Presentation 1 ISBD New

Download Presentation 1 ISBD New

Post on 03-Jul-2015

238 views

Category:

Documents

2 download

TRANSCRIPT

LATAR BELAKANG

Yang terjadi adalah . . . .

DILEMA TERHADAP KEPENTINGAN INDIVIDU DENGAN KEPENTINGAN MASYARAKAT

TUJUAN

A. B. C.

MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK INDIVIDU MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK SOSIAL KEPENTINGAN INDIVIDU VS KEPENTINGAN MASYARAKAT

POKOK PEMBAHASAN

A. Manusia individu

sebagai

makhluk

perbedaan INDIVIDUALITAS setiap insan nampak secara khusus pada aspek sebagai berikut :y

Perbedaan fisik: usia, tingkat dan berat badan, jenis

kelamin, pendengaran, penglihatan, kemampuan bertindak.y

Perbedaan sosial: status ekonomi,agama, hubungan keluarga, suku.

y

Perbedaan kepribadian: watak, motif, minat dan sikap.y

Perbedaan kecakapan atau kepandaian

.

B. Manusia sebagai makhluk sosial

i\

Interaksi Sosial

.

Terdapat 2 pandangan :

2. Pandangan Sosialisme

indiviidualistis

sosoalis

dapat menimbulkan ketidakadilan, berbagai bentuk tindakan tidak manusiawi, imperialisme, dan kolonialisme, liberalisme mungkin membawa manfaat Kelemahannya . . bagi kehidupan politik, tetapi tidak dalam lapangan ekonomi dan

tidak menghargai manusia sebagai pribadi sehingga bisa merendahkan sisi kemanusiaan. Dalam negara komunis mungkin terjadi kemakmuran, tetapi kepuasan rohani .manusia belum tetu terjamin.

y

Seorang perempuan sudah hampir meninggal dunia akibat semacam kanker. Ada suatu obat yang menurut dokter dapat menyelamatkannya. Obat itu adalah semacam radium yang baru saja ditemukan oleh seorang apoteker di kota yang sama. Obat itu mahal ongkos pembuatannya, tetapi si apoteker menjualnya sepuluh kali lipat ongkos pembuatannya tersebut. Ia membayar $200 untuk radium tersebut dan menjualnya $2.000 untuk satu dosis kecil obat tersebut. Suami dari perempuan yang sakit, Heinz, pergi ke setiap orang yang dia kenal untuk meminjam uang, tapi ia cuma memperoleh $1.000, setengah dari harga obat seharusnya. Ia berceritera kepada apoteker bahwa isterinya sudah sekarat dan memintanya untuk dapat menjual obat dengan lebih murah atau memperbolehkan dia melunasinya di kemudian hari. Tetapi si apoteker mengatakan: Tidak, saya yang menemukan obat itu dan saya akan mencari uang dari obat itu. Heinz menjadi putus asa dan membongkar apotek tersebut untuk mencuri obat demi istrinya.

Haruskah Heinz membongkar apotek itu untuk mencuri obat bagi isterinya? Mengapa?

CONTOH KASUS . . .

Menurut Bung Karno

y

individu adalah seorang manusia yang tidak hanya memiliki peranan-peranan yang khas didalam lingkungan sosialnya, melainkan juga mempunyai kepribadian serta pola tingkah laku spesifik dirinya. Didalam suatu kerumunan massa manusia cenderung menyingkirkan individualitasnya, karena tingkah laku yang ditampilkannya hampir identik dengan tingkah laku masa. Manusia sebagai makhluk sosial karena manusia menjalankan peranannya dengan menggunakan simbol untuk mengkomunikasikan pemikiran dan perasaanya. Manusia tidak dapat menyadari individualitas, kecuali melalui medium kehidupan sosial.

Kesimpulan . . .

Penyebab dilema antara individu dengan masyarakat adalah pola pikir yang berbeda tentang kepentiingan mana yang harus diprioritaskan sehingga timbul 2 pandangan berbeda yaitu pandangan individualisme dan pandangan sosialisme y Agar tercipta kehidupan yang seimbang, maka kita harus bisa mendahulukan kepentingan masyarakat di atas kepentingan pribadi. Namun bukan berarti bahwa kita harus selalu mengorbankan kepentingan dan hak-hak individu kita. Perlu dipikirkan berbagai pertimbangan sehingga apa yang kita lakukan tidak salahy

y

Ke kanan atau ke kiri orang tersebut tetap seimbang . . . Begitu juga

Yah abiss . . .

MAKASIH YO HEHE ..

Imam gozali romadhon y Rizka fitriana y Puguh laksono y M. Ellarso y C.Rigson H. y Miftahul Roisyah y Miftahus surury

CREATED BY :