presentasi tangki

Download presentasi tangki

Post on 02-Dec-2015

86 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

Slide 1

KELOMPOK 1 A

DEDI MEIER SILABANFAJRINA QAISHUMDWI YUNI ERNAWATI

PRESENTASI LAPORAN TANGKI BERPENGADUK

PENDAHULUANTujuan Percobaan

Dapat menjelaskan pola-pola aliran yang terjadi dalam tangki berpengaduk pada posisi centerDapat menghitung kebutuhan daya yang diperlukan untuk suatu operasi pencampuran dengan posisi pegaduk center dan off-centerc. Dapat menentukan karakteristik daya pengaduk

2. Tinjauan Pustaka

Pengadukan adalah operasi yang menciptakan terjadinya gerakan di dalam bahan yang diaduk. Tujuan utama dari operasi pengadukan adalah terjadinya pencampuran. Pencampuran merupakan operasi yang bertujuan mengurangi ketidaksamaan kondisi, suhu, atau sifat lain yang terdapat dalam suatu bahan.

Bilangan Reynold

Bilangan Power

METODELOGI PERCOBAAN

2.1. Bahan yang Digunakan

AirButiran plastik bewarna2.2 Alat yang Digunakan

Unit tangki berpengadukImpeller dengan tipe propeller, paddle A,C,D,dan E, dan turbin

2.3 Prosedur Percobaan2.3.1 Penentuan Pola Aliran

Tangki diisi dengan air hingga ketinggian 30 cm dari dasar tangki.Pengaduk dipasang pada posisi yang tersedia pada batang poros tangki berpengaduk.Motor pengaduk dihidupkan.Kecepatan putar motor pengaduk diatur dengan penambahankecepatan yang tidak terlalu besar (sekitar 25 rpm).Gerakan fluida (air) didalam tangki diamati,sampai terlihat terbentuk pusaran air dan vortex pada permukaan air.Sejumlah butiran plastic berwarna ditambahkan ( dimasukkan ) ke dalam tangki.

2.3.2 Penentuan Karakteristik Daya PengadukTangki diisi dengan air dengan ketinggian 30 cm dari dasar tangki.Propeller dipasang pada posisi yang telah tersedia.Klem penyetel neraca pegas dikendorkan sehingga memungkinkan dynamometer dapat bergerak bebas.Posisi kedudukan dynamometer diatur pada posisi netral,jika dianggap perlu bar setting dapat dipakai untuk mengatur tegangan pegas.Panjang Tali (pada pegas) diatur sehingga posisi indicator/penunjuk garis dengan tanda (garis putih) dan selubung pegas pada posisi netral.Laju putaran motor diatur,dengan memutar pengatur kecepatan motor pada panel kendali dengan kenaikan yang tetap.Lakukan percobaan diatas dengan posisi impeller miring.Prosedur diulangi untuk paddle A,C,D,dan E.

HASIL DAN PEMBAHASAN

1. Penentuan Pola Aliran

Propeller memiliki pola sirkulasi fulida yang sejajar dengan tangki pengaduk (aksial).Paddle memiliki pola sirkulasi fluida yang tegak lurus dengan tangki pengaduk.Turbin memiliki pola sirkulasi aliran yang terbentuk terlihat menyebar ke segala arah.Dengan kata lain pola alirannya merupaka gabungan antara pola sirkulasi aliran radial dan pola sirkulasi aksial (tangensial).

Keterangan :ImpellerPropellerTurbin

2. Hubungan antara Laju Putaran dengan Gaya yang Dibutuhkan

Gambar 1 Hubungan laju putaran terhadap gaya yang dibutuhkan pada sumbu center

Gambar 2 Hubungan laju putaran terhadap gaya yang dibutuhkan pada sumbu off-center

3. Hubungan antara Laju Putaran Pengaduk dan Bilangan Daya

Gambar 3.Hubungan laju putaran terhadap bilangan daya pada posisi center

Gambar 4 Hubungan laju putaran terhadap bilangan daya pada posisi off-center

4. Hubungan antara Bilangan Reynold dengan Bilangan Daya

Gambar 5 Hubungan bilangan reynold terhadap bilangan daya pada sumbu center

Gambar 6 Hubungan bilangan reynold terhadap bilangan daya pada sumbu off-center.

Kesimpulan

Bentuk pola aliran untuk impeller tipe propeller, paddle, dan turbin secara berurutan adalah aksial, radial dan tangensial.Hubungan antara laju putaran dengan besarnya gaya yang dibutuhkan pada posisi impeller center adalah berbanding lurus. Hal ini sama dengan posisi impeller off center. Sehingga nilai gaya dipengaruhi oleh laju putaran Hubungan kecepatan pengadukan dengan besarnya daya yang dibutuhkan pada posisi impeller center adalah berbanding lurus. Hal ini sama dengan posisi impeller off center.Hubungan daya dengan bilangan reynold pada posisi impeller center adalah berbanding terbalik. Hal ini sama dengan posisi impeller off center.

Thank you

Pengukur Gaya

Motor Listrik

Paddle

Fluid Mixing Apparatus