profesi guru dan tugasnya

Download Profesi Guru Dan Tugasnya

Post on 17-Oct-2015

16 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

herlisa ptra

TRANSCRIPT

Slide 1

PROFESI KEPENDIDIKAN

By :Herlisa Putra2012 132 089Widiyah Wulan. D2012 132 084Irsa Nopianti2012 132 079Sulistiyaningsih2012 132 075Evi Wulandari2012 132 100Fitri Dia Sari2012 132 081Distriana. M2012 132 087Lecture :Dr. H. Syarwani Ahmad.,MM.

Proudly PresentGuru dan TugasnyaGuru dan TugasnyaSiapakah GuruKematangan Kepribadian GuruKemampuan ProfesionalKemampuan Guru Dalam BerkomunikasiPoses Pengajaran 1. Siapakah GuruGuru Sebagai PribadiDalam situasi pendidikan atau pengajaran terjalin interaksi antara siswa dengan guru atau peserta didik dengan pendidik. Interaksi ini sesungguhnya merupakan interaksi antara dua kepribadian, yaitu kepribadian guru sebagai orang dewasa dan kepribadian siswa sebagai anak yang belum dewasa dan sedangkan berkembang mencari bentuk kedewasaan. Kedudukan guru sebagai pendidik dan pembimbing tidak bisa dilepaskan dari guru sebagai pribadi. Kepribadian guru sangat mempengaruhi peranannya sebagai pendidik dan pembimbing.

Guru Sebagai Pendidik dan Pengajar Guru mempunyai peranan ganda sebagai pengajar dan pendidik. Tugas utama sebagai pendidik adalah membantu mendewasakan anak. Tugas utama guru sebagai pengajar adalah membantu perkembangan intelektual, afektif dan psikomotor, melalui menyampaikan pengetahuan, pemecahan masalah, latihan-latihan afektif dan keterampilan.

Guru Sebagai PembimbingSelain sebagai pendidik dan pengajar guru juga punya peranan sebagai pembimbing. Perkembangan anak tidak selalu mulus dan lancar, adakalahnya lambat dan mungkin juga berhenti sama sekali. Dalam situasi seperti ini mereka perlu mendapatkan bantuan atau bimbingan.

Kedewasaan Guru sebagai pribadi, pendidik, pengajar dan pembimbing, dituntut memiliki kematangan atau kedewasaan pribadi, serta kesehatan jaasmani dan rohani. Minimal ada tiga ciri kedewasaan yaitu :1. Orang yang telah dewasa memiliki tujuan dan pedoman hidup ( philosophy of life ), yaitu sekumpulan nilai yang ia yakini kebenarannya dan menjadi pegangan dan pedoman hidupnya.2.Orang dewasa adalah orang mampu melihat segala sesuatu secara objektif.3.Seorang dewasa adalah orang yang telah biasa bertanggung jawab. Kesehatan Fisik dan PsikisGuru juga dituntut untuk memiliki fisik dan mental yang sehat. Fisik yang sehat berarti terhindar dari berbagai macam penyakit. Guru yang sakit bukan tidak munngkin dapat melaksanakan tugas dengan baik, kemungkinan besar akan menularkan penyakitnya kepada anak-anak. Gangguan-gangguan mental yang diderita guru dapat mengganggu bahkan merusak interaksi pendidikan.2. Kematangan Kepribadian Guru Penguasaan Ilmu dan Keterampilan KeguruanGuru merupakan suatu pekerjaan profesional. Untuk melaksanakan tugas tersebut dengan baik, selain harus memenuhi syarat-syarat kedewasaan, sehat jasmani dan rohani, guru juga harus memiliki ilmu dan kecakapan, ketemapilan keguruan. Agar mampu menyampaikan ilmu pengetahuan atau bidang studi yang diajarkannya ia harus menguasai ilmu atau bidang tersebut secara mendalam dan meluas. Sifat dan Sikap ProfesionalSelain pengetahuan dan kecakapan-kecakapan diatas ada beberapa sifat dan sikap yang harus dimiliki oleh guru profesional, yaitu :Fleksibel. Bersikap terbukaBerdiri sendiri. Peka.Tekun.Realistik.Melihat kedepan.Rasa ingin tahu.Ekspresi. Menerima diri3. Kemampuan ProfesionalKemampuan BekerjasamaSeorang guru dalam pekerjaannya baik didalm kelas maupun diluar kelas selalu bekerjasama dengan yang lainnya. Sehubungan dengan tuntutan bekerja ada beberapa kemapuan yang hendaknya dikuasai oleh guru :

Mudah dalam menghadapi orangMempunyai minat untuk bekerja sama ddengan orang lainSenang mengambangkan bakat dan minatBerusaha mengenal usaha yanng telah dilakukan dan hasilnyaDapat memberikan pengetahuan dengan cara yang bijaksanaDapat memeganng peraturanMampu bermainbersih atau tidak curangMemiliki keyakinan dan kesabaranDapat bekerja sama dengan orang lainMemperlihatkan kondisi emosi yang stabil

4. Kemampuan Guru Dalam Berkomunikasi Kemampuan Berkomunikasi Agar dapat berkomunikasi dengan baik, guru perlu memiliki kemampuan berbahasa yang baik. Guru perlu menguasai struktur kalimat dan ejaan yang benar. Selain kemampuan berbahasa hal yang juga penting dalm interaksi pendidikan dan pengajaran adalah penampilan guru. Kemampuan berkomunikasi guru dalam kelas juga dipengaruhi oleh penguasaan guru akan bahan yang akan diajarkan. Hal lain yang mempengaruhi keberhasilan komunikasi guru dengan siswa adalah pengusaan cara mengajar. Pengguanaan metode yang tepat dengan prosedur yang tepat, akan mempengaruhi perhatian siswa dan motivasi belajar siswa.

Macam-macam bentuk komunikasi dalam mengajar Dalam kegiatan belajar mengajar tatap muka komunikaasi langsung dapt terjadi baik dalam situasi klasikal, kelompok ataupun individu. Beberapa bentuk komunikasi dalam situasi tersebut adalah :Penyampain informasi lisan. Penyampaian informasi secara tertulis. Komunikasi melalui media elektronika. Komunikasi dalam aktivitas kelompok. Bentuk pengajaranDalam urain terdahulu telah dijelaskan bahwa interaksi belajar mengajar, memiliki dua sisi yaitu : sisi siswa merupakan upaya belajar dan sisi guru merupakan kegiatan belajar. Ada beberapa bentuk kegiatan mengajar yang dapat dilakkukan oleh guru :Berdasarkan jumlah siswa yang diajar dibedakan antara kegiatan mengajar klasikal, kelompok dan individu.Berdasarkan jarak antara guru dengan siswa dibedakan antara mengajar jarak jauh dan tatap muka, atau belajar dengan komunikasi tidak langsung dan komunikasi langsung.Berdasrkan media yang digunakan baik media tilis maupun media elektronikaBerdasarkan dominasi peranan guru dan siswa, dibedakan mengajar yang bersifat ekspositori dan mengajar inkuiridiskaveri.Mengajar dengan menggunakan alat peraga atau audio visual5. Poses Pengajaran Media pengajaran Media diartikan secara arti sempit, terbatas pada alat pembantu atau alat bantu pengajaran (audio visual aid atau AVA) atau alat peraga, sedangkan dalam arti luas, termasuk juga sumber-sumber belajar selain buku, jurnal adlah perpustakaan, laboratorium, kebun sekolah dll.Penyampaian informasi

Dalam menyampaikan informasi baik kepada kelas ataupun kelompok hendaknya guru :Menyajikan informasi secara sistematis atau berurutanBerbicara terarah kepada pencapaian tujuan tertentu, tidak melantur kemana-manaBerbicara dengan semangat, tidak menunjukkan kelesuanatau kebosanan, sebab kalau gurunya bersemangat maka siswa pun akan bersemangat pulaPenyampaian informasi disellingi dengan sedikit humorPenyampaian informasi disertai dengan penggunaan alat tulis dan alat-alat bantu lainnya seperti alat peragaPenyampaian informasi dilengkapi dengan pembuatan sketsa ranngkuman-ranngkumanPenyampaian informasi dilengkapi dengan dramatis dan contoh-contoh nyata dalam kehidupanGuru hendaknya memberikan petunjuk yang jelas.

Memberikan informasi dari siswaDalam interaksi belajar mangajar guru tidak hanya berperan menyampaikan informasi kepada siswa, tetapi ia juga hendaknya mendorong para siswanya untuk mau memberikan informasi atau pengetahuannya kepada oranng lain, termasuk gurunya. Ada beberapa kemampuan yang dituntut untukdapat melaksanakan hal tersebut :

Guru dapat mendengarkan pembicraan siswa dengan seksamaGuru dapat mengemukakan pertanyaan-pertanyaan kepada siswa dengan jelasGuru dapat mendorong para siswa untukberbicara menggunakan pendapatnyaGuru hendaknya dapat menciptakan berbagai bentuk kegiatan kelompokAgar siswa lebih aktif, guru berusaha untuk membimbingnya dan tidak dengan perintah-perintah.6) Guru hendaknya berusaha agar tercipta situasi diskusi antarsiswa Diskkusi hendaknya berpusat kepada sasaran atau tujuan yang ingin dicapai8) Guru hendaknya memberikan penilaian terhadap setiap kontribusi yang dilakukan siswa9) Guru hendaknya menggunakan kontribusu yang diberikan kepada siswa10) Apabila ada perbedaan pendapat diantara para siswa .

Mengaplikasikan pengetahuanDalam mengajar guru juga hendaknya mendorong dan membimbing siswa untuk mengaplikasikan atau menggunakan pengetahuan yang dimilikiny dalam kehidupan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan olehguru dalammengaplikasikan pengetahuan ini:

Guru hendaknya banyak menghubungkan bahan pelajaran yang diberikan dengann pengalaman siswaGuru hendaknya banyak memberi contoh dan kasus-kasus.3. Guru meminta siswa memberikan contoh aplikasi dari suatu prinsip, kaidah atau dalil4. Guru meminta siswa untuk melakukan suatu peragaan5.Guru memberikan tugas berupa aplikasi pengetahuan dalam pekerjaan6.Guru menciptakan beberapa kegiatan agar para siswa mendapatkan beberapa pengalaman7.Guru menngecek aplikasi ini dalam praktek8.Guru memberikan beberapa komentar yang konstruktif terhadap pelaksanaan atau suatu aplikasi9.Guru berusaha menyediakan alat-alat yang diperlukan dalam pelajaran dan menyesuaikan alat tersebut dengan kebutuhan siswa secara individual.

Membangkitkan motivasi belajarMotivasi memegang peranan penting dalam belajar. Dalam membangkitkan motivasi belajar para siswa guru perlu memperhatikan beberapa hal.1)Lebih banyak memberikan penghargaan atau pujian dari pada hukuman, sebab siswa lebih termotivasi oleh hal-hal yang menimbulkan rasa sengang dari pada rasa sakit2)Pekerjaan-pekerjaan siswa sebaiknya guru memberikan komentar tertulis dan jangan komentar lisan3)Pendapat dari teman-teman sekelas lebih memberikan motivasi yanng kuat dari pada guru4)Strategi atau metode mengajar yanng sesuai dengan minat siswa akan membangkitkan motivasi belajar5)Guru hendaknya banyak menekankan pelajaran kepada kenyataan, sebab hal-hal yang nyata lebih membangkitkan motif, dibandingkan dengan yang bersifat teoretis6)Pengguanaan metode atau strategi mengajar yanng bervariasi7)Kegiatan belajar yang banyak memberikan tantangan, lebih mengakifkan dan memberikan dorongan belajar.

Memberikan kritikAgar terjadi perubahan atau perkembangan pada diri siswa adaklahnya guru memberikan kritik. Beberapa h