ppt zoologi vertebrata

Click here to load reader

Download Ppt Zoologi Vertebrata

Post on 26-Dec-2015

326 views

Category:

Documents

24 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

Perkuliahan zoologi vertebrata semester 3..

TRANSCRIPT

Nama Kelompok

Nama KelompokKlasifikasi dan NomenklaturKelas 3EDASAR-DASAR KLASIFIKASIKapan dimulainya penamaan ?sejarah Dan Dia mengajarkan kepada Adam nama-nama (benda-benda) seluruhnya, kemudian mengemukakannya kepada para Malaikat lalu berfirman: "Sebutkanlah kepadaKu nama benda-benda itu jika kamu mamang benar orang-orang yang benar" (Al Baqarah: 31).Firman Allah :Kira-kira 2000 tahun yang lalu, Aristoteles membagi makhluk hidup ke dalam dua kerajaan besar, yaitu tumbuhan dan hewan. Kemudian membagi kerajaan hewan ke dalam tiga kelompok. Pembagian kelompok tersebut berdasarkan tempat tinggal (habitat) yaitu, air, darat, dan udara.

Pada tahun 1735, Carollus Linnaeus mengembangkan sistem klasifikasi baru berdasarkan persamaan ciri, yaitu struktur tubuh/bentuk, ukuran, warna, dan cara memperoleh makanan. Sistem klasifikasi Linnaeus memberi dua kata untuk tiap nama jenis organisme. Yang dikenal dengan binomial nomenklaturKenapa butuh penamaan ?tujuanAwas hati-hati !!! ada binatang belang, hitam kuning, berkaki empat, dengan cakar yang tajam, pemakan daging,

Awas hatihati!!! ada harimau sumateraMengelompokkan makhluk hidup berdasarkan persamaan ciri-ciri yang dimiliki.Mengetahui ciri-ciri suatu jenis makhluk hidup untuk membedakannya dengan makhluk hidup dari jenis lain.Mengetahui hubungan kekerabatan makhluk hidup.Memberi nama makhluk hidup yang belum diketahui namanya atau belum memiliki nama.Tujuan Klasifikasi:Sistem artifisial / buatanmengelompokkan makhluk hidup berdasarkan persamaan ciri yang ditetapkan oleh peneliti sendiri, misalnya, ukuran, bentuk, dan habitat makhluk hidup. Sistem klasifikasiSistem natural / alamiberdasarkan persamaan ciri struktur tubuh eksternal dan struktur tubuh internal secara alamiah. Sistem modern (filogenetik)Sistem klasifikasi makhluk hidup berdasarkan pada hubungan kekerabatan secara evolusioner.

Tingkatan taksonKunci determinasia. Tidak bertulang belakang...................................lanjutkan ke nomor 2b. Mempunyai tulang belakang...............................lanjutkan ke nomor 3a. Tubuh lunak, tidak bercangkang............................Gurita (a)b. Tubuh tidak lunak, kaki berbuku-buku...........lanjutkan ke nomor 4a. Bertelur, bergerak dengan sirip...............................Ikan (f)b. Bertelur, bergerak bukan dengan sirip..........lanjutkan ke nomor 5Identifikasi adalah menentukan persamaan dan perbedaan antara dua makhluk hidup, kemudian menentukan apakah keduanya sama atau tidak, baru kemudian memberi nama.Contoh:Tata carapemberian nama pada mahkluk hidup ini didasarkan pada metode yang disebut Binomial Nomenklaturyang diciptakan oleh Carolus Linnaeus.Binomial nomenklatur artinyapenamaan dengan dua kata. Jadi semua makhluk hidup diberi nama yang terdiri atas 2 katadari Bahasa Latin atau yang dilatinkan.

Nomenklatur binomial

Phantera pardusFelix domesticaContohSekarang ini ilmuwan mulai mengembangkan pengelompokan hewan itu bukan hanya dari kesamaan bentuk, tapi dengan melihat hubungan kekerabatan berdasarkan evolusiMenggunakan kajian biologi molekuler (DNA)Akibatnya semakin banyak ilmuwan mengusulkan pemisahan dan pembuatan kelompok taksa baruTaksonomi moderen

AsimetriTubuh yang tidak bisa dibagi menjadi beberapa bagian yang sama besar. Contoh : Protozoa.

Simetri tubuhKLASIFIKASI hewanSimetri BilateralMemiliki sisi oral dan sisi aboral, juga memiliki sisi dorsal dan sisi ventral, sisi anterior dan sisi posterior, serta sisi lateral. Contoh: Platyhelminthes, Molusca, Chordata.

Simetri RadialHewan dengan simetri radial hanya memiliki dua bagian, yaitu bagian oral dan bagian aboral. Contoh: coelenterata cnidaria, dan echinodermata.

Untuk memahami bentuk simetri pada hewan, perhatikan gambar berikut: Lanjutan :

Hewan Diploblastik, adalah hewan yang memiliki dua lapis sel tubuh. Contoh : cnidaria. Porifera dan coelenterate.

Lapisan tubuhHewan Triploblastik, adalah hewan yang memiliki tiga lapis sel tubuh.

Acoelomata, contohnya: Platyhelminthes.Pseudocoelomata, contohnya: Nematoda Celomata.Rongga tubuh

Hewan poikiloterm, yaitu hewan yang mengatur suhu tubuhnya secara bervariasi sesuai dengan suhu lingkungkungan. Contoh: cacing, reptil, dan serangga.suhu tubuhHewan homeotern adalah hewan berdarah panas yang dapat menjaga suhu tubug agar konstan, meskipun suhu lingkungan bervariasi. Contoh : mamalia dan burung.

Metameri, yaitu hewan yang tubuhnya memiliki ruasruas tubuh. Contoh : Annellida, Arthrophoda, Echinodermata.segmentasi tubuhNon Metameri, yaitu hewan yang tubuhnya tidak memiliki ruas ruas tubuh. Contoh : Protozoa, Porifera, Platyhelmintes, Nemathelmintes, Molusca. Pada Platyhelmintes ada yang mengelompokkan dalam metameri semu (pseudosegmen).

Eksoskeleton, yaitu hewan yang memiliki alat perlindungan di luar tubuhnya. Contoh : Pada hewan Invertabrata.Endoskeleton, yaitu hewan yang memiliki alat perlindungan di dalam tubuhnya. Contoh : Pada filum Chordata (Vertebrata).Kerangka tubuh (sekleton)Berdasakan letak susunan syarafnya dibedakan dorsal (belakang) dan ventral (depan / perut). Ada beberapa hewan yang belum memiliki susunan syaraf yang jelas, yaitu Protozoa, Porifera, dan Coelenterata.Susunan syarafA. Kelompok Invertebrata terdiri atas:PoriferaCnidariaCtenophoraPaltyhelminthesNemerteaRotiferaNematodaMolluscaOnychophoraAnnelidaArthropodaPhorozoaBryozoaBrachipodaEchinodermataB. Kelompok Vertebrata terdiri atas:ChordataSubfilum UrochordataSubfilum CephalochordataSubfilum VertebrataKelas ChordrichtyesKelas OsteichtyesKelas AmphibiaKelas ReptiliaKelas AvesKelas MammaliaKlasifikasi Kingdom Animalia

Ada pertanyaan ???? Anonim. (2011). Klasifikasi Vertebrata. [Online]. Tersedia: http://biologigonz.blogspot.com/2011/04/klasifikasi-vertebrata.html. [16 Agustus 2014].

Anonim. (2013). Pengertian Taksonomi, Takson Dan Klasifikasi. [Online]. Tersedia: http://laskartresnaku96.blogspot.com/2013/03/pengertian-taksonomi- takson-dan.html. [18 Agustus 2014].Daftar pustakaAnonim. (2013). Prinsip Taksonomi Biologi. [Online]. Tersedia: http://budiskj.blogspot.com/2013/05/prinsip-taksonomi-biologi.html. [18 Agustus 2014].

Anonim. (2013). Tatanama Binomial Nomenklatur. [Online]. Tersedia: http://biologimediacentre.com/tatanama-binomial-nomenklatur/. [18 Agustus 2014]

Dauz. (2012). Klasifikasi Dan Nomenklatur. [Online]. Tersedia: http://dauzbiotekhno.blogspot.com/2012/06/klasifikasi-dan nomenklatur.html. [17 Agustus 2014]