar, yang kemudian diadakannya pendidikan dimana hasil pendidikan dapat dijadikan tolak ukur keberhasilan pembelajaran dengan hasil program pendidikan setelah melalui proses penilaian dan evaluasi yang mengacu kepada standar pendidikan nasional. Dalam rangka pengembangan sistem dan alat pengujian yang dilakukan Pusat Penelitian dan Pengembangan sistem pengujian melaksanakan semacam standarisasi perangkat Tes Hasil belajar pada Ujian Nasional dan Ujian Sekolah. Dengan dilaksanakannya Ujian Nasional dan Ujian Sekolah selain untuk mengukur pencapaian hasil belajar sesuai dengan standar kemampuan lulusan, mengukur mutu pendidikan, dan diharapkan mempertanggungjawabkan program kepada masyarakat dan pemerintah. Mengingat pentingnya penilaian yang menentukan keberhasilan suatu program belajar mengajar, maka dalam pelaksanaannya diperlukan organisasi yang baik dan terprogram. B; Dasar/ Landasan Hukum 1; Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945; 2; Undang-Undang No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Lembaran Negara Tahun 2003 Nomor 78, Tambahan Lembaran Negara Nomor 4301); 3; Peraturan Pemerintah No.19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (Lembaran Negara Tahun 2005 Nomor 41, Tambahan Lembaran Negara nomor 4496) 4; Permendiknas Nomor 59 Tahun 2011 tanggal 16 Desember 2011 tentang Kriteria Kelulusan Peserta Didik pada SMP/MTs/SMPLB, SMALB dan SMK Tahun Pelajaran 2015/2016. 5; Peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan Nomor 0011/P/BSNP/XI/2011 tanggal 30 November 2011 tentang Prosedur Operasi Standar (POS) Ujian Nasional SMP/MTs/SMPLB, SMALB dan SMK Tahun Pelajaran 2015/2016 1

Upload: itha-ilfantari-solekhah

Post on 09-Jul-2016

21 views

Category:

Documents


2 download

DESCRIPTION

proker un

TRANSCRIPT

Page 1: Program Kerja Un 2016

BAB I PENDAHULUAN

A; Latar Belakang

Penilaian atas suatu pelaksanaan kegiatan belajar mengajar harusdilaksanakan secara terus menerus dan berjenjang, serta untukmengetahui pencapaian target kurikulum dan daya serap siswadalam setiap mata pelajaran yang diberikan.

Sebagai strategi upaya mewujudkan masyarakat yang berakhlak,tangguh, cerdas, terampil dan mandiri serta upaya mendukungpenuntasan wajib belajar pendidikan dasar, yang kemudiandiadakannya pendidikan dimana hasil pendidikan dapat dijadikantolak ukur keberhasilan pembelajaran dengan hasil programpendidikan setelah melalui proses penilaian dan evaluasi yangmengacu kepada standar pendidikan nasional.

Dalam rangka pengembangan sistem dan alat pengujian yangdilakukan Pusat Penelitian dan Pengembangan sistem pengujianmelaksanakan semacam standarisasi perangkat Tes Hasil belajarpada Ujian Nasional dan Ujian Sekolah.

Dengan dilaksanakannya Ujian Nasional dan Ujian Sekolah selainuntuk mengukur pencapaian hasil belajar sesuai dengan standarkemampuan lulusan, mengukur mutu pendidikan, dan diharapkanmempertanggungjawabkan program kepada masyarakat danpemerintah.

Mengingat pentingnya penilaian yang menentukan keberhasilansuatu program belajar mengajar, maka dalam pelaksanaannyadiperlukan organisasi yang baik dan terprogram.

B; Dasar/ Landasan Hukum

1; Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945;2; Undang-Undang No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan

Nasional (Lembaran Negara Tahun 2003 Nomor 78, TambahanLembaran Negara Nomor 4301);

3; Peraturan Pemerintah No.19 tahun 2005 tentang StandarNasional Pendidikan (Lembaran Negara Tahun 2005 Nomor 41,Tambahan Lembaran Negara nomor 4496)

4; Permendiknas Nomor 59 Tahun 2011 tanggal 16 Desember 2011tentang Kriteria Kelulusan Peserta Didik pada SMP/MTs/SMPLB,SMALB dan SMK Tahun Pelajaran 2015/2016.

5; Peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan Nomor0011/P/BSNP/XI/2011 tanggal 30 November 2011 tentangProsedur Operasi Standar (POS) Ujian Nasional SMP/MTs/SMPLB,SMALB dan SMK Tahun Pelajaran 2015/2016

1

Page 2: Program Kerja Un 2016

6; Peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan Nomor 0148/SK-POS/BSNP/I/2011 tanggal 3 Januari 2016 tentang ProsedurOperasi Standar (POS) Pencetakan Bahan Ujian NasionalSMP/MTs/SMPLB, SMALB dan SMK Tahun Pelajaran 2015/2016.

7; Petunjuk Teknis Ujian Nasional dan Ujian Sekolah SMP/MTs TahunPelajaran 2015/2016.

8; Kurikulum SMP Islam Al-Ulum Tahun Pelajaran 2015/2016

C; Maksud dan tujuan

Dalam rangka pemerataan serta meningkatkan mutu pendidikansecara menyeluruh, Ujian Nasional dan Ujian Sekolah bermaksuduntuk :1; Mendorong tercapainya kualitas pendidikan secara nasional;2; Mendorong agar proses belajar mengajar dilaksanakan dengan

mengacu pada kurikulum yang telah ditetapkan;3; Mengadakan standarisasi mutu pendidikan secara nasional4; Menentukan keberhasilan siswa dalam menempuh Ujian

Nasional sampai memperoleh STKL dan memenuhi Kriteria“berhasil” atau lulus serta memperoleh Surat Tanda TamatBelajar (STTB)

5; Umpan balik dalam perbaikan program pembelajaran

Dan mempunyai tujuan

1; Mengukur pencapaian hasil belajar siswa sesuai dengan standarkemampuan lulusan.

2; Mengukur mutu pendidikan.3; Mempertanggungjawabkan program kepada masyarakat dan

pemerintah.

D; Sistematika

Buku program Penyelenggaraan Ujian Nasional dan Ujian SekolahTahun Pelajaran 2015/2016 yang menjadikan acuan dalam setiaplangkah pelaksanaannya disusun berdasarkan sistematika sebagaiberikut :

BAB I : PENDAHULUAN, menuangkan tentang latar belakang,Dasar/Landasan Hukum, Maksud dan Tujuan sertaSistematika Penyusunan Program Ujian Nasional.

BAB II : PANDUAN UJIAN NASIOANAL, menuangkan tentangPeserta ujian, Penyelenggara Ujian, Bahan Ujian,Pelaksanaan Ujian, Pemeriksaan Hasil Ujian, Kelulusandan Ijazah, Pemantauan, Evaluasi dan Pelaporan, sertaJadwal Kegiatan UN/US.

BAB III : PENGORGANISASIAN, menuangkan tentangPengorganisasian Personil, dan Pengorganisasian Siswa.

BAB IV : PEMBIAYAAN, menuangkan tentang rencana sumber

2

Page 3: Program Kerja Un 2016

penerimaan dana dan perincian rencanapengeluarannya.

BAB V : PENUTUP, menuangkan tentang kesimpulan darikeseluruhan program dan saran-saran bagi pelaksanaankegiatan pendidikan secara keseluruhan agar tercapaihasil pendidikan semaksimal mungkin.

BAB II PANDUAN UJIAN NASIONAL

A; Peserta ujian 1; Peserta Ujian Nasional/Ujian Sekolah SMP ISLAM AL-ULUM

Ketapang adalah SMP ISLAM AL-ULUM Ketapang yangmemenuhi persyaratan Calon Peserta yang ada dalam juknisUN/US Tahun Pelajaran 2015/2016

2; Pendaftaran Calon Peserta Ujian Nasional dan Ujian Sekolahadalah peserta yang sesuai dengan mekanisme pendaftarancalon peserta UN/US Tahun Pelajaran 2015/2016

B; Penyelenggara Ujian1; Sekolah Penyelenggara Ujian

SMP ISLAM AL-ULUM Ketapang merupakan sekolahpenyelenggara UN/US Tahun Pelajaran 2015/2016 sesuai dengankeputusan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan OlahragaKabupaten Bandung Barat dan memenuhi criteria sebagaipenyelenggara UN/US sebagaimana tercantum dalam JuknisUN/US.

2; Organisasi Penylelenggara UjianOrganisasi Penyelenggara Ujian SMP ISLAM AL-ULUM Ketapangterdiri dari unsur kepala sekolah, guru dan staf SMP ISLAM AL-ULUM Ketapang. Susunan (terlampir)

C; Bahan Ujian1; Mata Pelajaran Yang diujikan

Mata Pelajaran yang diujikan meliputi seluruh mata pelajaranyang diajarkan sampai kelas IX,sesuai dengan kurikulum yangdilaksanakan di sekolah.Mata Pelajaran yang diujikan dalam Ujian Nasional (UN)adalahBahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan IlmuPengetahaun Alam (IPA) dalam bentuk tertulis. Mata Pelajaranlainnya diujikan dalam Ujian Sekolah (US), termasuk ujian praktikpada mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan IPA.Jenis penilaian untuk masing-masing mata pelajaran dapat dilihatpada table berikut.

Daftar Mata Pelajaran UN/US SMPTahun Pelajaran 2015/2016

No. Mata Pelajaran Ujian Nasional Ujian Sekolah Ket

3

Page 4: Program Kerja Un 2016

PraktikTertuli

sPraktik Tertulis

1 Pendidikan Agama - - V V

2 Pend. Kewarganegaraan

- - - V

3 Bahasa Indonesia - - V V

4 Matematika - V - V

5 Bahasa Inggris - V V V

6 IPA - V V V

7 IPS - V - V

8 Seni Budaya - - V V

9 Penjas Orkes - - V -

10 TIK - - V V

11 Bahasa madura - - V V

12 Mulok akidah akhlaq - - V V

2; Mata Pelajaran yang dinilai PendidikPendidik menilia aspek afektif melalui pengamatan padakrlompok pelajaran :a; Agama dan Akhlak Muliab; Kewarganegaraan dan Kepribadianc; Estetikad; Jasmani, olahraga dan Kesehatan

3; Penilaian Muatan LokalPenilaian Muatan Lokal melalui ujian praktik dan/atau tertulis,atau melalui penilaian akhir dengan mempertimbangkan hasil-hasil penilaian oleh pendidik sesuai karakteristik mata pelajaranyang bersangkutan.

4; Penyiapan Bahan Ujian Nasionala; Standar Kompetensi Lulusan (SKL)

Permendiknas Nomor 59 Tahun 2011 tanggal 16 Desember2011 tentang Kriteria Kelulusan Peserta Didik padaSMP/MTs/SMPLB, SMALB dan SMK Tahun Pelajaran 2011/2016

b; Penyusunan Naskah SoalPenyusunan naskah soal UN dilakukan oleh penyelenggaratingkat pusat. Naskah soal setiap mata pelajaran dibuat dalambeberapa paket, denagn jumlah butir soal dan alokasi waktusebagai berikut

Jumlah Butir Soal dan Alokasi Waktu4

Page 5: Program Kerja Un 2016

UN SMP ISLAM AL-ULUM Ketapang Tahun Pelajaran2015/2016

No. Mata PelajaranJumlah Butir

SoalAlokasiWaktu

1 Bahasa Indonesia 50 120 Menit

2 Matematika 40 120 Menit

3 Bahasa Inggris 50 120 Menit

4 Ilmu Pengetahuan Alam 40 120 Menit

c; Penggandaan dan Pendistribusian Bahan UNPenggandaan soal UN merupakan tanggung jawabPenyelenggara Propinsi

5; Penyiapan Bahan Ujian Sekolaha; Penyusunan Spesifikasi Soal/Kisi-Kisi

Spesifikasi soal atau kisi-kisi Ujian Sekolah disusun olehmasing-masing sekolah dan atau gugus sekolah sesuai dengankurikulum yang berlaku di sekolah.Spesifikasi soal ujian sekolah mengacu pada SKL matapelajaran yang tertuang dalam permen No.23 Tahun 2006tentang Satandar Kompetensi LulusanStandar Kompetensi Lulusan dan spesifikasi soal untuk matapealajaran lain yang merupakan cirri khas sekolah, dirumuskanoleh sekolah.

b; Jumlah dan Alokasi Waktu Tabel Jumlah Butir Soal dan Alokasi Waktu

Ujian Sekolah SMP

No. Mata PelajaranJumlah Butir Soal

AlokasiWaktu

PG Uraian Jumlah

1 Pendidikan AgamaIslam

50 50 90 menit

2 Bahasa Indonesia 50 50 120 menit

3 Bahasa Inggris 50 50 120 menit

4 Matematika 40 40 120 menit

5 Ilmu PengetahuanAlam

40 40 120 menit

6 Pend.Kewarganegaraan

50 50 90 menit

5

Page 6: Program Kerja Un 2016

7 Ilmu PengetahuanSosial

50 50 120 menit

8 Seni Budaya 50 50 90 menit

9 TIK 50 50 90 menit

10 Bahasa dan SastraSunda

50 50 90 menit

D; Pelaksanaan Ujian1; Waktu Pelaksanaan Ujian

a; Ujian Sekolah

NoPelaksanaan,Hari/Tang

galWaktu Mata Pelajaran

1

Utama : Senin 26 Maret2016 07.30 – 09.00

09.30 – 11.30

Pend.Agama IslamBahasa IndonesiaSusulan : Rabu 4 April

2016

2

Utama : Selasa 27 Maret2016 07.30 – 09.00

09.30 – 11.30IPAPKnSusulan : Kamis 5 April

2016

3

Utama : Rabu 28Maret2016 07.30 – 09.00

09.30 – 11.30MatematikaTIKSusulan : Sabtu 7 April

2016

4 Utama : Kamis 29Maret2016 07.30 – 09.00

09.30 – 11.30

Bahasa InggrisSeni Budaya

Susulan : Senin 9 April2016

5 Utama : Jum’at 30 Maret2016 07.30 – 09.00

09.30 – 11.30

IPSBahasa Sunda

Susulan : Senin 5 April2016

5 Utama : Jum’at 31 Maret2016 07.30 – 09.00

Pendidikan Lingkungan Hidup

Susulan : Rabu 11 April2016

b; Ujian Nasional

6

Page 7: Program Kerja Un 2016

NoPelaksanaan,Hari/Tang

galMata Pelajaran Waktu

1

Utama : Senin 23 April2016

Bahasa Indonesia 08.00 -10.00Susulan : Senin 30 April2016

2

Utama : Selasa 24 April2016

Matematika 08.00 -10.00Susulan : Selasa 1 Mei2016

3

Utama : Rabu 25 April2016

Bahasa Inggris 08.00 -10.00Susulan : Kamis 3 Mei2016

4

Utama : Kamis 26 April2016 Ilmu Pengetahuan

Alam08.00 -10.00

Susulan : Jum’at 4 Mei2016

2; Ruang Pelaksanaan UjianRuang Pelaksanaan Ujian (terlampir)

3; Sistem Pengawasan UjianSistem pengwasanan terteta dalam juknis UN/US

4; Tata Tertib Peserta Ujian dan Pengawas UjianTata Tertib Peserta Ujian (terlampir)

E; Pemeriksaan Hasil Ujian1; Pemeriksaan Hasil Ujian Nasional

a; Pengumpulan Hasil UNPengumpulan hasil UN disesuikan dengan mekanisme yangtertera dalam juknis UN Tahun Pelajaran 2015/2016

b; Pengolahan Hasil UNPengolahan dilakukan oleh Penyelenggara tingkat privinsi,dimana diseuikan dengan mekanisme yang terdapat dalamjuknis UN.

2; Pemeriksaan Hasil UJian Sekolaha; Pemeriksaan dan Penilaian

Pemeriksaan dilakukan oleh tim guru dengan memperhatikanjuknis UN/US.

b; Daftar Nilai UjianDaftar nilai hasil ujian diterbitkan oleh sekolah penyelenggara

F; Kelulusan dan Ijazah1; Kelulusan Ujian Nasional

a; Peserta didik dinyatakan lulus US apabila telah memenuhicriteria kelulusan yang ditetapkan oleh sekolah.

7

Page 8: Program Kerja Un 2016

b; Memiliki nilaisekolah dimana gabungan 60% nilai US dan 40%nilai rata-rata raport.

c; Kelulusan peserta didik dari UN ditentukan berdasarkan NA.d; Nilai Akhir (NA) adalah gabungan 60% nilai UN dan 40% nilai

Nilai Sekolah.e; Peserta didik dinyatakan lulus UN apabila nilai rata-rata dari

semua NA mencapai paling rendah 5,5 dan nilai setiap matapelajaran paling rendah 4,0.

f; Kelulusan ditetapkan melalui rapat dewan guru berdasarkancriteria kelulusan.

2; Kelulusan Ujian SekolahPeserta didik dinyatakan lulus ujian sekolah apabila memenuhikriteria sebagai berikut :a; Memiliki rata-rata minimal 6,00 baik ujian tulis maupun ujian

praktikb; Mencapai nilai batas lulus untuk setiap mata pelajaran sesuai

dengan yang ditentukan oleh sekolah penyelenggara ujian.3; Kelulusan dari Satuan Pendidikan

Penentuan kelulusan peserta didik dari satuan pendidikandilakukan oleh masing-masing sekolah melalui rapat dewan.

4; Pengumuman Kelulusan dari Satuan Pendidikan Pengumuman kelulusan peserta didik dari satuan pendidikanuntuk SMP/Mts dilaksanakan oleh masing-masing satuanpendidikan pada tanggal 2 Juni 2016 .

5; Penerbitan Ijazaha; Peserta ujian yang dinyatakan lulus dari satuan pendidikan

berhak memperoleh ijazah.b; Blangko ijazah bersifat nasional dan disediakan oleh

pemerintah.c; Dinas pendidikan Kabupaten menerima Daftar Kolektif Hasil

Ujian Nasional (SKHUN) yang telah diisi oleh PenyelenggaraTingkat Provinsi.

d; Dinas Pendidikan Kabupaten mendistribusikan balngko ijazahke sekolah penyelenggara berdasarkan hasil Ujian Nasional danUjian Sekolah penyelenggara ujian menerima blangko ijazahdan memeriksa keabsahan serta jumlahnya dengan disertaiberita acara aserah terima.

e; Nilai Ujian Nasional dan Ujian Sekolah dicantumkan dalamijazah.

f; Sekolah yang tidak menjadi penyelenggara ujian, menyerahkanhasil penilaian oleh pendidik dari satauan pendidikan yangbersangkutan kepada sekolah penyelenggara ujian.

g; Penerbitan ijazah oleh Direktorat Jenderal ManagemenPendidikan Dasar dan Menengah atau Direktorat JenderalPendidikan Islam.

G; Pemantauan, Evaluasi dan Pelaporan1; Pemantauan dan Evaluasi

8

Page 9: Program Kerja Un 2016

a; Pemantauan, evalauasi UN dilakukan oleh setiappenyelenggara UN Tingkat Pusat, Provinsi, Kabupaten, sertaSekolah sesuai dengan tugas dan kewenangannya.

b; Pemantauan dan evaluasi Ujian Sekolah dilakukan olehDepartemen Pendidikan Nasional, Direktorat JenderalPendidikan Dasar dan Menengah, badan Penelitian danPengembanagan Diknas, Dinas Pendidikan Provinsi, Depag, danKandepag sesuai dengan tugs dan kewenangannya.

2; PelaporanLaporan penyelenggara ujian memuat informasi tentangpenyiapan bahan, pelaksanaan ujian, penetapan batas lulus ujiansekoalh, pengawas ujian, pemeriksaan ujian, permasalahan danupaya pemecahannya serta lapora hasil ujian yang mencakupnilai ujian setiap siswa dan rata-rata nilai tiap mata pelajaran baikUN maupun US.

H; Jadwal Kegiatan UN/US.a; Jadwal Kegiatan

No. Uraian Kegiatan Waktu Mulai Pen. Jawab

1. Persiapan/Perencanaana; Rapat Pembentukan

Panitiab; Menyusun rincian tugas

Operasional Panitiac; Penyampaian informasi

kepada gurud; Memberikan tugas

pembuatan sual UNDaerah

e; Menyiapkan formatadministrasi pelaksanaan

f; Menyusun rencanakegiatan Ujian Nasionaldan Ujian Sekolah

g; Koreksi DNSh; Penyerahan Kembali DNSi; Pengesahan DNT

16 Januari 2016 18 Januari 2016

18 Januari 2016

18 Januari 2016

18 Maret 2016

18 Januari 2016

Pebruari 2016

Kepala SekolahKet/Sekretaris

Sekretaris

Sekretaris

Sekretaris

Sekretaris

SekretarisAnggota Panitia/Staf TU

9

Page 10: Program Kerja Un 2016

j; Pembuatan Buku Programk; Pelaksanaan Ujian Praktekl; Persiapan Ruang Tes

2. Pelaksanaana; UN Tulis Utamab; UN Tulis Susulan

c; US Tulisd; US Susulane; Ujian Praktik

23 - 26 April2016

30 April - 4 Mei2016 21-25 Maret2016 4-13 Aprill 2016 12 Maret-2 April2016

PanitiaPanitia

PanitiaPanitiaPenguji

3. Pengolahan Nilai UjianPrakteka; Pengolahan Nilaib; Rekap hasil Ujian Praktek

12-20 Maret2016 21 Maret 2016

GuruPanitia

4. a; Pemeriksaan Hasil Ujiankepada gugus

b; Pemeriksaan Hasil Ujianc; Rekap Nilai Hasil

Pemeriksaan

23-26 Maret2016

April-Mei 2016 April-Mei 2016

Panitia

Tim PemeriksaPanitia

5. Nilai hasil Ujiana; Penyerahan Hasil Ujianb; Nilai Raport

12-20 Maret2016 21-24 Maret

GuruGuru

10

Page 11: Program Kerja Un 2016

c; Rapat Kelulusand; Pembagian Ijazah

2016 1-2 Juni2016 Juni-Juli 2016

SeluruhnyaGuru Kelas

6. PelaporanLaporan Hasil kegiatan Juni 2011 Kepala Sekolah

b; Jadwal Kegiatan Ujian Nasional dan Ujian Sekolah

No. Uraian Kegiatan Waktu Mulai Pen. Jawab

1. Persiapan/Perencanaana Rapat Pembentukan

Panitiab Menyusun rincian tugas

Operasional Panitiac Penyampaian informasi

kepada gurud Memberikan tugas

pembuatan sual UNDaerah

e Menyiapkan formatadministrasi pelaksanaan

f Menyusun rencanakegiatan Ujian Nasionaldan Ujian Sekolah

g Koreksi DNSh Penyerahan Kembali DNSi Pengesahan DNTj Pembuatan Buku Programk Pelaksanaan Ujian Praktekl Persiapan Ruang Tes

16 Januari 2016 18 Januari 2016

18 Januari 2016

18 Januari 2016

18 Maret 2016

18 Januari 2016

Pebruari 2016

Kepala SekolahKet/Sekretaris

Sekretaris

Sekretaris

Sekretaris

Sekretaris

SekretarisAnggota Panitia/Staf TU

2. Pelaksanaana UN Tulis Utamab UN Tulis Susulan

c US Tulisd US Susulan

e Ujian Praktik

23 - 26 April2016

30 April - 3 Mei2016 26-31 Maret2016 4 - 11 April 2016

12-19 Maret2016

Panitia

PanitiaPanitiaPanitia

Penguji

11

Page 12: Program Kerja Un 2016

3. Pengolahan Nilai UjianPrakteka Pengolahan Nilaib Rekap hasil Ujian Praktek

12-23 Maret2016 24 Maret 2016

GuruPanitia

4. a Pemeriksaan Hasil Ujiankepada gugus

b Pemeriksaan Hasil Ujianc Rekap Nilai Hasil

Pemeriksaan

23-26 April 2016

April-Mei 2016 April-Mei 2016

Panitia

Tim PemeriksaPanitia

5. Nilai hasil Ujiana Penyerahan Hasil Ujianb Nilai Raportc Rapat Kelulusand Pembagian Ijazah

08 April 2016 07 Maret 2016 3 Juni 2016 Juni-Juli 2016

GuruGuruSeluruhnyaGuru Kelas

6. PelaporanLaporan Hasil kegiatan Juni 2016 Kepala Sekolah

a; Jadwal Kegiatan Ujian Nasional dan Ujian Sekolah (terlampir)

No. Uraian Kegiatan Waktu

1. Sosialisasi Permen Diknas dari POS UN-USTahun Pelajaran 2015/2016

2-30 Januari2016

2. Pendataan calon peserta ujian di masing-masing SMP/MTs

1-31 Desember2012

3. Pengiriman data calon peserta ujian darisekolah/madrasah ke web site online

Paling lambattanggal 31

Desember 2012

4. Pendataan dan pengusulan SMP/MTsPenyelenggara ujian di Provinsi

1-10 Januari2016

5. Penetapan Sekolah SMP Penyelenggara UjianNasional oleh Penyelenggara Provinsi

15-31 Januari2016

6. Pengolahan data sekolah/madrasahpenyelenggara dan calon peserta ujian diprovinsi

Pebruari 2016

7. Pencetakan Daftar Nominasi Sementara (DNS) 2-10 Januari

12

Page 13: Program Kerja Un 2016

peserta ujian. 2016

8. Pendistribusian DNS dari provinsi kekabupaten/kota diteruskan kesekolah/madrasah

10-15 Januari2016

9. Verifikasi dan Validasi DNS yang telahdikoreksi oleh SMP/MTs ke provinsi melaluipanitia kabupaten/kota

15-31 Januari2016

10. Pencetakan Daftar Nominasi Tetap (DNT) dankartu Peserta Ujian (KPU) di provinsi

13-22 Pebruari 2016

11. Pendistribusian DNT dan KPU kesekolah/madrasah melalui panitiakabupaten/kota

Paling Lambattanggal 29

Pebruari 2016

12. Penempelan foto, penadatanganan,penyetempelan KPU oleh sekolah/madarasahdan penyerahannya kepada peserta ujian

25-29 Maret 2016

13. Penyiapan bahan ujian sekolah oleh sekolahmeliputi :a; Penyusunan Standar Kompetensi Lulusan

(SKL) UNb; Penyusunan Kisi-kisic; Penulisan soal dan perangkatnyad; Penelaahan dan revisi soale; Perakitan perangkat tes dan penyiapan

master copyf; Penggandaan naskah/perangkat soal

2 Januari-18Maret 2016

14. Penggandaan dan pengepakan perangkat soaldan lembar jawaban UN di provinsi Sesuai

Penjadwalanyang dilakukandi pusat

15. Serah terima perangkat soal dan lembarjawaban UN dari percetakan kepada panitiaprovinsi

16. Serah terima naskah soal UN dari panitiaprovinsi kepada panitia kabupaten/kota

20-22 April2016

17. Pendistribusian naskah soal UN dari panitiakabupaten/kota ke sekolah/madrasahpenyelenggara (bertahap sesuai jadwal UN)

26 April- 4 Mei2016

18. a. UN Utamab. UN Susulan

c. US Praktik Utama/Susulan

d. US Tertulis Utama

9-12 Mei 2016 16-19 Mei 2016 14 Maret-2April

2016 26 Maret-3 April

2016 4--13 April 2016

13

Page 14: Program Kerja Un 2016

e. US Tertulis Susulan

19. Pengiriman lembar jawaban hasil UN utamadari SMP/MTs. Penyelenggara kepada panitiakab/kota diteruskan ke provinsi (bertahapsesuai jadwal UN)

9-12 Mei 2016

20. Pengiriman lembar jawaban hasil UN susulandari SMP/MTs Penyelenggara kepada panitiakab/kota diteruskan ke provinsi (bertahapsesuai jadwal UN)

9-12 Mei 2016

21. Scanning lembar jawaban hasil UNutama/susulan di provinsi

10 - 25 Mei 2016

22. Scanning lembar jawaban hasil UN ulangan diprovinsi 26 Mei 2016

23. Pemeriksaan hasil Ujian Sekolah 30 Maret-2 April2016

24. Pengiriman hasil scanning LJUN Utama danSusulan dari provinsi ke puspendik 26 Mei 2016

25. Pengiriman hasil scanning LJUN Ulangan dariprovinsi ke puspendik 26 Mei 2016

26. Pengolahan/penilaian hasil scanning LJUN diPuspendik 26 Mei 2016

27. Pencetakan DKHUN/SKHUN di provinsi 11-20 Juni 2016

28. Pendistribusian DKHUN/SKHUN kesekolah/madrasah melalui panitiakabupaten/kota

20 juni 2016

29. Rapat penentuan kelulusan UN Utama/Susulandi sekolah/madrasah

1 Juni 2016

30. Pengumuman kelulusan UN Ulangan dimasing-masing sekolah/madrasah 11 Jun 2016

14

Page 15: Program Kerja Un 2016

BAB III PENGORGANISASIAN

A; Pengorganisasian Personil

1; Susunan PanitiaSusunan kepanitiaan Penyelenggaraan Ujian Nasional dan UjianSekolah Tahun Pelajaran 2015/2016 SMP ISLAM AL-ULUMKetapang sebagai berikut :

No. Nama Jabatan Dalam Kepanitian

1 ARIF HIDAYATULLAH,S.Pd.

Ketua

2 ILFANTARI SOLEKHAH Sekretaris

3 ADBUL MUJIB Bendahara

4 BAGUS ADI PUTRANTO Anggota

5 SLAMET SUGIANTO Anggota

15

Page 16: Program Kerja Un 2016

2; Organigram/Struktur OrganisasiStruktur Organisasi penyelenggara Ujian Nasional dan UjianSekolah Tahun Pelajaran 2015/2016 SMP ISLAM AL-ULUMKetapang adalah sebagai berikut :

3; Rincian Tugas Operasional Panitia KETUA

ARIF HIDAYATULLAH, S.Pd.Tugas :a; Mengadakan rapat dinasb; Mendelegasikan tugas kepada anggota Panitia yang

ditunjukc; Menyampaikan informasi terkaitd; Monitoring dan supervise kegiatane; Mempertanggung jawabkan seluruh kegiatan

SEKRETARISILFANTARI SOLEKHAH Tugas :a; Menyiapkan berbagai format baku untuk pelaksanaan

UJIAN AKHIR SEMESTERb; Menyusun jadwal Ujian Akhir Semester dan Ujian Praktekc; Menyusun jadwal Ujian Akhir Semester dan Ujian Praktekd; Menyiapkan Naskah/ dokumen tese; Pendataan peserta Ujian Akhir Semester dan Ujian Praktekf; Pendistribusian peserta kedalam ruang tesg; Pendistribusian pengawas kedalam ruang tesh; Mendata kehadiran peserta tesi; Mendata kehadiran pengawasj; Menindaklanjuti informasi dari ketuak; Menyiapakan bahan terkait untuk pelaporanl; Bertugas mewakili Ketua dalam memberikan kebijakan

pada saat yang sangat mendesak/mendadak

16

KETUA

ARIF HIDAYATULLAH, S.Pd.

ANGGOTA :

1; BAGUS ADI PUTRANTO 2; SLAMET SUGIANTO

BENDAHARAADBUL MUJIB

SEKRETARIS

ILFANTARI

Page 17: Program Kerja Un 2016

BENDAHARAABDUL MUJIBTugas :a; Menyiapkan format-format biaya program dan SPJ-nyab; Bersama-sama ketua dan sekretarisnya merencanakan

anggaran biaya pelaksanaanc; Mengelola kerumahtanggaan /konsumsi pengawas dll.d; Serah terima naskah soal / lembar jawaban Ujian Nasionale; Pelayanan Umumf; Koordinator Persiapan Konsumsi

ANGGOTA 1BAGUS ADI PUTRANTOTugas :a; Membantu kepanitiaan Un dan USb; Bertanggung jawab pada kegiatan serah terima soal dan

lembar jawaban siswa (LJK)c; Mendata kehadiran peserta UJIAN dan Pengawasd; Koordinator pelaksanaan UJIAN PRAKTEKe; Koordinator pengolahan dan pengumpulan hasil UJIAN

PRKATEKf; Koordinator persiapan, penempelan nomor bangku, denah

tempat duduk dll.g; Bertanggung jawab persiapan pembuatan denahh; Pelayanan Umum.

ANGGOTA 2ALAMET SUGIANTOTugas :a; Membantu kepanitiaan UN dan USb; Bertanggung jawab pada kegiatan serah terima naskah

soal dan lembar jawaban siswa (LJK)c; Mendata kehadiran siswa dan pengawasd; Koordinator persiapan, penempelan nomor bangku, denah

tempat duduk dll.e; Pelayanan Umum

17

Page 18: Program Kerja Un 2016

4; Daftar Guru Yang Diberi Tugas Menguji Ujian Praktek

No. Nama GuruMata

PelajaranKeterangan

1 ABDUL MUJIB Pend. Agama Kelas IX

2 ARIF HIDAYATULLAH Bhs. Indonesia Kelas IX

3 SRI WAHYUNI Bhs. Inggris Kelas IX

4 YUNITA IPA Kelas IX

5 ILFANTARI Kesenian Kelas IX

6 HERDIAN PUTRA SETIAWAN Penjas Kelas IX

7 BAGUS ADI PUTRANTO TIK Kelas IX

8 MOH SHOLEH Bhs. MADURA Kelas IX

9 ABDUL MUJIB AKIDAH AKHLAQ

Kelas IX

5; Daftar Guru Yang Diberi Tugas Mengawas Silang

No.Kode

PengawasNama Guru Tugas

1 049.01 ABDUL MUJIB Pengawas

2 049.02 ARIF HIDAYATULLAH Pengawas

3 049.03 SRI WAHYUNI Pengawas

4 049.04 YUNITA Pengawas

5 049.05 ILFANTARI Pengawas

6 049.06 HERDIAN PUTRA SETIAWAN Pengawas

7 049.07 BAGUS ADI PUTRANTO Pengawas

8 049.08 MOH SHOLEH Pengawas

9 049.09 ABDUL MUJIB Pengawas

18

Page 19: Program Kerja Un 2016

10 049.10 BAGUS ADI PUTRANTO Pengawas

11 049.11 MOH SHOLEH Pengawas

12 049.12 ABDUL MUJIB Pengawas

B; Pengorganisasian Siswa

1; Jumlah Peserta Ujian Nasional dan Ujian Sekolah Peserta Ujian Nasional dan Ujian Sekolah Tahun Pelajaran2015/2016 tediri dari siswa-siswi SMP ISLAM AL-ULUMKetapang .Berdasarkan data keadaan siswa terakhir, maka jumlah pesertaUjian Nasional dan Ujian Sekolah Tahun Pelajaran 2015/2016adalah sebagai berikut :Untuk jumlah peserta Ujian Nasional dan Ujian Sekolah sebanyak28 orang diperlukan ruang ujian sebagai berikut :

No. Ruang Nomor Peserta Jumlah

01 20

02 8

Total 28

Yang dikuti oleh : 28Perempuan berjumlah 10 SiswaLaki-laki berjumlah 18 Siswa

2; Pengelompokan Peserta Ujian Nasional dan Ujian Sekolah TahunPelajaran 2015/2016

3; Pengelompokan Peserta Ujian Nasional dan Ujian Sekolah TahunPelajaran 2015/2016 ke dalam ruangan ujian diatur (terlampir)

19

Page 20: Program Kerja Un 2016

BAB IV PEMBIAYAAN

Pengeluaran:a). Les1. Honor guru les ( 9 Pertemuan x @25.000 x 4 org) : Rp 900.000,00 b). Try Out (Dinas I & II)

1. Transport pengambilan soal (2 x 50.000) : Rp 100.000,00 c). Ujian Sekolah

1. Transport pengambilan soal : Rp 50.000,00 2. Pengawas ruang (2 orang x 6 x 20.000) : Rp 240.000,00 3. Koreksi (12 mapel x 27 siswa x 1.000) : Rp 312.000,00

d). UNAS1. Foto siswa (27 x 15.000) : Rp 405.000,00 2. Akomodasi / sewa mobil (4 hari x 260.000) : Rp 1.040.000,00 3. ATK a. Pencil 2B fabercastel @3500 x 35 : Rp 122.500,00 b. Alas Ujian @12000 x 28 : Rp 336.000,00 c. Rautan 2 buah @ 12000 : Rp 24.000,00 d. Tempat Pencil 12000 : Rp 12.000,00 e. Penghapus @2000 x 38 : Rp 76.000,00 f. Keplek @5000 x 26 : Rp 130.000,00 g.Pines 2 kotak x 8000 : Rp 16.000,004. Laminating ijazah @3000 x 26 x 2 : Rp 156.000,00

5. Fotocopy IJAZAH dan SKHUN ( 26 x 2 x 10 x 300 ) : Rp 156.000,00 6. Pendamping UN (2 Org x 4 hari x 125.000) : Rp 1.000.000,00

7. Biaya UN @150.000 x 28 : Rp 4.275.000,00

Jumlah Rp 9.202.600,00

20

Page 21: Program Kerja Un 2016

BAB V PENUTUP

A; Kesimpulan

Pelaksanaan Ujian Nasional dan Ujian Sekolah Tahun Pelajaran

2015/2016 di SMP ISLAM AL-ULUM Ketapang akan mencapai hasil

maksimal apabila :

1; Dalam pelaksanaannya mengacu aturan-aturan yang dikeluarkan

secara vertikal dari pihak yang terkait, disertai bimbingan dan

arahan Pengawas Pembina.

2; Seluruh komponen edukatif dan administrasi dapat bekerja sama

yang baik dan melaksanakan tugas dan fungasi masing-masing

secara maksimal.

3; Tersedia fasilitas dan dana yang memadai.

4; Diberikan waktu yang cukup dalam mengantisifasi bagian demi

bagian serta seluruh kegiatan

B; Saran-saran

Demi tercapainya hasil yang maksimal sesuai dengan yang

diharapakan dengan ini kami memberikan saran-saran agar

koordinasi dan pembinaan kepada seluruh komponen

penyelenggara pendidikan lebih ditingkatkan lagi. Perlu adanya

pembenahan yang lebih efisien dalam memberikan atau

menyampaikan berita sehingga kami sebagai pelaksana dapat

mengantisipikasi informasi yang yang lebih pasti danlebih akurat

dalam melaksanakan setiap kegiatan agar tidak terjadi

kesalahpahaman ataupun benturan yang tidak diinginkan.

21

Page 22: Program Kerja Un 2016

22