prakarya kerajinan kayu

Click here to load reader

Post on 07-Aug-2015

522 views

Category:

Education

11 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

  1. 1. PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN KELOMPOK 5 1. ILMIA NAFADITIYA U. 2. M.FIRDAUS KAMAL 3. NAHDYA YURIS A. 4. TITAH SIWI PUTRI
  2. 2. KURSI UNYUK
  3. 3. Motif Hias : Naturalis Teknik pembuatan : Bahan dan benda praktek : Kayu balok sisa pembuatan kusen Papan yang telah disiapkan Peralatan yang akan digunakan : 1. Gergaji dan kikir 2. Ketam 3. Penggaris siku 4. Pensil/ alat penanda lainnya 5. Meteran/alat ukur 6. Pahat kayu berbagai ukuran
  4. 4. Prosedur pembuatan : 1. Siapkan semua bahan dan peralatan yang akan digunakan. 2. Potong kayu atau bahan sesuai dengan ukuran yang ada pada gambar 4. Buat kayu sambungan. 5. Buat lubang pada balok yang akan menjadi sambungan dengan menggunakan pahat ukuran. 6. Satukan kayu atau kaki-kaki yang telah dibuat sambungan kemudian pasang papan diatas kaki-kaki untuk duduk dan sandaran belakang (sesuaikan pada gambar) 7. Agar kursi lbih kuat maka sambungan-sambungan pada kursi atau meja dipaku/menggunakan pasak kayu dan lem 8. Amplas seluruh kayu yang telah terbentuk kursi atau meja bila perlu gunakan dempul 9. Untuk memperindah kursi setelah diamplas sebaiknya kursi/meja dicat atau diplitur 10. Setelah cat atau plitur kering kursi/meja siap untuk digunakan 11. Pekerjaan selesai bersihkan semua peralatan yang telah digunakan dan simpan sesuai pada tempatnya
  5. 5. FRUIT BASKOM
  6. 6. Motif : Tidak ada Alat dan bahan : Balok kayu, cat politur, pahat, gergaji Cara pembuatan : 1. Bentuk kayu membentuk baskom yang berbentuk seperti love. 2. Kemudian, amplas baskom kayu tersebut. 3. Buat setengah lingkaran dari kayu yang masih tersisa 4. setengah lingkaran tersebut pahat membentuk cekungan pada bagian tengahnya lalu amplas 5. Diukir menggunakan pahat seperti tangga. Kemudian sambungkan bagian pegangannya pada baskom tersebut menggunakan lem dan dipaku. 6. Jika sudah kemudian Fruit Baskom dapat diplitur.
  7. 7. SUSUK STRONG
  8. 8. Motif : tidak ada Alat dan Bahan : Papan kayu, amplas, gergaji, pahat Cara pembuatan : 1. Siapkan papan kayu, kemudian bentuk sesuai pola menggunakan gergaji lalu pahat membentuk susuk. 2. Jika sudah membentuk susuk, haluskan menggunakan amplas.
  9. 9. KOTAK CANTIK
  10. 10. Motif : tidak ada Alat dan bahan : Papan kayu, gergaji, paku, lem alteko, cat warna/cat semprot, amplas Proses pembuatan : 1. Siapkan semua alat dan bahan pembuatan 2. potong papan kayu sesuai ukuran menggunakan gergaji untuk membuat sekat-sekat pada kotak tersebut. 3. Amplas papan kayu terlebih dahulu, jika sudah papan-papan tersebut ditata menjadi kotak-kotak kecil. Kemudian, papan tersebut dilem dan di paku dibagian pinggirnya. 4. Pada bagian luar diberikan hiasan dari kayu yang dibentuk bulat dan kemudian ditempelkan menggunakan lem. 5. Kemudian amplas lagi bagian luar nya setelah itu difinishing agar lebih menarik dan awet.
  11. 11. JAM LANDAK UNIK
  12. 12. JAM LANDAK UNIK Motif : Naturalis Proses Pembuatan Alat dan Bahan : GERGAJI, PALU, PAKU, PENGGARIS,LEM, DAN PENSIL, PAPAN KAYU, CAT, KERTAS WARNAATAU KERTAS YANG TELAH DICETAK DENGAN POLA, PROSES PEMBUATAN : 1. Pola digambar terlebih dahulu, kemudian potong kayu sesuai bentuk yang telah dipersiapkan. 2. Papan rangka atau landasan dari jam harus diberi lubang dengan ukuran yang sesuai dengan dudukan jarum dari mesin jam yang telah disiapkan. Ketebalan kayu juga diperhatikan agar pemasangan jarum jam pada dudukan tidak mengalami kesulitan serta jarum jam dapat berputar dengan normal. Setelah papan kayu landasan telah selesai dibentuk serta lubang dudukan jarum jam telah dibuat mesin jam dapat dipasang dengan cara di sekrup atau di lem pada papan rangka atau landasan dari jam Buat gantungan jam dinding yang aman menggunakan bahan kayu ataupun bahan lain seperti besi atau kawat. Rangka atau landasan jam dinding dapat dicat dengan berbagai metode seperti cat semprot. Jika tidak dicat maka jam dapat dihiasi menggunakan stiker atau kertas berwarna untuk mempercantik tampilan jam Mempersiapkan jarum jam dan dengan cara dipasang pada dudukan jarum jam sesuai urutan dan panjang jarum jam. Memberi hiasan atau warna tertentu pada jarum jam guna melihat jarum jam dan menentukan waktu dengan cepat.
  13. 13. KESIMPULAN Kerajinan yang terbuat dari bahan keras ini terutama dari kayu yang akan kami buat adalah benda-benda yang sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. Dan pembuatannya dengan teknik tidak terlalu rumit dan hasilnya dapat menarik konsumen.
  14. 14. UNGKAPAN RASA Kami sangat bangga dengan kerajinan- kerajinan yang ada di Kota Jepara ini karena selain dapat digunakan sebagai benda pakai juga kualitasnya sangat bagus. Sehingga kita ingin membuat inovasi-inovasi yang baru dan memperluas kreatifitas kita dalam membuat kerajinan.