presentation hematologi

Click here to load reader

Download Presentation hematologi

Post on 30-Jan-2016

30 views

Category:

Documents

1 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

PowerPoint Presentation

Hematologi AnalizerDinda Trisakti (021)Skolastika yunarni juita (022)Muhamad Lutfi Hidayat (032)Reza Herlindawati (036)Yahya N K (040)Pengertian Hematologi Analizer Hematology Analyzer adalah alat untuk mengukur sampel berupa darah. Alat ini biasa digunakan dalam bidang Kesehatan. Alat ini dapat mendiagnosis penyakit yang diderita seorang pasien seperti kanker, diabetes, dll. Prinsip kerjanya hampir sama dengan alat Fotometer namun alat ini lebih canggih.

Macam-macam Alat Hematology Analyzer

Jenis Semi Otomatis (dilusi dilakukan manual). Merk Celtac Tipe MEK-5208 Buatan Nihon Kohden Menghitung WBC, RBC, Platelet, dan Hb.

Jenis Otomatis WBC 3-Part(dilusi, hemolyzing, count, display, dan print out dilakukan secara otomatis).Merk Celtac AlphaTipe MEK-6318Buatan Nihon KohdenMenghitung 3 jenis WBC, RBC, Platelet, dan Hb.

Jenis Otomatis WBC 5-Part (pengambilan sampel, dilusi, hemolyzing, count, display, dan print out dilakukan secara otomatis). Merk Celtac F Tipe MEK-8222 Buatan Nihon Kohden Menghitung 5 Jenis WBC, RBC, Platelet, dan Hb.

Blok DiagramSampel darah yang sudah dicampur dengan reagent didilusi sebanyak 200x dan melalui proses hemolyzing untuk mengukur kadar jumlah hemoglobin dengan cara fotometri dan mengukur kadar jumlah sel darah putih, serta didilusi lagi sebanyak 200x (jadi 40.000x) untuk mengukur kadar jumlah sel darah putih dan platelet. Kemudian diproses pada blok data processing dan hasilnya akan ditampilkan pada display dan print out.

Sampel yang akan diperiksaPada sampel darah1. Leukosit (White Blood Cells)2. Eritrosit (Red Blood Cells)3. Trombosit (Platelet)Urine

Pengoperasian Hubungkan kabel power ke stabilisator (stavo)Hidupkan alt (saklar on/off ada du sisi kanan atas alat)Alat akan self check, pesan please wait akan tampil di layarAlat akan secara otomatis melakukan self check kemudian background check Pastikan alat pada readyCara kerja Pemeriksaan sampel DarahSampel darah harus dipastikan sudah homogen dengan antikoagulan Tekan tombol Whole Blood WB pada layarTekan tombol ID dan masukkan no sampel, tekan enterTekan bagian atas dari temapt sampel yang berwarna ungu untuk membuka dan letakkan sampel dalam adaptorTutup temapt sampel dan tekan RUNHasil akan muncu pada layar secara otomatisMencatat hasil pemeriksaan

Fungsi Hematologi Analizer Alat yang digunakan untuk memeriksa darah lengkap dengan cara menghitung dan mengukur sel darah secara otomatis berdasarkan impedansi aliran listrik atau berkas cahaya terhadap sel-sel yang dilewatkan. Mengukur sampel berupa darah. Alat ini biasanya digunakan dalam bidang kesehatan. Alat ini dapat mendiagnosis penyakit yang diderita seorang pasien seperti kanker, diabetes, dll. Pemeriksaan hematologi rutin seperti pemeriksaan hemoglobin, hitung sel leukosit, dan hitung jumlah sel trombosit.

Keuntungan Hematologi AnalizerEfisiensi WaktuLlebih cepat dalam pemeriksaan hanya membutuhkan waktu sekitar 2-3 menit dibandingkan dilakukan secara manual dan lebih tanggap dalam melayani pasien.Sampel Pemeriksaan hematologi rutin secara manual misalnya, smapel yang dibutuhkan lebih banyak membutuhkan smapel darah (Whole Blood). Manual prosedur yang dilakukan dalam pemeriksaan leukosit membutuhkan sampel darah 10 mikro, juga belum pmeriksaan lainnya. Namun pemeriksaan hematologi analyzer ini hanya menggunakan sampel sedikit saja. Ketepatan HasilHasil yang dikeluarkan oleh alat hematologi analyzer ini biasanya sudah melalui quality control yang dilakukan oleh intern laboratorium tersebut, baik di institusi Rumah Sakit atupun Laboratorium Klinik pratama.

Kerugian Hematologi AnalizerTidak dapat menghitung sel abnormalPemeriksaaan oleh hematologi autoanalyzer ini tidak selamanya mulus namun pada kenyataannya alat ini juga memiliki beberapa kekurangan seperti dalam hal menghitung sel-sel abnormal . Seperti dalam pemeriksaan hitung jumlah sel, bisa saja nilai dari hasil hitung leukosit atau trombosit bisa saja rendah karena ada beberapa sel yang tidak terhitung dikarenakan sel tersebut memiliki bentuk yang abnormal.Perawatan Inilah yang harus diperhatikan oleh konsumen karena ada beberapa alat-alat yang bisa dikatakan bandel. Namun sebandel-bandelnya alat tersebut, tetap saja harus mendapatkan perhatian khusus seperti :-Suhu ruangan-Lakukan control secara berkala-Selalu cek reagen : Diliuent, Rinse, Minidil, Minilyse, dsb.- Sampel jangan smapai aglutinasi, gunakan sampel darah yang sudah ditambahkan antikoagulan. Pastikan tidak ada darah yang menggumpal karena akan merusak hasil jika terisap.

Pemeliharaan Menjaga Suhu ruanganLakukan control secara berkalaSelalu cek reagen : Diliuent, Rinse, Minidil, Minilyse, dsb.Sampel jangan smapai aglutinasi, gunakan sampel darah yang sudah ditambahkan antikoagulan. Pastikan tidak ada darah yang menggumpal karena akan merusak hasil jika terisap.