ppt asam lemak

Download PPT ASAM LEMAK

Post on 05-Dec-2014

262 views

Category:

Documents

28 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

ASAM LEMAK

OLEH : DETI DWIUTAMI (K 3310020 ) DHIKA RIZKI ( K3310022 ) MIRRAH MEGHA S. M ( K3310056 )

PENGERTIAN ASAM LEMA

asam lemak adalah asam karboksilat yang terdapat dalam bentuk ester dalam gabungan dengan fungsi alkohol dari suatu trigliserida ( lemak atau minyak ), dengan rumus umumnya R-COOH. Asam lemak umumnya asam monokarboksilat berantai lurus, mempunyai jumlah atom karbon genap dan asam lemak dapat dijenuhkan atau dapat mempunyai satu atau lebih ikatan rangkap.

KLASIFIKASI ASAM LEMAK

Pada umumnya klasifikasi lipida didasarkan atas kerangka dasarnya menjadi lipida kompleks dan lipida sederhana. Golongan pertama dapat dihidrolisis sedangkan golongan kedua tidak dapat dihidrolisis.

Ir. Soeharsono Martoharsono ( 1990 )

David S. Page ( 1997 )

Struktur asam lemak jenuh dan tidak jenuh dapat di bedakan melalui gambar

( Sumber :http://id.wikipedia.org )

Karakteristik asam lemakAsam lemak tidak lain adalah asam alkanoat atau asam karboksilat dengan rumus kimia R-COOH or R-CO2H. Contoh yang cukup sederhana misalnya adalah H-COOH yang adalah asam format, H3C-COOH yang adalah asam asetat, H5C2-COOH yang adalah asam propionat, H7C3-COOH yang adalah asam butirat dan seterusnya mengikuti gugus alkil yang mempunyai ikatan valensi tunggal, sehingga membentuk rumus bangun alkana.

Lanjutan

Ketengikan ( Ingg. Rancidity ) terjadi karena asam lemak pada suhu ruang dirombak akibat hidrolisis atau oksidasi menjadi hidrokarbon, alkanal, atau keton, serta sedikit epoksi dan alkohol ( alkanol ). Bau yang kurang sedap muncul akibat campuran asam keto dan asam hidroksi keto yang berasal dari dekomposisi asam lemak yang terdapat dalam cairan, sampai sekarang reaksi menjadi tengik dikenal sebagai reaksi radikal asamlemak tidak jenuh.Sumber : Ir. Soeharsono Martoharsono, 1990

Karakteristik asam lemak

Fungsi asam lemak bagi manusiaMenjadi cadangan energi dalam bentuk sel lemak. 1 gram lemak menghasilkan 39.06 kjoule atau 9,3 kcal Lemak mempunyai fungsi selular dan komponen struktural pada membran sel yang berkaitan dengan karbohidrat dan protein demi menjalankan aliran air, ion dan molekul lain, keluar dan masuk ke dalam sel. Menopang fungsi senyawa organik sebagai penghantar sinyal, seperti pada prostaglandin dan steroid hormon dan kelenjar empedu Menjadi suspensi bagi vitamin A, D, E dan K yang berguna untuk proses biologis. penahan goncangan demi melindungi organ vital dan melindungi tubuh dari suhu luar yang kurang bersahabat.

Lemak atau minyak dapat dimanfaatkan untuk beberapa tujuanBahan pembuatan sabun

Sumber energi bagi tubuh

Bahan pembuatan mentega atau margarin

Klasifikasi Asam Lemak Berdasarkan Tingkat KejenuhanBersifat essensial

Ada ikatan rangkap

Tidak dapat diproduksi tubuh

Diperoleh dari sumber zat nabati contoh minyak goreng

Cair pada suhu kamar

Asam lemak jenuh

Asam lemak tidak jenuh

( Sumber : Ir. Soeharsono Martoharsono,1983 )

( Sumber : Ir. Soeharsono Martoharsono,1983 )

Jalur oksidasi asam lemak diawali oleh penelitian knoop pada tahun 1904. Pada waktu itu hewan penelitian yang dipergunakan ialah anjing. Jika hewan tersebut diberi berbagai makanan yang mengandung -fenil asam karboksilat maka anjing tersebut akan mensekresikan asam hipurat atau asam fenilaseturat melalui urinenya. Apabila asam lemak ( karboksilat ) urine adalah fenilaseturat dan kalau yang diberikan itu beratom C ganjil maka sekretnya adalah asam hipurat.

Dari data pengamatan itu knoop mengambil kesimpulam bahwa asam lemak yang diberikan kepada anjing tadi dirubah ke dalam fraksi fraksi senyawa beratom C beta. Oleh karena itu jalur pemecahan asam lemak ganjil selain di hasilkan fraksi C2 juga senyawa beratom C3 atau C1 yang selanjutnya setelah bergabung dengan glisin menjadi asam hipurat.

( Sumber : Ir. Soeharsono Martoharsono,1983 )

Dari hasil penelitian para ahli tersebut diatas, disusunlah tahapan reaksi oksidasi asam lemak ke dalam sebuah lingkaran yang dinamakan Lingkaran Beta Oksidasi Asam lemak bebas yang terdapat dalam sitoplasma diaktifkan oleh ATP dan KoASH dengan bantuan enzim tiokinase. Selanjutnya senyawa yang aktif itu menempel pada karnitin dan diangkut menebus dinding mitokondria. Di dalam organel ini, asam lemak yang dibebaskan dari pengangkutannya dan sekaligus diaktifkan oleh HSKoA

Pemecahan asam lemak selanjutnya berlangsung melalui sebuah lingkaran sebagai berikut( Sumber : Ir. Soeharsono Martoharsono,1983 )

reaksi pemecahanPertama kali asam lemak tidak jenuh yang ada diluar mitokondria diaktifkan, diangkut oleh kartinin masuk ke dalam organel tersebut. Bentuk asam lemak aktif setelah berada di dalam adalah asil-KoA ( tidak jenuh ) yang kemudian didegradasi seperti halnya pemecahan asam lemak jenuh.

Senyawa ini terdiri dari sebuah rantai beratom C sebanyak 18 buah. Ikatan gandanya terjadi pada atom C nomor 9 dan 10 dan berbentuk sis. OleilSKoA ini masuk ke dalam lingkaran oksidasi dan secara bertahap dipisahkan asetil KoA.

Sampai siklus ketiga dihasilkan 3 asetil-SKoA. Siklus keempat baru bisa dimulai lagi apabila senyawa hasil degradasi yaitu sis-enoil-KoA dapat diubah menjadi bentuk trans. Pengubahan itu dilaksanakan oleh enzim enoil-KoA epimerase.

Senyawa yang terbentuk diatas langsung masuk ke dalam reaksi hidrasi tanpa melalui reaksi dehidrogenasi pertama dalam jalur Lingkaran -oksidasi. Siklus keempat ini menghasilkan 1-asetil-SKoA sebaliknya tidak menghasilkan FADH2.

Reaksi ini Lanjutan. selengkapnya adalah Senyawa yang terbentuk diatas langsung masuk ke dalam reaksi hidrasi tanpa melalui reaksi dehidrogenasi pertama dalam jalur Lingkaran oksidasi. Siklus keempat ini menghasilkan 1-asetilSKoA sebaliknya tidak menghasilkan FADH2.( Sumber : Ir. Soeharsono Martoharsono,1983 )

Sintesis asam lemak

Sintesis asam lemak bukan merupakan kebalikan dari jalur pemecahannya. Sintesis asam lemak lebih merupakan seperangkat reaksi, yang menunjukkan prinsip bahwa jalur sintesis dan jalur pemecahan dalam system biologis biasanya berbeda

Sintesis berlangsung di luar mitokondria, oksidasi terjadi di dalam matriks mitokondria.

Zat antara pada sintesis asam lemak berikatan kovalen dengan gugus sulfhidril pada protein pembawa asil ( ACP ), sedangkan zat antara pada pemecahan asam lemak berikatan dengan koenzim A.

Enzim enzim pada sintesis asam lemak pada organisme yang lebih tinggi tergabung dalam suatu rantai polipeptida tunggal, yang disebut sintase asam lemak . Sebaliknya, enzim enzim pemecahan tampaknya tidak saling berikatan.

Rantai asam lemak yang sedang tumbuh, diperpanjang dengan cara penambahan berturut turut unit dua karbon yang berasal dari asetil KoA. Donor aktif unit dua karbon pada tahap perpanjangan adalah malonil ACP. Reaksi perpanjangan dipacu oleh pelepasan CO2.

Reduktor pada sintesis asam lemak adalah NADPH, sedangkan oksidator pada pemecahan asam lemak adalah NAD dan FAD.

Perpanjangan rantai oleh kompleks sontase asam lemak terhenti setelah terbentuknya palmitat ( C16 ). Perpanjangan rantai lebih lanjut dan penyisipan ikatan rangkap oleh system enzim yang lain.

Sekian Terima Kasih