processing hardware

60
Kelompok 2: Created by: Norman laksono R/23404 Citra kemala padmadhani/23934 Winda monica/23954 Lilla istika dhini/23932

Upload: remy

Post on 25-Jan-2016

69 views

Category:

Documents


0 download

DESCRIPTION

Processing Hardware. Kelompok 2: Created by: Norman laksono R/23404 Citra kemala padmadhani/23934 Winda monica/23954 Lilla istika dhini/23932. I. Empat jenis system komputer. - PowerPoint PPT Presentation

TRANSCRIPT

Page 1: Processing Hardware

Kelompok 2:Created by:Norman laksono R/23404Citra kemala padmadhani/23934Winda monica/23954Lilla istika dhini/23932

Page 2: Processing Hardware

I.Empat jenis system komputerkomputer diklasifikasikan sebagai mikrokomputer,

minicomputer, komputer mainframe dan superkomputer. mikrokomputer dapat berupa komputer pribadi (PC) atau workstation. Termasuk PC desktop dan unit lantai-berdiri, luggables, laptop, notebook, subnotebook, PC saku (penyelenggara elektronik, palmtop, personal digital asisten), dan komputer pena.

stasiun kerja mikrokomputer ini canggih desktop nya digunakan untuk teknis tujuan. minicomputer pada antara ukuran mesin yang telah menjadi penting sebagai "server", untuk menyimpan database dan program untuk PC banyak. superkomputer adalah alat menghitung tercepat dan digunakan untuk proyek-proyek berskala besar. superkomputer memiliki dua desain: pengolahan vektor dan pemrosesan paralel secara besar-besaran.

Page 3: Processing Hardware

umumnya. semakin besar komputer, semakin besar daya pengolahannya. komputer dikelompokkan dalam empat ukuran yaitu kecil, menengah, besar, dan super-besar, yang diberikan nama berikut:* Microcomputers - baik komputer pribadi dan workstation* Minicomputer* mainframe komputer* Supercomputer

Page 4: Processing Hardware

perbedaan di antara kategori-kategori inidiilustrasikan pada: 

a. Mikrokomputer: Personal ComputerMikrokomputer adalah

komputer kecil yang dapat muat pada atau di samping desktop atau portabel. Sering mikrokomputer digunakan sebagai terminal yang terhubung ke sistem komputer yang lebih besar (jaringan).

Page 5: Processing Hardware

PC datang dalam beberapa ukuran, sebagai berikut.

Deskttop dan unit lantai-berdiri: Meskipun banyak komputer pribadi saat ini yang portabel, akan tetapi pembeli PC baru sering memilih untuk sistem nonportable, karena alasan harga, kekuasaan, dan fleksibilitas. Sebagai contoh, monitor televisi-tabung seperti yang datang dengan desktop memiliki layar tampilan yang lebih mudah dibaca daripada banyak portabel.

Page 6: Processing Hardware

• Desktop PC adalah mereka di mana sistem kabinet sist di atas meja, monitor sering di atas dan keyboard di depan. Sebuah kesulitan dengan pengaturan ini adalah bahwa "jejak" sistem kabinet bisa mencabut Anda tentang adil jumlah ruang meja.

• Luggables: berat Komputer luggable antara 20 dan 25 pound. khas luggable ini memiliki prosesor, monitor, disk drive, dan keyboard digabungkan dalam satu unit. Sebagian besar telah digantikan oleh laptop, notebook, subnotebook, dan PC saku. Sebuah axample dari luggable adalah IBM PS / 2 model P75.

Page 7: Processing Hardware

• Laptop Sebuah komputer laptop adalah

komputer portabel dilengkapi dengan tampilan layar datar dan berat 8-20 pound. Bagian atas komputer seperti membuka clamshell untuk mengungkapkan layar.

• NotebookSebuah komputer notebook adalah

komputer portabel yang beratnya 4-7,5 kilogram dan seukuran notebook tebal, mungkin 8,5 x 11 inci. Notebook PC dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam tas atau ransel atau hanya di bawah lengan Anda.

Page 8: Processing Hardware

• subnotebookKomputer subnotebook berat 2,5-

4 kilogram. Jelas, subnotebook memiliki lebih baik dari keuntungan dan kerugian dari notebook.

=>Contoh subnotebook yaitu Omnibook 300 (2,9 pon), Hewlett-Packard IBM Thinkpad 500 (3,8 pon), Zenith Z-lite 320L. (3,9 pon), dan apel's Macintosh PowerBook Duo (kurang dari 4 pound).

Page 9: Processing Hardware

• Pocket PC: Pocket Personal Komputer, atau handheld, berat £ 1 atau kurang. PC ini berguna dalam situasi tertentu, seperti ketika seorang pengemudi truk paket-ekspres harus mengirimkan laporan status per jam untuk kantor pusat perusahaan. yang lebih umum aplikasi sebagai buku harian elektronik dan penyelenggara saku.

Pocket PC dapat diklasifikasikan sebagai tiga jenis:

Page 10: Processing Hardware

1. penyelenggara elektronik khusus komputer saku yang janji terutama toko, alamat, dan "To Do" daftar. versi terbaru fitur link nirkabel ke komputer lain untuk transfer data.

2. Palmtop adalah komputer PC yang cukup kecil untuk memegang di satu tangan dan beroperasi dengan yang lain.

3. Personal Digital Assistant (PDA), atau komunikator pribadi, kecil, pena-dikendalikan, handheldcomputers itu, dalam bentuk yang paling maju, dapat melakukan dua-arah pesan nirkabel.

Page 11: Processing Hardware

Dengan perangkat ini salah menggunakan pena khusus (stylus) untuk menuliskan perintah pada layar komputer bukan mematuk keyboard kecil. Contoh PDA adalah Apple Newton MessagePad 120 (1,3 pon), Casio Z-7000 (1 puond), dan link sihir sony (20 ons).

• • Pen komputer: sering ukuran komputer subnotebook atau saku, komputer pena tidak memiliki keyboard atau mouse, tetapi memungkinkan Anda untuk memasukkan data dengan menulis langsung pada layar dengan stylus.

Page 12: Processing Hardware

B. Microcomputers : stasiun kerjaworkstation adalah mesin canggih yang cocok

pada desktop, biaya $ 10.000 - $ 150.000, dan digunakan terutama oleh para insinyur dan ilmuwan untuk keperluan teknis.pembuat terkenal workstation Sun Microsystems, Hewlett-packard, IBM, Digital Equipmen .

Dua perkembangan reccent telah mengubah perbedaan antara workstation dan PC: 2 • Penurunan harga workstation: workstation yang belum lama biaya $ 15.000 atau lebih,sekarang tersedia untuk di bawah, $ 5.000 yang menempatkan itu dalam jangkauan banyak pembeli.

• Peningkatan daya PC: intel pada tahun 1993 perusahaan memperkenalkan chip pantium, dan pada tahun 1994 Motorola (dengan IBM dan apel) memperkenalkan chip daya PC nya. Kedua mikroprosesor yang sangat kuat sekarang ditemukan di PC.

Page 13: Processing Hardware

c. MinicomputerMinicomputer adalah mesin tengah dalam biaya dan kemampuan antara komputer mikro dan mainframe. Mereka dapat digunakan baik sebagai workstation tunggal atau sebagai suatu sistem terikat oleh jaringan untuk beberapa ratus terminal untuk banyak pengguna.

d. Mainframe komputer besar yang digunakan dalam perusahaan besar untuk menangani jutaan transaksi dan juga kategori tertua dari sistem komputer.

Page 14: Processing Hardware

Kata "mainframe" berasal dari rangka logam, bertempat di lemari, yang manufaturers terpasang pada sirkuit elektronik komputer.

• e. Superkomputer alat menghitung tercepat dan digunakan untuk proyek-proyek berskala besar, atau mesin berkapasitas tinggi.

superkomputer memiliki dua desain: pengolahan vektor dan pemrosesan paralel secara besar-besaran.

Page 15: Processing Hardware

1. Vector prosesor(pengolahan vektor)Ini relatif sedikit besar, perhitungan nya sangat khusus menjalankan prosesor pada kecepatan tinggi. Kekurangannya adalah bahwa tugas-tugas yang dilakukan oleh prosesor tunggal yang besar (atau beberapa prosesor) satu per satu, di fachion serial, menciptakan hambatan potensial.

2. Pemrosesan paralel secara besar-besaran.Desain nya lebih baru disebut juga massal

pemrosesan paralel (MPP), yang menyebar perhitungan lebih dari ratusan atau bahkan ribuan standar, mikroprosesor murah dari tipe yang digunakan di PC.

Page 16: Processing Hardware

II. The CPU and Main memoryUnit memprosesan pusat terdiri dari unit

kontrol dan memori arichmetic. Menyimpan data di dalam penyimpanan sementara, kapasitas nya bervariasi di computer. Registers berbeda pementasan daerah, yang menyimpan data selama pemprosesan operasi untuk mengeksekusi instruksi program tunggal di sebut SIKLUS MESIN, yang memiliki siklus instruksi dan eksekusi cycle. Pemprosesan kecepatan di sajikan dalam 3 cara, yaitu pecahan kedua, MIPS, dan jepit.

Page 17: Processing Hardware

The CPU.CPU terdiri dari dua bagian: • Unit Kontrol, menceritakan sisa dari sistem komputer bagaimana melaksanakan instruksi sebuah program.

• Arithmetic / logic unit: aritmetik / unit logika, atau ALU, melakukan operasi aritmatika dan operasi logis dan mengontrol kecepatan operasi-operasi.operasi aritmatika adalah operasi matematika dasar: tambahan, pengurangan, perkalian, dan Devision.

Dua komponen ini dihubungkan oleh semacam jalan elektronik yang disebut bus.

Page 18: Processing Hardware

•Memori Utama (Main memory) Main memory juga dikenal sebagai memori, penyimpanan utama, memori internal, atau RAM (untuk random access memory) dan bekerja sebagai penyimpanan. Ini mempunyai 3 tugas : (1)ini menyimpan data untuk diproses. (2)Ia memegang instruksi (program) untuk memproses data. (3)menyimpan data yang telah diolah (menjadi informasi yang berguna) dan sedang menunggu untuk dikirim ke perangkat keluaran atau penyimpanan.

Page 19: Processing Hardware

Memori utama terdapat pada chip yang disebut chip RAM. kapasitas penyimpanan memori ini berlaku dalam jangka pendek komputer. Dua fakta penting untuk mengetahui memori utama:1.Isi nya bersifat sementara2.Kapasitas komputer nya berfariasi yang beda-beda.

• Register: Staging Area untuk Pengolahan daerah khusus yang meningkatkan kinerja komputer. Register adalah daerah pementasan berkecepatan tinggi yang menyimpan data untuk semtara selama proses, dan memberikan wilayah kerja untuk perhitungan.

Page 20: Processing Hardware

• Siklus mesin : bagaimana cara proses instruksi tunggal.

Siklus mesin adalah operasi yang dilakukan untuk mengeksekusi instruksi program tunggal. Siklus mesin ini terdiri dari 2 bagian yaitu :1.siklus instruksi yang mendownload atau mengambil dan menafsirkan instruksi.

2.Siklus eksekusi(pelaksanaan), mengeksekusi instruksi dan menyimpan hasil olahan dalam memori utama atau register.

2.

Page 21: Processing Hardware

Kecepatan proses

Ada tiga cara yang pemrosesan kecepatan , yang diukur dari:

1. Waktu untuk menyelesaikan satu siklus mesin, dalam sepersekian detik: Kecepatan untuk menyelesaikan satu siklus mesin yang diukur dalam millidetik atau seperseribu detik untuk komputer lama dan lambat. Mereka diukur dalam mikrodetik untuk mikrokomputer paling dan dalam nanodetik untuk mainframe.

2. Waktu untuk menyelesaikan instruksi, dalam jutaan instruksi per detik (MIPS). MIPS adalah ukuran dari kecepatan pemrosesan sebuah komputer, melainkan singkatan dari jutaan instruksi per detik yang prosesor dapat melakukan

Page 22: Processing Hardware

3. Waktu dalam floating-point per detik (flop): singkatan singkatan jepit untuk operasi floating-point per detik, sebuah operasi floating-point menjadi jenis khusus perhitungan matematis. Ukuran ini, biasanya dinyatakan dalam megaflops - jutaan operasi floating-point per detik digunakan terutama dengan superkomputer.

Page 23: Processing Hardware

III. Bagaimana Data dan Program yang terwakili di Komputer

Komputer menggunakan dua-negara, 0 / 1 Sytem biner untuk merepresentasikan data. Kapasitas komputer dinyatakan dalam bit, byte, kilobyte, megabyte, gigabyte, atau terabyte. Dua umum skema pengkodean biner ASCII-8 dan EBCDIC. Paritas-bit skema digunakan untuk memeriksa akurasi. bahasa pemrograman Manusia diproses sebagai 0s dan 1s oleh komputer dalam bahasa mesin.

Situasi dua negara memungkinkan komputer menggunakan sistem biner untuk mewakili data dan program (bisa berarti "dua").

Page 24: Processing Hardware

Sistem Biner Menggunakan Dua Negara Sistem desimal yang kitabiasanya memiliki 10

digit (0,1,2,3,4,5,6,7,8,9). Sebaliknya, sistem biner hanya memiliki dua digit: 0 dan 1. Dengan demikian, di komputer yang 0 dapat diwakili oleh arus listrik yang batal (atau pada tegangan rendah) dan 1 oleh arus berada di (atau pada tegangan tinggi). Semua data dan program yang masuk ke komputer diwakili dalam hal angka-angka. Sebagai contoh, huruf H adalah terjemahan dari sinyal elektronik 01001000, atau off-on-off-off-on-off-off-off.

Ketika Anda menekan tombol untuk H pada keyboard komputer, karakter secara otomatis diubah menjadi serangkaian impuls elektronik yang komputer mengakui.

Page 25: Processing Hardware

Bagaimana Kapasitas Disajikan

Istilah-istilah berikut yg digunakan untuk menunjukkan kapasitas: (Bit •: dalam sistem biner, masing-masing 0 atau 1 disebut bit, yang merupakan kependekan dari digit biner. )

• Byte: untuk mewakili huruf, angka, atau karakter khusus (! Misalnya atau *), bit digabungkan menjadi kelompok. (Misalnya, dalam satu skema, 01001000 mewakili huruf H). Kapasitas memori komputer atau disket dinyatakan dalam jumlah byte atau umumnya dalam kelipatan seperti kilobyte dan megabyte.

• Kilobyte: kilobyte sebuah (K, KB) adalah sekitar 1.000 bytes. kilobyte adalah unit umum untuk mengukur kapasitas memori atau sekunder-penyimpanan pada komputer lama. IBM PC yang asli, misalnya, memiliki 640 K (sekitar 640.000 karakter) dari memori.

Page 26: Processing Hardware

• Megabyte: megabyte (M, MB) adalah sekitar 1 juta byte (1.048.576 bytes). Sebagian besar langkah-langkah kapasitas mikro saat ini disajikan dalam megabyte.

• Gigabyte: gigabyte (G, GB) adalah sekitar 1 milyar byte (1073741824 bytes). Langkah ini digunakan dengan jenis "besi besar" dari komputer.

• Terabyte: satu terabyte (T, TB) mewakili sekitar 1 triliun byte (1,009,511,627,776 bytes).

Page 27: Processing Hardware

Skema Pengkodean Biner

Huruf, angka, dan karakter khusus yang diwakili whithin sistem komputer dengan menggunakan skema pengkodean biner. Artinya, off / on 0s dan 1s disusun sedemikian rupa sehingga dapat dibuat untuk mewakili karakter, digit, atau nilai-nilai lain. Dua populer skema pengkodean biner ASCII-8 dan EBCDIC. Keduanya menggunakan 8 bit dari setiap byte.

• ASCII-8: diucapkan "as-kunci",• EBCDIC: diucapkan "eb-lihat-disk,"

Page 28: Processing Hardware

Bit Parity

Bagaimana komputer yang dikenal jika kesalahan telah terjadi?

Deteksi dilakukan dengan menggunakan sebuah bit paritas. A bit paritas, juga disebut sedikit cek yang adalah bit ekstra yang menempel pada akhir dari sebuah byte untuk tujuan memeriksa akurasi. dalam sebuah skema paritas, misalnya, huruf O (01001111), yang memiliki lima 1s, bit 1 kesembilan akan membuat byte keluar bahkan. Perangkat lunak sistem komputer secara otomatis dan terus menerus memeriksa skema paritas untuk occuracy.

Page 29: Processing Hardware

Bahasa Mesin

Mesin bahasa adalah bahasa pemrograman biner-jenis komputer dapat dijalankan langsung. Untuk kebanyakan orang sebuah instruksi ditulis dalam bahasa mesin yang dimengerti, hanya terdiri dari 0s dan 1s. Namun, itu adalah apa komputer itu sendiri bisa mengerti, dan 0s dan 1s mewakili lokasi penyimpanan yang tepat dan operasi.

Page 30: Processing Hardware

IV. Unit Sistem

Unit sistem, atau kabinet, berisi komponen listrik sebagai berikut: power supply, motherboard, chip CPU, chip prosesor khusus, jam sistem, chip RAM, chip ROM, bentuk-bentuk lain dari memori (cache, VRAM, flash), slot ekspansi dan papan, jalur bus, port, dan slot PCMCIA dan kartu.

Page 31: Processing Hardware

Komputer kotak abu-abu atau beige yang disebut adalah unit sistem. Ini berisi komponen listrik yang membuat kerja komputer dan Komponen ini benar-benar melakukan pengolahan dalam mengolah informasi.

Unit sistem komputer mikro desktop, tidak termasuk keyboard atau printer, juga tidak termasuk monitor atau layar tampilan. Hal ini biasanya meliputi hard drive-disk dan satu atau dua drive disket, dan kadang-kadang sebuah tape drive.

Page 32: Processing Hardware

Bagian dari sistem unit:- Power supply- Motherboard- CPU- Chip prosesor khusus- Jam sistem- RAM chip- ROM chip- Bentuk lain dari memori-cache, VRAM, flash- Ekspansi slot dan papan- Bus baris- Pelabuhan- Slot PCMCIA dan kartu

Page 33: Processing Hardware

• Catu daya

Catu daya adalah suatu alat yang mengubah listrik dari AC (alternating current) ke DC (arus searah) untuk menjalankan komputer. On / off di komputer anda menyala atau menutup aliran listrik ke catu daya. Karena listrik dapat menghasilkan banyak panas, sebuah kipas dalam komputer terus power supply dan komponen lainnya dari menjadi terlalu panas. 

Page 34: Processing Hardware

Dua jenis utama nya adalah gelombang pelindung dan unit UPS:

-Surge protector: perangkat yang melindungi komputer tidak rusak oleh sesaat lonjakan (spike) tegangan tinggi.

-UPS: UPS, untuk power supply uninterruptable, adalah perangkat yang dioperasikan dengan baterai yang menyediakan komputer dengan listrik jika ada gangguan listrik

Page 35: Processing Hardware

Motherboard

Papan papan induk atau sistem adalah papan sirkuit utama dalam unitsistem. 

Motherboard ini terdiri dari sebuah papan datar yang mengisi bagian bawah unit sistem. papan ini berisi 'otak' dari komputer, CPU atau mikroprosesor, memori elektronik yang membantu CPU, yang dikenal sebagai RAM, dan beberapa soket, slot ekspansi yang disebut kan, di mana papan sirkuit tambahan, papan ekspansi disebut mungkin dihubungkan masuk pengolahan tersebut ditangani oleh CPU dan memori utama (RAM).

Page 36: Processing Hardware

Chip CPU

Sebagian besar komputer pribadi menggunakan kapal CPU,yaitu:

-Intel-tipe chip seri 86 (untuk compaq, dell, toshiba, puncaknya)

-68000-chip seri Motorola tipe (untuk komputer macintosh apple)

-RISC (komputer set instruksi berkurang) chip (untuk Hewlett-Packard, Sun Microsystems)

Page 37: Processing Hardware

Khusus Processor ChipsMotherboard ini biasanya memiliki slot

untuk mencolokkan chip prosesor khusus seperti chip math coprocessor(membantu dlm mnghintung ddan mempercepat perhitungan)coprocessor chip grafis(untuk membantu membuat gambar pada tampilan atau grafis). Chip ini membantu untuk mempercepat sistem komputer Anda.

Jam SistemJam yang mengontrol seberapa cepat

semua operasi dalam komputer dilakukan. Kecepatan diukur dalam megahertz (MHz), dengan 1 MHz sama dengan 1 juta beats (siklus) per detik.

Page 38: Processing Hardware

RAM (Random Access Memory) ChipsSementara chip yang menyimpan

data dan instruksi yang akan dibutuhkan segera oleh CPU. Chip ini dipasang ke motherboard.RAM chip dapat dipasang pada papan sirkuit kecil seperti SIMM (inline modul memori tunggal). Komputer Anda mungkin berisi empat jenis RAM:

1.Konvensional memori. Ini terdiri dari 640 kb pertama dari RAM.Daerah ini digunakan oleh semua PC untuk menjalankan sistem operasi dan program aplikasi.

Page 39: Processing Hardware

2.Upper memori. Terletak antara 640 kb-1mb RAM.Mikrokomputer dengan chip 286 atau lebih tinggi menggunakan kawasan ini untuk menyimpan bagian-bagian dari sistem operasi.

3. Extended memori. Itu semua memori lebih dari 1mb

4. Expanded memori. Ini memungkinkan 8088-chip memori berbasis PC mengakses lebih dari batas memori konvensional 640kb, hingga 32 mbROM (memori Read-only) chip.

Page 40: Processing Hardware

Chip ini berisi petunjuk khusus termasuk yang mengeksekusi ketika Anda menghidupkan komputer Anda.

Tiga variasi pada chip ROM:- PROM. Setelah program ditulis, tidak dapat dihapus.- EPROM. Isi dapat dihapus dengan menggunakan peralatan khusus, bahan maka baru dapat ditulis.- EEPROM. Hal ini dapat diprogram dengan menggunakan impuls listrik khusus.  Keuntungan dari EEPROM adalah bahwa mereka tidak perlu dihapus dari komputer yang akan diubah.

Page 41: Processing Hardware

Bentuk lain memori

Kinerja mikrokomputer dapat ditingkatkan lebih lanjut dengan menambahkan bentuk lain dari memori, sebagai berikut:

1. Memori cache: diucapkan "Cach", memori cache adalah daerah memori khusus berkecepatan tinggi yang CPU dapat mengakses dengan cepat. Cache memori digunakan di komputer dengan CPU cepat Bery, sehingga CPU ini tidak Hava menunggu data yang akan dikirim dari RAM.

Page 42: Processing Hardware

2. Flash memory: Digunakan terutama pada komputer notebook dan subnotebook, memori flash, atau kartu flash RAM, terdiri dari sirkuit-kartu kredit, kartu ukuran yang dapat dimasukkan ke dalam slot menghubungkan ke motherboard. Tidak seperti chip RAM standar, memori nonvolatile flash. Artinya, mempertahankan hanya untuk mensimulasikan memori utama tetapi juga untuk menambah atau mengganti hard disk drive untuk penyimpanan permanents.

Page 43: Processing Hardware

Slot Ekspansi dan Dewan

ekspansi adalah soket pada motherboard di mana Anda dapat steker mobil ekspansi. Kartu ekspansi, atau add-on board, adalah papan sirkuit yang menyediakan lebih banyak memori atau peralatan kontrol perifer. Kartu kata-kata dan dewan digunakan secara bergantian.

Page 44: Processing Hardware

Di antara jenis kartu ekspansi adalah sebagai berikut.

Expanded memori: mobil ekspansi memori (atau SIMM) memberikan Anda lebih banyak memori utama.

Tampilan adaptor atau adaptor kartu grafis: Kartu ini memungkinkan Anda untuk menyesuaikan berbagai jenis tampilan video monitor berwarna untuk komputer Anda.

Controller kartu: kartu pengendali adalah papan sirkuit yang memungkinkan CPU anda untuk bekerja dengan berbagai perangkat komputer perifer. Misalnya, kartu disk controller memungkinkan komputer untuk bekerja dengan berbagai jenis hard disk dan drive disket.

Qther add-ons: Anda juga dapat menambahkan panel sirkuit khusus untuk modem, fax, suara, dan jaringan, serta chip math coprocessor atau grafis.

Page 45: Processing Hardware

Bus LinesYaitu sebuah garis bis, atau hanya bus, yg

merupakan jalur listrik di mana bit ditransmisikan dalam CPU dan antara perangkat CPU dan pther dalam unit sistem. Ada berbagai jenis bis (bus alamat, bus kontrol, data bus), tapi untuk rhe tujuan kita yang paling yang paling penting adalah input / output bus, yang menghubungkan CPU untuk setiap perangkat keras.

ada beberapa standar bus utama, atau "architecuteres":

a. ISA: Industry Standard Arcitecture adalah standar bus untuk komputer

pribadi.ibm: pertama kali 8 bit, kemudian 16 bit

Page 46: Processing Hardware

b.MCA(micro channel architecture) : digunakan dalam id ibm's / 2 garis mikrokomputer dan mendukung chip 386, adalah sebuah bus 32-bit. Ekspansi dewan tidak bisa begitu saja dicabut dari ibm yang lebih tua (pc, xt, atau pada) dan terhubung ke mesin baru dengan MCA; mereka tidak akan bekerja

c. Eisa(the enhanced industry standard arc),adalah sebuah bus 32-bit digunakan pada komputer ibm-kompatibel, seperti compaq tersebut. Kartu Isa akan berjalan dalam slot EISA.

d. Nubus: nubus apel adalah sebuah bus 32-bit yang digunakan dalam macintoshes apel terakhir.

Page 47: Processing Hardware

e.PCMCIA (personal computer memory card international association),pcmcia benar-benar terbuka bus standar Nonproprietary untuk notebook baru, subnotebook, dan palmtop. Hal ini memungkinkan pengguna untuk periferal memasukkan kartu kredit ukuran (sekitar 2,1 3,4 inci), biasanya kartu memori atau modem.

PELABUHANport (pelabuhan) adalah soket pada bagian luar unit sistem yang terhubung ke board ekspansi di dalam unit system.

Sebuah port memungkinkan Anda untuk menggunakan kabel untuk menghubungkan perangkat periferal, seperti printer, monitor, atau modem, sehingga dapat berkomunikasi dengan sistem komputer.

Page 48: Processing Hardware

Pelabuhan adalah dari lima jenis :paralel port: port paralel memungkinkan untuk

dihubungkan garis yang akan memungkinkan 8 bit yang akan dikirim secara bersamaan, seperti mobil di jalan raya delapan jalur.

Serial port: port serial, atau rs-232 port, memungkinkan sebuah garis untuk dihubungkan yang akan mengirimkan bit satu demi satu pada satu baris tunggal, seperti mobil di jalan raya KEN-jalur. Serial lenes digunakan terutama untuk jalur komunikasi, modem, dll.

Page 49: Processing Hardware

port adaptor video: video adaptor port digunakan untuk menghubungkan monitor video tampilan luar komputer ke kartu adaptor video dalam unit sistem.

SCSI port: diucapkan "scuzzy" sebuah scsi port menyediakan sebuah antarmuka untuk mentransfer data dengan kecepatan tinggi hingga delapan perangkat scsi-kompatibel Perangkat ini meliputi drive eksternal hard disk magnetik-tape,backup unit, dan drive cd-rom.

Game port: port permainan memungkinkan Anda untuk melampirkan joystick atau perangkat gameplaying serupa dengan unit sistem.

Page 50: Processing Hardware

Pcmcia slot dan kartupcmcia merupakan standar bus baru untuk

notebook, subnotebook, dan komputer saku. bahkan sistem desktop dan printer dengan slot pcmcia menjadi tersedia.

Ada empat jenis slot pcmcia, masing-masing menerima kartu ketebalan yang berbeda:

-Tipe I digunakan terutama untuk kartu memori.

-Tipe II digunakan untuk modem faks, adapter lan, dan media ramping opther.

-Tipe III adalah device disk berputar, seperti hard disk drive.

-Tipe IV adalah untuk drive besar kapasitas hard-disk.

Page 51: Processing Hardware
Page 52: Processing Hardware

SUPER COMPUTER

Page 53: Processing Hardware
Page 54: Processing Hardware
Page 55: Processing Hardware
Page 56: Processing Hardware

motherboard

Timeline

Page 57: Processing Hardware

MAIN FRAME COMPUTER

Page 58: Processing Hardware

motherboard

Page 59: Processing Hardware
Page 60: Processing Hardware

SEKIAN PRESENTASI KAMIKURANG LEBIH NYA MOHON MAAF.