ppt blok 28

Download ppt blok 28

Post on 06-Jan-2016

65 views

Category:

Documents

1 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

bisinosis

TRANSCRIPT

Bisinosis

Bisinosis Nurul widya effrani

Diagnosis klinis(anamnesis)Pekerjaan spesifikKontaminasi bahan bahanPenggunaan alat alat proteksi pernafasanBesar & ventilasi ruanganWaktu bekerjaBisinosis Penyakit Bisinosis adalah penyakit pneumoconiosis yang disebabkan oleh pencemaran debu atau serat kapas di udara yang kemudian terhisap ke dalam paru-paru. Debu kapas atau serat kapas ini banyak dijumpai pada pabrik pemintalan kapas, pabrik tekstil, perusahaan dan pergudangan kapas serta pabrik atau bekerja lain yang menggunakan kapas atau tekstil; seperti tempat pembuatan kasur, pembuatan jok kursi dan lain sebagainya.

Pajanan yg dialami tenaga kerja selama iniPasien adalah pekerja di pabrik garmen, dimana bahan baku dari pabrik garmen adalah kapasApakah pajanan tersebut memang menyebabkan penyakitPenyebab yang sebenarnya tidak diketahui tapi secara umum penyakit ini disebabkan pajanan terhadap kapas, rami halus dan rami. Pekerja kapas yang paling berisiko adalah mereka yang berada di kamar peniup dan penyisir tempat pajanan terhadap debu kapas mentah. Yang berisiko tinggi adalah pembersih mesin, peniup dan mesin penyisir. Tanda dan gejalaNapas pendek & dada sesakhari pertama hari kerja seminggu (Monday morning tightness). Batuk yg kelamaan jadi basah berdahakDerajat bisinosis

Derajat 0Tidak ada bisinosisDerajat Kadang-kadang rasa dada tertekan pada hari 1 minggu kerjaDerajat 1Rasa dada tertekan atau sesak napas pada tiap hari 1 minggu kerjaDerajat 2Rasa bearat di dada dan sukar bernapas tidak hanya pada hari 1 kerja, tetapi juga pada hari lain minggu kerjaDerajat 3Gejala seperti derajat 2 di+berkurangnya toleransi terhadap aktivitas secara menetap dan atau pengurangan kapasitas ventilasiApakah jumlah pajanan yg dialami cukup besar untuk dapat mengakibatkan penyakit tersebut?Debu non-fibrogenik Debu yang tidak menimbulkan reaksi jaringan paru (debu, besi, timah, kapur).

Debu fibrogenikDebu yang menimbulkan reaksi jaringan paru (fibrosis), juga disebut pneumoconiosis kolagen seperti batubara, silica bebas dan asbes. 8Apakah ada faktor lain yg mungkin dapat mempengaruhi (factor individu)Misalnya riwayat alergi, riwayat penyakit dalam keluarga, status kesehatan mental & kebersihan peroranganKemungkinan lain yg dapat menyebabkan penyakitAdanya kebiasaan yang dapat memperburuk penyakit tersebut seperti hobi pasien, merokok dan pajanan yang terjadi di luar lingkungan kerja.

Buat keputusan apakah penyakit tersebut disebabkan oleh pekerjaannya (diagnosis okupasi)

Diagnosis okupasi ditegakkan berdasarkan dari anamnesis,pemeriksaan fisik dan penunjang serta berapa lama pajanan ini berlangsung.

Penatalaksanaan Non medikamentosaBisinosis ringan atau dini kemungkinan masih reversible sedangkan penyakit yang berat dan kronis tidak.

Medika mentosaDiberikan bronkodilator biasanya untuk mencegah terjadinya bronkospasme. Pada kasus yang yang lebih berat dapat diberikan terapi kortikosteroid.

Pencegahan Primer penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) saat bekerja, penyuluhan mengenai kesehatan para tenaga kerja berdasarkan pekerjaan yang dilakukannya

Sekunder Ventilasi, baik lokal maupun umum dan pekerja mesti dibekali dengan respirator (masker anti debu)Tersier Pre worder check upPnerangan sebelum kerjaKesimpulan Berdasarkan gejala gejala yang timbul pada pasien dalam skenario, pasien tersebut menderita bisinosis. Penangan yang tepat dapat menyembuhkan dan menghindari resiko komplikasi pada pasien.