ppt vertebrata new

Download Ppt Vertebrata New

Post on 19-Oct-2015

69 views

Category:

Documents

1 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

vertebrata

TRANSCRIPT

Slide 1

Nama Kelompok:1.Dewi Maya S(11.431.009)2.Titik Nurhayati(11.431.022)3.Lina Puji L(11.431.026)4.Lilis Suryani(11.431.030)

HEMICHORDATA

PHYLUM HERMICHODATA

Hemichordata berasal dari bahasa Latin, Hemi : Setengah Chorda : penyokong tubuh yang kecil.

Hemichordata adalah Chordata yang berpenyokong tubuh tidak tampak.

3

Ciri ciri hemichordataBilateral simetris. Badan dibagi menjadi tiga bagian, belalai (Proboscis), leher (Collar) dan badan (Trunk).Sistem saraf biasanya menabur, tetapi variabel. Berkembangbiak secara aseksual dengan frakmentasi dan seksual dengan fertilisasi.

Gambar 1.Hemichordata

Kelas Enteropneusta Bentuk tubuh seperti cacaing kecil, soliter atau koloni, merupakan benthos laut..

Kebanyakan hidup meliang memakan pasir dan lumpur serta bahan organik yang terkandung didalamnya.

Reproduksi seksual,

Gambar 2

ProbocisCollarGill pores

preoral ciliary organ

Branchiogenital region

Mounthgenital ridge

Trunklongitudinal muscle bundle

AnusIntestinal region of trunk

DORSALVENTRALSisi kiri dari tubuh Saccoglossus kowalevskii

Gambar 37

Kelas Enteropneusta.

Tubuhnya dapat dibagi menjadi 3 bagian. Bagian depan dengan daging yang tebal, berbentuk belalai (Proboscis), dibelakang Proboscis terdapat leher (Collar), dan setelah itu terdapat tubuhnya (Truncus). Mereka tinggal dalam substrat (lumpur atau pasir halus) atau di bawah batu, baik di perairan dangkal dan lebih mendalam.

8

Sistem pembuluh darahHewan ini memiliki pembuluh darah dorsal yang terdapat diatas saraf yang berada di anterior dan ujung akhir sebelah anterior terdapat suatu sinus ( rongga sebagai perluasan pembuluh darah) yang sering disebut jantung.

Anatomi

Gambar 3 Sistem saraf Sistem syaraf terdiri dari berkas saraf yang terletak dibagian dorsal dan ventral yang menjalar disepanjang tubuh.

Fisiologi Rongga celom pada collar di duga dapat diisi dengan air dengan air laut sehingga mengembang dan mengeras.

Kelas Pterobranchia

Tubuh terdiri atas probosis berbentuk seperti tameng (perisai), dan tangan-tangan yang mengandung tentakel terletak di bagian dorsal kelepak (collar).Reproduksi aseksual dengan pertunasan membentuk koloni lebih besar.

Gambar 411

Kelas PterobranchiaKelas Pterobrancia terdapat 3 genera yaitu Cephalodiskus, Rhabdopleura, dan atubaria. Mereka adalah binatang kecil dalam ukuran mulai dari 1 hingga 12 milimeter. Merupakan cacing kecil-kecil yang hidup dalam tabung, berkelompok dan berkoloni Tubuh terdiri atas proboscis berbentuk seperti tameng (perisai), dan tangan-tangan yang mengandung tentakel terletak di bagian dorsal kelepak (collar).

Cephalodiscus

Rhabdopleura

Terima kasihhhhhhhhh!!!!!!!!!!BYEEEEEE,,,