ppt nilai - nilai pancasila masa kini

Click here to load reader

Post on 21-Jan-2018

1.065 views

Category:

Education

19 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

  1. 1. NILAI - NILAI PANCASILA MASA KINI
  2. 2. INDONESIA MASA KINI PANCASILA MASA GITU Adrianus federick jordy Bennedito Banjarnahor Dwi Panji L Indra Ferryanto M. Abdurrahman Sigit Nurrcahyono M. Wahyu Zamzaini M. Fauzan Akbar DISUSUN O L E H :
  3. 3. INDONESIA MASA KINI PANCASILA MASA GITU
  4. 4. 1. NilaiKetuhanan Implementasi nilai ketuhanan adalah : Percaya dan takwa terhadap Tuhan sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing. Hormat menghormati dan bekerja sama antar pemeluk agama dan penganut kepercayaan yang berbeda-beda sehingga terbina kerukunan hidup. Saling menghormati dan kebebasan menjalankan ibadat sesuai dengan agama dan kepercayaannya. Tidak memaksakan suatu agama dan kepercayaan kepada orang lain. Didalam pancasila sila pertama yang berbunyi Ketuhanan Yang Maha Esa terkandung nilai ketuhanan. Nilai ketuhanan adalah nilai yang menggambarkan bahwa rakyat Indonesia adalah rakyat yang memiliki agama dan menyakini akan adanya Tuhan. Dengan keyakinan tersebut maka secara langsung harus bertakwa kepada Tuhan dan menjalankan aturan-aturan yang ada didalam agama oleh setiap pemeluknya. Dengan kata lain menjalankan semua perintahNya dan menjauhi segala laranganNya.
  5. 5. 2. NilaiKemanusiaan Implementasi nilai kamanusiaan adalah : Mengakui persamaan derajat, persamaan hak, dan persamaan kewajiban antara sesama manusia. Saling mencintai sesama manusia. Mengembangkan sikap tenggang rasa. Mengakui adanya masyarakat yang bersifat majemuk dan saling menghargai adanya perbedaaan tersebut. bersikap jujur dan saling berkerjasama. Melakukan sesuatu dengan pertimbangan moral dan ketentuan agama sebagai manusia yang beradab. Didalam sila kedua Pancasila yang berbunyi Kemanusiaan yang adil dan beradab terkandung nilai kemanusiaan. Dan makna dari nilai kemanusiaan tersebut adalah pengakuan dan menghormati martabat dan hak orang lain / sesama manusia, saling tolong menolong, dan bersikap sebagai manusia yang beradab.
  6. 6. 3.Nilai Persatuan Implementasi nilai persatuan : Menempatkan persatuan, kesatuan, kepentingan bangsa dan negara serta keselamatan bangsa dan negara diatas kepentingan pribadi atau golongan. Rela berkorban demi kepentingan bangsa dan negara. Cinta tanah air dan bangsa. Bangga sebagai bangsa indonesia. Saling menghormati adanya perbedaan suku, ras etnis dan agama sehingga dapat terjadinya persatuan. Untuk sila ketiga Pancasila yang berbunyi Persatuan Indonesia terdapat nilai persatuan yang memiliki makna walaupun Indonesia merupakan negara kepulauan dan dihuni oleh berbagai suku bangsa persatuan haruslah tetap dijunjung dengan tidak saling membeda-bedakan apalagi sampai terjadi perpecahan. Dalam nilai persatuan juga terkandung nilai patriotisme dan cinta tanah air, dimana setiap rakyat indonesia haruslah bersatu dan rela berkorban demi tanah air tercinta.
  7. 7. 4.Nilai Kerakyatan Implementasi nilai kerakyatan : Mengutamakan kepentingan bersama. Tidak memaksakan kehendak kepada orang lain. Mengutamakan musyawarah dalam pengambilan keputusan untuk kepentingan bersama. Keputusan musyawarah yang diambil harus dapat dipertanggung jawabkan. Dalam sila keempat pancasila yang berbunyi Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan yang dimana nilai yang terkandung dalam sila ini adalah nilai kerakyatan yang berarti kedaulatan berada ditangan rakyat, setiap rakyat berhak memilih perwakilan mereka, setiap rakyat memiliki kedudukan, hak, dan kewajiban yang sama, dan musyawarah serta gotong royong merupakan nilai yang terkandung dalam sila keempat.
  8. 8. 5.Nilai Keadilan Implementasi nilai keadilan : Berbuat luhur dan saling membantu dan gotong royong. Bersikap adil. Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban. Menghormati hak-hak orang lain. Suka memberi pertolongan kepada orang lain. Tidak melakukan perbuatan yang merugikan kepentingan umum. Terakhir untuk sila kelima pancasila yang berbunyi Keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia yang dimana didalamnya terkandung nilai keadilan yang berarti keadilan dalam kehidupan sosial haruslah meliputi seluruh rakyat indonesia, persamaan hak dalam berbagai hak yang dilandasi dengan hak dan kewajiban setiap orang, dan sikap saling menghormati orang lain agar dapat tercapainya keadilan.
  9. 9. LALU APAKAH NILAI NILAI DIATAS SUDAH KITA TERAPKAN DALAM KEHIDUPAN MASA KINI ?
  10. 10. Dalam masa sekarang ini, nilai dari 5 sila pancasila bisa dibilang mulai luntur akibat terkena globalisasi terutama bagi kaum kaum muda. Mereka mulai meninggalkan nilai pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Tak hanya remaja, bahkan para pejabat negara pun demikian. Banyak pejabat negara yang terlilit kasus korupsi. INDONESIA MASA KINI PANCASILA MASA GITU APAKAH NILAI NILAI PANCASILA MULAI LUNTUR ?
  11. 11. MARI KITA BAHAS BERSAMA - SAMA Nilai sila pertama pada masa saat ini sudah mulai tercemar dengan adanya aliran aliran sesat dan juga penyelewengan agama. Terutama sekarang ini Indonesia krisis norma agama dimana banyaknya remaja indonesia yang moralnya rusak dengan meniru budaya barat tanpa mempedulikan Norma norma agama SILA PERTAMA Dalam sila ke 2 , nilai pancasila tercoreng dengan adanya kasus pedofilia oleh oknum oknum tertentu. Kasus yang tak beradab ini harus segera diatasi oleh pemerintah agar oknum oknum tak bertanggung jawab bisa diminimalisir. Selain itu banyaknya kasus korupsi yang dihukum dengan hukuman yang ringan namun rakyat kecil dihukum dengan hukuman seberat beratnya SILA KEDUA Moral yang rusak Ketimpangan Hukum INDONESIA MASA KINI PANCASILA MASA GITU
  12. 12. Sila ke 3 , persatuan dan kesatuan Indonesia masih baik. Banyak mahasiswa sebagai aktivis bersatu untuk memperjuangkan rakyat Indonesia. Tetapi tetap saja didaerah tertentu masih saja terjadi perselisihan. Kedaulatan yang berada di tangan rakyat mencerminkan sila ke 4 masih berlaku dan berjalan baik sampai sekarang. SILA KETIGA SILA KEEMPAT oke.. terjadinya perselisihan INDONESIA MASA KINI PANCASILA MASA GITU
  13. 13. vs Di Indonesia masih ada kesenjangan sosial yang cukup tinggi. Bahkan di beberapa daerah mereka masih memandang status sosial untuk mendapatkan pendidikan maupun pekerjaan. Untuk itu pemerintah harus segera mengatasi masalah masalah yang ada di masyarakat. INDONESIA MASA KINI PANCASILA MASA GITU SILA KELIMA Ketimpangan sosial
  14. 14. Mempelajari dan menerapkan nilai nilai pancasila dalam kehidupan sehari hari. Masyarakat dan pemerintah harus bekerja sama untuk menjadikan Indonesia yang bersih dari KKN. Menyaring budaya barat dengan bijaksana Pemerintah dan tokoh masyarakat bisa dijadikan teladan dengan sifat arif dan bijaksananya Pendidikan pancasila sejak dini agar nantinya generasi muda Indonesia dapat menerapkan nilai pancasila dengan lebih baik Cara Mengatasinya
  15. 15. Terimakasih Atas Perhatianya