praktikum sbd

Download Praktikum SBD

Post on 30-Jun-2015

3.724 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

Modul Praktikum Sistem Basis Data Laboratorium Teknik Informatika Fakultas Indonusa Esa Unggul

Modul Praktikum Sistem Basis Data

Hal-1

Modul Praktikum Sistem Basis Data Laboratorium Teknik Informatika Fakultas Indonusa Esa Unggul

Tata Tertib Praktikum Laboratorium Teknik Informatika Fakultas Teknik Informatika Universitas Indonusa Esa UnggulPEMAKAIAN LABORATORIUM

1. Yang diperbolehkan menggunakan fasilitas Laboratorium adalah MahasiswaTeknik Informatika Fakultas Teknik Informatika Indonusa Esa Unggul berlangsung. yang terdaftar pada BAAK dan aktif paling tidak pada tahun akademik yang sedang

2. Laboratorium Teknik Informatika hanya dapat digunakan pada jam kerja yangtelah ditentukan. Di luar jam tersebut, pemakaian Laboratorium harus seijin pejabat yang berwenang. 3. Peralatan dan semua fasilitas Laboratorium tidak diperbolehkan dipindahtempatkan, kecuali atas seijin pejabat yang berwenang.

4. Mahasiswa yang sedang menggunakan laboratorium dilarang membawa keluarfasilitas tanpa ijin pejabat yang berwenang.

5. Mahasiswa dilarang membawa teman/mahasiswa luar ke dalam Laboratoriumtanpa ijin pimpinan/penanggung jawab Laboratorium. KEWAJIBAN PRAKTIKAN 1. Hadir selambat- lambatnya 10 menit sebelum praktikum dimulai.

2. Hadir untuk seluruh acara praktikum agar dapat memenuhi keutuhan absensisebagai persyaratan kelulusan. 3. Mengikuti test/ujian/quiz praktikum yang dilakukan oleh asisten yang bersangkutan. 4. Mengumpulkan laporan dan tugas lain yang diberikan oleh asisten/dosen.

5. Kerusakan alat akibat keteledoran dan kesengajaan pemakain menjadi tanggungjawab pemakai. 6. Menjaga keserasian, ketenangan dan kebersihan ruangan Laboratorium. 7. Merapikan kembali semua peralatan setelah selesai memakainya.

8. Minimal mengikuti 80% (delapan puluh persen) dari seluruh kegiatan praktikumdalam 1 semester. LARANGAN PRAKTIKAN BAGI PRAKTIKAN SELAMA PRAKTIKUM 1. Dilarang makan, minum dan merokok didalam Laboratorium.

Hal-2

Modul Praktikum Sistem Basis Data Laboratorium Teknik Informatika Fakultas Indonusa Esa Unggul

2. Membuat gaduh selama jalannya praktikum, sehingga mengganggu konsntrasi 3. praktikan lainnya. 4. Keluar masuk laborattorium tanpa seijin asisten. SANKSI

1. Terhadap pelanggaran TATA TERTIB diatas, asisten ber hak menjatuhkansanksi dengan peraturan berlaku : 2. Pelanggaran Point II.4. tidak diperbolehkan mengikuti praktikum 3. Pelanggaran Point II.8. Tidak diperkenankan mengikuti ujian. 4. Pelanggaran Point lainnya dikenakan sanksi teguran sampai sanksi akademik.

Hal-3

Modul Praktikum Sistem Basis Data Laboratorium Teknik Informatika Fakultas Indonusa Esa Unggul

KATA PENGANTARPuji syukur kehadirat Tuhan YME atas terselesaikannya buku petunjuk Praktikum Sistem Basis Data. Struktur dari buku ini diharapkan memenuhi standar dari sebuah buku petunjuk praktikum dengan bagian pada setiap BABnya terdapat: tujuan, materi, teori, alat dan bahan, prosedur praktikum, percobaan dan latihan. Untuk peserta praktikum diharapkan sudah membaca seluruh bagian dari buku petunjuk praktikum ini sebelum praktikum dimulai dan melakukan praktikum sesuai dengan prosedur yang ditetapkan. Instruktur/Asisten praktikum mempunyai tugas memberikan arahan tentang pelaksanaan praktikum sekaligus memberikan bimbingan dalam penyelesaian setiap percobaan maupun latihan. Demikian kata pengantar ini yang mencoba memberikan sedikit arahan tentang tujuan dibuatnya buku petunjuk praktikum ini. Selanjutnya untuk masa yang mendatang akan terus dikembangkan kualitasnya, baik dari segi substansi maupun metode penyusunan dan penyampaiannya. Akhir kata tiada gading yang tak retak, dan demi peningkatan kualitas dari buku petunjuk praktikum ini, kami selalu mengharapkan saran dan kritik membangun dari para pembaca.

Jakarta, Agustus 2007

Team Laboratorium

Hal-4

Modul Praktikum Sistem Basis Data Laboratorium Teknik Informatika Fakultas Indonusa Esa Unggul

DAFTAR ISIHalaman TATA TERTIB PRAKTIKUM KATA PENGANTAR DAFTAR ISI Pertemuan I Pengenalan Sql Server 2000 ................................ Pertemuan II User, Group dan Database ................................................ Pertemuan III DDL .................................................................................. Pertemuan IV DML ................................................................. Pertemuan V Fungsi-fungsi dlm SQL Server 2000 Pertemuan VI Join Antar Tabel............................................................................. Pertemuan VII View .............................................................................. Pertemuan VIII Stored Procedure .................................................. Pertemuan IXTransaction dan Trigger .......................................................... Pertemuan X Grant dan Revoke ............................................................. Pertemuan XI Cursor ............................................................. Pertemuan XII BackUp, Restore dan DTS.......................................................

Hal-5

Modul Praktikum Sistem Basis Data Laboratorium Teknik Informatika Fakultas Indonusa Esa Unggul

Pertemuan I Pengenalan Sql Server 2000Tujuan Mahasiswa memahami komponen database (khususnya Sql Server 2000), Materi 1. Arsitektur Client/Server 2. Arsitektur Microsoft SQL Server 3. Komponen Dasar Microsoft SQL Server 4. Persyaratan Microsoft SQL Server 5. Instalasi Sql Server 2000 Software 1. Windows 2003 Operating System. 2. Sql Server 2000

Landasan TeoriPendahuluan Microsoft SQL Server merupakan aplikasi database handal yang digunakan oleh sebagian besar perusahaan terkemuka di dunia termasuk di Indonesia. Microsoft SQL Server 2000 merupakan pendobrak dan inovasi database modern yang mengetengahkan kemudahan, kecepatan, ketepatan dan kecanggihan dalam mengelola sebuah database modern berskala kecil, menengah dan besar. Melihat kemampuan yang sangat hebat ini Microsoft SQL Server 2000 mendapat julukan The Next Generation Database. Dengan demikian Microsoft SQL Server 2000 merupakan solusi database modern yang mampu mengelola data Warehousing, komputer portable serta sektor e-Commerce. Tidak heran saat ini masyarakat komputer di Indonesia termasuk mahasiswa mulai gandrung dan mencari solusi terbaik untuk mempelajari Microsoft SQL Server 2000 secara cepat, mudah dan tentu saja akurat.

1. Arsitektur Client/ServerMicrosoft SQL adalah sebuah database relational yang dirancang untuk mendukung aplikasi dengan arsitektur Client/Server, di mana database terdapat pada komputer pusat yang disebut sebagai Server dan informasi digunakan bersama-sama oleh beberapa user yang menjalankan aplikasi di dalam komputer lokal yang disebut dengan Client. Dengan teknologi ini semua informasi bisa digunakan secara bersama

Hal-6

Modul Praktikum Sistem Basis Data Laboratorium Teknik Informatika Fakultas Indonusa Esa Unggul

dan tentu saja informasi yang digunakan juga sama. Sehingga tidak akan terjadi perbedaan informasi antara satu user dengan lainnya. Dengan arsitektur Client/Server ini akan mengurangi padatnya lalu lintas data dalam suatu jaringan, karena apabila pemakai menginginkan suatu data dari ratusan ribu bahkan jutaan data, maka hanya data yang diminta saja yang akan dikirimkan melalui jaringan tersebut kepada Client. Hal ini sangat berbeda dengan sistem tradisional, di mana pada sistem ini semua data akan dikirim melalui jaringan sehingga lalu lintas data dalam suatu jaringan akan terasa padat tentu saja akan mengurangi kinerja jaringan tersebut secara menyeluruh. Sebagai gambaran berikut ini adalah beberapa tipe dan cara kerja Microsoft SQL Server.

Gambar 1.1. Contoh sederhana Arsitektur Client/Server

2. Arsitektur Microsoft SQL ServerDatabase dalam Microsoft SQL Server dibagi ke dalam beberapa komponen logikal, antara lain, tabel, view dan elemen-elemen lain yang terlihat oleh user. Elemenelemen ini secara fisik disimpan dalam dua atau lebih file dalam suatu media penyimpan data. Sedangkan mengenai format file atau lokasi elemen-elemen logik ditulis tidak diketahui oleh user.

Hal-7

Modul Praktikum Sistem Basis Data Laboratorium Teknik Informatika Fakultas Indonusa Esa Unggul

Gambar 1.2. Contoh system 2 Tier

Gambar 1.3. Contoh system 3 Tier Microsoft SQL Server bisa mengandung beberapa database yang digunakan oleh beberapa user, misalnya sebuah perusahaan bisa memiliki sebuah database yang akan digunakan oleh banyak karyawannya pada beberapa departemen atau bagian. Bahkan tidak menutup kemungkinan dalam suatu instansi pemerintah atau swasta bisa saja memiliki beberapa database yang hanya digunakan khusus oleh user tertentu. Sebagai gambaran berikut ini adalah contoh dalam tiga tabel dan implementasi fisik dari tabel-tabel tersebut melalui penggunaan file data, file indeks, dan file log.

Hal-8

Modul Praktikum Sistem Basis Data Laboratorium Teknik Informatika Fakultas Indonusa Esa Unggul

Gambar 1.4. Contoh arsitektur SQL Server yang terdiri atas tabel dan file database

3. Komponen Dasar Microsoft SQL ServerApabila Anda akan mempelajari atau bekerja menggunakan Microsoft SQL Server ada beberapa komponen penting yang perlu diketahui. Komponen-komponen ini merupakan inti dari sebuah database dalam Microsoft SQL Server. 3.1. Database Mengandung objek-objek yang digunakan untuk mewakili, menyimpan dan mengakses data. Yang dimaksud dengan database dalam SQL Server adalah kumpulan Tabel, View, Indeks, Trigger, Procedur dan objek-objek lain yang terkandung di dalamnya. Yang perlu dicatat oleh semua developer dan calon developer adalah dengan mengimplementasikan Microsoft SQL Server semua file database Anda akan dipelihara dengan baik. Berikut ini adalah gambaran mengenai komponen-komponen penting dalam Microsoft SQL Server 2000