ppt girt blok 16

Click here to load reader

Download Ppt Girt Blok 16

Post on 27-Dec-2015

23 views

Category:

Documents

2 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

Hemoroid Interna Derajat Tiga

Hemoroid Interna Derajat 3McGirt Lamberth Robert UniplaitaAnamnesisIdentitas PasienRiwayat Penyakit SekarangRiwayat Penyakit DahuluRiwayat Penyakit KeluargaRiwayat Hidup dan KebiasaanPemeriksaan FisikInspeksihemoroid eksterna mudah terlihat apalagi sudah mengandung trombusHemoroid interna yang prolaps terlihat sebagai benjolanColok Duburhemoroid interna dapat diraba bila sudah ada trombus atau sudah ada fibrosisPemeriksaan PenunjangAnuskopiPasien dalam posisi litotorni. Anuskopi dan penyumbatnya dimasukkan ke dalam anus sedalam mungkin, penyumbat diangkat dan penderita disuruh bernafas panjang.

Hemoroid interna pada anuskopiProktosigmoidoskopi / Kolonoskopi Totaldilakukan untuk memastikan bahwa keluhan bukan disebabkan oleh proses radang atau proses keganasan di tingkat yang lebih tinggi (rektum/sigmoid/kolon).Pemeriksaan laboratorium feses Working DiagnosisPasien menderita hemoroid interna derajat tiga Differential DiagnosisProlaps Recti turunnya rektum sebagai akibat melemahnya otot-otot dan ligamen-ligamen yang menahan di tempatnya. Mula-mula benjolan dapat masuk sendiri, akan tetapi lama kelamaan harus dimasukkan manual kemudian sukar dan tidak dapat dimasukkan.seringkali ditemukan pada anak muda dan orang tua.Hemoroid interna derajat 1,2,4Derajat I: Hemoroid membesar tetapi tidak melewati linea dentata saat mengedan. Sering disertai perdarahan merah segar pada rectum pasca defekasi, tanpa disertai nyeri, tidak terdapat prolaps.Derajat II: Terjadi prolaps hemoroid pada saat mengedan, sampai melewati linea dentata, namun dapat masuk sendiri secara spontan bila mengedan dihentikanDerajat IV: Terdapat prolaps hemoroid melewati kanalis anus dan tidak dapat direposisi secara manual, atau prolaps lagi setelah operasiEtiologikonstipasi kronis dan mengejan saat defekasi, kehamilan, kurang makanan yang berserat, dan lain-lain.

Epidemiologipaling banyak terjadi pada umur 45-65 tahun dan jarang pada usia < 20 tahun.laki-laki = perempuanResiko dari hemoroid akan meningkat seiring dengan bertambahnya usia.

PatofisiologiPerdarahan oleh feses yang keras membuat benjolan (berisi darah segar) semakin besar menonjol keluar anus

faktor yang mempengaruhi:Faktor Keturunankebiasaan keluarga dalam hal diet dan buang air besar sesuai lingkungan dan adat istiadat setempat.Diet dan GeografisDiet tinggi serat, defekasi jongkok, tidak adanya pengaturan dalam hal waktu dan tempat defekasi, dianggap sebagai penyebab rendahnya angka kejadian hemoroid di pedalaman Afrika dan komunitas primitif.Kebiasaan Defekasikebiasaan duduk lebih lama di toilet dan merasa bahwa defekasi harus benar-benar mengeluarkan seluruh kotoran.KehamilanMengejan dan Konstipasi

Manifestasi KlinisPerdarahanPembengkakan, benjolan, prolapsNyeri dan rasa tidak nyamanSekresi dan pruritus

KomplikasiTrombosis, edema dan inflamasi bantalan anus interna. Trombosis hemoroid eksterna. Dermatitis perianal Perdarahan akut Anemia defisiensi besi akibat perdarahan berulangPenatalaksanaanRubber Band LigationKaret menghentikan aliran darah ke dalam hemoroid. banyak digunakan untuk hemoroid yang menonjol ke dalam kanalis anus.

BedahBedah Konvensional (Teknik Miligan-Morgan, Teknik Whitehead, Teknik Langenbeck)Bedah LaserBedah Stapler

Terapi FarmakologisObat memperbaiki defekasi terdiri dari bulk laktative, laksasif osmotik, dan laksatif stimulanObat simptomatik Obat perdarahan seperti asam traneksamat Obat spesifik (golongan flebotropik dan golongan flavonoid)

Pencegahanjalankan pola hidup sehatolahraga secara teratur misalnya berjalanmakan makanan berserathindari terlalu banyak dudukjangan merokok, minum minuman keras dan narkobaminum air yang cukupmenggunakan wc jongkok.PrognosisHemoroidektomi pada umumnya memberikan hasil yang baik. Sesudah terapi penderita harus diajari untuk menghindari obstipasi dengan makan makanan serat agar dapat mencegah timbulnya kembali gejala hemoroidKesimpulanPasien menderita hemoroid interna derajat 3.

THANK YOU