presentation1 wk

Download Presentation1 WK

Post on 01-Oct-2015

221 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

wkwkwkwk

TRANSCRIPT

Slide 1

WAWASAN KEMARITIMAN Tarian Nusantara AnggotaPeta KonsepPengertian TariTariTari adalah gerak tubuh secara berirama yang dilakukan di tempat dan waktu tertentu untuk keperluan pergaulan, mengungkapkan perasaan, maksud, dan pikiran. Bunyi-bunyian yang disebut musik pengiring tari mengatur gerakan penari dan memperkuat maksud yang ingin disampaikan. Gerakan tari berbeda dari gerakan sehari-hari seperti berlari, berjalan, atau bersenam.Manfaat TariManfaat TariAspek-aspek TariJenis-jenis TariJenis Tari Berdasarkan KoreografiJenis Tari Berdasarkan Pola GarapannyaTari TradisionalTari Tradisional adalah semua tarian yang telah mengalami perjalanan sejarah cukup lama yang selalu bertumpu pada pola-pola tradisi yang telah ada.

TARI PRIMITIF Tari yang hidup dan berkembang pada masa peradaban masyarakat di daerah pedalaman, dan secara koreografis tarian ini masih sangat sederhana baik dilihat dari gerak, tata rias dan busana, serta iringannya.Suku primitif akan melakukan tari-tarian terlebih dahulu sebelum melakukan suatu peristiwa. Misalnya akan berburu maka terlebih dahulu mereka melakukan tari binatang yang akan diburu.

15TARI BELIAN DARI KALIMANTAN

TARI KERAKYATAN Tari yang hidup dan berkembang di daerah pedesaan dan masih berpijak kepada kebudayaan primitif.

Tari KerakyatanKategori SelawatanKategori ReogKategori JathilanTari Kerakyatan Kategori Selawatan:

Tari ini lebih mengarah pada seni religius (keislaman). Tari ini lebih mengutamakan ungkapan syair-syair yang isinya merupakan sarana dakwah. Contoh tari Selawatan: Rodat sari, Badui, Peksimoi, angguk, Ndolalak, Saman, dan sejenisnya.

TARI SEUDATI dari ACEH

DARI ACEH19TARI PIRING dari SUMATERA BARAT

DARI SUMATRA BARAT.20Tari Kerakyatan Kategori ReogPenyajian tari Reog mengambil tema Panji.Tema Panji menunjukkan simbol kebaikan dan simbol kejahatan yang dipersonifikasikan dalam tokoh-tokoh yang ada pada Epos Panji. Tokoh Klana merupakan lambang kejahatan, sedangkan tokoh Panji merupakan tokoh kebaikan. Dua tokoh inilah yang menjadi pusat perhatian ketika Reog dipertunjukan.Tari Kerakyatan Kategori Jathilan.Jathilan lebih leluasa untuk dikembangkan. Ceritera yang diangkat bebas tidak terpaku pada salah satu jenis Epos saja, tetapi bisa mengambil kisah kehidupan (legenda) yang ada di Masyarakat.Yang sering digunakan dalam pertunjukkan Jathilan adalah ceritera Arya Penangsang.Keunikan yang menjadi daya tarik kesenian Jathilan adalah adanya kerasukan (trance).

JATHILAN dari SURAKARTA

TARI KLASIKTari yang semula berkembang di kalangan raja dan bangsawan dan telah mencapai kristalisasi artistik yang tinggi dan telah pula menempuh perjalanan sejarah yang cukup panjangTRAPSILA, SEMBAH

TARI GOLEK GAYA YOGYAKARTA

TARI KREASI BARUTari Kreasi Baru merupakan pengembangan yang bersumber dari tari klasik dan atau tari kerakyatan. Tari ini lebih leluasa dikembangkan menurut selera koreografernya dengan mengambil tema tertentu yang diinginkan.TARI PEJUANG