ppt sp blok 5

Click here to load reader

Post on 09-Nov-2015

220 views

Category:

Documents

1 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

dthe\

TRANSCRIPT

Susunan dan Mekanisme Kerja Otot

Nadya MonganPBL BP5Susunan dan Mekanisme Kerja Otot

Myasthenia Gravis Penyakit autoimun yang menyebabkan kelemahan otot sampai kelumpuhanIdentifikasi IstilahSeorang anak perempuan berumur 13 tahun, mengeluh lemas sampai tidak kuat mengangkat barang, berulang setiap hari, terutama siangRumusan MasalahAnalisis MasalahSeorang anak perempuan berumur 13 tahun dengan keluhan lemas sampai tidak kuat mengangkat barang, di duga menderita kelemahan otot

HipotesisEkstremitas SuperiorOtot-otot dari bagian belakang truncus Otot-otot dari bagian depan truncus Otot-otot bahuOtot-otot lengan atasOtot-otot lengan bawah :- Otot-otot ventral- Otot-otot radial- Otot-otot dorsal

Struktur Makroskopik OtotEkstremitas InferiorOtot-otot pangkal pahaOtot-otot tungkai atas :- Otot ventral- Otot medial- Otot dorsalOtot-otot tungkai bawah :- Otot ventral/extensor- Otot dorsal/flexor- Otot lateral

AntagonisAntagonis adalah kerja otot yang kontraksinya menimbulkan efek gerak berlawanan, contohnya adalah:1. Ekstensor( meluruskan) dan fleksor (membengkokkan)2. Abduktor (menjauhi badan) dan adductor (mendekati badan)3. Depresor (ke bawah) dan adduktor ( ke atas)4. Supinator (menengadah) dan pronator (menelungkup)

SIFAT KERJA OTOTSinergis adalah otot-otot yang kontraksinya menimbulkan gerak searah. Contohnya pronator teres dan pronator kuadratus.

Suatu potensial aksi berjalan di sepanjang sebuah saraf motorik sampai ke ujungnya pada serabut otot.Di setiap ujung, saraf mensekresi substansi neurotransmitter, yaitu asetilkolin dalam jumlah sedikit.Asetilkolin bekerja pada area setempat pada membrane serabut otot untuk membuka banyak kanal bergerbang asetilkolin melalui molekul-molekul protein yang terapung pada membran

Mekanisme Kerja Otot

ATP: sumber energi utama untuk kontraksi otot. ATP: oksidasi karbohidrat dan lemak. Kontraksi otot : interaksi antara aktin dan miosin yang memerlukan ATP.

ATP ---- ADP + PAktiN + Miosin -------------------------------------Aktomiosin ATPase

Fosfokreatin : persenyawaan fosfat berenergi tinggi dalam pada otot. Fosfokreatin tidak dapat dipakai langsung sebagai sumber energi, tetapi fosfokreatin dapat memberikan energinya kepada ADP.

kreatinFosfokreatin + ADP ----------------------- keratin + ATP Fosfokinase

Mekanisme Biokimia Dalam Kerja OtotZat kreatin fosfat

Energi yang dikeluarkan dari bahan makananSebagian besar energi ini dilepaskan dalam perjalanan oksidasi bahan makanan tersebut. Oksidasi ini mengeluarkan energi yang hampir seluruhnya berlangsung dalam mitokondria, yang menggunakan energi yang dikeluarkan untuk membentuk ATP baru. Sumber Energi Dalam Kerja OtotReaksi anaerob (glikolisis)Glikolisis dapat memenuhi kebutuhan ATP untuk kontraksi otot dalam waktu singkat jika persendian oksigen tidak mencukupi.

Reaksi aerob (memakai oksigen)Saat aktivitas berlangsung, asam piruvat yang terbentuk melalui glikolisis anaerob mengalir ke mitokondria untuk masuk ke siklus asam sitrat (trikarboksilat) untuk oksidasi. Reaksi aerob berlangsung lambat tetapi efesien, menghasilkan energi sampai 36 mol ATP per mol glukosa.

Pembentukan asam laktat dalam glikolisis anaerobAsam laktat berdifusi ke luar dari otot dan dibawa ke hati untuk disintesis ulang jadi glukosa.Penimbunan asam laktat didalam proses kelelahan diperkuat oleh fakta dimana dua mekanisme secara fisiologis yang karenanya asam laktat menghalangi fungsi otot. Kedua mekanisme tersebut tergantung kepada efek asam laktat pada pH intraseluler atau konsentrasi ion hidrogen (H+).7 Penumpukan As.LaktatDengan meningkatnya asam laktat, konsentrasi H+ meningkat, dan pH menurun. Di lain pihak, peningkatan konsentrasi ion H+ menghalangi proses rangkaian eksitasi oleh menurunnya sejumlah Ca+ yang dikeluarkan dari retikulum sarkoplasma dan gangguan kapasitas mengikat Ca+ troponin. Peningkatan konsentrasi ion H+ juga menghambat kegiatan fosfofruktokinase, enzim kunci yang terlibat di dalam anaerobik glikolisis.

Terima Kasih